HAKIKAT KITAB “PERDUKUNAN” MUJAROBAT ( Syamsul Ma’arif, al-aufaq dll)

Pengantar admin :

Buku-buku Ilmu Hikmah Gadungan yang bermuara pada kitab karangan grand master ilmu sihir Ahmaq bin Ali al-Buni dan Imam Ghazali Gadungan ( Imam Ghazali yang asli tidak mungkin mengajarkan ilmu sihir) yang sangat dipuja-puja dan dicopi paste di blognya pak dukun “palsu” Ahmaq muda aceh ( www.wongalusaceh.wordpress.com ) di Indonesia sering disebut dengan buku MUJAROBAT, ada banyak fersi buku-buku mujarobat yang mengajarkan pembuatan jimat, sihir dan perdukunan seperti :

  1. Daya Kesaktian Bathin. Disusun oleh KH. A. Zaenury AY. Penerbit Mahkota Surabaya. Tidak ada Tahun penerbitan
  2. Buku Mujarobat dan kunci kesembuhan. Karangan Ustad Labib MZ. Penerbit. CV. Pustaka Agung Harapan, Surabaya. Tidak ada Tahun penerbitan
  3. Santet, E – book, Karangan Masruri Ahmad
  4. Imam Ghozali. Kumpulan Ilmu Ghaib. Alih Bahasa. Ust. Masrap Suhaemi. Penerbit Mahkota. Surabaya. Tahun 1984
  5. Buku Silahul Mukmin, Kumpulan Mantra, Wirid, Do’a dan Obat tradisional. Karangan K. Mahfudz Sya’Roni. Penerbit Ampel suci Surabaya. Tidak ada tahun penerbitan
  6. Ilmu Kekuatan Gaib, Imam Al Ghazali, Ilmu Hikmah – Tolak Bala – Thorekot, Dll, Oleh Abd. Hamid Zahwan, penerbit CV. Aneka Solo, Tahun 2004
  7. Rahasia Ilmu Khodam, Berguru Ilmu Gaib Sumber Daya Linuwih, Oleh Romo Kyai Drs. Hartoyo, Penerbit CV. Aneka Solo, Tahun 2006

Buku-buku diatas menurut para penterjemahnya semuanya mengutip (copi paste) dari kitab Syamsul Ma’arif, mamba’u ushulil hikmah juga  al-aufaq. Celakanya buku-buku tersebut banyak dijual dipinggir jalan kaki lima dan berbagai bentuk jimat  juga dijual murah dijalanan yang pada akhirnya banyak membuat pembelinya tersesat dan berbuat syirik pada Allah Ta’ala.

Syaikh Abdullah al-Jibrin berkata: “Kitab ini (karya al-buni, imam ghazali gadungan) termasuk kitab khurafat, penulisnya telah memenuhinya dengan kedustaan, khurafat, kebatilan, aqidah rusak yang orang yang meyakininya maka dia kufur. Kitab ini juga penuh dengan ajaran sihir dan perdukunan, oleh karenanya kitab ini banyak digemari oleh para dukun. Kitab ini telah menimbulkan banyak kerusakan dan menjerumuskan banyak orang dalam jeratan kekufuran dan kesesatan. Maka kami menasehatkan kepada setiap muslim untuk menjauhinya, barangsiapa yang terlajur memilikinya maka hendaknya membakarnya. Sebagaimana kami menasehatkan kepada setiap muslim untuk banyak membaca Al-Qur’an dan kitab-kitab hadits seperti shahih Bukhari Muslim, sunan, kitab-kitab tauhid, sebab hal itu akan dapat menjaga agama seorang. Wallahu A’lam”. (Fatawa Islamiyah 3/365)

Maka dibawah ini saya sajikan fatwa dari Sharia Consulting Center (SCC) Alamat : http://www.syariahonline.com mengenai sesatnya Buku Mujarobat:

Konsultan Ahli Didalam SCC terhimpun para pakar :

  1. DR. Salim Segaf Al Jufri, MA
  2. DR. Surahman Hidayat, MA
  3. DR. Ahzami Sami’un Jazuli, MA
  4. DR. Muslih Abd. Karim, MA
  5. DR. M. Idris Abd. Somad, MA
  6. DR. Muhammad Muinuddin, MA
  7. DR. Daud Rasyid, MA
  8. DR. Ir. H. Nurmahmudi Isma’il, MSC
  9. Dr. Ir. H Anton Apriantono, MS
  10. KH. Abdul Hasib Hasan, LC
  11. H. Bukhori Yusuf, Lc. MA
  12. H. Iman Santoso, Lc
  13. .Hj. Herlini Amran, MA
  14. Dra. Hj. Yoyoh Yusroh

Pertanyaan :

Ada sebuah buku yg laris manis dipasaran dan sudah cukup lama beredar, berjudul “Mujarobat”. Berisi mulai dari tata cara sholat, doa2,bahkan hingga ramalan dan jimat2 yg setahu sy ramalan dan jimat2 sangat dilarang oleh islam.
mohon penjelasan, karena saya rasa buku tersebut sengaja dibuat untuk mencemarkan aqidah umat islam.

Terimakasih..

jawab :

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Di dalam Al-Quran Al-Karim sendiri memang ada keterangan tentang Al-Quran Al-Karim yang menjadi penyembuh.

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.(QS. Yunus : 57)

Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al-Isra? : 82)

? Katakanlah: “Al Quraan itu adalah petunjuk dan penawar (penyembuh) bagi orang-orang mu’min. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quraan itu suatu kegelapan bagi mereka . Mereka itu adalah yang dipanggil dari tempat yang jauh”.(QS. Fushshilat : 44)

Namun dalam penerapannya agar Al-Quran Al-Karim bisa juga berfungsi sebagai penyembuh, haruslah kita mengikuti metode yang masyru’ serta telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena bila tidak, yang terjadi bisa jadi malah sebuah penghinaan dan ketidak-sopanan atas ayat-ayat Al-Quran Al-Karim itu sendiri.

Ada beberapa ayat tertentu yang oleh Rasulullah SAW diajarkan untuk dibaca manakala seseorang tertimpa sihir atau gangguan syetan. Begitu juga bisa merasa diri selalu was-was dan tertkan. Namun baik pilihan ayat maupun metode membacanya harus selaras dengan petunjuk dari Rasulullah SAW.

Sedangkan metode dengan menulis ayat-ayat Al-Quran Al-Karim dengan cara yang salah, terputus-putus, terbalik atau sengaja dibuat salah, semua praktek itu tidak lain adalah tipu daya syetan yang memperdaya kebodohan umat Islam. Padahal yang dilakukan tidak lain sebuah penghinaan terhadap ayat-ayaat yang mulia itu.

Bahkan sebagian dukun ada yang menulis ayat Al-Quran Al-Karim dengan darah wanita yang haidh, atau meletakkan di telapak kaki, atau ditulis pada sepatu kuda (ladam) atau pada benda-benda yang tidak terhormat. Semua itu selain berdosa karena menghina ayat Al-Quran Al-Karim, juga merupakan perbuatan syirik karena mengantungkan diri kepada tulisan-tulisan itu. Seolah-olah bukan Allah SWT yang menjadi tempat meminta, tetapi kepada tulisan-tulisan itu.

Apalagi bila seorang yang mengantungi tulisan itu merasa bisa jadi kebal dan tidak mempan dibacok, atau bisa menghilang dan berjalan di atas air atau berbagai keajaiban lainnya, maka semua itu adalah kerjaan syetan yang ikut bermain dan menipu, padahal saat itu orang itu sudah melakukan tindakan syirik dan sekaligus menghina Allah SWT dan kalam-Nya.

Kitab semacam mujarrobat dan yang sejenisnya memang kitab yang sesat dan menyesatkan. Karena tidak ada dasar masyru’iyahnya baik dari tafsir Al-Quran Al-Karim maupun hadits Rasulullah SAW. Kitab itu ditulis oleh mereka yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan kebenarannya, sebagiannya lagi malah anonim alias tidak pernah diketahui pengarangnya. Sehingga tidak bisa diterima kebenaran isinya. Apalagi isinya justru sangat bertentangan dengan aqidah Islamiyah dan ajaran yang lurus dari syariat Islam.

