MENGANALISA PUKULAN “ONE PUNCH” BRUCE LEE DAN ILMU METAFISIK TAHANAN MAUT HIKMATUL IMAN

Analisa saya ini untuk menanggapi komentar Mba Popyherlina anggota Sekte Hikmatul Iman.

One inchi punch alias pukulan satu inci adalah pukulan yang dilontarkan dari jarak satu inci dengan sasaran. Pukulan ini pertama kali diperkenalkan oleh  Bruce Lee. Sasaran pukulan satu inci adalah ulu hati. Walaupun dilontarkan dari jarak satu inci namun pukulan demikian bisa membuat yang dipukul terpental dan sesak nafas . Pukulan satu inci KLAIM oleh para ahli ilmu bela diri sebagai pukulan aneh bin ajaib. Aneh bin ajaib karena bisa membuat manusia yang beratnya di atas empat puluh kilogram mencelat namun tidak bisa digunakan untuk memecahkan papan atau batu bata.

Lihat video dibawah ini :

Bruce Lee memperkenalkan pukulan satu inci kepada murid-muridnya. Saat itu dia menggunakan manusia kayu sebagai sasaran. Untuk keperluan demonstrasi Bruce Lee lalu menciptakan pukulan satu inci baru. Pukulan itu dilakukan dengan posisi kuda-kuda miring dan ketika mengenai sasaran tangan ada dalam kondisi lurus.

Apabila anda memperhatikan Filmnya dengan teliti maka anda akan menemukan kenyataan sebagai berikut:

1. Kursi yang diletakan di belakang itu akan membuat target jatuh lebih dramatis.
2. Bruce sama sekali tidak memukul orang itu NAMUN mendorongnya.Dia mendorong dengan seluruh berat badannya.
3. Orang itu bukan terpental namun terdorong jatuh karena kehilangan keseimbangan. Perhatikan posisi kaki dan badan orang tersebut. Sama sekali tidak kokoh.

Orang dalam posisi demikian mudah sekali dirusak keseimbangannya.

Perkembangan teknologi memungkinkan untuk mengukur kecepatan dan kekuatan pukulan satu inci. Teknologi yang sama juga memungkinkan untuk mengukur benturan yang diterima tubuh yang dipukul dengan pukulan satu inci. Walaupun peralatan teknologi canggih menunjukkan kekuatan pukulan satu inci mustahil membuat orang yang dipukulnya mencelat dan terluka namun anehnya banyak orang yang mencelat dan sesak nafas karena pukulan satu inci. Apa yang sesungguhnya terjadi dengan pukulan satu inci? SUGESTI alias SWAHIPNOTIS. Itu sebabnya pukulan satu inci mustahil membuat orang yang tidak percaya atau tidak tahu tentang pukulan satu inci mencelat apalagi sesak nafas.

Apabila percaya dengan kekuatan pukulan satu inci maka secara reflek tubuh anda akan melindungi diri ketika menghadapi pukulan demikian dengan meredamnya. Bagi mata orang awam tubuh anda mencelat ketika terpukul dan anda merasa sesak nafas akibatnya. Namun, yang sesungguhnya terjadi bukan demikian. Yang sesungguhnya terjadi adalah anda mencelatkan diri dan menghentikan pernafasan untuk meredam kekuatan pukulan itu. Anda merasakan kekuatan pukulan itu sesuai dengan yang anda sangka bukan karena kekuatan pukulan itu sendiri. Itulah yang disebut ideomotor response atau  ideomotor efect di mana anggota tubuh bergerak secara reflek tanpa anda sadari.

Ada seorang pesulap bernama Darren Brown , bukan ahli bela diri. Dia MAMPU membuat pendekar itu TERKAPAR dengan pukulan yang SAMA sekali tidak MENYENTUH badan bahkan melebihi kemampuan Bruce Lee.

rahasianya adalah sugesti hipnotisme.

Menurut Brown, yang dia lakukan adalah memadukan kemampuannya menyesuaikan diri, pemahaman bahwa manusia umumnya mudah diperintah, kemampuan mewujudkan impian seseorang dan sugesti hipnotis. Dia menyesuaikan diri dengan pendekar tersebut dengan berprilaku dan menyatakan dirinya seorang pendekar tenaga dalam. Dia memerintahkan pendekar itu merasakan (mengkhayalkan) kekuatan tenaga dalamnya sebelum memukul. Dia berusaha mewujudkan harapan pendekar itu untuk merasakan pukulan tenaga dalam sejati. Dia juga mensugesti pendekar itu bahwa dia akan merasakan pukulan tenaga dalamnya yang benar-benar dasyat. Itu sebabnya ketika dia melancarkan pukulan, pendekar itu menanggung akibatnya.

Maka jika Ilmu Metafisik Hikmatul Iman seperti “Tahanan Maut” dimana murid-murid Hi sering memPraktekkan atraksi “mental-mentalin ” “TAHANAN METAFISIK” jarak jauh hingga murid-murid anggota sekte HI yang berperan sebagai penyerang bisa terpental setelah yang diserang “mengaktifkan tahanan maut” ,  jika dikaji menurut Brown, murid Hi memiliki kemampuan adaptasi dan mudah diperintah alam bawah sadar melalui sugesti hipnotis. Disugesti dan di-barainwash (dibuat seperti “zombie” ) oleh Kang Dicky bahwa tahanan Maut bisa mementalkan orang, KD mem- brainwash murid2 HI dengan menyuruh mereka merasakan (menghayalkan) kekuatan Ilmu Tahanan Maut sebelum memukul.

KD berusaha mewujudkan harapan murid-muridnya untuk merasakan pukulan atau pertahanan tenaga metafisik sejati. Guru Utama Hikmatul Iman juga mensugesti murid-muridnya yang lugu  bahwa mereka akan merasakan ” benteng” Tahanan Maut yang benar-benar dasyat. Itu sebabnya ketika atraksi Tahanan maut penyerang  menanggung akibatnya………….terpental-pental dech ;)

JUga sama dengan berbagi macam ilmu metafisik lainnya, seperti berbagai macam “software” yang di isikan “instal” kedalam tubuh murid-muridnya jika dikaji dari sudut pandang ilmu hipnosis merupakan bentuk sugesti kosong belaka:) NONSENS DAN DELUSIONS ….mau saja di brainwash Kang Dicky…………..sampai-sampai tidak takut untuk menghina dan merendahkan AlQur’an dan sudah masuk golongan ingkar sunnah. hanya orang yang berakal waras dan mendapat perlindungan Allah yang tidak terkena sugesti hipnotis dan Brainwash Kang Dicky

(Maaf jika ada yang tersinggung sebab perkataan saya agak keras, semua ini saya maksudkan agar murid-murid Hi bisa berfikir kritis dan tidak menelan bulat-bulat perkataan Dicky Zainal Arifin)

46 thoughts on “MENGANALISA PUKULAN “ONE PUNCH” BRUCE LEE DAN ILMU METAFISIK TAHANAN MAUT HIKMATUL IMAN

    • salam kenal juga,mas erfan sy udah kunjungi blog ana,sepertinya anda pintar bahasa inggris ya? Boleh ga sy minta bantuan terjemahin artikel dari bahasa inggris ke bahasa indonesia? :)

      Pada Sab, 17 Jul 2010 10:33 EDT

      • Saya baru liat videonya dr pc

        “2. Bruce sama sekali tidak memukul orang itu NAMUN mendorongnya.Dia mendorong dengan seluruh berat badannya.”

        Betul penjelasannya mas. Teknik pukul seperti ini bisa banyak dilihat pada karate.

        3. Orang itu bukan terpental namun terdorong jatuh karena kehilangan keseimbangan. Perhatikan posisi kaki dan badan orang tersebut. Sama sekali tidak kokoh.

