HAKIKAT BENDA KERAMAT

Benda-benda keramat dalam istilah bahasa Arab disebut Tamimah.Definisi benda-benda keramat adalah benda-benda pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan ghoib yang dapat membantu menyelesaikan segala persoalan hidup.Benda-benda keramat banyak sekali bentuk dan jenisnya seperti : Keris,pedang,tombak,badik,batu mulia,batu kristal,besi kuning,jenglot (dipercaya sebagai tubuh orang sakti yang mati) dan lain sebagainya.

Namun benda-benda keramat tidak saja berbentuk benda mati makhluk hidup pun ada yang dikeramatkan seperti : kerbau putih,burung pelatuk bawang,ayam cemani, dan lain sebagainya.

Agar tuahnya tetap ada maka biasanya dilakukan penjamasan atau ritual perawatan dan pembersihan.Ritual jamasan pusaka merupakan salah satu momen penting bagi seseorang yang memiliki benda-benda pusaka. Dalam ritual tersebut, barang-barang pusaka seperti keris, tombak, pedang, dan benda-benda lain yang dianggap berkekuatan di luar nalar dibersihkan dengan minyak wangi tertentu.

Seorang kolektor keris dan benda-benda keramat  St Sukirno menjelaskan, tujuan jamasan tersebut agar bebas dari sengkala (marabahaya) karena setiap pusaka diakui memiliki kekuatan di luar nalar yang dapat membahayakan pemiliknya jika tidak dirawat.Pada masa kini benda-benda keramat oleh para ahli syirik itu diilmiahkan dengan istilah-istilah “keren” seperti “radiasi positif,medan energi” agar dapat diterima oleh masyarakat banyak.

Dari semua penjabaran diatas sesungguhnya semua benda-benda keramat itu seperti mengkultuskan atau membawa keris,besi kuning,batu akik,batu mulia dan sejenisnya sebagai pengusir atau penangkal mara bahaya, jika ia meyakini bahwa benda-benda tersebut sebagai sarana tertolak atau tertangkalnya bala hal itu termasuk syirik akbar dan juga bagi orang yang  membawa dan meyakini kekuatannya maka hidupnya tidak akan pernah bisa tenang.

Diriwayatkan dari  Imam Ahmad pula dari Uqbah bin Amir dalam hadits marfu : “Barang siapa menggantungkan tamimah, semoga Allah tidak mengabulkan keinginannya; dan barang siapa menggantungkan wadaah, semoga Allah tidak memberi ketenangan pada dirinya.” Disebutkan dalam riwayat lain:”Barang siapa menggantungkan tamimah, maka dia telah berbuat syirik”

Imran bin Hushain radiallahu anhu menuturkan, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melihat seorang laki-laki terdapat di tangannya gelang kuningan, maka beliau bertanya: “Apakah ini?”Orang itu menjawab: “Penangkal sakit.” Nabi pun bersabda: “Lepaskan itu karena dia hanya akan menambah kelemahan pada dirimu; sebab jika kamu mati sedang gelang itu masih ada pada tubuhmu, kamu tidak akan beruntung selama-lamanya.”(HR. Imam Ahmad dengan sanad yang bisa diterima).

Ketika keris,batu akik diyakini memiliki daya magic karena telah dibuat atau “diisi” oleh empu,dukun atau orang pintar, maka menjadikan akik itu sebagai jimat pembawa keberuntungan berarti telah menjadikannya sebagai sekutu selain Allah.


Batu mulia yang dikeramatkan

Ketika bambu kuning,besi kuning atau potongan tulisan arab yang maknanya tidak jelas diletakkan di atas pintu rumah, agar”si kolor ijo” atau “setan belang” tidak bisa masuk rumah, maka berarti telah mempertuhankan benda-benda keramat itu, dan ini adalah bantuk kesyirikan yang sangat nyata terhadap Allah SWT.

