Rahasia Mendapatkan Tenaga Dalam Khayalan

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam berlatih tenaga dalam adalah MENGKHAYAL tentang sebuah titik yang letaknya dua jari di bawah pusar. Titik itu disebut TANTIEN. Langkah kedua adalah MENGKHAYAL tentang udara yang dihirup lalu dikirim ke titik yang disebut TANTIEN. Langkah ketiga adalah MENGKHAYAL tentang keberadaan sebuah PUSARAN tenaga di TANTIEN yang berputar searah jarum jam. Langkah keempat adalah MENGKHAYAL tentang suatu TENAGA yang mengalir keluar dari TANTIEN. Langkah kelima adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari  TANTIEN ke bagian-bagian tubuh sesuai dengan yang dikehendaki.

Langkah keenam adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan dan membentuk bola. Langkah ketujuh adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA di telapak tangan semakin lama semakin besar dan padat. Langkah kedelapan adalah MENGKHAYAL tentang memainkan BOLA TENAGA di telapak tangan. Langkah kesembilan adalah MENGKHAYAL tentang melontarkan BOLA TENAGA itu ke udara dan melihat bola itu lenyap menyatu dengan udara dan melihat bola itu jatuh kembali dan menangkapnya. Langkah kesepuluh adalah MENGKHAYAL tentang MERASAKAN sebuah BOLA TENAGA di tangan guru atau saudara seperguruan anda. Langkah kesebelas adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA yang dilontarkan kepada anda dan berusaha menangkapnya lalu merasakan kekuatannya dan belajar mengendalikannya. Langkah keduabelas adalah MENGKHAYAL bersama guru atau saudara seperguruan anda bermain lempar dan tangkap BOLA TENAGA. Langkah ketigabelas adalah menguasai keduabelas langkah sebelumnya dengan baik, tanpa kegagalan sama sekali. Apabila berlatih dengan giat, maka kekuatan tanaga dalam anda akan semakin kuat dari hari ke hari. Demikian pula kemampuan anda untuk mendeteksi kekuatan tenaga dalam guru atau saudara seperguruan anda. Apabila berlatih dengan giat maka anda bisa mengubah tenaga menjadi bentuk apa saja. Pada hakekatnya tenaga dalam itu wujudnya seperti udara atau air. Salah satu cara untuk melatih kekuatan tenaga dalam adalah dengan melontarkannya menghantam bumi. Ketahuilah, ketika menghantam bumi, tenaga dalam akan mental menghantam diri anda sendiri. Belajarlah untuk mengendalikan tenaga dalam anda. Belajarlah untuk mengukur kekuatan tenaga dalam yang dilontarkan. Belajarlah untuk hanya melontarkan kekuatan tenaga dalam sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Belajarlah untuk memukul dengan tepat sasaran yang diinginkan. Setelah mahir melontarkan tenaga dalam maka mulailah berlatih menjadikan tenaga dalam sebagai perpanjangan tangan. MENGKHAYAL-lah tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan yang terulur semakin panjang dan semakin panjang. Setelah mampu melakukan hal itu mulailah MENGKHAYAL tentang menggunakan tenaga dalam itu seolah menggunakan tangan yang memanjang. Anda bisa memukul, mencengkram, membanting dan lain-lainnya.

Handai taulan sekalian, pada hakekatnya, itulah yang disebut tenaga dalam oleh para pendekar tenaga dalam. Tenaga dalam adalah TENAGA KHAYALAN. Apabila anda berlatih dengan tekun maka cepat atau lambat, walaupun hanya TENAGA KHAYALAN namun tubuh akan BEREAKSI seolah itu tenaga sungguhan. Itu sebabnya tenaga dalam sama sekali tidak berpengaruh kepada orang-orang yang TIDAK berlatih tenaga dalam.  Sebab mereka tidak terlatih untuk menanggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran. Para pendekar tenaga dalam mencelat ketika dihajar tenaga dalam alias TENAGA KHAYALAN karena mereka SUDAH terlatih untuk menaggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran.

Selamat Berkhayal aja dech :P :P :P :P

45 gagasan untuk “Rahasia Mendapatkan Tenaga Dalam Khayalan

  1. Bagus! Lain kali anda juga bisa menulis artikel tentang :

    Cara Mempraktekkan Ruqyah Khayalan.

    Ini sebetulnya jadi lingkaran, dari dulu anda terus mengungkapkan bahwa praktek tenaga dalam yg berupa delusion kemudian dikhayalkan sehingga menjadi “nyata” yg memojokkan praktek tenaga dalam….dan membuat kita berpikir….ini sama saja dengan ruqyah, bukan ?

    setelah berhasil membeberkan uraian bahwa tenaga dalam itu adalah permainan sugesti saja jadinya uraian anda menusuk diri anda dari belakang, karena ruqyah pun juga jelas merupakan permainan sugesti karena merupakan perwujudan dari suatu khayalan yg diyakini!

    Kenapa anda bisa meruqyah ? Karena anda meyakininya!

    Kenapa orang bisa diruqyah ? karena dia meyakininya!

    Lho, berarti sama saja dengan Tenaga Dalam!

    • @ ikutan

      Assalamu’alaikum wr.wb.

      Penjelasan dari pernyataan mas sudah banyak dibahas pd artikel lainnya.
      Lebih baik dibaca-baca dulu.

      Wassalam..

    • tanggapan rinoarinoa@yahoo.com di artikel “Adakah saudara kembar di alam lain” dan di artikel “kumpulan para master tenaga dalam yang dipermalukan” saya hapus dan saya tampilkan di kolom komentar ini sebab lebih pas dengan pokok permasalahan :
      “yang meruqyah dan diruqyah sama-sama mengkhayal, sama seperti praktek dari pelatih dan murid tenaga dalam yg anda cari-cari kelemahannya, dan anda katakan sebagai khayalan yg dijadikan sugesti bla bla bla……dan akhirnya menghantarkan pada kelemahan ruqyah sendiri, yg juga khayalan yg dijadikan sugesti.
      NAH kalau begitu lantas bedanya dengan RUQYAH ? kenapa ada orang-orang yang kehilangan kesadaran seperti orang kesurupan ketika diruqyah ? Itu karena mereka memiliki sugesti itu!!

      Jadi TENAGA DALAM dan RUQYAH juga suatu KHAYALAN, bukankah ada orang-orang yang memang tidak terpengaruh oleh ruqyah karena tidak ada sugesti atasnya!

      Tapi sayangnya para pakar ruqyah masih KEKEH JUMEKEH bahwa ruqyah itu ada (dan menuding orang yang tidak terpengaruh oleh ruqyah adalah setan…gengsi amat sih!)

      RUQYAH SAMA SAJA DENGAN TENAGA DALAM. SESUATU YANG DIKHAYALKAN! AYO JANGAN GENGSI, YA!

      Mas Perdana meyakini bahwa Jin bisa masuk ke tubuh manusia jangan-jangan hanya khayalan anda saja! ini bukti bahwa tidak ada kepercayaan yang maha sempurna.
      Jangan gengsi!”

      :) salam kenal wahai saudaraku “ikutan” semoga anda selalu sehat sejahtera…………..

      Apakah anda muslim?
      1. Dari ‘Asiyah ra berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila sakit, jibril meruqyahnya. Ia berkata : “Dengan nama Allah, dia membebaskanmu, dan dari setiap penyakit dia menyembuhkanmu, dan dari setiap orang yang dengki ketika dengki, dari setiap orang yang punya mata berbahaya.” (HR. Bukhari, Muslim).
      Rasulullah apa mengkhayal bertemu jibril (makhluk ghoib) yang meruqyah beliau? tolong jawab ya?

      2. Abu Sa’id Al Khudry ra meruqyah pimpinan kaum yang terkena gigitan ular berbisa dengan membacakan Al Fatihah dan mengumpulkan ludahnya kemudian meludahkannya, hadiah sekelompok kambing dan disampaikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau menyambut :“Kenapa kamu tahu bahwa ia (al Fatihah) itu ruqyah ?” Kemudian beliau bersabda : “Sungguh kalian benar, buatkan untukku satu bagian bersama kalian !” kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa.” (HR.Bukhari dan Muslim). Secara jelas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :“Fatihatul kitab obat untuk segala penyakit.” (HR.Ad Darimy)
      Apakah Abu sa;id menghayal sembari membaca Alfatihah dan pimpinan kabilah juga turut mengkhayal untuk sembuh dan akhirnya tersugesti sembuh? lalu mengapa rasulullah meng”aminkan”prilaku abu sa’id? apa rasul ikutan mengkhayal juga?