Sebaiknya seorang muslim menghindari praktek seperti itu agar aqidahnya bisa terjaga dan baik. Dan kita semua punya kewajiban untuk memberikan penjelasan yang sejals-jelasnya kepada khalayak umat Islam atas penyimpangan seperti ini dan mengarahkan mereka untuk kembali kepada praktek yang sesuai dengan syariat Islam.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

253 thoughts on “HAKIKAT KITAB “PERDUKUNAN” MUJAROBAT ( Syamsul Ma’arif, al-aufaq dll)

  1. ha ha ha makin lama ente makin tambah bodoh ya, ente bisa baca kitab syamsul ma’arif langsung??????????????, arab aja ente bmules, gimana mau paham agama, dan ngerti kandungan samsul ma’arif, pentaklid buta ha ha ha, lihat ane jawab diblog anti metafisis, perdana perdana wahabi ngantuk seindonesia

    • perdana ahmad itu tdk perlu ditanggapi,di doakan saja biar dapat hidayah Alloh.ilmunya terlihat masih dangkal n terasa mentah

    • Untuk wongalusaceh. Saya menilai anda sebagai seorang yang murtad. Jangan bawa-bawa nama aceh atas kesesatan anda. Jika anda memang sakti kita bertemu aja secara langsung. Saya tinggal di Medan dan saya rutin keliling aceh. Kalau sekedar ngomong kotor di blog itu adalah simbol pengecut. DARAH KAMU HALAL KU MINUM

  2. kalau buku mujarobat yang dijual dipasaran ene stuju mungkin banyak salahnya, lawong yang terjemah aja cuma pintar bahasa arab namun tak tahu ilmu hikmah, jelas gadungan tapi kalu syamsul ma’rif asli kayaknya ente salah minum obat kali.

    kesalahan ente yang tk pernah berubah.
    1. pentaklid buta
    2. imam besar ali buni karangannya aja tak pernah ente baca karena ente tak paham bodoh, lha tak pintar ilmu hikmah lalu soso soan bilang salah

    kentut guru ane lebih berharaga dari ilmu sesat menyesatklan ente wahai wahabi ngantuk he he he he he

      • tapi kentutnya guru jangan diciumi terus lho mas,ana khawatir kasian klo guru antum ngasih amalan “nyium kentut”,agar antum tambah sakti.. klo mas disuruh nyium kentut jangan mau ya mas, ana sedih jika antum sampai mau…tapi,klo mau nyium ya gak apa2,ana kan cuma mengingatkan. klo antum tetep bilang: “tapi kentut guru ane kan……. “,ya udah ciumi aja kentutnya,ana cuma mengingatkan buruknya kentut guru antum.. klo antum merasa berharga,dan sayang ninggalin kentut guru antum. sudah di pastikan kebodohan yang nyata. sama halnya, jika kita sayang dengan amalan2 syirik,itu lbih2 lagi.

    • kamu tahu wahabi, nggak?
      kaum wahabi itu dihormati karena menjauhkan umat Islam dari bid’ah.
      hanya karena kalian banyak minyak di “serambi mekkah”, kalian mau saja membebek yahudi untuk memelintir kata wahabi.
      cobalah kalian tengok diri kalian sendiri.
      belum puas terkena tsunami ya?
      kalian tidak mau menolong orang2 asing yang datang membawa kayu untuk membangun rumah kalian sendiri sebelum kalian diberi uang.
      keterlaluan, memang.

  3. Sedangkan metode dengan menulis ayat-ayat Al-Quran Al-Karim dengan cara yang salah, terputus-putus, terbalik atau sengaja dibuat salah, semua praktek itu tidak lain adalah tipu daya syetan yang memperdaya kebodohan umat Islam.

    ente pernah lihat syetan secara langusng ketika orang nulis putus putus?????????????????

    ha ha ha pasti peke dugaan lagi kan??????? ha ha ha ha
    Padahal yang dilakukan tidak lain sebuah penghinaan terhadap ayat-ayaat yang mulia itu.

    pernahkan Allah dan rasul mengatakan kalau diputus putus gitu penghinaan, jangan jangan ini dugaan sesat ente untuk kesekian kalinya ha ha ha

    tiadalah perdana kecuali orang yang sesat menyesatkan yang melandasi semua ilmunya atas dasar dugaan semata, sedangkan ayat dan hadist yang dibawa adalah benar namun pentafisran dan penjabarannya mat tidak nyambung sama sekali ha ha ha ha

    kentut guru ane lebih berharga dari ilmu sesat ente ha ha ha

  4. Alhamdulillah, selalu dan selalu artikel saya dan penjelasan para pakar ilmu syari’ah dibantah dengan tanpa ilmu dan hikmah dari dukun wongalusaceh :) jika saya kalkulasi ada lebih dari 95% komentar/tanggapan “sampah” yang sama sekali tidak pantas untuk saya tanggapi. Setiap orang yang mengunjungi blog ini akan tahu tabi’at dan akhlak buruk dukun wongalusaceh ini dari cara dia bertutur kata/membuat tanggapan. ada sebuah blog sahabat yang merangkum semua ilmu santet didalam kitab mujarobat, walau tidak dijelaskan secara rinci dari blog tersebut sudah cukup baik dalam memberi info kitab mujarobat yang mengajarkan santet dan cara membunuh orang secara ghoib di http://totalsantet.blogspot.com

    Ada banyak tanggapan seperti diatas yang sama sekali tidak penting untuk saja jawab sebab sama sekali tidak ilmiah, contoh kecilnya apa hubunganya antara artikel saya dengan kentut guru wongalusaceh :) bagaikan bumi dan langit, tidak berhubungan sama sekali kentut guru wongalus dengan penjelasan para pakar syari’ah…….

    Ya Allah…………..Benar-benar parah sakit mental wongalusaceh ini. Allahumusta’an…….
    saya hanya khawatir ucapan cabul, jorok dan kotor wongalusaceh ini akan merusak akhlak pengunjung yang ikut-ikutan bicara jorok, wongalusaceh ini memang benar-benar hizbusyaithan yang menyebarkan contoh ucapan cabol.jorok dan kotor……..

    • ana sangat setuju dg apa yg disampaikan kang perdana, bhw semua tanggapan dr mahluk halus aceh eh maaf wongalusacveh smakin ngawur seperti sampah

      • saya pengunjung baru. saran saya segeralah bertaobat wongalus. Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Kembalilah ke jalanNya. Taat kepada Allah dan Rasulnya. Ndak ada Rosulullah SAW mencontohkan untuk berkata2 dan bertabiat seperti anda. Pada diri rasululloh SAW itulah sebaik2 akhlak. Tobat buruan gih!!!!

    • Duh bolo knco priyo wanito, ojo mung ngaji syareat bloko. Gur pntr dongeng, nulis lan moco, tembe mburine bkal sangsoro, Akeh kang apal qur’an hadits e, sering ngafirke marang liyane. Kafire dw g dgatekne, yen isih peteng ati akale.

  5. 1. hizb bagian dari quran. tiap kali baca quran Rasul saw sebanyak satu hizb terdiri dari beberapa juz
    2. hizib golongan. Hizbullah, Hizbussyaithon
    3. Hizib perisai. contoh hishnul muslim dan al matsurot
    4. hizib partai. hizbul rafahiyah
    5. Hizb wongalus, partai wongalus merdeka

  6. ente kan sampah agama, kenapa juga bicara baik dan sopan, udah sesat menyesatkan tak mengaku lagi. nich oleh oleh dikit,

    Pengantar admin :
    Buku-buku Ilmu Hikmah Gadungan yang bermuara pada kitab karangan grand master ilmu sihir Ahmaq bin Ali al-Buni dan Imam Ghazali Gadungan ( Imam Ghazali yang asli tidak mungkin mengajarkan ilmu sihir)
    Ahmad muda menjawab :
    Defenisi gadungan itu apa???apakah ada ilmu hikmah gadungan adan ilmu hikmah yang bukan gadungan???kalau ada ilmu hikmah yang bukan gadungan contohnya apa ya????. Ahmad ali buni yang benar kalau AHMAQ itu perdana yang tidak punya ilmu selain copi paste, pentaklid wahbi sejati. Imam ghazali tidak ada yang gadungan yang ada yang asli, yang mengajarkan ilmu sir seperti musalat ghazaly semua ulama dunia selain wahabi tahu kalau musalat itu punya imam ghazali, hamper semua referensi ulama menuabutkan sebagai musalat ghazali, hanya wahabi ngantuk yang telat informasi, lalu mengunakan dugaan untuk membenarkan dan menyalahkan sesautu, dugaan yang taka ada dasar sama sekali.
    1. Pertama wahabi ini belum pernah mempelajari langsung dari guru yag bersanad yang turun temurun mengajarkan kitab ghazali dan imam ahmad ali buni. Jadi jelas kitab kitab ghazali dan ali buni tak pernah dia dalami secara langsung, pertama keterbatasan memahami kitab mereka karena dia tak pintar ilmu alat seperti nahu saraf, mantiq, bayan, ma’ani, badi’, dan seluk beluk ilmu hikmah, karena ia bukan mantan santri yang sudah lama dalam dunia hikmah, jadi kesimpulannya terhadap ghazali dan imam buni sangat meragukan sekali.