        Yups…
        Sepertinya mba popi tidak menyanggah penjelasannya.. :)

    • saya pernah kenal seseorang yang berkata , ” Tuhan bukan nyata karena kondisi Tuhan tidak bisa dilogika “.
      saya sempat berfikir keras untuk mendebat kalimat teman saya , namun saya juga tidak menemukan sebuah jawaban berdasarkan logika untuk menjawabnya , ….
      setelah beberapa bulan saya berfikir , saya coba bereksperimen dengan jawaban yang saya temukan :
      1. saya menyakan kepada teman saya , ” Apakah pernah dia mempelajari tentang Tuhan ?”
      2. Apakah sepenting itukah mendapat teori tenteng Tuhan ?”
      3. Apakah bisa dia menjelaskan sesuatu yang jelas terlihat , nyata dan berdasarkan logika kepada saya hingga saya paham seperti halnya pemahamanya ?
      setelah tiga pertanyaan tadi dijawab … blablablabla …..( saya tidak begitu menggubris jawabannya ), saya meminta dia untuk menjelaskan rasa teh manis yang kebetulan sedang kami minum , dan saya juga menanyakan apakah dia Yakin 100% rasa teh yang dia minum sama persis dengan yang saya minum ….. ?????
      akhirnya dia menjawab ” hehehe ….. ternyata banyak hal harus dicoba sendiri dulu untuk tahu pasti akan sebuah jawaban , karena teori tak sepenuhnya bisa menjelaskan hal yang sebenarnya terjadi , meskipun telah ada berbagai kesaksian ……. ”
      sebelum akau pamit sama temanku aku berkata ” AKEH WONG RUMANGSA BISA , TAPI ORA AKEH WONG BISA RUMANGSA “

  1. @ Perdana

    Salut buat Perdana, sebenarnya hal seperti yg saya harapkan dari anda. Sebagai seseorang yg memiliki dasar keilmuan Psikologi sangat jarang saya membaca tulisan anda berdasarkan keilmuan yg anda pelajari.

    Analisa Psikologi anda terhadap ilmu kontak sangat menarik, seperti yg pernah saya tulis pada comment pertama saya di blog ini. Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis comment yg sama seperti yg anda tulis dalam artikel ini … tetapi ini kan blog anda dan anda pun memiliki basis ilmu Psikologi jadi sudah sepantasnya anda lah yg menulisnya :D

    Mengenai pukulan one inch sebenarnya ada analisa lain dari sudut pandang ilmu mekanika. Sebenarnya teknik pukulan ini dikenal secara umum dalam dunia beladiri china sebagai Fa Jin.

    Mungkin lain kali saya akan menulis comment saya tentang Fa Jin ditinjau dari sudut mekanika otot yg bekerja dalam tubuh kita.

    • betul, bruce lee itu pendekar sejati .
      dia bisa sja mlkukan pukulan 1 inci itu,
      aku sering mengikuti vidio2 pelatihan dan filmx.
      bruce yg terbaik.
      dia yg kami idolakan

    • betul bro, orangnya uda ninggal baru berani komentar.
      seandainya yg komentar hidup 1 zaman dengan Bruce Lee juga gak berani apa apa.
      Biasanya ya penonton lebih memang lebih pintar dari pemain ha ha

  2. FAJIN

    Sebenarnya Fa Jin adalah konsep pukulan yg dikenal dalam Nei Jia ( Beladiri Internal ) di CMA, seperti Tai Ji Quan, Xin Yi Liu He Quan, Ba Ji Quan dsj.

    Sedang Bruce Lee bukanlah praktisi Nei Jia, Wing Chun yg dipelajari Bruce Lee bisa digolongkan sebagai Wai Jia ( Beladiri Eksternal ). Wing Chun sendiri lebih mengandalkan pukulan cepat bukan Fa Jin. Dalam olahraga tinju pukulan Wing Chun bisa diibaratkan sebagai pukulan Jab sedang Fa Jin sebagai pukulan Straight. Tapi memang pukulan One Inch Bruce Lee bisa dikatakan mirip dgn Fa Jin dari Nei Jia. Seperti yg bisa anda lihat dari penjelasan saya di bawah ini.

    Fa Jin sendiri berarti melepas tenaga – yaitu hentakan tenaga yg dikeluarkan dalam suatu pukulan. Konsep Fa Jin adalah Whole Body Movement, pukulan dimulai dari ujung kaki, telapak kaki, betis, lutut, paha, pinggang, punggung, bahu, lengan atas, siku, lengan bawah, pergelangan tangan dan berakhir di telapak tangan. Semua rangkaian otot ini bekerja hanya dalam satu hentakan pukulan saja yg akhirnya dikenal dgn istilah Fa Jin.

    Bayangkan otot-otot yg bekerja dalam Fa Jin ini sebagai suatu rangkaian lokomotif, ketika otot ujung kaki berkerja – bayangkanlah sebuah lokomotif yg mulai bergerak dan ketika mencapai kecepatan maximum maka lokomotif ini menghantam lokomotif kedua ( otot telapak kaki ) – lokomotif kedua akibat dorongan dari lokomotif pertama mulai bergerak – pada saat yg bersamaan, lokomotif yg kedua mulai menjalankan mesinnya dan ketika mencapai kecepatan maximum lokomotif kedua menghantam lokomotif ketiga ( otot betis ) begitu seterusnya hingga lokomotif yg terakhir ( otot telapak tangan ).

    Jika masing-masing lokomotif mempunyai kecepatan maximum 100 km/jam maka bisa dibayangkan berapa kecepatan lokomotif yg terakhir. Lokomotif 1 menghantam lokomotif 2 dgn kecepatan 100 km/jam, lokomotif ke 2 akan menghantam lokomotif ke 3 dgn kecepatan 200 km/jam dst. Dan pada saat lokomotif terakhir bekerja mungkin kecepatan sudah mencapai 1000 km/jam.

    Teorinya memang sederhana tetapi dalam prakteknya sangat sulit, bisa saja salah satu lokomotif mendadak mogok – ketegangan berlebih bisa menyebabkan otot tidak bekerja sesuai dgn keinginan kita. Atau bisa saja pada saat salah satu lokomotif menghantam lokomotif berikutnya, ternyata lokomotif berikutnya ini terlalu cepat atau terlambat menjalankan mesinnya, tentunya hasil yg didapat tidak optimal.

    Jika rangkaian lokomotif ini tidak bisa bekerja sama dgn baik yg terjadi adalah masing-masing lokomotif hanya akan menghilangkan kerja dari lokomotif lainnya. Pada kasus terburuk adalah jika akhirnya kita hanya berhasil menggerakan 2 – 3 lokomotif terakhir saja secara berurutan dgn baik – hasil yg seharusnya bisa mencapai 1000 km/jam mungkin hanya akan menghasilkan kecepatan 200-300 km/jam saja. Pukulan Fa Jin yg seharusnya whole body movement akhirnya menjadi pukulan biasa saja.

    Sekarang bagaimana melatih agar bisa mendapatkan Fa Jin tsb. Kunci agar mendapatkan Fa Jin adalah kemampuan untuk merasakan otot-otot tubuh bekerja sebagai satu rangkaian kesatuan utuh. Kita harus mampu merasakan kapan dan dimana terdapat otot yg mulai bekerja dan otot yg mulai berhenti bekerja. Jika kita mampu merasakannya maka kita akan mampu mengerakkan seluruh otot tubuh kita dalam satu rangkaian kesatuan yg saling bekerja sama seperti rangkaian lokomotif yg saya jelaskan di atas.

    Latihan dasar yg biasa dilakukan Nei Jia CMA untuk mendapat kemampuan di atas adalah Zhan Zhuang ( Kuda-kuda ). Zhan Zhuang bagi praktisi beladiri lain mungkin akan tampak seperti latihan kuda-kuda biasa. Tapi tujuan utama Zhan Zhuang bukan hanya untuk menguatkan otot kaki saja seperti beladiri lain. Tujuan Utama Zhan Zhuang adalah agar praktisi Nei Jia mempunyai kepekaan merasakan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan utuh. Zhan Zhuang biasanya hanya berbentuk kuda-kuda sederhana saja – yg tentunya masing-masing Nei Jia memiliki bentuk kuda-kudanya sendiri-sendiri.

