Hipnotis Menurut Islam

Bagaimana hukuum mempelajari ilmu hipnotis dalam islam?apakah bertentangan dengan akidah?

Syukron atas jawabannya.

Wasslm

Yun


Jawaban

Waalaikumussalam Wr Wb

Saudara Yun yang dimuliakan Allah swt

Hipnosis merupakan salah satu bentuk perdukunan yang menggunakan jin yang dipakai oleh juru hypnosis (hypnotist) untuk menguasai kliennya sehingga orang itu berbicara dengan lisannya dan terkadang memberikannya sebuah kekuatan untuk beberapa pekerjaan dikarenakan penguasaannya itu.

Jika jin itu berkawan dengan si juru hypnosis maka ia akan tunduk kepadanya sebagai kompensasi dari apa-apa yang telah dilakukannya dengan bertaqarrub kepadanya sehingga jin itu menjadikan si klien yang dihipnotis tunduk kepada keinginan si juru hypnosis untuk melakukan suatu perbuatan atau memberikan informasi dengan bantuan jin tersebut.

Karena itu penggunaan hipnosis dan menjadikannya sebagai salah satu cara atau sarana untuk menunjukkan lokasi pencurian, kehilangan. pengobatan terhadap suatu penyakit atau untuk melakukan berbagai pekerjaan lainnya adalah tidaklah diperbolehkan bahkan termasuk perbuatan syirik karena ia telah meminta perlindungan kepada selain Allah swt.. (al Lajnah ad Daimah li al Buhuts al Ilmiyah wa al Ifta juz I hal 383)

Wallahu A’lam

104 thoughts on “Hipnotis Menurut Islam

  1. Ass…
    bagaimana cara menanggulangi bahaya hipnotis yang negati? secara islami….kan banyak kejahatan dengan Ilmu gendam akhir-akhir ini.

    matur nuwun.

    Was…

    • bang kalau hipnotis itu hasil dr olah tubuh [latihan] bukan dr jin tau kalau gendam baru menggunakan jin /mahluk halus jadi intinya cari dulu hipnotis itu apa ,dan bagaimana belajarnya , baru buat komentar biar tdk membingungkan umat , karena saya pernah belajar hipnotis,karena tdk pernah latihan ahirnya kemamouanya menurun .wassalam,

      • Btul,,, saya sgt stuju dgn bank Rudi!! bahwasannya hynosis adalah kekuatan/keyakinan dari diri qta sendiri .. ..

        dan itu sama skali tdk ada kaitannya dgn ilmu hitam/ghaib, yah,, saya pun pernah blajar hypnosis ttpi sampai skrg masih blum bisa!!!

      • maaf, saya rasa anda perlu untuk lebih mempelajari dan mendalami aqidah Islam yang benar, terutama terkait dengan tauhidullah

      • seperti halnya siswa yang pengen lulus ujin kemudian pergi ke dukun,, kemudian beneran lulus….
        itu tidak dibolehkan…

        dan kalo siswa itu mau berusaha lulus ujin dengan cara belajar,, itu dibolehkan…

        tergantung bagaimana kita memperolehnya…

    • Saudaraku seiman dan setanah air.

      Diatas telah dijawab mengenai hukum hipnotis menurut islam, tapi sayang sekali yg menjawab di atas tidak punya ilmu sama sekali tentang hipnotis dan tidak tau menahu tentang proses hipnotis tapi sangat disayangkan begitu beraninya mengatakan bahwa hipnotis adalah menggunakan JIN padahal mereka ini tidak tahu JIN dan tidak tahu hipnotis inilah yg disebut ngawur sok islam sok pintar tanpa dasar.

      Mengatakan sesuatu adalah hukumnya wajib mengetahui dan faham apa yg dikatakan tersebut.

      apabila seseorang tersebut mengatakan tentang sesuatu tetapi orang tersebut tidak pernah tahu apa dan bagaimana bentuk dan caranya sesungguhnya orang tersebut bisa dikatakan fitnah.

      Semoga kita lebih bisa hati2 dalam mengucapkan kata2 lebih baik diam apabila memang tidak tahu dan tidak faham ilmunya.

      Janganlah mengkambing hitamkan JIN, JIN dan manusia mempunyai tugas yg sama yaitu beribadah kepada ALLOH.

      Semoga Alloh memberikan hidayah kepada kalian semua.

      Salam,

    • wanto,

      Hipnotis dan ilmu lain ibaratnya adalah alat seperti halnya pedang.

      Dimana ilmu hipnotis apabila jatuh atau dipelajari pada orang yg tidak bertanggung jawab tentunya hasilnya akan buruk.
      Seperti halnya pedang pedang ini apabila di bawa pada orang2 yg baik tentunya akan baik tetapi apabila dibawa oleh perampok tidak ada yg namanya pedang aliran putih atau pedang aliran hitam tetep saja karena untuk merampok siapa yg melawan pasti di tebasnya.

      Untuk menghindari hipnotis dan gendam cukup mudah jaga pikiran anda dengan baik jangan menatap mata seseorang yg belum pernah anda kenal hindari komunikasi, dan yg paling efektiv saat perjalanan bawa headphone dan dengarkan musik selama perjalanan dijamin sugesti atau perintah tidak akan anda dengar otomatis hipnotis tidak berlaku, hipnotis tidak berlaku bagi orang gila dan orang tuli.

      Semoga bermanfaat.

  2. saya pun setuju bahwa antara gendam dan hipnotis sangatlah berbeda ,kalau hipnotis murni kekuatan batin yang kita asah sendiri dengan fokus konsentrasi pada bulatan titik atau lilin yang menyala atau matahari dibarengi olah napas dan baca sholawat nabi selama satu tahun secara istikomah seperti teman saya orang losari akhirnya dia dapat menggerakkan benda dari jauh ,bahkan intuisi lebih peka .sedangkan gendam setahu saya dapat diperoleh dengan media zimat dari para dukun”dan cenderung kearah kejahatan,sedang hipnotis tidak bisa digunakan untuk jahat contohnya;meyuruh seorang untuk maaf”(bugil) itu kata teman saya.

    • wawan, saya agak setuju dengan pendapat anda.
      tetapi perlu saya luruskan.
      Hipnotis adalah seni komunikasi wajib hukumnya antara yg menghipnotis dan yg dihipnotis harus berhadapan langsung, dan yg di hipnotis harus mengerti bahasa apa yg diucapkan dan tidak boleh tuli atau gila.
      Jadi hipnotis tidak perlu ritual kusus cukup mengetahui proses getaran otak manusia untuk bisa masuk ke wilayah hipnotis.
      Hipnotis artinya tidur atau menidurkan, dan yg dihipnotis adalah benda hidup bukan batu.

      Itulah yg dimaksud hipnotis.

      Apabila ada yg mengatakan hipnotis itu kekuatan JIN bisa di tebak orang tersebut tidak tau hipnotis yg sesungguhnya.

      Salam

      • Darimana Anda tahu kalau hipnotis itu TIDAK dari bantuan Jin? Apakah Anda pernah lihat sosok jin?
        Anda tidak pernah sekalipun melihat otak Anda, bukan? tetapi tidak ada yang mengatakan bahwa Anda tidak punya otak, hanya karena Anda tidak bisa melihat otak Anda.
        Sehebat2nya tenaga manusia, katakanlah dari makanan bergizi super, minum vitamin, dll, tidak akan pernah memiliki energi seperti ini.
        Bila Anda wafat, roh Anda langsung berada di alam barzakh, sedangkan yang mengaku2 diri Anda itu adalah jin, dan mereka siap untuk bekerjasama dengan manusia.
        Jauhilah hal-hal seperti ini, berdoalah kepada Allah sebagaimana tuntunan Rasulullah.
        Penghipnotis beda dengan orang yang pandai berbicara karena kata2nya simpatik dan berkharisma, seperti para tokoh, semisal Bung Karno, dll. Sedangkan hipnotis merupakan hal lain yang berhubungan dengan alam yang tak tampak mata.

  3. Saya rasa terlalu cepat menyimpulkan hypnosis adalah praktek perdukunan. poin pentingnya kan kita tidak bekerjasama dengan setan. kita meminta nasihat dan mendapat kata-kata bijak saja sudah hipnosis namanya. Manajemen Qalbu dari A.A Gym juga bentuk hypnosis. dengan cara mengingatkan kita pada dosa2 kita, kita sudah masuk ke fase jiwa yg dalam, terus dapat nasihat jadi bisa masuk ke hati.

    • anehnya orang yg menjawab dan menyimpulkan tidak pernah tahu Hipnotis juga tidak pernah tahu jin.

      berarti bisa disebut ngawur tanpa dasar

  4. -sodara ahmad anda itu pintar tp karna kepintaran anda anda jd orang yg bodoh!
    -dari mana anda tau bahwa hipnotis itu atas bantuan jin
    -anda seharusnya menilai sesuatu itu dari dua sisi jangan asal memvonis

    • Yudyzt saya setuju,

      kalau mereka mengatakan hipnotis adalah bantuan JIN apakah mereka bisa melihat JIN jangan2 meraka ini adalah dukun yg bersekongkol ikan tongkol dengan JIN.

      Kalau tidak tau kenapa berani mengatakan itu bantuan JIN.

      Jelas orang tersebut asal ngomong tanpa dasar tanpa ilmu alias ngawor.

    • Darimana Anda tahu kalau hipnotis itu TIDAK dari bantuan Jin? Apakah Anda pernah lihat sosok jin?
      Anda tidak pernah sekalipun melihat otak Anda, bukan? tetapi tidak ada yang mengatakan bahwa Anda tidak punya otak, hanya karena Anda tidak bisa melihat otak Anda.
      Sehebat2nya tenaga manusia, katakanlah dari makanan bergizi super, minum vitamin, dll, tidak akan pernah memiliki energi seperti ini.
      Bila Anda wafat, roh Anda langsung berada di alam barzakh, sedangkan yang mengaku2 diri Anda itu adalah jin.

  5. Assalamualailum WR. WW

    Betul Kawan kalau hipnotis bukan pakai jin tapi kekuatan alam bawah sadar yang telah dibangkitkan sehingga dapat mempengaruhi orang lain tapi dalam hal kegiatan positif sedangkan gendam itu pakai jin untuk mempengaruhi orang lain dalam hal kejahatan ……..semoga bermafaat…….

    Wassalam…

  6. wah setuju tuh kalo hipnotis lebih ke psycologi, seperti AA Gym, atau motivator walau gak belajar hypnotis dia diberikan kemampuan dan mampu menjaganya untuk dapat mengarahkan orang lain kepada hal-hal baik yang positif. Hypnotis juga dipakai oleh banyak psikolog untuk menjalankan terapi kejiwaan.
    Nah kalo Gendam?? mungkin iya mungkin tidak (Ghaib sih soalnya..:P) , Tapi jika kita memahami hubungan sosial lebih mendalam semuanya bisa masuk logika, jin & manusia hanyalah beda wujud dalam menempati ruang dan material. Hubungan jin dan manusia sama halnya dengan hubungan kita dengan makhluk lainnya. seperti binatang yang dapat menjadi alat bantu manusia dalam mejalankan ke khalifahannya. Kalau masalah syirik adalah menempatkan makhluk di atas kuasa sang KUASA. Jika kita bilang “Untung aje ada lu yang nulungin gue..kalo kagak mati dah gue..” apa pernyataan ini memiliki unsur Syirik??? anda pasti tau jawabannya.
    Seorang yang bekerjasama dengan makhluk lain (jin mislanya) untuk tujuan kebaikan sambil terus mengingat Allah yang memberi kebaikan tersebut dari hubungan kerja sama yang mereka bangun. apakah itu syirik??? bijaksanalah untuk menjawab, belajar lebih banyak dan mengerti untuk memahami, karena kadang yang kurang mengerti akan menelah apa saja yang kita katakan……………

  7. Halah pada sok tahu…tetang hipnotis….padahal Anda setiap hari sudah dihipnotis oleh tayangan videonya ariel dan juga piala dunia…

    Koran lampu merah, warta kota dan bacaan yang buruk menghipnotis…bawah sadar Anda…merubah mindset Anda….

    buktinya…hanya…orang seperti Anda tidak sukses dan tidak kaya…kaya…kalau shalat tidak pernah khusuk yang dipikirin ….utang dan urusan dunia….lha wong bacaaanya koran lampu merah…sedangkan pebisnis sukses….bacaanya bukunya ustad yusuf mansur, esq, jakarta post, bussiness week….Muhammad sebagai Pedagang dll.

    Di indonesia ini banyak berita sampah…yang…menghipnotis…masyarakat Indonesia…dan merubah mindset/bawah sadar pemirsanya…jadilah kita bangsa yang terpuruk….

    Contohnya penulis ini…asal ngablak. kalau ngomong..padahal dia tidak sadar sudah di hipnotis oleh bacaan dan sumber sumber yang salah…di otaknya…tidak terbuka…yang ada hanya…haram…haram…haram….

    Makanya belajar dulu…kenal dulu…praktekin dulu……baru bilang halal haram….

    Dasar penulis memang orang yang nggak tahu syukur punya otak tidak di pakai….shalat tobat sana….

    • Halah pada sok tahu…tetang hipnotis….padahal Anda setiap hari sudah dihipnotis oleh tayangan videonya ariel dan juga piala dunia…Koran lampu merah, warta kota dan bacaan yang buruk menghipnotis…bawah sadar Anda…merubah mindset Anda….buktinya…hanya…orang seperti Anda tidak sukses dan tidak kaya…kaya…kalau shalat tidak pernah khusuk yang dipikirin ….utang dan urusan dunia….lha wong bacaaanya koran lampu merah
      :) :) :) :) anda ini persis paranormal ;) ;) ;) namun tebakan anda salah, saya ga liat video ariel, ga pernah tahu koran lampu merah ( gimana beritanya ga tahu 100% ) , dari mana anda tahu saya tidak kaya raya ? saya merasa sngat “kaya” sebab dianugerahi nikmat luar biasa dari Allah :) dan saya selalu bersyukur tiap hari :) dari mana anda bisa menebak shalat saya tidak pernah khusyuk ? sikap anda penuh kesombongan merasa khusyuk karena sudah belajar hipnotisme, apa ini ungkapan orang yang tiap hari melakukan self hipnotism ??????…..saya nasihatkan anda tiap hari muhasabah dan mengafirmasi diri dulu agar bisa bertutur yang santun……. any whay…saya selalu berusaha shalat sebaik mungkin selama ini :) adapun piala dunia saya cuma nonton korea selatan VS Yunani doang yang lain ga nonton sebab ga punya TV dan tinggal di desa kecil

      Makanya belajar dulu…kenal dulu…praktekin dulu……baru bilang halal haram….
      Dasar penulis memang orang yang nggak tahu syukur punya otak tidak di pakai….shalat tobat sana….

      terus terang semula saya mengira anda orang yang intelek dan supel lagi sangat ilmiah, namun Diskusi dengan anda sudah menjadi tidak menarik sebab anda sudah mulai meramal ga ilmiah dan tulisan anda sudah mulai mencerca seseorang :) :) ;) jika anda tidak bisa menjawab dengan argumen yang baik saya kira jangan malah anda mencerca dan memaki saya ;)

      Sungguh sayang, ucapan diatas keluar dari orang yang merasa shalatnya sudah khusyuk dan seorang ahli hipnoterapi……

      • Jangan marah dulu dong bos

        Pada sok tahu maksudnya bukan Anda…. itu…tu…yang komentar diatas….lihat saja sendiri komentarnya ommm….hipnotis kok pake kekuatan batin…pake konsentrasi….hua…ha…ha…..hipnotis just do it. and it works.

