KESESATAN DAN PENYIMPANGAN REIKI

Kesesatan Reiki

Ada pembahasan yang cukup menarik mengenai adanya pemanggilan dan bantuan malaikat yang memberikan energinya dalam attunement Reiki.Pertanyaannya bisakah malaikat dipanggil manusia untuk membantu dalam attunement Reiki? Pembahasan ini cukup menarik karena jika setan atau jin memang bisa dipanggil manusia untuk berbagai keperluan sedangkan malaikat yang hanya tunduk pada perintah Allah bisa diperintah oleh manusia.

Dalam masalah pemanggilan malaikat ada yang janggal. Intinya, bagaimana duduk persoalannya sehingga malaikat itu bisa dipanggil oleh seorang manusia untuk sebuah urusan yang bersifat pribadi. Padahal malaikat itu adalah hamba-hamba Allah yang mulia dan teramat tinggi derajatnya. Tidak pada tempatnya untuk disuruh-suruh oleh manusia, apalagi untuk sekedar urusan yang tidak jelas.

Allah SWT telah menjelaskan siapakah sosok malaikat itu di dalam Al-Qur’an Al-Kariem. Malaikat adalah makhluk-Nya yang mulia sehingga tidak pada tempatnya bila bekerja untuk menjadi “pelayan” kemauan segelintir orang.

Allah Ta’ala berfirman :

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَنُ وَلَدًا سُبْحَانَهُ بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ

”Dan mereka berkata, “Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil anak”, Maha Suci Allah. Sebenarnya, (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan.” (QS Al-Anbiya’: 26).

Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman :

Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat) yang mengawasi, yang mulia dan mencatat, mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(QS Al-Infithar: 10-12).

Bahkan Rasulullah pun tidak punya kekuasaan untuk begitu saja memerintahkan malaikat mengerjakan sesuatu demi kepentingan dakwah, apalagi kepentingan yang bersifat bathil dan penuh kesyirikan. Malah beliau pernah menunggu-nunggu kedatangan Jibril selama beberapa waktu namun Jibril tidak datang-datang.Ini menunjukkan bahwa bila bukan atas perintah Allah SWT, Jibril tidak datang begitu saja kepada Rasulullah.Apalagi bila hanya manusia biasa yang tidak jelas nilai taqwanya. Bahkan seorang Nabi pun tidak sepenuhnya punya wewenang untuk menghadirkan malaikat.

Maka yang menjadi pertanyaan di sini, siapakah sebenarnya yang dipanggil kalau bukan malaikat? Maka satu-satunya jawaban tidak lain adalah makhluk ghaib juga namun bukan malaikat tetapi bangsa jin. Mereka ini memang punya segudang pengalaman dalam urusan tipu menipu semacam ini. Antara lain menyamar menjadi arwah orang yang sudah wafat, makhluk-makhluk suci, dewa-dewi, termasuk pura-pura menjadi malaikat.

Buat kita yang tidak punya latar belakang ilmu pengetahuan tentang sosok malaikat berdasarkan petunjuk dari Al-Quran dan Sunnah Nabawiyah yang shahih, apapun yang dirasa berbau ghaib sedikit bisa saja langsung percaya sebagai malaikat. Para Jin ini pun pandai sekali membuat istilah-istilah yang terkesan baik, seperti istilah Energi Ilahi, ilmu putih, tenaga positif, energi ini dan energi itu. Semua terkesan tidak terkait dengan Jin, padahal para Jin adalah makhluk yang punya jam terbang sangat tinggi dalam seni semacam ini.

Buat kita, cukuplah Rasulullah yang bisa dijadikan patokan dalam urusan ilmu-ilmu yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah ini. Bahwa beliau sebagai makhluk Allah SWT yang paling mulia tidak pernah menggunakan segala macam jenis kekuatan demikian, kecuali atas izin Allah SWT diberikan kepadanya mu’jizat Ilahiyah. Demikian juga para shahabat sebagai generasi manusia yang terbaik di alam semesta. Tidak satu pun diantara mereka yang bisa melakukan atraksi aneh-aneh termasuk memanggil malaikat.

Ascended Master

Selain itu jika para praktisi Reiki muslim yang mempercayai bahwa di Dunia ini ada manusia yang telah mencapai tingkat keabadian seperti para Ascended master yang setelah matinya  dapat pergi sesuka hatinya dilangit dan bumi yang terlepas dari alam kubur, hari kebangkitan pada hari kiamat maka ia telah berbuat kebodohan dan telah menyimpang dari ajaran Islam. Sebab Allah telah menjelaskan fase-fase kehidupan manusia.Ayat tersebut ada didalam QS.A’raaf:25 yang berbunyi:

قَالَ فِيهَا تَحْيَوْنَ وَفِيهَا تَمُوتُونَ وَمِنْهَا تُخْرَجُونَ

“Katakanlah: di Bumi itulah kalian hidup, dan di Bumi itu kalian mati, dan dari Bumi itu pula kalian akan dibangkitkan”.

Firman Allah diatas menggambarkan secara sangat jelas kepada kita bahwa kehidupan manusia sejak dilahirkan (ke Dunia), kemudian dimatikan (masuk kealam Barzah), dan akhirnya dibangkitkan kembali (di Padang masyhar pada hari kiamat), semua terjadi dimuka Bumi.Tidak beranjak dari planet Bumi.

Dan tidaklah ada yang abadi di langit dan Bumi baik benda hidup dan benda mati selain Allah Ta’ala.Allah Ta’ala telah berfirman :“Tiap-tiap sesuatu pasti akan binasa kecuali ‘Wajah-Nya”(QS.Al-Qashash:88)

Asdended master dipercaya sebagai orang-orang suci, alim, dari berbagai agama dan kepercayaan yang mempunyai tingkat spiritualitas yang tinggi hingga ketika matinya begitu dihormati bahkan dijadikan tempat memohon perlindungan, ini sudah merupakan bentuk menuhankan manusia. Sebagaimana firman Allah, “Mereka menjadikan orang-orang alim, dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah.”(At-Taubah: 31).

Salah satunya adalah Ascended Master Melkisedek (Melchizedek) dalam ajaran kristen yang sangat disucikan dan diangung-angungkan hingga dianggap sejajar dengan Tuhan. Paulus menyampaikan sebuah konsep tentang kemanunggalan Tuhan bersama Melkisedek:” Ia (Melkisedek) tidak berbapak, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah (Yesus), ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.”[1]. Jadi, menurut Doktrin Paulus, Tuhan merupakan sekutu kemanunggalan dari tiga mitra yang sejajar yang terdiri atas Bapa, Yesus, dan Ascended Master Melkisedek.

