Penjelasan Ulama : Pandangan Islam tentang Reinkarnasi

Pertanyaan:

Ulama yang terhormat,

Bagaimana pandangan anda tentang keyakinan reinkarnasi yang diyakini oleh mayoritas orang beragama Hindu?

Jawaban:

Wa `alaikum Salam wa Rahmatullahi wa Barakatuh.
Dengan Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Segala puji hanya bagi Allah SWT dan shalawat serta salam bagi Nabi Muhammad SAW.

Sebagai orang Islam kita tidak meyakini reinkarnasi. Kita meyakini bahwa Allah SWT menciptakan Adam dan Hawa dan dari merekalah umat manusia beranak pianak dari generasi ke generasi berikutnya. Dalam agama Islam, manusia tidak memiliki kendali atas jiwanya setelah ia mati. Jiwa atau roh tidak akan muncul lagi setelah kematian sampai nanti di Hari Kebangkitan (Hari Akhir/Kiamat) ketika Allah membangkitkan semua yang mati untuk dimintai pertanggung jawabannya. Menurut Islam tiap jiwa/roh bertanggung jawab atas semua perbuatan yang dilakukannya. Ketika Hari Kebangkitan tidak ada seseorang yang menanggung dosa/kesalahan yang orang lain lakukan dan juga seseorang tidak akan diselamatkan kecuali atas usaha dan perbuatan yang ia lakukan semasa hidupnya.

“Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya.” (Al-Muddatsir 74:38)

Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya.” (Al-Mu’minun 23:101)

Reinkarnasi (tanasukh) merupakan pemikiran yang berasal dari keyakinan Non-Islam. Pemikiran tentang reinkarnasi tidak mendapat tempat baik didalam Al-Qur’an maupun Sunah Nabi Muhammad SAW. Dalam agama Islam kita meyakini kebangkitan kembali bukan reinkarnasi. Jadi tidak ada yang namanya kehidupan di masa lampau menurut  Islam. Allah SWT menciptakan kita dari bukan apa-apa lalu Dia memberikan kita kehidupan. Kita hanya memiliki satu kali kehidupan di bumi ini. Setelah kita mati nanti kita akan dihidupkan kembali pada Hari Kebangkitan. Tidak ada jiwa/roh yang kembali lagi ke kehidupan sebelum Hari Kebangkitan.

mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka.” (Ad-Dukhan 44:56)

“Maka apakah kita tidak akan mati? melainkan hanya kematian kita yang pertama saja (di dunia), dan kita tidak akan disiksa (di akhirat ini)? Sesungguhnya ini benar-benar kemenangan yang besar. Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja.”  (As-Shaffat 37:58-61)


Referensi: Islamonline.net dan situs lainnya

9 thoughts on “Penjelasan Ulama : Pandangan Islam tentang Reinkarnasi

  1. ulama siapa nih……kagak jelas………….dan belum ngerti yang namanya ISLAM…………….
    surat ABBASA…..AYAT….17 S/D 22……
    KHUSUNYA PADA AYAT 22 ITU BERCERITA TENTANG REINKARNASI…………..USTAD/ULAMA…………..SALAM………..SALAM

    • Surat Abasa Ayat 17 S.d 22, ini maksud Anda?

      80:17. Binasalah manusia; alangkah amat sangat kekafirannya?

      80:18. Dari apakah Allah menciptakannya?

      80:19. Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya.

      80:20. Kemudian Dia memudahkan jalannya,
      80:21. kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur,

      80:22. kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali.

      kalau menafsirkan ayat jangan memakai hawa nafsu, ulama mana saja yang meyakini rengkarnasi, kok nabi dan para sahabat menjelaskan kalau orang mati itu dialam kubur menunggu surga dan neraka bukan rengkarnasi.

  2. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    saya pernah mendengar dari ajaran yang bersumber dari syekh siti jenar tentang reinkarnasi, menurut ulana yang saya tau ajaran itu benar namun murid-murid nya yang tak kuat & takbisa memahami sepanuhnya yang membuat ajaran itu di fonis sesat oleh MUI. Mohon penjelasannya.
    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  3. 26:102. maka sekiranya kita dapat kembali sekali lagi (ke dunia) niscaya kami menjadi orang-orang yang beriman”.

    26:103. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman.

  4. Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanya kepada ulama
    1 Coba sebutkan satu aja ayat dalam alquran Maupun hadis yg menyatakan bahwa kita hanya dikasih kesempatan hidup sekali ?
    2 diberikan seorang bidadari yg cantik yg tidak pernah disentuh jin dan manusia bagi umatku yg beriman yg jd pertanyaan bagaimana nasib istri2 kita apakah mereka diberikan bidadari laki2 atau semua perempuan masuk neraka ?
    Jadi nabi Adam dapat bidadari sedangkan siti hawa sudah enggak dipakai lagi oleh Adam disurga, kasihan kali yah yg jd perempuan dimana letak keadilan Allah
    3 ada orang kafir yg hidup di zaman nabi Nuh mereka disiksa dialam kubur sampai kiamat kemudian ada seorang bayi yg lahir pada saat kiamat terjadi , indah kali nasib bayi ini walaupun tidak pernah merasa hidup didunia tapi dia langsung masuk surga dan tidak perlu menunggu dan disiksa dialam kubur dimana letak keadilan Allah
    4 bagaimana orang yg hidup di hutan Amazon mereka hidup di antara hewan buas tidak pernah mengenal Tuhan dan terkadang saling membunuh dan menjadi kanibal. Apakah mereka akan masuk neraka?
    5 ada orang cacat dia terlahir dari agama non muslim tapi dia taat dengan agamanya kemudian satu lagi ada orang yg terlahir dgn agama Islam dan kaya raya tapi hidup nya selalu berbuat maksiat, yg jd pertanyaan apakah orang cacat td kekal dineraka sedangkan orang kaya td karena dia Islam dia hanya sebentar disiksa dineraka . Lalu dimana keadilan Allah .

  5. ohh jadi cuma gara-gara 5 pertanyaan galau, akhirnya bisa sampe percaya reinkarnasi,,
    saya coba jawab .
    untuk jawaban 1. Banyak. Coba telaah ayat-ayat tentang hari kiamat. sesuai pemahaman sahabat, ahli tafsir. yang penting diingat “Harus sesuai dengan pemahaman sahabat, Ulama ahli Tafsir.” Tidak ada tempat untuk pendapat “menurut saya”.

    Jawaban 2 S/d 5.
    Tanamkan dalam hati, Allah maha Adil dan Bijaksana, Orang-orang yang masuk surga memang pantas masuk surga dan orang-orang yang masuk neraka memang pantas masuk neraka.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s