Rahasia Trik Kebal dari Pukulan, Hantaman dan Goresan Benda Tajam

Posted on Updated on

Siapa yang tidak takjub melihat atraksi di mana para pemain debus berdemonstrasi kebal dicambuk, tubuh tidak tertusuk duri salak ketika mereka berguling di atas hamparan duri salak, perut dimartil dengan al-madad, mengunyah beling dan silet, tubuh kebal bacokan dan sayatan. Bahkan terkadang bisa membuat orang yang menontonnya menjadi jantungan sebab mengerikannya atraksi-atraksi tersebut.
Agar tidak penasaran, mereka bisa melakukan atraksi mengerikan itu ? Marilah kita bongkar rahasianya :

a. Kebal Pukulan Cambuk
Beberapa group kesenian tradisional debus atau kuda lumping sering memperagakan kekebalan tubuhnya terhadap sebetan cambuk. Benarkah hal itu karena kekebalan tubuh atau karena teknis memukulnya ?
Jawabnya tentu hanya trik saja. Tekhniknya sebenarnya adalah bagaimana cara pemain debus dalam mencambuk seseorang. Pemukul harus berupaya untuk tidak memukul dengan ujung cambuk. Tetapi harus menggunakan teknis “pukul putar” yang artinya, ketika memukul harus menggunakan bagian tengah cambuk, sehingga memberikan efek ujung cambuk melingkari bagian yang terkena. Dengan demikian maka rasa sakit akan berkurang, karena yang menimbulkan sakit dari pukulan cambuk berasal dari ujung cambuknya dan bukan dari bagian tengah cambuk. Tehnik “pukul putar” selain akan menghindarkan dari rasa sakit juga akan menimbulkan efek suara ledakan cambuk.
Selain itu ada juga tehnik lain yaitu dengan menggunakan pelindung dari bahan kulit kambing atau kulit kerbau yang dipakai melingkar pada bagian dalam tubuh.
Pelindung tersebut mempunyai fungsi ganda. Selain kulit tidak merasakan sakit, benturan ujung cambuk dengan pelindung tersebut akan menimbulkan suara yang keras.
Tetapi untuk penggunaan pelindung kulit binatang tersebut haruslah rapi dan hati-hati. Cara mengikat pada tubuh harus benar-benar kuat.
Setelah itu pemain debus mengupayakan menutupnya dengan kaos dalam, baru setelah itu pemain debus mengenakan baju atau kaos yang resmi. Fungsi kaos tersebut adalah untuk mengelabui penonton, sebab tanpa adanya kaos dalam maka penonton akan curiga.
Jika pemain debus kesulitan mendapatkan pelindung dari kulit, mereka biasanya menggunakan karton tebal. Sedangkan para pemain kuda lumping umumnya menggunakan pelindung dari bengkung atau ikat pinggang wanita yang melingkari perut secara berangkap-rangkap[1].
b. Bergulir pada Hamparan Duri Salak.
Bagaimana kita tidak terheran-heran jika melihat atraksi kekebalan berguling pada hamparan duri salak yang terlihat tajam. Untuk bisa mendapatkan kekebalan itu dikatakan oleh pemain debus haruslah belajar ilmu ghaib yang sangat berat. Sesungguhnya atraksi yang mereka lakukan itu hanyalah sebuah trik.
Mengapa para pemain debus itu selalu menggunakan duri salak ? Rahasianya karena duri salak walau tajam dan panjang, namun memiliki kelenturan yang sangat elastis sehingga ketika tertimpa oleh tubuh maka durinya akan rebah sehingga tidak menusuk kulit, apalagi kulit manusia sampai tekanan tertentu memiliki kekenyalan dan elastisitas yang tinggi. Setiap orang asal berani mencoba yakinlah tidak akan terjadi apa-apa, kecuali kulit orang tersebut akan sedikit memerah dan jikapun sampai lecet hanya akan mengenai kulit ari dan tidak pernah ada insiden duri salak akan masuk ke dalam tubuh pemain debus sebab mereka tahu tehniknya.[2].

Percayalah! Banyak pemain debus yang telah berani mencoba, mereka semua selamat. Tidak akan terjadi hal-hal yang membahayakan seperti duri salak tersebut akan menembus tubuh mereka, kecuali hanya akan meninggalkan sedikit ruam merah pada kulit mereka seperti yang terlihat pada gambar di samping


c. Perut dimartil dengan Almadad
Tentunya Anda sering menyaksikan pada layar televisi atau bahkan melihat secara langsung peragaan dari pemain debus yang memegang Almadad, lalu ditusukkan di perutnya dengan cara dipukul dengan palu godam.


Permainan ini mempunyai rahasia, yaitu almadad tersebut harus dipegang dengan kedua tangan. Tujuan dari pegangan tersebut selain untuk memeganginya juga sekaligus menahan sentakan atau tekanan dari pukulan palu godam.
Dengan demikian maka ujung besi yang kelihatannya lancip tersebut hanya sedikit menempel pada perut. Sehingga kemungkinan menjadi luka amatlah kecil. Apalagi pada saat pemain debus lain memukul dengan palu godam, pemain debus yang memegang almadad juga memegang dengan erat almadad tersebut.

Selain menggunakan cara menahan laju lancipan besi almadad dengan kedua tangan, ada juga yang menggunakan sabuk khusus. Sabuk tersebut terbuat dari kulit binatang yang dirangkap. Dan untuk hal ini cara mendemonstrasikannya, kulit binatang yang melilit diperut tidak boleh kelihatan dan harus tertutup baju.
Tehniknya adalah :
1. Pemain debus memegang almadad [3] tersebut dengan kedua tangan pada ujung lancipan dan pada tengah besi almadad.
2. Posisi kuda-kuda dari yang menerima pukulan adalah kuda-kuda depan
3. Badan agak sedikit membungkuk ke depan.
Ketiga posisi di atas sangat membantu pemain debus dalam menahan benturan palu godam[4].
d. Mengunyah Beling dan Silet
Siapa yang tidak menggeleng-gelengkan kepala ketika para pemain debus dengan tenangnya mengunyah beling dan silet lalu ditelannya. Namun semua itu ada tehnik yang bisa kita pelajari. Berikut ini penjelasan rahasianya :
· Mengunyah Beling
Demonstrasi mengunyah dan memakan semprong lampu ini banyak dilakukan para pemain kuda lumping dan para pemain debus. Pada atraksi ini sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja tidak perlu harus belajar ilmu ghaib yang aneh-aneh.

Tehnik memakan beling ini biasanya pemain debus atau kuda lumping memilih beling yang tipis dan rapuh seperti semprong lampu atau lampu neon yang terbuat dari stum yang memang jika pecah tidak tajam dan tidak membahayakan jika tertelan. Sebelum memakan beling pemain debus harus makan makanan yang lengket seperti pisang atau ketan. Fungsi makanan tersebut akan mengamankan dan lebih melindungi usus dari kemungkinan adanya sisa-sisa beling yang tidak bisa dicerna. Untuk lebih amannya sebelum dan sesudah atraksi makan beling tersebut para pemain debus makan makanan yang lengket. Kita tidak perlu menggolongkan ketrampilan memakan beling sebagai permainan mistik dan magis, sebab sebagian besar orang pasti bisa melakukannya asal tahu tehniknya dan berani.

Kunci atraksi makan beling adalah :

Tidak boleh ada gigi yang berlubang.
Pilih jenis beling yang paling tipis dan paling rapuh seperti semprong lampu atau lampu neon.
Beling (semprong lampu atau lampu neon) harus dikunyah sampai benar-benar halus barulah ditelan.
Dalam mengunyah jangan ragu-ragu tetapi harus mantap dan tempatkan beling tersebut selalu diantara gigi[5].
· Mengunyah silet
Satu lagi jenis permainan mengunyah yang lebih spektakuler adalah mengunyah silet. Namun rahasia permainannya juga tak jauh beda dengan cara mengunyah beling. Untuk melakukan atraksi ini seseorang jangan memilih jenis silet yang liat seperti merk Goal tetapi pilihlah yang bermerk Tiger yang lebih rapuh dan mudah patah.
Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat permainan ini lebih terkesan spektakuler, yaitu sebelum silet dikunyah dibuat untuk memotong-motong kertas terlebih dahulu.
Tehnik pelaksanaannya adalah hilangkan terlebih dahulu ketajaman silet dengan cara menggosokkannya pada benda-benda keras seperti besi, batu dan sebagainya. Lalu biarkan sebagian kecil ujung dari salah satu sudut silet itu tajam, dan bagian itu nantinya akan digunakan untuk memotong-motong kertas. Penonton tak akan mengetahui trik tersebut kerena mereka menganggap bahwa seluruh bagian silet memiliki ketajaman semuanya.
Ketika atraksi makan silet berlangsung seorang pemain debus harus tetap memegang ujung dari sudut silet yang masih tajam tersebut dan ujung silet tersebut dipatahkan dengan digigit lalu disembunyikan pada sela-sela jari jemari[6].

