INILAH INTI TENAGA DALAM, TENAGA METAFISIK DAN ILMU HIKMAH (Sebuah Pengalaman Pribadi )

DICERITAKAN OLEH IBNU FAUZY DI BLOGNYA

Anda pingin sakti ? Apakah anda ingin menguasai tenaga dalam / tenaga metafisik / ilmu hikmah tingkat tinggi ?

pernahkah anda mempelajari tenaga dalam / tenaga metafisik / ilmu hikmah ? saya ajak anda untuk saling berbagi pengalaman tentang dunia persilatan.

saya akan kisahkan pengalamanku malang melintang didunia prsilatan… semoga bisa diambil ibroh bagi ita semua, amiiin.

mungkin anda pernah berangan-angan menjadi “orang sakti” seperti cerita2 silat. ketika awal di SMU, saat kemah perkenalan siswa baru, ada penampilan salah satu perguruan silat. mereka memperagakan jurus2 andalan mereka. tak lupa peragakan mematahkan balok es dengan tangan dan kepala. namun ada satu anggotanya yg gagal mematahkan balok es.

melihat adegan ajaib tsb. saya jadi penasaran ingin tahu bagaimana caranya kok mereka bisa melakukan hal2 luar biasa tsb.

Saat saya masuk kuliah, ketika acara pembukaan OSPEK, ada penampilan dari bermacam unit kegiatan mahasiswa, termasuk perguruan silat. waktu itu ada 2 perguruan silat yg tampil. Yang pertama menampilkan atraksi kebal bacok, ditusuk jarum diseluruh tubuh tapi tak berdarah, dan mementalkan lawan tanpa menyentuh, dan cuci tangan dengan air keras, wooow.. disamping atraksi klasik mematahkan kikir. atraksi dari perguruan lain lebih ajaib lagi, bisa melihat dengan mata ditutup kain. sungguh itu sangat menggoda para penonton.

apalagi beberapa perguruan silat menawarkan bisa aplikasi pengobatan dengan tenaga dalam / metafisik maka hal itu membuat saya penasaran karena saya pernah menderita sakit nafas.

maka mulailah saya ikut salah satu perguruan silat. namun baru tingkat pertama cabang perguruannya dikampus bubar. kemudian saya ikut latihan perguruan lain. sebut saja perguruan “X”.

perguruan “X” menawarkan konsep lain. mereka menggolongkan ilmu persilatan menjadi 3, yaitu :

1. ilmu hitam : didapat dg ritual2 tertentu dengan bantuan jin, selayaknya dukun

2. ilmu hitam berkedok putih : didapat dengan amalan2 yang tidak disyariatkan, sering diajarkan oleh “kyai” pada santrinya. sebenarnya sama, pakai jin.

3. Ilmu Putih : didapat dengan melatih potensi yang ada dalam diri manusia. katanya potensi manusia malah jauh lebih hebat dari jin.

maka dengan tawaran spt itu, saya kepincut dan rajin latihan, bahkan pertama kali latihan saya langsung membawa kikir untuk dipatahkan dan berhasil.  Padahal untuk dapat mematahkan kikir, perguruan lain memerkukan beberapa bulan latihan dan tingkat tertentu. Maka saya semakin semangat, apalagi sering ikut menangani orang kesurupan dan pengaruh ilmu hitam dan pengobatan berbagai penyakit..

JADILAH WAKTU ITU SEPERTI GHOST BUSTER, sibuk ngurusi jin dan praktek pengobatan alternatif.

Bahkan ketika ujian tingkat pertama, saya menjadi peserta dg nilai terbaik…

Beberapa konsep Ilmu perguruan X diantaranya :

1.Ilmu sang guru utama didapat dari bayang2 hitam yg mengajarinya. hal itu terjadi setelah ia membaca komik silat. Ia mengaku bahwa itu adalah sebuah ma’unah (setingkat dibawah karomah)

2. Manusia lebih mulia dari jin. jadi manusia punya enrgi yg lebih kuat dari jin. Perlu mengolahnya untuk membangkitkan.

2. manusia punya aura (tenaga metafisik / TM ) yang dapat digunakan untuk bermacam2 kesaktian. TM ini didapat dari sang guru (ditranfer), istilah TMnya sesuai tingkatannya (mega, giga, pektra dst….) sepertinya perguruan “X” berkeyakinan TM bisa dimiliki sampai tak terbatas besarnya. Mengerikan kan…?

Namun, kemudian saya menemukan keanehan-keanehan …..

1. Kenapa TM didapat dengan tranfer ? itu sama saja dengan perguruan silat lainnya. hanya beda istilah. ada yang istilahnya dibuka, ditranfer, diisi dll. tapi hakikatnya adalah sama. pertanyaannya adalah, apakah yang dimasukkkan / diisikan kedalam tubuh di murid ? adakah yang bisa menjamin bahwa itu bukan jin ?!!

2. perguruan tsb mengaku bisa menjelajah waktu lain. bahkan bisa ke zaman dinosaurus. bahkan ke zaman Nabi, naudzubillah… kalau memang demikian, apakah mereka akan menjadi sahabat nabi, karena pernah bertemu nabi ? dengan alasan itu maka mereka dengan seenaknya menshohihkan dan mendhoifkan hadits Nabi salallohu ‘alaihi wasalam.

3. Jika ingin mengaktifkan ilmunya, murid perguruan ini cuma perlu meniatkan didalam hati saja. Bukankah hal ini mirip dengan Reiki ?

4. Siapakah sosok bayangan yang mengajari GU jurus2 TD dan TM ? adakah yang bisa menjamin itu bukan JIn ?!!

5. JIka itu maunah, dan ia berkeyakinan bahwa maunah adalah suatu keistimewaan dibawah karomah wali, maka kenapa bisa diajarkan ? bukankah keistimewaan itu diberi langsung dari Allah dan tidak dapat diturunkan.

Kemudian aku berpikir…

1. bukankah Nabi salallahu ‘alaihi wassalam tidak sakti ? beliau tidak kebal, beliau terluka bahkan tanggal giginya waktu perang, beliau menggunakan pedang dan tidak mementalkan musuh dari jarak jauh. beliau tidak pernah belajar ataupun mengajarkan tenaga dalam atau tenaga metafisik kepada sahabatnya.

Jika seandainya ilmu Tenaga dalam (TD) dan Tenaga Metafisik (TM) itu benar (haq), tentulah NAbi akan mengajarkannya, karena hal itu sangat berguna terutama untuk jihad fii sabilillah.

2. Nabi diberi mu’jizat, tapi tidak didapat dari belajar dan tidak dapat diajarkan. hal itu semta-mata ebagi bukti kerasulan beliau.

3. Para murid perguruan selalu mengandalkan ilmu mereka TD/TM ketika dalam masalah. muncullah sifat paling hebat sendiri, merasa dirinya sakti, aman dari godaan jin, dan muncul kesombongan dll

4. Jadilah mereka para pengikut guru utama (GU) mereka yang setia. Setiap apa yang diucapkan GU, langsung diterima bahkan sampai masuk ke masalah agama, mereka mengikuti ajaran GU mereka bahkan dalam menshohihkan dan mendhoifkan sebuah hadits!

Setelah mengalami berbagai kebimbangan dan muncul banyak pertanyaan yang belum bisa terjawab mengenai ilmu tenaga dalam dan metafisik, kemudian Alhamdulillah saya diajak oleh seorang teman untuk menuntut ilmu syar’i, mempelajari Al-Qur’an dan As-sunnah shohihah diatas pemahaman generasi terbaik umat ini. maka mulailah saya belajar dienul Islam yang shohih baik akidah, manhaj dsb.

kemudian saya mulai paham tentang hakikat ilmu tenaga dalam, metafisik, ilmu hikmah dan sejenisnya bahwa itu hanyalah tipu daya syaitan saja… na’udzubillah min dzalik…

Tenaga dalam, tenaga metafisik, ilmu hikmah dan apapun namanya, hakikatnya adalah sama yaitu suatu tipu daya syaitan atau sihir.

beberapa subhat dan bantahan :

1. mereka yang mengklaim bahwa ilmu hikmah mereka miliki berasal dari para wali yang diturunkan. untukmendaptkannya marus banyak melakukan amal ibadah (tirakat/laku dsb), jadi apanya yang salah.

jawaban : apa buktinya ilmu hikmah itu diturunkan dari para wali ? jika wali diberi karomah, maka karomah itu khusus bagi dia, tidak dapat diajarkan apalagi diwariskan. tirakat, laku dan amalan2 lain untuk mendapatkan kesaktian itu malah bukti bahwa yang dipelajari adalah bid’ah karena amalan yang dilakukan tidak ada dalilnya sama sekali.

2. Ilmu hikmah memiliki khodam yaitu malaikat, sedangkan dukun khodamnya adalah syaitan.

bantahan : malaikat adalah mahluk yang Alloh Ta’ala ciptakan hanya untuk melaksanakan perintah-Nya, yang tidak pernah mendurhakai Alloh ‘Azza wa jalla. jadi tidak mungkin malaikat beralih menjadi budak manusia dan melaksanakan apapun perintahnya. apakah mereka bisa membuktikan  khodam yang mereka miliki itu bukan jin ?

3. Tenaga Dalam adalah hasil pengolahan nafas yang mempengaruhi kerja mitokondria sehingga menghasilkan energi yang besar.

bantahan : jika memang yang dihasilkan adalah energi yang sebenarnya, maka seharusnya bisa diukur dengan alat pengukur energi dan ketika mementalkan lawan harus bisa dideteksi oleh alat sensor energi.

4. Tenaga Metafisik adalah energi alam yang bisa diserap dan jumlahnya takterbatas yang dapat digunakan untuk berbagai keinginan.

bantahan  : jangan-jangan yang diserap bukan energi, tapi jin !! jika benar yang diserap energi seharusnya tubuhnya bisa diukur energinya dan bertambah pesat.

demikian sedikit pengalaman dari saya, semoga bermanfaat dan dapat diambil pelajaran.

Bagi mereka yang masih berkecimpung dalam dunia mistis, ilmu tenaga dalam dll segeralah keluar dan bertaubat…

percayalah, itu semua hanyalah tipu daya syaitan agar manusia menjual akhirat dengan sedikit bagian dunia.

itu semua adalah sihir yang nyata yang termasuk dosa besar…

SAYA BERLEPAS DIRI DARI SEMUA PERGURUAN SILAT YANG PERNAH SAYA IKUTI. SEMOGA ALLAH TA’ALA MENGAMPUNIKU, AMIIN…


194 thoughts on “INILAH INTI TENAGA DALAM, TENAGA METAFISIK DAN ILMU HIKMAH (Sebuah Pengalaman Pribadi )

  1. bisanya cuma menyalahkan..yah karena tidak mau berfikir..masa bernafas aja dikaitkan dengan melihat jin..
    kok bisa..ini mah jelas arahnya ke perguruan hikmatul iman.. jadi nggak usah pakai perguruan x segala..
    sy ada kok rekaman dialog kang dikcy dengan para peruqiyah..hasilnya adalah peruqiyah tetap ngotot..tapi pas diajak tarung tidak mau ??hallah.jadi cuma omdo aja yah ternyata..
    coba deh cari digoogle ada penemuan fakta terbaru soal tenaga dalam oleh Harun yahya..anda tahu apa..ternyata benar yang namanya tenaga dalam itu dihasilkan dari mitokondria..itu harun yahya yang bilang lho..kok bisa sama dengan HI yah ???
    kalo anda mau rekaman bisa saya kasih..email saja kesaya..

    • bisanya cuma menyalahkan..yah karena tidak mau berfikir..masa bernafas aja dikaitkan dengan melihat jin..
      bernapas yang disertai tata cara yang aneh dengan niat mendapatkan kesaktian 100% akan mendapatkan teman dari bangsa jin
      sy ada kok rekaman dialog kang dikcy dengan para peruqiyah..hasilnya adalah peruqiyah tetap ngotot..tapi pas diajak tarung tidak mau ??hallah.jadi cuma omdo aja yah ternyata..
      jangan cuma berbicara tanpa bisa membuktikan ucapan anda, jika anda tidak ingin dicap sebagai seorang pembual maka kirimkan kepada saya rekaman tersbut dan akan kita bahas bersama, kirim ke email perdanaakhmad@yahoo.com

      coba deh cari digoogle ada penemuan fakta terbaru soal tenaga dalam oleh Harun yahya..anda tahu apa..ternyata benar yang namanya tenaga dalam itu dihasilkan dari mitokondria..itu harun yahya yang bilang lho..kok bisa sama dengan HI yah ???
      mungkin ada pembahasan harun yahya mengenai energi yang dihasilkan sel mitokondria namun jika dikaitkan dengan tenaga dalam perlu pembuktian dulu, maka tolong tunjukkan pada saya linknya, jangan suruh saya mencari karena akan sulit maka tolong anda yang cari dan berikan linknya pada saya dan kita bahas bersama :)

      • coba cari sendiri dong..masa semuanya ingin disedikan..
        jelas sekali Harun Yahya mengatakan sumber tenaga dalam adalah sel mitokondria..
        kan anda yang ingin berdiskusi seharusnya anda sudah menyiapakan data-datanya.
        anda yang butuh yah harus anda yang meminta..kok jadi harus sy yang harus kirim keanda..benar-benar aneh..

      • coba cari sendiri dong..masa semuanya ingin disedikan..
        jelas sekali Harun Yahya mengatakan sumber tenaga dalam adalah sel mitokondria..
        kan anda yang ingin berdiskusi seharusnya anda sudah menyiapakan data-datanya.

        lha……bagaimana mau diskusi jika anda menginformasikan lalu tidak bisa memberikan rujukan ????

        anda yang butuh yah harus anda yang meminta..kok jadi harus sy yang harus kirim keanda..benar-benar aneh..
        saya memang butuh maka saya meminta pada anda……anda mengatakan punya rekaman percakapan dan akan memberikan kepada yang meminta, maka saya meminta pada anda wajar toh ??? jika bukan anda yang mengirim lalu siapa lagi ???? sebab anda sendiri yang mengatakan akan mengirim kepada yang minta…….benar-benar aneh???

    • waah.. percuma.. blog ini tujuannya cuman manas2in aja.. si empunya blog percaya kalo tenaga dalam itu milik jin.. mempersamakannya dengan sihir.. sementara yang lainnya juga gak mau kalah.. gini ajalah.. urus aja urusan kalian masing2.. gak usah ngurusin orang lain.. sisi baiknya dalam islam itu berbeda pendapat itu anugrah.. tapi tidak sampai menimbulkan fitnah. Manusia itu tidak punya hak menyatakan `apa yang dikerjakan orang lain itu dosa besar atau salah kecuali yang secara tegas di nyatakan dalam qur’an. Sihir sendiri pengertiannya sangat luas saya kira.. tapi juga tidak seluas yang di pikirkan oleh saudara blogger. Mau si diki salah kek, benar kek, itu urusan dia sama Tuhannya.. kang blogger juga gitu.. urusan ibadah dan muamalah itu dikencangin, bukan melakukan sesuatu yang kesannya menuduh orang lain.. rukiyah itu sendiri gak jelas juga kok.. yang pasti membaca amalan2 dengan tertentu dengan harapan amalan tersebut bisa membersihkan.. itulah yang disebut menyekutukan.. hauqalah lah kalian semua.. apapun yang kalian buat ini semua sepengtahuan Allah tah..
      maaf.. saya gak terlalu suka menggunakan quran sebagai pembanding obrolan2 yang gak bakal tuntas ini.. moga2 saja apa yang saya ingatkan kepada kalian sesama muslim ini bisa memberikan manfaat lebih dari sekadar saling berbantahan.. Jazakumullah khair..

      • @ andi
        “Mau si diki salah kek, benar kek, itu urusan dia sama Tuhannya”
        Kalau kesalahan pribadi atau dengan kata lain kesalahan itu tidak diajarkan kepada para muridnya, saya rasa tidak banyak orang yg akan mempermasalahkan. Berbeda kalau berbicara kebenaran, itu wajib disebarluaskan jika memang mampu. Coment saya ini membahas tentang ruqyah terkait dengan siapapun yg ingin anda kaitkan.

        “rukiyah itu sendiri gak jelas juga kok.. yang pasti membaca amalan2 dengan tertentu dengan harapan amalan tersebut bisa membersihkan.. itulah yang disebut menyekutukan”
        Semua artikel dan comentnya dibaca lagi dari awal mas, sudah banyak pembahasan seperti ini. Atau anda masih senang dengan sebutan INGKAR SUNNAH.

        “maaf.. saya gak terlalu suka menggunakan quran sebagai pembanding obrolan2 yang gak bakal tuntas ini”.
        Emangnya kenapa mas? pakai dalil ilmiah pun sudah banyak dibahas, malah ada tantangan pengujiannya.

    • @popiherlina ente kaya orang pasar aja,
      kalau emang ada bukti yang bisa menguatkan perguruan kita y tunjukin aja g usah berbelit-belit kaya gini. aneh bener nih!! kalau ada ilmu yang bermanfaat jgn disembunyiin! ntar jadi bahan fitnah baru oleh si PA lg!

  2. belajar tenaga dalam pasti tak lepas dari meditasi, cuman pengen tahu menurut buku pelajaran agama disekolah dasar, disitu disebutkan bahwa nabi muhammad sering melakukan khalawat dan tafakur di goa hira sampai beliau menerima wahyu pertama, begitu juga dengan nabi musa dibukit tursina… trus bagaimana dengan temen-teman penggiat tenaga dalam. ketika melakukan meditasi/tafakur/khalawat/menyepi atau apapun namanya memiliki muatan jin.

    • Itu jelas BEDA bung yudi. Intinya, kalau perbuatan para nabi & rasul itu atas petunjuk Allah SWT & memiliki bukti kenabian & kerasulannya.
      Penjelasan lebih detil (sesuai ilmu islam) bisa tanya pada ustadz anda.

      Kalau tafakurnya para nabi dan rasul disamakan dengan meditasinya para penggiat TD, berarti kita tinggal tunggu berita siapa lagi yang bakal ngaku-ngaku sebagai nabi dengan dalih mendapat wahyu dari meditasinya.

      Serem ya?! Itu sudah jelas hasil kerja syetan yang sudah kita saksikan dengan nyata beberapa tahun ini.

      Sekedar informasi: Syetan dari jenis jin dan manusia itu tidak takut mengucapkan kata ‘demi Allah’ untuk meyakinkan orang yang akan ditipu/disesatkanya.

      Wallahu A’lam.

    • wah.. kalo saya mas biasanya sih zikir aja.. sampe capek.. gak ngitung2 berapa kali..mengharapkan Allah melihat kita.. itu ajalah.. gak macam2..

  3. iyah nich..tolong berikan saya literaturnya tentang harun yahya dsb…saya sdg terdidik unk menerima drpd mencari..lama banget oom klo mst nyari tuch…

    • Kalau memang ada informasi dari Harun Yahya mengenai hal tersebut (penjelasannya sama seperti yang “dimaksud”) PASTI linknya dicantumkan :)

      • maaf bukan sy tidak ingin memberikan ..tapi anda harus mencarinya sendiri,,ingat hidup ini harus terus mencari ilmu..tp sy kasih sedikit tips kalo mau gampang cari saja facebook Kang dicky hikmatul iman..salah satu rekaman videonya ada disana..
        jadi tugas anda tinggal mencari facebook kang dicky sekarang .. gampang kan ??

      • sudah saya katakan di email anda bahwa yang di blog kang dicky bernickname ruqyahayariah BUKAN SAYA!demi Allah,jika saya berbohong terlaknat diri saya dunia dan akhirat!sy memang punya email ruqyahsyariyah@gmail.com itu khusus untuk blog sy ruqyah-online.blogspot.com.sy tidak menggunakan nickname ruqyahsyariah di blog kang dick, jadi segala isi percakapan diluar tanggung jwb saya! sy sudah punya blog multiply beralamat perdanaakhmad.multiply.com dan bukan pemilik blog ruqyahsyariah.multiply.com

        On Thu Jun 24th, 2010 8:05 AM EDT

    • http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/biology/mitochondria.html

      artikelnya singkat dan jelas..

      nih buat orang yang gak mau cari….tinggal search di google aja apa susahnya siih?

      “Mitochondria are the energy factories of the cells…A typical animal cell will have on the order of 1000 to 2000 mitochondria. So the cell will have a lot of structures that are capable of producing a high amount of available energy….dst ….dst….dst”

      kl masih nanya ttg mitcndria lagi…jangan ngaku “saya sdg terdidik unk menerima drpd mencari”….atau gak bisa bahasa inggris…atau tidak berpendidikan

  4. balrogslayerz
    reply
    balrogslayerz wrote on Jun 19
    MOHON MAAF SEBELUMNYA, tulisan ini saya buat agar teman-teman semua MENGETAHUI secara lebih MENDALAM hal-ikhwal yang selalu menjadi PERDEBATAN antara praktisi ruqyah dengan para anggota Hikmatul Iman. Ini TIDAK DIMAKSUDKAN UNTUK PERPECAHAN/PERMUSUHAN SESAMA MUSLIM, TAPI AGAR PARA ANGGOTA DI SINI TAHU DUDUK PERKARA-NYA.

    Dan tulisan yang saya buat dengan huruf besar, itu sebagai tanda penekanan fokus dalam kalimat tersebut, bukan pertanda marah atau apapun, kita samakan persepsi dulu ya.

    @ruqyahsyariah : Kalau takdir adalah pilihan, wah..asyik dong semua orang bisa memilih sendiri lahir, jodoh, rizki dan matinya.. manusia bebas menentukan sendiri takdirnya. Semua orang bisa memilih menjadi orang baik dan bisa masuk surga semuanya, biar cuma iblis yang jadi penghuni neraka!

    Jangan mencampur-adukkan masalah nasib dengan takdir! Nasib adalah berkaitan dengan pangupayaan manusia itu sendiri, sedangkan takdir adalah ketetapan Allah SWT atas tiap makhluk ciptaan-Nya, yang semua itu terangkum dalam alur kisah-Nya atas kehidupan di alam fana ini.

    Tentang Takdir :
    Adalah ketetapan yang HANYA diketahui Allah SWT, yang pasti terjadi. Tiada seorangpun yang tahu tentang takdir, kecuali apabila itu sudah terjadi.

    Q.S Al An’Aam : 134
    Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya.

    Q.S Yunus : 96
    Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Tuhanmu, tidaklah akan beriman,

    Q.S Thaa Haa : 129
    Dan sekiranya tidak ada suatu ketetapan dari Allah yang telah terdahulu atau tidak ada ajal yang TELAH DITENTUKAN, pasti (azab itu) menimpa mereka.

    Tentang Nasib : Adalah apa-apa yang kita upayakan sendiri, hingga menimbulkan konsekuensi kebaikan maupun keburukan..

    Q.S Ar Ra’d : 11
    Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka MENGUBAH KEADAAN yang ada pada DIRI MEREKA SENDIRI. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

    Q.S Ar Ruum : 41
    Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

    Q.S Asy Syuura : 30
    Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).
    —————————————————————————————————–

    Menjaga persatuan & kesatuan sesama muslim itu wajib hukumnya, tapi menegakkan kebenaran itu juga wajib. Islam itu agama yang sudah jelas antara yang benar dan yang salah, yang baik dan yang buruk, yang selamat maupun yang tersesat.

    Tiap manusia itu dijadikan dalam keadaan yang berbeda-beda, termasuk pikiran & pendapatnya, tapi itulah gunanya Allah SWT mengutus Rasul-Nya dan menurunkan petunjuk Al Qur’an, agar semua perbedaan itu bisa mengacu pada hukum yang satu, yang pasti, yang benar, dalam pandangan Allah SWT.

    Kebenaran itu sudah jelas dan terang sebagaimana terangnya siang hari di hari yang cerah tiada berawan karena pancaran cahaya matahari, tapi banyak orang yang suka membuat kebenaran itu menjadi bias bahkan tertutup kegelapan karena ulahnya sendiri.

    Yang benar, ya benar.. yang salah, ya salah..
    Yang haq, ya haq.. yang bathil, ya bathil.. tidak ada campuraduk antara keduanya.

    Pemikiran & pendapat boleh berbeda menurut diri masing-masing, tapi yang benar itu sudah jelas dan yang salah juga sudah jelas.

    Asalkan jangan sampai menimbulkan perselisihan & permusuhan, apalagi kalau sampai MENGKAFIRKAN ATAU MENCAP SESAT ORANG/KELOMPOK MUSLIM YANG LAIN (kang Dicky/Hikmatul Iman), padahal yang diketahui tentang orang/kelompok itu hanya sedikit saja, cuma di kulitnya, itu pun tidak dengan pemahaman yang benar. Apa Islam itu agama milik mereka saja? Apa mereka merasa yang paling tahu tentang ajaran Islam yang begitu luas? sampai-sampai merasa punya hak & otoritas untuk mencap sesat ataupun mengkafirkan orang/kelompok muslim lain?
    —————————————————————————————————–

    Saya kira pendirian Hikmatul Iman soal ruqyah sudah jelas sedari dulu, jadi memang tidak ada yang perlu dibicarakan lagi. mungkin yang perlu dibahas adalah bagaimana agar tidak ada perpecahan & permusuhan antara sesama muslim.

    Adapun yang dirasa amat mengganggu oleh Hikmatul Iman adalah klaim para peruqyah maupun guru-gurunya, yang katanya lebih tahu tentang agama Islam, yang mengklaim bahwa semua perguruan beladiri tenaga dalam, metafisika, olah pernapasan itu sesat karena dibantu oleh jin, ada cmpurtangan jin di dalamnya — sementara mereka mengklaim tidak bisa melihat jin — sehingga dinilai sangat gegabah & arogan, terutama karena tidak bisa membuktikan mana itu jin yang katanya membantu orang-orang yang dituduhkan berkolaborasi.

    Dalam forum ilmiah, jika anda membuat suatu pernyataan, maka anda harus bisa memberikan bukti sebagai pendukung kebenaran pernyataan yang anda buat sendiri, dan karena pernyataannya adalah : semua perguruan beladiri tenaga dalam, metafisika, dan olah pernapasan sesat karena DIBANTU OLEH JIN, maka DIHARAPKAN DENGAN AMAT SANGAT UNTUK MEMBUKTIKAN DENGAN CARA MENGHADIRKAN ATAU MEWUJUDKAN JIN YANG KATANYA “MEMBANTU” ATAU “TERLIBAT”.. Dan ini SANGAT KONTRADIKTIF DENGAN PERNYATAAN MEREKA YANG KATANYA TIDAK BISA MELIHAT JIN KARENA JIN TIDAK BISA DILIHAT! Sesuatu hal yang amat tidak masuk di akal, menuduh orang lain dibantu jin, di mana jin itu mereka tidak bisa melihat, apa maksudnya?? INGAT MENUDUH TANPA BUKTI ADALAH FITNAH!
    ————————————————————————————————-

    Hadits riwayat Ibnu Majah : “Sesungguhnya ruqyah, tamimah & tiwalah adalah syirk.”