    Ketika melakukan Zhan Zhuang, praktisi Nei Jia pertama kali berusaha merasakan dimana titik berat tubuh berada. Dan seperti kita tahu titik berat tubuh kita berada di … yup di bawah pusar atau yg biasa disebut Dan Tien. Pernafasan yg dipakai Zhan Zhuang biasanya hanyalah pernafasan normal saja – tidak ada pernafasan khusus. Latihan Zhan Zhuang sendiri biasanya cukup lama bisa berjam-jam … jadi bayangkan saja datang latihan hanya untuk berdiri pasang kuda-kuda doang, udah gitu latihan seperti berbulan-bulan lagi :D

    Mempunyai sense ( kepekaan ) dimana letak titik berat tubuh sangat penting dalam beladiri. Setiap kali kita melangkah atau melakukan suatu gerakan maka sebenarnya kita sudah memindahkan titik berat tubuh kita. Dengan mempunyai kepekaan di mana letak titik berat tubuh kita maka kita akan mempunyai kestabilan lebih pada saat melakukan jurus sehingga lawan akan lebih sulit membuat kita off balance. Selain itu dgn kepekaan ini kita juga bisa memanfaatkan saat perpindahan titik berat tubuh kita sebagai momentum untuk meningkatkan kekuatan pukulan kita – di sinilah inti whole body movement.

    OK … Pertanyaan simple berapa banyak di antara kita yg menyadari ketika kita berjalan sebenarnya titik berat tubuh kita sudah berpindah-pindah … ada yg pernah menyadarinya atau merasakan perpindahan ini. Jika anda menyadari dan merasakan perpindahan titik berat tubuh anda berarti anda bisa digolongkan praktisi Nei Jia yg cukup mahir.

    Besambung :D

  3. Lanjut :D

    Setelah kita mempunyai kepekaan dimana titik berat tubuh kita, latihan yg berikutnya adalah melatih kepekaan merasakan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan yg utuh. Latihan yg dilakukan masih tetap dalam kondisi Zhan Zhuang hanya kali ini praktisi diuji kemampuannya untuk meredam tenaga dorongan. Pelatih akan mendorong dari segala arah praktisi yg sedang melakukan Zhan Zhuang. Praktisi yg melakukan Zhan Zhuang harus mampu meredam tenaga dorongan tsb tanpa mengerahkan otot tubuhnya untuk melawan tenaga dorongan tsb.

    Bayangkan anda melakukan kuda-kuda, kemudian dada anda didorong. Apa yg anda lakukan agar anda tidak terjatuh ? Reaksi alami kita adalah mengerahkan otot dada kita untuk mendorong balik tekanan tsb. Tindakan seperti ini sebenarnya kurang tepat karena begitu lawan anda menghilangkan tenaga dorongannya, anda akan menjadi off balance. Dalam Zhan Zhuang ketika menghadapi dorong ini, caranya adalah dgn mengarahkan tenaga dorongan tsb ke titik berat tubuh kita – di sini bisa kita lihat arti penting kepekaan terhadap titik berat tubuh dalam Nei Jia – kemudian menyebarkannya ke kaki kita ( Rooting ), semua itu dilakukan dgn pikiran kita yaitu dgn merasakannya saja.

    Jika kita menyadari tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan yg utuh, kita akan mudah melakukan ini. Anggap ketika melakukan Zhan Zhuang tangan kiri anda ditekan ke bawah oleh pelatih. Jika anda mempunyai kepekaan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan maka tenaga dorongan tsb tidak hanya akan diterima oleh otot lengan anda saja tetapi juga oleh otot bahu anda, otot punggung dan dada, otot pinggang dan perut, otot paha, otot betis kemudian otot telapak kaki anda. Dgn kerja sama rangkaian otot ini maka tekanan yg dilakukan pelatih anda sama sekali tidak akan terasa. Dari sini bisa dilihat bagaimana pentingnya kemampuan merasakan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan utuh.

    Dan bagaimana kita bisa merasakan semua ini – titik berat tubuh dan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan ? Kita hanya bisa merasakan semua ini jika pikiran kita tenang. Itu sebabnya dalam Nei Jia tubuh yg rileks dan pikiran yg tenang sangat dibutuhkan agar berhasil dalam latihan. Penggunaan pikiran yg tenang untuk merasakan apa yg terjadi dalam tubuh inilah makanya latihan ini disebut Nei Gong ( Latihan Internal ). Aliran beladiri yg banyak melakukan Nei Gong dalam CMA ini disebut Nei Jia.

    Latihan Zhan Zhuang ini dalam Nei Jia biasanya dilakukan cukup lama bisa bulanan bahkan tahunan sampai akhirnya praktisi Nei Jia ini dianggap memiliki kepekaan cukup untuk berlatih jurus. Setelah berlatih jurus tentunya kepekaan akan titik berat tubuh dan kepekaan merasakan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan akan semakin terasah dgn baik. Ketika melakukan jurus, kita melatih kepekaan merasakan titik berat tubuh dan juga tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan utuh dalam kondisi dinamis – tidak lagi statis seperti halnya Zhan Zhuang.

    Pada saat inilah biasanya praktisi Nei Jia mulai bisa merasakan otot mana saja yg bekerja. Setiap kali otot kita bekerja ( menegang ) tentunya akan menimbulkan panas – ini suatu reaksi yg alami saja. Sekarang bayangkan jika praktisi ini melakukan suatu pukulan Fa Jin, apa yg dia rasakan saat itu ?

    Seperti kita tahu pukulan Fa Jin dimulai dari ujung kaki, telapak kaki dst hingga ke telapak tangan. Dgn kepekaan yg sekarang dimiliki maka praktisi ini akan bisa merasakan hentakan panas otot yg bekerja – mulai dari ujung kaki hingga ke telapak tangan. Sekarang bayangkan jika praktisi ini melakukan suatu rangkaian jurus, apa yg dirasakan praktisi ini ? Tentu saja praktisi ini akan merasakan aliran panas yg menari-nari dalam tubuh selama melakukan rangkaian jurus tsb – yg sebenarnya reaksi alami dari panas otot-tubuh yg bekerja dalam rangkaian jurus tsb.

    Panas yg mengalir akibat otot yg bekerja inilah yg menimbulkan mitos Tenaga Dalam. Jadi sebenarnya tidak ada faktor supranatural yg bekerja pada aliran panas yg mengalir dalam tubuh ini seperti anggapan sebagian orang. Semua hanyalah reaksi alami dari otot yg sedang berkontraksi dan karena otot2 ini bekerja secara berurutan kesan yg timbul panas ini berpindah seperti satu aliran dalam tubuh kita.

    Lantas apakah mitos Tenaga Dalam yg dasyat juga suatu yg salah. Sebenarnya tidak juga – mitos ini ada juga benarnya. Seperti yg kita tahu praktisi Nei Jia mempunyai kepekaan merasakan tubuh sebagai satu rangkaian kesatuan. Di sinilah awal timbulnya mitos seakan-akan jika berlatih Nei Jia kita akan memiliki Tenaga Dalam yg dasyat. Sebenarnya yg terjadi adalah jika orang biasa melakukan sesuatu hanya dengan menggunakan sebagian otot tubuhnya saja maka praktisi Nei Jia melakukannya dgn menggunakan seluruh rangkaian otot tubuhnya – dari kerjasama seluruh rangkaian otot tubuh inilah maka timbul kekuatan yg lebih dasyat dibanding kekuatan orang biasa.

    Hanya saja untuk mencapai tahap seperti yg saya jelaskan di atas butuh waktu yg sangat lama, tidak semua orang pada akhirnya mencapai tahap ini. Dari konsep whole body movement ini bisa dipahami mengapa perlu puluhan tahun untuk menjadi Master dalam Nei Jia CMA ini – karena memang tidak mudah melatih otot-otot tubuh menjadi satu rangkaian kesatuan yg saling bekerjasama seperti rangkaian lokomotif yg saya ilustrasikan di atas.