      3. Dari ‘Aisyah ra berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memerintahkan aku agar aku minta diruqyah dari ‘ ain (pandangan mata yang berbahaya).” (HR.Bukhari 7/23 dan Muslim dengan Syarah An Nawawi 4/184)
      Apakah Rasul meminta aisyah untuk mengkhayal ketika diruqyah?

      4. Dari ‘Aisyah ra berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila ada orang sakit diantara kami, beliau menyentuhnya dengan tangan kanannya, kemudian beliau berkata : Hilangkanlah sakit, wahai Tuhan manusia, dan sembuhkanlah, Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan tanpa meninggalkan rasa sakit.” (HR.Bukhari dan Muslim)
      Apakah rasulullah cuma sekedar mnsugesi saja ktika meruqyah orang yang sakit dan tidak ada mu’jizat apapun dengan bacaan ruqyah rasulullah? ketika orang yang sakit tersebut dipegang rasululah apakah mengkhayal juga ketika mendengar doa ruqyah yang dibacakan rasulullah?

      5. ibnu abbas bahwa wanita datang membawa anaknya pada Rasul dan berkata”Wahai rasul,ia terkena penyakir gila”.kemudian Rasul memantrainya (meruqyah) dan mengusap dadanya,lalu anak itu muntah dan keluar dari mulutnya seperti binatang kecil lalu bergerak.”
      anda mengatakan : NAH kalau begitu lantas bedanya dengan RUQYAH ? kenapa ada orang-orang yang kehilangan kesadaran seperti orang kesurupan ketika diruqyah ? Itu karena mereka memiliki sugesti itu!!, ketika diruqyah rasulullah anak tersebut gila lalu setelah muntah keluar binatang kecil, apakah anak kecil itu murni tersugesti dan bukan karena ruqyahnya? binatang yang keluar apakah khayalan rasulullah dan anak tersebut saja?

      Mas Perdana meyakini bahwa Jin bisa masuk ke tubuh manusia jangan-jangan hanya khayalan anda saja! ini bukti bahwa tidak ada kepercayaan yang maha sempurna.
      Jangan gengsi!

      6. Dari Mathar bin Abdur rahman,ia berkata:telah diceritakan kepadaku ummu Abbad dari bapaknya bahwa kakeknya Az-Zari pergi menemui Rasul dengan membawa anaknya yg gila,diceritakan Rasul memukul punggung anak itu seraya berkata”keluarlah hai musuh Allah”Kemudian anak itu menatap dengan pandangan yg sehat tidak seperti sebelumnya.
      7. dari jabir bin Abdullah,ia berkata:kami pernah keluar bersama Rasul dlam perang Dzatur Riqa’.ada wanita membawa anaknya yg dikuasai syaithan,nama Rasul berkata”Dekatkanlah anak itu padaku”kemudian Rasul mambuka mulutnya dan meludah kedalam mulut anak itu seraya berkata”pergilah musuh Allah”

      apakah rasulullah mengkhayal adanya jin dalam tubuh seorang anak sebab rasulullah memukul pungung anak tersebut untuk mengusir jin dalam tubuh anak itu lalu mnghardik/menyuruh setan tersebut keluar dari tubuh anak tersebut???
      Tolong jawab dan jawaban anda merupakan UJIAN keimanan anda :) sebelum saya lebih menjelaskan secara ilmiah………….Allahumusta’an…..

      • intinya ruqyah itu adalah jampi, jopo atu do’a minta pada Alloh, bisa menggunakan ayat al-Qur’an atau ucapan biasa…
        kalo org jawa memakai bahasa Jawa juga bisa, minta kepada Alloh..
        tapi kalo ada org yg mengaku2 bahwa cuma ruqyah itulah yg ajaran Islam, itu adalah soal bahasa.. dia menggunakan bahasa Arab. kalo ada org yg bilang ruqyah hanya boleh memakai ini atau itu, adalah bagian dari keyakinan masing2..

        tetapi ada persaingan yg bersifat kamuflase dari semua itu, yaitu persaingan bisnis.
        Alloh yg Maha Rahman yg akan menyembuhkan semua penyakit yg kita minta kesembuhan padaNya. tp org2 yg mengaku hanya ilmu tertentu yg syah, ada pengakuan manusia semata. org laen boleh berbeda pendapat sesuai dalil yg dimilikinya atau keyakinannya..
        wallohu a’lam

      • @ kanglee

        anda benar kalau berdoa itu boleh dengan bahasa apa saja, tapi salah kalau memfokuskan berdoa dengan doa yg dibuat sendiri atau warisan lelur apalagi yg tidak syar’i (mengandung kesyirikan).

        pertanyaan:
        lebih baik mana doa buatan manusia biasa dengan doa dari wahyu yg telah Allah berikan pada Rasulullah pada Al Qur’an dan Hadits?

        pada doa ada aturan/tatacara yg harus diketahui (arti kata dan cara melakukannya). sama halnya seperti puasa dan shalat ada waktu dan tatacara yg dilarang untuk melakukannya.

        pada agama lain (non islam) ada doa dan puasa juga. nah.. doa dan puasa yg sesuai syariat islam itu yg bagaimana? kalau kita berdoa dan puasa tidak merujuk pada yg Rasulullah contohkan malah nantinya yg kita lakukan adalah doa dan puasanya agama lain :)

        artinya ‘SIA-SIA & BERDOSA’ yg kita lakukan karena kita tidak mau mencontoh yg Rasulullah contohkan dan akhirnya Allah pun tidak ridho dengan apa yg kita lakukan.

      • hmm….lagi2 spt ini…

        saya ingin sampaikan dahulu pemahaman saya,..saya menyenangi beladiri khsusnya tenaga dalam,…dan saat ini saya sdh merasakan manfaat kesehatan dari berlatih TD. adapun pndangan saya terhadap ruqyah…saya tidak mengiyakan dan juga tdak menafikannya….jkalau memang ada keterangan yg valid mengenai hal itu kenapa tidak….hanya saja jikalau sesuatu itu dpandang berlebihan, baik itu TD ataupun ruqyah…menganggap segalanya dan diluar itu salah…maka saya tdk termasuk didalamnya. kecuali hanya skdr membandingkan keefektifannya…sperti membandingkan efek obat kimia dgn herbal…manakah yg lbh efektif?? ..tentu hal ini sah2 saja.

        pada tanggapan di atas saya kurang sependapat dgn mas PA,…dalam hal: segala sesuatu lgsg dibenturkan dgn keimanan….seperti tanggapan ini “Apakah anda muslim?”….hal ini hnya akan menggiring opini seolah2 lawan bicaranya ini jikalau tidak menyetujui pendapat PA mka ia dianggap kafir dan PA selalu benar….naudzubillah jikalau sesama muslim sudah saling takfir.

        terkait permasalahan ruqyah dan TD,…menurut hemat saya..Rosullulloh tdk memerintahkan langsung kpd kita jikalau kita sakit, maka harus diruqyah…ini berarti Rosululloh telah mmberikan kebebasan kepada kita, boleh mengobati dgn cara apapun baik itu kedokteran,TD,akupunktur,herbal, pijat..dll asalkan tdak melanggar syariah.hanya permasalahannya…PA menganggap TD itu salah, bahkan PA ini sampai menganggap istidraj. pemahaman ini yg harus diluruskan. kenapa, karena PA ini menulis di media, dan publik akan terpengaruh dengan fitnah ini. ini sangat disayangkan, akhirnya publik jadi korban.

        mas PA mohon fahami…selama ruqyah itu do’a mka hal ini benar dilakukan, tapi jikalau ruqyah ini menjadikan ayat2 al-qur’an hnya sebagai mantra, tentu saja hal ini salah,…apalagi menganggap selain ruqyah itu sesat…..maka hal ini termasuk ghuluw dlm hal ruqyah.

        semoga bermanfaat.

      • menurut hemat saya..Rosullulloh tdk memerintahkan langsung kpd kita jikalau kita sakit, maka harus diruqyah…ini berarti Rosululloh telah mmberikan kebebasan kepada kita, boleh mengobati dgn cara apapun baik itu kedokteran,TD,akupunktur,herbal, pijat..dll asalkan tdak melanggar syariah.hanya permasalahannya…PA menganggap TD itu salah, bahkan PA ini sampai menganggap istidraj. pemahaman ini yg harus diluruskan. kenapa, karena PA ini menulis di media, dan publik akan terpengaruh dengan fitnah ini. ini sangat disayangkan, akhirnya publik jadi korban.

