Nasihat Bagi Praktisi Yoga Agar Bertaubat


Syirik dalam Yoga melenyapkan amalan dan Membatalkan Keimanan

Bagi praktisi Yoga muslim ingatlah! Jika anda meyakini ritual Yoga dapat meningkatkan spiritualitas dibanding dengan ibadah-ibadah yang telah dituntunkan Rasulullah maka lenyaplah amalan-amalan yang telah ia kerjakan dan setanlah yang menjadi temannya.

Firman Allah Ta’ala:

ذَلِكَ هُدَى اللهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Itulah petunjuk Allah, yang dengan-Nya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.”(Al-An’am;88).

“Wahai orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul, janganlah kamu membatalkan amalan-amalan kamu”. (Surah Muhammad: 33)

Ayat ini memerintahkan supaya umat Islam tidak mempersia-siakan segala amalan kebaikannya dengan sengaja membiarkan diri terjebak ke dalam perbuatan syirik. Menurut Imam al-Razi, perkara yang membatalkan amalan disini ialah melakukan kesyirikan.

Ia berdasarkan firman Allah: “Sekiranya kamu melakukan syirik, maka gugurlah amalan kamu” (Surah al-Zumat: 65) [1] .

Allah SWT juga berfirman:

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ

”Barangsiapa yang berpaling dari ketentuan Allah (Al-Qur’an dan As-Sunnah),Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan),maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu mengikutinya.”(Az-Zukhruf:36)

Tidak ada gunanya lagi kita shalat, dzikir jika dalam hati kita telah ada kerusakan akidah Tauhid, semua amalan kita tidak akan diterima Allah SWT!

Yoga mengajarkan sinkretisme agama, padahal agama yang diridoi Allah Islam

Yoga sesungguhnya berada dalam konteks Hinduisme  oleh karena itu bersifat sangat sinkretistik. Ia menyamakan agama yang satu dengan yang lain. Hingga dikatakan yoga dapat diikuti oleh berbagai macam agama. Ajaran mereka menganut spiritual perenial yang mengedepankan “kebaikan” universal. Hingga tanpa sadar banyak para praktisi yoga muslim yang akhirnya tersesat hingga hilang dalam dirinya ghiroh keislaman. Padahal Allah telah menyatakan Agama yang diridoi adalah Islam jelas menunjukkan bahwa agama atau kepercayaan lain selain Islam tidak diridoi dan merupakan kesesatan.

Allah Ta’ala juga berfirman :

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ اْلإِسْلاَمِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي اْلأَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barang siapa yang mencari selain Islam sebagai din (agama) maka sama sekali tidak diterima daripadanya dan dia di akhirat kelak termasuk daripada kalangan golongan yang rugi” (Surah Ali `Imran : 85)”.

Yoga adalah metode peribadatan agama lain, maka siapa yang belajar yoga akan mencampur adukkan keimanan dan kezaliman

Jika  ada para praktisi Yoga, menganggap bahwa ilmu Yoga sebagai salah satu metode dalam mendekatkan diri pada Allah hingga ibadah-ibadah syar’iah kita banyak tergantikan dengan “peribadatan” ala yoga. Maka sia-sialah yang dia lakukan.

Tidakkah ia membaca firman Allah Ta’ala.

الَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمْ يَلْبِسُواْ إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ اْلأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

” Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-An’am: 82).

Al-Imam Ibn Kathir dalam Tafsir al-Quran al-`Azim, menafsir ayat dalam Surah Ali `Imran di atas menyatakan: “Barangsiapa  yang melalui suatu cara yang lain dari apa yang di syari’atkan Allah maka sama sekali amalnya  tidak diterima”.