        Anda berikutnya adalah….pembaca….komentar saya….(yang merasa, kalau kagak merasa ya…pasti kagak marah) dan maksud saya bukan penulis lho…

        “Contohnya penulis ini…asal ngablak. kalau ngomong..padahal dia tidak sadar sudah di hipnotis oleh bacaan dan sumber sumber yang salah…di otaknya…tidak terbuka…yang ada hanya…haram…haram…haram…..dst…sampai akhir

        Nah itu baru untuk Anda…..berhati hati jangan asal comot artikel boss…mendingan salah benar pendapat Anda sendiri….insyaAlloh dapat pahala.

        Saya…yang salah comment atau Penulis salah baca Akhirnya….Penulis terhipnotis oleh saya kan…jadi suudzon..

        Oyaa…orang gagap dan kecanduan merokok alkohol dan narkoba…insyaAllah bisa sembuh….dengan hipnotis dan SEFT (ada unsur hipnotis juga lho kata yang mencipta)..apakah pengobatan seperti ini dilarang?…..karena telah meminta perlindungan kepada selain Allah swt…..Kalau begitu Anda kalau kena flu jangan minum obat dong minta perlindungan sama Allah saja…

        terus terang saya sering menasehati anak saya pada saat tidur…saya bangunin tetapi saya suruh tetap merem …sambil saya bisikin nasehat..nasehat…yang baik…dan saya melihat ada perubahan…dan apakah itu menurut Anda pake jin…..

        Mohon maaf jika kata kata saya menyinggung Anda…silahkan didelete saja kometar diatas….tetapi tolong sekali lagi di cek artikel diatas…mas…informasinya sangat menyesatkan…..bertentangan dengan artikel Anda yang lain di blog ini…

        hipnotis itu netral brooo bisa halal bisa juga disesatkan oleh praktisi praktisinya….bisa juga pake jin bisa juga nggak…bisa juga untuk kebaikan bisa juga untuk keburukan…sama seperti ilmu psikologi…bisa untuk nipu bisa untuk membantu orang keluar dari masalahnya….

        Ini komentar saya…yang terakhir di blog ini…karena saya pikir Anda memang benar-benar pengamat…ternyata…Anda pemihak…bukan pengamat….saya akan cari dari blog….yang lain saja….mudah…mudahan…bisa mencerahkan saya…

      • Dari kalimat2nya bs dianalisa ko.. Jd itu cuma alibi saja karena sudah terjebak dengan perkataannya sendiri :)

  8. Hypnosis itu MUBAH. Suyet (orang yang dihipnosis) tidak bisa diperintah yang bertentangan dengan believe-nya dan melanggar syar’i. Maka sebelum menjustifikasi hipnosis, sebaiknya melakukan studi mendalam tentang hipnosis. Kalo gendam memang menjadi harga mati: HARAM. Hipnosis masih dalam ambang tidur, suyet masih sadar dan mampu mendengar suara-suara di sekitarnya. Dia akan bangun bila penghipnotis memberikan sugesti yang bertentangan dengan norma. Maka sebaiknya penghipnotis memberikan terapi yang bernilai syar’i

  9. hypnosis/hipnotis adalah alamiah..
    tidak ada unsur ghaib sedikit pun..
    manusia sedikitnya mengalami kondisi hpnotis 2 x dalam 1 hari..
    kondisi hypnotis adalh kondisi dimana fokus kita pada 1 tujuan..

  10. lanjutin lg dunk berantemnya…..! gw mu ngliat yg pd sok pinter. gw ms bego, jd mu blajar am kalian yg ktnya udah pd prnah makan bangku sekulah…..

  11. assalamualikum wr.wb.

    bang saya mau cerita dan bertanya….???
    saya adalah seorang siswa SMA. waktu itu saya pernah dihipnotis oleh teman saya, namun hal tersebut gagal. kemudian teman saya mengatakan bahwa saya bisa menghipnotis orang lain. akhirnya saya melihat teman saya menghipnotis orang lain berkali-kali. dan saya memperhatikan teman saya tersebut. hingga akhirnya saya dapat menghipnotis orang lain, katakanlah saya belajar hipnotis secara otodidak. saya mempelajarinya tidak lebih dari 3 hari. setelah itu saya mencoba menghipnotis teman sekelas saya dengan tujuan sebagai hiburan sekaligus korban pertama saya. hingga akhirnya teman-teman saya tau dan sebagian dari mereka ingin merasakan dihipnotis. dan semuanya berhasil saya hipnotis. sampai sekarang saya gunakan hal itu sebagai suatu hiburan…..

    menurut anda apakah saya dibantu oleh jin atau itu memang kemampuan yang saya miliki ????
    (minta tanggapannya……)

    • sdr nday.

      dalam waktu 3 hari, sekarang belajar 15 menit aja orang udah bisa.

      jika itu buat hiburan, buat ngerjain orang, buat bikin orang malu.. bukankah itu suatu indikasi?

      • hmm…
        tapi yang ingin saya ketahui adalah mengapa saya dapat menghipnotis orang lain….???
        apakah hal itu karena bantuan jin atau karena kemampuan saya….????

  12. Assalamualaikum sdr nday.

    jika hipno### itu seperti arahan kata dan kalimat seperti pengarahan dari seorang motivator atau penceramah agama seperti aa Gym misalnya, sy setuju. Sebab orang yg mendengarkan, tidak dlm keadaan tertidur.

    jika hipnosis/tis itu menjadikan orang tak sadar atau tertidur(walaupun diklaim sadar, seperti mengigau dll), dgn alasan menggunakan alam bawah sadarnya, hal itu menurut sy sgt rentan dari pekerjaan oknum lain.
    Allahualam…

    Inipun sedang menjadi pembahasan sy dan beberapa pembaca lainnya dikolom lain. walaupun artikel2 tentang hipnotis yg ada diblog ini sebenarnya telah menjawab pertanyaan anda. Tidak semua yg ada ilmiahnya dapat sejalan dengan islam. Allahualam…

    kemampuan lebih manusia tentu saja atas izin Allah, tapi apakah Allah ridho atau tidak atas kemampuan lebih kita itu?, merupakan tugas seorang muslim yg mukmin untuk mencari tahu dan mengikuti apa2 yg diturunkan Allah dan mengikuti Rosul.

    cobalah baca dgn rutin dan sabar: Al Fatihah, An Nas, Al Falaq, Al Ikhlas dan ayat kursi. Lebih baik jika arti, maksud dan tafsirnya anda juga mengerti. Mintalah sungguh2 petunjuk dari Allah.

    Belajarlah tentang tauhid yg sebenar-benarnya. Apa2 yang
    menurut manusia itu baik, belum tentu baik menurut Allah. berhati2lah terhadap tipu daya setan.

    

Mhn maaf bukan maksud menggurui, tapi hanya berbagi pengalaman saja. Salam kenal sdr Nday.


  13. menurut saya bukan hipnotisnya yang musyrik atau tidak musyrik.Tapi melibatkan jin atau tidak.Kalo melibatkan jin..ya..musyrik…kalo tidak..sebelah mana musyriknya..orang gak pernah minta bantuan jin ketika menghipnotisnya,lagipula ilmu pengetahuan juga mengakuinya.Kalau masalah penggunaan..itu sich orangnya..bukan hipnotisnya.Menurut saya..ornag yg bs menghipnotis itu dirukyah yang syar’iyah dulu..jika ada angguan jin,bisa jadi hipnotisnya itu ada bantuan jin.Jika tidak..darimana kita bs menyimpulkan ada bantuan jin.@padahal tidak pernah diminta datang,diminta pertolongan..Wallahu a’lam

  14. Ah…. Jangan begitu pak Ustad…. hati-hati, jangan mudah memvonis hipnotis itu dengan bantuan jin. Dari mana secara syariat maupun secara ilmiah pak Ustad melihat bahwa hiptotis itu dengan bantuan jin. Apakah pak ustad sudah mendalami tentang unsur-unsur yang ada dalam diri manusia, tentang kelistrikan tubuh, tentang otak, tentang pengaruh suara terhadap pikiran, tentang pengaruh warna terhadap pikiran. Pokoknya jangan tergesa-gesa dulu. Perbanyak referensi dan pengetahuan teknologi baru kotbah. Dalam kemajuan peradaban manusia prinsipnya sebagai bukti Kebesaran Allah, Kecerdasan Allah, Kekuasaan Allah. Mari kita berpikir dari sisi dan tujuan positifnya.
    Balas.

  15. yang penting ….
    Ketika anda lahir anda menangis dan semua orang di sekitar Anda tersenyum. Jalani kehidupan Anda sehingga ketika Anda mati, Anda yang tersenyum dan semua orang di sekitar Anda menangis … ^_^

  16. Subhanallah, betapa berwarnanya ciptaan Allah kebaikan + kebaikan bisa jadi kejahilan, tapii..menurut hemat saya hidup itu tidak hitam putih, lurus tidaknya tauhid kita dapat kita lihat ketika nanti kita bersama-sama bertemu Allah, tetapi terkadang karena keyakinan kita yang lebih, membuat kita merasa paling benar, sebaiknya ada kebijaksanaan dalam hidup, sehingga tidak terlalu sering terjadi perselisihan yang tidak produktif bagi kemajuan umat, terimakasih salam bagi semuanya.

  17. @Mas Kendy,

    teori gelombang otak alfa dan theta yg digunakan bersamaan, terus anda bisa merasakan kekuatan setan yang mental tidak masuk, itu cuma sugesti bos! yang bener itu kekuatan setan sudah masuk, tanpa anda sadari.

    Sy juga mempelajari hypnosis sama seperti teorinya situ, cuma yah itu.. ada setan yg bermain. Teorinya saja yg bisa menutupi kerja jin di dalamnya. Tapi podo bae mas, ternyata setan tuh seliweran di teori gelombang yang ilmiah itu.

    Sy tdk menyalahkan teorinya, hipnotistnya dan suyetnya. Tapi pada saat pengkondisian itulah setan mulai bekerja bos. Cek aja sendiri. Paling situ engga bakal serius ngeceknya!

    • Mas Sano,
      Dari mana Anda tahu kekuatan setan sudah masuk? apakah anda sudah mengalaminya?

      Tanpa anda sadari anda selalu melewati proses gelombang otak dr Beta – Alfa – Theta – Delta setiap hari. kecuali anda tdk pernah merasakan gelombang otak Alfa – Theta – Delta berarti selama ini Anda tidak pernah tidur, wah kasihan sekali tubuh anda, dan anda termasuk sgt luar biasa, jd penasaran ingin tahu. namun jika anda melewati gelombang tsb saat ingin tidur berarti anda sdh & sering dimasuki kekuatan setan utk bisa tidur.

      pernah seoranh Kyai yg mengatakan hypnosis itu ada setannya, saya minta kerjasama KYai itu pd sat kyai membacakan Al Quran saya akan menghypnosis kyai utk tiudr, jk kyai tdk bisa tidur berarti setan itu ada dlm hypnosis kata saya, dan kl bisa berarti sebaliknya, krn sy yakin setan takut dgn ayat2 suci al quran.
      dan hasilnya kyai itu dpt tertidur dgn nyenyaknya setelah sy sugestikan, semakin anda fokus membaca al quran tanpa alasan yg jelas anda mulai terasa sangat mengantuk.
      So mas Sanno, tolong dibuktikan secara kenyataan kl memang setan itu ada dlm hypnosis, menurut sy jika anda pecaya setabn ada dlm hypnosis maka anda menjadi percaya orang shalat khusuk, zikir, jg telah dirasuki setan. dan sy orang yg tdk mempercayai itu, krn manusia adalah makhluk yg sempurna & setan takut kpd manusia yg berani bukan yg pengecut

    • @ Mas Kendy,

      Mohon maaf jika penyampaian saya yang diatas menyinggung anda. Saya tidak bermaksud apa-apa kepada anda.

      Sy tekankan di atas, Sy tidak menyalahkan teori, hipnotist dan suyetnya. Tapi pengkondisian menuju alam bawah sadar itu oknum mulai bekerja. Silakan anda periksa sendiri.

      Sy tidak bisa membuktikan dengan nyata di situ ada setan yang bekerja. Saya hanya menafsirkan hadist2 tentang jin/setan, berkaitan dengan hypnosis. (analogi hadist). Sy bukan ahli hadist/agama.

      Dulupun sy menolak jika hypnosis dikatakan berbau klenik dan mistis, terlebih ilmu pengetahuan membuktikan nilai ilmiahnya. Tapi rambu syariat membuat sy harus meninggalkan hypnosis. Sy tidak mengada2. Hanya pengalaman yg mengatakan itu pada sy. Coba anda pelajari dan renungkan dalil2 agamanya. Dan periksa cara kerja alam bawah sadar.

      Menurut sy, Seorang mukmin yang soleh dan berani pun, ia tak luput dari setan. Hanya Nabi yang terpelihara dari setan.

      Semua berpulang kepada anda, jika hypnosis pilihan anda. Sy sekedar mengingatkan saja. mhn maaf sekali lagi jika anda tak berkenan dengan komentar sy.

      • @mas Sanno
        perlu saya koreksi, bahwa tdk ada yang disebut alam bawah sadar, yang ada pikiran bawah sadar.

        jika tdk bisa membuktikan, ada baiknya artikel tidak mencap secara sepihak, alangkah indahnya jika berpendapat secara netral.

        mungkin dulu anda mempelajari tradisional hypnosis yang memang mempergunakan ilmu mistik, sedangkan hypnosis modern (western hypnosis tdk mempergunakan ilmu mistik, yg dipergunakan adalah ilmu linguistic.

        tolong tunjukkan ke saya apa yg dituliskan di Al Quran ttg Hypnosis, sy terlalu meyakinkan hadits, krn itu masih manusia yg buat. pegangan saya hanya Al Quran, dan setiap kali melakukan therapy baik mempergunakan hypnotherapy maupun energi, sy selalu berdoa kpd Allah, dan meminta ijin kpd Allah utk membantu menyembuhkannya, dan kesembuhan itu hanya ada atas ijin Allah. Saya tdk pernah meminta kpd selain Allah. Dan atas kuasa Allah proses dpt menjadi lebih cepat.

        Terima kasih saya juga mengingatkan Anda utk tdk salah mencap sesuatu ilmu yg datangnya dari Allah, krn bisa menjadi FITNAH. saya yakin anda tahu apa arti & hukumnya fitnah yg tertulis di Al Quran bukan Hadits ya. mohon maaf jg jika tdk berkenan, sy hanya membuktikan bagaimana itu hypnosis itu sudah ada sejak jaman nabi, bahkan tanpa disadari sahabat nabi Ali bin Abi Thalib sdh melakukan self hypnosis spt yg telah sy uraikan diatas.

      • DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

      • “…..sy terlalu meyakinkan hadits, krn itu masih manusia yg buat. pegangan saya hanya Al Quran…..”

        Sepertinya kalimat yang dimaksud adalah “…..sy TIDAK terlalu meyakinkan hadits, krn itu masih manusia yg buat. pegangan saya hanya Al Quran…..” Apakah demikian?

        Ini sebuah kalimat yang sudah saya kenal (ciri khas) dan sering terucap oleh beberapa orang di blog ini atau blog lainnya.

        Sedikit penjelasan.

        Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama Islam selain Al-Qur’an, Ijma dan Qiyas, dimana dalam hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an.

        Perbedaan antara Hadits Nabawi dan Hadits Qudsi

        Hadis nabawi itu ada dua. Pertama, tauqifi. Yang bersifat tauqifi yaitu yang kandungannya diterima oleh Rasulullah saw. dari wahyu (dari Allah). Lalu, ia menjelaskan kepada manusia dengan kata-katanya sendiri. Bagian ini meskipun kandungannya dinisbahkan kepada Allah, tetapi dari segi pembicaraan lebih layak dinisbahkan kepada Rasulullah saw., sebab kata-kata itu dinisbahkan kepada yang mengatakannya meskipun di dalamnya terdapat makna yang diterima dari pihak lain.