    Dan

    Q.S Al A’raff : 180
    Hanya milik Allah asma-ul husna, maka BERMOHONLAH kepada-Nya dengan MENYEBUT asmaa-ul husna itu dan TINGGALKANLAH orang-orang yang MENYIMPANG DARI KEBENARAN dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

    Maksudnya sudah jelas, dianjurkan menyebut nama-nama Allah SWT itu sebagai DO’A, contoh : Ya Allah, Ya Rahmaan, Ya Rahiim, ampunilah dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orangtua-ku.

    Sedangkan contoh yang SALAH adalah mewiridkan nama-nama Allah SWT itu untuk suatu maksud/manfaat tertentu (mujarrobat), termasuk di dalamnya penyalahgunaan ayat-ayat Al Qur’an yang dibacakan untuk suatu kemanfaatan tertentu, yakni sebagai MANTERA/RUQYAH.

    Kecuali, mungkin..sekali lagi mungkin, jika dalam Al Qur’an memang ada ayat yang berbunyi: “Katakanlah: Hai jin, keluarlah kalian dari tubuh manusia itu karena kalian tidak berhak berada di dalamnya. Jika kalian tetap melawan, maka kalian akan terbakar!”

    Tapi sudah jelas bahwa kita tidak akan menjumpai ayat yang berbunyi seperti itu dalam Al Qur’an..

    Padahal sudah jelas riwayat yang tercantum dalam Q.S Al Jin : 1-2 :
    1. Katakanlah (hai Muhammad): “Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya: SEKUMPULAN JIN TELAH MENDENGARKAN (AL QUR’AN), LALU MEREKA BERKATA: “Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Qur’an yang menakjubkan,
    2. (yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar, LALU KAMI BERIMAN KEPADANYA. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami,

    Perlu diketahui bahwa yang membaca Al Qur’an itu adalah Rasulullah Muhammad SAW sendiri dan TIDAK ADA DIJELASKAN DI SANA BAHWA JIN-JIN KAFIR ITU SETELAH MENDENGARKAN BACAAN AL QUR’AN KEMUDIAN MENJADI KEPANASAN ATAU KESAKITAN ATAU BAHKAN TERBAKAR, yang ada justru sebagian dari mereka MENJADI BERIMAN.

    Bahkan jika kita sudah pernah mengetahui atau membacanya, ada suatu hadits yang menjelaskan tentang FADHILAH AYAT KURSIY untuk menjauhkan kita dari gangguan jin, adalah JUSTRU BERASAL DARI IBLIS SENDIRI!
    —————————————————————————————————-

    Juga pemahaman praktisi ruqyah maupun yang tertulis dalam buku-buku buatan mereka yang menyebut bahwa MU’JIZAT, KAROMAH, MAUNNAH **TIDAK BISA** DIPELAJARI, DIPINDAHKAN, DITRANSFER ATAU DIAJARKAN TIDAK DIDASARKAN PADA DALIL YANG KUAT.

    Karena DALIL YANG KUAT justru ada di Q.S Shaad : 35-39 : Tentang Mu’jizat Rasul Sulaiman A.S.

    35. Ia (Sulaiman A.S) berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”.

    36. Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya,

    37. dan (Kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan, semuanya ahli bangunan dan penyelam,

    38. dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu.

    39. INILAH ANUGERAH KAMI, maka BERIKANLAH (KEPADA ORANG LAIN) atau TAHANLAH (UNTUK DIRIMU SENDIRIi) dengan tiada pertanggungan jawab.

    Sudah amat jelas di sana, bahwa mu’jizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasul Sulaiman A.S itu BISA DIBERIKAN PADA ORANG LAIN atau DITAHAN HANYA UNTUK DIRINYA SENDIRI. Kalau diberikan pada orang lain, tentu akan ada pertanggungjawabannya.
    —————————————————————————————————–

    Semoga Allah SWT mengampuni dosa & kesalahan kita semua, merahmati kita & senantiasa memimpin kita di jalan-Nya. Salam.

    —————————————————————————————————–
    Q.S Yunus : 100
    “Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah MENIMPAKAN KEMURKAAN kepada orang-orang yang TIDAK mempergunakan akalnya.”
    SUMBER :
    http://dickyzainal.multiply.com/guestbook

    jadi ini kasusnya seperti aril artinya yang menuduh yang harus membuktikan..bukan yang dituduh..lagian kenapa anda harus gonta ganti nama segala…btw sudah sy kirim keemail anda silahkan cek

    • kalau tidak salah ilmu pernapasan satria nusantara mempunyai alat yang dapat mengukur/mendeteksi tenaga dlam, dapat mendeteksi aura yang di pancarkan tubuh kita
      dan telah di uji secara langsung di laboratorium pengobatan melakukan tenaga dalam…
      jadi kajilah dulu tentang tenaga dalam…
      tentang ayat2 yang kamu maksudkan…
      cobalah kamu mengkaji langsung pada huruf arabnya banyak tentang pernapasan yang dibahas dalam al-Qur’an
      dari kata bismillah saja waktu kami kaji menghabiskan waktu yang cukup lama itu pun baru kata bismilah, jadi tolong kamu kaji sebelum menulis seperti ini
      untuk wali Allah saya rasa setiap zaman pasti ada mungkin zaman sekarang maupun zaman yang akan datang
      dalam dua gaib ada kata tenaga energi (tenaga dalam) dan nur (cahaya)
      coba kamu mencari cerita2 para sahabat nabi, yang menceritakan ketika mereka digoda oleh jin atau sahabat nabi yang dpat melihat jin
      kajilah dulu al-Qur-an lebih mendalam

      mungkin ini dari saya

  5. inungn, di/pada Mei 29, 2010 pada 8:34 pm Dikatakan: r

    singkat saja komentar saya. saya ingin bertanya, ketika negara lain sudah mengembangkan teknologi sampe ke tingkat manipulasi dna, apa yg anda dapat dari hasil taddabur anda lewat AL Qur’an. anda mengaku seorang muslim sejati, berapa banyak penemuan anda yg mampu meringankan org yg sakit? meningkatkan taraf ekonomi bagi tetangga anda? berapa banyak orang yg anda bantu untuk bs beribadah “mencari nafkah”, bukankah mencari nafkah itu adalah kewajiban? seberapa banyak rizky yg ALLAH berikan yg anda nafkahkahkan untuk umat? seberapa sering anda berempati dengan orang yg sedang di landa kesusahan? (kepingin tahu sekali buktinya kalau anda bs berempati). mana yg lebih baik? seorang berseragam gamis, di puja2 sebagai dai hebat tapi hanya bs ceramah sambil ngemis minta sedekah ataukah orang yg anda bilang sesat tapi yg sudah menemukan sekian banyak penemuan yang sangat berguna bagi masyrakat. coba selidiki apa yg sudah di lakukan oleh orang yg anda anggap sesat, lalu bandingkan dengan orang yang anda anggap paling beriman (yang masih hidup), lihat siapa yg lebih banyak menyelamatkan kehidupan orang lain.
    1 lg pertanyaan, apakah makan racun itu haram atau hala? taukah anda bahwa urea itu beracun (cari sendiri datanya)? lalu mengapa anda memakannya? taukah anda bahwa asap itu meracuni paru2, lalu mengapa anda masih memakai kendaraan bermotor? mengapa msaih pake listrik yg dihasilkan dari BBM? sebelum anda mengkritik orang tanpa dasar yg jelas, lebih baik anda tanya pada diri sendiri, apakah SHIRATAL MUSTAQIM itu? apakah orang yg hanya bisa bicara? ataukah orang yang bertindak?.
    BTW, aq pernah 2 tahun iut liqo’ di PK, aq gabung di PK ketika PK baru berdiri (sebelum bernama PKS), au termasuk aktifis di PKS (dulunya) sampe kejadian Bakti sosial yang ternyata di BAYAR lebih tinggi dari UMR (kejadian waktu banjir di daerah bekasi antara tahun 2001-2004 aq lupa). di HI, bakti sosial itu tidak di bayar! malah keluar uang! nah, mana yg lebih tepat di sebut BAKTI SOSIAL? yang keluar uang dan tenaga? atau yang keluar tenaga tapi dapat reward berupa uang yang nilainya lebih dari tenaganya?
    Balas

    • @ popiherlina

      Salam kenal mba :)

      Menurut saya arah penjelasan anda terlalu melebar dan bias, sehingga tidak menyentuk akar masalah. Menurut saya akar masalahnya adalah tentang pemahaman sihir, syirik, keilmuan HI, dan ruqyah.

      Kalau boleh saya mau tanya pada anda, yaitu:

      1. Tahukah anda tentang sihir?
      2. Apakah kebal dari senjata tajam, menerawang seseorang, dan dapat melihat jin (dengan sengaja/dipelajari) itu termasuk sihir?
      3. Menurut anda ruqyah syar’i itu apa?

      Terimakasih sebelumnya atas penjelasan yang akan diberikan nanti.

      • @nyimak aja
        salam kenal juga..
        1. Sihir yah sihir..itu adalah perbuatan manusia yang dibantu jin..biasanya energi yang digunakan adalah metafsik bukan tenaga dalam, karena jin tdk punya tenaga dalam
        2. Relatif karena memang ada yang dibantu jin dan ada yang murni dari kekuatan manusia itu sendiri..
        kenapa kita belajar melihat jin ??agar kita jadi lebih obyektif..sebenarnya bahasa ilmiah untuk tahap pemunculan jin itu mulai dari orb,ectoplasma dan vortex..dimana bahasa ini sudah di setujui oleh para peneliti jin diseluruh dunia..dimana mereka meneliti dengan alat..jin yang berwujud putri,pocong, kintilanak dsb..sebenarnya bersumber dari rasa ketakutan kita sendiri..kalo kita tidak takut kita bisa melihat wujud jin yang sebenarnya..
        3. Saya tidak terlalu mengerti soal ruqiyah..cuma yang saya yakin adalah ruqiyah itu sama saja membuat al-quran menjadi mantra..sehingga kita akan menyakini bahwa ayat al-qur’an yang ampuh..kalo mau kita telaah sebenarnya keimanan kita kepada Allah swt yang menyembuhkan kita bukan ayatnya..tipis sekali memang batasanya..
        tapi sekali lagi hidup ini pilhan kalo anda menganggap ruqiyah itu metoda terbaik silahkan saja jalankan..intinya cuma satu kita harus siap mempertanggungjawabkan semuanya di akhirat..sekali lagi sumber dari segala kenaran adalah Al’qur’an..janganlah membuat Al’qur’an itu menjadi mantra
        @anwar
        silahkan sharing disini biar ilmu kita makin bertambah..marilah kita berdiskusi dengan santun, islam tidak pernah mengacarkan ngotot/debat..tapi islam mengajarkan ngotak

      • 1. Sihir yah sihir..itu adalah perbuatan manusia yang dibantu jin..biasanya energi yang digunakan adalah metafsik bukan tenaga dalam, karena jin tdk punya tenaga dalam

        jin juga punya tenaga dalam, sebab jika ga punya tenaga dalam jin ga bisa beraktifitas, tenaga dalam jin didapat dari sari-sari makanan yang mereka makan dan diproses dalam tubuh hingga menghasilkan energi fisik……..itulah tenaga dalam

        2. Relatif karena memang ada yang dibantu jin dan ada yang murni dari kekuatan manusia itu sendiri..

        bukan murni dari manusia jika menyangkut kesaktian ghoib, semua bantuan jin

        Saya tidak terlalu mengerti soal ruqiyah..cuma yang saya yakin adalah ruqiyah itu sama saja membuat al-quran menjadi mantra..

        Jika Mba ga ngerti tentang ruqyah lalu kenapa mba mengatakan ruqyah itu tidak bolah karena menjadi manta ? jika sudah memfonis berarti mengerti dong ?

        Saya tidak terlalu mengerti soal ruqiyah..cuma yang saya yakin adalah ruqiyah itu sama saja membuat al-quran menjadi mantra..sehingga kita akan menyakini bahwa ayat al-qur’an yang ampuh..kalo mau kita telaah sebenarnya keimanan kita kepada Allah swt yang menyembuhkan kita bukan ayatnya..tipis sekali memang batasanya..
        tapi sekali lagi hidup ini pilhan kalo anda menganggap ruqiyah itu metoda terbaik silahkan saja jalankan..intinya cuma satu kita harus siap mempertanggungjawabkan semuanya di akhirat..sekali lagi sumber dari segala kenaran adalah Al’qur’an..janganlah membuat Al’qur’an itu menjadi mantra

        Pertanyaan / tanggapan khas yang sudah puluhan kali saya tanggapi dan biasanya dari para aggota dan simpatisan hikmatul iman yang sudah termakan talbis Dicky Zainal Arifin :)
        saya mau tanya mba, apa definisi mantra mba hingga mba mengatakan ruqyah itu merupakan mantra hingga tidak boleh dilakukan ?
        Saya mau tanya dengan mba yang kelihatan lebih pintar dari saya, tolong mba jelaskan apakah ruqyah yang dilakukan rasulullah dan para sahabat merupakan bentuk mantra?
        contoh haditsnya ? ;)
        1. Dari Aisyah ra berkata : “Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah peniup untuk dirinya dalam keadaan sakit menjelang wafatnya dengan bacaan Al Mu’awwidzat, surat Al Ikhlash dan Al Mu’awwidzatain. Maka ketika beliau kritis, akulah yang meniupkan bacaan itu dan aku usapkan kedua tangannya ke tubuhnya karena keberkahan tangannya.” (HR. Bukhari, Muslim).

        2. Jibril as diutus oleh Allah untuk meruqyah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika sakit :
        Dari ‘Asiyah ra berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila sakit, jibril meruqyahnya. Ia berkata : “Dengan nama Allah, dia membebaskanmu, dan dari setiap penyakit dia menyembuhkanmu, dan dari setiap orang yang dengki ketika dengki, dari setiap orang yang punya mata berbahaya.” (HR.Muslim, dalam Syarah An Nawawi 4/1718)
        3. Abu Sa’id Al Khudry ra meruqyah pimpinan kaum yang terkena gigitan ular berbisa dengan membacakan Al Fatihah dan mengumpulkan ludahnya kemudian meludahkannya, hadiah sekelompok kambing dan disampaikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau menyambut :“Kenapa kamu tahu bahwa ia (al Fatihah) itu ruqyah ?” Kemudian beliau bersabda : “Sungguh kalian benar, buatkan untukku satu bagian bersama kalian !” kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa.” (HR.Bukhari dan Muslim). Secara jelas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :“Fatihatul kitab obat untuk segala penyakit.” (HR.Ad Darimy)
        4. Dari ‘Aisyah ra berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memerintahkan aku agar aku minta diruqyah dari ‘ ain (pandangan mata yang berbahaya).” (HR.Bukhari 7/23 dan Muslim dengan Syarah An Nawawi 4/184)
        5. 13. Diriwayatkan dari Fudhalah ibn ‘Ubaid al-Anshari bahwa ia berkata,”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan sebuah ruqyah kepadaku dan menyuruhku untuk mempraktekkan ruqyah tersebut untuk mengobati orang lain. Ruqyah tersebut berbunyi:”Ya Tuhan kami,Tuhan yang nama-Mu suci di langit.Urusan-Mu terdapat di langit dan di bumi.ya Allah,sebagaimana urusam-Mu terdapat dilangit,maka turunkanlah rahmat-Mu kepada kami.Ya Allah,Tuhannya orang-orang yang baik!Ampunilah dosa-dosa kami,hilangkanlah penyakit yang menimpa kami,dan turunkanlah rahmat serta obat dari-Mu untuk menyembuhkan penyakit yang diderita si fulan ini agar ia sembuh dari penyakitnya.”Fudhalah ibn ‘Ubaid meneruskan, “Baliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruhku untuk membacakan doa tersebut sebanyak tiga kali, kemudian dilanjutkan dengan membaca mu’awwidzatain (surah al-Falaq dan an-Nas) sebanyak tiga kali juga.”

        Jika saya sebutkan contoh hadits bahwa rasulullah meruqyah ada puluhan mba, sekarang mba percaya ga dengan penjelasan hadits diatas bahwa Rasulullah meruqyah dan menganjurkan ruqyah ? apakah ruqyah yang dilakukan rasul sama dengan mantra syirik ?
        Apakah ketika para peruqyah membacakan doa yang dianjurkan dan dicontohkan rasulullah merupakan bentuk mantra syirik ?

      • @ popiherlina

        1. Kalau bisa berikan penjelasan sihir yang lebih detil dan memiliki referensi, karena saya berasumsi bahwa mba mampu menjelaskan informasi secara akademik dan kredibel.

        2. Kira-kira bisa/tidak mba menjelaskan fenomena seseorang yang kebal senjata tajam secara ilmiah (kekuatan murni manusia)?

  6. kegiatan ruqyah sepertinya mirip dengan pengusiran setan oleh kaum nasrani (dengan membaca ayat injil, pemukulan “memercikan air suci”)……
    menurut analisisku ruqyah ataupun exorc 80% sugesti (bawah sadar) dan 20% memang perbuatan jin atau setan.
    apakah aku boleh membagi analisaku mengenai ruqyah atau exorc sebagai penyeimbang ???

    • @ anwar

      Silahkan diutarakan analisisnya untuk berbagi pengetahuan, tapi yang pasti kalau kita membicarakan ruqyah syar’iah itu berhubungan dengan dalil Al-Qur’an dan Hadits. Sebelum menganalisa lebih jauh saya mau bertanya

      > Apakah anda mempunyai modal (ilmu hadits dan tafsir) untuk menganalisanya?

      Trims, salam kenal

      • terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. sebelumnya saya ingin mengatakan bahwa saya kurang memiliki pengetahuan di ilmu hadist dan tafsir, analisis disini menurut pandangan saya sesuai dengan disiplin ilmu yang pernah saya pelajari (pisikologi).

        karena prosesi seperti ruqyah bukan hanya dimiliki oleh umat muslim saja tetapi dimiliki oleh agama lain, bahkan beberapa daerah di indonesia ada seperti itu juga, hanya saja penggunaan bacaan, lapal atau apapun jenisnya yang berbeda.

        mungkin di analisis saya nanti saya akan mengesampingkan faktor X (Kuasa Tuhan, Kuasa Jin ataupun setan). terima kasih atas kesempatannya, mungkin dalan 2 hari kedepan saya akan mengirimkan analisis saya ke Bapak.

      • mungkin di analisis saya nanti saya akan mengesampingkan faktor X (Kuasa Tuhan, Kuasa Jin ataupun setan). terima kasih atas kesempatannya, mungkin dalan 2 hari kedepan saya akan mengirimkan analisis saya ke Bapak.

        Saya juga punya pembanding hasil penelitian ilmiah dibidang psikologi (klinis, sosial, perkembangan dll), ada lebih dari 5 hasil penelitian ilmiah, silahkan anda dulu menyampaikan analisisnya ;)

    • kegiatan ruqyah sepertinya mirip dengan pengusiran setan oleh kaum nasrani (dengan membaca ayat injil, pemukulan “memercikan air suci”)……
      menurut analisisku ruqyah ataupun exorc 80% sugesti (bawah sadar) dan 20% memang perbuatan jin atau setan.
      apakah aku boleh membagi analisaku mengenai ruqyah atau exorc sebagai penyeimbang ???

      Mirip bukan berarti sama…contoh…….buah anggur dengan buah kesemek sama-sama bulat, merah tapi beda jenisnya………umat islam pake kopiah dan umat yahudi juga pake “kopiah” yang lebih kecil sebagai pelengkap sarana ibadah, sama-sama penutup kepala tapi beda esensinya……….

    • Saya setuju dengan anda, terlalu banyqk unsur sugesti dalam permasalah ruqyah dan Tenaga Dalam ilmu kontak ini.

      Mungkin analsis dari sudut psikologi akan memberikan sudut pandang lain yg lebih segar dalam kasus ini. Saya tunggu posting anda tetang analisis psikologi untuk masalah ini

      • @ Jiwa01

        “terlalu banyqk unsur sugesti dalam permasalah ruqyah”

        Sugesti (1) : su·ges·ti /sugésti/ n 1 pendapat yg dikemukakan (untuk dipertimbangkan); anjuran; saran; 2 pengaruh dsb yg dapat menggerakkan hati orang dsb; dorongan.
        http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php

        > Saya mau tanya mas, kalau shalat dan do’a, itu termasuk sugesti atau tidak?

      • Assalamu’alaikum wr wb.

        Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

        @ Mas Jiwa01

        Saya hanya niat berdiskusi untuk sama-sama mendapat manfaat dan diridhoi Allah.

        Adapun pertanyaan yang saya ajukan itu bisa karena saya memang belum mengerti 100%, dan terkadang ada juga pertanyaan yang saya maksudkan untuk mengetahui dasar pemikiran seseorang. Itu hanya sebuah metode saja.

  7. kata siapa jin punya tenaga dalam..saya baru mendengar tuh..ada penelitian soal itu tidak..
    jin hanya punya kemampuan untuk memanfaatkan atau mengaktifkan energi yang ada ditubuh manusia ..jadi sumber energinya tetap saja dari manusia
    sudah sejauh mana anda bergaul dengan jin.atau minimal tahulah marga2 yang ada di jin.sy adalah salah satu orang yang dilahirkan punya kemampuan melihat jin dari lahir…jadi sebelum masuk HI pun sy sudah punya kemampuan ini…tadinya sy pikir semua orang bisa melihat apa yang sy lihat..ternyata tidak..dengan masuk HI kemampuan sy semakin terekplorasi..
    dan jujur saja orang seperti saya itu sebenarnya jumlahnya banyak..cuma banyak yang tidak terekpos..
    jadi ucapan anda jin punya tenaga dalam sama sekali tidak mendasar..
    sudah sejauh mana anda mengenal jin.. dan kelompoknya juga misi-misi mereka yang berbahaya,,
    kalo ruqyiah waktu zaman nabi mungkin masuk akal sebab nabi bisa melihat jin..sedangkan anda gimana ??
    jin itu bisa dilihat ..cuma teknologi kita aja belum sampai kesana..
    kalo soal perdebatan yang tak
    berujung antara HI dan para peruqiyah..penyelesaian sebenarnya mudah silahkan saja adakan pembuktian..kan pihak peruqiyah terutama anda menuduh kami pakai jin maka tunjukan jinnya…bukan kami yang harus membuktikan tidak pakai jin..
    ingat diindonesia itu ada azas praduga tak bersalah..jadi siapapun orangnya tidak bisa menuduh seseorang itu benar atau salah selama dia tidak bisa membuktikan apa yang dia tuduhkan..
    yang saya lihat sih anda selalu mengamati HI hingga sekarang..sementara HI sendiri lebih action ke masyarakat..
    buktinya waktu ada user name ruqiyah syariah di web KD anda bisa tahu..berarti hingga saat ini anda masih mengunjungi blog KD..sementara saya lihat KD sendiri sama sekali tidak terganggu dengan anda..
    jadi memang harus ada pembuktian kalo ingin masalah ini selesai..dan itu itu dari pihak anda bukan dari kami..karena anda yang sudah menuduh menggunakan jin..
    sekali lagi ayat-auat al-quran itu adalah sumber kebenaran dari segala kebenaran jadi tidak mungkin salah..beda dengan hadist yang bisa dipalsukan…tp bukan berati jadi anti hadist..cuma kita harus bisa berfikir menggunakan akal kita benar tidak yah hadist ini..jangan langsung percaya..karena kita kan sudah dibiasakan untuk gampang percaya tanpa berfikir..
    yang jadi pertanyaan kuat mana dalil di Al-Qur’an dengan hadist..lagian ada hadist yang mengharamkan ruqiyah..bagaimana pendapat anda??
    ini kisah nyata minggu kemarin saudara saya diobati dengan peruqiyah..begitu sudah selesai beliau minta tarif..
    memang sih tidak besar..namun tarifnya flat artinya tidak bisa kurang alasannya buat zakat dsb..
    sy harap sih ini hanya oknum peruqiyah ..kalo mau ngobatin orang yah ngobatin aja..nggak usah berharap..
    tp susah anda sudah tidak percaya dengan tenaga dalam..cuma yang saya heran penelitian harun yahya kok nyambung dengan HI padahal saya yakin seyakin-yakinkan harun yahya bukan HI..beliau sendiri mengatakan potensi energi manusia itu sangat luar biasa..tentu beliau punya dasar untuk bicara seperti itu, jadi manusia tidak butuh jin sebenarnya buat menjadi sakti..dan sepertim biasa anda pasti bilang sharing dong..maaf sy tidak bisa memberikan cobalah untuk belajar mencari semuanya sendiri
    tp yang saya lihat sih anda selalu menganggap jin itu lebih hebat dari manusia..padahal Allah swt sudah banyak memberikan bukti bahwa manusia itu jauh lebih hebat dari jin..cuma karena anda tidak punya kemampuan melihat jin jadi anda berpandangan seperti itu..berati misi jin kafir tersebut sukses…
    sy pun kalo mau sakti dengan bantuan jin sangat mudah..jauh lebih mudah dari pada belajar tenaga dalam..tp buat apa kita kerjasama dengan mereka..kalo nantinya berakhir jadi syrik
    jin sering berpura2 jadi hati2, dulu sebelum sy masuk HI sy suka lihat orang kesurupan yang dibacain ayat qursi..anda tahu jinnya tertawa lho dan berpura-pura kepanasan,,dan karena saya melihat kejadian ini berkali 2 dengan pola yang sama akhirnya saya ambil kesimpulan jin tsb hanya pura-pura terbakar..tp memang ada terbakar..tergantung siapa yang membacanya,,setelah sy masuk HI baru saya diberi penjelasan..bahwa bukan ayat qursinya tapi kenyakianan si pembacanya kepada Allah swt..jadi keimanan dan ketakwaan seseorang itu kuat maka jin tersebut akan menjadi takut dengan sendirinya..
    jadi kesimpulannya bukan ayat al-qur;an yang jadi penyembuh tapi kenyakinan kita kepada Allah swt
    Pertanyaan saya satu kepada anda hebat mana Allah swt dengan Al’qur;an??kalo sy diksih pertnayaan hebat mana Allah swt dengan tenaga dalam saya akan jawab ALLAH SWT
    jadi anda mau bertuhankan Allah dengan menjadikan al quran sebagai petunjuk ..atau ingin menuhankan Al-Qur’an itu sendiri???