    2. Wahabi sering sekali bertkalid pada pendapat pendapat orang yang ia sendiri belum pernah bertemu dengan orang tersebut, dan bagaimana tingkat keilmuan dan sifat orang yang ia taklid. Hingga bila kesimpulan yang ia taklid salah maka ia juga ikut salah, dan terkadang maksud yang ia taklid itu berbeda dengan maksud penulis aslinya., hingga kami dipesantren sangat pantang mendalami ilmu sesuatu tampa ada bimbingan langsung dari guru terhadap kitab kitab kuning karena ibara padara imam itu kadang banyak mengunakan kata kata dan lafaz majaz dan lainya, hingga makna perkataanya bias salah dipahami. Nah perdana ini Cuma copi paste dari blog keblog yang ia sendiri belum kenal sama pemilik blog, walau ada juga yang ia kenal. Intinya keseimpulannya terhadap sesuatu amat meragukan.

    yang sangat dipuja-puja dan dicopi paste di blognya pak dukun “palsu” Ahmaq muda aceh ( http://www.wongalusaceh.wordpress.com ) di Indonesia sering disebut dengan buku MUJAROBAT,
    ahmad muda menjawab : sejujurnya, bersumpah tidak etis toh wahabi ini tak akan percaya sama ane, saya hanya memahami ilmu hikmah dari guru guru saya yang mursyid dan mendalami berbagai kitab hikmah mu’tabar yang diakui didunia isalam, tampa pernah satupun saya percaya kepada buku buku mujarobat dipinggir jalan, banyak jamaah yang memebli buku mujarobat meminta saya seleksi mana yang boleh mana yang tidak, karena sudah saya wanti wanti bahwa buku mujarobat itu terkadang tidak mencantumkan referensi yang jelas sehingga tidak bisa kita cek ricek, dan banyak sekali buku mujarobat itu yang salah ketik baris barisnya, karena pemahaman penulsi buku itu kadang kadang selevel sama perdana yang Cuma kopi paste tampa memahami isi kitab hikmah yang ia kutib itu.
    Saya pernah mendatangi seorang pimpinan pesantren kecil yang ada diaceh, saya dengar ia mengamalkan jaljalut lalu saya tanyakan dari mana ia mendapatkan jaljalutnya, ia menjawab dari temannya dijawa, terjemahan dari kitab mamba usul hikmh yaitu jaljalut kubro, saya katakan didalamnya ada bahasa suryani dan ibrani, dan takut takut salah baris nama nama suryani dan ibarani itu. Lalau ketika diperlihatkan terjemahan itu, saya katakana ini yang nama suryani dan ibrani, beliau tampak terkejut dan terheran heran karena memang dia cari dikamus arab Indonesia tak ketemu maknanya, dan baru tahu kalau jaljalut itu ada yang berbahasa suryani dan ibarani, lalu saya jelaskan lagi bahwa suryani dan ibrani dalam terjemahan ini salah barisnya, karena saya memang sudah yakin penterjemah itu Cuma pintar nahu saraf yang bukan praktisi hikmah sehingga kesalahan pemahaman tak bisa dihindari. Semenjak itu ia tak berani lagi mengamalkan doa jaljalut, namun saya kasi jaljalut yang sudah sering saya amalkan yang saya yakini sahih lafaznya.
    Intinya saya sangat gencar memberantas buku buku hikmah yang ditulis oleh penulis yang bukan praktisi ilmu hikmah. Hingga kini setiap jamaah selalu berkonsultasi tentang buku yang mereka beli, saya conteng dulu baru boleh mengamalkan. Cuma kitab senjata mukmin versi jawi yang sudah saya izinkan diamalkan semua jamaah karena ulama terbesar aceh sudah membedah buku itu dan dinyatakan sahih. Kalau wahbi yang dia tahu Cuma ngantuk dan makan asam sunti hingga keasaman wajahnya makanya sukar paham.
    Dari uraian diatas garand master wahabi Indonesia adalah pendusta, menuduh saya dengan hanya dugaan saja, tampa tahu saya sebenarnya bagaimana, sungguh pendusta yang bermodalkan dugaan untuk menilai sesuatu.
    wahabi wahabi jauhilah perasangka karena persangka itu dosa.

    ada banyak fersi buku-buku mujarobat yang mengajarkan pembuatan jimat, sihir dan perdukunan seperti :
    1. Daya Kesaktian Bathin. Disusun oleh KH. A. Zaenury AY. Penerbit Mahkota Surabaya. Tidak ada Tahun penerbitan
    2. Buku Mujarobat dan kunci kesembuhan. Karangan Ustad Labib MZ. Penerbit. CV. Pustaka Agung Harapan, Surabaya. Tidak ada Tahun penerbitan
    3. Santet, E – book, Karangan Masruri Ahmad
    4. Imam Ghozali. Kumpulan Ilmu Ghaib. Alih Bahasa. Ust. Masrap Suhaemi. Penerbit Mahkota. Surabaya. Tahun 1984
    5. Buku Silahul Mukmin, Kumpulan Mantra, Wirid, Do’a dan Obat tradisional. Karangan K. Mahfudz Sya’Roni. Penerbit Ampel suci Surabaya. Tidak ada tahun penerbitan
    6. Ilmu Kekuatan Gaib, Imam Al Ghazali, Ilmu Hikmah – Tolak Bala – Thorekot, Dll, Oleh Abd. Hamid Zahwan, penerbit CV. Aneka Solo, Tahun 2004
    7. Rahasia Ilmu Khodam, Berguru Ilmu Gaib Sumber Daya Linuwih, Oleh Romo Kyai Drs. Hartoyo, Penerbit CV. Aneka Solo, Tahun 2006
    Ahmad muda menjawab :
    Saya belum membaca buku diatas, dan tidak perlu saya cari, karena saya memang kurang yakin sama buku mujarabat terjemahan, kalau versi arab kita lihat dulu tingkat kepercayaan ilmu pengarang. Namun kalau sihir dan dukun yang diajarkan dalam buku itu mungkin itu hanya kesimpulan wahabi mengantuk perdana kolor ngebor.
    Buku-buku diatas menurut para penterjemahnya semuanya mengutip (copi paste) dari kitab Syamsul Ma’arif, mamba’u ushulil hikmah juga al-aufaq. Celakanya buku-buku tersebut banyak dijual dipinggir jalan kaki lima dan berbagai bentuk jimat juga dijual murah dijalanan yang pada akhirnya banyak membuat pembelinya tersesat dan berbuat syirik pada Allah Ta’ala.

    Ahmad muda menjawab:
    Bila perterjemah bukan praktisi hikmah yang ahli saya yakin banyak kemungkinan salah, masalah dijual dipinggir jalan ya tidak bedanya dengan buku karangan perdana yang banyak juga dijual diemperan toko toko bercampur baur dengan buku buku wahabi lain yang jarang laku.
    Syaikh Abdullah al-Jibrin berkata: “Kitab ini (karya al-buni, imam ghazali gadungan) termasuk kitab khurafat, penulisnya telah memenuhinya dengan kedustaan, khurafat, kebatilan, aqidah rusak yang orang yang meyakininya maka dia kufur.
    Ahmad muda menjawab : andalah wahabi yang sesat menyesatkan umat, yang menuduh para aulia sekaliber ali buni yang dalam karangan imam nabhani berjuadul karamatul aulia dimasukkan dalam salah satu aulia Allah. Bila anda menuduh imam buni dan yang mengikutinya kufur maka besar kemungkinan anda termasuk salah satu aliran sesat Indonesia yang cirri cirinya mengkafirkan orang diluar kelompoknya. Dan bila imam buni dan pengikutnya ternyata diakhirat tidak kufur maka kufur itu akan berbalik keanda dan yang meyakini pendapat anda:
    Nabi mengatakan : barang siapa mengkafirkan seorang muslim maka sungguh ia telah kafir.
    Ingat yang tahu kafir pada hakikatnya hanya Allah, adapaun wahabi ngantuk seperti anda dan perdana yang ikut pendapat anda hanyalah orang yang menduga duga tampa memilki dalil yang cukup, yang bilapun dalil, ribuan ulama masih berbeda pentafsiarn seperti pentafsiran anda yang ngantuk. Salah satu makna syaikh itu orang yang berumur 40 tahun keatas. Maka anda adalah pak tua yang bodoh dan membodoahkan diusia tua. Ha ha ha ha.
    Kitab ini juga penuh dengan ajaran sihir dan perdukunan, oleh karenanya kitab ini banyak digemari oleh para dukun.
    Ahmad muda menjawab :
    Kalau anda bukan orang arab maka penterjemahnya masih ngantuk menterjemahkan dengan dukun, padahal imam buni itu seorang hakim karena yang diajarkan ilmu hikmah rahasia, huruf, sama dan ayat, lhaa dukun itu kagak gituan mas syekh, oya anda pernah ketemu sama perdan pentaklid anda, dia itu bodohnya minta ampun, saya tak abis piker kenapa, namun ya saya sadar kalau guru bodoah murid ya juga harus bodoh dong he he he he.
    Kitab ini telah menimbulkan banyak kerusakan dan menjerumuskan banyak orang dalam jeratan kekufuran dan kesesatan.
    Ahmad muda menjawab;
    Kitab ini membawa kepada semakin mengagumi kebesaran dan keluasan ilmu Allah yang tak pernah dirasa oleh wahabi ngatuk seperti anda yang hanya melihat kelapa para serabutnya namun anda belum pernah merasakan nikmatnya minyak kelapa yang dicampur sama ikan bandeng ha ha ha ha. Yang sesat itu ya anda seperti sesatnya kalelawar yang terbang disiang hari sambil menabrak dinding karena rabin disaat matahari begitu terang benderang. Wahabi wahabi kalelawar seperti anda cocoknya ikut casting film batman and robin dihollywood sana, lumayan dapat uang saku yang lebih banyak dari saik kufur sana kufur sini, kalau kehollywood ente bilang kufur yang tak masalah, ini sesama islam, syekh mamak ente ngidam apa dulunya??????????
    Maka kami menasehatkan kepada setiap muslim untuk menjauhinya, barangsiapa yang terlajur memilikinya maka hendaknya membakarnya.
    Ahmad muda menjawab :
    Saya nasehatkan kepada umat muslim yang menyukai dunia hikmah mencari guru yang hali untuk mendalami kitab tersebut karena amat besar mamfaat yang bisa diambil disana, adapun buku buku wahabi yang dijual dipasar pasar loak kalau anda bakar maka anda akan berpahala karena mencegar kemungkaran orang yang selalu mengkafirkan dan memfitnah para ualia Allah.
    Sebagaimana kami menasehatkan kepada setiap muslim untuk banyak membaca Al-Qur’an dan kitab-kitab hadits seperti shahih Bukhari Muslim, sunan, kitab-kitab tauhid, sebab hal itu akan dapat menjaga agama seorang. Wallahu A’lam”. (Fatawa Islamiyah 3/365)
    Ahmad muda menjawab ;
    Benar baca quran dan hadist untuk memahami aqidah, fiqih, dan tasawuf, adapaun untuk mengetahui kandungan alquran dan hadist yang berhubungan dengan ayat dan asma dan rahasianya baca kitab kita imam ahmad ali buni. Misalnya kaf ha ya ain shad, kalau ente baca quran semata tak ada penjelasanya sama sekali, kalau ente baca tafisr banyak yang mejalaskan Allah yang mengetahui maksudanya, kalau buka kitab hadist juga tak dijabarkan tentang makna kaf ha ya ain shad itu, jadi kalau ingin mendalami rahasianya pedomanilah firmanya :
    Dan tiada ada yang mengetahui takwilnya ayat mutasyabihah kecuali Allah dan orang orang yang rasikh dalam ilmu. (ali imran)
    Kalau anda percaya kepada alquran maka anda harus percaya surat ali imran ini dan pada ayat ini. Disini ada disebutkan bahwa ayat mutasyabihah seperti kaf ha ya ain shad hanya Allah dan orang yang rasih ilmu. Siapakah mereka???????
    1. Imam ali buni menjelaskan panjang lebar pemahaman kaf ha ya ain shad dengan mendalam sekali
    2. Imam ghazali menjelaskan bagaimana dari kaf ha ya ain shad, dan ha min ain shin kaf dibuat menjadi 5 asma, dan dikeluarkan limat ayat yang awalnya kaf ha ya ain shad dan dan min ain sin qaf diujungnya seperti ini. Uraian dibawah ini adalah urain imam ghazali yang sangat sistematis terhadap ayat mutasyabihah yang tidak akan bisa dibuat oleh wahabi ngantuk yang nahu saraf tak seperti bisa perdana ngantuk.

