RAHASIA KESYIRIKAN DIBALIK ENERGI CHI

CHI / KI / ZEN Dalam tradisi mistik Cina, kekuatan yang sama disebut ‘Chi.’ Chi mendiami semua benda dalam alam termasuk manusia. Chi ini disebut sebagai mikro kosmos dan adalah bagian Chi semesta yang disebut makro kosmos. Chi semesta yang tunggal sebagai esensi semesta satu-satunya (monisme) bergerak secara dualistis melalui dua kutub Yin dan Yang yang bertentangan, namun harmonis dan seimbang.

Sama dengan faham Pantheisme India, konsep ‘tuhan’ dalam I-Ching juga bersifat pantheisme dimana ada kesamaan zat antara alam dan manusia. “Manusia dicipta dalam persamaan ujud dengan Tuhan. Dengan ungkapan lain, roh manusia adalah Roh Tuhan. … Tuhan tak berwajah dan tak berbentuk. Dia adalah sumber hidup segala yang ada.” [1].

Paham ini jelas menyerupakan Tuhan dengan makhluk, maka jelaslah bertentangan dengan aqidah tauhid yang menegaskan perbedaan antara Tuhan dan makhluk.  Allah berfirman, “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy-Syuura: 11). Kita harus tetap berpegang teguh kepada prinsip-prinsip Tauhid yang murni yang mempercayai bahawa Allah Ta’ala itu maha Esa dan berbeda dengan makhluk.

Taoisme percaya bahwa keberadaan ‘Tao’ sebagai realita dasar semesta mengekspresikan dirinya dalam kekuatan energi ‘Chi’ mengikuti hukum Yin dan Yang, yang saling bertentangan, namun saling melengkapi secara harmonis dan seimbang. Dalam Taoisme tidak ada konsep mengenai Tuhan yang berpribadi. Tugas manusia untuk mencapai kesehatan atau keselamatan adalah dengan cara menyelaraskan kekuatan chi dalam dirinya ke dalam irama Yin-Yang Chi semesta.

Yin & Yang, pengobatan ini lahir dari negeri Cina. Ilmu pengobatan cina memang telah maju sejak 2500 tahun SM, sebelum berkuasa kaisar Yao.  Disebut Yin & Yang karena pengobatan ini erat hubungannya dengan kepercayaan terhadap dua dewa yang menjadi unsure penting, yaitu Yin (dewa bumi) dan Yang (dewa langit).  Keduanya mempengaruhi alam dan isinya, dalam diri manusia juga terdapat unsure Yang dan Yin itu, jika keduanya seimbang manusia menjadi sehat dan jika tidak seimbang, manusiapun menjadi sakit. Banyak terapi yang digunakan dalam pengobatan ini diantaranya Akupuntur, Akupresur, pijatan dengan tangan, togkat, biji-bijian, batu kasar, batu halus, dan batu giok, ada juga dengan jamu-jamuan, sihir, dengan magent tubuh dan lain-lain. Namun pengaruh budha cukup kuat hingga mempengaruhi pembemdaharaan pengobatan mereka yang sekarangpun banyak kita kenal yaitu senam-senam yang berpangkal pada Yoga, yaitu pengobatan dengan pengaturan nafas yang sebenarnya berasal dari ajaran Dahtayana.  Pengobatan yang awalnya terbatas ditingkat biara-biara Budha maka wajar bila didalamnya mengandung unsure mistik.  Pengobatannya dilakukan dengan cara rabaan renggang dan pemusatan tenaga lalu dihubungkan dengan kepercayaan-kepercayaan terhadap gangguan ruh-ruh dan makhluk halus, yang ia usir dengan pancaran “Sinar Putih” dan “Tangan Sakti”.  Mereka menyebut kekuatan itu dengan “Chie”. Sesungguhnya Yoga itu termasuk cara peribadatan Budha dan Hindu.  Menurut penganut ajaran Budha, dengan Yoga meditasi, konon kabarnya jiwanya dapat bersatu dengan “Budha atau bersatu dengan Brahman atau Mahatman” menurut agama Hindu.

Konsep Chi dalam Taoisme adalah energi yang memberi daya hidup kepada manusia. “Energi adalah suatu daya dinamis, dalam aliran tetap yang beredar melalui seluruh tubuh. Adalah masuk akal apabila banyak orang mengganti kata energi itu dengan kata kehidupan. … Ia disebut ‘kekuatan kehidupan’, ‘energi kehidupan’, ‘jiwa’ atau elektromagnetisme. Para Taois menyebut kekuatan ini ‘Chi’.”[2].

Keberadaan energi Chi dipercaya melingkupi seluruh tubuh manusia dan berbentuk sinar sekeliling tubuh (Aura) . Sama dengan Cakra Yoga, di Cina dikenal pusat-pusat energi. Bagaimana manusia mengusahakan keseimbangan energi ‘Chi,’ menurut sistem penyembuhan Cina ada berbagai cara: (1) makanan & minuman; yang tertib dan sehat seperti vegetarian (tidak makan daging). Ini merupakan usaha pasif atau perilaku biasa sehari-hari.

Selanjutnya usaha aktif dilakukan melalui Tao-revitalisasi yang mencakup: (2) latihan pernafasan (chi kung); (3) pengolahan kekuatan pikiran/ batin; (4) latihan gerak tubuh (tai chi). Jusuf Sutanto mengemukakan bahwa Tai Chi Chuan adalah ibadat gerak agama Tao: “Tai Chi Chuan bukan hanya terbatas pada hal-hal yang merupakan pandangan, konsep-konsep atau angan-angan tentang kesehatan, tetapi dan yang terutama adalah jalan atau TAO untuk mencapai ketenangan dan kesejahteraan badan dan fikiran kita.”[3].

Dari uraian mengenai Taoisme dan Chi kita dapat melihat bahwa sama dengan agama mistik lainnya, Taoisme mengajarkan pengolahan Chi sebagai jalan keselamatan yang diusahakan manusia. Di Jepang, ‘Chi’ disebut ‘Ki.’ Zen Buddhisme adalah perpaduan Taoisme dengan Buddhisme membentuk aliran ‘Ch’an/Zen.’ Meditasi Zen ini dipraktekkan sebagai usaha penyangkalan diri/ pengosongan diri dan pencerahan serta jalan kelepasan/keselamatan dengan usaha sendiri. “Seperti yang dikatakan Sang Buddha, ‘Lakukanlah penyelamatan dirimu sendiri dengan rajin’.” [4]

Kekhasan Zen Buddhisme adalah penekanannya pada praktek meditasi sebagai jalan pencerahan, dan untuk mencapai pencerahan itu, dilakukan usaha mencapai jati diri (self) yang terdalam, dan bila ia mencapai pengertian akan kesadaran dirinya itu, berarti ia telah menyatukan diri dengan hekakat semesta atau realitas rohani semesta (menyatu dengan Tuhan).

Berhati-hatilah saudaraku, jangan sampai fikiran kita terkontaminasi memikiran dan keyakinan sesat sesat dibalik ajaran mistik chi/ki/zen.


[1] Joseph Murphy, Rahasia di Balik I Ching, hlm.12

 

[2] Stephen T. Chang, Sistem Lengkap Perihal Swapenyembuhan Cina, hlm.34,36

[3] Tai Chi Chuan, hlm.131

[4] Shindai Sekiguchi, Zen Pedoman Bagi Pemula, hlm.88

62 gagasan untuk “RAHASIA KESYIRIKAN DIBALIK ENERGI CHI

  1. Dari yang saya baca di atas saya simpulkan;

    1. Anda benar sekali kalau tradisi Chi lahir dari Cungkok (bangsa Han), dimana kebudayaan mereka sudah berkembang dalam kurun waktu yang cukup tua. Bahkan melebihi 2500SM, seperti yang Anda tuliskan. Tapi apakah itu Musyrik?? Buat saya, pada jaman itulah mereka coba mengenal konsep yang bisa dirasakan tetapi tidak bisa dijabarkan.

    Kalau bicara masalah ajarannya, saya pikir wajar jika masyarakat pada masa tersebut mencoba mengenal Tuhan dengan caranya sendiri. Ingat ini jaman ribuan tahun sebelum Masehi.

    Yang perlu diingat tanpa adanya kontribusi bangsa Cina Muslim maka mungkin agama Islam tidak akan berkembang jadi mayoritas di bumi Nusantara ini. Bukankah bangsa Cina justru penyebar paling awal ajaran Islam di Asia Tenggara dibandingkan bangsa Iran, Arab, atau lainnya???