e. Tubuh Kebal Bacokan dan Sayatan
Siapa yang tak heran dan takjub ketika melihat atraksi para pemain debus yang membacok dan menyayat-nyayat tubuh dengan golok bahkan ada juga atraksi kebal dengan sayatan silet yang tajam. Namun semua demonstrasi itu bisa dipelajari dan ada tehniknya. Berikut ini penjelasan rahasianya:

· Membacok Tubuh dengan Golok
Pada atraksi debus kita dapat melihat adanya pemain debus yang membacok-bacokkan golok ke berbagai bagian tubuhnya, namun mereka sama sekali tidak terlihat kesakitan dan kulit mereka sama sekali tidak terluka. Sesungguhnya atraksi ini hanyalah trik belaka dan siapapun juga bisa melakukannya jika sudah tahu tehniknya.
Caranya adalah dengan mempersiapkan golok yang tidak terlampau tajam. Golok yang tidak terlalu tajam, jika dibacokkan pada daging tidak akan membuat daging terluka. Pilihlah anggota badan yang banyak dagingnya seperti dada, perut, leher, lengan paha dan punggung. Jangan mengenai anggota badan yang bertulang seperti kepala, tulang kering sebab dengan sedikit benturan dengan benda tidak tajam sekalipun bisa menimbulkan luka lebam.
Selain itu membacoknya juga dengan teknik : ketika bacokan mengenai lengan, ikuti gerakan golok seolah lengan pemain debus terdorong oleh kerasnya sabetan golok. Padahal yang terjadi adalah pemain debus itu mengikuti gerakan golok agar benturan itu dapat diminimalisir. Selain trik di atas, seorang pemain debus biasanya ber-acting untuk mendramatisir atraksi mereka.

Jika ada yang bertanya atau mengkritisi ”Jika benar golok pemain debus itu tidak terlampau tajam, mengapa pelepah kelapa dan leher ayam bisa putus dalam sekali tebas? Penjelasannya adalah pelepah kelapa dan leher ayam bisa putus dengan sekali tebas karena mereka tidak mengikuti gerakan golok ketika dibacok, jadi benturan diterima 100%. Selain itu pelepah kelapa dan leher ayam memang mudah terkoyak karena strukturnya tidak padat seperti kayu jati ataupun kenyal dan elastis seperti bagian perut, paha, dada atau lengan. Dan biasanya sebagaimana penulis lihat di lapangan, ketika para pemain akan membacoknya, ia melafadzkan do’a-do’a khusus sambil mengusap-usap golok sehingga para penonton semakin terhipnotis.

Catatan Khusus :
1. Permain debus melakukan atraksi kebal bacok ini hanya pada bagian tubuh yang banyak dagingnya.
2. Pemain debus biasanya berhati-hati agar tidak menggoreskan golok, sebab meskipun agak tumpul tapi golok bisa melukai jika digoreskan dengan kuat. Biasanya jika pemain debus ingin melakukan atraksi kebal sayatan dengan menyediakan pedang bermata dua. Salah satu dibuat agar tumpul, benar-benar tumpul, atau pemain debus juga bisa menggunakan golok yang bagian depannya tajam tapi belakang tumpul atau sebaliknya.
3. Untuk meyakinkan penonton, pemain debus selalu untuk melakukan “pengujian” senjata sebelum mereka melakukan ujicoba bacok / sayat.
Ada juga variasi yang tak kalah dramatis, yaitu di mana salah satu pemain debus meletakkan buah-buahan seperti pisang, semangka, timun atau sayur-sayuran seperti sayur kol di paha atau bagian tubuh lain seperti perut atau dada. Kemudian pemain debus lain mencacah dengan golok sayuran atau buah-buahan tadi di salah satu bagian tubuh tertentu seperti paha, perut atau dada. Walau pemain debus mencacah dengan begitu banyaknya ternyata tubuh yang jadi dasar tempat meletakkan sayuran atau buah tadi tidak terluka. Bagaimana rahasianya?
Sesungguhnya atraksi ini tergolong sangat ringan, namun juga memiliki resiko yang tinggi jika tidak tahu tehniknya.
Cara melakukan yang paling aman adalah :
1. Sasaran yang dicacah atau dirajang diletakkan pada bagian perut, karena bagian tersebut tidak memiliki tulang dan sangat kenyal juga elastis sehingga bisa menetralisir sabetan golok.
2. Pemain debus tidak mencacah dengan cara mengiris sebab akibatnya bisa fatal, kecuali bagi mereka yang sudah berpengalaman.
3. Pemain debus mengatur agar daya ayun untuk mencacah buah atau sayur tersebut jangan sampai terlalu keras. Upayakan ayunannya hanya untuk memutuskan sasaran benda di atas perut (atau bagian tubuh lain yang lunak) dan secepatnya diangkat atau jika mengenai perut upayakan jangan terlalu keras.
Dengan memperhatikan aturan-aturan di atas, para pemain debus akan mampu memperagakannya dan ini bukanlah mistik melainkan hanya tehnik belaka.· Menggores atau Mengiris Tubuh dengan Golok
Demonstrasi kekebalan kulit yang mempunyai efek bahaya adalah tehnik goresan. Karena secara alami, gerakan senjata menggores lebih memiliki daya sobek luar biasa pada kulit, karet atau benda-benda yang cukup kenyal dan elastis, dibandingkan dengan cara senjata tersebut diayunkan atau dipukulkan pada benda yang kenyal dan elastis.

Tetapi kita terkadang melihat adanya atraksi debus yang memperagakan atraksi kekebalan dengan cara menggores tubuh. Namun jika kita sudah tahu tehniknya hal ini bukan barang mustahil bisa dilakukan oleh siapa saja.
Caranya adalah dengan cara menggunakan senjata tajam yang sudah diatur seperti membiarkan bagain-bagian tertentu pada senjata tersebut tumpul dan bagian tertentu lainnya tetap tajam.

Tujuannya agar nanti anda bisa meyakinkan penonton dengan cara menguji ketajaman pada benda-benda seperti batang pisang, pelepah kelapa dan benda lainnya.

Dari penjelasan di atas, penonton akan menjadi yakin kerena mereka tidak mengetahui bahwa pada bagian senjata tersebut ada wilayah pedang tajam dan ada pula wilayah pedang tumpul.
Tehnik menggores umumnya dilakukan dengan cara tidak memberikan tekanan yang kuat, sehingga amat masuk akal apabila kulit menjadi aman dari ketajaman senjata walaupun senjata yang digunakan bagi pemain yang profesional dapat memakai senjata yang cukup tajam[7].

· Atraksi Kebal Sayatan Silet
Atraksi kebal sayat silet menggunakan silet yang sudah dimodifikasi. Silet tersebut salah satu sisinya ditumpulkan dengan cara menggosokkannya ke batu. Setelah itu, masukkan lagi ke bungkusnya dengan rapi dan kemudian di-lem merekat seperti baru. Ingat, karena pada umumnya silet yang baru dianggap benda sangat tajam, maka atraksi ini sering berhasil membuat orang terkagum-kagum.

Cara Atraksi Pemain Debus:
1. Pemain debus mengambil silet baru yang sudah dimodifikasi itu.
2. Pemain debus meminta penonton untuk membukanya, agar dia yakin bahwa silet itu masih baru.
3. Ambil silet itu, kemudian gunakanlah untuk mengiris kertas atau koran. Selain membuktikan pada penonton bahwa silet itu tajam, manfaat lain dari langkah ini adalah : Pemain debus bisa mengetahui sisi silet mana yang tajam dan yang tumpul.
4. Setelah pemain debus yakin mengetahui sisi silet yang tumpul, atraksi pun dimulainya.
5. Pertama kali, Pemain debus biasanya mencoba menyayat rambutnya. Mengapa rambut dulu ? Karena jika ternyata pemain debus salah memegang sisi silet, maka tidak terjadi luka yang membahayakan.
6. Setelah berhasil dengan sayat rambut, Pemain debus lalu melakukan sayatan di mana saja. Agar lebih seru, pemain debus juga menyayat penonton. Dengan mengatakan “orang yang saya pegang juga ikut kebal karena aliran energi dari tubuh saya”.
7. Setelah atraksi selesai, Biasanya pemain debus mengamankan silet tersebut.

FOOTNOTE
[1] Dikutip dengan perbaikan dan penyempurnaan dari buku karya Masruri yang berjudul “ Buku Pedoman Atraksi Tenaga Dalam” Jilid 1. Penerbit CV. GUNUNG MAS Pekalongan. Halaman 30.

[2] Dikutip dengan perbaikan dan penyempurnaan dari buku karya Masruri yang berjudul “ Buku Pedoman Atraksi Tenaga Dalam” Jilid 1. Penerbit CV. GUNUNG MAS Pekalongan. Halaman 32.