    3. SEJARAH PENEMUANNYA.
    Imam alghazali menjelajah berbagai pelosok negeri untuk mencari sebuah khotam (simbol yang berasal dari nama tuhan). Lalu beliau menemukan seorang ulama besar yang shalih yang memiliki khotam tersebut. Lalu setelah sekian lama beliau melayani ulama tersebut barulah beliau diberi dan diwasiatkan.
    JANGAN PERNAH KAMU TAMPAKKAN PADA ORANG JAHIL.

    KARENA IA MERUPAKAN ISMUL ‘ADHAM

    Ilmu adham merupakan nama Allah yang bila kita berdoa pasti diterima, bila kita meminta pasti diberi, tidak perduli siapapun yang memintanya.
    Khotam tersebut berbeda pendapat ulama tentang siapakah pemilik pertamanya, ada pendapat nabi daud, ada pendapat nabi sulaiman, dan ada pendapat asif barkhiya.
    Dalam khotam itu terdapat angka
    123456789 dalam angka arab secara acak.
    Lalu imam algazali merenungkan alquran untuk menemukan misteri khotam tersebut. Akhirnya beliau berhasil memecahkannya dengan sangat indah.
    Ada tiga hal yang harus kita pahami dulu.
    A. Huruf hijaiyah dengan 4 karakternya.
    Pada kolom pertama disebelah kanan adalah huruf api, lalu tanah, lalu angin, lalu air.
    Dari keempat unsur inilah tersusun sebuah asma dan ayat.
    د ج ب ا
    ح ز و ه
    ل ك ي ط
    ع س ن م
    ر ق ص ف
    خ ث ت ش
    غ ظ ض ذ
    4. Lalu ke28 huruf hijaiyah ini memiliki nilai nilai tertentu yang dinamakan sebagai hisab jamal, hisap jamal ini adalah sebuah metode untuk menemukan rahasia asma dan ayat, yang sering digunakan para waliyullah untuk mendapatkan rahasia asma dan ayat Allah.maka kita akan menemukan jumlah sesuai tertib diatas sebagai berikut :
    4 3 2 1
    8 7 6 5
    30 20 10 9
    70 60 50 40
    200 100 90 80
    600 500 400 300
    1000 900 800 700
    5. Hingga jadilah seperti dibawah ini bila kita kombinasikan.
    د
    4 ج
    3 ب
    2 ا
    1
    ح
    8 ز
    7 و
    6 ه
    5
    ل
    30 ك
    20 ي
    10 ط
    9
    ع
    70 س
    60 ن
    50 م
    40
    ر
    200 ق
    100 ص
    90 ف
    80
    خ
    600 ث
    500 ت
    400 ش
    300
    غ
    1000 ظ
    900 ض
    800 ذ
    700
    6. Pahami dengan baik pemahaman ini dan hafalkan agar kita mudah memahami pemahaman selanjutnya.
    7. B. 2 ayat mutasyabihah.
    8. Lalu imam ghazali menemukan dua ayat mutasyabihah diawal surat . Yaitu
    9. كهيعص
    10. حمعسق
    11. Bila diurai seperti ini.
    12. ك ه ي ع ص
    13. ح م ع س ق
    14. Nah dari dua ayat diatas kita temukan dua huruf yang berulang yaitu ع. Maka dari dua buah huruf itu diambil satu ain saja maka hurufnya tinggal sembilan huruf
    15. Yaitu
    16. ك ه ي ص ح م ع س ق
    17. Sekarang kita cari bagaimana cara imam al-ghazali mengabungkan 2 ayat ini dengan huruf hijaiyah dengan hisab jamal sebelumnya.9 huruf tadi bila kita masukkan dalam musalat(kotak 3/3) maka kita akan tersusun seperti ini.
    م ص ك
    ق ه ع
    ح ي س
    18. Kalau kita beri nilai dengan hisab jamal yang telah saya jelaskan dulu maka
    19. Akan kita dapati nilainya sebagai berikut.
    40 90 20
    100 5 70
    8 10 60
    20. Lalu 9 huruf itu dengan nilainya akan kita jadikan musalat imam ghazali. Nah ingat tertib urutan cara pengisian musalat alghazli sesuai dengan hisab jamal yaitu
    21. اب ج د ه و ز ح ط
    د ط ب
    ج ه ز
    ح ا و
    22. Isilah secara urutan hisab jamal dalam kotak diatas secara berurutan, bila tidak secara tertib maka tidak akan berefek energiny
    4 9 2
    3 5 7
    8 1 6
    23. Nah bagaimana huruf huruf ayat ك ه ي ص ح م ع س ق
    24. bisa menjadi اب ج د ه و ز ح ط Atau angka 20, 30, 100, 40, 5, 60, 70,8,90, Menjadi angka 123456789 Dalam musalat (kotak 3/3). Ini adalah sebuah misteri yang harus dipecahkan. Perlu kita ketahui bila kita cocokkan dua tabel 3/3 diatas maka akan kita kita bila kita pasangkan maka seperti dibawah ini.
    ا ي
    ب ك
    ج ق
    د م
    ه ه
    و س
    ز ع
    ح ح
    ط ص
    25. Kalau kita buat dalam bentuk jumlah nilai maka sebagai berikut
    1 10
    2 20
    3 100
    4 40
    5 5
    6 60
    7 70
    8 8
    9 90
    26. Kalau kita kumpulkan maka akan menjadi seperti dibawah ini.
    ا
    1 ي
    10
    ب
    2 ك
    20
    ج
    3 ق
    30
    د
    4 م
    40
    ه
    5 ه
    5
    و
    6 س
    60
    ز
    7 ع
    70
    ح
    8 ح
    8
    ط
    9 ص
    90
    27. Agar menjadi musalat ghazali maka 1, 2,4,6,7,9 harus digunakan rumus dibawah ini :
    28. .
    29. Nilai huruf ayat – jumlah kotak dikali urutannya dalam kotak diatas.
    30. Jadi ada 6 kotak yang mengunakan rumus ini. Hingga kita dapati hasilnya seperti dibawah ini.
    31. Nilai ya 10 jumlah kotak 9 urutan 1. maka 10- 9 =1
    32. Nilai kaf 20 jumlah kotak 9 urutan ke 2 maka 20-18=2
    33. Nilai mim 40 jumlah kotak 9 pada urutan ke 4, maka 40-36=4
    34. Nilai syin 60 jumlah kotak 9 pada urutan ke 6, maka 60-54=6
    35. Nilai ain 70 jumlah kotak 9 urutan ke7, maka 70-63=7
    36. Nilai shad 90 jumlah kotak 9 urutan 9, maka 90-81=9
    37. Ringkasnya begini :
    Nilai huruf Jumlah kotak Urutan huruf Hasil jumlah
    Kotak dan urutan huruf Hasil pengurangan
    10 9 1 9 10-9=1 ا
    20 9 2 18 20-18=2ب
    40 9 4 36 40-36=4د
    60 9 6 54 60-54=6 و
    70 9 7 63 70-63=7ز
    90 9 9 81 90-81=9ط
    38. Adapun 3 huruf lagi
    39. Nilai qaf 100, menjadi jim. karena letak jim dekat dengan huruf ba dalam hisab jamal (lihat letak huruf jim pada hisab jamal diatas) maka tidak mengunakan rumus diatas.
    40. Nilai ha dada 5 tidak mengalami perubahan apapun karena jumlahnya kurang dari 10, maka tidak perlu dilakukan penjumlahan
    41. Nilai ha kerongkongan 8 maka tetap sebagai ha kerongkongan karena
    42. kurang dari 10, maka tidak perlu dilakukan penjumlahan
    43. hingga bila kita masukkan kedalam musalat jadilah seperti ini.
    د ط ب
    ج ه ز
    ح ا و
    44. Kalau kita buat dalam bentuk angka jadilah seperti ini.
    4 9 2
    3 5 7
    8 1 6
    45. Nah dari 5 huruf
    46. ك ه ي ع ص
    47. ح م ع س ق
    48. Jadilah 5 buah asma
    49. Yaitu :
    50. بطد
    51. زهج
    52. واح
    53. اجهزط
    54. بدوح
    55. Untuk isim 1,2,3 pertama inilah wifiqnya بطد زهج واح
    د ط ب
    ج ه ز
    ح ا و
    56. Kalau isim ke 4 اجهزط inilah wifiqnya
    ط
    ج ه ز
    ا
    57. Untuk isim ke 5 بدوح inilah wifiqnya
    د ب