    Oya saya sendiri bukan praktisi Nei Jia, ini semua saya dapat dari hasil diskusi dgn praktisi-praktisi Nei Jia kenalan saya dan juga intepretasi saya dari hasil diskusi tsb. Kebetulan latihan Zhan Zhuang mempunyai kemiripan konsep dgn Sanchin yg saya pelajari di Karate, perbedaannya Zhan Zhuang diajarkan di awal pelatihan sedang Sanchin lebih diakhir – karna ada persamaan konsep ini saya sedikit melakukan intepretasi terhadap hasil diskusi tsb sesuai dgn pemahaman saya … so CMIIW :D

    • Saya tertarik dengan penjelasan ini…
      Kebetulan saya pernah belajar wushu juga. Memang awalnya membosankan karena berbulan-bulan hanya belajar kuda-kuda saja…

      Yang ingin saya ketahui adalah mengenai ilmu satu jari. Dulu saya pernah nonton di TV dokumenter mengenai biksu Shaolin yang menguasai ilmu ini. Dia bisa handstand hanya dengan menggunakan satu jari telunjuk saja. Bagaimana mekanismenya sehingga jarinya bisa sekuat itu? Teman saya juga pernah melihat langsung dengan mata kepala sendiri salah satu biksu yang bisa melakukannya. Katanya sang biksu tersebut mengerahkan tenaga dalam ke tangannya, sehingga tiba-tiba ukuran tangannya terlihat seakan membengkak/membesar.

      Mohon pencerahannya… Terimakasih:)

      • @ fingertrix

        Maaf baru bisa balas comment anda sekarang – artikel ini sudah terbenam cukup lama jadi saya tidak tahu ada comment untuk saya.

        Oya saya tidak seberuntung teman anda untuk bisa bertemu seorang biksu Shaolin dgn kemampuan seperti itu. Setahu saya Handstand Satu Jari Shaolin – Meditasi Satu Jari – sudah termasuk 72 Latihan Khusus dalam beladiri Shaolin. Jadi metode latihan untuk memiliki kemampuan jari seperti ini mungkin hanya biksu Shaolin yg mengetahuinya.

        Jika saya harus menganalisa bagaimana jari bisa sekuat itu – saya hanya bisa menduga-duga saja karena saya tidak mengetahui metode latihannya secara persis.

        Beladiri Shaolin dikenal dalam CMA sebagai Waijia ( Beladiri Eksternal ) yg metode latihannya biasanya dimulai dari luar ke dalam. Berlawanan dgn Neijia ( Beladiri Internal ) yg saya uraikan di atas, pada Neijia latihan dimulai dari dalam ke luar.

        Analisa saya Kekuatan Satu Jari Shaolin ini juga dimulai dgn metode latihan dari luar ke dalam bukan sebaliknya.

        Jadi dugaan saya latihan dimulai dgn melakukan pengkondisian jari terlebih dahulu untuk memperkuat otot dan tulang jari dgn melakukan suatu bentuk Waigong ( Latihan Eksternal ). Salah satu metode yg saya tahu misalnya dgn menggantungkan suatu beban ( semacam sansak ) yg tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu berat, kemudian memukul-mukulkan jari ke sansak tersebut.

        Tahap pengkondisian jari tsb mungkin terdiri beberapa tahap latihan dgn berbagai cara. Pada banyak pohon yg ada di Kuil Shaolin sering ditemukan lubang-lubang sedalam beberapa cm akibat tusukan jari tangan biksu Shaolin yg dilakukan terus menerus selama proses latihan – menusukan jari tangan ke pohon ini mungkin salah satu tahap Waigong ini.

        Yang perlu diingat Waigong biasanya harus didukung ramuan obat agar tidak menimbulkan cidera permanen – setiap aliran CMA yg melatih Waigong biasanya mempunyai ramuan obatnya sendiri. Tanpa ramuan melakukan Waigong rentan menimbulkan cidera permanen yg dapat merusak tubuh dalam jangka panjang.

        Setelah menyelesaikan Tahap Waigong dan jari dirasa cukup kuat baru dilanjutkan ke Tahap Neigong ( Latihan Internal ). Dan Handstand Satu Jari saya rasa sudah termasuk Tahap Neigong dalam latihan ini.

        Pada Tahap Neigong – yaitu dgn melakukan Handstand Satu Jari – mekanismenya saya rasa tidak terlalu berbeda dgn metode Zhan Zhuang seperti yg saya jelaskan di atas – yaitu menyatukan pikiran dan seluruh otot tubuh menjadi satu kesatuan – membayangkan jari hingga membesar bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk visualisasi untuk memperkuat konsentrasi pikiran ke arah jari saja saya rasa.

        Latihan Handstand Satu Jari ini sama seperti Zhan Zhuang bisa dikatakan sebagai latihan Isometric dalam pelatihan modern. Mengenai pengaruh isometric exercise dan visualisasi pada peningkatan kekuatan otot bisa dibaca comment saya di :

        http://metafisis.wordpress.com/2010/07/24/rahasia-mendapatkan-tenaga-dalam-khayalan/

        Jadi Kekuatan Satu Jari Shaolin ini didapat dari hasil Waigong ( Latihan Eksternal ) sebagai dasarnya diperkuat dgn hasil Neigong ( Latihan Internal ) pada tingkat yg lebih tinggi sebagai isinya. Bukan sebaliknya misalnya dgn latihan pernafasan tertentu lantas jari menjadi kuat.

        Tapi sekali lagi ini hanya perkiraan saya … saya kan bukan biksu Shaolin :D Apa lagi Latihan ini sudah termasuk 72 Latihan Khusus dalam ilmu beladiri Shaolin yg sangat dirahasiakan metode latihannya – mungkin di Shaolin sendiri tidak banyak yg menguasai ilmu ini.

        Jadi mohon maaf jika tidak bisa memberikan pencerahannya …

  4. Bagi yg tidak familiar dgn beladiri china ( CMA ) baik itu Nei Jia dan Fa Jin bisa melihat video di Youtube di bawah ini :

    1. Ba Ji Quan

    Video rangkaian jurus Ba Ji Quan bisa dilihat di link di bawah ini :

    http://www.youtube.com/watch?v=Qgrfpzj1OKk

    Sedang penerapan jurus Ba Ji Quan dalam pertarungan bisa dilihat di bawah ini :

    http://www.youtube.com/watch?v=yhC7GlpDLGM

    Perhatikan detik ke 0:45 dalam video di atas, anda bisa melihat kemiripan dgn One Inch Punch Bruce Lee … mungkin seperti itulah penerapannya One Inch Punch dalam pertarungan sesungguhnya yaitu dgn melangkah masuk sambil menghentakan pukulan Fa Jin.

    2. Xin Yi Liu He Quan

    Video rangkaian jurus Xin Yi Liu He Quan bisa dilihat di link di bawah ini :

    http://www.youtube.com/watch?v=ePEsgnTMd1c

    Sedang penerapan jurus Xin Yi Liu He Quan dalam pertarungan bisa dilihat di bawah ini :

    http://www.youtube.com/watch?v=pCt83AZC2N8

    Video penerapan jurus Xin Yi Liu He Quan pada pertarungan ini lebih baik dibanding video Ba Ji Quan. Pada video ini kita masih bisa melihat hentakan Fa Jin yg dilakukan praktisi Xin Yi Liu He Quan dibanding yg dilakukan praktisi Ba Ji Quan – praktisi Ba Ji Quan hanya sekedar memperlihat jurus saja bukan hentakan Fa Jin nya. Walaupun Fa Jin dari Ba Ji Quan sebenarnya tidak kalah hebat jika dibanding Fa Jin nya Xin Yi Liu He Quan.

    Kedua aliran ini Xin Yi Liu He Quan dan Ba Ji Quan dikenal sebagai Nei Jia ( Aliran Tenaga Dalam ) dari CMA yg beraliran keras. Bisa dilihat perbedaan penerapan jurus Xin Yi Liu He Quan dan Ba Ji Quan yg mengandalkan Fa Jin – straight satu pukulan saja pada setiap serangan – dibanding jurus Wing Chun Bruce Lee yg mengandalkan pukulan cepat beruntun seperti yg bisa kita saksikan dalam film Ip Man.

