Haruskah Tabayyun Jika Sudah Memiliki Data Valid?


Assalamu’alaikum.Wr.Wb.

Ada banyak ungkapan yang ditujukan pada saya mengapa saya tidak tabayun dengan langsung mendatangi orangnya langsung. Karena saya sudah banyak sekali menulis artikel yang membantah artikel yang dibuat orang lain terutama Kang Dicky (Guru Utama Hikmatul Iman). Terus terang saya banyak membuat artikel membahas permasalahan tenaga dalam dan ilmu metafisika dengan segala seluk beluk kesesatan didalamnya, bahkan saya banyak membuat artikel bantahan terhadap tulisan orang lain yang sekiranya menurut saya perlu dibuat bantahannya.

Sebelum saya membahas masalah tabayun ini mari kita lihat dahulu tanggapan-tanggapan yang telah saya terima :

dari keluarga sn : “Wahai orang-orang yang beriman apabila datang kepadamu seorang fasik dengan sebuah berita, maka bertabayyunlah (klarifikasi) sehingga kalian tidak menimpakan musibah pada suatu kaum dengan ketidaktahuan kemudian kalian menyesali dengan apa yang telah kalian lakukan.” (HR. Abu Kuraib dari Ja’far bin Aun dari Musa bin Ubaidah dari Tsabit Maula Ummu Salamah dari Ummu Salamah. Lih. tafsir QS. Al-Hujurat: 6 dalam kitab Tafsir At-Tabari)

Pernahkah pemilik blog ini mendatangi orang-orang yang dia sebut sesat secara langsung bertatap muka dan membawa bukti mengenai apa yang dia tuduhkan ?

dari ivy : Simpel aja , jika anda gentle datang saja tempat Kang Dicky, dia pasti menerima dengan baik. Jika Anda mau bertabayun iti mungkin merupakan Figur muslim sejati. Jangan melihat permasalahan dari permukaan saja. Jika ingin mengetahui tentang HI masuk dulu kedalamnya, regut manfaatnya bagi tubuh dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Jadi jangan membula sesuatu perkara yang sebenarnya Anda sendiri tidak tahu, besar sekali dosanya.


Sekarang saya akan menjawab semua tanggapan yang sudah ditujukan pada saya :

Tabayyun jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya klarifikasi. Kalau orang-orang sering mengatakan minta klarifikasi, penjelasan, ya itulah tabayyun. Konsep itu sudah ada dalam ajaran Islam sejak dibawa Nabi Muhammad saw. 14 abad lalu. Menurut akar katanya, tabayyun berasal dari kata bayan artinya keterangan, jelas. Tabayyun artinya minta penjelasan.

Ada yang menyarankan saya untuk mendatangi orang-orang yang saya sebut sesat secara langsung bertatap muka dan membawa bukti yang saya tuduhkan sembari mengutip ayat :

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (Al-Hujurat: 6)

Agar tidak salah menaruh konteks ayat dengan kasus yang saya alami saya akan menjelaskan dulu asbabunnuzul ayat diatas. Menurut para mufassir asbabunnuzul atau latar belakang turunnya ayat ini adalah : Suatu waktu Rasulullah Saw, mengutus Walid bin Uqbah bin Abi Mu’ith keperkampungan Bani Mushthaliq untuk memungut zakat yang telah dikumpulkan oleh Al-Harits bin Abi Dharar Al-Khuza’i selaku petugas zakat diperkempungan tersebut yang telah ditetapkan oleh Rasulullah. Setelah beberapa hari kemudian Walid kembali menghadap Rasulullah memberikan laporan bahwa  Al-Harits dan kaum bani Musthaliq tidak mau membayarkan zakat karena mereka sudah murtad, bahkan mereka akan membunuh aku, demikian laporan Walid.

Setelah mendengarkan laporan itu maka Rasulullah mengutus Khalid bin Walid untuk melakukan Tabayyun ( Klarifikasi) kebani Mushthaliq. Setelah Khalid bin Walid melaksanakan tugas Klarifikasi ke bani Musthaliq dan berjumpa lansung dengan Al-Harits, ternyata laporan Walid bin Uqbah tersebut adalah bohong. Kaum Bani Mushthaliq tidaklah murtad, dan Walid tidak pernah datang kesana memungut zakat sesuai dengan perintah Rasulullah. Al-Harits bahkan sangat gusar kenapa utusan Rasulullah tidak ada yang datang memungut zakat yang telah dikumpulkannya. Setelah Khalid bin Walid menyampaikan laporannya pada Rasulullah maka turunlah ayat (QS.Al-Hujurat 49:6).

Rangkuman dari peristiwa tersebut adalah :

Rasulullah tidak percaya ucapan Walid bin Uqbah bin Abi Mu’ith telah membuat laporan bohong dengan mengatakan Al-Harits dan kaum bani Musthaliq tidak mau membayarkan zakat karena mereka sudah murtad padahal Walid tidak pernah mendatangi Bani Mustaliq, karena tidak memiliki bukti ucapan/perbuatan langsung bani mustaliq maka Khalid bin Walid untuk melakukan Tabayyun ( Klarifikasi) kebani Mushthaliq dan ternyata Kaum Bani Mushthaliq tidaklah murtad, dan Walid tidak pernah datang kesana memungut zakat sesuai dengan perintah Rasulullah[1]

Analisis peristiwa diatas :

Walid membuat berita kepada Rasulullah + Rasulullah tidak punya bukti + rasulullah mengutas Khalid+ Khalid mendapatkan klarifikasi

Analisis peristiwa yang saya alami:

Kang Dicky membuat artikel di internet dan saya melihat artikel tersebut + Saya punya bukti tulisan Kang Dicky + Saya membuat Artikel bantahan + Saya dan dicky tidak klarifikasi secara langsung bertatap muka ?

Analisis peristiwa yang Kang Dicky alami :

Peruqyah membuat artikel/info tentang ruqyah di internet lalu Dicky melihat artikel tersebut + Dicky punya bukti tulisan/info tentang ruqyah dari para peruqyah yang mengupload tulisan/info tersebut di internet + Kang Dicky membuat artikel bantahan/mengkritisinya + Peruqyah dan Dicky tidak klarifikasi secara langsung bertatap muka.

Pertanyaan :

  1. Apakah saya telah membuat fitnah dan tidak tabayun hanya karena saya mengkritisi dan membuat bantahan dari artikel/info yang memang 100% dibuat Kang Dicky?
  1. Apakah Kang Dicky telah membuat fitnah dan tidak tabayun hanya karena kang Dicky mengkritisi dan membuat bantahan dari artikel/info yang memang 100% dibuat peruqyah?