    ح و
    58. Lalu imam ghazali mengeluarkan lima buah ayat untuk mengunakan wifiq ini yaitu.
    Sangat jelas penjabaran diatas terhadap ayat mutasyabihah lewat seorang yang rasikh ilmu seperti firmannya dalam surat ali imran, ingat ya rasikhuna fililmi.

    Maka dibawah ini saya sajikan fatwa dari Sharia Consulting Center (SCC) Alamat : http://www.syariahonline.com mengenai sesatnya Buku Mujarobat:
    Konsultan Ahli Didalam SCC terhimpun para pakar :
    1. DR. Salim Segaf Al Jufri, MA
    2. DR. Surahman Hidayat, MA
    3. DR. Ahzami Sami’un Jazuli, MA
    4. DR. Muslih Abd. Karim, MA
    5. DR. M. Idris Abd. Somad, MA
    6. DR. Muhammad Muinuddin, MA
    7. DR. Daud Rasyid, MA
    8. DR. Ir. H. Nurmahmudi Isma’il, MSC
    9. Dr. Ir. H Anton Apriantono, MS
    10. KH. Abdul Hasib Hasan, LC
    11. H. Bukhori Yusuf, Lc. MA
    12. H. Iman Santoso, Lc
    13. .Hj. Herlini Amran, MA
    14. Dra. Hj. Yoyoh Yusroh

    Ahmad muda menjawab :
    Ini maha wahabi wahbi akhir zaman, untuk ambil titela doctor dan ma itu 10 tahun udah cukup waktu, sedangkan untuk level jadi ali buni dan imam ghazali tak mungkin hanya sepuluh tahun, ane aja yang lebih sepuluh tahun ngaji masih gak tahu ada dimana, namun sama DR diatas keilmuan mereka boleh diadu sama ane, belum ada sedkitpun ketakutan dan keraguan melawan meraka. Waktu mengambil kesimpulan diatas paling palin duduk beberap minggu, saya yakin mereka tak mengerti tekhnik ilmu hikmah imam ali buni, persis penonton bola memaki pemain tim nas melawan malaisia, giliran dia disuruh main, belum dua kali lari lapangan sudah mencret keringatan, apalagi kalau perdana pasti terkencing kencing ha ha ha ha.
    Pertanyaan :
    Ada sebuah buku yg laris manis dipasaran dan sudah cukup lama beredar, berjudul “Mujarobat”. Berisi mulai dari tata cara sholat, doa2,bahkan hingga ramalan dan jimat2 yg setahu sy ramalan dan jimat2 sangat dilarang oleh islam.
    mohon penjelasan, karena saya rasa buku tersebut sengaja dibuat untuk mencemarkan aqidah umat islam.
    Ahamd muda menjawab :
    boleh tahu berapa ayat dan hadist yang udah ente baca dari sumber aslinya hingga ente tahu bahwa ajimat dilarang, kalau sebagian dilarang ane setuju, kalau semua, tunggu dulu, oya ente tahu tak defenisi jimat itu apa??? Atau ente ketemu sapi berkurap dan kurus dibeberap tempat lalu ente bilang defenisi sapi itu adalah yang kurus dan berkurap??baru lihat satu dua ajimat lalu mendefenisikan jimat dengan yang ente pahami, jimat itu banyak jenis dan katagorinya. Ente maksud ajimat yang mana?????????????
    Terimakasih..
    jawab :
    Assalamu `alaikum Wr. Wb.
    Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d
    Di dalam Al-Quran Al-Karim sendiri memang ada keterangan tentang Al-Quran Al-Karim yang menjadi penyembuh.
    Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.(QS. Yunus : 57)
    Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al-Isra? : 82)
    ? Katakanlah: “Al Quraan itu adalah petunjuk dan penawar (penyembuh) bagi orang-orang mu’min. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quraan itu suatu kegelapan bagi mereka . Mereka itu adalah yang dipanggil dari tempat yang jauh”.(QS. Fushshilat : 44)

    Ahmad muda :
    Kami menyebutnya ayat diatas dengan ayat syifa’, kamu mengunakan dalam merukyah dan membuat wifiq.
    Namun dalam penerapannya agar Al-Quran Al-Karim bisa juga berfungsi sebagai penyembuh, haruslah kita mengikuti metode yang masyru’ serta telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena bila tidak, yang terjadi bisa jadi malah sebuah penghinaan dan ketidak-sopanan atas ayat-ayat Al-Quran Al-Karim itu sendiri.
    Ahmad muda menjawab :
    Hadist itu ada perbuatan nabi, perkataan nabi, dan diamnya nabi.
    Kalau tidak ada dilakukan nabi, kita periksa dulu apakah ada hadist yang melarang mengunakan wifiq.
    Nah dalam kitab khazinatul asrar Muhammad haqiyin nazly dihalaman 85, maaf tak bisa saya copi karena pdfnya dikomputer ini tak bisa dicopi, insya Allah edisi revisi nanti disempurnakan.
    Dari amirul mukminin ali bin abi talib karamallahu wajhah wa radiyallahu anhu dari pernglu para nabi SAW sesungguhnya berkata ia : barangsiapa membaca tiap hari ayat lima ini yang mulia pada tiap ayat 10 buah qaf. Atau ia tulis atau ia isi pecahan hurufnya pada WIFIQ DAN DIBAWA DIATAS KEPALANYA maka Allah akan mengutus 12 ribu malaikat pada tangan mereka itu ada senjata dari cahaya yang mereka itu akan menjaganya dari semua keburukan dan bala dan Allah akan membangun baginya dalam syurga firdaus 600 ribu mahligai dari yaqut merah.
    Bung perdana ente mau nolak hadist ini silahkan, mau bilag dhaif atau palsu, namun ane lebih percaya Muhammad naqiyin nazaly dari ente dan albani, baz dan usmain, apalagi siwahab. Namun hati hati kalau hadist ini sahih dihari akhirat nanti, ente bisa bermasalah besar. Camkan itu.