[3] Alat pemukul almadad sebenarnya ringan. Tetapi para pemainnya beraksi seakan-akan terasa berat. Biasanya alat itu terbuat dari kayu pule sehingga ringan sekali. Lalu ujung palu al-madad dilapisi semacam seng. Dan martil yang digunakan untuk memulul juga dilapisinya sehingga ketika dipukulkan menimbulkan suara keras yang semakin membuat suasanan yan tegang. Biasanya pemukul akan berteriak, “Al-madad, al-madad….. berkali-kali.
[4] Dikutip dengan perbaikan dan penyempurnaan dari buku karya Masruri yang berjudul “ Buku Pedoman Atraksi Tenaga Dalam” Jilid 1. Penerbit CV. GUNUNG MAS Pekalongan. Halaman 60.

[5] Dikutip dengan perbaikan dan penyempurnaan dari buku karya Masruri yang berjudul “Buku Pedoman Atraksi Tenaga Dalam” Jilid 2. Penerbit CV. GUNUNG MAS Pekalongan. Halaman 64.

[6] Dikutip dengan perbaikan dan penyempurnaan dari buku karya Masruri yang berjudul “ Buku Pedoman Atraksi Tenaga Dalam” Jilid 2. Penerbit CV. GUNUNG MAS Pekalongan. Halaman 65.

[7] Dikutip dengan perbaikan dan penyempurnaan dari buku karya Masruri yang berjudul “ Buku Pedoman Atraksi Tenaga Dalam” Jilid 2. Penerbit CV. GUNUNG MAS Pekalongan. Halaman 77.

104 thoughts on “Rahasia Trik Kebal dari Pukulan, Hantaman dan Goresan Benda Tajam

    sunjani said:
    Mei 3, 2010 pukul 5:56 pm

    Teori ini benar !. Maksudku jika dilihat dari sisi itu, dan saya tidak akan melengkapi komentar saya ini dengan pertanyaan “Kalau sudah tahu teorinya secara detail begitu, apakah Pak Perdana Akhmad berani mencoba ?,”. Sebab Anda ‘kan sedang berteori dan mengemukakan teori !. He he he … salam kenal !.

      kian santang said:
      Agustus 10, 2010 pukul 10:20 am

      @sunjani
      hahaha…like this lah

      saya tdk dlm kondisi membela debus…hanya saja dari artikel di atas secara teori…hmm boleh lah….cma saya penasaran aja…seperti sunjani….

      apakah perdana akhmad hnya berteori saja ataukah pernah membuktikan teorinya tsbt..??

      haha…hanya penasaran aja….no heart feeling ya…:D

      citraka said:
      Oktober 30, 2012 pukul 12:08 pm

      pak Jani, Pak Perdana,
      untuk mengunyah beling memang benar adanya, dahulu kala waktu saya kecil sudah kucoba, alhasil tak terjadi apa2…..namun untuk menelannya sepertinya g usah saja. Gak usah menggunakan ghaib atau apapun. Syaratnya ya cari beling yg rapuh, renyah…
      Untuk atraksi yang bersifat hiburan, meski sekedar trik namun syah2 saja jika dibumbui dengan ucapan untuk membuat semakin takjub pemirsa, itulah keberhasilan pertunjukan.
      Bagi pelaku pertunjukan, semakin dibongkar rahasianya, seharusnya semakin giat untuk menemukan trik-trik handal sehingga teknik dan ragam pertunjukan semakin maju berkembang.
      Hidup kesenian Indonesia, semakin maju Debus, Jaran kepang dan pertunjukan yang lain!!!!!!!

    Rambut gembel said:
    Mei 16, 2010 pukul 2:17 pm

    pak perdana Akhmad sudah pernah mempelajari ilmu kekebalan………. ? atau cuma belajar ilmu tipu2 kayak yang diatas…..he….he….he….

      vhanz said:
      Januari 15, 2011 pukul 7:06 am

      ilmu kebal itu ga ada mas..
      saya sudah mencobanya sendiri dan ternyata saya menyadari kalo otak saya itu sempit..
      alhasil setelah menyadari otak saya kembali sehat rasional karena tidak lagi percaya TAHAYUL..
      percayalah pada Tuhan semesta alam yang menciptakan anda anda semua
      BUKAN malah percaya TAHATUL

        dany said:
        Desember 26, 2011 pukul 9:53 am

        bagaimana anda percaya pada Tuhan?apa sudah pernah bertemuNya?apa percaya dari sumber kitab saja?

        mursyidie said:
        Februari 23, 2013 pukul 7:53 am

        kenapa anda bilang nggak ada…ne ana urang ………mau kebal macam apa..mau tahan di tembak, tahan di gergaji mesin..kalian kenal nggak dgn kota ….ALLAH MAHA KAYA dengan semuanya..baik ilmu putih atau dengan ilmu hitam..pilih aja..mau selamat atau mau dilaknat..orang yg tdk percaya dgn yg dhoib berarti tidak percaya juga dgn adanya ALLAH, MALAIKAT, TAKDIR..karena semua itu jg ghoib..

        wong ndeso said:
        Juli 17, 2015 pukul 11:16 pm

        Apa wujud tuhanmu brow? posisi tuhanmu dimana? siapa nama tuhanmu? apa pekerjaan tuhanmu darimana asal usul tuhanmu? sedang ngapain tuhanmu?

        wong ndeso said:
        Juli 17, 2015 pukul 11:18 pm

        gaib itu ada karena Alloh pun gaib.
        jika memang kamu bukan orang yang beriman pada Alloh, saya menyadari alasan kamu utk tidak bisa percaya pada adanya gaib !!!

      Jungwah said:
      Desember 21, 2012 pukul 4:42 pm

      mungkin pak Akhmad pernah belajar, namun tidak berhasil. Alhasil menjadi frustasi dan malah mengatakan itu adalah hanya ilmu trick..

    Al Fakir said:
    Juni 21, 2010 pukul 11:43 am

    Maaf sblmnya, bagi orang yg ga percaya dg ilmu kebal ga papa, kt punya pendapat masing2, tp kalo siapun ingin bukti nyata ikut aja Silat Tauhid Indonesia, bagi Allah tak ada yg tak mungkin. Amin

      Nyimak aja said:
      Juni 21, 2010 pukul 3:53 pm

      Assalamu’alaikum teman-teman semuanya khususnya Al Fakir. Salam kenal. Saya ikut nimbrung nih.

      Langsung saja. Ilmu kebal memang ada dan saya “percaya” jika ada orang bisa seperti itu, karena almarhum ayah saya masa mudanya aktif pada olah raga beladiri INKAI (dan 1, pelatih), judo, jiu jitsu, dan silat (tingkat pendekar).

      Untuk demonstrasi kebal senjata tajam (bukan trik) terkadang diperlihatkan (pada orang tertentu) dan bisa lakukan selain itu. Saya katakan bukan trik karena murid2nya menceritakan pada saya suatu pernah bentrok dengan sekumpulan geng (preman) dan murid2nya menyaksikan.

      Seiring berjalannya waktu, setelah mendapat pengetahuan agama (mendalami) dari para ustadz dan kyai akhirnya almarhum ayah sayapun tobat dan melepas kemampuan-kemampuan ghaibnya.

      Pembahasan:
      Karena terjadi kerancuan makna, sekarang kita fokus dulu mengenai TD yang pengertiannya ghoib/metafisik, seperti kebal dari senjata tajam.

      Pertanyaan saya
      1. Apakah kita sudah mengetahui hakikat dan hukum mempelajari ilmu tersebut dikaji dari hukum islam, karena bahasan pada blog ini (yang saya tau) memakai sudut pandang hukum islam. Kalau ada teman-teman yang non islam atau muslim yang menolak berdiskusi secara syar’i/islami, kemungkinan besar tidak akan nyambung.

      2. Bagaimana sikap kita mengenai fenomena tersebut (orang yang kebal senjata tajam). Takjub, jadi takut berhadapan dengannya, atau lainnya?

      Mohon maaf jika ada kata-kata yang keliru.

        Jungwah said:
        Desember 21, 2012 pukul 4:40 pm

        sesungguhnya semua ilmu itu datangnya dari allah.

        ahli surga said:
        Juni 3, 2013 pukul 6:33 pm

        Kalo ilmu kebal dari setan mas

        matafisik said:
        November 25, 2013 pukul 8:00 pm

        Bagi yang mengatakan ilmu kebal dari setan nga juga mas, Nabi Daut AS kebal dan bisa meluluhkan besi….. Nabi Ismail AS waktudikorbankan Nabi Ibrahim AS pada sayatan pertama tidak mempan yang berarti kebal…….. apa dari setan. Memang ilmu kebal itu ada yang dari Setan tapi ada juga yang anugrah Allah…..