JAWABAN DAN PENJELASANNYA

Saya dan Kang Dicky tidak membuat fitnah dan tidak diperlukan tabayun sebab data artikel/info yang kami terima benar-benar 100% falid dari sumber informasi. Kang Dicky dalam banyak artikelnya mengatakan ruqyah itu perbuatan jahiliah dan tidak ada tuntunannya dan ruqyah tidak diperlukan pada zaman modern ini. Perkataan Kang Dicky tersebut adalah pendapatnya sendiri dari hasil analisis menurut pola pikir beliau setelah memiliki berbagai artikel/info yang dia dapat yang dari para peruqyah. Maka saya bolah saja dong dengan pendapat saya mengkritisi pendapat Kang Dicky yang menurut saya salah dan menurut saya justru ilmu tenaga dalam dan ilmu metafisika yang dia ajarkan adalah perbuatan syirik, saya dapat mengkritisi Kang Dicky tentu dari berbagai info/tulisan yang kang dicky sendiri buat.

Maka apa yang harus di klarifikasi jika masing-masing berbeda pendapat ? Tabayyun artinya minta penjelasan, jika memang artikel yang saya atau kang dicky buat sudah dalam bentuk penjelasan maka tidak ada lagi tabayyun.

Pendapat kang dicky tentang ruqyah yang katanya merupakan perbuatan jahiliah, tidak ada tutunannya dan ruqyah tidak diperlukan pada zaman moden sudah dijabarkan kang dicky penjelasannya ? Maka untuk apa lagi peruqyah bertabayyun/minta penjelasan ? yang bisa dilakukan peruqyah hanya “menyerang” balik pendapat kang dicky tersebut dengan membuat bantahannya disertai dalil yang dianggap kuat dan biarkan para pembaca yang menilai yang mana dalil paling kuat dan penjelasan yang paling masuk akal

Begitu juga saya, saya mengatakan tenaga dalam dan ilmu metafisika itu syirik dan saya juga telah menjelaskan alasannya maka untuk apa lagi Kang dicky / murid Hi bertabayyun/minta penjelasan ? yang bisa dilakukan Kang Dicky dan Murid-murid HI hanya “menyerang” balik pendapat saya tersebut dengan membuat bantahannya disertai dalil yang dianggap kuat dan biarkan para pembaca yang menilai yang mana dalil paling kuat dan penjelasan yang paling masuk akal.

Sikap Kritis VS Tatap Muka

Banyak sekali pengamat politik menulis artikel mengkritisi perkataan presiden SBY yang telah didengarnya langsung, apakah masuk diakal agar tidak dianggap fitnah sebelumnya harus menemui langsung SBY. Jika prosedur itu harus dilalui maka tidak akan ada lagi sikap kritis karena sudah melalui persetujuan SBY.

Begitu juga diri saya yang membuat artikel yang membantah tulisan Dicky, apakah sebelum saya mengupload tulisan tersebut saya harus izin dulu kepada beliau, lalu menyodorkan tulisan yang saya buat lalu dikoreksi Dicky lalu baru saya upload.

Sebab saya telah membuat artikel (diantara banyak artikel yang saya buat) yang membantah tulisan Kang Dicky yang disebarkan diinternet yang mengatakan ada “misi politik dibalik Ruqyah” apakah saya dikatakan harus tabayyun dulu baru membuat artikel agar tidak dikatakan memfitnah ? Maka saya bertanya juga apakah Kang Dicky membuat artikel yang menyebut nama PKS, para praktisi Ruqyah, perguruan Thifan juga sudah lebih dahulu tabayyun ke partai, para praktisi ruqyah, perguruan thifan  agar tidak dikatakan fitnah ?

Dari rangkuman peristiwa diatas, Menurut saya sikap orang-orang yang mengatakan agar saya mendatangi orang perorang yang telah/hendak saya kritisi tidaklah tepat. Sebab saya bukanlah tukang fitnah/tukang bohong sebab saya memiliki bukti artikel/tulisan orang yang saya kritisi tulisannya. Saya ketika mengkritisi artikel orang lain selalu memberikan link dimana saya dapat tulisan tersebut. Link yang saya berikan adalah benar-benar 100% asli tulisan yang bersangkutan (dari web resmi mereka) dan tidak diingkari oleh orang tersebut dan anak muridnya. Sehingga saya tidak perlu untuk tabayyun mendatangi langsung (tatap muka) untuk klarifikasi apakah tulisan yang saya kritisi merupakan asli tulisannya.

Bukan saya saja bahkan di internet ada ratusan ribu bahkan jutaan orang membuat tulisan yang mengkritisi artikel orang lain dan orang tersebut tidaklah diharuskan untuk mendatangi orang yang dikritisinya secara langsung.

Betapa mustahilnya jika jika seseorang menyatakan ketidak setujuannya dengan artikel di internet lalu tidak boleh menulis artikel bantahan tetapi harus datang secara langsung tatap muka bertabayun baru dianggap tidak memfitnah.

Contoh sederhanya, ketika Era muslim membuat artikel yang mengkritisi konspirasi yahudi yang mengkampanyakan adanya missi fremassonry yang menghembuskan isu “kiamat” tahun 2012 dengan menyebut nama orang/tokoh yang terlibat didalamnya. Apakah kita sebagai umat islam tidak percaya dengan tulisan eramuslim tersebut dan menganggap eramuslim tukang fitnah karena tidak mendatangi /tabayyun orang perorang yang sudah dikritisi eramuslim. Jika harus menunggu dan tatap muka secara langsung orang perorang yang dikritisi eramuslim baru boleh menulis artikel maka MUSTAHIL akan terealisasi pertemuan tersebut dan mustahil akan dibuat artikel bantahan jika semuanya harus diklarifikasikan. Dan eramuslim tidak perlu mengklarifikasikan ertikel yang dia buat sebab eramuslim menulis tentu dari data-data yang telah dia dapatkan dan dari berbagai tulisan yang telah dibuat kelompok freemasonry tersebut.

Selain itu, saling berbantahan atau saling kritis mengkritisi tidaklah harus bertemu secara langsung untuk saling mempertahankan pendapatnya sebab sekarang jamannya sudah modern, sudah ada media telpon, surat pos, surat elektronik, maillinglist, chatting dll. Maka ketika saya menulis artikel yang membantah artikel Kang Dicky/orang lain di internet, saya berikan hak jawab kepada orang yang saya kritisi untuk juga menulis tanggapannya begitu juga sebaliknya.

Kesimpulannya

Sungguh, saya dalam tulisan ini berusaha untuk obyektif dalam menguraikan hakikat tabayyun yang banyak disalah artikan oleh masyarakat awam. Karena masih banyak orang salah paham dengan pengertian tabayyun. Ketika seseorang mengkritisi sesuatu yang memang ada buktinya maka tidak diperlukan tabayun sebab jika mengkritisi sesuatu itu merupakan pendapat pribadi yang bisa saja tiap orang berbeda pendapat.

Tabayun diperlukan ketika kita menerima informasi yang diragukan kebenarannya ketika tidak memiliki bukti pendukung seperti penjelasan dari QS. Al-Hujurat ayat 6 yang menjelaskan Walid membuat berita kepada Rasulullah karena Rasulullah tidak punya bukti maka rasulullah mengutas Khalid dan Khalid mendapatkan klarifikasi.  Sangat berbeda jauh konteksnya dengan seseorang yang membuat bantahan/mengkritisi sesuatu info/berita yang sudah dipastikan kebenarannya

Ketika kita menerima informasi yang memang 100% FALID dari orang yang bersangkutan langsung maka tidak diperlukan lagi tabayyun/koscek ketika akan mengkritisi/membantahnya. Contoh nyata ketika saya memperolah artikel yang 100% falid tulisan Dicky maka tidak lagi diperlukan tabayyun/kroscek ketika membuat artikel bantahan sebab sudah terbukti artikel tersebut buatan kang dicky.