        Kedua, taufiqi. Yang bersifat taufiqi yaitu yang disimpulkan oleh Rasulullah saw. menurut pemahamannya terhadap Alquran, karena ia mempunyai tugas menjelaskan Alquran atau menyimpulkannya dengan pertimbangan dan ijtihad. Bagian kesimpulan yang bersifat ijitihad ini diperkuat oleh wahyu jika ia benar. Dan, bila terdapat kesalahan di dalamnya, turunlah wahyu yang membetulkannya. Bagian ini bukanlah kalam Allah secara pasti.

        Hadis Qudsi
        Hadis qudsi adalah hadis yang oleh Rasulullah saw. disandarkan kepada Allah. Maksudnya, Rasulullah saw. meriwayatkannya bahwa itu adalah kalam Allah. Maka, Rasulullah saw. menjadi perawi kalam Allah ini dengan lafal dari Rasulullah saw. sendiri. Bila seseorang meriwayatkan hadis qudsi, dia meriwayatkannya dari Allah dengan disandarkan kepada Allah dengan mengatakan, “Rasulullah saw. mengatakan mengenai apa yang diriwayatkannya dari Tuhannya,” atau ia mengatakan, “Rasulullah saw. mengatakan, ‘Allah Taala telah berfirman atau berfirman Allah Taala’.”

        CMIIW.

      • Komentar saya ini untuk Kendy.

        @ Admin

        Entah kenapa posting saya tampil di luar kolom Balas dari postingnya Bung Kendi padahal sudah saya klik menu Balasnya. Sepertinya saat saya posting sedang terjadi kesalahan teknis dari server wordpressnya.

      • Maaf mas, numpang posting. Mau cek tampilan.

        @Mas PA, kok kolom yg ini acak2an/berantakan postingannya?

        trus.. postingan komen2 Mas Kendy kayak acak2an juga ga? sy bingung bacanya, nulis apa dan kepada siapa. Sambung menyambung ngga jadi satu itulah wongalus…

      • @nyimak
        “Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama Islam selain Al-Qur’an, Ijma dan Qiyas, dimana dalam hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an.”

        uraian hadistnya menarik…tntu kita tahu bgmn hrs brskap thd hadist,…smg engkau ttp semangat mengkaji hadist..

        @kendy
        thanks ats sharing hipnoterapinya….insya4jjl brmnfaat, khssnya bgi sy pribadi …

  18. @Mas Sanno
    saya tidak tersinggung mas, namanya juga diskusi, utk apa tersinggung.

    saya hanya mengingatkan bahwa di artikel ini di klaim bahwa “Hipnosis merupakan salah satu bentuk perdukunan yang menggunakan jin yang dipakai oleh juru hypnosis (hypnotist) untuk menguasai kliennya sehingga orang itu berbicara dengan lisannya dan terkadang memberikannya sebuah kekuatan untuk beberapa pekerjaan dikarenakan penguasaannya itu.”
    jika klaim ini ada buktinya tidak apa, namun jika tidak ada buktinya hanya atas dasar asumsi, maka jadinya fitnah, nah saya sbg muslim jg tdk ingin saudara sy muslim melakukan fitnah.
    Janganlah melihat hypnosis spt di TV, yg di TV itu bohong semua, sebenarnya tdk semua klien dpt terhypnosis, byk jg yg tdk bisa, siaran di TV ada bbrp hal yg dipotong krn hanay utk unsur hiburan, namun sayangnya orang melihat itu semua itulah yg benar. semua Hypnosis adalah self hypnosis, kita berdoa kpd Allah itu jg termasuk self hypnosis. dan hypnosis itu adalah klien center, artinya jika klien mau di hypnosis, maka bisa ia di hypnosis, jika tdk maka ia tdk dpt dihypnosis, krn di pikiran kita ada filter2 belief khususnya dr unsur agama.

    sy sdh banyak melatih para kyai ternama utk menggunakan teknik hypnosis dlm memberikan tausiah, sehingga tausiah yg disampaikan kpd umat tdk mau kuping kiri keluar kuping kanan, namun masuk kedlm pikiran & diri si pendengar. dan yg disampaikan menjadi luar biasa.

    ya kita kembali kpd kepercayaan kita masing2 masing, saya menggunakan hypnosis bukan utk hiburan namun membantu orang yg stres, ada masalah, depresi, meningkatkan shalat, belajar, dll. dan semua itu diawali dgn membaca doa, jika berhasil sy selalu meminta langsunglah berterima kasih kpd Allah, krn semua ilmu pengetahuan datangnya dari Allah

  19. oya saya tambahkan, utk bisa masuk ke dalam kondisi hypnosis harus ada persetujuan dari klien/ suyet, jika tdk maka hypnosis tdk bisa berfungsi. artinya klien tetap memegang kendali sepenuhnya atas dirinya, bukan si penghypnotist

  20. Hypnosis itu Haram !

    Pembaca yang bijak. Ada email yang disampaikan melalui jalur pribadi, layanan pesan singkat dan pertanyaan langsung sebagai berikut,

    “Kang Asep, bagaimana hukumnya mempelajari Hypnosis? “

    “Apakah mempelajari NLP dan Hypnosis itu dapat dibenarkan sesuai Syariah , Kang ?

    “Bukankah dalam Hypnosis itu digunakan kekuatan Jin sehingga ini bagian dari praktek kuasa kegelapan?”

    “Pondok pesantren kok mengajarkan Hypnosis sih? Kok kontradiksi sih harusnya kan mengajarkan kebaikan lha kok malah mengajarkan kesesatan? “

    Pertanyaan-pertanyaan senada baik tidak langsung maupun langsung sudah biasa saya dapatkan, khsusnya saat menyampaikan kuliah, ceramah, workshop mengenai Hypnosis. Rupanya benar kata orang bijak bahwa manusia seringkali takut akan hal yang belum diketahuinya. Hal ini tidak hanya menerpa pada orang awam. Sebagian ilmuwan pun yang dididik untuk menghindari apriori dan melakukan aposteriori kadang terjebak dalam memberikan judgment sebelum mengetahui dan mendalami fenomenanya.

    Tahun 2007, panitia seminar ilmiah dan workshop yang semula menyatakan senang saat saya bersedia sharing tentang Hypnotherapy, suatu kali menelpon “Mohon maaf kang Asep, kayaknya kegiatan sharingnya bisa batal, ada kolega saya yang menentang dan berkata bahwa belajar hypnosis itu haram. Sekarang ini saya sedang ketemu dengan Majlis Ulama Indonesia di kota propinsi untuk menanyakan fatwa mengenai hal ini”. Menjelang kegiatan saya tiba-tiba ditelepon, “Kang Asep ternyata tidak ada fatwa MUI yang mengatakan Hypnosis itu Haram, jadi workshopnya dapat dilanjutkan“.

    _______________

    Saya hadir di hari pertama sebagai penyampai makalah hasil penelitian “Hypnotherapy Effect Of Ibadah”. Baru saja saya menyampaikan pengantar, pemakalah lain yang kebetulan tampil sebelum saya menyatakan “Hypnosis itu Haram , memperdaya pikiran orang, memperlakukan orang lain seperti budak yang tidak punya kehendak, dan memanipulasi orang lain, karena itu tidak perlu Anda membahas hasil penelitian Anda”.

    Pernyataan ini ditimpali oleh audiens lain “Hypnosis itu haram, melibatkan setan di dalamnya, dan hanya dilakukan dengan kekuatan khadam atau jin”.

    Karena moderator terhipnosis oleh hujatan-hujatan yang cenderung memanas dan tidak sempat menengahi, saya dengan suara lantang menyampaikan “ Hadirin sekalian, bila kita sepakat ini adalah forum ilmiah, berikan saya kesempatan untuk menguraikan hasil penelitian saya secara lengkap, kemudian silakan sanggah dan bantah bila secara metodologi ilmiah ada kekeliruan”.

    Untunglah sang kolega juga hadirin mau mengikuti saran saya. Saat saya paparkan dasar kajian, definisi, fenomena, proses, langkah hypnotherapy serta efek hypnotherapy dari kegiatan ibadah, alih-alih mendapatkan sanggahan dan hujatan, malah yang terlihat audience anggukan kepala tanda setuju dan mendengar komentar“Ohhhh gitu tohhh!”. Bahkan pemakalah-pemakalah berikutnya yang kebanyakan menampilkan rancangan-rancangan penelitian menjadikan hasil penelitian saya sebagai rujukan, ”Masya Allah”.

    _______________

    Di luar seminar, saya menemui kolega dan audiens yang menyatakan Hypnosis itu Haram dan bertanya, “Apakah anda pernah mempelajari Hypnosis secara akademik? Apakah anda pernah mempelajari Hypnosis di laboratorium? Apakah anda pernah mempelajari Ericksonian hypnosis? “

    “Tidak…. Tidak pernah…!”

    “Apakah pendapat Anda ‘Hypnosis itu memperdaya pikiran orang, memperlakukan orang lain seperti budak yang tidak punya kehendak, dan memanipulasi orang lain’ adalah akibat penemuan sendiri? Atau hasil dari pembuktian ilmiah? “

    “Tidak …”

    “Lalu bila demikian atas dasar apa Anda mengatakan Haram ?”

    “Karena Tokoh X , yang saya pandang sebagai Guru mengatakan demikian..”.

    “Baiklah. Seminar ini adalah seminar hasil penelitian. Tentu saja pendapat dari otoritas dapat kita gunakan sejauh itu berdasarkan hasil amatan, kajian dan penelitian dan daya kritisi kita terhadap pendapat Otoritas, serta Otoritas memang adalah orang yang dipandang ahli dalam bidang tersebut. Menurut pendapat saya, tokoh X yang Anda katakan tadi, maaf bukanlah otoritas dalam bidang Hypnosis , bahkan jangan-jangan belum pernah mempelajari mengenai Hypnosis dan tidak pernah tahu apa fenomena Hypnosis dan tidak pernah tahu persis bagaimana proses Hypnosis terjadi. Bila demikian halnya bagaimana bisa pendapatnya dipakai. Bukankah dengan demikian kita melakukan false logic?”

    “Lalu kalau begitu, apa dong langkah yang harus saya lakukan agar tidak terpeleset dalam kekeliruan logika tadi? “

    “Karena forum ini adalah forum ilmiah, yang memerlukan aposteriori, sebuah pandangan yang muncul akibat pembuktian, bukan apriori, pandangan yang muncul sebelum ada bukti, ada baiknya Anda semua yang belum pernah belajar megenai Hypnosis secara akademik dan belum pernah belajar mengenai Ericksonian Hypnosis, saya undang untuk hadir di workshop besok. Silakan anda amati, dan setelah itu barulah anda jatuhkan putusan apakah mempelajari Hypnosis itu Wajib, Sunat, Mubah, Makruh atau Haram seperti yang Anda tuduhkan.”.

    _______________

    Hari kedua, workshop dibuka. Ruangan disiapkan untuk 20 orang peserta. Atas permintaan rekan ilmuwan yang menjadi audiens di seminar hasil penelitian pada hari pertama, akhirnya disesaki 35 orang. Uniknya 15 orang ini menempatkan diri menjadi pengamat, tidak mau menjadi peserta aktif.

    Pada waktu awal workshop, saya katakan kepada mereka “Selama workshop ini, perlahan atau cepat, pandangan Anda terhadap Hypnosis dapat berubah, termasuk keterlibatan Anda, bisa jadi saat ini Anda hanya menjadi pengamat, lambat atau cepat Anda akan menjadi peserta aktif”.

    Peserta-peserta yang menjadi pengamat cengar-cengir saja bahkan ada yang nyeletuk “Nggak mungkin”. Saya timpali langsung “Mari kita buktikan, atas kesediaan Anda sendiri, apapun menjadi mungkin”.

    Kegiatan workshop berlangsung lancar. Dengan memanfaatkan keunikan peserta, kekhasan dari hal yang diyakini peserta, dan kebiasaan peserta dalam melakukan kegiatan peribadatan dan mengakses state khusyuk, membuat workshop menjadi lebih cair, gayeng, seru dan membuat pengamat bersedia mengubah status menjadi peserta aktif..

    _______________

    Usai workshop, saya mengajukan pertanyaan kepada salah satu pengamat eh peserta aktif, yang mempunyai pemahaman mengenai fikih, yurisprudensi Islam

    “Setelah Anda mengamati dan mengalami pembelajaran mengenai Hypnosis, menurut Anda apakah Anda menemukan apa yang Anda tuduhkan kemarin dalam mempelajari Hypnosis?”

    “Tidak tuh! Tidak ada memperdayai pemikiran orang lain. Saya tetap mempunyai kemerdekaan mau mengikuti atau menolak pembelajaran dan pemrograman sang terapis. Tidak ada juga memanipulasi kesadaran, saya merasa sadar penuh, bahkan sangat sadar dan focus!”

    “Jangan-jangan anda rasakan bahwa ada kekuatan Jin…?”

    “Ah… sebagai orang yang mempelajari Ruqyah… saya tidak menemukan JIN ikut-ikutan dalam proses ini, murni semuanya atas kendali diri sendiri”

    “Bila demikian halnya, menurut Anda saat ini ustadz apa hukum mempelajari Hypnosis?”

    “Mempelajari Hypnosis menurut yang saya rasakan, bagi diri saya, sama seperti menuntut ilmu hukumnya fardu alias WAJIB”

    “Ati-ati lho ustadz, menjatuhkan putusan!” kata saya “Saya jadi bingung nih, kemarin mengatakan HARAM sekarang katanya WAJIB?”

    “Lho, kemarin kan saya mendasarkan putusan baru pada KATANYA. Saya bicara bukan karena pembuktian terlebih dahulu. Saya apriori saja. Sekarang saya bicara gini kan aposteriori, mengamati sendiri, membuktikan sendiri dan mengalami sendiri, dan ternyata apa yang saya tuduhkan itu, tidak terbukti, malah saya dapat bukti lain!”

    “Apa yang anda maksudkan dengan bukti lain?

    “Saya menjadi mengetahui bagaimana struktur mind, cara memanfaatkannya yang benar dan cara membuat diri lebih berdayaguna dan lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain”.

    Apa iya hukumnya WAJIB, dilakukan mendapat pahala ditinggalkan berdosa ?”

    “Ya , bukankah mensyukuri dan memanfaatkan apa yang diberikan Allah adalah WAJIB?”

    “Ustadz, karena Anda belajar ilmu fikih, hukumnya belajar Hypnosis itu jadinya bagaimana?”

    “Ya tergantung?

    “Maksudnya….?

    “Tergantung apa materi yang dipelajarinya, maksud dari yang belajarnya , dan efeknya terhadap orang lain?

    “Jadi dapat beda-beda dong hukumnya ?”

    “ Betul! Bisa jadi HARAM atau DILARANG, bila memang terbukti misalnya ada pemanfaatan Jin di dalamnya, untuk tujuan buruk atau memberikan efek buruk bagi orang lain”

    “ Apakah bisa hukumnya SUNAH atau UTAMA ustadz ?’

    “Ya tentu, bila ternyata yang dipelajarinya adalah berkaitan dengan pemanfaatan kesadaran manusia yang dapat memberikan efek maslahat dan manfaat pada dirinya dan meningkatkan peluang untuk lahirnya kebaikan dan keutamaan”.

    “Apakah bisa hukumnya MAKRUH atau BAIK DIHINDARI ustadz ?”

    “Ya! Bila saja ternyata yang dipelajarinya adalah hampir nyerempet ke Syirik , atau si yang belajar bertujuan untuk ngisengin atau memanfaatkan kelemahan orang lain!”

