Mewaspadai Ajaran Naturalisme, Reiki Kundalini dan New Age

PENGANTAR ADMIN :

TULISAN YANG MEMBAHAS KESESATAN REIKI DARI SUDUT PANDANG IMAN KRISTIANI SAYA POSTINGKAN UNTUK MENGHORMATI REKAN KITA (UMAT KRISTEN) YANG BERNICK NAME :PARADOX BOYS YANG TELAH MEMBERIKAN TANGGAPANNYA DI http://metafisis.wordpress.com/2009/12/05/tipu-daya-syaitan-melalui-reiki/#comment-1394 KETIKA SAYA MEMBERIKAN DALIL DARI IMAN ISLAM TENTU BELIAU TIDAK AKAN MENGERTI DAN BISA SALAH PAHAM, MAKA SAYA AKAN MEMPOSTINGKAN TULISAN SESUAI DENGAN IMAN KRISTEN BELIAU.

BERIKUT INI PENJELASANNYA :

(Sebuah Fenomena Pencarian Spiritual Yang Bertentangan dengan Ajaran Iman Kristen)

by Leonard T. Panjaitan

Akhir-akhir ini nampak begitu semarak di tengah masyarakat sebuah metode atau program “alternatif” yang cukup memikat kawula muda, eksekutif bahkan ibu-ibu rumah tangga. Kegiatan semacam kursus-kursus meditasi, yoga hingga pengobatan alternatif cukup menarik perhatian beberapa kalangan baik sekedar ingin tahu maupun memperdalamnya sebagai jalan keluar dari problematika hidup atau mengatasi penyakit. Tak ketinggalan pula media massa turut meramaikan fenomena ini melalui ruang-ruang iklan yang terpampang di halaman-halaman surat khabar agar mengunjungi “ahli-ahli” yang bergelar “kiai”, “ki” yang dapat membantu anda sukses dalam berumah-tangga, berkarir, berdagang hingga mengatasi berbagai keluhan penyakit sampai guna-guna sekali pun. Seakan belum cukup, televisi-televisi nasional saling berlomba menayangkan acara-acara mistis nan menyeramkan yang justru meningkatkan rating mereka.

Bila kita perhatikan secara seksama fenomena-fenomena seperti itu apakah gerangan yang terjadi di masyarakat kita bahkan mungkin di dunia ? Apakah ini gejala-gejala kebosanan atau pun pemberontakan terhadap nilai-nilai moral dan agama yang dianut oleh sebagian besar komunitas kita ini ? Sebagai umat beriman khususnya Katolik saya mencoba mengajak masyarakat untuk mengamati secara jelas dan jernih metode-metode atau teknik-teknik “alternatif” yang disodorkan oleh jaman ini dari kaca mata ajaran-ajaran Katolik. Sejauh yang saya amati, fenomena-fenomena yang sedang “ngetrend” ini merupakan buah-buah dari Naturalisme dan ajaran-ajaran New Age. Untuk lebih jelasnya maka saya jabarkan sebagai berikut :

Naturalisme

Naturalisme adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa alam (nature) sebagai satu-satunya sumber yang asli dan fundamental dari segala sesuatu yang ada dan dengan segala cara paham ini menjelaskan semua kejadian (event) dalam bingkai alam (lih catholic encyclopedia di newadvent.org). Tetapi istilah alam (nature) atau alamiah (natural) bukan merupakan istilah yang digunakan dalam satu pengertian saja namun dalam prakteknya dewasa ini, naturalisme mengarah kepada penolakan akan eksistensi Allah sebagai sumber ilahi atau transenden yang menjadi sebab pertama dari segala sesuatu. Ajaran ini menyatakan bahwa hukum-hukum yang mengatur kegiatan dan perkembangan kehidupan baik yang bersifat rasional maupun irasional tidak pernah saling mencampuri. Ajaran ini pun menolak fakta atau kemungkinan intervensi ilahi atau transendental terhadap kehidupan manusia.