Adapun saya berbeda pendapat dengan artikel dicky tersebut adalah hal biasa bahkan para ulamapun dalam masalah fiqih banyak yang berbeda pendapat. Maka jika saya atau Dicky saling berbeda pendapat janganlah dikatakan saya atau Kang Dicky tukang fitnah karena berbeda pendapat itu biasa.

Jikapun ada yang menyarankan saya untuk bertemu Dicky sesungguhnya tidak lagi dalam rangka untuk tabayyun/minta penjelasan melainkan silaturahmi atau bisa juga dalam rangka berdebat mempertahankan pendapatnya masing-masing. Adapun saran agar saya bertemu kang Dicky sudah saya setujui namun dalam skup yang lebih luas yaitu dalam seminar khusus (saya sudah mengajukan diri disini ). Namun hal ini juga saya pesimis sebab Kang Dicky sudah menjudgement saya tukang fitnah dan tidak mau bertemu saya dengan mengatakan :

Saya tidak ingin berdebat dan tidak akan melayani tukang fitnah . Sudah terbukti berdasarkan putusan pengadilan dia di vonis beberapa bulan penjara karena memfitnah Syaiful M Maghsry . Jadi kalau mau kita pembuktian saja , karena dia berani menuduh saya menggunakan Jin , maka dia harus membuktikan tuduhannya yang berdasarkan angan-angan itu . Dia harus memperlihatkan kepada khalayak umum kalau benar saya menggunakan jin , tolong tunjukan Jin nya , dan munculkan , biar semua orang melihat . Kerjaan saya adalah menghilangkan ilmu ilmu yang berbau jin seperti itu , dan perjuangan saya , jauh sebelum perdana ahmad muncul

lihat disini linknya

Wallahua’lam


[1] Ada hikmah dari asbabunnuzul QS.Al-Hujurat ayat 6, Ternyata rasulullah tidak memiliki ilmu metafisik yang bisa tahu isi hati seseorang, rasul tidak tahu isi hati Walid yang ternyata berbohong. Lalu alangkah sesatnya orang yang belajar ilmu metafisika yang mengklaim jika mempelajarinya bisa tahu isi hati seseorang (telepaty), mereka merasa lebih hebat dari rasulullah yang masih memerlukan utusan untuk mengetahui apakah walid berbohong atau tidak.

48 gagasan untuk “Haruskah Tabayyun Jika Sudah Memiliki Data Valid?

  1. Tukang Fitnah itu bernama Perdana Ahmad

    Seorang aktifis ruqyah yang bernama Perdana Ahmad (24) dijatuhi hukuman penjara selama dua bulan dengan masa percobaan lima bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Zubaidah S.H. Hukuman ini diberikan kepadanya lantaran terdakwa terbukti secara meyakinkan melanggar Pasal 310 KUHP jo Pasal 335 KUHP dengan tulisannya dalam buku yang berjudul “Membongkar Kesesatan Praktik Sihir pada Reiki, Tenaga Dalam dan Ilmu Kesesatan”.

    Dalam bukunya itu, Perdana Ahmad menyebut praktik pengobatan bio energi yang dilakukan pelapor, Syaiful M. Maghsri, dianggap menggunakan ilmu sihir jin dan setan. Padahal, menurut pelapor, dirinya dalam praktik pengobatan tersebut tidak pernah melakukan seperti apa yang dituduhkan Perdana Ahmad. Dalam sidang terpisah, Syaiful M. Maghsri juga dinyatakan sebagai terdakwa karena telah melakukan penganiayaan terhadap Perdana Ahmad.

    Apa yang terjadi kemudian?

    Kantor pengobatan alternatif bio energi di Yogyakarta pada hari Kamis (09/03) didatangi oleh sekitar 200 orang massa bersenjata tajam, bersorban dan bercadar, serta mengatasnamakan dirinya sebagai Laskar Jihad dan berbagai ormas lainnya. Massa langsung masuk dan mencari Syaiful M. Maghsri, bahkan sempat meneror karyawannya. Berbagai properti di tempat tersebut juga sempat dirusak. Aksi baru berhenti setelah kedatangan satu peleton Poltabes Yogyakarta.

    Di Bantul, rumah Syaiful M. Maghsri pun tidak luput dari serangan. Rumahnya dilempari oleh bom molotov oleh orang-orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor dan mobil. Akibatnya, mobil sedan Syaiful rusak, kaca-kaca jendela pecah, dan atapnya terbakar. Seseorang yang menyebut dirinya sebagai ’simpatisan Perdana Ahmad’ menyatakan dirinya bangga telah terlibat dalam aksi demikian. Pengakuan itu disampaikannya pada milis terapi ruqyah yang memang Perdana Ahmad aktif di dalamnya.

    Lihatlah , pengadilan secara meyakinkan sudah membuktikan bahwa yang namanya Perdana Ahmad itu adalah tukang fitnah berkedok ustadz . Pertama korbannya adalah Bapak Syaiful M Maghsri . Perdana Ahmad MEMFITNAH Bapak Syaiful M Maghsri menggunakan Sihir , setelah pengadilan MEMBUKTIKAN secara MEYAKINKAN bahwa Perdana Ahmad itu hanya sekedar tukang fitnah , dan dijatuhi hukuman penjara selama dua bulan dengan masa percobaan lima bulan oleh majelis hakim pengadilan yogyakarta yang diketuai oleh Zubaidah SH , tetapi karena lobby pengacaranya dan mungkin hakimnya kasihan pada orang yang menyedihkan seperti ini , jadi Perdana Ahmad tidak di jebloskan ke dalam sel .

    Perdana Ahmad juga , kalah berantem dengan Bapak Syaiful M Maghsri , jadilah beliau terdakwa karena dianggap telah melakukan penganiayaan terhadap Perdana Ahmad . Setelah Perdana Ahmad tidak berhasil menyerang Reiki secara argumen , maka dia kemudian mencari-cari sasaran lain . Dicarilah perguruan Tenaga Dalam yang lain untuk diserang secara argumen , tapi tanpa bukti .

    Siapakah sesungguhnya Perdana Ahmad ? Mengapa dia begitu bersemangat untuk fitnah sana fitnah sini ? Siapakah sponsornya ? Apa motivasinya ? Adakah rahasia lain dibalik itu ? Mengapa dia menggerakan atau membiarkan massa ormas lain untuk membalaskan dendam pribadinya ? Dari mana diperolehnya dana untuk membiayai pembuatan bom molotov dan teror yang dilakukan ? Mengapa setiap dimintai bukti dia suka menghindar ? Apakah ada hubungannya dengan Noordin M Top ? Sampai sejauh mana jaringan yang dia punya ? Berapa orang pasukannya ?