    “Terima kasih ustadz, namun setelah ustadz sama-sama belajar dengan peserta lain, secara umum apa sih hukumnya belajar Hypnosis ?”

    “Ya, kalau itu sih kembali ke kaidah usul fikih, yang menyatakan hukum awal segala sesuatu itu adalah MUBAH atau BOLEH, sampai ada yang melarangnya”.

    “Lalu, atas dasar apa dong kemarin ustadz mengatakan HARAM?”

    “Kemarin itu, saya teringat kaidah usul fikih yang menyatakan “Mencegah kemunkaran itu harus lebih diutamakan daripada melakukan kebaikan”. Karena saya belum tahu persis mengenai manfaat dan mudorotnya belajar hypnosis, kan lebih aman bila kita menghindari keburukan yang dapat ditimbulkannya. Namun demikian sebagai ilmuwan, harusnya saya mengambil sikap tersebut setelah melakukan pembuktian, bukan sekedar percaya begitu saja”.

    “Jadi setelah ini, apa yang akan ustadz lakukan ?”

    “Ya , lebih kurang seperti Anda.”

    “ Boleh dijelaskan?

    “Meluruskan pendapat yang keliru pada ummat, mengajarkannya untuk pemberdayaan ummat, dimulai dengan membangkitkan dirinya, sesuai pesan Nabi “ibda binafsika”, mulailah dari dirimu, juga selaras dengan ajakan ayat “Quw Anfusakum wa ahliykum Naaron” Jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa neraka”.

    “Apa sudah siap dihujat seperti saya kemarin? Di depan banyak orang lagi? Bahaya lho!”

    “Saya sudah siap…”

    “Caranya menjadi siap ?”

    “Model saja Nabi Muhammad yang saat dihujat oleh ummatnya dan berdo’a “ Ya Tuhan, maafkanlah mereka, karena mereka belum mengetahui”.

    _______________

    WalLahu A’lam bis Showab.

    • BUNG KENDY :) tolong anda baca baik-baik bentuk penyimpangan hipnotisme modern dibawah ini :

      Berikut ini bentuk-bentuk penyimpangan dan kesesatan Hipnotisme Modern :

      1. Mengandung Syirik / Perusakan Akidah

      a. Tekhnik Past Life Experience

      Past Life Experience adalah tekhnik Perjalanan ke kehidupan masa lalu
      (sebelum kehidupan saat ini), untuk keperluan kontemplasi, atau
      mencari berbagai akar permasalahan di kehidupan saat ini yang mungkin
      terkait dengan kehidupan di masa silam tersebut. Setan bermain dalam
      teknik ini ketika seorang terapis mulai meregresi/mengarahkan pasien
      untuk mengingat kehidupan sebelum dia menjadi dirinya saat ini
      (reinkarnasi) . Pada banyak kasus ada setan yang mengambil alih alam
      bawah sadar orang yang dirasukinya dan mulai membuat tipu daya dan
      penyesatan. Ketika sang terapis memakai tekhnik Past Life Experience ,
      maka setan bermain dalam teknik ini pada saat sang terapis mulai
      meregresi/mengarahkan pasien untuk mengingat kehidupan sebelum dia
      menjadi dirinya saat ini (reinkarnasi). Setan bisa mengambil alih
      kesadaran suyet (orang yang dihipnotis) dan berbicara melalui lisan
      suyek untuk memulai penyesatan dan perusakan akidah. Pada akhirnya
      akan membentuk keyakinan pada diri pengipntis akan adanya reinkarnasi.
      Padahal dalam islam reinkarnasi tidak ada dan orang yang mempercayai
      reinkarnasi akan lepas keislamannya.

      Contoh penggunaan hipnotis untuk past life experience bisa dilihat di http://nathaliasunaidi.com/buku-journey-to-the-past-change-the-future/

      lihat juga di http://hipnotis.net/?page_id=18 dimana yan nurindra melayani past life experience dalam hipnotis

      b. Tekhnik Metaphysical Hypnosis

      Metaphysical Hypnosis adalah Aplikasi hipnotis untuk membangkitkan kemampuan supernormal yang tersimpan dalam diri manusia, termasuk kemampuan telepati, remote viewing, astral projection, dan berbagai kemampuan ESP lainnya. Tokoh ahli hipnotis di Indonesia yang banyak menyesatkan umat muslim dengan hipnotis metafisis adalah Yan Nurindra yang mendirikan The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH), suatu organisasi Hypnotist & Hypnotherapist pertama dan terbesar di Indonesia, sekaligus ia merupakan President dari organisasi tersebut sampai dengan saat ini.

      Yan Nurindra ini sangat saya kenal beberapa tahun yang lalu, ketika lagi naik daunnya ajaran energi esoterik (reiki, prana, yoga dll) sebagai grand Master yang sering memberikan attunement berbagai aliran energi esoteris. Dalam setiap seminar Hipnotisme yan Nurindra ini selalu memberikan iming-iming kepada peserta seminar untuk mendapatkan kemampuan paranormal dengan cara belajar Ilmu Prana Shakti. Kemampuan paranormal yang diklaim yan Nurindra akan didapatkan oleh peserta seminar dengan mengetahui tekhnik Metafisical hypnosis ditambah attunement Prana Shakti adalah merupakan bentuk meminta bantuan kepada iblis ( yang sering disebut sebagai Ascanded Master oleh Yan Nurindra)

      Contohnya lihat halaman 18 pada ebook di

      http://www.docstoc.com/docs/20528176/hypnosis_for_dummies

      yan Nurindra menjelaskan bahwa dengan hipnotis dapat memiliki kemampuan metafisik

      2. Mempermalukan, mempermainkan dan menipu orang lain didepan umum.
      Stage Hypnosis (hipnotis entertainment/hiburan) yang sering
      ditayangkan di TV yang dibawakan oleh Romy rafael atau Uya Kuya
      haram hukumnya sebab dapat mempermalukan orang lain dimuka umum,
      walaupun sudah mendapat persetujuan yang bersangkutan. menjadi
      negatif karena tidak etis. Kenapa tidak etis ? Waktu orang tersebut
      telah menyediakan diri untuk dihipnotis sebetulnya yang
      bersangkutan telah memberikan kepercayaannya kepada si penghipnotis,
      tetapi oleh si penghipnotis dimanfaatkan untuk komersial (mendapat
      keuntungan dari rumah produksi).
      Kalaupun orang yang dihipnotis mengijinkan untuk ditayangkan, hal
      tersebut merupakan kebodohan orang tersebut sendiri karena
      membiarkan orang lain mendapatkan keuntungan dengan membiarkan
      dirinya dilecehkan (dibuat bertingkah laku seperti orang gila dll)
      atau dikomersialkan. Contohnya adalah kasus acara televisi yang
      di bawakan seorang penghipnotis bernama Uya Kuya yang sering membuka
      aib orang yang dihipnotisnya dan ditayangkan secara luas di televisi.
      Hal ini yang dari segi agama yang dilarang, karena menurunkan harkat
      kemanusiaan yang oleh Tuhan / sang Pencipta sendiri sangat di hargai.

      Berikan argumen pada saya dari sudut pandang syari’ah dan ilmiah bahwa :

      1. Tekhnik Past Life Experience yakinkah anda bukanlah suatu bentuk tipuan setan melalui lisan pasien yang dihipnotis
      2. Tekhnik Metaphysical Hypnosis yakinkah anda bahwa bukan merupakan bentuk bantuan setan
      3. Hipnotis dapat Mempermalukan, mempermainkan dan menipu orang lain didepan umum. maka berikan argumen bahwa yang dilakukan uya kuya itu bukan merupakan bentuk perbuatan dosa?
      4. Anda mengatakan 100% hipnotisme modern lepas dari unsur jin/makhluk halus. Dari sudut mana anda yakin bahwa hinotisme bukanlah senjata iblis untuk menyesatkan umat islam?

      • jika Anda ingin mengkaji, janganlah mengambil sumber dari artikel, buatlah diskusi. artikel bisa sj orang menulis seenaknya sehingga dapat menyesatkan orang yg membacanya termasuk Anda ^_^.

        Darimana Anda tahu saat past life regresion itu ada setannya? sdhkah anda membuktikannya? kl dr baca komentar anda mengenai PLR ini, anda seperti sudah pernah mengalami PLR sehingga dapat melihat adanya setan sehingga menulis spt diatas.

        Utk saya PLR reinkarnasi ini hanyalah sebuah simbol memori dr pikiran, mengapa? krn setiap orang yg mengalami PLR itu kok selalu jadi prajurit kerajaan. PLR ini dilakukan bukan utk jalan2 ke masa lalu, namun utk proses therapy, jika proses therapy sdh selesai maka harus segera kembali, agar dia tdk keenakan dlm dunia pikirannya. Tadi saya katakan bahwa PLR reinkarnasi itu sebuah simbol pikiran. hal ini krn pikiran sejak kecil sdh terrekam mengenai kisah2 kerajaan akibat film2 yg ditonton sehingga membuat imajinasi dlm pikirannya. Ingat manusia sdh bisa merekam memory pikiran sejak berumur 3 bulan dlm kandungan, krn diusia itu otak & pikiran sdh terbentuk & bekerja. nah sehingga pd saat PLR reinkarnasi diambillah memori yg ada di pikirannya. Manusia diberikan/ dikaruniai Allah otak & pikiran yg luar biasa, semua ingatan sejak usia kandungan 3 bulan tdk ada yg hilang yg ada lupa, namun jika diingat2 lagi & dibantu oleh proses hypnosis maka dpt dgn mudah diingat.

        Ada tidaknya Reinkarnasi hanyalah Allah yang tahu, sy tdk meng-amini dan juga tdk menolak utk reinkarnasi ini. Namun utk PLR yg dimulai usia 3 bulan dlm kandungan itu sangat ilmiah. saya pernah ada pasien dimana ia menderita sakit pd bgn tulang belakangnya sejak ia kecil, sdh di cek ke byk dokter tidak ada masalah secara medis, lalu sy bantu ia dgn PLR ke usia 6 bulan dimana ternyata ia melihat & merasakan ibunya yg sdh hamil dirinya jatuh dr becak, dan ia si jabang bayi terbentur tulang pinggul ibunya, lalu sy minta ia menasehati dirinya yg masih jd jabang bayi itu bahwa si ibu tdk apa2 & dirinya jg sehat utk sekarang & seterusny. alhasil sewaktu dibangunkan ia sdh langsung sembuh. jadi tinggal pilih apakah membiarakan ia menderita seumur hidup atau sehat? kl sy memilih ia sehat, mungkin kl anda lebih senang ia menderita.

        Mengenai Tekhnik Metaphysical Hypnosis & Yan Nurindra, itu pasti anda ambil dr artikel atau pelatihan sekitar 5-10 tahun yg lalu dimana beliau baru sj belajar. Saya kenal sekali dgn beliau dan beliau yang sekarang memisahana kedua hal yg anda maksud krn beliau menyadari bahwa kedua hal ini berbeda. Dan semua yg anda tulis mengenai beliau dengan keaqdaan sekarang sama sekali tidak benar. hati2 mas nanti bisa jd FITNAH, atau orangnya tdk terima anda bisa dibawa ke meja hijau.

        Mengenai Hypnosis Stage, itu ada pra kondisi sebelum ditayangkan. dimana diminta persetujuan kpd yg bersangkutan setelah ybs di test tingkat sugestivitasnya. jika klien tdk bagus atau tdk mau maka proses hypnosi TIDAK DAPAT DILAKUKAN, krn ybs tdk dpt dihypnosis.
        Anda katakan bahwa hukumnya haram walau si klien sudah setuju. perlu diingat bahwa hypnosis adalah sebuah ILMU PENGETAHUAN. bagaimana dengan pisau/ pedang? apakah itu haram? distu sisi pisau dapat membantu kita memotong daging namun disisi lain jg dpt digunakan untuk membunuh, so apakah anda akan menyalahkan & mengatakan bahwa pisau itu HARAM? Pisau itu alat sama halnya dgn hypnosis itu pengetahuan, jd sifatnya netral tergantung siapa yg melakukan & mempergunakannya utk apa yg baik atau jahat? jika anda mengharamkan, anda tidak ada bedanya dengan negara2 barat yg banyak mengatakan bahwa Islam itu teroris, krn ulah sebagian muslim (teroris) yg melakukan pembunuhan thd orang2 yg tdk berdosa. Islam itu damai, indah, bersahabat dgn semua orang wlaupun berbeda agama. contoh terakhir ini pun sama halnya dgn pemikiran anda menganggap hypnosis itu haram, haram bgmn wong ilmu ini diberikan oleh Allah, dimana di Al Quran yg mengatakan Hypnosis itu haram?

        Saya sering melakukan spt Uya Kuya di bbrp mal walau tdk di shoot di TV, namun apa yg saya lakukan? sy bukan mengerjai orang spt uya, namun sy membuat para penjaga toko, outlet, dll lepas dr masalahnya, sehingga ia smkn termotivasi lg utk bekerja. apakah ini haram? sejak kpn menolong orang itu haram?

        menjawab pertanyaan anda
        1. Anda belum menjawab pertanyaan saya, utk membuktikan bahwa didalamnya ada setan, tolong dibuktikan dulu, krn anda sdh mengatakan bahwa ada setannya. jd BUKTIKAN bukan memberi asumsi ya.

        2. Metaphypsical bisa sj ada setannya, namun hingga saat ini blm pernah ada yg melakukan Tekhnik Metaphysical Hypnosis. itulah makanya jgn hanya mengambil artikel yg ada diinternet yg tdk jelas siapa penulis & pengalamnnya serta pengetahuannya.

        3. yang dosa itu uya kuya bukan hypnosisnya, sdh sy jelaskan diatas. apa jadinya jika spt yg saya lakukan BUKAN Mempermalukan, mempermainkan dan menipu orang lain TAPI membantu orang, memotivasi orang.

        4. pertanyaan ini sudah saya tulis di bbrp comment lainnya silahkan dibaca bahwa hypnosis ini adalah ilmiah. dan saya balik bertanya dari mana anda yakin ada iblis & pasukannya dlm hypnosis? TOLONG DIBUKTIKAN BUKAN ASUMSI menurut a menurt B, dll.

        dari tulisan Anda sangat jelas bahwa anda TIDAK MENGERTI HYPNOSIS & BELUM PERNAH MEMPELAJARINYA, anda HANYA MEMBERIKAN ASUMSI PEMIKIRAN ANDA HASIL BACA DARI ARTIKEL2 YANG MENYESATKAN DI INTERNET ANDA TIDAK DAPAT MEMBERIKAN FAKTA 7 BUKTI DARI YANG ANDA TULIS.

        hati-hati semua yg anda tulisa bisa menjadi FITNAH

      • Darimana Anda tahu saat past life regresion itu ada setannya? sdhkah anda membuktikannya? kl dr baca komentar anda mengenai PLR ini, anda seperti sudah pernah mengalami PLR sehingga dapat melihat adanya setan sehingga menulis spt diatas.

        Utk saya PLR reinkarnasi ini hanyalah sebuah simbol memori dr pikiran, mengapa? krn setiap orang yg mengalami PLR itu kok selalu jadi prajurit kerajaan. PLR ini dilakukan bukan utk jalan2 ke masa lalu, namun utk proses therapy, jika proses therapy sdh selesai maka harus segera kembali, agar dia tdk keenakan dlm dunia pikirannya. Tadi saya katakan bahwa PLR reinkarnasi itu sebuah simbol pikiran. hal ini krn pikiran sejak kecil sdh terrekam mengenai kisah2 kerajaan akibat film2 yg ditonton sehingga membuat imajinasi dlm pikirannya. Ingat manusia sdh bisa merekam memory pikiran sejak berumur 3 bulan dlm kandungan, krn diusia itu otak & pikiran sdh terbentuk & bekerja. nah sehingga pd saat PLR reinkarnasi diambillah memori yg ada di pikirannya. Manusia diberikan/ dikaruniai Allah otak & pikiran yg luar biasa, semua ingatan sejak usia kandungan 3 bulan tdk ada yg hilang yg ada lupa, namun jika diingat2 lagi & dibantu oleh proses hypnosis maka dpt dgn mudah diingat.