    Saya sengaja hanya mengangkat 2 aliran ini karna di China kedua aliran ini dikenal sebagai aliran beladiri kaum Muslim China. Bahkan Xin Yi Liu He Quan dikenal sebagai beladiri pelindung kaum Muslim China ( Jiao Men Quan ). Pada awalnya Xin Yi Liu He Quan hanya diturunkan pada kaum Muslim China saja.

    Apakah kedua beladiri ini efektif digunakan dalam pertarungan sesungguhnya ? Jawabannya adalah YA

    Xin Yi Liu He Quan dikenal dalam kalangan praktisi beladiri sebagai ” the most powerful and fighting-oriented style among other Chinese Martial Arts, and for a long time it has been known for its effectiveness in fighting ” Salah satu Master Judo Jepang Dan 5 pernah mencoba ilmu dgn pendekar Xin Yi ini dan dikalahkan secara telak. Saya bayangkan Master Judo ini pasti mendekati Pendekar Xin Yi berusaha membantingnya … dan bum Pendekar Xin Yi masuk dgn satu pukulan Fa Jin telak mendarat di ulu hati Master Judo tsb … terkaparlah Sang Master Judo …. ini memang hanya rekasaya saja :D

    Tapi dgn membayangkan gaya bertarung seorang Judoka dan Pendekar Xin Yi mungkin seperti itulah yg terjadi.

    Sejak itu Xi Yi diajarkan dalam pelatihan Master Judo ini – Master Judo ini hanya mengajarkan Xin Yi kepada Master beladiri lain untuk meningkatkan kemampuan beladiri yg sudah dimiliki sebelumnya. Akhirnya secara berantai Xin Yi juga diajarkan dalam aliran Karate – kebetulan aliran Karate saya termasuk yg mengajarkan Latihan Xin Yi ini. Awalnya latihan Xin Yi hanya khusus untuk para atlit yg akan bertanding karna pertandingan aliran Karate saya memang Full Body Contact. Saya sendiri tidak sempat mempelajarinya karna saya sudah tidak aktif lagi ketika Xin Yi ini diajarkan.

    Sedang Ba Ji Quan dikenal sebagai beladiri Body Guard karna para murid Li Shu Wen – seorang pendekar Ba Ji Quan yg paling terkenal – ada yg menjadi pengawal Kaisar Pu Yi, ada yg menjadi pengawal Mao Ze Dong dan ada juga yg menjadi pengawal Chiang Kai Shek. Li Shu Wen sendiri dikenal sebagai pendekar yg sering mengalahkan lawannya hanya dg satu jurus saja – biasanya lawan berakhir dalam keadaan tewas atau luka parah. Jadi bisa dibayangkan fatalnya pukulan Fa Jin yg dilakukan seorang Master.

    Apakah pukulan Fa Jin benar-benar ada dan sehebat itu ? … kalo mengenai itu bagi yg penasaran sebaiknya anda mencari praktisi aliran tsb dan menjajalnya sendiri. Saya sendiri pernah menyaksikan teman saya dikalahkan oleh seorang sifu aliran Nei Jia dgn Fa Jin nya … kami dulu memang kumpulan bocah bandel yg suka penasaran mencoba ini itu dan kalo belum kena batunya belum kapok :D

    Mudah-mudahan video-video di atas bisa menambah wawasan bagi yg belum mengenal beladiri China ( CMA ).

    • saya rasa paparan diatas berlebihan.
      ola kanuragan masing masing mempunyai titik kelebihan namun dengan konsep kemiripan. Ilmu akan hebat bukan karena ilmunya namun sangat tergantung dari bakat praktisi.

      seorang pendekar akan merasakan olah rasa dan ola raga sebagai satu kesatuan. keahlian kanuragan sangat dipengaruhi oleh ola rasa. tidak bisa dihitung dengan matematika. salam.

      • @ syifa-safa

        Saya menulis tulisan tentang Fa Jin dan Neijia ( Aliran Tenaga Dalam CMA ) di atas karna cukup banyak yg meragukan efektifitas Neijia dalam pertarungan. Saya sama sekali tidak bermaksud untuk mengatakan Neijia lebih unggul dari beladiri lain. Contoh-contoh yg saya berikan hanya untuk menunjukan sedikit bukti efektifitas Neijia dalam pertarungan sesungguhnya.

        Misalnya contoh saya mengenai seorang Master Xinyi yg pernah ditantang oleh Master Judo Dan 5 – Master Jepang ini selain Judoka Dan 5, juga pemegang Dan 4 Kenjutsu selain Dan 4 Iaijutsu. Master Jepang ini perwira militer Jepang yg ditugaskan di China pada tahun 1930an. Pada saat bertanding Master Jepang berumur sekitar 30an sedang Master Xinyi berumur 50an.

        Ternyata Master Xinyi ini bukanlah seorang Master ( Tenaga Dalam ) sekelas Yanagiryuken yg bisa dgn mudah dihajar oleh seorang praktisi MMA – justru sebaliknya Master Xinyi ini yg mengalahkan dengan telak Master Jepang tsb baik tangan kosong ataupun menggunakan senjata … gagal deh Master Xinyi itu masuk dalam artikel “Kumpulan Para Master Tenaga Dalam yang Dipermalukan” di blog ini :D

        Apakah Master Xinyi ini seorang yg tak terkalahkan pada masa itu – ternyata tidak juga. Pada tahun 1928 Master ini mengeluarkan pernyataan terbuka sbb ” Saya sudah mengembara ke seluruh pelosok negeri dan bertarung dgn lebih dari 1000 orang. Ada beberapa orang yg tidak bisa saya kalahkan antara lain seorang Master Xinyi Quan di Hunan, seorang Master Bahe Quan di Fujian dan seorang Master Liuhebafa di Shanghai ”

        Jadi tidak ada yg berlebihan dari contoh yg saya berikan, Master Xinyi ini sendiri mengakui dia bukanlah yg terhebat dan tak terkalahkan. Master Xinyi ini bahkan sempat mengirim 4 murid terbaiknya untuk belajar kepada Master Liuhebafa yg pernah mengalahkannya.

        Setiap aliran beladiri memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

        Sekali lagi saya tidak bermaksud untuk mengunggulkan satu aliran beladiri di atas yg lainnya. Saya hanya ingin mengatakan bahwa Neijia – jika dilatih sungguh-sungguh – akan efektif digunakan dalam pertarungan sesungguhnya. Itu saja …

        Oya saya juga setuju dgn anda – seorang pendekar akan merasakan olah rasa dan olah raga menjadi satu kesatuan dan memang olah rasa bukanlah matematika – saya sangat setuju dgn ini itu sebab ilmu beladiri disebut Martial Art bukan Martial Science :D

        Untuk menguasai suatu Art ( Seni ) – seperti Martial Art – tentunya olah rasa yg paling berperan utama, tetapi setelah kita menguasai Art tersebut – dalam hal ini Martial Art – kita tetap bisa menggunakan pendekatan Science modern – seperti Physiology – untuk memahami bagaimana mekanisme bekerjanya. Misalnya untuk memahami bagaimana sistem motorik ( otot ) dan sistem syaraf tubuh bekerja pada saat melakukan suatu gerakan atau jurus tertentu – Physiology modern bisa sangat membantu dalam hal ini.

        Dari pemahaman sistem motorik dan sistem syaraf tubuh ini para ahli Physiologi Exercise merancang suatu metode latihan modern. Beberapa metode latihan beladiri tradisional juga mulai banyak diteliti Ahli Physiology Exercise misalnya dalam metode latihan modern – latihan seperti Sanchin dikenal dgn Dynamic Tension, latihan statis seperti Zhan Zhuang dikenal dgn Isometric Exercise, sedang untuk mendapatkan explosive power dikenal Plyometric Exercise. Metode Latihan modern ini sangat terukur ( matematis ) sifatnya – perkembangan atlet dimonitor dgn cukup ketat setiap waktunya.