        Widjojo responded:
        November 25, 2013 pukul 9:39 pm

        Tolong dijelaskan pernyataan Nabi Ismail punya ilmu kebal ini menurut ulama ahli sejarah mana dan ada di kitab mana? Anda kan sudah baca sejarah para nabi dan rasul.

      m bah gim said:
      Oktober 4, 2010 pukul 1:44 pm

      aku sangat tertarik dengan ilmu kanuragan terutama untuk atraksi,,panggung ,,kemana saya harus belajarnya ? saya di surabaya jatim.

        Jungwah said:
        Desember 21, 2012 pukul 4:37 pm

        di mana-mana ada… di jawa, bali, lombok timur, kalimantan pedalaman…, dll..

        watun said:
        Agustus 14, 2013 pukul 1:10 pm

        siapa bilang ilmu kebal dari setan,wong setan aja dikasi ilmu kebal oleh ALLAH.semua ilmu dari ALLAH.manusia ,setan,jin,binatang diciptakan oleh allah.

      abdullah said:
      Juli 29, 2013 pukul 11:21 am

      mas.
      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam aja bisa luka pada saat perang uhud.
      kebal itu bukan ISLAM mas.
      sahabat aja pada luka pada saat peperangan.

        matafisik said:
        November 25, 2013 pukul 8:03 pm

        Si Abdullah ini pernah baca sejarah para Nabi nga ya….

        Widjojo responded:
        November 25, 2013 pukul 9:37 pm

        Anda sendiri pakai rujukan kitab mana saja?

    ohek said:
    Juli 31, 2010 pukul 12:42 pm

    udah jelaslah hal2 gaib itu gak ada… semuanya bisa dipelajarin secara ilmiah dan logis.

      Jungwah said:
      Desember 21, 2012 pukul 4:32 pm

      jikalau hal2 gaib memang gak ada, berarti mukjizat allah juga gak ada…… berarti malaikat juga ga ada, berarti jin dan syaitan juga gak ada…. coz semua itu adlh hal2 gaib…

      urung rembug said:
      Agustus 5, 2013 pukul 1:26 pm

      berarti anda tidak percaya dengan hal hal gaib???

      viky zaskia gotik said:
      September 17, 2013 pukul 12:02 am

      logis hanyalah batasan akal manusia,..ghoib itu ada..
      emang setelah hidup itu apa? reingkarnasi???kematian kan??emang orang mati pada mau kemana???kalo ga ada tempat yang ghoib,,,
      sudah jelas ghoib itu ada,,,.klo lu ga percaya,,,coba lu tantang mahluk halus yang ada di kuburan….
      ajak berantem….hehehe
      berani ga lu???
      asal comment aja lu akh..

      wong ndeso said:
      Juli 17, 2015 pukul 11:11 pm

      Jika Anda tidak percaya adanya gaib, silahkan dicoba praktekan langsung. diupload di youtube. kami tunggu. Resiko tanggung sendiri !!!

    rudy said:
    Agustus 10, 2010 pukul 8:17 am

    ass….saya percaya ilmu kebal itu ada,meski benar ,banyak orang yang ngaku sakti,tp memakai trik sperti di atas.di salah satu stasiun tv(sctv) pernah menayangkan penggerebekan di sebuah rumah,tersangka melawan dengan sajam,polisi melepaskan beberapa kali tembakan ke tubuh nya,tergores pun tidak.setelah 1jam,sniper menembak cincin orang tersebut,dan kemudian akhir nya tewas.

      mursyidie said:
      Februari 23, 2013 pukul 7:58 am

      pas mantab…orang yg tidak percaya dgn yg ghoib berati tidak percaya dg adanya ALLAH dan semua yg ada di alam malakut dan alam kubur..berati orang tu belum beriman karena hal ghoib menyangkut rukun iman…belajar dulu ya rukun iman..

    Soege Ardhianto Mh said:
    Agustus 11, 2010 pukul 11:17 am

    Wah Lupa Mas Perdana,Saya mau ucapkan selamat berpuasa Ya,mohon maaf atas kelancangan saya dahulu kala.di blog ini,saya ucapkan mohon maaf lahir bathin Buat Mas Perdana Akhmad dan semua yang coment di Blog Ini.Jadikanlah perbedaan itu bukan untuk mencari celah dalam permusuhan,namun sebagai langkah awal mengemukakan pendapat yang sehat secara nalar,logika dan relevant serta Terbuka.alangkah baiknya bagi yang comentar memberikan stagment ya secara baik dan tidak mengatakan yang tidak di ketahui oleh baik,diri sendiri dan orang lain.ok

      Perdana Akhmad S.Psi said:
      Agustus 14, 2010 pukul 4:02 am

      maaf Mas Soege baru jawab sekarang sebab pekerjaan saya umayan padat,saya juga turut mengucapkan selamat puasa, saya juga mohon maaf jika saya langsung “berkunjung” ke blog anda dan mengucapkan perkataan yang mungkin kurang berkenan dihati anda dahulu……..terimakasih atas petuahnya :) kita sesama muslim tetaplah bersaudara walau ada perbedaan prinsip dalam masalah TD/TM diantara kita berdua :)

    virkill said:
    November 28, 2010 pukul 12:34 pm

    Semakin kuat bukti2 di dunia bahwa tenaga dalam itu tidak ada.

    rAngA said:
    November 22, 2011 pukul 1:28 pm

    smWa itU UdH tAKDIR,,
    kALAu mAti ydH mAtI,,,

    rAngA said:
    November 22, 2011 pukul 1:29 pm

    prcyA jhA smA yg dI AtS,,,

    rAngA said:
    November 22, 2011 pukul 1:30 pm

    ewan” kayu agung nyemplUng marIng dadakU teko welas teko asih,,
    asih karsane allah

    hatake said:
    Desember 2, 2011 pukul 1:13 pm

    goib itu ada
    siapa yang ngomong gak ada??
    allah itu goib
    dan allah juga berfirman kan,aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah
    sekarang anda tau ada manusia
    terus dimana jin itu??itu lah goib
    kalau berkata tidak percaya ada setan,ilmu goib,berrti anda tidak percya allah

      Jungwah said:
      Desember 21, 2012 pukul 6:27 pm

      mantabbbbbb masbro….!!!
      hanya orang yang otaknya konslet yg bilang ghoib itu ga ada…

    alo adja deh said:
    Desember 6, 2011 pukul 11:34 am

    buset dah

    Mbah Bedjo said:
    Desember 13, 2011 pukul 11:46 am

    pembahasan teorinya masuk akal , tapi bisa nggak teori di coba olehnya …? apakah jd masuk akal apa tidak ..? bisa di tunggu prakteknya ..>!!!! oleh yg membabarkan teori sebagai analisa dan bukti kebenaran teorinya !!!

    Nuwun

    ricky said:
    Januari 18, 2012 pukul 9:01 am

    aku pingin blajar bgitu

      Pengguna Satelit News said:
      Januari 27, 2013 pukul 2:18 am

      hehehe….bener sekali, atau datang saja ke rumah saya kalau ingin bukti Masbroo ! Biarlah pemain debus yg bacokin kol dan yg punya teori yg jadi landasan !

    Yadi said:
    Februari 6, 2012 pukul 11:53 am

    Saya dulu berteori seperti bapak tanpa ada riset langsung,.Namun di saat kerusuhan tahun 98 di Kalimantan Barat,teori tsb hilang seperti debu di guyur hujan.Hal ini terjadi di mana sebuah perguruan aliran debus di bantai oleh masa dan ternyata (30 org) selamat semua tanpa ada luka sedikit pun(hanya pakaian mereka sobek-sobek),.mereka di bacok di tembak dsb,.malah mereka mampu memukul mundur lebih dari 100an org masa dalam kondisi luka-luka.Nah kalau Ilmu sulap kemngkinan saya percaya ada trik-triknya.

    wirapandita said:
    Februari 29, 2012 pukul 12:03 am

    Boss ini terlalu realistis, ingat bro ada yg gaib disekitar kita. Dlm islam disebut dunia jin. Kata Trik hny berlaku untuk sulap sdgkan mistik scr sadar maupun tdk dibantu olh jin. Ilmu kebal dsjenisnya dilarang agama krn menentang kodrat. Sy sarankan jgn skali2 anda blajar mistik wlpun sekedar ingin th, skali n€mpel slt untuk lpas. Percayalah.,!

    wirapandita said:
    Februari 29, 2012 pukul 12:15 am

    Kalo sulap yg di asah otak tp klo mistik yg di asah kepekaan batin (hati) kuncinya yakin (tdk blh ragu sedikitpun). Kemungkinan terburuk gila jk mempelajarinya. Mau.!!

    joyo manguntopo said:
    Mei 25, 2012 pukul 10:15 am

    Asslm’lkm wr wb, yg mau belajar silahkan, yg tdk jg gk pa2, memang yg gituan ada yg trick, jg ada yg memang bener2 bisa, kalo ada yg ngomong itu cuma trick, ya benar saja emang taunya cm gitu, kalo ada yg ngomong itu tdk trick, ya benar saja, emang taunya dia jg gt, gt aja kok repot.