        Ruqyah mutlak diperlukan sebab ruqyah adalah doa kita pada Allah dalam ikhtiar mencari kesembuhan, ketika anda membaca basmalah ketika akan minum obat bacaan basmalah adalah bacaan ruqyah, ketika anda membaca basmalah maka anda sudah meruqyah diri sendiri (berdoa untuk diri sendiri), memang rasulullah memberi kebebasan kita berikhtiar maka dari itu ada pengobatan Ath-thibun Nabawiyah (pengobatan cara nabi) dengan konsumsi herbal, bekam dll namun tetap diperlukan ruqyah. Ibnu Qayyim Al-jauziah dalam kitabnya ath=thibun nabawiyah menjelaskan pengobatan cara nabi itu ada 3 :
        1. pengobatan ilahiyah (membaca doa kesembuhan/ruqyah) 2. pengobatan alamiah 3. gabungan pengobatan alamiah dan ilahiyah. poin no 3 adalah kesempurnaan pengobatan cara rasul.
        Anda katakan tenaga dalam tidak melanggar syar’i namun anda menutupi diri bahwa ada sangat banyak penyimpangan dan kesesatan tenaga dalam dan ilmu metafisika yang melangar syaro’at lihat di http://metafisis.wordpress.com/category/tenaga-dalam-ilmu-metafisik/ beserta kesaksian mereka yang telah bertaubat di http://metafisis.wordpress.com/category/kesaksian-para-praktisi-ilmu-metafisika/

        mas PA mohon fahami…selama ruqyah itu do’a mka hal ini benar dilakukan, tapi jikalau ruqyah ini menjadikan ayat2 al-qur’an hnya sebagai mantra, tentu saja hal ini salah,…

        1. Tolong jelaskan pengertian ruqyah berupa doa dan pengertian ruqyah berupa mantra
        2. anda jelaskan pada saya contoh ruqyah berupa doa yang benar menurut anda dan bentuk ruqyah sebagai mantra yang menurut anda salah dengan contohnya…………TOLONG JELASKAN pada saya yang dhaif ini :)

      • Wah pertanyaan yg menguji keimanan..
        Ya , saya muslim.

        1. Yang meruqyah Rasulullah adalah MALAIKAT. bukan manusia biasa. Doa para MALAIKAT sudah tentu beda dengan manusia biasa (Doanya lebih cepat dikabulkan oleh Allah, wallahualam).

        2. LUDAH : Bapak tahu kalo ludah dapat menyembuhkan luka ?? silahkan googling mengenai penelitian Ludah sebagai penyembuh luka.
        AL-FATIHAH : Surat Al-Fatihah disini adalah sebagai pengantar doa agar diberikan kesembuhan oleh Allah.

        3. Pandangan mata yg berbahaya ????

        4. Yang men-DOA-kan orang yg sakit tersebut adalah Rasulullah (Doanya lebih cepat dikabulkan oleh Allah, wallahualam). Bukan orang biasa.

        5, 6, 7 -> Rasulullah yang membacakan doa. Beliau bukan manusia biasa. (Allah & para malaikat menjaganya, wallahualam).

        Ruqyah = men-DOA-kan. Soal gaib , Allah lah yang maha mengetahui.

        Untuk semua : Hati-hati dengan tipuan syetan, jangan sampai umat Islam terpecah-belah.

        cukuplah Allah saja bagi kami sebagai pelindung, penolong, dan tempat berserah diri kami.

      • bung barong sebelum mnjawab pertanyaan anda, saya mau kepastian.
        1. Apakah anda murid hikmatul iman? (jangan bohong sbb Allah saksinya, jika anda bohong saya meminta tanggung jawab anda diakhirat kelak!)
        2. Apakah anda percaya bahwa bacaan ruqyah bisa melindungi diri dari gangguan jin?
        3. Apakah anda percaya bahwa bacaan ruqyah bisa menymbuhkan penyakit fisik dan psikis?
        4. Apakah anda punya keyakinan bahwa ruqyah hanya khusus bagi rasulullah dan malaikat saja dan umat islam tidak bisa mencontoh tata cara ruqyah rasul dan malaikat?
        jawaban yg anda berikan akan sangat berpengaruh dengan penjelasan yang akan saya paparkan. trims

      • ss.Wr.Wb…saya minta maaf sebelum nya berani komentar di artikel ini saudra2 sekalian pasti lebih senior berpengalaman dan memiliki konsentrasi tenaga dalam jauh melebihi saya saya mnta ijin untuk menulis komen di artikel ini karena enda tau jg kenapa tangan saya ini bergerak sendiri……بسم الله الرحمن الرحيم

        benar kata anda di kalimantan metode2 ruqyah sudah diterap kan mulai jaman penjajahan belanda dimuali dari almarhum guru besar assyech muhamad arsyad albanjary,datu sanggul,dan almarhumah guru2 yanglain nya sampai keturunan2 beliau dijaman sekarang salah satu nya almarhumah guru besar al alamah al arif billah zaini bin abdulghani albanjary yng bermakam di sekumpul martapura kab-banjar kalimantan selatan(yang lebih dkenal guru ijai)………..

        memang para setan atau bagsa jin kafir atau pun islam akan menjauh atau lari bukan kepalang saaat di bacakan ayat2 al-quran atau dzikir@ dari nama2 Allah Swt…tetapi kita harus sadari setan dan jin memiliki bos yaitu iblis ilahilaknat yang juga bisa membaca Al-Quran dan dzikir…klo saya salah saya minta maaf ,itu menurut ajaran dari guru saya …….pesan guru saya sebelum beliau tiada jangan tertipu dari setan jin kafir dan iblis karena terkadang kita membaca djikir,doa dan ayat2 al-quran bukan lilahhitaalla itu yang merupakan sebenar2 nya tipu daya dari bangsa mereka…….beliau berpesan kenalilah dulu siapa diri sehingga mudah untk mengenal siapa malaikat dan siapa iblis…..saya minta maaf klo kata2 saya bertentangan dengan anda intinya padadasar nya kita satu tujuan mencari rido Nya…..

        salah hilaf saya mohon maaf saya minta hallal klo anda tersinggung

        wassalamualaikum wr.wb

        Dr:hamba Tuhan yang selalu lalai dan hina

  2. DAN TIEN

    Saya mendengar konsep Dan Tien pertama kali justru bukan dari CMA, saya pertama kali mendengar konsep Dan Tien dari Karate yg saya pelajari sejak SD. Dalam Karate Dan Tien disebut sebagai Hara. Konsep Hara yg dipahami bagi praktisi Karate adalah titik berat tubuh – bukan pusat Tenaga Mistik seperti yg dipahami sebagian orang awam ataupun praktisi Tenaga Dalam Ilmu Kontak.

    Beladiri asal Jepang lain seperti Judo dan Jiu Jit Su pun mengenal konsep Hara ini sebagai titik berat tubuh. Konsep Hara ini cukup penting dalam beladiri Judo ataupun Jiu Jit Su yg mengandalkan teknik bantingan ataupun teknik ground fighting sebagai titik utama untuk mengontrol teknik bantingan ataupun teknik controling lawan pada saat bertarung di bawah. Sedang konsep Hara bagi beladiri Stand Up Fighting seperti Karate penting sebagai titik balance tubuh dan titik pusat kekuatan pukulan / tendangan Karate yg banyak sekali mengandalkan hentakan tenaga pinggang.

    Dalam beladiri titik Dan Tien ( Hara ) sangat penting artinya. Mengapa titik ini sangat penting dan apakah memang benar ada kekuatan mistis pada titik Dan Tien ( Hara ) atau ini hanya sekedar khayalan yg mengada-ada dan tidak berguna seperti anggapan sebagian orang ? :D

    Dalam CMA khususnya Nei Jia biasanya titik Dan Tien ini mendapat porsi yg cukup penting dalam pelatihan Zhan Zhuang. Pada pelatihan Zhan Zhuang praktisi Nei Jia mempertahankan posisi kuda-kuda selama beberapa jam, dan biasanya untuk menguji apakah Zhan Zhuang dilakukan dgn benar atau tidak – praktisi yg sedang melakukan Zhan Zhuang akan didorong dari berbagai arah : misalnya dari arah belakang, depan, kiri, kanan, atas dan bawah. Pada masing-masing arah dilakukan pada beberapa tempat tertentu. Praktisi tsb harus tetap dapat mempertahankan posisi Zhan Zhuang hanya dgn menggunakan pikirannya saja. Dikenal dgn istilah Immovable Mind and Body.

