Kumpulan Para Master Tenaga Dalam yang Dipermalukan

Master Tenaga Dalam Dipermalukan

1. YANAGI RYUKEN adalah seorang kiai master ilmu tenaga dalam yang sangat terkenal di dunia. Ribuan muridnya tersebar di lima benua. Dia seorang pendekar yang sangat dihormati karena tidak pernah kalah di dalam ke 200 pertarungan (tenaga dalam) yang pernah dihadapinya. Tenaga dalam yang dilontarkannya mampu membuat penyerangnya terpental. Di dalam demonstrasi, dia menunjukkan kemampuannya menghadapi dua puluh orang lebih dan lontaran tenaga dalamnya membuat lawan-lawannya terjengkang tanpa mampu menyentuhnya apalagi memukulnya. Karena yakin akan kemampuannya dia memberi kesempatan kepada siapa saja yang ingin mengujinya dengan syarat harus membayar uang tantangan sebesar 500.000 Yen, setara dengan 5.000 US$. Apabila mampu mengalahkan Yanagi Ryuken maka uang pendaftaran akan dikembalikan ditambah dengan hadiah 1.000.000 Yen, setara dengan 10.000 US$.

Iwakura Goh bukan pendekar terkenal. Dari caranya bertarung, nampak gamblang bahwa dia hanya memiliki kemampuan bertarung biasa-biasa saja. Artinya, dengan kemampuan demikian, dia tidak akan pernah menjadi juara dalam turnamen ilmu bela diri. Tidak ada sumber pustaka yang menjelaskan alasan dia menantang Yanagi Ryuken namun rekaman pertarungannya benar-benar mengejutkan dunia persilatan terutama para pendekar ilmu tenaga dalam. Dia hanya perlu dua jurus untuk meng-KO Yanagi Ryuken. Anda bisa mendapatkan rekaman pertarungannya di Youtube dengan judul “Kiai Master VS MMA” atau “Kiai Master VS Karateman” atau bisa langsung melihatnya di http://metafisis.wordpress.com/2009/10/08/fakta-video-streaming-pembodohankebohongan-pukulan-tenaga-dalam/ . Tenaga dalam Yanagi Ryuken yang biasanya dasyat, sama sekali tidak berdampak pada Iwakura Goh. Kenapa demikian? Karena yang disebut tenaga dalam itu khayalan belaka. Sejak pertarungan yang memalukan itu, Yanagi Ryuken mengundurkan diri dari dunia persilatan dan tidak diketahui lagi beritanya. Namun, kisahnya akan menjadi bahan olok-olok entah sampai kapan.

2. Bambu Kuning alias Yelow Bamboo adalah perguruan ilmu bela diri tenaga dalam. Para pendekarnya mampu membuat para penyerangnya terpental. Bila tenaga dalam itu disalurkan ke sebuah benda, maka orang-orang yang berusaha mencurinya akan mencelat ketika berusaha mengambil barang itu. Pada hakekatnya ilmu bela diri Bambu Kuning sejenis dengan ilmu Yanagi Ryuken.
Lihat Akraksi kehebatan Ilmu tenaga Dalam Bambu Kuning pada video dibawah ini


lihat juga video dibawah ini

namun………………….Video dengan judul Yellow Bamboo vs Reality di Youtube menayangkan film tentang seorang petarung jalanan mempermalukan dua orang pendekar Bambu Kuning di pantai Perth Australia.  Kedua pendekar Bambu Kuning itu bukan saja tidak berdaya membuat penyerangnya terpental bahkan tidak sanggup menghadapi jurus kunciannya.  Sebelum meninggalkan para pendekar Bambu Kuning, pendekar tidak dikenal itu mendekati kamera dan berkata, “Delusions.” Artinya, khayalan. Benarkah tenaga dalam yang digembar-gemborkan oleh banyak sekali perguruan ilmu bela diri itu hanya KHAYALAN belaka?
Lihat videonya dibawah ini :

3. George Dillman
Pada tahun 2005, National Geographic melakukan penyelidikan dengan judul: “Is It Real?  Superhuman Powers.” Anda dapat menonton Filmnya di Youtube dengan judul tersebut.  Salah satu obyek penelitian mereka adalah tenaga dalam. Salah satu subyek penelitian mereka adalah George Dillman, peringkat Dan sepuluh master ilmu bela diri tenaga dalam dari perguruan Ryukyu Kempo. Hasilnya benar-benar mengenaskan. Walaupun mampu menjatuhkan murid-muridnya seperti daun kering namun para master tenaga dalam itu sama sekali tidak mampu menjatuhkan orang-orang yang bahkan tidak punya kemampuan ilmu bela diri sama sekali.
Lihat videonya dibawah ini :


4. Tom Cameron Ripley’s Believe it or Not juga pernah menguji kemampuan Tom Cameron, seorang master tenaga dalam, hasilnya juga mengenaskan. Anda bisa menonton filmnya di youtube dengan judul: “Tom Cameron (Human Stun Gun) on Ripley’s Believe it or Not”
lihat videonya dibawah ini :

5. James Hydrick mengaku menguasai Qigong dan mampu menggerakkan barang tanpa menyentuhnya. Dia menunjukkan kemampuannya dengan dua cara yaitu menggerakkan pensil dan membalik halaman buku telepon tanpa menyentuhnya. Ketika menghadapi pengujian dari James Randi dalam acara televisi “That’s My Line” dia benar-benar dipermalukan. Anda bisa menonton filmnya di youtube dengan judul: “James Randi exposes James Hydrick”
lihat videonya dibawah ini :

6. Qiu Fuyi
Tiongkok gempar ketika televisi menyiarkan berita tentang seorang suhu kungfu berumur 84 tahun bernama Qiu Fuyi yang kebal golok dan mampu menggerakkan batu bata dan baskom berisi air serta menghancurkan botol dari jarak jauh. Namun suhu kungfu itu benar-benar dipermalukan ketika televisi mengerahkan para pesulap untuk membuatnya tidak berdaya dan membongkar triknya dengan gamblang. Anda bisa menonton film-filmnya di Youtube dengan judul: The Real magic? NOT but chinese FRAUD!
atau lihat penjabaran saya berikut videonya di http://metafisis.wordpress.com/2009/12/13/kehebatan-energi-metafisik-benarkah-itu-nyata/ dan pembuktian kebohongan di http://metafisis.wordpress.com/2009/12/23/jawaban-penjelasan-kehebatan-energi-metafisik-benarkah-itu-nyata/

7. “Ripleys Believe It or Not! A Qigong (chi kung) Master Emits Heat From Hand at Over 200 degrees” di Youtube bercerita tentang seorang master Qigong di Amerika yang mampu memanaskan handuk basah dengan kekuatan tanaga dalamnya hingga 202 0 F alias 94,4 0 C. Di dalam dunia sulap ilmu demikian disebut Pyrokinesis, artinya penggerak api. Tidak sulit untuk melakukan hal demikian, yang diperlukan hanya menaburkan atau meneteskan Crystal Drano pada handuk basah tersebut. Crystal Drano  adalah campuran sodium hydroxide (lye), sodium nitrate, sodium chloride (garam), dan aluminum.
lihat videonya dibawah ini :

8. Darren Brown adalah seorang pesulap yang tidak punya kemampuan tenaga dalam sama sekali. Suatu kali, dia mendemonstrasikan kemampuannya untuk menjatuhkan seorang pendekar kungfu dengan pukulan tanpa menyentuhnya. Menurut Brown, yang dia lakukan adalah memadukan kemampuannya menyesuaikan diri, pemahaman bahwa manusia umumnya mudah diperintah, kemampuan mewujudkan impian seseorang dan sugesti hipnotis. Dia menyesuaikan diri dengan pendekar tersebut dengan berprilaku dan menyatakan dirinya seorang pendekar tenaga dalam. Dia memerintahkan pendekar itu merasakan (mengkhayalkan) kekuatan tenaga dalamnya sebelum memukul. Dia berusaha mewujudkan harapan pendekar itu untuk merasakan pukulan tenaga dalam sejati. Dia juga mensugesti pendekar itu bahwa dia akan merasakan pukulan tenaga dalamnya yang benar-benar dasyat. Itu sebabnya ketika dia melancarkan pukulan, pendekar itu menanggung akibatnya.

lihat videonya :

Rekan-rekan sekalian, apabila tenaga dalam memang ada dan para pendekar tenaga dalam itu memang sakti, kenapa mereka gagal ketika diuji? Kenapa walaupun mampu menjatuhkan sesama pendekar tenaga dalam seperti daun kering namun tidak mampu menjatuhkan orang yang tidak punya kemampuan ilmu bela diri sama sekali? Apabila tenaga dalam itu tidak ada, kenapa para pendekar itu meyakininya dan mereka mampu menjatuhkan sesama pendekar tenaga dalam seperti daun kering? Kenapa orang-orang yang tidak pernah berlatih tenaga dalam mampu melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh para pendekar tenaga dalam ketika berhadapan dengan pendekar tenaga dalam?
Rekan-rekan sekalian, saya yakin, sebelum diuji baik Yanagi Ryuken maupun Tom Cameron, George Dillman dan pendekar-pendekar Bambu Kuning sama sekali tidak tahu bahwa kekuatan tenaga dalam mereka sama sekali tidak berdampak bagi non pendekar tenaga dalam. Ketika mengetahui kebenarannya, Yanagi Ryuken secara jantan mengundurkan diri dari dunia persilatan. Namun sayang baik Tom Cameron maupun George Dillman dan banyak pendekar tenaga dalam lainnya, tetap kekeh jumekeh dengan keyakinannya dan tetap mengajarkannya kepada orang lain.

(Dikaji dan diramu dari berbagai sumber)

136 thoughts on “Kumpulan Para Master Tenaga Dalam yang Dipermalukan

  1. bagaimana dengan bruce lee dengan one punch inchnya??
    apa omong kosong juga??dalam berbagai biografi bruce lee sering diceritakan ia bertarung dengan jenis beladiri lain, dan frekuensi kemenangannya lebih banyak dari kekalahannya
    trus gurunya sendiri master IP ?kenapa tidak dibahas??
    kalo sy lihat semua beladiri diatas hanya metafisik aja..bukan tenaga dalam, coba anda baca dengan teliti tulisannya
    terus master itu menurut pengakuan siapa ??umum atau klaim diri sendiri
    jangan langsung percaya dengan apa yang tertulis diinternet
    sebagai manusia kita wajib berfikir,
    sy sudah malas menaggapi anda sebenarnya soalnya bagaimanapun tidak akan pernah ketemu, karena anda ingin mencari pembenaran, sekalipun diadakan pembuktian tetap saja paradigma anda yang mengatakan jin yang membuat manusia sakti tidak akan berubah
    sementara data Al-Qur’an menyebutkan bahwa manusia itu lebih sempurna dari ciptakan Allah yang lain, makanya kita dijadikan pemimpin dimuka bumi..
    saran saya tabayun dulu aja, dan nggak usah pakai syarat macam2, sy banyak tuh mengajak ahli ruqiyah ke HI dan akhirnya mereka malah masuk ke HI, karena tulisan yang anda tulis soal HI di web ini berbeda sekali dengan kenyataan yang ada, perlu anda tahu mereka juga berasal dari ruqiyah syariah seperti anda..
    tapi sekali lagi semuanya saya kembalikan kepada anda, mau berfikir atau tidak…
    wassalam
    note:
    sy perhatikan bila ada anak HI yang menanggapi jadi banyak sekali yang komentar, tp bila tidak ada jadi sepi, kenapa yah ???
    kalo anda mau mancing emosi KD dengan menulis blog ini nggak gunanya, sampai sekarang pun KD nggak pernah peduli sama anda kan??
    anda yang peduli sama KD , soalnya anda terus mantau HI
    kasihan sudah capek2 nulis nggak ditanggapi..

    • Assalamu’alaikum wr. wb.

      Setuju mba popi, untuk masyarakat agar hati-hati menerima informasi dan promosi yg ada di internet maupun dunia nyata. Jangan sampai kita sdh cape-cape latihan, buang waktu dan materi tp akhirnya malah tdk berguna ketika dipraktekkan untuk umum.

    • bagaimana dengan bruce lee dengan one punch inchnya?? apa omong kosong juga??
      KHUSUS UNTUK ANDA SAYA AKAN MENGKAJINYA SECARA SERIUT LIHAT DI http://metafisis.wordpress.com/2010/07/14/menganalisa-pukulan-one-punch-bruce-lee-dan-ilmu-metafisik-tahanan-maut-hikmatul-iman/

      kalo sy lihat semua beladiri diatas hanya metafisik aja..bukan tenaga dalam, coba anda baca dengan teliti tulisannya

      pengertian “tenaga dalam” yang saya maksudkan ini adalah pengertian awam agar setiap orang langsung mengerti, sebab menurut pengertian awam semua ilmu baik dari olah nafas maupun olah ritual penarikan energi ghoib adalah tenaga dalam. OK lah kalo gitu :) anda mengatakan ilmu mereka ilmu metafisik, namun justru membuktikan klain keilmuan metafisik cuma hoax sebab sudah banyak pembuktian yang dilakukan oleh orang/lembaga independen yang membuahkan fakta ternyata keilmuan ilmu metafisik itu cuma penipuan dan brainwash bagi anggota perguruan dan tidak bagi non praktisi ilmu metafisik.
      yang dia lakukan adalah memadukan kemampuannya menyesuaikan diri, pemahaman bahwa manusia umumnya mudah diperintah, kemampuan mewujudkan impian seseorang dan sugesti hipnotis. Dia menyesuaikan diri dengan pendekar tersebut dengan berprilaku dan menyatakan dirinya seorang pendekar tenaga dalam. Dia memerintahkan pendekar itu merasakan (mengkhayalkan) kekuatan tenaga dalamnya sebelum memukul. Dia berusaha mewujudkan harapan pendekar itu untuk merasakan pukulan tenaga dalam sejati. Dia juga mensugesti pendekar itu bahwa dia akan merasakan pukulan tenaga dalamnya yang benar-benar dasyat. Itu sebabnya ketika dia melancarkan pukulan, pendekar itu menanggung akibatnya.

      coba anda baca dengan teliti tulisannya terus master itu menurut pengakuan siapa ??umum atau klaim diri sendiri

      Anda sudah tahu belum pengertian Master, Master adalah pelatih/guru yang mempunyai banyak anak murid, sedangkan grand master adalah maha guru yang banyak menghasilkan guru/pelatih. anda bisa lihat pada beberapa video diatas, mereka para master yang banyak mempunyai anak murid

      jangan langsung percaya dengan apa yang tertulis diinternet sebagai manusia kita wajib berfikir,

      lucu :)…………mengapa saya katakan lucu, jika anda tidak percaya dengan video diatas maka apa mungkin video diatas adalah sebuah kebohongan yang direncanakan, kYai yanagiryukan sengaja bekerja sama dengan Iwakura Goh DAN JUGA BEKERJA SAMA DENGAN televisi lokal untuk menghancurkan kredibilitas dan mempermalukan dirinya sendiri ???? apakah mungkin???
      perguruan ilmu metafisika Yelow Bamboo sengaja bekerja sama dengan petarung jalanan untuk mempermalukan perguruan mereka sendiri ????
      mungkinkah National Geographic melakukan penyelidikan dengan judul: “Is It Real? Superhuman Powers.” telah bekerja sama dengan George Dillman, peringkat Dan sepuluh master ilmu bela diri tenaga dalam dari perguruan Ryukyu Kempo untuk mempermalukan diri george Dillman dan perguruannya????BEGITU JUGA DENGAN Ripley’s Believe it or Not ?
      PAKE NALAR DAN LOGIKA ANDA MBA…………….;)

      saran saya tabayun dulu aja, dan nggak usah pakai syarat macam2, sy banyak tuh mengajak ahli ruqiyah ke HI dan akhirnya mereka malah masuk ke HI, karena tulisan yang anda tulis soal HI di web ini berbeda sekali dengan kenyataan yang ada, perlu anda tahu mereka juga berasal dari ruqiyah syariah seperti anda..

      nah kalo ini saya ga akan percaya sebab tidak ada bukti autentik dari tulisan, kesaksian, video dll yang bisa menguatkan pernyataan anda, sedangkan fakta video yang sudah saya tampilkan bukti autentik sebab sudah dikaji / diadakan pembuktian olah lembaga/orang yang independen disertai rekaman video

      saran saya tabayun dulu aja, dan nggak usah pakai syarat macam2

      saya sudah menulis di blog KD untuk pembuktian keilmuan HI tapi tulisan saya langsung dihapus…..tanya knapa :)

      sy perhatikan bila ada anak HI yang menanggapi jadi banyak sekali yang komentar, tp bila tidak ada jadi sepi, kenapa yah ???
      kalo anda mau mancing emosi KD dengan menulis blog ini nggak gunanya, sampai sekarang pun KD nggak pernah peduli sama anda kan??
      anda yang peduli sama KD , soalnya anda terus mantau HI kasihan sudah capek2 nulis nggak ditanggapi..

      ;) saya memang suka ngintip mba, tidak hanya website HI namun juga seluruh blog/web yang bertemakan tenaga dalam dan ilmu metafisika saya suka ngintip untuk tahu info terbaru dari kegiatan mereka :) , saya tidak pernah merasa capek nemulis sebab saya suka menulis hehehe, ditanggapi atau tidak ya terserah KD :) para pengunjung yang akan menjadi timpenilai yang mana tulisan yang lebih syar’i dan berbobot

    • One Inch Puch milik Bruce Lee sama sekali bukan pukulan tenaga dalam. Pukulan itu hanyalah teknik pukulan dipadukan dengan kuda-kuda yang sangat baik. Tolong jangan samakan Bruce Lee dengan para penipu yang mengaku bisa tenaga dalam tersebut. Bruce Lee adalah master wushu sejati.

      • Saya sangat kagun dengan ilmu bela diri Bruce lee namun memang disayangkan ada banyak yang memanfaatkan kehebatan bela diri Bruce lee untuk mempromosikan tenaga dalam khayalan yang hoax, apa yang dilakukan bruce lee adalah murni tekhnik ilmu beladiri dan bukan bentuk ilmu ghoib

    • yang jelas tenaga dalam itu ada…… tapi mengapa mereka kalah mungkin karena ksombongan atau menganggap remeh lawan dan atau meraka telah ditenaga dalam dulu oleh musuhnya sehingga tidak bisa mengeluarka tenaga dalamnya….