Selain itu para ascended master dipercaya merupakan sekutu, kemanunggalan atau interpretasi Allah maka sudah merupakan bentuk kesyirikan besar. Sebab Allah tidak ada sekutu dan tidak memerlukan kemanunggalan dalam kekuasaan-Nya. Dari Abu Hurairah: Allah berfirman: “Aku tidak butuh sekutu-sekutu dari bagian, barang siapa yang melakukan suatu amalan yang dia menyekutukan-Ku padanya selain Aku maka Aku tinggalkan dia dan persekutuannya.” (Riwayat Muslim, kitab az-Zuhud 2985, 46).

Dengan meminta bantuan para ascended master dan terkadang ada diantara para praktisi reiki sangat cinta pada makhluk halus tersebut[2]. Maka hal tersebut merupakan bentuk penyembahan, tandingan dan kecintaan kepada selain Allah yang merupakan bentuk kesyirikan yang besar. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman, Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah, adapun orang-orang yang beriman sangat cintanya kepada Allah.” (Al-Baqarah: 165).

ASCENDED MASTERS

Penyimpangan Reiki

Dibalik semua kehebatan Reiki ada sesuatu yang sama sekali tidak diwaspadai terutama bagi umat Islam yaitu ajaran dibalik Reiki,unsur-unsur makhluk gaib, tipu daya dibelakangnya dan kerusakan akidah Tauhid.Mengapa saya mengatakan begitu?

Ada faktor-fakor yang mesti diwaspadai dalam Reiki. Diantaranya adalah:

a.    Reiki Berhubungan Dengan Agama Tertentu.

Semua praktisi Reiki pasti mengetahui kalau Reiki itu berasal dari para Pendeta Budha juga Hindu dan Reiki itu asalnya digunakan para Pendeta Budha untuk beribadah dan merupakan salah satu tekhnik dari tekhnik Yoga sebagai sarana mendekatkan diri pada tuhannya terutama bagi para pendeta Budha di Tibet. Dalam perkembangannya Reiki banyak dibawa oleh orang-orang non muslim yang mengajarkan Reiki ke dunia bahkan hingga sampai ke Indonesia (yang pertama kali dipopulerkan oleh Irmansyah Effendi MSC), hingga sampai saat ini menjadi bisnis yang sangat menggiurkan karena biaya untuk attunement dalam setiap levelnya cukup mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Maka walaupun Reiki dikatakan bersifat lintas agama yaitu setiap orang tanpa memandang SARA (suku, agama, bangsa, ras) bisa mengalirkan energi akan tetapi tetap saja membawa konsep-konsep ajaran Budha dan Hindu yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam seperti ajaran tentang reinkarnasi, karma, juga ajaran-ajaran tentang adanya dewa-dewa yang mengatur alam semesta.

Aspek unsur penyimpangan dari agama Islam seperti konsep wihdatul wujud jelas terlihat dalam usaha ‘penyelarasan energi’ (attunement) yang tidak lain adalah konsep “penyatuan diri dengan kekuatan semesta atau Ilahi”. Kalangan New Age atau para spiritualis  sesat di negeri Barat juga menyebut attunement (penyelarasan diri) sebagai attonement (penyatuan diri).

Juga dalam proses attunemant dikatakan bahwa energi yang mengalir melalui jalur sushumna disepanjang tulang punggung dapat membersihkan karma-karma negatif dari “kehidupan sebelumnya”. Ini jelas memakai pemahaman reinkarnasi bahwa manusia sesungguhnya akan terus terlahir kembali dalam proses evolusi yang sangat menyimpang dari ajaran Islam. Sebab keyakinan reinkarnasi sangat menafikan adanya alam barzah juga kebangkitan seluruh manusia dibumi dipadang masyhar untuk diadili segala perbuatannya sewaktu hidup di dunia.[3] Allah Ta’ala Telah berfirman :

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَ’حِدَ ةٍ

“Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu,….(QS.Al A’raaf:189)

Allah Ta’ala juga berfirman:

مَا خَلْقُكُمْ وَلاَ بَعْثُكُمْ إِلاَّ كَنَفْسٍ وَاحِدَةٍ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ

“Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari alam kubur) itu melainkan (membangkitkan dan menciptakan) hanyalah seperti satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS.Luqman:28)

Dari ayat diatas maka sesungguhnya manusia diciptakan dari diri dan jiwa yang satu dan bukannya menjadi personal atau “diri-diri” yang lain.

Allah Ta’ala telah mengingatkan orang-orang kafir yang mengingkari bahwa tidak ada alam kubur atau hari kebangkitan (yang akan dihisab semua amal perbuatannya semasa hidup) melainkan terus bereinkarnasi setelah matinya

Allah Ta’ala berfirman:

زَعَمَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ لَنْ يُبْعَثُوا قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتُبْعَثُنَّ ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلْتُمْ وَذَلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيرٌ

Orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah: Tidak demikian, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”(QS.Taqhaabun (64):7)

Maka sangat jelaslah adanya unsur ajaran agama lain dalam aliran Reiki.Sangat bodohlah jika ada praktisi Reiki muslim yang mengatakan “walaupun kami tahu Reiki itu dari orang non muslim,tetapi kami ambil yang baiknya saja dan kalau ada yang menyimpang maka kami akan menolaknya”. Sebab dari kita terus mendalami Reiki maka sedikit-demi sedikit akan mengikis akidah kita seiring semakin percayanya kita akan kekuatan dan kemampuan energi Reiki untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan spiritualitas.

Tidaklah jika kita sudah mengetahui keburukannya maka kita tinggalkan untuk menghindari mudharat yang lebih besar, maka masihkah para praktisi Reiki mengatakan Reiki bersih dari kesesatan dan sesuai bagi Islam?


[1] Ibrani 7:3

[2] Dengan menyimpan, memajang patung atau gambar makhluk tersebut hingga bermeditasi didepan gambar atau patungnya

[3] Jika manusia hidup mati berulangkali maka bagaimana ada sinkronisasi dengan alam kubur sebagai terminal akhir ruh manusia jika manusia itu telah menjadi berbagai personal yang berbeda. Umat Islam meyakini bahwa ruh manusia akan mendapat rahmat atau siksa didalam kubur (sesuai dengan amalnya selama hidup didunia) dan menunggu dihidupkan kembali pada hari kiamat. Pada hari dimana seluruh manusia dan makhluk hidup akan dikumpulkan menunggu hari penghakiman untuk diadili di padang masyhar.

