KRITIKAN GLOBAL DAN PANDANGAN ISLAM TENTANG TENAGA DALAM ( seri 1)

DIKUTIP DARI Majalah Al-Furqon Edisi 10 th.ke-9 1431/2010

Disusun oleh : Dr. Muhammad Nur Ihsan M.A

(S3 Aqidah, Univ Islam Madinah)

Pandangan Islam Tentang Tenaga dalam

Sebelum menjelaskan pandangan Islam tentang ilmu ini, ketahuilah bahwa Islam adalah agama yang sempurna dalam seluruh aspek, baik dari sisi keilmuan dan peribadatan. Alloh berfirman : “ Pada hari ini (hari arofah tahun 9 H) telah Aku sempurnakan bagimu agamamu dan telah Aku engkapi nikmat-Ku atasmu dan Aku meridhoi Islam sebagai agamamu.” (QS. Al-Maidah 5:3)

Rosulullah diutus Allah Ta’ala dengan membawa ilmu yang bermanfaat dan amal sholih, sebagaimana firman Allah :

“Dia (Allah) yang mengutus Rasul-Nya dengan (membawa) petunjuk dan agama yang benar.” (QS. At-Taubah 9:33, al-fath 48, ash-Shof 61:9)

Imam Ibnu Katsir berkata : Petunjuk adalah apa yang dibawa beliau berupa berita-berita yang benar, keimanan yang benar dan ilmu yang bermanfaat. Maksud agama yang benar adalah amal-amal sholih yang benar lagi bermanfaat di dunia dan akhirat. (tafsir Ibnu Katsir: 2/425,cet. Dar al-Fikr).

Jadi dalam Islam telah terdapat penjelasan tentang ilmu yang bermanfaat yang membawa seseorang kepada keridhoan Allah dan mewujudkan ketentraman batin dan ketenangan jiwa serta keselamatan dunia dan akhirat. Juga penjelasan tentang ilmu yang tidak bermanfaat yang akan mencelakakan manusia dan larangan mempelajarinya.

Adapun ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang berdasarkan kepada al-Qur’an dan sunnah serta dipahami sesuai dengan pemahaman slafus sholih generasi terbaik umat ini.

Itulah hakekat ilmu yang bermanfaat yang seharusnya seorang muslim bersungguh-sungguh mempelajari dan memahaminya. Adapun seluruh keilmuan yang bertentangan dengan seluruh prinsip diatas maka ia adalah ilmu yang tidak bermanfaat dan dilarang untuk mempelajarinya. Sebab akan merusak dan menimbulkan dampak negative bagi penuntutnya dan orang lain, seperti ilmu ilmu sihir, ilmu hita, ilmu kebatinan dll.

Adapun pendangan Islam tentang ilmu tenaga dalam dan semisalnya, bisa disimpulkan secara global dan secara terperinci.

KRITIKAN SECARA GLOBAL TERHADAP ILMU TENAGA DALAM

Pertama : Ilmu tenaga dalam dan sejenisnya adalah ilmu yang bid’ah dan tidak ada landasan dari al-Qur’an dan Sunnah. Rasulullah tidak pernah mengajarkan kepada para sahabatnya. Padahal saat itu dibutuhkan kekuatan untuk berda’wah. Begitu pula pada masa pemerintahan Khulafar Rosyidin yang penuh dengan aktifitas jihad.

Mereka tidak pernah mengajarkan keilmuan tersebut kepada pasukan perang. Seandainya ilmu tenaga dalam dan sejenisnya adalah ilmu yang bermanfaat untuk pertahanan jiwa dan merobohkan kusuh dari jarak jauh, tentu telah diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabat dan diwariskan oleh sahabat kepada generasi sesudahnya. Akan tetapi hal itu sama sekali tidak pernah terjadi. Dengan demikian jelaslah kebathilan dan kesesatan ilmu tersebut.

Rasulullah bersabda :

“Barangsiapa yang membuat suatu yang baru dalam agama ini yang tidak ada (landasan) darinya maka ia tetolak.” Dalam riwayat lain “ Barangsiapa yang melakukan sesuatu amalan yang tidak ada landasannya dari perintah kami maka ia tertolak’ (HR. Bukhori dan Muslim)

Kedua : Ilmu ini berasal dari luar Islam. Tenaga dalam atau krachtologi tersusun dai kata krachtos yang berarti tenaga dan logos yang berarti ilmu. Ia sudah dikenal oleh orang-orang Mesir Kuno pada 4000SM. Dari Mesir, krachologi berkenbang ke Babylon, Yunani, Romawi dan Persia.

Di Persia tenaga semacam ini dinamakan Dacht. Dalam Dahtayana, disebutkan bahw pada suku Bukht dan Persia terkenal ilmu perang dinamakan dahtuz yaitu merobohkan musuh dari jarak jauh.

Para bangsawan Persia dilatih sejenis senam yang dilakukan lewat tengah malam agar mereka mempunyai tenaga Daht itu. Kemudian keilmuan tersebut terus dikembangkan sehingga menjadi suatu konsep untuk membangkitkan tenaga dalam dengan tekhnik pernapasan yang disertai dengan jurus-jurus tertentu.[1]

Hal ini memperkuat pernyataan diatas, bahwa ilmu ini adalah ilmu yang bid’ah dan tidak bermanfaat dalam agama Islam. Seandainya keilmuan tersebut dibolehkan tentu Allah akan menjelaskan kepada Rasul-Nya hakikat dan manfaatnya. Apalagi keilmuan tersebut sudah dikenal orang-orang Mesir kuno ribuan tahun sebelum masehi dan sebelum pengutusan Rasul. Dalam Peperangan Nabi tidak pernah juga diberitakan adanya pasukan kafir yang mampu mementalkan mujahidin yang berperang. Tidak ada juga dikisahkan adanya pasukan Romawi ketika bertempur dengan pasukan islam mampu mempergunakan Ilmu tenaga Dalamnya untuk mementalkan pasukan Islam.[2]

Dengan demikian kita tahu bahwa kebathilan dan kebohongan telah dilakukan sebagian perguruan tenaga dalam di tanah air dengan menamakan perguruan mereka dengan nama-nama Islami seperti : Bunga Islam, al-Barokah, al-Hikmah, al-Ikhlas, Hikmatul Iman, PIH Silatul Mukmin, dll. Ini adalah penipuan yang nyata, sebab tidak pernah dalam sejarah bahwa perguruan-perguruan tersebut menjadi “bunga” bagi Islam, menambah keberkahan dan mewujudkan keikhlasan serta keimanan yang benar bagi penuntutnya. Bahkan fakta membuktikan bahwa seluruh perguruan tenaga dalam merupakan sarana dan fasilitas untuk menebarkan kesesatan, bid’ah, kesyirikan, sihir, mistik dll.

Ketiga : Dalam ilmu tenaga dalam terdapat pokok kesesatan dan kesyirikan yang sangat banyak sebagaimana yang telah disebutkan diaats secara global.

Keempat : Diantara dampak negative ilmu tenaga dalam adalah hilangnya rasa tawakal para penuntunnya kepada Allah. Sebab mereka merasa telah memiliki kekebalan dan kekuatan luar biasa yang bisa merobohkan musuh dari jarak jauh, sehingga ia merasa tidak butuh pertolongan siapapun.

Kelima : Diantara kaidah yang digunakan untuk membangkitkan tenaga dalam adalah meditasi yaitu tafakur atau semedi. Ini adalah metode yang bid’ah yang tidak ada landasannya dari al-Qur’an dan sunnah. Bahkan meditasi adalah komponen dari banyak agama, dan telah dipraktekkan sejak jaman dahulu yang dikenal dalam bahasa sansekerta dengan (dhyana). Meditasi dalam salah satu aliran Budha Mahayana dikenal dengan istilah zen. [3] Aktifitas ini merupakan usaha antara yang membawa kesadara menuju samadi.[4]

Intinya adalah aktifitas perenungan yang berusaha untuk menyatukan jiwa dengan Tuhan yang dikenal dalam dunia tasawuf dengan istilah Ittihaad yakni Allah bersatu dengan makhluk. Maha suci Allah dari keyakinan yang kufur ini. Tidak diragukan lagi bahwa konsep dan ajaran yang seperti ini bertentangan dengan aqidah Islamiyah.

Itulah sumber pengambilan ilmu tenaga dalam yang  diajarkan oleh perguruan ilmu tenaga dalam yang berkembang dewasa ini. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif bagi penuntutnya dan praktek kesesatan yang mistis.

Adapun “meditasi” atau tafakur yang disyari’atkan adalah taffakur tentang makhluk ciptaan Allah yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah dan keagungan-Nya. Hal ini akan memotifasi seseorang untuk mengagungkan Allah dan melaksanakan perintahn-Nya dan meninggalkan segala yang dilarang agama. Selain itu dalam tafakur tidak bolah ada prilaku bid’ah seperti menarik energi tertentu, konsentrasi pada titik diantara kedua mata (chakra ajna) untuk trawangan dll, semua itu adalah bentuk kesesatan.

Keenam : Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa orang-orang yang bergabung dalam perguruan tenaga dalam adalah orang-orang yang jauh dari pemahaman yang benar terhadap hakikat Islam dan tauhid. Jika ilmu tenaga Dalam itu adalah ilmu yang bermanfaat tentu orang-orang yang berpegang teguh dengan al-Qur’an dan loyal kepada Sunnah adalah orang-orang yang akan berada di barisan terdepan dalam mempelajarinya. Sebab agama memerintahkan kita untuk mempelajari ilmu yang bermanfaat.

Bersambung………….

Nantikan terus pembahasan dari Dr. Muhammad Nur Ihsan diblog metafisis kita yang tercinta  pada edisi Al-Furqon selanjutnya


[1] Lihat : http:///id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_tenaga_dalam

[2] Di yakini tenaga dalam dapat dipelajari oleh siapa saja bahkan orang kafir mampu menguasainya asal berlatih dengan keras. Jika pasukan Romawi sudah menguasai ilmu tersebut maka kita akan mendengar kisah adanya pasukan islam yang mental disapu energi tenaga dalam.

[3] TAMBAHAN DARI ADMIN :Ketika saya  dahulu memmpelajari Tenaga Dalam saya bertanya dengan sang guru,”tingkatan tertinggi tenaga dalam apa ?” Sang Guru menjawab “Meditasi”

[4] LIhat : http://id.wikipedia.org/wiki/Meditasi dan http://id.wikipedia.org/wiki/Zen

98 thoughts on “KRITIKAN GLOBAL DAN PANDANGAN ISLAM TENTANG TENAGA DALAM ( seri 1)

  1. salam
    menarik isinya

    saya urun rembug mas PA
    kenapa selalu terforsir pd tenaga dalam cs ya?

    apakah bedanya antara tenaga dalam cs (metafisikan dan seterusnya) dengan pistol, tank, pesawat, pun internet jika dikaitkan dg diskusi serupa di atas?

    soalnya, sama-sama merusak akidah lo
    misalnya, maraknya video mesum aril-luna..

    para tentara juga menjadi merasa aman karena punya pistol dan bahkan merasa perlu menggunakan baju anti peluru?

    saya tertarik nih mendiskusikannya
    sukron jazila ya akhi..
    tetap semangat!

    • Sebab tema blog ini HANYA khusus membahas dan mengupas hakikat tenaga dalam, ilmu metafisika dan ilmu hikmah, adapun masalah video mesum bukan menjadi bagian dari topik blog ini juga masalah persenjataan. trims atas komentarnya :)

      • semua yang di larang wajib dan kudu di bahas sampai selesai jangan setengah setengah membahasnya,kalo mau jadi penegak yang benar,tegakkan dengan selesai,jangan sampai ngak selsai BUng,Perdanan,hehehh,Maju Terus Ya

      • saya rasa itu semua adalah pemahaman dan kepercayaan masing masing kalau semua tidak saling sambung ya hasilnya putus terus, sekarang yang penting jangan dikaitkan dengan masalah keyakinan tertentu dan berjalanlah sesuai ajaran masing2, Tuhan Maha Agung/Pemurah, dan ilmu apa yang kita minta pasti di kasih, yang penting do’a dan berusaha, Allah maha tau dengan bahasa apapun juga Dia tau dan tidak harus dengan bahasa bangsa tertentu.

  2. Waduh … kenapa ya setiap kali membahas masalah Tenaga Dalam selalu larinya ke pembahasan ilmu kontak.

    Saya sendiri pernah memberikan comment bahwa istilah Tenaga Dalam untuk ilmu kontak ini suatu kerancuan yg dimulai sejak tahun 80-an. Mungkin detailnya bisa dibaca comment saya di

    http://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/rahasia-kesyirikan-dibalik-energi-chi/

    Tapi saya masih menunggu posting lanjutan dari pembahasan Dr Muhammad Nur Ihsan. Mungkin pembahasan lanjutannya ada yg menarik untuk dikomentari.

    Sedang mengenai ilmu kontak saya rasa saya sudah cukup mengomentarinya selama ini … jadi untuk kali ini saya no comment saja :D

    Tapi saya mungkin akan memberikan comment saya mengenai Tenaga Dalam yg bukan ilmu kontak sebagai perbandingan saja.

    • Waduh … kenapa ya setiap kali membahas masalah Tenaga Dalam selalu larinya ke pembahasan ilmu kontak.
      Saya sendiri pernah memberikan comment bahwa istilah Tenaga Dalam untuk ilmu kontak ini suatu kerancuan yg dimulai sejak tahun 80-an.

      Menurut saya tenaga dalam menurut pengertian awam adalah “perangkum kata” dari semua jenis keluarbiasaan, kekuatan, ilmu ghoib yang sering kali diklaim dimiliki mereka yang mempelajarinya. Armansyah seorang pelatih Prana Sakti yang sudah menjadi praktisi PS 18 tahun bahkan mengkategorikan ilmu isian, rajahan dll sebagai tenaga dalam un-naturally bisa dilihat komentarnya di sini beliau mengatakan :“Secara umum saja secara langsung saya katakan, bahwa Tenaga Dalam yang diperoleh dengan cara un-naturally seperti melalui proses rajah, pengisian dan seterusnya biasanya memiliki sejumlah kelemahan fatal yang dapat membahayakan sipenggunanya. Selain itu, tenaga dalam orang-orang inipun punya batas waktu tertentu. Hal ini sifatnya variatif, tidak mutlak harus sama semua waktunya. Bisa dalam kurun waktu sekian hari, sekian minggu, sekian jam atau bahkan sampai sang guru atau pengisi tenaga dalam itu mangkat.”

      Ilmu kontak juga masuk dalam ketegori tenaga dalam sebab pada setiap perguruan tenaga dalam selalu ada atraksi “mempengaruhi” orang dari jarak jauh. adapun istilah tradisional seperti “rasa isi”, “prana”, “afana”, dan “hawa murni” atau ilmu yang berbasis keislaman seperti ilmu karomah, ilmu hikmah dan semacamnya juga akan TETAP disebut sebagai tenaga dalam, walau ada juga yang menganggap lebih tepat disebut dengan Ilmu metafisika.

      • Ini berdasarkan pengalaman saya selama menekuni ilmu beladiri sejak tahun 80 an. Kata Tenaga Dalam sendiri menjadi perdebatan di kalangan praktisi Beladiri. Saya selalu mengalami kesulitan jika ingin membahas tentang apa itu Tenaga Dalam dgn praktisi beladiri lain.

