KESAKSIAN MANTAN MASTER WASKITA REIKI (2)

Nama saya Bayu (nama samaran), umur 32 tahun, agama Islam alamat di Temanggung. Sejak selepas SMU ( 1993 ) saya menderita hipertensi, saya sudah berobat kesana kemari baik yang medis maupun non medis tetapi tidak ada hasilnya, hingga awal Juli 2004 saya mulai mengenal yang namanya REIKI, melalui yayasan W Reiki Magelang. Pertamakali saya mendapat informasi tentang reiki dari istri yang kebetulan dikantornya setiap minggu diadakan pengobatan massal, pertama kali saya ditransfer energi, badan saya bergerak dengan sendirinya begitu hebatnya sampai sampai kursi yang saya duduki bergerak gerak selama setengah jam, setelahnya saya merasakan badan saya agak enak, kemudian malamnya saya minta ditransfer lagi, karena merasa hasilnya enak saya berniat ikut lokakarya, tetapi dalam hati saya ada keragu raguan transfer energi ini bersinggungan dengan jin ataukah tidak ya. Setelah berdiskusi dengan istri dan beberapa praktisi yang sudah saya kenal, mereka meyakinkan saya bahwa reiki ini tidak menggunakan/berkolaborasi denga jin, maka dengan hati mantap minggu itu juga saya ikut lokakarya yang diadakan di hotel Puri Asri Magelang.


Kebetulan saya di inisiasi oleh ibu Rose, setelah lokakarya saya diwajibkan untuk menjalankan semacam penyembuhan diri sendiri ( self healing ), dan meditasi selama 21 hari tidak boleh absen harus terus menerus. Setiap self healing dan meditasi badan baik tangan dan kaki selalu bergerak sendiri kadang kadang seperti senam TAI CHI setelah hampir sekitar 6 ( enam ) bulan saya sudah bisa menggambar diudara berbagai bentuk simbol REIKI yang katanya seharusnya untuk anggota yang paling tidak sudah mempunyai tingkatan R2, tetapi saya kok sudah bisa, saya heran dan kemudian saya bertanya kepada praktisi yang sudah senior, beliau bilang bahwa saya punya bakat untuk menjadi penyembuh. Perlu saya informasikan bahwa tangan kiri saya juga sudah bisa mendeteksi penyakit atau bagian tubuh pasien yang sakit walau hanya dengan menggunakan tangan ditempelkan dengan jarak sekitar 10 cm dari tubuh pasien, tentu saja saya sangat bersyukur ternyata saya dikaruniai bakat seperti itu, dan reiki ini memang bisa menstabilkan tekanan darah saya sehingga saya merasa sehat dan hal hal yang dulu tidak bisa saya lakukan setelah REIKI saya bisa melakukannya lagi.

Saya rutin melakukan self healing dan meditasi setiap hari sapai pada tanggal 29 April 2005, setelah saya melakukan transfer energi kepada istri dan kakak, kok tiba tiba bibir saya terasa merot dan menebal. Saya panik saya katakan pada istri saya kok bibir saya merot, baru saya sadar bahwa ini berkaitan dengan tensi, dengan berlari dan panik saya menggedor pintu tetangga yang kebetulan seorang medis, saya minta ditensi dan ternyata tensi saya waktu itu 250/150. Bersama istri saya langsung ke Rumah sakit saat itu juga, sesampainya di UGD saya sudah tidak sadar diri. Paginya saya diberitahu dokter bahwa saya terkena serangan stroke otak kiri yang menyebabkan tangan kanan saya lumpuh dan tidak bisa bicara dan anehnya saya lupa semua bacaan sholat kecuali kata kata ” ALLAH “.
Yang saya ingat pada waktu itu saya harus segera minta tolong praktisi yang sudah senior di Magelang untuk mengirimkan energi dan mereka mengirimkan energi berturut turut selama dua minggu rutin, pada hari ketiga tangan kanan saya sudah bisa digerakkan walau hanya diangkat sedikit, bicara saya sudah lumayan bisa didengar, setiap sholat saya minta bantuan istri untuk mengajari saya bacaan bacaan sholat, dan enehnya lagi saya tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa jawa ( banyak kosa kata yang hilang ). Selama itupun saya berkomunikasi dengan bahasa indonesia dengan dialek barat ( jawa Barat ) apalagi kalau sudah menghafalkan bacaan sholat dialek saya seperti orang yang sudah fasih berbahasa arab, saya menyadari mungkin ini akibat dari stroke itu sendiri.
Pada hari ke malam ke tujuh atau delapan hari saya opname saya bermimpi. Saya dalam mimpi itu pada keadaan hampir buta lalu saya mencari Bpk.Tjipta dan Bu Rose kesana-kemari lalu tiba-tiba ada mobil sedan datang lalu keluar dari dalam mobil tersebut Bpk. Tjipta dan bu Rose beserta 2 orang pengikutnya yang kesemuanya berpakaian hitam hitam, mereka mendatangi saya lalu tiba-tiba mereka semua mengering dan menjadi seperti mayat lalu tiba-tiba dari arah belakang saya ada suara yang berkata:” kamu jangan ikut mereka sebab mereka sudah mati ! “, lalu saya kaget dan terbangun.
Saya termenung dan saya ceritakan kepada istri saya, berhari hari saya merenungi apa arti mimpi saya ini apakah saya ikut reiki itu salah, setelah saya bertanya kepada salah seorang ustad yang juga teman saya, saya dengan mantap sekali menutup chakra mahkota yang menandakan bahwa saya tidak ikut reiki lagi. Setalah 2 ( Dua ) minggu saya di opname saya dinyatakan boleh pulang tentu saja saya dibekali berbagai macam obat. Setelah 1 ( Satu ) minggu saya dirumah istri saya kadang kadang bertanya apakah saya marah padanya karena menurutnya pandangan mata saya seperti orang benci, saya katakan tidak, tetapi setelah berulang kali dia tanya akhirnya saya coba bercermin, lho ini bukan saya, mata saya tidak seperti itu dan lagi anak saya yang bungsu ( 3 th ) selama 2 minggu berturut turut setiap hampir tengah malam sampai menjelang subuh selalu menangis dan minta gendong tidak mau ditidurkan di kamar.
Karenanya saya dan istri mulai bertanya tanya ada apa ya dengan saya dan anak saya, kemudian kami bertanya kesana kemari akhirnya saya bertemu dengan dua orang teman lama: si A menyarankan untuk dibersihkan rumahnya oleh seseorang yang bisa dan kemudian memberikan alamat salah seorang sepupunya yang dianggap bisa, dan dengan Si B, justru dia mengatakan bahwa suami saya kemasukan jin, perlu diketahui si B ini seorang guru di sebuah pesantren di Temanggung, oleh si B si Jin ini sudah dikeluarkan dan bertanya pada saya apakah saya pernah bepergian ke daerah Barat dan kemudian dia memberikan deskripsi perawakan dan rupa si Jin yang sudah merasuki tubuh saya, si B berjanji akan rutin mengobati saya selama seminggu sekali dan memang dilakukannya.
Untuk si sepupu A pas hari minggu malam melakukan ritual pembersihan rumah, menurutnya dan ini dibenarkan oleh si B dalam waktu terpisah bahwa rumah saya di huni oleh 3 ( tiga ) gendruwo yang besar besar kekuatannya dan sudah berlangsung hampir 3 tahun lamanya, katanya lagi para gendruwo ini mempengaruhi atau memberikan energi negatif di rumah saya terutama untuk penyakit, perselisihan dan perekonomian dan dalam ritual itu sepupu A memasang 4 rajah di atas pintu pintu rumah saya. Tanpa bermaksud mengganggu si B juga memasang 1 rajah di pintu tengah, menurutnya setelah rumag dibersihkan maka saya aka sembuh kembali.
Selewat 02 bulan tepatnya akhir juni selama itu pula si B rutin mengobati saya, saya pun sudah bisa sholat dengan berdiri dan bisa jalan jalan walupun belum terlalu jauh, saya kembali diopname di Rumah Sakit, kali ini saya merasakan jantung tidak enak, tangan kesemutan, detak nadi semakin cepat dan berdetak ganda, lalu saya putuskan untuk opame lagi, si B pun heran katanya sudah banyak kemajuan kok bisa opname lagi, sepertinya dia pun heran.
Kemudian selang beberapa miggu saya dipertemukan dengan Widodo oleh salah seorang teman saya ini, baik si A, B ataupun Widodo adalah teman teman sekolah saya tapi tampaknya ada perbedaan, karena oleh Widodo saya di sarankan untuk di RUQYAH SYARI’AH sesuai tuntunan nabi SAW, dan Allah SWT memang memberikan hidayahnya. Tapi Widodo sendiripun belum tahu apakah ada orang di Temanggung yang bisa me-ruqyah saya mengingat kondisi saya yang belum bisa jalan jauh.
Setelah tanya sana sini kemudian saya meminta tolong kepada bapak Taufiq Hartono, oleh beliau saya di ruqyah sekali, tapi sebelumnya saya juga melakukan ruqyah sendiri atapun di bantu oleh Widodo secara rutin, dan juga meminta tolong kepada bpk Fuad Zein ( Ketua tim ruqyah Temanggung ) dan oleh beliau pun saya pernah di ruqyah sekali.
Dalam ruqyah kadang kadang kami dialog dengan si jin, kata jinnya “pak dalam dada anda ini ada sekitar 20 jin, kemudian di tangan kiri anda ada sekitar 17, dan masing masing ada 3 jin di tengkuk dan pinggang anda ini ( sesuai aliran energi dalam reiki)”, dan mereka mengaku didatangkan dari Tibet dan disuruh oleh Bp. Tjipta dan Bu Rose yang masuk setiap saya self healing maupun meditasi untuk kesembuhan saya.
Setiap saya merasakan jantung tidak enak atau tensi menaik atau detak nadi tiba tiba menyepat langsung saya hidupkan kaset ruqyah, hingga sekarang pun saya masih berikhtiar untuk mengeluarkan jin dari tubuh saya dengan terapi me-ruqyah mandiri maupun dibantu oleh Widodo dan Insya Allah tanggal 02 Oktober nanti saya beserta istri akan ke Kota Gede untuk ikut ruqyah di tempat Bp. Ustad Fadlan.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan hidayah-Nya kepada saya dan memberikan kesembuhan pada saya Amin. Dari peristiwa ini saya bersyukur bahwasannya saya diberikan petunjuknya untuk mengetahui dan insya Allah sekaligus mengamalkannya, dan juga saya bersyukur diberikan teman-teman dan keluarga yang ternyata sangat perhatian pada saya. Demikian kesaksian saya, apabila ada kekurangan atau kesalahan pada kata kata saya mohon maaf sebesar besarnya. Apabila ada yang dirasakan kurang, silakan menghubungi hp saya.Terimakasih.
Wasalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

104 thoughts on “KESAKSIAN MANTAN MASTER WASKITA REIKI (2)

    • Saya juga praktisi da master Waskita Reiki,semenjak 2001.Semua yang diceritakan saudara Bayu,bohong besar.Ilmu yang diajarkan di Waskita Reiki hanyalah ilmu do’a.Kalau anda memang muslim yang benar,pasti ALLAH maha segalanya,kenapa waktu pertama belajar reiki anda tidak istiqarah dulu.,Jadi saya sarankan jangan cari kambing hitam atas ketidak sholehan anda.

  1. AGAMA ISLAM MAKIN SEMPIT DAN KOTOR KARENA BANDIT-2 YANG MENGAKU ULAMA PALING “SHOHIH”. ISLAM DILINGKUNGAN MEREKA SEPERTI UNDANG-2 MENTAH YG KOLOT. KAMULAH PEMBUSUK-PEMBUSUK ISLAM TAPI MENGAKU “PEMBAWA AMANAT PALING SHOHIH” !!!!!!!!!!!!!!!! AUDZUBILLAHMINDZALIK. SEMOGA ALLOH MENGHANCURKAN ANAK ASUH DAJJAL SEPERTI KAMU.

    • saya cuma mampir baca2 di blog ini, menarik. Saya tidak atau belum punya kekuatan apa apa, agama saya juga pas pasan. saya tidak begitu tertarik ikutan debat karena pengetahuan saya juga minim. saya cinta Islam dan saya juga tidak bermasalah dengan reiki.