Demikian pula apabila Al-Qur’an Stambul (Al-Qur’an berukuran sangat kecil yang tulisannya tidak bisa dibaca kecuali dengan mikroskop) dijadikan jimat untuk menolak marabahaya, maka pelakunya pun sudah terjerumus pada lingkaran syetan yaitu syirik.

Rasulullah saw bersabda :“Barangsiapa yang menggantungkan sesuatu (sebagai tamimah), niscaya Allah menjadikan dia selalu bergantung kepada tamimah itu”. (HR.Imam Ahmad dan at-Tirmizi).

Sedangkan jika mereka yang memakai,mengagungkan dan mengkultuskan benda-benda keramat dengan memujanya (dengan cara dijamas,diberi bunga-bunga) sebagai sarana ikhtiar mendekatkan diri dan meminta pertolongan dari Allah melalui perantara benda-benda keramat itu tetaplah  merupakan kesyirikan yang nyata sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَلاَ لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلاَّ لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللهِ زُلْفَى إِنََّ اللهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنََّ اللهَ لاَ يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

“Ingatlah, hanya kepunyaan Allahlah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” (Az-Zumar: 3).

Jadi tidak ada alasan sama sekali dalam Islam kita menyimpan,menggunakan,mengagungkan benda-benda keramat karena hukumnya sudah sangat jelas dan jika ada seseorang entah dia kiai,ustadz,paranormal,dukun,romo,Gus-gusan,Ki-kian atau apapun namanya mencoba menghalalkan benda-benda keramat maka dia berada pada kesesatan yang nyata,mereka seseungguhnya syaitan dalam bentuk manusia.

Janganlah kita tertipu dengan cara mereka mencoba mengilmiahkan benda-benda keramat itu yang sering mereka katakan memiliki radiasi positif,energi positif,yoni,tuah dan istilah-istilah lainnya karena sudah jelas hukum dalam syari’ah Islam.


Keris yang dikeramatkan

31 gagasan untuk “HAKIKAT BENDA KERAMAT

  1. Bos, pelajari dulu dengan cermat jangan asal bacot dikit2 syirik dikit2 haram. Semuanya penjelasan yg rasional kok. Janganlah menafikan karena memang teknologi sudah membuktikan. Tinggal bagaimana kita memberikan pelajaran yang benar saja memperlakukan benda-benda itu semua. Kalo mau tau, belajarlah pada ahlinya jangan setengah2 atau baru dapat gosip sudah mengambil keputusan dan merasa paling benar…Habis sudah warisan budaya kalo belum2 dicap syirik dll. tobat..tobat

    • bener tu dikit dikit syirik , suruh tu yg sok pinter belajar langsung biar tau asal usulnya to masak belajar ilmu hikmah aja bilang sirik ,n jangan sok suci gitu lo, semua wali songo pakai ilmu hikmah dalam berdakwah ,apa dia lebih alim dr wl 9

    • sebenarnya duniapun tahu bahwa orang indonesia sudah pintar berteknologi sebelum orang barat menemukan teknologi. Contohnya keris.. jangan liat dari haram atau tidaknya.
      saya sebagai orang tehnik justru takjub dengan keris, benda dengan unsur logam keras bisa dibuat bentuk sedemikian cantiknya dengan lekukan2 yang secara akal sehat apakah ada pada jaman dulu mwesin untuk membuat keris. Dan apakah anda tahu kapan pertama kali keris dibuat. nah.. pusing2 dah lo!!!

    • sekarang begini ya apakah kita meragukan al-quran pastilah tidak ,atau dengan firman-Nya pasti juga tidak
      coba buka tafsir al-quran surah al-hadid ayat 25 dan tinggal bagaimana kita menyikapinya.