        Metode latihan modern yg dikembangkan Physiology Exercise ini sudah cukup teruji khususnya pada cabang olahraga yg terukur sifatnya misalnya atletik – bisa dilihat pada peningkatan record dunia sprint 100 m yg mungkin tidak akan tercapai dgn metode latihan traditional. Jadi saya rasa kitapun tidak perlu terlalu a priori terhadap metode latihan modern terukur ( matematis ) yg dikembangkan Physiology Exercise ini … sekarang ini mulai banyak praktisi beladiri profesional khususnya di dunia barat yg memanfaatkan metode latihan modern ini.

        Praktisi beladiri itu seperti pembalap, di sirkuit ketika sedang balapan atau latihan balapan ya tidak perlu memusingkan mekanisme cara kerja mobil. Tetapi jika sedang tidak balapan ya tidak ada salahnya belajar jadi montir supaya tahu sedikit bagaimana cara kerja mobil. Keahlian balap memang tidak bisa diukur secara matematis tetapi kekuatan mesin mobil tetap masih bisa diukur secara matematis … iya kan :D

        Saya rasa setiap aliran beladiri tentunya memiliki kosep kesatuan olah rasa dan olah raga ini. Hanya saja pemahaman mengenai kosep ini yg mungkin sedikit berbeda pada masing-masing beladiri.

        Dalam aliran karate biasanya konsep kesatuan antara olah rasa dan olah raga ini dikenal dgn istilah The Unity of Mind, Body and Spirit yg tercermin dalam latihan Sanchin Kata. Sedang dalam aliran Neijia khususnya Xinyi Liuhe Quan dikenal dgn istilah Six Harmony ( Liuhe ). Jika Xinyi Liuhe Quan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bisa disebut dgn ” Pukulan Enam Keselarasan Pikiran ( Hati ) dan Kehendak ” – nama beladirinya saja sudah mencerminkan kesatuan olah rasa dgn olah raga :D

        Itu sebabnya pikiran – dalam bahasa anda ini disebut rasa – sangat penting dalam pelatihan Neijia ini. Seperti penjelasan saya tentang pelatihan Zhan Zhuang dimana praktisi Neijia harus mampu me ” rasa” kan setiap otot yg bekerja sebagai satu rangkaian kesatuan utuh dan ini jadi syarat sebelum mereka dianggap layak melakukan latihan jurus. Pada pelatihan inilah terjadi kesatuan antara olah rasa dgn olah raga seperti yg anda uraikan.

        Bagaimana bukankah ini selaras dgn uraian anda tentang kesatuan olah rasa dan olah raga … bung syifa-safa memang top dah :D

        Memang banyak kemiripan antara aliran beladiri yg satu dgn yg lainnya – itu sebabnya bagi praktisi beladiri biasanya kita tidak mengenal batas aliran. Kita akan menganggap sesama praktisi beladiri apapun alirannya sebagai saudara dan saling menghormati.

        Salam kenal bung syifa-safa

  5. anda ini tak tau apa2x tp sudah bisa bla..bla… bisa merusak citra agama islam
    gua latihan sudah lama di perguruan whing chunn bisa seenaknnya pukulan itu bisa di anggap boong udah itu di gembar-gemborkan di web ini.. tanpa di teliti FITNAH ITU
    anda harus benar2x merasakan dulu pukulan itu baru terasa.. hey klo tidak percaya anda harus banyak bertanya dulu sma perguruan JET KUNDO atau WHING CHUNNYA jangan memfonis kaya gini saran langsung ke TKP langsung banyak kok perguruan di indnesia \. ini benar merusak citra agama islam . islam itu mengajarkan untuk mengkaji dulu lalu mempelajari dulu dengan mata kepala sendiri
    tolong ralat lagi klo tidak anda bisa mempertanggung jawabkan semua yang anda tulis

    • @brucee
      salam knal bung brucee.saya sependapat dgn anda, islam mengajarkan kita utk mengkaji segala sesuatunya apalagi ini mmbawa2 urusan agama.akhr2 ini PA mghilang bgtu saja ktk terpojokan, tpi ini bkn pertama kali kok… klo diajak tabayun ujung2nya bilang buat apa tabayun klo sdh ada data valid…wkwkk. jd bwt bung brucee gk usah heran, mnrt hemat saya tuduhan hoax msh trglong ringan, tentu saja saya jg tidk setuju dgn tuduhan itu,tpi persoalanya jgnkn mnuduh hoax, mnuduh kafir,musyrik,syirk,bid’ah dan tuduhan2 yg mengerikan lainya dgn mengatasnamakan agama saja PA dgn entengnya bilang “gk usah tabayun jk ada data yg dianggap valid” …. ckckckck ….
      utk itu, saudaraku bung brucee, kita sesama muslim yg jg penggemar beladiri mari kita doakan semoga penyakit megalomania PA ini segera sembuh,…dan menyerukan ke perdana akhmad,….bertaubatlah!!!!

    • @bruce
      itulah hebatnya perdana ahamd..tanpa bertemu dan melihat fakta secara langsung..sudah bisa mengambil kesimpulan..
      @perdana ahmad
      gimana nih tantangan tabayunnya??berani nggak ??kok menghilang sih??
      ini saya copy paste dari internet soal bruce lee
      Praktisi Wing Chun dan Pendiri Jeet Kune Do (Intercepting Fist). Beliau adalah aktor sekaligus seniman bela diri yang berangkat dari hobi perkelahian jalanan bahkan dengan anggota2 geng mafia. Pada masa hidupnya, Beliau terkenal dengan sejumlah pertarungan nyata dengan berbagai praktisi bela diri baik pada masa syuting film maupun hari-hari yang telah ditentukan. Berikut adalah daftar sejumlah pertarungan Bruce Lee yang tercatat : a) Pada tahun 1958, Bruce Lee mengalahkan Juara Boxer Inggris 3x, Gary Elms di ronde ketiga dengan KO dalam kejuaran Hongkong Inter School Amateur Boxing Championship b) Sebelum berhadapan dengan Gary Elms, Bruce Lee mengalahkan Shen Yuen, Lieh Lo dan Yang Huang semuanya di ronde pertama dengan KO c) Bruce Lee mengalahkan Pu Chung, Ahli Kungfu Choy Li Fut dengan KO di ronde pertama dalam pertarungan Full Contact Body. Sponsor pertarungan tersebut adalah Wong Sheung Leung d) Selama tahun 1959-1960, Bruce Lee terlibat banyak pertarungan di jalanan dan rata-rata korbannya KO atau cacat, sehingga pihak Kepolisian menjadi sibuk akibat hobi Beliau e) Pada tahun 1962, Bruce Lee mengalahkan Uechi juara Karate Sabuk Hitam dengan KO 11 detik di Seattle. Taki Kimura justru menghitung KO tersebut dalam waktu 10 detik! f) Pada saat syting film The Big Boss di Thailand, Bruce menjawab tantangan dari para Muai Thay dengan meng-KO wakil mereka hanya dalam hitungan detik g) Pada saat syuting film Enter The Dragon, Bruce juga menjawab tantangan seorang Karateka Ban Hitam dengan meng-KOnya dalam hitungan detik h) Dalam beberapa kesempatan, Bruce menjawab tantangan dari berbagai ahli bela diri baik dengan menggunakan tangan kosong maupun senjata, namun semua lawannya rata-rata mengalami nasib KO atau tidak dapat melanjutkan pertarungan. Pada umumnya pertarungan tersebut disaksikan banyak orang atau ahli-ahli bela diri lainnya i) Pertarungan yang terlama dan cukup menguras energi Bruce Lee adalah pada saat Beliau berhadapan dengan Wong Jack Man, ahli Xing Yi, Kungfu Shaolin Selatan dan Tai Chi. Konon Wong Jack Man adalah petarung Kungfu dari Chin Woo School.
      Pertarungan selesai dalam waktu 20-25 menit dengan kemenangan Bruce Lee. Di lain kesempatan, Wong Jack Man mengajukan tantangan kembali namun Bruce Lee tidak pernah menanggapi. Belajar dari pertarungan tersebut, Bruce mengintegrasikan seluruh kemampuan dan ilmu bela dirinya dan akhirnya menciptakan aliran bela diri baru, yakni : Jeet Kune Do.
      artinya bruce lee itu benar-benar ahli bela diri..
      jadi jangan dibilang kemampuannya hoax yah..
      tolong kalo ingin menulis buatlah data yang valid..intinya data anda jangan hanya berasal dari hasil googling saja tapi datang langsung kesumbernya

  6. kalo orang lagi berdiri ngelamun, kita pukul sekuat tenaga, apa yag terjadi?

    tapi saat bertarung, sekeras apapun pukulan, biasanya roboh ditempat, atau refleks mundur atau menghindar untuk meringankan efek pukulan.

    nguji yg paling enak sih, pada pertarungan fisik sesungguhnya. atau lihat aja pertandingan tinju.