      Tapi, untuk orang orang yang berani pakai nick ALLOH, saya yakin andalah yang dajal. kalau memang anda sudah hebat sampai berani ngaku ngaku tuhan, saya dengan senang hati berbuat dosa besar bersihkan bumi dari orang orang seperti anda.

      saya penasaran seberapa hebat anda sampai pakai nama ALLOH?
      mudah2an Tuhan kasih pencerahan revolusioner kepada anda, amin

    • Tuk yang berani menggunakan nick “alloh”…
      Di samping anda bodoh, tak punya etika dalam berdialog, anda juga serakah melebihi Fir’aun…
      Mohon diingat, ketika anda berdiskusi di blog manapun menggunakan huruf kapital secara keseluruhan itu dianggap berteriak…berteriaaak…berteriiiaaakkk…

      Kosakata yg anda gunakan semakin memperlihatkan betapa kecilnya otak yg mengisi kepala anda.
      Atau anda memang tidak punya otak? Jika tidak pernah ada orang yg melihat otak anda, berarti anda memang tidak punya otak.

      Jika ingin mengkritisi pengakuan di atas, silahkan paparkan argument anda. Jangan hanya datang dengan pita suara tertarik kencang, namun menghasilkan suara sumbang.

      Anda menggunakan nick “alloh” itu sungguh memperlihatkan keangkuhan, kecongkakan dan kekufuran. Pantaskah anda menyetarakan diri anda dengan ALLAH??? Ckckckckckckck

    • Agama Kristen malah lebih KOTOR dan menjijikkan, karena dengan simbol YESUS yang dianggap Tuhan malah mati digantung telanjang lagi, kasihan orang Kristen malah senang berbuat dosa karena menganggap dosanya akan ditebus sang Yesus. Makanya pastor/pendeta biasa aja menghamili biarawati digeraja.

      • ini kan masalah orang-orang muslim, kenapa tiba-tiba anda menghujat Kristen? apakah memang dari kecil anda sudah diajari membenci Kristen? komentar anda memang mencerminkan siapa anda sebenarnya.

    • Rasulullah SAW tidak pernah melakukan REIKI, anda2lah yang tersesat. Saya kasihan dengan anda. Itu sudah pasti jika tidak sesuai dengan ISLAM maka syirik.

      • ya iyalah bos rosul juga ga pernah melakukan naek pesawat, naek motor, nonton tivi terus semua orang melakukan itu sesat.

  2. hahahahahahaha.. aneh, jika memang saat meditasi kita self healing, kenapa bisa ada jin masuk..?? mahluk2 halus itu, g akan bisa dan berani masuk k badan kita, krn perbedaan energi, mereka energina sungguh lemah, sehingga tidak mungkin masuk k badan kita yg punya energi besar, yang ada malah kita yg memberkati mereka dgn memberi energi kita dalam bentuk rasa kasih sayang,,, anda benar2 orang yg lemah.. setelah anda mendapat kesembuhan dari Tuhan melalui reiki, anda malah memfitnah sumber kesembuhan anda krn kesalahan anda sendiri dalam belajar.. anda tidak bijak dan tidak mendalam, anda tidak berserah pada Tuhan sepenuhnya, jika anda memang berserah pada Tuhan, anda tidak akan percaya pada orang lain melainkan hanya pada diri anda sendiri untuk hal apapun.. saya malah lebih percaya anda memuja Setan drpada memuja Tuhan,, tabiat anda tidak menunjukka kesetiaan, tidak menunjukkan kebajikan dan kebijaksanaan, tidak tau berterima kasih.. tanpa adan kesetiaan dan integritas, Jinlah yang hidup dalam diri anda, bukan diri anda sendiri.. reiki, prana, yoga, dan meditasi adalah you help yourself, bukan others help you.. andalah salah satu penyebab mirisnya orang memandang Islam yang agung.. jgn biarkan kepicikan, kebencian, dan manipulasi terbiasa dihidupmu, krn itu hanya akan memberikan buah2 yang busuk bagi keTuhananmu..

  3. Seorang muslim sejati kok masih percaya dengan kekuatan rajah-rajah…apa dalilnya penggunaan rajah? PA?

  4. saya bingung,,,kbnaran apa yg ada d dlam reiki ini,,,,,pdahal sya pngen mngikuti lakakarya,,,,,,,tpi stelah sy mndengar pngakuan ini ,,sya mnjadi bngung….

  5. sahabat,dalam belajar ilmu itu tidaklah mudah perlu waktu dan pembimbing namun kasus yang anda hadapi itu adalah kasus yang wajar,di karenakan mungkin sewaktu anda meditasi tidak melafalkan dzikir.baik reiki atau kundalini dan ilmu hikmah lainya sangat amat di perlukan pengendalian diri dan anda tidak boleh menyalahkan siappun disini,semua yang terjadi mungkin itu suatu hal yang tidak anda inginkan,serta pesan saya semua hal yang ada baik diri sendiri atau alam ini adalah kehendaknya.jadi jangan mencari kambing hitam,islam adalah agama yang selalu memberikan arahan dan bimbingan namun anda harus selalu melihat dan meneliti dahulu sebelum melakukan sesuatu.itu saja komentar saya karena saya hanya mengatakan yang saya tahu dan saya telah mengerti dan saya praktekan,semoga Allah memberi Rahmat kepada kita semua .dan Utama ke Nabi,Muhammad SAW

  6. Ah….waskita reiki memang master masternya mata duitan semua. Gue dulu dipaksa2 ikut lokakarya dg master2nya, dg janji2 muluk bhwa penyakit gue akan sembuh. Eh…sekali ikut, sdh bayar jutaan, belajarnyapun cuma setengah jam, pdhal gue ngak ngerti apa yg diajarkannya, abis tuh disuruh pulang. Penyakit gue ngak sembuh2, minta distance healing dg masternya malah dimarah2 katanya lg sibuk lah, abis itu tiap SMS dan TLP ngak pernah SMS. Ketemu pun gue dicuekin, masternya hanya ramah pd org2 baru yg mau ikut dan bnyak duitnya….sdgkan alumni2 R3 dan tingkat diatasnya ngak pernah diperhatikan. Dasar Master Waskita reiki mata duitan !!

    • Pak toha, ini ariyady R2 waskitareiki. apakah yg bapak katakan semua itu benar adanya ?. Sebabnya dulu sewaktu di kota baru bapaklah yg paling ambisi dengan ilmu2 reiki, sampai2 sebagian waktu bapak hanyalah untuk reiki dan rekan2 lainnya. Jadinya sekarang ini saya ragu untuk melanjutkan dari
      R2 untuk ke jenjang R3.
      Ariyady (R2) Kebun kopi-andil jaya _ JAMBI (085268788337)

  7. aku ga tahu ini bener apa bohong, tapi saya harap bisa dipertanggung jawabkan.. kalau benar saya harap semua pelaku segera bertobat dan kalau bohong ya tanggung sendiri dosanya ya mas.. yang membuat artikel ini..

  8. Dulu saya pernah ikut reiki sampai tingkat 2 ( gak punya uang untuk level 3). saya ikut lokakarya reiki 1, sering berpindah pindah master, krn gak merasakan apa2. tetapi ketika ikut attunment ke 2 di W reiki. dan melakukan self healing, pasti ada malamnya saya bermimpi ada setan perempuan berambut panjang dan tanpa wajah. akhirnya self healing itu saya hentikan, krn saya merasa aneh, kok tiap self healing mesti dikejar kejar setan, malah bkn kita yang ngejar2 setan.

  9. Wah, sama bu nurul. . . Saya juga R2 waskita reiki. Habis di inisiasi R2 dan melakukan self healing, setiap mlm sy slalu bermimpi dikejar2 syetan perempuan yg mirip sama kuntilanak. Stlh sy berhenti self healing, sy pun tidak pernh bermimpi dikejar syetan lg.

  10. Walah, sampean ini gimana to, lha wong jin yg ngomong kok langsung aja percaya, sampean tau ga, yg namanya jin, setan, iblis itu tukang bohong, 100 x ngomong A, cuma 1 yg jujur, yg 99 itu bohong, lha ini…kok percaya aja katanya jin itu datang dari tibet, disuruh inilah, itulah, jangan mau dibohongi jin syetan mas, monggo kita sama2 berlindung kepada Allah dari syaiton yg terkutuk

  11. Walah, sampean ini gimana to, lha wong jin yg ngomong kok langsung aja percaya, sampean tau ga, yg namanya jin, setan, iblis itu tukang bohong, 100 x ngomong A, cuma 1 yg jujur, yg 99 itu bohong, lha ini…kok percaya aja katanya jin itu datang dari tibet, disuruh inilah, itulah, jangan mau dibohongi jin syetan mas, monggo kita sama2 berlindung kepada Allah dari syaiton yg terkutuk..

  12. aku yo ra mudeng wis rasah golek ilmu2nan….olahraga aja yg teratur, makan2 yg aman dikonsumsi..wis tho mencegah khan lebih baek..gak usah jadi orang sakti..berdoa aja dgn iklas biar sehat, selamat dunia akhirat

  13. BUAT PAK BAYU….. ISLAM DI ZAMAN SAHABAT MERUQYAH UNTUK MENGOBATI PENYAKIT FISIK. NAMUN UNTUK KESURUPAN TIDAK PERNAH. KARENA DI ZAMAN SAHABAT TIDAK PERNAH ADA KESURUPAN.

    MEREKA HANYA MEMANJATKAN DOA. DOA DARI ORANG BERTAQWA SEPERTI MEREKA SUNGGUH MAKBUL.

    ITULAH GAYA RUQYAH SAHABAT YANG BERBEDA DARI YANG ADA SEKARANG. TAPI RUQYAH PADA INTINYA ADALAH PEMANJATAN DOA KEPADA SANG MAHA PENCIPTA.

    OLEH SEBAB ITU CUKUPLAH MENJADI INSAN YANG BERTAQWA. DAN JIKA ANDA BERANI, MINTALAH DOA DARI ORANG-ORANG SHALEH SEKITA ANDA.

    RAJIN BERSEDEKAH/ZAKAT, SHALAT MALAM, BERPUASA, DAN RAJIN MENCARI ILMU-ILMU AGAMA ALLAH INI. INSYA ALLAH SYETAN TIDAK AKAN BERANI MENDEKATI ANDA.

    • ISLAM DI ZAMAN SAHABAT MERUQYAH UNTUK MENGOBATI PENYAKIT FISIK. NAMUN UNTUK KESURUPAN TIDAK PERNAH. KARENA DI ZAMAN SAHABAT TIDAK PERNAH ADA KESURUPAN.
      maaf penjelasan anda salah besar, bahkan dizaman Rasulullah ruqyah sudah digunakan untuk mengobati orang yang kerasukan jin/kesurupan.
      Dari Mathar bin Abdur Rahman, ia berkata: “Telah diceritakan kepadaku ummu Abbad dari bapaknya bahwa kakeknya Az-Zari pergi menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan membawa anaknya yang gila, diceritakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memukul punggung anak itu seraya berkata ”Keluarlah hai musuh Allah” Kemudian anak itu menatap dengan pandangan yg sehat tidak seperti sebelumnya.”
      Dari jabir bin Abdullah, ia berkata: “Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam perang Dzatur Riqa’. Ada wanita membawa anaknya yang dikuasai syaithan, maka Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata ”Dekatkanlah anak itu padaku”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membuka mulutnya dan meludah kedalam mulut anak itu seraya berkata ”pergilah musuh Allah”.

      • Yang mengobati Rasulullah lho pak. Nabi Allah, Bukan manusia biasa. Dan ika Rasulullah adalah teladan yang baik bagi kita , lalu apakah para peruqyah sekarang juga MENGIKUTI cara Rasullullah dalam menyembuhkan orang-orang yg (katanya) kesurupan dengan ‘meludah kedalam mulut’ ????
        Hati-hati pak dengan tipu muslihat syetan, yg melencengkan amalan2 hamba Allah yg taat. Toh sudah banyak yang bilang katanya organisasi/aliran/apalah yg bilang atas dasar ajaran Islam tapi dibilang syirik/bid’ah/sesat oleh orang/organisasi/aliran/apalah yang juga menganut agama Islam.

        cukuplah Allah saja bagi kami sebagai pelindung, penolong, dan tempat berserah diri kami.

