PENGERTIAN, ALIRAN DAN KETERLIBATAN MAKHLUK HALUS DALAM REIKI

Pengertian Reiki

Reiki berasal dari bahasa jepang.Reiki adalah gabungan dari kata Rei yang berarti alam semesta dan Ki berarti energi. Dengan kata lain Reiki adalah energi alam semesta atau biasa disebut para praktisi Reiki sebagai Energi Ilahi dan mempunyai tingkat getaran yang sangat tinggi juga energinya sangat halus dibanding energi Prana atau energi tenaga dalam lainnya. Orang yang pertama kali menemukan Reiki adalah seorang pendeta Budha yang bernama Dr.Mikao Usui setelah bermeditasi selama 21 hari di gunung Kurama. Ada juga sumber yang mengatakan Reiki sebetulnya sudah dipergunakan para Pendeta Tibet jauh sebelum Master Mikao Usui menemukan Reiki.

Sebenarnya REIKI adalah salah satu bentuk ‘Penyembuhan Alternatif’ yang dilandasi Gerakan Zaman Baru (New Age) dan menekankan metoda ‘sentuhan’ (therapeutic touch). Perbedaan dengan cara penyembuhan alternatif ‘New Age’ lainnya adalah:

Pertama, Dalam hal metodanya, Tai-Chi & Yoga menggunakan latihan gerak-nafas-meditasi, Chi-Kung menggunakan latihan nafas-meditasi, Akupunktur menggunakan tusukan jarum, dan Pijat refleksi menggunakan pijatan, maka REIKI menggunakan sentuhan, bukan saja untuk diri sendiri tetapi juga untuk kesembuhan orang lain.

Kedua, dalam hal falsafahnya, penyembuhan laternatif lainnya mendasarkan dirinya pada mistik sedangkan REIKI mendasarkan diri dengan mistik yang diberi ‘jubah agama’ (misalnya diiringi doa semua agama). Kesamaannya dengan cara penyembuhan alternatif ‘New Age’ lainnya adalah kekuatan penyembuhan itu diperoleh dari ‘Energi Kehidupan’ yang ada dalam diri manusia dan alam. Sekalipun berjubah agama, agama disini adalah agama ‘inklusif yang sinkretis’ yaitu menganggap ‘tuhan semua agama itu sama’ tetapi akhirnya ternyata bahwa tuhan yang dimaksudkan adalah ‘tuhan mistik & pantheis’. Dalam REIKI-tingkat dua yang menggunakan simbol-simbol mantera, simbol pertama berbunyi: ‘CHO KU REI’ (Saya mohon kehadiran Yang Maha Kuasa), dan simbol kedua yang berbunyi ‘SEI HE KI’ (‘Yang mempertemukan Tuhan dengan hambanya’ atau ‘Mengaktifkan Sumber yang ada di dalam diri kita’) menunjukkan penyatuan diri dengan kekuatan alam mistisisme/pantheisme.

Ada yang menyebutkan (misalnya dalam REIKI) bahwa ‘energi kehidupan itu’ sama dengan kekuatan jiwa yang Tuhan karuniakan kepada manusia, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kekuatan itu adalah kekuatan Tuhan yang ada di dalam diri kita.

Jika seseorang ingin dapat mengalirkan energi Reiki maka ia harus di attunement yaitu pembukaan dan penyelarasan energi dengan membuka minimal Chakra Mahkota, Chakra Jantung, Chakra kedua telapak tangan dan jalur-jalur energinya dari kotoran-kotoran negatif atau karma-karma negatif terutama pada jalus sushumna yang berasal dari kehidupan sebelumnya.

Pembukaan dan penyelarasan energi dikatakan oleh para master Reiki dapat dilakukan melalui meditasi atau dibantu seorang master Reiki dan dengan bantuan makhluk halus (para Malaikat, Ascended Master seperti Saint Germain, Budha, Dewi Kwan Im atau makhluk halus lain yang dipercayai sudah mempunyai tingkat spiritualitas yang tinggi[1] ) secara langsung atau jarak jauh kepada seseorang yang ingin mendapat kemampuan untuk menyalurkan Reiki atau energi-energi tertentu yang sejenis dengan Reiki.

Siapa yang tidak kagum dengan kehebatan Reiki? Sudah banyak orang yang sembuh dari sakitnya setelah dialiri Reiki beberapa waktu. Seluruh penyakit fisik bisa diatasi dengan hanya meletakkan tangan dan dengan hanya niat mengalirkan Reiki maka proses penyembuhan terjadi, bahkan proses penyembuhan dapat dilakukan secara jarak jauh.

Karena kehebatannya maka sudah banyak orang yang minta di attunement Reiki, dan sudah sangat banyak bermunculan berbagai macam aliran Reiki yang mengadakan lokakarya-lokakarya Reiki yang sudah sangat banyak menghasilkan orang yang sudah mencapai taraf master dan memiliki berbagai macam energi yang dapat memberikan attunement Reiki pada orang lain. Tidak itu saja Reiki juga dikatakan dapat mengatasi masalah-masalah psikis seperti stres, depresi bahkan dapat melindungi seseorang dari hal-hal yang negatif  dan juga Reiki dikatakan dapat digunakan untuk mengusir makhluk halus yang mengganggu manusia.

Reiki juga menjanjikan kita untuk mendapatkan peningkatan spiritualitas, lebih mendekatkan diri kita pada Tuhan. Dalam agama-agama lain dikatakan Reiki dapat membangkitkan kundalini sebagai jalan pintas untuk dapat memutuskan lingkaran reinkarnasi secara cepat, mendapat kemampuan-kemampuan psikis seperti dapat melihat makhluk halus, meraga sukma, melihat masa lalu dan masa depan juga kemampuan-kemampuan  ajaib lainnya.

Reiki juga banyak dipromosikan tidak mempunyai pantangan dan dapat dimiliki oleh siapa saja dalam semua agama maka dengan semua kehebatannya sangat mengundang khalayak ramai untuk memiliki kemampuan Reiki terutama umat Islam yang merupakan mayoritas di Indonesia ini.

Aliran Dalam Reiki

Dibawah ini akan saya jelaskan juga  sejarah munculnya aliran-aliran Reiki di Dunia dengan keterlibatan makhluk halus didalamnya [2]:

a.  Usui Reiki

Ketika Dr.Mikao Usui bermeditasi selama 21 hari digunung Kurama ia tiba-tiba melihat banyak suatu bentuk cahaya yang mengitari dan masuk kedalam tubuhnya namun ia tidak mengatahui cahaya apa itu,namun ketika ia sakit perut karena telah berpuasa selama 21 hari ia memegang tangannya maka tiba-tiba tangannya panas dan merasakan ada yang mengalir dan sakit perutnya mereda juga pada saat ia berjalan dan kesandung batu hingga kakinya berdarah maka ia memegang kakinya dan penyembuhan terjadi.Dr.Mikao Usui juga sempat menyembuhkan seorang nyonya pemilik rumah makan yang sakit gigi. Hingga ia akhirnya sadar bahwa ia mendapat suatu kekuatan dalam penyambuhan dan akhirnya diajarkan pada murid-muridnya dan terbentuk aliran Reiki yang bernama Reiki Usui.

Dr.Mikao Usui sang penemu Reiki Usui

b.  Seichem Reiki

Reiki aliran Seichem dibawa oleh seorang Swedia bernama Patrick Zeigler ke Amerika di Khartum, sebelumnya Patrick mendapatkan inisiasi dari seorang Sufi ternama Osman Brahani. Patrick banyak membaca buku tentang Seichem dari buku-buku kuno. Bahkan di sekolah arsiteknyapun ia sudah tertarik dengan kebesaran bangunan Piramid. Ketika bekerja sebagai sukarelawan Pasukan perdamaian PBB 1978 di Yemen, dengan kemampuannya berbahasa Arab, ia banyak menekuni Qur’an disamping Alkitab. Ada cerita spiritual yang tersembunyi dibalik kitab-kitab tersebut. Ia berusaha mencari jawaban cerita yang terkandung dalam kitab suci kepada beberapa Sufi, tetapi nampaknya di Yemen ia belum berjodoh menemukan seorang gurupun. Arti harafiah Sufi adalah orang berbaju kulit domba atau wool. Tidak berapa lama, Patrick pindah ke Mesir. Melihat piramida yang memang dikaguminya semenjak bangku kuliah, intuisinya mengakatakan bahwa ia harus bersemedi di dalam piramida. Ia tahu bahwa makam utama para raja Mesir kuno dibuat menurut perhitungan yang teliti. Akhirnya ia menemukan suatu cara memasuki ruang raja di dalam Piramid. Ketika menyelidiki bangunan Piramid ia menemukan semacam lorong kecil. Lalu diputuskan untuk melakukan meditasi di sana.

Makhluk Berpola Delapan

Malam berikutnya ia mendengar suara-suara para penjaga piramid mendatanginya. Ketika ia berniat bersembunyi, ternyata yang datang adalah makhluk dalam delapan pola melayang diatasnya. “This is why you have come” – suara berat menginterogasinya. Lalu “srett” dadanya serasa dibelah, dan ketakutannya hilang dan ia mendengar kesunyian yang belum pernah dialami sebelumnya. Bahkan detak jantungnyapun terdengar jelas. Patrick selalu melakukan meditasi dengan berpura-pura ikut rombongan turis.

Ketika para turis kembali ia menyelinap sembunyi dengan menutupi tubuhnya dengan pasir. Hampir ia tertangkap penjaga piramid kalau saja tidak segera meloncat kedalam sebua bus yang kebetulan lewat. Di sebuah mesjid bernama Saidina Hussein, ia bertemu seorang wanita Jerman, yang kebetulan juga mencari guru Sufi. Suatu kebetulan, karena kefasihannya berbahasa Arab, pontren Sufi tadi bisa ditemukan. Selama seminggu mereka berzikir di asrama Sufi tersebut Kedua petualang ini akhirnya diberi tiket oleh pengurus pontren untuk kembali ke Khartoum-sudan. Anehnya, Master Sufi yang sulit dicari selama ini, seakan-akan muncul begitu saja di Khartoum. Patrick menjalani inisiasi sesuai dengan ajaran Tarekat tersebut langsung oleh sang Sufi.