    • Alhamdulilllah, sebelum saya menanggapi tanggapan mba Popi , saya sedang membuat banyak atrikel yang khusus membantah rekaman Open Dialog GU HI, yang banyak penyimpangannya,juga banyak mendiskreditkan kelompok dan suku tertentu.

      kata siapa jin punya tenaga dalam..saya baru mendengar tuh..ada penelitian soal itu tidak..
      jin hanya punya kemampuan untuk memanfaatkan atau mengaktifkan energi yang ada ditubuh manusia ..jadi sumber energinya tetap saja dari manusia

      Sudah jelas definisi saya dengan anda berbeda jauh, “tenaga dalam” tidak lebih dari kekuatan fisik untuk melakukan aktifitas tidak lebih dari itu. lihat pejelasan ulamaa mengenai hakikat definisi tenaga dalam yang syar’i di http://metafisis.wordpress.com/2009/10/09/video-penjelasan-ulama-hakikat-tenaga-dalam-ditinjau-dari-sisi-syariat/
      jin ketika masuk dalam tubuh manusia memang menggunakan sarana energi dalam tubuh manusia, sebab jin tidak dapat energi untuk kelangsungan hidup dan kekuatannya ketika tidak menjadi “parasit” dalam tubuh manusia, ketika manusia makan lupa baca bismillah maka jin akan ikut juga makan hingga jin memperoleh energi/kekuatan. dalam hadits dijelaskan: ketika Rasulullah duduk, ada seorang makan tanpa menyebut nama Allah sehingga hampir habis makanannya hanya inggal 1 suap. orang tersebut membacaa Bismillahi awwaluhu wa aakhiru, kemudian nabi tertawa dan bersabda : setan itu selalu makan bersamanya tetapi ketika ia menyebut nama Allah maka setan itu memuntahkan apa yang ada dalam perutnya Abu Dawud dan nasa’i)

      kalo ruqyiah waktu zaman nabi mungkin masuk akal sebab nabi bisa melihat jin..sedangkan anda gimana ??
      jin itu bisa dilihat ..cuma teknologi kita aja belum sampai kesana..

      iNIlah yang dikatakan anda berbicara memakai akal anda yang pendek dan berdalil tanpa ilmu syari jadinya tersesat. Tidak ada satupun haditz yang menyatakan bahwa hanya yang bisa melihat jin yang dapat menggunakan bacaan ayat suci AQur’an dan doa rasulullah untuk mengusir jin. jadi menurut anda hanya jaman nabi yang masuk akal karena nabi bisa melihat jin dan sekarang ruqyah ga masuk akal lagi sebab tidak ada yang bisa melihat jin. yang hendak anda sampaikan bahwa bacaan AL-qur’an dan doa-doa rasulullah dalam ruqyah tidak akan berpengaruh pada jin sebab umat islam sedunia tidak bisa meihat jin. Tidak bisa Surat Albaqarah, ayat kursi mengusir jin dari rumah jika pembacanya ga bisa melihat jin. Jika keyakinan ini ditanamkan ke sanubari umat islam niscaya akan sangat banyak yang tidak lagi membaca doa-doa perlindungan yang disyari’ahkan.

      sudah sejauh mana anda mengenal jin.. dan kelompoknya juga misi-misi mereka yang berbahaya,,

      Sejauh Al-Qur’an dan sunnah menjelaskan disertai penjabaran para ulama, adapun berita-berita yang didapat dari para dukun dan paranormal tidak bisa diterima penjeasannya apalagi jika bertentangan dengan Al-Qur’an dan sunnah, termasuk berita dari Dicky Zainal Arifin yang banyak bertentangan dengan Al_Qr’an dan sunnah jugaj penjelasn dari para Ulama.

      sudah sejauh mana anda bergaul dengan jin.atau minimal tahulah marga2 yang ada di jin.sy adalah salah satu orang yang dilahirkan punya kemampuan melihat jin dari lahir…jadi sebelum masuk HI pun sy sudah punya kemampuan ini…tadinya sy pikir semua orang bisa melihat apa yang sy lihat..ternyata tidak..dengan masuk HI kemampuan sy semakin terekplorasi..
      dan jujur saja orang seperti saya itu sebenarnya jumlahnya banyak..cuma banyak yang tidak terekpos..

      dijelaskan dalam Al-Qur’an ayat 27bahwa kita tidak dapat melihat jin, itulah fitrah manusia. Anda sedari kecil sudah ditipu daya oleh jin, sebab kemampuan melihat jin itu tidak lain jin itu yang menampakkan diri pada anda yang sedang membuat tipu daya. namun saya tidak serta merta percaya anda dapat melihat jin sebab ada kemungkinan anda berbohong dan mencari sensasi, padahal sesungguhnya anda tidak dapat melihat. Juga ada kemungkinan anda tersugesti saja, sebab ketika manusia memproyeksikan bentuk dalam fikirannya maka yang akan muncul adalah bentuk yang difikirkannya dan anda menyangka telah melihat jin padahal itu hanya proyeksi dari hayalan anda. Atau anda memang tanpa disadari bekerjasama dengan jin dengan belajar ilmu sihir “ngimpleng” HI :)

      kalo soal perdebatan yang tak
      berujung antara HI dan para peruqiyah..penyelesaian sebenarnya mudah silahkan saja adakan pembuktian..kan pihak peruqiyah terutama anda menuduh kami pakai jin maka tunjukan jinnya…bukan kami yang harus membuktikan tidak pakai jin..
      ingat diindonesia itu ada azas praduga tak bersalah..jadi siapapun orangnya tidak bisa menuduh seseorang itu benar atau salah selama dia tidak bisa membuktikan apa yang dia tuduhkan..

      Jika alasan dari anggota HI mengatakan “bukttikan jika kami pake jin maka tunjukkan jin pada kami” merupakan bentuk pembuktian hakiki, maka bisa saja dukun dan paranormal juga mengatakan “para ustadz, ulama mengatakan jimat, rajah, ilmu aji kesaktian semua adalah sihir dan dibantu jin, maka buktikan tunjukkan pada kami wujud jin tersebut” maka TIDAK ada satupun da’i yang bisa memenuhi permintaan HI atau para dukun dan paranormal. namun mereka bisa memfatwakan jimat, rajah, ilmu aji kesaktian memakai bantuan jin karena mereka punya analisis dan rujukan yang jelas yaitu dari Al_Qur’an dan sunnah. begitu juga saya jelas mengataakan keilmuan HI dari bantuan jin karena ada banyak bukti yang bisa dianalisis, salah satunya analisis ustadz fadlan di http://metafisis.wordpress.com/2009/09/24/fitnah-keji-hikmatul-iman-terhadap-ulama-ustadz-fadlan/ dan buktinyata bantuan jin terhadap keimuan HI di http://wwwlib.murdoch.edu.au/adt/pubfiles/adt-MU20040210.100853/02Whole.pdf dikatakan disana: After converting to Islam under Dicky’s guidance, the jinn bestowed upon him numerous powers (Setelah masuk Islam dibawah bimbingan Dicky, jin tersebut MEMBERIKAN BANYAK KEKUATAN.red), a process that has continued up until the present. Some of these powers include:

      - Ilmu Kidang Kancana: The ability to run at extreme speed, as if pushed by a powerful wind.
      - Rubah Wujud: This ilmu is to be used when facing a black sorcerer. If they change their form into that of a dragon, one who has this ilmu will be able to change into a giant, a black hawk or another equally terrifying form.
      - Kilat Api: When facing a powerful opponent, one who has mastered this ilmu will be able to shoot a blast of scorching wind from their hands.
      - Tali Gaib: a supernatural rope with which to tie up disruptive non-Muslim jinn (Ind: jinn khafir), especially jinn thuyul.82
      - Beset: To make an opponent believe they have been cut in two. The opponent will hallucinate that their body has been sliced in half and feel pain as if it had. However in reality their body will remain intact.

      sekali lagi ayat-ayat al-quran itu adalah sumber kebenaran dari segala kebenaran jadi tidak mungkin salah..beda dengan hadist yang bisa dipalsukan…tp bukan berati jadi anti hadist..cuma kita harus bisa berfikir menggunakan akal kita benar tidak yah hadist ini..jangan langsung percaya..karena kita kan sudah dibiasakan untuk gampang percaya tanpa berfikir..
      yang jadi pertanyaan kuat mana dalil di Al-Qur’an dengan hadist..lagian ada hadist yang mengharamkan ruqiyah..bagaimana pendapat anda??

      ooooo :) jadi sumber kebenaran dan keimanan anda dari akal dulu baru keimanan, jadi jika ada hadits yang tidak masuk diakal anda tolak. jadi ketika ada hadits yang 100% disepakati kesahihannya oleh para ulama akan anda tolak sebab tidak masuk diakal anda :) . Jika metode “akal baru iman” dan bukan” iman baru akal” diterapkan maka akan banyak mencetak orang-orang ingkar sunnah seperti sekte HIkmatu Iman. nasihat Syaikul islam Ibnu taimiyyah yang juga pantas untuk sekte HI : “Jika sesorang mengetahui dengan akalnya bahwa ini dalah rasulullah. kemudian ada berita dari Rasulullah namun bertentangan dengan akal. Pada saat ini akal harus pasrah dan patuh. Akal harus menyelesaikan perselisihan ini dengan menyrahkan pada orang yang lebih tahu darinya yaitu dari berita Rasulullah. pada saat ini akal tidak boleh mendahulukan hasil pemikirannya dari berita rasulullah. karena sebagaimana diketahui akal manusia itu memiliki kekuarangan dibandingkan dengan berita rasul. rasul lebih mengatahui dan mengerti mengenai Allah, nama dan sifat-Nya serta lebih mengetahui tentang brita hari akhir daripada akal. (dar-ut ta’arudh,1/80)

      lagian ada hadist yang mengharamkan ruqiyah..bagaimana pendapat anda??

      :) saya tahu hadits yang anda maksud, namun tolong anda dulu sebutkan dulu haditsnya pada’ saya dan kita bahas bersama :) dengan merujuk pada pendapat dan penjelasan para ulama, dari pandapat para sahabat, tabi’in, tabit tabi’in, ulama awwalin dan muta’akhirin juga ulama kontemporer saat ini dan BUKAN dari pendapat Guru Utama HI yang bertantangan dengan fatwa para ulama.

      ini kisah nyata minggu kemarin saudara saya diobati dengan peruqiyah..begitu sudah selesai beliau minta tarif..
      memang sih tidak besar..namun tarifnya flat artinya tidak bisa kurang alasannya buat zakat dsb..
      sy harap sih ini hanya oknum peruqiyah ..kalo mau ngobatin orang yah ngobatin aja..nggak usah berharap..

      terapi Ath-htibun nabawiyah dalam hal ini termasuk terapi ruqyah sama seperti pengobatan lainnya/pengobatan dokter, ada pemeliharaan tempat, biaya racikan obat dll, menetapkan biaya tidaklah tercela, sebab kita mempunyai pertimbangan dimana yang tepat menetapkan biaya dan dimana yang tepat untuk pengobatan gratis.

      jin sering berpura2 jadi hati2, dulu sebelum sy masuk HI sy suka lihat orang kesurupan yang dibacain ayat qursi..anda tahu jinnya tertawa lho dan berpura-pura kepanasan,,dan karena saya melihat kejadian ini berkali 2 dengan pola yang sama akhirnya saya ambil kesimpulan jin tsb hanya pura-pura terbakar..tp memang ada terbakar..tergantung siapa yang membacanya,,setelah sy masuk HI baru saya diberi penjelasan..bahwa bukan ayat qursinya tapi kenyakianan si pembacanya kepada Allah swt..jadi keimanan dan ketakwaan seseorang itu kuat maka jin tersebut akan menjadi takut dengan sendirinya..
      jadi kesimpulannya bukan ayat al-qur;an yang jadi penyembuh tapi kenyakinan kita kepada Allah swt

      Jika anda sekali lagi mampu melihat jin maka anda sudah ditipu oleh setan hingga anda timbul keyakinan ayat kursi bukan merupakan bentuk ikhriar yang bisa mengusir jin. Ketika rasulullah mengatakn bahwa AyAT kURSI BISA MENGUSIR JIN artinya ayat kursi punya fadilah (kutamaan) tertentu. keyakinan tidaklah cukup jika tanpa disertai dengan pengamalan yang benar. contoh ketika mengusir jin seseorang sangat yakin kepada Allah akan tetapi dengan sarana yang syirik maka keyakinannya akan sia-sia. Jika hanya cukup keyakinan pada Allah bisa mengusir jin dan sarananya tidak harus al_qur’an karena seperti yang anda katakan maka apa bisa kita yakin 100% kepada Allah tetapi sarana mengusir jin dengan membaca komik Tiger wong(seperti kang Dicky mendapat keilmuan HI dari baca komik) ga akan bisa ngusir jurig non :). semoga anda bisa mencerna penjelasan saya. dala ruqyah pun seorang peruqyah ditekankan bahwa Ayat suci A_Qur’an hanya sarana syar’i namun tidak bisa menyembuhkan kecuali atas izin Allah, dan memang peruqyah harus memiliki keyakinan dan ketakwaan yang tinggi pada Allah.

      Pertanyaan saya satu kepada anda hebat mana Allah swt dengan Al’qur;an??kalo sy diksih pertnayaan hebat mana Allah swt dengan tenaga dalam saya akan jawab ALLAH SWT
      jadi anda mau bertuhankan Allah dengan menjadikan al quran sebagai petunjuk ..atau ingin menuhankan Al-Qur’an itu sendiri???

      Pertanyaan saya, lalu kenapa kalian mempertuhankn Dicky zainal Arifin hingga menganggap semua perkataannya adalah benar walaau bertantangan dengan Al_Qur’an dan penjelasn para ulama.

      • Diskusi tanpa bukti atau bukti cuma debat…. karena hanya bicara dan analisis logika… wajar namanya murid menuruti guru… konteks diskusi harus sepakat pemahamannya dulu… Nabi sulaiman dan jin ifrit bagaimana… tolong jelaskan dong bang PA… anda kan pintar…. nggak mungkin kan sesat… saya masih bodoh neh…

    • @ popiherlina

      Assalamu’alaikum.

      “sekali lagi ayat-auat al-quran itu adalah sumber kebenaran dari segala kebenaran jadi tidak mungkin salah..beda dengan hadist yang bisa dipalsukan…tp bukan berati jadi anti hadist..cuma kita harus bisa berfikir menggunakan akal kita benar tidak yah hadist ini..jangan langsung percaya..karena kita kan sudah dibiasakan untuk gampang percaya tanpa berfikir..”

      > Benar, bahwa terdapat hadits-hadits lemah dan palsu, tapi jangan sampai mba akhirnya tidak mempercayai hadits-hadist sohih.

      Coba mba dan kawan-kawan tunjukkan jika pada blog ini Mas Perdana menggunakan dalil dari hadits-hadits palsu.

      * Komentar saya yang ini khusus masalah ruqyah syar’iyyah.

      • salam sua lagi bung PA :)

        tertarik pada hal ini:

        (saya tahu hadits yang anda maksud, namun tolong anda dulu sebutkan dulu haditsnya pada’ saya dan kita bahas bersama :) dengan merujuk pada pendapat dan penjelasan para ulama, dari pandapat para sahabat, tabi’in, tabit tabi’in, ulama awwalin dan muta’akhirin juga ulama kontemporer saat ini dan BUKAN dari pendapat Guru Utama HI yang bertantangan dengan fatwa para ulama.)

        siapa yang antum maksud dengan :para sahabat, tabi’in, tabit tabi’in, ulama awwalin dan muta’akhirin juga ulama kontemporer saat ini??

        sukron jazila

      • sahabat : Setiap orang yng brjumpa dengan Rasulullah dalam keadaan yang beriman kepadanya da ia meninggal dalam keadaan Islam.
        tabi’in : Murid para sahabat, orang yang berjumpa dengan sahabat rasul dalam keadaan beriman kepada nabi meski tidak meihat Nabi dan mati diatas keislamannya
        tabi’it tabi’in : Murid para tabi’in, mereka yang hidup 3 masa (3 abad pertama) yang dimuliakan dari kalangan para imam yang telah diakui keimanannya.
        Ulama awalin : ulama salaf terdahulu generasi pertama dikalangan tabi’in
        Ulama muta’akhirin : ulama yang datang kemudian/belakangan (kurang lebih dari abad IV-XII H)
        Ulama Kontemporer : Ulama yang hidup dimasa sekarang era globalisasi dan modernisasi

    • ruqyah itu alquran jadi mantra bukan seh… emang dasarnya jin pergi dari ruqyah apa… setan itu golongan jin saja atau manusia…. Kalau ada dari manusia kira-kira cirinya apa… Jawab ya Bang PA… Anda sepertinya pintar dan hafal quran sama artinya juga kan….

  8. Jin punya Tenaga Dalam :D

    Inilah akibatnya jika kita terlalu luas mendefinisikan Tenaga Dalam. Akan lebih jelas jika dikatakan Tenaga Fisik saja … Manusia mempunyai Tenaga Fisik untuk menjalani aktifitas fisiknya. Begitu juga Jin tentunya mempunyai Tenaga Fisik untuk melakukan aktifitas fisiknya.

    Penggunaan Tenaga Dalam dalam pengertian “Tenaga yg didapat dari hasil pengolahan sari makanan” hanya akan menimbulkan kerancuan yg lebih jauh lagi.

    Kalau memang tidak mempercayai keberadaan Tenaga Dalam ya katakan dgn tegas … Tenaga Dalam – Nonsense

    Say no to Tenaga Dalam :D

    • yes, say no to tenaga dalam :D

      (nilah akibatnya jika kita terlalu luas mendefinisikan Tenaga Dalam. Akan lebih jelas jika dikatakan Tenaga Fisik saja … Manusia mempunyai Tenaga Fisik untuk menjalani aktifitas fisiknya. Begitu juga Jin tentunya mempunyai Tenaga Fisik untuk melakukan aktifitas fisiknya.

      Penggunaan Tenaga Dalam dalam pengertian “Tenaga yg didapat dari hasil pengolahan sari makanan” hanya akan menimbulkan kerancuan yg lebih jauh lagi.)

      suka komen ini :)

      • sip bro tomi, jangan neko2 dah hidup…? apa sih yg teramat dikejar dari tenaga dalam, oke deh kita hidup di dunia ini harus berhati2, latihan fisik, beguru ama jet lee atawa jacky chan kek, he… he.., intinya buat jaga diri bila ada yg macem2 bisa ngebanting, itu semua GARIS BESAR nya adalah latihan fisik atau OLAH RAGA, jangan dikait-kaitkan lah ama agama yg bisa nambah pusing pala.
        tapi seneng jg mampir disini salut ama admin….
        tapi keki juga ama anak buah nya “orb” (yg gak ada lg nongol di masih dunia lain) itu yg selalu mengagungkan suhunya yg mendalami agama cuma dengan akal logika.

  9. Dalam dunia timur kata-kata gaib, magis dan mistik selalu dilekatkan pada suatu kejadian yang kadang diluar nalar kita dan kita selalu mengatakan hal tersebut adalah irasional bahkan klenik tanpa kita mencoba mencari kebenaran proses apa yang terjadi dibalik kejadian tersebut.

    Seperti yang saya tulis sebelumnya mengapa ruqyah ataupun exocr mengandung muatan 80% sugesti dan 20% pengaruh jin atau setan, mungkin karena proses merasuknya jin atau setan masih menjadi perdebatan para ahli maupun para ulama (pemuka agama) dan kita tidak bisa melihat bentuk jin atau setan tersebut. Kita hanya memperoleh informasi dari pengakuan korban belaka yang bisa jadi mungkin bagian godaan setan untuk lebih menjerumuskan iman kita.

    Banyak kasus yang kita anggap sebagai merasuknya setan kedalam tubuh manusia kemudiaan membuat pengakuan sebagai ifrit, penunggu gunung tertentu, sebagai roh wali atau nabi dan ada pengakuan bahwa didalam badannya terdapat puluhan bahkan ribuan jin yang kalau kita pikirkan dengan seksama bisa jadi itu adalah salah satu tipu daya setan kepada kita.

    Saya memiliki keluarga yang menurut orang awam terkena gangguan setan padahal orangnya rajin sholat berjamaah dan insya allah jauh dari perbuatan sirik, dimana setiap sore selalu melihat hal-hal aneh dan menyeramkan, dia melakukan beberapa kali “berusaha” tetapi nihil. dan atas saran saya juga dibawa ke rumah sakit ternyata terkena radang otak. Sehingga muncul halusinasi-halusinasi yang sangat mengganggu. Dan pada akhirnya beliau meninggal mungkin allah telah memberikan jalan untuk meringankan jalan beliau.

    Mengenai ruqyah atau lainnya mungkin saya lebih senang menyebutnya sebagai gejala otak (bawah sadar) walaupun faktor jin/setan ada tetapi sangat kecil menurut saya. begitu banyak potensi diotak manusia yang belum diketahui manusia.

    Dalam kegiatan ruqyah biasa jamaah/pasien terlebih dahulu mendapat ceramah (pre induction) diamana dalam ceramah tersebut disampaikan beberapa kata yang mungkin bisa menjadi sugesti/hyper induction seperti : ketika proses ruqyah ada kata-kata bagi yang pernah keparanormal, menuntut ilmu kebatinan, tenaga dalam dan lain sebagainya maka jin akan mempengaruhi orang tersebut dan ketika dibacakan ayat-ayat ruqyah maka akan menimbulkan efek seperti berontak, menangis, kepanasan dan keadaan risih dan sebagainya.
    Dalam proses ruqyah jamaah diharuskan ikhlas berdasarkan kemauan sendiri dan tidak menolak untuk menjalani prosesi ruqyah, dan jamaah harus khusu/focus pada bacaan ruqyah yang dikumandangkan. Bila jamaah yang diruqyah menolak dan bahkan main-main maka tidak ada efek yang terjadi atau bisa dikatakan setan didalam tubuh orang tersebut tidak kepanasan dan lain sebaginya.

    Setelah didengarkan bacaan ruqyah dan jamaah mendengarkan dengan khusu yang menurut saya adalah sebuah proses deppening relaksasi yang memiliki pengaruh melelahkan pikiran yang merupakan suatu proses awal pembukaan pikiran bawah sadar kita. Ditambah dengan keadaan sekitar yang gerah mungkin karena banyaknya jamaah dan teriakan pasien lain sehingga lebih mudah kita terbawa situasi pada saat itu.

    Ada juga proses pemukulan di bahu ataupun bagian lain yang akan lebih membuka pikiran bawah sadar kita karena proses shock injuction (yang merupakan kejutan system syaraf) sehingga menghilangkan keseimbangan pola pikir dan kesadaran.

    Akhirnya pada keadaan pola pikir bawah sadar kita yang bekerja tanpa bisa dikontrol maka akan muncul kata-kata yang sulit dinalar, tenaga wanita yang seperti laki-laki, serta seseorang yang menjadi lebih pintar dari biasanya ketika pada keadaan yang kita anggap dipengaruhi setan atau kesurupan.

    Selanjutnya ketika pasien menunjukan reaksi berupa kata-kata atau gerakan maka oleh peruqyah kembali diberi sugesti seperti keluarlah wahai jin dan lain-lain yang sebelumnya telah terekam dibawah sadar pasien dari sugesti awal bahwa didirinya bersarang puluhan jin misalnya.

    Setelah diberi sugesti “penyembuhan” pasien kembali sadar kembali dan pasti dengan keadaan serta keimanan yang lebih baik dari sebelumnya.

    Dari keterangkan diatas maka saya menyimpulkan :

    Ruqyah menunjukan hasil maksimal bila pasien yang datang pada kondisi benar-benar kesurupan, kurang terkontrol kesadaran datau bahkan tak terkontrol sama sekali (trance).

    Bila pasien yang datang dalam keadaan “sadar” maka diperlukan proses/pondasi seperti yang saya sebutkan diatas untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

    Ruqyah mungkin tak akan memiliki pengaruh bagi orang-orang yang menolak, main-main, dan mungkin kebal terhadap sugesti yang disampaikan maupun kondisi sekitarnya.

    Seorang peruqyah dipastikan memiliki kemampuan komunikasi verbal yang sangat baik.

    Bila benar ruqyah memiliki kemampuan sugestif/pengaruh yang kuat bagi pasien maka sebenarnya ruqyah dapat lebih di berdayakan bukan hanya pada ritual pengusiran jin atau setan balaka, mungkin ruqyah bisa digunakan sebagai :

    Terapi penyembuhan, mengurangi atau menghilangkan kecanduan rokok dan narkoba tentunya dengan diiringi ceramah dan doa-doa “syifa” misalnya, karena kita yakin bahwa alquran adalah penyembuh bagi orang-orang yang beriman.

    Terapi keharmonisan dan menimbulkan rasa kasih sayang kepada sesama.

    Terapi meningkatkan kecerdasan yang dibarengi dengan ayat-ayat ilmu pengetahuan dan kebesaran tuhan.

    Dan seperti yang saya alami (saya sudah empat kali mengikuti ruqyah) ternyata ruqyah membawa pengaruh besar kepada saya untuk memperbaiki karakter dan keimanan saya.

    Yang semua itu tentunya dilakukan dengan menceritakan tentang teladan-teladan yang diberikan rasullullah dan alim sebelumnya kepada kita. Insya allah.

    Terlepas dari itu semua manusia wajib berusaha, wajib mencari alat, dan wajib memikirkan kebesaran allah. Namun pada akhirnya hanya pertolongan allah dan keridhaannya yang kita harapkan.

    Mohon maaf bila ada kata-kata yang mungkin menyinggung, mungkin tulisan ini kurang tepat sasaran karena memang kurangnya referensi yang saya miliki dan kesulitan saya untuk mencari kata-kata yang mudah dimengerti serta waktu yang saya gunakan hanya satu hari untuk menulis ini. Sekali lagi mohon maaf.

    Saya harap berhenti berpolemik, saling menyudutkan, karena saya merasa setan telah berhasil menggoda kita semua sehingga kata-kata yang mungkin tidak terucap jadi terucap juga. Mari kita saling mengisi dengan lemah lembut tanpa ada keegoisan sampaikan kebenaran walaupun pahit dirasa, tetapi ingat jangan sampai terjadi permusuhan ataupun pertentangan apalagi kita sesama mulim.

    Jika di izinkan mungkin saya akan menuliskan perspektif saya tentang tenaga dalam, sekali lagi maaf jika saya menggunakan kata-kata “30% sugestif, 30%”Energi” dan 40% faktor X (kuasa tuhan, jin ataupun setan)” untuk tenaga dalam. Dan mungkin saya akan menerangkan tentang mitos atau salah kaprah dengan pemahaman tenaga dalam.

    Terima kasih atas kesempatannya, tingkatkan ukuwah diantara kita semua.

    Sallam.