    2. Anda tidak tahu apa2 tentang Chi. Dan Chi tidak ada hubungannya dengan tradisi agama atau ajaran spiritual apapun. Yang ada kadang orang membawa konsep Chi kedalam ajaran spiritual atau agama.

  2. chi itu energi..jadi netral..tergantung orang yang menggunakannya..anda sendiri aja menggunakan chi dalam kehidupan anda..
    sudah ada penelitian terbaru soal ini ,,dan penelitian ini bukan dari HI tapi dari kalangan intelektual ..jangan harap sy mau sharing disini..sebab ini bisa melanggar kode etik..
    yah sama saja dengan buku -buku karya anda disharing orang yang tidak bertanggung jawab..anda tentu tidak suka kan ..
    jadi untuk menghargai penulis buku ini sy tidak bisa sharing keanda..buku ini memang dijual terbatas..

    • Saudara….,
      Sabda Nabi,” Belajarlah ilmu walau sampai di negeri China….!!
      Pertanyaannya di China ada apa….?? Sebab memang di China banyak ILMU PENGETAHUAN.
      Kalau sedikit-dikit SYIRIK, BID’AH kapan MAJU_nya UMAT ISLAM….??
      Allooh SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, kalau kaum itu tidak mengubahnya sendiri….!! Artinya, alam semesta mesti di olah, dengan ilmu pengetahun, tentunya ilmu bisa di dapat dengan belajar teori dan praktek….,
      Yang penting tidak MENGANGGAP yang sesuatu sebagai TUHAN….!! Yang dimaksud MUSRIK kan bila mana MENGANGGAP SESUATU sebagai TUHAN….., Apa ada ucapan Nabi SAW melarang belajar TENAGA DALAM apa Taichi atau apalah sebutannya.
      Satu bukti, UMAT NABI SULAIMAN AS, mampu memindah SINGGASANA RATU BILQIS…?? Apakah itu dianggap salah….??
      Jangan bilang “ITU KAN UMAT SULAIMAN….??
      Karena itu termaksub dalam Al Qur’an, dan Qur’an tuntunan kita semua….?? Bkankah Qur’an sebagai PETUNJUK HIDUP KITA SEMUA….??
      Dan Nabi Sulaiman AS juga tidak menjadi musrik hanya karena bisa komunikasi dengan JIN…?? Juga punya KARYAWAN JIN….!! Jaddi, kalau adaa yang diberkati Allooh SWT bisa punya komunikasi dengan JIN pun tak masyalah, ASAL TIDAK DISEMBAH-SEMBAH….!!
      Karena Nabi Sulaiman AS, TIDAK MENYEMBAH JIN….!!
      Tenaga dalam tak ubahnya ilmu bela diri, jadi kenapa tidak….??

      • @mas Dipawirya,

        Yg dimasalahin, itu bukan hadist!, monggo aja kalo mau belajar ke negeri china. Di senen sini juga bisa belajar.

        Umatnya Nabi Sulaiman mana yg bisa mindahin singasana? Nabi Sulaimannya? atau umatnya? coba dibaca lagi Al Qur’annya.

        Syirik itu perbuatannya, musyrik itu orangnya.

      • @ Dipawirya
        Mas, dipersempit saja bahasannya, dimana bagian artikel saya diatas yang menurut anda salah dan jika anda bisa berdalil lebih baik maka silahkan bantah artikel saya itu

        Apa ada ucapan Nabi SAW melarang belajar TENAGA DALAM apa Taichi atau apalah sebutannya.

        baca di http://metafisis.wordpress.com/category/tenaga-dalam-ilmu-metafisik/ baru komentar mas

        Satu bukti, UMAT NABI SULAIMAN AS, mampu memindah SINGGASANA RATU BILQIS…?? Apakah itu dianggap salah….??
        Jangan bilang “ITU KAN UMAT SULAIMAN….??
        Karena itu termaksub dalam Al Qur’an, dan Qur’an tuntunan kita semua….?? Bkankah Qur’an sebagai PETUNJUK HIDUP KITA SEMUA….??
        Dan Nabi Sulaiman AS juga tidak menjadi musrik hanya karena bisa komunikasi dengan JIN…?? Juga punya KARYAWAN JIN….!! Jaddi, kalau adaa yang diberkati Allooh SWT bisa punya komunikasi dengan JIN pun tak masyalah, ASAL TIDAK DISEMBAH-SEMBAH….!!
        Karena Nabi Sulaiman AS, TIDAK MENYEMBAH JIN….!!

        Anda tahu pengertian mu’jizat ga mas ? Mukjizat ialah suatu keadaan atau kejadian luar biasa yang dialami atau dilakukan oleh nabi atau rasul atas izin Allah SWT. Mukjizat ini untuk membuktikan kebenaran atau sebagai senjata untuk menghadapi musuh-musuh yang menentang dan tidak mau menerima ajaran yang dibawanya. Mu’jizat ga mungkin diberikan pada orang yang bukan nabi dan rasul, Nabi sulaiman untuk mendapatkan mu’jizat menaklukkan jin ga perlu syarat tertentu sebab sudah mendapat mandat langsung dari Allah…..Lha…….. jika ada orang yang ngakunya bisa terbang karena menguasai angin, bisa menaklukkan jin tapi harus melalui tatacara yang aneh, baca mantra, harus puasa, harus pake jimat yang intinya pake syarat tertentu bukannya mu’jizat, atau karomah mas tapi sihir!!!! Sebab Mu’jizat dan karomah itu tanpa syarat apapun tapi langsung dapat mandat dari Allah dan ga bisa dipelajari apalagi diturunkan pada anak cucu!!!

      • Maaf hadits rasul yang belajarlah sampe negeri cina itu dhaif…. sangat lemah sekali… bisa di katakan itu hadits palsu… karangan orang-orang yang ingin menghancurkan islam….sebenernya ada maksud dan tujuan dengan adanya hadits palus itu..cari sendiri

  3. sebenarnya yg syrik itu jk dlm membangkitkan chi itu tdk minta kpd Allah,itu yg bikin syirik sdg ttg chi itu sendiri alamiah ada pd setiap org tinggal mmg hrs cari guru yg benar shg chi tersebut tdk buat kita sombong takabur memandang rendah org lain. chi itu erat skl dgn mitocondria syg skl mas pa sampai skrg blm sampai kesini pemahamannya. hal lain yg perlu diketahui ttg jin yg suka dipersoalkan oleh mas pa adalah adanya qorin dlm diri setiap org jd tanpa blajar ilmu apapun org bs sj dikuasai oleh jin. ulama yg punya ponpes gede,atau santrinya banyak kdg2 muncul sombongnya,mandang rendah org lain,maka ketika dia sombong angkuh maka qorin dlm diri dia sdh menguasai akal dan hatinya. demikian semoga bermanfaat..

  4. Adalagi nih Chi = Mitocrondia???

    Tambah lucu aja nih ada yang anggap jin dan ada yg anggap mitocrondia, terus nanti ada yang anggap apalagi yah???

    Buat masyarakat CMA (Chinese Martial Art) Chi adalah Chi, kalau jin itu buat mereka yang belajar mistik, kalau mitocrondia itu adalah mengada-ada.

    Coba saja tanya dengan praktisi CMA klasik. Orang2 ini mungkin sangat tertutup dan sulit ditemui, tapi cobalah dtg lansung ke pedesaan di Cina. Bergaulah dan coba pahami budayanya tanpa ada prasangka. Jadikan diri anda cangkir kosong, simpan dulu pengetahuan dan keangkuhan anda. Insya Allah anda akan paham, apakah Chi tersebut.

  5. mitokondria itu sel mas rama energi chi bukan berasal dari sana..tapi dari ulu hati (dari dalam tubuh )
    hanya sja orang luar negeri pernah mengatakan penelitian bahwa 1 cm2 sel mitokondria bisa menghasilkan 100.000 volt listrik
    penelitian ini dilakukan tahun 1989, ini penelitian valid..sy punya sumber penelitiannya kalo anda ingin lihat sebab sy juga kuliah S3 di ITB saat ini
    manusia itu lengkap..tubuh kita ini luar biasa..kita terdiri dari triliyunan sel..yang luar biasa banyaknya..
    sy lebih setuju dengan pendapat anda bahwa chi memang dari tubuh manusia..kita itu sangat luar biasa..
    nggak usah bicara soal chi ..orang yang sering berolahraga secara fisik dan menjaga pola makan tentunya fisiknya kan jauh lebih sehat dibandinkan dengan orang yang tidak pernah olahraga dan tidak menjaga pola makan…
    apalagi orang yang berlatih tenaga dalam, tentu dia akan jauh lebih sehat, karena mekanisme tubuhnya akan jauh lebih optimal dan maksimal
    menurut anda pribadi mas rama chi itu bantuan jin atau murni kekuatan manusia ???tolong dijawab yah
    thanks

    • hanya al-qruan yg tidak bisa menerima perbedaan yg ada di dunia modern. krn pikirannya amsih kayak onta di jaman nabi. kalo ngga bs mikir, ngga usah mikir mas, sini otaknya dibikin gule kambing ajah. masih lebih ada harganya

  6. Saya bukan orang yang punya kompetensi untuk bicara masalah CHI (氣), saya bukanlah orang yang belajar CMA. Sekalipun demian, saya punya sahabat2 yang belajar CMA klasik dan silsilah mereka dapat ditelesuri serta dapat dipertanggungjawabkan dalam literatur silsilah aliran di Cina.

