Simbol-Simbol Kesyirikan Reiki

Dalam setiap aliran Reiki pasti mengenal dengan apa yang dimanakan simbol sebagai alat bantu dalam penyaluran energi. Biasanya penerapan membuatan simbol dengan menggunakan jari-jari tangan yang dirapatkan lalu menulis di udara dengan niat membentuk simbol lalu diperintahkan agar menarik energi Ilahi untuk suatu keperluan atau pun dengan niat saja.

Dari mana datangnya simbol Reiki?Ada banyak sekali versi dalam berbagai macam aliran Reiki mengenai asal-usul adanya simbol-simbol Reiki (salah satu pembahasan mengenai simbol ini saya dapatkan dari silabus Reiki Tao). Ada sebagian Grand Master Reiki yang mengklaim mendapatkannya dari channelling, wangsit atau diberitahu tahu oleh suatu makhluk di perjalanan astral.Bahkan ada yang mengatakan diberi langsung oleh Tuhan. Ada seorang clairvoyance (mengaku bisa mengetahui hal-hal yang ghoib) dari Barat yang menyatakan simbol-simbol Teramai datangnya dari Tuhan sendiri.

Dianne Stein, dia menceritakan ketika menerima simbol Tummo untuk pertama kalinya (agak berbeda dengan simbol dari aliran Reiki Tummo) dan mendapati simbol tersebut bisa menggantikan simbol Daikomyo (bentuknya seperti spiral), dan malahan bisa menimbulkan energi yang lebih besar, dia langsung mengatakan “pantas aja, ini kan spiral Tuhan (perempuan, Goddess Bunda Maria)”.

Dalam cerita Dianne Stein, sebagaimana “pencerahan” yang didapat sewaktu yang diterima oleh Laurel Steinhice seorang clairvoyance menceritakan bahwa Reiki berasal dari suatu planet di sistem bintang Pleadian, di mana manusia tinggal sebelum menghuni bumi. Reiki dibawa oleh Dewa Shiva ke India. Dan ketika tubuh manusia untuk planet bumi dirancang, Reiki dimasukkan ke dalam kode genetik manusia (inilah kata-kata yang di ilmiahkan dengan dibumbui dongeng-dongeng khurafat untuk syaitan menipu manusia).

Dianne Stein termasuk mereka yang menyatakan bahwa Reiki Guide-lah (para Ascended Master) yang menyempurnakan dan membantu seluruh attunement yang dilakukannya (lihatlah bagaimana penipuan syaitan kepada para ahli meditasi yang mendapatkan pengetahuan dan pencerahan bathil yang bertentangan dengan ajaran Islam mengenai asal usul manusia dan mendapatkan bantuan dari syaitan itu sendiri dalam prosesi memberi attunement!)

Menurut Dianne Stein, dari pertemuannya dengan Ascended Master melalui meditasi yang memberi wangsit mengatakan ada 300 simbol Reiki di Tibet yang menanti untuk diketahui umum. Menurut situs website Vinny Amador, dengan menerima attunement Seichem “Master saya mempunyai puluhan simbol empat diantaranya diterimanya dari Sai Baba sendiri secara ghoib.”

Seiring dengan maraknya New Age yang mulai “melihat ke timur” dan menghidupkan mistik dan perklenikan, simbol lebih disakralkan oleh para praktisi Reiki Barat. Di Barat dikenal apa yang disebut Reiki Guide yang berlaku dan bertindak sebagai penolong seperti apa yang disebut khodam di perguruan-perguruan ilmu bathin yang memakai wirid atau puasa bid’ah untuk mendapatkan bantuan jin.

Jika ada praktisi Reiki yang sudah mencapai level dua tentu sudah mengenal adanya simbol-simbol Reiki seperti simbol Raku (bentuk petir) yang mempunyai fungsi mengusir kekuatan jahat.Namun adakah para praktisi Reiki yang tahu bahwa simbol Raku ini sebetulnya adalah lambang kekuatan Dewa Petir Tibet yang bernama Vajrapani atau dalam bahasa Tibet disebut Dorju Raiten (kekuatan langit yang terang benderang).Simbol ini dianggap lambang kekuatan tertinggi di bumi yang bisa dikuasai manusia dan hanya dapat digunakan secara sempurna oleh seorang Dewa.[1] Hakikatnya jika kita membuat simbol Raku dan memanggil namanya sesungguhnya kita memanggil kekuatan Dewa Petir Tibet dengan kata lain kita disadari atau tidak disadari akan berbuat syirik pada Allah karena memanggil dan meminta kekuatan Dewa-Dewanya masyarakat Tibet!

Salah satu simbol yang bernama Sei hei Ki bermakna: “Yang mempersatukan Tuhan dengan hambanya” atau “Mengaktifkan Sumber yang ada di dalam diri kita”.Demikian juga adanya penggunaan simbol-simbol lainnya seperti simbol Hon Sha Ze Sho Nen, Gtummo, Dai Ko Myo, Cho Ku Rei, yang aslinya adalah “mantera tertulis” berasal dari Tibet atau tepatnya berasal dari”’Doktrin Mistik Tantra Tibet”.

Lihatlah wahai saudara-saudaraku betapa sesatnya jika kita mengetahui dan membahas lebih jauh mengenai simbol-simbol Reiki.Simbol-simbol Reiki tidak lain adalah Rajah atau jimatnya Pendeta-Pendata Tibet atau Brahmana-Brahmananya Hindu yang berisi unsur kesesatan penyembahan terhadap dewa-dewa mereka dan tidak lain sebagai password pemanggilan khodam Jin Reiki yang diistilahkan mereka sebagai Ascended Master, Reiki Guide, angels, celestial-celestial, Dewa atau Dewi.

Sesungguhnya simbol-simbol Reiki konsepnya sama persis dengan jimat-jimat yang diberikan dukun, paranormal atau pun kyai sesat yang memiliki kitab Syamsul Ma’arif atau Mujarrobat Akbar yang berisi potongan-potongan ayat Al-Qur’an yang dibolak-balik dan berisi penyembahan dan pemanggilan syaitan yang sangat kental dengan kesyirikan bedanya adalah simbol rajah atau jimat Reiki itu memakai tulisan kanji Jepang atau Tibet bukan tulisan Arab.

Berikut ini adalah bentuk simbol-simbol Reiki:


[1] Bisa anda lihat pada buku karangan Tjiptadinata Effendi dengan judul “Aplikasi Reiki dalam penyembuhan diri sendiri dan orang lain

76 thoughts on “Simbol-Simbol Kesyirikan Reiki

  1. met siang,.bagus sekali artikelnya,..kebetulan saat ini saya sedang belajar reiki tummo, ketika saya diberitahu tentang simbol2 reiki ada keraguan mengenai simbol2 itu,..

    pertanyaan saya, apakah semua jenis reiki itu sesat??…adakah reiki yang bener2 bisa kita gunakan untuk penyembuhan diri sendiri atau orang lain yang?…

    terima kasih….

    • Semua jenis reiki itu sesat dan menyesatkan walau menggunakan nama islam (reiki sufi, reiki kakbah dll)! kesesatan utama adalah klaim bahwa manusia bisa mengakses energi ketuhanan 100% tanpa bisa tercampur dengan kekuatan setan, ini adalah klaim kebohongan. menggunakan simbol yang penuh kesyirikan, apalagi reiki tummo yang diklaim bisa membangkitkan kundalini. Dalam islam tidak dikenal kundalini! kundalini adalah kepercayaan agama diluar islam. apalagi dikatakan kundalini bisa memutus reinkarnasi, bisa dapat kekuatan ghoib/kesktian dll semuany adalah tipu daya iblis

      • reiki itu dasar, apakah anda sudah meresapi dari dasar itu sendiri….?
        dasar apa yg anda resapi…..?
        dasar menuju tauhid syariat….
        dasar makrifat syariat……
        apakah perkataan anda sudah sesuai syariat……..?
        jaga lah lidahmu……
        sebillah pedang yg sangat berbahaya buatmu sendiri….