Jangan meniru ritual ibadah agama lain, sebagaimana telah dijelaskan bahwa gerakan ritual yoga sangat erat dengan penyembahan terhadap dewa matahari. Jika kita mengikuti gerakan yoga tersebut maka kita telah bertasyabbuh dengan kaum kafir penyembah Dewa Matahari. Sebagaimana telah dijelaskan Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa menyerupai (bertasyabbuh) dengan suatu kaum, maka ia termasuk di kalangan mereka.” (Riwayat Abu Daud, no. 3512)

Memelihara kesehatan Tidak boleh menghalalkan segala cara

Kita dalam memelihara kesehatan dan dalam berobat tidak boleh menggunakan sarana yang diharamkan. Para ulama bersepakat bahwa menggunakan perkara yang diharamkan untuk berobat adalah dilarang[2]. Hal tersebut berdasarkan beberapa hadist Nabi SAW:

“Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesembuhan kamu pada apa yang diharamkan ke atas kamu”. (Riwayat al-Bukhari)

“Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan setiap penyakit ada obatnya, maka berobat lah dan jangan kamu berobat dengan perkara yang haram”. (Riwayat Abu Daud)

Jika memang dalam keadaan darurat (terdesak) tidak ada lagi jalan bagi kita untuk berobat pada sarana yang halal maka bisa saja umat Islam menggunakan sarana yang haram, namun sifatnya hanya sementara saja. Namun jika kita melakukan senam Yoga dengan alasan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani padahal banyak alternatif lain yang lebih syar’i maka senam yoga termasuk kategori haram untuk diamalkan. Masih banyak senam lain yang bisa memberikan kesehatan fisik dan psikis yang aman dari sisi akidah. Jika kita ingin menobati kegelisahan jiwa tidaklah orang tersebut membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, sebab al-Qur’an itu sendiri memiliki ayat-ayat yang mampu memberikan ketenangan kepada jiwa muslim yang mengalami kegelisahan dan ketidaktenteraman.

Sebab Allah Ta’ala berfirman :

 

“Hai manusia! Telah datang nasihat dari Tuhanmu sekaligus sebagai obat bagi hati yang sakit, petunjuk serta rahmat bagi yang beriman.” (QS.Yuunus:57)

Dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an Insya Allah anda akan mendapatkan efek relaksasi dan pencerahan hingga segala masalah anda akan teratasi dan akan terjadi reaksi penyembuhan jika fisik atau psikis anda terkena semacam penyakit. Dengarkanlah dengan baik Insya Allah anda akan mendapatkan pahala dan bacaan ayat-ayat ruqyah dari Al-Qur’an dan Sunnah akan membuat hati anda tenang

Sebab, Allah Ta’ala berfirman :

 

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS.Ar Ra’d:28)

 

Allah Ta’ala berfirman :

 

“Hai manusia! Telah datang nasihat dari Tuhanmu sekaligus sebagai obat bagi hati yang sakit, petunjuk serta rahmat bagi yang beriman.” (QS.Yuunus:57)

 

Al-Qur’an secara harfiah (kata demi kata, bukan hanya makna) merupakan obat bagi penyakit-penyakit hati. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an :

“Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu suatu pelajaran dari Tuhanmu, dan penyembuh terhadap penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat untuk orang-orang yang beriman.” (Yunus,10:57)  Nabi SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur’an!Karena sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman : “Al-Qur’an itu obat bagi penyakit yang ada dalam dada”. Oleh karena itu mendengarkan atau membaca Al-Qur’an dapat dijadikan sebagai teknik menenangkan jiwa dan membersihkan jiwa dari segala penyakit-penyakit hati (iri, dengki, sombong, ujub, takabur, riya, dan lain sebagainya).

Waspadalah,  yoga juga merupakan suatu bentuk senam yang bisa membawa kepada hukum syubhat karena percampuran antara ritual gerakan senam fisik yang mengandungi unsur peribadatan agama Hindu. Dalam hal ini Nabi SAW mengarahkan umat Islam meninggalkan perkara-perkara syubhat karena dikhawatirkan akan terjerumus melakukan yang haram. Sabda Nabi SAW:

“Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan gembalaannya disekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan”. (Riwayat Bukhari)

 


[1] Tafsir al-Razi, j.14, hal. 118.
[2] Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, j. 11, hal. 118-119.