  2. Ya bnr meyakini suatu benda2 dpt mendatangkan keajaiban2 itu memang syirik.. tp tidk boleh juga kt memvonis ssuatu itu tnpa berdasarkan ilmu yang cukup…….

    dokter juga manusia, ustad jg manusia….
    mnrt hemat saya, stiap pembuatan azimah itu ada azaz pembuatannya baik itu scr islami maupun non islami…

    lain lagi bagi orang yang tlh menguasai ILMU KHODAM, maka dpt ditentukan apakah khodam azimah tersebut dari golongan yang Haq atau Batil…..

  3. aku setuju apa yang di katan mas….mas..aku paling sebal klo orang …dikit2 ngomong nya sirik,haram murtadz da dsb…..harus di telaah dulu jangan asal bacot ajah… apakah dia yakin masuk syurga? MENE KETEHE kan….padahal orang itulah yang akan masuk raka jahanam…..soook suci loh..loh udah ah entar gue yang banyak bacot…numpang lwat ajah biar ngetop..top..

    • Yah Semoga Semua Bisa Menerimanya, Tanpa Menggurui Yang Di maksud diatas kan hanya ingin memberitahukan mana yang Baik mana yang buruk mengapa kalian semua menghujat…..Semoga Allah Melindungi Kalian Dari Azab yang Pedih

  4. aku setuju apa yang di katakan mas….mas..aku paling sebal klo orang …dikit2 ngomong nya sirik,haram murtadz &dsb…..harus di telaah dulu donk ,,,, jangan asal bacot ajah… apakah dia yakin masuk syurga? MENE KETEHE kan…????.padahal orang itulah yang akan masuk raka jahanam…..soook suci loh..loh udah ah entar gue yang banyak bacot…numpang lwat ajah biar ngetop..top..
    Balas

  5. kita semua wajib menghargai apapun itu selagi kita mengetahui dan tau ilmunya dan barang siapa mengatakan sesuatu hal yang tidak dia tahu dan membenarkan suatu hal yang tidak juga ia ketahui maka itu adalah pembodohan diri sendiri,semua sudah di takdirkan oleh Allah SWT ,jangan lah kita saling kecam dan mengecam,kita hidup hanya sementara saja jalinlah persahabat dalam perbedaan dan jalinlah persaudaraan dalam kemarahan,baik untuk anda belum tentu buat semuanya ingat manusia itu makluk sosial dan punya empati tinggi di bidang budaya,dan warisan leluhur janganlah kalian mengatakan sebelum merundingkan dengan seluruh bangsa ini ,OK

  6. dulu ditempatku ada orang yang membakar wadag keris(tempat keris). dan ternyata dia jadi gila setelah itu. jin yang ada dalam keris itu menntut nyawa orang itu. untungnya ada orang yang bisa menyembuhkan. tp jin itu masih menuntut hingga sekarang sampe anak cucunya katanya. Sebenarnrya dia gak suka hal2 spt ini, t dia dikasih tetangga, makanya dia bakar. nah ini efeknya apa ada yang bisa ngasih solusi gimana cara menghilangkan hal yang mistis itu.

  7. smoga Allah mengampuni kita semua, yg memang tak luput dr kesalahan. cm kasih pndapat aja, tnpa memihak sypapun…coz sy jg msh bnyk blajar (cari tau) soal yg ky gn. 1 sisi Indonesia sgt kental dgn bnda keramat (apapun jenisnya) tp di 1sisi jg Islamnya sgt dominan…

    Memang tdk mudah untuk mengembalikan ajaran Islam (aqidah)…

    Balik lg ke AlQuran & hadits aja deh. Kalo ada diikutin, kalo ga ada ya jgn. Seandainya Nabi & Rasul ngajarin ‘ilmu kaya gitu’ & ‘benda kaya gitu’ ko kita2 ngga diajarin ya….? jgn2 mereka (Nabi& Rasul) pelit lg, atau sy curiga…jgn2 ‘yg kaya gitu’ itu justru sgt menyesatkan…makannya ga diajarin, justru dilarang. atw sy curiga jg jgn2 kitanya yg terlalu cerdas, dengan membenarkan ‘yg kaya gitu’