Perkembangan naturalisme di jaman ini cukup menarik perhatian generasi muda apalagi di saat masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia mengalami dekadensi iman dan moral sehingga naturalisme mendapat tempat yang layak bagi mereka yang sedang mencari “pencerahan” baru untuk keluar dari multi krisis ini. Naturalisme yang mengingkari Kemahakuasaan Allah menjelma melalui berbagai macam seni beladiri dan pernapasan yang sudah berkembang pesat di tengah-tengah masyarakat. Aliran-aliran di Indonesia seperti merpati putih, reiki kundalini, panca daya, satria nusantara, sekte druids, wicca di Eropa adalah manifestasi naturalisme yang bertumpu pada energi alam dan inner power(kekuatan dalam manusia) yang diproses menjadi sumber kekuatan fisik manusia dalam teknik-teknik latihan yang teratur. Energi alam atau tubuh itu kemudian diatur dalam pernapasan tubuh lalu dioptimalkan sedemikian rupa melalui berbagai gerakan atau olah tubuh sehingga menghasilkan kekuatan untuk melumpuhkan lawan atau menyembuhkan beragam penyakit.

Reiki Kundalini

Kaum reikis (saya menyebutnya demikian) mengenal aliran ini sebagai energi universal yang merupakan bentuk penyembuhan lewat kekuatan alam (natural force). Dalam mistik Cina kuno, penggunaan kekuatan alam ini dinamakan Chi. Bentuk-bentuk penyembuhan melalui energi Chi antara lain : Chi GongPranic Healing(Penyembuhan Prana), Chelation dan Polarity Balancing(Keseimbangan Polaris). Teknik penyembuhan reiki sangat sederhana, yakni sang praktisi reiki menempatkan tangannya di atas pasien. Lalu sang reikis menanamkan sugesti kepada pasien agar ada keinginan sembuh yang kuat. Setelah itu energi muncul dari sang reikis dan mengalir ke seluruh tubuh pasien. Bagi kaum reikis, Energi reiki ini cukup cerdas mengingat pakemnya adalah Alam Semesta (Universe) yang merupakan tempat yang cerdas untuk didayagunakan. Energi ini seolah bisa bergerak otomatis ke tempat yang dituju di tubuh pasien serta bisa melakukan apa saja yang patut dilakukan pada bagian-bagian tubuh pasien. Di samping itu energi ini bisa dipandu oleh praktisi yang memiliki intelegensia yang lebih tinggi (higher intelligence). Energi ini bisa mengatur dirinya sendiri, dan bisa keluar dari sang praktisi/penyembuh sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien. Semua pergerakan energi ini seolah-olah tanpa disadari betul oleh sang penyembuh reiki. Tugas sang penyembuh ini adalah memberikan jalan keluar, menjaga ruang penyembuhan tetap terbuka luas dan memperhatikan atau mendengarkan tanda-tanda hingga tahap penyembuhan berikutnya.

Di banyak Negara termasuk Indonesia, teknik yang dipakai adalah Usui System of Natural Healing yang ditemukan oleh Dr Mikao Usui awal tahun 1900. Sang “gembala” reiki ini berasal dari Jepang yang sebutannya Grand Master Usui. Kemudian ada pula istilahkundalini yang berarti healing channel (saluran penyembuhan) dan cakra yang telah dibuka sehingga kita dapat mendapatkan akses ke energi bumi. Sekali lagi Aliran reiki merupakan suatu teknik metafisik yang membantu manusia mengatasi penyakit fisik maupun psikologis.

Bila diamati secara seksama maka buah-buah naturalisme dan reiki menekankan pada self realization (kesadaran diri sendiri) sebagai sebuah sistem energi baik yang memanfaatkan alam sekitar maupun individual yang berfungsi untuk menyembuhkan tubuh, pikiran dan jiwa. Akhirnya teknik-teknik self realization ini bila tidak diwaspadai akan mengarah pada suatu spiritual enlightenment (pencerahan spiritual) yang menggantikan peranan iman, harapan dan kasih kepada Allah Yang Maha Kuasa sebagai satu-satunya sumber kekuatan, kebijaksanaan, kebaikan dan penyembuhan. Anehnya aliran reiki ini sudah memasuki beberapa Gereja Katolik sebagai sebuah kursus atau pelatihan “spiritual”. Bahkan menjelang hari Paskah lalu, di Gereja kita yang Kudus, St. Herkulanus Depok, beberapa oknum pengurus Dewan Paroki secara sembrono mengijinkan praktek reiki digelar. Sungguh memprihatinkan, sekaligus memalukan !!!