28 gagasan untuk “Nasihat Bagi Praktisi Yoga Agar Bertaubat

  1. yoga bukan ritual agama tertentu spt hindu.
    umur yoga sendiri lebih tua dari agama hindu. bukti? di Bali umat hindu tidak menjadikan yoga sebagai ritual agama.

    however, I am not yoga practisioner.

  2. yoga adalah ritual agama hindu……..dalam yoga ada penyembahan pada dewa dewi agama berhala….walau umurnya lebih tua dari hindupun jika ajaran dan gerakannya menyerupai ibadahnya orang kafir maka haram hukumnya kita ikuti.
    anda salah mas….umat Hindu bali kebanyakan menerapkan bhakti yoga daripada yoga asanas….lihat di http://www.tejasurya.com/ yang membuktikan umat hindu bali melaksanakan yoga…

  3. Saya praktisi Yoga …saya ambil manafaatnya…….
    Yoga buat saya adalah gerakan untuk menyehatkan badan
    seperti olahraga ……hanya dlm yoga ditambah pengaturan pernapasan………kalo ada istilah atao kata2 yang harus diucapkan ,tidakperlu diikuti……..bisa diganti dengan Hu Allah atao yang lain ……atau tdk diuapkan samasekali….
    Karena buat saya badan adalah sama dengan masjid,gereja atau tempat ibadah yang diinventasirkan oleh Allah ………..kalo sampai tempat ibadah kita rusak [sakit] apalagi sampai ambruk[mati] maka selesailah …………
    Trus menurut saya gerakan sholat juga sebagian dari yoga ……….
    Mana yang membuat jadi mudarat ???????

  4. YOGA Haram ???
    yang bilang haram pastilah orang Islam yang Fanatik serta dia sendiri nggak ngerti tentang Hakekat kesehatan dan Ketuhan itu sendiri !!
    mengapa ?? karena kebodohan (dalam pengertian hakekat), kecemburuan dan ketakutan !!

    Yoga adalah bagian dari Hindu yang tak terpisahkan !! tapi bukan berarti Yoga hanya untuk orang Hindu, tapi untuk seluruh umat manusia. siapapun dia, apapun bangsa atau rasnya, itulah semangat para maha Rsi (pendeta hindu) pada saat menyebarkan yoga itu. karena bertujuan positif yaitu menyehatkan jasmani serta menguatkan Rohani (dlm arti universal). melakukan yoga bukan berarti menjadikan orang yang beryoga beragama hindu.
    lalu kenapa disebut HARAM ?
    sudah jelas jawabannnya. jujur saja pada islam tidak ada yoga (atau apapun namanya).
    Karena Islam ingin agamanya paling terkenal dan paling benar pada semua agama.!!
    karena Yoga banyak manfaatnya bagi kesehatan (Jasmani dan Rohani), shg Hindu lebih menonjol dari Islam dalam bidang olah tubuh. ada juga kama sutra (cara berhubungan badan yang bersih dan baik) jelas pada Islam tidak ada.

    Sejatinya ajaran yang ada pada Islam adalah hanya sebeberapa bagian pegalan dari ajaran hindu, ingat nenek moyang Nabi Muhamad (pamannya dan sebelumnya) adalah bergama hindu.jadi Nabi Muhamad SAW waktu kecilnya didik secara hindu oleh pamannya. sama halnya dengan Sidarta Gautama ( penyebar Bhuda).