        Permasalahan reinkarnasi tidak semudah dan seringan penjelasan anda,

        REINKARNASI (Arab: “tanaasukhul arwab) yaitu ruh/nyawa pindah dari badannya setelah mati ke badan yang lain.

        Menurut Ensiklopedi Indonesia, Reinkarnasi adalah ajaran Timur Kuno tentang kelahiran kembali. Ajaran ini berpatokan kepada paham, manusia memiliki hubungan keluarga dengan hewan dan tumbuh-tumbuhan. Manusia tunduk kepada rantai eksistensi yang disebut samsara. Tenaga pendorong cakra kelahiran kembali adalah hukum Karma, hokum akibat dari perbuatan. Akibat itulah yang menyebabkan manusia lahir kembali dalam ujud mahluk yang lebih tinggi atau lebih rendah martabatnya.
        Seseorang yang sedang dihipnotis ketika penghipnotis melakukan tekhnik regresi maka pasien bisa menceritakan kehidupan sebelumnya entah saat menjadi hewan, menjadi seseorang yang hidup ribuan tahun seblumnya, fenomena ini banyak dialami para penghipnotis, padahal dalam syari’at islam tidak ada reinkarnasi dan paham reinkarnasi adalah paham orang kafir.
        lihat di http://metafisis.wordpress.com/2010/02/05/reinkarnasi-menurut-islam/ , http://metafisis.wordpress.com/2010/01/31/penjelasan-ulama-pandangan-islam-tentang-reinkarnasi/ , http://metafisis.wordpress.com/2010/01/31/membongkar-kesesatan-paham-reinkarnasi/ , http://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/kesesatan-paham-reinkarnasi-dalam-yoga/ ,
        segala hal yang berbau kesesatan dan kesyirikan pasti tidak lepas dari tipu daya setan, maka tentu saja setan sudah merasuk dalam tubuh pasien dan berbicara melalui lisan pasien tersebut untuk menyesatkan para penghipnotis

      • oya pak, FYI aja, Facebook sudah banyak digunakan orang utk kejahatan termasuk pemerasan berjuta2, jg website spt wordpress yg anda gunakan ini. so kl berdasarkan pemikiran anda bahwa ini semua haram lo, namun kok anda masih gunakan ya.

      • DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

      • saya baru saja mendapatkan artikel yg luar biasa, yg membahas Reinkarnasi dr sudut pandang Islam, berikut artikelnya.

        >>>Reinkarnasi dalam Islam
        oleh Achmad Chodjim

        DELETE ADMIN…………….
        ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA
        Salam,

        A. Chodjim
        https://henkykuntarto.wordpress.com/2008/11/21/mengapa-manusia-alami-reinkarnasi/

      • Ada yang bisa menerangkan mengenai ini?

        Al-Baqarah 28 : Bagaimanakah kamu tidak percaya kepada Allah, sedangkan kamu dahulunya mati, lalu Dia menghidupkan kamu. Kemudian Dia mematikan kamu dan Dia yang akan menghidupkan kamu semula, dan kepadaNya sahajalah kamu semua akan dikembalikan.

        Apakah ayat tersebut menunjukkan bahwa Islam menganut faham reinkarnasi?

      • Ada yang bisa menerangkan mengenai ini?

        Al-Baqarah 28 : Bagaimanakah kamu tidak percaya kepada Allah, sedangkan kamu dahulunya mati, lalu Dia menghidupkan kamu. Kemudian Dia mematikan kamu dan Dia yang akan menghidupkan kamu semula, dan kepadaNya sahajalah kamu semua akan dikembalikan.
        Apakah ayat tersebut menunjukkan bahwa Islam menganut faham reinkarnasi?

        fIRMAN Allah Bagaimanakah kamu tidak percaya kepada Allah, sedangkan kamu dahulunya mati, lalu Dia menghidupkan kamu. Kemudian Dia mematikan kamu dan Dia yang akan menghidupkan kamu semula, dan kepadaNya sahajalah kamu semua akan dikembalikan bukan merupakan dalil adanya reinkarnasi.

        menurut pendapat para ulama :
        penjelasan ayat “sedangkan kamu dahulunya mati” ialah Pada saat mati yang pertama, jasad belum ada namun Ruh sudah ada dan hidup dialam Ruh. tafsir ayat “lalu Dia menghidupkan kamu” ialah Pada saat hidup yang pertama Ruh dimasukan kedalam jasad , sehingga jasad tersebut bisa hidup. tafsir ayat ” Kemudian Dia mematikan kamu”Pada saat mati yang kedua, Ruh dikeluarkan dari jasad , sehingga jasad tersebut mati, namun Ruh tetap hidup dan disimpan dialam barzakh. Jasad yang telah ditinggalkan oleh Ruh akan mati dan musnah ditelan bumi. Tafsir ayat ” Dia yang akan menghidupkan kamu semula” Pada saat hidup yang kedua, Allah menciptakan jasad yang baru dihari berbangkit, jasad yang baru itu akan hidup setelah Allah memasukan Ruh yang selama ini disimpan dialam barzak kedalam tubuh tersebut. Kehidupan yang kedua ini adalah kehidupan yang abadi, tidak ada lagi kematian atau perpisahan antara Ruh dengan jasad sesudah itu.

        Kalau kita amati proses hidup dan mati diatas ternyata yang mengalami kematian dan musnah hanyalah jasad, sedangkan Ruh tidak pernah mengalami kematian dan musnah. Ruh tetap hidup selamanya, ia hanya berpindah pindah tempat, mulai dari alam Ruh, alam Dunia, alam Barzakh dan terakhir dialam Akhirat. Pada saat datang kematian pada seseorang yang sedang menjalani kehidupan didunia ini, maka yang mengalami kematian hanyalah jasadnya saja, sedangkan Ruhnya tetap hidup dialam barzakh. Allah mengingatkan hal tersebut dalam surat Al Baqarah ayat 154 :

        Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu h idup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (Al Baqarah 154)

        JIKA ORANG-ORANG KAFIR YANG PERCAYA REINKARNASI MATI MAKA MEREKA SEMUA AKAN MENYESAL DAN MEREKA TIDAK AKAN BEREINKARNASI KEMBALI DIDUNIA SEBAB ADA DINDING PEMISAH SAMPAI MEREK DIBANGKITKAN DI PADANG MAHSYAR KELAK!

        Mereka baru menyadari kekeliruan mereka tatkala ruh telah sampai ditenggorokan, hingga tatkala mereka telah pindah kelam barzakh mereka mengeluh sebagaimana disebutkan dalam surat Al Mukminun ayat 99-100 :

        99- (Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia),

        100- agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan (Al Mukminun 99-100)

      • Membaca ulasan reinkarnasi di atas ((info link sdr Kendy), sy teringat iini :

        —Ali Imron, ayat 7— :
        
#”Dialah yang menurunkan Kitab (Al Qur’an) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al Qur’an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, ”Kami beriman kepadanya (Al Qur’an), semuanya dari sisi Tuhan kami”. Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal.#

        Ket :
        1. Muhkamat, yaitu ayat2 yg terang dan tegas maksudnya, dapat dipahami dengan mudah.
        2.. Mutasyabihat, yaitu ayat2 yang mengandung beberapa pengertian, sulit dipahami atau hanya Allah yang mengetahui.

        Sumber : Al Qur’an dan terjemahannya, DEPAG, edisi thn 2002.
        Note again : edisi thn 1978, thn 1993, dan thn 2002, masing2 berbeda sedikit terjemahannya dan keterangannya tentang ayat 7 Ali Imron di atas, tapi kurang lebih maknanya sama.
        ——–

        —Al Isroo’ ayat 85— :
        #Dan mereka bertanya kepadamu (muhammad) tentang ruh. katakanlah, ”Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit”.#
        
——–
        (…

        Ustadz M. Jawad Chirri, dlm buku berjudul ”Inquiries About Islam”, menjawab begini ketika ditanya reinkarnasi : (sy ketik sesuai teks asli buku, thn 1989),

        ##”Kitab suci Al Qur’an dengan jelas menolak konsep penjelmaan lagi (reinkarnasi) dan perpindahan. Ruh manusia, meninggalkan badan pada saat mati dan tidak akan dibiarkan hidup kembali di dunia ini lewat bentuk lain”.

        Dari kitab suci Al Qur’an :
        —Al Mu’Minuun ayat 99 dan 100–:
”Ketika kematian telah datang kepada seseorang di antara mereka, dia berkata : ”Wahai Tuhanku!, kembalikanlah aku (hidup)!.
        Supaya aku mengerjakan perbuatan baik yang telah aku tinggalkan itu. Jangan! Sesungguhnya perkataan itu hanya sekedar dapat diucapkan.Di hadapan mereka ada barzakh, dinding yang membatasi sampai hari mereka dibangkitkan.”

        lalu beliau menerangkan :
        ”Jadi, kitab suci Al Qur’an menyatakan bahwa ruh manusia tidak akan hidup dua kali di dunia ini, dengan demikian ruh itu tidak akan dibiarkan menempati badan hidup yang lain, baik manusia ataupun bukan manusia. Kenyataan-kenyataan yang dapat ditinjau mendukung ajaran ini; bila ruh manusia menempati badan-badan manusia yang baru, maka tidak akan menambah kepadatan penduduk, sebab ruh seseorang dapat menempati hanya satu badan. Kepadatan penduduk pada abab yang lalu sekitar satu billiun (milyar, red). Sekarang sekitar 3 billiun.

        Bagaimana kita dapat bertambah 2 billiun bila tidak ada ruh-ruh baru yang diciptakan. Sesungguhnya bila konsep reinkarnasi adalah benar, jumlah penduduk tidak akan lebih dari dua orang, sebab pada mulanya hanya ada dua ruh manusia, yaitu Adam dan Hawa.#
        —-
        (note : Silakan dicek ke terjemahannya masing2, syukur jika punya terjemahan thn jadul dan atau terbitan malaysia/bahasa melayu, dan ada baiknya cek ke beberapa kitab tafsir Al Qur’an).

  21. @kendy
    sy sgt senang baca tanggapan anda.terlihat anda seorang praktisi hipnosis shg pandangan mengenai hipnosis lbh dlm…..saya sarankan seandainya anda punya waktu luang utk menulis mengenai hipnosis seblm sang embah blog ini ikut2 melakukan fatwa miring dkarenakan tidak tahu dan tidk mau tahu, sampai2 fatwanya tdk tanggung2….musyrik….masya4jjl …. utk itu bung kendy, mhn segera sadarkan mereka yg dikit2 gk ngerti lgsg tuduh jin………sblm ada fatwa yg lbh gila dari fatwa… yg tdk percaya bumi datar katanya kafir…..ckckck…

    • terima kasih mas Kian Santang.
      saya hanya menyampaikan apa yg telah saya pelajari & pengalaman saya hasil bimbingan guru hypnosis saya pak Hendry Risjawan, dia begitu mudahnya membukakan cakrawala saya akan manfaat hypnosis, sehingga dgn hypnosis ibadah saya dapat lebih khusuk, rajin, dan merasa sangat dekat dgn Allah (sebelumnya saya malas sekali utk ibadah krn susah khusuk), itulah salah satu manfaat hypnosis yg sy dapatkan setelah belajar dr pak Hendry Risjawan (www.hendryrisjawan.com).
      Nanti sy share lagi bbrp artikel beliau & pengalaman saya.

  22. kisah Ali bin Abi Thalib, yang tertembus panah pada punggungnya. Beliau tidak merasa kesakitan diwaktu anak panah itu dicabut dari tubuhnya dikala beliau shalat. Malah sehabis shalat Ali masih bertanya kepada sahabat; “Sudahkah dicabut mata panah tadi?”. Keajaiban ini terjadi semata-semata karena dalam shalatnya, Sayyidina ‘Ali benar-benar mendirikan shalat sambil menyelam kealam bawah sadarnya. Sehingga pada saat berada di gelombang Alfa beliau tidak merasakan sakit sewaktu anak panah itu dicabut dari tubuhnya.
    Dari kisah diatas, banyak dimanfaatkan oleh para dokter yg telah belajar hypnosis, yaitu melakukan khitan tanpa obat bius, operasi tanpa obat bius, membuang kulit akibat luka bakar, dll. dengan mempergunakan hypnosis proses penyembuhan dpt lebih cepat dibandingkan melalui medis. bahkan kanker & tumor, bisa dihilangkan melalui proses hypnosis. sebenarnya Allah telah memberikan obat thd penyakit yg di derita, hanya sj tdk tahu bgmn mengaktifkan obat tsb dan obat itu ada didalam tubuh kita. dengan proses hypnosis kita dapat mengaktifkan obat tsb (bukan jin apalagi setan yg mengaktifkan lo).

    • Memang dalam tarikh (sejarah) Islam seorang sahabat Nabi Muhammad saw yang bernama Sayyidina Ali pernah terkena panah dalam suatu peperangan, kemudian beliau meminta panah tersebut dicabut tatkala menjalankan shalat…ternyata waktu di cabut tidak terasa sakit. Peristiwa itu jangan disamakan dengan hipnotis mas :) . Tidak ada Ali mensugesti dirinya dengan afirmasi tertentu atau beliau dihipnotis orang sahabat lain ketika shalat. Jangan samakan shalat khusyuk yang dilakukan Sayidina dengan hipnotis! nanti akibatnya anda akan mengatakan shalat adalah tekhnik hipnotis peninggalan Nabi MUhammad. Fenomena ali yang slahat khusyuk hingga tidak terasa sakit ktika panah dicabut disebut fenomena “gate system theory”, menurut teori ini rangsang yang masuk ke dalam otak dapat dihambat oleh rangsang lain, dalam kasus ini adalah shalat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa konsentrasi penuh dalam shalat (khusuk), yaitu hanya mengingat Allah SWT, akan menutup rangsangan lain yang akan terbawa ke otak.
      Alvan Goldstein telah menemukan semacam morfin alamiah yang ada pada diri manusia, yaitu dalam otak manusia yang disebut endogegonius morphin atau yang sering disingkat dengan endorphin/endorfina dan enkafalina yang dihasilkan oleh kelenjar pituitrin di otak ternyata mempunyai efek yang mirip dengan opiat (candu), sehingga disebut “opiat endogen”. Menurut Kastama, dkk (1990) zat yang mirip dengan morfin yang dihasilkan oleh tubuh manusia dengan rumus kimia C17H19N03 disebut endofina dan encephalina yaitu yang dihasilkan oleh kelenjar hipofese di otak.
      Berdasarkan keterangan beberapa ahli ini dapat disimpulkan bahwa dalam diri manusia telah mempunyai zat semacam morfin yang memiliki fungsi kenikmatan (pleasure principle). Ditambakan oleh Haryanto (1990; 1994) apabila seseorang memasukkan atau kemasukan zat morfin ke dalam tubuh, misalnya mereka yang menyalahgunakan narkotika; berarti dia dengan sengaja memasukkan morfin ke dalam tubuhnya, maka akan terjadi penghentian produksi endorfin.
      Kesimpulannya Sayyidina Ali shalatnya sangat khusyuk hingga tubuhnya secara alamiah menghasilkan endhorphin yang menghentikan rangsangan rasa sakit ke otak Ali hingga tidak merasakan sakit ketika panah dicabut dan bukan karena terhipnotis.