Sejak itulah dengan menaruh tangan dibagian tubuhnya yang sakit, Patrick merasa keajaiban terjadi. Begitu tangannya bergetar, sakitnya berkurang lalu sembuh. Sufi tadi mengajarkan OBE (Outer Body Experience), suatu perjalanan astral diluar tubuh fisik. Sebuah benda dimasukkan kedalam jantungnya, lalu Sufi itu hanya menyuruh saya memvisualisasikan atau membayangkan seberkas sinar didalam masuk jantung dan saya mampu keluar tubuh saya sendiri. Kadang saya merasa tidak memerlukan tubuh ini lagi. Latihan Outer Body Sensation dilakukan setiap minggu

Patrick berkesempatan bertugas di Nepal, yang tentunya tidak disia-siakannya dengna melakukan meditasi di Himalaya. Karier Insinyur Arsitek sudah tidak menarik perhatiannya. Sekembalinya dari Nepal, ia tinggal di Santa Fe dan belajar Reiki. Pengajarnya adalah Barbara Ray. Berita duka diterima Patrick, sang Sufi meninggal dunia, dan meninggalkan beberapa warisan termasuk jenis benda yang dimasukkan kedalam jantungnya. Di California, Patrick bertemu dengan Christine Gerber yang konon mampu melihat masa lampau.

Ketika dalam keadaan trance, Christine kemasukan spirit (makhluk halus) bernama Marat, yang mengatakan bahwa apa yang dilakukannya adalah Seichem, bukan Reiki. Marat bahkan menambahkan sebuah simbol yang disebut infinity, yang ternyata banyak ditemui di kuburan para raja Mesir. Dengan penambahan simbol tersebut, ilmu yang dipelajarinya bernama Seichem.

Seorang lelaki bernama Tom Seaman yang minta di inisiasi (free) oleh Patrick, sebagai bonus, Patrick juga menginisiasi Seichem kepada Tom. Rupa-rupanya Tom mengajarkan Seichem kepada wanita bernama Kathleen McMaster, yang sekarang menjadi Phoenix Summerfield. Material pengajaran mengalami perubahan, simbol temuan baru ditambahkan dan Seichem dibagi atas beberapa level. Patrick hanya memberikan support, karena kagum akan kemampuan Phoenix memasarkan Seichem. Patrick mencatat bahwa Kathleen Milner setelah mendapatkan Attunement sampai tingkat Master oleh murid dari Phoenix Summerfield. Setelah itu Kathleen Milner menggabungkan Seichem dengan Tera-Mai dan menyebutnya TeraMai Seichem Reiki.

c.  Lightarian Reiki

Pada tahun 1997, Christopher and Jeannine memperkenalkan “Lightarian Institute for Global Human Transformation” menyediakan informasi mengenai pengetahuan yang meliputi proses Human transformastion & Planetary transformation serta mempekenalkan modal energy untuk mendukung proses tersebut. Prinsipnya adalah memfokuskan pada spiritual serta mempersiapkan proses human transformation..

Pada bulan July 2000, mereka memperkenalkan “Center for Celestial Connections yang mendukung para Lightworkers yang memperkenalkan dan attunement dengan para Ascended Masters (gelar untuk roh manusia suci yang telah mati yang berubah menjadi tubuh cahaya) berkomunikasi dengan para Angels (malaikat-malaikat) serta Celestials yang lain. Pada pertengahan tahun 1997 Jeannine Marie Jelm, wakil dari pendiri Lightarian Institute, Lightarian Reiki terinsiprasi dari Jeannine men-channelkan (bertemu dengan Budha) dengan Ascended Master Buddha. Ascended Master Buddha menawarkan Reiki dengan konsep yang baru untuk membersihkan memperjelas serta meningkatkan kemampuan untuk memahami Energy Reiki.

Ascended Master Buddha menganjurkan agar Jeannine mengajarkan pengetahuan mengenai energy penyembuhan serta system attunement kepada orang lain. Lightarian Reiki™ memfokuskan pada pengembagan diri manusia antara lain: menyembuhkan tubuh fisik & tubuh eterik, meningkatkan getaran dari Energy Reiki. Melalui proses channeling[3] , didapat bahwa Energy Reiki terbagi menjadi 8 band (gelombang). 2 gelombang yg terendah dapat diperoleh dg mempelajari Reiki dari Traditional Reiki, sedangkan 6 gelombang lainnya didapat dg mempelajari Lightarian Reiki TM yang merupakan hasil bimbingan dari Ascended Master Buddha agar manusia dapat meningkatkan tingkatan spiritual ke tingkat yg lebih tinggi.

Dalam Lightarian Reiki sebenarnya terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu:

1. Lightarian Ray TM : Empowerment Ray, Clearing Ray, Healing Ray, Activation Ray, Manifestation Ray

2. Lightarian Reiki TM : Level 1-6 Setiap Level dibagi menjadi 1. Level 1-22. Level 33. Level 44. Level 5-6

Setiap attunement dianjurkan diambil dg jangka + 1 bulan, kecuali level 1-2 (dapat digabung menjadi satu) & level 5-6 (dapat digabung menjadi satu).Lightarian Reiki dapat diberikan kepada orang yg telah memperoleh Traditional Reiki Master & Karuna Reiki ®, dg kata lain jika sebelum memperoleh Traditional Reiki Master & Karuna Reiki ®, harus melalui 1 proses attunement lagi yg disebut dg Lightarian Buddhic Boost attunement[4].

Master Budha yang menginisiasi Lightarian Reiki  pada Jeannine Marie Jelm

d.   Shambala Reiki

Tahun 1995,telah diyakini oleh para praktisi Shambala Reiki bahwa  Ascended Master Saint Germain datang lewat meditasi dan memberikan Attunement Shambala Reiki pada John Armitare atau lebih dikenal dengan nama Dr. Haridas Melchizedek, seorang tokoh spiritual & penyembuh yang sudah sangat dikenal di Eropa dan Amerika.Metode Penyembuhan Shamballa ini telah dipercayai mereka diturunkan ke bumi ini pada jaman Atlantis kuno, yang dipelopori oleh seorang yang sekarang dikenal sebagai Ascended Master Saint Germain.Shamballa bukan merupakan suatu metode penyembuhan saja, tetapi juga telah dikatakan merupakan suatu cara untuk mempercepat perkembangan spiritual praktisi. Setelah Atlantis tenggelam, metode penyembuhan ini juga hampir punah. Sebelum seluruh Atlantis tenggelam, Germain dan murid-muridnya pergi ke Tibet Kuno. Di tempat ini mereka mencoba meneruskan metode Shamballa ini untuk penyembuhan dan meningkatkan kesadaran spiritual manusia.

Dalam website Shambala Reiki dapat dilihat pernyataan roh halus Saint Germain mengenai misi dia memberi Shambala  Reiki sebagai berikut :

SELAMAT DATANG DIDUNIA SHAMBALLA !

Shamballa adalah karunia Tuhan yang diberikan melalui Saya, GERMAIN, kepada umat manusia.Shamballa bukan hanya suatu metode penyembuhan saja, dia adalah suatu jalan untuk mempercepat perkembangan kesadaran spiritual anda.Banyak tehnik-teknik dan cara-cara ditambahkan pada metode atau tehnik-teknik REIKI  dari DR. Mikao Usui.Karena itulah metode ini kita namakan metode Shamballa.

Sekali anda sudah di – attune ke (Cahaya) Reiki, attunement itu akan anda miliki untuk selamanya.Di masa lalu anda sudah pernah di-attune Reiki dan anda sekarang berada pada masa dimana anda kembali disadarkan akan kemampuan Reiki anda.Dengan menggunakan metode Shamballa pada diri sendiri maupun orang lain, anda akan mengalami pencerahan (en-lightened).Sebagian besar metode-metode Atlantis seperti Shamballa ini, sudah sejak ribuan tahun sirna dari planet Bumi ini.

Saya sekarang memberikan kembali kepada manusia tehnik-teknik yang pernah hilang tersebut.Planet Bumi selalu berubah, ber-evolusi dan menuju kepada kesempurnaan.Dia akan mengalami ini, dengan maupun tanpa anda.Anda bisa membantunya dengan mengalirkan healing energies dan energi Cinta Kasih Illahi padanya dan pada penduduk yang hidup diplanet ini.Ini akan membantu transisi-nya menjadi halus dan lancar.Tidak perlu terjadi goncangan-goncangan traumatis di-planet Bumi anda ini, bila anda langsung menapak jalan menuju Cahaya ( The Light).

Perjalanan anda dalam Cahaya ini akan menyebabkan anda mendapatkan kebebasan.Kebebasan dari ketakutan, kebebasan dari penyakit dan kebebasan dari kematian.Anda bisa, bila anda mau, menjadi abadi.Tubuh anda akan berubah menjadi Cahaya. Ini adalah hak anda sejak anda berada dibumi ini (Birth-right), karena itu ambillah kebebasan anda, menuju kesempurnaan.

Sepanjang masa saya melayani anda.

SAYA ADALAH ASCENDED MASTER GERMAIN

16 Maret 1996.

Saint Germain sang khodam Shambala Reiki

Grandmaster Shamballa Reiki John Armitage sedang bermeditasi dalam piramida buatan

e.  Tera Mai Reiki (Karuna Reiki)

Karuna Ki merupakan salah satu aliran yang besar dan memiliki banyak praktisi yang tersebar di seluruh dunia. Sejarah perkembangan Karuna dimulai dari perjalanan seorang Reiki Master Kathleen Milner dan Marcy Miller ke India bulan Januari 1991 untuk menemui seorang Avatar yaitu Sathya Sai Baba.

Marcy Miller sempat tinggal beberapa lama di Ashram Sathya Sai Baba dan melakukan berbagai kegiatan spiritual dengan bimbingan Sathya Sai Baba.

Dan menemukan Vibrasi dari Reiki Ray yang sangat tinggi yang akhirnya disebut sebagai Sai Baba Reiki dan dikembangkan oleh William Lee Rand yang mengubah nama Sai Baba Reiki menjadi Karuna Reiki dan meluas ke seluruh dunia sampai sekarang.

Kathleen Milner dengan Tera Mai Reiki mengaku punya hubungan spesial dengan lima mahluk halus yang juga sering bekerja sama dengan Marcy Miller (Tera-Mai Reiki Master) dalam memperoleh syimbol hingga disempurnakan tahun 1995 untuk menyempurnakan system Energi dan memberi nama Karuna Reiki.[5]

Satya Sai Baba seorang “Dajjal” yang menginisiasi karuna Reiki pada Kathleen Milner

f.   Kundalini Reiki

Kundalini Reiki, dikembangkan oleh Olle Gabrielson. Didasarkan pada hasil meditasi chanelling dari Master Kundalini, yaitu Ascended Master Kuthumi. Aliran ini terdiri atas 9 level. Aliran ini mengklaim bisa membangkitkan kundalini dengan aman, pembangkitan kundalini diberikan pada level 2.