    Sedang pada Karate Dan Tien ( Hara ) biasanya mendapat latihan khusus pada pelatihan Sanchin. Berbeda dgn Zhan Zhuang yg biasanya dilakukan dg tubuh diam rileks dan nafas normal, Sanchin dilakukan dgn melakukan gerakan jurus ( kata ) sambil melakukan pengerasan-pengenduran otot secara dinamis disesuaikan dgn gerakan jurus tsb. Pernafasan yg digunakan pada Sanchin dikenal dgn istilah Ibuki, yaitu pernafasan dalam pada titik Hara – yg dilakukan dgn penarikan nafas, tahan sesaat pada di titik Hara, kemudian nafas dikeluarkan – sesuai dgn gerakan jurus dan pengerasan pengenduran otot yg dilakukan selama Sanchin Kata.

    Pengujian Sanchin awalnya dgn pemukulan tubuh praktisi pada berbagai tempat dgn menggunakan balok kayu untuk menguji pengerasan otot dan posture tubuh, jika dilakukan dgn benar balok kayu akan patah dan tubuh tetap tidak goyah. Sedang pada tingkat yg lebih tinggi pengujiannya dilakukan seperti yg dilakukan pada Zhan Zhuang. Jadi awalnya yg diuji adalah otot ( body ) sedang pada tingkat yg lebih tinggi yg diuji adalah konsentrasi pikiran ( mind ). Itu sebabnya latihan ini disebut Sanchin yg artinya 3 pertempuran yaitu berusaha menyatukan 3 unsur dalam tubuh yaitu Mind ( pikiran ), Body ( otot tubuh ) and Spirit ( semangat ).

    Saya rasa pada beladiri lain tentunya ada pola latihan yg hampir sejenis dgn latihan Zhan Zhuang dan Sanchin ini.

    Saya akan coba melihat dari sisi lain mengenai titik Dan Tien ( Hara ) ini. Saya selalu beranggapan sebelum kita terlalu jauh melihat ke faktor supranatural ( mistis ), cobalah kita melihat dari sisi yg jauh lebih sederhana terlebih dahulu misalnya dari sudut psikologi atau phisiologi terlebih dahulu. Sekarang saya akan mencoba melihatnya dari sudut Exercise Physiology titik Dan Tien ( Hara ) ini.

    Dalam Exercise Physiology modern, latihan Zhan Zhuang yg dilakukan dgn cara mempertahan posisi tubuh ( posture ) selama waktu tertentu ini dikenal dgn istilah metode pelatihan Isometric ( Isometric Exercise ). Sedang metode latihan Sanchin yg dilakukan dgn melakukan pengerasan dan pengenduran otot ini dikenal dgn istilah metode Dynamic Tension. Kedua metode latihan ini – Isometric Exercise dan Dynamic Tension – dalam metode pelatihan modern bertujuan meningkatkan kekuatan otot secara cepat. Penelitian John Little and Pete Sisco menunjukan kenaikan kekuatan otot bisa mencapai 5 % seminggunya.

    Pertama kali saya mengetahui pelatihan Isometric ini, saya sedikit terkejut karna saya melihat banyaknya kesamaan dgn pelatihan beladiri yg saya lakukan ataupun pernah saya lihat selama ini. MIsalnya seperti bentuk Isometric Excerise yg dikenal dgn Isometric Squats, tahap latihan sbb : 1. Berdiri bersandar di dinding 2. Tekan punggung ke dinding lalu turunkan tubuh hingga paha sejajar dgn lantai 3. Majukan telapak kaki hingga betis sejajar dinding dan lutut membentuk sudut 90 derajat 4. Luruskan tangan ke depan dan pertahankan posisi tubuh ( posture ) ini selama 10-30 detik 5. Lakukan 2-3 kali pengulangan ( 1 seri latihan )

    Cukup mengejutkan karna apa yg dilakukan Isometric Squat ini mirip sekali dgn Zhan Zhuang yg dilakukan pada Ba Ji Quan. Bedanya Zhan Zhuang Ba Ji Quan tidak dilakukan dgn menyenderkan punggung di dinding dan Zhan Zhuang tsb dilakukan selama beberapa jam bukan hanya 10-30 detik. Jika latihan Isometric Squat selama 10-30 detik dgn repetisi 2-3 kali saja dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagaimana dgn latihan Zhan Zhuang yg dilakukan berjam-jam dgn repitisi 2-3 kali sehari :D

    Lantas apa peranan Dan Tien ( Hara ) pada pelatihan Zhan Zhuang ataupun Sanchin menurut analisa Exercise Physiology ? Sederhana saja, dalam Exercise Physiology dikenal latihan yg disebut Core Strength Training yaitu latihan yg bertujuan meningkatkan kekuatan Core Muscle Group. Core Muscle Group adalah kumpulan otot yg berpusat sekitar tulang panggul manusia yaitu otot perut, otot pinggul, otot pinggang dan otot tulang belakang yg menyatukan tulang panggul dgn tulang belakang manusia.

    Weight Training tradisional biasanya hanya memusatkan latihan tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah secara terpisah, sehingga sering kali mengabaikan latihan Core Muscle Group yg justru sangat penting untuk menyatukan tubuh bagian atas dgn tubuh bagian bawah. Metode Isometic Exercise mulai menyadari pentingnya melatih tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan – latihan inilah yg akan meningkatkan kekuatan Core Muscle Group secara signifikan. Mengenai pentingnya Core Muscle Group ini bisa dilihat pada link :

    http://www.sport-fitness-advisor.com/core-strength-training.html

    Dalam artikel tsb dikatakan : ” It’s these muscle groups that are critical for the transfer of energy from large to small body parts during many sporting activities … The muscles of the trunk and torso act to stabilize the spine, pelvis and shoulder girdle. From this solid, balanced base the limbs can be moved powerfully and under control.”

    Bentuk latihan Isometric ini bisa dilihat pada pelatihan Zhan Zhuang ataupun Sanchin dimana pada saat melakukan kuda-kuda ini dilakukan ujian dgn cara mendorong praktisi dari berbagai arah. Untuk mempertahan posture Zhan Zhuang ( Sanchin ) ini secara pemahaman tradisional praktisi melakukannya dgn mentransfer tenaga dorongan tsb ke arah Dan Tien ( Hara ) kemudian menyebarnya ke bawah ke arah kedua telapak kaki ( Rooting ). Jika pemahaman ini dianalisa berdasarkan Exercise Physiology bisa dikatakan dgn memusatkan perhatian kepada Dan Tien ( Hara ) otak akan mengirim signal – melalui sistem syaraf – mengaktifkan Core Muscle Group untuk mepertahankan posture tubuh. Dan dgn latihan terus menerus maka akan terjadi peningkatan kekuatan Core Muscle Group tsb.

    Jika anda kurang yakin, coba anda lakukan Isometric Squat seperti yg saya tulis di atas. Kemudian menjauhlah dari tembok dgn tetap mempertahankan posture tsb – sekarang anda sudah melakukan Zhan Zhuang :D Tetap pertahankan posture tubuh tsb kemudian mintalah teman anda mendorong tubuh anda dari berbagai arah. Gunakan pikiran anda untuk mempertahan kestabilan tubuh anda ( Immovable Mind n Body ). Coba anda rasakan otot-otot mana saja yg bekerja pada saat itu. Jika anda bisa mempertahankan posture dgn baik, mungkin anda baru mengerti arti penting dari Dan Tien ( Harra ) ini – dan hubungannya dgn Core Muscle Group.

    Pada bagian lain di website tsb dikatakan ” The muscles of the core region act as a link between the upper and lower body. The stronger and more conditioned they are, the greater the synergy of movement can be. Core strength is essential for all the martial arts disciplines ”

    Mudah-mudahan analisa dari sudut Exercise Physiology ini bisa memberikan sudut pandang lain mengapa titik Dan Tien ( Hara ) ini sangat penting dalam dunia beladiri. Arti penting dari Core Muscle Group yg baru-baru ini saja dimengerti dunia Barat modern ternyata sudah dipahami lama dalam pelatihan kesehatan dan beladiri di dunia Timur berabad-abad lamanya – yg dikenal dgn titik Dan Tien ( Hara ) ini :D

  3. ViISUALISASI

    Setelah membahas Dan Tien ( Hara ) dari sudut Exercise Physiology, pembahasan yg menarik berikutnya mungkin adalah penggunaan visualisasi ( khayalan ) dalam beladiri.