      • ya Reiki itu dasar dari segela bentuk kesyirikan, jangan anda berbicara ma’rifat jika syari’at saja belum anda laksanakan seutuhnya, lidahku hanya untuk berdakwah tauhid, saya tahu kesesatan reiki sebab saya adalah seorang mantan seorang master reiki….

      • Analisa lagi Analisa lagi..lagi-lagi Analisa….Sepertinya anda yang maha tahu..Urungkanlah keinginan untuk menilai orang lain….itupun bukan hal yang baik…..sudah seberapa dalam anda menyelami samudra…sudah seberapa tinggi anda mendaki gunung…sudah seberapa banyak anda mengarungi lembah dan gunung…..sudah seberapa peka perasaan anda merasakan warna-warna alam semesta…..Kita semua adalah energi Tuhan…sadarilah keberadaan kita dengan Hati..maka anda akan tahu untuk lebih tidak berbicara tetapi lebih memberikan berkat Tuhan kepada sesama mu manusia

  2. trus bagaimana menurut anda cara menyembuhkan diri sendiri & orang lainyg sesuai syariat islam…??? mohon jawabannya… bukankah apa yg ada di bumi & di langit hanya milik Allah SWT dan apa yg terjadi di bumi telah menjadi garis-Nya..& merupakan firman Allah SWT…semua praktisi2 reiki dengan ikhlas membantu orang lain. bukankah itu mulia sekali ??? tidakkah yg lebih pas utk dihujat adalah para teroris yg mengatasnamakan Allah SWT sebagai pembenar. Apa anda berani menghujat mereka atas nama keagungan Allah SWT…yang mencintai kedamaian…bukan reiki yg tidak pernah jadi teroris ini…gunakan akal anda secara bijak…ilahi anta maksudi waridhoka matlubi….wa uffawidu amrih illallah….

  3. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Kayaknya anda dalam berdiskusi harus jelas topiknya. Saat membicarakan reiki eh yang muncul bahasan teroris. Jelas berbeda konsep dan cara pandang bagaimana menurut Islam yang sebenarnya ? Cara Reiki mungkin baik menurut anda, tetapi belum tentu benar menurut agama Islam, cara yang benar menurut ISlam adalah Ruqyah Syar’iyah, itu ada dasar hukumnya kalau anda memang mengaku sebagai seorang muslim. Kalau kita membahas tentang teroris. maka kita akan bahas dalam kesempatan yang lain, dengan hati yang jernih, dan pandangan yang luas, apa sih sebenarnya teroris yang saat ini digembor-gemborkan oleh Barat yang memang menjadi musuh Islam ?

    • Assalamu’alaikum ww.
      Saya baru saya membaca tentang Reiki Tummo karangan irmansyah. Saya teliti kok tidak ada kaitannya dengan jin dan lain sebagainya. Maka saya tidak berani mengatakan bahwa itu syrik.

      Banyak orang sekarang asal menuduh orang, padahal sebenarnya belum menelitinya, dan mencari informasi-informasi dan membanding-bandingkan dengan yang sesat. Seperti contohnya orang menafsirkan hadis. Hadis ada yang palsu ada yang 100% benar. Untuk memojokkan sesuatu maka seseorang mengambilnya dari hadis palsu. Seperti pertentangan antara muhammadyah dan NU.
      Jadi tolong Bapak muhammad Muktar teliti, buat penelitian sebelum menyimpulkannya.

      Pada dasarnya Reiki yang benar adalah metode mengenal diri. Metode sufi juga ada. Cuma banyak orang tidak percaya. Di dunia ini ada fisik ada yang nonfisik. Perbuatan syariah dan perbuatan rohaniah. Sebagian yang tidak nampak disebut dengan goib. Allah, malaikat, jin, juga goib kan?

      Kalau diteliti, angin yang tidak nampak, getaran gelombang yang tidak nampak, juga gaib. Apa benar atau tidak? Para ahli menampakkan yang tidak nampak menjadi nampak, seperti memperlihatkan gelombak listrik. Tapi ini juga akhirnya menjadi nyata.

      Itu semua merupakan energi. Mungkin betul teori einsten bahwa e=mc2. Jadi karena ada masa ada energi. Makanya setiap yang ada di langit atau di bumi punya masa tentu saja punya energi. Cuma energi tersebut tidak dapat dipakai oleh orang biasa. TIdak mungkin bisa dipakai tanpa metode.

      Namun demikian, perlu diketahui. Semua energi atau masa itu berasal dari mana? Pasti dari tuhan. Tuhan menciptakan sesuatu itu dari mana? Sebelum ada bumi, belum ada adam, dari mana unsur itu. Tentu dari Tuhan. Terus unsur apa membuat segala sesuatu itu? Bahan bakunya dari mana? Tolong baca buku tentang Ahmad Dhani atau buku-buku tentang sufi, maka akan memudahkan memahaminya.

      Kenapa Reiki salah, karena menggunakan nama-nama dewa. Tetapi tidak semua Reiki percaya seperti itu. Mereka cuma percaya bahwa yang menciptakan dan yang punya energi adalah Tuhan. Cuma mereka tidak mengenal tuhan itu yang mana. Mereka tidak punya tauhid. Mengenal diri tetapi tidak mengenal tuhan. Tapi meyakini adanya tuhan dan punya energi.

      Apakah Allah tidak memberikan energi kepada mereka yang bukan Islam? Allah Arrahman dan Arrahim, maha pengasih dan maha penyayang, Kelau Allah tidak memiliki sifat ini maka kemungkinan mereka yang bukan kafir tidak akan mendapat rezeki, akan lapar dan lain sebagainya.

      Jadi menurut saya. Kalau Anda memiliki ilmu tauhid dan mengenal Allah dan mempraktekkan reiki dengan tidak menyimpang dari ajaran Islam tidaklah berani saya mengatakannya syirik. Ada juga ulama syariat yang berani mengatakan ulama sufi itu syirik. Masih banyak lagi cerita dalam nuansa Islam.

      Saya bukanlah ulama atau orang biasa. Cuma itu menurut pemikiran saya yang diberikan oleh Allah swt. Mohon maaf kalau tidak jelas apalagi kalau ada yang merasa tersinggung. Karena pada dasarnya manusia diciptakan Allah dalam keadaan tidak tahu apa-apa.
      Wallahu alam bissawab.

      Mudah-mudahan jelas.

      • Saya baru saya membaca tentang Reiki Tummo karangan irmansyah. Saya teliti kok tidak ada kaitannya dengan jin dan lain sebagainya. Maka saya tidak berani mengatakan bahwa itu syrik.

        Coba beli bukunya yang berjudul kundalini disana ada pembahasan untuk menghilangkan karma negatif bisa meminta bantuan vayamus dan djahwal khul (manusia yang sudah meninggal dan dipercaya menjadi tubuh cahaya)
        Saya mau bertanya pada anda?
        1. 2 orang non muslim yang telah mati menurut islam dialam kubur akan diapakan ?
        2. Apa boleh kita meminta dan memangil arwah orang mati untuk menghilangkan karma negatif ?
        3. Adakah konsep karma dalam islam?
        4. Dalam buku Irmansyah banyak diajarkan keyakinan reinkarnasi (jika berbuat jahad didunia maka pada kehidupan berikutnya akan jadi hewan seperti anjing) , saya tanya pada anda, apakah benar semua itu???