      • mas, semua hypnosis itu adalah self hypnosis. sugesti itu banyak bentuk dapat berupa kata2 dapat juga berupa doa. Nah Sayidina Ali bin Abi Thalib mempergunakan doa/ Shalat yg sangat khusuk sehingga saking khusuknya dia tidak merasakan panahnya dicabut.
        Khusuk = kondisi pikiran di gelombang Alfa/ Theta. Hypnosispun berada di gelombang yg sama. bahkan Anda dgn menulis artikel ini telah melakukan hypnosis tanpa anda sadari.
        saya setuju dgn zat2 itu, dan zat itu dpt terjadi pd konsisi pikiran kita di alfa/theta state dimana hypnosis juga mempergunakan kondisi ini, bahkan dgn hypnosis state vosualization, sdh banyak penyakit disebuhkan spt kanker, tumor, stroke, dll,

      • ————————–
        afirmasi itu hanyalah istilah lain dari niat
        sugesti itu bahasa Inggris, coba anda cari bahasa arab ato diindonesiakan dulu.Biar tidak muter2…tetapi esensinya kurang nyambung jadinya

  23. DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

  24. DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

  25. DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

  26. DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

  27. DELETE ADMIN…………….ARTIKEL COPI PASTE MAS KENDY SAYA DELLETE SEBAB COPI PASTE BULAT-BULAT DAN TERLALU PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, HARAP JIKA MENGUTIP AMBIL INTINYA LALU BERIKAN LINKNYA

  28. DELETE ADMIN TERIDENTIFIKASI SPAMMER………ANDA TERLALU BANYAK COPI PASTE ARTIKEL YANG SANGAT PANJANG HINGGA AKAN MENGGANGGU JALANNYA DISKUSI, JIKA INGIN MEMBERI INFO HARAP KUTIP SEPERLUNYA DAN BERIKAN LINKNYA BUKAN BULAT-BULAT COPAS :)

  29. Assalamulaikum
    @sdr/mas kendy,

    Membaca tulisan anda (untung udah sy baca sebelum didelete), rupanya pengetahuan hypnosis anda cukup luas. Sy pun pernah membaca beberapa argumen seperti yang anda tulis dari beberapa literatur, terutama bantahan adanya mistis/jin dalam hypnosis. Apalagi sudah didapat/diakui sisi ilmiah hypnosisnya. Dan juga diakui banyak manfaatnya…

    Bukan sekali dua kali sy bertanya kepada orang yg ada pengetahuannya tentang hypnosis. Juga sekedar baca2, baik buku atau artikel tentang hypnosis Kurang lebih garis besarnya seperti yg anda tulis/ulas di atas. Dari beberapa saran kepada saya, tidak sedikit yang menyarankan agar saya harus banyak mempelajari/membaca tentang hypnosis jika ingin berdiskusi tentang hypnosis. Ini mungkin bahasa halus dari mereka kepada sy dikarenakan pengetahuan sy tentang ilmu tersebut sedikit sekali, hanya sekedar baca2 saja.

    (..

    Ulasan anda di atas, jelas sangat menolak jika hypnosis itu ada setannya. Ulasan tentang PLE, Metafisika dan stage yg anda ulas atas pertanyaan sdr Perdana, kurang lebih garis besarnya karena kurangnya informasi tentang hypnosis. Pd ulasan metafisika, anda katakan mungkin saja ada setannya.

    Sy sendiri masih memandang hypnosis itu perkara syubhat.
    …(meminjam kalimat sdr Sanno di atas), sy pun tidak menyalahkan/menuding teori hypnosis, hypnotist dan suyet. Sy mencurigai setan bekerja pada saat tahapan awal dan sampainya suyet ke pikiran bawah sadar. Sy tidak mempunyai bukti ilmiah bahwa di situ ada setan. Sy hanya bersandar pada dalil hadist tentang sihir/setan jin.

    Telah sy tulis pada komen2 sy di :

    http://metafisis.wordpress.com/2010/11/14/hukum-hipnotis-dalam-syariat-islam/

    Dan di :

    http://metafisis.wordpress.com/2010/10/24/fatwa-ulama-mengenai-terapi-tenaga-dalam-tetada-kalimasada-dan-sejenisnya/

    Dan sy pun bersandar pada pengalaman pribadi saat melatih apa yg sering orang sebut tenaga dalam/metafisika (hampir semua jalur).

    Garis besarnya, sy mencurigai setan bekerja pada titik fokus tertentu, titik konsentrasi tertentu dan titik pikiran bawah sadar meditasi tertentu (teori td/tm). Jika dikaitkan dengan teori gelombang otak, mungkin anda lebih tahu titik2 tersebut.

    Maaf, sy tidak ada bermaksud berdebat dengan anda, sy hanya ingin menambah pengetahuan saja. Alhamdulillah, blog ini mengkaji sisi syariat dan sisi ilmiahnya. Jika anda berkenan mhn masukannya kepada sy, dan kalau tidak keberatan, bagaimana pendapat anda tentang dalil hadist dan alasan lainnya yg sy tulis di kolom lain? ( link yg sy sebut di atas).

    Oh ya, sy usul sedikit, ada baiknya untuk memberikan contoh orang terhypnosis, dicarikan contoh lain aja. Jgn seperti sayidina Ali, sholat dll. Sy khawatir nanti umat islam dibilang hanya terhipnotis oleh Al Qur’an dan Sunnah Rosul.

    Melihat semua/semangat postingan anda, apakah anda sedang terhypnosis untuk menerangkan/memberikan info hypnosis sebanyak2nya? Hehe… Maaf sy bercanda!

    Oke mas Kendy, sy tunggu pencerahannya. Terima kasih.Assalamualaikum.

    • hehehehe… bukan saya saja yg sdh terhypnosis dlm diskusi ini semua penulis & pembaca sedang menghypnosis dirinya.

      utk contoh hypnosis sy berikan itu krn mmg kita sdg melakukan kajian hypnosis dr sudur pandang islam. Contoh lain yg sdh saya tulis di komentar lain adalah, pd saat seorang ustad/ kyai sedang memberikan Tausiah dan berdoa bersama, katanya mengandung Hypnotic Language Pattern sehingga yang mendengar mengikuti apa yg disampaikannya atau bahkan saat berdoa bersama ada yg sampai menangis, itu semua krn kata2 yg disampaikan dlm doanya.

      mengenai gelombang otak, sy tdk tahu setan cs itu masuk ke bgn mana, krn menurut saya di seluruh gelombang otak setan bisa bermain. saya hanya menyamakan bahwa di gelombang Alfa & Theta hypnosis state bekerja, bgt juga saat kt shalat khusus, berdoa, dll, menggunakan gelombang yg sama, dimana di gelombang ini semuanya terfokus ada pd satu fokus.

  30. Maaf utk Reinkarnasi sy tdk menjawab, krn saya tidak mendalami reinkarnasi. bagi saya reinkarnasi ini ada atau tdk saya tidak tahu, dan hanya Allah yang lebih tahu utk masalah ini, dan saya sendiri menggunakan Past Life Regression hanya sebatas utk Therapy, dimana jika ada maslah therapy yg cocok utrk membantu klien baru saya gunakan PLR itu, jika tdk ya tdk saya gunakan, sy mencoba cari lain utk mentherapy sblm menggunakan PLR itu.

  31. “Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan TANPA memerlukan pemikiran dan pertimbangan.”
    – Ibnu Miskawayh –

    “Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah, TANPA memerlukan pemikiran dan pertimbangan.”
    – Al Ghazali –

    TANPA disini adalah pikiran bawah sadar, dimana hypnosis bekerja

  32. Karna di sini sudah ada bung Kendy seorang praktisi Hypnosis maka saya hanya mencoba memberikan sudut pandang Hypnosis dari beberapa penelitian ilmiah yg pernah dilakukan. Bila dirasa perlu Bung Kendy tentunya lebih bisa mengelaborate lebih jauh lagi nantinya. Saya tidak tahu apakah isi tulisan saya sudah pernah dibahas sebelumnya oleh bung Kendy atau tidak .. terlalu banyak comment bung Kendy yg di-delete admin soalnya :D

    1. Hypnosis dan Kondisi Tidur

    Memang dalam perkembangannya pernah ada pemikiran dalam kalangan scientist bahwa Hypnotic Trance sama dengan Kondisi Tidur. Tetapi kemudian banyak sekali penelitian yg menunjukan bahwa Hypnotic Trance sangat jauh berbeda dgn kondisi tidur.

    Penelitian Bass, M.J ( 1 ) menunjukan banyak karakteristik yg biasa ada pada kondisi tidur tidak terdapat pada kondisi hypnosis misalnya gerak patellar reflex yg biasa tidak terdapat pada kondisi tidur ternyata tetap ada pada kondisi hypnosis. Hasil gelombang otak yg didapat dari alat EEG ternyata juga menunjukan perbedaan antara Pola Gelombang Otak ( EEG Patterns ) kondisi tidur dgn kondisi hypnosis.

    Orne, M.T melakukan penelitian dgn melakukan percobaan memberikan Hipnotic Suggestion pada saat subjects tertidur – tidur alami bukan hypnotic trance. Orne sengaja tidak memberitahukan subjects bahwa mereka akan dihypnosis pada saat mereka tidur bahkan Orne tidak pernah meminta ijin untuk memasuki kamar mereka – Hal ini untuk menghindari kerjasama yg terjadi baik disadari ataupun tidak disadari oleh subject ( suyet ).

    Hasilnya ternyata tidak ada satu pun subject merespon sugesti yg diberikan bahkan banyak diantara subject yg terbangun dgn menunjukan eksperesi herannya – yg lainnya tetap tertidur pulas. Dalam bayangan saya Orne berusaha melakukan trick hypnosis seperti yg dilakukan Romy Rafael pada pada saat orang sedang tidur … eh si suyet malah bangun dan bengong sambil ngucek-ngucek mata :D

    Penelitian Orne membuktikan tidak ada “Dark Force” yg mengambil alih pikiran subject terhypnosis pada saat tertidur pulas – ini bisa dilihat bahwa sugesti yg diberikan pada saat subject tidur alami ternyata sama sekali tidak direspon dgn positif oleh subject.

    Lantas mengapa hypnosis selalu lekat pada persepsi masyarakat dgn hypnotic trance yg seperti tidur itu ?

    Penelitian menunjukan hypnotic trance terjadi karna para Hypnotist ( Penghypnosis ) lah yg menginginkannya demikian. Sebenarnya tanpa memasuki kondisi Hypnotic Trance, apa pun sugesti yg diberikan masih bisa dilaksanakan dgn baik oleh subject ( Suyet ).

    Hal ini dibuktikan salah satunya oleh penelitian Wells ( 2 ), dalam penelitiannya Wells membuktikan semua fenomena hypnosis dapat dilakukan subject ( suyet ) walaupun tidak dalam kondisi hypnotic trance – ini yg dikenal dgn istilah Waking Hypnosis.

    Penelitian-penelitian di atas menunjukan bahwa Hypnosis Trance bukanlah Kondisi Tidur dan Hypnotic Sugestion tidak harus diberikan pada kondisi Hypnotic Trance.

    2. Fenomena Hypnosis – Apakah suatu Fenomena yg Unik ?

    Barber, T.X. ( 3 ) melakukan penelitian lebih jauh lagi, dalam penelitiannya Barber bahkan menunjukan tanpa menggunakan teknik sugesti hypnosis, subject dgn motivasi yg sangat kuat bisa melakukan fenomena yg biasa dilakukan dgn teknik Hypnosis seperti Hypnotic Deafness ( Tuli akibat sugesti hypnosis ), Hypnotic Blindness ( Kebutaan akibat sugesti hypnosis ), Analgesia dan fenomena lainnya.

    Sekali lagi semua dilakukan tanpa menggunakan teknik sugesti hypnosis.

    Barber hanyalah meminta subject untuk mengabaikan stimulus yg ada misalnya untuk menduplikasikan Hypnotic Deafness – subject diminta mengabaikan stimulus suara, pada Hypnotic Blindness – subject diminta mengabaikan stimulus warna dsb. Pada kasus Analgesia – subject diminta memutuskan stimulus yg ditimbulkan dari rasa sakit yg timbul. Barber mungkin lebih seperti seorang sutradara yg memotivasi pemain film untuk bermain dgn baik – selebihnya terserah pemain untuk melakukan improvisasi. Tidak digunakan Teknik Hypnosis sama sekali.

    Penelitian Barber ini didukung oleh penelitian yg dilakukan Orne ( 4 ), dalam penelitiannya subject tanpa perlu dihypnosis tetap dapat dimotivasi untuk melakukan fenomena kemampuan “superhuman” yg biasa diperlihatkan pada fenomena hypnosis – penelitian Orne ternyata menunjukan subject dgn motivasi tinggi ini mampu melakukan fenomena “super human” dalam jangka waktu yg jauh lebih lama dibanding yg bisa dilakukan suyet terhypnosis.

    Penelitian-penelitian seperti yg dilakukan Barber dan Orne membawa pemahaman baru tentang Hypnosis. Kecenderungannya pendapat yg sekarang ini diterima kalangan scientist adalah Hypnosis bukanlah kondisi yg unik – hypnosis bisa dikatakan hanya bagian dari suatu Fenomena Natural biasa saja .

    Fenomena yg biasa diperagakan Subject terhypnosis bukan fenomena unik yg khas Hypnosis ( dalam pengertian suatu ilmu ) – fenomena ini merupakan fenomena yg bisa terjadi diluar kasus Hypnosis seperti yg ditunjukan pada penelitian yg dilakukan Barber ataupun Orne.

    Hal ini jugalah yg dikemukakan oleh Perdana pada artikel :

    http://metafisis.wordpress.com/2010/01/12/atraksi-menusukkan-benda-tajam-ke-dalam-kulit/

    Artikel ini dibuka dgn peragaan Fenomena Analgesia yg biasa dilakukan pada pertunjukan Debus dan sejenisnya. Kemudian Perdana mengemukakan beberapa contoh sejenis yg pernah terjadi pada Tarikh ( Sejarah ) Islam seperti kasus Sayyidina Ali, Umar bin Khattab, kasus dalam Al Qur’an ( Wanita dalam Kisah Nabi Yusuf A.S ) dan juga kasus yg dialami Perdana waktu kecil.

    Perdana menjelaskan bahwa Shalat pun bisa menimbulkan efek sugesti dalam diri. Untuk melakukan fenomena Analgesia seperti yg dilakukan Debus ini Perdana secara khusus mengatakan : ” Selain itu dalam “mengandalikan” rasa sakit diperlukan adanya tehnik auto sugesti[1] pada diri kita ” . Bahkan Perdana juga memberikan Footnote untuk memperjelas apa yg disebut dgn Auto sugesti tsb :D

    Lantas apakah dgn memberikan contoh tentang Sayyidina Ali dan Umar bin Kattab seperti yg dilakukan Perdana bisa dikatakan umat Islam terhypnosis dgn Al Qur’an dan Sunnah Rasul ?

    Saya rasa tidak – logika seperti itu adalah logika yg terbalik. Hal yg terjadi adalah seperti yg saya katakan Hypnosis bukanlah suatu kondisi yg Unik. Penelitian Barber dan Orne juga contoh-contoh yg diberikan oleh Perdana sudah menunjukan tanpa melakukan Teknik Hypnosis pun fenomena yg biasa ditunjukan dalam Hypnosis bisa dilakukan seseorang.