        Ketika saya ingin mendiskusikan masalah Tenaga Dalam dgn praktisi CMA. Hampir semua praktisi CMA dari berbagai macam lineage tidak langsung memjawab pertanyaan saya. Mereka rata-rata balik memandang saya dan bertanya “Tenaga Dalam ? … kalo yg dimaksud dgn mental-mentalin orang wah ga tau juga ya … di sini ga ada yg seperti itu”

        Begitu juga jika saya coba mendiskusikan dgn praktisi silat dari berbagai macam aliran. Mereka pun tidak langsung menjawab ” Tenaga Dalam … atau ilmu kontak ? ” Mayoritas pesilat akan menanyakan hal seperti itu.

        Kalangan yg tidak mempertanyakan Tenaga Dalam biasanya kalangan praktisi dari aliran 10 jurus dan 5 jurus. Mereka biasanya langsung memahami pengertian Tenaga Dalam seperti keilmuan yg mereka memiliki. Sama persis seperti tanggapan pelatih Prana Sakti yg anda sebutkan di atas.

        Dan jika praktisi beladiri dari berbagai aliran berkumpul dan mulai bicara tentang Tenaga Dalam. Selalu diskusi dimulai dgn menetapkan yg Tenaga Dalam mana yg ingin di diskusikan Tenaga Dalam atau Ilmu Kontak. Jadi di kalangan praktisi beladiri baik CMA, Silat atau beladiri dari Jepang Korea dll term Tenaga Dalam sendiri menjadi perdebatan.

        Sedang mengenai ilmu isian, ajian, rajah dsb dkk rata-rata sepakat itu sebagai ilmu bathin dan tidak termasuk dalam ilmu beladiri dalam pengertian martial art.

        Jika anda ingin tetap menggunakan definisi Tenaga Dalam seperti di atas … ya silakan saja.

  3. dulu terjadi pertentangan antara ulama tentang pemahaman bahwa bumi ini bulat dan mereka saling mengkafirkan antara sesama. dan itu selalu disandarkan dengan nash al-quran. begitu juga dengan hipnotis tapi setelah dikembangkan di barat ternyata dapat dijelaskan dan di ilmiahkan, banyak orang islam yang berfikir picik dan menganggap hal-hal baru adalah bid’ah tanpa melihat manfaat dan memikirkannya dengan metode ilmiah sehingga dapat diambil potensinya, mengapa selalu menggenalisir bahwa perbuatan yang baru adalah bid’ah dan itu bermuatan setan, jin atau iblis dan sejenisnya.

    • dulu terjadi pertentangan antara ulama tentang pemahaman bahwa bumi ini bulat dan mereka saling mengkafirkan antara sesama. dan itu selalu disandarkan dengan nash al-quran.
      apa ga salah mas ??? tolong sebutkan ulama mana yang bertengkar dan saling mengkarifkan karena berbeda pendapat tentang bumi itu bulat ??? Sepanjang pengetahuan saya TIDAK ada 1 ulama islampun yang menganggap bumi itu lempeng lalu mengkafirkan ulama lain….? lain halnya dengan “ulama” kristen yang memaksa galileo minum racun karena meyakini bumi itu bulat.

      ada banyak klaim ilmiah palsu yang dibuat barat untuk menipu dan menyesatkan umat islam contoh mudahnya adalah klaim ilmiah palsu kaum evolusionis yang ternyata bukti-bukti ilmiah mereka palsu semua, lihat http://www.hidayatullah.com to lebih jelasnya……kita harus berhati-hati dengan hipnotisme sebab ada ajaran sesat didalamnya seperti adanya tekhnik “regresi” untuk melihat kehidupan sebelumnya sebelum kita bereinkarnasi ke kehidupan sekarang, jelas ini adalah bentuk kesesatan yang nyata jika umat muslim mempercayainya

  4. sukron tanggapannya mas PA :)

    saya pribadi melihat TD/TM merupakan bagian dari potensi manusia yang disediakan Allah Swt

    nah,terkait sesat,syirik,bid`ah dan semacamnya
    seperti penilaian mas PA

    saya pikir…
    yang sesat,syirik,bid`ah, bukan terletak pada TD/TM dan sejenisnya.

    tetapi, siapa yang menggunakan dan memformulasikan

    sekarang ini,saya rutin pernapasan Asmaul Husna.Bagus dan menyegarkan,bahkan bikin makin khusyuk ketika shalat 5 waktu.Subhanallah..

    Mulanya saya ragu,tetapi mantap setelah membaca renungan di blog berikut:http://www.fadhilza.com/2010/01/tadabbur/seni-pernapasan-satria-nusantara-dan-dzikir-asmaulhusna.html

    • sukron tanggapannya mas PA :)

      saya pribadi melihat TD/TM merupakan bagian dari potensi manusia yang disediakan Allah Swt nah,terkait sesat,syirik,bid`ah dan semacamnya
      seperti penilaian mas PA

      saya pikir…
      yang sesat,syirik,bid`ah, bukan terletak pada TD/TM dan sejenisnya.

      tetapi, siapa yang menggunakan dan memformulasikan

      sekarang ini,saya rutin pernapasan Asmaul Husna.Bagus dan menyegarkan,bahkan bikin makin khusyuk ketika shalat 5 waktu.Subhanallah..

      Mulanya saya ragu,tetapi mantap setelah membaca renungan di blog berikut:http://www.fadhilza.com/2010/01/tadabbur/seni-pernapasan-satria-nusantara-dan-dzikir-asmaulhusna.html

      Potensi yang dimaksud jika potensi secara fisik “tenaga dalam” adalah kekuatan fisik manusia (dan bukan kekuatan ghoib/metafisik) dimana orang tersebut latihan keras (disertai pernapasan juga tentunya) hingga dapat memukul atau menendang dengan baik juga mendapatkan ketahanan tubuh yang luar biasa yang berbeda dengan orang biasa yang tidak melakukan latihan fisik disertai pernapasan yang baik (ex:sebagaimana orang yang banyak latihan bela diri maka pukulan dan tendangannya tentu berbeda dengan orang yang tidak pernah ikut bela diri). Jika pengistilahan senam pernapasan/”tenaga dalam” dalam batasan tersebut maka tidak menjadi masalah.
      Dengan berlatih senam yang menggunakan olah pernapasan tubuh kita memang menjadi sehat karena mematikan unsur negatif seperti virus dan bakteri, menetralkan zat kimia dalam tumbuh, serta membantu memperlancar suplai oksigen ke sel saraf sehingga sel dapat berfungsi semestinya. Sel syaraf yang sehat berperan penting dalam mengaktifkan organ dan sel tubuh lainnya,dengan tubuh yang sehat maka kita akan bisa berfikir dengan jernih,dengan berkumpulnya dengan anggota masyarakat lain tentunya secara psikis juga kita lebih sehat karena bisa bersosialisasi dengan baik dengan anggota masyarakat yang sama-sama ikut senam pernapasan.

      kan tetapi senam pernapasan /”tenaga dalam” yang umumnya dipahami oleh sebagian besar manusia, tenaga dalam itu sebuah kekuatan ghoib (bisa mementalkan orang dari jarak jauh, bisa melihat tembus, melihat alam ghoib, melihat masa lalu dan masa depan, bisa menyakiti/mempengaruhi jiwa orang lain dari jarak jauh dll) yang muncul pada manusia apabila seseorang itu melakukan laku-laku tertentu (melatih jurus tenaga dalam dengan niat mendapatkan kekuatan ghoib) juga mantra-mantra tertentu yang bid’ah tidak ada tuntunannya dari Rasulullah.

      Maka kekuatan ghoib yang muncul ini adalah yang berasal dari syetan. Seandainya bentuk kekuatan ghoib tersebut bisa dipelajari, dilatih dan sebagainya tentu amat berguna untuk membela kebenaran tentunya sudah dilakukan dan dicontohkan oleh Rasulullah dan diajarkan kepada para shahabat. Namun sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu hajar sesuatu kemampuan ghoib bila bisa dipelajari maka ini adalah perbuatan sihir dan setan masuk sebagai sumber kekuatannya.

      Adapun jika seseorang tersebut mempunyai kekuatan luar biasa pada dirinya tanpa dia sadari tanpa dia pelajari datang dari Allah Ta’ala tidak menuruti kehendaknya, tetapi karena kehandak Allah sebab karena keshalehan dia, karena banyaknya dia beribadah maka kekuatan itu disebut karomah/maunah.

      Intinya apabila kekuatan tenaga dalam yang bersifat metafisik (seperti bisa mementalkan orang dari jarak jauh, bisa mempengaruhi alam pikiran orang lain dengan gerak jurus tertentu, bisa menyakiti seseorang secara ghoib, menerbangkan benda-benda dll) maka itu adalah perbuatan atas bantuan syetan. Sebab kekuatan gahib tsb yang dipelajari maka itu dinamakan sihir sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Hajar didalam Fathul Bari.

      Anda berzikir Asma’ul Husna tentu sangat dianjurkan akan tetapi ketika anda bedzkir dengan disertai tata cara yang tidak pernah dicontohkan Rasul dan disertai dengan niat mendapatkan tenaga dalam maka prilaku ini adalah perbuatan sesat.
      tata dzikir yang bid’ah merupakan rumus dan kode etik untuk berhubungan dengan alam supranatural (alam jin).Hal seperti ini merupakan perangkap syetan yang menjerumuskan orang pada perbuatan syirik.
      Untuk mengetahui bahwa perbuatan itu termasuk perbuatan syirik adalah sebagai berikut:
      Pertama, bahwa “dzikir disertai jurus tenaga dalam ” tersebut bukanlah syari’at Islam, karena tidak memakai standar Al-Qur’an maupun Sunnah Rasulullah, dan ini termasuk dalam kategori bid’ah, yang mana syetan lebih menyukai bid’ah daripada perbuatan maksiat sekalipun.
      Kedua, apabila tujuan seseorang melakukan “dzikir disertai jurus tenaga dalam lalu diniatkan mendapatkan kesaktian”” tersebut untuk memperoleh kesaktian, kekebalan, dan hal-hal yang luar biasa, maka sudah pasti itu bukan karena Allah Subhannahu wa Ta’ala, seperti membaca Al-Fatihah 1000 kali, Al-Ikhlas 1000 kali dan lain sebagainya dengan tujuan agar mendapatkan kemampuan tenaga dalam yang hebat, Itu semua bukanlah karomah tetapi merupakan hakikat syirik itu sendiri, karena telah memalingkan tujuan suatu ibadah kepada selain Allah Subhannahu wa Ta’ala.

      Saya mengenal perguruan Satria Nusantara, tenaga dalam satria nusantara tidak beda dengan perguruan lainnya yang dimana jika belajar tenaga dalam akan mendapatkan kemampuan mempengaruhi seseorang dari jarak jauh, dapat melindungi dirinya dari sihir, jin setan (padahal yang dapat melindunginya adalah ibadah dan doa perlindungan kepada Allah dan bukan energi tenaga dalam) bisa melihat alam ghoib dengan tekhnik khusus yang diajarkan pada anggota perguruan

      • sukron katsir hidmaikum mas PA
        cepat sekali dijwab? OL teruskah?hehe

        PERTANYAAN SAYA
        1)darimana mas PA tahu bahwa itu berasal dari tenaga/kekuatan JIN?
        saya balik misal saya pertama :)
        kekuatan PISTOL, TANK, itu gimana?

        2)yang paling bikin saya takut: bahwa saya telah salah memberi informasi. Terkait Jin ini pelik soalnya. Darimanakah kita bisa mutlak tau,itu sungguh2 JIN?

        yang ke3 agak nyeleneh.Smg antum, berjiwa besar membaca dan merespon,amin :)

        3)Apakah yang yang mas PA lakukan ini semua,ada tuntunannya dari Nabi SAW?Maksud saya, dakwah ala jenengan ini tidaklah bid`ah? :)

        soalnya, saya ini geregetan, kok semuanya harus pernah dilakukan beliau? Kan jaman ini,banyak hal yang tak da di zaman nabi?

        Terima kasih banyak akh PA :)

      • 1)darimana mas PA tahu bahwa itu berasal dari tenaga/kekuatan JIN?
        saya balik misal saya pertama :)
        kekuatan PISTOL, TANK, itu gimana?

        Pistol juga tank adalah sarana fisik sedang tenaga dalam itu sarana ghoib, bersifat ghoib karena dalam tenaga dalam ada klaim kesaktian bisa mementalkan orang dari jarak jauh, bisa melihat tembus, melihat alam ghoib, melihat masa lalu dan masa depan, bisa menyakiti/mempengaruhi jiwa orang lain dari jarak jauh dll y tidak ada tuntunannya dari Rasulullah.
        Maka kekuatan ghoib yang muncul ini adalah yang berasal dari syetan. tenaga dalam mengambil media hawa (udara), Sementara jin (setan) hidup diantara hawa yang ada. Mereka mudah masuk, olah raga seperti oleh nafas, meditasi, yoga merupakan media sensitif dan efektif yang mereka gunakan untuk masuk kedalam tubuh manusia.Teknik bernafas dengan cara menahan dalam waktu tertentu, membuat orang mudah di Infiltrasi oleh setan.

        2)yang paling bikin saya takut: bahwa saya telah salah memberi informasi. Terkait Jin ini pelik soalnya. Darimanakah kita bisa mutlak tau,itu sungguh2 JIN?
        Pembuktian langsung ada ratusan bahkan ribuan para praktisi tenaga dalam yang memang berniat bertaubat ketika diruqyah ternyata ada setan dalam dirinya yang menjadi khodam tenaga dalam. namun pembuktian secara syari’ah yang jelas jika keluarbiasaan/kesaktian tersebut dipelajari, bisa diturunkan, bisa dipergunakan sekehendak hatinya ini merupakan termasuk kategori sihir “tenaga dalam”, sihir tidak lain atas bantuan setan. sebab keluar biasaan menurut syari’at itu terbagi menjadi beberapa kategori seperti mu;jizat hanya dimiliki nabi dan rasul, karomah hanya dimiliki wali Allah penjelasan lengkap lihat di http://metafisis.wordpress.com/2009/12/02/beda-mujizat-karamah-dengan-sihir/

  5. nah:
    menurut saya, TD/TM tidaklah sesat
    yang sesat dst, adalah formulasinya shg sebabkan yang belajar menyingkir dari kekhusyukan kepada Allah dan ajarannya.

    spt internet dan teknologi lainnya
    juga sama dg tenaga dalam

    membuat seseorang memerhalakan dan mensekutukan Allah dan rasul-Nya.

    banyak orang yang membaw bekal senjata,alat pelindung, baik rajah pelindung atau baju anti peluru agar aman dalam perjalanan…

    ada yang membawa bekal bodrex, agar aman dari serangan sakit kepala…

    ada yang memberhalakan tulisan,sains,maupun logika,agar aman dari serangan tulisan orang lain
    termasuk saya,hehehe :)
    karena saya agak berbeda pandangan,maka sekuat mungkin saya percayakan logika saya pada tulisan,:)

    MAKA: menurut saya,saatnya kita meluruskan TD/TM,dan bukan membakarnya hingga padam?

    mohon maaf jika ada kalimat kurang berkenan :)
    salam hormat u semuanya

    • intinya anda hendak mengatakan belajar tenaga dalam dan ilmu metafisika asal tidak syirik dan mendekatkan diri pada Allah ga apa-apa…………. anda juga mengatakan gapapa pakai “rajah pelindung” asal ga syirik. tapi tahukah anda memakai rajah jimat itu syirik dan dilarang dalam islam????

      Niat yang baik harus juga disertai dengan tata-cara yang baik mas, Amal ibadah berupa kebaikan harus disertai dengan sarana yang bersih dan suci agar diterima amalnya.