Grandmaster Ole Gabrielsen

Ascended Master Kuthumi sang Khodam Kundalini Reiki

g.   Imara Reiki

Imara Reiki dikembangkan oleh  Barton Wendel.Imara Reiki menempati Level ke-5 dari skala Reiki tradisional. Diyakini Energi dari Imara Reiki memiliki vibrasi yang kuat terhadap “Spiritual Being” (Ascended Master & Angels). Tradisi ini diyakini efektif untuk penyembuhan hal-hal yang berkaitan dengan masa lalu (Past Life), atau hal-hal yang berkaitan dengan Unconscious Mind (pikiran bawah sadar).

h.  Violet Flame Reiki

Violet Flame Reiki dikembangkan oleh Ivy Moore dari hasil pertemuannya melalui meditasi dengan Dewi Kuan Im  yang memberikan inisiasi Violet Flame padanya.Energi Violet Flame diyakini dapat menghubungkan seseorang dengan Ascended Master Dewi Kuan Im dan Mantra Kuan Shih Yin Pousa.

Dewi Kwan Im sang Khodam Violet Flame Reiki

Dari penjelasan diatas, ada banyak lagi aliran-aliran Reiki yang didapat melalui inisiasi yang diberikan makhluk ghoib seperti Angels serta Celestials (malaikat-malaikat yang memberikan attunement Reiki) atau Ascended Master. Bahkan para praktisi Reiki baik diluar negeri maupun di Indonesia kerap dalam meditasinya didatangi seberkas cahaya lalu membentuk suatu makhluk lalu mengaku malaikat atau makhluk-makhluk lain dan memberi suatu jenis energi baru yang akhirnya menjadi berkembang menjadi aliran Reiki baru (bisa dilihat pada website-website Reiki di internet). Praktisi Reiki banyak berhubungan dengan makhluk halus yang diistilahkan dengan Ascended Master. Padahal dalam akidah Islam meminta bantuan kepada selain Allah adalah termasuk dosa besar. Allah Subhanahu wa Ta ala berfirman dalam kitab-Nya :

“Dan orang-orang yang kamu seru selain Allah tiada mempunyai apa-apa meskipun setipis kulit ari. Jika kamu meminta kepada mereka, mereka tiada mendengar seruanmu, dan kalau mereka mendengar mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu.” (Faathir: 13-14)

Selain Reiki ada banyak lagi sihir kekuatan energi yang memiliki kemampuan untuk penyembuhan atau berbagai kemampuan lain seperti perlindungan diri, materialisasi keinginan, kemampuan ghoib menurut tuturan para praktisinya bisa didapat melalui “olah” energi dari berbagai macam aliran-aliran yang menitik beratkan pada meditasi, pembukaan chakra, penarikan atau penyaluran energi alam yang bisa didapat pada kesemua aliran ilmu-ilmu metafisika  dibawah ini:

  1. Bioenergi : Sejenis ilmu untuk menarik energi alam semesta yang konsepnya hampir sama dengan Reiki untuk kesehatan tubuh,menyembuhkan penyakit dan berbagai keperluan lainnya.
  2. Prana : Sejenis ilmu yang dipopulerkan oleh Choa Kok Sui dengan melalui proses pengaktifan chakra tubuh untuk menarik energi prana (diistilahkan oleh praktisinya ‘Zat Hidup’) yang dapat dipergunakan untuk kesehatan,perlindungan diri dan berbagai macam keperluan lainnya.
  3. Chikung : Sejenis ilmu yang tujuan utamanya untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit dengan mengalirkan energi tubuh dengan dibarengi visualisasi untuk membuang penyakit.
  4. Taichi, Falungong dan masih banyak lagi aliran meditasi dan seni gerak pernapasan yang menggunakan sihir energi.

[1] Berikut ini adalah sekilas penjelasan mengenai ascended master yang saya dapat pada website Yayasan Arogya Karuna Indonesia : Siapakah pribadi yang dibicarakan sebagai Ascended Masters, apakah mereka ini telah mengalami Ascension ( Kenaikan/ Penerangan Sempurna/ Moksa) ?

Mereka adalah suatu grup keberadaan dalam golongan cahaya baik yang berasal dari bumi ini maupun dari planet/ galaksi lain yang telah menyelesaikan proses ascension mereka.

Proses Ascension adalah sebuah proses terintegrasinya / menyatunya lightbody ( tubuh cahaya/ tubuh Ilahi) ke dalam tubuh fisik manusia.

Tubuh Cahaya bisa menyatu ke tubuh fisik manusia dikarenakan Tingkat Kesucian Hati dan Pikiran manusia tersebut sudah mencapai dalam taraf “Penyatuan dengan Ilahi.” sepenuhnya. Sehingga tubuh fisik mereka secara otomatis berubah menjadi tubuh cahaya. Seperti contohnya tubuh para Suciwan selalu bercahaya terang memancarkan Cahaya dan Cinta Kasih Ilahi. Mereka dulunya adalah seorang manusia biasa seperti kita. Karena Hati dan Pikiran serta segala tindakan mereka sesuai dengan Jalan Tuhan sehingga dalam waktu tertentu mencapai “Ascension / Penerangan Sempurna. “

Ini bukan suatu pertanyaan soal percepatan struktur selular anda sampai anda menjadi cahaya, karena jika anda melakukannya anda akan meledak secara spontan. Idenya adalah untuk memfasilitasi grounding tubuh cahaya anda dengan mengembangkan struktur selular anda untuk menahan cahaya. Inilah yang sesungguhnya telah terjadi pada waktu kita bekerja sebagai healing fasilitator ( menyembuhkan diri sendiri / orang lain ) sebagai Praktisi Reiki/ Shamballa/ Karuna Ki/ Kundalini. Ide dari penyembuhan itu bukan hanya menjadi sehat dan seimbang dalam tubuh fisik dan emosi tetapi untuk menjadi sehat dan seimbang secara multi dimensional antara I am Presence ( Pribadi Tinggi) kita dengan tubuh fisik kita, secara mental, emosional dan spiritual. Jadi bersatunya cahaya ke dalam tubuh fisik adalah sesungguhnya sangat penting. Para Ascended Masters telah mencapai hal ini secara multi dimensional. Banyak orang-orang jaman dahulu telah berhasil dalam proses Ascension mereka/ Penyempurnakan hidup seperti halnya para tokoh-tokoh Suciwan ( Para Nabi, Para Wali, Malaikat, Dewa, Arahat, Budha dll ).

Banyak orang bingung dengan istilah Ascended Master. Master disini bukan menyatakan hirarki dalam suatu system, tetapi orang yang mendapat nama Ascended Masters telah mencapai Self Mastery yang berarti mampu untuk bergerak di semua dimensi dalam keadaan sadar. Ascended Master sebagai individu-individu secara fisik sudah tidak ada lagi. Mereka adalah suatu Kesadaran Cahaya Ilahi kolektif.

Energi dari kesadaran para Ascended Master ini adalah seperti sebuah berlian yang merefleksikan cahaya dan cinta kasih dari Tuhan. Mereka mempunyai banyak keahlian yang besar , tetapi keahlian paling besar dan umum mereka adalah memancarkan energi cinta kasih tanpa pamrih ( Unconditional Love ) dan Welas Asih ( Compassition ). Mereka dapat membantu anda untuk membawakan energi UCL dan Compassition ini ke dalam hidup anda dan juga ke dalam hidup orang lain.Banyak sekali Ascended Master yang bekerja sama membantu manusia dalam penapakan jalan menuju cahaya. Mereka sangat mudah di-channel. Mereka adalah wakil-wakil dari Tuhan untuk membimbing manusia seperti halnya dengan para Malaikat Suci. Contoh Ascended Master : St. Germain, Kuthumi, Djwal Khul, Vayamus, Wotona, dll juga termasuk Para Nabi dari seluruh agama di dunia ini.

[2] Jika ingin lebih jelas mengetahui berbagai macam aliran reiki silahkan buka website http://www.geocities.com/shinkiclub/nontradisional.html

[3] Medium fisik yang mengklaim dapat bertindak sebagai saluran bagi informasi dari diri-diri lain (other selves) yang biasanya dilepaskan dari entitas kehidupan pada taraf yang lebih tinggi. Channeling ini dipercaya praktisi ilmu metafisika dapat berhubungan dengan mahluk yang beranekaragam seperti halnya para master tingkat tinggi (ascended masters), malaikat, dewa-dewa, entitas kelompok, roh alam dan sang Diri yang lebih tinggi (the Higher Self).

[4] Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Lightarian Institute for Global Human Transformation, PO Box 4352, Sedona, AZ 86340, USA. Telephone: 1-888-596-1071 (Toll Free within the USA); 520-203-0443 (outside the USA) Fax: 520-203-0443 E-mail: lightarian@sedona.net

[5] Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada The International Center for Reiki Training website: http://www.reiki.org. Dan bisa menghubungi Kathleen Ann Milner atau e-mail Kathleen Milner di: kathleenmilner@earthlink.net

113 gagasan untuk “PENGERTIAN, ALIRAN DAN KETERLIBATAN MAKHLUK HALUS DALAM REIKI

  1. Saya setuju bahwa dengan mempelajari reiki kita bisa jatuh dalam kemusyrikan. Hal ini karena reiki bukan berasal dari budaya islami. banyak nilai, norma, tatacara dan dasar pemikiran (yg mungkin tidak/belum diketahui oleh sebagian praktisi reiki muslim) yg dijadikan keyakinan dalam reiki sangat bertentangan dengan islam. Saya bisa katakan ini karena saya sudah lama mengamati teknik dan nilai-nilai dalam reiki. Sehingga bila kita menelan mentah2 seluruh keilmuan reiki maka akan merusak aqidah dan tauhid kita sebagai umat islam.Tapi sebagai suatu keilmuan, sayang sekali kalau faedah reiki yang sudah banyak terbukti itu bila tidak kita manfaatkan. Masalahnya sekarang adalah bagaimana mensiasatinya agar dapat mengambil manfaatnya tanpa harus terkena dampak negatifnya (SYIRIK). Kita dapat pergunakan pepatah lama “AMBIL YANG BAIKNYA, BUANG YANG BURUKNYA” untuk itu “Gunakan nilai fiqh, Aqidah dan tauhid islami untuk dijadikan sebagai saringannya”. Dengan ini kita buang segala cerita, asal usul, nilai, kepercayaan, filsafat, bahkan segala tradisi yang ada dalam reiki tersebut (aliran mana saja). yang kita ambil hanya tekniknya saja sementara nilai, kepercayaan, filsafat dan normanya kita rubah semua kedalam fiqh, tauhid dan aqidah islami. Sehingga kita masih akan mendapatkan manfaatnya (bahkan lebih besar) tanpa harus jatuh dalam syifrik (bahkan semakin dekat kepada Allah SWT). Inilah yang sudah saya lakukan selama ini. sehingga sampai saat ini saya sudah dan masih menjadi praktisi teknik reiki tanpa harus menggadaikan aqidah saya. Ada yang keberatan ????