    Ada beberapa ayat tertentu yang oleh Rasulullah SAW diajarkan untuk dibaca manakala seseorang tertimpa sihir atau gangguan syetan. Begitu juga bisa merasa diri selalu was-was dan teretkan. Namun baik pilihan ayat maupun metode membacanya harus selaras dengan petunjuk dari Rasulullah SAW.
    Apakah wajib kukumnya, atau sunat, atau mubah???????, kalau wajib, sunat, mubah tentu ada dalilnya yang mengarah kesitu, tidaklah setiap perbuatan rasul itu mengandung kewajiban. Karena boleh jadi itu sunat, dan boleh jadi itu ibahah, perlu ulama fiqih yang memutuskan hukum ini, jadi ane minta ulama fiqih ente yang alim dalam masalah ini. Nah kalau tidak sembuh????bolehkan kita mengamalkan doa doa lainnya yang ada redaksi dalam ayat dan hadist atau tidak ada redaksinya yang disusun para aulia dan hukama???????kalau tidak boleh, berarti haram atau makruh, hukum bukan dua bung, sunnah dan bid’ah, asal bukan sunah bid’ah. Tapi hukum itu ada 5, wajib, sunah, mubah, haram, makruh. Lalu mujtahid mana yang mengatakan wajib, sunat, haram, makruh, mubah??????apakah masalah ini khilafiyah ataukah ittifaqiyah??????????????????????.
    Kalau wahabi itu hukumnya Cuma dua, sunnah dan bid’ah, ha ha ha ada ada aja wahabi ini.
    Sedangkan metode dengan menulis ayat-ayat Al-Quran Al-Karim dengan cara yang salah, terputus-putus, terbalik atau sengaja dibuat salah, semua praktek itu tidak lain adalah tipu daya syetan yang memperdaya kebodohan umat Islam. Padahal yang dilakukan tidak lain sebuah penghinaan terhadap ayat-ayaat yang mulia itu.

    Ahmad muda menjawab :
    Tipu daya syeitan itu hanya bagi yang pernah melihat syeitan dan kenal tipu dayanya, dan semua wahabi tak ada satupun yang kasyaf??????jadi tentu pake dugaan lagi kan?????????. Bah penghinaan apanya, malah memuliakannya karena nabi mengatakan boleh menulis dalam wifiq.
    Penghinaan itu harus ada dalil : manakah ayat hadist yang menjelaskan secara tertulis bahwa menulis putus putus itu menghinakan.
    Wahabi wahabi ngantuk, alquran itu adalah lafaz. Lafaz adalah suara yang keluar dari lidah seseorang yang mengeluarkan huruf huruf alquran. Sedangkan yang tertulis itu adalah nuqas (tulisan) dikatakan quran karena bila kita baca sama dengan yang tertulis. Nah kalau kita tulis terputus putus kalau dibaca bagaimana?????, kalau dibaca terputus putus jelas yang dibaca bukan alquran, namun bila ditulis putus putus namun waktu dibaca masih ayat atau surat alquran ya tidak mengapa, toh masih sebagai lafaz quran.

    Nah kenapa diputus putus????????. Karena setiap huruf alquran itu mengandung sir, karena ada yang berkarakter air, angin,api tanah, ada huruf nur, ada huruf dhulumat, ada khodam disetiap hurufnya, maka ketika dipisah perhuruf untuk Nampak rahasia huruf yang menyusun

    Bahkan sebagian dukun ada yang menulis ayat Al-Quran Al-Karim dengan darah wanita yang haidh, atau meletakkan di telapak kaki, atau ditulis pada sepatu kuda (ladam) atau pada benda-benda yang tidak terhormat. Semua itu selain berdosa karena menghina ayat Al-Quran Al-Karim, juga merupakan perbuatan syirik karena mengantungkan diri kepada tulisan-tulisan itu. Seolah-olah bukan Allah SWT yang menjadi tempat meminta, tetapi kepada tulisan-tulisan itu.
    Ahamd muda menjawab ;
    Ini sama ane pun ane tendangi tu dukun, namun beda sama ente ane gak sampe bilang dia musyrik, paling ane bilang, ini ada yang lebih hebat dari itu, ane demo didepan dia, lalu kalau dia mau ninggalin itu ane suruh aja taubat lalu belajar ilmu hikmah yang benar abis perkara.

    Bersambung.

    • Pertama saya ingin mengingatkan pengunjung untuk tidak termakan talbis dukun ahmaq muda aceh ini, sebab dari seluruh tanggapan yang dia buat untuk membantah artikel saya, tulisan dia belum termasuk kategori tulisan ilmiah yang bisa dijadikan rujukan. mengapa saya katakan demikian.
      1. Dukun Ahmaq ini bukan seorang ulama marja’ taqlid” (nara sumber otoritatif yang tak perlu disangsikan keabsahan pendapat-pendapatnya) melainkan cuma seorang dukun jahil yang sok pintar, dia mengatakan “ini maha wahabi wahbi akhir zaman, untuk ambil titela doctor dan ma itu 10 tahun udah cukup waktu, sedangkan untuk level jadi ali buni dan imam ghazali tak mungkin hanya sepuluh tahun, ane aja yang lebih sepuluh tahun ngaji masih gak tahu ada dimana, namun sama DR diatas keilmuan mereka boleh diadu sama ane, belum ada sedkitpun ketakutan dan keraguan melawan meraka. Waktu mengambil kesimpulan diatas paling palin duduk beberap minggu, saya yakin mereka tak mengerti tekhnik ilmu hikmah imam ali buni” WONGALUS sama sekali tidak menghargai pengakuan ilmiah akademisi dunia, TIDAK mengakui ratusan ribu murid-murid yang mengambil ilmu dari para Doktor tersebut. dukun ini merasa sombong sebab suma punya 1 kemampuan otak-atik rumus sihir lalu menganggap mereka semua orang bodoh, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA, DR. Surahman Hidayat, MA, DR. Ahzami Sami’un Jazuli, MA, DR. Muslih Abd. Karim, MA, DR. M. Idris Abd. Somad, MA, DR. Muhammad Muinuddin, MA, DR. Daud Rasyid, MA, DR. Ir. H. Nurmahmudi Isma’il, MSC, Dr. Ir. H Anton Apriantono, MS, KH. Abdul Hasib Hasan, LC, H. Bukhori Yusuf, Lc. MA, H. Iman Santoso, Lc, Hj. Herlini Amran, MA,Dra. Hj. Yoyoh Yusroh merekasemua dianggap orang bodoh dan yang pintar adalah si Ahmaq muda :) JIKA ADA YANG INGIN MENTERTAWAKAN KEBODOHAN WONGALUS INI SAYA PERSILAHKAN :D heran saya! cuma punya 1 kemampuan otak-atik rumus /kode buat jimat sudah merasa melampawi ilmu para doktor tersebut :D

      • 2. Tulisan dukun Ahmaq ini sama sekali tidak ada rujukan ilmiah yang bisa dijadikan rujukan
        Wahai pak dukun,dalam Menulis artikel membutuhkan rujukan/referensi baik berupa buku ilmiah, artikel ilmiah, jurnal ilmiah, majalah ilmiah, hasil penelitian , penjelasan ulama dll yang berkualitas dan memiliki reputasi terpercaya (reputable) secara syari’ah, ilmiah dan akademis . Rujukan/referensi dibutuhkan oleh siapa saja yang akan menulis. Mengapa referensi/rujukan penting???.

        1)Rujukan atau referensi diperlukan untuk memperdalam pengetahuan tentang tema yang akan ditulis.
        Coba perhatikan setiap tulisan wongalusaceh baik di blognya di http://www.wongalusaceh.wordpress.com atau dari setiap tanggapannya di blog ini sangat miskin dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah disertai penjelasan para ulama untuk memperdalam bahasan dalam tulisan wongalus. contohnya dalam perkara jimat, saya tidak melihat dalil AlQur’an dan sunnah juga disertai penjabaran dan pembenaran ulama yang dapat memperdalam rumus-rumus pembuatan jimatnya seperti yang dikatakan wongalusaceh :

        Ada tiga hal yang harus kita pahami dulu.
        A. Huruf hijaiyah dengan 4 karakternya.
        Pada kolom pertama disebelah kanan adalah huruf api, lalu tanah, lalu angin, lalu air.
        Dari keempat unsur inilah tersusun sebuah asma dan ayat.
        د ج ب ا
        ح ز و ه
        ل ك ي ط
        ع س ن م
        ر ق ص ف
        خ ث ت ش
        غ ظ ض ذ
        4. Lalu ke28 huruf hijaiyah ini memiliki nilai nilai tertentu yang dinamakan sebagai hisab jamal, hisap jamal ini adalah sebuah metode untuk menemukan rahasia asma dan ayat, yang sering digunakan para waliyullah untuk mendapatkan rahasia asma dan ayat Allah.maka kita akan menemukan jumlah sesuai tertib diatas sebagai berikut :
        4 3 2 1
        8 7 6 5
        30 20 10 9
        70 60 50 40
        200 100 90 80
        600 500 400 300
        1000 900 800 700

        referensi cuma dari Imam Ghozali gadungan ( Imam Ghozali yang asli ga mungkin mengajarkan sihir) maka tidaklah rumus otak-atik ghatuk ini bisa dijadikan sandaran kita dalam bolehnya pembuatan rumus jimat, jika tidak ada pembanding dari rujukan lain ( adakah ulama yang menentang, mendukung mursalat ghazali tsb, adalah dalil dari Al_Qu’an dan sunnah yang menjelaskan rahasia mursalat ghazali)

        2)referensi untuk Menghindari kekurangan bahan/materi/dalam membahas atau mengulas.
        selalu dan selalu dukun Ahmaq ini berdalil dari akalnya sendiri lalu mencemo’oh jika saya menyajikan pendapat para pakar yang dijadikan rujukan dianggapnya copy paste, padahal justru copi paste rujukan sebagai cara untuk dapat diterima sebagai tulisan ilmiah sebab akan menambah ulasan materi tulisan yang saya buat. Tidak akan pernah diakui sebagai tulisan/artikel ilmiah jika kita tidak copy paste rujukan/maraji’.