    Hindu tidak pernah mempengaruhi orang untuk beragama Hindu. Hindu hanya mempengaruhi manusia untuk orang percaya kepada Tuhan, apapun agamanya. itulah universalnya ajaran hindu, krn memang Hindu adalah agama yang pertama dimuka Bumi ini (Weda diturunkan sekitar 6000- 4000 SM) , melalui hindulah manusia diajarkan untuk percaya kepada Tuhan (penyebab dari segala yang ada, pemelihara dan selanjutnya mengembalikan (pralina /pemusnah).
    Sebenarnya seluruh agama, adalah menyembah pada TUHAN yang sama, cuma caranya yg berbeda-beda melalui sistem agama. so… apa yang perlu diperbebatkan karena kita menyembah TUHAN yang sama .
    Apakah ada yang berfikir bahwa TUHAN ada sebanyak agama ?? jadi masing-masing punya Tuhan ?? kalau begitu Tuhan bisa berantem dong, sesama Tuhan,. hehehhee ..

    Ingat yang kita perdebatkan hanya masalah cara ( tatacara) semuanya menuju pada Hyang Tunggal. yaitu TUHAN dengan penyebutan dengan banyak nama. apakah ALLAH itu tidak sama denganTUHAN ?? kalau ada yang mengatakan beda, saya mohon komentar anda !!. atau kata yoga diganti dengan bahasa arab, nama gerakan yoga juga diganti dengan bahasa arab, dll semuanya arab. mungkin anda tidak pernah berdebat (tidak diharamkan), krn dianggap bukan syrik lagi khan ??. krn banyak peninggal hindu juga diklaim sebagai peninggal Islam. orang hindu juga tidak mempermasalahkan. KABAH apakah tempat suci orang Islam ? ingat sebelum muncul agama Islam Kabah adalah tempat suci Hindu ? ma bukti ? Periksa isi khabat didalamnya, didalamnya terdapat Lingga Yoni dan juga ada patung dewa chandra dan surya. Tajmahal apalah mesjid ? periksa web yang lainnya Tajmahal adalah bekas Kuil Hindu (siwa) coba perhatikan simbol diatas, adalah simbol siwa (bulan sabitnya menghadap keatas, bukan menghadap kesamping) itu adalah lambang siwa chanda.
    Saya sebenarnya capek berdebat, karena bergama itu bukan untuk berdebat tapi justru untuk mencari kedamaian ( shanti), so.. kenapa harus berdebat ??? capek dech…..peace !! peace!! peace!!

    • saya setuju ki untuk damai ya sehat jasmani dan rohani kenapa kita mesti terus mempersalah sebutanNya, yang penting ahlaknya.Bagus tidak dimata tuhan, Oke.

      • betul bos…. kita sering menjudge hanya dari katanya… So.. damai semua… Bagi yang nyari duit lewat agama… yuk kita bertobat…. hayo kaji lagi alqurannya…

    • dari tulisan di atas ,yaitu:
      ..Sebenarnya seluruh agama, adalah menyembah pada TUHAN yang sama, cuma caranya yg berbeda-beda melalui sistem agama. so… apa yang perlu diperbebatkan karena kita menyembah TUHAN yang sama ..

      ==> kalau memang semua sama, berarti Anda membenarkan islam .
      berarti juga Anda membenarkan isi Al-qur’an,
      ] dan
      berarti Anda semestinya menerima ayat ini:

      Allah Ta’ala juga berfirman :

      وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ اْلإِسْلاَمِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي اْلأَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

      “Barang siapa yang mencari selain Islam sebagai din (agama) maka sama sekali tidak diterima daripadanya dan dia di akhirat kelak termasuk daripada kalangan golongan yang rugi” (Surah Ali `Imran : 85)”.

      semua orang masih ada kesempatan untuk berubah, tanpa paksaan.
      semoga dapat menerima kejelasan ini.

    • Yoga, senam aja seh gapapa… betul kan bos… ga pake mantra… apalagi pake mantra quran… Quran kan rahmat dan berisi pegangan hidup…..