    Menurut saya visualisasi sangat penting dalam beladiri, Karate yg saya pelajari juga sering menggunakan teknik visualisasi ketika melakukan suatu pukulan ataupun tendangan – khususnya ketika melakukan Tameshiwari. Visualisasi sangat berguna untuk memfokuskan tenaga pukulan ataupun tendangan yg dilakukan.

    Saya sering melakukan Visualisasi ketika melakukan Tameshiwari. Misalnya saya akan mematahkan 3-4 balok es dgn Shuto ( Pisau Tangan ) biasanya saya selalu visualisasikan titik pukul saya berada pada balok yg terbawah sedang balok es di atasnya saya anggap tidak ada. Dan karna teknik pukulan menggunakan hentakan tenaga pinggang, jadi saya awali gerakan dari Dan Tien ( Hara ). Dari titik Dan Tien ( Hara ) ini saya bayangkan – melalui hentakan pinggang – tenaga mengalir ke pisau tangan ( Shuto ) menembus hingga balok yg terbawah.

    Jika tidak melakukan visualisasi maka secara alami begitu tangan membentur balok es yg pertama, tubuh akan menghentikan gerakan – ini suatu defense mechanism yg sudah tertanam di Subconscious kita untuk melindungi tubuh dari cedera. Dgn Visualisasi seperti di atas pematahan 3-4 balok es menjadi lebih mudah dilakukan. Konsepnya adalah semua pukulan ataupun tendangan dimulai dari pikiran kita – tubuh hanya sekedar mengikuti pikiran kita saja.

    Bagaimana … visualisasi yg saya lakukan untuk Tameshiwari mirip dgn visualisasi yg dibuat Perdana pada artikel di atas bukan ? :D

    Sebelum melangkah terlalu jauh ke aspek mistik tubuh kita ataupun menganggap khayalan sebagai suatu yg tidak berguna atau mengada-ada – kembali saya tekankan – cobalah kita melihat dari sisi yg jauh lebih sederhana terlebih dahulu misalnya dari sudut psikologi atau phisiologi terlebih dahulu.

    Pada pembahasan tentang Dan Tien ( Hara ) saya sudah menjelaskan arti pentingnya titik Dan Tien ( Hara ) – saya menjelaskan hubungan titik Dan Tien ( Hara ) ini sebagai trigger untuk mengaktifkan Core Muscle Group tubuh kita yg sangat penting untuk menghasilkan power yg lebih besar ketika melakukan suatu teknik pukulan ataupun tendangan. Saya melakukan pendekatan berdasarkan Exercise Physiology pada pembahasan tsb.

    Kali ini saya ingin mencoba menjelaskan hubungan visualisasi dgn sistem syaraf tubuh dan hubungannya dgn sistem motorik tubuh kita ( sistem otot ). Pembahasan ini merupakan aspek Neuropsychology beladiri. Aspek Neuropsychology ini penting untuk melihat kaitan antara pikiran dan tubuh kita.

    Misalnya apakah yg terjadi jika kita memusatkan perhatian pada suatu bagian tubuh tertentu kita – misalnya titik Dan Tien ( Hara ) ini ? Atau apakah yg terjadi jika melakukan latihan Zhan Zhuang ( Nei Jia ) atau Sanchin ( Karate ) dgn menggunakan pikiran kita selama latihan tsb ? Dan apa yg terjadi jika melakukan Tameshiwari dgn visualisasi seperti yg saya jelaskan di atas ? Banyak pertanyaan yg bisa dijawab dgn pendekatan Neuropsychology ini.

    Sebenarnya penelitian antara hubungan pikiran – dalam hal ini visualisasi – dgn otot tubuh sudah banyak dilakukan dalam dunia ilmiah. Bahkan di luar negeri teknik visualisasi sering digunakan para atlit profesional untuk meningkatkan performance mereka pada saat pertandingan. Salah satu penelitian ini bisa dilihat pada link berikut ini :

    http://sportsmedicine.about.com/od/sportspsychology/a/thinkstrong.htm

    Pada penelitian ini, subject – terdiri dari 30 orang – dibagi dalam 3 group. Pada Group 1 subject diminta melakukan visualisasi seakan mengerakan-gerakan jari ( finger exercise ) Group 2 subject diminta melakukan visualisasi latihan otot bisep sedang Group 3 sebagai control group tidak melakukan visualisasi apapun. Dilakukan selama 15 menit sehari, 5 hari seminggu dan dilakukan selama 12 minggu. Hasil penelitian : Group 1 ( Vis. Latihan Jari ) mengalami peningkatan kekuatan otot jari sebesar 53 persen. Sedang Group 2 ( Vis. Latihan Biceps ) mengalami peningkatan kekuatan otot biceps sebesar 13,4 persen. Sedang Group 3 tentu saja tidak mengalami peningkatan kekuatan otot sama sekali.

    Ternyata berdasarkan penelitian tsb Visualisasi – Khayalan :D – bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh kita secara cukup signifikan. Saya tekankan di sini ini baru visualisasi saja tanpa gerakan fisik apapun

    Jadi apa yg terjadi ketika kita mengarahkan pikiran kita pada Dan Tien ( Hara ) ? Dan apa efek yg terjadi ketika kita menggunakan pikiran kita selama pelatihan Zhan Zhuang dan juga Sanchin – seperti ketika diuji meredam tenaga dorongan dari segala arah ? Lantas apa efek visualisasi dalam Tameshiwari seperti yg saya lakukan ?

    Dari penelitian ini bisa kita duga tentunya akan terjadi peningkatan kekuatan muscle group sekitar Dan Tien ( Hara ) yaitu Core Muscle Group yg berada disekitar tulang panggul. Sedang penggunaan pikiran untuk meredam tenaga dorong selama pelatihan Zhan Zhuang ataupun Sanchin tentunya akan mengaktifkan rangkaian otot tubuh mulai dari bagian tubuh yg mendapat dorongan, core muscle group hingga ke otot2 kaki kita ketika melakukan Rooting. Jika dilakukan secara rutin tentunya akan terjadi peningkatan kekuatan pada rangkaian otot-otot tubuh tsb secara signifikan pula.

    Sedang Visualisasi pada Tameshiwari akan meningkatkan kekuatan rangkaian otot yg digunakan selama melakukan teknik pukulan kita secara lebih optimal. Ketika kita memvisualisasikan awal gerakan dari titik Dan Tien ( Hara ) maka otak mulai mengaktifkan Core Muscle Group kita, kemudian ketika kita mengalirkan tenaga dari Dan Tien ke punggung dan bahu dgn cara hentakan pinggang maka otak mengaktifkan otot punggung dan bahu, begitu seterusnya otak mengaktifkan secara berantai otot yg digunakan sampai ke otot pisau tangan kita ( Shuto ) – sederhana bukan.

    Dalam artikel tsb dikatakan : ” Sounds unbelievable, but consider that measurements of the brain activity during visualization sessions suggest that these strength gains were due to improvements in the brain’s ability to signal muscle activity. Suddenly the benefit of visualization is clear. ”

    Tampaknya inilah yg mendasari pemahaman Isometric Exercise modern seperti yg saya jelaskan dalam pembahasan Dan Tien sebelumnya. Untuk mempertahankan posture tubuh dalam waktu tertentu yg paling berperan adalah pikiran kita. Coba saja anda ikuti latihan Isometric pada link di bawah ini. Jika anda latihan Isometric ini selama 10-15 menit saja bukan hanya 10-30 detik seperti latihan standard Isometric – anda akan semakin memahami maksud saya tentang arti penting penggunaan pikiran dan Dan Tien dalam latihan Zhan Zhuang ataupun Sanchin :D:

    http://www.sport-fitness-advisor.com/isometric-exercises.html

    Bagaimana jelas bukan – dalam beladiri inilah yg disebut sebagai ” The Unity of Mind and Body ”

    Sistem tubuh kita sangat kompleks jadi akan lebih mudah kita pahami jika kita mulai dari yg paling sederhana dahulu. Baru setelah itu kita melihat hubungan antara satu bagian dgn bagian lain. Jika kita sudah terbentur pemahaman mistik akan sangat sulit memahami aspek mekanika otot tubuh ( aspek motorik ), psikologi dan phisiologi dari beladiri ini.

    Berdasarkan pengalaman saya, akan jauh lebih mudah memahami konsep Dan Tien dan Visualisasi dari sudut mekanika otot terlebih dahulu daripada memulai dgn memahami konsep Dan Tien dan Visualisasi dari sudut tenaga mistik seperti yg dianut beladiri Tenaga Dalam Ilmu Kontak di Indonesia.