      • @ barong

        yuk kita sama-sama berdoa semoga Allah memberi pemahaman yang baik/benar pada kita mengenai hadits-hadits Rasulullah, untuk menghilangkan kebodohan (ketidaktahuan) terhadapnya.

  14. saya juga praktisi reiki 3.tp sampai skr tdk pernah alami hal2 aneh.Hilangkan jin,setan dan sejenisnya dr pikiran dan hati kita,niscaya makhluk2 tsb juga tdk akan msk ke alam pikiran kita.Luruskan niat bhw kita ikut reiki semata2 adl utk kesehatan,agar dg badan yg sehat kita dpt beribadah kpd Allah dg lbh baik.Jangan ikut reiki krn berharap dpt mjd org sakti atau punya daya linuwih.

  15. Assalamualaikum. wr.wb.
    Setau saya Nabi Agung Muhammad SWA. tidak mengajarkan meditasi ataupun yang lain, ada juga kewajiban sholat 5 waktu plus sholat sunah. lagian ga pernah ada cerita Nabi punya tenaga dalam, ikutan perang juga seperti manusia biasa luka dan berdarah. Contoh ajalah Nabi besar Muhammad SWA, ga usah neko-neko

    • Nabi memang tak pernah meditasi,….
      meditasi, samadhi, tafaqur, uzlah, wukuf , esensi nya masih itu-itu juga , hanya istilah saja yang berbeda.

      Tapi jangan lupa Muhammad al-Amin pembawa ajaran islam mendapatkan wahyu pertama adalah dengan aktifitas BERTAPA di Guha Hira.

      Dan apapun yang diperbuat Muhamamd al-Amin hingga kerasulan adalah uswatun hasanah.

      Kita hanya menduga-duga saja bedasarkan keterangan hadits dan tarikh, yang hanya 1/3 nya saja oleh para ulama, karena beberapa bagian lagi tarikh Nabawiyah banyak yang hilang literturnya, dan terkontaminasi oleh bebagai kepentingan kelompok dan golongan islam yang sangat beragam terpecah belah.

      Sehingga kebenaran itu bagai cermin yang retak, hanya dapatkan kepingan kecil saja, itupun di klaim yang paling benar oleh masing-2 kelompok & golongan. Jadi kebenaran yang dikalim oleh masing-2 kelompok gholongan itu adalah sangat-sangat relatif menjauhi kebenaran yang haq.

      Bila itu kebenaran mutlaq maka umat islam akan mudah bersatu dan tidak saling menyalahkan.

      • Kita hanya menduga-duga saja bedasarkan keterangan hadits dan tarikh, yang hanya 1/3 nya saja oleh para ulama, karena beberapa bagian lagi tarikh Nabawiyah banyak yang hilang literturnya, dan terkontaminasi oleh bebagai kepentingan kelompok dan golongan islam yang sangat beragam terpecah belah.

        tolong tunjukkan buktinya risalah kenabian dan ajaran Rasul cuman 1/3nya saja ??? Allah Ta’ala dalam surat Al-aidah ayat 3 berfirman “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” telah menyatakan Rasulullah sudah sempurna menyampaikan ajaran Islam melalui al-Qur’an dan Hadits dan Allah yang akan menjaganya Hingga akhir dunia ini….. jika anda mengatakan 1/3 maka tolong sebutkan kurangnya pada kami ?????
        Risalah yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad telah banyak dilupakan, diselewengkan, diubah, dan ajarannya yang haq telah dihapus. Sehingga, melekatlah kebatilan di kalangan para pemeluknya, baik dalam masalah akidah, ibadah, dan perilakunya. Sementara, Islam adalah agama yang sumber ajarannya, Al-Qur’an dan Hadits, terjaga keshahihannya. Sanadnya tersambung kepada Rasulullah saw. Apakah adakah celah bahwa risalah yang dibawa Nabi Muhammad cuma 1/3nya saja?
        BERFIKIRLAH WAHAI KAUM YANG BERAKAL!!!

      • Hm sebenarnya siapa kaum yang tak beraakal….
        bahwa kontroversi hadits dan tarikh banyak kontaminasinya bedasarkan kepentingan politik dan golongan. Kalu dalil ayat Alqurán sudah pasti mengatakan hal yang pasti, tapi itu hanya penjelasan, dan kenyataan yang ada menjadi kompleks ketika tarikh islam hanya ditemukan beberapa bagian saja, karena banyak bagian yang hilang, demikian pula hadits yang berjubel yang dibuat dan di nash kan sanad nya baik, bukankah kaum kufar sekarang banyak membelokan Alqurán dan hadits denganm versi mereka….?, yang bisa diakses oleh siapapun.

        Sepertinya mmebutuhkan ketajaman hati nurani dalam mengakses kebenran hakiki dari pada sekedar akal yang terikat oleh fanatisme buta, agar hakikat kebenran yangh sebenar- benarnya bisa di dapat, bukan kebenaran berdasarkan atas referensi dalil hadits yang beragam penefsirannya, agar kita dapatkan hudamirrobihim, bukan sekedar hidayah buatan manusia yang dipaksakan membernarkan pendapatnya.

        Saya kira itulah fungsi akal untuk lebih menggerakan hati nurani. dari pada sekedar menggerakan otak dalam kebenran yang nanar dan beragam.

      • bahwa kontroversi hadits dan tarikh banyak kontaminasinya bedasarkan kepentingan politik dan golongan. Kalu dalil ayat Alqurán sudah pasti mengatakan hal yang pasti, tapi itu hanya penjelasan, dan kenyataan yang ada menjadi kompleks ketika tarikh islam hanya ditemukan beberapa bagian saja, karena banyak bagian yang hilang, demikian pula hadits yang berjubel yang dibuat dan di nash kan sanad nya baik, bukankah kaum kufar sekarang banyak membelokan Alqurán dan hadits denganm versi mereka….?, yang bisa diakses oleh siapapun.

        pertanyaan saya sangat simpel :) tolong tu tunjukkan pada kami buktinya bung abiyaksa ??

  16. DH,
    Pak Irwan Effendi, setelah membaca komentar-2 diatas saya menjadi bingung sedang sekarang saya baru R-1 dan rencana bulan depan akan mengikuti R-2 tolong diberi keterangan yang se-jelas2 nya agar tidak atau mengurangi pengikut-2 yang baru. Terima kasih

    • mas/om/pak Benny,

      Pak Irwan Effendi mana nih? anda panitia atau peserta? kok takut sedikit yg ikut? jelasin aja tempat pelatihannya di mana, nanti saya kirimin fotocopy komentar di atas, biar tak bagiin ke para pesertanya, biar dapat yang sejelas-jelasnya.

      saya tunggu ok!

  17. memang susah kalu jin sudah masuk ke dalam tubuh karena akan mempengaruhi pikiran manusia .. , niat baik tentunya dng jalan yg benar sesuai tuntunan. … coba aja ikut reiki paling juga ujung2nya duit .
    sekedar share info ada teman yg Insya Alloh mungkin bisa membantu merukyat namanya pak sudibyo 081385510807 , ( ga buka praktek hanya sekedar membantu aja )

  18. saya pernah ikut reiki R2, sejauh ini sampe sekrang ga ada masalah dengab reiki (tidak ada mimpi dikejar2 tidak ada sensasi atw apapun) sebelumnya saya sering sakit tapi setelah mengikutu reiki Alhamdulillah udah lumayan. Karena dinasehati oleh seorang ustad maka saya stop reiki dan mejalani hidup sehat saja.
    Karena satu dan lain hal saya berniat mengikuti reiki lagi minimal untuk diri sendiri maupun keluarga tapi saya masih bimbang apakah sudah tepat menurut agama Islam. Mohon advise nya dari orang yang mumpuni mengenai hal ini agar tidak salah jalan. Dan menurut saya biaya inisiasi tidak mahal.
    Semoga kita semua dalam lindungannya. Amiin

  19. buat apa ngurusin kita para waskita reiki yg sudah membantu org dengan sukarela….. nyatanya banyak kasus kasus yg diluar nalar yg bisa sembuh dengan reiki, klh masalh sirik tidaknya tergantung dari mana sudut pandangnya…… klh kita percaya akan obat yg diberikan seorang dokter aja itu sudah mulai sirikbegitu pula dengan reiki, penyembuhan reiki bs maksimal karena ada kekuasaan Sang Pencipta…..

  20. hahaha, buat Nurul n Chun Lee, berarti ketika anda self healing, fikiran anda dah di mulai dgn pembayangan yang aneh2 n kalao anda berdoa dulu sebelum self healing, itupun juga kalau anda berdoa, insyaallah tidak akan ada kesan apa2.

    • Titik berkata: Betul sekali yont, WE, are superior human being, syukurilah wahai manusia berkah luar biasa dari Tuhan SAng Maha Pencipta . ichlas lah, pasrah, sujud dng penuh rasa syukur, setiap bangun tidur dngn memurnikan pikiran, bersihkan dngn selalu berpikiran positif, selalu memberi bnyk manfaat, kebaikan dgn segala kelebihan yg kau miliki antara lain dari, ilmu Reiki, kasihi dn pelihara baik2 semua mahluk Tuhan yg lain beserta Alam sekitarmu. Lakukan Meditasi, karena cara mendekattkn diri dengan Tuhan yg paling berhasil meskipun tdk ada kaitannya dengan agama dn sdh diakui secara universal Insyaallah kita selalu dijauhkan dari kekuatan2 kegelapan, dn menjadi terang Amin

  21. saya bukan expert n saya baru latihan energi TD 26 tahun tetapi tidak pernah saya merasakan hal2 aneh seperti testimoni 1 n 2 diatas kalau dalam fikiran kita tidak macam2x. kalau macam4x ga tahu dech.

  22. Dia masuk reiki karena bedasarkan keraguan tantang adanya JIN. Keraguan ini merupakan celah yang baik bagi pintu masuk jin dan bersarang pada tulang belakang hingga cakara dasar(tandas) antara kemaluan dan dubur, disanalah energfy negatif terpusat di cakara dasar hinga bergerak leseluruh saluran cakra mahkota.

    Untuk mengakses energy alam secara khusus harus selalau dimurnikan, atau ditingkatkan kemurniannya dari segala pengaruh negatifitas jin & iblis. Jangan kan praktisi reiki…., manusia biasapun tak lepas dari pengaruh hal itu.

    Tapi ketika kita berniyat untuk mengakses energi alam, niyatkanlah atas nama Allah, sehingga energy reiki atau energi apapun yang kita akses selalu bermujatan energy ilahi. Dan yang pelu diperhatikan bagi seorang praktisi adalah harus selektif dalam memilih dan mempelajari tentang apa yang akan kita gunakan dan akses.

    Setan Jin Iblis bukan saja pada reiki, apapun aktifitas manusia tak lepas dari pengaruh unsur negatifitas, maka diperlukan selalu memurnikan tubuh dan jiwa melalui pensuncian pikiran dan hatinurani dalam tingkat spiritual, untuk meningkatkan (kultivasi) tubuh dan jiwa menuju taqorub kepada Allah.

    Apapaun bentuk penyembuhan tak terkecuali Metode Ruqyahpun bisa terkontaminasi oleh setan jin dan iblis, tidak ada yang bisa menjamin metode apapun diu dunia ini, bila fikiran komponen tubuh masih berperan dalam spiritual, mengingat wahyu ilahi bukan turun pada fikiran, tetapi pada hati nurani Rasulullah saw.

    Sebab Alqurán itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yangh diberi ilmu demikian firman Allah, dan iblis telah berumur jutaan tahun sebelum Adam turun ke bumi, teknologi iblis tidak semudah yang kita fikirkan sedang kita baru beberapa tahun saja di dunia, semua itu Allah telah berikan petun juk nya bahwa “lahaula walaa quwwata illa billahil áliyyil adziim”, disertai dengan selalu mensucikan hati(qolbu) setiap saat, bahkan pada tiap tartikan dan hembusan nafas.