    Hm…pengaruh & tipu daya syetan memang luar biasa ya…

    Yg tdk boleh jd boleh…yg boleh jd tdk boleh…ck..ck..ck…
    Semoga smua dirahmati Allah…

  8. Klo minta kpada batu bertuah itu sirik, tapi lo qta mta pada allah yg goib melalui gaib nya allah kan gak apa2? Bayangkan knapa qta harus pergi haji minta pengampunan, knapa qta di sunatkan mencium batu yg terlihat hanya batu dan nyata sebuah batu.
    Mkn gak dosa qta diampuni di batu itu? Knapa qta di sunatkan mencìum batu itu? Apa bdanya lo qta berdoa, mta pda allah kesembuhan, melalui obat nyata kegaiban yg allah ciptakan, sama sperti allah ciptakan padi yg tiap hari kita makan. Kita di ciptakan utk mengelola bumi ini, tentunya mengelola yg nyata dan tdk nyata, jdi gaib pun harus kita gunakan sebab dari yg gaib kita ada, dan kembali ke gaib setelah tiada.

  9. Martabat benda; bahwa kitalah (manusia) yang memuatkan ‘makna’ (memberi nilai) kepada benda2. Kesyirikan bukan karena bendanya, melainkan karena ulah manusianya sendiri; yang dalam hal ini memuatkan ‘makna’ itu kepadanya.

    Benda tidaklah terkena hukum benar atau salah, ia murni; tidak mengandung dan menanggung dosa. Lagian, syirik itu bersemayamnya di kedalaman hati; bukan di jidat.

    Salam.

  10. udahlah…,yang waras diam saja…,sebaiknya kita tinggal analisa saja dari sudut mana orang melihat…,biar saja orang mengeluarkan pendapat nya…,agama mu ya keyakinan mu….,itu saja jangan di ambil pusing saudaraku…..

  11. met ,siang smuanya , semua agama itu baik , hanya yg memahamilah yg blm bisa makanya bilang ini itu mungkin maksudnya juga baik ,”banyak jalan menuju roma ” bung peace……peace. tuhan hanya one, ingat…ingat, entah apa orang bijak menyebutnya tetap satu jua.tq

  12. Biasanya orang yg kayak gini nih yg matinya nyungsep kejurang neraka,belum kelar belajar aqidah,ahlaknya tdk islami,liat tu diarab sono pedang nabi msh ada dimuseum.qta ga dewakan keris cuma melestarikan aja bos klo ada hal lbhnya itu karunia.yg ga punya pusaka enjoy aja,jd penyelamat boleh aja asal qta tahu kredibilitasnya.nyosos pisan euy…

  13. kelebihan manusia dg hewan dan tumbuhan adalah akal, pun sebaliknya akal tak lepas dengan namanya hati, tergantung dari sudut pandang mana yang menilai, selagi itu tuk koleksi menurut saya gak masalah, tapi ditakutkan ketergantungan akan suatu benda (materi), sebab para sufi pun ada jg yang tersesat disamping ada yang benar, krn persimpangan antara ahli tauhid dg ahli syirik itu sangat tipis, jangan kan qt ini yang awam,
    sebab qt manusia ini serba salah dan kebenaran hanyalah milik Allah jd gak perlu diperdebatkan, krna gak kan pernah ktemu,,

  14. qt manusia klo berdebat cenderung kepada ego dalam pertahanan diri, sedikit kecenderungan kepada kebenaran dan kebijaksanaan, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan petunjuk nya kepada qt semua agar tetap berada dijalan yang lurus,,(pahami isi kandungan surat alfatihah)

  15. Keris adalah budaya bngsa indonesia yg patut tux dilestarikan… Jdi jgn di bilang syirik donk klo ada yg ngerawat keris… Msak nunggu budaya kta diakuin milik ngra laen baru kita mau ikut menjaga…? Ato emng di islam diajarin tux memandang rendah kepercayaan selain islam…? Perlu diingat jga low dasar ngra indonesia pancasila… Diweh’i ati malah rogoh rempelo… Prlu dingat sblum islam masuk, sudah ada kepercayaan yg laen…