    • penelitian ilmiah ini dilakukan oleh Dra. R. Anggraini, Msi, Psikolog, penjelasan lengkapnya di http://trainermuslim.com/ruqyah-syari-berlandaskan-kearifan-lokal.html
      Ruqyah adalah terapi menggunakan ayat-ayat dalam Al Qur’an dengan membaca ataupun mendengarkannya secara keseluruhan ataupun hanya surat-surat tertentu yang ada hubungannya dengan permasalahan atau gangguan/penyakit. Al’Alyani (2004) menerangkan Ar-Ruqyah artinya penangkal bagi seseorang yang terkena malapetaka seperti rasa takut yang berlebihan atau kegilaan. Seseorang yang diruqyah artinya sudah dimohonkan perlindungan kepada Allah SWT, menggunakan asma’ul husna dan surat-surat mu’awidzat (penangkal keburukan). Sebelum islam, ruqyah sudah ada dan dilakukan dengan doa-doa, dzikir atau mantera-mantera sesuai kitab at Taurat.
      Aspek psikoterapi yang dikandung oleh Al-Qur’an yaitu aspek meditasi, komunikasi, spiritual, dan aspek autosugesti (Hasanah, 2007). Bacaan Al-Qur’an yang tartil atau doa-doa yang lembut akan memberikan vibrasi yang kuat kepada perubahan mental dan mengandung kekuatan penyembuhan (Sangkan, 2004), memiliki hikmah magis dan gaib (Makhdlori, 2007), dapat menghibur perasaan sedih, menenangkan jiwa yang gelisah dan membersihkan dan melunakkan hati yang keras, serta mendatangkan petunjuk. Semakin sering orang membaca dan mendengarkannya, semakin terpikat hatinya kepada Al-Qur’an itu (Najati, 2005). Ketenangan dan kebahagiaan jiwa merupakan hal yang prinsipil dalam kesehatan mental dan manfaat tersebut menjadi landasan dalam psikoterapi.
      Bennor (1990) mengungkapkan berbagai penelitian tentang pengaruh positif doa (mantera) pada kasus-kasus tekanan darah tinggi, penyembuhan luka, serangan jantung, sakit kepala dan kecemasan, serta pengaruhnya pada proses kegiatan enzim, leukemia, sel-sel kanker, laju mutasi bakteri dan kadar hemoglobin. Penelitian membuktikan pernafasan dengan dzikir atau berdoa adalah sangat teraputik meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan relijius (Anggraini, 2004).
      Penelitian-penelitian lain mengenai pengaruh positif Al Qur’an dilakukan oleh Asosiasi Ilmu Kedokteran Islami di Amerika yang menunjukkan pengaruh positifnya terhadap kondisi kejiwaan pasien sampai dengan 97 persen. Salah satu indikasinya terjadi relaksasi pada jaringan syaraf secara spontan (Thobroni, 2007), Membaca Al-Qur’an mempengaruhi proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh manusia sehingga dapat berfungsi aktif dan sempurna. Persenyawaaan kimia gen yang melibatkan ADN (Asam Deoksiribo Nukleat) dan ARN (Asam Ribo Nukleat) mengatur kode-kode, kemudian diterjemahkan dalam bentuk hormon-hormon dan enzim-enzim. Kesemuanya dapat mempengaruhi sekaligus menurunkan emosi (temperamental) pada diri manusia secara kimiawi (Makhdlori, 2007).
      Pengaruh substansi Al-Qur’an melalui alat elektronik juga telah diuji cobakan dalam 210 kali pertemuan dengan objek lima sukarelawan non muslim rata-rata usia 22 tahun yang tidak memahami bahasa Arab. Setelah diperdengarkan ayat Al-Qur’an 85 kali, bacaan berbahasa Arab bukan dari ayat Al-Qur’an 85 kali, dan 40 kali tidak dibacakan apa-apa, terbukti mendengarkan Al-Qur’an mempunyai pengaruh positif 65 persen dalam memberikan ketenangan, sementara yang bukan ayat Al-Qur’an hanya 35 persen (Kamil dalam Shihab, 2006)
      Lantunan Al-Qur’an secara fisik mengandung unsur suara manusia. Campbell (2005) menyatakan bahwa suara manusia merupakan instrumen penyembuhan yang menakjubkan dan alat yang paling mudah dijangkau. Suara dapat menurunkan hormon-hormon stres, mengaktifkan hormon endorfin alami, meningkatkan perasaan rileks, dan mengalihkan perhatian dari rasa takut, cemas dan tegang, memperbaiki sistem kimia tubuh sehingga menurunkan tekanan darah serta memperlambat pernafasan, detak jantung, denyut nadi, dan aktivitas gelombang otak. Laju pernafasan yang lebih dalam atau lebih lambat tersebut sangat baik menimbulkan ketenangan, kendali emosi, pemikiran yang lebih dalam dan metabolisme yang lebih baik (Ortiz, 2002; Campbell, 2005). Menurut Salamon dkk (2003), proses relaksasi yang ditimbulkan oleh suara diperantarai oleh adanya molekul Nitric Oxide (NO) yang terlibat dalam perkembangan sistem auditorik dan secara spesifik dalam perkembangan koklea. Saraf halus koklea memasuki otak dan berada di sepanjang talamus hingga ke korteks auditorik. Di sepanjang jalur kecil inilah pusat emosi dalam sistem limbik diaktifkan. Dalam proses ini NO bertindak sebagai neurotransmitter dan sebagai hormon yang memiliki sifat kerja lokal dengan mengaktifkan guanilate cyclase yang menyebabkan vasodilatasi dan relaksasi.
      Pasiak (2002) menerangkan ketika Al-Quran dilantunkan akan terjadi proses pada pusat emosi manusia, yaitu pada sistem limbik dan amigdala yang berhubungan secara timbal balik dengan lobus temporal, bagian otak yang bertanggung jawab terhadap respon-respon spiritual dan mistis manusia. Emosi yang positif akan memacu penguatan keyakinan religius dan meningkatkan kontrol individu terhadap stressor. Demikian pula jika hubungan timbal balik itu direkam oleh hipokampus, maka pengalaman emosional dan religius itu dapat membawa transformasi diri bagi yang mengalaminya. Greenberg (2002) menyebut proses ini sebagai kontrol sekunder dari aktivitas religius.
      METODE PENELITIAN
      Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, dan analisis psikologis.
      Pengumpulan data melalui studi kepustakaan, survey dan observasi di tempat-tempat yang melaksanakan Ruqyah, yaitu: Pondok Ruqyah Terpadu Fatahillah Bekasi, Masjid Asy Syifa Semarang, Masjid Unissula Semarang, Mushola Fakultas Psikologi Undip, Klinik Al Faiq Semarang, Rumah 2 orang klien dan wawancara pada terapis (praktisi) Ruqyah (4 orang), disertai dengan pemeriksaan psikologi pada 10 orang pasien yang berusia remaja (5) dan dewasa (5) serta wawancara keluarga klien.

      • @ Perdana

        Menarik sekali penelitian di atas, tampaknya penelitian tsb menggunakan pendekatak physiological psychology – jadi sangat sedikit menyinggung subconscious mind manusia walaupun sekilas kita bisa melihat itu dalam penelitian tsb.

        Tapi penelitian di atas sama sekali tidak menekankan aspek exorcism dalam pembacaan Al Qur’an seperti yg digunakan ruqyah.

        Penelitian di atas hanya menekankan efek phsysiology yg ditimbulkan dari pembacaan Al Qur’an – seperti menurunkan hormon stress, meningkatkan hormon endorfin alami dsb. Bukan aspek exorcism dari bacaan Al Qur’an seperti yg digunakan ruqyah. Aspek exorcism sama sekali tidak dibahas dalam penelitian tsb.

        Apakah anda bisa menunjukan penelitian ilmiah pembacaan Al Qur’an untuk exorcism seperti yg digunakan ruqyah ?

    • yang anda jelaskan merupakan opini dan bukan merupakan bentuk penelitian ilmiah yang melibatkan banyak subyek penelitian, opini ruqyah yang anda buat lebih kepada teori hipnotisme / hipnoterapi yang 100% menafikan adanya unsur gangguan setan dalam diri penderita penyakit psikis. memang benar ruqyah syar’iyyah juga menggunakan sugesti,kami mensugesti pasien sebab sugesti memiliki makna yang cukup besar dalam ruang lingkup kesehatan jiwa dan raga.ada banyak pasien yang saya temui telah mengalami self-suggestion (tersugesti oleh dirinya sendiri) negatif merasa bahwa ia sebenarnya sakit, kerasukan jin/setan, namun setelah saya konseling lebih jauh (kami teliti adakah ciri khusus gangguan jin dan dalam check lis ternyata tidak ada dan lebih berat pada gejala psikosomatis) ternyata dia penderita psikosomatis yaitu suatu keadaan sakit yang sebenarnya didapatkan tubuh dan bersumber dari pikiran atau alam bawah sadar seseorang. Ketika ada problem yang membebani pikiran dan larut terbawa ke alam bawah sadar kita, dalam kadar serta jangka waktu tertentu akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Inilah yang disebut dengan penyakit psikosomatis. namun Alhamdulillah setelah pasien berada dalam keadaan Deepening ( relaksasi, khusyuk mendengarkan, pasrah total) diberikan induksi terapi ruqyah dengan melantunkan ayat suci Al-Qur’an yang juga (subhanallah) ternyata memiliki frekuensi suara yang dapat menyembuhkan penyakit psikis (lihat hasil penelitian ilmiah di http://metafisis.wordpress.com/2010/01/19/energi-penyembuh-dalam-alquran-antara-sain-dan-keyakinan-1/ dan di http://metafisis.wordpress.com/2010/01/19/energi-penyembuh-dalam-alquran-antara-sains-dan-keyakinan-2/ ) dan ditambah dengan kami memasukkan sugesti positif dan memulihkan kepercayan dirinya pasien mengalami kesembuhan yang nyata. :)

    • Analisis yg menarik … saya rasa blog ini perlu banyak analisis psikologi seperti ini untuk menyegarkan suasana :D

      Dari analisis anda, sebenarnya anda tidak menafikkan akan adanya fenomena kemasukan jin. Bahkan anda mengatakan 80 % sugesti dan HANYA 20 % yg menurut anda benar-benar pengaruh jin.

      Faktor sugesti ini juga menjelaskan mengapa ada sebagian anggota pratiksi Tenaga Dalam yg tidak merasakan efek terapi ruqyah dan ada juga yg merasakannya.

      Saya setuju dgn analisis anda …

      Tampaknya analisis anda tentang Tenaga Dalam pun tidak akan jauh berbeda dgn analisis saya selama ini. Saya tunggu posting anda tentang Tenaga Dalam.

    • @ Saudara Anwar …

      Posting anda tentang analisis psikologi seputar ruqyah sangat menarik. Sudah lama saya menunggu analisis psikologi untuk permasalahan ruqyah dan tenaga dalam si blog ini.

      Fenomena supranatural sangatlah sulit dibuktikan jadi sebelum kita mengambil kesimpulan suatu fenomena itu adalah suatu fenomena supranatural, ada baiknya kita melihat dari sudut keilmuan yg ada sekarang ini.

      Manusia memiliki dimensi pikiran dan dimensi fisik. Sebenarnya ada 2 cabang ilmu yg bisa menjelaskan ini. Ilmu Psychology untuk dimensi pikiran / emosi / kejiwaan manusia dan Ilmu Physiology untuk menjelaskan aspek fisik yg terjadi pada tubuh manusia.

      Ke dua ilmu ini bisa kita gunakan untuk menjelaskan suatu fenomena yg berhubungan dgn aktifitas manusia. Jadi sebelum terburu-buru masuk ke ranah supranatural ada baiknya kita melakukan pendekatan ke 2 ilmu ini.

      Mematahkan Mitos yg salah suatu perbuatan yg sangat baik tetapi janganlah kita mematahkan suatu Mitos dgn menciptakan Mitos baru.

      Posting anda sangat menyegarkan

      Salam kenal

  10. ternyata potensi ruqyah sangat besar ya…
    mungkin praktisi ruqyah dan pisikolog muslim dapat bekerja sama untuk lebih menggali manfaat ruqyah.

    orang barat menggunakan musik mozzart kita orang muslim bangga menggunakan lantunan ayat-ayat alquran.

    jadi ngebet nih nunggu tulisan mas anwar tentang tenaga dalam…….

    salam kenal…

  11. @ Nyimak

    Terima Kasih untuk pertanyaannya

    Saya rasa ada mekanisme dalam tubuh manusia untuk memasuki alam bawah sadarnya ( Subconscious Mind ) – sugesti ( afirmasi ) adalah salah sarana untuk mentrigger mekanisme tsb.

    Apakah doa dan shalat termasuk sugesti ?

    Tergantung bagaimana anda melihatnya, tapi pertanyaan yg mendasar bagi saya bukanlah apakah doa dan shalat termasuk sugesti. Pertanyaan yg lebih mendasar adalah apakah shalat dan doa juga mentrigger mekanisme dalam tubuh manusia untuk memasuki alam bawah sadarnya ( Subconscious Mind )

    Saya rasa artikel penelitian bacaan Al Qur’an yg diposting Perdana bisa memberikan gambaran tsb. Hanya saja penelitian tsb tidak dikembangkan lebih jauh hubungan antara pembacaan Al Qur’an dgn Subconscious Mind manusia. Pasti akan menarik sekali jika penelitian tsb dikembangkan lebih jauh lagi.

    Tapi sekilas anda bisa melihat hubungan tsb dari penelitian tsb.

    Penelitian tentang pengaruh suara atau dalam bahasa Perdana “frekuensi suara yang dapat menyembuhkan penyakit psikis ” tentunya bisa juga dikembangkan untuk pembacaan doa atau mantera dalam agama lain. Misalnya dalam Yoga banyak digunakan frekuensi suara dalam latihannya.

    Sekilas bisa kita lihat suara sangat berhubungan erat dgn subconscious mind manusia

    Jadi akan menarik jika diadakan penelitian menyeluruh antara frekuensi suara yg dihasilkan “doa” dari berbagai aliran agama yg di dunia – apakah memang memiliki efek yg sama.

    • @ jiwa01

      “terlalu banyak unsur sugesti dalam permasalahan ruqyah”.
      Berarti anda melihat itu dari sudut pandang psikologi. Sekarang saya mau tanya jika ruqyah dilihat dari sudut pandang iman islam, penjelasan anda bagaimana?

      “apakah shalat dan doa mentrigger mekanisme dalam tubuh manusia untuk memasuki alam bawah sadarnya”. Jawaban saya iya, jika dilakukan dengan khusyu. Ini masih jawaban menurut sudut pandang psikologis.

      Saya jadi mau bertanya, apakah anda mempercayai bahwa jin dapat memasuki tubuh manusia dan memberi pengaruh pada manusia yang dirasukinya tersebut?

      • @ Nyimak

        Bagaimana ruqyah dilihat dari sudut pandang iman Islam ?

        Saya bukanlah seorang Ustadz atau ahli agama, jadi saya merasa tidak mempunyai kompetensi untuk mejawab pertanyaan anda :D

        Saya pribadi percaya pembacaan Al Qur’an mempunyai efek kejiwaan bagi yg membaca ataupun mendengarkannya. Saya rasa saya hanya bisa menjawab sebatas ini saja.

        Mengenai pertanyaan kedua, saya pribadi mempercayai keberadaan jin, dan kemampuan jin mempengaruhi manusia. Tetapi fenomena seperti ini sangat sulit dibuktikan dan banyak sekali overlap dgn masalah psychology dan physiology seseorang.

        Saudara Anwar sudah menjelaskan salah satu fenomena yg melibatkan keluarga dekatnya – yg bagi lingkungannya dianggap fenomena kemasukan jin. Ternyata keluarganya tsb mengalami radang otak, sehingga menggangu physiology tubuhnya secara keseluruhan sehingga keluarganya tsb mengalami gejala halusinasi.

        Jadi sebelum kita terburu-buru masuk ke ranah supranatural, ada baiknya kita melihat dari sudut ilmu psychology dan ilmu physiology terlebih dahulu.

        Jika memang kedua ilmu ini tidak bisa menjawab fenomena tsb baru kita melihat kemungkinan adanya unsur supranatural dalam fenomena tsb.

      • Saudara Anwar sudah menjelaskan salah satu fenomena yg melibatkan keluarga dekatnya – yg bagi lingkungannya dianggap fenomena kemasukan jin. Ternyata keluarganya tsb mengalami radang otak, sehingga menggangu physiology tubuhnya secara keseluruhan sehingga keluarganya tsb mengalami gejala halusinasi.
        Jadi sebelum kita terburu-buru masuk ke ranah supranatural, ada baiknya kita melihat dari sudut ilmu psychology dan ilmu physiology terlebih dahulu.

        suatu bentuk dikotomi yang salah oran awam selalu menggap ruqyah hanya untuk gangguan jin/makhluk halus saja, dan juga merupakan bentuk dikotomi yang salah pula jika mengganggap ruqyah adalah wilayah supranatural sebab ruqyah sudah masuk kewilayah ilmiah karena sudah banyak ahli yang meneliti ruqyah secara ilmiah. JIka ruqyah dianggap wilayah exorcism dan supranatural maka sangat wajar jika ketika diperiksa dari sisi medis dan ternyata ada sakit medis maka ruqyah langsung dihentikan/tidak mau meruqyah dan diruqyah. padahal jika pasien mau istiqamah ruqyah dengan selalu memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an walaupun ternyata dia terkena sakit medis maka hikmahnya luar biasa besarnya, pasien setiap detik akan mendapat pahala dari Allah, selalu dekat dengan Allah, menambah keimanannya, jika belum ajalnya dia akan mendapatkan kesembuhan sebab kalam ilahi yang diperdengarkan mengandung mu’jizat frekuensi getaran suara yang menyembuhkan, jika sudah sampai ajalnya maka Insya Allah dia akan mendapatkan khusnul khatimah, sebab pada akhir hayatnya dia selalu ingat pada Allah dengan perantara ayat suci Al-Qur’an yang didengarkannya.
        jika ingin mendownload pilahan ayat suci Al-Qur’an khusus untuk ruqyah yang dibacakan para masyayikh (masya Allah jika rekan-rekan mendengarnya ! suara mereka sangat bagus) bisa kunjungi link http://perdanaakhmad.multiply.com/video/item/9

        Ruqyah untuk orang yang sakit medispun ada berbagai macam tekhnik syar’i yang bisa dilakukan, seperti membacakan diair putih ayat-ayat syifa lalu diminumkan dan selalu diusapkan ditempat yang sakit, meletakkan tangan ditempat yang sakit lalu membacakan ayat ruqyah, membacakan ayat ruqyah lalu meniup ditempat yang sakit, selalu mendengarkan ayat-ayat ruqyah, dan berbagai tekhnik lainnya dan juga bisa digabung dengan tekhnik psikologis seperti mensugesti pasien agar dia selalu optimis, percaya diri, tidak mudah putus asa dll (panjang jika saya menjelaskan ;) )

      • Assalamu’alaikum Mas Jiwa01

        Inti dari pembahasan ini adalah

        1. Pembuktian (kajian ilmiah)
        2. Keimanan terhadap Al-Quran dan hadits

        Untuk kajian ilmiah tentu Mas Perdana yang lebih kompeten daripada saya, dan saya pribadi masih fokus pada teman-teman muslim yang mengingkari hadits-hadits sohih yang sudah dikemukakan mengenai ruqyah syar’iyyah.

        Dilanjut mas..

    • Penelitian tentang pengaruh suara atau dalam bahasa Perdana “frekuensi suara yang dapat menyembuhkan penyakit psikis ” tentunya bisa juga dikembangkan untuk pembacaan doa atau mantera dalam agama lain. Misalnya dalam Yoga banyak digunakan frekuensi suara dalam latihannya.

      Sekilas bisa kita lihat suara sangat berhubungan erat dgn subconscious mind manusia

      Jadi akan menarik jika diadakan penelitian menyeluruh antara frekuensi suara yg dihasilkan “doa” dari berbagai aliran agama yg di dunia – apakah memang memiliki efek yg sama.

      yang harus anda pahami adalah memang benar suara dapat mempengaruhi jiwa dan raga kita, ada frekuensi getaran suara yang dapat membuat kita menjadi tenang dan ada pula yang dapat membuat kita bersifat anti sosial (music Rock/underground). Rasulullah mengahramkan kita untuk memperdengarkan suara musik/lagu yang dapat menimbulkan syahwat (syahwat sangat berhubungan dengan alam bawah sadar manusia), maka pasti juga rasulullah mengharamkan kita untuk mendengarkan frekuensi suara yang dapat menenangkan namun menyesatkan (berbuat syirik dengan membaca mantra agama lain). seperti lantunan suara/musik meditasi agama lain dengan menyebut om….., atau puja dewa syiwa atau bahkan mungkin umat kristen dapat menenangkan dirinya dengan mengucap tuhan yesus kristus berulangkali. sarana untuk memasuki alam subconscious mind manusia ada banyak fersinya namun kita sebagai umat islam harus meyakini adalah “mu’jizat” dari getaran Suara Ilahi (ayat suci AlQur’an) dibandingkan ferkuensi geratan suara lainnya didunia ini.

    • @ Nyimak

      Apakah doa dan shalat termasuk sugesti ?

      Drs.Sentot Haryanto, M.Si (dekan Universitas Gajah Mada fakultas Psikologi yang juga dosen pembimbing skripsi saya dahulu ;) )dalam bukunya “Psikologi Shalat” membahas mengenai aspek-aspek psikologis dalam Ibadah Shalat. termasuk dalam hal ini aspek auto sugesti dalam shalat. beliau menjelaskan Aspek Auto Sugesti dalam shalat, berikut ini penjelasannya :
      Bacaan-bacaan dalam shalat berisi hal-hal yang baik, berupa pujian, mohon ampunan, doa maupun permohonan yang lain. Hal ini sesuai dengan arti shalat itu sendiri, yaitu shalat berasal dari bahasa Arab berarti doa mohon kebajikan dan pujian. Menurut Thoules (1992) auto-sugesti adalah suatu upaya untuk membimbing diri pribadi melalui proses pengulangan suatu rangkaian ucapan rahasia kepada diri sendiri yang menyatakan suatu keyakinan atau perbuatan.
      Hal ini di dukung oleh De Porter dan Hernacki (1992) dalam bukunya Quantum Learning yang menyebutkan bahwa konsep ini berasal dari konsep Dr. Georgi Lozanov yang melakukan eksperimen yang disebut sugestology atau sugertopedia yang pada prinsipnya bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar.
      Jadi dengan kita shalat kita memberikan efek mensugesti diri sendiri untuk menjadi lebih baik karena kita terus mengulang-ulang doa,permohonan dalam shalat yang akan masuk kedalam alam bawah sadar kita untuk bisa beriikhtiar atau berusaha agar cita-cita yang kita inginkan tercapai berkat ridho dan pertolongan Allah.
      lihat di http://ruqyah-online.blogspot.com/2007/12/hidup-sehat-dan-selamat-dunia-akherat.html penjelasan langkapnya

      @Jiwa

      Ruqyah banyak unsur sugestinya

      maka jika ruqyah banyak unsur sugesinya begitu juga dalam shalat, sugesti bukanlah hal yang buruk dan tidak akan merendahkan derajat sunnah ruqyah dan kewajiban shalat :)….begitu loh….bung Jiwa :) :) :)

      • @ Perdana

        Saya memang mengatakan ruqyah penuh dgn sugesti, tetapi saya sama sekali tidak memberi penilaian apakah sugesti dalam ruqyah itu baik atau buruk lo :D Sebenarnya maksud penyataan saya tsb sudah dijawab oleh Bung Anwar dgn analisis psikologi nya tentang ruqyah. Bung Anwar sudah menjelaskan tahap demi tahap proses sugesti tsb – setidaknya ada 5-6 tahap sugesti – dilaksanakan dalam ruqyah :

        1. Pre Induction – Dalam kegiatan ruqyah biasanya jamaah/pasien terlebih dahulu mendapat ceramah pendahuluan.

        2. Hyper Induction – Ketika proses ruqyah ada kata-kata bagi yang pernah ke paranormal, menuntut ilmu kebatinan, tenaga dalam dan lain sebagainya maka jin akan mempengaruhi orang tersebut ketika dibacakan ayat-ayat ruqyah maka akan menimbulkan efek ( sugesti ) seperti berontak, menangis, kepanasan dan keadaan risih dan sebagainya – Dalam bahasa saya ini proses membangkitkan Guilty Feeling yg mungkin tersimpan di alam bawah sadar participant ruqyah, proses induction ini juga akan membangkitkan trauma2 kejiwaan yg selama ini tersimpan dalam subconscious mind participant.

        3. Participant compliance – Dalam proses ruqyah jamaah diharuskan ikhlas berdasarkan kemauan sendiri dan tidak menolak untuk menjalani prosesi ruqyah, dan jamaah harus khusu/focus pada bacaan ruqyah yang dikumandangkan – jika unsur penolak cukup besar akan jauh lebih sulit menerima sugesti.

        4. Proses Deepening Relaksasi – setelah didengarkan bacaan ruqyah dan jamaah mendengarkan dengan khusu yang memiliki pengaruh melelahkan pikiran yang merupakan suatu proses awal pembukaan pikiran bawah sadar kita. Ditambah dengan keadaan sekitar yang gerah mungkin karena banyaknya jamaah dan teriakan pasien lain sehingga lebih mudah kita terbawa situasi pada saat itu.

        5. Shock Injuction – Ada juga proses pemukulan di bahu ataupun bagian lain yang akan lebih membuka pikiran bawah sadar kita sehingga menghilangkan keseimbangan pola pikir dan kesadaran.

        6. Post Induction – Setelah diberi sugesti “penyembuhan” pasien kembali sadar kembali dan pasti dengan keadaan serta keimanan yang lebih baik dari sebelumnya.

        Analisis Psikologis Bung Anwar ini menarik karena bisa digunakan untuk menjelaskan mengapa tidak semua orang – khususnya praktisi Tenaga Dalam – mengalami efek yg sama ketika mengikuti terapi ruqyah.

        Dalam shalat dan doa memang ada aspek sugestinya, tetapi tentu saja ada perbedaan antara aspek sugesti dalam shalat dan doa yg bersifat autosugesti dengan aspek sugesti dalam ruqyah terutama hubungannya dgn kondisi trance yg sering terjadi pada proses ruqyah.

        Anggap saja seorang yg mengalami radang otak seperti yg dialami salah seorang keluarga Bung Anwar mengikuti Ruqyah. Karena kondisi physiology yg diakibatkan radang otak tsb memudahkan orang tsb menerima Induction ( Sugesti ) yg diberikan selama ruqyah. Sugesti ruqyah ini akan mentrigger halusinasi-halusinasi yg biasa dialami selama ini. Orang tsb akan memasuki kondisi trance yg sama seperti dialami kasus kesurupan.