47 thoughts on “KESESATAN DAN PENYIMPANGAN REIKI

  1. Lha ya mbok jangan ganggu orang cari makan,,,,simbol reiki syirik kan untuk anda,untuk orang lain kan nggak,marilah kita saling menghormati keyakinan masing masing,apa sih bedanya energi reiki sama air mantra dari kyai???apa sih bedanya pengobatan ponari sama pengobatan dokter???yang penting kita percaya semua itu cuma lantaran,tuhan yang menentukan,OK salam damai,Wong nabi kita muhammad juga tidak mengajarkan dakwa lewat internet,wong nabi kita juga tidak mengajarkan untuk menyalakan orang lain.

    • xixixi.. maaf mas TS ane mau jawab sedikit pertanyaan mas kiwahyu..
      bedanya reiki sama mantra kyiai?? mantra?? itu bukan mantra kang.. itu ayat2 alquran dan doa.. bedakan mantra dengan ayat alquran.. klo belum coba ente membaca disini http://www.majelisrasulullah.com
      berhubung ane blum tau reiki jd (no comment untuk ini) tp mas TS udah memberikan informasi yang logis mengenai kekeliruan reiki..

      mencari makan??? xixixi, apa gak ada cara lain buat makan?? apa musti menjual akidah kita demi perut yang smentara ini?? coba dimaknai deh mas..

      ente bilang nabi gak mengajarkan dakwah lewat internet?? ente bisa mikir gak c?? internet itu ada baru zaman sekarang, ckckckck… bukan internet yang bisa jadi alasan buat ngebandingin dengan adanya reiki zaman ini juga diperbolehkan (ini klo memang reiki benar2 menyimpang dari syariat islam) oleh islam. coba deh membandingkan dengan yang lebih realistis,

      • janganlah jadi orang yang selalu menyalakan orang lain sebagai penyimpangan seolah-oalah anda adalah oarang kudus apakah di mata Tuhan anda adlah apa yang anda buat sesuai yang di amanat oleh beliau… tolong tingkatkan dulu mutu keimanan anda…

  2. makasih atas infoya…mari buat smua orang muslim untuk berhati2 dalam fitnah syetan/orang kafir karna mereka ingun SEKALI MENGANCURKAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA DENGAN CARA APAPUN……!!! Thank info mohon di perdetail lgi tentang simbol2 y reiki

  3. suatu upaya mulia untuk menagakkan syariah (tauhid).
    memang di negara tercinta kita RI ini penuh dengan syirik dan amalan bid’ah. dan anehnya ada saja alasan pembela2 amalan haram tersebut, entah dengan dalih persatuan, dengan dalih menghormati, dengan dalih menghargai tapi ujung2nya ya ketidak berdayaan untuk keluar dari lubang kesesatan….lebih aneh lagi pembela2 itu juga mengaku beragama Islam, masya Allah, begitu dahsyat syetan telah memperdaya saudara2 kita sesama muslim…..mari kita bersatu berantas bid’ah dan syirik, tegakkan syariah sesuai kemampuan kita masing2, jangan lupa tawakkal kepada Allah SWT. amiiin….

  4. maaf pak….! klo menurut saya ,ingat hadist rasulullah udah jelas “tuntutlah ilmu walau ke negeri china.” berarti nabi kita fikirannya luas dan tidak picik. klo tidak ada dasar itu …saya kira MUI akan membuat fatwa larangan tentang reiki. imam Gazali menyatakan” Syariat tanpa hakikat ia akan jadi buta dan hakikat tanpa syariat maka ia akan jadi gila….dan saya penah lihat dibuku tasawwuf tharikoh yang Allah berfirman pada Syeh Abdulkodir jailani: “Aku ciptakan INsan dari cahayaku(ROH) dan aku ciptakan malaikat dari cahaya Insan…….semoga anda mendalaminya agar tidak menyalahkan suatu keyakinan.

  5. Ya ampuunn, masih ada aja…MAAF sy tidak pernah menjumpai hadist yg berbunyi “tuntulah ilmu walau ke negeri china” di berbagai referensi. namun pd suatu hari sy akhirnya menjumpai hadist yg anda sebutkan td, tp dalam sebuah buku yg berjudul “KUMPULAN HADIST PALSU”..

    hati2 wahai saudara ku seiman, pelajari lagi bila kita ingin menjadikan perkataan Nabi sbg hujjah… krn bkn tdk mungkin dengan segala keterbatasan dan kekurangan yg kita miliki hujjah yg kita sebutkan adalah PALSU.
    Selamat bemujahadah dlm beribadah kepada-Nya, semoga kita termasuk kedalam golongan orang2 yg diberikan hidayah, amin ^_^

  6. ada salah satu group di Facebook namanya “Exoteric club indonesia” link: http://www.facebook.com/group.php?gid=127488586500

    sang Master disana cukup bijaksana dalam membahas tuduhan kesyirikan di Reiki…yang pada intinya Syetan tidak membutuhkan media apapun dalam menggoda manusia, tanpa Reiki pun Syetan masuk ke dalam hati manusia, menyebarkan kebencian, permusuhan muslim dengan saudaranya, dll. Reiki hanya metode, seperti Biologi, fisika,kimia dll, jika metode itu digunakan manusia yang disusupi hantiya oleh Syetan, Biologipun jadi senjata mematikan, Fisika dan kimia jadi ilmu untuk pemusnahan masal,
    Ilmu hanya godaan bagi manusia . bagaimana kita menyikapi dan memilah ilmu dengan Kebenaran , jika tidak menyimpang dari Jalan Allah.
    Memang ada Reiki yang seperti itu, tapi tidak semua, Reiki hanya pengetahuan , bukan ilmu syetan, manusialah yang disusupi hatinya oleh syetan dan mengajarkan kebencian. Syetan tidak butuh simbol Reiki untuk media nya, mari kita sama2 saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran, jangan dengan kebencian. silahkan dibaca selengkapny materi di group facebook tsb dan kita renungkan dengan berserah diri pada Allah…

    • ada salah satu group di Facebook namanya “Exoteric club indonesia” link: http://www.facebook.com/group.php?gid=127488586500 sang Master disana cukup bijaksana dalam membahas tuduhan kesyirikan di Reiki…
      sang Master disana cukup bijaksana dalam membahas tuduhan kesyirikan di Reiki…yang pada intinya Syetan tidak membutuhkan media apapun dalam menggoda manusia, tanpa Reiki pun Syetan masuk ke dalam hati manusia, menyebarkan kebencian, permusuhan muslim dengan saudaranya, dll

      trims atas infonya, saya sudah meluncur ke TKP :)
      Sang Master tersebut telah membuat penyesatan dengan membuat perkataan indah namun menipu umat islam.
      “….Setan-setan manusia dan jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu. Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan .(QS.Al-Anam : 112)
      jika dikatakan setan tidak membutuhkan media apapun dalam menggoda manusia, maka perkataan itu keliru, setan tetaplah perlu media untuk menggoda manusia, jika membisikkan kejahatan pada hati manusia maka setan perlu media aliran darah untuk berjalan menuju hati, ketika akan membisikkan maka setan perlu media “hati” manusia