Energi Allah Vs Energi Universal

Dalam kesempatan yang terbatas ini, saya mencoba sekilas untuk menerangkan tentang masalah energi dalam kaitannya dengan tulisan saya ini (khusus masalah energi ini, secara detail akan saya jelaskan kemudian dalam tulisan yang terpisah termasuk debat teologis diantara Bapa Gereja masa dulu). Dalam Tritunggal MahaKudus terdapat pribadi-pribadi Allah yang memiliki hubungan yang unik atau disebut hypostasis, yakni pribadi Bapa, pribadi Putra dan pribadi Roh Kudus. Walaupun Trinitas merupakan kesatuan dalam ketiga pribadi Allah namun sesungguhnya mereka tidak saling bercampur. Mereka bisa saling membedakan diri meski ketiga-tiganya adalah satu esensi. Dalam kaitannya dengan energi, yang berasal dari kata enérgeia (Yun) – berarti operasi, aktualitas, kerja - Tritunggal Maha Kudus memiliki energi yang keluar dari ketiga pribadi Allah. Namun energi dimaksud bukanlah pribadi Allah dan bukanjuga esensi Allah. Sebagai contoh, pohon-pohon bisa tumbuh itu karena ada energi Allah yang menggerakkannya. Bintang-bintang di langit bersinar karena ada energi Allah yang menyinarinya. Dalam kitab suci, ada kisah ketika seorang perempuan yang mengalami pendarahan akhirnya sembuh ketika menyentuh jubah Yesus. Inilah energi yang keluar dari Yesus (Mrk 5 :25-34). Selain itu, energi Allah juga nampak ketika orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat(Kis 19:12).

Terma atau istilah energi inilah yang banyak dipakai secara tidak proporsional oleh kaum reikis, new age, naturalis dalam teknik-teknik spiritual mereka. Energi yang diklaim oleh reikis, new ager, dan naturalis bukanlah energi spiritual yang sama dengan pribadi Allah melainkan energi natural/material yang bersifat universal. Kita tahu materi tidak bisa menggerakan dirinya sendiri, apalagi sampai menyembuhkan. Jadi diperlukan kekuatan lain untuk unjuk gigi. Kekuatan apakah ? Kekuatan demonik alias iblis. Si jahat mampu mengeluarkan energi yang ada dalam alam semesta ini. Mengapa demikian ? Sebab, Setan diberi kuasa juga untuk melakukan sesuatu, yakni dengan mujizat-mujizat palsunya. Ciri khas antara energi Allah yang menyembuhkan dengan energi setan yang menyesatkan adalah :

Ø Allah menyembuhan penyakit secara komplit. Dia tidak perlu menggunakan medium atau perantara/penyalur berupa seorang master. Dalam aksinya, Yesus tidak semata-mata meng-improve kesehatan si pasien dan tidak pula menganjurkan orang itu untuk memperhatikan aksi dan teknik penyembuhan yang dilakukanNya. Sebaliknya, ketika orang itu sembuh maka yang terjadi adalah muzijat yang permanen dan otentik plus gratis. Ini semua adalah rahmat/anugerah yang adiluhung.

Ø Setan bertindak atas dasar permintaan orang. Dan ini tentu bukan cara Roh Kudus. Tindakan penyembuhan yang dilakukan Allah bukan melalui penyaluran tenaga/energi kepada si pasien namun dengan cara-cara diskrit, ajaib dan misterius. Tidak ada cara apa pun sehingga orang bisa memaksa tangan Tuhan untuk menggunakan media atau fasilitas “pembangkit” energi. Allah itu berkuasa, berdaulat penuh dan Dia bergerak sesuai dengan kehendakNya. Hanya dengan berdoa maka yang sakit bisa disembuhkan, bukan dengan menggunakan energi-energi asing. Biarkanlah cara misterius Allah dalam bekerja/berkarya ini tetap menjadi misterius, jangan kita berusaha merasionalkanNya dengan pola-pola atau teknik-teknik seperti prana, reiki cs.