    Sebetulnya masih banyak sekali pertanyaan . Tapi siapapun Perdana Ahmad yang mengaku seorang Ustadz dan sering ceramah , perkataannya sangat jauh dari menyejukan umat . Isi nya hanya provokasi dengan membawa-bawa ayat , untuk membuat umat menjadi terpecah belah . Sangat jauh beda dengan AA GIM atau Ustadz-Ustadz yang lain , yang tiap kata-kata nya itu sangat menyejukan dan membawa perdamaian bagi umat . Kita harus waspada , karena sekarang banyak sekali agen –agen yang menyusup untuk memperdayai umat islam . Hal semacam begini justru jauh lebih berbahaya daripada teror BOM .

    Apabila Bom hanya meledak di satu tempat , dan korbannya jelas terlihat , meskipun hal inipun terkutuk juga , bahaya fitnah pemecah umat seperti gaya Perdana Ahmad ini justru jauh lebih luas dampaknya , dan akan merusak mental umat secara permanen . Kalau rusak fisik akan mati fisik , kalau rusak mental akan mati mental , dan itu biasanya menular dan akan ditularkan . Perdana Ahmad ini jauh lebih berbahaya daripada Noordin M Top , yang pintar bikin Bom High Explosive , tapi Perdana Ahmad bisa bikin kata-kata High Expansive yang akan meluas di kalangan orang-orang yang bodoh dan baru belajar agama .

    Hal ini membuat orang tidak berpikir secara rasional , dan gampang melakukan tindak agresif , serang dulu , mikir belakangan . Serang dulu mikir belakangan dengan di iming-imingi jihad dan surga , adalah modal utama untuk memotivasi para teroris . Seharusnya Badan Intelijen Nasional , mewaspadai kegiatan Perdana Ahmad ini , jangan sampai nanti kecolongan lagi seperti yang sudah-sudah . BIN juga seharusnya menyelidiki betul , siapa tokoh utama atau aktor intelektual dibalik kegiatan Perdana Ahmad ini .

    Kata Bang Napi , WASPADALAH !!! .

    Cara Perdana Ahmad “ membangun kebencian dengan berdalih jihad “ sungguh luar biasa . Dia jelek-jelekan semua pihak yang berpotensi berkembang , dengan tuduhan-tuduhan tanpa dasar , agar semua orang berpikiran buruk pada sasaran . Kalau usahanya berhasil , maka dia akan tertawa , karena misinya berhasil dalam rangka memecah belah umat .
    sy rasa karena artikel ini yang membuat kang dicky menuduh anda tukang fitnah..
    lagian kalo anda merasa tidak bersalah kenapa tidak banding saja ..disini anda menerima keputusan pengadilan untuk menjalani hkuman percobaan..artinya anda slah kan???
    atau majelis pengadilan yang salah memutuskan ???
    sy rasa anda sendiri yang bisa menjawabnya
    sy heran buat apa mau bertemu kang dicky pakai bawa masa segala..emang mau perang yah ???
    sy rasa tidak ada gunanya menanggapi anda lagi..
    soalnya tidak ada gunanya..alasan lain besok sy harus fligt ke swiss dan akan diam disana untuk waktu yang lama..
    dan sy banyak sekali kerjaan disana,,jadi sy tdk akan menanggapi anda lagi..semoga masih ada panji-panji lain yang mau menanggapi anda…
    good bye om perdana …

  2. perkenankan saya bertanya, apakah ukuran valid akhi ?

    apakah batasan bahwa sesuatu telah valid sehingga sehingga akhi merasa tidak perlu mendatangi yang bersangkutan ?

    apa akhi sudah merasa paling benar, paling mengetahui, sehingga merasa tidak perlu mendatangi perguruan2 tenaga dalam yang akhi sebut sesat ?

    kalau akhi merasa data dari internet sudah cukup valid, coba sebutkan pengujian validitas macam apa yang akhi lakukan sehingga bilang data tadi valid dan benar ?

    perguruan kami (sinar putih) mudah ditemui di yogya, tidak pernah sekalipun bertemu dengan akhi yg (afwan kalau salah) domisili di yogya

    ini potongan hadist mengenai hukum menuduh berzina, hadist ini mensyariatkan bagaimana yg menuduh dan yang dituduh seharusnya bersikap.

    Dari Anas bin Malik RA, ia berkata, Li’an pertama yang terjadi dalam Islam (disebabkan), Syarik bin Sahma’ dituduh berzina oleh Hilal bin Umayyah dengan isterinya (Hilal), maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “(Tunjukkan) bukti, bila tidak, maka hadd (hukuman cambuk) di punggungmu.” (Hadits ini dikeluarkan Abu Ya’la, para periwayatnya adalah para periwayat Tsiqat. Di dalam shahih al-Bukhari juga terdapat lafazh sepertinya dari hadits Ibn Abbas RA)

    (Tunjukkan) bukti, bila tidak, maka hadd (hukuman cambuk) di punggungmu

    • apakah batasan bahwa sesuatu telah valid sehingga sehingga akhi merasa tidak perlu mendatangi yang bersangkutan ?

      batasannya adalah :
      1. data diambil langsung dari web blog yang menulis artikel
      2. Data/tulisan yang didapat tidak diingkari oleh penulisnya dan anak muridnya

      apa akhi sudah merasa paling benar, paling mengetahui, sehingga merasa tidak perlu mendatangi perguruan2 tenaga dalam yang akhi sebut sesat ?

      Saya tidak meras paling benar atau paling mengetahui, saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi selama mempelajari TD/TM dan disertai berbagai penjelasan para ulama, maka dari itu saya membuka forum diskusi untuk membuka cakrawala baru bagi para praktisi TD/Tm apakah yang mereka pelajari benar-benar sesuai dengan syari’at, dan saya tidaklah 100% merasa tidak perlu mendatangi perguruan yang saya sebutkan saya sudah menawarkan diri untuk diskusi pada forum terbuka yang dihadiri oleh orang banyak, dan saya membuka diri untuk memberikan hak jawab atas artikel yang saya buat dan saya juga sudah membuat artikel bantahan (hak jawab saya) atas artikel yang para praktisi Td/Tm buat.

      kalau akhi merasa data dari internet sudah cukup valid, coba sebutkan pengujian validitas macam apa yang akhi lakukan sehingga bilang data tadi valid dan benar ?

      batasannya adalah :
      1. data diambil langsung dari web blog yang menulis artikel
      2. Data/tulisan yang didapat tidak diingkari oleh penulisnya dan anak muridnya

      perguruan kami (sinar putih) mudah ditemui di yogya, tidak pernah sekalipun bertemu dengan akhi yg (afwan kalau salah) domisili di yogya

      saya tidak pernah membahas secara khusus perguraun sinar putih namu yang saya ketahui sinar putih keilmuannya tidak beda jauh dengan satria nusantara dan prana sakti dan saya menawarkan untuk kita berdiskusi mengenai hakikat tenaga dalam yang anda pelajari, jika anda mau saya memberikan kolom khusus untuk kita berdiskusi.saya ingin persetujuan anda.