        Pertanyaannya adalah apakah trance yg dialami orang tsb memang akibat kemasukan jin ( Faktor Supranatural ) ? Ataukah trance yg dialami sebenarnya adalah akibat sugesti yg diberikan selama terapi ruqyah tsb ( Faktor Psychology ) ? Atau trance yg dialami sebenarnya adalah reaksi alami dari penyakit radang otak yg mungkin memang rentan terhadap sugesti yg diberikan sekitarnya ( Faktor Phisiology ) ?

        Banyaknya aspek sugesti pada ruqyah akan membawa kita pada pertanyaan-pertanyaan seperti di atas. Jadi ketika seseorang mengalami trance dalam proses ruqyah ada 3 kemungkinan yg menyebabkan itu semua :

        Kemungkinan pertama karna kondisi phisiologis participant yg memang rentan terhadap sugesti yg diberikan selama proses ruqyah. Kedua karena kondisi psikologis participant yg mungkin memang memiliki Suggestibility yg tinggi sehingga ketika proses sugesti ruqyah dgn mudah participant ini masuk ke dalam kondisi trance ( Subconscious Mind ) dan pada kondisi trance ini lah semua trauma kejiwaan yg pernah dialami – yg selama ini tersimpan dalam subconscious mindnya – akan termuntahkan keluar. Kemungkinan ketiga karena memang ada unsur supranatural ( jin ) yg terlibat di dalam trance tsb

        Karena sulitnya membuktikan unsur supranatural dalam suatu fenomena dan juga banyaknya unsur sugesti dalam ruqyah ini maka Bung Anwar mengatakan hanya 20 persen kasus trance ruqyah yg murni melibatkan aspek supranatural ( fenomena kemasukan jin ) sedang 80 persen lainnya lebih karena kondisi phisiologis dan psikologis yg dimiliki participant yg memudahkan participant tsb memasuki subconcious mindnya ( trance ) selama proses ruqyah berlangsung.

        Pointnya adalah tidak setiap trance disebabkan karna adanya unsur supranatural ( jin ), faktor psikologi dan faktor phisiologi juga bisa mentrigger seseorang masuk ke dalam kondisi trance tsb. Disinilah aspek sugesti yg begitu banyak dalam ruqyah bisa menjadi suatu permasalahan tersendiri. Saya rasa memang perlu diadakan penelitian ilmiah yg lebih mendalam tentang aspek exorcism, trance dan sugesti dari ruqyah ini terutama korelasinya dgn subconscious mind manusia.

    • @ Jiwa01

      Korelasi antara doa (semua agama) terhadap effect psicology jelas ada dan terbukti secara ilmiah. Saya sudah mendengar banyak psikolog (dari berbagai agama) yang menerapkan terapi doa (dengan doa agamanya masing-masing).

      Tapi perlu diingat untuk muslim yang memiliki faham sekuler, jangan korelasi tersebut dijadikan salah satu penguat argumentasinya bahwa “semua agama sama karen bukti ilmiah tersebut”.

      • @ Nyimak

        Betul saya setuju dengan anda, yg ingin saya sampaikan adalah adanya satu mekanisme internal yg ada di dalam tubuh manusia yg bersifat universal.

        Salah satu mekanisme ini adalah mekanisme dalam tubuh manusia untuk memasuki alam bawah sadarnya ( Subconscious Mind ) – dgn mentrigger mekanisme inilah Doa dari berbagai macam agama memberi efek ke dalam tubuh dan pikiran manusia.

        Tapi tentunya sebagai umat yg beragama kita pun harus mengakui bahwa masih banyak faktor lain yg bekerja yg mungkin kita belum ketahui – hanya Allah yg mengetahui hal-hal yg ghaib. Untuk itu saya tetap menjaga faktor X ini sebagai batasan.

        Itu sebabnya saya tidak menjawab secara langsung pertanyaan anda tentang Shalat dan Doa :D

        Pertanyaan awal bung Nyimak adalah ” Saya mau tanya mas, kalau shalat dan do’a, itu termasuk sugesti atau tidak? ” It’s a little bit tricky question :D

        Jika kita menjawab pertanyaan bung Nyimak dengan jawaban YA – Shalat dan Doa termasuk sugesti – maka implikasinya cukup riskan. Akan timbul pernyataan seperti ini ” Kalau begitu boleh dong kalo kita ganti Shalat dan Doa dgn Sugesti ( Afirmasi ) – Shalat dan Doa kan termasuk ( hanya bagian ) Sugesti ”

        Untuk menghindari implikasi tsb bagi saya pertanyaan yg mendasar adalah bukan apakah Shalat dan Doa termasuk Sugesti tetapi apakah Shalat dan Doa juga mentrigger mekanisme dalam tubuh manusia untuk memasuki alam bawah sadarnya Dengan demikian ketika bung Nyimak menjawab YA – Shalat dan Doa juga mentrigger mekanisme tsb – maka jawaban ini tidak menimbulkan implikasi seperti jawaban YA pada pertanyaan awal bung Nyimak.

        Karna jawaban YA – Shalat dan Doa juga mentrigger mekanisme tsb – hanya mengimplikasikan bahwa sugesti hanyalah salah satu aspek dalam shalat dan doa

        Ketika bung Nyimak menjawab YA – Shalat dan Doa juga mentrigger mekanisme tsb. Bagi saya jawaban ini sudah menjawab pertanyaan awal yg ditanyakan bung Nyimak kepada saya tanpa harus mengambil resiko yg cukup riskan untuk menjawabnya. Itu sebabnya saya tidak memperpanjang diskusi tentang Shalat dan Doa tsb – bung Nyimak sudah menjawab sendiri pertanyaan yg diajukan ke saya :D

        Tentu saja penjelasan dari Dosen Psikologi bung Perdana lebih memperjelas lagi jawaban bung Nyimak ini.

        Karena kesibukan pekerjaan saya. Saya biasanya hanya membuka blog ini seminggu sekali. Biasanya saya hanya akan memberi comment jika ada yg menarik untuk dikomentari saja.

        Jadi maaf jika ada pertanyaan yg mungkin tidak sempat saya jawab

    • Saya mengajak Mas Tomi untuk meluruskan teman-teman yang masih mengingkari hadits-hadits sohih mengenai ruqyah syar’iyyah.

      Adapun “sentimen” pribadi/kelompok harus kita singkirkan, sehingga tidak tercampur-baur antara kebenaran yang terdapat pada Al-Quran dan Hadits dengan “emosi”.

      “Janganlah kebencian terhadap suatu kaum membuat kita tidak berbuat adil pada kaum tersebut”.

      • salam bung nyimak :)

        “Janganlah kebencian terhadap suatu kaum membuat kita tidak berbuat adil pada kaum tersebut”.

        SETUJU :)

        Saya pribadi tidak mengingkari rukyah syariiyah.Yg berbeda mungkin, bahwa rukyah harus pula didukung dengan pemahaman yang luwes dan luas.

        ayat kursi, asmaul husna jika diulas dengan kajian mendalam,maka bisa meresapkan pemahaman ke lubuk jiwa dg baik. Shg, ia menjadi sehat akal, sehat pikir, sehat emosi, sehat rasa…

        dimensi tauhidnya luar biasa jika dikaji,bisa menimbulkan ketahanan mental dan jiwa.

        saya sendiri sampai terkagum-kagum sendiri..

        salam hangat :)

  12. assalamualaikum….

    permohonan maaf saya pada teman-teman, mungkin untuk satu minggu kedepan saya belum melakukan posting tentang tenaga dalam.

    saat ini saya sedang melakukan kursus singkat tenaga dalam (senam pernafasan) pada kenalan saya yang insya allah memiliki tingkat pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan (S-1 Ekonomi). sebab saya ingin mendapatkan informasi dan merasakan langsung pengaruh apa yang akan saya dapatkan. saya sudah membaca beberapa buku dan postingan tentang tenaga dalam, tapi menurut saya itu saja belum cukup.

    satu pesan saya kepada teman-teman yang sedang berlatih tenaga dalam yang biasanya dilakukan selepas sholat isya. ” Jangan meninggalkan Sholat Isya Berjamaah, karena basar sekali manfaatnya bagi diri kita”

    Maaf dengan pesan saya ini, karana saya melihat teman-teman berlatih saya kebanyakan menunda sholat isya-nya.

    mohon doanya, semoga Allah memberikan petunjuk dan perlindungan-NYA bagi saya.

    tiada daya dan upaya selain atas izin allah semata.

    salam

    • @ Anwar

      Kalau hasil belajarnya bisa meningkatkan power, reflek gerak, dan melatih nafas jadi panjang (bermanfaat untuk renang) sangat bermanfaat mas. Tapi kalau menghasilkan kemampuan lebih dari itu misal mampu menerawang, kebal senjata tajam, bahkan mampu melihat jin, harus hati-hati ya mas, maksudnya disaring lagi dengan ilmu agama islam. Semoga bermanfaa latihannya, amin.

  13. Sebelumnya, saya apresiatif atas usaha bung PA yang gigih memerjuangkan Al-Quran dan Alhadist, dengan sarana rukyahnya.

    Spt yg saya share dg bung PA, saya kurang sepakat dg cara beliau yang kemudian menghadirkan pihak-pihak lain dalam bingkai sesat. Tetapi, saya tetap bangga dan takdim atas semangatnya yang gigih.

    Mengenai TD saya LEBIH setuju dg ulasan sodara bung jiwa01. Mengenai klaim sesat bung PA, menurut saya tak lepas dr pengalaman buruk bung PA selama ttg TD.Bg saya, lebih baik bung PA, mendefinisikan ulang ttg opininya ttg TD dg cara menyimak lebih lanjut.Tp ini sekedar masukan saya.. :)

    Kedua, saya sepakat ttg kesempurnaan Alquran. Yg tidak sy sepakat,ktk Alquran dimitoskan dlm bentuk rukyah,yg ujung2nya berdampak munculnya kesaktian berkat membacanya. Ini juga rentan bid`ah,sebab Nabi Saw tdk pernah mengajarkannya.

    Akan lebih sempurna, jangan berhalakan Alquran sampai sejauh itu. Karena yang Haq adalah Allah Swt. Bagaimana caranya? Dg menekuni muatan Alquran yang penuh hikmah. Di dalamnya, berisi sumber2 pengetahuan, baik yang memuat perihal sehatnya emosi-pikiran, dan spritualitas.

    Maka, jadikan Alquran sebagai bahan dan sumber telaah yang dalem`. Shg mendapatkan intisarinya yang tak habis2 u penyelesaian dan pemecahan permasalahan umat manusia yang lengkap sekali.

    Misalnya, tentang masalah2 kejiwaan umat manusia, dan bagaimana mengatasinya. Juga, terkait ilmu politik, budaya, social dan ekonomi. Ini sungguh luar biasa. Bahkan, seorang nonmuslim bernama Sachico Morata sampai terkagum2 pd muatan Alquran. Ia pun mengungkapkan keistimewaan yang ditemukannya dalam bentuk buku.

    Orang yang kesurupan,jika mendalami aspek kejiwaan Alquran, dg sendirinya ia bisa sembuh total. Kenp? Ia bisa menemukan pemecahan gejolak kejiwaan,yang membuatnya kalap pada takdir/nasib yang sedang menimpanya. Yang pd akhirnya, ia sampai pd kalimat ungkapan Agung: alhamdulillah..ya Allah…sungguh, hambalah yang mendolimi diri sendiri shg saya terbelenggu begini rupa…

    Akhi Bung PA, terima kasih sharing2 antum selama ini ya 
    Banyak hal yang saya dapat dalam diskusi dib log jenengan…salam ukhuwah selalu,juga untuk semua penggemar blog ini.

    Bila selama ini ada kata kurang tepat dan kurang berkenan di hati, saya mohon maaf…

    Assalamu`alaikum, wr.wb..

    • “Al-Qur’an dimitoskan dalam bentuk ruqyah, yang ujung2nya berdampak munculnya kesaktian berkat membacanya.”

      > Kalau boleh tau pada artikel atau komentar yang mana mas perdana mengatakan hal tersebut?
      Saya khawatir anda salah persepsi dan dengan keadaan “emosi” saat memahaminya.

      Untuk para pembaca lainnya.

      Penggunaan kata “sesat, syirik, dan musyrik” itu umum digunakan oleh orang-orang yang berdakwah masalah AQIDAH TAUHID karena memang kualitas hukum/sangsinya dari Allah SWT pun paling tinggi. Itu menunjukkan betapa besar dan seriusnya permasalahan syirik tersebut.

      • bukankah rukyah ala bung PA u keajaiban pengusir jin/setan?bahkan bisa membakar?

        gunakanlah Alquran untuk mengaji/mengkaji kehidupan..
        termasuk untuk berdakwah pd makhluk halus/jin misalnya, dan bukan untuk merusak diri mereka…jika memang kita mengetahui dan mengenal apa yang dimaksud dg alam jin….

        jangan-jangan,kita nol pengetahuan tentangnya? tentang mereka2 yg diributkan disini??

        sungguh,mari kita kaji kembali surah khusus tentang jin dalam Alquran…

        apakah nabi Saw pernah melakukan rukyah macam bung PA?

        ini hanya untuk memancing kajian yang objektif dan sesuai koridor.

        rukyah [pengusir setan/jin,sama saja memitoskan Alquran,spt halnya para jahiliyah zaman nabi memberhalakan penmgetahuan dan leluhurnya.Sama jg dg kaum modernis,yang memitosberhalakan ilmu pengetahuan….shg mereka hancur disebabkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya….

        adalah syrik besar memberhalakan Alquran,karna sejatinya, Alquran isinya adalah petunjuk u kehjidupan yang sempurna.Bukannya jstr digunakan sbg `manta pengusir makhlus halus` :D

        ini masukan saya
        Sukron jazila :)

      • Alhamdulillah, dengan begini jadi jelas permasalahannya (pada Bung Tomi, karena permasalahan diuraikan).

        “bukankah rukyah ala bung PA u keajaiban pengusir jin/setan?”

        > Memangnya ruqyah itu untuk apa mas tomi? tolong jelaskan jika anda punya pemahaman dan hikmah yang lain mengenai ruqyah?
        > Setau saya keajaiban/manfaat ruqyah itu sesuai dengan apa yang Rasulullah informasikan melalui hadits-haditsnya.

        “bahkan bisa membakar?”

        > Mengenai terbakarnya jin dengan ruqyah (doa) saya memang belum begitu mengetahui, mungkin nanti ada penjelasan dari Bung Perdana. Tapi, ada beberapa hadits yang menunjukkan bahwa jin dapat terbakar dan terluka (walau jin berasal dari api). misalnya, dengan panah api (meteor) ketika jin mencuri berita langit. Terluka dengan air panas, mangkanya kita harus hati-hati ketika membuang air panas (baca bismillah). Saya rasa hadits-hadits yang menerangkan hal tersebut Bung Tomi sudah tau, kalau belum tau nanti saya coba buka buku lagi untuk menginformasikannya.

        “gunakanlah Alquran untuk mengaji/mengkaji kehidupan..
        termasuk untuk berdakwah pd makhluk halus/jin misalnya, dan bukan untuk merusak diri mereka…”

        > Ketika ada pasien yang ternyata memang mengalami gangguan jin, maka jin tersebut diminta untuk tidak mengganggunya lagi (didakwahi), namun kalau masih tetap membandal maka akan diberi peringatan dan dihukum sesuai dengan terus meruqyahnya.

        “apakah nabi Saw pernah melakukan rukyah macam bung PA?”

        > Contohnya yang seperti apa?

        “rukyah [pengusir setan/jin,sama saja memitoskan Alquran,spt halnya para jahiliyah zaman nabi memberhalakan penmgetahuan dan leluhurnya.Sama jg dg kaum modernis,yang memitosberhalakan ilmu pengetahuan….shg mereka hancur disebabkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya….

        adalah syrik besar memberhalakan Alquran,karna sejatinya, Alquran isinya adalah petunjuk u kehjidupan yang sempurna.Bukannya jstr digunakan sbg `manta pengusir makhlus halus`”.

        > Pada beberapa artikel terdahulu pertanyaan ini sudah sering dijawab?dijelaskan. Coba Bung Tomi baca-baca lagi, mungkin terlewat.

        Pernyataan saya pribadi.

        Perdana Akhmad adalah manusia biasa sama seperti kita. Sementara Al Qur’an dan Sunnah adalah pedoman wajib bagi setiap muslim. Oleh karena itu, siapapun (muslim) yang menyuarakan kebenaran wajib kita dukung. Adapun jika nanti ditemukan penafsiran atau penembapat dalil-dalil yang keliru maka kita perbaiki bersama.

        Ini penjelasan saya, jika ada kekeliriuan silahkan ditanggapi.

        Salam damai selalu Bung Tomi.

      • sukron akhi Nyimak :)

        saya tidak punya pemahaman lain,hehe
        selain mendudukkan perkara pada tempatnya :)

        terkait rukyah,sebenarnya akan lebih bagus dan ampuh,jika merukyah seseorang dg aspek inti Alquran, yakni kitab suci yang berisi petunjuk-petunjuk Allah Swt.

        tak sekedar merukyah dg membacanya, lebih dari itu, merukyah dg pemahaman Alquran sekaligus!

        sayangnya,kita terjebak pada memistiskan Alquran,ketimbang mengkajinya lebih luwes dan luas…

        saran saya kepada bung PA..
        sesekali,mengajinya dengan kapasitas sebagai sarjana psikologi,.Tentu ini lebih tepat,dan meminjam istilah bung Jiwa01, lebih MENYEGARKAN :)

        sebab apa?
        disinilah perbedaan antara Alquran dan kitab2 suci lainnya..
        petunjuk2 di dalamnya lintas zaman dan peradaban.Bayangkan saja, kenapa keistimewaan Alquran jstr lebih banyak diketemukan keajaibannya oleh nonmuslim ktmbng umat Islam sendiri?

        ketika di warga Barat benci Islam dg terorismenya..banyak kalangan mereka jstr penasaran,kemudian dg sungguh2 mengkaji apa itu Islam dg Alqurannya…

        hasilnya? Luar biasa.Jstr membuat banyak nonmuslim masuk Islam….

        referensi untuk dibaca:silahkan ditanya mbah Google artikel dr Sachico Murata, ini hanya di antaranya…

        terkait rukyah…
        ada penelitian menarik dr Herbet Benson ttg keimanan.Dicari saja..
        tidak terkait rukyah,tp bisa menjelaskan fenomena rukyah menurut saya :)

        mgkin ada tanya: kok tokoh nonmuslim?
        saya sendiri,sedang coba cari yang muslim,dan punya penelitian kejiwaan sampai sekarang…

        barangkali diantara antum2 semua punya saran referensi?

        salam ukhuwah…

      • @ Tomi

        “adalah syrik besar memberhalakan Alquran,karna sejatinya, Alquran isinya adalah petunjuk u kehjidupan yang sempurna.Bukannya jstr digunakan sbg `manta pengusir makhlus halus` :D”

        > Al-Qur’an juga merupakan kumpulan doa ada buanyak sekali dalilnya, Bermantra (meruqyah) dengan bacaan Al Qur’an adalah bagian dari mengamalkan Al Qur’an sebagaimana Rasulullah Saw meniup kedua tangannya dengan membaca Al Ikhlash. Al Falaq, dan An Nas disaat beliau sakit menjelang wafatnya, kemudian beliau mengusapkan kedua tangannya ke seluruh tubuhnya. Dari Aisyah ra berkata : “Bahwa Nabi Saw pernah peniup untuk dirinya dalam keadaan sakit menjelang wafatnya dengan bacaan Al Mu’awwidzat, surat Al Ikhlash dan Al Mu’awwidzatain. Maka ketika beliau kritis, akulah yang meniupkan bacaan itu dan aku usapkan kedua tangannya ke tubuhnya karena keberkahan tangannya.” (HR. Bukhari, Muslim).

        Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi kaum yang berfikir

        Al Quranul Karim yang kita imani sebagai kitab petunjuk, maka membacanya, mentadabburinya, mengamalkannya, dan mendakwahkannya, dan memperjuangkan tegaknya hukum Al Qur’an adalah ia sebagai Asy Syifa’ (obat) dan Ar Rahmah (kasih sayang) dari Allah bagi orang-orang yang beriman. Allah berfirman dalam Surat Al Isra’ ayat 82 :“Dan kami turunkan Al Qur’an yang dia itu sebagai obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

        Dan Allah berfirman dalam surat Fushshilat ayat 44 :“Katakanlah : Dia (Al Qur’an) bagi orang-orang yang beriman sebagai petunjuk dan obat.”

        Syekh Asy Syinqithi rahimahullah berkata : obat yang mencakup penyakit-penyakit hati seperti ragu-ragu, kemunafikan, dan yang lainnya, juga obat yang mencakup penyakit-penyakit fisik apabila diruqyahkan kepadanya, sebagaimana kisah seorang yang terserang binatang berbisa kemudian diruqyah dengan Al Fatihah. (Lihat Adhwaul Bayan 3/624).

        Syekh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dengan mengutip perkataan Imam Qurthubi, “Termasuk mantra/jampi yang dibolehkan adalah terdiri dari kalam Allah (al-Qur’an) atau asma’-Nya, atau yang do’a yang telah diajarkan Rasulullah.” (Kitab Fathul Bari : 10/196).

        Kutipan dari

        http://metafisis.wordpress.com/2010/01/28/tanggapan-kepada-guru-utama-hikmatul-iman-dan-anak-muridnya-yang-ingkar-sunnah-ruqyah/

      • “terkait rukyah,sebenarnya akan lebih bagus dan ampuh,jika merukyah seseorang dg aspek inti Alquran, yakni kitab suci yang berisi petunjuk-petunjuk Allah Swt.”

        > Bisa beri contoh misalnya seperti apa yang Bung Tomi maksud? Biar lebih jelas dan bisa difahami maksud dari “merukyah seseorang dg aspek inti Alquran”.

      • salam… :)

        Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi kaum yang berfikir

        Al Quranul Karim yang kita imani sebagai kitab petunjuk, maka membacanya, mentadabburinya, mengamalkannya, dan mendakwahkannya, dan memperjuangkan tegaknya hukum Al Qur’an adalah ia sebagai Asy Syifa’ (obat) dan Ar Rahmah (kasih sayang) dari Allah bagi orang-orang yang beriman. Allah berfirman dalam Surat Al Isra’ ayat 82 :“Dan kami turunkan Al Qur’an yang dia itu sebagai obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

        Dan Allah berfirman dalam surat Fushshilat ayat 44 :“Katakanlah : Dia (Al Qur’an) bagi orang-orang yang beriman sebagai petunjuk dan obat.”

        Syekh Asy Syinqithi rahimahullah berkata : obat yang mencakup penyakit-penyakit hati seperti ragu-ragu, kemunafikan, dan yang lainnya, juga obat yang mencakup penyakit-penyakit fisik apabila diruqyahkan kepadanya, sebagaimana kisah seorang yang terserang binatang berbisa kemudian diruqyah dengan Al Fatihah. (Lihat Adhwaul Bayan 3/624).

        YA. SAYA SETUJU :)

        rukyah Inti Alquran yang dimaksud adalah:selain membaca Alquran adalah berpahala,juga akan bertambah ketika kita juga memahami maksud dan makna di dalam Alquran sekaligus.
        Jadim,setelah dirukyah,dikaji maknanya…

        misal 1 contoh@Ayat Kursi…coba kita selami maknanya yang bisa membuat jiwa menjadi tentram jika maknanya kita ketahui secara mendalam….

        sebab,kebanyakan penyakit manusia,baik fisik dan batin,lebih banyak disebabkan oleh lemahnya akal-pikir kita atas fenomena kehidupan…
        sehingga mudah rapuh ketika ada fenomena yang tak sesuai harapan dan impian…
        aplagi jika kita termasuk orang yang menganut kesempurnaan diri…

        untuk jelasnya,saya sambung nanti saja.Soale,lagi perjalanan…

        salam :)

      • Kalo ga salah bung tomi mau menyampaikan “selain prosesi ruqyah ditambah juga dengan pembahasan Al-Qur’an?”.

        Jika itu yg dimaksud, para peruqyah juga sependapat dengan anda, tinggal nanti disepakati tempat & waktunya. Apakah pada majlis-majlis ta’lim yg ditunjuk/direkomendasikan, atau ditempat ruqyahnya sendiri, tinggal diatur saja. Yang perlu kita ingat adalah pembahasan/pembelajaran Al-Qur’an itu tidak instan.

        Biasanya di masjid-masjid jg ada jadwal kegiatan pembelajaran tersebut, seperti kajian hadits2 shahih, tafsir Al-Qur’an, dsb. Coba sj aktif/ikuti kegiatan tersebut karena bisa tanya-jawab juga dgn ustadznya. Tapi khusus untuk bung tomi sepertinya sudah tdk perlu belajar/ikuti kegiatan tersebut krn lulusan pesantren & sepertinya ilmu agama bung tomi jg sudah tinggi :)

  14. Assalamu’alaikum.

    Mas Perdana, recent posting tanggapannya bisa/tdk diset up tampil per hari? Maksudnya biar bisa ikuti semua tanggapan yg masuk pada hari tersebut.

    • yang jadi masalah saya ga bisa settingnya dan saya juga bingung sebab ga tahu cara agar komentar yang masuk langsung diapprove otomatis, diblog ini komen selalu dipending dan nunggu saya yang approve. bahkan untuk menampilkan gambar bergerak diblog ini saya minta bantuan/petunjuk ibnu fauzy (ibnufauzy.wordpress.com) hehehe maaf saya masih gaptek wordpress sedang blogspot saya mah udah paham ;)

      • Tengkyu infonya n bs dimengerti.

        Btw sy krm bbrp info ke e-mail jenengan (mas tomi, pinjam bahasanya ya :D ). Mdh2n udah nyampe, krn pk prangko kilat khusus haha.. Bravo mas..

      • Btw sy krm bbrp info ke e-mail jenengan (mas tomi, pinjam bahasanya ya :D ). Mdh2n udah nyampe, krn pk prangko kilat khusus haha.. Bravo mas..

        ok bung Nyimak, barusan saya buka 2 kiriman infonya, mohon beri saya waktu bberapa hari untuk menanggapinya infonya :)

      • Tenang saja mas, dahulukan pekerjaan utama anda, kalau ada waktu senggang baru direply. Semoga Allah SWT memberi kita kesehatan selalu. Saya lagi flu nih.. :)

  15. Sahabat,

    Coba lah kita benar-benar mengkaji Al Qur’an, bukan hanya sekedar mengaji..

    Bukalah ayat awal pada Surah-surah yang diawali dengan huruf hijaiyah seperti pada Surah
    AL BAQARAH,ALI ‘IMRAN,Al A’raaf, YUNUS, Huud, Yusuf AR RA’D,IBRAHIM,AL HIJR, Maryam, Thaahaa, Asy Syu’araa’,An Naml, Al Qashash, Luqman dst.
    Atau Surah yang paling sering dibaca yaitu Surah Yasin

    Maka akan temukan penjelasan dari Allah apa itu Al Qur’an. Yaitu sebagai Petunjuk, kabar gembira, peringatan, Hikmah, Pelajaran dari kisah umat terdahulu.