  2. Walaupun keluarnya dari pantat ayam kalau itu berupa telur kenapa gak kita ambil ??? terus diolah (jangan langsung dimakan karena masih bau amis, kecuali kalau memang suka..terserah ) dan dimanfaatkan dengan baik (dimasak) kan jadi enak dan sehat. masalahnya sekarang ada pada sejauhmana pengetahuan serta kemampuan kita dalam mengolahnya.

  3. wah saya juga setuju kalau begitu…Okelah kalau begitu :)
    apapun itu tekniknya entah minum bodrex, suntik dokter, pijat refleksi atau reiki kl pelaku dan yg diobati keyakinanya sembuh karena obat dan teknik berarti ya syirik tapi kl semua karena Allah saya rasa itu iman kita tetap terjaga. Memang benar bedanya tipis sekali oleh karena itu nabi SAW mengajarkan do’a “Allahumma inna naudzubika anusyrika bika syaian na’lamuhu wa nastaghfiruka lima laa na’muhu “Yaa Allah aku berlindung kepadamu dari kesyikirkan yg aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui”
    Jadi Allah menciptakan Alam semesta dan isinya yg semuanya untuk manusia dan digunakan sesuai dengan ketentuan hukum2 Allah yg digambarkan didalam Alquran sebagai undang2 hidup kita. Makanya kenapa yg turun pertama kali ayat “Iqra” bukan suruh sholat, puasa dll… artinya kita disuruh baca, teliti pahami dan ingat setelah mendapat kepahaman dibalik itu semua ada “Tanda2 Kekuasaan dan Kebesaran Allah bagi orang yg mau berfikir”
    Ada sebuah hadist nabi yg mengatakan “kalau engkau sakit maka letakan tanganmu dibagian yg sakit dan bacalah Bismillah” inikan hampir sama dgn reiki? berarti sebelum reiki muncul sebenarnya jauh sebelum itu Islam sudah mengajarkan dgn cara yg baik, hanya disini tidak ditemukan kaidah baca bismillahnya berapa kali terus menerus, atau sampai hilang rasa sakitnya dll. yg jelas dgn niat yg benar karena Allah dan sembuhnya datang dari ALlah…mudah2an jadi baik semuanya…
    Monggo dilanjut…

    • Perlu diingat bahwa proses untuk tenaga dalam reiki ini cara dan olahnya tidak ada dalam hadist, maka dapat dipastikan kekuatan itu datangnya bukan dari Allah. Contohnya dukun dia bilang saya meminta kepada Allah dengan doa, zikir/wirid sesuai Alquran & hadist. Saya tanya bagaimana cara olah lakunya sehingga punya kekuatan ini dan itu? dukun bilang amalan di wirid sekian kali dan di puasain. Saya bilang itu salah karena nabi tidak mencontohkan dlsb, jadi kekuatan itu saya bilang datangnya bukan dari Allah SWT.

  4. Hebat juga nih mas Pri..jadi sekarang semua sudah clear dong. ooh indahnya dunia yang damai…dan semoga selalu dalam keadaan damai dan semakin damai.. Betul..betul.. betuuul.

  5. Saya kebetulan sudah mempelajari dan sampai sekarang mempraktekkan taichi, chi kung, reiki , meditasi, Menurut saya tulisan ini kurang pas, dan mengakibatkan salah interprestasi orang yang membacanya. Jangan percaya hanya karena buku-buku atau cerita orang. Sebaiknya pelajari dan praktekkan dulu. Baru kemudian memberikan informasi ke publik. Kasihan orang-orang yang tersesat dengan informasi yang salah.

    • Saya malah kasian sama anda jika anda islam seharusnya anda kaji keilmuan itu menurut agama islam, dan anda termasuk bodoh kalau ingin memiliki kekuatan dengan cara-cara yang tidak anda kaji lebih dulu. Coba lihat PONARI bocah cilik ga perlu REPOT-REPOT untuk mendapatkan kekuatan.

    • Anda benar2 tidak mengerti ISLAM. Pelajarilah sesuai nilai2 Rasulullah SAW ajarkan. Bukan ajaran yang berasal dari ritual agama lain. Jika anda bertingkah seperti itu maka anda bagian dari golongan tersebut. KASIHAN kamu, benar2 tersesat. Mati dan penyakit adalah takdir Allah SWT. Jadilah hamba yang berserah diri

  6. Pengetahuan apapun bentuknya jadi hitam atau putih tengantung orang yang mengunakanya, segala sesuatu di jagat raya diciptakan pada hakekatnya untuk bersujud kepadaNYA jangan menjadi manusia2 yang berilmu tapi picik…….matur suwun.

  7. aku pernah belajar tenaga dalam, latihannya berat selain melatih pernapasan, pengencangan tubuh dan melatih menguatkan bagian tubuh dengan membenturkan ke benda lain, tangan dan kaki sampai kapalan. ternyata sampai sekarang ngak ada gunanya. kalu mau kena penyakit tetap aja sakit.

    apalagi tenaga dalam yang didapat secara instant dan bikin tepental-pental pasti ada apa-apanya ?????

    semua disiplin ilmu beladiri ada latihan pernapasan untuk menambah power dan meningkatkan replek dan itu didapat dengan latihan yang tekun dan tidak mudah…

    sampai sekarang usai sholat subuh masih tetap latihan silat, tapi motivasinya udah berubah ngak buat gagah-gahan tapi buat olah raga doank biar ngak kena strooke……………….

      • susah kalau berdikusi ..pokoknya pendapat saya paling benar…..orang lain sesat…….
        walaupun kita mengukur kenbenaran pendapat kita…dengan keyakinan kita sendiri……….ya pasti bener toh pendapat kita…….
        bagaimana membuktikan….pendapat kita terhadap orang lain…….terbuktikah….atau sekedar fitnah……..

        mudah-mudahan bog ini menjadi tempat yang damai…..dan tidak dimasuki oleh orang-orang yang hanya menyebar…rasa benci, rasa dendam, rasa menang sendiri…..karena semua itu sifat syaitan…..

  8. Reiki memang tidak sempurna, namun ajaran islam adalah ajaran yang sempurna. jadi menurutku reiki adalah metode pola akses energi yang dipakai utk penyembuhan dapat dilakukan dengan berprinsip syariat islam. prakstisi reiki muslim harus sadar betul bahwa jika “Aku sakit hanya Allah yang menyembuhkannya”….ini adalah bentuk kepasrahan seorang muslim terhadap khaliknya, beranikah anda yang sedang berobat ke dokter melepaskan seluruh obat-obat yang diresepkan oleh dokter. dan hanya berpasrah pada Allah semata…!!!….tetapi dengan metode reiki yang terarah dengan bentuk kepasrahan total kepada Allah SWT dan meyakini energi yang diakses berasal darinya sebagai bentuk pemeliharaan kpada makhluknya sangatlah tidak mungkin energi negatip seperti jin dan syaitan dapat bersenyawa dengan energi positip yang dikaruniakan Allah Swt kepada hambanya.

    • Salam kenal bung juber. Membaca keterangan anda mengenai> “Beranikah anda yang sedang berobat ke dokter melepaskan seluruh obat-obat yang diresepkan oleh dokter dan hanya berpasrah pada Allah semata!!!”…

      Saya jadi teringat hadits Rasulullah yang melarang sahabat ketika akan shalat & kudanya tidak diikat karena sudah berserah diri pada Allah. Dijelaskan bahwa harus ikhtiar dulu (kuda diikat) lalu tawakkal :)

      • Waalkumsalam Wr.wb..

        Hadits yang anda maksud adalah benar, menurut hemat saya hadits ttb nmengandung dua macam ikhtiar, yang pertama adalah ikhtiar jasadi dan yang kedua ikhtiar ruhani, tawakal adalah ikhtiar ruhani seseorang. yang saya maksudkan adalah dalam berpasrah kepada ilahi adalah pada kedua ikhtiar tsb,saat ini banyak sekali orang menganggap berobat ke dokter dan meminum obat adalah ikhtiar jasadi sehingga berharap mendapatkan kesembuhan dari dokter dan obat tsb.hal ini menjadikan ikhtiar jasadi seseorang tidak menyandarkan dirinya kepada Allah SWT. jadi konsep tawakal/pasrah kepada Allah SWT itu meliputi kedua ikhtiar tsb.dari penelitian ilmiah ternyata banyak sekali penyakit phisic disebabkan oleh kondisi ruhani seseorang. mengganti methode penyembuhan lain yang berdasarkan kepada petunujuk Allah SWT dalam menyikapi suatu penyakit.adalah agar lebih mendekatkan diri kepadanya.Demikian, Wallahu’alam

      • …memang sbg muslim kita hrs beriman hanya KEPADANYA. nah, klo reiki dianggap syirik, maka kita bilang bhw kedokter itu jg syirik, sbb kita mnt penyembuhan pd dokter bukan pd ALLAH SWT. lalu apkh berobat pd dokter kita jd syirik…??? reiki cm salah satu “cara” menghimpun kekuatan dan menyalurkannya kepada yg membutuhkan, dan semua itu hasilnya tergantung izin dan ridhoNYA….

    • Zuber:
      “…!!!….tetapi dengan metode reiki yang terarah dengan bentuk kepasrahan total kepada Allah SWT dan meyakini energi yang diakses berasal darinya sebagai bentuk pemeliharaan kpada makhluknya..”

      netral:
      artinya, syirik atau tidak itu bergantung kepada niat/sikap/penempatan terhadap metode/orang.
      Misalnya, walaupun diruqyah (syar’iyyah), tapi hati ini masih mengharap kesembuhan dari peruqyah ataupun metode ruqyahnya, maka menjadi syirik.
      Begitukah maksudnya?

      artinya lagi syirik itu tidak tergantung dgn apa yg dilakukannya. misalnya, berziarah kubur ke makam sseorang ulama yg dianggap wali Allah, dalam hati kita mendoakan si ahli kubur, itu bukan perbuatan syirik. apakah begitu?

      • Yang hak dan bathil itu jelas.