      • PARA PRAKTISI TENAGA DALAM KALAU SUDAH TERDESAK TKUT MALU LANTAS PASTILAH BUAT ALASAN YANG DI PLINTIR PLINTIR .YAH PLINTIR SANA PLINTIR SINI…..KALAU AKU CERMATI UPYA USAHA BUAT AGAR KITA BINGUNG…..

  2. Pengetahuan itu harus dicari…… bukan untuk kebanggaan dan menyalahkan saja….
    dan waktu akan berbicara akan kesalahan anda…
    untuk PA… mending bantu ekonomi rakyat daripada analisis tanpa tuntas……. belajarlah sejarah…

  3. setuju sama mas kasihan
    buat Hier2 ignore aja mas PA sebab tidak akan pernah nyambung..
    nggak usah terpancing emosinya , biasa tulisan orang yang belum bisa berfikir, yang menganggap hanya dirinya yang paling benar, umur juga baru seujung kuku, ngomong-ngomong buat mas PA jangan panggil saya mba yah sebab usia saya sudah 70 tahun , jauh diatas anda, mungkin anda lebih pantas jadi cucu saya, alhamdulilah st masih dikasih kesehatan
    cuma karena saya telat nikah saya baru punya anak dua , itu masih kecil..cobalah menjadi lebih dewasa
    ketemu langsung KD deh..itu lebih bijak lagian sekarang KD sedang sibuk jadi nggak sempat cek blog multiplynya..
    kalo tulisan anda dihapus..mungkin karena tulisan anda kurang berbobot…dan kurang sopan..coba anda belajar menulis seperti pa Abu (ruqiyah syariah) beliau lebih bijaksana dari anda sepertinya

    • Menurut saya dilanjutin dulu pembahasan mba mengenai one punch inchnya bruce lee. Jelaskan hasil analisa/argumen mba mengenai itu jika keterangan mas perdana bertentangan. Kalau komentar mba lompat-lompat (tidak tuntas) dan tidak memberikan tanggapan dari yg sudah dijelaskan, itu dapat diartikan bahwa mba setuju dan membenarkan penjelasan tersebut. Atau lebih ekstrimnya orang dapat menilai bahwa sebenarnya mba sendiri kurang memahami tentang TD/TM.

      Maaf, ini hanya saran.
      Saya dan tmn2 lainnya (mungkin) masih menunggu kelanjutan dari diskusi tersebut.

      Dalam hal ini (TD/TM) saya masih awam, jadi masih nyimak aja :)

  4. @nyimak aja
    sebenarnya semuanya bisa dijelaskan secara logis, hanya saja tidak akan pernah ketemu titik temunya..
    yang jelas penelitian harun yahya soal TD sama dengan HI, yaitu bersumber dari sel mitokondira, coba aja cari penelitiannya , siapa tahu sekarang sudah diupload diinternet
    soalnya perdana ahmad selalu menyakini bahwa kekuatan “ekstra” manusia itu berasal dari jin..
    sementara berdasarkan data di Al-qur’an manusialah mahluk Allah swt yang paling sempurna, banyak contoh tentang kehebatan manusia
    begini aja, mas, dari cara anda menulis sy lihat anda orang yang sopan dan tahu tata krama, intinya anda ingin berdiskusi , kenapa anda tidak datang saja ke bandung untuk melihat langsung Hikmatul Iman dengan mata kepala anda sendiri..
    nanti anda lihat apa sesuai dengan yang ditulis perdana ahmad dalam blog ini..
    sy seorang manusia yang lahir dengan kemampuan khusus artinya dari kecil sy sudah bisa melihat jin..dan sy tidak mengerti kemampuan ini berasal dari mana, sebab tidak ada satupun dikeluarga sy yang mempunyai kemampuan seperti sy..
    dan jujur banyak orang yang punya kemampuan ini , cuma tentang keobyektifan harus dilihat lagi..caranya sangat sederhana, dengan cukup melihat kartu remi terbalik, dimana kita benar-benar bisa melihat warna dan bentuk kartu terbalik tersebut..bukan berdasarkan asumsi atau bisikan. karena sesungguhnya kita melihat dengan otak, yang kemudian divisualisasikan oleh mata, makanya ada beberapa orang buta yang bisa membedakan nominal uang kertas yang dipegangnya
    kalo kartu sudah bisa, maka obyek lain pun akan bisa..
    ini postingan saya yang terakhir, jadi kalo tidak ada balasan lagi sy mohon maaf sebelumnya
    silahkan sj buat semuanya yang mau kenal HI datang sj ke bandung…
    mas nyimak aja kedepannya tolong anda jangan memanggil sy dengan sebutan “mba” sebab umur sy sudah 70 tahun..walaupun fisik sy seperti usia 50 tahunan.. sy punya bukti ontentik untuk mendukungnya, cuma nggak mungkin sy sharing disini kan ??itu juga kalo anda tidak percaya usia sy 70 tahun,dan sy mungkin salah satu wanita yang bisa hamil diusia 60 tahunan dan sukses melahirkan..
    usia yang menurut dunia kedokteran usia yang rawan..
    rahasia sehat sy cuma satu sy menjaga pola makan dan menghindari junk food dan makanan berpengawet..jadi hingga saat ini sy nggak pernah tahu rasanya teh botol, saos tomat, kecap dsb..
    nggak enak memang..tapi rewardnya sy dapat tubuh yang sehat..kalo soal latihan TD sendiri sy jarang, yah hanya seperlunya saja
    @perdana ahmad
    misi sy sudah selesai keanda, sy berhasil memancing anda lagi untuk membahas HI kembali..dan sepertinya pendirian anda tidak berubah..silahkan saja..yang jelas di akhirat nanti kita akan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, sebab Allah swt maha adil dan maha mengetehui
    jadi sy tdk akan komentar lagi di blog anda
    wassalam

    • Salam bu popi, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan hidayahnya pada kita yang selalu berusaha mencari kebenaran, amin.

      Mengenai kemampuan anda saya sebenarnya tidak asing, karena beberapa saudara jauh-dekan dan beberapa teman pun ada juga yang mempunyai kemampuan seperti itu (tanpa mempelajari).

      Bagaimana saya menyikapi fenomena tersebut?
      Sejujurnya, saya lebih cenderung menyikapinya (memandang) dari sisi syariat islam.
      Banyak keterangan para ulama yang membahas kemampuan-kemampuan tersebut, baik yang dipelajari maupun yang tidak dipelajari (bawaan).

      Olehkarena itu, jika bu popi kuat keyakinan/argumennya dengan hakikat kemampuan tersebut, maka silahkan dijelaskan baik itu dengan dalil Al-Qur’an, Hadits, Pendapat para ulama, ataupun hasil penelitian sains dan teknologi (tubuh manusia).

      dalam diskusi dan perdebatan justru dari kedua pihak saling menunjukkan data-data valid untuk menguatkan argumentasinya, jika data-data tidak lengkap atau ada tapi disembunyikan maka orang lain yang ikut menyimak sah-sah saja menilai bahwa itu adalah sebuah kebohongan atau lemah jika dipandang dari standar keilmuan.

      Itu saja yang dapat saya sampaikan dari hasil menyimak diskusinya. Sallam…

    • “sebenarnya semuanya bisa dijelaskan secara logis, hanya saja tidak akan pernah ketemu titik temunya..”

      Dijelaskan saja, biar para pembaca yang menilai :)

    • diskusi ini tidak selesai sebelum menentukan konteks yang diperdebatkan… yaitu jin terhadap quran dan pengaruhnya terhadap energi manusia….
      Karena itu saya butuh pemandangan teman-teman terhadap surat al-jin ayat 1… lalu bagaimana tentang jin iffrit di jaman nabi sulaiman… lalu apa penyebabnya jin jenis apa yang tidak suka mendengar quran dan bagaimana dengan manusia juga suka kabur kalau ada pengajian…. hayo…. kita diskusi lagi… sebelum judge.. apalagi cuma googling doang…. yang kuraNg dong…. Iya ga BAng PA…

      • Sebelum saya jawab, saya mau tanya, apakah anda percaya bahwa ayat AlQur’an dan doa rasulullah merupakan ikhtiar kita untuk melindungi diri dari gangguan jin atau anda TIDAK percaya doa- dari Al_qur’an dan hadits merupakan ikhtiar untuk melindungi/mengusir jin (makhluk ghoib). Apakah anda meyakini bahwa doa-doa AlQur’an dan hadits tidak diperlukan untuk melindungi diri dari gangguan jin yang perlu adalah cukup ketakwaan dan tingkat kepercayaan/keyakinan yang tinggi pada Allah saja?
        jawaban anda akan menentukan arah penjelasan saya ;)

  5. Salam bu popi, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan hidayahnya pada kita yang selalu berusaha mencari kebenaran, amin.

    Mengenai kemampuan anda saya sebenarnya tidak asing, karena beberapa saudara jauh dan dekan dari ayah-ibu saya pun demikian.
    Selain itu beberapa teman pun ada juga yang mempunyai kemampuan seperti itu (tanpa mempelajari).

    Bagaimana saya menyikapi fenomena tersebut?
    Sejujurnya, saya lebih cenderung menyikapinya (memandang) dari sisi syariat islam.
    Banyak keterangan para ulama yang membahas kemampuan-kemampuan tersebut, baik yang dipelajari maupun yang tidak dipelajari (bawaan).

    Olehkarena itu, jika bu popi kuat keyakinan/argumennya dengan hakikat kemampuan tersebut, maka silahkan dijelaskan baik itu dengan dalil Al-Qur’an, Hadits, Pendapat para ulama, ataupun hasil penelitian sains dan teknologi (tubuh manusia).

    dalam diskusi dan perdebatan justru dari kedua pihak saling menunjukkan data-data valid untuk menguatkan argumentasinya, jika data-data tidak lengkap atau ada tapi disembunyikan maka orang lain yang ikut menyimak sah-sah saja menilai bahwa itu adalah sebuah kebohongan atau lemah jika dipandang dari standar keilmuan.

    Itu saja yang dapat saya sampaikan dari hasil menyimak diskusinya. Sallam…

  6. Polemik tentang TD/TM sepetinya tak akan ada akhirnya. Sebab dua kepercayaan yang berbeda sudah pasti akan mempertahankan pemikiran dan pemahamannya masing-masing. Namun sebagai umat Islam yang seharusnya berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist, Kita dapat meyakinkan sesuatu itu apabila tidak melanggar dari Syari dan akhidah seperti yang termaktub dalam Al-Qur’an tersebut. Sebagai manusia biasa yang ikut terseret dalam polemik ini saya hanya dapat mengomentari polemik ini sesuai dengan keterbatasan saya tentang mana yang syirik antara TD/TM HI dengan Ruqiah. Bagi saya bisa saja salah satunya syirik atau syari. Atau lagi kedua-duanya bisa saja syirik atau syari. Berpulang kepada kita masing-masing untuk menerimanya, Jika sudah jelas bertentangan dari ajaran Islam ya sudah tentu jatuhnya syirik. Kesimpulannya adalah jika HI menggunakan kekuatan jin kafir atau sesat, Ya syirik. Sebaliknya juga begitu, Jika Ruqiah menggunakan mantra dan bukan doa-doa, Ya juga syirik. Pilih mana? Sementara, Tiada kekuatan yang datangnya dari Allah SWT.

    • Saya hanya sedikit menambahkan.

      Ruqyah yg syirik itu jika do’a dan caranya tidak sesuai dengan yg dicontohkan Rasulullah saw. Bagaimana kita mengetahui ruqyah yg tidak syirik? Ya harus merujuk pada hadits-haditsnya.

  7. betul bos… kembali ke niatan dan cara tujuannya… hayo quran untuk petunjuk loh… bukan sekedar cari duit… waspadalah….

  8. kayaknya seru nih…baca komen2nya…boleh ikutan ngak…sy belum paham betul TD/TM, tp pada hakekatnya smua tergantung hati dan pikiran kita…bila jelas melanggar secara syariat agama tinggalkan saja kegiatan itu..kta juga hrs waspada setan adlh musuh yg nyata, dia akan melakukan apapun utk jd pengikutnya..baik dlm ibadah ataupun kesesatan lainnya

    • Bang ipe, cari sumbernya harus ke praktisi… lihat, buktikan, dan coba…. jadi info jelas…. kalo cuma katanya… susah jelasinnya….

  9. Heran ya,tulisan2 perdana ahmad udah ilmiah dan disertai referensi2 bukti2,tapi ada aja orang2 sok pinter menghakimi mas perdana.ya kalau mas perdana ahmad salah,jangan bisanya cuma menghujat,bilang “kamu gak ngertilah,kamu ngawur dll”.tunjukkan argumenmu,kalau main hujat aja mah,semua orang bisa.jangan2 banyak dukun2,ahli sihir,dll yang tersinggung ama tulisan mas perdana,he3.

    • Tulisan PA kelihatan ilmiah, tp terlalu literer, sehingga endingnya bukan kesimpulan keadaan, tp dzon2 (wasangka2). dalm istilah ilmiah, itu baru dalam tingkatan hipotesa..
      ada baiknya PA mengalami sendiri ttg apa yg dituliskannya, sehingga penelitiannya lebih obyektif. hipotesa jangan dianggap sebagai kesimpulan..
      Bicara ttg tenaga dalam, tp tidak memiliki tenaga dalam, bicara ttg ilmu ghaib tanpa memiliki dan mengalami ilmu ghaib, bicara ttg makhluk ghaib tanpa pernah melihat makhluk ghaib, bicara ttg metafisika tanpa mendalami metafisika.. bagaimana bisa disebut ilmiah..
      Bicara tanpa ilmu akan menyesatkan banyak orang.. pandangan boleh berbeda, tp pendalaman ilmu adalah kewajiban..
      bagi para aktifis tenaga dalam dan metafisika, mereka tahu aliran2 yg berbeda, sehingga bisa membedakan mana dukun, mana kyai.. bukan hanya dalam bentuk statement umum, tp mengerti detail2nya..
      org yg mendalami ilmu dhahir akan menganggap ilmu bathin cenderung pada musyrik, sebaliknya org yang sibuk dg ilmu bathin akan memandang aktivis ilmu dhahir cenderung kafir (sulit percaya pada yang ghaib).
      sebaiknya meneliti ajinomoto terlebih dahulu, sebelum menyatakan bahwa produk itu haram atau halal. itu baru namanya obyektif. itu baru namanya ilmiah..
      Kita sering berlaku tidak adil menempatkan hal yg bersifat lahir dan yg bersifat bathin.. kita mempercayai obat2an dari dokter memiliki daya penyembuh, tp kita menganggap air yg dikasih wirid atau doa sebagai musyrik, tidak rasional dan tidak ilmiah.. padahal sebenarnya keduanya sama2 alat atau perantara saja, bukan penyembuh sebenarnya karena sang penyembuh adalah Alloh SWT. egoisme dan rasa takaburlah yg menjadikan ketidakadilan itu terjadi.
      demikian pula sebaliknya..
      memang ada juga para dukun yg sesat, tp ada juga dukun yg tidak sesat seperti dukun pijat, karena dalam bahasa jawa kata dukun tidak mesti peramal. dukun bermakna luas. nyaris semua pengobatan tradisional dikatakan sebagai dukun. kita juga harus bisa memilah.. wallohu a’lam

      • Tulisan PA kelihatan ilmiah, tp terlalu literer, sehingga endingnya bukan kesimpulan keadaan, tp dzon2 (wasangka2). dalm istilah ilmiah, itu baru dalam tingkatan hipotesa..

        tolong jelaskan dibagian mana artikel saya berdasarkan wasangka atau hipotesa saja, sebab andapun dari perkatan anda baru sebatas hipotesa juga dan tidak ada penjabaran lebih lanjut

        ada baiknya PA mengalami sendiri ttg apa yg dituliskannya, sehingga penelitiannya lebih obyektif. hipotesa jangan dianggap sebagai kesimpulan..

        saya sudah menglami sendiri dan saya seorang mantan praktisi tenaga dalam dan ilmu metafisika, maka tulisan saya bisa dong dikatakan obyektif

        Bicara ttg tenaga dalam, tp tidak memiliki tenaga dalam, bicara ttg ilmu ghaib tanpa memiliki dan mengalami ilmu ghaib, bicara ttg makhluk ghaib tanpa pernah melihat makhluk ghaib, bicara ttg metafisika tanpa mendalami metafisika.. bagaimana bisa disebut ilmiah..

        Saya bicara ttg tenaga dalam karena dulu saya memiliki TD, saya bicara ilmu ghoib karena saya juga dulu mendalami ilmu ghoib, sya bicara makhluk ghoib karena dulu saya mempu melihat makhluk ghoib juga, saya bicara metafisika karena saya juga dulu mempelajarinya, maka bisa jika disebut ilmiah

        Kita sering berlaku tidak adil menempatkan hal yg bersifat lahir dan yg bersifat bathin.. kita mempercayai obat2an dari dokter memiliki daya penyembuh, tp kita menganggap air yg dikasih wirid atau doa sebagai musyrik, tidak rasional dan tidak ilmiah.. padahal sebenarnya keduanya sama2 alat atau perantara saja, bukan penyembuh sebenarnya karena sang penyembuh adalah Alloh SWT. egoisme dan rasa takaburlah yg menjadikan ketidakadilan itu terjadi

        siapa yang mengatakan air yang dikasih wirid itu musyrik, bahkan ada banyak tuntunan rasulullah yang meruqyah air untuk pnymbuhan, adapun jika mengasih wirid dan doa yang berisi unsur syirik maka wajar disebut musyrik

        memang ada juga para dukun yg sesat, tp ada juga dukun yg tidak sesat seperti dukun pijat, karena dalam bahasa jawa kata dukun tidak mesti peramal. dukun bermakna luas. nyaris semua pengobatan tradisional dikatakan sebagai dukun. kita juga harus bisa memilah..

        setuju, dukun beranak dan dukun pijat belum tentu sesat, namun jika dukun yang menjual jimat, mengisi ilmu kesaktian dll sangat wajar disebut sesat

  10. Pertama, saya mau tegaskan bahwa kekuatan Allah SWT tak tertandingi. Setuju atau tdk, kembali lagi pada diri anda semua.