      Bang PA jelasin dong, al-jinn ayat 1…… dari dulu pertanyaan saya belum dibahas neh, daku penasaran…

      • Kalau sekedar senam (dimaksudkan seperti SKJ) dan gerakan-gerakannya telah teruji dapat menimbulkan kesehatan, why not?

        Tapi, yg saya tau dalam yoga itu gerakannya didominasi dengan gerakan-gerakan ibadah mereka. Dalam agama kita tidak boleh menirukan budaya-budaya kafir (non islam) apalagi suatu kegiatan/budaya “terindikasi” membawa misi agama (tidak hanya yoga).

        Saran dari para ulama:
        Kita jangan belajar di negara kafir (didominasi kafir) jika masih lemah dalam ilmu islam, karena dikhawatirkan akan terpengaruh (tidak dapat memfilter dengan hukum-hukum islam). Kalau sudah memiliki ilmu islam sebagai filternya maka silahkan saja.

  5. Sepakat Ki Pasupati…………sy sbg org jawa yg notabene bragama islam……………..ttp bgga & akn ttp menalurikan yoga dimanapun brada krn akn mmbuat jau lbh hening & wening

  6. asanas (postur yoga) itu banyak, puluhan& para praktisi yoga tidaklah diwajibkan untuk melakukan semuanya, bisa milih postur.

    Bhakti yoga?
    apakah ada di fitnes center yg menawarkan pelatihan bhakti yoga? lagian sebagai non-hindu siapa yg tertarik melakukan bhakti yoga? itukan yoganya para rsi.
    yg non-hindu cari dari yoga adalah asanasnya (posturnya), senamnya, fisiknya.

    • lebih baik mencari senam yang netral ga ada unsur tasyabbuh dengan tatacara penyembahan pada dewa=dewi agama hindu, lebih baik cari aman saja, lebih baik menjaga kesehatan akidah daripada menjaga kesehatan tubuh tapi sakit dalam akidah.

  7. Kalau untuk kesehatan mengapa tidak, akalau ajaran yang menjadi orang lebih baik, kenapa dilarang? kan lebih baik ikut yoga dari pada ikut jadi teroris bikin bom, untuk mengebom bangsa sendiri, Apakah di dunia ini tiada kebaikan selain ajaran salah satu agama saja.
    Kalau saya mau ke Roma apa tidak bisa lewat jalan lain, demikian juga kalau mencari kebahagiaan di dunia dan akhirat, Banyak jalan bung, yang penting baik, tidak ganggu yang lain.

  8. @ Perdana Ahmad

    Kamu dan konco-koncomutidak PD, makanya suka menyesatkan dan mengkafirkan orang lain.

    kalo Yoga adalah Haram, bukankah gerakan sholat itu sama dengan Yoga? apa bedanya?

    • @mas taimiyah,

      maaf mas, kami mengharamkan yoga karena kami bersandar pada dalil. Bagi kami, sholat yah sholat, kalo ingin sehat yah berolahraga dan senam biasa aja. Karena yoga budaya agama lain, sepatutnya umat muslim tidak melakukannya.

      Monggo saja jika mas mau menghalalkan yoga. Kami dan mas kan ditanya juga nanti diakhirat.

  9. Maaf, mas. Memangnya dari gerakan mana yang ada gerakan menyembah,..?? Setahu saya sembahyang hindu hanya mencakupkan tangan sambil bersila/bertimpuh. Yoga dan sembahyang lain,.. Sembahyang antara diri kita dan TUHAN , sedangkan yoga diri kita dengan alam. Jika berisi mantra2 bisa dihilangkan atau diganti menurut bahasa atau kepercayaan masing2…

  10. hihi seru ya membahas ttg haram dan halal,
    masing2 punya persepsi yg berbeda krn latar belakang kalian juga berbeda…

    terimakasih telah membuka wacana spt ini, manfaatny bs memberikan info ttg pro contra-nya olah raga ini.

    tetap berpendapat, silakan berdebat, tp jangan tangan yg berkebat.

    insyaallah tetap mengahadap kiblat.