        Any whay………… saya adalah mantan praktisi reiki tummo tingkat dua yang dulu diattunement langsung oleh irmansyah efendi MSC, dan tingkat 3 sampai master pengajar diattumenet oleh master lain, buku-buku irmansyah dulu saya sangat langkap (sekarang sudah banyak hilang) jadi saya tahu betul siapa irmansyah dan kesesatan ajaran yang dibawanya :)

  4. @ Perdana Akhmad ; maaf ikut nimbrung. dari mana saudara tahu kalau reiki itu mengandung jin? apakah dari hasil rukyah? terus terang saya merasa takut sekali setelah membaca tulisan-tulisan anda, karena saya adalah praktisi reiki tingkat personal mastery, menggelutinya kurang lebih empat tahun. mohon jawabannya…..

    • pak pa saya mau ikut sharing sedikit mengenai pertanyaan pertama, apakah anda bisa juga mengatakan kl paman nabi yg belum muslim yg waktu meninggalnya belum sempat menyebut 2 kali masyahadat dan membela penjuangan nabi dengan gigihnya apakah Anda berani bahwa beliau dialam kuburnya disiksa?JAnganlah kita mencampuri yang menjadi hak ALLAH KRN KITA BELUM tau nantinya kita mati dlm keadaan muslim apa Non muslim, krn HAnya Allah Yang Sanggup Membolak Balikkan Hati Manusia.Mengenai Pertanyaan KEdua Saya Ingin juga megajukan Pertanyaan juga Kl Anda Igin Bercengkerama dengan ikan di laut, apakah ikan yang keluar menjumpai anda atau anda menyelam kelaut.kl ikan keluar maka ikan akan mati maka seharusnya anda yang mendatangi iikan tsb dengan menyelam.cerita akan dan anda itu ibarat Ruh anda dng ruh orang yang sdh meninggal.coba anda pikirkan lagi,dan belajar lagi, dan perbanyaklah tafakur.Jawab Pertanyaan Ke3memang dlm islam tdk ada bahasa karma Tetapi Dlm Al Quran Surat Al Israa Ayat 7 YAng artinya ” Jika Kamu Berbuat Baik ( berarti) kamu bebrbuat baik bagi dirimu sendiri,dan jika kamu berbuat jahat maka (akibat kejahatan itu) menimpa dirimu sendiri.”memang anda hanya menyeru tapi saya takut kalau seruan anda menyakiti banyak hati orang kalau urusan HATI uRUSAN aLLAH,aDA pEPATAH mULUT mU hARIMAU mU. TRIMS ASALAMMUALAIKUM WR WB

    • pak ..nyambung ya …nggak usah terlalu banyak ribut seperti ini adu komentar yang menandakan mungkin anda mengalami kemunduran dalam spiritual walaupun anda sudah master reiki tummo kalau anda belum mampu menenangkan ego(otak). kalau anda merasa tidak cocok dengan konsep Reinkarnasi, ya jangan anda pusing mikirin, suatu saat nanti kalau anda sudah di panggil yang kuasa anda akan dapat jawaban tentang Reinkarnasi itu sendiri

  5. Rei Ki Versi Rasulullah….:
    Imam Bukhari – Muslim meriwayatkan hadits dari Aisyah ra: Bahwa Nabi saw pernah menjenguk keluarganya yang sakit , lalu beliau mengusapkan tangan kanannya (ke daerah yang sakit) dan berdoa:

    Allohumma Robbannaas azhibil ba’sa isyfihi wa antasy syaafi laa syifaa’an illa syifaa’uka syifaa’an yaa yughoodiru saqoman

    (Ya Allah Robb sekalian manusia, hilangkanlah kesengsaraan ini dan sembuhkanlah ia. Karena sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh dan tidak ada kesembuhan melainkan hanya dari-Mu yaitu kesembuhan yang tidak mennggalkan penyakit lagi.)

    Hadits lain dari Imam Muslim dari Utsman bin Abul Ash bahwa ia mengadukan rasa sakit yang dideritanya kepada Rasulullah saw, maka beliau saw pun bersabda: Letakkanlah tanganmu diatas bagian tubuh yang terasa sakit itu dan ucapkanlah “Bismillah”, lalu bacalah sebanyak tujuh kali:

    A’uzu bi’izzatillahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaaziru

    Aku berlindung dengan kemuliaan dan kekuasaan Allah dari bencana penyakit yang kurasakan dan kucemaskan ini.

    Kata Utsman: kulakukanlah seperti itu berkali-kali hingga Allah menghilangkan rasa sakitku. Selanjutnya akupun senantiasa menganjurkan keluargaku untuk melakukan hal yang sama (HR Muslim)

    Itulah antara lain doa yang diajarkan kepada kita ketika sakit. Pada dasarnya kesembuhan itu hanya datang dari Allah dan hanya Allah-lah yang dapat menyembuhkan hambaNya yang sakit.

  6. “… Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: ‘Jadilah!’, lalu jadilah dia.”

    (QS Ali Imran [3]:47)

    Tentunya kalau Allah swt ingin menyembuhkan salah seorang hamba-Nya tidak akan dengan prosedur yang dibuat oleh manusia, Allah swt mempunyai prosedur tersendiri yang tidak kita (sebagai ciptaan-Nya) ketahui seperti apa, kecuali seperti apa yang tertulis dalam Al-Qur’an (seperti ayat di atas) dan As-Sunnah. Jika kita ingin sembuh dari penyakit, kita diajarkan untuk berobat menggunakan ilmu pengobatan yang masuk akal (kedokteran atupun Sunnah Rasulullah saw) diiringi permohonan kesembuhan kepada Allah swt melalui shalat, dzikir & doa, bukan kepada kekuatan ghaib lainnya yang tidak jelas sumbernya. Jika Allah swt menghendaki kita sembuh, maka kesembuhan datang melalui usaha yang kita jalankan untuk mendapatkan kesembuhan, misalnya melalui obat dokter, atau obat lain yang halal …

    Saya pernah mengalami radang usus besar, dan masih suka kumat kalau saya agak lalai dalam menjaga makanan yang saya makan … suatu saat di sebuah daerah di tepi pantai yang jauh dari perkotaan, penyakit saya kumat dan saya tidak bisa menemukan dokter spesialis penyakit dalam untuk berobat. Saya mohon kepada Allah swt agar diberi kesembuhan dengan shalat, dzikir dan doa … entah dari mana datangnya, saya jadi ingin sekali minum air kelapa muda yang banyak dijual di sekitar lokasi tersebut, keinginan itu sedemikian kuat hingga saya mendatangi penjual kelapa muda … dan kemudian ada yang menawarkan “Kelapa Ijo” yang konon mujarab untuk mengobati penyakit tertentu. Ya apa salahnya saya minum air “Kelapa Ijo” tsb, tokh 100% halal … subhanallah setelah meminum air “Kelapa Ijo” tsb rasa sakit berkurang, dan frekwensi BAB pun menurun … 7 hari berturut-turut saya minum “Kelapa Ijo” alhamdulillah atas rakhmat dan kehendak Allah swt Yang Maha Menyembuhkan saya sembuh … saya tidak perlu memanggil /menyerap energi apapun, saya hanya berdoa secara Islami dan meminum air “Kelapa Ijo” yang 100% halal …