    Berikut, saya ingin menanyakan kepada yg katanya bisa melihat jin dsb.
    Gini, sejak waktu masih kecil saya juga mengalami berbagai sensasi itu. Perlahan saya makin tdk mengerti dgn ‘kekuatan’ yg secara spontan saya dapatkan, bisa mngobati org kerasukan, berjalan melintasi dimensi lain dsb. Khusus yg gak mau dpnggil mbak, Apakah hal tsb sama dgn yg anda alami?
    Jika iya, hahaha sadarlah mbak eh nek, syaithon sudah bgitu lama memperdayai nenek.
    Masalah makanan? Hal yg sama sy juga geluti, lebih parah lagi saya vegetarian 1000 percent (skrg gak lagi).
    Maaf karena video, gmbar dsb tdk ada. Ini hanya pngalaman pribadi yg tdk prnah didokumentasikan. Heee.
    Jadi gini mbak eh nek, skrg sy taubat. Lillahi-ta’ala… Setelah melalui bnyak kejadian2 luar biasa, yg sumbernya sndiri sy tdk tahu, saya tersntak utk brfikir bahwa jin yg selama ini menemani sy bukan malaikat Djibril. Lebih fatal lagi kadang bila hendak mnggunakan TD, tdk sungkan meminta bantuan trhdp sesuatu yg pada akhirnya akan merugikan saya. Naudzubillah.
    Sekarang saya hanya bisa menertewakan masa lalu. Gak mngkin saya menangisi masa terbodoh itu kan. Heee
    Saran saya, meski anda masih trlihat muda, namun tetap saja anda akan ditemui oleh Al-Maut. Makanya taubatlah.
    Sejujurnya special tuk edisi ini, banyak yg ingin sy smpaikan, cuma lain kali ajja the.

    Tuk penulis, lain kali saya ingin posting pengakuan dari saya, mulai dari awal hingga pertaubatan serta kondisi saat ini. Demi dakwah. Moga berkenan memuatnya.
    Teruslah menulis, subhanallah.
    Wassalam

    • Salam buat mas “tertawa” riwayat hidup saya mungkin mirip. saya mualaf, dan pintu masuk saya ke dalam Islam adalah “pintu” kebatinan yang menurut saya dulu benar (islam kejawen). dulu sering disantet krn hal tsb (pindah agama), dan saya mencari perlindungan yag tidak tepat (ilm u metafisik) . alhamdulillah sekarang tobat, walau gak tau tobat saya diterima ngga . menyesal menjalani dosa yg tak terampunkan.
      Mnrt saya berlindung HANYA kpd Allah SWT aakan membuat kita jadi pemenang, mau mati,disantet, kere, dipuklin sampe bonyok (krn gak bisa mentalin msush) dll asal kita bertauhid Insya Allah kita tetap pemenang.
      Doakan Mas supaya saya tetap istikomah

      • Makasih banyak mas AmongRaga, salam balik…
        Sungguh beruntung mas memilih Islam sebagai tujuan hidup. Saya dan saudara Muslim yg lain pasti sangat berharap kita semua diteguhkan hatinya oleh ALLAH SWT agar tetap dalam Islam yang benar, yakni teguh menjalankan Sunnatullah dan Sunnah Rasulullah. Amin…

        Sebelumnya saya minta maaf, karena belum sempat menguraikanproses perjalanan panjang saya dalam kesesatan kala itu. Tapi Insya’ ALLAH akan saya buat di kolom sebelah, kebetulan tuan rumah sudah menyiapkan kolom pengakuan jilid II.

        Mas AmongRaga yg baik, jangan menyerah untuk mencari Ridha dan Rahmat ALLAH. Jangan ragu terhadap ampunan-Nya. Jika sekali waktu timbul keraguan dan rasa was-was dalam benak kita, percayalah bahwa syaithan sedang menjalankan muslihatnya dalam mempengaruhi dan menjebak kita. Lha koq malah ceramah nech. Hheee

      • Sebelumnya saya minta maaf, karena belum sempat menguraikanproses perjalanan panjang saya dalam kesesatan kala itu. Tapi Insya’ ALLAH akan saya buat di kolom sebelah, kebetulan tuan rumah sudah menyiapkan kolom pengakuan jilid II.

        masya Allah mas “mentertaai masa itu” saya menunggu ibroh yang akan mas kisahkan, semoga Allah memberikan kekuatan, kesempatan dan keikhlasan pada anda Untuk menuliskan kisah anda yang akan menjadi pelajaran buat umat ISlam, semoga Amal ibadah anda diterima Allah untuk menjadi bekal diakhirat kelak

      • @ Among
        Amin.

        @ Mentertawai & Syifa Safa

        Terimalah senyum manis saya yang hanya bisa diwakilkan dengan simbol :)

        Salam kenal semuanya.

  11. Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wa ni’mannasir

    “cukuplah Allah sebagai penolongku dan DIA adalah sebaik2nya penolong”

  12. jika seseorang tela memiliki ketauidan yg kuat….tanpa belajar TD/TM….segala macam gangguan jin dan manusia akan sirna baik itu santet,dll…sirna dlm arti Allah akan melindunginya

  13. “jika seseorang telah memiliki ketauhidan yg kuat….tanpa belajar TD/TM….segala macam gangguan jin dan manusia akan sirna baik itu santet,dll…sirna dlm arti Allah akan melindunginya.”
    1. bagaimana kita mengetahui bahwa kita memiliki ketauhidan yang kuat?
    2. bagaimana kalau gangguan itu diberikan sebagai bentuk ujian atau cobaan Allah?
    3. bagaimana cara menanggulanginya?
    4.bagaimana mengetahui cara penanggulangannya sebagai bentuk pertolongan Allah atau bukan?
    Bagaimana kira2 penjelasannya dan terima kasih bagi yang mau memberikan tanggapannya.

    • Saya akan coba berikan sedikit informasi dari yg diketahui.

      1. Kita harus tahu dulu apa itu ketauhidan, lalu mengaplikasikannya. (jawaban singkat)

      2. Menerimanya dengan ikhlas

      3. Terkait dengan gangguan syetan dari golongan jin dan manusia tentu dengan cara-cara yg syar’i (benar menurut syariat islam). Misal gangguan maling dirumah, maka kita perbaiki sistem keamanan dan faktor lain yg sekiranya dapat mengantisipasi gangguan tersebut. Berikutnya gangguan jin seperti sihir, maka contoh cara-cara Rasulullah, diantaranya dengan doa-doa perlindungan (ruqyah), makanan (membiasakan makan kurma 3 butir setiap hari), dll (sesuai tuntunannya).

      4. Kalau yang kita lakukan sudah sesuai tuntunan Rasulullah, tentunya Allah ridho, dan berarti itu pertolongan Allah.

  14. Alhamdulillah
    pertanyaan2 saya diatas karena saya membaca pernyataan : “jika seseorang telah memiliki ketauhidan yg kuat….tanpa belajar TD/TM….segala macam gangguan jin dan manusia akan sirna baik itu santet,dll…sirna dlm arti Allah akan melindunginya.”

    Saya tidak menyalahkan pernyataan ini,karena memang tanpa perlu latihan td atau tm asalkan Allah berkehendak pada mahluknya maka hal itu tidak perlu lagi dibahas tapi kita juga tidak bisa menyalahkan orang yang melakukan cara atau metode lain selain ruqyah. walaupun mungkin tidak diajarkan oleh Rasul penggunaannya akan tetapi apabila tidak bertentangan dengan hukum syar’i dan Allah mengizinkan serta meridhoinya kan tidak apa2.
    Saya percaya apapun yang kita perbuat dan itu terlaksana berarti Allah menizinkan akan tetapi kita tidak mengetahui apakah Allah ridho atau tidaknya sebelum kita bisa menilai makna dari hasil perbuatan kita.

  15. permisi saya heran knp ko jd ga bahas masalah tenaga dalam lagi yah???

    jadi sebenarnya tenaga dalam gg ada???

    hmmmm
    kecewa……………..

  16. Buat mas Perdana Akhmad S.Psi
    Mas sebenarnya alam semesta terdiri dari milyaran galaksi, dan galaksi bima sakti hanya salah satunya,di galaksi bima sakti ada milyaran bintang dan matahari salah satunya, di matahari ada bumi di dalam bumi itu kita tinggal jadi betapa kecilnya kita….
    Saya cuma mau berpendapat:
    1. ilmu ALLAH SWT amatlah banyak mas tapi kita hanya mengetahui beberapa kecil saja…..
    Saya cuma berpendapat ALLAH SWT mungkin sudah mengijinkan kita untuk mengetahui tanaga dalam, maka tanpa ijin dari ALLAH SWT maka tidak mungkin manusia mengetahui masalah tenaga dalam ini…..
    Saya masih yakin dengan karomah, ini bisa dibukikan 9 wali songo bisa mengislamkan indonesia, bagaimana mungkin budaya zaman majapahit bisa berubah menjadi Islam
    Saya dulu tidak suka namanya dengan tenaga dalam cuma Saya tertarik dikarenakan Ibu Kandung Saya terkena santet dan hingga sekarang dia masih sakit maaf ( Sakitnya tidak saya sebutkan) cuma Saya pernah berusaha mengrukiyah Ibu Saya tapi ibu saya tidak SEMBUH…pokoknya entah setelah itu atau sebelum itu Saya berkenalan seorang yang bisa menyembuhkan penyakit(alternatif) nah Dia mau mengajari Saya tenaga dalam …..Jadi memang niat Saya adalah berusaha memperoleh Karomah (seperti yang dibilang pembimbing Saya) guna bisa mengobati Ibu Saya…..Jadi yang mau Saya tanyakan disini apa yang BISA mengobati IBU Saya sedangkan rukyah Saja gak berhasil mengobati Ibu Saya….
    2. Saya pernah bertanya kepada Seorang Guru Ustadz mengenai sebuah pertanyaan gini ceritanya mas….Pak Ustadz Saya cuma mau nanya Saya orang Islam dan tolong diberitahukan kalau Saya salah Saya ada tahu mengenai perjanjian manusia dengan ALLAH SWT sebelum ruh manusia dimasukkan ke dalam rahim…Saya sempat bertanya mengapa ALLAH SWT tidak memasukkan semua ruh tersebut ke dalam rahim wanita muslimah Saja sebab apabila dimasukkan kedalam rahim wanita non muslim maka sebagian besar mereka akan melakukan tindakan yang dilarang Agama Islam contoh memakan yang diharamkan dalam Islam dan bukti sudah banyak Sudah banyak manusia di dunia ini meninggal tidak sebagai orang muslim ini dibuktikan dengan banyaknya kuburan non muslim di dunia ini…tujuan memasukkan ruh kedalam rahim wanita muslim agar orang tersebut meninggal dalam keadaan Islam….Sebab ALLAH SWT memerintahkan manusia melakukan yang baik dan menjauhi yang dilarang oleh ALLAH SWT….sebab Saya Kasihan aja nengok orang non muslim pas matinya ..sebab kalau mereka masuk Islam setidaknya mereka sudah diajmin Surga oleh ALLAH SWT itu menurut pendapat Saya sebab udah milyaran kuburan non muslim di muka bumi ini Jadi udah banyak yg meninggal tidak secara Islam jadi maksud Saya Dikarenakan ALLAH SWT maha tahu maka kenapa pas perjanjian ruh masuk tersebut bagusnya langsung masuk kerahim wanita muslimah….gitu pertanyaannya…. nah Saya mendapat jawaban yang agak Saya terima 3 tahun setelahnya….dari seorang guru ngaji…Bahwa manusia tuh tidak tahu pas seluruh manusia mati baik muslim atau non muslim apakah mereka mati secara Islam atau tidak bisa jadi yang non Muslim Mati dengan membaca Syahadat…sebab hanya ALLAH lah yang tahu mengenai matinya Manusia tersebut…..
    3. Jadi kesimpulannya Mas
    a. Kita tuh gak tahu rahasia ALLAH SWT….jadi benar tidaknya sesuatu itu hanya ALLAH SWT lah yang tahu…jadi kalau boleh Saya Sarankan…kita tuh kecil pengetahuan kita terbatas jadi jangan lah menghukum sesuatu hanya dari beberapa pengalaman Saja Mas….
    b. Menyakiti hati (perasaan) seseorang itu tidaklah bagus mas….Mas melukai hati ribuan orang yang belajar tenaga dalam termasuk Saya….kalu Saya gak salah dengar pernah seseorang berkata kepada Saya janganlah kamu menyakiti hati orang….sebab dosanya itu sangatlah besar….
    c.Kita ini manusia makhluk yang tidak lebih besar dari sebutir pasir dimata ALLAH SWT ini dapat disimpulakan dari sakit Ibu Saya dari medis beliau tidak sembuh22 dari rukyah juga tidak….kata guru pembimbing tenaga dalam Saya bilang diapun tidak bisa……jadi mungkin ada rahasia ALLAH SWT yang akan diberikan untuk mengobati Ibu Saya
    d. AL QURAN sebagai pedoman kita baru sedikit yg kita gali contoh arti ALIIIF LAAAMM MIIIN saja kita belum dikasih tahu rahasianya….dan mungkin bahasa arab terjemahan itu mungkin saja penafsiran umat islam saat ini entah ada juga terjemahan dari bahasa arab itu sendiri nantinya ratusan ribu tahun lagi…karena terbatas kita saja contoh NUR berarti cahaya kalau menurut Saya itu mungkin penafsiran kita sekarang aja dengan mentranslate dari bahasa arab saja entah ribuan tahun lagi ada penafsiran lain dari nur mungkin (rahasia jalan kelangit ketujuh, atau rahasia obat HIV (AIDS) atau rahasia alat transportasi menuju galaksi yang lainnya dsb) itu sebab kita hanya memiliki kemampuan terbatas dari penafsiran ALQURAN sendir contoh lain Saya pernah membaca di ALQURAN tentang penciptaan manusia ( maaf tolong dibenarkan kalau Saya salah) Saya sempat membaca manusia tercipta dari segumpal darah, daging dan tulang (ludgah,dsb kalau Saya gak salah) nah itu terjemahan manusia dulu kalau kita terjemahkan sekarang kan bisa DNA,sel darah atau yang lainnya, mungkin kalo ribuan tahun lain bila ALLAH SWT mengijinkan maka mungkin itu bisa diartikan (maaf pengartian ini menurut Saya dalam bahas arab) bukan DNA lagi mungkin unsur2 terkecil dari DNA itusendiri…
    e. dari kasus ke 2 maaf Mas jadi yang Maha Tahu yang benar atau tidak antara mas yang tidak memakai tenaga dalam dengan yang belajar tenaga dalam hanyalah ALLAH SWT….jadi mas tidak bisa menjudge yg belajar tenaga dalam tuh dosa yang bisa menjudge hanyalah ALLAH SWT…bisa jadi pas belajar tenaga dalam dia mendapat hidayah mengucap dua kalimah syahadatau atau yang belajar tenaga dalam mati Syahid kan hanya ALAH SWT yang menentukan bisa jadi mas yang gembar-gembor ini dengan blog nya diuji ALLAH SWT malah tidak mampu…misal mas dipanggil ALLAH SWT dalam keadaan mabuk, atau dalam keadaan tidak islam (Audzubillahimindzalikk…)
    SEKALI LAGI SAYA HANYA BERMAKSUD MENGINGATKAN MUNGKIN SAYA YANG AWAM INI BANYAK SALAHNYA DARI TULISAN INI SAYA MOHON BERIBU-RIBU MAAF DARI ANDA SEMUA DAN SAYA TIDAK ADA BERMAKSUD MENJELEKKAN PIHAK MANAPUN MINAL ADIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN…

    • Saya cuma berpendapat ALLAH SWT mungkin sudah mengijinkan kita untuk mengetahui tanaga dalam, maka tanpa ijin dari ALLAH SWT maka tidak mungkin manusia mengetahui masalah tenaga dalam ini…..Saya masih yakin dengan karomah, ini bisa dibukikan 9 wali songo bisa mengislamkan indonesia, bagaimana mungkin budaya zaman majapahit bisa berubah menjadi Islam

      sayapun percaya karomah, namun karomah tidak sama dengan tenaga dalam, lihat penjelasannya di http://metafisis.wordpress.com/2010/06/07/mengintip-karomah-para-wali/ dan di http://metafisis.wordpress.com/2009/12/02/beda-mujizat-karamah-dengan-sihir/

      Ibu Kandung Saya terkena santet dan hingga sekarang dia masih sakit maaf ( Sakitnya tidak saya sebutkan) cuma Saya pernah berusaha mengrukiyah Ibu Saya tapi ibu saya tidak SEMBUH…pokoknya entah setelah itu atau sebelum itu Saya berkenalan seorang yang bisa menyembuhkan penyakit(alternatif) nah Dia mau mengajari Saya tenaga dalam …..Jadi memang niat Saya adalah berusaha memperoleh Karomah (seperti yang dibilang pembimbing Saya) guna bisa mengobati Ibu Saya…..Jadi yang mau Saya tanyakan disini apa yang BISA mengobati IBU Saya sedangkan rukyah Saja gak berhasil mengobati Ibu Saya….

      maaf saudaraku, mohon anda menjelaskan tata cara anda dalam meruqyah ibu anda, mari kita kaji bersama apakah ruqyah anda sudah benar atau ada salahnya :) , jika ruqyah anda tidak syar’i maka kesembuhan tidak akan terjadi

      Kita tuh gak tahu rahasia ALLAH SWT….jadi benar tidaknya sesuatu itu hanya ALLAH SWT lah yang tahu…jadi kalau boleh Saya Sarankan…kita tuh kecil pengetahuan kita terbatas jadi jangan lah menghukum sesuatu hanya dari beberapa pengalaman Saja Mas….
      b. Menyakiti hati (perasaan) seseorang itu tidaklah bagus mas….Mas melukai hati ribuan orang yang belajar tenaga dalam termasuk Saya….kalu Saya gak salah dengar pernah seseorang berkata kepada Saya janganlah kamu menyakiti hati orang….sebab dosanya itu sangatlah besar….

      wahai saudaraku, saya membuat artikel bukan untuk membuat sakit hati ribuan orang yang belajar tenaga dalam , melainkan mengajak mereka bertaubat, orang yang belajar tenaga dalam belum tentu dia akan masuk neraka dan belum tentu mereka juga akan masuk syurga, sesungguhnya amalan akhir mereka yang menentukannya.

      dari seorang guru ngaji…Bahwa manusia tuh tidak tahu pas seluruh manusia mati baik muslim atau non muslim apakah mereka mati secara Islam atau tidak bisa jadi yang non Muslim Mati dengan membaca Syahadat…sebab hanya ALLAH lah yang tahu mengenai matinya Manusia tersebut…..

      bahkan rasulullah mengatakan “Aku tidak disuruh untuk meneliti isi hati manusia dan membelah dada mereka.”(HR.Bukhari) rasulpun tidak tahu isi hati manusia. ada banyak muslim yang menyembunyikan keislaman mereka,insya Allah jika mereka bertahuid maka akan masuk syurga

      dari kasus ke 2 maaf Mas jadi yang Maha Tahu yang benar atau tidak antara mas yang tidak memakai tenaga dalam dengan yang belajar tenaga dalam hanyalah ALLAH SWT….jadi mas tidak bisa menjudge yg belajar tenaga dalam tuh dosa yang bisa menjudge hanyalah ALLAH SWT…

      apa jadinya jika umat manusia tidak boleh menjudge suatu kesalahan, orang akan bebas berbuat sekehendak hatinya, bisa saja seorang pemabuk mengatakan ” anda tidak bisa menjudge saya berdosa, yang bisa menjudge hanya Allah SWT”
      para nabi dan rasul banyak menjudge umatnya, para ulama mengeluarkan fatwa untuk menjudge kelompok atau golongan yag berbuat salah?bahkan seorng anak kecil bisa menjudge temannya yang berbuat salah. Menjudge itu halal saudaku asal disertai dalil, data dan fakta yang jelas.