    Masalah mitokrondia, saya juga pernah mendengar hal itu apa. Tetapi yang mau saya sampaikan disini banyak orang kadang salah presepsi tentang metodelogi Cina kuno, contohnya akupuntur.

    Banyak orang mengira bahwa jarum akupuntur ditusukan pada jaringan syaraf tertentu dan jaringan syaraf ini sama dengan dikenal kedokteran modern padahal tidak demikian. Istri teman saya yang seorang dokter dan juga mempelajari akupuntur, mengajarkan saya bahwa penusukan jarum akupuntur justru tidak tepat di titik syaraf melainkan di jalur meridian (dan tidak bisa dipersamakan dengan jalur syaraf kedokteran modern), yang letaknya bergeser beberapa mili dari jalur syaraf yang sesungguhnya. Sebagai seorang dokter modern pun dia tidak dapat menjelaskan kenapa titik akupuntur berada di jalur tersebut sebab meridian tidak sama dengan jalur syaraf.

    Begitu juga dengan CHI sukar dicari persamaanya dalam literatur modern. Kalau itu memang adalah mikrotandia, mengapa dantian (丹田) yang merupakan cultivasi dari pelatihan neidan (內丹), intisari dari chi, merupakan substansi yang betul2 padat dan bulat. Bisa disentuh oleh siapa saja tanpa perlu kemampuan “kepekaan”, “terawang”, dsb?? Dan ketika dikerahkan melalui jalur tertentu betul bisa dirasakan oleh siapa saja yang memegangnya. Contohnya ketika seorang praktisi mengerahkannya ke tangan dan menyentuh tangannya, maka akan terasa “ada sesuatu yg berjalan” atau “tangannya seperti dipompa sesuatu”. Tetapi ini bukan pengerasan otot, kalau pengerasan otot anda akan menemukan bahwa tangan praktisi tersebut mengejang.

    Kembali masalah persamaan Chi dengan Mitokrondia, maka saya tidak bisa menemukan persamaannya dalam literatur klasik, karena substansi ini asli padat dan tidak perlu menggunakan alat2 labotarium atau orang yang punya kemampuan terawangan untuk menyentuhnya. Dan kalu dibilang ini Jin, saya lebih bingung lagi, bukankah Jin itu ghaib??? Bagaimana bisa dia dicultivasi dan akhirnya bisa berbentuk dan bisa disentuh oleh siapapun??

    Inti yang mau saya sampaikan, keilmuan Cina kuno lahir dari para cendikiawan Cina pada masa ribuan tahun sebelum Masehi. Apakah ini Islami atau tidak?? Silahkan anda masing2 menjawab. Buat saya menjadi Islam tidak bermakna mejadi “Arabian”.

    • @ Rama

      Dari comment-comment anda tampaknya anda sangat mengenal beladiri china dgn konsep Qi nya. Saya rasa menarik sekali jika anda juga bisa share mengenai apa yg disebut Tenaga Dalam menurut konsep beladiri China.

      Karena setahu saya dalam beladiri Indonesia awalnya memang sama sekali tidak dikenal istilah Tenaga Dalam. Dulu istilah yg digunakan dalam beladiri di Indonesia hanyalah ilmu batin, kanuragan, dukdeng, ilmu kontak dsb – sama sekali tidak dikenal istilah pembagian Tenaga Dalam ataupun Tenaga Luar dalam beladiri di Indonesia.

      Saudara Rama mohon dikoreksi ya. Setahu saya istilah Tenaga Dalam dan Tenaga Luar hanya dikenal pada beladiri asal China. Di sana dikenal istilah Neigong ( Penempaan Dalam ) dan Waigong ( Penempaan Luar ) sedang tenaga yg didapat dari latihan ini disebut Neijing ( Tenaga Dalam ) dan Waijing ( Tenaga Luar ). Di Indonesia istilah ini dikenal melalui cerita silat china saduran ( mis karya Ching Yung, Khu Lung dsb ) atau karya asli Kho Ping Hoo – dgn istilah LweeKang dan GwaKang.

      Istilah Tenaga Dalam ( Neijing ) dan Waijing ( Tenaga Luar ) memang khas beladiri China bahkan dunia beladiri Jepang tidak dikenal istilah ini

      Sedikit sejarah tentang istilah Tenaga Dalam di Indonesia yg saya ketahui adalah sebelum tahun 80-an istilah Tenaga Dalam tidaklah dikenal dalam dunia beladiri di Indonesia. Tapi kemudian seni pernafasan asal china seperti Tai Chi, Waitangkung ataupun Chikung ( semua aliran ini termasuk Neigong ) marak masuk ke Indonesia pada tahun 80-an tsb. Hal ini banyak menyebabkan kegoncangan di kalangan pendekar pencak silat di Indonesia – sama seperti ketika Karate masuk Indonesia tahun 60-an. Mereka kuatir aliran Neigong asal China ini akan meluas seperti Karate dulu.

      Untuk menandingi meluasnya seni pernafasan asal china ini, Tabloid Bola di tahun 80-an sengaja mengangkat silat tradisional – awalnya dipublikasikan tentang PS SinLamBa. Itulah pertama kalinya masyarakat luas mengenal ilmu kontak. Tabloid Bola dgn gencar mempublikasikan ilmu kontak ini dgn istilah Tenaga Dalam – seperti yg biasa digunakan dalam cerita silat Kho Ping Hoo dsj – untuk menandingi aliran Neigong asal China tsb

      Setelah publikasi Tabloid Bola tentang PS SinLamBa ini, di akhir tahun 80-an mulai bermunculan Perguruan Beladiri yg berdasar ilmu pernafasan yg juga melakukan demo sejenis ilmu kontak ini misalnya SN, Kalimasada dsj. Dan semua Perguruan ini pun menggunakan istilah Tenaga Dalam yg sudah diblow up oleh Tabloid Bola – bahkan mereka menggunakan kata Tenaga Dalam untuk nama Perguruannya.

      Di sinilah kerancuan istilah dimulai, masyarakat luas akhirnya mengenal istilah Tenaga Dalam sebagai kemampuan yg sejenis ilmu kontak tsb – ilmu mementalkan orang tanpa menyentuh dan segala aplikasi lainnya. Itu sebabnya di tahun 80-an praktisi MP atau Kateda yg juga melakukan latihan pernafasan biasanya tidak mau disebut praktisi Tenaga Dalam. Karena dalam kedua perguruan tsb tidak ada ilmu mentalin orang seperti ilmu kontak. Pada saat itu jika ada perguruan yg melatih pernafasan biasanya orang awam akan menanyakan ” Bisa mentalin orang ga ? ” :D

      Selain itu saya mengatakan ini kerancuan karena memang dalam beladiri di Indonesia sama sekali tidak dikenal pembagian aliran beladiri Tenaga Dalam dan Tenaga Luar dgn tegas seperti pada beladiri China – yg memang biasa dibedakan aliran Neigong ( Neijia ) dan aliran Waigong ( Waijia ).

      Kerancuan istilah ini akhirnya berlanjut hingga tahun 2010 ini. Bisa dilihat bagaimana simpang siurnya definisi Tenaga Dalam dalam blog ini :D

      @ Perdana

      Untuk itu saya sarankan sebaiknya kita luruskan kembali istilah-istilah tsb – apa sebenarnya yg kita ingin definisikan sebagai Tenaga Luar, Tenaga Dalam dan Tenaga Metafisika. Jadi mungkin anda ataupun para pembaca bisa memberi masukan tentang definsi istilah dan klaim apa saja yg kita bisa kita golongkan dalam Tenaga Luar, Tenaga Dalam ataupun Tenaga Metafisika.

      Misalnya apakah kita akan menggunakan definsi yg sama dgn Neigong dan Waigong untuk Tenaga Dalam dan Tenaga Luar ? Baru kemudian kita definisikan Tenaga Metafisika dgn cara yg sama ?