    Jadi bagaimana sebetulnya prosedur yang saya alami yang diberikan Allah swt agar saya sembuh? Saya diberikan kecenderungan yang kuat untuk melakukan sesuatu yang tidak bertentangan dengan aqidah Islam … mudah bukan? Memang agama Islam diturunkan Allah dengan berbagai kemudahan karena bukan dimaksudkan untuk menyulitkan dan memberatkan hamba-Nya …

    Wallahu’alam …

  7. @Jazari Abdul Hamid
    maaf sbelumnya, anda meminta agar membaca buku karangan ahmad dhani, saya mendapat informasi bhw AD adalah penyembah iblis, sbgai bukti liat saja simbol-simbol yang sering dia gunakan dan para artisnya yang merujuk pada simbol illuminate yang terkenal sebagai sekutu iblis. Banyak sumbernya, cari saja di om google !! :)

    • Mendengar atau membaca dan dari mana? Kita jangan sering mendengar tanpa sumber jadi saya mau cari juga darimana dan dimana. Jadi diskusinya jelas.

      Kalau simbul-simbul dipakai dalam musik itu menggunakan simbul Islam apakah itu bagus. Mending dia pakai simbul-simbul seperti itu. Apa tujuannya kalau memakai simbul seperti itu. Kalau simbul yang dipakai itu aneh, apakah kita bisa mengatkan bahwa itu simbul setan? Atau simbul bagus bisa saja orang menyebut itu simbul setan atau simbul baik.

      Kembali ke masalah energi dan Reiki versi Rasulullah bagus. Pada intinya semua alam itu isinya energi. Emang einsten merumuskan E=MC2 mungkin benar. Semua bergerak karena energi. Energi itu tidak nampak. Energi itu berasal dari Allah. Orang yang tidak sepaham (seagama) mengamalkan (mempraktekkan) dengan cara mereka.

      Misalnya dengan membaca mantra2 mereka kemudian mengusap2 tanah dan terasa energi. Kita bisa lakukan juga seperti itu dengan membaca Bismillah dan terasa juga ada energi listrik di tangan. Yang salah mengusap2 tangan supaya timbul energi dengan membaca kata-kata atau selain simbul Islam (bagi orang Islam). Bagaimana coba dikomentarkan please.

  8. Tak terlukiskan betapa luasnya ilmu Allah,tak terlukiskan betapa besarnya kasih sayang Allah, tak terlukiskan betapa kemahabijaksanaan Allah…Reiki diterima masyarakat di tengah ketidakadilan & keputusasaan kaum dloif yg tak mampu menjangkau biaya dokter,rumahsakit apalagi biaya operasi di negeri ini…Reiki diterima masyarakat ditengah keterbatasan jumlah dan kemanjuran ahli bekam,ahli ruqyah dan pengobatan rosul yg dibangga2kan segolongan manusia namun faktanya tidak menyentuh keberadaan semua golongan dan tidak mampu mengatasi semua penyakit yg mereka derita.Tidaklah mudah menjalani hidup sbg manusia.Juga tidak mudah menjadi orang beragama,apalagi agama yg didalamnya dipenuhi dgn orang yg suka membatasi,mengkotak,dan mengebiri kasih sayang,keadilan,dan kebijaksanaan Allah sebatas kebenaran menurut pemahaman mereka sendiri tanpa mempertimbangkan situasi dan kondisi yg tengah terjadi…Yaa Allah,hamba haturkan sembah nan tulus dari sanubari kami,kami tetap mensucikanMu meski kami dimusyrikkan oleh sebagian hamba yg mengaku paling tahu ttg kebenaranMu.@Sdr.Perdana Ahmad:Kemasteran tingkat Reiki Tummo Anda bukanlah apa-apa jika tidak mampu membawa Anda mengenal lebih dalam kearifan dan kasih sayang Allah,..Kemasteran reiki Tummo Anda hanyalah sia-sia jk tidak mampu membawa Anda bisa merasakan sedihnya hati putusnya harapan saudara2 kita yg tertindas di terjang badai ketidakadilan sistem yg terjadi di dunia…..

  9. Saya dulunya Master pribadi Reiki Tummo. Sudah dibuka hingga cakra 9. Meskipun berusaha open minded tetep aja hati terus bertanya2. Karena kondisi ruhani yang saya rasakan dengan reiki berbeda dengan kondisi ruhani yang saya nikmati dalam majelis zikir, pengajian dll. Energi reiki datang dari cakra mahkota, sedangkan keruhanian dalam berbagai majelis tersebut terasa langsung masuk ke hati. Bahkan kalau dalam majlis tsb saya panggil reiki ato kundalini, justru merusak kenikmatan hati. hingga saya curiga. Setelah pergulatan batin yang luar biasa berat hingga sakit, akhirnya Allah bukakan jalan. Saya beristikhoroh, dan Allah langsung menanamkan ke dalam hati saya rasa jijik yang amat sangat terhadap reiki. Seorang kawan membantu saya membuang reiki (yg kata org RT tdk bisa dilakukan). Kebetulan disitu ada seorang pria yg pernah kerasukan jin hingga divonis gila selama bertahun2 dan akhirnya sembuh di tangan kawan saya dengan cara banyak berzikir.Dia peka. Lalu setelah pengobatan dia bercerita bahwa dari tubuh saya banyak keluar jin/syaitan yang gundul-gundul, gendut, sipit, kebanyakan memakai jubah selempang warna merah, sebagian pake selempang warna kuning. Ada juga yang kurus, sipit.
    Setelah diobati beberapa kali barulah saya sembuh. Menurut kawan saya. Jin/Iblis/Syaithan reiki itu termasuk kelas kakap. Dan praktisi yang sudah lama berlatih lebih sulit disembuhkan karena jin-jin tersebut berasimilasi dengan tubuh praktisi. Saya menyebutnya simbiosis. Dan selama beberapa malam kawan saya di datangi Guru Besar RT secara non fisik, karena katanya dia ingin tahu siapa yang bisa mencabut attunement RTnya. Alhamdulillah sejak terlepas bersih dari reiki saya lebih tentram dan lbh ke arah berzikir.

    Tambahan: kawan saya mengajak kawannya yang sejak kecil memiliki kepekaan batin ke tmpt praktek reiki (waskita?) dan dia melihat bahwa ketika si praktisi mengobati tampak di atasnya ada buddha yang mengirimkan energi kepada praktisi tsb.

    Wallahu A’lam

    Note: saya bukan pengagum pengelola blog ini, saya tidak kenal, dan saya tidak sejalan dengan pemahaman keagamaannya. Saya juga bukan pengagum ruqyah2 yg biasa dilakukan kawan2nya. Saya bukan salafi dan bukan wahhabi, alhamdulillah.

    • wahhabi? ini jenis makanan apalagi, tambah bingung. Oh iya saya juga pernah tergelincir mempraktekkan reiki tingkat dasar. Yang mulia pengelola blog, dan para pengunjungnya. mohon info untuk membersihkan reiki yang terdekat di Jakarta selatan atau depok dimana ya. terima kasih atas infornya.

  10. Saya pernah lihat kawan saya reki master setelah beberapa tahun mengamalkannya dia menjadi tidak tentu … apabila berubat cara islam nampak beberapa simbol ghaib di belakangnya seperti simbol Budha yg telah di “isi”kan oleh master dia sebelum ini…

  11. Saya reiki 3. Saya menganggab reiki itu cocok utk yg suka ngalamun n menghayal aja.
    Reiki itu cm bohongan, ngibul, abal2, omongkosong utk cari uang.
    Persis seperti agama2 selain islam yaitu cm omongkosong/bohong/menipu.