      Andapun tanpa sadar telah menjudge saya telah berbuat salah karena membuat artikel tentang kesesatan tenaga dalam, apa jadinya jika saya katakan “anda tidak bisa menjudge saya telah berbuat salah menulis artikel yang membongkar kesesatan tenaga dalam, sebab yang berhak menjudge saya hanya Allah” :) ;)

      • “wahai saudaraku, saya membuat artikel bukan untuk membuat sakit hati ribuan orang yang belajar tenaga dalam , melainkan mengajak mereka bertaubat, orang yang belajar tenaga dalam belum tentu dia akan masuk neraka dan belum tentu mereka juga akan masuk syurga, sesungguhnya amalan akhir mereka yang menentukannya. ”

        Anda sudah merasa benar karena anda menyuruh bertaubat berarti orang yang belajar tenaga dalam adalah sesat sedangkan perintah melarang belajar tenaga dalam tidak ada didalam Alqur’an dan hadits, maaf Anda bukan tuhan mas…menyuruh orang bertaubat.

        “anda tidak bisa menjudge saya telah berbuat salah menulis artikel yang membongkar kesesatan tenaga dalam, sebab yang berhak menjudge saya hanya Allah” :) ;)

        Saya tidak bisa menjudge anda salah, sebab benar tidaknya Anda tetaplah ALLAH SWT yang menentukan, maaf kasus disini Anda yang jual ya Saya cuma komentari..andalah yang membuka kasus membilang yang belajar tenaga dalam sesat dan bertaubat….

        bisa saja seorang pemabuk mengatakan ” anda tidak bisa menjudge saya berdosa, yang bisa menjudge hanya Allah SWT”

        Maaf anda mengambi perumpamaan yang belajar tenaga dalam dengan pemabuk itu tidak sama mas,sebab pemabuk adalah orang yang meminum minuman yang diharamkan oleh ALLAH SWT dan itu jelas-jelas pelarangannya didalam Al Quran, sedangkan fatwa haram belajar tenaga dalam tidak ada pelarangan didalam Alqur’an Mas….kecuali belajar ilmu hitam dengan memohon bantuan syetan…sedangkan didaam peatihan tenaga dalam disertai dengan mengingat ALLAH SWT…oya mas mungkin tenaga dalam ini adalah rahasia ALLAH SWT yang terdapat didalam Al Qur’an untuk kepentingan yang lain…imu Saya memang rendah mas, mungkin imu mas lebih tinggi sehingga rahasia2 yang terdapat di dalam AL QUR’AN sudah anda pecahkan…..

        para nabi dan rasul banyak menjudge umatnya, para ulama mengeluarkan fatwa untuk menjudge kelompok atau golongan yag berbuat salah?bahkan seorng anak kecil bisa menjudge temannya yang berbuat salah. Menjudge itu halal saudaku asal disertai dalil, data dan fakta yang jelas.

        tolong beritahu Saya dali2 yang melarang tenaga dalam
        kalau Kami yang belajar tenaga dalam ini salah,sedangkan Saya punya penyakit yang dengan olah nafas ini penyakit Saya tersebut agak berkurang

        terima kasih untuk rukyah ibu saya….tetapi waktu proses rukyah Saya cuma mengikuti perintah si peruqyah…oya Saya pernah dengar bahwa rukyah tersebut ada yang menyatakan bid’ah………….WALAHUALAM tami Saya uccapka terima kasih mas….

  17. Yang dihadapi pendekar yellow bamboo bukan petarung jalanan. Walaupun mereka tidak setenar ataupun sehebat rickson dan royce, mereka adalah petarung2 brazilian jujitsu (dulu disebut gracie jujitsu) yg diciptakan oleh mitsuyo maeda (conde coma), seorg top judo fighter n praktisi jujitsu. Aliran jujitsu ini memiliki sejarah yg panjang dlm pertarungan dgn beladiri lain spt gulat, karate, thai boxing, judo, tinju hingga capoeira dan petarung jalanan.

    • terimkasih infonya :) erguruan yellow bambo/bambu kuning yang saya tahu adalah perguruan tenaga dalam dari bali, namun jika petarung jalanan yang membuktikan bahwa pukulan tenaga dalam jarak jauh hanya hoax tersebut ahli beladiri (brazilian jujitsu) maka akan saya ubah tulisan tersebut. sekali lagi saya ucapkan terimakasih

  18. salam saudara ku bapak perdana ahmad,, diatas disebutkan anda pernah mempelajari tenaga dalam (“saya sudah menglami sendiri dan saya seorang mantan praktisi tenaga dalam dan ilmu metafisika, maka tulisan saya bisa dong dikatakan obyektif”) dan jg memiliki tenaga dalam (“Saya bicara ttg tenaga dalam karena dulu saya memiliki TD, saya bicara ilmu ghoib karena saya juga dulu mendalami ilmu ghoib, sya bicara makhluk ghoib karena dulu saya mempu melihat makhluk ghoib juga, saya bicara metafisika karena saya juga dulu mempelajarinya, maka bisa jika disebut ilmiah”)
    brarti anda membenarkan ada nya tenaga dalam dan tenaga metafisik kan?
    apabila anda menyatakan TD atau TM musryik,, saya ingin bertanya kepada siapa anda dulu berguru??

  19. wah banyak yg pro kont yah,
    hha..
    jujur aja saya juga belajar TD tp baru 2 taun
    tapi di perguruan saya ada pakem nya atau aturan menggunakan nya
    salah satunya tidak bole dipakai takabur dan hanya dipakai bila mendesak .
    dan peraturan itu saya jalankan
    saya hanya pernah 1 kali pakai tenaga dalam saat saya ditodong 2 orang anggota geng motor di wilayah pasopati bandung jam 11 malam saat pulang ngerjain tugas kuliah
    saya ditodong pake pisau ya spontan aja langsung ngejurus
    orang yang megang pisau itu mengeluarkan darah dari hidung,mulut dan langsung jatuh kejang2
    kalo temenya langsung ngebut ketakutan
    ya alhamdulilah aja ada hasil jg saya latihan
    sebelumnya maaf memang banyak pro kont tentang TD
    pernyataan ini saya buat sejujurnya dan bisa di konfirmasi atau dicari beritanya

  20. Wah makin seru aj nih,

    @perdana: no probs

    @akang:

    Wkt ngejurus, Akang smpt ada kontak fisik (nangkis/mukul/nampar/dorong dll) sama anak
    Geng itu ga?

  21. saya menantang bapak perdana untuk diskusi ilmiah tentang jin di depan forum bebas…siapkan dalil Qur’an & Hadits shahihnya beserta sanadnya.tolong kabari saya di bocah36@yahoo.com
    Saya melihat telah terjadi kesesatan besar pada para penuntut ilmu tentang dunia jin & ruqyah selama ini. Mohon ditanggapi dengan baik ya,salam

  22. Assalamualaikum..

    Maaf kebetulan saya lagi surfing menemukan artikel2 ini, saya lihat di situs ini banyak berdiskusi tentang tenaga dalam dan metafisika, saya sih awam tentang hal ini.
    Saya baca posting anda, saya pikir opini-opini anda bersifat mem-provokasi, dari komentar2 banyak menyinggung tentang seseorang yang bernama KD, saya jadi ingin tau tentang orang ini dan ingin bertemu dengan beliau dan juga anda (Bapak Perdana Akhmad).
    Sebaiknya kita melihat dari dua sisi yang berbeda,
    menurutku sebaiknya Bapak Perdana Akhmad langsung bertemu langsung dengan Bapak KD beserta saksi2 dari kedua belah pihak dan mengkarifikasi semua yang di tuduhkan, menurutku juga tidak perlu gembar-gembor tentang sesuatu hal yang belum jelas permasalahanya dan mengajak orang untuk mengetahui yang anda ketahui dari sisi anda saja, sebaiknya anda berdua bertemu dan mengkalarifikasi semuanya.

    Sekian dari saya, terimakasih..
    Wassalamualaikum…

  23. Mas PA pintter banget ya…..
    kok ada orang sepinter mas PA ya….
    aku baru tau sekarang orang yang puinter bgt….
    gak ada duanya deh…
    temen-temen kalau tidak pandai ber-argumen nyerah deh sama mas PA..
    cukup dibatin aja.. toh allah yang maha tahu.. kalah di Blog belum tentu kalah di sisi allah lo…
    mas PA tau semuanya.., jadi semuanya kayak sudah keliatan jelas bagi mas PA…
    semua pasti kalah deh..
    hemmm..hemmmm…

  24. semua pada compong …..yg meneliti ya yang kalah dong ????? mengapa kok bisasanya ilmunya berfungsi kok waktu tarung itu kalah ???? tidak berfungsi atau tidak difungsikan oleh lawan misteriusnya ???? hanya yg mengerti tenaga dalam ajalah yg mampu mempermainkan tenaga dalam…heheheheh salam buat yg lagi apes… slamat belajar dan belajar lagi….

  25. Salam untuk mas PA

    Setiap orang punya pemikiran, dan pemikiran itu dipengaruhi kepercayaan masing-masing pribadi.
    Kuat atau lemahnya keimanan atas kepercayaan tergantung mental dan pengetahuan orangnya itu sendiri. Mental dan pengetahuan didapat dari pengalaman, setiap orang pasti punya pengalaman yang berbeda.

    Dengan penuh rasa homat saya ucapkan terima kasih buat mas AP menampilkan halaman ini sehingga menjadi wacana buat kami yang awam.

    Tentang perbedebatan di atas saya nilai sesuatu yang sia-sia dan terkesan melenceng dari topik artikel, sampai melibatkan unsur kepentingan kelompok yang berbeda (dalam hal ini HI dan KD) segala.

    Untuk mas AP maaf sebelumnya saya ingin mengkritik anda dengan logika saya sendiri. Artikel ini hanya menampilkan pembuktian ilmiah tentang kegagalan praktek tm/td saja, bukan pembuktian yang mengarah kepada kepercayaan.
    Pertanyaan saya:
    Mengapa anda membiarkan perdebatan terjadi bahkan anda juga ikut terlibat, padahal sudah melenceng dari artikel?
    Apakah kalian tidak malu dengan kami yang awam?

    Saran saya sebaiknya sebagai umat manusia kita saling menjaga kedamaian. Damai itu indah lho mas AP, dan saya yakin setiap kepercayaan yang baik pasti mengajarkan perdamaian.

    Sekian dan salam

  26. ha..ha…ha….kalo sudah bicara aqidah…lakum dinukum waliyadin…
    salam sejahtera untuk …mas PA…tak sabar untuk koment….
    itu vidio master-master goblok,tolol,dodol,stupid dan dungu….mau buktikan kehebatan tenaga dalam…???silahkan datang langsung ke perguruan kami”SUNAN GUNUNG JATI”di jalan Busirih Ujung Timika Papua…bisa di tes/di uji,Boleh bertarung bebas untuk membuktikan kehebatan tenaga dalam dengan persyaratan tanpa pengaman body protector tanpa wasit sampai KO,resiko di tanggung sendiri,Kalo saya tidak patahkan tulang-tulang dan ku remukkan kedua rusukmu….jangan bilang kalau tenaga dalam itu palsu..kami menunggu kedatangan anda Mas PA..siapa yang tidak marah..kalau anda mengantakan tenaga dalam itu palsu…semut saja kalau di usik pasti marah.Buktikan……jangan hanya ngomong doang…
    salam sejahtera untukmu….mas PA…

  27. Bismillah..allahu akbar demi Allah Zat yang maha kuat…anda mau bukti ilmiah tenaga dalam…saya ada buktinya…dan saksi yang kuat.maaf tenaga dalam kami tidak bisa di pertontonkan tetapi bisa di buktikan kebenarannya
    1.Pada bulan januari tahun 2004 malam jumat sekitar jam 11 malam tepatnya di jalan perintis timika papua.kami ada 9 orang sedang berlatih tenaga dalam waktu itu aku sendiri adalah pelatihnya.Kebiasan kami sebelum latihan kami selalu mengadakan istigosah,tanpa di sadari ternyata ada pihak nasrani yang selalu memantau aktifitas latihan kami.tepat jam 11 malam kaum nasrani berjumlah sekitar 500 orang dengan perlengkapan tempur lengkap dengan pedang, panah,busur,tombak,batu,kayu dll di pempin oleh seorang PENDETA dari suku PANIA.mereka adalah salah satu suku yang sangat extrem dalam perang suku di Papua.Mereka mengklaim kami adalah pasukan jihad dari ambon masuk ke timika.dengan dasar itu mereka menyerang kami,kami terkepung,Saya hanya berdo’a ya Allah kalau memang ini adalah ajal kami maka matikanlah kami dalam keadaan yang syahid.Kemudia kami bertempur tanpa memakai senjata apapun hanya bekal doa iman dan taqwa kami maju berperang.saya berada paling depan dan membongkar blokade mereka hingga kocar-kocir semuanya,panah,tombak dan lain2 tidak ada sedikitpun yang terkena kami.sekitar 1 jam peperangan berlangsung maka datanglah bantuan dari aparat keamanan setempat di pimpin oleh bapak kapolsek Mimika Baru yang bernama BAPAK YANCE IKOMOU beliau adalah kapolsek Mimika Baru.Syukur alhamdulillah kami semua selamat.Kalo anda pikirkan mustahil kami yang jumlahnya hanya 9 orang bisa selamat dari masa yang jumlahnya sekitar 500 orang malah membuat musuh kocar-kacir.tidak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendaki.Kemudian esok harinya kami menyelesaikan masalah ini di polsek mimika baru dan ini tidak di publikasikan karena menyangkut masalah agama.Silahkan anda mengecek kebenarannya langsung di POLSEK MIMIKA BARU jl.Baru Timika Papua.
    Semoga Allah Mengampunimu…ALLAHU AKBAR…

    • @sunan gunung jati al karomah,

      wah ceritanya seru yah mas, dan alhamdulillah anda dan rekan2 tidak apa2.

      seperti yg anda lihat, ada pengunjung yg tdk percaya dgn tenaga dalam. Tidak percaya bukan berarti menantang lho mas, maksudnya begini… praktisi tenaga dalam hendaklah membuktikan teori dan prakteknya dpt dibuktikan dengan ilmu pengetahuan yang ilmiah, pembuktian/pengujian tsb bukanlah hal negatif untuk pamer/mempertontonkan tenaga dalam. Disana ada tim penelitinya lho mas..!

      Bagaimana?

  28. bagaimana bisa tim peneliti meneliti tenaga dalam kalau tim penelitinya saja tidak mengerti hukum tenaga dalam.Saya lebih mengerti tentang tenaga dalam dari pada kalian..saya juga bisa jelaskan mengapa orang bisa terpental dalam lingkungan perguruan dan kenapa yg ada di luar perguruan ada yg tidak bisa terpental.dan saya tahu sesungguhnya apa yang terjadi…dan saya bisa membongkar semua rahasia ilmu tenaga dalam,ilmu hipnotis,ilmu kebal,sihir,tenun,teluh,santet,ilmu trawang,ilmu melihat jin,dan semua ilmu yang aneh-aneh.dan saya tahu kenapa bisa terjadi seperti itu….dan saya bisa bedakan yang mana ilmu putih dan mana ilmu hitam…tapi untuk apa arti dari semua ini.bagi saya yang mau percaya ya…silahkan….kalau nggak percaya ya…silahkan….tapi kalau memang ngotot ingin bukti secara ilmiah coba anda teliti dulu mengapa manusia hidup kok bisa mati…ini ada hubungannya dengan tenaga dalam dan ini logis/masuk akal…..?

    • @sunan gunung jati al karomah,

      Salam kenal dan salam
      hangat buat mas Sunan.

      pernyataan anda :
      ”bagaimana bisa tim peneliti meneliti tenaga dalam kalau tim penelitinya saja tidak mengerti hukum tenaga dalam.”

      Pertanyaannya :
      Maaf mas, apakah anda dpt menjelaskan ini :
      1. Jenis Energi Apakah Tenaga Dalam?
      2. Sumber/bagaimana cara Produksi Energi tsb?
      3. Energi itu satuannya apa?
      4. Cara mendeteksi/mengukur energi tsb?
      5. Efek sampingnya apa? Bagi yg melatih dan tidak melatih?

      Pernyataan anda :
      ”saya juga bisa jelaskan mengapa orang bisa terpental dalam lingkungan perguruan dan kenapa yg ada di luar perguruan ada yg tidak bisa terpental. dan saya tahu sesungguhnya apa yang terjadi…”

      Pertanyaannya :
      Coba mas jelaskan lebih lanjut, sebab klaim ini sering kami dpt, tapi penjelasannya tidak ilmiah.

      Pernyataan anda :
      ”tapi kalau memang ngotot ingin bukti secara ilmiah coba anda teliti dulu mengapa manusia hidup kok bisa mati…ini ada hubungannya dengan tenaga dalam dan ini logis/masuk akal…..?”

      Pertanyaannya :
      Masalah kematian dapat dijelaskan dari sudut pandang agama dan ilmu kedokteran, tapi jika dihubungkan tenaga dalam, sy ga punya pengetahuannya, Bisa mas Sunan menjelaskannya kepada sy yg bodoh ini?