      Reiki hanya metode, seperti Biologi, fisika,kimia dll, jika metode itu digunakan manusia yang disusupi hatiya oleh Syetan, Biologipun jadi senjata mematikan, Fisika dan kimia jadi ilmu untuk pemusnahan masal,
      Metode reiki dengan ilmu biologi, fisika, kimia dll sudah berbeda dari konsep kehalalan ilmunya….metode ilmu biologi, fisika, kimia dasar hukumnya halal dan mubah sebab konsep keilmuannya tidak bertentangan dengan syariat. Sedangkan reiki jika dikaji dari sisi syari’at merupakan bentuk keilmuan yang banyak kesyirikannya.

      Ilmu hanya godaan bagi manusia . bagaimana kita menyikapi dan memilah ilmu dengan Kebenaran , jika tidak menyimpang dari Jalan Allah. Memang ada Reiki yang seperti itu, tapi tidak semua, Reiki hanya pengetahuan
      ya reiki adalah ilmu godaan manusia yang jika ada manusia mempelajarinya maka akan jatuh kelembah kesyirikan. Jika anda katakan “Memang ada Reiki yang seperti itu, tapi tidak semua” NAH…….terbukti sudah talbis (tipu daya) para master reiki yang menggembar-gemborkan reiki adalah energi Tuhan maka setan sama sekali tidak bisa ikut campur / mengganggu dengan energi Tuhan/Ilahi sebab energi Tuhan positif dan Setan negatif, juga dikatakan energi Tuhan (reiki) tidak mungkin tercampur dengan energi setan. TERNYATA REIKI pun tidak lepas dari gangguan setan/jin. Lalu mengapa para master mengklaim reiki 100% tidak mungkin tercampuri unsur energi negatif (setan) ?????

      Syetan tidak butuh simbol Reiki untuk media nya,

      Justru setan sangat butuh simbol reiki untuk media penyesatan, seperti simbol Hon Sha Sho Nen,Gtummo,Dai Ko Myo,,Cho Ku Rei, yang aslinya adalah “mantera tertulis” berasal dari Tibet atau tepatnya berasal dari”’Doktrin Mistik Tantra Tibet”. seperti simbol raku (simbol dewa petir), Simbol adalah media untuk mendekatkan diri pada tuhan agama lain, jika kita mempergunakan simbol tersebut maka kita turut pula menyebut dan meminta bantuan tuhan-tuhan lain.
      Allah berfirman :
      “Sekiranya ada di langit dan bumi tuhan-tuhan selain Allah,tentulah keduanya itu telah rusak binasa.Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.”(QS.Anbiyaa’(21):22)
      SYIRIK AKBAR JIKA MEMPERGUNAKAN SIMBOL REIKI SEBAB KITA TELAH MENDUA TIGAKAN ALLAH TA’ALA, KARENA DENGAN MEMBUAT SIMBOL LALU MENGUCAP NAMA SIMBOL DAN MEMINTA BANTUAN ENERGI SIMBOL TERSEBUT TIDAK LAIN KITA MEMINTA BANTUAN KEPADA TUHAN/DEWA SELAIN ALLAH!

  7. maaf sebelumnya, saya bukan orang musli, ataupun praktisi reiki,,saya cuman tau apa yang saya lakukan baik untuk saya dan orang lain,,,kalau benar reiki melakukan tipu daya seperti yang penulis katakan ,,,seperti tipu daya syetan ,jin dan sebangsanya…darimana anda tau kalau itu jin atau syetan,,,saya mau tanya seperti apa syetan itu,atau jin,,,bagaimana bentuknya dimana tinggalnya,,,kapan dilahirkan….?yang saya tau cuma sifat syetan yaitu suka menghina,,,membenci,,,,iri,,,dengki,,,,tamak ,,,,rakus,,, nafsu,,,itulah syetan yang telah ada dalam diri anda…kalau reiki mengajarkan sifat itu,,,, barulah bisa dikatakan sesat,,,reiki tidak ernah mengajarkan membuat bom,,,atau membunuh orang….anda tidak tau sorga itu apa dan neraka itu dimana..jadi jangan bicarakan itu…kematian sudah pasti…tapi sorga atau neraka tidaklah pasti didapat…sekali lagi maaf

    • @putramaitriya

      “reiki tidak ernah mengajarkan membuat bom,,,atau membunuh orang”

      > Mau diskusi masalah jin, ilmu ghaib atau masalah TERORIS mas?

    • maaf sebelumnya kalo neraka saya tau tempatnya saya bisa tunjukan tp tentang sebab dan akibatnya jangan salahkan saya ya , maka dariitu saya tidak mau keneraka karena masuknya sangat sakitttttt banget ingin tau ,,,,,,, neraka ada di tengah rel kreta api di buka saat kereta lewatt di tengah jalan raya yang rame di buka saat bus sedang melaju kencang di situlah tempat neraka gimanaaa dengar aja saya udah takutt apalagi apa masih ingin tauuu ,, kalo sekedar tau boleh tapi jangan sampai anda masuk kesana okk yakin sajalahh ke surga aja karena allah telah menjanjikan kenikmatan surga ,,,,, kalo surga dunia tau dak dimana dan pernahkah anda merasakannyaaaa selamat menikmatiiiii

  8. ma,af trima kasih atas comen yang di berikan pada ku,ag muslim,ag bukan praktisi reiki emaang sulit membedakan tapi bisa di lihat dari mana reiki tu berasal ,pake simbol 2 tertentu dan dari mana simbol tu dan apa artiya…agama islam beda agama lain ma,f bukan membenarkan agama tertentu.mari kembali ke hadist sesui tuntuna yng di miliki ya.
    trim comen ya…..