      • saya tidak tahu,ulama yang lebih tahu,hehe

        [intinya anda hendak mengatakan belajar tenaga dalam dan ilmu metafisika asal tidak syirik dan mendekatkan diri pada Allah ga apa-apa……]

        jawaban saya, kebetulan sama dengan tulisan antum:
        [Niat yang baik harus juga disertai dengan tata-cara yang baik mas, Amal ibadah berupa kebaikan harus disertai dengan sarana yang bersih dan suci agar diterima amalnya.}

        pertanyaan saya:apa yang salah dengan TM/TD? Shg,harus disifati sesat/syirik?
        ketentuan Allah manakah yang telagh dilanggar?

        {tapi tahukah anda memakai rajah jimat itu syirik dan dilarang dalam islam???? }

        bisa disebutkan dalilnya akhi?

        salam hangat akh
        semoga kita tetap dalam kesejukan-Nya
        semoga sharing ini tidak membuat kita saling emosi :)
        itu harapan saya

        yang pasti,salut u keberanian antum :)
        salam ukhuwah!

      • pertanyaan saya:apa yang salah dengan TM/TD? Shg,harus disifati sesat/syirik?
        ketentuan Allah manakah yang telagh dilanggar?

        ada banyak ketentuan dan rambu syari’at yang dilanggar dalam tenaga dalam, jika saya jelaskan lagi akan sangat panjang, bisa anda lihat di http://metafisis.wordpress.com/2009/10/26/ada-syetan-dibalik-tenaga-dalam/ , http://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/penyimpangan-dan-kesesatan-keilmuan-tenaga-dalam/ , http://metafisis.wordpress.com/2009/10/09/video-penjelasan-ulama-hakikat-tenaga-dalam-ditinjau-dari-sisi-syariat/ jika ada yang kurang jelas pada artikel tersebut boleh bertanya pada ana tetapi pertanyaannya langsung pada kolom artikelyang bersangkutan.

        tapi tahukah anda memakai rajah jimat itu syirik dan dilarang dalam islam???? }

        bisa disebutkan dalilnya akhi?
        ada banyak dalil yang mengharamkan rajah/jimat. dalilnya :“Barang siapa yang menggantungkan jimat, maka sesungguhnya ia telah menyekutukan (Allah).” (HR. Ahmad:4/156) siapa yang memakai rajah perlindungan untuk keselamatan maka dia akan tergantung dengan benda tersebut dan akibatnya dia melakukan kesyirikan.
        Rasulullah saw bersabda :”Barangsiapa yang menggantungkan sesuatu (sebagai jimat/rajah), niscaya Allah menjadikan dia selalu bergantung kepada tamimah (rajah/jimat) itu”. (HR.Imam Ahmad dan at-Tirmizi).

      • asalamualaikum, saya hanya ikut nimbrung aja mas., saya baca ulasan2 mas pradana tentang sesuatu terlalu teks book…, mas baru tahu kulit sudah mengklaim bahwa mas ahli dalam hal tersebut. sehingga sudah berani menyalahkan dan menyebut bid ah segala. bijaksanan saja mas kalau emang punya ilmu pengetahuan lebih menurut mas..orang lain pun sama punya pengertian yang lebih menurut mereka…, sudah saja mas dengan keyakinan mas..mereka dengan keyakinan mereka…kalau diperebatkan bakalngak ada ujungnya, karena masing -masing merasa benar dan yang paling tau. padahal apa yang di dapat juga dari buku ya to. sedah saja seperti Syaidina Ali : MEREKA MEMILIKI PEMAHAMAN YANG BERBEDA DENGAN KITA…., menurut saya mas pradana yang pinter, sudah saja amalmu amalmu amalku amalku….toh Allah yang paling tau mana yang benar…ok mas. asalamualaikum

  6. inti semua penjelasan hadist tersebut,bukankah tentang perlindungan selain pada Allah akh?

    TM/TD tidak jauh beda dengan PISTOL,membawa senjata sajam di balik baju bukan?

    maka,siapapun yang membawa pistol,sajam, atau apapun yang membuatnya merasa aman dg manfaat benda tersebut adalah syirik dan musyrik :)

    maka,apabila TM/TD justru mendekatkan orang pada keajaiban Allah,membuatnya tunduk-takluk pada iman Allah SWt??

    TM/TD adalah karunia Allah belaka
    ia jadi sesat kalo syirik pd Allah

  7. Sebenarnya salah satu alasan yg membuat saya tertarik untuk memberikan 2 komentar pada artikel

    http://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/mengikuti-seni-beladiri-tenaga-dalam/

    adalah batasan Tenaga Dalam Syarii seperti yg anda tulis pada artikel “Kesesatan Tenaga Dalam” dan juga sering anda kutip pada berbagai comment anda. Anda menuliskan sbb :

    “Jika ‘tenaga dalam’ dari hasil pembakaran zat-zat makanan dalam tubuh hingga menjadi energi untuk kekuatan dan kelangsungan kesehatan tubuh itu bisa kita terima karena pengistilahan ‘tenaga dalam’ itu adalah energi yang didapat dari zat-zat makanan yang kita makan tanpa ada unsur metafisika.”

    Saya sedikit tersenyum ketika membaca kalimat di atas. Karena batasan Tenaga Dalam yg anda tulis di atas sama persis dgn Teori ATP yg dikenal dalam ilmu Physiology . Pada Teori ATP dijelaskan bagaimana proses perubahan dari sari makanan yg kita makan ( Karbo, Protein dan Lemak ) dalam proses oksidasi menjadi energi untuk kekuatan dan kelangsungan tubuh. Karbo dan Lemak digunakan untuk energi ( kekuatan ) tubuh sedang protein digunakan untuk regenerasi sel ( kelangsungan kesehatan tubuh ). Jadi batasan Tenaga Dalam Syarii yg anda tulis itu ya … Teori ATP :D

    Jika anda baca Teori ATP yg digunakan dalam ilmu Physiology sebenarnya anda bisa melihat bahwa Teori ATP ini hanya menjelaskan perubahan dari sari makanan ( Karbo, Lemak dan Protein ) menjadi energi yg digunakan untuk aktifitas fisik dan regenerasi sel saja – tidak sampai menghubungkannya dgn energi listrik tubuh dll dsb dkk.

    Saya tidak tau darimana anda mendapat Teori ATP seperti yg anda tuliskan pada artikel Kesesatan Tenaga Dalam tsb. Satu link menarik lagi tentang ATP saya dapat pada website “bodybuilding”

    http://www.bodybuilding.com/fun/drobson24.htm

    Saya bisa mengerti jika anda melakukan kritik pada Teori ATP yg sering digunakan aliran Beladiri Tenaga Dalam di Indonesia. Tetapi jika anda melakukan kritik tsb tanpa menjelaskan pada pembaca bahwa Teori ATP adalah Teori Ilmiah yg digunakan dalam Ilmu Physiology – saya kuatir ini akan memberikan informasi yg keliru pada pembaca blog anda. Pembaca blog anda akan menarik kesimpulan bahwa Teori ATP hanyalah teori jadi-jadian untuk menjelaskan Tenaga Dalam :D

    Dan seperti yg saya katakan batasan yg anda katakan di atas sama persis dgn Teori ATP. Teori ATP dalam ilmu Physiology sebenarnya hanya menjelaskan tentang Tenaga Fisik Murni bukan Tenaga Dalam. Jadi jika anda ingin memberi batasan Tenaga Dalam Syarii seperti yg anda tulis di atas. Saya rasa sebaiknya tidak disebut sebagai Tenaga Dalam Syarii sebut saja Tenaga Fisik Murni.

    Katakan saja secara tegas yg ada itu Tenaga Fisik bukan Tenaga Dalam … ini jauh lebih jelas batasannya

    • YA benar yang anda katakan, teori ATP benar-benar energi tenaga fisik dan bukan kekuatan ilmu ghoib….bisa dilihat penjelasan di http://id.wikipedia.org/wiki/Adenosina_trifosfat , http://id.wikipedia.org/wiki/ATP_sintase , http://id.wikipedia.org/wiki/Mitokondria.
      yang jadi permasalahan adalah banyak perguruan tenaga dalam yang asal comot penelitian imiah lalu ditambah-tambahi (sesuai hawa nafsunya) dihubung-hubungkan dengan ilmu ghoib yang sama sekali tidak ilmiah.
      BISA SAYA CONTOHKAN DARI KASUS (HIKMATUL IMAN) PENYALAHGUNAAN KLAIM ILMIAH ATP UNTUK HAWA NAFSU PEMBENARAN ILMU TENAGA DALAM :

      Mengusir Jin dengan energi tenaga dalam
      Sebagaimana dijelaskan di http://hiuk.multiply.com/reviews

      Tips dan Trick diganggu Jin
      Faktor penyebab:
      a.Jin yang manampakan diri dan iseng.
      b.Peka dan dapat melihat jin
      c.Sugesti perasaan takut bersalah kepada orang yang meninggal sehingga mendatangkan jin qarin orang yang meninggal.
      d.Anasir dari rumah baru tempat tinggal.

      Gejala:
      sering melihat jin atau bayangan-bayangan aneh. Mimpi buruk (nightmare). Sering mendengar suara-suara yang entah berasal dari mana.

      Terapy ala HI:
      a.Pastikan bahwa pasien tidak stress. Bila stress progam pengobatan khusus penguat memori salurkan ke telapak tangan sertai hawa panas (TD), tempelkan ke kepala bagian belakang. Kemudian transfer ke pasien ilmu kuat melihat segala jenis jin kafir dan jin Islam.
      b.Aktifkan pembersih, penghancur anasir dan penghancur, penghancur segala jenis jin kafir dan turunan ilbis salurkan ke telapak tangan sertai hawa panas (TD), tempelkan pada kepala bagian belakang (otak kecil) dan perut. berikan tahanan kepada pasien.
      c.Bersihkan rumah pasien dengan pembersih, penghancur anasir atau pembakar jin kafir otomatis atau badai api, kemudian netralisir dan beri tahanan anti jin, api neraka atau pagar api
      d.Transfer melalui air putih pembersih, penghancur anasir dan ilmu kuat melihat segala jenis jin kafir dan jin Islam.
      e.Pengobatan bagi anggota HI dengan perbanyak latihan tenaga dalam, kepekaan dan nyali serta motivasi menpelajari keilmuan HI. Perkuat pertahanan metafisik.

      Yang perlu diperhatikan: kurangi melamun dan berkhayal yang mengakibatkan pikiran kosong. Jaga perkataan jangan sampai menyakiti orang lain.

      Sumber:
      Buku panduan pengobatan LSBD Hikmatul Iman “MUJAROBAT HI” disusun LSBD HI cabang Sumedang.

      Cara mengusir jin ala HI tersebut adalah Bid’ah sebab tidak ada tuntunannya dari Rasul! Selain itu jika dihubungkan tenaga dalam yang dihasilkan dari ATP bisa mengusir jin adalah merupakan bentuk kebohongan dan penipuan dari mana dalilnya ATP yang menghasilkan TD bisa mengusir jin!

      Cara mengusir jin dari rumah yang dicontohkan Rasul ialah dengan membaca surah Al-Baqarah sebagaimana Rasul bersabda” syetan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah” (HR.Muslim) bukan dengan ” Bersihkan rumah pasien dengan pembersih, penghancur anasir atau pembakar jin kafir otomatis atau badai api, kemudian netralisir dan beri tahanan anti jin, api neraka atau pagar api”

      Mengusir jin dari tubuh seseorang bukan dengan ” Bila stress progam pengobatan khusus penguat memori salurkan ke telapak tangan sertai hawa panas (TD), tempelkan ke kepala bagian belakang. Kemudian transfer ke pasien ilmu kuat melihat segala jenis jin kafir dan jin Islam.” Sebab prilaku itu adalah syirik lagi bid’ah karena Rasulullah tidak menyontohkan! Mengusir jin dari tubuh seseorang haruslah dengan ruqyah syar’iyyah dngan bacaan Al-Qur’an yang disyari’atkan.

      para peneliti kawakan dan propesional akan tertawa bila dikatakan ATP (penghasil TD) bisa mengusir setan sebab sama sekali tidak ilmiah

      Selain perguruan HI ada banyak lagi berbagai macam aliran yang mendramatisir energi ATP untuk mengusir/menghancurkan jin, menolak dan menghancurkan sihir dengan mengarahkan energi TD disertai isarah jurus tertentu. yang pada hakikatnya semuanya hanya Tipu daya setan yang mematikan sunnah rasul dan menimbulkan bid’ah

      • Jadi referensi Teori ATP anda pada artikel “Kesesatan Tenaga Dalam” dari HI ya :D

        Saya sendiri tidak terlalu mengenal HI karna ketika saya aktif “mencoba” berbagai ilmu beladiri, HI baru berdiri dan belum terlalu dikenal seperti sekarang ini. Jadi saya tidak terlalu mengetahui karakteristik keilmuan HI. Tetapi dari blog ini saya sangat terkesan dgn kegigihan HI’er untuk menunjukkan perbedaan antara Tenaga Dalam dan Tenaga Metafisika.

        Kadang saya suka tersenyum membaca debat antara anda dan HI. HI bersikeras – keukeuh banget – bahwa aliran 10 jurus itu adalah aliran Tenaga Metafisika sedang anda seakan menutup telinga anda dan bersikukuh bahwa aliran yg anda pelajari adalah aliran Tenaga Dalam – yang ada dalam benak anda Tenaga Metafisika adalah ilmu batin semacam isian, ajian, rajah dsb dkk sedang ilmu pernafasan yg anda pelajari ya ilmu Tenaga Dalam :D

        Saya akan coba memahami konteks pemikiran Tenaga Dalam dan Tenaga Metafisika HI ini. Setahu saya Teori ATP digunakan pertama kali bukanlah oleh HI tetapi digunakan oleh suatu perguruan silat yg sangat terkenal di tahun 80an. Perguruan Silat ini sudah sejak tahun 70an melakukan riset dgn team ahli kedokteran dari ABRI. Dari kerjasama dan riset-riset ini akhirnya perguruan silat ini dipercaya melatih Kopassus dan Paspampres sejak tahun 70an. Bahkan bisa dibilang Kopasus lah yg awalnya mempopulerkan Perguruan Silat ini pada masyarakat luas pada tahun 80an.

        Tampaknya dari riset-riset ini team ahli kedokteran ABRI berkesimpulan bahwa fenomena pematahan benda keras yg dilakukan Perguruan Silat ini dapat dijelaskan dgn Teori ATP yg ada dalam Ilmu Physiology. Jadi awalnya Teori ATP ini hanya digunakan para ahli untuk menjelaskan fenomena pematahan benda keras bukan ilmu kontak. Pada tahun 80an ini, Teori ATP masih murni Teori Ilmu Physiology yg kebetulan digunakan para ahli untuk menjelaskan suatu fenomena tertentu – belum menjelma menjadi Teori Tenaga Dalam :D

        Sedang fenomena ilmu kontak biasanya coba dijelaskan dgn Teori Biolistrik bukan Teori ATP. Dan setahu saya Teori Biolistrik juga bukan HI yg pertama kali mengemukakannya. Teori Biolistrik ini pertama kali saya dengar di akhir tahun 80an dan dikemukakan oleh aliran senam pernafasan 10 jurus yg juga sangat besar saat itu – yg memang dikenal dgn pernafasan ilmu kontaknya. Saya sendiri jujur tidak tahu apakah Teori Biolistrik ini didukung dgn penelitian ilmiah yg valid atau tidak.