    Hingga Allah benar-benar menunjukan haqikat akan sesuatu kebenaran yang sebenar-benar nya dari Allah, karena Allah tiada terhijab oleh sesuatu apapun, dan kebenaran itu bukan dari tulisan kitab bacaan dalil dan hadist, karena itu hanya petunjuk dan keterangan, maka manusia perlu membuktikan dan mencari apa yang telah ditunjukan Allah di alam kehidupan ini dan pada diri sendiri, sebagai ayat-ayat yang tersirat, karena Allah telah mensifati seluruh kehidupan termasuk dalam diri manusia, dalam kuasa dan kehendak nya(qudrat iraadat), yang tertanam pada fitrah manusia.

    • @adoel

      ”Tapi ketika kita berniyat untuk mengakses energi alam, niyatkanlah atas nama Allah, sehingga energy reiki atau energi apapun yang kita akses selalu bermujatan energy ilahi”.

      Anda tahu darimana itu energi ilahi??i, sodorkan kami dalil dan ilmu ilmiahnya gan.

      • apa anda kira penciptaan alam semesta ini dan segala energy yang ada ciptaan siapa, apa perlu di ilmiahkan….?.

        bagai mana proses awan yang bertumpuk menjadikan energy listrik, bagai mana air hujan menjadikan tumbuh segala tanaman di bumi, bagai kita bernafas untuk dapatkan zat kehidupan hydrogen dari udara, bagai mana air ( hidrogen dan oksigen), semua itu menjadikan proses pembakaran dalam tubuh. Bukankah telah banyak dalam ayat-ayat IPTEK menjelaskan, bahwa Alqurán sumber ilmu pengetahuan.

        Lebih rincinnya anda bisa explor sendiri dalam alqurán. ….

      • energi ilahi katanya energi Tuhan??? tuhan yang mana? umat kristen minta energi dari tuhan yesus, umat budha meminta energi dari sang budha, umat hindu meminta energi dari dewa-dewa( ada beribu-ribu tuhan mereka tinggal pilih saja yang mana ) , umat konghuchu meminta eneri dari dei kwan im????? setiap orang yang sudah diattunement dapat mengakses energi dari masing-asing tuhannya :) apakah Allah Ta’ala mau memberikan energi ilahi-Nya pada mereka yang berdoa kepada selain Allah???? PAKE LOGIKA dan KEIMANANMU MAS???

      • @ to Perdana
        Saya hanya benarkan sesuai konsep islam energi ilahi yang di akses sudah saya katakan atas nama Allah. Tapi sorry apakah mereka yang mengakses energi atas nama ALLAH benar-benar dari Allah….?, semu itu tergantung pengetahuannya tentang Allah, sebab ALLAH bila ditulis cuma lafadz, di baca hanya suara, tapi yang lebih tepat adalah “SIAPA”yang punya nama ALLAH.

        To AMUNIZER :
        penjelasan saya memang layak disebut hoax.
        tapi yang saya jelaskan ayat-ayat nya bukan dari kitab hoax, tapi Alqurán. Sebab ayat-ayat itu sudah terlalu sering kita dengar dan umum sekali. Toh kita bukan anak umur 5 tahun, silakan gunakan akal anda, toh seluruh energy alam ini sudah kita manfaatkan dalam hidup dan terasa dalam diri, apakah masih perlu di detailkan, silakan rasakan dan baca apa yang ada dalam diri anda, agar hoax itu lebih nyata dalam diri anda.

      • @Abdullah
        Saya adalah seorang mantan Master Reiki dari berbagai aliran, saya yakin anda adalah seorang master reiki juga :),
        1. mari kita buka-bukaan disini diawali dari konsep attumenent, jika boleh saya mau tahu anda dari reiki aliran mana? (tummo, karuna ki, usui dll) dan tolong jelaskan secara teoritis stap-by step konsep attumenent reiki aliran anda, mari kita bahas bersama……..
        2. Master Mikao usui yang pertama kali menemukan reiki, saya mau penjelasan anda, apakah master mikao usui yang beragama budha mendapatkan enerti ilahi atau energi setan?? sebab doanya tentu pada sang budha??

      • Sdr. Perdana Akhmad Yth.

        saya hormati pendapat anda, dan sangat benar, bahwa islam telah lengkap berikan fasilitas atas semua akses eneregy alam semesta di alam ini, dan itu telah kita dapatkan dan rasakan dalam proses kehidupan sehari-hari, tinggal kita berfikir metodenya saja.

        Memang sayapun agak hati-hati dalam mengakses dan belajar tentang sesuatu, apalagi hal itu bersumber dari luar konsep islam, terutama metode dan tata caranya, sungguh ini sedang saya fikirkan, bagaiman cara mengakses dan mengilmiahkan energy tsb secara islami, terkadang saya agak sensitif dengan sekedar juduil namapun( reiki, yoga, prana, kundalini dll), sehingga saya ingin lebih mengetahui lebih jauh tentang hal itu, dan ingin membuktikan dimana letak kekekliruannya dengan referensi islam.

        Sehingga saya banyak mempelajari melalui literatur, dan makalah saja, terutama tentang reiki.
        Lalu ada klaim reiki islami dll. Sungguh otak saya dibuat pusing memikirkannya tentang energi itu, tapi saya sangat yakin bahwa di alam ini terdapat energi yang baik, dan bagai mana cara mengakses nya…?. metodenya, memilahnya.

        Sehingga saya menyimpulkan bahwa di alam ini pasti ada energi yang baik dan murni seperti apa yang di isyaratkan dalam Alqur’an, yang bersumber dari Allah . dan itu telah menjadi fasilitas kehidupan dalam tubuh dan jiwa manusia, sehingga saya sebut saja dengan mudah bahwa itu Energi Ilahi.

        Berbagai makalah tentang bab pengolahan energy, apakah itu dari sumber reiki, prana, yoga, kundalini, kultivasi, falun Gong, dll, hanyalah menjadi sumber bacaan dan merupakan pengetahuan bagi saya. Tapi sesungguhnya saya belum mampu mengetahui dan membedakan itu semua, dan itu hanya bersarang di otak saya.

        sehingga saya tak pernah sedikitpun belajar khusus tentang itu semua, apalgi menjadi master. sebab saya tak mengerti dan selalu ada rasa malas bila akan berbuat hal itu.

        Sehingga semua pengetahuan atas hal itu terus terang saya hafal dan mampu menjelaskan. Sepertihal nya saya menjelasakan teoeri saja tentang cara membuat pesawat terbang, padahal prakteknya saya belum pernah membuat nya.

        Saya hanya berusaha segala hal saya kaitkan dengan Allah, dengan harapan apapun yang saya dapatkan atas prasangka baik saya kepada ALLAH. Tas semua itu saya hanya mengandalkan rutinitas shalat.

        Karena saya anggap bahawa apa yang telah diajarkan Allah dan Rasul nya merupakan kebenaran yang haq, dan saya anggap shalat saya sebagai upaya penyelasaran diri dengan Rasulullah dan Allah, sebagai sang sumber Energi spiritual.

        Saya anggap segala gerakan shalat sebagai metode untuk mengakses energy ilahi, dan aktifitas grounding yang maksimal untuk memusnahakan segala unsur negatifitas dalam tubuh.

        Sebab bukankah jin dan iblis sebagai energi negatif selalu mengkontaminasi manusia melalui berbgai celah dan kelemahan tubuh kita, serta fikiran otak kiri-kanan dan hati.

        Lalu menurut anda sebagai mantan master reiki, tentunya lebih tahu, energi seperti apa yang bisa diakses oleh manusia di alam ini, untuk diolah, dalam tubuh dan dimanfaatkan untuk bebagai keperluan hidup terutama kesehatan, penyembuhan dll, dan bagai mana cara attumenent atau inisiasi nya.

        Ataukah ada reiki dan sejenisnya versi islam, lalu bagai mana tentang kundalini dan tingkatan cakra dalam tubuh manusia, bukankah itu telah available dalam diri manusia.

        Saya kira tak mungkin Tuhan menciptakan itu dalam diri manusia biula tak ada manfaat dan gunanya yang banaer secara islami.

        sekian
        wassalam

        nb:
        mohon maaf…saya salah tulis ID ” Adullah Umy” , yang saya maksud ID saya adalah ” Abdulah Umy” ,dengan email yang sama.

      • Mas Perdana………

        Maaf saya lupa sampiakan..
        sekarang ada satu lagi varian reiki yang bernama Q-Rak ( Quark-Reiki Atomic Kundalini), bahwa energi reiki kundalini di kutivasikan, sehingga menjadi kultivasi tubuh, jiwa, dan roh, penciptanya yaitu Rony Irianto.

        Demikian pula ada beberapa aliran reiki yang katanya berbasis islam, dengan teknik kultivasi pula, semua itu dilakukan melalui inisiasi, dan cara menggunakannya melalui teknik afirmasi

        bagai mana menurut pendapat anda…..

        sekian trims

    • Untuk mengakses energy alam secara khusus harus selalau dimurnikan, atau ditingkatkan kemurniannya dari segala pengaruh negatifitas jin & iblis. Jangan kan praktisi reiki…., manusia biasapun tak lepas dari pengaruh hal itu.

      JANGAN BANYAK BERKAMUFLASE BUNG ADULAH ! dari sisi attumenentnya saja sudah salah, dari mana kepercayaan cakra, jalur sushumna, kundalini yang dibuka untuk mengakses energi reiki jika bukan dari ajaran hindu???? ini sudah merupakan bentuk tasyabbuh dengan ibadahnya orang kafir!

      Tapi ketika kita berniyat untuk mengakses energi alam, niyatkanlah atas nama Allah, sehingga energy reiki atau energi apapun yang kita akses selalu bermujatan energy ilahi. Dan yang pelu diperhatikan bagi seorang praktisi adalah harus selektif dalam memilih dan mempelajari tentang apa yang akan kita gunakan dan akses.

      oRANG pake jimat juga ada tulisan Allah, ada ayat suci AlQur’annya , niat karena Allah tidak cukup untuk bisa terhindar dari tipu daya setan! niat yang baik harus dengan tatacara yang baik pula, niat atas nama Allah tapi pake simbol syirik dalam reiki maka hasilnya akan tetap mengakses khodam reiki

      Hingga Allah benar-benar menunjukan haqikat akan sesuatu kebenaran yang sebenar-benar nya dari Allah, karena Allah tiada terhijab oleh sesuatu apapun, dan kebenaran itu bukan dari tulisan kitab bacaan dalil dan hadist, karena itu hanya petunjuk dan keterangan

      ini adalah ucapan sesat kaum sufi yang menyepelekan AlQur’an dan hadits sebagai sumber keberanaran dan lebih mengutamanakan kasyaf yang dapat menunjukkan hakikat kebenaran hakiki, lihat kesesatannya di http://metafisis.wordpress.com/2011/01/21/kasyaf-adalah-khurafat-untuk-dari-sufi/ dan di http://metafisis.wordpress.com/2011/01/06/bantahan-buat-wongalusaceh-ilmu-kasyaf-vs-penelitian-ulama-ahli-hadits/

      • Silakan itu pendapat anda, dan pendapat saya bukanlah kebenaran mutlak bagi mayoritas, karena saya tidak lakukukan pembenaran atas pendapat saya, karena kebenaran Alqurán yang di akses umat islam sangat beragam dan relatif, itu adalah bukti nyata, dengan banyak nya masing-masing kelompok golongan yang merasa paling benar, sehingga melakukan pembenarnnya versi sendiri itu adalah hak anda.

        Dan berbagai referensi yang anda sampaikan dalam berbagai makalah bukanlah satu-satu nya source kebenaran mutlaq absolut dan sempurna dari Allah.

        Anda hanya menjadikan pembenaran versi anda di legalisasi oleh Aluqrán dan hadits. Padahal Alqurán yang harus dijadikan rule untuk mengoreksi pembenaran anda.

        Apakah sesempit itu kebenaran Allah….?, apakah mungkin Kebenaran Allah Yang Maha Luas ilmu nya hanya cukup di terjemahkan oleh otak anda…?.

        Bukankah Alqurán mukjizat sampai akhir jaman….?, Alqurán masih akan terus meng explor bukti kebenarnnya hingga akhir jaman, dimana fikiran kita di zaman ini tak mungkin sesuai dengan zaman yad.

      • @adul,

        tlg sodorkan kpd kami pembenaran dan kebenaran dalil energi ilahi. Sy lebih suka mencari kebenaran, bukan pembenaran!