  7. one inci puch adalah ciptaan bruce lee hasil daripada kekalahan bruce lee kepada allahyarham datuk meor iaitu satu tumbukan batin yang terkena tepat pada jantung bruce lee sehingga bruce jatuh dan pengsan

  8. Bruce Lee merupakan lagenda dalam dunia seni beladiri. Kalau tak kerana jasa2 Bruce Lee, orang putih tak reti nak berkungfu. Boleh dikatakan, Bruce Lee adalah orang yang memperkenalkan kung fu di Hollywood.Pada zaman kegemilangannya, Bruce Lee masih muda. Umur awal 30 tahun.

    Beliau belajar daripada semua orang dan sanggup mengajar kepada semua orang. Ini adalah revolusi pada masa itu kerana kesemua mahaguru kungfu hanya mengajar ilmu kungfu kepada orang Cina sahaja, tidak kepada bangsa asing terutama orang2 putih.Bruce Lee ni mencipta sistem tempur bernama Jeet Kun Do, yang mana adalah falsafah beladiri yang bebas menggunakan apa sahaja teknik. Just take whatever useful & good to you. Kira macam kungfu rojak leer. janji boleh menang.

    Dalam keghairahan inilah, Bruce Lee mencabar mana2 sahaja mahaguru yang hebat2 pada masa itu untuk test power. BrIuce Lee memang hebat… beg pasir boleh pecah sekali sepak sahaja. Bruce Lee suka cabar orang lain yang hebat2.Antaranya ialah Mahaguru Silat gayong malaysia, Dato Meor Abd. Rahman.

    Pada tahun 1973, Mahaguru Dato’ Meor Abdul Rahman telah keluar negara untuk melawat saudaranya yang menetap di England. Pemergian beliau ditemani oleh Dato’ Syed Ahmad Jamalullail, seorang saudaranya. Dalam perjalanan pulang ke tanahair, pesawat yang mereka naiki telah singgah sebentar di lapangan terbang di Hong Kong. Ketika menunggu penerbangan berikutnya, beliau telah disapa oleh Bruce Lee, pakar Kung Fu dan seni beladiri Jeet Kune Do. Bruce Lee telah mendapat tahu bahawa Mahaguru Silat Seni Gayong, Meor Abdul Rahman telah berada di Hong Kong.

    Setelah memperkenalkan dirinya sebagai Bruce Lee, si Raja Kung Fu, Bruce Lee telah mencabar Dato’ Meor Abdul Rahman agar bertarung dengannya. Beliau ingin melihat sejauh mana hebatnya seni mempertahankan diri milik orang Melayu yang dinamakan silat itu. Bruce Lee dengan angkuhnya berkata jika Meor Abdul Rahman menang dalam pertarungan itu, silat Meor Abdul Rahman adalah yang terbaik, TETAPI jika Bruce Lee pula yang memenangi perlawanan itu, Seni Jeet Kune Do ciptaannya adalah yang terbaik di dunia. Kehebatan Dato’ Meor Abdul Rahman rupa-rupanya telah sampai ke pengetahuan Bruce Lee.

    Sebelum daripada itu, pada tahun 1972, serombongan pakar-pakar Kung Fu Hong Kong telah datang ke Malaysia untuk mencari tokoh-tokoh seni beladiri yang dapat bertarung dengan Bruce Lee. Rombongan pakar Kung Fu ini telah berjumpa dengan Dato’ Meor Abdul Rahman di Taiping. Dalam pertemuan tersebut, mereka telah mencabar Dato’ Meor Abdul Rahman untuk menunjukkan kebolehan beliau. Dato’ Meor Abdul Rahman telah menangkap serta mengunci kesemua enam orang ahli-ahli Kung Fu tersebut. Kemudian, Dato’ Meor telah menyuruh ahli-ahli Kung Fu tersebut bertemu dengan murid kanannya pula iaitu Cikgu Ahmad bin Lazim.

    Memandangkan Bruce Lee masih muda dan mentah, Dato’ Meor Abdul Rahman telah menasihati Bruce Lee agar melupakan sahaja niatnya hendak mencuba beliau. Namun, Bruce Lee tetap berdegil juga. Oleh kerana Bruce Lee terus mendesak, maka Dato’ Meor Abdul Rahman akhirnya menyahut juga cabaran daripada Bruce Lee tersebut. Untuk mengelakkan keadaan daripada menjadi gempar, Bruce Lee dan Dato’ Meor Abdul Rahman dengan ditemani oleh beberapa orang menuju masuk ke dalam bilik tetamu di lapangan terbang tersebut.

    Sebaik sahaja melihat Dato’ Meor Abdul Rahman telah bersedia, Bruce Lee pun dengan kepantasan serangan kakinya pun mula mengasak. Setelah beberapa serangan berjaya dielak, akhirnya Dato’ Meor Abdul Rahman tiada pilihan lain melainkan bertindak balas dengan melepaskan satu pukulan tangan(Kipas Senandung) yang tepat mengenai rusuk Bruce Lee. Pukulan tangan Dato’ Meor Abdul Rahman yang nyata berbisa telah menyebabkan Bruce Lee jatuh tersungkur dan menggelupur kesakitan. Kerana belas kasihan ke atas Bruce Lee, Dato’ Meor Abdul Rahman pun menawarkan bisa pukulannya ke atas Bruce Lee menggunakan air yang didoakan dan disapu ke kawasan sakit tersebut.

    Setelah Bruce Lee pulih daripada kesan pukulan Dato’ Meor Abdul Rahman tersebut, akhirnya Bruce Lee dengan rendah diri, mengakui kehebatan Dato’ Meor Abdul Rahman dan ilmu silat yang dimilikinya. Tidak lama selepas peristiwa pertarungan Bruce Lee dengan Dato’ Meor Abdul Rahman ini, Bruce Lee dilaporkan telah meninggal dunia di Hong Kong akibat penyakit misteri.(Menurut Daniel Inosanto, murid kanan Bruce Lee, di hari-hari terakhir Bruce Lee sebelum beliau ditemui mati, Bruce Lee giat mengkaji tentang Seni Silat Melayu. Kini tugas Bruce Lee disambung oleh Daniel Inosanto, sebagai satu-satunya pewaris JKD yang ditauliahkan oleh Bruce Lee. Daniel Inosanto telah memasukkan Silat sebagai sebahagian daripada mata pelajaran Jeet Kune Do nya.)

    • one inci puch adalah ciptaan bruce lee hasil daripada kekalahan bruce lee kepada allahyarham datuk meor

      tapi ditulisan selanjutnya

      Tidak lama selepas peristiwa pertarungan Bruce Lee dengan Dato’ Meor Abdul Rahman ini, Bruce Lee dilaporkan telah meninggal dunia di Hong Kong akibat penyakit misteri.

      jadi kapan/dimana sebenarnya bruce lee menciptakan one inci puch

    • tapi anehnya,, silat tdak pernah ada bukti kemampuannya d dunia, hnya crita doank….coba liat orang yang lati silat..wahh, berdiri adja tidak seimbang, apa lagi mw brklahi benaran…
      …jgn iri ko bro, kmampuan orang….