    Jadi memang sudah ada suatu mekanisme dalam diri manusia yg menyebabkan fenomena seperti itu bisa terjadi. Dalam kasus Sayyidina Ali dan Umar bin Kattab – shalat lah yg mentrigger mekanisme ini hingga fenomena Analgesia itu terjadi. Pada Penelitian Barber dan Orne pemberian motivasi yg tepat kepada orang yg tepat juga bisa mentrigger mekanisme ini hingga menimbulkan fenomena Analgesia tsb. Sedang pada kasus Hypnosis – Hypnotic Suggestion lah yg mentrigger mekanisme ini.

    Jadi Hypnosis ( sebagai suatu cabang ilmu dgn teknik dan prosedur yg baku – saya memang sengaja selalu menekankan hal ini :D ) bukan lah satu-satunya cara … Hypnosis hanya bagian dari banyak cara untuk mentrigger mekanisme yg sudah ada dalam diri manusia yg bisa menyebabkan fenomena tsb terjadi.

    Mekanisme ini sendiri adalah mekanisme yg secara Natural memang sudah tertanam dalam diri manusia.

    Saya akan berikan contoh kasus seperti “Hypnotic – Alike – Deafness”, saya sengaja menambahkan kata Alike di sini untuk menegaskan bahwa fenomena ini bukanlah fenomena khas Hypnosis tetapi hanyalah fenomena yg biasa ditunjukan dalam peragaan Hypnosis.

    “Hypnotic – Alike – Deafness” dalam peragaan Hypnosis biasanya ditunjukan dgn – salah satu caranya – membuat suyet masuk dalam kondisi Hypnotic Trance kemudian diberikan post suggestion bahwa suyet tidak memiliki kemampuan pendengaran. Dan ketika “terbangun” maka suyet akan mengalami kondisi “Deafness” ini.

    Apakah kondisi Deafness ini suatu yg khas Hypnosis ?

    Barber dan Orne sudah membuktikan fenomena ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan teknik Hypnosis – hanya dgn memberikan motivasi yg tepat seseorang mampu melakukan fenomena Deafness yg sama bahkan Orne mengatakan dgn cara motivasi ini orang tsb mampu melakukan jauh lebih lama dibanding suyet terhypnosis.

    Fenomena Deafness ini pun bisa kita lihat pada seseorang yg sangat khusyuk dalam shalatnya sehingga hingar bingar lingkungannya sama sekali tidak terdengar di telinganya. Dalam fenomena sehari-hari mungkin pernah kita lihat bagaimana seorang anak kecil yg sedang asyik bermain juga mengalami kondisi Deafness sehingga tidak mendengar walaupun orang tuanya sudah berteriak memanggil dgn kerasnya.

    Kembali kita ditunjukan fenomena ini bukanlah khas Hypnosis – Hypnosis hanyalah bagian kecil dari banyak cara untuk mentrigger suatu mekanisme yg memang sudah tertanam dalam diri manusia.

    Tapi yg perlu kita catat adalah Hypnosis sudah menjadi suatu cabang ilmu tersendiri yg lebih terstruktur dibanding fenomena sejenis – di sinilah kelebihan Hypnosis.

    Seorang anak kecil dgn mudah masuk ke dalam kondisi “Hypnotic – Alike – Deafness” tetapi anak kecil tsb sama sekali tidak menyadari struktur perintah yg jelas untuk mencapai kondisi tsb … iya kan ? Apa yg dilakukan anak kecil pada contoh di atas inilah yg disebut tidak terstruktur – yg dilakukan hypnosis hanyalah memberikan struktur yg lebih jelas untuk mencapai kondisi tsb.

    Selebihnya kedua fenomena ini bekerja dgn mekanisme yg sama dalam diri manusia.

    Kesimpulan :

    Manusia sudah memiliki suatu mekanisme internal tertentu dalam dirinya – Hypnosis hanyalah mentrigger mekanisme ini untuk bekerja. Dan hypnosis bukanlah satu-satunya cara untuk mentriggernya. Apakah kita masih akan mengatakan ada jin dalam fenomena hypnosis dan semua fenomena sejenis seperti saya uraikan di atas ?

    Misalnya Perdana dgn baik sekali menjelaskan mekanisme apa yg terjadi pada diri Sayyidina Ali ketika sedang khusyuk shalat sehingga tidak merasakan sakit – fenomena analgesia – ketika panah dicabut. Mekanisme yg disebut dgn “Gate System Theory” . Mekanisme ini memang sudah ada dalam diri manusia – shalat Sayyidina Ali yg khusyuk kemudian mentriger mekanisme ini untuk bekerja.

    Pertanyaan saya adalah jika seseorang mengalami kasus yg sama – anggaplah terpanah – kemudian dgn teknik sugesti hypnosis, panah tsb bisa dicabut tanpa orang tsb merasakan sakit. Apa yg terjadi dalam diri orang tsb ? Apakah Hypnosis juga akan mentrigger mekanisme “Gate System Theory” yg ada dalam diri manusia – seperti yg dijelaskan Perdana pada kasus Sayyidina Ali – untuk bekerja ? Ataukah justru Fenomena “Teknologi” Jin yg sedang bekerja ? :D

    Masihkah kita menganggap ada Jin dalam Hypnosis – Semua saya serahkan kepada pembaca sekalian.

    Saya jadi teringat diskusi saya dgn bung Nyimak tentang Shalat dan Sugesti, mungkin bung Nyimak masih ingat linknya ? Jika ingat tolong tuliskan kembali linknya …

    Bagaimana bung Nyimak anda masih ingat diskusi ini ? Bahkan bung Perdana mengatakan tidak ada yg salah tentang adanya unsur Sugesti dalam Shalat – Perdana kemudian mengutip pernyataan Dosen Pembimbing Skripsinya tentang hubungan Shalat dan Sugesti. Sugesti dan Efek Sugesti pada Manusia adalah suatu hal yg sangat Natural untuk terjadi.

    Jadi tidak ada yg salah dgn mengangkat kasus Sayyidina Ali dan Umar bin Kattab dalam pembahasan tentang Hypnosis ini seperti yg dilakukan Perdana pada Artikel tentang Analgesia nya :D

    Oya saya sekeluarga akan liburan panjang akhir tahun ini – maaf jadi saya akan absen dalam diskusi ini .. have a nice discussion

    Reference :

    ( 1 ) Bass, M.J ” Differentiation of Hypnotic Trance from Normal Sleep ” Exper. Psychol, 1931, 14, 382-399
    ( 2 ) Wells, W.R. “Experiment in Waking Hypnosis for Instructional Purpose ” J.Abnorm.Soc.Psychol, 1940, 35, 261-272
    ( 3 ) Barber, T.X. ” Hypnosis as Perceptual-Cognitive Restructuring : III From Somnambulism to Autohypnosis ” J.Psycol, 1957, 44, 299-304.
    ( 4 ) Orne, M.T ” Psychological Factors Maximizing Resistance to Stress : With Special Reference to Hypnosis ” Bureau of Social Science Research, Wasington D.C. 1962.

    • terima kasih mas Jiwa01, saya suka sekali dgn tulisan Anda, dan saya beruntung masih dpt membacanya sekarang, takutnya nanti dihapus sm admin.

      bbrp tulisan hal dlm tulisan mas, sdh sy sampaikan di artikel yg telah dihapus oleh admin.

      Benar sekali bahwa fenomena hypnosis itu tdk sama dgn tidur, bahkan sy sering melakukan dgn waking hypnosis. Jikapun tidur sy sering mengajak pasien relaksasi, apa yg sy sugestikan dlm relaksasi terkadang berbeda dgn yg dipikirkan/ dibayangkan oleh klien, artinya pikiran si klien tdk dikendalikan oleh peng-hipnotis, namun oleh dirinya sendiri.

      saya setuju hypnosis hanyalah salah satu trigger sbg “pintu masuk” ke pikiran bawah sadar. spthalnya kita telah ketahui bersama pd kisah Nabi Yusuf AS, para wanita yg memotong tangannya sendiri tanpa terasa krn melihat kegantengan Nabi Yusuf AS. mengapa mereka bisa spt itu, hal ini karena mereka fokus pikirannya yaitu melihat kegantengan nabi Yusuf AS.

      pada bbrp pasien saya, sering sy minta seorang pasien membayangkan ditangan saya ada sebuah buah yg mereka sukai, dan buah ini akan sy berikan kpd mereka, namun sblm buah ini sy minta pasien itu berdoa & niatkan buah itu utk apa, misalnya utk kesehatan & sy pun berdoa, Ya Allah kabulkanlah apa yg menjd doa dr pasien saya itu. alhasil bbrp pasien yg sy bantu langsung merasakan berbeda & terjadi peningkatan kesehatannya saat itu jg. ini bukan krn setan cs namun krn doanya & fokus akan kesembuhannya.

      mas Jiwa01, saya ijin copas tulisan mas ya,

      kl ada bbrp rekan yg mau membaca ttg hypnosis atau mengikuti training hypnosis Hypnotherapy silahkan kunjungi http://www.hendryrisjawan.com beliau adalah guru sy belajar hypnosis.

  33. [2:102] Dan mereka mengikuti apa {76} yang dibaca oleh syaitan-syaitan {77} pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat {78} di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu jangnalah kamu kafir”. Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya {79}. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui. (AL BAQARAH (Sapi betina) ayat 102)

    Silahkan dicerna sendiri, karena kita sebagai manusia tidak dapat memberikan Hidayah kepada siapapun, karena Hidayah mutlak milik Allah SWT

    • sebenarnya semua kata-kata dari seseorang itu mengandung sihir seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:
      “Sesungguhnya sebagian bayan (keterengan dari kamu) adalah sihir.” [HR.al-Bukhori 5146]

      seperti kita memberi sugesti terhadap seseorang dalam tujuan baik , karena Sugesti adalah proses psikologis dimana seseorang membimbing pikiran, perasaan, atau perilaku orang lain agar melakukan apa yang kita terangkan , sama seperti para ulama dengan berbagai nasehat ,ceramah dll dengan kata lain mereka para ulama tanpa terasa sebenarnya telah mempengaruhi atau mensugesti kpd pendengar untuk melakukan sesuatu yang benar yaitu untuk meningkatkan ke imanan dan ketaqwaan mereka si pendengar kepada Allah SWT , jadi dengan kita menerangkan atau menjelaskan isi al qur’an kepada seseorang sehingga seseorang itu mengimanninya lalu mentaqwainya selalu mengamalkan apa yang ada di dalam alqur’an dan alhadist berrti kita sebagai yang menerangkan isi al qur’an telah berhasil .

      jadi pantas saja Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:
      bersabada : “Sesungguhnya sebagian bayan (keterengan dari kamu) adalah sihir.” [HR.al-Bukhori 5146]

      seperti halnya guru di sekolah sedang menjelaskan atau menerangkan bagaimana terjadinya bayi dalam kandungan wanita sehingga murid2nya mendengarkan dengan konsentrasi sehingga murid-murid paham yang di jelaskan oleh gurunya dan akhirnya mempraktekkannya berrti murid telah tersihir oleh gurunya

      atau ada juga sales yang sedang melakukan pendekatan kepada seseorang agar mau membeli sebuah produk yang di tawarkan si sales dengan menerangkan dan menjelaskan ini dan itu sehingga seseorang itu mau membelinya berarrti sales tersebut telah berhasil menyihir seseorang itu dengan melalui kata-kata dan keterangan juga penjelasannya

      jadi sekali lagi saya beritahu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:
      bersabada : “Sesungguhnya sebagian bayan (keterengan dari kamu) adalah sihir.” [HR.al-Bukhori 5146]

      hanya sebuah kata-kata dan keterangan yang dilakukan dengan komunikasi yang baik anda telah mampu menyihir seseorang

      lalu apakah hipnotis itu sihir ? mungkin dengan keterangan di atas anda sudah mengerti

  34. Ternyata banyak yang pakar Hipnotis disini.
    Sebernarnya saya tidak pantas berkomentar disini, karena tidak menguasai ilmu tentang hipnotis, juga tidak menguasai Ilmu Agama dengan baik.
    Menurut yang saya ketahui (dengan pengetahuan yg serba minim), Sihir dan Mu’jizat/karomah itu bila dilihat efek nya bisa sama, hanya berbeda dari mendapatkannya. Dicontohkan kisah Nabi musa AS vs tukang sihir fir’aun, sama2 ular, bahkan ular Nabi Musa AS lebih besar, apakah di Al-Quran disebutkan bahwa Nabi Musa AS tukang sihir?…
    Jadi tidak dapat disamakan Ali bin Abi Thalib dalam kisah di atas dengan tehnik hipnotis.
    Mengutip Hadist yang di tulis Bung Kendi diatas:
    “Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan TANPA memerlukan pemikiran dan pertimbangan.”
    – Ibnu Miskawayh –
    Menurut saya yang dimaksud adalah tabiat (sifat dasar seseorang) misal, Anda mempunyai Akhak/Tabiat pemarah, maka disaat tertentu Anda akan mudah marah tanpa pertimbangan dan pemikiran, tapi dengan pertimbangan dan pemikiran maka Anda akan meredam marah dan berbuat sebaliknya, maka orang akan melihat Anda sebagai orang yang pemaaf, Apakah tabiat Anda seorang pemaaf?… Bukan!!!… Akhlak Anda adalah pemarah bila TANPA pemikiran dan pertimbangan. Sebagai contoh Sahabat Nabi yaitu Umar Bin Khotop RA, sebelum masuk Agama Islam Beliau mempunyai Tabiat/Ahklak seorang pembunuh yang kejam, yang memerangi Islam dan membunuhi orang2 Islam. Tapi ketika Beliau masuk Islam apakah ahklak/tabiatnya berubah?…. OoO… tentu tidak, tetap sebagai pembunuh, tapi pembunuh bagi orang kafir yang memerangi Islam.
    Kesimpulannya:
    Efek yang dilihat sama, tapi hakikatnya berbeda yaitu antara HAQ dan BATIL, Dan Nabi Muhamad SAW tidak pernah melakukan Hipnotis, terbukti Beliau masih terluka saat peperangan dan sebenarnya dengan hipnotis bisa saja saat itu Beliau tidak terluka. Dan Anda tidak akan melakukan Mi’raj sebperti Nabi dengan menggunaka Hipnotis, karena itu Mu’jijat.
    Bila ada yang salah, Kepada Allah SAW saya mohon Ampun.

  35. Sebernarnya saya tidak pantas berkomentar disini, karena tidak menguasai ilmu tentang hipnotis, juga tidak menguasai Ilmu Agama dengan baik.

    Dan Nabi Muhamad SAW tidak pernah melakukan Hipnotis, terbukti Beliau masih terluka saat peperangan dan sebenarnya dengan hipnotis bisa saja saat itu Beliau tidak terluka.

    Kalau saya…jika memang sangat-sangat tidak mengetahui ilmu hypnotis, lebih baik saya gak ikutan dulu dalam forum ini, apalagi berani memberi ilustrasi yang sangat ngawur spt itu yang sangat jauh dari teori dan esensi ilmu hypnotis. Karena ini hanya akan membuat saya tampak bodoh.

  36. KALAU HYPNOTIS ITU HARAM BEARTI, TV, BUKU, KITAB SUCI, ORANG TUA, USTADZ, GURU, KIYAI SEMUANYA HARAM, KARENA SEMUA ITU ADALAH BENDA DAN PROFESI YANG YANG MELAKUKAN AKTIFITAS HYPNOSIS.