    Pemahaman konsep Dan Tien dan Visualisasi dari sudut Tenaga Mistik cenderung membawa praktisi kepada ilusi dari Tenaga yg sebenarnya yg dibangkitkan dari Dan Tien ini. Sehingga praktisi tsb tidak bisa melihat prinsip mekanika tubuh sederhana dari Dan Tien tsb. Ini bisa dilihat bagaimana seorang praktisi Tenaga Dalam Ilmu Kontak – ataupun mantan praktisi – menjelaskan konsep Dan Tien ini :D

    Jadi saya rasa tidak ada yg salah dgn visualisasi selama kita memahaminya hanya sebagai suatu teknik untuk meningkatkan performance kita. Penelitian sudah membuktikan visualisasi memberi efek tertentu bagi tubuh kita. Jadi berkhayallah selama kita masih tetap sadar dan ingat itu hanyalah khayalan yg sengaja kita buat :D Tapi jika kita lupa akan tujuan Visualisasi yg kita buat atau kita membuat visualisasi yg terlalu absurd maka kita akan mudah terjebak dalam Delusi, kita tidak bisa lagi membedakan mana yg khayalan dan mana yg nyata .. jadi hati-hatilah dgn visualisasi yg anda buat …

    Pikiran kita menyimpan potensi yg sangat besar dan justru pada pikiran inilah letak kekuatan manusia. Gunakanlah dgn bijaksana.

    • “Visualisasi – Khayalan – bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh kita secara cukup signifikan”

      dari pemahaman saya mengenai “visualisasi – khayal” yg dijelaskan tersebut tidak meningkatkan kekuatan otot tubuh tapi lebih pada melatih konsentrasi/memfokuskan penyaluran tenaga, selain itu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga dapat menyalurkan dan menggunakan tenaga semaksimal mungkin (dari yg sudah ada).

      misalkan kekuatan pukul maksimal seseorang 10 kilo maka dengan cara yg benar akan keluar bobot pukulan 10 kilo atau lebih sedikit. namun apabila pukulan dilepas dengan cara yg salah (tidak fokus) atau tidak percaya diri maka bobot pukulannya tidak mencapai 10 kilo.

      anda bisa melakukan pengujian pada seorang anak/dewasa:
      ukur kekuatan pukulnya dengan timbangan badan (diberi pelapis/bantal) agar tidak cedera dan direkam untuk mengetahui nilainya. untuk mengetahui kekuatan maksimalnya anda bisa bilang akan diberi hadiah sebesar kekuatan pukul maksimalnya (pada anak-anak) dan anda harus menepati memberi hadiah itu :)
      setelah dicoba beberapa kali maka ambil nilai rata-rata dari hasil pengukuran tsb.

      berikutnya latih anak tersebut visualisasi-khayal yg sdh anda jelaskan (bukan melatih otot dengan latihan angkat beban). selanjutnya ukur lagi tapi tanpa imbalan hadiah. berapa % perbedaan kekuatan pukul dari sebelumnya?

      saya mengambil sample anak-anak karena pada umumnya visualisasi-hayal anak lebih baik dari orang dewasa.

      saya sering mendengar kalimat
      “pada kondisi biasa seseorang tidak mampu mengangkat kulkas, namun ketika ada kebakaran dia mampu mengangkat kulkas”.
      dalam hal ini sebenarnya orang tersebut dalam keadaan biasa juga mampu mengangkat kulkas tapi karena pada kondisi biasa dia tidak memaksimalkan penggunaan tenaganya, mungkin pada keadaan biasa dia sudah terlebih dulu membayangkan baju kotor, berkeringat, dsb. Jadi ini bisa dikatakan tersugesti dengan keadaan/sikon.

      bagaimana menurut anda.

      baru ktemu lg nih… :)

      • oya, saya sedang ikut pelatihan dan observasi diluar kota sekitar 5 bulan, jadi maaf kl ada pertanyaan/komentar untuk saya yg telat/tdk direpply. takutnya ada pertanyaan/komentar yg tidak sy ketahui jadi tolong dikirim link postingnya saja ke e-mail saya nyimak_a@yahoo.com

        c u :)

      • @ perdana

        link yg sy maksud url lengkap pada blog ini, jadi nanti sy meluncur ke TKP (blog ini pada artikel dan komentar yg dituju) tinggal klik link dari e-mail yg masuk saja dan aktifitas posting tetap di blog ini mas. Biar praktis dan tidak ketinggala info-info yg bermanfaat :)

        Alhamdulillah saya sedang ada tambahan proyek usaha.

        Syukron mas.

  4. @jiwa01, naaah penjelasan yang bermutu, salut untuk anda. kungfu umat islam di china yaitu bajiquan & xinyi liuhe quan memang terkenal dengan serangan yang teruji di lapangan (batle tested). disamping itu juga memakai hentakan kaki (berat tubuh) pada pukulannya. Konsepnya sederhana & mengutamakan hasil latihan yang berat, berhari-hari dan bertahun2. (ingin rasanya belajar :-) ).
    adapun di negeri kita ini, terkadang dibumbui dengan hal2 yang tidak perlu ataupun berbahaya dari segi akidah seperti berdoa dengan mengatup kedua tangan, meditasi dengan mengosongkan pikiran, tabur bunga di sungai, menyiram tubuh dengan air tujuh sumber, menghormat matahari terbit & terbenam (mirip kejawen ya). menghisap tenaga (?) bumi, langit, laut, kuburan, tempat keramat. biasanya pengikutnya cenderung tertarik ke dinamisme (meyakini benda mati memiliki kekuatan)

  5. pamer kesaktian.. entah atas nama Islam, atas nama kristen, atas nama ilmu beladiri, atas nama asma’2 atau atas nama al-qur’an dan hadits, adalah kesombongan… org bsa berkata bahwa ini adalah ilmu haq dan ilmu yg laen adalah bathil, tp apa jaminan bahwa ia lebih tinggi derajatnya di mata Alloh. mungkin mulut kita bisa menjawab “ya”, tp sebenarnya apakah kita tahu seberapa derajat kita di mata Alloh?? kita tidak tahu apa2.. hanya merasa diri benar… hanya itu

    • salam kenal kong lee

      sy belum faham dengan pamer kesaktian yg anda maxud, tp yg pasti berbeda antara ‘pamer dengan menjelaskan’.

  6. Pak Perdana Akhmad… please deh Foto Profile-nya..
    Pake airsoft ajah gaya…
    *Kalo cuma foto Finger-Off pak !! please deh…*

    kalo disuruh berangkat jihad jg blm tentu mau..

    Komentar saya tidak dikomentari ??

  7. Ass.Wr.Wb…saya minta maaf sebelum nya berani komentar di artikel ini saudra2 sekalian pasti lebih senior berpengalaman dan memiliki konsentrasi tenaga dalam jauh melebihi saya saya mnta ijin untuk menulis komen di artikel ini karena enda tau jg kenapa tangan saya ini bergerak sendiri mungin sidin yang pengen mengkomen……بسم الله الرحمن الرحيم pada masa Rasululllah Saw…..ada beberapa sahabat yang sudah menguasai sejenis tenaga dalam itu tertulis dalam Babul Ilmi karangan asssyeh ahmad saidilah asy-syakir al-khubawi bin muhammad abdillah asy-syakir al khubawi=== pada bab ke 8 ……dalam artian bsa membuat pedang sepanas apineraka…bisa membat baju gamis perang sekuat baja,bisa membuat ilusi ,.bisa melapisi tangan dengan angin yang bisa memotong baja..dan lain nya.. karena nya tidak heran setiap dalam perang jumlah pasukan islam yang ratusan bisa menghadapi ribuan pasukan kafir……..tetapi pada masa itu hanya orang2 tertentu yang diajarkan Rasul mengingat kewaspadaan rasul pada orang2 dalam yng bekhianat maka nya dalam setiap peperangan orang yang tidak memliki keahlian berpedag,tenaga dalam ilmu ilusi dan berbagai llmu2 diluar nalar disuruh hanya memegang panah di atas bukit2…..saya contoh kan pada sahabat rasul yang sering jadi kapten peyerangan cavaleri.,.yaitu Khalid bin walid yang bisa dalam sekali tebasan pedang nya bisa menjatuh kan dan memotong lawan lebih dari 18 orang….di kampung saya di kalimantan sering saya jumpai apa lagi di martapura kab-banjar kandangan kab-hlusungai selatan dan rantau kab_tapin di kal-sel”,kutai ,kota bangun,long bagun,long pahangai di kaltim”,purcahu ,muara teweh ,buntok,pulang pisau dan samit di kalteng dan beberapa kota dan provinsi di kalimantan………