      • Sesunguhnya energi kekuatan yang amat dahsyat adalah : Laa haula wa laa quwwata illa bilahil ‘aliyil adziim”

        juga terdapat pada ayat -2 lainnya :

        Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh. ( Qs.51:58)

        dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.( Qs 112:4)

        dan masih banyak lagi yang meng isyarat kan tentang kekuatan energy ilahi :

        Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya. lagi ( Qs 12 : 105)

        Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan? ( Qs 51:20-21)

        ini adalah pendapat saya bukan pembenaran pribadi , sedang kebenarannya secara haqiki mirrobihim silakan tanyakan langsung kepada ALLAH, bukankah kita semua punya Tuhan yg bernamah ALLAH….?.

        Semoga Allah tidak hanya menjadi hiasan di bibir, tapi temuilah Allah, agar tidak tertipu, yang PUNYA Nama Allah itu apa dan seperti apa.., sebab Dzat Allah tak dapat dicapai oleh fikiran.

        Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, ( Qs.6: 103)

      • Mas Adulah, cobalah dalam berdiskusi jangan menjawab tidak sesuai dengan konteksnya, to the point saja tolong jawab dulu dari aliran reiki mana anda, jika anda sebutkan aliran mana maka diskusi bisa fokus, jika anda dari aliran reiki tummo apakah dari Irmansyah Efendi, Jika dari Waskita reiki apakah dari ciptadinata efendi, atau ricky suharlim, atau anda dari shambala reiki???? Tolong anda jawab dulu mas! jika saya tahu aliran reiki anda maka saya bisa mengarahkan diskusi sesuai dengan aliran reiki yang anda pelajari sebab saya hampir mengenal semua seluk beluk aliran reiki di dunia ini………
        jawab juga pertanyaan saya : saya ulangi lagi!
        1. mari kita buka-bukaan disini diawali dari konsep attumenent tolong jelaskan secara teoritis stap-by step konsep attumenent reiki aliran anda, mari kita bahas bersama……..
        2. Master Mikao usui yang pertama kali menemukan reiki, saya mau penjelasan anda, apakah master mikao usui yang beragama budha mendapatkan enerti ilahi atau energi setan?? sebab doanya tentu pada sang budha??

      • kesimpulannya menurut anda :
        energi ilahi adalah “Laa haula wa laa quwwata illa bilahil ‘aliyil adziim”, Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh, tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”

        kenyataannya………………………………
        konsep energi Ilahi dalam reiki adalah : Rei berarti alam semesta, dan Ki berarti energi alam semesta/ilahi (energi ketuhanan) . Jadi Reiki berarti energi alam semesta/ketuhanan yang merupakan energi cerdas yang akan bekerja sesuai dengan keinginan praktisi.
        Alam semesta=ilahi/tuhan= Allah Ta’ala…………………alam semesta adalah Tuhan, tuhan kita adalah Allah Ta’ala……….ALLAH TA’ALA DISAMAKAN DENGAN ALAM SEMESTA!!!
        INI SESAT 100% SESAT…….KUFUR JIKA MENGATAKAN ALAM SEMESTA ADALAH DZAT ALLAH TA’ALA!!! konsep energi Ilahi reiki adalah konsep panteisme sesat, pandangan mengenai Tuhan dalam ajaran reiki adalah bersifat panteisme, yang mempercayai bahwa semua adalah tuhan dan tuhan adalah semua (All is God, God is All) . Yang disebut Tuhan tidak lain adalah suatu kekuatan (power/force), kesadaran atau energi alam semesta yang tidak berpribadi (macro cosmos). “Everything is God” (semua adalah Tuhan). Matahari, bulan, bintang, bahkan ular-pun dianggap Tuhan karena bagian dari alam semesta………..padahal dalam konsep Islam menganut paham “Everything is God’s” (semuanya milik Tuhan). Pohon, manusia, bumi, bulan, bintang, dll (alam semesta) semua adalah milik Tuhan dan Tuhan bukan alam semesta……….. Konsep panteisme ini adalah keyakinan wihdatul wujud yang sangat sesat dan menyesatkan!

        Allah bukan alam semesta ………dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.( Qs 112:4)
        alam semesta adalah tanda-tanda kekuasaan Allah dan bukan bagian dari dzat Allah dan kekuatan(energi) -Nya alam semesta adala ciptaan Allah dan bukan bagian dari dzat Allah!!!!
        Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya. lagi ( Qs 12 : 105) Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan? ( Qs 51:20-21)

      • Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, ( Qs.6: 103)

        ya betul!!! Allah tidak bisa dicapai oleh penglihatan mata seperti keyakinan sesat reiki bahwa energi reiki bisa dilasifikasikan menjadi jenis-jenis energi tertentu (prana, reiki.shing chi) dan bisa dirasakan dan dilihat energinya………. energi prana, reiki, shing chi bukan energi Ilahi/Allah yang bisa dirasakan dan dilihat dengan penglihatan mata..

    • Dia masuk reiki karena bedasarkan keraguan tantang adanya JIN. Keraguan ini merupakan celah yang baik bagi pintu masuk jin dan bersarang pada tulang belakang hingga cakara dasar(tandas) antara kemaluan dan dubur, disanalah energfy negatif terpusat di cakara dasar hinga bergerak leseluruh saluran cakra mahkota.

      Maaf, jika anda beragama Islam maka anda harus tahu batasan umat muslim adalah TIDAK MEMPERCAYAI BERITA GHOIB/KEYAKINAN GHOIB YANG BERASAL DARI AGAMA LAIN! konsep cakra dasar, hingga cakra mahkota adalah 100% keyakinan umat hindu, tidak ada sama sekali diberitakan dari hadits Rasulullah konsep cakra ini. konsep cakra ini ada banyk talbis iblis didalamnya untuk semkin membuat kita terlepas akidahnya, cakra adalah pusat-pusat energi yang disebut chakra. Cakra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti roda. cakra ini diyakini mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi prilaku manusia, contohnya cakra dasar yang kecil, kotor & terhambat maka akan hidup bermalas-malasan tanpa semangat bahkan memiliki kecenderungan untuk mudah putus asa bahkan bunuh diri, Cakra seks yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif serta percaya diri. Sebaliknya seseorang akan menjadi tidak perduli, kasar, berpikir negative (kurang kreatif), termasuk seks menyimpang jika cakra seksnya kotor & terhambat.

      Semua prilaku dan pribadi buruk dan baik manusia selalu dipengaruhi cakra. hal ini bertentangan dengan sabda rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim :“Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal darah. jika segumpal darah tersebut baik maka akan baik pulalah seluruh tubuhnya, adapun jika segumpal darah tersebut rusak maka akan rusak pulalah seluruh tubuhnya, ketahuilah segumpal darah tersebut adalah hati.”

      Belum lagi jika kita membahas klaim kemampuan metafisik cakra, seperti cakra ajna yang jika sudah terbuka akan dapat melihat alam ghoib, jika memang ada “buka-bukaan” seperti itu maka tentu saja Rasulullah sudah mmberikan attunement pada para sahabat hingga sahabat pada sakti dan clairvoyance semua :)
      kesimpulannya klaim cakra yang anda yakini adalah keyakinan bid’ah yang tidak ada tuntunan dari rasulullah!

    • Untuk mengakses energy alam secara khusus harus selalau dimurnikan, atau ditingkatkan kemurniannya dari segala pengaruh negatifitas jin & iblis. Jangan kan praktisi reiki…., manusia biasapun tak lepas dari pengaruh hal itu.

      Tapi ketika kita berniyat untuk mengakses energi alam, niyatkanlah atas nama Allah, sehingga energy reiki atau energi apapun yang kita akses selalu bermujatan energy ilahi. Dan yang pelu diperhatikan bagi seorang praktisi adalah harus selektif dalam memilih dan mempelajari tentang apa yang akan kita gunakan dan akses.

      :) Ketika sebagian orang melakukan bid’ah, mereka beralasan bahwa amal mereka dilakukan dengan niat yang baik, tidak bertujuan melawan syari’at, , dan tidak terbersit dalam hati untuk melakukan bid’ah ! Bahkan sebagian mereka berdalil dengan hadits Nabi : “Sesungguhnya segala amal tergantung pada niat” [Muttafaq Alaihi]……….. jika dihubungkan dengan keyakinan anda, bahwa anda cukup dengan niat murni karena Allah lalu anda yakin 100% bahwa anda telah benar-benar mengakses energi Tuhan :) . namun maaf saudaraku anda lupa bahwa niat yang murni karena Allah namun jika dilakukan dengan cara yang salah maka sia-sialah niatan murni anda ! Contohnya ketika anda niat murni mengakses energi TUhan dengan membuat simbol raku yang aslinya adalah simbol dewa petir tibet maka sia-sialah niat murni anda karena anda telah berbuat syirik dan bid’ah dengan membuat simbol dewa-dewa orang kafir! . ketahuilah saudaraku, bahwa setiap amal harus sesuai Sunnah Nabi seperti dijelaskan dalam hadits, “Barang siapa yang mengerjakan suatu amal yang tidak ada keterangannya dari kami maka dia tertolak”. …………. amalan anda adalah amalan bid’ah dan akan tertolak walau anda meniatkan kerena Allah! dari proses attumenent dengan menggambar simbol dai ko myo, cho ku rei, membuka cakra, membuka jalur sushumna semuanya banyak mengandung unsur bid’ah dan syirik dan tasabbuh dengan ritual non muslim

    • Setan Jin Iblis bukan saja pada reiki, apapun aktifitas manusia tak lepas dari pengaruh unsur negatifitas, maka diperlukan selalu memurnikan tubuh dan jiwa melalui pensuncian pikiran dan hatinurani dalam tingkat spiritual, untuk meningkatkan (kultivasi) tubuh dan jiwa menuju taqorub kepada Allah.Setan Jin Iblis bukan saja pada reiki, apapun aktifitas manusia tak lepas dari pengaruh unsur negatifitas, maka diperlukan selalu memurnikan tubuh dan jiwa melalui pensuncian pikiran dan hatinurani dalam tingkat spiritual, untuk meningkatkan (kultivasi) tubuh dan jiwa menuju taqorub kepada Allah.

      mensucikan fikiran dan hati dalam tingkat spiritual menuju taqorub kepada Allah harus dengan tata cara yang disyari’ahkan! sebab jika sudah berbicara keyakinan spritual dan taqorub maka sudah menyangkut ibadah, dan setiap amalan ibadah harus berdasarkan tuntunan Rasulullah, saya tidak menemukan dalilnya untuk mensucikan fikiran dan hati dalam tingkat spiritual menuju taqorub kepada Allah dengan cara harus attumenent reiki lalu diselingi meditasi menyerap energi Ilahi????

    • Apapaun bentuk penyembuhan tak terkecuali Metode Ruqyahpun bisa terkontaminasi oleh setan jin dan iblis, tidak ada yang bisa menjamin metode apapun diu dunia ini, bila fikiran komponen tubuh masih berperan dalam spiritual, mengingat wahyu ilahi bukan turun pada fikiran, tetapi pada hati nurani Rasulullah saw.

      anda keliru saudaraku :) wahyu ilahi masih memerlukan komponen tubuh, hukum sunatullah masih berlaku, turunnya wahyu masih memerlukan komponen tubuh malaikat dan segumpal daging (hati) rasulullah ……………..
      Aisyah r.a. mengatakan bahwa Harits bin Hisyam r.a. bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, bagaimana datangnya wahyu kepada engkau?” Rasulullah saw. menjawab, “Kadang-kadang wahyu itu datang kepadaku bagaikan gemerincingnya lonceng, dan itulah yang paling berat atasku. Lalu, terputus padaku dan saya telah hafal darinya tentang apa yang dikatakannya. Kadang-kadang malaikat berubah rupa sebagai seorang laki-laki datang kepadaku, lalu ia berbicara kepadaku, maka saya hafal apa yang dikatakannya.” Aisyah r.a. berkata, “Sungguh saya melihat beliau ketika turun wahyu kepada beliau pada hari yang sangat dingin dan wahyu itu terputus dari beliau sedang dahi beliau mengalirkan keringat”

    • Sebab Alqurán itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yangh diberi ilmu demikian firman Allah, dan iblis telah berumur jutaan tahun sebelum Adam turun ke bumi, teknologi iblis tidak semudah yang kita fikirkan sedang kita baru beberapa tahun saja di dunia, semua itu Allah telah berikan petun juk nya bahwa “lahaula walaa quwwata illa billahil áliyyil adziim”, disertai dengan selalu mensucikan hati(qolbu) setiap saat, bahkan pada tiap tartikan dan hembusan nafas.