  11. islam,,,,???
    semua kebalikan dr tata laksana hindu…
    aneh……………………………………………………….
    dan slalu bilang we`re the best…
    haram,khafir,dosa,………..dan laen sebagainya…

    knyataannya…tunggu aja spt tragedi aceh…see you in hell,damn you all…

    • Semoga umat hindu bertaubat dari sikap mereka memberhalakan tuhan dan mewujudkan bentuk tuhan yang abnormal, ada yang berkepala 4, bertangan banyak, berwajah hewan dll. padahal jelas dalam kitab kalian sendiri HAKIKAT Tuhan itu :
      Chandogya Upanishad Ch. 6 Sec. 2 V. 1 menyatakan bahwa Tuhan hanya ada satu.

      Shvetashatara Upanishad Ch. 6 V. 9 menyatakan bahwa Tuhan itu tidak punya ibu dan bapak, Dia tidak punya tuan dan pelindung.

      Shvetashatara Upanishad Ch. 4 v. 19 menyatakan bahwa Tuhan itu tidak ada sesuatupun yg menyerupai Dia

      Shvetashatara Upanishad Ch. 4 v. 19 menyatakan bahwa Tuhan tidak bisa dilihat. Tidak ada orang yg mampu melihat dg mata.

      Dalam kitab suci Hindu yg paling sering dibaca orang yaitu Bhagavad Gita :

      Bhagavat Gita Ch. 10 V. 3 menyatakan bahwa Dia tidak dilahirkan, tak ada permulaan, Tuhan seru sekalian alam.

      Dalam kitab utama Hindu, Veda :

      Yajurveda Ch. 32 V. 3 menyatakan bahwa tidak ada rupa bagi Tuhan, Dia tidak pernah dilahirkan, Dia yg berhak disembah

      Yajurveda Ch. 40 V. 8 menyatakan bahwa Tuhan tidak berbentuk dan dia suci

      knyataannya…tunggu aja spt tragedi aceh…

      DALAM HADITS NABI KAMI jika ada seseorang mati tenggelam, terkena runtuhan maka termasuk dalam kategori mati syahid yang dijamin syurga…….. banyak hikmah tsumani Aceh

      see you in hell,damn you all

      See you in syurga firdaus, bless you all convert to Islam my brother

      • AKH…SOK’ NGERASA BENER LOE!!! SEMUA ARTIKEL DI BLOG INI ISI NYA CUMA CELAAN DOANK… GAK MAU MAMPUS AJE LOE..

      • Kepada Perdana Akhmad S.Psi, terus terang Saya malu dengan komentar-komentar Anda. Seharusnya yang Bertaubat itu Anda, Akidah yang berbeda Agama lain tidak dapat diperdebatkan, baca “al Kafirun”, surat ini adalah kerukunan beragama, adil dan bijaksana.

        Semula Saya optimis dengan blog ini dengan perkiraan bisa menjawab dengan netral setiap pertanyaan komentator. Tapi isinya artikelnya dan jawaban Anda cuman berisi kesombongan dan keangkuhan tanpa didasari keilmuan, tapi Anda dasari dengan nafsu setan. Apakah tidak menyadari otak Anda kecil lebih kecil dari sebuah atom dibandingkan dengan ciptaan Tuhan Alloh yaitu alam jagad raya dan isinya.

        Anda Perdana Akhmad S.Psi tidak dapat membedakan mana Tuhan Agama Hindu dan mana Dewa mereka, yang Anda katakan abnormal itu Dewa bukan Tuhan, Dewa adalah makhluk punya istri dan anak. Anda tidak mengerti bahasqa simbolik mereka. Kalau Anda paham agama sendiri yaitu agama Anda Islam tidak akan membuat artikel-artikel yang maunya menang dan benar sendiri.