    pada dasar nya manusia memiliki sifat2 Allah pada jahir dan jiwa nya jadi tergantung diri nya untuk memanfaatkan nya kekanan atau kekiri .klo yang saya pelajari dalam ilmu Kuntau yaitu silat di kalimantan tenaga dalam iyalah menggabungan kekuatan raga dan jiwa ini merupakan dalam tahapan yang pertama…yang kedua adalah fokus dalam menggabungkan kedua nya..yaitu letak nya dalam lambung dalam tahapan kedua ini ada beberapa djikir untuk mengsugestikan diri dalam tahapan fokus ini kita membuka kekuatan dari otak tengah kita yang memiliki 4 bagian yang harus dibangkitkan ., selanjut nya mulai merasakan, akan menjadi energi apa gabungan kedua kekuatan tadi tergantung pada elemen lahiriah yang dominan disetiap individu yang mempelajari nya pada tahapan ini..sensasi energi (tenaga dalam)itu akan muncul dan membentuk suatu aliran yang maaf saya belum bisa menalarkan nya…setelah betul2 bisa menguasai nya akan naik dalam tingkatan dari ilmu silat kuntau ke cempedeh (dalam bahasa kalimantan) .

    dalam tahapan cempedeh memiliki ujian2 dalam kehiduan nya yaitu ujian sabar,ujian Qanaah,ujian ikhlas,ujian sukur,ujian sombong..ujian ria,ujian ujub,ujian takabur,.dan lain nya…apabila kita lulus dalam ujian ini maka tulang, otak, sumsum, daging, kulit,mata,kuping,hidung,mulut,pori2, bulu termasuk (janggut alis),kuku,rambut.akan lebih peka dalam segala hal…………
    tingkatan terakhir dalam cempedeh berlatih dengan alam tanpa berlebihan…..dan akan mendapatkan kekuatan layak nya malaikat tapi berjasad manusia …………

    salah hilaf saya minta maaf mohon ampun jika kata kata2 saya menyinggung saudara2 sekalian……

    wassalam wr.wb

    Dr:hamba Tuhan yang bodoh selalu lalai dan lemah

    • @nick,

      Kelebihan/kesaktian yg anda maksud, sy juga pernah mengalaminya. Hanya saja, Islam membagi kekuatan yg dimaksud, yaitu :
      1. Kekuatan yg memang dari Allah berikan (Karomah, maunah).
      2. Kekuatan dari setan, baik disadari atau tidak disadari oleh orang punya kesaktian/kemampuan.

      Kalau kita kembali kepada dalil/hadist, Rosul mengisyaratkan agar umat muslim harus extra hati2. Sahabat nabi saja ketika menyadari diberikan kelebihan itu (karomah, maunah), ia takut/khawatir kemampuan itu datangnya dari setan. Allah melindungi orang2 tsb, dengan mengisyaratkan bahwa karomah yg sama tidak berulang padanya. inilah bedanya dgn sihir, sihir bisa dipelajari dan bisa berulang2 dipraktekan. Allahualam.

  8. Aslm, slm kenal para senior2 pecinta bela diri.postingnya kok skeptis,namun kurang logic, biasanya para skeptis mengedepankan nalar dlm argumennya, he he. Kadang orag yg blm meminum air laut berkata “air laut asin hanya dongeng ;khayalan :ilusi” yah wajar saja karna dia blm pernah kelaut(setaunya menurut pengalamannya air resanya tawar ), dan apriori terhadap khobar air laut asin.maaf jika da kata2 yg menyinggunh/salah.

  9. maaf saya inggin menambahkan langakah2 untuk tenaga dalam di atas, ada 13 langkah. tapi menurut saya langkah yang ke-13 bukan sperti itu.
    menurut saya langkah ke-13 anda bangun dari hayalan anda, capek bung berhayal terus tar bisa gila lho hahahaha………….pis.

  10. hehehe , bearti hidup hanya khayalan , teman , yang ghaib itu selalu ada , kalau dikaji dengan ilmu pikir sampai gila pun kamu tak akan faham

  11. Pak perdana menggunakan kata : ” khayalan” itu benar tapi kesannya agak menusuk hati itu sbabnya banyak yg marah . menggunakan kata visualisasi /sugesti akan terasa lebih sopan dan orang akan bisa lebih mengerti .

    karena orang akan sulit bertobat bila kita menegur dengan kata2 yg kurang enak didengar dan semakin membuat orang tersebut malah semakin terjerumus . ini efek psikologis pak :D

    mengenai “khayalan” saya setuju dengan Pak perdana , ijinkan saya menjelaskan dari sisi ilmiah mengenai HUKUM PIKIRAN atau cara kerja OTAK .

    pada dasarnya OTAK hanya bisa memahami bahasa GAMBAR bukan kata2 . contohnya : JANGAN MIKIR GAJAH!!! . kenyataannya kita malah meng khayalkan/ memvisualisasikan gambaran mengenai gajah

    kalau GAMBARAN tersebut di yakini , fokus dan dilakukan sugesti yg terus menerus maka KHAYALAN itu akan menjadi kenyataan .

    saya bisa katakan KEYAKINAN kita kepada ALLAH berawal dari “Khayalan” atau visualisasi/ sugesti / gambaran .

    inilah prosesnya : guru agama mengajar kita , memberi gambaran soal keberadaan ALLAH , SORGA dsb . lalu pikiran kita mulai menciptakan VISUAL atau gambaran mengenai ALLAH .

    karena gambaran itu trus menerus di fokuskan dan di ulang2 maka VISUAL itu menjadi kenyataan / keyakinan/iman/ kebenaran .

    itu sbabnya banyak orang yang memiliki keyakinan/ gambaran mengenai ALLAH, tenaga dalam dsb secara berbeda .

    apa bedanya VISUALISASI KENYATAAN dengan KHAYALAN?

    Nah itu yang akan kita bahas saat ini : mengenai ALLAH sudah pasti bukan KHAYALAN , tetapi memang sudah terbukti secara rasional dan ilmu pengetahuan .

    masalahnya : ilmu2 tenaga dalam belum bisa di buktikan secara ilmiah . kalo bisa di buktikan maka tenaga dalam bukan lah khayalan tapi kenyataan .

    HIpnosis sekarang bisa di buktikan secara ilmiah tapi memerlukan waktu yang panjang .

    BAGI praktisi tenaga dalam dsb , jika lau anda meyakini itu ada silahkan dipercayai dan bersabar karena waktu jualah yang akan membuktikan kebenarannya.

    ingat juga saat orang2 meyakini bumi itu datar . dalam pikiran mereka bumi datar adalah KENYATAAN tapi bukan benar2 KENYATAAN . BUKTI lah yang akan menjadi SAKSI .

    jadilah rasional dan ilmiah maka kita akan tau kebenarannya

    itu sebabnya kang PERDANA dan lembaga IRIS bertujuan untuk membuktikan kebenaran / kenyataan ilmu tenaga dalam.

    ya ada baiknya jika kang perdana memberikan kalimat yang sedikit lebih sopan dan ga terlalu blak2 an.

    menurut HUKUM Broiler : AKSI=REAKSI jika suatu benda melakukan aksi maka justru akan timbul reaksi , demikian sebaliknya.

    jangan beraksi kalo tidak mau kena reaksi :D

    • “Itu sebabnya
      tenaga dalam sama sekali tidak berpengaruh
      kepada orang-orang yang TIDAK berlatih tenaga
      dalam.”
      pernahkah anda mencoba menawarkan diri anda untuk di serang oleh pengguna tenaga dalam,jika memang anda yakin bahwa td itu tidak ada cobalah tawarkan diri anda kepada suatu perguruan untuk menjadi target hidup untuk serangan tenaga dalam jika anda haqqul yakin td tidak ada anda pasti tidak akan terluka dalam bentuk apapun kan dan cara itu saya yakin akan langsung menghancurkan sebuah perguruan td sesuai harapan anda,tapi jika terjadi sesuatu terhadap diri anda, permintaan saya hanya satu jujurlah pada diri sendiri untuk mengakui hal tersebut karna luka dari serangan td lebih banyak mengakibatkan luka organ dalam dmna hanya si penderita yg merasakannya, sekarang pertanyaan terbesar APAKAH ANDA MEMILIKI KEBERANIAN UNTUK MENERIMA TANTANGAN INI…..jika anda menjawab dengan berbagai alasan yang intinya anda tidak akan melakukan tantangan ini,berarti anda meragukan keykinan anda sendiri bahwa td hanya HAYALAN….