        Jadi sebenarnya Teori ATP dan Teori Biolistrik pada awalnya – pada tahun 80an – digunakan untuk menjelaskan 2 fenomena yg berbeda yaitu fenomena pematahan benda keras ( Teori ATP ) dan fenomena ilmu kontak ( Teori Biolistrik ).

        Sepertinya HI akhirnya mengadopsi Teori ATP ini sebagai Teori Tenaga Dalam mereka dan Teori Biolistrik mereka adopsi sebagai Teori Tenaga Metafisika. Bukan hanya mengadopsi Teori ATP dan Teori Biolistrik saja tetapi HI tampaknya berusaha menghubungkan antara Teori ATP dgn Teori Biolistrik ini. Jadi Teori ATP yg awalnya memang Teori Ilmiah Ilmu Physiology yg kebetulan digunakan para ahli untuk menjelaskan fenomena pematahan benda keras akhirnya berubah menjadi Teori Tenaga Dalam ditangan HI ini – yg menyatu dgn Teori Biolistrik ( Tenaga Metafisika )

        Bisa dilihat di sini bahwa Teori Tenaga Metafisika HI dikembangkan dari Teori Biolistrik yg dipelopori salah satu aliran pernafasan 10 jurus, jadi bisa dipahami jika HI menganggap aliran pernafasan yg dulu Perdana pelajari adalah Tenaga Metafisika bukan Tenaga Dalam.

        OK sekarang tentang Ilmu Pengusir Jin HI. Sekarang saya bingung ketika melakukan pengusiran jin ini HI menggunakan Tenaga Dalam atau Tenaga Metafisika. Berdasarkan pemahaman saya jin itu termasuk metafisika jadi sudah sewajarnya jika HI menggunakan Tenaga Metafisika mereka untuk mengusir jin bukan Tenaga Dalam. Mengingat HI sangat gigih membedakan antara Tenaga Dalam dan Tenaga Metafisika apa ada kemungkinan terjadi kesalahan redaksional pada artikel tsb – misalnya seharusnya yg tertulis bukan Tenaga Dalam ( TD ) tetapi Tenaga Metafisika ( TM ).

        Jika dalam pengusiran jin ini HI menggunakan Tenaga Dalam – yg didapat dari proses ATP. Maka seperti saya katakan di atas pada awalnya Teori ATP – Ilmu Physiology hanya digunakan untuk menerangkan fenomena pematahan benda keras yaitu bagaimana otot yg dikejangkan mendapat energi untuk mematahkan benda keras tsb. Teori ATP – Ilmu Physiology memang bisa digunakan untuk menjelaskan fenomena pematahan benda keras ini. Tetapi jika Teori ATP – Ilmu Physiology ini ingin digunakan untuk menjelaskan fenomena pengusiran jin tentu saja sangat tidak masuk di akal :D

        Tapi jika dalam pengusiran jin ini HI menggunakan Tenaga Metafisika – tentunya Teori yg digunakan untuk menjelaskan fenomena pengusiran jin ini adalah Teori Biolistrik bukan Teori ATP. Dan dalam hal ini saya tidak bisa berkomentar apa-apa karna saya sendiri tidak tahu apa Teori Biolistrik itu benar-benar ada referensi ilmiahnya dan didukung penelitian ilmiah yg valid seperti halnya Teori ATP atau tidak.

        Sejauh ini saya belum menemukan referensi ilmiah mengenai Teori Biolistrik ini.

    • Dan seperti yg saya katakan batasan yg anda katakan di atas sama persis dgn Teori ATP. Teori ATP dalam ilmu Physiology sebenarnya hanya menjelaskan tentang Tenaga Fisik Murni bukan Tenaga Dalam. Jadi jika anda ingin memberi batasan Tenaga Dalam Syarii seperti yg anda tulis di atas. Saya rasa sebaiknya tidak disebut sebagai Tenaga Dalam Syarii sebut saja Tenaga Fisik Murni.
      Katakan saja secara tegas yg ada itu Tenaga Fisik bukan Tenaga Dalam … ini jauh lebih jelas batasannya

      Sebuah usulan yang bagus, namun yang perlu diketahui bersama merubah mindset orang tidak mudah, penggunaan istilah “tenaga dalam” sudah begitu sakralnya hingga terlalu di besar-besarkan istilah tersebut, kami berusaha untuk “menghancurkan” istilah kramat tersebut dengan “menurunkan” martabatnya menjadi tenaga fisik murni dan bukan kekuatan mistik, tenaga Dalam juga adalah istilah global yang multi tafsir, maka membuat kami mengarahkan maknanya menjadi “tenaga fisik murni dari dalam tubuh”

  8. Salam mas PA :)
    tentang hadist-hadist yang diajukan jenengan
    dan pedoman Anda bahwa itu bid`ah karena belum pernah dilakukan Nabi…

    pertanyaan saya: adakah hadist yang membicarakan TD/TM, TM khususnya?

    dan benarkah TM identik dg perdukunan?
    apakah dg menjadi kebal, lantas dg sendirinya seseorang dinilai sesat dan syirik?

    bukankah,obat2an juga berdampak sama? Menguatkan daya kebal terhadap penyakit dalam tubuh?
    artinya,obat2an medis juga syirik?

    Saya pikir, yang menjadi masalah JIKA DENGAN HAL ITU KEMUDIAN MENYEBABKAN SESEORANG MENYEKUTUKAN ALLAH…

    saya sepakat dengan antum; bahwa teraawang masa depan (ramalan) adalah kufur.

    masalahnya,tidak semua TD mengajarkan hal semacam itu.

    oya, saya ucapkan selamat karena Anda sudah menerbitkan bukunya, salut :)

    masukan saya,yang dikunya habis tidak terbatas pada HI, PS dan yang tersebut disini
    jika mendasarkan pendapat Anda ttg TD/TM
    Maka, jangan lupa ada PAGAR NUSA,TAPAK SUCI, MERPATI PUTIH, SATRIA NUSANTARA
    JUGA THI PO KAN…

    adalah sesat dan syirik…
    bingungnya saya,perguruan tersebut diformulasi oleh ulama-ulama ahli di bidangnya.

    kalo begitu, MEREKA SESAT SEMUA?Termasuk para ULAMA di dalamnya? Sebab,membiarkan kesesatan terjadi di depan mata: PN/TS,SN/ DST..

    Maka, sebagian besar ulama di negeri kita ini, sesat dan menyesatkan banyak umat kan?

    LALU SIAPAKAH YANG BENAR DAN LOLOS DARI MALAPETAKA KESESATAN DI NEGERI KITA?

    bagaimana menurut antum akh?

    2) buku ini akan lebih islami lagi,jika diadakan penelitian secara khusus,berdasarkan penelitian.Hg, betul2 lepas dari beban fitnah kepada sesama.

    3)sejujurnya, saya kagum untuk militansi antum.Aplagi dg rukyahnya.Tetapi, sebagai bagian dari umat,saya malah bingung sendiri dg kenyataan ini.Maksud saya, ulama-ulama mumpuni di tanah air kok pada bodoh semua? astagfirullah…ya Allah.Jagalah hati ini dari buruknya pikiran dalam kepala dan dada terhadap para pewaris nabi-Mu

    terima kasih ya akhi
    semoga antum menjawab kegundahan besar ini
    salam hangat selalu :)

    • Jika “kebal senjata tajam” didapat dari hasil belajar (ghaib), maka itu termasuk perbuatan syirik karena ia masuk dalam kategori sihir.
      Berbeda jika anda kebal dari malaria karena telah minum obat-obatan/ramuan, maka hukumnya tidak syirik, karena obat-obatan/ramuan bukan hal ghaib.

    • Saya teringat ketika usia skitar 5th/TK, saya aneh melihat piting lampu yang dimasukan pada saklar listrik lampunya bisa nyala. Dari keanehan tersebut timbul rasa ingin tahu dengan menyentuh saklar (lubang) listrik tersebut tapi dilarang oleh paman.

      Saat itu saya tidak tahu sempat berpikir atau tidak “kenapa dilarang?”, kalaupun dijelaskan mungkin nalar saya belum mampu untuk menerima, atau seandainya saya mengerti mungkin ngertinya saya saat itu akan tertutup oleh rasa ingin tahu yang kuat. Akhirnya saya pegang dan kesetrum juga sih :)

      Mengenai ustadz, kyai, dan ulama yang menyimpang/sesat karena kesengajaan setelah ia faham, itu adalah “oknum”. Atau bisa juga seperti pengalaman saya kesetrum, “mungkin” karena nalar saya yang saat itu belum mampu dan terdorong rasa ingin tahu yang kuat.

  9. salam bung nyimak :)
    berarti hanya perkara hal gaibnya ya?

    poin penting yang saya dapat dari misi mulia mas PA
    adalah: ia menghukumi sesat dan syirik bukan karena TD/TM-nya..

    tetapi,karena dari pengalamannya selama ini, TD/TM yang ia ikuti memiliki dan terisi hal-hal mungkar :)

    bung nyimak? lalu kenapa harus dihukumi syirik dan dihukumi sihir?

    pengalaman saya, tidak semua TD mengajarkan hal-hal bombastis itu.Kalo TM saya tidak tahu. Soalnya belum pernah,hehehe

    menurut saya, mari kita bersihkan hal-hal syiriknya dan kesesatannya, dan kita ambil yang bagian positifnya.Misalnya, kesehatan diri..

    menurut saya TD itu cuma olahraga saja :)
    tetapi,entahlah,kok ada yg bombastis gitu
    barangkali,itu tuga kita bersama mengoreksi dan membenahinya demi kemaslahatan bersama

    ramuan/obat malaria sekalipun bisa sesat dan syirik lho,bila yang menggunakannya percaya obat/ramuan itulah yang menyembuhkannya.

    wallahu a`lam…

    • menurut saya TD itu cuma olahraga saja :)

      mas, tolong anda ceritakan pengalaman anda ketika berlatih TD dan kalo boleh tahu nama perguruan TD yang nada ikuti :) agar bisa kita bahas

      pengalaman saya, tidak semua TD mengajarkan hal-hal bombastis itu.

      Mas, ketika anda berlatih TD waspadai klaim bombastis yang ada, berikut ini saya jelaskan ciri perguruan TD yang sesat dan menyesatkan :

      1. Ketika kita baru masuk perguruan TD apakah ada proses inisiasi, pembukaan, penyelarasan energi dll yang bersifat metafisik ? Jika ada maka keluarlah dari perguruan TD sebab tiada bedanya guru perguruan TD dengan paranormal yang mengisi seseorang dengan ilmu kesaktian (diisi jin/setan)

      2. Adakah dalam latihan di perguruan TD, diajarkan mengalirkan energi tenaga dalam kebagian tubuh tertentu agar dibuat kebal/tahan pukul ? Jika ada maka keluarlah dari perguruan TD sebab Tekhnik yang diajarkan untuk membuat kebal dalam perguruan tenaga dalam merupakan suatu bentuk bid’ah yang tidak pernah diconcohkan rasulullah, jika memang ilmu kebal itu bisa dipelajari dan benar-benar diperbolahkan secara agama maka tentu pada zaman Rasulullah juga para sahabat yang dahulu akan mempelajarinya, namun kita tidak pernah melihat rasulullah kebal, rasulullah terluka diperang Uhud bahkan para sahabat ada yang meninggal…… Rasulullah tidak pernah mempelajari ilmu kekebalan dan justru terluka pada peperangan adalah kemulyaan karena darah yang kita keluarkan akan berbau kasturi dan akan menjadi saksi di padang mahsyar kelak sebagai bukti kita berjihad dijalan Allah. Kesimpulannya : bagaimanapun bentuknya ilmu kekebalan dari tekhnik Tenaga dalam (walaupun katanya tidak pakai mantra dan hanya pake energi), tekhnik ilmu metafisika atau tekhnik paranormal/dukun tetap sama bid’ah dan semuanya telah disesatkan oleh syetan!

      3. Adakah dalam perguruan TD mengajarkan fungsi jurus TD bisa mengalahkan/mementalkan musuh dari jarak jauh. Jika ada maka keluarlah dari perguruan TD sebab Tekhnik yang diajarkan untuk mengalahkan musuh dari jarak jauh dalam perguruan tenaga dalam merupakan suatu bentuk bid’ah yang tidak pernah dicontohkan rasulullah, jika memang pukulan tenaga dalam jarak jauh itu bisa dipelajari dan benar-benar diperbolahkan secara agama maka tentu pada zaman Rasulullah juga para sahabat yang dahulu akan mempelajarinya, namun kita tidak pernah melihat rasulullah mementalkan penyerang dari jarak jauh.

      Kesimpulannya : bagaimanapun bentuknya jurus pukulan tenaga dalam yang melumpuhkan musuh dari jarak jauh yang berasal dari tekhnik Tenaga dalam (walaupun katanya tidak pakai mantra dan hanya pake energi), tekhnik ilmu metafisika atau tekhnik paranormal/dukun tetap sama bid’ah dan semuanya telah disesatkan oleh syetan!

      4. Adakah dalam latihan perguruan TD aplikasi pelatihan jurus tenaga dalam, yaitu seorang murid diharuskan untuk bisa emosi / marah dalam latihan menyerang. yaitu Seorang praktisi Td diharuskan membuat emosi secara instan seperti membayangkan seorang yang sangat dia benci, atau kejadian yang sangat dibencinya hingga emosi negatifnya timbul lalu dia mulai menyerang praktisi Td lain yang sudah siap dengan jurus-jurus TD atau ilmu metafisiknya.
      Jika ada maka Keluarlah dari perguruan TD sebab Dalam syari’at islam TIDAK DIPERBOLEHKAN seseorang itu memiliki sikap membenci, pendendam atau marah yang dipelihara apalagi dibuat-buat. Rasulullah telah melarang seseorang untuk emosi karena dengan emosi syaitan bisa menguasai mereka yang sedang marah, dalam suatu riwayat beliau melarang seorang sahabat untuk marah dengan bersabda :“Janganlah engkau marah”, Rasulullah mengulanginya beberapa kali “Janganlah engkau marah”. Rahasia mereka (yang latihan tenaga dalam) harus marah sebab dengan marah tersebut syaithan bisa masuk dalam tubuh musuhnya sehingga bisa dipengaruhi jurus tenaga dalam dan bukannya karena listrik tubuh,energi yang dipancarkan dan alasan-alasan lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah :“Sesungguhnya syaithon mengalir dalam tubuh manusia sebagaimana aliran darah.” (Riwayat Bukhori).

      Hal ini diperkuat oleh pernyataan para praktisi tenaga dalam bahwa jurus akan berfungsi penuh dan sempurna jika lawan dalam keadaan emosi.Jadi bukanlah karena energi tenaga dalam musuh yang dalam keadaan emosi dapat ditaklukkan dengan fungsi jurus-jurus tertentu tetapi khodam jurus itulah yang langsung merasuk kedalam tubuh lawannya yang dalam keadaan emosi menuju otaknya hingga lawannya bisa kita permainkan dengan fungsi jurus tenaga dalam/lmu metafisika.