      Jadi mari kita bersama-sama menyamakan persepsi kita tentang istilah-istilah tsb sebelum melanjutkan diskusi ini. Jika istilah ini sudah kita luruskan barulah diskusi bisa mulai masuk ke pembahasan tentang sesat atau tidaknya aliran yg ada. Tanpa pelurusan istilah dan penggunaan definisi yg sama tentang istilah tsb maka diskusi akan menjadi debat kusir berkepanjangan seperti yg selama ini terjadi.

      Saya undang para pembaca sekalian memberi masukan …

      • @Rama..
        menurut anda pribadi pukulan one punch inch milik bruce lee apakah sesuatu yang nyata atau hoax ..
        kalo menurut sy itu adalah salah satu bukti tenaga dalam..artinya memang tiap manusia sudah memilki yang namanya tenaga dalam.hanya masalahnya bagaimana cara melatihnya agar tenaga dalam itu bisa bangkit dan dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari
        @jiwa
        betul mas kita harus bisa melihat segala sesuatu secara proposional jangan mau menang sendiri..manusia itu pasti punya sesuatu dalam dirinya..karena seperti kata Allah swt kita adalah pemimpin di muka bumi..tidak mungkin Allah swt menjadikan kita sebagai pemimpin tanpa punya kelebihan dari mahluk Allah yang lain
        @perdana
        kemana aja ini ??kok tidak pernah komentar lagi..lebih baik anda fokus saja diblog ini..nggak perlu bikin iklan soal blog ini kemana.-mana , sy googling diinternet banyak sekali iklan mengenai blog ini..dan sy tidak tahu apa anda yang mengiklankannya atau bukan

  7. Yin Yang, merupakan salah satu filsafat tertua di dunia, keterkaitannya dalam dunia Qi/Chi adalah merupakan bagian dari Xiantian Qi, yang terdiri dari Yin Qi dan Yang Qi. Tentu saja sebagai filsafat, dapat dikaitkan ke hal apapun, tetapi untuk relevansinya terhadap Qi, ternyata sangat terbatas. Kita mengenal organ Yin dan organ Yang dalam tubuh kita, dan kita mengetahui bahwa organ-organ ini diregulasi oleh Meridian (Jingluo) yang juga terbagi menjadi meridian Yin dan meridian Yang. Seluruh meridian Yin diregulasi oleh Renmai, dan seluruh meridian Yang diregulasi oleh Dumai. Qi yang bersirkulasi dalam organ tubuh kita diekstrak langsung dari makanan dan alam. Dan Qi yang bersirkulasi ini bisa dihimpun ke dalam Dantian melalui gathering post masing-masing.

  8. @Jiwa01

    Seperti yang saya sampai diatas, saya sekali tidak pernah belajar Chinese Martial Art termasuk Neiqong dan Weiqong. Tetapi saya kebetulan berteman baik dengan beberapa orang yang mendalami bidang ini, kebetulan saya kenal dengan keponakan pengarang besar Kho Ping Ho secara pribadi.

    Anda betul sekali, kalau Indonesia tidak mengenal istilah tenaga dalam. Dalam pergaulan saya dengan orang2 tua dan keluarga tertentu yang masih berdarah biru serta memiliki literatur lengkap soal keilmuan Indonesia jaman dahulu maka istilah yg ada umumnya ; “rasa isi”, “prana”, “afana”, dan “hawa”.

    Kalau bicara ilmu kontak menurut pendapat saya pribadi Romi Rafel bisa melakukannya, sebab ini adalah sugesti.

    @pengamatperdana
    Pukulan one inch bisa hoax bisa tidak, tergantung praktisinya. Kalau tahu triknya itu bisa menjadi hoax, tapi kalau memang bisa Fajing (Fa = melepas, Jing = tenaga) maka itu bukan hoax.

  9. assalamualaikum , mas mas sekalian saya seorang pengikut CMA , saya setuju dengan sang admin tentang energi chi itu sama dengan kesyirikan , karena dalam filsuf tao sendiri guru saya pernah bilang bahwa manusia dapat bersatu dengan tuhan .Hal tersebutlah yang menyebabkan saya tahu bahwa apa yang saya pelajari bertentangan dengan islam, saya sendiri ingin merubah filsuf tersebut dalam hidup saya , my own chi is my own matter , my religion isn’t their religion so my philosophy is Islamic .

  10. semuanya ilmu. sependapat atau tidak itu juga ilmu. saya sangat awam dalam banyak hal, tapi itu juga saya memiliki ilmu …. :).

    saya melihat kesemua “pendapat” adalah “chi”. dan saya merasakan “chi” itu ketika saya tidak terburu-buru berkata “itu benar itu salah atau sebaliknya”. ungkapan “salah” bisa jadi “karena kita belum tahu bahwa dibalik “salah” itu ada ke”benar”an, dan ungkapan “benar” bisa jadi “karena kita belum tahu bahwa dibalik ke”benar”an itu ada ke”salah”an.

    menjadikan diri kita “tenang”, tidak terburu-buru menganggap kesemua hal adalah “benar” atau “salah” itu yang saya sebut “chi”.

    chi/ki/zen yang tertinggi adalah tetap menjaga kese”imbang”an semua unsur/elemen dalam diri.

    kira2 gitu … :)) … nyambung ga ya ? :-D ….

  11. chi itu sudah saya latih hanya baru kurang lbih 2 minggu. dengan teknik meditasi, apakah chi itu tenaga dalam yg luar biasa??? dan bagaimana cara mengalirinya secara teratur

  12. klo membahas seperti ini sih perlu bahasan yang lebih sangat dalam lagi soalnya kenapa, kita membahas yang hal tak berwujud tp bisa kita rasakan, dan kita ga bisa ngejudge belajar taichi itu perbuatan syirik apa tidak, karena kenapa belajar taichi tidak membaca mantra2, puasa, atau ritual2 lainya,itulah perbedaanya tenaga dalam atau sihir.karena taichi mempersatukan manusia dengan alam that’s it, kalo manusia yg bernalar dan yg kuat imannya justru dia makin kagum dengan Allah S.W.T atas ciptaannya. mungkin bisa jg menjadi syirik klo orang tersebut sudah bisa menggunakanya bisa aja yg tadinya orang baik2 bisa menjadi sombong dan menyalah gunakan ilmu tersebut. jd taichi itu seperti manusia sifatnya Netral kekiri bisa ke kanan pun bisa tergantung manusianya. satu lg tenaga dalam (netral) dan sihir (100% syirik) itu berbeda

  13. pemahaman keyakinan tiap2 manusia dan bangsa berbeda-beda. Ibarat ada yg menamakan matahari dg SUN ( org2 inggris ), SURYA ( org2 India ), SRENGENGE ( orng2 jawa ) dll yg intinya sama yakni : cahaya yg menerangi pd siang hari berbentuk bola berpijar. Istilah tai chi, tao, dll adl sama. Pencerahan dpt bersifat UNIVERSAL tdk hanya dpt dimiliki suatu kelompok atau suatu bangsa tertentu saja..

  14. Sebenarnya saya sejak kecil tertarik ilmu KI, karena suka Dragon Ball. Dan sekarang pun saya membuat film sendiri dengan judul Telekinetics, namun hanya dalam imajinasi, bukan film asli.

    Sebenarnya semua di dunia ini milik Alloh SWT, dan ilmu kita hanya 1% saja, namun ada ilmu2 yang memang dilarang untuk dipelajari dalam Islam karena yg gaib itu urusan Alloh, seperti sihir, magic, bahkan KI itu sendiri, meski KI itu secara ilmu fisika bisa dibuktikan, tapi masih lemah, dan ilmuwan tidak tertarik …

  15. Wah… keren :D
    Dr ulasan diatas, sy bs sdikit comment
    1. Memang tidak ada satu makhlukpun yg serupa dg Tuhan, tp perlu diingat kalau salah satu sifat Allah adalah “Wujud”.
    2. Konsep energi Chi yg dpt diolah melalui “(1)Makanan (2) latihan pernafasan (chi kung); (3) pengolahan kekuatan pikiran/ batin; (4) latihan gerak tubuh (tai chi).” Saya jadi berpikir kalau ini semua telah disempurnakan, (1) Makan-makan Halal (Terutama berkaitan dengan daging memastikan ke Halalanya sangat sulit bila kita membeli sudah dalam bentuk potongan, krn ini berkaitan dg niat si Penyembelihnya). (2) Latihan pernafasan dan (4)latihan gerak tubuh, hal ini sepertinya sudah diterapkan dalam gerakan sholat y… :) (3) pengolahan kekuatan pikiran/batin, nah yg ini jg selalu disarankan dalam agama bahkan sesering kali kita hrs bs ber-Dzikir. Dan memang kalau itu semua dilakukan Hal baik pasti selalu akan selalu mendampingi (itu jg telah dijanjikan oleh-Nya)
    4. Dan mengenai Energi Chi ” terserah apalah orang menyebutnya ” itu semua memang ada dan itu jg yg akan menjadi saksi kelak, mengingat konsep “Hukum kekalan Energi”