        Ya Allah, tunjukkanlah kami pada jalan yang lurus, yang sesuai dengan kitab-Mu dan sunnah rasul-Mu.

      • @Netral, Ass.Wr.wb.
        “Innamal A’malu binniyat”, sangatlah sulit menjelaskan tentang niat ini karena, niat hanya dimiliki dan diketahui oleh kita sendiri, terkadang kita hanya meniatkan Lillahi Ta’ala namun orang lain tidak memahami niat kita ini,ada saja ruang tembak untuk menggoyahkan niat kita. jadi biarlah niat itu hanya kita sendiri yang meneguhkannya dan inilah yang akan menghantarkan kita terus mengingat Allah SWT. Menurut saya ibadah apapun itu harus menyandarkan hati kepada Allah SWT ., jadi walaupun kita mengikuti sunnah rasul hanya secara jasadi tanpa niat dan syariat yang benar dengan menggantungkan/menyandarkan diri kepada peruqyah adalah syirik dan menziarahi Wali Allah dengan mendoakannya dan mengingatkan diri ini akan kematian adalah sesuai dengan ajaran Rasulullah, dimana letak syiriknya ?…kecuali dalam berdoa di makam Wali itu ada sesuatu permohonan yang disampaikan kepada ahli kubur tsb!..itu jelas sekali syiriknya.Demikian. Wallahu’alam

      • Assalamu’alaikum.

        Benar bung Juber dan bung Netral. Apapun yang kita lakukan harus niat karena Allah SWT dan dengan cara-cara yang benar.

        Ketika salah satu keluarga kita ada yang meninggal, maka yang diutamakan memimpin pengurusan jenzah (memandikan & mengimami shalat jenazah) adalah dari pihak keluarga, tapi jika tidak/belum bisa melakukannya maka diserahkan pada orang yang mengerti & bisa melakukannya. Begitupun dengan ruqyah syar’iyyah, diutamakan melakukan sendiri kecuali belum bisa melakukannya.

        Ruqyah syar’iyyah adalah AJARAN ISLAM seperti pada umumnya sunnah-sunnah rasul yang lain seperti, makan-minum dengan tangan kanan, baca doa ketika tidur dan bangun, berdoa/berlindung kepada Allah SWT ketika datang rasa takut dan gelisah, dll.

        Jika ada seseorang menyatakan “ruqyah syar’iyyah” itu syirik maka itu adalah pernyataan yang SALAH.
        Tetapi jika ada seseorang menyatakan bahwa “ruqyah” itu syirik, maka sudah pasti yang dimaksud adalah “ruqyah syirk’iyyah” dan itu BENAR.

        Terkadang saya berpikir, apakah orang-orang islam yang menyatakan ruqyah itu syirik karena belum paham (tentang hadits), ataukah karena “emosi” sehingga tidak mengkaji lagi ilmu (hadits) dari agamanya sendiri, atau karena ada oknum yang sengaja menyesatkan umat?
        Wallahu’alam.

      • artinya lagi syirik itu tidak tergantung dgn apa yg dilakukannya. misalnya, berziarah kubur ke makam sseorang ulama yg dianggap wali Allah, dalam hati kita mendoakan si ahli kubur, itu bukan perbuatan syirik. apakah begitu?

        Yang benar syirik itu tergantung apa yang dilakukannya walau disertai niat yang benar. Niat yang benar harus disertai dengan cara yang juga benar/syar’i. Contoh Niat murni Karena Allah tapi make jimat maka jatuhnya syirik Ashghar(kecil), Niat Murni karena Allah tapi make metode reiki yang jelas banyak sekali kesesatan dan tipu daya iblis didalamnya maka jatuhnya tetap syirik. adapun berziarah kemakam wali lalu mendoakannya itu syar’i/boleh tetapi jika disertai meminta tolong/bertawasul kepada orang mati itu syirik/haram.

      • @Perdana Akhmad.S.Psi……..Ass.Wr.Wb.
        Niat murni karena Allah SWT mana bisa seperti yang telah anda sebutkan, itu adalah Niat yang telah dikeluarkan oleh mulut dan ini tidak dapat dijadikan pegangan atas dasar niat tsb.kalau itu yang anda maksud, orang tsb.bukanlah niat karena Allah tetapi dia adalah orang munafik.Tak ada seorangpun yg dapat memahami niat seseorang.
        Comment anda tentang :
        “Niat Murni karena Allah tapi make metode reiki yang jelas banyak sekali kesesatan dan tipu daya iblis didalamnya maka jatuhnya tetap syirik””
        jika anda membaca postingan diatas dan kesaksian para praktisi master yang bertobat anda hanya melihat satu sisi dari kesalahan praktisi reiki tsb.ketahuilah, bahwa Reiki adalah hanya suatu metode dalam mengakses energi dan energi yang diakses tsb adalah murni energi alam tanpa melibatkan unsur jin dan setan didalamnya.jika dalam proses attuntment dikatakan adanya unsur jin dan syetan itu tidak benar. Energi alam tsb adalah energi Positip sedangkan Jin dan Syetan adalah energi negatip jadi bagaimana mungkin energi positip dan energi negatip dapat selaras dan bersinergi dalam tubuh seorang praktisi.Kami dalam melakukan pola Akses energi selalu bermohon kepada Allah Swt dari godaan syetan yang terkutuk, bertaawudz adalah hal pertama yang sangat penting dalam akses energi,mampukah Jin dan Syetan menembus perlindungan Allah Swt yang diberikan kepada hambanya yang memohon ?….kalo praktisi non muslim atau muslim dalam akses energi tidak bermohon perlindungan kepada Allah bisa jadi mereka terganggu oleh makhluk tsb. jadi dalam hal ini bukanlah metode reikinya yang sesat tetapi para praktisi yang belum mampu menyandarkan dirinya kepada tuhannya,hanya melakukan meditasi reiki tanpa arah, tetapi jika diarahkan kedalam syariat islam yaitu merubahnya dengan berzikir, mengakui diri ini adalah lemah maka energi zikir dapat bersinergi dengan energi reiki, karena kedua energi bersifat sama yaitu positip.yang perlu diingat energi reiki dengan kecerdasannya tidak mau disinergikan dengan energi apapun yang bersifat negatip.jadi jika ada seorang praktisi reiki yang merasa ada gangguan jin dan syetan didalamnya koreksilah apa yang salah dalam melakukan pola akses energi reiki,!!…syariat islam adalah penyempurna dari metode reiki ini bukan sebaliknya-Reiki menjadi lebih dominan dari syariat islam (kalo begini saya setuju anda tersesat dalam memahami reiki).Demikian, Wallahualam

      • ada dua poin disini: 1) niat sesuai syar’i, 2) tindakan/usaha yang syar’i. dua2nya harus dipenuhi, jika slh satu saja tidak terpenuhi maka itu dilarang. hal yang menyangkut keyakinan karena masuk area akidah maka satu kesalahan saja konsekuensinya ya musyrik, sadar apa tidak, tau apa tidak itu resikonya.

        untuk poin (2), pemahaman saya adalah energi batiniah semacam ini kita sesama manusia tidak ada yg tau hakikinya. saya kira ini masuk masalah gaib, dimana Rasulullah saw pun berkata ketika ditanya orang Yahudi, menjawab “yang ditanya tidak lebih tau daripada yang bertanya. Ruh itu urusan Tuhanku (Allah)”.

        saya menduga, hal2 gaib seperti ini bisa jadi hukumnya boleh, tapi sangat rawan. siapa yg menjamin sesuatu itu halal sedangkan kita tidak tau hakikinya ini musyrik bukan, sihir atau bukan. selain itu energi2 semacam ini memiliki indikasi/sifat mirip dengan sihir (yang diajarkan malaikat Harut dan Marut). ingat, mempelajari sihir itu saja haram apalagi mempraktekkannya. jangan berdalih bahwa orang tidak tau hakikat makanan itu daging babi sebelum membuktikan dengan cara memakannya. kan kita bisa tanya dulu sebelum makan, dan jangan coba2 makan setelah tahu.

        kita cukup cerdas untuk berlogika, bahwa berhati2 itu lebih baik (dengan cara mencari informasi dari orang lain terlebih dulu), daripada mencoba2 hal beresiko tinggi (musyrik?). saya tanya, siapa disini yang mau berani membuktikan kalo alam barzah (kubur) dan siksa kubur itu ada?? kalo berani, silahkan mati dulu, boleh pilih: loncat gedung, ditabrak kereta, apa pake sabu sampai OD. kalo udah mati, nanti lapor ke kita2 disini…diposting apa benar alam kubur/siksa kubur itu ada. saya akan berterima kasih kalo ada yg mau mencoba.

        pakelah kecerdasan kita sbg manusia. saya kok yakin kalau sekali saja orang mempelajari sihir, pasti nanti bakal dipraktekkan, artinya itu pasti musyrik dan pastinya karena sudah terlanjur ya cari teman2 untuk bermusyrik bersama. ini pola pikir iblis, karena sudah diputuskan pasti masuk neraka, iblis akhirnya cari teman dari golongan manusia sebagai kompensasi kekecewaanya karena tidak diampuni Allah.

        beranikah kalian ambil resiko dengan pelajari smua ilmu2 aneh yg kita sama2 tidak tau ini musyrik atau tidak? kalau ternyata tidak sih oke, kalau iya musyrik gimana?? apa kalian para praktisi ilmu ini mau nanggung dosa musyrik untuk semua umat yg sudah kalian sesatkan? iya kalau masih sempat taubat, itu juga kalau diterima Allah, karena Allah bilang kalau semua taubat diterima kecuali musyrik. nah loh…

    • Kenapa harus dengan metode itu?.. islam kan mengajarkan untuk berdoa hanya meminta kepa-Nya, lakukan sesuai perintahnya.

      • Klo saya liat proses mas Zuber melakukan Reiki benar dengan membaca ta’awwudz sebanyak-banyaknya di hati dan ikhlas dan di niatkan karena Allah S.W.T. Saya blm mengerti apa itu Reiki tpi saya sudah merasakan bentuk energi dengan men-dzikirkan ta’awwudz.

        Bentuk energi itu seperti energi pelindung pada kita. Seketika saya mencoba ber-dzikir dengan ta’awwudz setelah sholat isya dan setelah sampe khusyuknya, saya melihat ada pancaran energi berbentuk tameng di sekeliling tubuh saya yang di mana makhluk2 menyerupai 9 wali songo, budha, dewi kwam im, Roro Kidul, dll tidak bisa mendekati saya. Mereka tidak bisa menembus pelindung itu. Dari beberapa makhluk menyerupai, tidak ada 1 pun yang dapat menyerupai Rasul Muhammad S.A.W dan sahabat2nya. Ya, itu karena janji Allah untuk menjaga mereka.