      5. Adakah pada Keilmuan Td diajarkan menjadi seorang Paranormal seperti dengan fungsi jurus dan energi TD bisa membuat seseorang jatuh cinta, menyakiti orang jarak jauh, menyembuhkan orang lain dengan TD, Mendeteksi / meramal barang hilang atau makhluk halus, bisa mengetahui masa lalu dan masa depan ? JIka ada tinggalkanlah perguruan TD sebab kemampuan tsb merupakan tipu daya setan (lihat penjelasannya di http://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/penyimpangan-dan-kesesatan-keilmuan-tenaga-dalam/

      6. Apakah ada dalam perguruan TD tekhnik mengisi benda hidup atau benda mati untuk berbagai macam keperluanJika ada maka bertaubatlah dari perguruan TD sebab Tekhnik TD/Tm tidak ada bedanya dengan cara paranormal yang mengisi jimat, cincin, keris dengan khodam jin. Cara TD/TM hanya terkesan lebih modern saja namun esensinya sama, sebab tujuan dari mengisi/transfer energi TD/TM tentu punya niat agar benda yang diisi punya kesaktian dan kemampuan tertentu yang bisa menolak balak atau mempermudah urusan yang kesimpulannya transfer energi TD/TM adalah menjadikan benda mati (batu, gelang dll) yang dipakai sebagai jimat yang masuk dalam ketegori syirik. Sebagaimana Rasulullah bersabda :“Barangsiapa menggantungkan jimat ia telah berbuat syirik.” (HR. Imam Ahmad, Al-Hakim dan Abu Ya’la). Jika para guru TD/TM mentransfer/ mengisi anak muridnya maka guru tersebut telah membuat anak muridnya sebagai “jimat hidup”. Orang yang menerima transferan energi dalam dirinya atau memakai benda yang sudah diisi dengan energi TD/TM maka Allah tidak akan menyempurnakan hidupnya dan hidup mereka tidak akan tentram!

      Rasulullah telah bersabda, ” Barangsiapa menggantungkan (memakai) jimat Allah tidak akan menyempurnakannya (yakni tidak akan menjauhkannya dari musibah) dan barangsiapa menggantungkan tumbal (sejenis jimat untuk menenteramkan perasaan) Allah tidak akan membiarkannya hidup tenteram.” (HR. Imam Ahmad

      7. Apakah ada pada perguruan TD tekhnik pembentengan benda hidup/mati dari segala mara bahaya dengan energi TD.Jika ada maka tinggalkanlah perguruan TD sebab Cara yang dilakukan dari tekhnik TD/TM adalah tata cara yang bid’ah dan akan menghilangkan sunnah Rasulullah. Rasulullah tidak pernah mengajarkan untuk melindungi sesuatu dengan menyalurkan energi TD/TM nya. Rasulullah telah mencontohkan untuk melindungi sesuatu dari mara bahaya ialah dengan membaca ayat ruqyah perlindungan.

      Untuk melindungi dirinya atau yang lain secara ghoib cukup membaca doa perlindungan yang sudah dituntunkan rasulullah. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

      “Barangsiapa singgah di suatu tempat dan dia mengucapkan: ‘A’uudzu bi kalimaatillahi attaammaati min syarri maa khalaq’ (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk ciptaanNya), maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya sampai ia pergi dari tempat itu.”

      8. Apakah ada dalam perguruan TD ada tekhnik tenaga dalam untuk mengusir jin pengganggu
      jika ada maka bertaubatlah sebab cara tsb bid’ah yang amalan tersebut tidak akan diterima Allah dan yang akan membantu adalah syetan. Jika ingin melindungi dirinya dari gangguan syetan cukup dengan membaca ayat Kursi sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam salah satu hadits shahihnya : “Barangsiapa membaca ayat Kursi pada malam hari, Allah senantiasa menjaganya dan syetan tidak mendekatinya sampai Shubuh.

    • “menurut saya TD itu cuma olahraga saja :)

      > Saya pikir pun demikian, definisi dan makna TD yang difahami masyarakat saya perhatikan bisa bervariasi. Maklum, dalam istilah bahasa indonesia kalo ga salah disebut “pergeseran/perubahan makna dari makna sebelumnya”. Untuk jelasnya TD yang bung tomi maksud harus dijelaskan dulu yang seperti apa? kalau bisa disertakan contoh aplikasi/manfaatnya juga, sehingga bisa dianalisa (secara syariat dan ilmiah) maksud TDnya bung tomi masuk dalam kategori apa.
      Itu hanya saran saya, karena saya sendiri belum faham banget mengenai TD/TM :)

      “ramuan/obat malaria sekalipun bisa sesat dan syirik lho,bila yang menggunakannya percaya obat/ramuan itulah yang menyembuhkannya.”

      > Bagi orang yang sudah memahami hakikat kekuasaan Allah SWT diantaranya menyembuhkan, hukum syirik yang mas tomi maksud bisa biberlakukan, namun kita harus mengingat kondisi dan pemahaman (ilmu agama) individu atau masyarakat tersebut. Apakah dia sudah tahu (faham) atau belum? dalam hal ini pembahasannya agak kompleks.

      Wallahu A’lam…

      • [pakah dia sudah tahu (faham) atau belum? dalam hal ini pembahasannya agak kompleks. ]

        ini juga termasuk dalam kaidah syariat TD/TM :) bung nyimak.

        TD bagi saya, ya..
        kekuatan dalam manusia
        akhlak yang baik dan akhlak yang buruk juga bagian dr TD :)
        mengolah akhlak yg baik, maka orang tsb wajahnya akan terlihat MENARIK :) melebihi ilmu pelet manapun!

        mengolah akhlak buruk, sama saja sdg mengolah TD yang bisa dimasuki Jin dkk…

        itu penjelasan simpel saya ttg TD

        TENAGA DALAM/KEKUATAN DALAM
        kekuatan pikiran,kekuatan emosi,kekuatan perasaan,dll

        saya pikir :)
        tak ada yang buruk dr TD
        yang buruk adalah pelaku TD yang menggunakan TD u hal2 buruk…dan belajar TD dg cara yg salah

        [Maklum, dalam istilah bahasa indonesia kalo ga salah disebut “pergeseran/perubahan makna dari makna sebelumnya”. ]

        SETUJU :0

      • oya, kalo kategori TD saya,wah g tau nih
        soalnya,g pernah ikut resmi yg khusus TD
        dapatnya swaktu ikut2 perguruan silat saja sih

        yang saya pelajari,tata napas pernapasan
        entah apa ini juga bs disebut dg TD?
        tetapi,kalo saya baca2 ya,itu jg TD…

        salam :)

    • Saya ingat hadits (lupa uraian lengkapnya, nanti bisa mas tomi cek).
      “Seorang sahabat ketika akan shalat tidak mengikat kudanya, karena telah berserah diri pada Allah SWT. Rasulullah SAW melarang, karena harus Ikhtiar dengan diikat dulu baru tawakal “.

      Satu lagi hadits Rasulullah yang menganjurkan kita menyerahkan suatu masalah pada ahlinya, misal (persoalan agama pada ulama, sakit ke dokter, dsb).

      Sikap “kritis” itu perlu namun ada “prosedur/etika” yang harus diperhatikan.

      Mohon maaf, saya bukan menggurui. Mudah-mudahan ini juga bermanfaat buat saya untuk selalu “ihsan” (berusaha untuk berbuat benar).

      • [Satu lagi hadits Rasulullah yang menganjurkan kita menyerahkan suatu masalah pada ahlinya, misal (persoalan agama pada ulama, sakit ke dokter, dsb).

        SETUJU :)

        [Sikap “kritis” itu perlu namun ada “prosedur/etika” yang harus diperhatikan]

        SETUJU JUGA :)

        Mohon maaf, saya bukan menggurui. Mudah-mudahan ini juga bermanfaat buat saya untuk selalu “ihsan” (berusaha untuk berbuat benar).

        amin…

  10. “bung nyimak? lalu kenapa harus dihukumi syirik dan dihukumi sihir?”
    > itu ketetapan dari para ulama yang saya baca. Jangankan kebal senjata tajam, SULAP saja masuk dalam ketegori sihir tapi hukumnya MUBAH.

    Mengenai hal ini (sihir) Insya Allah nanti saya posting agak lengkap.

      • @ tdbenturan

        Alhamdulillah saya kembali diingatkan pada posting yg ini dan akhirnya bisa menambahkan informasinya.

        Dari berbagai sumber informasi yg saya ketahui mengenai hukum sulap, yaitu:
        1. Makruh: Apabila yg dilakukan sulap murni (menggunakan teknologi dan keterampilan tangan).
        2. Haram: Apabila menggunakan bantuan jin.

        Sepertinya menarik kalau kita membahas tentang sulap dan setahu saya belum ada artikel tentang sulap di blog ini?

  11. :)

    wah,komplet penjelasane mas PA,hehe
    sukron katsir!

    saya tak pernah mengikuti aliran TD secara resmi.Soalnya saya sendiri tidak begitu tertarik.Saya cuma tertarik pada silatnya saja. Silat membuat saya jatuh cinta,hehe

    silat-silat yang saya ikuti, hanya mengajarkan teknik pernapasan.Tetapi, tidak ada penekanan. Tekanan pada silatnya saja. Biasanya setelah selesai latihan untuk penyegaran sehabis berlatih habis-habisan.

    Makanya,saya menulis tidak semuanya TD ada hal bombastisnya (gaib).Ini mungkin karena kebanyakan yang saya ikuti tidak demikian.

    saya pribadi, enggan membaca atau ikut yang ada gaib-gaibnya.Jika ada,biasanya saya tidak pilih.

    terakhir, saya ikut taekwondo.Krn tertarik gerakannya yang pake kaki.kalo silat kan tangan lebih banyak. saya juga senang dg bajunya yang putih dan selalu semangat,hehe
    di taekwondo juga diakhiri dengan pernapasan.

    makasih sudah berbagi pengetahuan mas PA :)

    salam hangat,juga bung Nyimak yang sudah membalas
    ditunggu artikelnya!

  12. oya,afwan,saya tidak sebut nama perguruan
    soale g cuma 1,jd pd lupa
    yang saya ingat:TS,Muda Birawa,PN, dll

    tapi tak ada yg pe tamat
    paling banter sabuk ke 5 deh,hehe
    termasuk di taekwondo…

    saya cuma hobi berlatih dan bergaul dengan pecinta silat saja

    salam silat :)

    • Wah.. mirip nih.. saya juga dulu cuma ikut Tapak Suci (TS), Tae Kwondo, dan Silat Cimande, tapi cuma dasarnya aja.

      Kapan-kapan bisa share mengenai itu ya… :)

    • kita tidak lepas dari tekhnik pernapasan. saya dulu sewaktu masih berjihad di ambon tidak akan bisa menembak dengan baik jika tidak bisa mengolah nafas (tekhnik khusus dlm menembak adalah “NABITEPI”: napas,bidik,tekan,picu. Nafas ditahan setengah ketika akan menarik picu). seorang praktisi ilmu bela diri tidak akan bisa memukul dgn baik jika tidak memiliki tekhnik ilmu pernapasan ( ketika memukul menghembuskan nafas disertai pengerasan diperut dan tangan). sahabat rasul tidak akan bisa memanah dgn baik jika tidak punya ilmu pernapasan (jika napas ngos-ngosan tentu tangan selalu bergerak ketika memegang busur.). contoh diatas adalah bentuk ilmu pernapasan yang syar’i yang akan menghasilkan tenaga dalam ( kekuatan/kecakapan fisik yang prima), ana yakin antum (mas tomi) sudah ada titik temu dgn ana tentang hakikat td yang syar’i dan alami

      On Wed Jun 16th, 2010 2:32 AM EDT

  13. TD…oh tede…..
    ntah siapa yg memunculkan istilah ini….
    yg begini dibilang TD, yg begitu ngaku TD….. banyak bener sih pengertian TD ini.
    ada yg nyanjung TD, ada yg menjelekkan TD….

    pada bikin istilah sendiri knape…..

    • Pengertian konsentrasi secara umum adalah suatu proses pemusatan panca indra kepada suatu obyek tertentu. Konsentrasi yang kita lakukan bertujuan agar pekerjaan/keinginan kita dilakukan secara bersungguh-sungguh dan fokus untuk mendapatkan hasil terbaik. bentuk pemusatan dilakukan oleh seluruh panca indra kita baik indra penciuman, penglihatan,pendengaran, penglihatan dan fikiran.
      Ciri konsentrasi yang dapat mengakibatkan pelakunya berbuat bid’ah dan syirik adalah dimana bentuk pemusatan pancaindra pada diri kita yang keluar dari rambu syari’at.
      Contoh :
      1. Berdzikir dengan memusatkan fikiran pada bagian tubuh tertentu untuk mendapatkan kemampuan tertentu, seperti dzikirnya kaum sufi yang tidak pernah dicontohkan rasulullah dengan berdzikir Hu Allah dengan titik pemusatan (konsentrasi) pada bagian dada kanan dan kiri, pada titik ubun-ubun dll untuk memperoleh “fana” ( tidak ingat dan sadar akan dirinya karena trance). Dzzikir disertai konsentrasi seperti ini dapat membuat pelakunya syirik kepada Allah sebab pasti setan akan ikut campur dalam dzikir bid’ah ini.
      2. Pemusatan fikiran (konsentrasi) pada titik diantara kedua mata(chakra ajna) untuk membuka cakra mata ketiga agar dapat melihat alam ghoib, jin, setan dll) inipun merupakan bentuk konsentrasi syirik karena diri orang tersebut akan dikuasai oleh setan.

  14. seru juga melihat para komentator diatas, saya juga merasa terpanggil untuk meluruskan perngertian td /tm yang saya rasakan sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena saya melihat dari sisi senamnya atau olah raganya, bukankah nabi mukhammad juga telah mencontohkan untuk melatih olah raga berenang dan bahkan memanah untuk kebugaran tubuh? kalo masalah bid’ah menurut saya itu artinya mengada-adakan cara baru dari yang sudah dicontohkan nabi dalam hal beribadah kepada sang kholik Allah SWT bukan begitu temen? jadi menurut saya terganatung orang melihat dari sudut yang mana? Tidak bisa semua perguruan td/tm digolongkan kedalam syirik! walaupun mungkin ada. tergantung bagaimana prosesnya memperoleh td/tm tsb dengan instankah atau melaui proses yang panjang karena latihan? kalo yang instan sy juga meragukan tujuannya? sedang yang melalui latihan itu masuk diakal karena melalui proses. tujuan td/ tm sendiri untuk memelihara kesehatan dan tidak ada perguruan td/tm yang untuk di pertandingkan. bagaimana mungkin bisa dikatakan syirik sedang disetiap tarikan dan hembusan nafasnya selalu mengingat Allah? Sip Wowod

    • mantap bung Nicola :)

      @1; (bukankah nabi mukhammad juga telah mencontohkan untuk melatih olah raga berenang dan bahkan memanah untuk kebugaran tubuh? kalo masalah bid’ah menurut saya itu artinya mengada-adakan cara baru dari yang sudah dicontohkan nabi dalam hal beribadah kepada sang kholik Allah SWT bukan begitu temen? jadi menurut saya terganatung orang melihat dari sudut yang mana? )

      @2;ergantung bagaimana prosesnya memperoleh td/tm tsb dengan instankah atau melaui proses yang panjang karena latihan? kalo yang instan sy juga meragukan tujuannya? sedang yang melalui latihan itu masuk diakal karena melalui proses. tujuan td/ tm sendiri untuk memelihara kesehatan dan tidak ada perguruan td/tm yang untuk di pertandingkan. bagaimana mungkin bisa dikatakan syirik sedang disetiap tarikan dan hembusan nafasnya selalu mengingat Allah?

      saya suka dengan pandangan ini :)

      • Jika ada Niat dari pada debat di Internet,mending ketemu langsung saja dengan semua praktisi ,Td,Metafisika serta supranatural,biar Tuntas,saya takut ini jadi ajang,saling bantah dan adu kepandaian dan adu pengetahuan.
        terima kasih,
        orang yang jihad di jalan Allah Swt,itu Langsung di Medan Perang dan Kalo Ngak mampu Cukup diam atau di doakan biar sadar,seperti ketika Nabi MUhammad Saw, diludahi oleh Musuh Islam,
        Mkasih

    • Tidak bisa semua perguruan td/tm digolongkan kedalam syirik! walaupun mungkin ada. tergantung bagaimana prosesnya memperoleh td/tm tsb dengan instankah atau melaui proses yang panjang karena latihan? kalo yang instan sy juga meragukan tujuannya?

      masalah kesyirikan tidak perduli instan atau lama, secara instan bisa diisi (kekuatan TD/TM) oleh paranormal atau guru besar tenaga dalam /ilmu metafisik dengan cara lama yaitu dengan latihan jurus disertai pernapasan untuk dapat kesaktian.

      sedang yang melalui latihan itu masuk diakal karena melalui proses. tujuan td/ tm sendiri untuk memelihara kesehatan dan tidak ada perguruan td/tm yang untuk di pertandingkan.