    • mas ini blognya orang islam,……kami mengkritisi orang2 islam yang dalam praktik keislamannya masih mencampur adukan ajaran islam dgn ajaran diluar islam.

      kami orang2 islam meyakini bahwa islam adalah agama yg paling sempurna, sehingga apabila masih ada orang islam yg mempraktikan campur baur dgn syariat diluar islam, itu merupakan kwajiban kami untuk saling mengingatkan.

      kami orang2 islam tidak memungkiri jika pada awalnya islam datang ke indonesia di bumi ini sdh ada agama yg datang lebih dulu, tapi islam datang yg menurut keyakinan kami islam PALING sempurna, sehingga tak perlu lagi penambahan2 (campur baur dgn ajaran lain ). islam ya islam !

  16. permisi iku gabung…
    sirik itu tergantung dr niat sudut cara kita memandang.
    mohon di kaji lebih dlm lagi tentang sirik menurut masing2 kyakinan(khususnya islam).dg dalil dalin dan kiasan yg mendalam tentunya.

    Salam Rahayu.

  17. maaf menurut saya… bukan kah jika kita mempercayai kreris termasuk syirik yah,,, bukankah keris itu di buat sama manusia,,,?? masa kita mempercayai buatan kita sendiri bisa menolong kita??bukan kah hanya allah swt tempat kita meminta pertolongan.. memang di dalam keris itu ada kekuatan? saya masih tidak percaya.. karna saya yakin… hanya allah lah tempat kita meminta pertolongan…

  18. Kalau menurut saya….kita merawat peninggalan leluhur (pusaka) itu sah-sah saja…..apalagi itu adalah kepunyaan nenek moyang kita…seperti tanah, rumah, keris, guci, emas dll. Kita wajib melestarikan adat istiadat dan peninggalan leluhur tersebut. Kalau tidak kita siapa lagi yg merawatnya. Hancurlah negara kita Indonesia tercinta ini jika kita melestarikan budaya tersebut. Asalkan semua jenis pusaka tersebut tidak disembah melainkan hanya Allah SWT semata yg wajib kita sembah dan meyakini tidak ada kekuatan yg hebat selain Allah…. Kita orang Islam harus menjadi rahmatan lil alamin yg berarti rahmat untuk semua alam… mari kita tebar senyuman, saling mengasihi dan menyayangi tidak saling mengejek apalagi sesama umat Islam, malu kita dilihat selain umat Islam.

  19. Saya setuja aja dgn postingan diatas…emang bener jg itu…yg berbau klenik itu sebetulnya di buang jauh2 aja…buktinya kalah jg dgn modernisasi orang barat, dijajah belanda ratusan tahun sampe membleee…Allah aja sangat cemburu apa bla umatnya dkt dgn brg magis, apa lg bersekutu…manusia aja cemburu bila liat istri atau suami kita dkat ama cwok or cwk lain, apa lg brselingkuh!! Begitulah murka tuhan umpamanya….hasbunallah wanikmal wakil…

  20. ini ustadz cocok tinggal di arab sana, semua budaya indonesia ujung-ujungnya dibuat haram dan syirik, jangan asal bacot saja kau tadz, ini negara indonesia dengan beribu-ribu budaya jadi jangan kau melihat satu hal dengan sebelah mata, semua budaya di nusantara ini mengandung unsur filosofis, dan jangan langsung kau anggap syirik dan harap, kalau kau tidak mengerti belajar dulu sana, ini bukan negara islam, di negara islam saja banyak hal yg kalau dicermati ujung2nya juga syirik !! jadi kalau kau mau dakwah berdakwahlah yg wajar jangan sara, nanti kau bisa mati dijalan hanya karena cilotehmu yg asal bacot. !!!

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s