    Bimo said:
    Mei 26, 2012 pukul 7:23 pm

    Luarbiasa, ini enlighment buat orang awam seperti saya, memang mukjizat hanya milik Allah, dan kita semua manusia adalah hambanya yang tidak sempurna. persepsi penonton di lapangan selama ini adalah keberhasilan trik majikal tradisional budaya, tetapi tetap saja dapat kita ambil unsur hiburannya, dan jangan kita ganggu jalan rejeki pekerja seni tersebut.hehe

    m.yamin said:
    Juni 12, 2012 pukul 4:33 am

    Salam..
    Saya dr aceh.. Di sana sering lihat debus tp tdk mengiris krn mengunakan rencong jd menusuk, serta pedang di tusuk ke dalam mulut sampai bengkok… Itu bagaimana triknya ya….. Thank to attn.

    Taufik Hidayah said:
    Juni 17, 2012 pukul 3:36 pm

    ini hanya saran saya, masalah gaib tidak ada seorang pun yang lebih tau kecuali Allah, wama utitum minal ilmi illa qolila…….

    ronggo said:
    Juni 20, 2012 pukul 9:45 am

    agar ilmu kebal tdk terkesan tahayul spt yg di katakan penulis tadi, cb lihat di perguruan saolin, lihat sendiri bagaimana mereka beraktrasi, mrk memperoleh itu semua bkn dg jln instan ttp lwt latihan yg panjang dan keras, ini agar membuka mata kita semua lbh luas dlm memberikan wawasan

    Imam said:
    September 21, 2012 pukul 7:54 pm

    Assalamu’alaikum…

    Apa yang dijelaskan oleh ustad Ahmad itu memang benar trik seperti itu memang ada, tp perlu juga diketahui atraksi tanpa trik juga ada. Kita sebagai umat manusia harus percaya pada yang ghaib, ilmu itu milik Allah jikalau kita memiliki kemampuan yang bersifat ghaib itu sebagian kecil dari ilmu Allah yang diperlihatkan kepada kita. Dan saya sendiri pernah mencoba atraksi bacok (maaf bukan bermaksud sombong) dengan menggunakan arit yang habis diasah dan untuk mengetahui tingkat ketajamannya saya coba bacok batang pohon mangga sebesar ibu jari kaki dengan menggunakan tenaga yang tidak terlalu kuat dan ranting itu langsung putus dan saya lihat hasil bacokannya rapi karena sangking tajamnya arit tersebut. Kemudian saya coba bacok ke tangan saya pada bagian tangan yang banyak dagingnya dengan kekuatan yang lebih besar dibanding dengan membacok ranting pohon mangga tsbt, dengan kekuatan full berulang-ulang, Alhamdulillah tangan yang saya bacok tidak berdarah bahkan kulit ari tidak terluka sedikit pun, bekas bacokkan tersebut hanya meninggalkan bekas memar karena efek dari bacokkan tersebut, dan hal ini masih terbilang normal karena efek dari benturan. Bahkan saya pernah mencoba menggores tangan, kaki, perut, leher dan pipi saya dengan menggunakan sebuah pisau yang tajam secara berulang-ulang, Alhamdulillah tidak terluka. Perlu kita semua ketahui semua itu bukan karena kehebatan suatu ilmu yang kita pelajari atau kita miliki tapi semua itu karena rahmat Allah. Karena tidak ada yang mustahil bagi Allah.
    =arit yang digunakan semua bagiannya diasah tidak ada trik yang disampaikan oleh ustad Ahmad begitu pula dengan pisau yang digunakan.=

    Wassalamu’alaikum…

    irfan said:
    September 23, 2012 pukul 10:25 pm

    kalo gak percaya coba aja pakai pisau dapur dirumah, saya sering melakukannya sndiri di rumah . dicoba di iris atau dipukulkan kbagian yg bnyk dagingnya, tidak akan knapa napa asal berani melakukannya. smua orang bisa melakukannya krna ktika kita ngtes ktubuh kita sendiri scara ga langsung kekuatan kita dikendurkan dengan sndrinya krna takut terjadi luka ( insting alami manusia ) meskipun kita bilang 100% full power. kulit manusia memiliki elastisitas yg tinggi apabila dipukulkan benda tajam pada kekuatan yg tdk terlalu besar pada bagian yg banyak dagingnya maka hasilnya tidak terjadi apa2 melainkan sdikit luka merah tapi tak sampai menyobek kulit apalagi jk kita sering berolah raga ( tipe kulit padat dan kencang ) hasilnya akan lbh baik lagi. dari situlah muncul persepsi ” saya kebal ” padahal tidak demikian
    kalo baru smpai situ saja sudah merasa kebal, bagaiman jk mnggunakan palu yg di pukulkan ke bagian tempurung kepala??
    bagaimana bila menggunakan gergaji mesin dan tes dengan memotong bagian tbuh kita???
    bisa anda pikirkan sendiri
    satu lagi, soal pemberitaan di slh satu stasiun tv mengenai skelompok polisi menembaki penjahat di gorontalo dan org tsb ” kebal ” . di kampusku telah membahasnya, dilihat dari video nya ternyata disekeliling tembok tersangka terdapat lubang artinya polisi polisi tsb tdk mnembak scara benar dan apabila di perhatikan moncong senapan selalu di arahkan tidak sejajar dengan target. dan hasil video tsb banyak dilakukan cutting
    mana sang sniper ?? ( smua snjta yg di pakai jenis ss1 dan ss2 )
    mana cincin tsb ??
    smuanya tdk diperlihatkan
    dari kesimpulannya polisi2 tsb hnya mmberikan tembakan peringatan namun trsngka tdk menggubris, lalu di tembaklah sang trsngka. dan pemberitaan pun di lebih2kan agar menarik untuk disimak

      imam said:
      September 25, 2012 pukul 12:05 pm

      Pernah dengar tentang kisah Kusni Kadut, seorang penjahat yang sudah dieksekusi dengan peluru emas oleh eksekutor namun tidak mati, apakah eksekutor tersebut salah tembak atau hanya menggunakan peluru hampa dalam mengeksekusi Kusni Kadut, beberapa kali dieksekusi tapi masih belum mati. Atau pernah coba memecahkan botol teh botol dikepala hingga pecah botolnya dengan cara memukulkannya dikepala, apakah ini dilakukan dengan mengendorkan kekuatan juga. Kalo kita mencoba sesuatu dengan setengah-setengah berarti itu namanya bukan mencoba, dalam mencoba kebenarannya suatau ilmu itu jangan setengah-stengah harus full power itu baru namanya mencoba.

        irfan said:
        November 22, 2012 pukul 11:35 am

        dalam pertunjukan tidak ada yang memakai botol bermerk mas. itu botol khusus yg sudah dirancang sedemikian rupa. mas boleh mengatakan itu full power sah sah saja karena yang memukul atau mengetesnya kan mas sendiri atau rekan satu tim, bagaimana kalau penonton atau orang2 yg rasional yg mengetes???
        tentu hasil dan powernya akan lain mas
        jangan merasa jago didepan khalayak mas, kita semua sama, tidak dapat menghindari celaka dan maut apabila Allah berkehndak. tidak ada bukti org yg konon sakti dapat melenggang bebas di negara ini krna kesaktiannya, ingat pada jaman pak harto dulu tepatnya pd saat petrus di berlakukan, berapa banyak preman yg konon sakti di tembak bantai habis, itu menurut saya suatu petunjuk dari Allah swt bahwa kita semua tdk ada apa2nya di mata Allah, kita semua sama kodaratnya tnpa terkecuali. Nabi dan rasul yg notabene org2 “terpilih” Allah tidak dapat menhindari celaka dan kematian, lah kita sbgai umatnya merasa lbih hebat darinya??
        are you kidding me???

      Hilal super said:
      Oktober 13, 2012 pukul 11:48 am

      Hal yg gaib tu menurut ane adalah hal2/ilmu yg blm kita ktahui caranya, jd klo dh tau ya bukan gaib lgi brooo…yg jls apapun di dunia ini ga ada yg ga mungkun, karena ktrbtasan kmampuan masing2 manusianya aja yg pada sok tau…mungkin bgitu mnueut ane yg sma2 trbatas pmahamanya, moga2 aja lumayan…

    roni said:
    Oktober 23, 2012 pukul 12:44 am

    memang kalo sulap ya menggunakan trik, beda dengan yang namanya ilmu kebal. disitulah perbedaannya. sulap untuk hiburan, kalo ilmu kebal untuk bela diri. trik yang akan terlihat luar biasa sudah banyak diungkap. silahkan lihat perbedaan antara trik dengan kemampuan/keilmuan

    pengin tanya said:
    November 16, 2012 pukul 9:53 pm

    Pak perdana,
    Kalo ilmu kebal itu ga ada tolong di jelasin logikanya waktu penggerebakan org yg namanya tarzan yg di berondong ratusan peluru,buka youtube “tarzan kebal di tembak 100 peluru”
    Dan itu bukan video amatir lho..itu video tayangan sebuah stasiun TV swasta jadi pasti otentik dan valid tanpa rekayasa.

      ragil said:
      November 22, 2012 pukul 11:39 am

      anda bisa menganalisisnya sendri videonya bro, coba deh diputar videonya tnpa menggunakan suara.
      ingat bro, di seluruh dunia sudah banyak sekali pemberitaan media hoax, jangan mempercayainya begitu saja.