      @Mas Sunan Rupanya Pelatih dan mahir tenaga dalamnya/td dan mas Sunan memahami ilmu agama Kita fokus ke td dulu yah. Ilmu yang lainnya menyusul.. Jika anda berkenan tolong anda jelaskan tenaga dalam dari sisi ilmu pengetahuannya/ilmiah dan sudut pandang agama, kalau ada dalilnya sebaiknya diungkap juga mas.. Sy percaya anda orang yg ramah dan mau berbagi pengetahuan kepada kami. Terima Kasih.

      • bismillah..insya Allah saya bisa menjawab pertanyaan anda satu persatu dan ini logis.pertanyaan anda sudah saya pelajari selama 17 tahun yang lalu dan kini anda juga mengalaminya.maaf sebelumnya saya mau bertanya anda dari perguruan mana?belajar tenaga dalamnya sampai selesai nggak?…

      • @Mas Sunan,

        Dulu sy pernah belajar TD pada 3 orang ustadz, yg 1 pakai teknik napas dibarengi dzikir tahlil, Yg 2 bentuknya wiridan. Semuanya bukan perguruan. Kemampuannya hanya sampai bisa mementalkan lawan emosi dan asihan (misal untuk menundukan hati lawan). Juga pernah belajar TD dan reiki dari teman2 sy, bukan perguruan.

        Pernah mempunyai banyak jimat, akik, dan senjata bertuah (sudah sy musnahkan semua).

        Apa yg sy pelajari tsb, sy yakin itu bantuan setan.

        Jadi mumpung ada anda yg mumpuni, tolong anda jelaskan pergertian td yg sy tanyakan. thanks.

    • bagaimana bisa tim peneliti meneliti tenaga dalam kalau tim penelitinya saja tidak mengerti hukum tenaga dalam.

      Saya adalah mantan praktisi tenaga dalam

      Saya lebih mengerti tentang tenaga dalam dari pada kalian

      :) hebat! tolong beri kami petunjuk dan petuahnya

      saya juga bisa jelaskan mengapa orang bisa terpental dalam lingkungan perguruan dan kenapa yg ada di luar perguruan ada yg tidak bisa terpental.dan saya tahu sesungguhnya apa yang terjadi

      tolong jelaskan pada kami yang bodoh ini

      saya tahu sesungguhnya apa yang terjadi…dan saya bisa membongkar semua rahasia ilmu tenaga dalam,ilmu hipnotis,ilmu kebal,sihir,tenun,teluh,santet,ilmu trawang,ilmu melihat jin,dan semua ilmu yang aneh-aneh.dan saya tahu kenapa bisa terjadi seperti itu…

      tolong beritahu kami

      dan saya bisa bedakan yang mana ilmu putih dan mana ilmu hitam…tapi untuk apa arti dari semua ini

      apa bedanya ?

      .tapi kalau memang ngotot ingin bukti secara ilmiah coba anda teliti dulu mengapa manusia hidup kok bisa mati…ini ada hubungannya dengan tenaga dalam dan ini logis/masuk akal…..?

      apa hubungannya tenaga dalam dengan hidup mati manusia ?

      • 1.mantan praktisi tenaga dalam bukan berarti sudah menguasi tenaga dalam secara utuh.rata-rata orang keluar dari perguruan tenaga dalam karena kecewa ilmunya tidak berfungsi di luar perguruan hingga dia beranggapan tenaga dalam itu tipu muslihat hanya sugesti yang di berikan seorang guru pada muridnya.lalu dia menanyakan hal ini kepada gurunya tetapi gurunya hanya menjawab kalau yakin ya…jadi…tapi kalau ragu-ragu…ya kena….ini sebenarnya bukan jawaban yang tepat..karena manusia itu akan percaya kalau bisa di buktikan secara ilmiah seperti anda-anda ini.
        2.Anda mantan praktisi tenaga dalam.Apakah anda tahu dan paham HUKUM TENAGA DALAM?
        3.saya tidak hebat hanya Allah yang hebat,mintalah petunjuk pada Allah,kita manusia hanya bisa berdo’a dan berusaha,insya Allah akan di beri petunjuk.
        4.kalau anda masih merasa bodoh pelajarilah itu AL qur’an karena Al Qur’anlah yang bisa mengungkapkan segala rahasia permasalahan dunia dan aherat
        5.Jangan meminta tolong sama saya mintalah tolong pada Allah.maaf saya bukan Tuhan.
        6.jelaslah…ada bedanya antara ilmu hitam dan putih,ilmu ini serupa tapi tak sama
        7.Jelas ada hubungannyalah… tenaga dalam dengan hidup mati manusia karena sama-sama menggunakan NAFAS.

      • @perdana ahmad
        apa iya anda mantan praktisi tenaga dalam??
        bukan tenaga metafisika
        sebab setahu saya org yang belajar tenaga dalam pasti tindak tanduk nya akan terjaga..dia tidak akan berani menuduh salah atau benar tanpa tabayun
        anda tahu tidak semua perasaan kita dari sedih, marah, takut ,gembira dan sebagainya hanya permaianan dari hormon-hormon ditubuh kita..
        coba anda googling
        jadi semakin baik kita mengenal tubuh kita maka semakin mudah pula buat kita mengendalikannya
        anda bisa mengatakan hoax kalo manusia hanya menggunakan 10 % sel otaknya
        pertanyaan saya dari triliyunan sel ditubuh manusia sekarang berapa persen yang aktif ??
        apakah pola pikir yang sel tubuhnya aktif lebih banyak akan sama dengan pola pikir yang rata-rata??
        ini sama dengan analogi kenapa orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin
        karena orang kaya tidak berfikir seperti orang miskin dan begitu pun sebaliknya
        negara kita adalah negara terkaya didunia..tapi kemana uang rakyat selama ini habisnya..
        siapa yang menikmati ???
        sy melihat anda telihat “sok tahu” tapi semua tulisan anda tidak berbobot
        coba deh anad berantas korupsi dulu didepartemen anda , baru anda bisa ngurus soal tenaga dalam dan sebagainya
        jadi pns aja begitu bangganya pakai dipampang diblog..
        dulu bangga jadi tentara bohongan sekarang begitu bangga jadi PNS
        yang punya sifat riya sebenarnya siapa ??

  29. sya gak percaya dengan informasi2 di atas…. tenaga dalam itu ada… sya sudah mmbuktikan sendiri… saya punya ilmu itu….

    • Silahkan diuji Mas Taufik. Kalau saya beneran nih.. buktinya kata yg menyaksikan sendiri kalau saya kadang2 bisa terlihat dan tak terlihat dari pandangan mata (sesuka hati saya) tapi itu bisa saya lakukan kalau lagi berenang di laut.

      Hehe… santai sedikit ngobrolnya ya mas, masih pagi postingnya… :)

  30. salam kenal juga buat mas@Temannya Darno,saya sengaja menanyakan hal itu pada anda karena setiap perguruan punya kode etik yang tidak boleh di langgar.tapi supaya anda tidak kecewa nanti saya kasih tahu caranya mengukur/mendeteksi tenaga dalam.memakai alat-alat kedokteran dan ini rill masuk akal dan dapat di buktikan secara ilmiah,tapi saya akan kasih tahu garis kecilnya saja selanjutnya anda kembangkan sendiri.tapi saya tidak gegabah dalam memberikan irformasi karna saya belum tahu persis siapa anda ini.ini adalah eksperimenku selama 17 tahun.

    • @mas sunan,

      maaf mas, diblog ini alasan seperti mas sunan banyak lho. Salah satu FAKTOR bahwa tenaga dalam itu dikatakan ilmu palsu adalah minimnya informasi pembuktian dari praktisinya, sedangkan alasan tsb dianggap akal2an/kebohongan oleh para ilmuwan.

      Sekali lagi mohon maaf, bukan bermaksud merendahkan anda, tapi Jika klaim tanpa bukti… bisa dianggap HOAX/PALSU!!. itulah kenyataan sekarang mas, mayarakat kita semakin maju pengetahuannya.

      • Kitab Mizanul Qubro secara luas menerangkan, bahwa dalam kesempurnaan yang terdapat dalam tubuh manusia Allah SWT memberikan kapasitas lebih. Seperti apakah kajiannya…?

        Lewat pemaparan yang diambil dari kandungan Syahadat Majmal, dengan pendalaman arti yang terkandung di dalamnya, sesungguhnya asal usul manusia diciptakan dari sifat tanah yang dibentuk sangat sempurna oleh keagungan sifat AF’ALULLOH. Dari kesempurnaan inilah manusia juga diberi kelebihan berbagai macam pengetahuan dan ilmu yang sangat luas. Hal ini terjadi jauh sebelum Allah SWT menciptakan wujud bumi dan jagat raya umumnya, yang diciptakan lewat Nur Muhammad SAW. Jauh sebelumnya, Nur Muhammad SAW sudah diciptakan terlebih dahulu di Alamul Jannah Majazi atau Surga Majazi.Dengan ke-Esaan dan keagungan-Nya, Allah SWT menciptakan manusia dengan segudang kelebihan dan kesempurnaan bentuk yang memadai. Bahkan, jutaan tahun sebelum perintah sholat diwajibkan untuk seluruh umat di dunia, lewat wasilah yang disampaikan oleh utusan terakhir Muhammad SAW, Allah SWT sudah menerapkan arti sholat tersebut ke tubuh manusia di saat bentuk manusia baru diciptakan. Seperti saat menciptakan bentuk daging, Allah SWT menciptakannya dengan “asma takbiratul ikrom” yaitu Allohu Akbar. Demikian juga tatkala membuat bentuk napas Allah SWT menciptakannya dengan “asma ruku” yaitu Subhanarobbiyal ‘Adzimi Wabihamdih. Lalu di saat menciptakan bentuk tulang belulang Allah SWT, juga menciptakannya dengan “asma sujud” yaitu Subhanna robbiyal a’laa wabihamdih. Dan di saat menciptakan bentuk kulit Allah SWT menciptakannya dengan “asma lungguh” yakni Robbigfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa ‘afini wa’fu ani.
        Lewat sebuah kesempurnaan yang dimiliki oleh tubuh manusia, akhirnya Allah SWT memberikan tugas mulia kepada mahluk ciptaan-Nya ini yaitu dengan bersaksi mengucapkan dua kalimah syahadat, berpedoman pada kewajiban sholat, mengikhlaskan harta bendanya untuk tujuan mulia, mengisi badan lewat jalan berpuasa, dan mensucikan diri lewat kebersihan haji.
        Dari struktur yang dapat diserap oleh tubuh manusia, Allah SWT juga menciptakan bentuk kekuatan yang menjadi prioritas sifat manusia itu sendiri, yaitu dengan berbagai macam bentuk ilmu.
        Nah, dalam bentuk ilmu ini Allah SWT memberikannya suatu sifat Cahaya dan Api, yang ada dalam setiap tubuh manusia. Seperti halnya sifat Cahaya Allah SWT menempatkannya dalam bentuk keyakinan, kekuatan bathin, penghayatan ilmu bersifat Robbani dan Derajat menuju khusnul khotimah.
        Sedangkan sifat Api sendiri ditempatkan dalam sifat manusia sebagai semangat hidup yang bermanfaat. Seperti semangat dalam mencari duniawiyah, ilmu yang menjadi landasan hidup, keras dalam disiplin, tegas dalam menegakkan prinsip, luwes dalam menata ilmu dan segala hal bersifat supranatural dan lain sebagainya.
        Dalam pengasahan sifat Cahaya dan Api ini manusia pada akhirnya akan bisa membentuk wujud ilmu yang nyata, seperti: ilmu supranatural dan dhaukiyatul ma’arif. Tentunya dengan dibantu semangat yang tinggi, tekad membaja, keyakinan yang memadai dan menjauhkan dari kemalasan.
        Kitab Mizanul Qubro secara luas menerangkan, bahwa dalam kesempurnaan yang terdapat dalam tubuh manusia Allah SWT memberikan kapasitas lebih, yaitu, dengan memberikan keluasan ilmu pada 6 tingkat yang diambil dari sifat alam, yakni: Gunung, Besi, Api, Air, Angin dan Hawa.

        1. Gunung.
        Mencerminkan bentuk yang kokoh dari tubuh manusia yang sangat kuat. Dari sifat gunung ini pula manusia dapat menampung segala ilmu dan bisa menahan segala badai, mara bahaya dan azab-azab kecil dari peringatan Allah SWT, serta bisa menjauhkan dari berbagai hal yang tidak diinginkan lewat doa-doa tulus dari hati yang selalu dibawanya sejak lahir hingga tutup usia.
        Dari sifat ini juga manusia mulai ditugaskan oleh Allah SWT, untuk mengenal arti ilmu yang bersifat lahiriyah maupun bathiniyah. Terutama dalam keluasan akal dan penghayatan bathin menuju tahkikul ilmi atau wujud dari semua bentuk ilmu, sehingga dengan adanya bentuk tubuh ini apapun bisa diraihnya sebagai suatu keberhasilan hidup yang diinginkan.
        Namun dalam kenyataannya, sifat Gunung yang terdapat dalam diri manusia ini belumlah sempurna, sebab sifat gunung sendiri kalah dengan sifat “Besi”.

        2. Besi
        Mencerminkan bentuk yang keras dari sifat manusia di dalam segala hal, sebab dalam hal pemaparan ilmu pengetahuan alam sendiri jelas ditegaskan, bahwa sifat Besi lebih keras dari sifat yang terdapat dari wujud perbatuan.
        Lewat sifat Besi ini, manusia mulai dituntut untuk memegang peranan dalam kedisiplinan dan penataan hidup secara akurat, baik dalam memulai suatu karir atau pembelajaran masalah keilmuan.
        Namun dalam pandangan ahli sufi, sifat Besi ini yang terdapat dalam diri manusia adalah perjalanan awal menuju apapun keinginan yang dimaksud untuk bisa tercapai, hanya saja dalam menginginkan sesuatu yang lebih, manusia tidak boleh berhenti hanya di sifat ini, melainkan harus terus menapaki ilmu yang lebih tinggi. Sebab sifat Besi masih kalah dengan sifat Api.

        3. Api
        Mencerminkan sifat berani yang terdapat dalam diri manusia. Maksud dari sifat Api di sini, adalah pembentukan dari 4 sifat asal yang terdapat dalam struktur watak manusia (nafsu hak, nafsu hayawaniyah, nafsu syaithoniyah, dan nafsu muthmainnah).
        Dari keempat nafsu ini manusia dituntut untuk mengendalikan nafsu-nafsu tersebut menuju sifat yang positif. Seperti, membangun badan kita lewat semangat berdzikir, semangat dalam mencari ilmu, semangat dalam memohon dan semangat dalam menorehkan segala bidang, baik yang bersifat riil maupun bersifat bathiniyah.
        Sebab asal usul sifat api yang diciptakan oleh, Allah SWT, sebagian besar diarahkan ke sifat semangat sebagai pembakaran diri menuju bentuk kesuksesan di kemudian hari.
        Hanya saja dalam merilis kehidupan yang lebih mapan, setiap manusia dituntut untuk terus mencari apa yang menjadi keinginan selanjutnya yang lebih tinggi. Sebab dalam pandangan ahli sufi sendiri menilai sifat ini sebagai tingkat pemula dalam pengenalan ilmu Allah.SWT, menuju derajat yang lebih mulia. Sebab sifat Api masih bisa dikalahkan dengan sifat Air.

        4. Air
        Mencerminkan sifat kelembutan yang terdapat dalam diri manusia. Sifat ini menurut ahli sufi disebut dengan istilah Thoriqul Qolbi yang berarti “penataan hati”.
        Bila seseorang telah mencapai sifat ini, niscaya apapun bentuk ilmu akan bisa diwujudkan secara nyata. Karena sifat Air bisa menyatu di manapun dia ditempatkan, baik di tanah, bebatuan, pohon, langit, dan lain-lainnya. Seperti halnya sifat ilmu yang terserap di tubuh manusia karena keluasan akal dan penghayatan bathin yang tinggi. Sifat Air ini akan mudah menyerap di berbagai bentuk ilmu yang diinginkan, sehingga tanpa sadar, lambat laun diri kita akan menjadi hamba Allah SWT, yang mempunyai banyak kelebihan, terutama dalam hal ilmu bathiniyah. Hanya saja sifat Air ini harus terus diasah hingga sampai menuju sifat ilmu yang lebih tinggi. Karena sifat Air di sini masih kalah dengan sifat yang terdapat dari wujud Angin.

        5. Angin
        Mencerminkan keluasan ilmu dalam diri manusia secara menyeluruh. Sebab Angin di sini disebut sebagai sifat raja dari semua sifat alam. Seperti halnya kekuasaan seorang raja diraja, sifat Angin ini bisa mengontrol dan mengatur segala sifat alam. Seperti, mampu merobohkan kekuatan gunung, menerbangkan sifat Bumi, membesarkan sifat Api dan menarik sifat Air yang menjadikannya lautan air bah.
        Dalam hal sifat ilmu, Angin ini disebut juga dengan sifat ma’rifatillah, dimana sifat ma’rifatillah ini adalah wujud kesempurnaan dari bentuk pemahaman manusia dalam mengolah segala hal bidang ilmu bersifat Robbani yaitu, lewat sebuah pemahaman, kesolehan, kezuhudan, menjauhkan sifat duniawiyah dan hanya difokuskan dalam satu tujuan, yaitu, hanya mengenal kebesaran Allah SWT.
        Namun dalam keluasan secara hakiki, sifat seperti ini belum dikatakan sempurna sekali sebab masih ada yang mengalahkannya, yaitu, sifat Hawa.

        6. Hawa
        Mencerminkan kebersihan hati yang terdapat dalam diri manusia, sifat ikhlas sendiri menurut para sufi disebut sebagai Kamil Baenassama Wal Ardh (kesempurnaan ilmu yang mampu menguasai antara langit dan bumi).
        Dalam hal kesempuranan sifat ilmu, sifat Hawa di sini adalah penggabungan seluruh sifat alam yang sudah dikuasai secara lahir dan bathin, sehingga baik dari ucapan, tingkah laku maupun keinginan kita akan terkabul dengan sendirinya seiring kedekatan hati dengan sifatulloh, afalulloh, dzatulloh kian menyatu.
        Dengan segala pembedaran sifat alam tadi, pada intinya adalah untuk mengajak manusia hidup, bahwasanya semua ini bisa tercapai, apabila manusia itu sendiri mau berkorban untuk semangat dalam menjalani hidup yang penuh dengan tingkatan demi tingkatan yang harus dilaluinya.