      Jika kita melakukan senam pernapasan murni untuk kesehatan itu baik sekali seperti senam jantung sehat, senam kesegaran jasmani, namun jika senam pernapasan mulai aneh-aneh dan menjurus pada ilmu ghoib maka akan masuk ketegori kesyirikan. Ada yang mengelitik saya, anda mengatakan TM (tenaga metafisik) untuk memelihara kesehatan ?? saya tidak melihat sedikitpun latihan TM untuk kesehatan sebab TM didapat dari melakukan rapalan/mantra, melakukan puasa mutih 40 hari (akan kurang gizi sebab cuma makan nasi putih), melakukan penarikan energi ghoib, rajahan, jimat, ilmu aji kesaktian, ilmu isian dst yang 100% terdapat unsur syirik lagi bid’ah

  15. Assalamualaikum

    saya punya pendapat / opini tentang ilmu metafisika multi fungsi yang ada saat ini. sebenarnya hal hal seperti itu ada seiring dengan semakin berkembangnya permasalahan dunia dan perkembangan zaman sehingga menimbulkan efek negatif seperti ilmu gendam, perampokan menggunakan kesaktian, hipnotis, kesurupan, diganggu jin, bahkan santet, dan lain sebagainya yang bersifat merugikan umat manusia. menurut saya mungkin manusia pada dasarnya hanya mencari cara untuk meminimalisir agar terhindar dari hal-hal negatif diatas dan yang paling utama adalah tidak adanya seorang suri tauladan yang mampu membimbing manusia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul seiring perkembangan zaman yang semakin gila karena manusia yang hidup zaman sekarang cenderung kurang memperhatikan kesejahteraan sesama manusia (masa bodo).

    Saran : Bentuklah Serikat Islam Yang Bergerak Berdasarkan Filosofi Al-Qur’an Agar Umat islam di indonesia ini bisa bersatu dibawah filosofi Al’quran agar tidak ada lagi bi’dah atau kemusyrikan yang timbul seperti sekarang ini. kalau hanya berkomentar tidak akan ada suatu penyelesaian yang ada hanya perpecahan umat islam.
    Saya meminta maaf bila ada kata2 yang kurang berkenan bagi yang membaca komentar dan saran dari saya, karena saya hanya manusia biasa yang tidak sempurna dan menginginkan adanya persatuan umat muslim seindonesia.

    Wassalamualaikum

  16. MANUSIA CALON PENGHUNI SURGA. YANG DIJAMIN AWLOH. MATI ADALAH HAKIM YANG HAQ. WAHABI WAHABI….TAK ADA DIJIDADMU YANG GOSONG ITU KETAKWAAN, KALIAN LAH SEBENARNYA DAJJAL YANG MENJAJIKAN PENGIKUT-2MU SURGA SUCI TANPA NODA…WAHABI..WAHABI .. AMIR-AMIRMU ITU KAFIR..SYAIKHUL-2 ISLAMMU ADALAH TUKANG DEBAT YANG EGOIS…KALIANLAH KAYU-2 BAKAR NERAKA… NIKMATILAH KEYAKINANMU YANG BATHIL ITU..

    • contoh para phobia wahabi, merasa wahabi itu sesat padahal justru hujatan dia sangat sesat, kasar, kata yang sangat kotor yang sangat tidak mungkin terucap dari bibir seorang wahabi seperti saya hehehehe.
      ada pribahasa yang cocok buat slamet. anda bagaikan “menepuk air didulang terpercik muka sendiri”

  17. menurut saya tenaga dalam dan tenaga metafisik itu berbeda, jd jangan disamakan antara keduanya..kayanya saudara pembahas terhormat perlu belajar dan menggali lagi teknik olah napas yang di pelajari di hikmatul iman langsung ke guru besarnya, soalnya konsep olah napas di HI berbeda dengan olah napas di perguruan lain, sehingga nanti bisa menyimpulkan apakah bidah atau tidak :-) terimakasih.

  18. diblog ini g usa emosian
    biasa saja,wong kerjaan tukang debat;kok didebat?
    ya pasti balik di debat lagi,endingnya ya kiamat…

  19. bismillah….sungguh sayang ….punya ilmu agama hanya untuk mencari perdebatan……bukan untuk mengkaji diri..mawas diri….yang di tampilkan hanya ego ke islaman dan merasa paling tau dan islam dari yang lain…., menyalahkan dan menyesatkan orang lain….sungguh sayang….orang berilmu tinggi harusnya tidak congkak dan sombong tapi makin halus hati dan bijaksana….kalau tong berbunyi nyari tanda isi tak ada…hanya luar yang kokoh dalam tidak bermakna…asalamualaikum sahabat2ku. inalilahi wainalilahirojiun

  20. assalamualaikum….
    sebenarnya mas Akhmad Pradana memposting artikel ini supaya orang yang belum tau ttg ilmu ghaib atau tenaga dalam menjadi tau………
    toh dalil2 yang dimuat disini dalil2 yang bs diprcaya…
    bukan sekedar pandangan pribadi…………
    ingat….
    dalam Islam ada yang bisa diimani dengan akal, dan ada yang tidak….
    mungkin artikel ini apabila di sangkutpautkan dengan pola pikir kita agak bertentangan…
    tapi kalo menurut saya, asal dalil yang dijadikan hujjah itu dari AL-QURAN atau hadis2 shahih….
    saya rasa harus kita terima……
    karena tidak ada satu halpun yg di absenkan olh ALLAH dan Rasulnya di dlm AL quran dan hadist2 shohih…..
    jadi jangn dimasukkan ke akal tetapi ke hati…
    wallahu a’lam bi ash-shawab

  21. ah org islam jaman sekarang bentar2 syririk, bentar2 bid’ah, bentar2 jin …udah lah, tugas lu yg ngerti agama, kasih tau aja tanamkan inti ajaran akidah tauhid dgn benar! klo itu dikerjain, islam bakal maju dan jaya lagi! titik.

    kenapa membatasi diri dalam mengkaji kebesaran Tuhan YME? kenapa Tuhan ngasih otak klo gitu, percuma dong?! apa artinya ulul albab?

    jaman skrg mo jadi musyrik ga perlu nyembah kuburan dulu koq, nah lu nyari duit aja udah musyrik koq klo emang dasar akidah tauhidnya ga bener, mo ngomong apa lo?

    malu dong , ama orang atheis, dia ga percaya Tuhan, tapi karena dia “nyari” Tuhan, dia bener bener menggali kebesaran-Nya ampe dia menemukan dan tunduk ama Tuhan ..lha sekarang, kenapa orang islam malah ngejauhin Tuhan??? tutup mata ama segala kebesaran dan keagungannya …

    saya setuju bahwa kita ga boleh sembarangan belajar suatu keilmuan, DALAM ARTI, …untuk belajar keilmuan – kita ga boleh taklid (ngikut plek, nunut buta), harus ada dasar yg benar darimana pengambilannya.. jangan sampe slaah pemahaman! ..si guru juga jangan ngasal, mentang2 ngerasa tau, langsung berani2nya ngajar, urusannya sesat mennn …harus tau dulu akar permasalahannya …dalilnya ..

    inget, semua ilmu itu turunnya dari Alloh, klo kita berani2 bilang atau ngomong ada yg namanya ilmu hitam ..maka berarti anda sudah menuduh Tuhan itu adalah rajanya ilmu Hitam! ingat itu bung!

    udah lah, hati2 klo beropini, jgn2 anda malah bikin org sesat! …mending mikir, sholat dulu yg bener, minta petunjuk, tanya dulu, rasain dulu bener2 …baru ngomong ….inget itu!

    • udah lah, hati2 klo beropini, jgn2 anda malah bikin org sesat! …mending mikir, sholat dulu yg bener, minta petunjuk, tanya dulu, rasain dulu bener2 …baru ngomong ….inget itu!

      udah ngerasa sholatmu udah baik belom ???? jangan ngomong aja bung :) ane ga beropini semua pake dalil dan penelitian ilmiah kalo tenaga dalam itu banyak hoaxnya di http://metafisis.wordpress.com/category/membongkar-kebohongan-tenaga-dalam-ilmu-metafisik/

      • Ass,w.w.bismillahirhmnrhm,agan-agan semuanya,rosullullah meninggalkan 2 pusaka kepada kita semua yaitu al-qur’an dan hadist,kita tanyakan pada diri kita masing2 : 1.sudahkan kita menjadi muslim/h yg cerdas 2.hadist yg paling sohih dgn perawi,sanat yg jelas itu imam bukhari muslim. 3.berhakkah kita membid’ahkan sesuatu dengan terbatasnya ilmu kita yg notabennya “sesungguhnya manusia itu tempatnya salah dan lupa” 4.renungkan arti ayat ini: ati’ullah,wa atiurasull,wa ulilamri minkum,taati allah dan rasullullah dgn menjadikan alqur’an dan hadist sebagai pedoman hidup,ulil amri(pemimpin’ulama,)bid’ah,halal,haram,itu u/ zaman sekarang ini yg berhak menfatwakan adalah ulil amri(ulama)M.U.I fatwa itu salah/benaryg menanggung y yg mengeluarkan fatwa,enak tho..,wslm

  22. oh iya, sekedar tambahan deh, kayanya org sini seneng dalil2 yah ….coba renungkan kisah dalam alquran yang berupa dialog antara Nabi Sulaiman AS, Ifrits dan murid nabi Sulaiman AS.

    Ketika Nabi Sulaiman memerintahkan pengikutnya diantara golongan jin dan manusia untuk memindahkan istana ratu bilqis. Ifrit yg merupakan golongan Jin yg paling Kuat bisa memindahkan istana tsb dalam tempo singkat yaitu sebelum nabi Sulaiman AS berdiri. ….tapi kemudian disela oleh seorang manusia biasa (murid nabi Sulaiman AS) ….yang sanggup memindahakn istana tsb hanya dalam waktu sebelum nabi Sulaiman mengedipkan mata PLUS merenovasi istana tsb!!! plus renovasi bo`!! …

    itu manusia …jelas ya dalilnya …mau ngomong apa lagi lu semua? itu kekuatan jin? itu syirik? itu bid’ah? apa lu mo bilang dulu itu pake mesin??..ini Alloh lho yg cerita, ada di Qur’an…turun melalui nabi Muhammad SAW…

    jadi klo kita liat ada org yg mampu ngangkat baskom doang mah jangan pada heran …lalu bentar2 bawa2 jin lah, dll …bilang aja lu iri ..tanda gak mampu ..

    kaji dulu bener2 ..baru menghakimi, kalo lu liat ada org bisa ngangkat mobil jarak jauh terus lu bilang itu tanaga jin …berarti lu bisa ngeliat jin dong, nah lu juga sesat dong …lha terus Alloh nya lu taro dimana?? bukannya ngucap maha suci Alloh, malah maki2 jin haha (yg ga lu liat pula) ..ya jelas jin pada ke ge-er an …

    semoga bisa jadi pencerahan lah ..klo ga bisa, ya lakum dinukum waliyadin ..banyak2 baca surat alkafirun aja dah …

    • @ jaka goblok

      “Ketika Nabi Sulaiman memerintahkan pengikutnya diantara golongan jin dan manusia untuk memindahkan istana ratu bilqis. Ifrit yg merupakan golongan Jin yg paling Kuat bisa memindahkan istana tsb dalam tempo singkat yaitu sebelum nabi Sulaiman AS berdiri. ….tapi kemudian disela oleh seorang manusia biasa (murid nabi Sulaiman AS) ….yang sanggup memindahakn istana tsb hanya dalam waktu sebelum nabi Sulaiman mengedipkan mata PLUS merenovasi istana tsb!!! plus renovasi bo`!! …”

      Coba anda lampirkan lagi mengenai doa Nabi Sulaiman tersebut mengenai mukjizat yg Allah berikan padanya (memerintah jin, ngerti suara binatang, dll). Apa makna doa tersebut?

      “itu manusia …jelas ya dalilnya …mau ngomong apa lagi lu semua? itu kekuatan jin? itu syirik? itu bid’ah? apa lu mo bilang dulu itu pake mesin??..ini Alloh lho yg cerita, ada di Qur’an…turun melalui nabi Muhammad SAW…”
      Dalil apaan? sudah tau hadits shahih yg menunjukan Rasulullah ingin mengikat syetan dari golongan jin dan akan menunjukannya pada masyarakat lalu Beliau batalkan karena teringat doanya Nabi Sulaiman.

      Btw dalil Anda jadi batal (tidak sah) kalau Anda mau jujur menunjukkan dalil secara utuh.

    • @jaka goblok

      jadi klo kita liat ada org yg mampu ngangkat baskom doang mah jangan pada heran …lalu bentar2 bawa2 jin lah, dll …bilang aja lu iri ..tanda gak mampu ..kaji dulu bener2 ..baru menghakimi, kalo lu liat ada org bisa ngangkat mobil jarak jauh terus lu bilang itu tanaga jin …berarti lu bisa ngeliat jin dong, nah lu juga sesat dong …lha terus Alloh nya lu taro dimana?? bukannya ngucap maha suci Alloh, malah maki2 jin haha (yg ga lu liat pula) ..ya jelas jin pada ke ge-er an …

      Emangnya ada ya tenaga dalam yang bisa ngangkat baskom dan mobil ? Buktikan jangan menghayal bos :) yang ada juga penipuan dan orang yang nipu itu jelas dipengaruhi oleh setan dari kalangan jin, mau liat bukti orang yang bisa menggerakkan baskom dari jauh? lihat seorang suhu tenaga dalam energi chi yang dari jarak jauh bisa menjatohkan batu bata , mengerakkan baskom, memecahkan botol di http://metafisis.wordpress.com/2009/12/13/kehebatan-energi-metafisik-benarkah-itu-nyata/ …………………..TERNYATA—————————————- :) semuanya tipuan belaka bung jaka goblok! lihat penjelasan ilmiahnya di http://metafisis.wordpress.com/2009/12/23/jawaban-penjelasan-kehebatan-energi-metafisik-benarkah-itu-nyata/
      masih mau percaya dngan segala klaim tenaga dalam dan ilmu metafisika!!!! jangan kebanyakan nonton film jaka sembung ya bung jaka goblok ntar ga nyambung bro……………….

      • Saya tidak memihak siapa2 disini,yg jelas orang yang berilmu dia akan tau. Dan sadar jika ilmunya itu hanya setitik kecil di bandingkan ilmunya ALLAH swt,dan org yg berilmu itu akan menyadari jika dengan ilmunya yg hanya setitik itu tidak layak,tidak pantas untuk membid’ahkan,mengharamkan. Pekerjaan saudara2nya yg lain.