  9. saya seorang muslim, sebulumnya saya minta maaf pabila ada perkataan saya ini salah di hadapan mas putramaitriya,sebagai muslim saya jg pnya kewajiban membela sesama muslim mas………. dan di sini jg sy mencoba menengahi dari perkara ini, menurut saya maksud penulis di sini adalah mencoba meluruskan pemahaman saudara semuslim tentang pemahaman yg menyimpang seperti yg di gariskan agama islam aja kok mas!..dan emang sesama muslim memang kita di anjurkan saling mengingatkan begitu mas dan maksud penulis adalah penegasan bukannya bermaksud menghina ataupun membenci mas…….. mungkin karena mas putramaitriya bukan seorang muslim jadi mas putra maitriya belumtau secara detail tentang ajaran islam yg sesungguhnya, mungkin mas juga gk tau hukum bagi seorang muslim jka menyukutukan tuhannya?…, pa masalah yg laen…… untuk mas putramaitriya se-Xlagi saya minta maaf ya mas…….. sesungguhnya agama islam itu menurut saya adem koq mas……….. jika kita tau islam yg sejati………..niat saya di sini hnya mencoba meluruskan kesalah pahaman saja kok mas! maaf ya mas jika kata kurang berkenan di hati mas putramaitriya………. pesan saya buat saudara semuslim: perbedaan itu gak masalah asalkan pada jalurnya pa bila saudaraku islam berjalanlah hidup dalam ajaran islam , n pa bila mau mengambil sesuatu yg menurut saudara” baru harap melihat patokan ajaran kita agar kita tidak tersesat…… yg berakibat rugi untuk diri kita sendiri………….

  10. saya emang kurang begitu tau tentang reiki,,,
    tp yg namanya “energi positif” atau “energi semesta alam” itu memang benar adanya,,, yang apabila di jelaskan disini insya allah akan mmbutuhkan banyak argumentasi dan waktu yang cukup lama
    ,,,,,

  11. @putramaitriya : kalau anda bukan muslim, jangan ikutan diskusi di sini, karena bisa dipastikan (pasti!) TIDAK AKAN NYAMBUNG,
    yah pendapatku untuk anda putramaitriya, karena anda bukan muslim,anda boleh belajar reiki/tenaga dalam/sihir sekalipun, tidak ada aturan yang melarang anda belajar atau menggunakan reiki/sihir/meditasi. sekali lagi saya tegaskan disini (blog ini) merupakan diskusi umat muslim, hukum-hukumnya yang disampaikan juga hukum islam, jadi untuk selain muslim tidak perlu risau.
    @bang permana : terima kasih artikelnya, sangat bagus dan membuka wawasan saya, saya dari dulu selalu meragukan tenaga dalam dan sejenisnya, mungkin tidak diperbolehkan untuk belajar kali ya ^_^…
    saya cari lho artikel seperti ini sejak beberapa tahun yang lalu, dan baru ketemu yang sekarang-sekarang ini… insya Allah artikel ini berguna (terutama saya).

  12. sesat/tidak sesat itu relatif dan subjektif. menurut kalangan tertentu bisa saja sesat.menurut kalangan lain tidak. persoalannya adalah bagaimana manusia bisa menerapkan kebijaksanaannya agar perilaku judgemenal tidak menyakiti perasaan pihak lain. itu saja.

  13. @ oscar

    “sesat/tidak sesat itu relatif dan subjektif”
    Oleh karena itulah maka ada aturan/hukum/uu/dsb…

    “persoalannya adalah bagaimana manusia bisa menerapkan kebijaksanaannya agar perilaku judgemenal tidak menyakiti perasaan pihak lain. itu saja.”
    Semoga Allah memberikan faham pada orang yg “disakiti” maupun “menyakiti”, amin.

  14. Terimakasih atas perhatian penulis untuk menjaga aqidah tauhid Islam tetap dijalurnya dan saya sangat respect untuk itu.

    Saya yakin artikel Anda yang cukup “berani” ini akan mengundang restimasi bagi para penggiat reiki. Dan tentu akan melahirkan diskusi panjang dengan energi dan waktu yang tidak sedikit. Selanjutnya dengan mengusung semangat bahwa perbedaan adalah rahmat saya mensengajakan diri untuk mengomentari tulisan Anda

    Saya akan mulai dengan sejarah REIKI***

    Reiki adalah salah satu teknik energi esoteris yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk pula di Indonesia. Karena teknik ini demikian mudahnya untuk dipelajari, tetapi menghasilkan efek penyembuhan yang seringkali dramatis.

    Di Indonesia Reiki baru dikenal di akhir tahun 90an, dimana teknik ini diperkenalkan oleh 5 orang Indonesia, dimana ke-5 orang ini pada saat itu tidak saling mengenal antara satu dan lainnya, serta mereka masing-masing mempelajari Reiki dari sumber yang berbeda pula. Mereka adalah :

    Ismail Ishaq

    Mengajarkan Reiki dari aliran Usui Traditional Reiki, melalui lembaganya yang dikenal dengan nama Yayasan Reiki Indonesia.

    Yan Nurindra

    Mengajarkan Reiki dari aliran Usui Tibetan Reiki dan Karuna Reiki, melalui lembaga yang dikenal dengan nama Mahameru Light Healing Institute.

    Irmansyah Effendi

    Mengajarkan Reiki dari aliran Tummo, melalui lembaga yang dikenal dengan nama Yayasan Padmajaya.

    Anand Khrisna

    Mengajarkan Reiki dari aliran Neo Zen Reiki, melalui lembaganya yang dikenal dengan nama Anand Ashram.

    Immanuel Alexander

    Mengajarkan Reiki dari aliran gTummo, melalui lembaganya yang dikenal dengan nama Anandamanaloka, yang berpusat di Yogyakarta.

    Pada saat ini teknik Reiki sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, dimana pada saat ini banyak ditemui para Reiki Master dari berbagai aliran Reiki.

    Hampir dapat dipastikan bahwa 99% Reiki Master Indonesia yang ada pada saat ini, memiliki lineage (silsilah energi) yang bersumber dari ke-5 orang Reiki Master di atas.

    Berikutnya KUNDALINI.
    Apakah sesungguhnya Kundalini itu ? Sangat kontekstual, bergantung dari materi pembicaraan. Suatu saat Kundalini dapat dipahami sebagai kekuatan dahsyat berbentuk ular yang tengah tertidur di suatu lokasi dalam diri kita. Di saat lain Kundalini dapat pula diartikan sebagai potensi kemampuan psikis alias kesaktian.

    Kundalini sempat populer di tahun 60an, dan identik dengan salah satu manfaat dari Yoga, kemudian di tahun 70-80 sempat menghilang, dan akhirnya pada akhir tahun 90an Kundalini mulai “booming” kembali dengan hadirnya buku-buku baru mengenai Kundalini dan berbagai pembahasan di internet.

    Mendadak begitu banyak orang ingin mempelajari Kundalini, dan tidak sedikit mereka yang “bergaya” terkena Kundalini Syndrome, persis seperti yang dituliskan di buku-buku. Pelatihan Kundalini-pun digelar dalam berbagai format dan diintegrasikan dalam berbagai teknik esoterik. Mulai dari teknik energi semacam Reiki, ada pula Yoga dari mazhab Asanas, sampai dengan Yoga dalam gaya meditasi statis.