Naturalisme, Reiki dan New Age : Bentuk De-kristenisasi baru yang bertentangan dengan ajaran Gereja Katolik

“Celakalah dunia dengan segala penyesatannya : memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.” (Matius 18 : 7). Dimanakah letak penyimpangan dari ketiga aliran atau pemahaman di atas terhadap ajaran Injil atau Gereja Katolik ?

  1. Paham-paham tersebut menyangkal secara eksplisit Ke-MahaKuasa-an Allah yang memiliki Kehendak Suci atau Takdir Ilahi. Kekuatan natural/alam dijadikan satu-satunya sumber yang transenden atau ilahi. Padahal satu-satunya sumber kekuatan dan kesembuhan adalah Yesus Kristus sebagai Penyelamat manusia. Dia yang adalah Anak Allah memiliki Kekuatan Supranatural yang melebihi segala-galanya. Dalam Dia sudah tercukupi segala-galanya.
  2. Mengagungkan atau mengkultuskan energi universal sebagai roh penyembuh atau getaran tingkat tinggi yang bisa menyembuhkan segala sesuatu. Memang sesaat reiki bisa menyembuhkan namun ini bersifat temporer dan manipulatif. Kesembuhannya membawa jebakan yakni kesengsaraan di masa datang baik fisik maupun mental.
  3. Tidak ada pengajaran akan Firman Allah yang terdapat dalam Injil. Pun tidak pernah keluar atau setidak-tidaknya diajarkan secara benar dan tepat dari mulut sang master reikis atau new age. Tidak ada doa-doa yang ditujukan kepada salah satu pribadi Tritunggal Maha Kudus. Mereka memiliki mantra-mantra yang tersembunyi, terselebung sejak ditemukannya paham-paham ini. Suatu doktrin menyesatkan di bawah alam sadar mereka.
  4. Manusia mengingkari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang diciptakan oleh Allah berdasarkan CitraNya. Melalui paham-paham tersebut, manusia sudah melepaskan ketergantungan sepenuhnya dari Allah. Kalaupun ada bentuk keterlibatan Allah, itu hanya bagian kecil saja dan sangat bias. Di sini Allah tidak mendapatkan tempat yang paling dominan dan benar. Dengan demikian orang Kristen diarahkan untuk tidak percaya pada pada tubuh dan darahNya (Dan 11:31-39; Why 13 :14-18; Why 21:1-27)
  5. Cara-cara atau metode naturalisme, reiki, dan new age adalah bentuk dekristenisasi baru yang menjauhkan manusia dari keterlibatan langsung Allah dalam karya keselamatan manusia. Manusia bisa selamat karena adanya interaksi dengan alam kosmos atau kosmis, pendayagunaan energi alam semesta melalui teknik metafisik atau pencerahan dari para master reiki atau master new age. Lagipula dalam Tradisi Gereja maupun Kitab Suci tidak pernah diajarkan tentang ajaran reiki, prana, new age dan konco-konconya. Ini semua adalah produk duniawi yang menyimpang dari jalan kebenaran.
  6. Kaum reiki, naturalis dan new age takut atau tidak tahan untuk hidup menderita dan sakit-sakitan secara fisik. Padahal seperti yang dikatakan oleh Paus Yohanes Paulus II dalam beberapa ensikliknya, ada hikmah dibalik berbagai penyakit dan penderitaan manusia, yakni semangat untuk berkorban/silih demi keselamatan orang lain. Jadi penderitaan bukan sesuatu yang harus cepat-cepat disembuhkan dengan berbagai macam cara hingga merusak tatanan iman Kristen.

LEBIH JELASNYA UMAT KRISTEN BISA MENGUNJUNGI LINK INI YANG MEMBAHAS KESESATAN REIKI DARI SUDUT PANDANG IMAN KRISTIANI

JUGA KUNJUNGILINK INI,  LINK INI DAN LINK INI

24 thoughts on “Mewaspadai Ajaran Naturalisme, Reiki Kundalini dan New Age

  1. Akhi, kalau bisa tolong dijelaskan tentang aktivasi otak tengah (mid brain) pada anak yang sedang booming. anak yang diaktivasi bisa melihat dengan mata tertutup. apakah ini ada unsur sihirnya atau murni ilmu pengetahuan ?
    Semoga Alloh Ta’ala membalas kebaikan antum..