      ini potongan hadist mengenai hukum menuduh berzina, hadist ini mensyariatkan bagaimana yg menuduh dan yang dituduh seharusnya bersikap.
      Dari Anas bin Malik RA, ia berkata, Li’an pertama yang terjadi dalam Islam (disebabkan), Syarik bin Sahma’ dituduh berzina oleh Hilal bin Umayyah dengan isterinya (Hilal), maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “(Tunjukkan) bukti, bila tidak, maka hadd (hukuman cambuk) di punggungmu.” (Hadits ini dikeluarkan Abu Ya’la, para periwayatnya adalah para periwayat Tsiqat. Di dalam shahih al-Bukhari juga terdapat lafazh sepertinya dari hadits Ibn Abbas RA)

      (Tunjukkan) bukti, bila tidak, maka hadd (hukuman cambuk) di punggungmu

      maaf konteks hukum zina tidak tepat untuk dihubungkan dengan tuduhan bahwa tenaga dalam itu syirik, sebab seluruh artikel yang saya buat tidak menuduh seseorang berzina maka saya tidak akan terkena hukum had. .

      mungkin firman Allah dan hadits dibawah ini yang lebih tepat konteksnya:
      Dan Allah berfirman :
      “Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh”. (QS. Al-Baqarah : 217).

      Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda, “Cukuplah bagi orang itu disebut pendusta apabila dia membicarakan setiap (berita) yang dia dengar.” (HR. Muslim)

  3. Takan pernah ada habis nya kalo semua saling menyalahkan…
    dan saling merasa benar.. yang tau hanya Allah kebenaran dan kebohongan yang pasti..
    jadi jangan jadikan ini sebagai ajang sebuah pembelaan dari semua pihak atas stetmenya masing2. yang penting semua LILAHITAALA. (maaf kalo nulisnya salah saya memang msih belajar) semoga ini bermanfaat bagi semuanya.. islam tak mengajarkan tentang permusuhan.. islam cinta kedamayan.. semoga hidup kita semua di beri petunjuk oleh Allah SWT.. amin..

  4. singkat saja komentar saya. saya ingin bertanya, ketika negara lain sudah mengembangkan teknologi sampe ke tingkat manipulasi dna, apa yg anda dapat dari hasil taddabur anda lewat AL Qur’an. anda mengaku seorang muslim sejati, berapa banyak penemuan anda yg mampu meringankan org yg sakit? meningkatkan taraf ekonomi bagi tetangga anda? berapa banyak orang yg anda bantu untuk bs beribadah “mencari nafkah”, bukankah mencari nafkah itu adalah kewajiban? seberapa banyak rizky yg ALLAH berikan yg anda nafkahkahkan untuk umat? seberapa sering anda berempati dengan orang yg sedang di landa kesusahan? (kepingin tahu sekali buktinya kalau anda bs berempati). mana yg lebih baik? seorang berseragam gamis, di puja2 sebagai dai hebat tapi hanya bs ceramah sambil ngemis minta sedekah ataukah orang yg anda bilang sesat tapi yg sudah menemukan sekian banyak penemuan yang sangat berguna bagi masyrakat. coba selidiki apa yg sudah di lakukan oleh orang yg anda anggap sesat, lalu bandingkan dengan orang yang anda anggap paling beriman (yang masih hidup), lihat siapa yg lebih banyak menyelamatkan kehidupan orang lain.
    1 lg pertanyaan, apakah makan racun itu haram atau hala? taukah anda bahwa urea itu beracun (cari sendiri datanya)? lalu mengapa anda memakannya? taukah anda bahwa asap itu meracuni paru2, lalu mengapa anda masih memakai kendaraan bermotor? mengapa msaih pake listrik yg dihasilkan dari BBM? sebelum anda mengkritik orang tanpa dasar yg jelas, lebih baik anda tanya pada diri sendiri, apakah SHIRATAL MUSTAQIM itu? apakah orang yg hanya bisa bicara? ataukah orang yang bertindak?.
    BTW, aq pernah 2 tahun iut liqo’ di PK, aq gabung di PK ketika PK baru berdiri (sebelum bernama PKS), au termasuk aktifis di PKS (dulunya) sampe kejadian Bakti sosial yang ternyata di BAYAR lebih tinggi dari UMR (kejadian waktu banjir di daerah bekasi antara tahun 2001-2004 aq lupa). di HI, bakti sosial itu tidak di bayar! malah keluar uang! nah, mana yg lebih tepat di sebut BAKTI SOSIAL? yang keluar uang dan tenaga? atau yang keluar tenaga tapi dapat reward berupa uang yang nilainya lebih dari tenaganya?

  5. data anda tidak valid..karena sudah tidak update lagi..kalao takut untuk bertabayun nggak perlu buat alasan macam-macam..ingat Allah swt maha mengetahui segala sesuatu
    kalo soal ruqiyah kang dikcy sendiri sudah pernah berbicara dengan salah seorang ahli ruqiyah dan tetap anda tidak percaya dan menganggap dialog tersebut mengada-ada..
    jadi kalo memang takut yah sudahlah akui saja..nggak usah berbelit-belit..
    yang harus datang itu anda karena anda yang sudah menuduh HI menggunakan jin ..
    masa harus nunngu di akhirat buat mendapat kebenaran ???
    satu lagi kang diky bukan presiden..jangan disamain dong..kang dikcy kan masuk dalam kategori masyarat biasa..kenapa anda begitu berbelit-belit??

  6. yang terpenting kang dikcy pernah diundang ke istana negara dan dimintai pendapat , bahkan salah satu partai besar ingin meminang beliau tapi beliau memilih netral..
    pertanyaan saya pernahkah anda diundang keistana negara dan berbicara langsung dengan para petinggi negeri ini..
    kesimpulan kang dikcy soal misi politik dibalik ruqiyah karena kang dicky sudah bertemu langsung dengan para petinngi dari partai politik yang disebutkan..sementara sy yakin anda tidak punya akses untuk kesana..
    jadi wajar kalo kang dicky bisa menulis hal tersebut karena datanya valid langsung didapat dari orang yang bersangkutan..sedang anda hanya melihat dari artikel di website/blog
    perbedaannnya jelas sekali kan ??

    • Jaman Suharto ada banyak paranormal dan dukun diundang ke istana negara, jika memang KD diundang ke Istana Negara sebagai Dukun maka saya ga akan heran :) , bahkan Permadi didaulat menjadi penasehat GERINDRA jika KD mau dipilih partai besar ga ada yang aneh dan luar biasa tuh :) , 2000 lasykar jihad pada zaman pmerintahan GUS DUR pernah masuk ke Istana Negara untuk menemui GUS DUR yang emoh membantu umat islam yang dibantai kafir nasrani bahkan Ustadz Ja’far punya akses langsung masuk menemui GUS DUR dan menggerebak meja karena Gus Dur lebih condong pada RMS (rpublik maluku selatan) yang membantai umat islam. Sayapun jika mau masuk kedalam istana negara bisa saja tuh jika mendampingi Ustadz Ja’far waktu itu :)

  7. PA BILANG;
    (ya tidak meras paling benar atau paling mengetahui, saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi selama mempelajari TD/TM dan disertai berbagai penjelasan para ulama, )

    pertanyaan saya ini:

    ULAMA MANA YANG ANDA MAKSUD??
    ULAMA ITU BANYAK JENISNYA
    JANGAN PAKE ISTILAH ULAMA..