  16. bagus nih artikel nya.. bisa dipake nambah-nambah pengetahuan.. sayangnya kok di kacauin dengan kata-kata tuhan, allah, qur’an. ga berhubungan sama chi.. kalo nyinggung-nyinggung buddha boleh lah, kan emang mungkin sejarahnya dari situ. yang lain-lain yang sekiranya bertentangan bahkan memojokkan ga usah di ketik lah.
    Suatu zat yang gila hormat, gila sembah yang enggan menampakkan diri, itu kan definisi tuhan?haha (just kidding, jangan di anggap becanda.). Tuhan itu cuma fabel lah. Ada baiknya kalo mau bikin artikel tentang tuhan piaraan masing-masing beserta aturan-aturannya dan ajaran-ajarannya itu di media tertutup aja, biar pembacanya satu kepala, bikin web sendiri kek atau gimana deh caranya. Ga usah di media umum kayak gini, dipertentangkan dengan tuhan yang lain pula. Ayolah, jangan bersikap seolah anda menggenggam sorga. Lagian sorga, neraka, tuhan, setan, dajjal, itu semua cuma mitos. Cuma cerita rakyat ceman-ceman xD
    tuhan ga ada bedanya sama sangkuriang, malin kundang, atau spiderman sekalipun.. come on, wake up, dear my friends… Mending saling respect aja, ga usah ada acara dibandingkan kalo ujungnya dipertentangkan, suka jalanin kalo ga suka jangan diikutin. With or without god, just make your life easier, moron! :)

  17. Entah Anda paham atau tidak soal Islam, saya tidak ikutan berkomentar.
    Tapi yang akan saya komentari lebih pada chi nya sendiri. Anda nampaknya baca dari sana sini tentang chi, kemudian mengambil kesimpulan sendiri.
    Chi itu tenaga. Energi.
    Energi chi adalah milik manusia sendiri. Yang pada manusia kebanyakan, energi ini tersimpan karena manusia nya tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.
    Penggunaan energi chi bisa macam2, mulai dari fungsi kesehatan hingga ilmu bela diri.
    Di sejarah nya memang benar bahwa praktik “pelajaran” untuk mengaktifkan chi manusia ini dilakukan oleh agama tertentu. Memang benar bahwa sejumlah orang menggunakan chi ini untuk hal-hal tidak benar, termasuk menggunakannya untuk keperluan mistik. Ini memang salah, tapi ini kesalahan manusia yang salah cara dalam menggunakan chi, bukan salah energi nya sendiri.
    Adalah sangat salah kaprah jika kemudian energi chi nya sendiri disamakan dengan peribadatan agama tertentu, apalagi sampai ke pengusiran roh halus dsb.

    Ibaratnya itu begini. Apabila ada agama X mengajarkan : “agar sehat, kita semua tiap pagi harus senam, olah raga, agar tubuh menjadi sehat dan bugar”. Lalu apa “senam” dikatakan bagian dari ajaran agama tersebut sehingga harus dijauhi pemeluk agama lain?
    Jangan sempit lah pemikirannya bro !

    Chi itu energi. Untuk menggunakannya, perlu tau caranya. Ada orang2 yang bisa mengajarkan cara nya. Bbrp dari orang yang bisa mengajar ini memang umat agama tertentu. Tapi bukan berarti chi ini adalah bagian dari agama itu.

    Pemberitaan dan informasi seputar chi ini selama ber abad-abad memang simpang siur dan sangat sering misleading.

    Anda mengutip 4 sumber, dan merasa Anda sudah paham mengenai chi/ki/zen, yoga, agama Budha dan Taoisme dan hingga bisa mengomentarinya seperti ini?
    Sungguh luar biasa munafik !

    Percaya terhadap agama sendiri itu baik, terpuji dan perlu.
    Tapi mengomentari agama lain dan budaya lain hanya dengan pengetahuan yang sangat minim itu munafik, pengecut dan sempit.

      • Jika senam CHI tidak melibatkan unsur “VISUALISASI” di otak, mungkin sah aja. karena sama dengan senam2 model SKJ disekolah..

        Tapi jika menggunakan “VISUALISASI” misal menarik energi berwarna xxxx kedalam hidung kemudian di khayalkan disalurkan ke blablabla WASPADALAH WASPADALAH…. tidak ada satupun rukun islam yg menggunakan unsur “VISUALISASI”…

        @TD : Ada mas… chi = energi …tapi disini konteks energy nya = energy “VISUALISASI” otak kanan yg di perintah oleh ego agar sugesti kita terlatih dengan daya khayal…. dan ini adalah pondasi dasar dari istilah SIHIR…. karena “kun fayakun” hakekatnya hanya milik Allah.

      • Referensi nya ada, tapi yang gw punya tidak dalam bentuk digital. Pasti ada sih kalau dicari versi digital nya di internet. Tips nya, jangan search di Google search yg biasa, tapi search di scholar.google.com. Google Scholar hanya akan menampilkan hasil pencarian berupa tulisan ilmiah dalam konteks akademis yang dipublikasikan dalam berbagai event dan journal yang diakui dunia ilmiah. Jauh lebih valid dan terpercaya daripada sejumlah tulisan di blog. Search nya jangan “chi”, tapi gunakan “qi energy”, ini istilah yang banyak dipakai untuk versi ilmiah. Baca2 saja sejumlah artikel yang muncul di bbrp halaman pertama.
        Silakan kalau mau dicari, if you have time to do so.

        Chi itu energi petensial tubuh manusia. Simple. Without embel-embel religius maupun visualisasi atau teknik2 lain.
        Karena “potensial”, jadi dia “tersembunyi” / non aktif, sampai manusia tahu cara mengaktifkannya. Cara untuk bisa “mengaktifkan” energi ini ada berbagai macam. Ada banyak sekali aliran yang punya cara dan teknik nya sendiri2 dalam mengajarkan cara mengaktifkan ini. Salah satu nya adalah yang menggunakan teknik visualisasi tersebut. Ada juga teknik lain yang memang menghubungkannya dengan keagamaan tertentu.

        Tapi adanya beberapa teknik yang mengandung visualisasi, adanya yg berkait dengan keagamaan, itu artinya bahwa teknik2 tersebut mungkin memang tidak cocok untuk agama lain. Maka simply tidak usah ikuti teknik tersebut. Masih banyak teknik lain untuk menggunakan chi yang sangat universal dan natural, tidak pakai jargon2 khayal, mistis, dsb.

      • Mau dimodel apapun ilmu babilonia, ujung2nya itu2 juga…
        India ada kundalini, china punya chi, jepang ada reiki dll..

        Ciri khas awal biasanya yg diserang AKAL terlihat dari yg dinamakan “aktifasi”, disitu umumnya ada 2 pola:
        1. VISUALISASI, disini otak dibiasakan berhalusinasi….
        2. MEDIASI, dibantu org kedua dgn embel2 attunement, pembukaan cakra, pembukaan kundalini atau apalah istilahnya…

        Setelah otak terbiasa berhalusinasi dan hati mengaminkan, muncul deh “was wis was wis” di bathin dari para ALIEN yg lalu lalang yg membenarkan halusinasi… ALIEN terkuat biasanya si empu pemilik keilmuan, biasanya kalo di ruqyah syariah aesannya macem2

        Buat saudara muslim sebaiknya jangan nyrempet yg gini2 an , proses sembuhnya lama apalagi sudah mendarah daging… bakalan repot deh ente… yg paling repot adalah mengembalikan lagi pola pikir, peruqyah ga akan mampu, psikiater meragukan sebab disitu 80% usaha sendiri selebihnya lingkungan….,
        h …

        ,

    • Mohon maaf sebelumnya mas balamire muslim kah?

      Jika non muslim brarti mas perdana yg salah, harusnya di bagian judul dikasih keterangan ‘KHUSUS MUSLIM’, sebab ini tulisan terbuka.