    Jungwah said:
    Desember 21, 2012 pukul 4:26 pm

    wah, pak akmad ini pemain debus juga ya? kok tau sebegitu detailnya sih…

    Jungwah said:
    Desember 21, 2012 pukul 6:38 pm

    halo saya kembali lagi…

    di Indonesia pernah ada seorang pahlawan dari Jawa yang dengan ilmu yang dimilikinya mampu merobek bendera milik Belanda yang berkibar. padahal saat itu ia sudah ditembak berkali-kali oleh prajurit belanda, namun tidak tertembus satupun peluru. Setelah merobek bendera belanda (bagian yang berwarna biru), lalu ia juga berhasil membunuh pemimpin belanda dengan senjata tajam. Namun setelah ia kembali, di tengah perjalanan ajal menjemputnya, karna jimat anti peluru yang dipakainya jatuh karena tersangkut. dia kemudian tewas ditembus peluru. ia mati sebagai pahlawan. sampai-sampai kisah ini pernah difilm kan… dia adalah lelaki yang bernama Hasan.

    selain kisah ini ada lagi kisan nyata yang sangat dikenal di kalangan orang Betawi, yaitu kisah si Pitung. pahlawan Betawi.

    yuniar said:
    Januari 25, 2013 pukul 9:02 pm

    ilmu kebal itu emg ada bro, di dunia ini apa sih yg gak ada? di dunia ini super lengkap, contoh nabi ibrahim as bisa kebal dari api, gak bisa di pungkiri lagi itu tertulis dlm al qur’an, dlm sejarah jg bnyak org yg memiliki ilmu kebal, sbg contoh syeh magelung jangankan badannya rambut’y pun tidak bisa di potong oleh siapapun

    yuniar said:
    Januari 25, 2013 pukul 9:13 pm

    di daereh sy masih banyak pertunjukan debus/kuda limping, yg mau sy tanyakan g mn nih trik nya org yg ky kerasukan kmudian makan ayam hidup,ikan hidup,pecahin gelas di kepala,kmudian pecahan gelasnya di makan, di telan ke dlm perut, buka kelapa pake gigi kemidian di pecahin di kepala, mecah mcahin bata di kepala apa itu ada trik’y juga? klo di pikir secara nalar gak mungkin coba az anda makan ayam hidup apakah berani,

    yuniar said:
    Januari 25, 2013 pukul 9:16 pm

    di dunia ini gak ada yg gak mungkin, itu semua tanda tanda kekuasaan Allah
    tertulis juga dlm al qur’an jika Allah berkehendak maka terjadilah

    Pengguna Satelit News said:
    Januari 27, 2013 pukul 2:44 am

    Semua orang yang tdk percaya dg komennya di atas sama seperti saya sebelum mempelajari langsung ilmu kebal itu. Tapi setelah merasakan sendiri, trnyata tdk ada yg tdk mungkin bagi Allah SWT. Jika Ada yg tdk percaya knapa hrs berseteru, Anda lebih baik buktikan dg semua teori Anda sesuai kemauan Anda bersama orang2 debus tersebut ! Teori Anda2 di atas hanya logika Anda yg tak berdasar karena bukan hasil mencoba. Jika Anda ragu, mintalah saling bacok dengan pemain debus yg kebal itu. Caranya : ukur power bacokan yg diminta masing2. Pasti pemain debus meminta seperti ini : Bacoklah saya 5 kali sekeras Anda inginkan, dan akan saya bacok Anda 1 kali sekeras Anda minta ! jika Anda org yg tdk kebal, dengan ijin Allah Anda akan jebol walau bacokannya tdk terlalu keras !
    Semoga Allah mengampuniku jika ini suatu kesombongan. Salam persahabatan utk semua !

    Petaling said:
    Januari 28, 2013 pukul 12:26 pm

    ilmu kebal lagi2 ilmu kebal dulu sya pernah ada kejadian didaerah sya pulau bangka provinsi bangka belitung,tepat nya di kota pangkalpinang ,ada 2 orang sahabat yg bermaksud balas dendam dengn musuhnya warga kampung dalam,setalh musuhnya dlabrak habis2an,warga kmpung dalam meneriaki k 2 org tersebut maling,sehingga warga datang mengepung n mengahajar 2 org pemuda tersebut dengan berbagai snjata ada pakai parang,clurit,kayu n bambu runcing,tapi 2 pemuda tsb gk apa2 malahan warga yg mngeroyoknya justru berjatuhan n banyak yg terluka,padahal k 2 pemuda tsb hanya berbekal tangan kosng,kmudian hari diketahui klu k 2 pemuda tsb murid dari perguruan BELADIRI TAWAKAL KAMPUNG KERAMAT PANGKALPINANG,
    apakah ini termasuk trik sulaap………??
    sya yakin trik sulap memang ada tapi ilmu yg sifatnya bikin orang kayak kebal juga ada,permaslahannya tatacara mendapatkan n tujuan ilmu itu sendiri apakah ada unsur syirik atau tidak,percuma saja sakti mandraguna didunia kalu dk jamin masuk syurga tapi setelah matinya masih masuk neraka he.he.he……….

    yogie said:
    Februari 23, 2013 pukul 12:16 pm

    Yang buat thread kurang kerjaan, menurut saya debus seperti halnya sulap, kesenian dan kebudayaan lokal bagusnya didukung terus agar bisa di buat go international, bisa di banggakan di mata public, sekarang ini masyarakat lebih banyak mencibir dan mengkatrokkan budaya lokal. Memalukan sekali, padahal budaya2 ini dulunya saran mempersatukan masyarakat indonesia. Salam KITA INDONESIA.

    rahasia blog said:
    Maret 7, 2013 pukul 12:12 am

    kdang ada yg mnggunakan sihiirr..

    Yusuf Nag Perikanan Unisa said:
    Maret 13, 2013 pukul 3:11 pm

    maff nie,percaya tdk percaya itu tergantung dari kta sendiri………………..

    fatir said:
    Maret 20, 2013 pukul 11:45 pm

    mf v sy kurang sepndapat dgn anda, mslahnya di tmpat sya/suku sya sering terjadi perang antar desa jadi mereka saling bacok membacok, bahkan saling menebas dengan pedang, apakah itu pake trik juga? kalau pake trik lebih baek mereka menghibur di atas panggung aja, dari pada banyak korban lain yang berjatuhan, ea mungkin kalau para pemain kuda lumping sprti tu tp lain hal dgn di tmpat sya krna di tempat sya bukan ti tunjukkan sbgai hbura tp murni permusuhan, makasih

    […] dapat direplikasi secara sempurna, bahkan lebih baik oleh para pesulap melalui trik. Beberapa artikel yang diulas blog metafis dan artikel lainnya mengulas dengan sangat detail trik trik yang digunakan dalam atraksi atraksi […]

    fajar adhietya putra said:
    April 4, 2013 pukul 11:41 am

    mantap gays

    yuniar said:
    April 24, 2013 pukul 8:34 pm

    allah lebih tau dari kita, tp yg bikin blog lebih so tau, , ,
    tau nya cuma teori prakteknya gak bisa . . .
    pantas saja negara kita sangat tertinggal krn org2 nya cuma bisa teori doang. . . . . .