    Mendadak di komunitas esoterik sangat populer akan istilah-istilah aneh, seperti : Api Kundalini, Energi Kundalini, Simpul Bhrahma, Shaktipat, dsb. Tidak sedikit mereka yang menjadi merasa “sakti” karena merasa Kundalini-nya sudah mulai menembus Chakra tertentu. Wuiiih … hebat !

    Apakah sebenarnya Kundalini itu ?

    Kundalini adalah suatu sistem untuk mencapai spiritualitas atau menyatu dengan semesta, yang diciptakan oleh komunitas esoterik India di masa silam. Kundalini adalah suatu sistem holistik yang disusun sedemikian cerdas, dan mengakomodasikan keinginan-keinginan dasar manusia.

    Sebagai suatu sistem holistik maka Kundalini dimaksudkan untuk melintasi berbagai matriks dalam dimensi kehidupan, mulai duniawi, pra spiritual, sampai dengan spiritual. Semua ini dilambangkan dengan proses kenaikan Chakra dari mulai Chakra terendah sampai dengan Chakra yang tertinggi.

    Tanpa memahami Kundalini secara holistik, maka besar kemungkinan kita akan membuang waktu untuk memburu hal-hal yang tidak jelas.

    Masihkan anda menganggap Kundalini dapat membuat anda menjadi orang yang “Sakti” ? Hati-hati, tanpa pemahaman yang benar, Kundalini justru akan membuat anda menjadi orang yang “Sakit” !

    Selanjutnya apakah REIKI, TRADISI REIKI dan benarkah berkaitan dengan kesyirikan???????
    Reiki sesungguhnya lahir dari falsafah. Benar ada beberapa tradisional reiki ada yang mensyaratkan untuk menggunakan reiki symbol untuk meditasi. Melalaui penelitian dan pengembangan ternyata itu adalah “anchor” agar orang masuk ke “trance state” dan lebih cepat membuka jalur chi-nya yang sebenarnya tanpa symbol tersebut juga tidak masalah buat saya walaupun itu adalah “pakem” di reiki.

    Reiki dapat saja di role model dengan aqidah Islam misalnya teknik pernafasan-murdla, yang terdapat pada yoga “dimantrai” dengan dzikir di waktu senggang.

    Sekali lagi reiki tidak pakai dan tidak perlu JIN, setan, demit apalagi sampai mengganggu tugas malaikat-malaikat Allah ^_^.
    Saya berharap sekali penulis berkenan untuk melakukan penelitian lagi dan yang kemudian memberikan dan membagikan informasi yang sangat bermanfaat ini.
    http://ryrightway.blogspot.com/

    Fastabiqul Khairat

    • Sekali lagi reiki tidak pakai dan tidak perlu JIN, setan, demit apalagi sampai mengganggu tugas malaikat-malaikat Allah ^_^.
      Saya berharap sekali penulis berkenan untuk melakukan penelitian lagi dan yang kemudian memberikan dan membagikan informasi yang sangat bermanfaat ini.

      Saya tertarik untuk diskusi dengan anda , tolong anda jelaskan adanya ascended master yang justru sangat diperlukan dalam banyak aliran reiki ?

    • Apakah sebenarnya Kundalini itu ?

      Kundalini adalah suatu sistem untuk mencapai spiritualitas atau menyatu dengan semesta, yang diciptakan oleh komunitas esoterik India di masa silam. Kundalini adalah suatu sistem holistik yang disusun sedemikian cerdas, dan mengakomodasikan keinginan-keinginan dasar manusia.

      Sebagai suatu sistem holistik maka Kundalini dimaksudkan untuk melintasi berbagai matriks dalam dimensi kehidupan, mulai duniawi, pra spiritual, sampai dengan spiritual. Semua ini dilambangkan dengan proses kenaikan Chakra dari mulai Chakra terendah sampai dengan Chakra yang tertinggi.

      Tanpa memahami Kundalini secara holistik, maka besar kemungkinan kita akan membuang waktu untuk memburu hal-hal yang tidak jelas.

      Masihkan anda menganggap Kundalini dapat membuat anda menjadi orang yang “Sakti” ? Hati-hati, tanpa pemahaman yang benar, Kundalini justru akan membuat anda menjadi orang yang “Sakit” !

      :) ini adalah tulisannya yan nurindra setelah mendalami Hypnotisme padahal dahulu dia sendiri yang mengklaim setelah attumenet reiki tummo tingkat dua dapat membangkitkan kundalini sampai cakra jantung dan berbagai klaim kesaktian setelah seluruh cakra utama bersih yang memang akan membuat orang sakit mental karena tubuhnya dirasuki setan setelah diattunemant yan Nurindra…..

      Saya akan mulai dengan sejarah REIKI***

      Reiki adalah salah satu teknik energi esoteris yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk pula di Indonesia. Karena teknik ini demikian mudahnya untuk dipelajari, tetapi menghasilkan efek penyembuhan yang seringkali dramatis.

      mas………. jika memang reiki dapat menyembuhkan semua penyakit kok yan nurindra sampe sekarang masih pake kaca mata ??? apa reiki ga mampu menyembuhkan sakit matanya ? boro-boro nyembuhin kanker, tumor dll tapi sakit mata sang grand master sendiri ga sembuh :) . Mas saya adalah salah satu mantan Master Reiki, saya dulu selalu mengalirkan energi reiki kemata saya agar sakit “min 2″ saya sembuh…sampai saya bertobat sakit mata saya ga bisa dinormalkan dengan energi reki, dari reiki usui, reiki tummo, karuna ki, shing chi, sakara dan banyak varian energi sudah saya coba semuanya………….. Menyembuhkan kesurupan dengan reikipun ga berhasil walau sudah membuat bola energi kuning emas ala irmansyah efendi malah jin nya ngomong “energinya” enak dimakan :) , reiki makanan jin jadinya atuh mas………………

      saya punya buku reiki berjudul “Divine Spirit through essential Reiki” penulisnya Riko Rahardian @ leeann Deandra……..sangat manis ulasannya persis seperti tulisan anda :) tapi saya melihat talbis iblis dalam buku tersebut dan talbis ini sangat laten pada tiap buku-buku reiki salah satunya tentang reinkarnasi, pada halaman 15 dalam buku itu menjelaskan adanya reinkarnasi yang merupakan keyakinan hindu, juga konsep kundalini, cakra, karma …Na’udubillah sebuah kesesatan dibalut kata-kata sihir yang indah menghayutkan akidah umat islam ………….