    • untuk abdullah…baca dulu buku raiki, dalam raiki ada istilah afirmasi dan fisualisasi, kata2 kata itu dalam islam sama dengan inti sari dalam doa, makanya dalam islam ada istilah nur ilahi/cahaya ilahi, dalam raiki kata2 itu di moderisasi menjadi energi ilahi…, dalam raiki pada setiap afirmasi di anjurkan untuk menyebut nama tuhan /Allah dalam islam, setelah selesai di haruskan berterima kasih sebagai rasa syukur terhadap Tuhan yang penguasa jagad raya ini pencipta alam semesta…, menurut saya tidak semua raiki itu sesat…tergantung bagiman cara kita memilah nya…saya berfikir raiki ini hanyalah sebentuk metode olaraga jasad dan rohani agar lebih rilex….meditasinya hanyalah sebuah bentuk perenungan yang sama dilakukan oleh nabi muhammad di gua hira dalam menerima wahyu…

  12. Kesimpulannya adalah: Berfikirlah lebih jernih dan lebih toleransi thd agama2 org lain.Karena sesungguhnyalah kita semua hanya memuja 1 sumber yakni TYME(Allah,Sang Hyang Widhi atau apapun org menyebut-Nya), Pikiran2 sempit spt penulis di atas hanya akan menyesatkan org lain,bukannya memajukan bangsa ini. Bagaimana bangsa ini bisa maju kalau setiap orang punya pola pikir yg kurang”open”???Pantas saja bangsa ini semakin terpuruk, oh rupanya bangsa ini terdiri dari orang2 kolot yg terlalu ego dgn menganggap agama mereka paling baik! Mengapa Bali sbg salah satu provinsi yg menduduki pendapatan perkapita yg lbh mapan dari daerah2 lain??? karena;sebagian besar penduduk Bali adalah pemeluk agam hindu yg ”open mind” dan cinta damai. Reiki menurut saya sah2 saja asalkan tidak menyimpang dari ajaran agama, yg mengesampingkan beliau(TYME) di atas 2 segala2nya…karena sesungguhnyalah segala yg bergerak di jagat raya ini, adalah kekuasaan beliau(TYME)…Saya mengalami kebangkitan kundalini spontan, dan saya mensyukuri ini adalah karunia tuhan,saya sendiri dan teman2 yg mengalaminya juga merasakan manfaatnya yg luar biasa, saya menjadi lebih tenang,damai dan cinta kasih thd mahluk2 lain juga orang lain yg berbeda agama, dgn menyadari bahwa kita semua hanya memuja 1 Tuhan,hanya saja cara kita berbeda2 (Bhineka Tunggal Ikha) Kalau menurut anda Reiki itu menyimpang dari ajaran agama anda,itu sah2 saja! dan janganlah meneruskannya,dan hendaknyalah tidak serta merta menghujat/memvonis agama org lain..Peace Indonesia! Semoga Indonesia terhindar dari bencana terorisme, dan tsunami akibat terorisme itu sendiri, karna sesungguhnyalah karma Tuhan terus bergulir……

  13. Coba deh rekan rekan semua baca bukunya Anna Wise
    ” Awakening The Mind ” dan ” The High Performance Mind ” di situ dibahas secara lengkap mengenai meditasi dan sistem energi kundalini dari sudut pandang ilmiah / logis / telah teruji dengan pengukuran gelombang otak ( beta, alfa, theta, dan delta ) dengan menggunakan EEG (electroencephalograph) yang telah dimodifikasi untuk kepentingan pengukuran gelombang otak secara real time,

    Intinya meditasi adalah kondisi kesadaran dan bukanlah sebuah teknik

    Jadi jangan berpedoman pada pendapat lagi ya……
    berpedomanlah pada hasil penelitian ilmiah yang ada ( Fakta )
    zaman sudah modern, jangan saling bermusuhan akibat perbedaan pendapat yang disebabkan oleh ego masing masing
    merasa master inilah
    merasa master itulah

    taukah anda ilmu anda itu hanyalah sebagian kecil dari alam semesta
    kita sebagai manusia tidak seharusnya bersikap sombong dan membangga banggakan diri seperti di atas

    • lebih baik mengerjakan sholat malam atau sholat sunnat lainnya.. atau dzikir dan tadarusan.. meditasi cuma lamunan kosong dan buang waktu.

      • apalagi jika meditasi trus2an sampe lupa sholat??? PREETTTT!!!!

        Amit2 dah! mengerjakan amalan yg gak berguna, bukannya mengerjakan perintah islam, malah senang mengerjakan perintah Hindu!

        Tuhan yg aku sembah GAK SAMA dgn TYME yg disembah org2 di Bali!

      • @Mas Rely…
        meditasinya kok sambil buang angin?? hehe..

        tapi betul tuh.. dulu sy menikmati meditasi sebagai relaksasi sy.. hal yg aneh justru ketika beribadah malah pengennya buru2.. tafakur dalam islam bukanlah lamunan kosong dan bukan afirmasi energi bla2…. sebab hati dan pikiran diarahkan untuk mempelajari nikmat2 Allah..

        pengaturan napas bisa kita terapkan pada tadarusan..

      • mungkin anda sekalian salah memahami dan mempersepsikan meditasi

        seperti yang saya sebutkan di atas meditasi adalah kondisi kesadaran dan bukanlah teknik,

        meditasi memang berasal dari budaya hindu budha, namun seiring berkembangnya IPTEK , para ilmuwan mulai tertarik untuk mengkaji secara lebih mendalam mengenai meditasi dan pikiran yang tercerahkan

        hasilnya para ilmuwan berhasil merancang sebuah model yang dapat menjelaskan meditasi dari sudut pandang ilmiah
        anda bisa melihat penjelasan meditasi secara ilmiah di video berikut ini

        http://www.youtube.com/watch?v=8DD4QZTrDqU

        http://www.youtube.com/watch?v=Zr5AtKPTFSc&feature=relmfu

        kini meditasi telah dilepaskan dari tradisi hindu budha oleh para ilmuwan

        jadi buat @Rely meditasi yang saya maksudkan di sini bukanlah perintah hindu atau menyembah tuhannya hindu

        namun merupakan meditasi hasil pemurnian dari tradisi aslinya yang dilakukan oleh para ilmuwan sehingga bisa diterapkan untuk berbagai keperluan

        @TD : meditasi bukanlah lamunan kosong dan buang waktu, tergantung jenis meditasi yang anda lakukan

        meditasi tidak harus duduk diam selama berjam jam
        seorang komposer musik, pimpinan perusahaan, pelukis, seniman, pekerja kemanusiaan beberapa dari mereka berada pada kondisi meditatif ketika bekerja dan berkarya

        namun kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang berada dalam kondisi meditatif karena mereka tidak mengerti atau tidak mengenal apa itu meditasi

        jadi anda dapat bekerja dengan lebih baik dalam kondisi meditatif
        dari sini dapat disimpulkan bahwa meditasi memang bermanfaat dan tidak membuang buang waktu