  9. sebenar nya pukulan satu inchi ini di ciptakan sudah lama….mungkin sejak ng mui baru menciptakan wing chun kuen
    dalam bela diri wing chun (bela diri bruce pertama kali) ini di sebut cun cuen..dan di tai chi pun ini ada,tapi menggunakan dorongan bukan pukulan..yang di sebut fa ching
    bruce di ajarkan ini oleh GM ip man ketika dy beguru kepada ip man..
    tapi karena ketenaran bruce leee maka banyak orang yang mengira kalau dy yg menciptakan ini..
    maaf kalau ada yang salah

  10. Waaaahhhhhh ki konangan neh ngapusine hahehahehahehahe.permisi mase mau mutr2 cri artikel yg lucu2 ky iki ben iso ngguya ngguyu.pareng rien mase hahehahehahe

  11. numpang berbagi aja ya temen2, sy bukan seorg ahli beladiri juga bukan pengamat aliran2 beladiri di seluruh dunia…tapi sy pernah baca dlm suatu buku yg membahas ttg pukulan 1 inchi dilihat dari sudut pandang disiplin ilmu Bio mekanika gerak tubuh manusia. Yg intinya bahwa aktivitas dlm seni beladiri tidak lepas dari daya gerak tubuh. Baik pukulan, tendangan, tangkisan dll. Konsep Gaya, Kecepatan, Waktu, Percepatan, Konsep Sentrifugal dan Sentripetal yg secara fisika dibahas, ternyata konsep2 tsb. juga digunakan dlm seni beladiri termasuk istilah “pukulan 1 inc” Trims

  12. Yup,sepertinya Mas Perdana ini harus merasakan dulu pukulan 1 inchi sebelum menulis artikel ini… btw keliatannya yg bersangkutan ngga bisa komen lagi tuh

  13. Satu dari saya, sebenarnya “One Inch Punch” itu asalnya dari Wing Chun. Dan “One Inch Punch” itu memukul dengan menyerap energi dari bumi dan diserap dari telapak kaki, kemudian energi itu dikumpulkan di kepalan tangan. Pukulan tersebut terlihat seperti mendorong, tapi, itu sepertinya memukul, soalnya, saya pernah melihat video pukulan satu inci Bruce Lee menghancurkan sebuah kayu.

  14. pukulan satu inchi, memang pukulan yg di latih begitu lama,
    jadi susah untuk memahaminya begitu saja,
    sebab itulah jalannya pukulan,
    1-berisi tapi kosong
    kosong tapi berisi ha…ha…ha….
    2-belajar dua tahun, sudah pintar
    belajar sepuluh tahun sudah hebat,
    belajar duapuluh tahun, sudah tidak tahu apa-apa
    seperti mengalirnya AIR……….

    bila mengerti kedua hal itu, anda pasti paham, apa itu makna pukulan
    satu inchi…..tapi maaf yach, saya tidak bermaksud mengajari,

  15. Sering tanpa disadari, kita bersikap seolah-olah diri kita (pikiran, gagasan, kelompok) adalah pusat kehidupan. Karenanya, suatu pengertian yang di luar sistem pengetahuan dan pengalaman kita adalah salah. Orang lain bisa saja benar tapi tidak mutlak benar, yang mutlak adalah aku dan kelompokku.

    Penyakit mental seperti ini sering kita temukan di dalam suatu kelompok fanatis. Karena memang demikianlah desain suatu kelompok fanatis sampai kapan pun. Uniknya, di dalam masyarakat mana pun akan kita temui model penyakit seperti ini. Mereka secara kaku menganggap bahwa kehidupan (termasuk di dalamnya; agama, ilmu pengetahuan, kebudayaan) harus dilihat secara ideologis. Dengan bersikap demikian, mereka menyatakan kebenaran versi mereka secara monolog. Mereka tidak menyadari lagi bahwa itu adalah tindakan yang egois. Mereka berkutat dengan wacana salah dan benar tapi melupakan bahwa pengertian (salah-benar) itu satu dengan perbuatan.

    Jadi, biarkanlah orang menilai pengertian kita pada perbuatan yang kita tampakkan. Berikan manfaat yang sangat menolong hidup mereka, dengan begitu mereka pun akan mengikuti kita. Seperti para sahabat Nabi yang banyak masuk Islam karena memang terpesona oleh keindahan budi pekerti Nabi.

    Coba kelompoknya bung PA melakukan tindakan yang real, paling tidak mampu mengurangi persoalan nyata sehari-hari; kemiskinan, tanah yang rusak, harga pupuk yang tinggi, tengkulak yang licik, peraturan pemerintah yang menindas, korupsi, upah buruh yang rendah dan begitu banyak lagi persoalan bangsa ini. Ini sunnah besar, melawan ketidak adilan, membantu yang lemah, melawan penindasan, adalah ruh dari Islam, kalau kita menyadari ini maka kita semua sebetulnya BIDAH semua.

  16. semua tergantung diri masing2 yg menilai

    saudara2 skalian cba aja tiap pagi mukul dinding sekuat2nya 100 kali
    tiapsore 200 kali tiap malam 300 slama 1tahun aja (1 inci mukulnya )

    coba pukul orang dari 1 inci sekuat2nya jamin pasti sakit

    ala bisa karna biasa

  17. kenapa musti bertele2 jelasinxa?
    Singkatnya gini,udara punya masa kan?punya tekanan kn?n bisa bergerak kn?
    Dlm pukulan 1 inchi yg dipraktekkan itu,pukulannya begitu keras dan menghentak,shg udara didepannya tertekan dan meneruskan gaya dorong dari pukulan yg dilontarkan lalu mengenai sasaran.

    Mirip dg meniup lilin,paham kn?

  18. buat bapak Perdana Ahmad lebih baik mengkaji dolo sebelum mengeluarkan statement.. jangan tong kosong nyaring bunyinya memalukan diri sendiri.. kalau saya jadi anda saya sdh menyembunyikan foto saya, malu saya.. lebih baik anda mencari dolo wawasan mengenai “neigong” baru anda memberikan statement mengenai pukulan satu inci.. yah paling tidak coba anda rasakan sendiri dengan tubuh anda.. itu jika anda memang ingin menyampaikan suatu kebenaran buat pembaca bukan hanya atas analisa pemikiran anda yang sempit dan tumpul yang justru mengakibatkan pembaca menjadi semakin bodoh krn dibodohi oleh anda..

  19. pesulap dan beladiri kan berbeda,untuk mendapat value yang tepat dari suatu problem boleh disubtitusikan dengan nilai lain yang masuk akal,bukan disubtitusikan dengan nilai lain yang berbeda jauh.

  20. waduh om, teorinya bagus, prakteknya bs gk?? Nte gk punya masalah deng bruce lee dan jeet kune do, napa bawa2 jeet kune do?? Mau saya gugat???

  21. setau gw, ada tuh video yg matahkan kayu dgn pukulan oni inch punch,dan setau gw di jaman nya bruce lee adalah seniman beladiri yg tak terkalahkan, yg pernah bertanding dgn dia selalu berakhir K.O klo ga jd cacad, dan senang bertarung dgn gengster jalanan, sehingga para polisi sering di sibukkan dgn hobinya bruce lee ini…

    Bruce Lee adalah Legenda Bela Diri yg tak terkalahkan, stlh kematian bruce lee baru bnyk yg mengklaim lbh hebat daripadanya..
    Lucu ahh

  22. Bruce lee menciptakan ”one inch punch” untuk melawan orang eropa yg besar2.. Saya prnah mempraktekkan pukulan ini saat brtarung dgn preman. One inch punch, akn lebih efektif jika d lancarkan lurus dgn emosi yg d lepaskan dlm satu pukulan.. jika dlm tinju, prgerakan kaki dan bahu d redam, dan tinju d lepaskan lurus melengkung vertikal, maka efeknya is unblockable.. pokoknya one inch punch banyak menginspirasi..
    Lagi pula tdk prlu menanyakan kekuatan mr. Lee.. Klo bukan krn obat atau racun, kita psti msih bs mlihat jurus2 baru dri nya..

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s