    • saya mempelajari reiki, dan saya sudah terjun dibidang pengobatan ini di mix dengan pengetahuan yang lain sebagai penunjang. banyak manfaatnya…kenapa kita harus meributkan hal-hal yang saya rasa masih banyak hal lain yang lebih perlu perhatian…intinya knp sibukan pertentangan sementara sudahkah tangan ini mengulur untuk membantu…? semua agama mengajarkan hal yang baik untuk menjalani hidup ini. kita ini hanya karena beda “bin” saja si X terlahir dari seorg nasrani si B dari seorg muslim si O dari seorg hindu dst….lalu kenapa mesti ribut…? Tuhan itu Esa…Satu…jadi knp kok repot mempermasalahkan label….sudahlah….mengingatkan itu baik tapi lebih baik lagi tidak menyinggung…bukankah dalam kitab suci selalu diajarkan kelembutan…?

  15. Tidak ada yg lebih mulia kedudukan seorang makhluk ciptaan Allah kecuali MANUSIA, malaikat adalah makhluk yg d suruh oleh Allah utk sujud d dpn Adam AS yg notabene nya adl manusia, itu menunjukkan manusia kedudukannya lbh tinggi drpd malaikat.
    Malaikat pun pernah meragukan Allah SWT ketika hendak menciptakan manusia,dgn mengingatkan Allah SWT klo manusia akan menumpahkan darah d bumi,seakan2 Allah SWT tdk akan tau sj apa yg akan tjd d bumi.
    Manusia d ciptakan utk menjadi khalifah/pemimpin d bumi,apa sj yg ada d bumi? semua hal yg fisik maupun ghaib.Jadi, manusia adl pemimpin d bumi,baik yg fisik maupun ghaib.
    Bgmn bs seorang pemimpin tdk bs me”nguasai” apa yg d pimpinnya,oleh krn itu d perlukan ilmu lahir n bathin.
    sayangnya…tdk semua org “mau n berusaha” menjadi khalifah d bumi.

  16. saya muslim dan tahu jg tentang reiki, tapi saya tidak membela siapa2 disini, karena saya belum benar2 tahu kebenarannya, karena saya sendiri masih mencari.

    boleh di katakan benar salahnya yang diungkapkan manusia itu masih bias, karena berpatokan pada sesuatu.

    dan saya pernah di beritahu bahwa sebelum anda benar-benar tahu, terjun, dan mendalami usahakan jangan menyalahkan yang lain, berbeda pendapat boleh. tetapi jgn sampai timbul dusta, fitnah dan lain sebagainya. karena belum tentu anda itu benar.

    untuk keterkaitan landangan dengan Ayat2 Allah, kita harus betul2 berhati2, karena bila di pakai sepenggal2 bisa jadi membenarkan banyak hal. firmanNya menurut saya merupakan suatu sastra dan filsafat yang sangat tinggi, sehingga tidak mudah untuk dipahami.

    saya hanya berpesan jaga persaudaraan, mari berdiskusi dengan baik dan cermat jgn sampai timbul perpecahan.

    sekali lagi saya tidak membela siapa2 disini.

  17. bersihkan diri dengan mandi keramas n jangan lupa gosok gigi,…….bersihkan jiwa,hati,piikiran, dengan mendekat padanya ,sujud padanya,taqwa padanya ….tuhan….= alam semesta = tuhan….energi alam +_-

      • Posted on Maret 27, 2011 by wongalusaceh
        3 amalan agar tak terkena azab kubur
        Soal : bagaimanakah hukum meletakkan ayat kursi, khatam sulaiman, dan ayat kursi pada mayit untuk menghindarkan azab kubur bolehkah atau tidak ?????
        Jawab :
        Boleh karena ada referensi ulama yang menjelaskannya.
        Khazinatul asrar hal 173
        Sebagian dari kelebihan ayat kursi apabila ditulis dan diletakkan berserta mayit pada kubur niscaya tidak diazabkan orang tersebut pada kuburnya, dan malaikat akan berlemah lembut menanyakannya.
        Mamba usul hikmah hal 102
        Apabila ditulis sebanyak 70 kali dan diletakkan beserta mayit pada liang lahatnya niscaya ia aman dari huru hara mungkar nakir, dan baginya ada cahaya hingga hari kiamat.
        Mamba usul hikmah hal 171
        Sebagian dari kelebihan khotam sulaiman apabila dituliskan dan diletakkan beserta mayit niscaya aman ia dari azab kubur.
        Soal : dari ketiga referensi itu semua bermuara kepada imam ahmad ali buni, siapakah beliau ?
        ************************************

        BENAR NGGAK NICH, ……..RADA RADA BINGUNG !!!???
        HANYA DENGAN *** diletakkan beserta mayit *** BISA MERDEKA DONG DARI AZAB KUBUR !!!!!!!!!…………..baca http://wongalusaceh.wordpress.com/

    • putramaitriya

      **…….bersihkan jiwa,hati,piikiran, dengan mendekat padanya ,sujud padanya,taqwa padanya **
      ITU BENAR !!

      **….tuhan….= alam semesta = tuhan….energi alam +_- ** ???

      dalil dari mana anda dapat ??

      hati2 kawan …ALLAH……DZAT LAESA KAMISLIHI SYAE’UN !!
      allah tidak serupa dengan mahluqNYA !!!

  18. Perdana ahmat kacau bnget takut banget ya?? Dgn adanya reiki kekurangan pemeluk agama islam?Ya,wkakakakak,gk ada agama yg baek dng menjelek2an kebaikan semisal ajaran”REIKI”gubluk ah,mau2x dkibulin pelembaga agama kaya kartu perdana ahmat:d

  19. memang sulit menerangkan bagi orang2 yg sudah menutup pintunya. diskusi ya diskusi aja…saya menjalankan penobatan sesuai dengan keyakinan saya…secara islam…memohon juga pada Allah, lambang yang saya gunakan jg lambang Allah…saya juga tidak diajarkan spt yg dikatakan org memanggil malaikat segala…makanya saya bingung…saya yg mendalami reiki secara islam, sama sekali tidak seperti yg dituduhkan begitu. Jadi tergantung menjalaninya bagaimana…ah sudah ah….imani apa yang anda imani….

  20. yup sy setuju emba len… imani apa yang sudah anda imani janganlah anda menyinggung iman orang lain.. dan setiap agama baik adanya karena agama yang dianut, diyakini mengajarkan hal2 yang baik. selain itu kita diajarkan saling kasih mengasihi….. tetapi klu ajaran tersebut mengajarkan permusuhan itu baru dikatakan kafir, kurir setan…..