      • Tambahan

        taukah anda ketika anda sedang khusyuk sholat malam atau berdoa anda bisa disebut sedang berada dalam kondisi meditatif, di mana otak ada menghasilkan gelombang theta dan delta dalam proporsi yang pas
        jadi apa yang anda sebutkan di komentar anda bisa juga disebut sebagai kondisi meditatif

        ini adalah bukti bahwa ilmu ALLAH itu maha luas,
        kita seharusnya tidak mengabaikan budaya lain hanya karena budaya tersebut bukan berasal dari islam

        semua hal yang ada di dunia ini adalah ciptaan ALLAH
        dan semua itu tidak ada yang tidak berguna
        kita hanya perlu mencoba menerima dan memahami segala sesuatu yang ALLAH ciptakan di bumi ini dan tidak langsung menghakimi dan mengadili
        dengan begitu kita dapat memperdalam dan memperkuat keimanan kita

  14. orang orang yang beragama dan mengerti serta menjalankan agamanya masing masing dengan tulus iklas maka ia akan tahu apa itu agama. Semua agama mengajarkan kedamaian,kebahagian dan kebenaran yang hakiki yang tak terbatas. Jika orang masih bisa bikin diri sendiri maupun orang lain tidak nyaman baik jasmani maupun rohani berarti dia perlu lebih dalam lagi mengupas mengurai ajarn agamanya sampai tercipta rasa nyaman,damai,bahagia pada dirinya maupun lingkungannya dan lainnya sehingga Rasa ego bahwa aku paling baik,paling benar dan segalanya tidak muncul lagi.berhentilah menghujat agama orang lain tapi hargailah agama orang lain agar kita bisa bersatu dan damai.seperti contoh kamu menghujat tetangamu tentang sesuatu hal maka yang terjadi permusuhan,rasa tidak nyaman dan lain lain sehingga tdak akan tercipta kedamaian malah kerusuhan antar tetangga.Tapi jika anda saling menghargai,menghormati sama tetangga maka akan tercipta lingkungan yang damai,rukun,bahagia. Reiki itu bukan agama maka jika tidak sejalan dengan ajarn agammu,maka jangan ikut dan jangan menghujat kan tidak akan merugikan anda tapi jika ajaran reiki sejalan dengan agama anda dan anda sejalan lakukanlah jadikanlah reiki motivasi untuk lebih memahami agama dan tuhanmu. Semoga Tuhan memberikan kita dan semua ciptaannya kebahagian dan kedamaian.

    • Secara umum saya setuju dengan pendapat ente

      mengenai reiki, gimana kita tahu kalo itu sejalan atau bertentangan dengan agama?

      ketika Rasulullah mencela orang-orang kafir yang menyembah berhala, apakah menurut anda ini tidak pantas?

      • @Om borneo..

        sdr yan su-dika ini saya rasa non muslim.. dia hanya mengingatkan kita aja..

        @all
        artikel diatas adalah untuk mengingatkan kepada umat muslim agar waspada tidak mencampurkan ajaran islam dengan ajaran umat lain.. jika ada2 kata yg menyinggung.. itu bukanlah hujatan atau bermaksud buruk kepada agama2 tertentu.

        #dilanjutken.

      • maaf om borneo saya nimbrung sedikit, setahuku rasulullah tidak pernah mencela siapapun baik itu kepada orang kafir, kalau yang saya baca rasulullah adalah orang yang sangat bijaksana sekali, kalau beliau sampaikan bahwa orang yang kafir itu nantinya masuk neraka itu menurutku bukan suatu celaan tapi suatu peringatan bahwa orang yang kafir bisa menyadari bahwa perbuatan kekafirannya itu salah dan nantinya akan mendapatkan balasan, maaf jika pendapat saya salah karena setahuku rasulullah itu uswatun hasanah, dia sebagai contoh kebaikan, perbuatan mencela itu menurutku bukan suatu kebaikan jadi menurutku rasulullah tidak pernah mencela siapapun

  15. Tujuannya sama..tp caranya saja yang berbeda..mungkin itu pendapat saya tentang agama..
    terus sehubungan dengan simbol reiki…itu hanya sekedar simbol, dimana simbol tersebut tidak memiliki kekuatan tertentu. sebagai contoh..simbol reiki bisa diibaratkan seperti rambu2 lalu lintas yang ada dijalan..hanya untuk mengatur tapi rambu2 itu sendiri tidak memiliki kekuatan apa2. ^_^
    Sekarang, seiring dengan kesadaran manusia yang semakin baik akan Kasih Sayang Tuhan, sekarang simbol2 direiki khususnya reiki tummo sudah tidak diperlukan lagi..sekarang para praktisi hanya perlu santai, tersenyum bahagia dan pasrah kepada Tuhan..semuanya mengandalkan kasih sayang Tuhan saja..
    Reiki Tummo bersifat universal..tidak berhubungan dengan agama tertentu…
    salam kasih ^_^

  16. saya mengenal reiki tummo pada tahun 2002 berawal dari “iseng” aja..pngen tau seperti apa reiki itu. setelah itu, lewat……Tahun 2005 saya sakit yang didiagnosis tidak ada obatnya, akhirnya saya menekuni lagi reiki tummo sampai tk 2, cuma masih dengan tidak sungguh2..Tahun 2007, saya merasa bosan dengan masalah yang ada dalam kehidupan saya..akhirnya timbul banyak pertanyaan..kenapa saya menjadi manusia? kenapa saya dilahirkan disini? apa tujuan saya hidup?? kalo hidup hanya penuh masalah buat apa hidup?? dalam keputusasaan, tahun 2008 saya berniat untuk belajar lagi..gak ada salahnya saya mencoba..saya melanjutkan ke tingkat 3A dan retreat spiritual disurabaya, disitu saya mulai belajar tentang “hati” (Membuka hati kepada Tuhan). pada wkt itu, hati belum diajarkan di tk. awal.
    Singkat cerita…saya terus mengikuti kurikulum yg ada di reiki tummo sampe sekarang ke tingkat Master Yoga I level 5 (semua merupakan berkah Tuhan saya sampai di level ini). Pada level ini lah saya benar2 menyadari dan merasakan Kasih Sayang Tuhan tidak ada batasnya..Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang. Tuhan tidak butuh waktu lama untuk menyembuhkan saya..walo tujuan awal saya untuk sembuh tidak ada lagi..saya hanya menikmati kebahagiaan, tidak mengejar kesembuhan..dan semua pertanyaan saya diawal tadi juga sudah terjawab :)
    Tuhan tau apa yang terbaik untuk saya..semua saya pasrahkan kepadaNya, dan semua ini juga milik Tuhan.

    Saya sangat bersyukur pernah sakit ^_^.

    itu sedikit pengalaman saya dengan reiki tummo, semoga bermanfaat untuk rekan2 semuanya…salam kasih ^_^.