        3)referensi Memperkaya kosa kata atau padanan kata yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan bobot/kualitas dan estetika bahasa artikel.
        karena tidak adanya referensi yang memadai maka kosa kata wongalusaceh ini cuma bisa mencela dan mengejek, bicara jorok (kolor ngebor) dan memaki (anjing, babi) . bobot tulisan anda sangat jauh untuk bisa mempengaruhi orang agr percaya dan yakin dengan dalil yang anda sampaikan sebab dari segi kualitas, estetika dan etika penulisan ilmiah anda sangat jelek dibawah standar. Anak SD masih bisa menulis dengan bahasa yang beretika dan berestetika. Saya jamin setiap orang yang membaca tanggapan anda akan muak dan malah membenci anda sebab poin kualitas, etika dan estetika penulisan anda sama sekali tidak memilikinya. Saya tidak mau blog saya ini terus-menerus dikotori oleh tulisan ada yang sama sekali tidak berbobot! jika anda tidak memperbaiki kualitas etika dan estetika dalam menulis maka “PERGILAH DENGAN HINA” dari blog ini wahai dukun Ahmaq!
        Saya persilahkan anda menulis bantahan di blog anda sendiri, dan silahkan anda memaki-maki, bicara jorok yang tidak beretika dan berestetika tapi bukan di blog saya! jika anda tidak mau merubah watak buruk anda dalam menulis maka saya persilahkan anda angkat kaki dari blog ini!
        bersambung……………. (masih sibuk kerja :) )

      • jangan gampang menilai orang sesat, pelajari lebih dalam lagi hakikat ilmu, jangan kira ulama menyusun kitab hanya dari nalarnya saja tampa ada dalil nya. contoh nya saja ilmu tajwid apakah anda akan menyangka ilmu tersebut sesat karena tidak ada dalilnya didalam al-qurqn dan hadist,

      • waduh islam ko ngomongnya ga enak di baca….
        aturan jgn sembarang menuduh orang wahabi atau apa…..
        coba renungi…. perbedaan itu,,,, terus kembalikan ke Qur’an dan Hadits sebagai pedoman kita….
        sekali lagi saran saya, jgn gampang ngomong yg engga2lah,,,, malu!

      • cape ngeladenin ente….. jgn ma org2 alim ma rosulullah saw aj ente masih ragu, mulai dari ilmu yng engga ente dalemin mpe ahlu baitnya ente tolak. belajar ente cuma pake otak, padahal islam tu luas bro… liat sejarah nabi musa dan nabi khidir a.s >>> itu udah cukup membuktikan>>> KAPAN KITA BISA NGOBROL BARENG <<<<<

    • @ wongalusaceh

      Defenisi gadungan itu apa???apakah ada ilmu hikmah gadungan adan ilmu hikmah yang bukan gadungan???kalau ada ilmu hikmah yang bukan gadungan contohnya apa ya????. Ahmad ali buni yang benar kalau AHMAQ itu perdana yang tidak punya ilmu selain copi paste, pentaklid wahbi sejati.


      Tidak ada cela sedikitpun pada diri saya jika copi paste/ menulis rujukan dari para ulama ahlussunah terpercaya, daripada anda selalu dalam membantah hujjah saya menggunakan sentimen pribadi tanpa merujuk pada penjelasan para ulama, yang ada adalah kebodohan dari sentimen dan retorika pribadi saja. Coba anda baca penjelasan para ulama mengenai ilmu hikmah yang syar’i di

      http://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/ilmu-hikmah-yang-hakiki/ ,

      http://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/pengertian-ilmu-hikmah-yang-syari/

      Baca penjelasan tentang ilmu hikmah gadungan di

      http://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/wifiq-isim-azimat-adalah-ilmu-hikmah-gadungan/

      Imam ghazali tidak ada yang gadungan yang ada yang asli, yang mengajarkan ilmu sir seperti musalat ghazaly semua ulama dunia selain wahabi tahu kalau musalat itu punya imam ghazali, hamper semua referensi ulama menuabutkan sebagai musalat ghazali, hanya wahabi ngantuk yang telat informasi, lalu mengunakan dugaan untuk membenarkan dan menyalahkan sesautu, dugaan yang taka ada dasar sama sekali.

      silahkan baca penjelasan para ulama di http://metafisis.wordpress.com/2010/12/31/imam-ghazali-bukan-ahli-jimat-bantahan-buat-dukun-ahmaq-wongalusaceh/ yang membantah keyakinan sesat anda bahwa tidak ada imam ghazali gadungan

    • Bahasa Ahmad muda kotor dan jorok ya? Pinter sih tapi keblinger. Dan gampang banget setan merasuk kejiwanya. Wah happy banget tuh setan, bakalan punya teman di neraka. Islam, agama tauhid, hanya memuji Allah SWT dengan berlaku sesuai dengan yang dicontohkan Rosulullah SAW utusan Allah. Berbuat amalan yg tidak disyariatkan akan tertolak. Gitu kan ya? So, sekali lagi bertobatlah ahmad muda

  7. 1. hizb bagian dari quran. tiap kali baca quran Rasul saw sebanyak satu hizb terdiri dari beberapa juz
    2. hizib golongan. Hizbullah, Hizbussyaithon
    3. Hizib perisai. contoh hishnul muslim dan al matsurot
    4. hizib partai. hizbul rafahiyah
    5. Hizb wongalus, partai wongalus merdeka
    Balas

    kata kata diatas sangat jelas menunjukkan kalau anda adalah wahbi bingung, coba ente bahas hizib nasar satu persatu letak salahnya dari awal hingga akhir biar ane jelasin dari ilmu balghah, lukman ente kok jadi wahabi bingung gitu semenjak kenal sama perdana, padahal ente punya skill bagus untuk nyemir sepatu dipinggir jalan ha ha ha ha

    • yang bikin bingung tuh hizib nashor. golongan pertolongan. ya gitulah kalau berpartai dengan jin yang dianggap penolong. pada manggil pake hizib nashor. yang aslinya paham tapi nyelimur demi gengsi adalah wongalus. banyak ngeles meski kebenaran di depan matanya. walau ga ada ijazah sanad saya sampe tebuireng, Ust ABB juga Tebuireng.

      • mf sy rasa mereka gak bkln ngerti wong alus, karena ilmu aufak adlh ilmu sir, yg skrng banyak orang2 tk bertanggung jwb yg menyebr luaskan hingga di kaki lima,jadi wajar saja ki perdana mengatakn itu melenceng dari ajaran islam.untuk ki perdana juga jngn terlalu ksar ngomong2 ”gadungan”awas kawalat,ya mungkin ada gozali2 yg lain tapi jngn kaitkn dengan kitab mamba,ktb syamsyul ma’arif, ingat kita ini siapa? kitamah makanan aja secara tdk lansung mungkin mengandung polo bedul yang sangat tipis mendpt mukasyafah.jgn seperti dajjal yg hanya memandang sebelah mata, klo blm tau tuh aupak coba ngaji bener2 kpd yg ahli klo memang itu melenceng dari aqidah silahkn jngn pake,tapi harus tepat menemukan guru,mmbaca buku2 terjemahan bisa narik2 kpd salah paham.di sisi lain anda (ferdana) bagus menyarankn agar tdk terpengaruh oleh ajaran yg ber bau sihir.alankah baiknya mondok dulu di pesantren salapi 10 thn.

  8. kalau ente belajar ilmu mantiq logika ente diatas membuat ane terpingkal pingkal, saking bodohnya ente mengambil kesimpulan, sarjana agama seperti sekalian sama kentut guru ane masih berharga mereka ha ha ha

  9. masak sich orang seperti lukmah keseimpulannya seperti diatas ane lebih suka sama kentut guru ane dari pada percaya logika ente, kentut guru ane gak pernah didepan ane jadi ane belum pernah cium baunya makanya kentut guru ane berharga, lha argumen kalian diatas bisa sesat menyesatkan umat karena jahil dan sangka kalian kepada sesama umat isalam, maka jelaslah sudah kentuk guru ane lebih berharga karena tak pernah kentut dimuka umut dan tidak sesat menyesatkan, nah argument ente lebih bau dari kentut, dan sesat menyesatkan.

    ini baru ane bandingin sama kentut guru ane
    apalagi sama ilm u guru ane, pasti kalelawar tak bisa menantang cahaya matahari ha ha ha

    perdana prabu kolor ngebor, ngantuk, sesat menysatkan, teroris, radikalis, dan najis argument lho. ente undah punya nama, kunyah, kurang satu yaitu laqab. maka yang diatas adalah laqab ente ya. ha ha ha ha

  10. Ada banyak tanggapan seperti diatas yang sama sekali tidak penting untuk saja jawab sebab sama sekali tidak ilmiah, contoh kecilnya apa hubunganya antara artikel saya dengan kentut guru wongalusaceh :) bagaikan bumi dan langit, tidak berhubungan sama sekali kentut guru wongalus dengan penjelasan para pakar syari’ah…….