      Hingga Allah benar-benar menunjukan haqikat akan sesuatu kebenaran yang sebenar-benar nya dari Allah, karena Allah tiada terhijab oleh sesuatu apapun, dan kebenaran itu bukan dari tulisan kitab bacaan dalil dan hadist, karena itu hanya petunjuk dan keterangan, maka manusia perlu membuktikan dan mencari apa yang telah ditunjukan Allah di alam kehidupan ini dan pada diri sendiri, sebagai ayat-ayat yang tersirat, karena Allah telah mensifati seluruh kehidupan termasuk dalam diri manusia, dalam kuasa dan kehendak nya(qudrat iraadat), yang tertanam pada fitrah manusia.

      inti yang hendak anda katakan adalah :
      1. hakikat kebenaran sebenar-benarnya dari Allah
      2. kebenaran itu bukan dari tulisan kitab bacaan dalil dan hadist, karena itu hanya petunjuk dan keterangan

      sekarang saya mau menanalisis, anda mengatakan kebenaran bukan dari kitab (Al-Qur’an) maupun hadits Rasulullah tetapi ketika seseoang tiada hijab lagi dihadapan Allah hehehehe
      TOLONG SEBUTKAN SIAPA YANG MEMPU UNTUK MENDAPATKAN WAHYU LANGSUNG DARI ALLAH SELAIN PARA NABI????? Al_Qur’an dan hadits nabi dikatakan hanya petunjuk dan keterangan dan bukan sumber kebenaran :) logika dari mana ini???? memangnya rasulullah ketika turun Al_Qur’an yang banyak memberikan tuntunan hablumminallah dan hablumminannas bukan sumber kebenaran dan anda harus mendapatkannya sendiri dengan membuka hijab Allah?????
      Ketahuilah bahwa orang selevel Rasulullah dan malaikat jibril saja tidak bisa membuka hijab Allah dan tidak bisa untuk bersatu dengan Allah ! apalagi anda bung abdulah :)
      anda masih perlu Al_Qur’an dan sunnah sebagai sumber kebenaran dari petunjuk dan keterangan yang sudah termaktub dalam al-qur’an dan sunnah…………..

      • Mas Perdana,
        Anda betul, saya mensinyalir komentar2 tersebut dari orang2 non muslim atau orang muslim yang berpengetahuan “HITECH”, yaitu sok high tapi cetek gak ngerti ISLAM. Saya kasihan sama mereka, jika mereka tidak bertobat maka JAHANAM menanti mereka.

  23. @Mas Abdulah Umiy,

    Saya percaya anda orang yg cukup bijaksana dan berpengetahuan luas, tolong anda jelaskan latar belakang reiki anda, memperhatikan tulisan anda, sy percaya anda sedang mencari kebenaran dan bukan pembenaran. Mari kita mulai kembali diskusi sehat kita, khususnya anda dan Mas Perdana, kalau saya… nyimak aja deh.

    Monggo diteruskan…

    • Oke @Mas Amunizer

      justru ini yang saya tunggu penjelasannya dari @Mas Perdana. Berarti saya mendapatkan penjelasan yang ilmiah dan islami tentang apa itu reiki dari seorang mantan Master yang kontra terhadap reiki. ( ini harapan dan tujuan saya).

      Kalau saya sudah saya jelaskan tak pernah secara khusus praktek belajar reiki aliran manapun, bahkan yang disebut varian reiki pun saya tak tahu jenis dan perbedaan nya.

      Tapi saya banyak baca dan berusaha memahami tentang pengolahan eneregy dalam tubuh,dan sering berkomunikasi dengan para praktisi reiki, prana dll.

      Dulu saya pernah masuk dalam perguruan Merpati putih, yang mempelajari tenaga dalam dan silat, dan itu sekedar ingin membuktikan apakah benar bisa memecahkan beton, es batu dan mematahkan batang kikir. Dan itu telah saya buktikan dengan nyata bahwa saya mampu berbuat itu dengan teknik memampatkan nafas dalam perut dan disalurkan tenaganya ke tangan kaki, dll.

      Namun yang saya menjadi tak cocok dalam hal itu, karena mengabaikan waktu shalat, dan terkesan tidak menghormati agama, kemudian saya protes ttg hal itu. Mungkin atas protes itu saya malah tak naik tingkat, dan saya mengundurkan diri. Selebihnya saya berlatih dirumah hanya untuk kesehatan tubuh saja.

      Kemudian saya masuk lagi ke Cakra Murti, teknik pengolahan nafas, yang menjadikan orang emosi bisa terpental, dan pernah saya praktekan untuk melindungi ternak ayam saya dari serangan tikus, dan ternyata ampuh, banyak tikus yang terpental sehingga barang-barang berantakan di tengah malam, dan anak ayam, serta makanan ayam tak pernah diserang lagi oleh tikus, karena tiap sore saya salurkan energi melalu nafas ke tempat kandang ayam.

      Semuanya putus begitu saja tak pernah saya lanjutkan. Entahlah, kok semuanya rasanya malas berlatih, dan terhenti. Kemudian akhir-akhir ini saya mempelajari bebargai teknik kundalini dan titik cakra, itupun hanya sebatas pengetahuan saja dalam otak tak pernah belajar khusus dalam perguruan. Saya praktekan teknik itu, tapi jarang-jarang, seperti meditasi olah nafas dan meditasi hening, sangat terasa dalam tubuh, dan semua aktifitas itu tetap saya berpegang terhadap keyakinan saya kepada Allah, dan selalu berdoa atas nama Allah.

      Tapi kembali lagi rasa malas saya lebih besar untuk hal itu, sehingga saya berfikir dan mencari solusi, apakah ada tata cara metode untuk mengolah energi tenaga dalam seara islami…?, inilah PR saya.

      Karena toh eneregy reiki dll. yang diklaim sesat, ternyata bisa mendatangkan manfaat, kalau begitu pasti ada cara metode yang lebih baik sesuai versi islami, bahkan yang lebih dahsyat dari semuanya itu, baik pengolahan teknik nafas, pengolahan kundalini dan cakra dalam tubuh, karena toh itu semua telah ada dalam diri manusia, lalu bagai mana cara pengolahannya, attunement dan inisiasi nya, secara logika ilmiah dan fisik lahiriah

      Kalau hanya membaca doa, atau membaca Aluqur’an lalu ditujukan kepada seseorang untuk penyembuhan, menurut saya itu bukan bagian dari logika ilmiah, itu bagian dari spiritual dan keyakinan, sebab yang nama nya keyakinan baca doa bahasa apapun bisa berhasil, yang penting fokus keyakinan kita kepada Tuhan( ALlah).

      Tapi itupun masih rentan, tidak ada jaminan orang yang mengucapkan ALLAH, dan berdoa kepada Allah dengan ayat-ayat Allah mendapatkan hasil dari Allah. Bisa saja Jin dan Iblis yang ternyata membelokan tujuan kita, mengendalikan perasaan dan fikiran kita, sehingga Iblis bisa menyamar menjadi Tuhan.

      Tentu selain itu kita harus waspada, dan harus memehami ilmu tentang Kertuhanan, sehingga kita benar-benar mengetahui tentang Allah secara haqiki( haqul yaqiin ). Demikian pula harus mempelajari tentang sepak terjang iblis seperti apa dan tanda-tanda nya, agar kita tidak keliru mana yang datang nya dari iblis dan mana yang datang nya dari Allah, karena fikiran manusia(otak kiri) sangat logis, inderawi dan materized.

      Sedang Allah dan Iblis tak bisa dideteksi dan dilihat secara idera lahiriah, juga tak bisa di fikirkan dengan otak kiri manusia. Dan tentu selain itu manusia dibekali naluri, intuisi, hati nurani, dan kemapuan otak lainnya, yang harus lebih di daya gunakan sesuai dengan metode yang islami, karena semua itu telah ada dan tersedia dalam diri manusia.

      Itulah yang saya maksud dari semua itu.

      salam….

    • @Mas Abdulah Umiy,

      Pengalaman yg anda tulis sebenarnya telah sering dibahas diblog ini, sambil menunggu penjelasan Mas Perdana, sebaiknya anda kunjungi ini :

      Batasan Tenaga Dalam :
      http://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/batasan-tenaga-dalam-yang-syari/

      Fatwa Ulama Tentang Tenaga Dalam :
      http://metafisis.wordpress.com/2010/10/24/fatwa-ulama-mengenai-terapi-tenaga-dalam-tetada-kalimasada-dan-sejenisnya/

      ada Pengujian Tenaga Dalam :
      http://metafisis.wordpress.com/2010/12/13/pengujian-ilmiah-kejutan-listrik-bagi-praktisi-tenaga-dalam/

      Ada ajakan untuk pembuktiannya :
      http://metafisis.wordpress.com/2011/01/30/ajakan-pembuktian-ilmiah-bagi-seluruh-praktisi-tenaga-dalam-ilmu-metafisika-dari-iris/

      dan banyak lagi bahasannya jika anda buka kategori artikel diblog ini yg dapat menjawab tulisan anda.

      @Mas Perdana, ditunggu ulasannya.

      • wah …trims sekali informasi nya @Mas Amunizer….

        sy memang telah baca-baca di blog ini beberapa makalah, sesuai penjelasan Mas Perdana bahwa teknis yang tidak sesuai dg islam adalah adanya attunement, dan inisiasi, juga adanya bentuk keyakinan yang diluar islam dalam proses tsb.

        Tapi sy ada beberapa pengalaman sewaktu di merpati putih, bahwa dalam mengaktifkan membuka jalur kundalini tidak menggunakan inisisasi dan attunement, tapi melalui olah nafas dan fisik yang sangat berat dan rumit dari mulai tingkat dasar sampai lebih tinggi.

        Dan hal itu memang memakan waktu yang tahunan untuk membangkitkan membran kundalini nya di cakra dasar, sehingga hasil nya bisa difungsikan untuk berbagai hal.

        untuk yang melatih khusus hal itu secara langsung hanya dikhususkan kepada tuna netra, mereka tanpa latihan silat, tapi melatih olah nafas dan senam fisik kundalini, sehingga pernah di demokan di senayan 1000 tuna netra naik sepeda tak bertabrakan sama sekali, selain itu fungsi nya untuk tunanetra memperkuat kemampuan teknik pijat.

        Kalau di Cakra Murti di inisiasi hanya dalam 10 menit(duduk diam) langsung aktif, guru besar nya orang bali(hindu).

        Satu lagi ada teknik teman saya entah perguruan apa, melalui teknik oleh nafas dalam mengaktifkannya juga tanpa inisasi, tapi setelah beberpa bulan melakuakn oleh nafas dan senam fisik, maka jalur kundalini dibuka oleh master nya dengan cara ditekan dll, pada bagian tertentu di bawah pusar.

        Tentu saya fikir mengaktifkan pusat energi dg cara fisik lebih logis dibanding attunement dan inisiasi, itu mingkin yang bisa masuk akal, kalau memang cara inisiasi dianggap tidak logis.

      • Tapi sy ada beberapa pengalaman sewaktu di merpati putih, bahwa dalam mengaktifkan membuka jalur kundalini tidak menggunakan inisisasi dan attunement, tapi melalui olah nafas dan fisik yang sangat berat dan rumit dari mulai tingkat dasar sampai lebih tinggi.

        Dan hal itu memang memakan waktu yang tahunan untuk membangkitkan membran kundalini nya di cakra dasar, sehingga hasil nya bisa difungsikan untuk berbagai hal.

        untuk yang melatih khusus hal itu secara langsung hanya dikhususkan kepada tuna netra, mereka tanpa latihan silat, tapi melatih olah nafas dan senam fisik kundalini, sehingga pernah di demokan di senayan 1000 tuna netra naik sepeda tak bertabrakan sama sekali, selain itu fungsi nya untuk tunanetra memperkuat kemampuan teknik pijat.

        Kalau di Cakra Murti di inisiasi hanya dalam 10 menit(duduk diam) langsung aktif, guru besar nya orang bali(hindu).