  31. Mas PA…setiap ilmu punya hukum…kalau mau pelajari tentang ilmu ekonomi kita harus tahu tahu hukum permintaan,kalau mau pelajari segi tiga kita harus tahu rumus pithaghoras,kalau mau belajar fisika kita harus tahu hukum fisika,kalau mau belajar agama kita harus tahu hukum agama.dan…kalau mau belajar tenaga dalam maka kita harus tahu hukum tenaga dalam…jadi belajarnya masuk ke otak jadinya nggak bingung…

  32. @sunan gunung jati al karomah saya jg spndapat ky mas temenx darno silakn pak sunan jbrkn secara ilmiah & syar’iah TD anda jang bnyk koar koar ky bromo corah.saya tunggu ya penjbarn anda pak sunan yg terhrmat

  33. @romo janet jwbn sunan gnng jti al karomah tanpa penjbrn ilmiah ky itu anda blng mantb. Anda tu yg mntb lucux hahahahahahahah

  34. @romo janet jwbn sunan gnng jti al karomah tanpa penjbrn ilmiah ky itu anda blng mantb. Anda tu yg mntb lelucnx hahahahahahahah

  35. mas PA.. sampeyan katanya pernah jadi praktisi TD… lah koq.. posting video yg yg menyatakan bahwa tenaga dalam itu hoax??

    Sebagai praktisi harusnya anda mengakui dong.. la wong anda menghakimi bahwa TD itu pake JIN koq…

    Trus dgn video ini, brarti anda berubah pikiran? anda skrng yakin TD itu hoax? gak pake jin lagi?? ya kalo gitu… cabut dong buku sampeyan yg menuduh TD pake jin wkwkwkw….

  36. beberapa bulan yang lalu saya juga pernah ikut TD yang saya rasakan justru lebih banyak mudharatnya di banding manfaatnya..

    dari sisi netral aja skrang blak-blakan aja klw lagi latihan pasti di tuntut emosi kan???? klw gak emosi pasti gak bisa ngrasain mental or apalah.. kbiasaan di lapangan yang emosi akan terbawa pada kehidupan sehari2 padahal islam mengajarkan untuk bersabar. ada pepatah bisa karena biasa klw biasa emosi ap a gak kebawa tuh…

    memang seorang guru TD pasti bilang ke muridnya untuk bertarung di jalan hanya dalam keadaan terdesak saja dan jangan emosi……. hanya 1/1000 orang yang dapat mengendalikan emosinya scara full… tidak ada manusia yang sempurna, setiap manusia pasti memiliki titik khilaf / lupa jangankan kita yang sebagai manusia biasa. di dalam ceramah saya juga pernah mendengar seorang Kyai H. yang sudah terbilang populer di indonesia dan saya yakin anda juga mengenalnya pernah mendakwahkan bahwa nabi Muhammad SAW pernah memandang sebelah mata kepada seorang pengemis, tetapi baginda nabi besar Muhammad SAW langsung menyadarinya dan beliau langsung meminta maaf kepada pengemis itu…. apa jadinya jika anda bertarung di jalan dan anda khilaf sedangkan orang itu sudah hampir meninggal. apakah itu bukan perbuatan dosa…. apakah anda akan sempat meminta maaf????

    ingat lagi emosi itu merupakan sifatnya syetan….

    biasanya klw di dalam latihan atau kegiatan pasti ada sdikit paksaan dari senior dan guru mungkin tanpa sadar anda sudah termasuk kedalam suggestinya dan terpengaruh…

    dari beberapa abang2 atau bapak2 diatas yang merasa pernah ikut TD dan keluar mungkin saya merasa senasib dengan anda….

    coba anda flashback kebelakang sebelum anda ikut TD yang biasanya anda dapat mengontrol emosi , apakah setalah ikut TD apakah lebih baik atau malah semakin buruk. introspeksi diri aja skrang…. saya sarankan sholat istikharah lah kalian dan minta petunjuk kepada Allah SWT apakah jalan yang kalian ambil benar atau tidak. karena jika dibahas terus tidak akan ada habisnya sebaiknya ambil jalan tengah yaitu istikhoroh berserah dirilah kepada Allah.

    • Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

      @Ferdiyan Syah, sy setuju dgn ghiroh anda !!!

      kadang kita memang dibuatnya pusing, antara harus menasihati dan membiarkannya

      hampir dpt dipastikan golongan orang2 yg belajar TD ataupun perguruan yg bersifat kanoragan adalah mayoritas mereka para remaja (maklum dgn tingkatan emosionalnya, kita sendiri pernah masuk didalamnya yg alhamdulillah berkat hidayah dan tingkat kedewasaan yg kita miliki, kita tlah bertaubat)

      sudah beruntung jika setelah kita berikan pandangan lalu dia menyadarinya, atau dengan kesadaran sendiri mereka insyaf, yang parah adalah setelah kita peringatkan justru mereka malah makin menjadi jadi, menunutut pembuktian secara ilmiah malah kadang menantang untuk adu jago.

      dlm hal ini kita dihadapkan pada dilema, apakah kita mengingatkan atau membiarkannya, jika kita ingatkan, maka ngotot, jika kita diamkan kita berdosa.

      saya berharaf mudah2an kepada mereka yg belum sempat mendapat pencerahan, atau ajakan untuk bertaubat, mudah2an allah segera memberikan hidayahNya, …..amiiin

      wasallam

      • wlkumsalam

        umur saya masih 21 tahun bang, tapi terimakasih jika pendapat saya dibilang dewasa.
        maka dari itu saya panggil abang n bapak untuk komen2 yang diatas

  37. Ada orang-orang menggunakan beberapa nama………

    Ada orang-orang menginginkan pembuktian ilmiah……..

    Sebaiknya orang seperti ini harus sering-sering mengaca, melihat banyak-banyak kelemahan di dalam dirinya bukan melihat banyak-banyak kelemahan orang lain.

    1. Bagaimana mungkin membuktikan TD secara ilmiah sedangkan ilmu pengetahuan belum mendukung untuk menuju kesana. Orang-orang seperti ini yg tidak memiliki akal yg sempurna (akalnya belum akil baliq), Jika pertanyaan seperti itu diajukan kepada mereka, mereka mengatakan TD menggunakan jin, maka buktikanlah secara ilmiah bahwa itu karena jin, juga buktikan secara ilmiah bahwa jin itu ada (sekali lagi SECARA ILMIAH)…..
    ….100 percent mereka akan membisu.

    2. Bagaimana bisa mereka menginginkan bukti ilmiah sedang mereka sendiri tidak bisa membuktikan omongannya bahkan tuduhannya secara ilmiah. Contohnya, simak ketika mereka menyatakan Syekh Siti Jenar SESAT……….. mereka tidak bisa membuktikan bahwa beliau sesat, tidak perlu dengan bukti ilmiah, bukti tidak ilmiahpun boleh, bahkan tidak perlu bukti faktual bukti argumentatifpun boleh …..
    ….100 percent mereka akan membisu.

    • 1. Bagaimana mungkin membuktikan TD secara ilmiah sedangkan ilmu pengetahuan belum mendukung untuk menuju kesana. Orang-orang seperti ini yg tidak memiliki akal yg sempurna (akalnya belum akil baliq), Jika pertanyaan seperti itu diajukan kepada mereka, mereka mengatakan TD menggunakan jin, maka buktikanlah secara ilmiah bahwa itu karena jin, juga buktikan secara ilmiah bahwa jin itu ada (sekali lagi SECARA ILMIAH)…..
      ….100 percent mereka akan membisu.

      MAKA BAGAIMANA MUNGKIN PERGURUAN TENAGA DALAM MENGKLAIM TDNYA ILMIAH SEBAB ANDA KATAKAN PENGETAHUAN BELUM MENDUKUNG MENUJU KESANA? TD baru pada tataran teori yang belum terbukti secara ilmiah, maka ketika ada yang meminta pembuktian ilmiah lewat pembuktian dengan orang yang netral sama sekali tidak berani sebab TD ternyata tidak mau dibuktikan lewat pembuktian nyata?

      mereka mengatakan TD menggunakan jin, maka buktikanlah secara ilmiah bahwa itu karena jin, juga buktikan secara ilmiah bahwa jin itu ada (sekali lagi SECARA ILMIAH)…..

      Iman kepada yang Ghoib melampawi klaim ilmiah, keberadaan malaikat, jin ada dalam AlQur’an dan Sunnah maka………… bisa atau tidak dibuktikan secara ilmiah tidak akan mengurangi keimanan kami akan keberadaannya :) , Jika anda mengatakan jin tidak bisa dibuktikan secara ilmiah tidak akan mengurangi keyakinan dan keimanan saya akan keberadaan jin :)

      Ingat saudaraku Klaim Science tidak ada yang absolut sebab akan terus berubah, sedangkan klaim Al_Qur’an adalah Absolut kebenarannya…….

    • Bagaimana bisa mereka menginginkan bukti ilmiah sedang mereka sendiri tidak bisa membuktikan omongannya bahkan tuduhannya secara ilmiah. Contohnya, simak ketika mereka menyatakan Syekh Siti Jenar SESAT……….. mereka tidak bisa membuktikan bahwa beliau sesat, tidak perlu dengan bukti ilmiah, bukti tidak ilmiahpun boleh, bahkan tidak perlu bukti faktual bukti argumentatifpun boleh …..
      ….100 percent mereka akan membisu.

      Pembuktian ilmiah bisa dikaji dari berbagai rujukan ilmiah, salah satu rujukan ilmiahnya adalah Al-Qur’an dan Sunnah disertai penjelasan para ulama Alhussunnah yang menjelaskan kesesatan pahama wihdatul wujud :) MAKA 100% MEREKA AKAN MEMBISU JUGA :)

  38. —————————————————–
    Iman kepada yang Ghoib melampawi klaim ilmiah, keberadaan malaikat, jin ada dalam AlQur’an dan Sunnah maka………… bisa atau tidak dibuktikan secara ilmiah tidak akan mengurangi keimanan kami akan keberadaannya , Jika anda mengatakan jin tidak bisa dibuktikan secara ilmiah tidak akan mengurangi keyakinan dan keimanan saya akan keberadaan jin
    ——————————————————

    Wah pernyataan anda terlalu subyektif, semua orang yg beragama Islam memang seharusnya begitu, sayapun juga begitu. Jika demikian anda seharusnya tidak menggeneralisir semua TD adalah hoax.
    Anda harus memperhatikan kalimat di dalam kurung …(sekali lagi secara ilmiah)….. jadi yg dimaksud adalah secara obyektif.

    Perkara jin tidak dapat dibuktikan kemudian tidak mengurangi keimanan anda terhadap keberadaan jin …… ya itu urusan anda…. Itu sama dengan keyakinan para pelaku TD bahwa mereka yakin bahwa anda tidak mengerti TD… ya itu …terserah mereka .. jadi sama2 subyektif. Dan tidak akan pernah mencapai titik temu, jadi jika anda menghujat mereka, mereka pun sah-sah saja menghujat anda, jadi tidak perlu marah karena mereka cuma membalas.

    ——————————————————
    Ingat saudaraku Klaim Science tidak ada yang absolut sebab akan terus berubah, sedangkan klaim Al_Qur’an adalah Absolut kebenarannya…….
    —————————————————–

    Anda benar saudaraku, Al Qur’an adalah kebenaran dari Allah. Dan itu merupakan ayat Allah yg tertulis.

    Tapi jangan lupa ada ayat Allah lain yg tak tertulis. Sedangkan ayat yg tertulispun masih sering di sikapi dengan banyak perbedaan tajam, apatah lagi dengan ayat2 yg tak tertulis. Sains termasuk dalam ayat-ayat Allah yg tak tertulis, demikian pula tentang TD jadi janganlah anda menggeneralisasi bahwa TD adalah bantuan jin bagaimana jika bantuan malaikat atau bahkan sains itu sendiri, bukankah itu ghoib/terhalang dan hanya orang2 tertentu yg bisa tahu, saya yakin anda sendiri tidak tahu.

    Saya ragu anda memahami sains dengan benar itu seperti apa, sehingga anda mengatakan sains akan terus berubah, namun menurut saya yg terus berubah adalah paradigma manusia sehingga selalu merubah hipotesa dan teori2nya.

    Sebagai contoh begini,

    “Benda jika dilempar ke atas maka pasti akan kembali jatuh ke bumi”, itu sudah pasti absolut dan tidak akan berubah sampai dunia ini kiamat.

    Bedakan dengan pernyataan ini, “benda jika dilempar ke atas -melampaui bidang gaya gravitasi bumi- maka pasti tak akan kembali jatuh ke bumi”. Kelihatannya pernyataan ini menyalahi pernyataan pertama, tetapi tetap saja ini absolut tak akan berubah sampai kiamat. Yg membedakan adalah kondisinya dan bukan sainsnya…!

    Mungkin maksud anda berubah adalah seperti ini,
    “Aristoteles mengatakan bahwa matahari mengelilingi bumi.”
    Kemudian beberapa abad kemudian
    “Galileo Galilei mengatakan bumi mengelilingi matahari.”

    Kalau menurut anda seperti itu berarti sains tidak absolut dan selalu berubah, maka anda keliru memahami. Dalam pernyataan2 tsb yg berubah adalah pemahaman manusia terhadap sains, bukan sainsnya. Sainsnya akan tetap dari dulu sampai kiamat yaitu “bumi akan selalu mengelilingi matahari”. Ini adalah contoh ayat2 Allah yg tak tertulis yg harus kita gali. Dan TD adalah salah satu ilmu yg harus digali terlepas dari anggapan2 bantuan jin atau sains.

    Sebuah contoh lagi, baca An Naml 38 ~ 40:

    38. berkata Sulaiman: “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri”.
    39. berkata ‘Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; Sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya”.
    40. berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”. Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini Termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku Apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). dan Barangsiapa yang bersyukur Maka Sesungguhnya Dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan Barangsiapa yang ingkar, Maka Sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”.

    Di ayat 40, disebutkan “orang yg mempunyai ilmu dari al Kitab”, orang ini bukan seorang nabi atau rasul jadi keahlian beliau bukan mukjizat tapi keahlian dari kitab Taurat, bayangkan ilmu yg di ambil dari kitab Taurat saja sudah sehebat itu dapat mengalahkan Ifrit yg adalah jin terhebat, bagaimana jika ilmu itu diambil dari Al Qur’an bukannya akan lebih dahsyat lagi dari itu?? Lalu apa anehnya jika manusia mempunyai kekuatan seperti TD yg jika dibandingkan ilmu diatas belum ada apa2nya.

    —————————————–
    Pembuktian ilmiah bisa dikaji dari berbagai rujukan ilmiah, salah satu rujukan ilmiahnya adalah Al-Qur’an dan Sunnah disertai penjelasan para ulama Alhussunnah yang menjelaskan kesesatan pahama wihdatul wujud MAKA 100% MEREKA AKAN MEMBISU JUGA
    —————————————-

    Lalu mana pembuktiannya ???
    Yg anda bicarakan baru teori anda untuk pembuktian, sedangkan pembuktiannya sendiri tidak anda lakukan.

    Apakah anda bisa membuktikan ???!

    Jika anda tidak dapat membuktikan anda seharusnya berani bersumpah akan mendapat laknat Allah jika tuduhan anda terhadap Syekh Siti Jenar tidak seperti yg anda katakan dlm judul thread anda bahwa “SYEKH SITI JENAR ADALAH SUFI SESAT SEPANJANG MASA”.
    Anda berani bersumpah…….!!!!
    Jika tidak sanggup anda harus meminta maaf kepada orang2 yg mencintai beliau karena telah memfitnah dan melukai hati pecinta sufi tersebut.

  39. Tak perlu berlebihan PA, anda yg memulai menghujat dan mencela aulia kecintaan banyak orang yaitu syekh Siti Jenar, jika anda yakin anda benar bahwa beliau sesat seharusnya anda akan MANTAB bersumpah tanpa BERDALIH menunggu saya, jika TIDAK maka tulisan anda hanya HOAX anda membuat KEBOHONGAN BESAR dan anda termasuk orang MUNAFIK sepanjang hidup , karena banyak orang yg terlukai hatinya termasuk saya oleh penghujatan anda dan terutama Syekh Siti Jenar akan memintai pertanggungan jawab anda di hadapan Allah.
    Adalah wajar bagi saya jika saya membalas anda.
    Lihat thread http://metafisis.wordpress.com/2011/04/14/syekh-siti-jenar-tokoh-sufi-sesat-sepanjang-sejarah-di-indonesia

    Anda tidak perlu berdalih macam2, jika yakin tuduhan anda benar ucapkan saja sumpah itu.

    • anda orang munafik dan maaf saya tidak akan menjawab apapun tanggapan anda sebelum anda juga bersumpah dihadapan Allah! Sy beri 1 kali lagi kesempatan anda untuk menulis,jika tulisan anda terus menghujad tanpa berani mempertanggung jawakan ucapan anda,maka akan sy banned!

      On Fri Jul 1st, 2011 5:33 AM EDT

    • DEMI ALLAH!semua artikel diblog sy,akan saya pertanggung jawabkan dihadapan Allah! Sekarang sy mau anda gentlemen! jgn terus melempar pertanyaan sedangkan permintaan sy ga mau anda penuhi! Sy beri 1 kesempatan untuk anda menulis sumpah anda! Sy banyak kegiatan dari pada menghadapi orang munafik seperti anda jika anda tidak berani sy persilahkan anda keluar dari blog sy dari pada nyepam atau sy banned dan hapus tulisan anda yg tak bernilai da’wah!

      On Fri Jul 1st, 2011 5:33 AM EDT

    • gini dech…. daripada berbelit2, sy copas sumpahnya Perdana Akhmad :

      ”—”
      Perdana Akhmad S.Psi, on Juni 30, 2011 at 12:05 pm said:

      demi Allah sy bersumpah tidak punya nick name lain dan saya adukan kebohongan SOPO SIRO bahwa sy punya nicename lain selain PERDANA AKHMAD kebohongan anda akan sy minta pertanggung jawaban dihadapan Allah! Sekarang anda giliran bersumpah!
      Sy ingin memberi anda pelajaran untuk berhati hati sebelum mencela seseorang! Jika anda tidak mau segera anda meminta maaf pd sy dan akan sy maafkan!