        Setelah itu saya lanjutkan dengan membaca Ayat qursi ber-ulang di hati, maka makhluk-makhluk yang menyerupai itu seperti terbakar dan hilang.

        Dari sana lah saya juga mengerti bahwa orang mati bergentayangan itu tidak ada. Mereka semua hanya makhluk-makhluk gaib ( Jin, siluman, dll) yang menyerupai orang-orang sebelum kita.

        Jadi sebelum memulai sesuatu yang ber-unsur mistik sebaiknya di mulai dengan ta’awwuzd sebanyak mungkin ikhlas di hati karena bacaan dari ta’awwudz itu sendiri “A’uzuillah himinassyaiton nirrojim” yang artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk”.

        Dan menurut saya juga tawassul memang salah satu perbuatan yang syirik dan musrik karena dengan tawassul itulah bermunculan makhluk yang menyerupai yang telah saya sebut di atas. Dan mungkin muncul nya nabi-nabi palsu juga godaan dari makhluk2 tersebut yang menyerupai yang saya telah sebut di atas karena mereka melakukan mistis tidak di mulai dengan ta’awwudz.. Jadi sebaiknya klo mau melakukan sesuatu mistis sebelumnya di mulai membaca dzikir dengan ta’awwudz.

        Sebelumnya saya mohon maaf jika ada info dari pengalaman saya yg di sampaikan tidak berkenan di hati.

        Wass. Wr. Wb

  9. betul.. Semua Ilmu itu mempunya 2 sisi.. Tergantung bagaimana niat kita.

    berobat ke dokter ataupun minum obat, jika kita percaya dan yakin dokter atau obat lah yang menyembuhkan kita, itu juga syirik!!!

    Sama juga dalam Hal Reiki, Selama proses pelatihan dan pemanfaatannya tidak melanggar Kaidah Allah, dan kita Yakin semua Hal yang Baik itu Sumbernya dari Allah.. Maka menurut saya, Boleh saja terus mempraiktekan Reiki.

    Tinggal Niat dan Keyakinan kita yang Harus Selalu dijaga..

    Wallahualam Bissawab…

    • Saudara deddy, saya pernah mengikuti pelatihan reiki yang diberikan secara gratis oleh temen saya sewaktu belajar di Jogja. Sekarang temen saya itu dokter spesialis kandungan. sepanjang pengamatan saya, untuk mengukur apakah suatu proses inisiasi energi itu lurus atau tidak bisa dilihat pada darimana ia berasal, bagaimana hakekatnya, bagaimana proses pengisiannya dan mau dikemanakan “energi kita itu”. Hampir tidak ada seni energi yang terbebas dari prinsip kepada kepercayaan tertentu. Rei Ki mengatakan bahwa kita bisa merepih energi alam, namun apakah hakekat energi yang kita repih betul energi alam? ataukah ada campur tangan dari ‘suatu spirit yang kita tidak bisa pahami dengan mata kasar’. untuk menelitinya coba jika kita orang yang beriman islam, silakan dirukyah dengan rukyah syar’i. ini sangat penting karena akan mempertaruhkan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Sungguh dulu saya sudah sampai pada level ke sembilan untuk reiki kundalini. namun sekarang saya buang, karena saya tidak merasakan manfaat kecuali menggiring kita selalu berpikir mistik dan jauh dari ajaran tauhid. Memang demi kepentingan marketing, sesuatu yang berbau spiritual harus dikomodifikasi (di rubah bentuk demi kepentingan bisnis), modus operandinya adalah merasionalisasi dan mengubah dari bahasa “tradisional-spiritual” menjadi bahasa yang seolah-olah scientific. padalhal itu adalah pseudo science (science palsu) namun itu tidak bisa merubah hakekatnya. Motif penyebaran ajaran reiki dan semisalnya hanya ada dua yang paling utama. yakni penyebaran ajaran yang kabur tentang hakekat kebenaran spiritualitas tauhid dan kedua adalah kompensasi material yang jumlahnya fantastis. ini adalah nalar bisnis. dalam bisnis apapun halal diperjual belikan termasuk agama dan tuhan. namun jadilah yang tercerahkan dengan meniti jalan allah yang betul-betul diridhoi bujan jalan yang dimurkai dan sesat……namun saya tidak sedang menggurui dan memaksa anda. saya hanya berbagi sudut pandang dan semua diserahkan balik ke anda sendiri. Tidak ada jalan spiritual tanpa kepercayaan, dan kepercayaan yang sejati hanyalah kepercayaan tauhid. Dia yang Esa tempat kembali saya, anda dan kita semua.

  10. ilmu itu sesat ada 2 fakor : digunakan kejahatan kalo sumbernya kebenaran ya tetap sesat…. digunakan nuntuk kebaikan kalo sumbernya setan ya tetap sesat..

    coba pikir… kalo kita jadi setan.. buat menarik pengikut… ga mgk kita menganjurkan kejahatan…. (itu cocok buat penjahat) kalo buat ngibulin pencari kesejatian…. ya pasti setan bikin aliran dengan semua prosedur kebenaran…. yg salah cuma sumbernya aja… dan pada penilaian akhir…. tetep aja setan….. :)

    jadi hati2 teman2….. nilai dulu sumbernya lebih penting daripada prosesnya :D

    Saya seorang kristen… tp saya setuju pada teman2 muslim atas hal reiki di web ini…. salut !!!

    Salam
    Adi

  11. Salud… Lah buat mas Iwan,makasih atas pencerahannya,lebih baik qta keras untuk kebaikan diri sendiri dari pada dosa ngak kerasa soalnya azab Allah Swt itu…. Sereem,mendingan qta mah ikut jalan yang lurus, yg gak pake Ilmu2 keren seperti st.germain punya dech,tapi seru juga tuch st.germain ama prince karanji lend yg bisa ngilang2 geto,yang ke duanya pasti kenal baik ama shambala,btw memang Allah Swt.tuch maha luas ya Ilmunya,karena. Atas izin Allah lah,germain ama karanji bisa datang ke masa dan zaman sesuka hatinya dan mereka membantu menciptakan technologi u kebaikan mahluk hidup,tapi aku mah tetap suka ama sufie Abdul hasan. Asy syadzili ach,yg kemesjid selalu pake baju indah dan mengajarkan faham islam moderat.Maha besar Mu Ya Allah.peace All.

  12. Belajarlah ilmu ya hak / baik. Caranya ?
    Sebelum menyerap ilmu apapun, Hal yg harus dilakukan :
    1. Lihat nasab ilmu itu.
    2. Lihat syarat2/kewajiban2 utk belajar ilmu itu.
    3. Lihat pantangan2 utk amalan ilmu itu.
    4. Lihat penerapan/manfaat ilmu itu.
    Insya Allah kalian akan terhindar dari ilmu yg dilarang syariat Islam. Akan mendapat ilmu yg bermanfaat dan berguna Fidhinni Wadhunya Walahiroh, Amin.

  13. sesatnya ilmu tergantung hasil akhirnya, jika makin jauh dari allah, makin malas ibadah kepada allah, maka ilmu itu kemungkinan sesat dan juga sebaliknya bila ilmu itu membawa kita lebih taat kepada allah maka ilmu itu mendapat ridho dari allah. setan itu menginginkan kita jauh dari allah, jadi gampang di bedakan, begitulah kira2…

  14. Ilmu itu mau hitam atau putih itu kepunyaan Allah tinggal ente mau milih dan mengamalkan yang mana. Ente pilih yang hitam silakan mau yang putih silakan, semuanya ada perhitungannya kelak baik di dunia maupun akhirat.
    jadi tidak usah mempermasalahkannya sebab sampai kiamat pun itu akan terus ada sebagai suatu keseimbangan.
    dan yang harus diingat dalam belajar dan mengamalkan ilmu belum tentu semua bisa sebab itu juga tergantung atas izin yang punya ilmu yaitu Allah SWT.
    kira2 gitu lho pedapat saya.

    • Apakah Tuhan itu ada?
      Di bawah ini ada sedikit cerita;

      Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada? Apakah kejahatan itu ada Apakah Tuhan menciptakan kejahatan? Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan ini,

      “Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?”.
      Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, “Betul, Dia yang menciptakan semuanya “.
      “Tuhan menciptakan semuanya?” Tanya professor sekali lagi.
      “Ya, Pak, semuanya” kata mahasiswa tersebut.

      Profesor itu menjawab, “Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan.”

      Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau agama itu adalah sebuah mitos.

      Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, “Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?”
      “Tentu saja,” jawab si Profesor
      Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, “Profesor, apakah dingin itu ada?””Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?” Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.

      Mahasiswa itu menjawab, “Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada.Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa ber eaksi pada suhu tersebut.Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.

      Mahasiswa itu melanjutkan, “Profesor, apakah gelap itu ada?”
      Profesor itu menjawab, “Tentu saja itu ada.”
      Mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi anda salah, Pak. Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap.Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya diruangan tersebut.Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.”

      Akhirnya mahasiswa itu bertanya, “Profesor, apakah kejahatan itu ada?”Dengan bimbang professor itu menjawab, “Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan.”

      Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, “Sekali lagi Anda salah, Pak. Kejahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan.Seperti dingin atau gelap, kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kejahatan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya.”Profesor itu terdiam.

      Nama mahasiswa itu adalah Albert Einstein.– ♥
      —————————————————————–
      Dari hasil kesimpulan di atas saya menemukan jawaban, Dingin, Gelap, dan kejahatan itu adalah contoh dari suatu ketiadaan.

      Dari pernyataannya ke 3 nya, Einsten menyatakan bahwa orang yg berbuat kerusakan di muka bumi, berarti di hatinya blm yakin adanya TUHAN ada atau blm 100%, berpura2 TUHAN ada sedangkan hatinya tidak atau dengan kata lain agama hanya sebagai simbol.

      Yang saya tangkap dari tulisan tersebut Einsten sangat meyakini Tuhan itu NYATA.

      Yang mencengangkan lagi ternyata Einsten itu adalah orang Islam.

      Ada beberapa sumber yang menyatakan dari ilmu pengetahuan ilmiah yang tinggi kan mencapai tingkat, dimana bahwa dia menyadari bahwa Tuhan Nyata dan mereka rata-rata masuk kedalam Islam.