  17. saya ingin meluruskan yang belum mengerti apa itu Reiki , reiki adalah metode untuk menyalurkan energi alam semesta,yang masuknya melalui cakra mahkota lalu disalurkan kebagian yang disalurkan,sama dengan kita mempelajari ilmu pernapasanm hanya dlm ilmu pernapasan energi disimpan di qi hai dibawah pusat sedikit,kalau mau digunakan lalu dikeluarkan,bedanya hanya di sistem memyimpan energi saja, reiki bisa langsung disalurkan hanya dengan niat saja , tenaga dlm tidak,terus mengenai orang yg mengatakan reiki pakai jin,ada benarada tdk tergantung kepada orang yang mengetune nya.Jangan cepat mengambil keputusan bahwa seseorang itu ada jin nya,apa anda bisa melihat jin,kl masih katanya sama aja anda mendengar saja, terus mengatakan kejelekan sama orang, tanpa dasar,saya beri ilustrasi kalau dihalaman si A ada anjing terus anda mengatakan bahwa si A memelihara anjing, tanpa menanya ke pemilik rumah atau tetangganya siapa pemilik anjing .Jangan cepat mengambil keputusan krn keputusan anda banyak menyakiti hati orang banyak,

      • jika anda bertanya krn tdk tahu maka saya bersedia menjelaskan, tapi kl hanya sekedar mengetes tk ada gunanya saya menjelaskan kepada anda, banyak buku yang menjelaskan di pasaran, mengenai,energi, krn saya malas membuat keributan di internet ini, triims sebelumnya contoh sedikit kl anda bernafas yg anda hirup itu apa ? kl anda jw oksigen, dlm oksigen itu ada apa aja?silakan cari jawaban anda sendiri dr buku2 biologi yang anda baca smp dulu, atau dr buku lainnya, trims sekali lagi

      • sy bukan ngetes.. :)
        pertanyaan tsb sering sy tanyakan kepada penyuka penyerap energi alam? pake ilmu gugling saja sy belum menemukannya..
        1. energi itu satuan apa?
        2. alat ukurnya apa?
        3. dan mengapa sumber energi yg real nyata seperti genset, battere, tidak bisa diserap tubuh?

        penulis artikel di atas adalah mantan master reiki..

        tak apa2 pertanyaan sy diabaikan saja. sebab setau belum ada praktisi reiki tingkat mahirpun yg bisa menjelaskan energi tsb secara fisika dan dibuktikan pengetahuan ilmiahnya..

      • tidak semua yang ada di dunia ini bisa dirasionalkan, demikian juga energi … kalau secara fisika satuan energi adalah joule atau yang sejenis namun ada energi yang belum terukur karena keterbatasan otak manusia contohnya energi reiki, prana, atau energi energi yang sejenis, saya pernah menanya seorang dosen fisika tentang jin dia mengatakan jin secara fisika adalah sebentuk energi nah kalu jin itu energi lalu satuannya apa? … nggak tahu lah karena ini baru pendapat, mengenai energi dari genset apakah bisa diserap oleh tubuh? jawabannya bisa coba saja anda pegang genset yang sedang menyala di kedua kutubnya anda akan merasakan aliran listrik cuma energi ini sangat berbahaya bisa membuat kematian, nah tubuh kita menyerap energi listrik ini biasanya yang sudah berubah menjadi energi lain (kata einstein dalam hukum kekekalan energi)

      • Silahkan googling dan baca “7 laws of universe” disitu ada penjelasan nya secara sains yg nggak mungkin bisa dijelaskan secara lengkap di blog ini.
        Saya sendiri praktisi Reiki Tummo sejak 2005 yg masih aktif sampai saat ini.
        Semoga ALLAH SWT membuka kan pintu pengetahuan Anda. Thx

  18. Jangan lah anda sombong di hadapan Allah, kita harus bersyukur krn kita tdk tahu dilahirkan dimana kita lahir,bersyukur kita dilahirkan dikeluarga islam jadi anda jangan sombong,bukankah setiap anak ilahirka dlm keadaan suci, kedua orang tuanya lah yang menjadikan anak itu, muslim, kristiani,budha,hindu,dan majusi, kita tdk tahu kedepan, jangan lah kita menhujat agama lain krn saya takut , Allah murka dan membalikkan hati kita ke agama lain,ataupun anak kita kawin dengan agama lain,Jadi perbanyaklah tafakur agar anda lebih bijak lagi besuara, bukankah ada hadist ” Taakur semenit lebih baik dari pada sholat sunat beberapa puluh Rakaat”saya bukan ahli hadist ataupun Ahli quran tapi saya banyak mempelajari tafakur,dengan betafakur anda bisa berbincang dengan hati nurani anda krn hati nurani tdk pernah berbohong,” Apabila segumpal itu bagus (Hati)maka Yang keluarnya pun Bagus ” Disini saya tdk menggurui hanya saya ingin semua manusia saling Menghargai satu sama lain, Bukankah Muhammad Diturunkan untuk Sekalian Alam,Krn Kebenaran Semua Milik Allah.kesalahan milik kita manusia,.

    • apakah anda sudah pernah masuk reiki ataupun pengolahan energi lainnya? krn ada sesuatu yang tidak bisa dijabarkan dengan kata2 seperti rasa sakit kalau dicubit.,bagaimana bentuk rasa sakit itu?coba anda jelaskan ,seperti kita bernapas yang kita hirup oksigen,bagaimana bentuk oksigen itu, tdk ada orang bisa menjelaskan tapi bisa dirasakan.Seorang Master Belum menjamin orang tsb bisa menguasai inti sebuah ilmu,Ibarat Orang Mengumpulkan Koleksi Buku Tetapi tidak pernah membacanya.apa guna ilmu itu,” Sebaik baik manusia adalah memberi manfaat kepada orang lain”saya ingin menjelaskan mengenai kundalini yang ditulis pak perdana, memenag didalam Islam tdk ada menyebut kundalini tetapi mengenai ruh banyak, sesungguhnya beda dibahasa saja tepi artinya sama, seperti kalau di Indonesia Merah kalau di Amerika Red beda penyebutan tetapi arti sama, KAlau Anda belajar Spritual ANda HArus Open Mind Buka Jubah KEagamaan anda,Kita Bicara Mengenai Ketuhanan ” Who Is God”Karena Seseorang Bisa Masuk Surga Bukan Krn Banyaknya Ibadahnya tapi Krn Ridho Allah”

  19. Ada banyak energi, energi matahari dihasilkan oleh pancaran sinar matahari, energi angin dihasilkan oleh hembusan udara, energi otot dihasilkan oleh pergerakan otot,kalau energi dari niat orang itu energi apaan, tolong para ahli fisika itu energi apa?, ane bingung dah..

    • ga usah binuunnn mas..
      metafisika jelas bukan ilmu fisika..

      buktinya energi alam matahari tidak bisa diserap oleh tubuh di tengah hari bolong, di atas perahu, di tengah laut… yg ada malah keling bin item :)

  20. yg beragama dari ratusan juta hanya beberapa org yg paham ajaran nabi dg benar, begitu juga yg ikut reiki yg tahu reiki ya hanya segelintir org. karena hanya sedikit org yg diberi petunjuk. Yg banyak itulah yg ribut karena belum dpt petunjuk. Klu dapat petunjuk pasti gak ribut. ok

  21. adalah bijaksana tidak mengajak bayi yang baru lahir untuk berlari, adalah welas asih tidak mengajak orang jompo ikut panjat tebing…
    salam sejahtera dan bahagia untuk saudara-saudariku semua….

  22. Maaf, terpaksa deh ikut nimbrung, demi rahmat bagi sekalian alam ini. wa bil’Lahit’Taufic wa al Hidayah.
    Sesungguhnya seluruh debat / diskusi / tukar pikiran / penghakiman seseorang kpd lainnya yg begitu sok tau dan agak egoistis di atas mungkin tidak terlalu perlu dilakukan, bila dipahami tentang dalil yg berbunyi sbb. “La Maujudda Ila Lah’Hu” yaitu sesuatu pemahaman yg terjadi sejak jaman “Alastu Birabikhum” di mana Allah adalah rahasia bagi manusia dan manusia adalah rahasia-Nya. Tapi sayang untuk menjelaskan ini perlu panjang lebar, referensi yg akurat, dan kesabaran yg sangat cukup.
    Dan sebelum ada yg bahas, kalo ada yg mau pra-bantah alias pre-judice dulu, silakan. Salam Sejahtera…Aamien.