    • Assallamualaikum warohmatullah wabarokatuh ……
      willywow mo ikutan komen juga ah (^_^)

      sedikit intermezo dari kitab tao kekuatan (tao te ching)

      ” Wu Ming, Th’ien Ti Ci’ Hsi
      You’ Ming, Wan Wu’ Ci’ Mu’ “
      yang dapat diartikan :
      ” Tiada nama, itulah kondisi permulaan terjadinya Langit dan Bumi.
      Setelah ada nama itulah sumber dari segala benda.” (Tao Tee Cing I,2).
      (“Nameless it is the source of heaven and earth;
      named it is the mother of all things.”)
      Kedua kalimat pembuka dalam Tao Tee Cing
      tersebut (Bab I, ayat 1 dan 2) mendapatkan
      tempat yang sangat istimewa dalam ajaran Lau Zi,
      dan dianggap sebagai suatu intisari ajaran yang sepantasnya
      dipahami secara mendalam sebelum melangkah pada uraian berikutnya.
      Tanpa mengerti inti Tao yang sangat sulit diuraikan tersebut
      (sulitnya seperti menguraikan pencapaian moksha dalam Hinduisme
      ataupun pencapaian Nirvana dalam Buddhisme),
      dan konsep ‘Tiada Nama’ [Wu Ming] yang menyertainya,
      maka pemahaman berikut akan menjadi bacaan sia-sia belaka.
      Pendekatan filsafat Barat yang mendekati konsep penjabaran
      sifat Tao tersebut adalah Logos,

      Lau Zi mengakui bahwa sulit bagi Beliau untuk dapat memberikan
      suatu nama ataupun julukan kepada hal yang absolut tersebut,
      namun untuk dapat mengenalNya maka disebut saja ‘Tao‘.

      ” Aku tidak mengetahui namaNya, aku catat dan menyebutNya `Tao’.”
      (Tao Tee Cing XXV, 3 ).
      Keterpaksaan penamaan tersebut juga terbesit dalam pengertian
      Buddhisme mengenai penjabaran arti kosong yang disebut ‘Sunya ‘,
      sebagaimana disebutkan dalam Madhyamika-Shastra XV,
      ” Tidak dapat disebut kosong atau tidak kosong atau dua-duanya,
      atau bukan dua-duanya. Tetapi untuk mencirikannya disebut saja ‘Sunya’.

      Angka `satu’ dapat diindentikkan dengan Yang Maha Esa yang dalam ajaran
      Lau Zi disebut Thay Chi’. Dan dari `satu’ terciptalah `dua’ yang disebut
      Yin dan Yang atau sifat wanita dan pria atau sifat energi negatif dan positif.
      Dari penggabungan dua sifat ini lantas melahirkan sifat ketiga,
      dan dari ketiga ini akan tercipta sifat keempat, kelima dan seterusnya.

      “Tao menciptakan satu, satu menciptakan dua,
      dua menciptakan tiga dan tiga menciptakan segala benda dan
      makhluk yang berwujud dan terhampar di alam semesta ini. ”
      (Tao Tee Cing, Bab 42, 1).

      Sifat ‘Satu’ adalah Chi’, yang berarti energi asal,
      atau roh yang dapat dikonotasikan dengan pengertian
      kata dalam Yahudi, Ruach, dimana berarti nafas atau roh,
      baik berasal dari Tuhan ataupun dari manusia. Sifat ‘Satu’
      ini merupakan kekuatan hidup yang melingkupi dan memberikan
      gerak kehidupan kepada semua makhluk, suatu energi dunia yang
      membawa alam semesta ini ke dalam bentuk kehidupan,
      dan terus bertahan selamanya.

      Setiap metode atau teknik yang terlalu rumit untuk menjelaskan hal ini,
      hanya akan menyebabkan kekacauan.

      Willywow hanya beriman kepada apa yang diwahyukan kepada rasulullah S.A.W
      yaitu AL-QURAN, dan hadist yang tidak bertentangan dengannya ……..

      Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
      Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,
      Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
      Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
      dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

  18. saya guru prana,namun apa yg sdr sampai kan salah besar, prana atau chi,awal nya dulu kala di capai dengan semedi, namun sekarang banyak cara menggali energi chi dalam tubuh kita,tak usah rumit rumit,cukup menahan nafsu manusiawi,se misal ber ibadah puasa,zikir,doa, dan olah nafas,
    jadi inti nya cuma menahan nafsu,
    setiap kita menahan nafsu,maka kita mengimpulkan energi chi,
    dan ini tak ter batas monopoli suatu agama pun,
    saya menggunakan chi untuk kekuatan pikiran,dan memberikan instruksi ke otak alam bawah sadar pasien saya tuk mencapai kesembuhan,tentu nya sebelum terapi saya sedikit doa minta ijin Allah,dan hanya se ijin Nya lah,pasien saya dpt saya sembuh kan,
    biaya berobat sukarela,dan di bayar jika pasien merasa ada ke majuan kesembuhan,jika tak sembuh,gratis,

    pasien bebas di anjur kan ber doa untuk kesembuhan nya sesuai agama dan kepercayaan nya.
    manusia ber ikhtiar , YME yang menentu kan.

    wabillahi taufiq wal hidayah,
    wass.wr.wb.
    guru prana.

    • Dicatet ga mas? Kira2 banyak yg sembuh atau banyak yg ga sembuhnya ? Tanpa campur tangan dokter atau praktisi hijamah lho….. Kalo statistiknya lebih banyak yg ga sembuh, mas mungkin bisa merenung kira2 ada ridho Allah ga disitu…

      Maaf saya cma numpang lewat..

  19. kenapa kalian ngebahas masalah seperti ini? apa ada manfaatnya ? coba tolong dijelaskan manfaat dari membahas masalah ini ? sebab setau saya anda hanya membuang buang waktu .

  20. Mempelajari tenaga dalam dan metafisika bukanlah kemusyrikan. Kalau ada yang berpendapat kedua hal tersebut adalah kemusyrikan, maaf saja, yang bersangkutan ilmu agamanya belum cukup tinggi.

  21. semoga bermanfaat….
    kawan-kawan semoga semuanya mengingat semua penyebar islam di jawa yaitu para wali 9 adalah orang2 cina dan keturunan tiong hwa, mohon di chek lagi kebenarannya kecuali sunan kali jaga dan sunan gunung jati. mereka semua tergolong orang2 yang memiliki kelebihan di bidang mental.
    kawan-kawam, tenaga chi bukanlah seperti yang kalian semua fikirkan, tenaga chi ini akan mewujudkan kekuatan mental yang luar biasa, semua bisa saksikan film limited dan ketahuilah perubahan-perubahan yang terjadi setelah seseorang berubah mentalnya.
    kawan-kawan, chi bukanlah sihir kharomah ataupun mukjizat, chi merupakan pembantu sensor otak untuk lebih kritis dari hal-hal yang tertangkap panca indra kita.

  22. Kalau sudah lahir, terus menjadi manusia…
    kita sudah disebut sebagai makhluk ciptaan-Nya…

    dan segala sesuatu yg ada dalam diri kita, entah yang tampak (lahir) maupun yang tidak tampak (batiniah), itu semua adalah titipan dari Allah SWT.
    tergantung kita, bagaimana kita memanfaatkannya…

    klo kita mendengar kalimat,
    “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”
    kalau kita ambil penampakan negeri Cina secara nyata… misalnya, seperti contoh di atas, Cina terkenal dengan salah satu ilmunya, seperti penjelasan energi chi di atas…
    Apakah, kita Islam tidak boleh mempelajarinya???
    Bukankah, hal-hal tersebut, juga merupakan bagian-bagian yang dititipkan oleh Allah SWT. pada diri kita, pada tubuh kita, kita sebagai manusia…

    Kalau kita ingin mempelajarinya, kita pelajari ilmu mereka… chi dari Cina kan jg merupakan “ilmu”…
    Lha, kita orang Islam, kan percaya, bahwa segala ilmu di alam jagad raya ini adalah milik Allah SWT.
    selama ilmu yg kita pelajari itu, tidak menggoyahkan keimanan kita, bahwa Allah Yang Maha Kuasa, Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa,
    kita dapat melanjutkan untuk mempelajarinya…
    karena, manusia diciptakan pada hakekatnya itu sama antara yang satu dengan yang lain…
    Namun dalam pertumbuhannya hingga dewasa atau sampai mati, manusia memiliki tingkat pemahaman (daya tangkap) terhadap sesuatu (misal: ilmu), tingkat pemahamannya berbeda-beda…

    Bila kita melihat diri kita lahir dari orang tua yang sudah Islam, kita diberi rahmat oleh Allah, mengenal tentang agama Islam terlebih dahulu, daripada orang Cina (sebelum Islam menyebar), tetapi (pada umumnya) kita belum tentu dapat langsung mengenal tentang aliran energi dalam tubuh manusia (lebih dari orang Cina)…

    sedangkan Allah, memberikan rezeki pada orang Cina, dengan pemahaman mereka terhadap energi ” chi ” (hal ini bisa dikarenakan ketekunan mereka untuk memahami aliran energi dalam tubuh manusia), tetapi Allah, belum mengenalkan Islam kepada mereka (karena tugas penyebaran Islam pertama kali itu dilakukan oleh Rasulullah Muhammad Saw., dan pada masa Rasulullah Saw. penyebaran agama Islam, masih meliputi wilayah jazirah Arab), sehingga secara logika, bisa dibilang, Islam belum sepenuhnya sampai ke negeri Cina