    Silahkan Anda simpulkan sendiri,
    - apakah Al Qur’an itu sebagai Petunjuk untuk memperoleh keselamatan dunia akhir bagi manusia yang masih hidup di dunia ?
    - apakah Al Qur’an itu diperuntukan bagi orang mati ?
    - apakah Al Qur’an itu untuk pengusir setan ?

    Saya percaya sahabat2 disini lebih mengerti mengenai mana Ibadah Madho yaitu ibadah ritual yang berhubungan dengan penyembahan kepada Allah. Dimana tertutup pintu untuk menambah nambah mengurang-ngurang (Bid’ah).
    Dan mana Ibadah muamalah yang Rasul sendiri menyerahkan kepada ahlinya. (Ijtihad)

    ——————————————————–
    Mengenai tenaga dalam, tergantung definisi yang diambil. Jika Definisi yang dipakai adalah bahwa tenaga dalam merupakan kekuatan yang diperoleh dari dalam tubuh melalui proses metabolisme tubuh, menurut hemat saya benar dan rasional.
    Bagi kita yang kurang paham mengenai anatomi dan proses pembentukan energi dalam tubuh mungkin lebih mudah dengan analogi.
    Tenaga dalam hal ini kalor, prosesnya sama seperti terbentuknya api.
    Ada 3 unsur yang harus terpenuhi. Jika salah satu tidak ada maka api tidak akan menyala. 3 unsur tersebut adalah : Bahan bakar, Oksigen, dan panas (heat) “makanya kenapa jika kompor bleduk kudu dikasih karung basah, karena untuk meniadakan unsur oksigen sehingga api menjadi padam)”.

    Tubuh manusia secara sederhana juga berproses seperti itu, bahan bakar berupa sari makanan (karbohidrat), oksigen yang didapat dari proses pernapasan, dan panas dari proses metabolisme tubuh.

    Mari kita lihat mesin mobil diesel, prosesnya sama yaitu udara dihisap melalui air intake menuju ruang bakar, diruang bakar disemprotkan fuel(solar),kemudian dengan pemampatan oleh piston (kompresi) terciptalah panas. dan boom terjadi ledakan diruang bakar sehingga mampu menggerakan mobil. Nah pada type mobil yang lebih mahal terutama mobil sport, ditambahkan aksesoris yang bernama turbo. Fungsinya adalah untuk menambah supply udara sebanyak2(oksigen) sehingga pembakarannya menjadi lebih sempurna. Dengan demikian power yang dihasilkan menjadi meningkat.

    Dalam tubuh manusia juga terjadi proses yang sama, hebatnya ditubuh manusia itu ada yang namanya paru2, yang berfungsi sebagai air intake untuk disupply keseluruh tubuh untuk membantu terciptanya energi untuk aktivitas tubuh. Pertanyaannya, apakah selama ini baik saya anda dan lainnya kita sudah mengoptimalkan seluruh kapasitas paru2 agar ia bisa berfungsi juga sebagai turbo? kebanyak2an dari kita menyia2kannya (kufur nikmat). Mungkin paling banyak kita hanya memakai 25% dari volume paru2 kita. Itu pun hanya pada saat kita dalam tekanan (stress) sehingga otak secara otomatis memerintahkan untuk mengambil napas panjang atau saat menguap ngantuk karena otak kekurangan oksigen. Dengan memakai analogi mesin mobil diatas maka semakin banyak udara yang dihisap,akan semakin sempurna proses pembakaran sari makanan maka akan semakin menambah power/kekuatan. Apakah nantinya akan menjadi kekuatan yang dasyat? wallahu a’lam..

    So, TALK LESS DO MORE

    • @ bung Azmiel
      Penjelasan anda ada yang kurang ;) , Kekuatan yang dahysat dari “energi fisik murni”(tenaga dalam) itu ada lanjutan penjabarannya.
      Kompenen penggunaan kekuatan yang dahsyat energi di tubuh terdiri dari tiga bagian. Bagian yang pertama dipakai untuk metabolisme basal tubuh. Metabolisme basal ini adalah kumpulan seluruh proses-proses yang terjadi dalam tubuh untuk mempertahankan kehidupan. Didalamnya tercakup energi yang digunakan oleh tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak, proses bernapas dan berpikir, proses berdenyutnya jantung, pendek kata untuk semua proses internal sel-sel dan jaringan tubuh untuk mempertahankan kehidupannya. Kurang lebih 70% energi yang kita konsumsi dipergunakan oleh tubuh untuk proses-proses fisiologis ini. Jadi meski kita tidur saja di rumah, kita tetap butuh makan untuk memenuhi kebutuhan energi ini.

      Yang kedua adalah energi untuk aktivitas fisik seperti untuk berjalan, menulis, berolahraga dan sebagainya. Besarannya sekitar 20 % dari penggunaan energi tubuh. Ini merupakan bagian yang paling dinamis dan bergantung pada berapa besar aktivitas fisik yang dilakukan.

      Sisanya yang 10 persen digunakan untuk proses pengolahan makanan berupa pencernaan dan penyerapan zat makanan. Mungkin anda pernah merasakan bagaimana tubuh terasa lebih panas, dan kadang kadang berkeringat saat makan? Ini adalah bagian dari energi untuk metabolisme tersebut yang dalam istilahnya disebut Thermic Effect of Food.

      Kalau jumlah energi yang kita konsumsi melebihi kebutuhan energi tubuh, maka kelebihan energi tersebut akan disimpan berupa lemak (trigliserida) yang akan dipecah untuk digunakan kemudian jika asupan energi mengalami defisit.

      Adapun jika dikatakan energi fisik murni bisa ditransfer keorang lain, bisa mengusir jin, bisa mementalkan orang, bisa menolak santet atau berbagai macam kesaktian lainnya bukanlah merupakan bentuk energi fisik murni/tenaga dalam melainkan sihir.

      Semoga tidak ada lagi yang mengkeramatkan istilah tenaga dalam :), bersin dan kentut-pun merupakan bentuk “tenaga dalam” contoh bentuk tenaga/kekuatan angin yang dari dalam tubuh hehehe :))

      • Bang PA, tanya lagi dong… kira-kira bisa ga di ruqyah bangsa indonesia… biar pada keluar neh jin-jinnya… kira-kira dipindahkan kemana Bang… kalo ke amerika tambah ancur negeri mereka… kasihan kan … agama kita kan agama rahmat semesta alam….

      • @ kasihan

        saya hanya menyarankan.

        coba anda fahami apa itu ruqyah dan bagaimana cara-caranya dari informasi umum yg sesuai syariat islam tanpa ada nama Perdana Akhmad dipikiran anda. mampukah anda memahami sesuatu tanpa melibatkan “emosi”?

        saya seorang perokok dan saya tau itu perbuatan salah tapi saya tidak mencari pembenaran dari kesalahan yg saya lakukan tsb krn sy berusaha memahaminya secara objektif.

        salam kenal mas :)

  16. grande azmiel…..
    sebuah analogi yg cerdas ttg salah satu definisi TD.

    kalo boleh, terangkan jg dong ttg energi yg bisa bikin mental2, aji-ajian (kenapa perlu tirakat?), dll..

    grazie

    • @ netral
      yang bisa bikin mental mental itu metafisik aura..sedangkan ajian-ajian ada puasanya itu tipu daya jin kafir agar orang orang yang pengen kekauatan tsb sesat atau mau tunduk atas perintah jin kafir

  17. Mari kita tarik nafas dalam-dalam, satukan pikiran dan hati lalu gerakkan fisik kita untuk menjadi Rahmat Bagi (minimal) Alam (seluruh) Manusia. Allah Maha Sempurna KebaikanNya dan Dia adalah Sumber Keselamatan Alam Semesta.

  18. Mas PA : Up 2 U aja dah :D anda kan ahlinya, jadi apapun yang disampaikan orang lain ga bakalan pas deh dengan Anda kecuali pendapat yang mendukung anda tentunya.

    Tapi 3 pertanyaan saya kok ga dijawab ya?
    ________________________________________
    Ini postingan terakhir saya diblog ini. Jika setuju hayu…jika tidak setuju juga hayu..sekali lagi UP 2 U..

    Mu’jizat para anbiya seperti nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Musa , Nabi Isa, Nabi Muhammad yang bisa memindah molekul air tanah ke ujung jarinya, sebenarnya sudah menggambarkan sebuah fakta bahwa manusia mempunyai energi potensial dalam dirinya…Para nabi juga manusia, yang membedakan adalah wadah atau raga mereka memang sudah disiapkan untuk itu. oleh Allah.

    Sementara kita sebagai manusia biasa, mau tidak mau harus membongkar sendiri potensi itu meski untuk menyamai meraka adalah hal yang sangat kecil kemungkinannya. Disebutkan di Surah At Tiin : 4, ” sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya “. Menunjukan bahwa manusia adalah makhluk superior dibandingkan makhluk lainnya.

    “Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan/Sulthaan “(Q.S : Ar Rahmaan :33) mari dicari makna kekuatan/Sulthaan dalam surah tersebut…

    @Mas Netral : Yang bikin terpental-pental itu dijamin hanya tenaga halus (metafisik) saja …coba aja deh jika ada perguruan yang lagi demo.. anda jadi sukarelawan..jangan sebagai objek serangan tapi sebagai subjek serangan. Serang objek dengan biasa bukan dengan amarah..Jamin deh pasti klepek2 asal dia ga jago silat aja ya..pasti dibalas tuh :D

    Untuk diterimanya sebuah amal harus memenuhi 2 syarat, yaitu : Niat dan Syariat.

    Jika suatu amalan dilakukan dengan niat yang memancarkan gelombang horizontal alias dunia bukan diniatkan karena Allah maka tertolak contoh, anda datang ketempat mertua kemudian mengimami shalat Magrib, bacaan shalatnya dibagus-bagusin pake surah yang rada panjang..padahal biasanya yg dibaca 3 surah terakhir. Kemudian tiap gerakan pelan seolah olah penuh penghayatan dan selesai dalam waktu 10 menit. Padahal biasanya saat sendirian pake paket kilat khusus 1 menit selesai..Secara syariah fiqih mungkin anda sudah memenuhi syarat sahnya shalat..Tapi niatnya kan biar mertua jadi tambah perhatian..Itu namanya riya..riya itu syirik kecil..Betul ga?

    Sebaliknya, anda punya niat ingin beribadah agar bisa merasa dekat dengan Allah, maka anda ingin melakukan shalat sunat Qabliayah dan Ba’diah untuk ke 5 waktu shalat, apa yang terjadi anda menjadi ahli Bid’ah karena melanggar waktu yang dilarang untuk shalat sunat pada waktu setelah Ashar dan setelah Subuh..

    Hubungannya dengan ajian2 yang anda maksud diatas adalah..
    Ketika anda melakukan ritual peribadatan dengan niat karena kesaktian dan dunia meski itu menggunakan ayat2 Qur’an apalagi hal itu tidak pernah dicontohkan oleh Nabi, maka yang terpancar adalah gelombang horizontal karena yang namanya makhluk itu sejajar dengan kita. Mungkin saja anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan, tapi memancing murka Allah.

    Sementara beribadah karena Allah dengan kaifiyah yang dituntun oleh Nabi maka jika dia khusyu gelombang yang dipancarkan adalah vertikal..karena Allah itu di atas.

    Kita ambil contoh, ada orang yang pengen disukai banyak wanita dan keliatan tampan, kemudian dia mengamalkan surah Yusuf berulang ulang, karena niatnya hanya pengen tampan dan itu terus terpatri dalam pikirannya..sehingga dari otaknya terpancar gelombang kesekitarnya..pas kebetulan saat itu disekitarnya ada makhluk gaib, entah itu jin atau apalah gelombang tadi akan menjadi daya tarik bagi mereka, sehingga si makhluk energi tadi mendekati dan mendapatkan induk semang..Benar akhirnya si orang tadi sekali lagi keliatan tampan dihadapan wanita. Karena si makhluk iseng tadi membantu mengarahkan energi simanusia ke wilayah yang memang auranya sudah bagus..Misalnya hidungnya jadi keliatan lebih mancung…
    Ini juga berlaku pada ajian2 yang lainnya.
    Dengan menggunakan ayat suci aja bisa kaya gitu apa lagi pake mantra ya..bisa2 anak2 Iblis yang numpang ditubuh..

    Di lain tempat ada orang lain yang melakukan hal yang sama mengkaji surah Yusuf berulang ulang sampai ia paham makna dan hikmah dibalik surah tersebut dan diamalkan dalam kehidupan nyata>>Insya Allah pertolongan Allah akan datang dari hal yang tidak disangka-sangka.

    Setahu saya semua hal yang berurusan dengan Ibadah Ma’dho (Ritual, penyembahan, amalan) terlarang sebelum itu diperintahkan dan diperbolehkan oleh Allah melalui Rasulnya.

    Semua hal diluar ibadah Ma’dho adalah boleh dan halal, sebelum muncul larangan Allah melalui Rasulnya. (Contoh : Khamar)

    Debat hanya membawa dendam bagi yang kalah dan Ujub/sombong bagi yang menang..

    Jazakallah

  19. Konon, Alqur’an diturunkan secara berangsur2, knp gak sklan saja “brek lengkap”?
    Apa benar smua ayat2 al-qur’an bs diterjemahkan ke bhs indonesia scr pas?? Apalagi utk menafsirkannya? Ahli tafsir sj (ulama salaf) jg banyak?

    Katanya, bahasa manusia itu bahasa kesepakatan (satu pemahaman) beda bahasa bs beda pengertian, bs beda juga maknanya…

    Menurut sy, semua itu tergantung dr kapasitas/kondisi seseorang dlm memahami sesuatu/seseorg. Beda kepala beda pendapat..yaaa..wajarlah…(mengapa mesti hrs sepakat dg umum, blm tentu yg umum itu haq kan). Sel aktif otak seseorang tdk sama…so…Turunkan Ego..Maklumi Org lain….

    Sory..nih,..ikut bicara. Mksh

    • “(mengapa mesti hrs sepakat dg umum, blm tentu yg umum itu haq kan).”

      > Benar bahwa yang umum itu belum tentu haq/benar semua, tapi sesuatu yang umum (universal) itu labih memiliki validitas dan kredibilitas.

      Maaf, cuma menambahkan penjelasannya saja.

      Untuk isi waktu senggang. Daripada kita ngerumpi, labih baik kita diskusi, bermanfaat.

      Salam Kenal Bung Telport :)

  20. mau tanya aja…
    apakah mendapatkan tenaga dalam dengan melakukan wirid dan dzikir bisa dibilang ruqiah???
    trims…

      • @Ikutan
        tenaga dalam tidak didapatkan dengan cara pake wirid dan zikir..itu penyesatan tenaga goib yang dibungkus dengan nama tenaga dalam.hati hati sajah !

    • dzikir dìlakukan untuk menghapus dosa2 kecil dan mendekatkan diri (mengingat) pada Allah SWT. jika dzikir dilakukan untuk menghasilkan khodam dari jin (untuk kemampuan tertentu), maka dzikirnya tidak murni karena Allah SWT, dan itu masuk pada kategori perbuatan syirik.

      • Saya sangat Bersyukur pada Allah mendapatkan sabahat yang selalu membantu saya dalam menjawab pertanyaan dan tanggapan yang masuk diblog ini, entah bagaimana saya bisa membalas kebaikan bung Nyimak, seudah berbulan-bulan lamanya saya “kerja” sendiri dalam menanggapi dan menjawab semua pertanyaan dan tanggapan yang datang sebelum kedatangan Bung Nyimak :), terus terang saya dalam keadan sangat sibuk dalam minggu-inggu ini, kerjaan saya sebagai staf di Kantor badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa begitu padatnya, saya juga sering DL (dinas luar) hingga ga memungkinkan ngenet, ditambah lagi sekarang saya sedang khusus meneliti fenomena pelatihan Aktifasi Otak tengah yang hasilnya mencengangkan dan dapat mencetak para mentalis/pesulap sebab dapat melihat bendak dengan mata tertutup bahkan menebak benda dibalik tembok, lebih dari itu mempunyai kemampuan meramal masa depan ( http://www.otaktengah.com , http://trainingaktivasiotaktengah.publishing-intl.com/ , http://gmc-indonesia.blogspot.com/ ) mohon dukungannya dari bung nyimak dan rekan-rekan sekalian. saya belum bisa mengatakan AOT (aktifasi otak tengah) ilmiah atau tipu daya jin yang sangat canggih sebab masih saya kaji dan teliti. terimakasih sekali dan mohon maaf jika ada tanggapan yang lewat/belum sempat saya tanggapi

      • @ Perdana

        Alhamdulillah..

        Terimakasih sudah menganggap saya sebagai sahabat.

        Sebelumnya sayapun berterimakasih karena dengan adanya blog ini wawasan sayapun bertambah, terutama pada kajian-kajian yg syar’i.

        Pekerjaan saya wiraswasta (pedagang), terkadang jalan ke daerah dan luar kota juga. Untuk mengisi waktu senggang diantaranya saya gunakan untuk browsing.

        Kritik dan saran selalu terbuka atas informasi yg saya berikan.

        Singkat kata, Semoga Allah melimpahkan keberkahan atas usaha-usaha (dakwah) yg dilakukan, amin.

      • @nyimak
        zikir itu bukan untuk menhapus dosa tapi menjelaskan bahwa kita adalah hambanya dan tuhannya adalah Alloh.terhapusnya dosa mendapat syurga itu bonus sajah..ingat lillahi taala

      • zikir itu bukan untuk menhapus dosa tapi menjelaskan bahwa kita adalah hambanya dan tuhannya adalah Alloh.terhapusnya dosa mendapat syurga itu bonus sajah..ingat lillahi taala

        KAng anton asal njeplak ! Justru dzikir itu untuk menghapus dosa!
        “Barang siapa mengucapkan (dzikir):

        لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

        dalam sehari seratus kali, maka itu sama dengan pahala sepulih budak, ditulis seratus kebaikan untuknya dan dihapus seratus dosanya. Juga menjadi pelindungnya dari syeitan pada hari itu sampai sore dan tidak ada satupun yang lebih utama dari amalannya kecuali seorang yang beamal dengan amalan yang lebih banyak dari hal itu.” [Hadits riwayat Al Bukhori dalam shohihnya, kitab badi’ Al Kholq bab Sifat Iblis Wa Junuduhu no. 3293, Muslim dalam shohihnya kitab Ad Du’a wa Dzikir wa Taubah wal Istighfar bab Fadhlu Al tahlil Wa Takbir wa Tahmid no. 2691]

  21. Setelah saya kalkulasi dengan matang dengan pemikiran bung PA,saya dapatkan bahwa tak ada guna debat panjang masalah TD. Karena, versi bung PA akan tetap versi beliau. Nah, adalah lebih baik, saya sodorkan versi saya. Jadi, bisa jadi bahan masukan bagus. Dan, tentu saja, semoga ini menjadi niat amal pemikiran dari saya amin.

    Pertama definisi TD. Tenaga dalam adalah, tenaga yang tidak berasal/timbul dari fisik pastinya. Tapi dari dalam diri yang tak tampak, yakni batin/kebatinan, perasaan hati, pikiran dan seterusnya. Ada dua, yaitu TD positif dan negatif.
    Mengolah TD sebaiknya yang positif2 saja. Yaitu, perasaan/batin/rasa positif. Rasulullah Saw salah satu misinya adalah, akhlakul karimah. Nah, akhlakul karimah inilah yang patut diolah.
    Bagaimana tuntunannya? Iqra bismirabbika. Yakni melalui pengolahan sifat-sifat asmaul husna yang 99. Seseorang yang mengolah asmaul husna, sudah tentu dia akan mendapatkan TD yang mengagumkan… 
    Tentu saja, yang mengamalkannya, dengan sendirinya, Insya Allah, bebas perkara-perkara negatif seperti kesurupan, kejinan, dan seterusnya.
    Jadi, tinggalkan saja perkara-perkara yang negatif. Optimalkan saja, perkara-perkara yang TD Positif.
    Saya rasa, hal-hal yang negatif dari TD; syirik/sesat, dll…dengan sendirinya pula akan terjelaskan dengan baik.

    Bung PA …
    Semoga ini menjadi masukan yang positif. Amin. Amin. Amin…

    Bila selama ini saya selalu menentang antum tentang penyesetan antum pada kelompok lain, bukan berarti saya tidak setuju dengan niat suci antum. Namun lebih kepada, bagaimana sebuah dakwah, benar-benar meresap kepada kebaikan, kebaikan, dan kebaikan…
    Soalnya, niat baik antum meskipun dasarnya sangat baik, jadi lain dampaknya bagi orang lain. Tetapi, semua ini hanyalah masukan saja dari saya. Bagaimanapun, jarang ada orang yang benar-benar berani untuk tetap teguh dan tegar, krn pastinya hal-hal begini banyak sekali tantangan dan serangan balik yang tidak proporsional.

    Suktron kastir ya akhilkarim… 
    Salam ukhuwah

    • “Yakni melalui pengolahan sifat-sifat asmaul husna yang 99. Seseorang yang mengolah asmaul husna, sudah tentu dia akan mendapatkan TD yang mengagumkan…”

      Boleh tau bentuk TD yang mengagumkan itu seperti apa mas? Jangan malu-malu, kalau bisa diinformasikan dengan detil, jadi mudah difahami. Saya jadi penasaran nih mau tau penjelasan selanjutnya.

      Oya, maknanya akan sama/tidak kalau kalimatnya saya ubah sedikit menjadi

      “pengolahan sifat-sifat asmaul husna yang 99 akan menimbulkan perasaan/batin/rasa positif sehingga dapat mengarahkan seseorang pada akhlakul karimah. Dengan demikian kita akan menjadi orang yang selalu dekat (ingat) pada Allah, sehingga (pertolongan) Allah pun dekat dengan hamba-Nya”.

      Maaf, Mas Perdana belum comment saya udah duluan. Kebetulan lagi tdk sibuk nih..

      • @ Tomi

        Maaf, tulisan saya agak santai. Bukan bercanda atau punya maksud lain. Itu karena saya sudah merasa akrab saja, jadi gaya tulis agak beda (santai) :)

  22. assalammualaiukum…
    mas…saya tertarik untuk ikut gabung, saya sedang belajar tenaga dalam, yang mana tenaga dalam ini dipergunakan untuk mengobati sesama manusia. saya tertarik ikut tenaga dalam ini dengan niat membantu menyembuhkan penyakit sesama manusia terutama yg kurang mampu. Dan sampai sekarang saya aktif dalam pengobatan masal dan bekerja sama dengan PMI cabang surabaya….yang saya pertanyakan apakah aliran yang saya pelajari menyimpang dari ajaran agama saya yaitu islam. terima kasih atas tanggapannya dan maaf kalo ada kata-kata saya yang kurang berkenan…

  23. salam bung nyimak :)
    {angan malu-malu, kalau bisa diinformasikan dengan detil, jadi mudah difahami. Saya jadi penasaran nih mau tau penjelasan selanjutnya.}

    hehehe,jadi malu-malu beneran nih,hehe

    {“pengolahan sifat-sifat asmaul husna yang 99 akan menimbulkan perasaan/batin/rasa positif sehingga dapat mengarahkan seseorang pada akhlakul karimah. Dengan demikian kita akan menjadi orang yang selalu dekat (ingat) pada Allah, sehingga (pertolongan) Allah pun dekat dengan hamba-Nya”.}

    sip tambahannya bung… :D

    {jadi gaya tulis agak beda (santai) :)}

    kagak masalah… malah lebih enjoy :)

    {Boleh tau bentuk TD yang mengagumkan itu seperti apa mas? }

    bentuk mengagumkannya, tentu saja seperti yang sudah dimiliki Nabi Saw, yakni dengan dinyatakannya beliau dengan gelar, Al Amin…

    tapi terlalu panjang kalo detil sekali, hehe
    tetapi saya punya referensi, buku `Quantum Ikhlas` karya akhi Erbe Sentanu,
    yakni dengan melatih otot-otot ikhlas dalam jiwa/rasa kita….

    yg jadi masalah: istilah TD kadung bombastis shg lebih pada angan-angan/khayal yang sebenarnya adalah sampah imajinasi…. (saya setuju saja dg pendapat kritik bung PA ttg TD, dalam tanda petik)
    ini kalo kita mau bicara TD yang sehat…

    saya lebih mengistilahkan bukan sesat/ingkar sunnah dan sejenisnya. Namun, seperti dijelaskan Hujjatul Islam AlGhazali, yaitu munculnya sifat-sifat berlebihan manusia shg berdampak besarnya angan-angan atas ambisi dan harapan manusia…
    shg, hasil akhirnya memunculkan TD (sifat batin) yang buruk: iri hati/demdam/ingjar pd kebenaran melalui senangnya seseorang pada perdebatan…

    sementara laku TD yang tepat memunculkan sifat-sifat batin yang positif: rendag hati/lapang dada/pemaaf/
    shg,hasil akhirnya muncul dalam sifat batin yang menjadikan seseorang senang pada kebaikan,kebaikan, dan kebaikan…

    pada taraf lebih tinggi: segala niat kemudian dan perilaku muaranya adalah ibadah dan persembahan kepada Allah Swt….

    MAKA: Hasilnya adalah seperti antum tulis:@“pengolahan sifat-sifat asmaul husna yang 99 akan menimbulkan perasaan/batin/rasa positif sehingga dapat mengarahkan seseorang pada akhlakul karimah. Dengan demikian kita akan menjadi orang yang selalu dekat (ingat) pada Allah, sehingga (pertolongan) Allah pun dekat dengan hamba-Nya”.

    oke, ini saja dulu
    sukron katsir diskusinya yg menyegarkan bung Nyimak :)
    sampaikan salam saya untuk bung PA ya …

    • sampai hari ini persiapan kedatangan gubernur lampung syahroedin zp ke Kabupaten mesuji belum rampung,kami sebagai staf kesibukan luar biasa,rencananya akan ada pembukaan pertandingan offroad mobil seindonesia,peresmian pembangunan kantor pemerintahan,lapangan tenis dan berbagai agenda penting lainnya.dijadwalkan 3 hari rombongan gubernur menginap.maaf jika sy belum bisa menganggapi semua komen yg masuk. Bung tomi membuat 1 lagi pendefinisian tenaga dalam/inner power (yg mungkin bs saya simpulkan )yaitu energi kebaikan,keikhlasan dan ketakwaan dalam diri dari pemahaman asma’ul husna yg sempurna,ga masalah dan sangat masuk akal :)

      Pada Sel, 13 Jul 2010 20:42 EDT

  24. sudahlah ngapaiin ribut2 ngomongin tenaga dalam.atau yang didalam-dalam deh .sementara diluar sana tenaga dalam dll sudah dibuat lab khususnya.untuk kepentingan militer dll. kenape kite malah ngeributinnya. sorri soalnya lagi bingung

  25. sdr.perdana soal penggunaan TD Dan TN memang digunakan dinegara2 sana mereka rata2 memiliki LIM=Laboratorium ilmia metafisis. tapi keberadaan ya rahasia.tapi tuan perdana perlu ketahui saya sebagai anak bangsa tetap bangga dengan seni budaya leluhur yaitu silat tenaga dalam dan kita wajib melestarikannya dan sejarah panjang yang menyatakan itu .bagi saya yang haq tetap haq dan yang bathil akan binasa.setiap cabang beladiri dimanapun semua pasti menggunakan pernafasan dan meditasi .masalah do.a tergantung dari kepercayaan kita masing2. masalah adanya unsur jin dan jun .wallauuallamm.