  37. ini yang lebih bahaya,,,,mintaknya para ustad yg ngerti agama jgn menyimpulkan sesuatu yg tidak di pahamimmmbila perlu belajar dlu untuk mengetahui tentang ke ilmuan trsbt,,,jgn mudah memponis itu perbuatan jin,,,karna setau saya hipnotis tdk ada hbungannya dgn jin,,dia hanya sebuah kt2 sugestimmyg perlu mantra atau sejenisnyammmcoba penulis baca jg tentang ilmu syaraf otak manusia

  38. Seperti buah Pisang yang kelewatan matangnya dinamakan Pisang busuk. Ini kelewatan Pinternya jadi dinamakan Bodoh.
    Hipnotis kok bawa bawa Jin segala hi hi hi.
    Wah cukup ah, kan intinya hanya komentar alias menanggapi tulisan ini :

    ” Hipnosis merupakan salah satu bentuk perdukunan yang menggunakan jin yang dipakai oleh juru hypnosis (hypnotist) untuk menguasai kliennya sehingga orang itu berbicara dengan lisannya dan terkadang memberikannya sebuah kekuatan untuk beberapa pekerjaan dikarenakan penguasaannya itu”.

    Luar biasa……………………..Lucunya

  39. tidak usah neko2/macam-macam, kalau kita beragama Islam, bertanya saja pada Al-Quran dan sunnah, apakah ada anjuran atau perintah untuk mempelajari Hipnotis….?
    untuk mencapai kekhusyuan dalam sholat, kita tidak usah melalui jalan hipnotis.
    quran dan aunnah sudah cukup bagi kita untuk dipelajari, agar mencapai kekhusyuan dalam sholat,
    sebagai orang Islam kalau ada perbedaan, kembalikan saja kepada Al-Quran dan AsSunnah

    • Dalam pendidikan dasar kemiliteran, resimen mahasiswa, pecinta alam, SAR & organsisasi2 tertentu.. doktrinisasi diberikan pada saat peserta didik dalam kondisi “0”, posisi “0” adalah setelah peserta dididik di”tempa” habis2an sehingga pikiran dan badannya terasa lelah & letih yg teramat hebat, sehingga berada di posisi antara sadar & tidak sadar. Ini salah satu teknik hipnotis. Hipnotis berbeda dengan gendam… Hipnotis tidak berbeda jauh dengan ilmu2 yg lain seperti matematika, fisika, biologi dan lain2. Tidak ada doktrinisasi dalam pendidikan dasar yg diberikan pada awal latihan atau di akhir latihan setelah peserta didik segar bugar. Hipnotis adalah ilmu kejiwaan. Media elektronik, Media Outdoor/Indoor (Papan Reklame/LED), Tape/Radio dll pun adalah sarana/media hipnotis, bisa mempengaruhi kejiwaan dan persepsi seseorang yang melihat atau mendengarnya. Kuncinya adalah “Fokus” dari media itu sendiri dan dari “Audience”nya itu sendiri. Mengapa iklan rokok dilarang di Televisi ??.. karena pengaruh “hipnotisnya” kuat dan daya jangkaunya luas.

    • Urutan Impactnya : Mata – Suara – Rasa..
      Analogi :
      1. Ketika seseorang melihat harimau
      2. Ketika seseorang mendengar suara harimau
      3. Ketika seseorang diterkam harimau

      Dalam strategi marketing, keilmuan ini sangat berguna dan bermanfaat sekali. Kecuali untuk marketing miras dan trafficking…

  40. Asalamualaikum

    Saya sangat setuju kalau hipnotis adalah bantuan JIN walau Jinnya sendiri tidak kelihatan karna pada dasarnya manusia biasa tidak akan memiliki kemampuan seperti itu, satu lagi buat rekan2 agar lebih bijak membedakan mana hipnotis dan yang mana motivasi.

    Contoh saya pernah belajar ilmu bela diri (yang saya pelajari cuma gerakan2 silat) tapi koq ujung2nya saya menjadi tahan bacok dan tahan pukul (cuma gk tahan laper).

    Pertanyaannya :
    Apakah ini tanpa bantuan jin?
    Apakah cuma gerakan2 silat dapat membuat saya tahan pukul dan tahan bacok walau gk tahan laper?

    saya rasa tiap org beriman pasti tau jawabannya kalau semua itu atas bantuan JIN, bagaimana mungkin hanya mempelajari gerakan2 seperti itu bisa tahan bacok sementara dulu masih berumur 10 thn sy pernah belajar silat juga tp koq gk tahan bacok.

    sama seperti hipnotis, macam mana pula hanya dengan belajar mengendalikan fikiran dan sugesti dia bisa memasuki alam bawah sadarnya orang lain.

  41. Benarkah hypnosis haram?
    Opini
    QODRISYAH

    Setelah membaca tulisan yang terhormat Ust. H.M. Nasir Lc, MA yang berjudul “Hipnotis Menurut Pandangan Islam” yang dimuat di harian Waspada tanggal 20 Mei 2011–saya sebagai praktisi dan pembelajar Hypnotherapi merasa perlu memberikan pandangan, pendapat dan pemikiran yang lebih tepat mengenai Hypnosis yang sesungguhnya–agar masyarakat lebih bijak dalam mengambil kesimpulan tentang hal ini.

    Dalam tulisan itu, Ust. H.M. Nasir Lc, MA mengatakan bahwa hipnotis dilakukan dengan mengosongkan pikiran dan hati, dan beliau juga mengatakan bahwa “diduga kuat hipnotis ada tenaga halus di luar dirinya melalui supranatural yaitu jin yang mendampinginya. Beliau juga mengatakan bahwa hipnotis itu haram karena dapat menimbulkan mudharat, di antaranya menghilangkan kesadaran orang lain”.

    Para pembaca yang bijak, sebelum Anda menyadari bahwa dalam proses hypnosis tidak menggunakan bantuan jin, dan hypnosis sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia–terlebih dahulu mari kita pahami dasar kajian, sejarah, definisi, proses, langkah dan fenomena hypnosis yang sesungguhnya.

    Sejarah hypnosis
    Dr. Franz Anton Mesmer (1734-1815), seorang dokter yang menggunakan magnet yang diyakini mempengaruhi saraf dan tubuh manusia. Kemudian Raja Louis XVI meminta para ilmuwan untuk meneliti fenomena Mesmer, dan ternyata tim pencari fakta yang dipimpin Benjamin Franklin menyimpulkan bahwa dari berbagai eksperimen tidak ada bukti keberadaan magnetisme dalam penyembuhan dan hasilnya dapat dijelaskan dengan imajinasi dan pengaruh sugesti.

    Kemudian pada 1840 Dr. James Braid melihat pertunjukan mesmerisme yang dilakukan La Fontaine, dan pada 1841 Braid memutuskan bahwa mesmerisme tidak berkaitan dengan transfer energi melainkan bekerja dengan sugesti yang diberikan kepada klien. Pada tahun yang sama Braid menciptakan istilah “neuro-hypnosis” diambil dari bahasa Yunani yang berarti tidur, karena pada awalnya Braid meyakini bahwa kondisi hypnosis seperti anastesi/bius (mati rasa) dan fenomena hypnosis lainnya terjadi karena adanya saraf yang “tidur”. Inilah pertama kali istilah Hypnosis digunakan. Menariknya, kemudian Braid menyadari bahwa fiksasi atau fokus pada sesuatu atau ide adalah penyebab terjadinya Hypnosis sehingga ia memutuskan Hypnosis bukanlah istilah yang tepat, dan mengubah namanya menjadi Monoideaism. Namun nama tersebut kurang terkenal, sehingga sampai saat ini yang bertahan adalah Hypnosis.

    Dan masih banyak lagi deretan nama-nama dokter dan psikolog seperti James Esdaile, Prancis Jean-Martin Charcoat, Sigmund Freud, dan bapak Hypnotherapy modern Milton Erickson, MD. Pada tahun 1955 British Medical Association (BMA) menyetujui hypnotherapi sebagai salah satu penangan medis yang valid, dan American Medical Association (AMA) melakukan hal serupa ditahun 1958. Dan sampai saat ini hypnosis terus berkembang dengan aplikasi yang semakin luas.

    Dari sejarah perkembangan hypnosis bisa kita lihat,simak dan rasakan bersama bahwa para ahli hypnosis/hypnotherapy terdahulu adalah para dokter atau psikolog yang sangat terpelajar dan berfikir ilmiah, sehingga mereka melakukan penelitian untuk bisa menjelaskan sebuah fenomena. Sedangkan magnetisme saja, seperti yang dilakukan Mesmer diyakini tidak terbukti dan tidak ilmiah, apalagi penggunaan Makhluk Halus atau Jin, sungguh jauh dari pembahasan hypnosis/hypnotherapi.

    Defenisi hypnosis
    Di sini saya akan menuliskan beberapa defenisi hypnosis dari para ahli yang kompetensi mereka di bidang hypnosis telah diakui di dunia agar pendefenisian kita tentang hypnosis tidak serampangan dan tak berdasar. Sebelum itu saya jelaskan dulu perbedaan Hypnosis/Hypnosis dengan Hipnotis/Hypnotist. Hypnosis itu adalah kondisi atau proses, sedangkan Hipnotis/Hypnotist adalah pelakunya. Seperti piano dan pianis, reception dan receptionist dll.

    Menurut Milton Erickson, MD, bapak hypnotherapy moderen, Hypnosis adalah sebuah keadaan yang “mengecilkan fokus perhatian”. Artinya, dalam kondisi hypnosis seseorang sangat terfokus kedalam dirinya sendiri dan fokus pada dunia diluar dirinya berkurang. Seperti juga yang dijelaskan Dr.james Braid bahwa hypnosis terjadi karena fiksasi atau fokus pada suatu ide. Dari defenisi ini jelas bahwa hypnosis itu bukan proses pengkosongan pikiran dan hati, tetapi pikirannya fokus pada satu atau beberapa ide/hal yang dipikirkannya.

    Begitu juga ketika Anda fokus atau menyatukan pikiran dan perasaan Anda hanya pada satu hal pada saat beribadah atau dalam istilah lain disebut Khusuk, Anda masuk dalam kondisi Hypnosis yaitu gelombang otak Anda turun pada gelombang otak Alfa-Theta. Dalam Clinical Hypnotherapy, Hypnosis didefenisikan sebagai kondisi gelombang otak berada pada gelombang otak alfa-theta.

    Fenomena dan proses hypnotherapy
    Fenomena hypnosis itu terjadi sehari-hari, seperti ketika Anda mau tidur, terjadi penurunan gelombang otak, mata sudah terpejam tetapi masih mendengarkan suara-suara itu disebut Hypnogogic, sedangkan ketika Anda baru bangun tidur itu disebut Hypnopumpic. Anda pernah merasakan tubuh Anda rileks, perasaan Anda tenang dan santai? Pada saat itu Anda juga sedang berada dalam kondisi hypnosis. Kalaulah mengamalkan hypnosis itu diharamkan, Apakah itu berarti setiap hari kita masuk dalam kondisi yang diharamkan, paling tidak ketika bangun atau saat mau tidur? Tentunya Anda bisa lebih bijak menyikapinya.

    Semua hypnosis adalah self hypnosis. Hipnotis hanya sebagai pemandu. Sehingga hypnosis itu bisa juga dilakukan sendiri tanpa ada orang lain yang memandu. Hypnosis dilakukan dengan pemberian sugesti baik secara langsung ataupun tidak langsung. Sugesti berasal dari kata “Suggestion” yang berarti saran, jadi sugesti dalam hypnosis hanyalah berupa “saran” dari Hipnotist kepada subjek. Apakah saran/sugesti itu diterima atau tidak itu adalah keputusan si subjek sendiri.

    Di dalam Ericksonian hypnotherapy yang saya dalami, semua orang bisa dihypnosis dan bisa menghypnosis asalkan orang itu mau dan mengerti dan mampu berkomunikasi baik itu secara verbal maupun non-verbal. Sehingga sangatlah tidak beralasan jika dikatakan bahwa tidak semua orang bisa melakukan hypnosis. Apalagi dengan menggunakan jin, hypnosis bisa dijelaskan secara ilmiah dengan menjelaskan cara kerja otak.

    Lalu bagaimana dengan fenomena hypnosis panggung yang orangnya mau melakukan berbagai hal yang biasanya malu ia lakukan? Bagaimana dengan orang yang mau menceritakan hal pribadinya? Sederhana saja: Pada kondisi biasa orang itu sebenarnya memang mau melakukan atau mengatakannya, ia hanya malu saja. Dan ingat, yang Anda lihat diTV adalah industri hiburan dan semuanya tentu melalui sesuai skenario dan proses editing. Jadi, tayangan yang Anda lihat diTV ketika seseorang menceritakan segala hal tentang dirinya itu belum tentu dia dalam keadaan hypnosis. Kalaupun seseorang itu berada dalam kondisi hypnosis bukan berarti kita bisa mengorek-orek rahasianya dan dia jujur mengatakannya. Kalau memang bisa begitu, tentunya itu lebih baik digunakan untuk menginterogasi para koruptor dan pelaku kriminal.

    Setelah seseorang masuk dalam kondisi hypnosis, orang tersebut sadar atas apa yang terjadi pada dirinya. Bahkan dia bisa menyadari hal-hal yang selama ini tidak disadarinya. Dalam kajian psikologi biasa disebut altered state of consciousnes (tingkat kesadaran yang lebih tinggi dari biasanya). Dan subjek punya kendali pada dirinya sendiri, sehingga jika ia ingin keluar dari kondisi hypnosis dia bisa keluar dengan sendirinya. Dan apabila dia tidak mau melakukan apa yang disugestikan oleh sang hipnotis dia bisa menolaknya. Jadi sangat tidak benar jika dikatakann hypnosis menghilangkan kesadaran seseorang apalagi disamakan dengan minum-minuman keras atau mabuk.

    Manfaat hypnosis
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hypnosis sudah diakui BMA dan AMA sebagai alat terapi yang valid. Artinya hypnosis sangat bermanfaat bagi dunia medis dan psikologis seperti hypnobirthing, hypnoanastesi, mengatasi masalah mental dan psikosomatis, berhenti dari kecanduan atau kebiasaan buruk, meningkatkan percaya diri, motivasi, menghilangkan trauma/phobia dan bisa juga digunakan dalam pendidikan seperti yang sekarang sedang saya kembangkan hypnoteaching (hypnosis dalam pengajaran/pembelajaran) dan pada 26 April 2011 lalu saya mengisi training pemanfaatan hypnosis untuk pembelajaran bagi guru-guru di Bali yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, dan di beberapa kabupaten-kota dan kampus seperti Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara dll.

    Alangkah lebih baiknya kita mengutamakan memunculkan pandangan pada sebuah pembuktian (aposteriori) bukan memunculkan pandangan sebelum ada bukti (apriori) apalagi hanya dengan dugaan-dugaan saja. Kaedah Ushul Fiqh seperti yang disampaikan Ust.H.M Nasir Lc, MA tentulah sangat tepat, menolak mudharat lebih utama daripada menarik manfaat. Jika kita belum tahu betul apa manfaat dan mudharat belajar dan mengamalkan hypnosis akan lebih aman jika meninggalkannya. Namun demikian sebagai orang yang berilmu sebaiknya kita melakukannya berdasarkan pembuktian bukan hanya sekedar percaya begitu saja apalagi hanya dugaan tak beralasan.

    Ada baiknya Anda semua yang belum pernah belajar mengenai hypnosis moderen dan belum pernah belajar mengenai Ericksonian Hypnosis, belajarlah pada ahlinya, seperti saya mempelajari hypnosis dari sumber-sumber terpercaya agar kita semua tidak salah dalam memahaminya. Silakan Anda amati, dan setelah itu barulah jatuhkan putusan apakah mempelajari dan mengamalkan hypnosis itu Wajib, Sunat, Mubah, Makruh atau Haram.Wallahua’lam bil ashshawab.

    Penulis adalah Praktisi NLP & Hypnotherapy, Master Ericksonian Hypnotherapist dan Founder Quantum Enlightenment Indonesia.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s