        Satu lagi ada teknik teman saya entah perguruan apa, melalui teknik oleh nafas dalam mengaktifkannya juga tanpa inisasi, tapi setelah beberpa bulan melakuakn oleh nafas dan senam fisik, maka jalur kundalini dibuka oleh master nya dengan cara ditekan dll, pada bagian tertentu di bawah pusar.

        Tentu saya fikir mengaktifkan pusat energi dg cara fisik lebih logis dibanding attunement dan inisiasi, itu mingkin yang bisa masuk akal, kalau memang cara inisiasi dianggap tidak logis.

        Inti perkatan anda adalah adanya keyakinan KUNDALINI yang ada dalam tubuh manusia dan bisa dibangkitkan…….
        Apakah kundalini itu?
        Kundalini berasal dari bahasa sansekerta yang berarti gulungan. Kundalini sendiri diyakini merupakan energi potensial yang dimiliki oleh setiap manusia yang disimbolkan berupa ular. Energi ini berbentuk menggulung 3½ lingkaran pada daerah antara anus dan alat genital yang biasa disebut sebagai perinium . Kundalini ini dianggap sebagai sesuatu yang penting terutama dalam berbagai tradisi yoga. Banyak yang beranggapan kundalini penting untuk mencapai kekuatan tenaga dalam, ilmu metafisika juga diyakini akan memutus jalur reinkarnasi. Jika kudalini bangkit maka akan membuka jalur sushumna dan cakra-cakra utama yang jika tiap cakra utama terbuka akan mendapatkan kesaktian yang maha tinggi.

        Jika anda diMerpati Putih tentu mengenal posisi Kobra, Merpati Putih mengambil asanas/posisi yoga yang lazim dipraktikan. “Dengan mempraktekkan posisi ini, dewi ular (kekuatan Kundalini) terbangun. Kita juga mengenal sikap Surya Namaskar, juga disebut “Salam Matahari”. Rangkaian posisi yang digunakan di Barat untuk latihan “pemanasan” dalam yoga. Setiap posisi adalah sikap tubuh menyembah dewa matahari. Secara tradisional dilakukan pada dini hari, menghadap matahari terbit.
        Sikap-sikap ini adalah sikap yang tasyabbuh pada sikap penyembahan pada dewa-dewa untuk menapatkan kesaktian yang penuh kesyirikan, maka tidak heran setan membantu praktisinya hingga bisa “melihat ” walau mata tertutup.

        Ada banyak tekhnik membangkitkan ular kundalini, semua tekhnik itu hanyalah kamuflase dari bangkitnya kekuatan setan dalam diri manusia untuk menyekutukan Allah.

      • @Mas Abdulah Umiy,

        ”Sesuai penjelasan Mas Perdana bahwa teknis yang tidak sesuai dg islam adalah adanya attunement, dan inisiasi, juga adanya bentuk keyakinan yang diluar islam dalam proses tsb”.

        Sy rasa komen Mas Perdana tsb, untuk hal Reiki, sebenarnya banyak bahasan tentang pernapasan dan afirmasi energi, (selanjutnya sy sebut td/tm saja yah…) diblog ini, hanya saja sy lupa ada diartikel mana.

        Yg sy ketahui tentang olah nafas MP itu disebut pernapasan offensive, khusus untuk pematahan kikir, balok es dll, sebenarnya dapat dijelaskan ilmu fisikanya, dengan rajin latihan fisik murni… semua orang dapat melakukannya tanpa harus pengkhususan olah napas. MP sendiri termasuk yg dikritisi diblog ini. Begitu juga dengan chi, prana, kundalini, bioenergi dll.

        mungkin jika Mas perdana sdh tak sibuk, anda dapat mendiskusikannya satu persatu dengan Mas Perdana.

        Sy menemukan ini dari pengunjung lain diblog ini :
        http://konsultasiruqyah.wordpress.com/2009/03/11/tenaga-dalam/

        Sy sedang dinas luar kota, agak sibuk, Insya Allah sy ikut nyimak nantinya.

    • Trimakasih @ Mas Perdana Akhmad atas perhatian dan respon nya.

      Semoga Allah menunjukan kebenaran yang sebenar-benranya.

      salam….

  24. Saya dulu praktisi reiki, mempelajari reiki dari berbagai tradisi reiki, usui tradisional reiki, mengikuti reiki Tummo Irmansyah Effendi, Waskita reiki Ciptadinata Effendi,
    Setelah itu saya aktif mempelajari hipnotis, dari belajar hipnotis saya mendapat pemahaman bahwa reiki, termasuk tradisi esotoris lainnya adalah hipnotis, meski sebagian orang berpandangan bhw energi ini murni bukan krn sugesti semata.

    Jujur saya sendiripun mempunyai kebimbangan dalam mempelajari reiki ini ( terahir saya aktif di reiki tummo ). Dalam reiki tummo penyembuhan diri hanyalah “kulit” saja dari tujuan mempelajari reiki krn tujuan ahir dari reiki adalah mengakselerasi peningkatan spiritualitas, ialah agar manusia bisa mendekatkan diri pd Tuhan, demikian menurut Irmansyah Effendi.
    Dari tujuan ahir ini timbul beberapa pertanyaan dlm hati saya :
    1. Jika tujuan ahir dari reiki adalah peningkatan spiritual, knp hanya orang ttt yg bisa mempunyai kesempatan tuk mempelajarinya, kita tahu bhw biaya setiap level relatif sangat mahal, semakin tinggi tingkat yg kita ambil semakin mahal biaya yg kita keluarkan. meski mereka selalu berkilah bhw ada hukum ” PERTUKARAN ENERGI”..namun saya pribadi cenderung meyakini bhw faktor materi / finansial adalah faktor yg utama krn reiki bisa menjadi bisnis yg amat menguntungkan..

    2. Mengenai konsep energi ilahiah ini akan menimbulkan pertentangan dan mengarahkan kita pada pencampuradukan agama, meski kita hampir 2 tdk menyadarinya..

    3. Dapatkah kita belajar tuk meningkatkan spiritualitas kita dg menggunakan konsep diluar Islam, bukankah ketika haji wada ( perpisahan) Rosululloh telah menyampaikan wasiatnya surat Al Maidah ayat 3 “……pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu dan Aku telah melengkapkan kenikmatan – kenikmatan kepadamu dan telah Aku ridhai islam untuk menjadi agama bagimu, jadi untuk hal 2 spiritualitas saya yakin Islam telah mengandung kesempurnaan

    Mengenai konsep energi, secara pribadi saya meyakini keberadaan energi tsb, jika kita berpedoman bhw sesuatu haruslah ilmiah bukankah kini ada quantum fisika, bhw semua yg ada di alam ini tidak lain adalah bentuk lain dari energi, termasuk ketika kita berfikir, maka kita juga memancarkan energi…

    pertanyaan selanjutnya kpd Mas Permana,apakah hipnotis menurut anda juga menggunakan kekuatan jin? wassalam

  25. Kadang bingung juga membahas kundalini…
    kepana kok ada dalam tubuh kita……?

    apa maksud nya Tuhan menciptakan manusia yang diwilayah tandas(cakara dasar dan cakra sex) terdapat energy itu..?
    apa fungsi nya…?

    Tentu Tuhan punya maksud lain degan energy kudalini tsb, apakah ini energy kehidupan ?…
    sehigga manusia bisa beranak pinak dengan energy tsb dg berkontraksi puncak nafsu kenikmatan, sehingga mengeluarkan air yang hina.

    hmm…kalau energy kundalini adalah energy iblis, berarti kita semua anak-anak keturunan manusia terjadi atas kontraksi nafsu iblis yang telah di halalkan dengan murim nya.

    lalu bagai mana mengolah energy kundalini setan iblis yang ada di cakara dasar menjadi energy murni dan halal….? (menurut islam…).

    toh itu sudah tersedia dalam diri kita……..
    gunanya apa….?
    tentu peru solusi jawaban yang bijak dalam memahami maksud Tuhan menyimpan energy kundalini dalam diri manusia, yang mungkin manusia lebih tahu manfaat nya…..?, dari pada saling menyalahkan dan memfonis dalam ketdak tahuan.

    Yanh kadang-kadang manusia itu sengaja membuat bingung dirinya sendiri….he..he.
    padahal Tuhan itu(DIA) katanya sangat dekat, bersama kita dimana saja berada, dan (kami) lebih dekat dari uratlehernya(manusia).

    tapi kok gak mau nanya ke Tuhan Ya…?
    kok malah seneng saling mengklim pembenaran diri,……he..he.

    Apakah Keagungan Tuhan itu hanya sebesar pola fikir nya manusia yang merasa paling benar,….wow.
    Keagungan Tuhan telah di kudeta oleh sifat ego pada pola fikir yang sempit.
    lalau Tuhan seperti apa yang ada dalam pola fikir yang sempit….?, apakah Tuhan yang hanya berupa symbol. hmm…. Manusia telah menciptakan Tuhan dengan fikirannya yang lemah.

    Padahal manusia itu tergantung pola fikirnya, semakin baik pola fikirnya memahami tentang Tuhan, maka semakin baik dan berkwalitas Tuhan yang ia ciptakan……………..apakah begitu teorinya..?, sehingga banyak manusia yang merasa paling benar sendiri…..?, dan menyalahkan semua kalangan yang berbeda dengan nya ?

    Percaya kepada “tuhan” memang sangat jauh kawalitasnya dibanding beriman kepada Al-Tuhan(ilah). Karena “Al” adalah isim makrifat untuk memahami siapa “ilah” (Tuhan).

    mari kita fahami “Al”, agar fikiran menjadi bijak, bahwa segala perbedaan adalah kehendak Tuhan, bukan keinginan manusia, yang manusia hanya mampu mengimani tanpa membuat perselisihan dan menhakimi.

  26. sudahlah jgn berdebat, ilmunya ALLAH maha luas…semuanya rahasia, jalankan saja sesuai dengan kepercayaannya masing-masing, pasti akan ketemu titik terang.

    • Benar kita cari simpel saja, toh Nabi Mohammad juga dapet wahyu dari alam semesta dengan cara samadhi di goa hira, memfungsikan cakra kundalini nya, seperti halnya Sidarta gautama, mengikuti tata cara org terdahulu, bukan estafet dari para nabi sebelum nya.

      Orang islam banyak yang lupa, bahwa nabi nya meditasi dan samadhi di goa hira, bukankah ini adalah contoh nyata yang patut ditiru dan diteladani.
      Fungsi cakra dan kundalini memang nyata dalam tubuh manusia yang harus di yakini dan di imani memunyai fungsi dan manfaat, apakah kita akan kufur thdp perbuatan nabi….?

      Umat islam jangan tertipu dengan cara-cara orang bodoh yang hanya meyakini tulisan Alqurán lalu menghilangkan esensi keimanan. Hanya dengan cara uzlah bertahanuts, tafaqur, meditasi, samadhi, kita dapat mendekatkan diri dalam pencarian Tuhan, seperti hal nya contoh Nabi Mohammad. Ini adalah kenyataan yang tak dapat dipungkiri,….

  27. setuju dgn mas brotoyudo & mas beni…..
    haL terpenting jgn smpai kita mudah berprasangka & saling menyalahkan…….kita dibekaLi iLmu itu sj sdh Rahmat yg Luar biasa … ya tp namanya d bekaLi ya rumongso….bisa merasa …siapa sesungguhnya “Sang Empunya” iLmu itu……manusia punya iLmu krn di beri oLeh SANG PEMILIKNYA ILMU….MakhLuk Lain punya iLmu jg d beri oLeh SANG PEMILIK ILMU jg….Lha trus siapa PemiLik iLmu itu…tentu saja SANG PENCIPTA ILMU…siapa DIA ??? ya SANG KHALIK to….Lha siapa SANG KHALIK…ALLAH SWT !
    makanya jgn mudah berprasangka … krn sesungguhnya kita g punya iLmu kLo g d Kasih Lho….Lha kaLo smpai YANG PUNYA ILMU murka bgmn????? boLeh kita saling koreksi…….tp ingat …jgn kita mudah menyaLahkan.