        Sekarang Saya ingin bertanya, S.Psi ini apa ? Apa gelar kesarjanaan ? Anda bukan orang ahli jika S.Psi gelar Anda, tidak ada secuilpun artikel maupun yang ada pada kolom komentar Anda yang menunjukkan bahwa Anda punya gelar keahlian dibidang itu.

        Lihat Akidah Anda !
        Kitab Suci menjadi Kitab Terapi jika Anda kelolah, dan menjadi Kitab Perdukunan ala Timur Tengah.

  12. kembali ke perdebatan awal soal yoga untuk kesehatan jasmani dan rohani,
    saya orang islam,..
    untuk orang islam:
    jika ada gerakan sholat yang di setiap gerakanya terdapat manfaat yang luar biasa, kenapa masih harus mempalajari yoga??????????

    • ok, sy mendukung pendapat anda !

      ***jika ada gerakan sholat yang di setiap gerakanya terdapat manfaat yang luar biasa, ???***

      tdk usah pakai kalimat JIKA lagi, tdk usah diragukan, dalam gerakan2 shalat memang terdapat unsur olah gerak yang memang LUAR BIASA, itu pernah saya pelajari dlm bab rahasia2 yang terkandung dalam shalat,

      yo……… hah dilanjut, salam kenal, salam ukuwah islamiah !

    • @admin,

      usul nih,

      ngepas ama komennya @ngases, bagaimana kalo admin bikin artikel manfaat gerakan sholat buat kesehatan, selain nambah pengetahuan, kayaknya ngepas juga buat ngedukung data buat ngelink ke artikel tenaga dalam dan yoga, kumaha?? :)

      nuhun ah.

  13. Ahlul bait dipelihara dan dijaga oleh Allah drpada PAGANISME sklipun mrk hidup dlm zaman tsb. Abdullah bin abdul muthalib + siti Aminah bukan penyembah berhala,mrk dipelihara oleh Allah dari perbuatan jahiliyah sklipun Islam blm datang kpd mrk tp mrk mengikuti millah Ibrahim yg lurus.dan MUHAMMAD…nama yang disucikan lahir dan bathin dari paganisme dari zaman Adam a.s hingga Isa a.s.MUHAMMAD sklipun hidup dizaman jahiliyah tp TDK PERNAH DIDIDIK dgn cara hidup jahiliyah yg notabene berlatar blkang paganisme/hindu tp beliau diBIMBING lgsung oleh sang Allah ttg ISLAM sehingga beliau tdk tersentuh ajaran paganisme sejak dalam kandungan hingga lahir ke dunia dan hingga akhir hidup beliau. Justru dgn lahirnya beliau maka hancurlah faham paganisme.ada kah dalil atau prnyataa siapa yg bisa dipegang sbg hujjah shingga dengan berani2nya ada org yg mengatakan MUHAMMAD dididik oleh pamannya Abu Thalib dgn cara hindu/paganisme???…saya org pertama yg MENENTANG pernyataan tsb…dan demi kebenaran MUHAMMAD… manusia yang mulia didunia dan akhirat…kupertaruhkan jiwaku demi beliau yg seharusnya kita umat islam muliakan.

  14. ass saudaraku Bijaklah menafsirkan kata syirik dalam sebuah kajian pengetahuan leluhur kita yang jauh dari pemahaman tentang jaman sekarang apalagi pemahaman leluhur kita (Hindu) dulu sebelum islam ada,bahkan menurut sejarah saja nama Tuhan (Allah) memiliki banyak sebutan:seperti Tuhan tunggal,Thetagramaton,Eli,Elijah,Yahuza Dll,belum lagi umat di jaman itu manusia Otaknya belum mampu memahami bahasa Mantik,yang tersirat dari ajaran para nabiNYA ,ini seperti puzzel puzzel yang tercecer bukankah Nabi Muhammad SAW sebagai penyempurna semua agama,ini berarti ada benang merah terhadap ajaran ajaran sebelumnya,Wassalam.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s