    Nah, kalau kita bisa membayangkan hal tersebut, bukan kah ini malah menjadi giliran kita, untuk mengenalkan Islam kepada mereka??? sambil belajar ilmu mereka….
    karena apabila, timbul suatu dialog diantara kita dengan mereka…
    insya Allah, hidayah dari-Nya, akan tersisip dalam setiap kata-kata yang terucap dalam dialog tersebut…

    Siapa tahu??? karena mereka sudah mengenal chi, ada bagian dari kaum mereka dapat lebih mudah untuk menerima agama Islam, dan masuk Islam???
    Sapa yang tahu???
    hanya Allah Yang Maha Mengetahui…

    Dan marilah kita bersyukur, karena di sini, menjadi salah satu mediasi kita, untuk saling berbagi…
    =)

  23. Saya kira penulis atau yang memposting tulisan di atas mempunyai pandangan sempit. penulis salah mengerti tentang energi atau chi itu sendiri yang seakan-akan energi itu tuhan sendiri. Alangkah naifnya. Energi itu adalah ciptaan Tuhan, berada dilingkungan kita dan dapat digunakan oleh siapa saja asal tahu caranya. Anda mungkin juga menggunakannya. Banyak Kiayi Islam merafal ayat-ayat tertentu (doa-doa tertentu) untuk menghimpun energi. yang digunakan untuk mengobati pasien dsb.E

  24. Ada banyak kisah tapi kebanyakan dari kita buta untuk menjelaskan bagaimana atau sebenarnya kisah itu? Tapi yg pastinya dg mempraktekan sgala ajaran yg wajib dan tidak melakukan / berusaha terus menerus dalam hal kebaikan pastilah nanti akan bisa sedikit memahami arti dari sesuatu energi itu, anda tahu bahwasanya manusia itu diciptakan paling sempurna dijaga raya ini? Kesempurnaan inilah yg dituntut oleh allah kepada kita, kesempurnaanya apa? Yaitu dg beribada yg sempurna. Selagi kita belum mempraktekan sgala ibadah dan ketentuan prilaku yg diwajibkan maka kita tidak dapat mengetahui apa2. Sbagai contoh ialah para wali dahulu, mereka tidak pernah belajr kesktian, tapi knapa mereka bsa menandingi para pendekar sakti bahkan para jin yg sakti. Itulah sebagian dari kharomah atau hadiah dari allah…. Coba pikirkan itu. Selama anda belum berjalan dijalan yg allah wajibkan, maka anda tidak akan pernah untuk bisa mengungkap chi… Apalgi menjelaskanya secara detai atau bisa mengalahkan pendekar chi, baik dg teori ataupun pertempuran bela diri…

  25. mau kuat ?
    jadikan Allah itu sebagai satu satunya pelindung mu
    ga perlu belajar ini itu
    insyaAllah kuat, aman dan sejahtera sampai dunia dan akhirat ,, Amiin

  26. Belajar belajar dan belajar ya harus,tp dng perlindungan ALLAH. Jangan dibalik, jadi bodoh namanya. Sekarang buktikan kalimat ‘audzubillahiminassyaitonnirrojim dng mencari tempat yg angker, terus jika ketemu sesuatu makhluk yg menyeramkan, ucapkan kalimat itu, yg lari siapa. Kalau tanpa belajar yg bener yg lari manusianya. SEGALA PERBUATAN POSITIP adalah ALLAH yg NEGATIP adalah MANUSIANYA. Kalau anda bisa kaya,sehat,bisa bernapas dng benar,bisa sholat dan lain lain yg sifatnya POSITIP, semata mata karena MANUSIA (kekuatannya), itu namanya SYIRIK orangnya disebut MUSRIK. Jika anda kaya terus anda sombong itu sama dng syirik,krna manusia kaya merasa atas usahanya yg keras,ulet & cerdas. Padahal ulet cerdas semuanya yg sifatnya positif adalah karena Allah. Begitupun anda bisa mengolah Chi/belajar chi dan berhasil, yg orang sebut bisa sakti,sehat,bisa mentalkan orang,itu karena Allah, energi dari ALLAH. Semua dapet dari belajar yg terus menerus. SHOLAT aja terus menerus.

  27. ah…. yang nulis mengada-ngada. jika anda mempelajari chi/ki lebih dalam tak ada yang namanya syirik. Wong yang di gunakan adalah energi yang memang ciptaan Allah kok. Chi/ki, ibaratnya itu seperti tanaman herbal yang mengandung zat-zat tertentu yang bisa menyembuhkan atau menguatkan stamina kesehatan. apakah syirik jika seseorang memakan ramuan herbal dan dia sembuh? toh, Anda juga kalo sakit pergi kedokter, diberi obat dan anda minum. apakah itu artinya anda sembuh karena obat? tentu tidak, pasti anda akan jawab karena Allah. dokter dan obat adalah sarana. nah demikian pula dengan Chi/ki. dia hanyalah salah satu sarana yang diberikan Allah. Bukankah dalam sebuah hadist juga Rosul mengatakan “setiap penyakit ada obatnya, kecuali kematian” nah… Chi/ki adalah sarana pengobatan. Pendapat Anda mengenai chi/ki terlalu pendek, Anda hanya melihat dengan 1 mata, dan satu sudut pandang. lalu buru-buru menuduh syirik. Astaga….

  28. ooooooooooooo halah kurang kerjaan semua hari gi masih aja ngurusi begituan mending cari uang aja biar bisa cepat kaya kalo udah kaya kita bisa keren kalo udah keren kita banyak di sukai cewek2 cantik.kalo sudah disukai banyak cek cantik kita bisa punya bacar banyak ,kalo kita bisa punya pacar banyak kita bisa jadi playboy.kalo kita udah jadi playboy kita bisa poligami.kalo udah poligami bisa punya istri banyak .kalo bosen sama ini bisa ganti sama istri yg satunya bosen lagi ganti lagi dengan yang lainnya lagi gitu terus pokoknya.nikmatnya poligami .

    orang kaya………..!

    ngapai pusing pikir masalah syirik bid’ah,dosa,haram,halal,musyrik,ghaib,kesaktian, agama,nabi,ngaji,jihad,syirik,murtad,kafir ini itu ini itu,ngapain sih apa coba yg didapaet.cuma saling berselisih ,apa sih hebatnya berselisih,berselisih saling bermusuhan,punya musuh banyak gitu aja bangga. mending kerja terus nyari uang biar kaya .supaya bisa kawin terus.sungguh betapa indahnya dunia.kalo uadah kaya raya punya duit banyak bahkan berlipah ruah sampai binggung mau buat apa lagi,nah kalo uda bisa kaya raya dan punya banyak istri cantik baru boleh bangga,orang kaya .
    hidup dilayani banyak istri2 cantik. macam hidup disurga.sungguh luar biasa indahnya,dan betapa bahagianya jika dapat terwujud.

    jadi mending lupakan dan buang jauh aja keluar angkasa aja semua yg berhubungan dengan masalah syirik bid’ah,dosa,haram,halal,musyrik,ghaib,kesaktian, agama,nabi,ngaji,jihad,syirik,murtad,kafir ini itu ini itu dan sejenisnya.karena itu semua tidak bisa bikin kita jadi kaya.

    mumpung masih muda kejar terus harta benda tahta dan wanita biar jadi kaya raya kalo udah kaya. biar dihari tua bisa poligami dan hidup bersenang senang,jau dari penderitaan kekurangan dan kesedihan.ok bro.