    • Saya dulu teringat ketika lokakarya reiki kami diberikan attunement aktifasi kelenjar pineal dan pituitari, dengan mendengarkan lantunan suara musik meditasi kami disuruh pasrah dengan memejamkan mata lalu para master melakukan gerakan-gerakan tertentu dengn simbol-simbol tertentu yang khusus mengaktifkan kelenjar tersebut. setelah selesai aktifasi kelenjar pineal dan pituitari saya saat itu dengan mudahnya melihat “aura” sesorang. Waktu itu saya dapat melihat cahaya putih perak atau kuning ya mengelilingi tubuh seseorang.

      Saya juga teringat dahulu mendapatkan aktifasi dari guru besar Chakra Buana Pak gatot margono di Magetan hingga saya seketika dalam mata tertutup dapat menebak gambar dengan kepekaan tangan.

      TIDAK jauh berbeda dengan aktifasi otak tengah, anak kecil dibawah umur 15 tahun disuruh mendengarkan lantunan musik meditasi yang katanya dapat mengaktifasi otak tengah. lalu ada tratment khusus dari sang pelatih pada anak-anak tersebut. Setelah selesai aktifasi lalu mereka dapat melihat gambar dalam mata tertutup dan berbagai kemampua paranormal dalam waktu yang singkat.

      KESIMPULAN

      PRAKTEK pelatihan aktifasi otak tengah yang sedang ngetren saat ini TIDAK jauh beda dengan lokakarya reiki, prana, dan berbagai lokakarya metafisika lainnya, hanya bumbu penyedapnya dibuat seilmiah mungkin. Sangat disayangkan anak kita tersusupi oleh infiltrasi jin yang melakukan tipu daya dalam lokakarya / pelatihan otak tengah (mid brain) .

      Insya Allah saya akan menulis artikel khusus membahas hakikat aktifasi otak tengah (mid brain)

      • jazakallohu khoir akhi..
        mungkin itu bisa untuk membantah HI ttg klaim bisa melihat bakteri.
        oya ketika melihat dg mata tertutup itu yg dilihat seperti apa? bayangan atau benar2 nyata seperti melihat betulan? cuma penasaran aja.

  2. Mengekang Nafsu

    1. Perangilah hawa nafsu kalian, sebagaimana kalian memerangi musuh-musuh kalian
    2. Sesuai dengan perjuangan jiwa seseorang dan penolakannya terhadap syahwatnya serta penolakannya untuk mengikuti kesenangannya (yang diharamkan), dan penolakan atas apa yang menjadikan mata berkeinginan memandangnya, maka di situlah terletak pahala dan siksaan.
    3. Orang yang bijak adalah yang dapat menguasai hawa nafsunya.
    4. Janganlah sekali-kali engkau menuruti nafsumu, dan jadikanlah yang membantumu untuk menghindar darinya adalah pengetahuanmu bahwasanya ia berupaya mengalihkan perhatian akalmu, mengacaukan pendapatmu, mencemarkan kehormatanmu, memalingkan kebanyakan urusanmu, dan memberatkanmu dengan akibat yang akan engkau tanggung di akhirat. Sesungguhnya nafsu adalah permainan. Maka, jika datang permainan, menghilanglah kesungguhan. Padahal, agama tidak akan pernah berdiri tegak dan dunia tidak akan menjadi baik kecuali dengan kesungguhan.
    5. Sesungguhnya saat engkau meninggalkan kebenaran, engkau pasti sedang menuju kepada kebatilan; dan saat engkau meninggalkan sesuatu yang benar, engkau meninggalkannya menuju kesalahan.
    6. Kepada Allahlah kami berharap agar Dia memperbaiki apa yang rusak dari hati kami, dan kepada-Nyalah kami memohon pertolongan untuk memberikan petunjuk pada jiwa kami. Sebab, hati berada di tangan-Nya, Dia mengaturnya sesuai yang Dia kehendaki.
    7. Orang yang baik adalah yang mampu mengatur nafsunya sesuai keinginannya dan menolaknya dari segala keburukan, sedangkan orang yang jahat adalah yang tidak seperti itu.
    8. Janganlah engkau menuruti nafsumu dan perempuan, dan kerjakanlah apa yang menurutmu baik.
    9. Cegahlah nafsu yang bertentangan dengan akalmu, yaitu dengan menentang keinginannya.