  26. Maha suci Allah yang menciptakan segala sesuatu dengan lengkap dan sempurna, dan memberikan perbedaan antara yang baik dan yang buruk kepada hamba2nya yang di beri petunjuk.

    Apa yang kau lihat, apa yang kau rasa…
    Apa yang kau niatkan dan apa yang kau perbuat…

    Dalam kehidupan sudah ada jalannya masing2, dan setiap jalan yang kau tempuh mempunyai maksud dan tujuan.

    Malaikat dan Jin, pertolongan Allah ataukah pertolongan syetan.

    Belajar sesuatu karena Allah ataukah belajar sesuatu karena syetan.

    Tipuan syetan hanya bisa dilihat oleh manusia yang IKHLAS BERIBADAH TANPA EMBEL-EMBEL ATAU SESUATU PERMINTAAN KEUNTUNGAN UNTUK DUNIAnya. Doa atau permintaan pada Allah tidak lain hanyalah pengharapan untuk menjadikan hati lebih dekat padanya.

    Semakin belajar, semakin dekat pada Allah, semakin belajar semakin takut pada Allah, semakin belajar semakin ingin cepat bertemu dengan Allah dan memandang dunia itu sempit dan kecil. Tiada suatu ucapan melainkan bersih dari dunia dan hanya ucapan yang mendekatkan diri pada Allah.

    Syirik atau tidaknya yang kalian belajar, haram ataukah halal yang kalian belajar, kalian tidak mampu melihat melainkan jika kalian MENJADIKAN ALLAH TUJUAN YANG UTAMA DALAM HIDUP KALIAN. Tapi kalian menjadikan kesenangan kepada sesuatu menjadikan utama dalam kehidupan kalian.

    PERBUATAN BAIK TAPI TIDAK DENGAN CINTANYA TUJUAN, DAN KEHENDAKNYA ALLAH PADA HATIMU, MAKA PERBUATAN BAIKMU UNTUK SYETAN.( Syetan juga mampu berbuat baik, bahkan bisa lebih baik melainkan untuk menipu )

    Wahai fulan , untuk apa kau berbuat seperti itu.. untuknya ataukah untukku.

    Setiap gerak, setiap ucapan… kau berikan untuknya ataukah untukku.

    Bagaimana kau katakan itu ikhlas sedangkan jiwamu kauberikan dua padanya dan padaku.

    Dimanakah hatimu kau kiblatkan, aku yang satu dan aku tujuanmu.

  27. aku punya petanyaan buat ahli di bidang TD
    apa bisa gunain tenaga dalam jika ke-7 cakra belum terbuka?
    jika tdk ajarin buka ke-7 cakra pezzz?
    apa bedanya tenaga dalam sama metafisik?

    • @mas ronaldian,

      Karena sudah ada kesaksian dari mantan praktisi tng dlm dan tng mtfsk, sebaiknya anda hati2 jika ingin melatih td/tm. Cobalah tanyakan dahulu kepada ustadz dilingkungan anda.

  28. Kalau kata teman saya yang praktisi sih tenaga dalam itu tidak ada, atau ketika saya coba klarifikasi lebih jauh ke yang bersangkutan intinya tenaga dalam yang definisinya beredar di umum sekarang ini idaklah sama dengan pemahaman klasik dari aliran bela dirinya yang kebetulan sudah berusia ribuan tahun.

  29. Assalamualaikum
    waduh rumit nie punya khilafiyah…….unutk membenarkan sebuah sesatu……entah aqidah dan lain sebagainya…..harusnya ikhwan lebih santun…..dan para praktisi yg tdk seepndapat juga harusnya santun……pendiri blog kan ustadz tuh……..maaf ya saya cuma wong gobblok ikut nimbrung……saya tdk memihak salah satu semuanya benar…….g salah….yg bisa menentukan salaah yg benar…hanya Alloh yg mengetahui…kita tdk boleh menghukumi sesuatu yg belum jelas…katanya halal haram jelas…tp tipis sekatnya…hihihihihi kaya usatad saya…

    juga praktisi TD…juga bener tuh kata ustadz….beneraan jin ato ilham…..kadang kala ada juga praktisi TD….yg beneran mimpi ketemu Baginda Nabi lo…la ustadz bagaiimana?praktisi TD uga lebih banyak di pengaruhi ato diapusi Syetan…hihihihihihiihihihihih
    pd dasaranya manusia g sanggup ketemu jin malaikt pa lg Alloh “masih hidup”g kan kuat
    semua kembali kepada Alloh…..semua nya sebenrae baik cuma manusianya yg membuat hitam putihnya……segala sesuatu……
    syariat kadang juga berbeda pewndapat……
    maaf jika salah…..ini karena kegoblokan saya……..
    wassalam

  30. SUDAHLAH….

    ruqyah syar’iyah memang ada dalilnya jadi tak perlu jadi masalah

    meski TD tidak ada dalil yg jelas tentang kebolehanya, tapi kan juga tidak ada dalil yang pasti tentang kemakruhanya apalagi keharamanya

    ndak perlu dibesar-besarkanlah

    setiap analisa punya sudut pandang, jika ingin memahami sebuah analisa maka pahami juga sudut pandangnya, artinya jangan membatasi dengan menggunakan sudut pandang anda sendiri untuk memahami analisa orang, tapi cobalah untuk berani mengunakan sudut pandang sipembuat analisa sehingga akan lebih bisa memahami dari mana dan mengapa analisa itu muncul

    SARAN
    untuk para ahli ruqyah syar’iyah, mungkin anda hafal beribu-ribu dalil, tapi itu tidak cukup untuk menghukumi sebuah fakta, jika anda tdak benar-benar memahami fakta yg ingin anda hukumi, bukankah yang namanya ijtihad adalah usaha sungguh2 untuk menggali hukum yaitu dg berusaha sungguh2 memahami sumber hukumnya(dalil), berusaha sungguh2 memahami fakta yg akan dihukumi (manatul hukmi), dan bersungguh2 secara obyektif ‘mengkaitkan’ antara obyek yg sudah difahami dg dalil2 yg ada, tentunya tanpa dilatarbelakangi oleh idealisme & kepentingan, individu atau kelompok.

    jadi untuk para ustadz ahli ruqyah cobalah silaturahmi ke Kang Dicky, dengan semangat ukhuwah, dengan niat benar-benar ingin memahami fakta tenaga dalam, tanpa buruk sangka apalagi membawa-bawa kata syirik dan sesat

    untuk para praktisi tenaga dalam khususnya Hikmatul Iman, tak perlu malu untuk bertanya tentang berbagai dalil yang dipahami para ustadz ahli ruqyah syar’iyah, bertanyalah dengan bahasa yg santun tentu dengan semangat ukhuwah dan tholabul ‘ilmi, tanpa harus merasa terhakimi sehingga memunculkan pembelaan diri yang berlebihan

    dan jika pada ahirnya menemukan kesimpulan yang berbeda tidak masalah karena memang tidak harus sama, tapi insyaAllah jika semua benar-benar menyerahkan vonis benar-salah ditangan Allah maka saya yakin tidak akan muncul caci-maki dan tuduhan sesat yang melahirkan permusuhan yg berkepanjangan meski masing-masing punya pilihan sendiri-sendiri.

    ahirnya semoga Allah menuntun kita kejalan orang2 yg diridhai Nya dan bukan ke jalan orang2 yg dimurkai, amin

    mohon maaf jk ada yg salah, salam paseduluran dan cinta dari saya untuk panjenengan semua

  31. bismillah..
    1. saya yakin kalau Tenaga ghaib(metafisik) dan TD itu ada seperti yakinnya saya terhadap adanya bakteri, udara, jin, dsb.
    2. sy yakin bahwa TD dan TM yg didapat melalui latihan fisik itu tidak musyrik/sesat dsb. yg sesat adalah org yng memanfaatkannya utk keburukan.
    3. sy yakin TD dan TM yg didapat melalui wirid2/puasa (tdk berlatih fisik n pake baca2an) itu adalah ilmu hitam berselubung putih. kalau PA mau bilang sesat sy setuju.
    tp..
    PA jgn pukul rata bahwa semua TD&TM itu sesat. datang sj ke tmpat lat Hikmatul iman utk pembuktian.

    sy dahulu pernah secara sungguh2 n tulus ingin menghilangkan semua TM/TD Hikmatul Iman yg sy miliki..
    ada info yg mengatakan bhwa semua TD&TM itu sesat n pake jin.sy datang ke ahli rukyah di mesjid ingin dihilangkan..tp setelah 5 kali lebih sy bolak-balik rukyah tdk ada rasa apa2 (tdk pusing,mual dsb) n sy malah kesakitan di tekan2 oleh perukyah..gimana g sakit coba, kelapa sy ditekan sejadi2nya..ketika sy bilang sakit si perukyah malah makin menjadi nekan2 kepala saya..beliau bilang itu setannya yg kesakitan..
    lucu..ini ustad semangat betul(mantan pesilat dgn ilmu hitam berselubung putih)..siapapun orgnya kalau kepalanya dikerjai kaya gitu pasti sakit..singkat cerita rukyah gagal menghilangkan “jin sumber” dr TD/TM HI..
    kesimpulan:
    TUDUHAN PA BAHWA HI PAKE JIN TIDAK BENAR DAN TIDAK ADA BUKTI.

  32. waah kelihatannya debatnya seru banget nih sampe ga ada ujungnya……….maaf cuma mau numpang comen nih,saya cuma orang biasa yang awam agama dan tenaga dalam.saya cuma pengen ngasih saran Pa perdana jangan lah menganggap diri itu paling benar karena nilai kebenaran itu relatif…tergantung dari sudut pandang mana kita menilainya,terlepas dari dalil agama kalau menurut saya kebenaran itu bagi yang meyakininya,selama tidak merugikan dan meresahkan masyarakat….karena kalau kita pakai dalil agama untuk masalah khilafiah maaf kalau ga salah pijam istilah agama…ga ada ujungnya,karena tiap orang punya penafsiran masing,saya ambil contoh di tubuh NU banyak kiyai2 yang melakukan praktek yang berbau mistik.walaupun mungkin bagi Pa perdana itu salah+punya dalil2 yang bisa di jadikan rujukan.Tapi para kiyai itu juga menganggap mereka benar+dengan dalil2nya juga.jadi kalau masalah yang kaya gini aja di ributin sampai ga ada ujungnya…..gimana mau maju negara tercinta ini… sedangkan negara lain sudah berdebat membahas teknologi dan ilmu pengetahuan untuk kemajuan negaranya…dan sedikit saran untuk kang dicky ya walaupun akang merasa paling hebat ga usah sesumbar kalau akang pernah mencoba semua jawara yang ada di seluruh Nusantara walaupun kebenarannya masih di pertanyakan…,karena hal tersebut bisa menimbulkan perasaan kebencian perguruan lain terhadap HI yang sudah meremehkan seluruh perguruan di wilayah Nusantara.

  33. perdana,tau dari mana anda bhwa jin jga pnya tenga dlm,memang pernah meneliti?kapan?dimana?berapa sampel jin yg diteliti?golongan mana sj? Para rekan,perdana sengaja membuat blog debat ini utk dibuat buku,kalian yg emosi pd ribut dia yg untung jualan buku ,data ini valid!.ruqiah skrg pke jualan obat2n dn totok,bekem kenapa?krn masarakat merasa dirugikan masa bayar pke rupiah dpt hnya ruqiah! Rugikan?doa dijual..bcanya bnyak2,kdng ada ayat yg diistimewahkn,keras2,pke iklan,gak ky sunah rosul!

    • perdana,tau dari mana anda bhwa jin jga pnya tenga dlm,memang pernah meneliti?kapan?dimana?berapa sampel jin yg diteliti?golongan mana sj?

      Atau saya balik saja :) lalu tahu dari mana anda bahwa jin ga punya tenaga dalam ? Memang pernah meneliti? Kapan/dimana? berapa sampel jin yang diteliti? golongn mana saja? :P

      Para rekan,perdana sengaja membuat blog debat ini utk dibuat buku,kalian yg emosi pd ribut dia yg untung jualan buku ,data ini valid!.ruqiah skrg pke jualan obat2n dn totok,bekem kenapa?krn masarakat merasa dirugikan masa bayar pke rupiah dpt hnya ruqiah! Rugikan?doa dijual..bcanya bnyak2,kdng ada ayat yg diistimewahkn,keras2,pke iklan,gak ky sunah rosul!

      :D moggo jika ana katakan begitu, toh yang tahu ikhlas atau tidak itu hanya Allah! Apa anda bisa tahu isis hati orang lain???

  34. coba pikirkan ini baik2:
    1.dlm alquran (surat jin)jin pernah mndengarkn ayat quran oleh rosul dn mereka Tidak lari kepanasan,malah ada yg briman.
    2.dlm hadist katanya mengusir jin dgn membckan alquran shinga jin akan lari kepanasan oleh bcaan tsb,malah ada ayat kursi,anas falaq.
    Qt tarik kesimpulan kata ALQURAN jin kafir mndngar alquran biasa2 z tdk kpanasan.tp kata HADIST jin kafir akn lari kpanasan/terbakar ktka dngar alquran. APAKAH ALQURAN DN HADIST INI BERTENTANGAN TIDAK?PIKIRKN BIJAK

    • 1.dlm alquran (surat jin)jin pernah mndengarkn ayat quran oleh rosul dn mereka Tidak lari kepanasan,malah ada yg briman.

      Tolong sebutkan Qur’an ayat berapa lalu kita bahas

      dlm hadist katanya mengusir jin dgn membckan alquran shinga jin akan lari kepanasan oleh bcaan tsb,malah ada ayat kursi,anas falaq

      Tolong sebutkan radaksi haditsnya dan perawinya lalu kita bahas

      Qt tarik kesimpulan kata ALQURAN jin kafir mndngar alquran biasa2 z tdk kpanasan.tp kata HADIST jin kafir akn lari kpanasan/terbakar ktka dngar alquran. APAKAH ALQURAN DN HADIST INI BERTENTANGAN TIDAK?PIKIRKN BIJAK

      Yang mana bertentangan Mas ? Apakah jika terliat bertentangan harus salah satunya (Qur’an atau hadits) kita salahkan atau kita cari komprominya dan kita cari hubungan hingga tidak bertntangan ?
      Logika mana yang hendak anda ambil?

  35. tanya malah balik nanya?jawab dulu pertanyaan sy…dulu smpai taun skarang hnya itu kebisaan mu,jika gk bsa jawab pasti dibalik2kn lagi,,,coba cek lagi blog blog mu,..cari sndiri jgn pngen disuapi..

    • wah kalo kang anton diskusi ama wongalusaceh pasti seru, ana rasa sdr PA ga keberatan bikin kolom khusus.

      kalo tertarik, coba anda ajak wongalusaceh. gimana?

  36. rekan2 HI sy dapat data yg valid,bhwa org yg membrikan keterangan tentang keilmuan HI kepada perdana ahmad lewat diklat adalah IBNU FAUZI ini!.silahkan qt cek!

  37. sy ya debat dgn yg lain,perdana yg buat buku nya..dijual deh,…
    Buat mas ronal:
    -tenaga dlm aseli,cri nya tdk dibngkitkan melalui wirid,puasa2,isian,jimat,rajah,tdk ada pntangan.
    -metafisik dibngkitkn dgn cra diisi,utk bntuan jin kafir pke puasa,wirid aneh,jimat. Sbnernya tdk ada istilah dlm TD dgn cakra 7,itu ada di reiki.(reiki bkn TD tp trmasuk mtafisik)
    @kmhwae, apakh ustad memahami tenaga dlm?

  38. @ td ,ente pngen ngebuktiin TD tp aneh nyuruh lembaga lain,coba klw ente berani,pasang iklan di media bhwa ente mau bukti TD,tulis nama,alamat ente,gmana mau kagak?.klw pusing ,ya trgantung jmlah sel otak yg aktip seh.,utk yg jmlah na bnyk y bsa mngikuti. Kang Wuming hal yg wjr jk guru nya ada yg dzolimi akn ikut’panas’..itung2 penyaluran,hehe
    buat prdana,jawab prtnyaan sy,tntang kata2 mu bhw jin pnya TD?jgn ngles atw balik tanya

    • td ,ente pngen ngebuktiin TD tp aneh nyuruh lembaga lain,coba klw ente berani,pasang iklan di media bhwa ente mau bukti TD,tulis nama,alamat ente,gmana mau kagak?

      Kalo ada lembaga yang lebih propesional dan kredibel ngapain kita harus capek-capek pasang iklan, fikirkan azas manfaatnya bro :P

      klw pusing ,ya trgantung jmlah sel otak yg aktip seh.,utk yg jmlah na bnyk y bsa mngikuti.

      Maaf, sangat menyedihkan lho jika KD sel otaknya cuma aktif 10 % sebab sama saja dengan idiot, sebab sel otak manusia normal semuanya aktif 100% lho ? Jika sel otaknya cuma 10 % aktif sudah dianggap sakti maka benar-benar kasihan… http://metafisis.wordpress.com/2011/03/31/mitos-otak-10/

      buat prdana,jawab prtnyaan sy,tntang kata2 mu bhw jin pnya TD?jgn ngles atw balik tanya

      bagaimana saya sudi menjawab sebab pertanyaan saya sampe kinipun tidak terjawab di http://metafisis.wordpress.com/2011/08/24/diskusi-dengan-abah-tea-murid-hikmatul-iman/#comment-12505 anda itu abah tea yang sekarang ganti rupa menjadi Kang Anton, jangan membohongi saya sebab alamat IP 100% sama…

      • azas manfaat ? pantesan gak mau rugi…orang lain yang ribut anda yang tepuk tangan….hebat !benar benar menjalankan UKHUWAH ISLAMIAHNYA…

      • setau ane IRiS juga nganggep ruqyah tu hoax

        nape nt ga buktiin dulu kalo ruqyah nt itu ga hoax sama IRiS, bukannya nt udah klaim sering nemuin kasus santet, kerasukan dll. buktiin dulu klaim nt itu ga hoax sama IRiS – IRiS ntu udah lama nyari fenomena ghaib dan ampe sekarang ini semua hoax

        bukannya nt itu nganggep IRiS ntu lembaga yg profesional dan kredibel – kalo IRiS bikin pernyataan terbuka kalo ruqyah nt ntu ga hoax baru ane percaya klaim nt – ane tunggu pembuktian klaim nt ama IRiS

        tolong approve comment ane – comment ane ga pernah nt approve

      • @ Perdana

        Justru karna ane baca tulisan ntu, ane bilang mending nt juga buktiin ama IRiS kalo ruqyah nt ntu bukan hoax.

        Jelas di tulisan ntu IRiS nganggep ruqyah itu hoax, daripada nt cuma debat ga ade hasilnya ama IRiS mending nt undang tuh IRiS ke praktek ruqyah nt n buktiin kalo ruqyah nt itu bukan hoax.

        Seinget ane di Tantangan IRiS jelas bukan cuma TD yg pengen diuji, juga santet atw fenomena ghaib lainnya. Jadi fair kan kalo ga cuma praktisi TD yg diuji ama IRiS tapi juga praktisi perdukunan ( santet ) juga peruqyah yg ngklaim udah banyak nyembuhin korban santet. Kalo santet aje dianggep hoax ya yg ngklaim nyembuhin santet hoax juga kan.

        gini aje ane Tantang praktisi TD ( HI atw yg laennya ), dukun santet ama peruqyah diuji bareng ame IRiS. Tige2-nye ama2 diuji ama lembaga yg nt bilang profesional n kredibel ntu. trus nt upload deh hasil pengujian IRiS di mari – biar kita semua tau hoax ape kagaknye

        jadi kan jelas semuanye mane nyang hoax mana yg beneran

  39. @Anton,

    ana punya kemampuan dipukul/dihantam stick bisball, 6 hantaman bata ke ulu hati, sanggup mukul plat besi selama 1 menit, sanggup memecahkan 5 tumpukan bata dgn sekali pukul pakai buku/pangkal jari tengah. Maaf ini bukan sok pamer!, tapi itu bukan TD boss, itu cuma teknik kuncian otot dan melatih pukulan, ga perlu olah nafas! dan bisa dibuktikan secara ilmiah/fisika.

    coba ente, pecahkan 1 bata yg ditidurkan diatas tanah lembek! terserah mau pake td atau kagak. buktiin sendiri. ingat pake tinju mecahinnya!

    • Saya pernah melihat video salah satu murid Hikmatul Iman mematahkan kikir dengan tenaga dalam katanya, jika saya membaca kemampuan bung TD berarti kekuatan fisik bung TD jauh lebih hebat dibandingkan “Tenaga dalam/metafisik” (khayalan) yang mereka latih bertahun-tahun :D

      • @k anton,

        maaf, sy tekankan.. ga niat pamer/sombong. Ini hanya coba menjelaskan kpd anda, bahwa kemampuan ana tsb, hanya hasil olah fisik biasa.

        ana punya video jadulnya di you tube, tapi maaf karena itu masih pake bendera perguruan, ana ga bisa share. Tapi insyaallah, ana bakal upload beberapa kemampuan ana dan temen2 ana nanti. (atau insyaallah ana kirim ke sdr PA nanti).
        ini dimaksudkan utk mempertegas bahwa dgn olah fisik biasa, semua orang bisa mempunyai kemampuan lebih seperti yg ana sebutkan.

    • pusiang. @kang Anton n TD
      dah mending sesama ngaku pendekar: bung TD dan kang Anton bertarung aja di dunia nyata. di padepokan. pertandingan persahabatan aja.
      for kang anton, kalau ntar TD bersdia.. udahlah g usah pake perjanjian yg aneh2..(HIers pasti ngerti maksud saya)
      atau TD datangi aja langsung cabang HI di bandung, pasti dilayani kok tantangan tarungnya.

      dari pada kebanyakan bacot ngomong melulu! tukang ngeles!
      capek dari dulu HI dihina tp tidak ada tindakan. semoga bisa menjadi memadamkan fitnah dri Blok yg penuh kebencian ini!

      BTW ini cuma usul loh. piss ah

      • @bareukahh!

        kita cuma “tarung argumen” kok, masa pake acara pertandingan segala.

        btw, kang anton sdh menjelaskan tentang “tenaga dalam” versi kang anton”, mungkin anda mau share juga :)

        diblog ini tenaga dalam dibagi 3 :
        1. sugesti
        2. teknik/trik/tipuan
        3. kolaborasi dgn jin.

        monggo dilanjut!

      • @TD nan sakti,
        gini bung TD, selama ini kan perdana cs selalu perang Argumen. dan sepertinya pasti g akan ada yg merasa kalah. yg ada anda n perdana cs semakin saling menghina dgn HI-ers.
        nah bukankah sudah sepantasnya jika perang ini ditingkatkan menjadi tarung sebenarnya. seperti halnya main bola karena skor draw maka ditingkatkan jd adu finalty.

        karena jika argumen melulu yg hasilnya hanya akan menambah dosa akibat saling hina sesama muslim. saran sy sebaiknya di tingkatkan perangnya menjadi pembuktian dengan tarung persahabatan. gmana setuju kan..
        sy jamin HI-ers g akan main keroyok.
        sy yakin dengan kemampuan anda diatas pasti menjadi pertarungan yg menarik. ;) (insya Allah)

  40. @anton,
    hiji deui yeuh!

    ana dan sdr PA juga pernah memiliki kemampuan model anak2 hi…

    alhamdulillah, Allah memberikan kami petunjuk buat taubat dari kemampuan2 tsb!

    Kapan anton mau periksa kemampuannya. Periksa kang! periksa dgn sungguh2! :)

  41. Nabi Sulaiman pernah “menantang” anak buahnya yang berasal dari berbagai makhluk untuk memindahkan istana ratu Bilqis ke istana Nabi Sulaiman. Jin ifrit menjawab bahwa ia sanggup memindahkannya sebelum Nabi Sulaiman bangkit dari duduknya, namun seseorang dari golongan manusia (beriman & tawakal pastinya) menjawab bahwa ia mampu melakukannya lebih cepat dari kedipan mata. ITU MEMBUKTIKAN MANUSIA MEMILIKI ENERGI YANG TAK TERLIHAT LEBIH KUAT DIBANDING jin

    • dari sisi mana bahwa Ashif Bin Barkhiyah menggunakan energi tubuhnya ? yang benar dia mendapatkan karomah dari Allah dan bukan atas kekuatannya sendiri dengan membaca doa ruqyah ismu’ adzhom. Atau katakan saja Rasulullah membelah bulan pake energi metafisika tapi kok masih terluka diperang uhud, nabi musa membelah laut pake energi metafisika tapi kok lari dari kejaran fir’aun mengapa Nabi Musa tidak mengancurkan saya pake tenaga dalamnya?? INGAT MU’JIZAT ITU SAMA SEKALI TIDAK ADA HUBUNGAN DENGAN ENERGI TENAGA DALAM/METAFISIKA TUBUH MANUSIA MELAINKAN LANGSUNG DATANG DARI ALLAH !

      • @perdana ahmad
        anda ini tidak benar-benar mau berfikir, jelas-jelas manusia itu jauh lebih kuat dari jin, eh masih saja menganggap jin lebih hebat dari manusia
        nabi muhamad pernah terluka ??kata siapa ??
        apa anda sudah melihat sendiri ??
        coba deh anda mau berfikir sedikit saja..

      • membaca doa ruqyah ismu’adblabla?! anda dusta. bagaimana mungkin bisa membaca doa secepat kediapan mata!

        semua yg terjadi atas ijin Allah.