  29. posting ulang lagi ah biar perdana ahmad beserta csnya dan musuhnya pada nyadar kalo mereka cuma buang2 waktu aja..kayak orang kurang kerjaan.

    ooooooooooooo halah kurang kerjaan semua hari gini masih aja ngurusi begituan mending cari uang aja biar bisa cepat kaya kalo udah kaya, kita bisa keren kalo udah keren kita banyak di sukai cewek2 cantik.kalo sudah disukai banyak cewek2 cantik kita bisa punya bacar banyak ,kalo kita bisa punya pacar banyak kita bisa jadi playboy.kalo kita udah jadi playboy kita bisa poligami.kalo udah poligami bisa punya istri banyak .kalo bosen sama ini bisa ganti sama istri yg satunya bosen lagi ganti lagi dengan yang lainnya lagi gitu terus pokoknya.nikmatnya poligami .

    orang kaya………..!

    ngapai pusing2 pikirin masalah syirik bid’ah,dosa,haram,halal,musyrik,ghaib,kesaktian, agama,nabi,ngaji,jihad,syirik,murtad,kafir ini itu ini itu,ngapain sih apa coba yg didapaet.cuma saling berselisih ,apa sih hebatnya berselisih,berselisih saling bermusuhan,punya musuh banyak gitu aja bangga. mending kerja terus nyari uang biar kaya .supaya bisa kawin terus.sungguh betapa indahnya dunia.kalo udah kaya raya punya duit banyak bahkan berlipah ruah sampai binggung mau buat apa lagi,nah kalo uda bisa kaya raya dan punya banyak istri cantik baru boleh bangga,orang kaya .
    hidup dilayani banyak istri2 cantik. macam hidup disurga.sungguh luar biasa indahnya,dan betapa bahagianya jika dapat terwujud.

    jadi mending lupakan dan buang jauh aja keluar angkasa semua yg berhubungan dengan masalah syirik bid’ah,dosa,haram,halal,musyrik,ghaib,kesaktian, agama,nabi,ngaji,jihad,syirik,murtad,kafir ini itu ini itu dan sejenisnya.karena itu semua tidak bisa bikin kita jadi kaya.

    mumpung masih muda kejar terus harta benda tahta dan wanita biar jadi kaya raya kalo udah kaya. biar dihari tua bisa poligami dan hidup bersenang senang,jauh dari penderitaan kekurangan dan kesedihan.ok bro.

  30. gw cabut dulu.nyari duwit lagi duwit duwit lagi2 mabuk duwit semuanya mabuk2 duwit termasuk aku juga heheheheeeeeeeeeeeeeeeee……………………………………………!

  31. lalu bagaimana mas dengan ustadz2 yang belajar ilmu tenaga dalam, sprti ilmu kebatinan…?? coba aja liat acara d trans 7 gitu ,, yg masih 2 dunia… kn mereka belajar ilmu kebatinan dan tnaga dalam itu untuk meluruskan prbuatan syirik d masyarakat oleh ulah jin2 kafir dn sbgainya…

    pemahan islam yg terlalu sempit juga bisa dibilang islam yg ekstrimis,, kita mest ngikutin yg assunah wal jama’ah kn mas?

    syukron..

  32. lalu bagaimana mas dengan ustadz2 yang belajar ilmu tenaga dalam, sprti ilmu kebatinan…?? coba aja liat acara d trans 7 gitu ,, yg masih 2 dunia… kn mereka belajar ilmu kebatinan dan tnaga dalam itu untuk meluruskan prbuatan syirik d masyarakat oleh ulah jin2 kafir dn sbgainya…

    pemahaman islam yg terlalu sempit juga bisa dibilang islam yg ekstrimis,, kita mesti ngikutin yg assunah wal jama’ah kn mas?

    syukron..

  33. nasi goreng.sosis goreng,es teh manis..murah meriah..yg sudah lapar, haus stelah perang mulut,adu argumentasi, saling memojokan, saling membenarkan dan saling menyalahkan.monggo silahkan mampir di lapak saya.

    saya hanya insan yg lelah dgn peradaban manusia yg semakin munafik.dan mencoba bertahan hidup dengan berjualan nasi goreng.

  34. hmmm terserah lo mao ngomong apa yang pasti lo blom sampai dan masi jauh untuk sampai .
    kalo suatu saat lo ngerti gua yakin lo akan berkata betapa bodohnya lo.

    sudah jelas lo sebenarnya ga ngerti , tapi sok tau , dan belaga paling paham apa lo ga tau kalo itu adalah ciri ciri manusia munafik.

    salah satu kata kata mutiara dari yang lo hujat , selamilah laut baru lo bisa cerita tentang laut .
    jangan liat aja ga pernah dah koar koar .

  35. Bisa jadi ‘chi’ itu dianggep syirik… Ajaran dan ilmu-ilmu orang cina kan emang suka gitu (berbau animisme dan mistik). Nggak jauh beda sama Indonesia jaman dulu. Lha kalo ilmu kanduragan ato kebal tubuh itu termasuk sirik ato enggak???

  36. Hadeuh… dikit2 Syirik, apa2 Musyrik…
    Penulis ini terlalu dangkal ke Islamannya, cuma ikut2an tuturut munding aja agamanya.
    Ente Islam Wahabi ya?

    Tau dari mana kalau Karomah itu bukan dari hasil usaha / tirakat / ibadah?…

  37. kepada admin disitus ini, tolong foto anda diganti, biar lebih nyaman dilihat, sambil senyum lebih bagus mas. . jangan dengan mimik seperti itu, jatuhnya kepada saya masyarakat awam ini, anda terlihat sombong. yaa, pandangan saya aja sih mas, selaku masyarakat awam, dan lagi harusnya anda selaku orang yang “merasa” telah mengambil dalil pada alqur’an dan hadits dengan cara yg benar, harusnya anda lebih santun dalam menjawab pertanyaan orang lain ( anda ingat dalam membalas pesan @jakaGoblok di artikel anda yg lain, saya heran kenapa anda menekankan kata2 goblok !! dengan tanda seru seperti itu, org awam yg lagi mencari kebenaran malah dicaci seperti itu), selayaknya ahli alqur’an dan hadits yg benar, kalo berdakwah, gembirakannlah mereka, sehingga pesan anda tersampaikan, bukan malah kebencian yang kami dapatkan. MasyaAllah, Ya Allah kalo memang dia orang yang benar maka naikkan derajatnya, tp, kalo yang dikatakannya adalah salah !!!! maka luruskanlah dia dengan caraMu Ya Allah, Sungguh sakit hati hamba dengan orang ini !!!! MasyaAllah kapan islam maju kalo ahli agama yg paham hadits dan alquran berdakwah dengan cara seperti ini !!!!!!!!! Akhhhhhhhhhh !!! ini yang membuat masyarakat awam seperti saya tidak percaya dengan ulama2 yang ngakunya telah mengikuti hadits dan alqur’an !!! ngakunya paling benar !!! segampang itu bilangg orang kafir atau sesat atau musryik !!!! akkkhhh !!!!!! AAAAAAAAHHHHHHHH !!

  38. jangan pernah menilai segala sesuatu di dunia ini hanya dari segi bashariah ( yang tampak) buat anda sebelum anda benar2 mengetahui apa sebenarnya yang anda anggap salah,
    org yang baru belajar agama paling demen menilai atau men cap SALAH terhadap yg tdk sesuai dengan AL QUR’AN dan HADITS,
    carilah kebijaksanaan diri dan kenali dirimu sendiri,”man arafa nafsahu faqad arafa nafsahu” siapa mengenal diri maka dia mengenal tuhannya….rasanya semua ajaran agama manapun sama cuma nabi saja yang kadang jadi perbedaan…contoh ajaran hindu “apa pernah dalam cerita wayang yang namanya sanghyang widi”di tokohkan….dalam ajaran budha..budha tak menyembah patung….umatnya aja yang salah kaprah…..sama aja umat islam yg sok tau seperti anda yg demen mencap syirik,bid’ah dsb…..ILMU itu jadi pakaian bukan jadi bahan argumen,sebab argumen itu bukan ilmu…..”tong kosong nyaring bunyinya” mohon maaf mohon ampun hanya sekedar ilustrasi

  39. selama apa yang anda anggap benar itu masih katanya2, baca buku sana baca buku sini, saya jamin anda tidak akan menemukan kebenaran. kau hanya akan temukan hatimu yang tidak tenang karena sibuk mengukur orang lain hanya dari teori alakadarnya yang kau pegang. kebenaran akan datang dengan lugas saat andalah sendiri yang mengalaminya. datang, dan buktikan. sungguh hidup yang menyedihkan saat kau tak mampu membuang prasangka burukmu sendiri. tidak berani membuktikan? tetap berprasangka buruk? silahkan, silahkan menjadi katak dalam tempurung, saya cukup berduka, telah hilang satu generasi muslim yang brpotensi dalam kjayaan islam yang kalian rindu2kan. ingatkah kalian dari mana titik awal kmajuan ilmu pengetahuan yang dibawa ilmuwan2 muslim pada jaman kekhalifahan dulu? kini umat lain sudah mencapai bulan, sedang kalian sibuk memfatwa bidah, syirik dan naujubilah kafir pada saudara kalian sendiri. Datang, buktikan sendiri. takut jadi syirik? trus mana iman kalian yang kalian bangga2kan sampe bisa main tuduh itu?

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s