  3. semakin bingung dan bingung, halal atau haram belajar reiki, trus bagaimana aliran reiki yg digabungkan dengan ajaran islami, seperti digabungkan dengan doa doa shalawat dan ayat alquran.. ?

    • hukumya bid’ah! sebab doa, shalawat, ayat Al-Qur’an adalah ibadah kita pada Allah maka ada rambu syari’at yang tidak boleh dilanggar yaitu haram mencampur adukkan doa pada Allah dengan tata cara ibadah agama lain, anda tahu tata cara reiki adalah buatan pendeta budha bernama Mikao Usui bid’ah, simbol-simbol reiki pun didapat dari kuil budha…

  4. Mulai takut kehilangan massa….. ikutin saja, apapun jalannya rencana Tuhan di balik itu semua. Masih mempertentangkan Tuhan dengan Universe?…..btw yang di maksud Tuhan yang mana?… Tuhan Alloh, Yesus atau yang lain2?….. salam.

  5. Saya sudah ikut aktif di cabang reiki suatu kota. BELUM ADA YG BISA SEMBUH KARENA REIKI (sama seperti pak Perdana mempercayai BELUM ADA YG BISA TERPENTAL OLEH TENAGA DALAM). Lihat saja di website mereka, semua pertanyaan tentang penyakit TIDAK ADA YG TUNTAS SEMBUH, (sering alasan kurang latihan, kurang relax). Jadi SALUT untuk pak Perdana yg berani membuat WEBSITE menentang segala ilmu metafisik. KALAU MAU BEROBAT, ya ke Puskesmas atau ke Rumah SAKIT. Kita bangsa Indonesia gampang dibodohi.

  6. dari mana mas Perdana Akhmad tahu bahwa reiki itu syirik haram & mengandung unsur jin? apakah dari hasil rukyah? sebab saya merasa takut karena saya adalah praktisi reiki tingkat personal mastery, sudah empat tahun menggeluti ilmu reiki. tolong jawabannya mas Perdana Akhmad, karena saya orang awam yg kurang pengetahuan agama.

  7. baca baik2 tu kaum SALIBIYIN !!!! jangan cuma ngomong doang,ente kagak ngerti apapun tentang Islam…makanya sekarang bacanya Al Qur’an yang jelas2 tertulis dilauh mahfuz…bukan baca kitab revisi an. yang tiap berapa tahun berubah2 kayak novel….

  8. Saya tidak ingin menempatkan diri saya ke dalam golongan orang yang mengkafirkan sesama muslim karena menurut hadist shahih hukumnya berat. Saya kutip disini : “Siapa saja seseorang yang mengatakan kepada saudaranya, “hei kafir” maka julukan itu akan kembali kepada salah seorang dari keduanya. Jika orang yang dituduh itu benar, maka sesuai dengan apa yang dituduhkan, tapi jika tidak, maka tuduhan itu akan kembali kepada yang melemparkannya.” (HR. Muslim). Di dalam hadits yang lain Rasulullah juga bersabda, “Tidaklah seseorang menuduh orang lain dengan kefasikan atau kekafiran, kecuali akan kembali kepada si penuduh jika orang yang dijuluki itu tidak demikian keadaannya.” (HR. Bukhori).

  9. jadi sekarang mas perdana masi ada mengobati orang tidak? klo ada yang non muslim butuh pertolongan, mas perdana tolong tanpa pamrih atau harus masuk islam dulu baru boleh ditolong? boleh saya tau jawaban jujur anda
    klo misalnya mau kirim ke email jawabannya juga boleh, Dragon_siang@yahoo.com
    Atas perhatian anda saya ucapkan terima kasih

  10. ALLAH melIiputi sgala sesuatu. Dan Tiada seSuatupun didunia ini terjad! Tanpa kuasa ALLAH. Smoga qt smua bs brfikir arif untuk menyikapi smua yg terjadi disekitar qt. Dan Semoga qt selalu dalam hidayahNYA.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s