      On Thu Jun 30th, 2011 12:53 AM EDT

      dicopas dari sini :
      http://metafisis.wordpress.com/2011/05/29/serangan-tenung-kagetkan-ponpes-lirboyo/

      nickname ana udah ana umumkan di kolom ”Arena Diskusi”. Jadi sekalian aja ana kipasin nih… siapa yg mau bersumpah berikutnya. :)

      • wa alaikumsalam @mas willy.

        Iya nih mas, sdr sopo siro ini kan baru berkunjung, jadi dia mengira kita2 ini pake nama samaran yg byk. Kang MI sendiri setelah final proses blognya, ia menetapkan satu nickname saja. Nickname yg lain dikatakan menyamar yah ga juga, soalnya nickname dia ngelink ke alamat yg sama dan atau dia koment pake ciri khasnya dia, dan kita yg rada sering berkunjung ke sini tau ”penyamarannya”, karena ditengah jalan kita saling kasih info jati diri kita kok. Hanya saja kok pake ada acara sumpah2an sih, sedangkan kita aja udah memberitahu/mengklarifikasi sebelumnya.

        jadi… kita tunggu saja @sopo siro mau juga ga bersumpah. Sebab yg awalnya dia sang ”kompornya”. Biar makin hot… sekalian aja ana kipasin ;) ;)

  40. bukan bermaksud meramaikan perdebatan, mohon maaf sebelumnya!! minta penjelasan ttg kata atau istilah “ILMIAH”. Krn sy jd inget di waktu kuliah dulu, sesuatu dapat dikatakan ilmiah syaratnya adalah dapat dibuktikan!!! dengan apa pembuktiannya?? tentu dengan panca indera manusia. Ketika sesuatu tdk dpt diterima/ditangkap oleh panca indera berarti hal itu tidak ilmiah. Lalu bagaimana dengan keimanan/keyakinan?? Apa bisa dilihat, didengar, disentuh dll.??? Apakah iman bukan hal ilmiah??? Tapi kenapa ada Perguruan Tinggi yang buka jurusan tentang study keyakinan alias agama???? jadi bingung nich??

    • mas galih…………..Keyakinan/iman bukan berasal dari alasan logis atau keilmiahan (DIBUKTIKAN panca indera manusia) , melainkan tercurah dari lubuk hati,namun iman tidak bisa dipahami sebagai keyakinan buta, tetapi justru harus hidup dan berkembang dalam konteks berpikir ilmiah. Ilmiah memiliki tujuan yaitu agar orang mempercayai tentang adanya sesuatu. Ilmiah menghasilkan keyakinan yang kokoh dan kuat, di dalam Agama Islam disebut : Ilmulyaqin/Ainulyaqin/Haqulyaqin. keimanan yang syar’i selalu beriringan dengan sikap ilmiah. salah satu bentuk sikap ilmiah intersubyektif adalah sikap yang mencoba mencari pembuktian , sikap mencari terus tanpa henti. sandaran kita umat Islam adalah Al_Qur’an dan sunnah, jika ada suatu info dalam AlQur’an dan sunnah yang bagi kita sekarang tidak ilmiah maka belum tentu pada masa kedepan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah karenanya iman tidaklah menunggu pembuktian ilmiah, Alhamdulillah keimanan kita akan banyaknya rahasia ilmiah dalam Al_Qur’an dan sunnah pada masa sekarang ini sedikit-demi sedikit mulai terbukti, lihat buktinya di http://www.keajaibanalquran.com/

  41. Silakan saja jika anda ingin meremove komen2 saya, itu saya anggap anda sebagai PENGECUT yg MUNAFIK karena tidak membiarkan orang menilai sebagai sesuatu yg OBYEKTIF, anda hanya membuat kebenaran dari sisi diri anda sendiri.
    Apa menurut anda hanya anda yg boleh menghujat orang, dan orang tak boleh membalas anda, itu suatu bentuk kepincangan mental.

    Apalagi jika anda memblock sayapun, itu saya anggap anda bukan orang yg SPORTIF, dan tak ada ruginya saya tidak bisa komen di blog WAHABI ini. Karena saya hanya sebagai penanggap pengimbang.
    Dan saya berlepas diri dari orang2 DHZOLIM, JAHIL dan SOMBONG!!!!

    1. Kenapa DHZOLIM
    Mudah sekali bersumpah sampai untuk hal remeh-temeh seperti ini mengajak MUBAHALLAH. Nabi sendiri tidak pernah mengajarkan spt itu, mubahallah dilakukan pada orang2 musyrik/kafir, untuk sesama muslim mengajarkan ISLAH. Aisyah ketika difitnah dengan hebat pun nabi tak pernah mengajak bersumpah.
    Tetapi seorang yg bernama Perdana Ahmad sedikit2 SUMPAH. Orang ini harus lebih banyak belajar tentang bagaimana Islam yg sebenarnya, orang ini hatinya kasar, Iman baru sampai pada tenggorokannya, tidak sampai di hati.
    Padahal sebelumnya ketika dia menhujat dan menghina sampai se-hebat2nya pada seorang Syekh tak ada yg mengajak untuk bersumpah karena pecinta Syekh Siti jenar adalah orang2 TASAWUF yg hatinya lembut. Sedang sumpah yg diajukan hanya untuk membalas perlakuan dia sebelumnya.
    Emas perlu diuji untuk membedakannya dari loyang, dan aku menguji engkau PA ternyata hanyalah sebuah LOYANG!

    2. Kenapa JAHIL
    JAHIL = BODOH, karena mudah sekali bersumpah dan sumpah yg diucapkannya akan mengikat dia sampai MATI.
    Dan aku tak sebodoh engkau untuk mudah bersumpah..!

    Dalam hal ini antara berani dan bodoh…. tak ada bedanya…

    Engkau telah termakan kebodohan dan kesombonganmu wahai PA untuk menelan sumpahmu sendiri …HO…HO…HO…HO…HO…

    Silakan disimak, aku tak pernah berjanji untuk bersumpah … HO…HO…HO…HO…HO…

    3. Kenapa SOMBONG
    Merasa yg paling benar, menganggap ilmunya sudah mumpuni sehingga berani menghina para Syekh dan pengikutnya, menghina para praktisi Tenaga Dalam. Padahal ilmunya tidak seberapa dan dalam banyak perdebatan kelihatan sekali tidak ada apa-apanya, banyak argumentasinya yg tak bermutu, yang takhayul dibilang nyata yang nyata dibilang takhayul.

    • Allah mengutuk orang yang banyak berbohong:

      “Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta” [QS Adz Dzaariyaat:10]

      Siksa yang pedih di neraka disediakan bagi para pendusta:

      Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.” [Al Baqarah:10]

      Kecelakaan besarlah bagi tiap-tiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa” [Al Jaatsiyah:7]

      Jika sering berdusta, maka itu akan menyeretnya ke neraka:

      Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa ke surga. Selama seorang benar dan selalu memilih kebenaran dia tercatat di sisi Allah seorang yang benar (jujur). Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong). (HR. Bukhari)

      Dusta adalah satu ciri orang Munafik:

      Nabi Muhammad SAW: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat. “(HR. Muslim)
      Berdusta bukanlah sifat seorang Mukmin:

      “Seorang mukmin mempunyai tabiat atas segala sifat aib kecuali khianat dan dusta. (HR. Al Bazzaar)

      Suatu khianat besar bila kamu berbicara kepada kawanmu dan dia mempercayai kamu sepenuhnya padahal dalam pembicaraan itu kamu berbohong kepadanya. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

      Kenapa JAHIL
      JAHIL = BODOH, karena mudah sekali bersumpah dan sumpah yg diucapkannya akan mengikat dia sampai MATI.
      Dan aku tak sebodoh engkau untuk mudah bersumpah..!

      Dalam hal ini antara berani dan bodoh…. tak ada bedanya…

      Engkau telah termakan kebodohan dan kesombonganmu wahai PA untuk menelan sumpahmu sendiri …HO…HO…HO…HO…HO…

      Silakan disimak, aku tak pernah berjanji untuk bersumpah … HO…HO…HO…HO…HO…

      Justru engkau orang yang bodoh dan jahil, aku berani bersumpah karena aku yakin aku tidak punya banyak nick name selain Perdana Akhmad, sedang engkau cuma berbohong saja, maka sumpahku bahwa aku akan meminta peranggung jawabanmu dihadapan Allah kelak karena engkau sudah memfitnah dan mencela diriku ingin punya dukungan lalu memalsukan nick name akan aku adukan pada Allah,! Sumpahku akan terus mengikatmu sampai hari kiamat dan akan mengikatmu sampai padang mahsyar kelak!!! sumpahku akan membuatmu selalu ketakutan yang akan menghantuimu sampai engkau mati karena aku tidak akan mencabut sumpahku karena kesombonganmu!
      Silahkan engkau tertawa semaumu, sebab dipadang mahsyar angkau akan menjadi orang yang merugi :) amalanmu akan habis karena kejahilan dan kebodohanmu :) jika kurang dosaku akan menjadi milikmu!

    • Kenapa DHZOLIM
      Mudah sekali bersumpah sampai untuk hal remeh-temeh seperti ini mengajak MUBAHALLAH. Nabi sendiri tidak pernah mengajarkan spt itu, mubahallah dilakukan pada orang2 musyrik/kafir, untuk sesama muslim mengajarkan ISLAH. Aisyah ketika difitnah dengan hebat pun nabi tak pernah mengajak bersumpah.!

      orang jahil akan selalu berbicara tanpa ilmu jauh beda antara bersumpah dengan mubahalah, saya bersumpah karena saya yakin saya tidakberkata bohong, selain itu apapun perbuatan manusia termasuk tulisan saya (diblog ini) dan tulisan anda akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah kelak.bagimu remeh temeh tapi bagiku ini perkara besar sebab engkau menuduhku menipu para pengunjung dengan membuat banyak nick name palsu!

      untuk mubahalah lihat pembahasannya di http://metafisis.wordpress.com/2010/12/07/hukum-melaknat-sesama-muslim-bantahan-bagi-kyai-dukun-abdul-malik-mudi/ ada banyak para ulama ahlussunah memperbolehkan mubahalas sesama muslim, siapa dirimu yang bukan ulama lalu mengatakan tidak ada mubahalah sesama muslim?mubahalah adalah perkara terakhir jika islah menemui jalan buntu..

    • rekan-rekan sekalian, mungkin bertanya kenapa saya langsung bersikap keras pada Sopo Siro :) jika dilihat dari nomor IPnya :223.255.229.27 satu lokasi/tempat dengan IP wongalusaceh 223.255.227.3 dan yang menarik IP “Temannya Dul Pacul” juga satu lokasi dengan wongalusaceh : 223.255.230.72
      wongalusaceh 227 Sopo siro 229 dan temannya dul pacul 230 hahahahaha cuma beda beberapa digit doang :)

      saya tidak mau menuduh hanya mencurigai dan tidak mau bersumpah dengan hal yang masih saya ragukan kebenarannya hehehehe :)

      mybe mas willywow mau tebak-tebak buah manggis dan ditelusuri keberadaan alamat IP yang sama persis itu hehehehe

      • Buat wongalusaceh salam pak kyai….. kita dibilang kembar… satu orang…satu hati… HUA…HA…HA…HA….. HUEK…CUIH…!!!

      • kembar itu ada dua orang/ lebih bukan 1 orang, aneh dikatakan kembar itu satu orang :) anda ini aneh………… yang jelas keangkuhan dan kesombongan anda sama persis dengan wongalusaceh apalagi suka menghina dan merendahkan seperti tulisan anda

        HA….. HUEK…CUIH…!!!

        mau “meludahi” siapa wongalusaceh 2 ( anda kembarannya wongalusaceh 1 ) jika ini tabiat anda maka jangan heran orang tidak akan menghargai setiap tulisan anda :) , perilaku anda tidak lebih dari perilaku anak kecil yang tidak berpendidikan!
        anda belajar lagi menulis dengan santun sebelum anda mengunjungi “”rumah” saja atau anda akan saya usir karena bersikap kurang ajar “meludah” sembarangan di blog ini :)

      • Oooo… maaf mas ..ini rumah anda tho..?? Tapi kok gratisan….
        Saya kira wc umum sih…..

  42. yang saya dapat ini ustadz

    ip : 222.124.47.110
    isp : 190.subnet222-124-47.speedy.telkom.net.id

    radiusnya kira-kira sekitar daerah pasar minggu sampai cilandak jakarta selatan ……..

  43. @TD

    insyallah aman ………. di fb ada beberapa pengaturan privasi yang bisa anda pilih kok, walaupun sesuatu yang stabil dan kompleks sistem keamanannya pasti akan selalu di cari kelemahannya…….

  44. oya Pak perdana , yang saya heran para master yang di tes tersebut kok mau2 nya di test , kenapa mereka tidak menghindari saja kalo pada akhirnya di permalukan .

    kalo saya jadi para master itu saya akan menggunakan berbagai cara dan alasan menghindari test . secara rasional saya ga mungkin ingin di permalukan .

    menurut saya ada satu alasan kenapa mereka gagal test yaitu mereka benar2 memiliki tenaga dalam namun waktu test ternyata tenaga dalam mereka tidak keluar . itu memang terjadi pada show2 . bahkan seorang penyanyi yang show berkali kali pasti pernah suatu saat suaranya fals waktu konser .

    saya berkesimpulan masih 50:50 karena sudah jelas para master ini secara tidak sengaja melakukan kesalahan karena gugup atau memang TUHAN tidak mendukung mereka karena sombong

    bagaimana menurut anda Pak perdana , saya mohon pencerahannya

  45. fingertrix@

    pukulan bruce lee yg one punch itu adalah tenaga dalam yg dipadukan dgn teknik tertentu…

    INGAT!! tenaga metafisik beda dgn tenaga dalam

  46. Kalo kagak saleh Video memalukan Yellow Bamboo di atas diambil tahun 2005 di Australia. tapi ane yakin banyak yg kagak tau kalo sebelum video Yellow Bamboo di atas enih, sebenernye Yellow Bamboo sempet bikin geger n panas dingin para skeptis karna berhasil dalam Tantangan Randi.

    Banyak yg kagak tau pan :D

    Kejadiannye tahun 2003, Yellow Bamboo ngajuin diri ikut Tantangan Randi, setelah alot nego akhirnya Randi setuju ngadain pengujian di Bali n udah didapet penguji yg bersedia dateng ke Bali. Yellow Bamboo ngajuin Nyoman Sragen Guru Besar-nye sendiri nyang bakalan maju – n penguji dari Randi asal Indonesia nyang namanye mas Joko.

    Dan hasilnye … tuh mas Joko jatuh kelojotan di depan Guru Besar Yellow Bamboo ampe pingsan doi :D

    Heboh dah para skeptis bahas nih brita – ane masih sempet nyimpen link keributan di link Randi :

    http://forums.randi.org/showthread.php?t=10983

    nt pade baca ndiri dah

    trus ape si mbah Randi terima kalah – ya kagak lah bukan cuman ahli TD atau Peruqyah nyang ahli berkelit skeptis pun jago berkelit :D

    mbah Randi bilang pengujiannye kagak aci soalnye si mas Joko udah dibilangin kalo mo mukul jidatnye tuh mbah Nyoman kudu jalan pelan-pelan aje – ehhhh si mas Joko nih malah nekad lari sambil bawa bambu panjang n dgn semangat 45 berusahe mukul jidat si mbah Nyoman kaya ngadepin Belande aje – yaa hasilnye kelojontan deh doi

    Mbah Randi ya kagak trima, sambil mencak2 doi bilang : kagak aci .. kagak aci … pokonye ane kagak trima … nt curang .. gitu kali ye kalo kite terjemahin ke bahase kite :D

    Nyang seru tuh mereka pade debat degh – nape ye si Yellow Bamboo bisa berhasil. Ade nyang bilang mas Joko pingsan karna kepalenye ditendang, ade lagi nyang bilang kagak betul tuh mas Joko pasti dijegal ampe jatuh pingsan.

    Tapi mbah Randi sambil teriak ” Eureka !!! ” bilang gini ” Ane tau .. nt pade lihat kagak mas Joko pingsan tuh sampe kelojotan … kagak saleh lagi .. pasti mas Joko kena Strum ntuh … pasti mbah Nyoman curang pake Stun Gun … kagak saleh lagi ane yakin banget dah … ”

    Dengan senyum bangga mbah Randi bilang : Case Closed :D

    Ane kagak percaye, nih liat video di mari :

    http://www.randi.org/jr/yellowbamboo.mpg

    Sekarang pertanyaan untuk nt pade, dari semua video Yellow Bamboo ini – baik yg berhasil n gagal – kesimpulan Yellow Bamboo Hoax ape kagak ?

    Ane rasa semua yg pernah liat atau belajar TD pasti udah punye gambaran sendiri nape mas Joko nyang dgn semangat 45 bisa sampe pingsan kelonjotan kaya gitu :D

    • KENYATAANNYA:
      1. MAS JOKO BUKAN WAKIL DARI JAMES RANDY ” In his column, Randi states that no agreement was in place between himself and Yellow Bamboo. This is clearly in contradiction to what Yellow Bamboo states in their press release and in a thread on this forum.”He also states that Joko Tri di not go as a representative of JREF.

      2. MAS JOKO MEMAKAI ATRIBUT BAJU YELLOW BAMBO! (LIHAT VIDEONYA) SANGAT DICURIGAI ADA HUBUNGAN KHUSUS ANTARA JOKO DENGAN PERGURUAN TERSEBUT! JIKA MAS JOKO BENAR-BENAR NETRAL MAKA DIA AKAN MENJAGA DIRINYA DARI PENGGUNAAN ATRIBUT YB

      • coba nt baca comentar Uneasy di link nyang ane kasih di atas, ane tulis lagi dimari ye .. makanye kalo baca ntu ampe abis jangan awalnye aje tong :D

        http://forums.randi.org/showthread.php?t=10983

        3rd October 2003, 07:12 PM Uneasy said :

        July 4, 2003 Volunteers needed! After months of back-and-forth, the “Yellow Bamboo” martial arts group has finally agreed to a protocol for a preliminary test re the JREF million-dollar prize. We’re now looking for someone in their area to supervise that test.

        September 26, 2003 Just recall that my protocol required that Mr. Joko Tri simply walk up and “tap” their “superman” Nyoman Serengen on the leg with a small bamboo stick, which was not the protocol followed, for some reason or other.

        di comment ntuh Uneasy jelasin gimana kronologisnye. trus Uneasy comment gini :

        First JR talks about a “protocol for a preliminary test”. Then after the 12 second video, JR again mentions “the test” and the “protocol”. At this point, I thought JR was talking about the preliminary test, and I think it’s reasonable for people to think this. He said he was talking about the preliminary test when he started talking about it, and he never said otherwise.