    • “ilmu2 tenaga dalam belum bisa di buktikan secara ilmiah . kalo bisa di buktikan maka tenaga dalam bukan lah khayalan tapi kenyataan”
      ya wes sekarang gini,, meskipun nanti terbukti secara ilmiah,, apa lantas anda membolehkan diri anda sendiri khususnya untuk mempraktekkannya? tak adakah keinginan di benak anda untuk mencari informasi mengenai hal ini di ajaran agama yang telah lama anda yakikini itu?

      untuk bahan renungan aja,, coba anda kaji energi dari mana yang diklaim bisa menghancurkan batu kali yang keras itu hanya dengan olah nafas? anda ngomong aksi=reaksi, tentu anda tidak akan kesulitan menelaah bila saya ngomong input=output bukan? makan aja masih nasi, uda mengklaim bisa ngancurin bebatuan kali. coba mas maxima renungkan..

  12. VISUALISASI PENTING TERGANTUNG PENGGUNAANNYA, KL KITA SHOLAT DISURUH SEOLAH2 KITA MELIHAT ALLAH, AGAR LEBIH FOKUS…. AYO… BENER NGGAK…

    • Tidak boleh memfisualisasikan melihat Allah sebab Allah Tidak sama dengan makhluk-nya, sedangkan kita jika memfisualisasikan sesuatu akan membayangkan bentuk yang kita kenali. yakinlah Allah melihat kita namun jangan membayangkan bentuk dan wajah Allah, haram hukumnya

  13. kenapa ini pada goblok semua!!! sementara saudara sesama muslim di tindas di palestina anda kok malah sibuk dengan tenaga dalam dan ruqyah. itu yahudi musuh yang nyata sampai akhir jaman. ayo yang mengaku muslim saya tunggu kedatangannya di gaza.

  14. Preman-preman Kafir ambon sudah merajalela, lalu mana umat Islam yg katanya mau amal maruf nahi munkar, Gaza dibombardir, tanah palestina di cabik-cabik, lalu mana umat Islam yg katanya mau amal maruf nahi munkar, trus pegangguran merajalela di lingkungan kita, pencopetan, penculikan, perampokan terjadi dimana-mana ???? lalu mana peran kalian……..ayo sibukkan diri kalian dengan saling menghujat sesama islam, saling mengkafirkan, saling membid’ahkan….selamatlah karena kalian bener-bener tertipu oleh syetan lanatullah, merasa diri benar

  15. assalamu alaikum

    @nyimak
    tanggapan anda terhadap penjelasan yang di sampaikan oleh jiwa 01 mencerminkan anda sama sekali tidak membuka semua link yang di sertakan oleh jiwa 01.pdhal dia telah menyatakan telah ada penelitian ilmiah mengenai manfaat visualisasi-khayalan, dmna anda dan mas pa sangat menentangnya dimana anda dan mas pa sangat mengharapkan bukti ilmiahnya,tapi ketika ada yang menunjukkan bukti2 tersebut dengan mudahnya anda mengatakan itu hanya meningkatkan pd dan konsentrasi saja,anda seperti orang jahiliyah yang pernah di sebut dalam alquran ketika kebenaran datang mereka berpaling,saya pernah di ingatkan oleh guru statistik jangan percaya suatu perkara kecuali ada penelitian yg telah dilakukan.maaf bukan maksud saya menyamakan anda dengan orang jahiliah namun sikap andalah yang menunjukkannya.kalo anda mao fair(adil)dapatkah anda menunjukkan hasil penelitian ilmiah tentang manfaat,keefektifan,serta penjelasan logis tentang cara kerja ruqyah dimana linknya,setiap saya menemukan konflik ruqyah td,hanya dari sisi ruqyah sajalah yang tidak pernah memberikan link tentang penelitian ilmiah mengenai metoda ruqyah,saya adalah seorang praktisi tenaga dalam setengah2 dalam artian saya tidak pernah mencapai tataran mereka yang bisa mukul jarak jauh manfaat yang saya dapat baru taraf stamina tubuh yang saya rasa cukup prima untuk aktivitas sehari2 dari hasil senam pernapasan,beberapa bulan yang lalu saya pernah membaca blog quranic healing punya mas pa tentang semua orang bisa meruqyah,kebetulan selesai membaca artikel tersebut sepupu saya ada yang kesurupan,maka saya mencoba mempraktekkan ruqyah tersebut,tapi hasilnya jin yang merasuk tidak mao pergi,saya sudah baca al fatihah,annas,al falaq,al ikhlas ,sahadat,salawat,ayat kursi,berulang ulang saya bacakan di kupingnya tidak ada hasil,jin trsbt baru bisa terusir setelah seorang ustad/orang pinter(mas pa dkk akan bilang dukun sihir)mengusirnya dengan gerakan seperti mengerahkan energi/td sambil mulutnya baca sesuatu,namun kemalangan tidak bisa dihindari janin 2bln yang sedang dikandung sepupu saya gugur sesaat setelah dia sembuh dari kesurupan,ini menjadi pertanyaan bagi saya mengapa mas pa bilang semua orang bisa tapi kok saya tidak bisa,anda menulis siapapun bisa tnpa terkecuali dan tanpa syarat apapun, mengapa jin tersebut tidak terpengaruh oleh bacaan saya…dapatkah anda menjelaskan peristiwa jin tersebut tanpa menyinggung kondisi saya karna jika penjelasan anda tersangkut keadaan saya berarti anda telah ingkar dengan ucapan anda sendiri wassalam

  16. “Itu sebabnya
    tenaga dalam sama sekali tidak
    berpengaruh
    kepada orang-orang yang TIDAK berlatih
    tenaga
    dalam.”
    pernahkah anda mencoba menawarkan diri
    anda untuk di serang oleh pengguna
    tenaga dalam,jika memang anda yakin
    bahwa td itu tidak ada cobalah tawarkan
    diri anda kepada suatu perguruan untuk
    menjadi target hidup untuk serangan
    tenaga dalam jika anda haqqul yakin td
    tidak ada anda pasti tidak akan terluka
    dalam bentuk apapun kan dan cara itu
    saya yakin akan langsung menghancurkan
    sebuah perguruan td sesuai harapan
    anda,tapi jika terjadi sesuatu terhadap diri
    anda, permintaan saya hanya satu jujurlah
    pada diri sendiri untuk mengakui hal
    tersebut karna luka dari serangan td lebih
    banyak mengakibatkan luka organ dalam
    dmna hanya si penderita yg
    merasakannya, sekarang pertanyaan
    terbesar APAKAH ANDA MEMILIKI
    KEBERANIAN UNTUK MENERIMA
    TANTANGAN INI…..jika anda menjawab
    dengan berbagai alasan yang intinya anda
    tidak akan melakukan tantangan ini,berarti
    anda meragukan keykinan anda sendiri
    bahwa td hanya HAYALAN….

  17. Hehe..seru ea,kalo udah berbicara soal apa yg diyakini..rame,pada saling merasa,,pada saling berkhayal..cm debat kusir sie,tp seru..yg perlu digaris bawahi,ini inti nya sie cm pembuktian..saling berebut omong untuk minta bukti..kalo ga bukti ga bener,,hehe
    ruqyah dan tenaga dalam itu sugesti kpd allah,yg gaib dan tak bisa dilihat wujud nya,tp ada lho..iman,yakin,ikhsan..maka semua bisa mengaku,bersaksi,,,pertanyaan nya apa harus digamblangkan pelajaran pengalaman tentang pemahaman kesaksian,,itu kan masing masing pribadinya,menurut kadar yg udah ditentuin ama allah swt..semua itu intinya ilmu allah,dengan izin allah,,man zal ladzi yasfa’u ila bi iznihi,,semua hanya syafaat,,cm cara dan upaya/doa,,nabi muhamad aja ga bisa “apa apa” tanpa izin allah,,daripada ributin ilmu allah yg di dlm nya bnyk lika liku laku diri mending gali potensi diri sendiri,keluarkan yg terpendam dr dlm diri,,amalku ya amalku,amalmu ya amalmu,semua itu ibadah koq kalo niat nya krn allah..inget dan waspada hati dan lisan itu yg selamat,insya allah..:):D:p

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s