  42. Bismillahirrohmanirrohim
    maaf,mungkin saya sudah terlalu telat,
    saya ingin memberikan sedikit coment terhadap QS shaad 31-39,memang disitu di jelaskan nabi sulaiman diberi kewenangan untuk menurunkan ilmu nya,tapi perlu diingat semampuan itu hanya diberikan kepada beliau,tidak kepada satu org pun selain beliau.
    karena dalam ilmu tafsier dijelaskan bahwa jika dalam alqur’an diceritakn suatu cerita yang disebutakan nama aslinya maka hal itu tidak akan terjadi lagi, sedangkan yang di sebutkan gelarnya itu akan terjadi lagi,seperti halnya penyebutan gelar abu lahab,pada zaman sekarang banyak sekali orang seperti abu lahb yang berusaha menghancurkan islam,sedangkan orang orang yang disebutkan nama aslinya seperti bayi yang bisa bicara (Isa AS),termasuk Nabi sulaiman AS.

    kemudian ada hal yang sangat mengganjal dalam hati saya tentang HI,saya dengar disitu diajarkan ilmu menahan hujan,sedangkan yang saya tahu nabi SAW tidak pernah berdo’a agar hujan tidak turun tapi minta dipindahkan ke tempat lain yang lebih membutuhkan,juga hal ini bertentangan dengan QS Luqman 34 yang menjelaskan,ilmu tentang hujan itu milik alloh SWT.wallohu a’lam

    saya minta kejelasanya tentang hal ini menurut perspektif rekan rekan yang lain….

    • hujan itu rohmat Allah (Al Qur’an). Masa sih kita nolak rohmat yah?. Kalo manusia ga butuh ujan, kan byk mahluk Allah lainnya yg butuh ujan, masa sih kita zolim yah?

      @mas Rozi tentu bisa menilai ”ilmu”nya HI! :)

      • @ td
        ohmat itu kalau hujan yang seimbang dan sesuai kebutuhan tapi kalau hujan terus menerus sehingga menjadi banjir apakah itu termasuk rohmat ?

      • @kang anton,

        kalo betul ada yg bisa mindahin hujan, coba ajuin diri ke Pemda DKI Jakarta.. pindahin hujan di daerah bogor ke laut sono. biar kalo musim ujan jakarta ga kebanjiran.

        kalo bisa, lumayan tuh bisa jadi staf khusus anti banjir! :) heureuy kang, ulah ambek atuh! :)

    • @ rozi
      bukan menahan hujan tapi memindahkan ke tempat yang membutuhkan..
      jadi pengen tanya bagaimana dengan para ilmuan yangb membuat hujan buatan ?kenapa kita diam saja tidak kritis?

  43. apapun itu seandainya ada campur tangan jin tidak di perkenankan, jangan lupa jin punya 1001 cara dan tipu daya untuk menjerumuskan manusia pada kesesatan, bahkan dengan tidak kita sadari, baik dengan cara yang jelas menentang Al Qur’an dan Hadits sampai cara yang sangat halus yang seolah2 sesuai dengan Al Qur’an dan Hadits, jadi berhati-hatilah, perbanyak Istighfar, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa membimbing kita ke jalan yang benar, Amin. ok.

  44. Assalamu’alaikum wr.wb

    Islam sudah sejak awal menetapkan bahwa percaya pada yang ghaib adalah syarat pertama menjadi seorang yang bertakwa. “Alladzina yu’minunaa bil ghaibi”. Baru setelaah itu dilanjutkan dengan menegakan shalat, ”wayuqimunas-sholata,” dan seterusnya. Ada banyak pengertian tentang istilah ‘ghaib’. Al Qurthuby menjelaskan, al ghaibi secara bahasa adalah segala sesuatu yang tidak terlihat oleh pandangan.

    Sedangkan al ghaibi dalam surat Al-Baqarah tadi adalah semua berita dari Rasulullah saw, yang tidak tercerna akal, seperti tanda-tanda kiamat, siksa kubur, hidup seteleh mati, dan hari kiamat. Rabi’ ibn Anas menambahkannya dengan Allah, malaikat-malaikat, dan rasul-rasul. Ada yang mengatakan al ghaib adalah Al Quran.

    Ilmu gaib hanya millik Allah, ini diambil dari surat Al An’am 6:59: “Dan pada-Nya kunci-kunci kegaiban yang tidak diketahui kecuali oleh-Nya.”
    Dalam menafsir ayat tadi Al Qurthuby mensitir hadist Bukhari dan Ibnu Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Kunci-kunci kegaiban ada lima, tidak ada yang tahu kecuali Allah; yaitu jenis kelamin janin dalam rahim, apa yang akan dikerjakan besok, kapan turunnya hujan, di bumi mana seseorang akan mati dan kapan terjadinya kiamat.”

    Dua di antaranya sudah bisa diketahui dengan teknologi. USG bisa mellihat kelamin bayi dikandungan denngan ketepatan semakin akurat. Satelit dan ilmu meteorology juga semakin bisa diandalkan untuk peramalan cuaca. Jadi, semakin tidak gaib lagi. Tiga lagi yang masih dikategorikan gaib. Tetapi mungkin saja kelak bisa diketahui. Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir The Holy Quran mencoba mengartikan al ghaibi dengan “unseen”, yang tidak terllihat.

    Ada hal-hal gaib di masa lalu yang kini telah menjadi hal bias sehari-hari. Telepon genggam, teleconferencing, penerbangan antar benua, satelit cuaca, robot, teknologi laser, adalah mukjizat kalau zaman dulu. Tetapi masih banyak hal-hal aneh, gaib yang masih tetap misterius tanpa bisa dijelaskan secara empirisme rasional. Para pendeta budha di Tibet yang melayang 50cm di udara ketika bersemedi. Dukun Voodoo Afrika yang menusuk boneka dengan jarum, bisa membuat menjerit orang diseberang lautan. Tukang santet yang mengirim baskom ke perut musuhnya dan praktik-praktik gaib diberbagai pelosok dunia memperagakan hal-hal yang tidak bisa dipahami akal saat ini.

    Oleh karena tidaak bisa dimasukan kedalam cabang-cabang ilmu pengetahuan normal yang ada, disebut paranormal. Peter Lorie dan Said Murray Clark, dua orang futurologist, meramalkan dalam bukunya History of The Future, bahwa 600 tahun kedepan, pada tahun 2600, manusia akan mengadopsi mistik dan magic sebagai suatu realita, dan merupakan sisi lain dari gejala ilmiah dalam kehidupan di alam ini. Ilmu tentang ini akan disebut magicology,miracology, dan divinology yang berdampingan dengan ilmu pengetahuan.

    Kecendeerungan kearah sana sudah berlangsung selama ini. Ada penelitian tentanng Extra Sensory Perception(ESP) yang mendalami penelitian tentang kemampuan mengetahui benda di ruang lain hanya dengan “merasa”. Ada ilmu telepati yang menelusuri kemampuan berkomunikasi tanpa alat. Ada ilmu telekinetik yang bisa membengkokan garpu dari jarak jauh.

    Manusia akan menyadari bahwa tidak semua benda dan proses harus berprilaku sesuai dengan ilmu pengetahuan yang baku. Keutamaan ilmu pengetahuan dalam islam tidak hanya merujuk pada sains dan teknologi modern saja, tetapi meliputi ilmu dalam segala dimensi yang sudah maupun belum ditemukan. Namun saat ini kita sudah bisa bersyukur karena beberapa hal ajaib dan mistik bisa mulai dijelaskan secara ilmiah.

    Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, Msc Ph.D., mantan rektor ITB berhasil menjelaskan teori ilmu fisika tentang fenomena penumpukan energi melalui proses pernafasan. Tenaga yang didapat dengan menahan nafas bisa disalurkan secara ajaib membuat musuh terpental tanpa disentuh. Tenaga itu juga bisa dipakai mendiagnosa penyakit melalui telepon.

    Banyak orang mengira itu adalah ilmu gaib, mistik, dan meminta bantuan JIN, tetapi Prof. Ir. Lilik Hendrajaya menguraikan bahwa darah manusia tersusun dari atom oksigen (O2) dan atom besi (Fe). Pada waktu bernafas biasa, oksigen jumlahnya berlimpah dalam paru-paru dan molekul darah dengan mudah menyerapnya tanpa melakukan pengaturan apa-apa. Tetapi berangsur-angsur berkurang diserap oleh darah yang terus mengalir.

    Supaya tetap mendapatkan kadar oksigen sejumlah yang diperlukan, molekul darah (hemoglobin) mengatur diri, “berbaris”, secara serial dengan urutan: atom besi(Fe) – rantai protein – atom besi(Fe) – rantai protein, dst. Akibatnya darah dalam pembuluh darah akan membentuk barisan simetris. Posisi ini akan memudahkan proses pengikatan oksigen dan oksidasi. Atom besi – yang bersifat paramagnetic dan ferromagnetic dalam molekul hemoglobin yang tersusun simetris tadi, membuat darah menjadi bersifat magnetic teratur atau disebut terpolarisasi magnetic.

    Fenomena yang dihasilkan antara lain:

    1. Tubuh manusia menjadi mengeluarkan medan magnet dan memilliki dua kutub; kutub utara dan kutub selatan.
    2. Darah bermagnet yang mengalir menimbulkan medan magnet yang dinamik, yaitu memancarkan gelombang electromagnet.

    Pancaran medan magnet dari tubuh orang tadi akan berinteraksi dengan medan magnet bumi, maupun dengan medan magnet yang berasal dari orang lain. Selanjutnya jika dua kutub yang terpancar searah dengan magnet luar, orang pemancar tadi akan terdorong maju atau ke belakang. Sedangkan jika membentuk sudut dengan arah medan magnet luar, orang pemancar tadi akan berputar.

    Medan magnet yang dipancarkan bisa menginduksi, mengimbas orang lain, sehingga tampak seperti menyedot atau memutar tubuh orang lain tanpa menyentuhnya. Hal ini juga yang terjadi pada praktik penyembuhan orang lain. Pancaran gelombang elektromagnet dari tubuh seseorang yang darahnya terpolarisasi, menghasilkan pancaran tenaga (panas) dan aura.

    Pancaran ini dapat di “lihat” oleh orang lain melalui suatu tuning interferensi atau resonansi dari dua gelombang yang berasal dari kedua orang tadi ketika frekuensinya sama. Interferensi ini menjadi jalan masuknya informasi antarkedua orang tadi. Bila jaraknya jauh, disebut telepati.

    Sedangkan fenomena biologis akibat terpolarisasinya darah antara lain:

    1. Darah yang molekulnya teratur, terpolarisasi, akan mudah dioksidasi, dibersihkan dari sel-sel asing dan sel-sel organ tubuh yang rusak akan mudah dibangun kembali dengan sari makanan yang dibawa oleh darah. Ini berarti lancarnya metabolisme. Darah yang tidak terpolarisasi, susunannya tidak teratur dan disela-selanya sering bersarang sel-sel asing, bakteri,virus hingga sukar dioksidasi.
    2. Debu elektrostastik dari luar tubuh, terutama debu virus atau kuman penyakit akan terlempar sebelum menyentuh tubuh, karena ditolak oleh medan magnet tubuh.

    Secara fisika, suatu medan magnet terpolarisasi yang mengandung energi dan informasi dapat disimpan dalam zat yang juga magnetic. Contohnya penyimpanan data dalam pita kaset musik, dan disket computer. Penyimpanan tenaga dalam dapat bersifat sementara atau permanent. Prosesnya berlangsung dengan jalan pengimbasan pada zat magnetic melalui kekuatan pikiran. Adapun zat yang magnetic yang tepat untuk medium penyimpanan antara lain oksigen, darah, tanah liat, kristal, logam kelompok besi, kumparan logam (solenoid) dan air (H2O). Ternyata dalam Al Quran, zat-zat tadi memang sering disebut. Al hawa, ad-damu, al hadid, dan al ma-u. Sayang selama ini kita kurang tanggap.

    Teori tadi menjelaskan tentang khasiat air yang “diisi” doa untuk diminum orang lain. Doa pada hakikatnya adalah informasi, pesan, energi yang disimpan ke dalam air dialamatkan khusus pada orang tertentu. Bagi orang lain bila meminumnya tidak akan berpengaruh apa-apa. Ini mengingatkan kita kepada sabda Rasulullah saw. Bahwa air zamzam itu berkhasiat sesuai niat maksud si peminumnya. Teori tadi juga menjelaskan fenomena keris pusaka dari besi yang tampak “sakti” karena diisi pesan oleh pembuatnya melalui ritual yang khusus.

    Surat Al Hadid (besi) harus menjadi inspirasi penelitian soal kegaiban senjata-senjata pusaka selama ini. Demikian juga surat Al Hijr (batu), harus mendorong penelitian batu sebagai medium. Batu piramida yan berusia 5000 tahun, batu-batu candi, batu menhir dan megalit yang berumur ribuan tahun. Struktur ferromagnetic membuat mereka menyimpan “pesan” tertentu. Sehingga bisa berimbas pada pori-pori dan bulu halus manusia. Fenomena ini yang lazim disebut “merinding’ atau berdiri bulu roma.

    Koran Republika 9 Maret 2004 (sayang republika.co.id sudah tidak menyimpan arsipnya) memuat berita tentang gunung batu bermagnet. Di luar kota Madinah pada jarak 60km ada dataran tinggi dikelilingi batu yang berwarna kemerahan bernama daerah Alkhlail. Orang naik mobil dijalanan yang menurun curam disana, lalu persnelling dinolkan, mobil akan berbalik berjalan mundur ke atas tanjakan sendiri tanpa menginjak gas, sampai kecepatan 40km per jam. Ini adalah fenomena magnet. Daya tarik menarik dan tolak menolak antara pemusatan magnet di dalam gunung batu dan logam di mobil itu yang membuatnya berjalan sendiri menanjak. Atau sebaliknya menahan laju mobil, atau membelokan arah setir. Gejala ini sering terjadi di daerah “angker” sehingga sering berakibat kecelakaan.

    Orang-orang menganggap ada penunggunya dan menjadi musyrik dengan memberi sesajen atau melempar rokok. Menurut Ali bin Abi Thalib r.a., Hajar Aswad kelak di hari kiamat akan diberi mulut dan lidah, dan akan bersaksi bagi orang yang pernah menciumnya. Kabah juga tersusun dari batu-batu purba yang menyerap energi keimanan orang-orang yang bertawaf mengelilinginya. Batu-batu Kabah juga menampung kiriman arus energi jarak jauh dari semua shalat mennghadap kearahnya. Akumulasi energi tadi menjadi kekuatan yang dahsyat menyalurkan setiap “pesan” berupa doa sehingga lebih cepat sampai ke ‘arsy di langit.

    Kisah tentang batu penggilingan Siti fatimah r.a. yang menangis ketika tidak dipergunakan lagi oleh putri Rasulullah saw. Ada juga ayat Al Baqarah ayat 24 yang menyebutkan bahwa ada batu yang masuk neraka, “Maka jika kamu tidak membuat(nya) dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kaafir.”

    Ada hadist yang menyebutkan, setan berjalan melalui jalan darah. Semua itu adalah isyarat yang perlu diteliti lebih lanjut tentang fungsi benda-benda tadi sebagai medium penyimpan pesan yang efektif. Penemuan Prof. Lilik tadi membuat kita tersentak. Betapa tipisnya batas antara gaib dan ilmiah. Kita harus terus-menerus berusaha memecahkan rahasia-rahasia kejadian ajaib secara ilmiah untuk menyelamatkan aqidah. Namun sekaligus juga tidak boleh mengingkari adanya jalur berdimensi lain yang memanng diciptakan Allah dialam ini. Wallahu A’lam

    Wa’alaikumussalam wr.wb

      • Leres pisan Kang…. ini hanya berbagi pengalaman, saya pernah menimba ilmu di berbagai macam perguruan, termasuk beladiri import. (Cimande, Cikalong, Tae Kwon Do, MP, SN, Ragajati, SP). Bukan karena kutu loncat atau tidak loyal atau ingin sakti, tapi karena pekerjaan dan domisili yang sering pindah. Termasuk belajar ilmu sihir (Alhamdulillah keburu tobat) karena tidak tahu. Jadinya bisa membedakan mana tenaga dalam/ekstra dan mana sihir. Saya pun pernah ikut pesantren di salah satu ponpes yang sangat anti dengan segala jenis perbid’ahan dan kemusyrikan. Saya pun kuliah dengan jurusan eksata. Jadi memandang sesuatu tidak dari satu sisi, tidak dengan satu disiplin ilmu. Tapi dari berbagai sisi dan sudut dan dari berbagai macam disiplin ilmu.

      • tapi belum pernah ikut latihan HI ya :)
        rasakan bedanya..insya Allah tidak ada sihirnya dan bukan hanya TM saja. tp juga mempelajari TD

    • Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, Msc Ph.D., mantan rektor ITB berhasil menjelaskan teori ilmu fisika tentang fenomena penumpukan energi melalui proses pernafasan. Tenaga yang didapat dengan menahan nafas bisa disalurkan secara ajaib membuat musuh terpental tanpa disentuh.

      Semua tulisannya hanya teori, dan jika berteori sah-sah saja namun ingatlah sebuah teori bisa benar dan bisa salah ketika pembuktian ilmiah, teori “mentalin orang” sudah sangat banyak diuji dan hasilnya sama sekali tidak terbukti Tenaga yang didapat dengan menahan nafas bisa disalurkan secara ajaib membuat musuh terpental tanpa disentuh lihat berbagai pembuktian di http://metafisis.wordpress.com/category/membongkar-kebohongan-tenaga-dalam-ilmu-metafisik/

      • Rasulullah saw aja dilempari batu ama kaum musyrikin giginya berdarah, eh yang umatnya yang levelnya jauh mintanya kebal ama senjata.wah ini umatnya siape?Rasulullah saw.atu Jin kafir laknatullah

        Bener gitu pak perdana? :)

  45. pusiang.
    dah mending sesama ngaku pendekar: bung TD dan kang Anton bertarung aja di dunia nyata. di padepokan. pertandingan persahabatan aja.
    for kang anton, kalau ntar TD bersdia.. udahlah g usah pake perjanjian yg aneh2..(HIers pasti ngerti maksud saya)
    atau TD datangi aja langsung cabang HI di bandung, pasti dilayani kok tantangan tarungnya.

    dari pada kebanyakan bacot ngomong melulu! tukang ngeles!
    capek dari dulu HI dihina tp tidak ada tindakan. semoga bisa menjadi memadamkan fitnah dri Blok yg penuh kebencian ini!

    BTW ini cuma usul loh. piss ah

  46. @barakah hi
    usul yang bagus, nggak asal perdana ahmad atau TD tidak buat persyaratan yang aneh-aneh
    kayaknya emang dipadepokan HI tempat yang bagus buat tarung sekalian biar bung TD /perdana ahmad melihat bagaimana sebenarnya latihan tenaga dalam yang benar
    kita tunggu jawaban TD/perdana ahmad

  47. Hanya di Yaumil Akhir semua itu dapat dijawab. Karena kebenaran sejati mutlak milik Allah Swt. Kita manusia hanya bisa mengira terkecuali sampean semua sudah pernah mengalami mati, memperdebatkan sesuatu yang gaib hanya dzat yang maha gaib yang mengetahui ? apa sampean semua merasa sudah dekat dengan Nya

  48. saya bisa melatih tenaga dalam tanpa pengisian tapi melalui latihan pisik yang ng berat di jamin dalam enam bulan dapat mematahkan besi dragon rangkap p enam.

    kalau memang benar itu berasal dari jin bisa kita buktikan, siapkan pakar ahli rukyah, jika tidak berhasil mematahkan besi dragon tsb berarti benar tenaga dalam tsb berasal dari jin dan jinnya lari dan saya siap bertobal kepada Allah melalui anda. JIka masig tetap datap patah maka anda harus siap bertobat nasuha karena telah menyebar fitnah yang jahat dan membuat kegaduhan baigi umat muslim dunia.

    JIka anda yakin benar pasti anda tidak lari dan bersembu di balik hadist_hadis yang belum tentu anda memahaminya.

  49. jangan bicara masalh jin kalau anda tidak pernah melihatnya. kalau Nabi bisa bicara masalh tsb karea Baliau dapat melihat malaikat dan jin dan langsung dari Allah. Saya pernah juga coba di rugyah di pesantern milik PKS. Disana saya lihat sang ustad merugyah seorang pakai kaset tip dan memukul orang yang akandiobatinya pakai gulungan koran yang sudah dipadatkan, terang aja ada anakperempuan yang pingsan karena pisiknya dihajar oleh sang ustad. bukan jin nya. pas saya coba di rugyahnya pakai di pukul pakai rotan koran tsb saya berontak karena ini bukan pengobatan tapi ke kejaman pisik pada orang yang akan di obati. saya hampir di keroyok tiha orang saya lawan secara sadar. saya bilang pada ustad tsb kalau gitu saya bisa juga dan saya jamin kalau saya pukul sekali pukul saja lehernya pasti patah. dasar perugyah palsu baru belajar lagaknya sudah kayak nabi tapi menipu umat dengan sok suci dan arogan. Sekarang rughayah di bandar lampung tsb sudah tidak laku lagi cuma bagi anggota PKS saja yang datang, kalau untuk anggota mereka tidak di pukul pakau rotan koran, kalau orang lain kayak mau membunuh saja

  50. saya tidak akan debat masalah jin kalau orang tsb tidak bisa melihat jin.
    takut nanti jadi debat kusir dan buat perpecahan di anatara umat. saya
    tidak akan debat mengenai masalah tenaga dalam kalau orang tsb tidak
    pernah mempelajari dan mematahkan enam rangkap besi dragon.
    masak saya mau bicara masalah nuklir dengan juru masak yaa pasti nggak pernah singkronnya.

  51. Jika Allah mengHendaki kebenaran kepada sebuah golongan,maka benar lah gol tsb dimata Allah….dan Jika Allah mengHendaki Kesesatan maka sesatlah golongan tsb….
    Ya Allah Ya Rabbku… Lindungilah Kami dari Kesesatan yang Nyata dan Tunjukilah kami jalan yang lurus dan jangan masukkan kami kedalam golongan yang Engkau SESATKAN…..tapi masukanlah kami kedalam golongan Bertaqwa dan Engkau masukkan dalam SurgaMU tanpa diHisab….Amien Yra

  52. PERTANYAan HT;
    Semua macam warna ilmu yg menciptakan adalah ALLAH swt.

    Salah-kah jika ALLAH menciptakannya,,?
    Ato saya yg salah dalam mengamalkannya…!
    Sberapa dalam keimanan&keyakinan saya..?
    Sberapa tinggi ke ilmuan yg kumiliki..?
    Sudah pantaskah klo sy membenarkan ato menyalahkan yg lainnya…?
    Sedangkan saya juga cuma bagian kecil dari ciptaan ALLAH.

  53. Assalamualaikum.. Adakah saudara pernah mendengar Teknologi Zikir Hipermetafisik, adakh kaedah ini sama dengan saudara maksudkan iaitu ilmu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan zikrullah sementara menggunakan khodam yg mereka panggil pendamping ghaib positive tergolong dari malaikat atau Qorin untuk memasuki alam yg di panggil Dimensi Alam yg berlapis2. Seperti puncak Dimensi alam spiritual manusia yg serendah nya ialah alam dimensi ke 19 iaitu setaraf dimensi alam malaikat paling rendah? untuk referen saudara seperti http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10138762&page=1 Dan. http://cahayashahadah.w3page.net/FORUM/category/KENALI-TZHM

  54. Assalamuallaikum, sy adalah anggota Karate sabuk hitam DAN V, tenaga dalam itu ada dan murni dr energi tubuh manusia. D Karate di ajarkan jg, tanpa bacaan apapun, tanpa puasa. Hanya berlatih fisik dan nafas. Tenaga dalam bisa d diteksi kok dngn alat pengukur tegangan listrik. Maaf bang perdana, anda jgn memfitnah tenaga dalam itu dr jin. Sebab seluruh beladiri mempelajari tenaga dalam. Anda ini mencari kebenaran atau mencari pembenaran? Anda jg manusia yg tak luput dr kesalahan. Tenaga dalam yg saya miliki adalah hasil dr latihan,kerja keras dan ridho dr Allah, bkn hasil transfer dr sensei/guru saya. Jadi tolong jangan menjelek-jelekan tenaga dalam.

  55. Islam Rahmatan lil alamin, jika sesama muslim gini. orang2 nasrani dan yahudi diluar sana tepuk tangan tuh…..yang penting belajar itu belajar ilmu dien aja deh kagak usah macem2 ada tenaga dalam,chi,prana,reiki,metafisika,metabiologi,metakimia,metatataboga,metamatika. ah semua itu ciptaan orang2 yang disesatkan jin2 dan iblis.belajar Quran aja satu surah aja berhari2 berminggu2 karena ilmu dien itu sangat dalam.

    ﴾ Al A’raf:179 ﴿
    Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

    Rasulullah saw aja dilempari batu ama kaum musyrikin giginya berdarah, eh yang umatnya yang levelnya jauh mintanya kebal ama senjata.wah ini umatnya siape?Rasulullah saw.atu Jin kafir laknatullah

  56. Beginilah jika masih pada pemula, tapi memang juga beginilah jalan untuk faham………..Imam Syafii tdk pernah kalah dalam berdiskusi kecuali dgn orng bodoh.

    Semua itu adalah ilmu, yang harus di ketahui, tapi tdk harus semua dijalani.

    ingat juga kebenran wajib disampaikan, tetapi tdk semua kebenaran wajib disampaiakan. harus diampaiakan pd tingkatanya, jika tidak akan timbul permaslahan, debat tak berujung, saling menyalahkan, bisa jadi simpulan Imam syafii dr sini.

  57. dalam, tenaga metafisik apakah kita memukul manusia dalam jarak jauh,,
    saya bertanya karna saya baru belajar ilmu tenaga dalam saya iningin tau lebih dalam tentang tenaga dalam dan tenaga metafisik dan cara membuka mata batin atau yg di kenal mata indra ke 6

  58. dijual.. dijual.. dipilih.. dipilih.. metode ruqyah nomor satu… ilmu lain pake jin.. yang ini kagak.. dijamin manjur.. dijual… dijual… keahlian saya cuma ini saja..

  59. Wah seru juga ni diskusi ame jawara dan Ustadz. Yang dibicarakan juga maslah yang berat amat yaitu maslah kesaktian alisn tenaga dalam. Yang jawara yakin ilmunya bersih terhindar dari syirik yang ustadz juga yakin bahwa pendapatnya benar sesuai syari’at.

    Ane ambil tengahnye aze. kagak dukung jawara kagak ngebela ustadz. Yang pasti nii, kagak ade di dunia yang sakti n punye tenage dalam. Nyang sakti cuma Tuhan. Jawara kagak sakti tuh boleh kite buktiin bahwa jawara kagak sakti tuh. Nyang ustadz juge jangan sombong merase paling benar nii. Yakin ustadz kagak ade yang pinter, yang pintar bahkan maha pintar juge hanye milik Tuhan nii.

    Jadi same2 kagak pinter same2 kagak hebat makanye kagak usah bertengkar nii. Ayo jabat tangan aje saling memaafin kesalahan kite. Gitu jadi aman.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s