  23. Baca lagi Al’Qur’annya An Naml 38-40. Sekalian baca juga tafsirannya.

    Kasih info kesini, kalo ada orang yang bisa ngangkat mobil dari jarak jauh, kalo pake mesin katrol sih percaya!

    Ganti nicknamenya, biar ga disangka kayak gitu.

    • hei . . . heii. . stop2. . ya ampun. . buat PA, kalo misalnya ilmu metafisika itu bener2 bisa untuk memecahkan benda keras, kayak, mecahkan balok es batu pake kepala, misalnya, itu hanya contoh ya , trus apa ?? lo mau bilang apa ?? mw bilang wooww ?? wkkkk, it is not the point , gua siap jadi saksi, karena gua pelakunya, gua pernah matahkan es batu balok yang besar itu pake kepala , dengan latihan pernapasan yang rutin, tp, insyaAllah gua dah bertobat untuk itu, karena gak ada gunanya, menghancurkan. . justru sekarang pernapasan yang ada ini, buat hal yang membangun, bukan yang menghancurkan. . dan gua sama sekali gak pake bacaa2n khusus, cukup bacaan minta perlindungan kepada Allah, atas segala hal yg buruk yang bisa menimpa gua selama dalam latihan dan atraksi pembuktiannya.

      tpi, itu bukan poinnya kan ?? bukan poin dari pembahasan lo ini, jadi, gak usah lebay membahas masalah pembuktiannya, toh juga bukan poin dari “kesesatan tenaga dalam dan pernapasan” poinnya adalah kesesatannya. . ckckck, lo muslim bukan ??? (soalnya gua gak tau kebenarannya, karena ini dunia maya kan , banyak orang pasang profil palsu, trus, sok2 buat situs begini, untuk komersial, untuk aplah pokoknya keuntungan, bukan dakwah murni) kalo lo muslim, gua cuma mau bilang “saudaraku, (karena gua muslim, wallahi) pesan saya, berhati2lah dalam setiap ucapannmu, jangan seenaknya memvonis sesuatu, karena semuanya bakal lo pertanggung jawabkan, sekedar mengingatkan”

  24. Assalamu’alaikum

    saya puas bener membaca artikel2 di site ini dan jg komen2 d atas….
    jujur saya adalah salah satu orang yg pernah ikut dalam salah satu perguruan TD….tapi terdapat bbrapa keraguan dalam diri saya ttg ilmu2 yg seperti itu hingga akhir nya Allah Ta’ala menunjukkan kebenaran melalui cara2 yg tidak saya duga…

    saya setuju dg pendapat mas PA, hal itu adalah bid’ah karena memang tidak ada tuntunan ny dari Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam….

    ada 2 syarat amalan kita di terima Allah Ta’ala
    1. Ikhlas karena Allah
    2. sesuai tuntunan Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam

    nah ilmu TD yg saya pelajari itu (atau bs kita blg semua perguruan TD di Indonesia ), memang tidak ada tuntunan nya dari Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam….dan emang sesuai dg hadits beliau yg mengatakan ttg bid’ah…

    saya ini cuma orang awam dalam agama, jadi masih butuh banyak ilmu pengetahuan mengenai agama ini, terimakasih untuk ulasan2 nya di atas yg telah menambah pengetahuan saya….

    mohon maaf klo ada kesalahan dalam komen saya ini, salam kenal ya semua nya….

    Wassalamu’alaikum

  25. bit’ah…apa tenaga dalam itu termasuk cara2 dalam beribdat gak kan itu adalah hal yg tidak ada sangkut paut nya dg agamakan jdi knapa kita menggolongkan tenaga dalam bit’ah..memang segala sesuatu hdup dan mati kita milik allah apakah kita bisa se enaknya berdiri di rel kereta api karna kita dah tau bila belum ajal maka kita ngak akan mati..ingatlah hai saudara2 ku yg se agama kita manusi di wajibkan untk berusaha..tiap2 hdyah membutuhkan inanyah..jdi selagi kita dalam berusaha tidak menyekutukan Allah dan tidak merubh syariat saya rasa ngak dilarang dalam agama..sunatullah pada allah tidak sama seperti manusia jika Allah mau memasuk kan org yg tidak taat kdalam syurga itu sah2 saja bagi Allah…jdi kita jgn hanya memahami perkataan hanya dari arti katanya aja,contoh jgan kamu mengatakan ah pada ibu bapa kamu,bukan berarti tendang di bolehkan….dan Allh menyuruh manunisa dan jin untk menembusi 7 penjuru lgit dan 7 penjuru bumi..semoga jdi bhan untk intropeksi diri..wassalam

  26. wacana yang bagus dan saya kira belum selayaknya bilang bid’ah atau syirik atau apalah tanpa ada riset mendalam cus ini bukan cuma masalah yang kelihatan, dan menurut saya terlalu gampang mengatakan bidah dan tanpa ada sandaran dalam al quran atau hadist spt yang di ungkapkan Dr. Muhammad Nur Ihsan M.A. kesan yang muncul adalah narasumber sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk membahas ini.
    tidak semua yang baru dlm agama terlarang, justru sebaliknya klau mang sesuatu itu tidak bertentangan dengan syariat islam kan fine aja, bukan berarti semua harus melihat alquran dan sunah tapi silahkan lihat juga quran melarang atau enggak…klau dlm alquran dan hadist tidak membahas berarti boleh kan..

    saya kira sebalum menetukan hukum syariah, seharusnya definisi harus tenaga dalam, dan macam2nya serta potensi mendapatkanya untuk menghasilkan hukum, biar jelas arah pembicaraan bukan semua dihukumin global tanpa definisi…..bagaimana anda bisa menghukumi klau anda tidak faham yang anda hukumi???

    dan hukum yang diambil dlm hal ini juga berdasarkan analogi2 belaka tanpa ada pendapat jumhur ulama, atau 4 ulama mujtahid, saya kira perlu dikaji mendalam cus ini masalah serius gak cukup cuma penafsiran seenak perut aja ..dan dikit2 bidah….

    makasih.

  27. berantem terus debat teruss… bagus2x lanjutkanlah… jadi inilah yg disebut agama sempurna? segala hal diperdebatkan?dibilag bid’ah, syirik, ga syarii, ga ada dalam sunnah, ga ada dalam qur’an dst. Kembali ke Al-Qur;an & Hadist? Qur’an yg mana Hadist yg mana? orang mereka juga ngutip ayat2 Qur’an dan hadist jg lah terus mana yg bener? maka tafsir siapa? make mazhab yang mana? udahlah biarkan kami ini yang tinggal di Indonesia khususnya di Jawa punya tradisi sendiri toh saya tidak mengkafirkan atau memurtadkan orang islam. Budaya kita beda bung dengan budaya Arab. Islam bukan Arab. Islam klo tidak mengikuti budaya dan adat ga akan tubuh bung..!!! sudah Musnah!! bukanya dengan adanya kegiatan spritual macam TD/TM membangkitkan kita selalu ingat pada Tuhan semesta alam ini? Waktu Jihad di Ambon yg elo bangga2in tuh make senjata siapa?diciptain oleh siapa? peluru tu dibuat ama siapa?dibeli dari uang siapa?loe nembak siapa? buata siapa? apakah ada dalam tuntunan nabi dalam berperang menggunakan senjata api? bom bunuh diri? menghilangkan nyawa orang sipil (diluar medan pertempuran)? biarlah kerukunan dan keelokan budaya Indonesia terjaga. apakah anda benar islam 100%!! (jawab !) apakah benar guru anda islam 100%!! apakah benar dosen yang di saudi sono islamnya 100%!!?? saya jamin TIDAK!!! tidak ada yg islam 100% didunia ini! jadi ini lah keindahan Islam bung!! NB: Jika ingin berdakwah berdakwalah yg elok jangan suka ngekafirin orang islam ga akan banyak yg ngikutin lo, terus elo seneng klo orang2 akhirnya murtad gara2 sering disalah2in? terims

  28. kemana komment gw? jangan lo delet donk? klo mo buka debat yang fair tuh ni sarana loe buka buat umum atau buat kaum loe aja?? da cape2 ngetik loe ga ditampilan… dasar “P A”

  29. ass wr wb, wah seru jg nc dbatnya. Mau ikutan jg nc. Soal sirik atau tdknya trgantung kyakinan msing2,klo udah pham dan bsa mentauhidkan Allah mka tdk ad lg syrik. Sdangkan kkuatan2 hnylh/hakekatnya milik Allah trmsuk kkuatan gaib. Jd klo kta mmandang kkuatan2 itu dtng dr selain Allah itu yg sirik. Ana tdk memp ilmu tnaga dlm dan ilmu gaib sjenisnya, tp ane percya klo pngamalnya brtauhid tdk akn syirik. Mngenai kkuatan yg dtimbulkan emang tmbul dr mahluk gaib, tp tdk smuanya mahluk gaib itu jin, ad jg jg dtimbulkan dr mahluk gaib dr bangsa malaikat. Wassalam

  30. Ulama zaman dulu kalau berbeda pendapat tidak saling membid’ahkan. Subhanallah, lain dengan sekarang yang begitu gampang mencela orang, membid’ahkan orang karena tidak diajarkan oleh Rosulullah, masuk neraka/tertolak/dzolalah, menuduh orang sirik membabi buta dengan pahamnya sendiri. Merasa dirinya pandai ilmu agama, menguasai berbagai hadist/Al-Qur’an dan sebagainya, sehingga menghakimi seseorang itu salah/bid’ah/finnnar/masuk neraka/sesat dan sejenisnya, layaknya dia itu Tuhan yang bisa memvonis orang itu salah/benar. Okelah kalau anda memang orang yang hebat dalam ilmu agama, tapi anda tidak punya hak memvonis orang itu alah/bid’ah/finnnar/masuk neraka/sesat dll. Belajarlah kita menghormati pendapat orang lain, dan jangan merasa paling benar. Rosulullah pernah bersabda: Perbedaan itu adalah rahmat. Artinya kita wajib menghargai/menghormati pendapat orang lain yang terkadang beda pendapat dengan kita dan janganlah menghakiminya seperti Tuhan. Biarpun dia bergelar Profesor kalau pendapatnya kurang proporsional ya tidak perlu kita ikuti. Kebenaran yang hakiki hanya pada Allah SWT.
    Untuk masalah Tenaga Dalam/Ilmu Pernafasan tidak usah kita memvonis sirik, musyrik, bid’ah, dll. kayak tidak ada kerjaan lain selain mencela orang. Tenaga dalam bukan ilmu agama, tetapi ilmu beladiri dengan menggunakan hawa murni (olah pernapasan). Manusia diberikan oleh Allah SWT dengan dengan berbagai kelebihan tubuh yang sempurna dibanding dengan makhluk lain. Di dalam tubuh manusia juga terkandung kekuatan (power) atau tenaga yang ada di dalam tubuhnya baik disadari atau tidak. Kita ambil contoh ketika kita dikejar oleh binatang buas, yang biasanya kita tidak bisa lari kencang atau melompat pagar kita tiba-tiba bisa melakukannya tanpa kita sadari, padahal kalau dalam kondisi normal kita sulit nelakukannya. Ini adalah contoh kecil kita bisa menggunakan Tenaga Dalam kita yang tersimpan dalam tubuh. Contoh lain seorang balita ketika ia terjatuh dari tempat tidur, ia tidak terluka, karena dilindungi oleh aura semacam tenaga dalam dalam tubuhnya yang melindunginya (mungkin karena ia masih suci).
    Siapa bilang di zaman Rosulullah tidak ada Tenaga Dalam? Saidina Ali RA, konon mampu menghantam pintu gerbang musuh sampai hancur dengan tangannya yang kuat. Bahkan beliau mempu memainkan pedang yang sangat berat. Tapi ditangan beliau pedang yang berat bisa dimainkan dengan mudah. Sudah barang tentu itu bukan tenaga biasa, tetapi Tenaga Dalam dari tubuh beliau memang luar biasa. Mana mungkin orang bisa bermain pedang, memanah, bermain tombak kalau tidak punya tenaga dalam. Tenaga Dalam adalah istilah yang dipakai untuk kekuatan dahsyat (power) dalam diri manusia baik disadari/tidak disadari yang merupakan anugerah Tuhan. Saya sudah mempelajari Tenaga Dalam selama hampir 25 tahun, dan itu tidaka ada unsur sirik, karena memang murni ilmu pernapasan/beladiri. Bahkan Tenaga Dalam sudah dipelajari secara ilmiah oleh kalangan ilmuwan, dokter, pakar yang jelas sangat berguna bagi umat manusia. Tenaga Dalam bisa digunakan untuk pengobatan, menghilangkan sihir/tenung, memperlancar peredaran darah, menghilangkan trauma/stress, dll.
    Saya sarankan jangan mudah kita mengatakan bi’dah itu sesat/dzolalah, karena bisa jadi orang yang mengatakan hal tersebut lebih sesat dari orang yang dicela. Jujur saja setiap perbuatan kita sehari-hari banyak yang tergolong bid’ah (tidak diajarkan Nabi), tetapi perbuatan itu baik. Contoh ketika kita menabuh bedug untuk mengumandangkan adzan (memangggil orang sholat) padahal di zaman Nabi tidak ada bedug. Islam di Arab beda dengan di Indonesia, Bung. Penyebarannya juga melalui jalan budaya misalnya lewat tembang-tembang/pujian, gending, wayang, tari, seni ukir, kaligrafi dll. Beda dengan penyebaran Islam di negara Arab. Masing-masing punya cara tersendiri. Ulama Arab juga beda pemikirannya dengan ulama di Indonesia. Agama Islam itu mudah, penuh rahmat, fleksibel, dinamis maka jangan direcoki dengan pendapat-pendapat yang bisa nengadu domba/merusak persatuan umat Islam demi embel-embel pelurusan akidah. Belum tentu ‘tukang-tukang pencela’ tersebut kelakuannya lebih baik dibanding orang awam (orang biasa). Justru terkadang pendekatan diri orang-orang biasa kepada Allah SWT lebih baik dari pada orang-orang yang dianggap ulama (orang ahli di bidang agama). Para tukang pencela memang sudah diramalkan oleh Rasulullah SAW, misalnya Muhammad Al-Wahab (Wahabi), yang digambarkan/ditandai oleh Nabi sebagai orang bercukur dan selalu membid’ahkan orang seenak udelnya, dengan alasan meluruskan/memurnikan ajaran Nabi. Allah maha mengetahui rahsia-rahasia yang tidak diketahui hambanya. Ilmu manusia hanya setetes air di lautan. Ingatlah pelajaran Nabi Khidir kepada Nabi Musa. Nabi Musa merasa ilmunya lebih tinggi, tapi masih perlu belajar pada ilmu hakikat yang dimiliki oleh Nabi Khidir. Kita yang masih dangkal ilmunya (hanya pada tataran syariat) saja sudah ngoceh gak karuan, merasa dirinya paling pintar/benar. Marilah kebenaran yang ada di dunia ini kita serahkan hanya kepada Allah SWT. Kalau kita merasa diri kita benar/suka mencela pendapat orang berarti kita tergolong sirik (merasa yang paling pintar dari orang lain). Orang yang pintar / bijak adalah orang diam tapi berilmu, bukan orang yang berilmu tapi sombong. Semoga bermanfaat. Amin

  31. Nilailah dirimu sendiri sebelum menilai orang lain. Laksanakan ibadahmu dengan ikhlas, jagalah /tegakkan sholatmu dengan benar, jagalah hubunganmu yang baik dengan sesama manusia dan Tuhanmu, jangan saling menyakiti (mencela).
    Jangan menyalakan api jika tidak mau ada asap. Beda pendapat itu rahmat, tapi tidak usahlah saling mencela. Ilmu kita tinggi, masih tidak ada apa-apanya dengan ilmu Allah SWT. Rahasia Allah SWT yang ghaib yang ditampakkan pada manusia adalah sedikit ilmu Allah SWT yang maha luas.
    Mari kita galang ukhuwah islamiah yang baik sesama muslim. Berdebat boleh, tapi harus yang santun dan tidak ingin menang sendiri. Jadilah orang yang rendah hati dan siap dikritik oleh orang lain. Jangan melihat siapa yang memberikan pendapat, tapi lihatlah apa isi pendapatnya. Semoga bermanfaat

  32. tidak ada bidah sedikitpun, ketika suatu itu diniatkan karena Alloh SWt. Awal karena Alloh… akhir juga karena Alloh. bukan karena yang lain secuilpun.. apalagi karena ego.. na’udzubillah..Tidak semua sahabat menyaksikan perbuatan, ucapan, tingkah laku Na.bi SAW… apalagi Kita.. jadi muntalah selalu akan petunjukNya… bukan malah dengan mudahnya membidahkan orang lain,.. masih percayakah ??? tidak semua orang tahu sesuatu yg sifatnya “Rahasia” baik rahasia bagi manusia, apa lg rahasia bagi ALLOH.. allohu’alam..