        I’m not saying JR is lying or that Yellow Bamboo can do what they claim. I’m just saying that I think JR didn’t release information on this matter very well. I think JR left himself open for criticism with the appearance of changing what he is saying after someone claimed to pass the preliminary test

        Di Pres Realease Randi jelas bilang dia udah deal n butuh volunter. Trus di Press Release 26 Sempetmber doi bilang protocol pengujiannye bigimane. Uneasy ntu secara kagak langsung bilang Randi ntuh mencla-mencle.

        Gampangnye berkelit ntuh doi :D

        n di suratnye ke Linda di awal link mbah Randi nulis gini :” 2 a, b, and c, were my instructions to Joko Tri, not to you. He agreed to those stipulations.”

        secare implisit Randi mengatakan emang udah ade instruksi yg di kasih Randi ke Joko.

        Coba nt liat diri jawaban resmi Randi :

        http://www.skepdic.com/yellowbamboo.html

        As I’ve pointed out here, Joko did not properly carry out my instructions, so the demo was not acceptable. I repeat here that I’ve no criticisms of Joko, who had admitted from the beginning that he was not experienced in this mystical procedure. He did the best he could.

        Randi kagak mempertanyakan kredibilitas mas Joko, yg dipermasalhkan Randi adalah Joko kagak nurutin perintah dia untuk menjalanin prosedur pengujian secara benar. Itu sebanye Randi kagak terima hasil pengujiannye

        Kalo Randi aja kagak komplain ( I repeat here that I’ve no critiscms of Joko ) soal kredibilitas Joko nape nt yg komplain :D

  47. setelah ane baca lagi … koreksi dikit Guru Besar Yellow Bamboo ntuh Nyoman Serengen bukan Sragen .. maklum kejadiannye udah lame ane udah kagak terlalu inget lagi

  48. assalamualaikum wr wb,

    jika berkenan saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya :-)

    saya adalah seorang pelajar yg hoby olah raga beladiri khususnya MMA dan saat ini saya adalah anggota camp/sasana mma dan kickboxing di kota saya..

    dlm penilaian saya Tenaga dalam itu mungkin memang ada tetapi tidak lah se hebat yg digembar gemborkan. pengolahan pernafasan dan sebagainya dapat membuat seseorang menjadi extra kuat,tahan pukul dll. tapi tidak lantas bisa dengan mudah menjatuhkan lawan dr jarak beberapa meter tanpa menyentuhnya.

    tetap saja untuk mengalahkan lawan dibutuhkan teknik beladiri yang real bukan sekedar metafisik dan sejenisnya.

    dtempat kami diajarkan cara pengolahan nafas dan juga sy pernah beberapa kali mengikuti aliran tenaga dalam.
    dlam bbrp aliran pengolahan nafas adalah dasar dari kekuatan tenaga dalam.

    sedangkan dalam olahraga pengaturan nafas adalah salah satu hal terpenting dlm menjaga stamina

    kesimpulan saya yaitu kekuatan fisik dan tenaga dalam sama sama berperan

    tetapi sekali lagi saya katakan tenaga dalam itu mungkin memang ada hanya saja tidak seperti cerita yg beredar di masyarakat.

    logika bodoh saya begini :
    apabila benar ada ilmu tenaga dalam yg membuat orang sanggup terbang,lantas kenapa manusia bersusah payah membuat pesawat?
    kalo memang “tenaga dalam yg menjadi mitos” itu nenar benar ada, kenapa saya belum pernah mendengar kejuaraan dunia tenaga dalam?
    lalu kenapa kita membutuhkan kevlar kalo ada ilmu tahan bacok tahan peluru?

    begitulah logika bodoh saya,maaf kalo tulisan saya belapotan

    untuk benar salah nya ya pembaca yg memutuskan..

    corect me if im wrong :-)
    nb: kalo dalam segi pandangan islamiah maaf saya kurang begitu menguasai

  49. Tenaga-tenaga-tenaga bull [you] sh*t!!! memuakan! T*i Kucing!

    kecuali satu tenaga yg betul2 nyata dan approved (diridhai), ialah GOD POWER! (kekuatan Allah Swt) yang Maha Melindungi dan Maha Menghancurkan.

    kita sebagai manusia hanyalah makhluk lemah tanpa pertolonganNya..

    source: Al-Qur’an yg dicerna dengan nurani (tanpa Al-Qur’an, mustahil akal kita untuk berpikir benar dan lurus, karena rentan bisikan syetan)

    otak manusia itu pinter & semua mengakuinya, tp syetan jg kadang lebih pinter, buktinya koruptor, diktator, semua pada berakal alias (mengaku) pinter, tp akalnya bulus & busuk pada akhirnya binasa.

    Jadikanlah sejata dan guru besar kita adalah Al-Qur’an yg disampaikan Rasulullah Saw. Cerna ayat demi ayat dengan seksama pahami maknanya!.

    Allahu Akbar!

    Muslimin for the world!

    Semoga kita semua dijadikan Mukmin yg taat, umat Islam yg berada dijalan yg lurus yaitu jalan yg di ridhai Allah Swt dan diberi nikmat di dalamnya, bukan jalannya orang2 sesat yg dimurkaiNya.

    keep speaking the truth Bro!

    Mohon tampilkan komentar ini Bro Perdana yg di rahmati Allah Swt. Jazakallah khairon, terima kasih.

    Semoga Allah Swt, semakin mensupport Anda dengan KekuataNya, Aamiin ya robbal alamin.

    Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (Qs. 4 an-Nisa’ : 63)

    dadahh..

  50. Subhannallah sejak kecil ayah saya selalu menanamkan wawasan kpd anak2nya utk tidak percaya kurafat,tahayul,tenaga dalam,kebal peluru,pisau dsb sehingga sampe saat ini kepribadian utk ttp rasional ttp melekat pd siri sy dengan tetap beriman kpd hal2 yg ghaib sesuai alquran dan sunnah ajarkan.maju terus mas perdana ahmad,pembodohan di umat hrs kita bersihkan sebab ini bisa menjerumuskan kpd masalah aqidah yg sesat mski pelakunya dgn gagah berani akan ttp membela dirinya tdk syirik dan hanya pasrah kpd allah swt (begitu pula yg di katakan oleh para dukun tp dlm islam jelas dukun ada pelaku syirik akbar).sesumbar tenaga dlm,kebal dsb pasti akan di permalukan bila di praktekan kpd pihak yg netral :)

  51. pinter-pinter banget nih yg mbuat log & yg koment juga
    tapi kalo tujuan membuat blog ataupun koment untuk menjatuhkan orang lain
    g jadi ngasih jempolan,
    terkadang yang g banyak omong lebih banyak tau daripada yg punya ribuan bahkan jutaan kata & kalimat

  52. Ass all . . .
    Permisi, ªkυ͡ akan memberikan sedikit masukan tentang segala gala keilmuan Чάлƍ anda angap diri anda sakti, semua Чάлƍ anda bahas tentang TD/Metafisik dan semua keilmuan ªª saja nama nya, tetap disebut BELADIRI , Чάлƍ arti membela diri kt dari ancaman Чάлƍ kejahatan Чάлƍ tak diduga akan datang tiba2, jujur umur ªkυ͡ baru 25thn, tapi dari umur 11thn ªkυ͡ telah blajar tentang beladiri . Baik itu karate, TD, Metafisik, Hipnotis, spritual, ke ghoiban dll. berapa kali juara dibeberapa kejuaraan beladiri, 20 lebih propensi ªkυ͡ datangi unkt menuntut ilmu Чάлƍ tak ª∂a̲̅ Чάлƍ bisa memuaskan masa remaja ku, sampai saat Πĭε̲ ªkυ͡ mendirikan padepokan aliran baru. Чάлƍ tdk sesuai ªkυ͡ timbah selama ªkυ͡ berguru, dan ªª kunci dari semua jenis beladiri itu, bila bela diri itu sebuah gerakan dan nafas, kita hanya menghapal saja. Dan ªª bila bela diri itu sebuah bacaan atau mantra2. Kita hanya kuat dipemahaman saja.
    Pesanku, apapun Чάлƍ anda pelajari Чάлƍ mana menurut anda bisa menjaga diri anda. Kita harus membentengi diri kt dulu Чάлƍ mana manusia mempunyai sifat sombong dan takabur, ªkυ͡ sebenarnya pingin membahas semua tentang segala positif keilmuan tapi mungkin dilain waktu, atau datang langsung ketemu ªkυ͡ bisa lewat telphon atau bb. 081241220111, pin = 31001b03. Geratis ke ilmuan tampa tanding. Dijamin ampuh bisa langsung coba. Wassalam

    • Itu mas ‘PA’ga jawab tulisan dari mas ‘pengingat’.Ga ada yg salah dari sini, cuma saya mau komen dangkal aja. Cara dakwah mas nyakitin hati orang. Saya ga punya bukti mas, cuma dibekelin perasaan sama Allah swt.

      saya bukan praktisi TD, tapi saya cukup sakit denger cara ngomong mas.mungkin memahami ini jauh lebih penting daripada bimbing orang ke jalan yg benar (jalan menurut mas PA).

      Semua orang punya kepalanya masing2, cara kerjanya beda2. Mungkin awal mas melakukan dakwah begini, mas merasa sedikit terbebani, tapi diyakinkan oleh rasa merasa benar yang mas miliki ditambah dukungan teman2 yang sejalan.

      Iya, mas PA memang benar, mungkin jatah pahala mas banyak. Tapi mungkin juga itu semua plus plos sama jatah mas nyakitin hati orang dari cara mas berdakwah.

      Saya sering menemui orang semacam mas, banyak yang disakiti hatinya padahal kita sesama muslim, taruhlah mas benar, mas menyakiti, taruhlah mas salah, mas menyesatkan. Apa yang mas dapetkan? Pahala? Pengakuan? Ga mungkin allah swt ngasih pahala ke orang yg suka nyakitin perasaan orang dan tetap merasa benar.

      Kadang saya bingung sama orang kayak mas, apa hatinya udah pada ketutup sama ilmu yg kebanyakan ampe ga bisa ngebedain yang mana yang bikin sakit hati orang dan yang mana yang engga?

      Mas sangat baik dan terpuji perilakunya, bimbing orang awam ke jalan yang benar. Tapi orang awam pun bukan orang bodoh, dalam hatinya mereka menyadari mas benar. Terus kenapa ga semua orang ikut cara pandang mas PA? Mudah jawabannya mas,

      Karena banyak orang awam, yang melihat cara mas menyindir, menginsepsi orang, dengan kalimat pedas. Untuk apa mengikuti jalan yang membimbing dengan menyakiti? Sudah pastilah itu bukan jalan yg benar. Akhirnya teman2 disamping mas selalu dari latar belakang ekonomi yang sama, atau setidaknya teman sekampung, se lingkungan.

      Orang awam salah, bukan karena dibutakan oleh uang dan materi lainnya. Mereka mencari dan merindukan agamanya. Hanya saja ahli agamanya senang menyindir sehingga berpikir ribuan kali untuk mempercayainya.

      Harap mas tidak membalas ini dengan menganalisis tulisan saya, mencari celah untuk diperdebatkan, dan berakhir mencari pembenaran dari ayat qur-an. Akhirnya menyatakan diri benar yang dilanjutkan mengulang2 posting setema atau meminta suara dari teman.
      Saya bosan melihat hal seperti itu, terlalu banyak di jejaring sosial.

      Saya harap tulisan ini dapat membuat hati mas sedikit merasa bersalah atas dakwah2 mas yang terasa menyindir bagi saudara2 mas sesama muslim.

      Kalau mas bertanya
      ” terus mau pake cara apalagi biar orang awam sadar?”

      Yang pasti bukan cara yang menyakiti perasaan, tidak melulu debat menghasilkan kesimpulan, semacam debat mas yang tidak menarik orang sama sekali tapi menyakiti hati orang.

      • tunjukin aja mas mana yg menyakitkan hati dan yng merasa benar sendiri atau ada yang sakit hati gara2 kesalahannya terkuak sehingga dengan sakit hatinya dia bersikukuh dengan pendapatnya dan mengatakan “yg menasehati itu merasa benar sendiri” ingat mas anak adam itu membunuh saudaranya karena sakit hati karena kejelekan sifatnya terkuak oleh saudaranya sehingga dibunuhlah saudaranya itu, koruptor itu juga sakit hati karena kebejatannya terkuak dll coba renungkan lagi mas, memang kadang kebenaran itu pahit/menyakitkan hati tapi itulah faktanya mau disampakan dengan cara apapun kalo pada dasarnya orang tersebut tdk mau menerima kebenaran ya akan tetap sakit hati juga karena setan telah bersemayam dihatinya, orng2 kafir memerangi Rosulullah juga karena sakit hati, bahkan beliau pernah dilempari batu sampai berdarah2 juga karena sakit hati padahal kurang halus apa beliau itu? monggo mas apa tetep mau diteruskan sakit hatinya? ….. ya semua terserah yg punya hati…….

  53. hmmm, iya mas diki, saya mengerti maksudnya

    kalo sakit hatinya ga bisa saya tunjukin mas, sakit hati ga keliatan. jadi ga bisa saya tunjukin. terkadang perlu mempercayai apa yang dikatakan saudara se iman anda, tanpa perlu bukti dan alasan logis. karena kita manusia yang dibekali hati oleh allah.

    saya setuju sama mas diki, fakta kadang emang pahit, tapi faktanya itu menurut mas diki. fakta versi mas diki belum tentu fakta versi Allah. mas diki sangat yakin, orang yang mas diki dakwah-in itu salah. mereka juga sebaliknya. mas diki pintar, merekapun pintar. semuanya sama” menjalani shalat 5 waktu.

    yang saya bingung, kenapa mas diki, atau yang berdakwah dengan cara seperti mas diki, selalu menghilangkan faktor penting yang disebut perasaan. padahal itu feedback yang baik, hati dan perasaan orang diberikan oleh allah. itu bukan individual mas, kalau yang merasa lebih dari 10 orang dengan latar belakang berbeda.

    dakwah itu benar.yang mas PA lakukan benar, mas diki lakukan benar. disini saya cuma sedikit berkomentar atau ber kritik, apakah yang mas lakukan itu mengingatkan? saya melihatnya lebih seperti penyerangan terhadap pandangan muslim lainnya. terlihat seperti menjudge. sedangkan menjudge hanya hak allah.

    agak OOT buat yang lainnya. maaf kalau ada salah kata ya. terima kasih buat mas mas mba mba semua.

    • makanya disini kita perlu ditunjukkan mana yg membuat sakit hati, krn para da’i disini sudah membeberkan disetai hujah dr Al-qu’an dan hadist jadi judge mereka sudah sesuai dng pedoman untuk menjudge seseorang ( dlm islam untuk menjudge seseorang hrs dng dalil/hujjah dari Al-quran dan atau hadist yg shohih) atau jangan2 saudara masih belum paham tata cara da’wah dlm islam dan atau jangan2 anda belum membaca secara keseluruhan artikel tsb beserta artikel yg berkaitan dng hal tsb afwan jika ada kata2 saya yg salah.

  54. oh iya, daritadi salah sebut, mas didik maksudnya. hehe
    maaf mas,

    ada 1 hal lagi yg penting mas, ini bukan jaman nabi muhammad lagi, jaman beliau orang saling bunuh karena kepercayaannya, sedangkan mas didik bukan sedang menasihati orang yg tidak mengenal Allah sama sekali. mas sedang menasihati muslim yang notabene saudara mas. yang mungkin di mata allah derajatnya lebih tinggi.

    • mas percaya nggak kalo jaman boleh berbeda tapi konflik itu tetap sama sebabnya, bergulir dari jaman ke jaman ya tetap seperti yg tertulis dlm Al-qur’anul karim tdk akan pernah berubah penyebabnya yaitu antara yg membela kebenaran dr Allah SWT yg telah tertuang dlm Al-qur’an dan pendukung kemungkaran (kesalahan)/ yg dinyatakan perbuatan salah oleh Allah SWT, semoga kita digolongkan dalam org2 yg selalu dalam lindungan Allah SWT yaitu org2 yg selalu membela kebenaran yg hakiki aaamiiin…..

    • Kepada Mas Perdana Ahmad S.Psi.
      Saya ingin bertanya, bagaimana hukumnya bila melindungi diri melalui tenaga dalam disaat genting? (dengan hati yakin hanya Allah lah yang Maha Penolong dan patut dimintai pertolongan).. Itu termasuk halal/haram kah? Kenapa?.
      Jika memang tenaga dalam itu tidak ada, kenapa Allah mengizinkan manusia untuk mengungkap cara2 melatih tenaga dalam?. Bagaimana hukumnya jika menggunakan tenaga dalam untuk membantu orang lain (positif) ?.

      Terimakasih .

  55. Sebenarnya tenaga dalam itu ada, dan saya menyebutnya tenaga Allah tapi tenaga dalam itu hanya di miliki oleh orang pilihan saja. Jika anda melihat orang bisa menjatuhkan orang tanpa di sentuh, bisa berjalan di atas, tidak mati di tusuk atau iank laen’ janganlah kagum dulu tapi lihatlah amalan, ibadah, perilaku, ketauhidan, dan kekuatan imanya kepada Allah kalau semua yang saya sebutkan itu tidak ada maka itu kekuatan setan jadi perhatikanlah orang’ yang punya kekuatan tenaga dalam itu..
    Kalau anda tidak percaya tenaga dalam/kekuatan Allah itu tidak ada coba anda cari sejarah’ para sunan, keraja’an’n terdahulu mereka punya kelebihankan bisa terbang, pindah dari pulau ke pulau lain itulah rahasia Allah…

  56. udah jangan ribut terus,lain lalang lain belalang,begitu jg manusia biar mereka urus urusan masing2,gunakanlah waktu dengan hal yang bermanfaat bukan untuk ngurusi orang lain,,,setuju sedulur kabeh

  57. Dulu saya pernah dipalak dijalan sama 5 orang pemabuk bawa senjata tajam.
    Apakah bisa tenaga dalam yang kita latih bisa membantu kita untuk menjaga diri kita dari orang2 tsb.
    Karena menurut orang2, tenaga dalam hanya berfungsi pada orang2 yang emosi saja?
    Krn para preman tsb berpura2 emosi sambil mengacungkan senjatanya.

    Terima kasih,

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s