  28. Nama saya Bayu (nama samaran), umur 32 tahun, agama Islam alamat di Temanggung.

    wah,.tetangga saya nih.
    Alhamdulillah orang Temanggung sudah ada yang mendahului saya bertaubat., hehehe…

  29. Sdr. Perdana Akhmad….

    bagai mana dengan Reiki aliran baru dengan nama QRAK ( Quark Reiki Atomic Kundalini ), apakah anda bisa beri pendapat ttg hal itu…?. kalau anda mantan mastewr tentu anda tau aliran tsb, dan Qrak tidak sama dengan aliran reiki lainnya

    trims…

  30. sy praktisi reiki, sy sering bantu2 bersihkan rumah dari mahluk ghoib dgn metode reiki, sy heran bagaimana bisa seorang praktisi yg energinya tdk mengenakkan bagi mahluk ghoib malah kemasukan mahluk ghoib

  31. Maaf disini sy tdk ingin berdebat atau saling menyalahkan. Kalau kita niat positif dimulai dgn bismillah insya allah semua akan baik saja. Ikut apa saja yg penting bnr dan positif. Gunakanlah untuk kebaikan dan bila ada rezeki bagikanlah pd ya berhak. Salah satu kita beramal, tolong menolong, sehingga kita dekat dgn Allah SWT.
    Semua ilmu apapun yg putih bersumber dr Allah SWT dan akan kembali Kepada-Nya saat kita mati. Amalkan ilmu yg bersifat pemberian Tuhan dengan bijak jd kita lebih mawas diri dan sabar. Mau itu kejawen, Hikmah maupun reiki pergunakan dgn baik dan yg penting tetaplah kita beribadah dgn baik kepada Allah SWT (Dzikir, Sholat, Baca Al-Qur’an) Akan lebih menyempurnakan Ilmu Kita (seperti mengasah pisau dr tumpul jadi tajam dan makin tajam).
    .

  32. Perdebatan reiki melibatkan jin atau sekedar pemanfaatan energi alam menjadi tidak jelas ujung pangkalnya. Blok-blok yang ditunjuk sebagai referensi juga cuma berisi klaim-klaim subyektif saja. Untuk itu saya menantang pendukung reiki maupun penentangnya.
    1. Bagi Pendukung REIKI:
    Tunjukkan bukti yang dapat diverifikasi secara obyektif oleh pihak yang independen bahwa 1. Ada energi alam yang digunakan dalam reiki 2. Photo/vidio yang menunjukkan peran/manfaat energi alam tersebut dalam penyembuhan.

    2. Bagi Penentang REIKI.
    Tunjukkan bukti yang dapat diverifikasi secara obyektif oleh pihak yang independen bahwa 1. Ada pemasukan Jin dari tibet pada saat attuinmen 2. Photo/vidio yang menunjukkan peran jin dalam penyembuhan reiki.

    Bagi yang bisa menunjukkan bukti-bukti yang dapat diverifikasi secara obyektif oleh pihak-pihak yang independen, sangat layak diterima pendapat/justifikasinya. Bagi yang tidak bisa menunjukkan bukti-bukti yang dapat diverifikasi secara obyektif oleh pihak-pihak yang independen, sangat tidak layak diterima pendapat/justifikasinya alias pembohong atau penebar fitnah belaka. Bila keduanya tidak bisa menunjukkan bukti-bukti yang dapat diverifikasi secara obyektif oleh pihak-pihak yang independen, artinya sesungguhnya kedua belah pihak pembohong semua dan tidak pantas diikuti pendapat maupun sarannya.
    Mohon maaf bila tantangan saya tidak berkenan.

  33. semuanya hanya prasangka sesuai pengalaman dalam pendapat yang brbeda-beda.
    namun sy tertarik dengn koment @renata

    Nabi Mohammad bertapa.samadhi, di goa hIra hingga dapet wahyu dari Tuhan, dan itu diyakini oleh umat nya sampai sekarang. Nah bukankah pertapaan seperti itu Nabi mengikuti atau melakukan kebiasaan laku spiritual dengan cara-cara seperti para resi hindu dan sang budha.
    bila reiki mengikuti cara-cara agama lain, dan Nabi pun bertapa bersmadhi juga seperti agama-agama lain.

    gak ada bedanya antara cara hindu, budha dan Nabi Mohammad, masng-masing gunakan cara yang sama. Jd umat islam gak ada salah nya gunakan reiki dengan cara-cara mereka, kalau memang umat islam gak punya cara untuk itu,

  34. A’uzubillahiminasysyaithonirrojiim, Bismillahirrohmanirrohiim, mari kita banyak2 beribadah sesuai syariah yang benar. Dan mari kita renungkan lalu cermati secara cerdas pepatah lama yang bunyinya kira2 : “BURUK RUPA CERMIN DIBELAH”.

  35. A’uzubillahiminasysyaithonirrojiim, Bismillahirrohmanirrohiim, mari kita banyak2 beribadah sesuai syariah yang benar. Siapa saja yang beribadah : sholat, zakat, puasa, Haji dll, dengan niat bukan Lillahita’ala, dapat dipastikan ianya akan tersesat dan disesatkan oleh setan laknatulloh. Demikian halnya dengan Reiki, demikian juga akan halnya semua ilmu pengetahuan, apakah itu kedokteran, bahkan ilmu keagamaan yang dipelajari bukan lillahi ta’ala akhirnya akan menyeret si person tersebut kepada lingkaran setan. Bukan hanya Reiki. Di kesaksian lain ada saya baca seseorang yang juga nggak berani menyebut nama sebenarnya mengatakan bahwa sebelum mengikuti reiki, dianya suka berkelahi dan pada suatu saat dia belajar beberapa jenis ilmu bela diri termasuk yang berbau kebatinan terutama yg mengarah kepada kekebalan pisik, akhirnya di menyimpulkan reiki sesat, dipenuhi jin dan kesimpulan negatip lain dengan membawa-bwa اللّهُ. Tapi saya berkesimpulan sementara bahwa niatnyalah yang salah dari awal makanya nyasarlah dia entah ke dunia mana. Di bidang lain juga banyak kita saksikan manusia di zaman kini yang kesasar terbawa niat yang non Lillahi ta’ala. Allohu a’lam bish showab. Pengetahuan saya tidak ada artinya dibanding pengetahuan اللّهُ azza wa jalla, Dia yang Maha Mengetahui segalanya. Yang pasti belum seorang pun manusia yang hidup hari ini bertemu dan berdialogue secara pisik dengan اللّهُ Subhana wa ta’ala. Berlindung aku kepadaNya dari kesesatan dan menyesatkan.

  36. setuju dg yg diatas..saya juga pernah berdoa sehabis solat sunat waktu saya ingin sekali ikut lokakarya reikitummo apakah menurut Alloh irmansyah efendi baik atau sesat ..dan dalam mimpi sy bertemu dia pakai jaket hitam celana hitam..wajahnya kusam kering berjelaga …kesan yg saya rasakan dalam mimpi mirip seperti ketika memandangi drum-drum bekas

  37. assalamu’alaikum sdr ku skalian. kasian yah jin selalu aja yg disalahkan. padahal di kitab suci dijelaskan tidaklah kuciptakan jin dan manusia kecuali beribadah kepadaku. jadi bisa dibilang kita manusia dan jin seperjuangan utk beribadah kepada Allah. dan sesungguhnya setan lah musuh kita yg nyata yg selalu menggoda yg menjadikan kita semua setan jin dan setan manusia. Rasulullah diberikan kelebihan oleh Allah akan pemahaman (laduni) sehingga bisa melihat sgl sesuatu yg halus. sy melihat saat ini banyak saudara2 kita yg lsg memvonis sgl sesuatu hal yg aneh dgn jin. apakah saudara ingat kasus pesulap david copperfill pada jaman dulu yg banyak berbondong2 para ulama membuat fatwa bahwasanya dia bersekongkol dgn jin/dajjal dan sesat, sehingga dgn seiring waktu dan informasi saat banyak pesulap2 baru yg muncul dgn talent2 pertunjukan sama spt david copperfill yg mana sebetulnya ilmu tsb adalah hanya sebatas trik semata dgn peralatan yg super canggih dan bukan atas bantuan jin/dajjal/setan, tapi apa boleh dikata hujatan sdh terlanjur dan fatwa sdh dimana2 tetapi hasilnya apa ? hanya dosa fitnah yg kita dapatkan karena ketidak tau an kita yg asal bicara tapi tidak paham. alangkah baiknya saat ini kita bercermin dan kedepannya hanya berkata apa yg kita memang betul2 mengerti dan bukan mengatakan yg belum tentu benar dan kita jg belum mengerti. gula itu manis, api itu panas, es itu dingin. mohon maaf apakah ada diantara saudara2 skalian yg pernah melihat jin/setan ? bukan menduga dgn praduga2 ? apakah sdr2 sekalian bila melihat orang kesurupan apakah saudara yakin di tubuh orang tsb ada jin nya ? ataukah hanya menduga2 saja ? bagaimana bila kejadiannya spt kesurupan massal yg setelah di telusuri ternyata krn berasal dari pengaruh pikiran dan bisa dijelaskan secara psikologi oleh ahlinya ! lagi2 jin di fitnah disini ! apa hukumnya memfitnah ke sesama makhluk Allah ? apakah hukumnya memfitnah ke sesama muslim ? dalam hal ini jin muslim ! itulah contoh sedikit mengapa kita boleh berbicara harus sesuai apa yg kita ketahui saja dan tidak boleh sembarangan menghujat sgl sesuatu yg kita tidak mengerti. inna a’malu biniyat sgla sesuatu perbuatan berdasarkan niat kita. kalau mmg niat meminta kepada selain Allah dalam konteks IBADAH adalah syirik. mengapa sy katakan IBADAH ? karena selain ibadah banyak sekali dan itupun tidak dikategorikan syirik seperti minta kpd teman pertolongan dlm kegiatan sehari2 bukan berarti syirik. nah kawan2 skalian bila ada permasalahan dalam membahas suatu metode spt senam pernafasan dll cukuplah kita kembalikan kpd hati kita kembali kita memohon kpd Allah dengan teknik latihan pernafasan tersebut kita mendapatkan kesembuhan dari Allah dan memohon ampun kpd Allah bila disengaja maupun tidak teknik tersebut mengandung unsur2 lain yg kita tdk ketahui sbg manusia biasa. krn pada dasarnya teknik pernafasan bukanlah BID’AH karena pemahaman BID’AH adalah suatu ibadah yg diada2kan dan tidak ada tuntunannya dari Rasulullah sedangkan teknik pernafasan adalah bukan ibadah melainkan olahraga kesehatan yg memang kita yakini dan niatkan mmg semata2 utk kesehatan dan sehat datangnya dari Allah SWT lewat latihan tsb. kalau kita ke dokter skalipun yg menyembuhkan adalah Allah bukan krn kuasa dokter !! niatkan hati kita saudara2ku skalian kalau ada keragu2an diantara kita. Carilah ilmu sampai ke negeri cina itulah yg Rasulullah ajarkan dimana negeri cina terkenal akan ilmu ketabiban,pernafasan dan kebudayaan nya. mohon maaf bila ada opini sy yg salah mohon di bukakan pintu maaf yg sebesar2nya atas ketidak tahuan sy. wasslam. dir.dons@gmail.com

  38. maaf saya tambahkan pak, tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina saya artikan kalau masih dalam naungan ilmu pelajari,dan dengan ilmu itu kita mendekatkan diri kepada Allah .kalau kita dilarang menuntut ilmu, ilmu yang benar hanya dari arab saja , maka apa yang kita lakukan sekarang mengirim email ini pun dianggap haram, krn komputer yang kita gunakan produk orang orang diluar islam,jangan lah kita berpikiran sempit krn dalam hadist ada disebutkan ” engkau lebih tahu urusan duniamu” dan nabi diturunkan Menjadi Rahmatan lilalamin rahmat seluruh sekalian alam, jadi bertingkah lakulah seperti nabi, jangan menghujat sana menghujat sinikalau bisa kita menaungi semua agar tercapai kedamaian didunia ini ” Ya Allah berikan rahmatMu kepada hati kami Agar segala iri , dengki, kejengkelan, sakit hati, ketidak puasan.kesombongan ,ingin menonjolkan diri dan emosi negatif lainnya yang ada di hati kami diganti dengan cahaya dan kasihMu ya Allah ya Rabbi” Amin

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s