  21. saya setuju dengan ulasan penulis ini, yang menjelaskan bahwa reiki ajaran yang bertentangan dengan islam…saya sendiri pernah menjadi praktisi reiki dan saya menyesal karena saya takut perbuatan saya bergabung dengan reiki dapat mengganggu aqidah saya. Memang ajaran reiki sangat halus dan membawa orang tidak terasa mengikuti ajaran2-nya. Reiki selalu berlindung pada metodenya lintas agama, energinya berasal dari alam semesta yang merupakan karunia Tuhan. Tetapi setelah masuk menjadi anggotanya, kita akan dibawa ke dalam praktek yang merusak ajaran Isalam yang berlandaskan ketauhidan.

      • Kesalahan org yg sok merasa moderat dlm beragama adalah sll menyamakan antara yg “baik” dn yg “benar”dr suatu agama. Memang semua agama, kepercayaan, aliran religius “mungkin” mengajarkan “kebaikan”, krn kebanyakan/nampak mengajarkan hal2 yg baik seperti tolong menolong, saling membantu dan menghormati orang lain dsb. Namun kalo bicara yg “benar” dari suatu agama itu hanya satu karena tdk mungkin kebenaran itu lbh dr satu sebab kebenaran dlm konteks agama itu hanya berasal dari Tuhan yg satu. Tuhan satu atau Tuhan Yang Maha Esa itu adalah satu dlm eksistensinya atau Dzatnya, dalam senyatanya bukan berdasar persepsi manusia, aliran dsb. Dan bagi sy, yg merupakan seorang muslim, meyakini betul bhw kebenaran itu adalah dr “Tuhan”mu (ALLAH) serta agama yg benar di sisi Allah adalah Islam. Untuk itu ketika sy hrs mengkoreksi “suatu sistem kepercayaan lain/reiki”, mk sy harus melihtnya dr kacamata ajaran islam. Sehingga dlm konteks ini, patutlah pula dihargai apa yg dilakukan oleh pak Perdana Ahmad ketika mengkritisi praktek2 ajaran reiki yg bertentangan dg aqidah Islam, karena telah dilakukan berdasarkan keyakinan agama islam yg beliau yakini. Bagi para pengikut reiki yg beragama Islam, seharusnya tdk perlu merasa malu utk mengakui kesalahan praktek reiki yg selama ini mereka jalani, jk memang pak perdana mampu menunjukkan kesalahan dari ajaran reiki tsb khususnya ketika dilihat dr ajaran islam. Hidup ini hanya sekali, sehingga mati dengan membawa kebenaran aqidah islamiyah itu lebih mulia, lbh selamat dari pada hidup dan lalu mati dg membawa “perasaan merasa sakti” yg seringkali menghinggapi pr pengikut reiki. Wallahu a’lam bishowab.

  22. Pendapat ahli science tentang reiki :

    http://www.ncahf.org/articles/o-r/reiki.html

    http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1742-1241.2008.01729.x/abstract;jsessionid=6B634A58B9BF4F788301AE92C7E42C53.d03t04

    pendapat para pendeta :

    http://old.usccb.org/doctrine/Evaluation_Guidelines_finaltext_2009-03.pdf

    Reiki gak ada di quran, gak ada di alkitab, gak ada dalam kamus kesehatan ilmiah.
    penyembuhan menggunakan prinsip placebo effect (sugesti).

    Anda bebas memilih menjadi pasien yang mana yang anda sukai :
    1.Pasien yang sakit yang sabar dengan sakitnya, Allah hapus dosa-dosanya.
    2.Pasien yang sembuh dengan reiki sembuh penyakitnya bertambah dosa-dosanya.

    Saya sarankan pilih yang pertama

    wassalam

  23. kalau manusia sudah takut tersaingi,segala cara di keluarkan,iri dengki dan fitnah.saya ber ktp islam.tapi saya bebas merdeka,saya anggap semua pengetahuan yang ada di dunia ini semua milik alloh,dan reiki yang saya punya sudah banyak di pakai untuk menolong sesama manusia,selama ilmu bisa di gunakan untuk kepentingan orang banyak,saya rasa gak ada yang namanya sesat.yang sesat itu yang selalu menjelekan pengetahuan orang lain.dan saya tidak pernah mengharapkan apa-apa,atau balas jasa,dalam menggunakan ilmu reiki,apa lagi mengharapkan surga saya gak mau.takut surganya hancur,karena semua ciptaan alloh pasti akan hancur.dari pada ngurusin reiki,mending kita urus sahadat kita,apakah sudah betul atau belum sahadat kita,[aku bersaksi tiada tuhan selain alloh,bahwa nabi muhamad adalah utusan alloh]kalau kita belum pernah merasa, pernah melihat alloh,kenapa kita bilang bersaksi,berarti kita seumur hidup membohongi diri sendiri.tidak pernah melihat tapi berani bersaksi[saksi palsu]dari pada panatik gak karuan,pikirkan dulu sahadat yang betul,trims.disambung nanti urusan sholat

  24. yah…ini mah kayak eyang subur ajah, berpikir positif ajalah, segala ilmu apapun kalau di lakukan atau di jalan kan pada tempat yang salah ya…salah, kalau anda sudah master reiki,,,kenapa tidak di olah menjadi hal yang positif, jangan ajak dah tuh si jin ama gengnya….kalau memang reiki itu sesat dan menyesatkan silahkan lapor MUI biar di adakan penelitian, kumpulkan orang2 yang sudah belajar reiki….baru kalau terbukti anda bisa di sebut PAHLAWAN…..tapi gak tau pahlawan apa ya???luruskan niat dulu daah….benerin sholat kita,,,,

  25. Sesat menurut keyakinan “X” .. Patokan kebenaran juga menurut keyakinan X .. sedangkan keyakinan X itu sendiri pecah lebih dari 70an aliran… dan tetap “ngeyel” yang lain sesat jika tidak sesuai keyakinannya… Sudahlah Masbro..

  26. reiki kan bukan agama, kenapa dibilang sesat ya ? orang yang ktpnya islam yang tidak menegakkan sholat itu baru sesat, tidak puasa romadhon itu baru sesat, tidak bayar zakat itu baru sesat. Bagaimana dengan musrik? musrik itu aktifitas hati, yang tahu aktivitas hati hanyalah pemilik hati yang bersangkutan dan Allah.jadi orang melakukan musrik yang tahu hanya orang yang bersangkutan dan Allah. Orang lain tak tahu. Jadi jangan terlalu mudah menjustifikasi sesat dan musrik.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s