    Pandi Rusmanto said:
    April 28, 2013 pukul 11:36 pm

    Mo trick ato nggak tujuannya jelas kebnyakn untuk riya menyombongkan diri terlebih lg ibadah atau menjauhi larngan agamA hnya untuk menjga ilmu tetap melekat. Lillahita ala nya belakangan. Belum lgi pd saat ujian akhirnya di sertai dg khurafat yg jauh dr sunnah. Kalo d bangka istilahnya d langir(d mandi dg perasan jeruk dll).
    Rosulullah pernh terluka dlm peperangn namun tidak pernh mngajrkn ilmu kbal segla. Berdoa aja buat keslmtn dunia akhrrat jauh dari kesirikn itu lebih menenangkn

    thejangkrikv003 said:
    Mei 7, 2013 pukul 8:31 pm

    Ilmu kebal itu hoax. Yg diceritakan para pendukungnya disini hanyalah untuk kesombongan. Sampe mereka lupa diri dan mngatakan Tidak percaya kebal=Tidak percaya Tuhan. Salam taik babi buat semua yg percaya pd ilmu kebal.

    yuniar said:
    Mei 19, 2013 pukul 8:20 pm

    mgkin pada zaman rosululoh gak ada musuh2 islam berilmu kebal / di sebut kesaktian, sedangkan di tanah jawa bnyak org2 yg berilmu hitam yg menolak datangnya islam, maka terlahir pula wali2 allah yg mempunyai kesaktian / di sebut karomah. sperti syeh arifin syam, rambutnya aza tak mempan di potong, jadi kesimpulannya allah itu maha adil. .

      abdullah said:
      Juli 29, 2013 pukul 11:26 am

      ngakak bacanya…
      tidur ya……bangun
      Ghaib itu Urusan ALLAH Azza Wa Jalla.
      Indonesia Sakti??? sakti gundulmu, di jajah aja 350tahun, makan tuh sakti
      mau aja di bodohi

    yuniar said:
    Mei 19, 2013 pukul 8:27 pm

    mf yah, apakah salam sama taik babi tidak merupakan lupa diri, justru itu lupa diri banget sampe2 taik babi di ajak salam, bukan kah babi itu najis apalagi taik nya, coba di pikir lagi berulang ulang betul apa kagak?

    piyok said:
    Mei 22, 2013 pukul 8:59 pm

    numpang komen bro,
    kebal gak percaya bro,,,,,,,,,,,,,,,,,hahahahhah,tahayul tu

      yuniar said:
      Juni 10, 2013 pukul 7:58 pm

      kalo yg gak percaya bukan termasuk org islam, tau gk alasannya?

    Joko Ngawur said:
    Mei 29, 2013 pukul 12:31 pm

    Saya tidak pernah belajar ilmu kebal, tetapi suatu ketika saya mencoba mengiris lengan saya dengan golok, dengan keyakinan yang teguh saya mencobanya alhasil saya tidak apa-apa namun setelahnya ada bekas sayatan di lengan saya walaupun tidak keluar darah.
    Mangga atuh dari cerita saya ditanggapi sebenarnya ada fenomena apa di dalam tubuh kita ini…..lanjut.

      yuniar said:
      Juni 10, 2013 pukul 7:55 pm

      kalo yg gak percaya tahayul bukan termasuk umat islam, tau gak alasannya?

      yuniar said:
      Juni 10, 2013 pukul 7:57 pm

      kalo yg gak percaya tahayul bukan termasuk umat islam

    Joko Plentung said:
    Juni 6, 2013 pukul 6:06 pm

    ah saya pernah makan rendang padang dua potong nggak apa2 tuh….

      yuniar said:
      Juni 10, 2013 pukul 8:00 pm

      kalo sy makan rendang 6 potong terlalu kekenyangan

    Bg aQin said:
    Juni 18, 2013 pukul 10:53 pm

    Mengapa kita harus berilmu kebal?? sementara kita sendiri sudah diberi ilmu kebal..

    Saya setuju sama tulisan si Mas, pikiran kita yg luas bisa meyebabkan kita kebal terhadap sesuatu seperti cerita cemiti dan karton diatas. Bahkan dengan pikiran yg sempit pun manusia bisa kebal, contohnya: kebal kupingnya terhadap hal2 yg benar dan baik. Bersyukur pada Allah SWT adalah yg terbaik dimuka bumi ini: Alhamdulillah, kita hidup diberikan semuanya.

    Tampan Siregar said:
    Juni 30, 2013 pukul 1:57 pm

    klo itu memang aa kenapa rasululloh ta’ seperti itu
    bahkan beliau luka waktu perang …..

      matafisik said:
      November 25, 2013 pukul 8:16 pm

      Rasulullah memang luka tapi apa ada yang tau bagaimana sembuhnya luka rasulullah, Waktu perang uhud Rasulullah terluka sehingga topi besi beliau menembus pipi hingga rontok gigi beliau, apa ada sahabat yang mengatakan setelah itu Rasulullah ompong…. tidak kan……
      Bahkan pada waktu itu ada sahabat yang lepas matanya hingga biji matanya hanya menggantung di urat matanya…. apa yang terjadi, Rasulullah kemudian memasukkan kembali biji mata sahabat tersebit hanya dengan menjamahkan telapak tangan beliau mata sahabat tersebut sembuh seperti sedia kala.
      Terlalu naif kalau membanding segala sesuatu dengan Rasulullah tanpa memahami dan mengetahui sejarah kehebatan dan kegaiban/mukjizat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW.

        Widjojo responded:
        November 25, 2013 pukul 9:23 pm

        Waktu perang uhud Rasulullah terluka sehingga topi besi beliau menembus pipi hingga rontok gigi beliau….

        Hadits lengkapnya bagaimana, riwayat siapa, shohih?

        Rasulullah kemudian memasukkan kembali biji mata sahabat tersebit hanya dengan….

        Hadits lengkapnya bagaimana, riwayat siapa, shohih?

        Terlalu naif kalau membanding segala sesuatu dengan Rasulullah tanpa memahami dan mengetahui sejarah kehebatan dan kegaiban/mukjizat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW.

        Anda yang sudah paham, silakan menjelaskan agar admin dan pembaca blog ini juga paham.

    no ro said:
    Juli 10, 2013 pukul 10:35 pm

    intinya untuk apa semua ini??????semua bisa dijelaskan secara alamiah,,,,,,karena ghaib pun juga ada di alam yang alamiah…………..

      abdullah said:
      Juli 29, 2013 pukul 11:23 am

      ghaib urusan ALLAH Azza Wa Jalla.
      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saja tidak tahu jika tidak diberotahu ALLAH Azza Wa Jalla, apalagi anda apalagi kita.

    urung rembug said:
    Agustus 5, 2013 pukul 1:31 pm

    memang jaman sekarang orang pintar itu sangat banyak tapi klau mencari orang pintar dan bijak serta bisa dipercaya itu sangat susah.

    ilham said:
    Agustus 26, 2013 pukul 3:03 pm

    sesungguhnya kebal memang ada, dan itu melalui proses mengolahan, hanya saja itu semua tidak ada arti dikarenakan hanya untuk ilmu dunia.

    abdi nu teu tiasa nanaon said:
    September 10, 2014 pukul 5:44 pm

    maaf ya pa…apakah anda berani mencoba sendiri…Yang namanya kebal dari golok bahkan di potong anggota tubuh kemudian disambung lagi…atau hal aneh bagi manusia lainnya..itu memang benar ada. Di pesantren Garut atau Sukabumi atau Banyuwangi banyak yang mahir..dan yang dibaca atau diwiridkan ya dari surah Al Quran atau nama Alloh. Itu sebenarnya semua datangnya dari Alloh dan ijin dariNya,wallahu.. Jaman dulu pesantren kan dan para pendakwah itu harus menempuh perjalanan yang berbahay..jadi wajar saja mereka melakukan pendalaman untuk membela diri. Maaf pa, jangan mengukur baju sendiri kepada orang lain. Apakah bapak berani adu membacok tangan bapak dengan golok yang sama dan yang tajam…mangga…diantos juragan…punten anu kasuhun wasalam

    mukhtar amin said:
    Oktober 11, 2014 pukul 12:26 pm

    aslm. maf untuk semuanya…kalau menurut saya mau kebal mau enggak yang penting ibadah kepada Allah swt..karna yang kebal atau yang tidak tetap akan mati.trimakasaih.wasalm

    jingga said:
    November 25, 2014 pukul 9:58 pm

    monggo pak akmad di praktekkan triknya di shooting ya… dan di upload di yutub ya… biar orang orang tau kalau itu hanya trik.
    – kebal bacok
    – gulung gulung di pecahan kaca dan duri salak
    – di tabrak mobil truk
    – makan beling
    – dll
    saya tunggu pak …. yutubnya

    bayu said:
    Januari 29, 2015 pukul 8:58 am

    kalau makan paku n sampai ditelan itu gimana? padahal saya beli sendiri paku itu 2 kg

    rian said:
    Februari 20, 2015 pukul 4:02 am

    Ilmu Kebal tidak ada Bro..semua trik,Gaib itu Hal yang kita tidak tahu,jin itu bisa melihat kita dan kita tidak bisa melihatnya tapi dia bisa melihat kita (so jadi kita yang katanya bisa melihat jin pikirkanllah sendiri apakah itu mahluk yang dimaksud?oleh Allah ) silahkan pikirkan ! apa yang sebenarnya yang di lihat ingat Ayatnya jelas! …

      wong ndeso said:
      Juli 17, 2015 pukul 11:04 pm

      manusia hanya bisa melihat jin dengan wujud bukan aslinya, karena memang jin dikasih alloh kelebihan utk bisa merubah ubah wujudnya, kalo ngaji jgn sepenggal sepenggal gan.