      Dibawah ni ada sumber referensi nya.

      http://abufarras.blogspot.com/2011/03/pemuda-ukraina-yang-gila-fisika-memeluk.html

      • Alloh menyuruh kita berdoa dan berjanji mengabulkanya maka dari itu Alloh melarang mempelajari sihir walaupun niatnya untuk penyembuhan .daging babi itu enak tapi tidak di makan karena taat kepada Alloh

  15. ikut comment dikit :
    Menurut saya selama kita mempelajari sesuatu untuk niat kebaikan dan karena ALLAH SWT insya allah semua ilmu juga boleh diamalkan yang penting tidak ada niat menjauhkan diri dari SANG PENCIPTA dan meminta bantuan selain daripada NYA.

    MINAL AIDZIN WALFAIDZIN

    WASSALAM

  16. Apapun itu yang nama nya energi adalah ciptaan Allah,alam semesta adalah murni sunatullah,sebagai muslim kembalilah pada diri anda sendiri,buka pikiran anda dalam memandang segala sesuatu

  17. saya masih ingat kalo guru saya pernah mengatakan “tuntutlah ilmu sebanyak mungkin”,,menurut saya reiki itu bagus untuk keseimbangan jiwa dan juga sangat bermanfaat untuk pernafasan kita.
    jika kita melakukan reiki,,kita pasti akan menarik perhatian para MAKHLUK METAFISIKA karena energi REIKI sangat besar,,dan kalo kita tidak konsentrasi pasti akan ada bahaya yang mengancam,,
    berhati-hatilah dalam belajar REIKI,,jika berhasil pasti akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dizaman yang modern ini.
    sampai sekarangpun saya masih belajar tentang REIKI dan memahami arti REIKI melalui olah nafas dan kebatinan.
    wassalam,,,

    • @Akasa

      14 tahun yang lalu, saya berpikiran seperti anda. Begitu nikmatnya bermeditasi.

      Alhamdulillah, Allah menyadarkan saya, ternyata REIKI berisi penyesatan. Artikel di atas betul adanya.

      Sederhana saja untuk memeriksa kesesatannya. Bukankah kita lebih lama bermeditasi daripada belajar al Qur’an?? Bukankah selama ini meditasi kita lebih khusyu daripada sholat kita. Perhatikanlah cara wudhu kita selama ini, bukankah tergesa-gesa?

      Bahwa reiki itu bermanfaat, menambah ketenangan dalam beribadah kepada Allah, hanyalah kamuflase untuk menutupi kebohongan dirinya sendiri dalam beribadah kepada Allah. Ternyata hati kita tidak bisa berbohong pada diri sendiri.

      • @kalimaya
        Bukankah kita lebih lama bermeditasi daripada belajar al Qur’an??

        sy tdk tahu persoalan meditasi, benar petanyaan anda namun msh logika global….bgmn dgn pertanyaan BUKANKAH KITA LBH ASIK NGENET DBDG BACA QUR’AN???? … so hkmnya ngenet bgmn??

        Bukankah selama ini meditasi kita lebih khusyu daripada sholat kita.
        –> harusnya sholat yg harus lbh khusu,…bgmn dgn pernyataan, Bukankah selama ini ngenet kita lebih intens dbdg solat??? …
        bung kalimaya maaf mengoreksi sdkt…hnya skdr utk meluruskan pemahaman…

      • ini pendapat saya pribadi, bisa saja salah. bagi yg beragama Islam, sebaiknya jauhkan diri dari segala macam ritual yang buang2 waktu semacam meditasi / amalan / tenaga dalam. olahraga beladiri tanpa tenaga dalam (karate / tae kwondo ?) mungkin lebih aman dari kemusyikan.

        bagi yg beragama Islam, yg punya banyak waktu, penasaran dg spiritualitas, maniak ibadah….. selain sholat lima waktu, masih ada bonus sholat rowatib (sebelum dan sesudah sholat wajib), masih ada lagi sholat lail malamnya (pilih 11 apa 23 rokaat). masih kurang?? baca Al-Qur’an 1 juz tiap kali sehabis sholat dijamin puas sampe eneg.

        saya bilang begini knapa, orang bermeditasi itu pasti buang2 waktu, resiko musyrik, dan tidak dapat pahala. kalau menjalankan ibadah sholat, baca Al-Qur’an…..sesuai tuntunan Rasulullah saw pasti berpahala. syukur2 baca Al-Qur’an dan pelajari tafsirnya pasti bermanfaat di kehidupan sehari-hari karena isi kandungan moral Al-Qur’an itu kadang ada yg mirip dg buku-buku populer Chicken Soup atau buku2 Malcolm Goldwell. Masih kurang puas, cari kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim….plus beberapa musnad para ulama. Isinya kurang lebih sama, tuntunan menjalankan aktivitas sehari2 sesuai syar’i, pelajaran moral dan psikologis, tentunya dengan gaya bahasa kitab suci.

        bagi yg sudah Islam tapi merasa awam agama, jangan coba2 cari shortcut atau jalan pintas jadi orang sholeh (super spiritual) apalagi dalam waktu singkat. cukup jalankan yg wajib2, hindari yg haram2 secara konsisten. dalam 1-2 tahun mestinya hidup Anda akan lebih baik rohani dan jasmani.

        bagi non-Islam, saya yakin kalau meditasi2 itu juga buang2 waktu karena itu mengurangi waktu Anda mendalami agama. saya tanya, lebih banyak hapalan mana antara rapalan/amalan/mantra dg hapalan kitab suci? dalam 24 jam lebih banyak mana aktivitas meditasi dg ibadah agama? jadi itu semua hanya dalih omong kosong kalau bilang meditasi itu untuk memperbaiki spiritual beragama, lha wong agamanya saja tidak lebih mendalami. yang ada meditasi itu mengurangi porsi mendalami agama bahkan beribadah. ibarat orang makan, makanan pokok nasi baru makan 1 sendok, krupuknya satu karung. konyol bukan??

        semoga bermanfaat

      • Saya belajar reiki tapi saya lebih banyak baca Al-Qur’an dari pada meditasi, (kalau anda yang gak belajar reiki banyak baca Qur’an nya ?), saya melakukan meditasi, dan sholat saya jadi makin khusyu (kalau anda yang gak belajar meditasi sholatnya khusyu gak ?) saya belajar reiki dan juga ngaji fiqih, tauhid dan aqidah, sehingga saya tahu cara berwudlu yang benar (anda yang gak belajar reiki ngaji fiqih, tauhid juga gak ?..reiki itu tidak menambah ketenangan dalam beribadah ??? anda sudah buktikan belum oleh diri anda sendiri ? wong belajar reikinya aja belum kok sudah mvonis ….

      • Alhamdulillah saya adalah mantan praktisi reiki maka tahu kesesatan dalam reiki, jangan sia-siakan amalan anda dengan berbuat syirik pada Allah, sebab amalan anda akhirnya bagaikan debu yang berteberbangan diterpa angin, sia-sia belaka

  18. klo kita berbicara soal ilmu klo kita gunakan yg baik itu aliran putih bgt sebaliknya klo kita gunakan jahat itu aliran hitam.jadi klo ada seorang master reiki yg mau berbaik hati accunment saya secara gratis saya mau jadikan ilmu itu untuk menolong semua umat yg sakit.jd klo ada master reiki tolonglah ini nomor hpku.085299362741. trim’s.

    • jangan sampe deh mas, musyrik banget itu. mendingan istigfar min 100 x sehari. setelah selesai baru bertebaran di muka bumi. saya juga pernah reiki, wah banyak yang aneh2 di sana. apalagi pemikiran masternya seperti Anand Khrisna sangat bertentangan dengan islam. Antara lain pemikirannya adalah setelah kita mati kita akan hidup lagi di dunia ini atau disebut juga reinkarnasi. tolong-tolong jangan dekati reiki. selama ikut reiki, yang namanya sakit tetap aja tuh. bahkan masternya sendiri waktu itu sering sakit pilek.

  19. mempelajari tenaga dlm itu boleh gak sih…perlu ga sich………….kok malah bingung.,,,……….di saat biaya pengobatan makin mahal………..intensitas stress makin tinggi……..adakah alternatif lainnya…………..

  20. Bagaimana kalian ini ? Allah berfirman begini dan Rasul bersabda begini…. Akan tetapi kalian berkata: Saya pikir… atau : Menurut saya… atau : Menurut fulan… Huh cape deh…. tinggal mengikuti yang udah jadi dan terjamin aja kok repot ?

    • @ bebek

      Faktanya tidak semudah itu kan mas…

      Kalau kita lihat hikmahnya Allah menciptakan iblis yg sudah komitmen akan menyesatkan manusia dengan berbagai cara, belum lagi karena adanya faktor “x”, maka bukan hanya kewajiban para alimulama melainkan kita2 juga untuk membimbing.

      Yah memang cape, tp kalau niatnya ibadah maka Sabar akan menemanimu :)

  21. @agues,

    ”itulah yang selama ini saya pegang dengan belajar reiki kita lebih semangat untuk belajar syariat islam untuk menyaring hal hal yang di anggap menyimpang dari syariat.”

    Bisa anda jelaskan lebih lanjut tulisan anda tsb? sedangkan menurut artikel diatas, reiki sendiri telah menyimpang dari syariat islam.

  22. Hati-hati … setan itu menggoda manusia sampai kiamat, dengan berbagai macam cara, dari cara halus sampai dengan cara kasar.
    Pak Perdana, tolong ulas mengenai QRAK, karena saudara saya ada yang ikutan ini.
    Terima kasih.