    JIKA KEMUDIAN SELAIN ULAMA DARI PIHAK ANDA,DINYATAKAN SESAT….

    ANDA MENGGUNAKAN ULAMA2 YANG KONTRA SAJA..CONTOH KI MAHRUS ITU….

    COBA BANYAK BACA,BANYAK DATA PEMBANDING
    DUNIA INI TIDAK SESEMPIT ITU..

  8. sudahlah bung perdana daripada diskusi ini melebar kemana-mana..lebih baik tabayun saja..sy lihat sih kerjaan anda terus melakukan kritik terhadap berbagai lembaga baik beladiri, pendidikan, atau LSM..
    anda begitu bangga sudah perang diambon selama 7 bulan..seolah-olah anda sudah melakukan hal yang sangat luar biasa..bukan riya dan bangga hati salah satu dari dosa??
    pantaskah kita sombong kalo semua yang ada didiri kita hanya titipan saja..
    jadi kembali kemasalah pokok, beranikah anda tabayun dengan kang dicky secara langsung??cukup jawab ya atau tidak ..
    kalo berharap kang dikcy yang datang keanda sepertinya tidak mungkin sebab beliau sama sekali tidak Terganggu oleh sepak terjang anda..tapi sy sebagai murid dari beliau sy merasa anda sudah kelewat batas..
    soal otak pun saya tidak akan bahas karena pasti anda pakai referensi dari om wiki , sementara teman saya bekerja di salah satu lab penbelitian di USA yang secara khusus memplejari soal otak manusia..datanya sangat akurat..dan memang ini proyek amerika jadi tidak akan mungkin terekspos di internet..sadarilah bahwa dulu teknologi manusia itu jauh lebih maju dari sekarang
    sy tidak akan berdebat dengan anda lagi karena sepertinya percuma..tantangan tabyun tidak dijawab malah melebar kemana-mana, sy yakin kalo soal biaya anda bisa cari sponsor..anda kan penulis “BEST SELLER” diindoneisa..
    jadi sekali lagi apa jawaban anda untuk Tabayun dengan Kang Dikcy apakah Ya atau Tidak ??
    sy sih yakin misalnya ada pembuktian pasti bukan anda yang akan melakukan tapi orang lain..yang anda anggap lebih hebat dari anda
    kalo diskusi langsung kan enak , misalnya tidak percaya tinggal pembukttian saja, nggak perlu debat berkepanjangan seperti sekarang ini..

    • Saya punya strategi dalam berbuat dan bertindak, percuma kalian berkeras mau memaksa saya secepatnya untuk bertemu Kang Dicky sebab saya punya kebijakan sendiri yang tidak mungkin saya jabarkan, yang pasti saya sangat yakin pada saat, waktu, hari yang tepat saya pasti akan bertemu dengan KD yang bisa jadi saat itu akan menjadi hari yang sangat bersejarah dalam dunia persilatan ^_^! . kapan waktunya ???? jika saya ingin menemui KD saya punya pertimbangan dan kebijakan sendiri, jikapun KD hendak bertemu dengan saya, sayapun akan punya pertimbangan kapan saat yang tepat dan dengan perencanaan yang matang untuk menerima undangan KD……….. Ga asal labrak/ketemu ;)

      soal otak pun saya tidak akan bahas karena pasti anda pakai referensi dari om wiki , sementara teman saya bekerja di salah satu lab penbelitian di USA yang secara khusus memplejari soal otak manusia..datanya sangat akurat..dan memang ini proyek amerika jadi tidak akan mungkin terekspos di internet..sadarilah bahwa dulu teknologi manusia itu jauh lebih maju dari sekarang
      sy tidak akan berdebat dengan anda lagi karena sepertinya percuma

      lihat artikel saya di http://metafisis.wordpress.com/2010/11/14/fatwa-dr-ahli-syaraf-otak-keyakinan-sel-oktak-aktif-10-adalah-100-hoax/ referensi saya ga hanya dari om wiki tetapi dari ahlinya langsung, saya meminta penjelasan DR ARMAN YURISALDI seorang ahli syaraf otak , langsung bacanya dan renungilah kesalahan fatal keyakinan kalian!

      • Asskum sadayana,

        Om PA udah ngejelasin tuh kalo dia mau berlatih jurus dulu untuk tabayyun nanti. Jadi Kang Kian Santang, Kang Gito, sareng Akang2 HI nusanesna, kantun ngantosan siap si OM PA.

        Jadi kita bisa ngelanjutin diskusi yg lebih sehat lagi. Kalo nanti Om PA nulis HOAX bin HAOX lagi, teman2 bantah aja dgn teorinya masing (yg ilmiah)… Jadi kita2 yg ikut nimbrung di blog ini bisa dapat manfaatnya. kumaha??

        mun caketnya mah, hoyong misahkeun, asa ningal jalmi gelut euy.

        Hapunten sareng hatur nuhun. Asskum sadayana.

      • bilang saja anda tidak pernah berani bertemu dengan KD seorang diri..
        apsti sekarang anda sedang mencari pendukung..anda kok GR amat sih berharap KD yang datang keanda??
        terus anda sok menolak..
        emang siapa anda ??apa anda seoarang presiden
        soal otak itu kan hanya pendapat salah satu ahli syaraf otak
        sementara sy punya data akurat tentang sel otak manusia yang beanr-benar diteliti di USA
        dan data ini tidak pernah bocor diinternet
        silahkan sj ketemu sy kalo anda ingin lihat
        itulah dangkalnya pemikiran anda cuma dengar salah satu pendapat saja langsung percaya
        ok sy tidak ingin panjang lebar..ini postingan saya yang BENAR-BANAR TERAKHIR

  9. setelah sy melihat blog ini hati saya sangat sedih beginikah sikap seoarang muslim
    kalau saya melihat secara sekilas hal ini terjadi karena tidak pernah ada pertemuan antara pihak dikcy zaenal arifin dengan perdana ahmad
    dan saya juga melihat persyaratan perdana ahmad terlalu berlebihan sampai harus demo terbang segala macam
    saya ada salah satu penawaran buat perdana ahmad bagaimana kalo diadakan dialog terbuka dengan hikmatul iman di bandung
    anda tinggal sebut saja berapa orang yang ingin anda abwa kebandung, semua biaya perjalanan dan transportasi akan saya tanggung
    tapi nanti bila sampai anda tidak bisa membuktikan atau melunturkan ilmu yang dimiliki hikmatul iman anda harus mau menghapus seluruh artikel yang berkaitan dengan hikmatul iman di dalam blog ini
    karena bila tuduhan anda tidak terbukti sama saja dengan fitnah..
    dan saya minta agar anda (perdana ahmad) mau mencantumkan alamat jelas anda sesuai dengan KTP seperti yang saudara dikcy lakukan
    saya sudah konfirmasi kepada pihak hikmatul iman pada dasarnya mereka siap kapan saja bertemu dengan anda
    sekarang sy ingin minta data lengkpa diri anda diblog ini
    maaf kalo nomor HP tidak akan saya respon , karena nomor HP bisa diganti kapan saja, yang saya inginkan telepon rumah
    mohon ditanggapi dengan serius
    saya bukan dari hikmatul iman tapi sy hanya seorang pengusaha kecil asal bandung..intinya sy juga ingin tahu seperti apa hikmatul iman