  33. KENAPA KOK PARA ULAMA TIDAK ADA YG TEGAS MELARANG ATO FATWA MUI, YA KARENA TIDAK ADA SATUPUN DALIL YG SECARA JELAS MEMBAHAS MASALAH TERSEBUT, KEMUNGKINAN CUMA PENDAPAT DR SAUDARA2 KITA. ADA YG PRO ADA YG KONTRA YG MASING2 PUNYA ALASAN TERSENDIRI DG BERBAGAI LATAR BELAKANG MEREKA… SEMOGA TETEP BERSAUDARA….

  34. KALO ISLAM TERLALU KAKU SAYA YAKIN UDAH DI TINGGALKAN ATO NGGAK DITERIMA, WALI SAJA TETAP MENGHORMATI BUDAYA LOKAL, SUNAN KALIJOGO AJA DAKWAH LEWAT WAYANG, NGGAK ADA TUH TUNTUNAN ROSUL, MENURUT AKU ITU ADALAH BUDAYA KITA HARUS TETAP DIPERTAHANKAN. DAN SAYA YAKIN SAUDARA2 KU YG PUNYA TENAGA DALAM IMANYA TETAP KUAT.. MISAL KL DISURUH MILIH SALAH SATU KELUAR ISLAM ATO KELUAR DR PERGURUAN T.D SAYA YAKIN PASLI MILIH KELUAR DR T.D.. NAH BERART IMANNYA MASIH KUAT… KL KITA BELAJAR T.D KRN KITA ISLAM UDAH TENTU ATURAN ISLAM TETEP KITA JALANKAN.. MISAL NGGAK SOMBONG, NGGAK BERBUAT JELEK DLL, SAYA YAKIN TEMEN2 T.D TETAP MEMEGANG TALI ALLAH…

  35. Saya setuju.slh 1 cara olah tnga dlm dg meditasi yaitu dg mgosongkn pkrn,mnding drpd mgosongkn pkrn lbh baik dgunakn utk zikrulloh.

  36. maaf sy jg punya tenaga dalam… yang luar biasa……! klw sy duduk2 sama temen2 sy sengaja gak mau kasik taw krn takut dibilang sombong….! …….heheheheheeee…… tapi krna nggak tahan akhirnya tenaga dalam sy keluar sendiri………! ah malu jadinya…….. dasar TD nggak sopan….
    lanjuuuuuut salam kenal untuk semua dan buat PA terima kasih atas semua keterangannya…

  37. kalo yang pikiranya dangkall munkin iya, sesuai dengan apa yg di paparkan di atas ( ga bermaksud bilang ts nya berpikiran dangkal ya.. ) kya kritikan point ke-4. “dampak negative ilmu tenaga adalah hilangnya rasa tawakal para penuntunnya kepada Allah. Sebab mereka merasa telah memiliki kekebalan dan kekuatan luar biasa yang bisa merobohkan musuh dari jarak jauh, sehingga ia merasa tidak butuh pertolongan siapapun.”

    tapi saya yakin dehh orang yang mungkin bisa melakukan hal tersebut pun tauu klo semua itu hanya bisa terjadi karna allah.. jadi insya allah jauh dari seperti dugaan apa yang telah dipaparkan.. CMIIW

  38. Alhamdulillah saya menemukan artikel dengan penuh diskusi yang inspiratif, kebetulan saya juga sedang mempelajari ilmu olah pernapasan, disana diajarkan cara olah pernapasan perut, dimana menurut penjelasannya dengan dibantu olah pernapasan perut maka asupan oksigen ketubuh lebih banyak sehingga bagi orang-orang yang punya penyakit asma atau sesak nafas, dengan teknik olah pernapasan perut ini bisa membantu. Penjelasan berikutnya dengan olah pernapasan ini tubuh menjadi berkeringat dan bisa menyegarkan, menurut ayah angkat saya yang mengajari saya olah pernapasan ini bahwa siapa saja bisa mempelajarinya tidak perduli dia kafir atau bukan, namun karena kita orang islam dalam mempelajari ilmu pengetahun apapun itu agar memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam mempelajarinya, mengusainya, mengembangkannya, dan menggunakannya semata-mata untuk kebaikan dan memberikan manfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan orang-orang yang membutuhakannya. Dan kita juga mememinta kepada Allah SWT agar diberi kekuatan dan kesahatan untuk menolong baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Serta memohon agar terhindar gangguan setan dan sihir.

    Olah pernapasan ini juga ada gerakannya seperti umumnya olah pernapasan, namun gerakan disini kalau menurut saya seperti gerakan senam atau silat, hanya saja setiap gerakan ada maksud dan tujuannya untuk apa digunakan tergantung pemikiran masing-masing orangnya, namun diarahkan oleh yg mengajarkan atau dijelaskan bahwa masing-masing gerakan jika diniatkan untuk bela diri maka gerakan ini bisa untuk bela diri, dan jika untuk membuka pemikiran kita juga bisa, namun saya mempelajari sepertinya lebih ke pada gerakan beladiri yang disertai olah pernapsan untuk pengelolaan kekuaran pada tangan, kaki, dan tuhuh.

    Penjelasan berikutnya olah pernapasan ini juga bisa menghasilkan energi ditubuh, energi ini bisa kita gunakan sesuai dengan pemikiran kita dengan tidak pernah lepas memohon kepada Allah SWT, bisa digunakan untuk terapi kesahatan (namun kita harus mempelajari terlebih dahulu struktur tubuh manusia dan fungsi masing-masing bagian-bagian tubuh agar kita paham jika ada sakit seperti asam urat, stroke, kena virus, dan lainnya kita tahu penyebabnya kenapa dan ditubuh mana kerusakannya, sehingga kita tahu unsur mana yg menyebabkan penyakit tersebut), kalau saya perhatikan selama ini saya melihat ayah angkat saya dalam mengobati selalu berdoa terlebih dahulu memohon pertolongan Allah SWT, dan selalu mengatakan kepada orang yang mau diobati agar memohon kesembuahan pada Allah SWT, serta menjelaskan kalau yang memberi kesembuahan itu bukan bukan beliau tapi Allah SWT, dan tidak pernah ada tarif atau biaya2.

    Energi yang dibayangkan dipikiran seperti energi panas, energi angin atau air,energi listrik, dan lainnya yg semuanya hanya dibayangkan di otak kemudian seolah-olah keluar, seperti halnya terapi dirumah sakit dengan terapi panas lampu, maka dengan energi ini kita membayangkan energi yg keluar adalah engergi panas, dan tetap untuk mempelajarinya butuh belajar.

    Penjelasan berikutnya apakah engergi ini bisa digunakan untuk mengusir Jin?, menurut penjelasan yang saya pelajari kata ayah angkat saya bisa digunakan untuk mengusir ganguan jin.

    Penjelasan berikutnya apakah bisa untuk mempengaruhi orang lain? jawabnya bisa, tapi caranya kita masuk ke pikiran orang lain bukan masuk seperti menghipnotis, tapi kita mempelajari profil orang yang akan kita pengaruhi dengan mempelajari apa yang disukai dan apa yang tidak dia sukai, dalam arti kata kita belajar mendekatkan diri agar beliau menjadi percaya dengan kita.

    Dulu pada awal-awal saya mempelajari ilmu olah pernapasan ini tidak ada terasa sama sekali energi macem-macem disuruh meraksakan sampai beberapa bulan, namun lama-lama saya terus belajar bisa merasakan seperti tangan dapat bergerak dan berat jika kita membayangkan ada energi ditangan, terus seperti ada kesemutan kecil ditangan seperti energi yang mengalir.

    Yang ingin saya tanyakan buat penulis artikel diatas, maka hal-hal seperti yang saya jelaskan diatas juga termasuk ilmu tenaga dalam yang tidak diperbolehkan????? Mohon penjelasannya

  39. Assalamualaikum wrwb
    Membaca blog ini sangat membuka wawasan saya mengenai tenaga dalam , metafisis dan sebagainya. Tetapi saya mencoba melihatnya dari sisi sy yang awam yang saya harap menjadi lebih obyektif dalam menilai posisi tentang tenaga dalam tersebut.
    Yang pertama, saya sendiri memahami bahwa jelas ada perbedaan antara tenaga dalam dengan ilmu gaib. bagi saya sendiri ‘tenaga dalam’ sendiri berdasarkan dari arti katanya adalah tenaga yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri. Tenaga dan pikiran manusia menurut saya masih sangat mungkin untuk dieksplorasi, beberapa metode untuk berhitung cepat, membaca cepat, mengingat cepat dan sebagainya adalah salah satu bentuk ekplorasi tersebut, khususnya pikiran manusia. Sementara untuk eksplorasi fisik biasanya akan menimbulkan efek kelincahan atau kekuatan yang lebih, dan cara untuk eksplorasinya bisa dalam bentuk latihan pernafasan atau latihan fisik, dan itu bisa dilakukan manusia.
    Sedangkan ‘tenaga dalam’ dalam konteks supranatural/klenik/gaib dan sebagainya bagi saya itu bukan tenaga dalam, karena tidak berasal dari eksplorasi ‘dalam’ manusia melainkan ‘mendatangkan sesuatu dari luar’. Untuk mendapatkan ‘sesuatu dari luar’ itulah selalu melibatkan ritual-ritual khusus, yang jelas bagi saya apabila tidak ada tuntunannya akan menghadirkan bid’ah dan menjurus kemusyrikan.
    Kemampuan fisik dan pikiran manusia akan terekplorasi seiring dengan peradaban manusia, kalau kita menutup diri terhadap perkembangan eksplorasi kemampuan pikiran dan fisik manusia, maka harusnya kita akan mengatakan seorang anak bidah dan dibantu dengan jin hanya karena dia mampu menghitung atau mengingat cepat, karena jaman kita kecil belum mengenal kumon dan mind mapping. Sama juga halnya ketika seseorang berlatih fisik dan pernafasan mampu memfokuskan kekuatanya sehingga mampu menghancurkan benda keras atau mengangkat benda yang sangat berat.
    Jadi menurut saya, mohon maaf mungkin mas PA harus menjelaskan lagi definis i tenaga dalam dan perbedannya dengan klenik/supranatural dan lain-lain. Terima kasih
    wassalamualaikum wrwb

  40. Bismillahirahmanirahim ..

    Jangan berbicara kepada orang lain, sebelum dirinya mengerti & merasakannya sendiri, karna setiap apa Yang keluar dari mulut kita akan di mintai pertanggung jawaban oleh ALLAH SWT.

    salam dari saya warga ”MARGALUYU 151” cab. Donggala – sulawesi tengah.

  41. untuk maz PA,,,sya slama ini mempelajari prnfasan murni tnpa adnya mantra ataupun klenik,,,sekarang maz buktikan kpada sya bhwa sprti yg maz ktakan bhwa tenaga dalam itu dri jin ataupun sbgainya,,,slhkan ruqiyah saya,,,,

  42. To the point, buat admin situs ini yang menyatakan hukum pernapasan secara serampangan (lo udah kroscek semua tata cara pernapasan disetiap perguruan ?? PSHT, Kera SAkti, PD, TS , harusnya lo rubah judul deh, ciri – ciri pernapasan dan tenaga dalam yang dilarang dan sesat didalam islam, lo kaji bener2 itu judulnya lebih ramah, dan gak langsung menghakimi pernapasan dan tenaga dalam secara global, haduh, SEMPIT !!!! ),

    menjawabnya juga serampangan tidak disertai dengan kejujuran, kata2 orang dipelintir seenaknya sesuai nafsunya sendiri, padahal dia paham maksud jawaban orang itu apa, tp, kemudian dia memfitnah kata2nya(“Luar biasa!! Kalam Ilahi/Lantunan ayat suci Al-Qur’an ga ngefek pada jiwa dan raga anda……. Inalillahi……., ” / Ya Allah padahal dia paham maksudnya ini orang gak ngefek bukan itu, orang ini sudah diruqyah 5 x, dan dia bilang gak ngefek, tapi kemudian liat kan jawabannya itu ??? padahal kita sama2 tau gak ngefek disini dia gak bereaksi selayaknya orang yang bener2 di dalam tubuhnya bersarang khodam / jin, seperti teriak2, muntah2 dsb, Tapi coba liat !!! Ya Allah manis betul mulutnya, ckckckck, bener2, cek disini http://metafisis.wordpress.com/2012/01/23/tenaga-dalam-cuma-fatamorgana/ pada komentar “barakah hi berkata:
    Februari 7, 2012 pada 11:16 am” ) apakah ini disebut dakwah ???? Rakyat Indonesia berhati2 lah dengan orang semacam ini !!!!

    kta2 lo sok2 dibumbui kata2 islam, yang bertolak belakang dengan cara penyampaianmu sendiri, kalo lo memang orang yg paham Al – qur’an dan Hadits seharusnya kamu, menjelaskannya dengan lebih sopan, menjawab orang dengan ramah, lo gak usah makasih2 atas transferan2 amal yg sering lo katakan ke org2 yang menghujat lo, justru lo harus mengkhawatirkan atas setiap kata2 lo yang terkandung di blog ini, woy, lo dengar ya, disaat lo sedang tidur pun, kalo ada kata2 lo yg salah lo bakal nanggung akibatnya, palagi lo ntar lo udah meninggal trus blog ini masih exist, waduhhh, hati2, apa lo yakin semua kata2 lo disini sesuai dengan al – qur’an dan al – hadits ??? lo bakal terima tu transferan dosa terus2an selama hal ini terus berdampak dengan orang lain, jangan sembarangan memberikan hukuman, ini sesat, itu musyrik, aduhhh. . . gua kasih nasehat lo, lo jadi org jangan sombong, emangnya kata2 lo diatas semuanya lo yakin bener, hati2 lo, semuanya bakal dimintai pertanggungjawaban, sori, ilmu agama gua masih cetek, gak kayk lo yang dah berani memvonis ini musryik, ini sesat, ini apalah bahasa lo, sakit hati gua bacanya, tolong lo balas komentar gua yang sopan ya, lo org yang paham agama kan ??

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s