      Dan untuk ilmu kebal, yakinlah itu bisa saja terjadi karena kekuasaan Alloh. Itu jika Anda beriman.

    chairul rohmatul said:
    Februari 28, 2015 pukul 6:53 pm

    tapi jika kita melakukan atraksi nyunyah beling bnyak orng ada yg luka lidah,a.itu knpa

      Widjojo responded:
      Februari 28, 2015 pukul 8:38 pm

      Kegagalan teknis, gangguan dari pihak lain, kurang menguasai trik, dll.

    pujo said:
    Juni 8, 2015 pukul 7:29 pm

    ane percaya ilmu kebal,,,

    ngambil contoh kok jauh ampe kjaman rasulullah saw,,,nah ente” smua tau ga dijaman rasulullah ga da kndaraan ky jaman skarang,,,dlu orang kbnyakan naik onta,,

    klo pmikiran ente yg ga percaya ilmu kebal krna dijaman dulu rasul ga kebal,,ente gatau ane pun jg ga tau dkhidupan asli dan nyata nya rasul itu gmana,,,

    kalo seandainya ente kerja/beraktivitas kembali ky jaman rasul mau ga?,,,cntoh naik onta misalnya,,,dlu ga ada alat komunikasi ky jaman skrg,,,contoh handphone

    ente mau ga kmunkasi ma kluarga ente cma pke surat,,,yg sampe ktujuan nya lbih lama dr sms,,,ckckckc

    dsini ane cma mw brpendapat aja,,,kita smua saudara,,ane hargai yg ga percaya kebal

    cuma klo udah meremehkan debus,,,itu sama aja udah mremehkan budaya indonesia yg udah agak jarang,,,sharusnya kita smua bangga,,,indonesia punya bnyak budaya,,,slah satu ny debus

    smoga budaya indonesia slalu ada yg mlestarikan,,,no offence,,hnya saring,,,maaf.in ane kalo ada salah” kata….

    suryadi haris said:
    Juni 26, 2015 pukul 11:07 am

    aneh jika orang orang terlalu yakin benar dengan pendapatnya. Apalagi orang islam syarat menjadi seorang muslim dalam islam adalah rukun Iman yang di situ jelas tertera” iman kepada yang ghaib” iman disini adalah percaya . jadi jika anda muslim wajib percaya. kenapa kita harus saling mempertentangkan yang tak percaya silahkan, yang percaya alhamdulillah karena anda punya iman.
    Allah menciptakan isi bumi dan langit ini berpasangan baik dan buruk, ,siang malam, laki laki dan perempuan dan sebagainya. termasuk logika dan ghaib. apa yang ditulis, anda tidak akan percaya jika anda tidak mengalami, melihat dan mepelajari sendiri . jangan mencoba sendiri sama aja bohong minimal lakukan oleh orang lain ke diri kita baru bisa kita tau secara teoritik apakah itu trik atau benar adanya, baru bisa yakin. jangan meghakimi tahayul atau bukan, jangan menghakimi ,

    Dalam buku Al JIN saya pernah baca mereka mempunyai kehidupan dan tekhnologi seperti kita , merek belajar keilmuan sama seperti manusia, dengan berbagai agama dan kepercayaannya. dan mereka belajar bagaimana bisa menmpakan diri kepada manusia. supaya manusia yakin dan percaya dengan keberadaan mereka. wallah hu alam, dan untuk menampakan diri mereka itu tidak lah mudah, mereka perlu ilmu yang bersifat ghoib bagi mereka, maka Allah menyeru ” aku ciptakan Jin dan Manusia hanya untuk beribadah kepadaku, kalo syetan gak da udah di ultimatum pengisi neraka juga malaikat dah di ultimatum mengisi surga.

    Jadi ke ilmuan ada yang bersifat ghoib yang benar hanya dari Allah SWT. semata, dan keilmuan ghoib yang bersifat akal bulus syetan jin dan manusia. itulah perbedaan yang saya pelajari jadi waspada dan hati hati dalam memilih keilmuan jangan sampai kena tipu daya. yang bisa mendatangkan takhayul, syirik, musrik, dan menyekutukan ALLAH SWT

    karena zaman juga berbeda orang dulu ma sekarang beda qualitas,. yakin lah Alah maha kaya maha berkehendak, maha ilmu dan maha berkuasa, pelajari ASMA UL HUSNA,bagi anda yg percaya logika saya mau tanya apa ada manusia yang mencitakan manusia. kalo anda jawab ada dengan proses perkawinan itu mah bukan menciptakan .itu suatu proses. da kita bisa pertanyakan pada diri kita siapa yang menciptakan kita, sampai kita tahu asal usul manusia dan siapa yang menciptkan manusia. baru anda akan yakin pada yang Maha ghaib. yaitu ALLAH SWT.

    apa ada manusia yang bisa menciptakan planet , apa ada yang bisa menciptakan ruh, apa kita tau bentuk ruh , kenapa kita mati? itu semua hal ghaib dan Allah berfirman dari Alquran yang pernah saya baca tapi saya lupa dalil naqli nya, jangan lah kalian mempertanyakan dengan ke ghaiban ku karena kalian tak kan mampu mempelajarinya , yang sudah kita pelajari ini sangatlah kecil, belum ada apa apanya, jadi yakinlah ghai itu ada. kenapa pada pesugihan ,nyiroro kidul pemujaan, syetan, malaikat, knapa di Bali banyak pura tempat sembahyang? kenapa ada santet, guna guna, leak dan lain sebagainya? karena mereka percaya ghaib jadi maaf bagi yang gak percaya ghaib anda ajaran dari mana? orang kristen aja percaya ghaib roh kudus jesus kristus lalu apa anda pernah bertanya diri anda siapa yang menciptakan mereka? tolong jangan picik apalagi maaf anda yg memberi nama” ahli surga” sombong banget kayanya apa anda yakin bakal jadi ahli surga????? yang pake salam tahi babi anda tolong lah dalam forum seperti ini jangan menulis begitu tolong di koreksi kembali dan minta maaf.

    syetan yang dilaknat oleh Allah SWT. yang dijamin sebagai ahli neraka telah meminta Kepada Allah agar mereka dihidupkan sampai akhir kiamat untuk mengoda, menjerumuskan manusia kedalam kesesatan dan dosa, agar menjadi penghuni neraka. dan Allah mengijinkan dengan catatan Bahwa Allah akan mengampuni manusia yang mau bertobat dan membaca istigfhar bila berbuat salah. itu sebagian ilmu yang say dapat dari ceramah para ustad, kyai dan para ahli agama, jujur aja saya bodoh dalam masalah agama,

    Subhanallah. saya pribadi bukan orang benar atau baik, saya orang yang penuh dosa ,suka jinah suka judi suka minum. dan saya tau itu perbuatan dosa yang dilarang agama tapi saya belajar tuk jadi benar menuju jalan yang di ridhoi Allah SWT. tapi keyakinan saya teguh apa yang benar akan saya katakan benar, apa yang salah akan saya katakan salah, apa yang halal akan saya katakan halal. dan sebaliknya, begitu pula yang hak dan bathil dalam agama tiulah kebenaranya,

    segala ke ilmuan yang ghaib tak kan pernah sama jika dibandingkan dengan teoritik, logika dan nalar manusia karna manusia punya keterbatasan.
    sekali lagi saya mohon maaf bila tulisan ini menyinggung atau mencela, dengan segala kerendahan hati para komentator sudi memaafkan saya, dari sekarang mari galang persatuan dan kesatuan jauhkan diri dari perbedaan, jauhkan diri dari kebencian dan amarah,nikmati indahnya kedamaian dan kebersamaan sebagai anugrah yang terbatas, mari kita sama sama bertobat menjalankan kebajikan dan ibadah menurut kepercayaan masing masing. semoga Allah selalu memberi taufik dan hidayahnya pada kita semua dengan keilmuan yng nyata secara logika dan akal manusia, juga keilmuan yang bersifat ghoib yang perlu kita kaji dan dalami. terimakasih wassalam

    wong ndeso said:
    Juli 17, 2015 pukul 10:54 pm

    Artikel yang merusak keyakinan akan kebenaran.
    Saudara pembuat artikel, tolong jelaskan trik apa yang digunakan seseorang yang sakit karena teryata waktu dilakukan pemeriksaan medis, ternyata didalam tulang tubuh orang yang sakit itu ada semacam jenis “paku”.
    Jika memang saudara adalah termasuk orang yang beriman, sadarilah bahwa nalar, pikiran, logika bahkan kemampuan manusia itu sangat terbatas. Hanya yang Maha Mengetahui lagi Maha Mendengar. Alloh yang Maha Kuasa.

    wong ndeso said:
    Juli 17, 2015 pukul 11:26 pm

    pembuat artikel kunjungi web ini PENTING BUAT LOE !!!

    abdullah said:
    Agustus 16, 2015 pukul 12:11 pm

    Anda gak percaya ghaib?? Terserah..
    Tapi kalo anda islam wajib percaya,
    Karena gimana anda mau bersyahadat kalo anda ngaku bersaksi tapi tak melihat “SAKSI PALSU”
    .

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s