  10. saya siap jadi sponsor buat mempertemukan perdana ahmad dan pihak hikmatul iman
    saya tadi sudah bicara melalui telepon dengan pihak hikmatul iman melalui website saudara dikcy zaenal arifin bahwa hikmatul iman terutama saudara dicky zaenal arifin siap bertemu dengan perdana ahmad kapan saja
    sekarang saya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak perdana ahmad kapan bisa datang kebandung
    anda tinggal bilang saja berapa orang yang akan ahdir bersama anda., nanti semua biaya penginapan dan transportasi akan saya tanggung, karena sponsornya adalah saya maka ada beberapa rule yang ingin saya sampaikan :
    1. Diharapakan pihak perdana ahmad dan hikmatul iman melakukan presentasi singkat tentang ilmu yang dimiliki
    2. Setelah itu pihak hikmatul iman (saudara dikcy zaenal arifin) harus mau diruqiyah oleh perdana ahmad /timnya
    3. Setelah itu baru demonstrasi tenaga dalam dan metafisik dilakukan
    dalam hal ini yang berhadapan hanya dikcy zaenal arifin dan perdana ahmad saja (tidak boleh melibatkan pihak lain), dan demonya cukup salah satu saja, misalnya memukul dari jarak jauh
    4. Bila ilmu hikmatul iman masih berfungsi, maka perdana ahmad harus mau mengakui kesalahannnya dan akan menghapus semua postingan negatif soal hikmatul iman, karena tuduhan tanpa bukti adalah fitnah
    5.Bila ada pihak yang terluka baik dari hikmatul iman atau pihak perdana ahmad maka semua biaya rumah sakit akan menjadi tanggung jawab saya
    buat perdana ahmad mohon maaf saya yang buat peraturan, karena resiko saya juga tidak kecil
    mohon anda tidak medelete postingan saya lagi, karena ini postingan saya yang kedua
    mohon juga menampilkan alamat jelas anda seperti yang saudara dicky lakukan
    saya tunggu jawaban anda secepatnya, dan mohon ditanggapi dengan serius
    terima kasih

    • Bismillah,kami siap 100% untuk bertemu dengan pihak hikmatul iman untuk debat secara langsung dan mengadakan pembuktian secara langsung,seluruh poin yang anda sebutkan saya setuju. Insya Allah saya akan menulis surat pernyataan kesanggupan . Namun sebelumnya saya ingin tahu biodata anda (sponsor)secara lengkap dulu sebab saya tidak ingin ada intrik penipuan.trimakasih

      On Thu Nov 18th, 2010 6:56 AM EST

      • saya tidak akan menipu anda karena saya pun sudah mendatangi pihak hikmatul iman, bahkan sudah bertemu secara langsung dengan dikcy zaenal arifin
        beliau tidak merasa keberatan dan siap kapan saja
        yang jelas saya adalah orang yang nyata
        saya tidak akan membeberkan data diri saya diblog ini,
        justru data diri anda yang sulit saya temukan diinternet
        ada sih nomor HP dari salah satu website ruqiyah tapi saya tidak yakin, makanya saya minta alamat jelas anda disini, lagian kalo anda merasa benar dan yakin kenapa takut mencatumkan alamat jelas anda dalam web ini
        seperti yang saudara dikcy lakukan, jadi saya mudah untuk melakukan konfirmasi..
        makanya saya minta data anda secara lengkap disini
        sekali lagi saya bukan dari hikmatul iman..saya hanya salah seorang pengusaha kecil asal kota bandung, yang kebetulan punya rizki lebih..dan prihatin dengan keberadaan blog anda
        pihak hikmatul iman saja mau bertemu dengan saya, tanpa menanyakan asala usul yang bertele-tele, akrena mereka tahu itikad saya baik, bukan keributan yang saya cari tapi untuk menyelesaikan masalah ini anda harus berani berhadapan langsung dengan dikcy zaenal arifin,masa anda tidak mau menanggapi saya??
        apa karena saya berasal dari bandung lalu anda lantas beranggapan saya anggota Hikmatul iman??
        penduduk bandung itu banyak bos..
        saya tunggu jawaban secepatnya dari anda
        anda nggak usah takut pihak hikmatul iman akan menteror anda bila anda tulis alamat lengkap anda..saya rasa setelah saya bertemu dengan beberapa orang hikmatul iman mereka tidak seperti yang anda gambarkan
        maknya anda tinggal sebut berapa orang dari pihak anda yang akan datang kebandung
        kita akan melakukan diskusi dengan santun, dan semua pihak diharapkan bisa menerima dengan lapang dada apapun hasil diskusinya nanti

      • @ syarif hidayat

        Salam kenal Mas Syarif. Insya Allah, saya juga sangat faham dengan kalimat anda “saya tidak akan membeberkan data diri saya diblog ini”.

        Saya hanya ingin menanyakan. Pada pertemuan nanti apakah anda sudah mempersiapkan keamanan/antisipasi dari hal-hal yang tidak kita inginkan? mengingat sifat manusia yang suatu saat emosinya bisa tidak terkendali (siapapun). Saya sangat yakin anda juga tidak ingin ada huru-hara pada saat pertemuan nanti, mengingat bahwa kita adalah sesama muslim.

      • sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas sponsor dari anda,saya cuma bersikap hati hati,saya perlu biodata anda karena kita semua harus bersikap transparan. Alamat sy dijalan pulau buton gang selada 1 no.06 jagabaya 2 bandar lampung. No tlp sy 081379666696/081541122127,saya tanggal 26 keyogyakarta dan insya Allah akan konsolidasi dengan ikhwan2. Saya bawa 2 orang mungkin dari perguruan bela diri mosdeff dan dari IRIS,DI bandung mungkin ada juga rekan2 saya yang akan mendampingi kami. Sekarang mohon biodata anda dan no hp.yang dapat saya hubungi yang ditulis langsung di blog ini agar rekan2 lain seperti bung nyimak bisa konfirmasi dengan anda juga.trimakasih (mhn maaf sy membalas via handphone sbb kabel data to internetan ke laptop keselip entah kemana masih sy cari blm ketemu)

        On Fri Nov 19th, 2010 5:10 AM EST

      • Bismilllahitawaqaltu ‘alallah.