  23. hahahahahahahahahahahahahhaaaaaahahahahhhaaaaa, kalian semua kok pada pusingggg2…………
    Belajar reiki itu baik yah di terusin kalo tidak baik yah di hentikan aja………
    kok pusing…………

  24. Maaf,Ikut nimbrung!!! Kpd Saudara-saudara yg muslim atau non muslim, jgnlah terjebak dg istiilah, tapi pahami substansinya yg hakiki agar tidak terjadi debat kusir.Bagi sdr yang muslim,anda memprotes tanpa dasar ” ILMU”, hanya dg “pengetahuan” yg dangkal. Lalu memvonis org lain sesat.” Bertanyalah kamu pd org yg tau jika kamu tidak tau”. Ingat:”Janganlah kamu mencampuri suatu urusan tanpa ILMU”( Al Quran). Bagi yg non muslim jgn lah memojokkan Islam krn ada org Islam-nya yang kurang wawasannya. Ingat, Islam itu tinggi dan tak ada yang melebihinya,hanya saja tertutup krn kekerdilan umatnya.Terus, kata-kata : reiki, meditasi,dll, bahkan zikr sekalipun, intinya adalah : Hanya Allah saja yang Ada,Laa maujuda ilallah, selainNya hanya Nolllll besar. Semuanya berasal dariNya. Ingat, kehidupan dunia hanyalah panggung sandiwara atau tipuan yang memperdaya.Allah sbg sutradara utamanya,kita diberi peran-peran tertentu yg bersifat fana dan fatamorgana, tapi awas jgn tertipu, semuanya ” hanya Allah saja yang Ada”. selanjutnya, saya setuju sama sdr Rono W. Wassalam.

  25. semua yg diciptakan Allah SWT itu pasti ada gunanya. terlepas kegunaan nya baik atau buruk. bahkan setan jg ada gunanya. jd apapun yg ada d alam semesta pasti ada gunanya. terserah kita mw gunakan untk yg baik atau tidak. tergantung cara kt memahami. sebagai contoh bnyk org bilang setan itu bla…bla..bla… dan gak berguna. pdhl setan itu berguna untuk menguji iman kita, jd lbh kuat atau tdk terserah kita. kesimpulan nya segala sesuatu dapat d anggap gak berguna karena blm menemukan kegunaan nya

  26. bismillah
    saya orang yang tidak banyak tahu tentang reiki
    tapi saya punya kerabat yang punya tenaga dalam ,yang beliau sudah membuangnya
    saya sendiri punya prisip,jika sakit saya akan memonon kesembuhan kepada alloh swt ,jika terancam saya meminta perlindungan kepada alloh.swt agar menyelamatkan dan memberikan kebaikan untuk saya dan jika memang sudah saatnya mati maka kumohon alloh mengampuniku ,tapi saya juga berihktiar dengan makan sehat dan latihan fisik saya sangat percaya hal gaib ,tapi hal ghaib itu tidak untuk di manfaatkan atau di pelajari,karena bagi saya sebenarnya alloh swt sajalah yang paling menguasai perkara gahib,bagi saya angin ,listrik ,signal ,cahaya dan mungkin ada yang lain yang belum saya tahu bukanlah hal ghaib jika semua dapat di ukur dengan tepat ,sesuatu yang dapat di ukur artinya dapat dengan jelas kita kuasai untuk di tambah atau di kurang demi manfaat yang baik,dan pada kenyataannya saint (ilmu ilmiah )sudah jauh berkembang ,jauh bermanfaat ,dan jauh mematikan ,bahkan di gunakan orang untuk mencampur adukan antara perkara yang ghaib dan ilmiah,,jadi saya lebih suka belajar saint

  27. Singkatnya kalau berbicara dengan orang yg sudah tahu dan mengalaminya sendiri lebih masuk ketimbang orang yg belum tahu dan mengalaminya sendiri, ga bakal nyambung, tapi intinya Reiki yg murni mau itu dari Jepang ataupun dari Tibet tidak berbahaya, Maaf kecuali Reiki yang sudah di modifikasi/dicampur dengan ilmu2 lainnya, jadi untuk Praktisi Reiki yg lain jgn terlalu khawatir sebelum kita melakukan gerakan2 Reiki kita biasanya diwajibkan untuk berdoa kepada Tuhan YME, disitulah kita minta kesembuhan, kesehatan serta perlindungan dari Tuhan YME, dan diakhiri juga dengan doa dan rasa syukur kita kepada Tuhan YME, jadi untuk masalah jin dan syetan jangan terlalu dipikirkan, Reiki itu hanya media perantara saja tetap yang menyembuhkan hanya Tuhan YME, sebenarnya yang di maksud energi Ilahi itu menurut saya bukan energi Tuhan YME, tapi energi yang diciptakan Tuhan YME yang diperuntukan kepada semua ciptaan-Nya, disini energi tersebut dinamakan energi alam semesta, nah untuk mengakses energi tersebut ada methodenya salah satunya melalui Reiki, untuk masalah agama kita bahas pada tempatnya, karena kalau kita kaitkan dengan agama itu aga sensitif berkaitan dengan privasi seseorang itu harus kita hormati ini negara NKRI, yg menghormati dan menghargai agama2 lain selain agama Islam, dan untuk masalah jin dan syetan jgn terlalu dipermasalahkan, memangnya mereka sudah pernah atau melihat dan berkomunikasi langsung dengan jin maupun syetan dengan wujud aslinya, kita jangan menyinggung masalah jin, mereka punya dunianya sendiri sama seperti kita, dan untuk syetan pasti sudah pada tahu dia adalah musuhnya manusia semua agama juga akan menyarankankan untuk waspada/berhati2 atas tipu muslihat dan jebakannya yg akan membawa kita ke tempat yg merugikan, kembali kepada diri kita untuk menutup rapat2 pintu2 masuk syetan ke dalam diri kita dengan memperbanyak beribadah untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Tuhan YME, dan tolong sebelumnya untuk umat Muslim berpikiran yang luas jangan terlalu fanatik itu tidak akan membawa kemajuan untuk Islam, karena Islam itu agama yg luas apalagi negara NKRI ini adalah negara besar kalau kita masih punya pemikiran yang sempit kita ga bakal bisa maju seperti negara2 lain jangan punya mental dijajah, zaman semakin berkembang dan maju kita juga harus bisa maju dan berkembang ga kalah dengan negara2 yg lain…. Maaf kalau pernyataan saya ke mana2 dan Maaf juga kalau kata2 saya yg menyinggung…..

  28. kalo bergurunya di padang pasir ya dapatnya tai onta arab.kalo bergurunya ke palestina ya dapatnya tiang gantungan.sok tahu tuhan kenal juga engga.ketemu ngga pernah.iman adalah kebohongan.carilah fakta bodoh….

  29. yang sesat itu manusia bukan binatang dan lain lain.hayo kamu mau ngomong apa???mau lari kemana???penghuni neraka pun manusia bukan yang lain.yang perlu kamu ketahui kamu jangan berbuat yang tidak baik buat orang lain,buat binatang dan buat alam ini.cukup segitu dulu

  30. katanya ngomongin ketuhanan tapi jadi pada berantem ” Inilah bobot pengetahuan tetang ketuhanan pak ustad dan bu ustad, mending ngak beragama sama sekali dari pada jadi tukang dongeng doang….BUBAR…BUBAR JIN IBLIS yang bermuka orang ber-iman……”

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s