  23. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Teman-teman, coba kita ingat, berapa kali Rasulullah sebelum dan sesudah menjadi Nabi dan Rasul berkontemplasi di gua hira? apakah Nabi Sulaiman tidak pernah memerintahkan para jin?apakah Nabi Sulaiman dinilai kafir karena memerintahkan jin untuk memindah kerajaan ratu bilqis? manusia di muka bumi jelas-jelas menjadi khalifah (pemimpin), bukan hanya pemimpin bangsa manusia, tetapi apa yang ada di muka bumi, nabi Nuh pun tidak menolak binatang yang naik ke perahunya karena mendengar seruannya. Al-Qur’an dan Hadits adalah sumber hukum! Hukum Yang tidak ada di dalam al-Qur’an dan Hadits namanya Ijtihad, Ijtihad yang benar dapat pahala 2, kalau salah dapat 1 pahala, Yang haram adalah yang sudah jelas dilarang oleh Allah SWT. saran saya perbanyak istigfar,sholawat dan membaca al-Qur’an itulah kunci keimanan yang sebenarnya, Pelajari kitab Thibbun Nabawi (Pengobatan ala Rasul) disana jelas pengobatan ala Rasullullah, jangan lantas menghakimi orang lain, karena Rasulullah tidak pernah bertindak seperti itu, Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah Maha Mengetahui, Allah Maha Penerima Taubat. Allahu Akbar…. Niatkan semua amalan karena Allah, “tidaklah aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepadaku” Wallahu ‘Alam bishshowab.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • @maman
      ijtihad ada syaratnya. menguasai betul ilmu agama: akidah, ibadah, muamalah. menguasai ilmu alat: bahasa arab – bahasa diturunkannya Al-Qur’an, menguasai metode2 dasar Rasulullah dan para sahabat yg sudah diverifikasi Rasulullah sah/shahih, contoh metode (ushul) fikih. karena Rasulullah sudah tidak hidup, maka logikanya satu2nya sumber adalah dari hadist (yang juga harus shahih, tidak boleh mengandung kebohongan) karena dalam hadist ini banyak penjelasan metode berijtihad. sebagai gambaran ulama2 besar punya spesifikasi dasar antara lain hapal Al-Qur’an dan tafsirnya, hapal Kutubus Sittah (2 shahih bukhari dan muslim, 4 musnad utama). kalau Anda merasa sudah memenuhi itu semua silahkan berijtihad. syaratnya banyak??

      itu kenapa sempat ada rumor bahwa umat Islam dilarang berijtihad lagi selepas kemunculan 4 imam besar: imam malik,syafii, hanafi, ahmad bin hanbal. karena dikhawatirkan ijtihadnya ngawur, buru2 berijtihad padahal bekal tidak memadai.

      kalau ngotot tetap mau berijtihad, silahkan comot 1 atau 2 dalil yang dirasa nyambung TAPI hasil ijtihad pake sendiri ya, resiko tanggung sendiri, dan JANGAN sekali-kali didakwahkan ke orang lain. semoga bisa dapat pahala 1 atau 2, enak kan?

  24. klo menurut saya hati2 belajar reiki, (cakra, kundalini, avatar dsb). Lihat ajaran tantraisme salah satu aliran agama hindu. Bagi yg pengen tahu serch di google. Tantraisme sama persis dengan reiki.

  25. Ga ada teladan yng baik dan yang paling selamat adalah teladan dari Nabi kita nabi Muhammad…. waspadalah terhadap ajakan2 yng indah-indah yg siapa tahu merupakan ajakan tuk ke neraka Jahannam

  26. tolong telusuri tentang pengobatan QRAK menurut saya menyesatkan… karena keluarga saya ada yg mengikuti pengobatan ini… awalnya memang positif tetapi smakin kesini smakin ada yg ganjal.. setelah saya membaca smua materi ttg qrak, saya terkejut smua hal sangat bertentangan dgn agama islam.. seperti contoh nya saya akan paparkan sedikit ulasan mengenai meditasi di qrak… sebelum meditasi mereka harus membaca niat dlm hati seperti ini…
    “aku mencintai dan mengasihi dan menyayangi grand master….. (maaf tdk menyebutkan nm org yg d maksud) dgn sepenuh hatiku dengan sepenuh jiwaku dengan sepenuh akal budiku hingga mencapai 1 triliun dipangkat 1 triliun dipangkat 1 triliun dipangkat 1triliun maha mega super sempurna maha mega super absolute”
    apakah tdk salah???? yg maha sempurna itu Allah swt.
    dan apa yg dikatan grand master trsb terkesan harus di ikuti, seperti hrs membeli apel ajaib dgn seharga 150rb 1/2kg nya… berukuran kecil seperti bola pimpong apel malang berwarna hijau… sebelum makan kita harus membaca pesan dari grand master tsb dlm secarik kertas,,,, saya mohon bantuan nya tolong telusuri,,, saya ingin membantu keluarga yg masuk dalam anggota QRAK….

    • “aku mencintai dan mengasihi dan menyayangi grand master….. (maaf tdk menyebutkan nm org yg d maksud) dgn sepenuh hatiku dengan sepenuh jiwaku dengan sepenuh akal budiku hingga mencapai 1 triliun dipangkat 1 triliun dipangkat 1 triliun dipangkat 1triliun maha mega super sempurna maha mega super absolute”

      Sangat sesat, mega super sempurna maha mega super absolute adalah sikap ghuluw/berlebihan menilai seseorang makhlu, yang berhak dikatakan maha sempurna itu Khaliq bukan makhluk!

      • afirmasi, kata2, dan niat otak/hati udah pada keren nama barunya :) :D energi alam-lah, medan radiasi-lah..

        bahasa kleniknya.. “dimintakan keramatnya yg duduk di sebelah, sono, sini”

  27. lalau bagai mana ttg Quark Atomic Kundalini tsb, menurut pendapat ustad yang pernah mendalami kundalini, energy apakah itu bisa dibahas lebih dalam, ?

    • ane juga kagak ngerti gaan, jaman sekarang orang ngelakuin transplantasi jantung, kultur jaringan, menciptakan mahkluk atau tumbuhan dari sel kloning, ramal cuaca bukankah bertentangan juga dengan agama

  28. Lihat aja di al-quran surat albaqarah tentang penciptaan manusia , di sana di tuliskan “aku tiupkan ruhku agar dirimu sempurna ” maka dari pengertian itu yang menghidupkan manusia adalah ruh allah, dan sudah pasti haqul yakin bahwa dalam tubuh manusia hadir ruh allah ,yang akan selalu menuntun pada kebenaran. Dalam islam di kenal muhasabah, kholwat, itu hampir sama dgn meditasi , dan janganlah ada pengakuan . Karena pengakuan adalah kesesatan , karena setan juga di kutuk oleh allah karena pengakuan . dan pengakuan ada 2 . Materi dan senioritas . Setan merasa dirinya di ciptakan dari apai (materi) . Setan merasa dia di ciptakan lebih dulu(senioritas). Dan dengan serupa manusia terjebak , banyak manusia merasa benar, merasa pintar, ketika kita merasa benar maka orang lain salah. Ketika kita merasa pintar maka orang lain bodoh . Jadi hasil pengakuan itu sombong dan sombong awal kehancuran.

  29. Bismillah.
    “Pendapatku adalah benar, tapi mungkin ada salahnya. Pendapat orang lain Salah, tapi mungkin ada kebenarannya…”
    Melihat begitu banyak varian dalam reiki mungkin sebaiknya kita tidak underestimt tentang reiki, Dan cenderung menyamaratakan . SeOrang muslim itu santun berbicara, bijak dalam mengambil statment. Kalau baru tau, dengar, baca dari 1,2,3 sumber sebaiknya tidaklah terburu-buru ” menghakimi – judgement ” saudara yang lain. Apakah tidak sebaiknya ” tabayun ” dulu ? wahai saudara-saudara ku ….?
    Saya sangat setuju dengan saudaraku yg semangat dakwah mengamalkan amalan-amalan yg Syar’i. Namun tentunya sampaikanlah dengan santun dan kasih, tanpa kesan menghakimi. Orang yang berilmu makin rendah hati coba tengok sosok tauladan kita semua ” Rasulullaah “.
    Hemat saya dengan perkembangan masalah negeri kita ini yang kompleketet….. korupsi, ekonomi, kesehatan, dll juga perlu diperbaiki.
    Kalau ada saudara kita praktisi Reiki yang banyak berbuat baik menolong orang sakit terutama yang tidak mampu, dan dalam teknis tidak menyesatkan aqidah….kenapa harus diributkan.
    Pertanyaan saya: Apa saudaraku yang berkesan menghakimi teman 2 praktisi Reiki diatas ” Sudah berbuat lebih baik daripada teman2 praktisi Reiki ? ”
    “Sederhana saja untuk memeriksa kesesatannya. Bukankah kita lebih lama bermeditasi daripada belajar al Qur’an?? Bukankah selama ini meditasi kita lebih khusyu daripada sholat kita. Perhatikanlah cara wudhu kita selama ini, bukankah tergesa-gesa? ”
    >>> Yang perlu ditanyakan: Sebelum belajar Reiki Seberapa lama Akhi belajar Al-Qur’an perhari ? Seberapa khusyuk Akhi Sholat ? Seberapa banyak sunnah-sunnah lain yang Akhi laksanakan ? Seberapa banyak Ya Akhi bersedekah dan membantu saudara kita yang Duafa dan terancam kemurtadan ?
    Nah coba boleh dibandingkan dengan setelah belajar Reiki .
    Negeri dan Ummat masih memerlukan baaanyak sekali orang-orang yang mau berbagi dan mau menyentuh pokok permasalahan masyarakat.
    Ijinkan saya menyarankan agar kita mengutamakan ” Berbaik Sangka ” dan menjaga ukuwah.
    Kapan Umat akan bangkit kejayaannya bila setiap saat sibuk ” Debat kusir ”
    Cerdas Berfikir, Indahnya Berbagi.

    Mudah-mudahan tidak ada yang merasa tersinggung, segala kebenaran hanya milik Allaah, segala kesalahan dari saya.

  30. Kita sebagai muslim cuma mengingatkan.kalau mau diikutin monggo gak yo monggo.dosa yo kamu ambil sendiri,apik yo buat kamu sendiri

  31. hidup adalah pilihan
    kasih adalah hukum utama dan yang terutama
    sy trima smua opini dgn penuh kasih
    opini dalam diskusi ini tidak akan mengubah kita selama kita tidak terpengaruh oleh opini tersebut
    sy hy percaya
    indahnya perbedaan
    salam persaudaraan

  32. Orang klo sdh yakin akan apa yg dipelajari jd punya sifat fanatik,sombong dan mrs paling benar..dia beranggapan apa yg dia punya paling hebat dan menganggap aliran ilmu lain tdk lebih baik. Ingat kehebatan dan kebenaran hny milk ALLAH SWT…dan diatas langit msh ada langat!

  33. kasian lu pada , pada ribet ngurusin agama ,mencoba menenangkan diri bahwa diri sendiri ga salah pdahal ngambil ilmu dari ajaran lain ckckc… klo disuruh jelasin ya jwbnya “ayat ini mengatakan ayat itu mengatakan”
    muna muna… tp klo ga ad yg merhatiin ttp aja ngelakuin munaaa

  34. Assalamualaikum kita tidak makan daging babi semata mata karena taat kepada Alloh sihir juga begitu tidak di pelajari karena taat kepada Alloh maka Alloh memberikan jalan keluar sambil tekun berikhtiar yaitu berdoa dan Alloh berjanji mengabulkanya lakum dinukum waliyadin wassalamualaikum

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s