        @ Perdana Akhmad

        Insya Allah akan saya kirim biodata saya pribadi via e-mail / hp dengan akun ini “Nyimak”. Saya kirim khusus untuk anda saja setelah melihat progres yang “positif” mengenai point-point “debat secara langsung dan mengadakan pembuktian secara langsung” yang akan disepakati oleh kedua belah pihak berikut waktu yang sudah ditetapkan nantinya.

        Untuk pertemuan ini saya akan memposisikan diri sebagai penyimak, tidak ikut berdebat secara terbuka karena pengetahuan saya yang masih minim.

        Saya sangat faham dengan ucapan anda “saya cuma bersikap hati hati,saya perlu biodata anda (syarif hidayat), karena kita semua harus bersikap transparan.”.

        Semoga Allah SWT meridhoi usaha-usaha yang telah dilakukan, amin.

  11. wah ada sponsor nih
    gimana nih , apa pihak perdana ahmad mau ??
    padahal enak banget tinggal datang aja nggak usah mikirin apa-apa
    semoga jawaban perdana ahmad bisa memuaskan kita semua
    saya pasti akan hadir diacaranya nanti
    terima kasih sebelumnya kepada bp syarif hidayat yang mau jadi sponsor

  12. Waaahh….kalo menurut ane..
    Metafisika dan Fisika Quantum adalah Sains Akh..

    Ane rasa Antum lebih hapal dan Paham HAdist Rasulullah tentang Sains dan Teknologi… :)

    • Mudah2an sih udah ada pembicaraan via telepon dgn sdr PA..

      Jika Syarief H serius seharusnya ada kabar positif dari dia untuk pembaca di sini.

      gimana nih mas Syarif? kami tunggu info dari anda!

      • “Jika Syarief H serius seharusnya ada kabar positif dari dia untuk pembaca di sini.”

        Mungkin masih sibuk mas, kita tunggu saja informasi berikutnya.

      • Saya sedang berada di kota boyolali sekarang, saya masih menunggu konfirmasi ulang dari saudara Syarief, saya masih berbaik sangka bahwa saudara syarief tidak berbohong dan telah melakukan penipuan sistematis. saya masih berada di jawa sampai tanggal 2 Desember, saya harap sudah ada konfirmasi sebelum tanggal 2 desember agar saya bisa konsolidari dengan teman-teman……. Terimakasih

      • Si syarief kalau serius sudah pasti sudah ngebell Ustadz Permana.

        No Hp sudah dikasih, alamat sudah jelas.

        Syieraf Hadayit!! ente mau ngapain sama Ustadz Permana? Situ syarief Geger Kalong Bandung bukan? pengusaha apaaånnn?!!

      • Sdr Syarief Hidayat,

        Apakah anda sedang sibuk? Tlg jangan membuat kami berburuk sangka kepada anda.

        Pertanyaan anda kepada sdr PA, tergesa2 ingin di jawab. Setelah ada respon kok ga ada reaksi lagi? lebih dari 2 hari tanpa ada balasan dari anda itu sudah tidak wajar bagi seorang pengusaha!

    • Hpnya ngga hilang, cuma ngga bisa beli pulsa kayaknya. Gimana mau jadi sponsor kalau gitu?

      Sepertinya cuma mau tau alamat doang yah? Ada maksud tertentu rupanya, kirain rumah PA deket2 Bandung… Sama saja tuh ama si wongalus… bikin rame ngga puguh!

      Ingat Pak Syarif, tulisan2 anda akan menjadi beban di akhirat kelak, jika anda cuma omong kosong, sy orang yg termasuk meminta pertanggungjawaban anda dihadapan Allah kelak!

  13. ayo dong… bung syarif mana nih kelanjutannya…
    jangan sampai saya berpikiran bahwa bung syarif ini cuma tokoh fiktif… ^_^,
    hmm… gini aja mumpung bang permana ada di jawa, gimana kalo bang permana dan para pasukannya langsung aja menuju bandung untuk menemui kang diki dan HI-ers nya?
    saya tunggu hasil postingan terbaru tentang hasilnya, kalo benar ini jadi bukti tak terbantahkan bagi ke dua belah pihak, dan tidak ada yang merasa dirugikan nantinya…(kalau jadi itu juga…^_^ )

  14. as… maaf sya tertarik dengan berita ini

    yang sya ingin tanyakan apakah sudah ada pertemuan atau belum

    mudah2 an sudah
    sehingga masalah ini tidak akan panjang lebar

  15. hati2 perdana sengaja mmbuat debat2 seperti ini yang akan dibuat buku ,kita yang ribut pake emosi dia yang untung jualan buku,!asas manfaat !malah ruqiah skrg pke jualan obat2n,krn masarakat merasa dirugikan,masa dptar pke rupiah dapat hnya ruqiah sj,doa dijual !rugikan!

    • setuju kang anton
      perdana sudah debat dengan HI puluhan tahun, diajak tabayun nggak berani aja..padahal kang dicky udah beberapa kali ke lampung bahkan , kalo tidak salah perdana tinggal di lampung kan ??
      kenapa tidak coba temui kang dkcy aja waktu beliau main kesana
      kan masalah anda adalah soal akomodasi dan tarnsportasi ??

      • bagaimana saya tahu KD dilampung jika ga dikasih tahu? saya ambil samtainya saja, saya sudah menyampaikan hujjah dan sudah sering yang nantang2 ngajak tabayun tapi ketika saya sudah serius pada mundur semua , saya harap ada murid-murid HI yang masih waras otaknya untuk tidak mendewakan KD seolah-olah manusia super sakti didunia ini!

      • bagaimana saya tahu KD dilampung jika ga dikasih tahu? saya ambil samtainya saja, saya sudah menyampaikan hujjah dan sudah sering yang nantang2 ngajak tabayun tapi ketika saya sudah serius pada mundur semua , saya harap ada murid-murid HI yang masih waras otaknya untuk tidak mendewakan KD seolah-olah manusia super sakti didunia ini

  16. ia lah,perdana ngajak diskusi pake sarat2,ada media,bawa teman,ujung2 nya minta diongkosin..dia pintar ,klw dia yg datangi KD ,ada bukti pisik dia duluan..nanti ada peringatan lagi dari pengadilan bhw klw melakukan lg ,pidana deh..jdi sengaja biar KD yg datang,nanti dia bralasan,’sy tdk mlangar hukum sy kn didatangi dia’ ..bner gak yg sy pkirkan?

  17. saya juga berharap ada orang yang bertitel USTAD dan pke nama ROSUL yaitu AHMAD dewasa, dakwah dgn ahlak terpuji,dan mengangap org salah itu org yg patut dibantu bukan dgn gampang di cap sesat sblum paham benar masalah yg dihadapi,kalau gk sangup,jgn pake gelar USTAD..dn nama rosul…sy salah,kurang santun, agak wajar,gk pnya gelar USTAD sperti mu ,perdana

  18. @perdana ahmad
    sy sudah konfrim ke pihak HI nggak ada tuh tantangan dari anda
    yang ada cuma debat diinternet, minimal anda buat pernyataan resmi dalam surat yang disahkan notaris
    abru itu valid namanya

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s