    ada hubungannya yaitu ;

    kentut guru ane gak pernah didepan ane jadi ane belum pernah cium baunya makanya kentut guru ane berharga, lha argumen kalian diatas bisa sesat menyesatkan umat karena jahil dan sangka kalian kepada sesama umat isalam, maka jelaslah sudah kentuk guru ane lebih berharga karena tak pernah kentut dimuka umut dan tidak sesat menyesatkan, nah argument ente lebih bau dari kentut, dan sesat menyesatkan.

    ha ha ha bahasa ane aja ente bingung maksudnya apalagi memahami ayat dan hadist

  11. Ya Allah…………..Benar-benar parah sakit mental wongalusaceh ini. Allahumusta’an…….
    saya hanya khawatir ucapan cabul, jorok dan kotor wongalusaceh ini akan merusak akhlak pengunjung yang ikut-ikutan bicara jorok, wongalusaceh ini memang benar-benar hizbusyaithan yang menyebarkan contoh ucapan cabol.jorok dan kotor……..

    rasanya manusia suci seperti para waly yang ente cap sihir itu telah melukai perasaan rasul dan menghina Allah, tapi ente tak sadar, lihat aja nanti dalam hidup ente apa yang akan terjadi, tak hina didunia pasti diakhirat, kecuali taubat, tapi amat besar dosa menuduh aulia bersihir.

    ane tak bosan debat ente untuk menyelematkan umat dari wahabi bodoh seperti kalian yang salh nalar ha ha ha

    • @wong alus= saya mau bertanya apa agama anda? islam islaman atau islam murni? sejauh&sedalam apa anda mempelajari islam?
      jika anda seorang muslim tak pantas rasanya berkata kotor menghardik memaki mencemooh sesama muslim tabiat anda jauh melenceng dari ajaran rasulullah..
      terakhir kata JAGALAH MULUTMU!&BERTAUBATLAH SEBELUM AJAL MENJEMPUTMU…

  12. masa sih patah???????lucu kali pertnyaan ane banyak tercecer belum dijawab karena memang kalian tak mampu, udahlah saya mau ngajar dulu besok kita jumpa lagi, mencret terus yang banyak sekalian disiram

  13. lumkman mubarok itu persis ulil absar abdala, murid durhaka, lalu berbalik arah menyerang ayah yang membesarkannya. rata rata generasi wawabi itu adalah kader yang durhaka sama aulia dan ulama, lihat perdana durhaka sama ima syazaly,

    maka wahabi = kumpulan murid murid durhaka dengan ulama dan aulia. ha ha ha ha

  14. Pertama saya ingin mengingatkan pengunjung untuk tidak termakan talbis dukun ahmaq muda aceh ini, sebab dari seluruh tanggapan yang dia buat untuk membantah artikel saya, tulisan dia belum termasuk kategori tulisan ilmiah yang bisa dijadikan rujukan. mengapa saya katakan demikian.
    1. Dukun Ahmaq ini bukan seorang ulama marja’ taqlid” (nara sumber otoritatif yang tak perlu disangsikan keabsahan pendapat-pendapatnya) melainkan cuma seorang dukun jahil yang sok pintar, dia mengatakan “ini maha wahabi wahbi akhir zaman, untuk ambil titela doctor dan ma itu 10 tahun udah cukup waktu, sedangkan untuk level jadi ali buni dan imam ghazali tak mungkin hanya sepuluh tahun, ane aja yang lebih sepuluh tahun ngaji masih gak tahu ada dimana, namun sama DR diatas keilmuan mereka boleh diadu sama ane, belum ada sedkitpun ketakutan dan keraguan melawan meraka. Waktu mengambil kesimpulan diatas paling palin duduk beberap minggu, saya yakin mereka tak mengerti tekhnik ilmu hikmah imam ali buni” WONGALUS sama sekali tidak menghargai pengakuan ilmiah akademisi dunia, TIDAK mengakui ratusan ribu murid-murid yang mengambil ilmu dari para Doktor tersebut. dukun ini merasa sombong sebab suma punya 1 kemampuan otak-atik rumus sihir lalu menganggap mereka semua orang bodoh, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA, DR. Surahman Hidayat, MA, DR. Ahzami Sami’un Jazuli, MA, DR. Muslih Abd. Karim, MA, DR. M. Idris Abd. Somad, MA, DR. Muhammad Muinuddin, MA, DR. Daud Rasyid, MA, DR. Ir. H. Nurmahmudi Isma’il, MSC, Dr. Ir. H Anton Apriantono, MS, KH. Abdul Hasib Hasan, LC, H. Bukhori Yusuf, Lc. MA, H. Iman Santoso, Lc, Hj. Herlini Amran, MA,Dra. Hj. Yoyoh Yusroh merekasemua dianggap orang bodoh dan yang pintar adalah si Ahmaq muda :) JIKA ADA YANG INGIN MENTERTAWAKAN KEBODOHAN WONGALUS INI SAYA PERSILAHKAN :D heran saya! cuma punya 1 kemampuan otak-atik rumus /kode buat jimat sudah merasa melampawi ilmu para doktor tersebut :D
    Balas

    saya pernah kuliah dan tahu dosen dosen itu gimana ha ha ha ha, beda banget sama ulama ulama pesantren dengan metode tahkik dan tadkiknya, masalahnya cuma pengakuan pemerintah belum ada, lihatlah wahbi ngantuk dilihat dari segi manapun tidak ilmiah, selalu memaksakan keinginan, lalu cari ayat dan hadist untuk pembenarn napsunya, lalu cara ulma ulma wahabi untuk membenarkan hawa napsunya

    ha ha ha ha ha

    wahabi wahbi rata rata banyak yang bingung tentang agama, karena ambil ilmu banyak dari ahli dunia seperti dosen dosen kuliahan, makanya ilmunya sangat diragukan barakahnya, sepertti ilm u wahbi contohnya, dan perdana khususnya, parabu kolor ngebor, ha ha ha ah

    • tulisan dengan fakta berbeda, tulisan wongalus kebanyakan isinya hanya cercaan/hinaan, isi ilmiahnya seret, ijazahnya patut diragukan, yang jadi landasan argumennya harus alquran,hadis dan ijma para ulama yang sudah teruji keilmuannya. Pemaksaan pembenaran tanpa alasan kuat dan mengandalkan cercaan, hanya membuat penulisnya lebih terlihat frustasi daripada terlihat intelek.

  15. Sebenarnya kalau Mas PA mau, nickname wongalus bisa aja diblokir ga bisa masuk sini. Tapi rupanya anda tidak tahu diri, masa pengajar dikuasai hawa napsu dengan perkataan jelek.

    Silakan wongalus, pemilik blog udah muak dengan anda, daripada diusir 2 kali, ntar malu.

    Bikin blog kok pengunjungnya ga bisa komentar, alias pemilik blog ngomong sendiri! Kayak Mas PA dong, berani dikritik juga!! dicela juga jadi.

    • assalamun alaikum,wongalusaceh,saya hendak mencari ilmu Allah SWT,adakah engkau memiliki sebagian ilmu hikmah yang di ajarkan Allah kepadamu Melalui Al Qur’an dan hadits,dari pengikut Rasulullah SAW yang setia sampai saat ini,aku hendak menjaga dan memperkuat Agama Allah yang dengan Dia(Allah) meridhai-Nya
      salam hormatquw sulkifli hasanuddin di Makassar

  16. Bimillahirahmanirahim.. dari atas ampe bawah ane baca komen agan2 sekalian.. ane bingung , Mas Perdana ama wongalusaceh ini orang muslim apa bukan ya ? kok bahasanya lama2 tidak mencerminkan akhlak muslim. ane seneng dengan pemikiran agan2 semua, bagus.. bagus. tapi mbok ya jangan saling menjelekkan + menghujat gitu. berfikirlah yg ilmiah dan amaliah. Cobalah istighfar dulu kalo mau nulis.. Berpedomanlah pada kesantununan spt akhlak rosul. perbedaan pemikiran itu wajar, biarlah pembaca yang menyimpulkan pemikiran2 agan2 sekalian.. kalo masih saling mengejek gitu, yang baca malah pada ngetawain lho.. dua-duanya ( maaf ) malah ky orang bodoh. Bodoh dengan kepintaran masing2. Mohon maaf bila komen ane kasar..

  17. lukman mubarok baru kali ini saya tahu klo ada orang yang mengaku bersanad ke tebu ireng tapi anti hizib nashar dan taklid pada ustadz wahabi, tebu ireng mana ente! Saya punxa bnyak teman santri alumni tebu ireng, tapi gak tahu klo kamu hanya orang biasa yg bkn keluarga dalem yai yg mengaku-ngaku,

  18. Saya cuman bilang sanad ilmu. Boleh dari nguping, boleh dari tablig akbar. Saya ngga ngaku dari tebuireng bung. Saya juga tak punya ijazah pesantren. Yang alumni tebu ireng tuh ustaz abu bakar baasyir. Tapi saya berani mengaku banyak guru saya alumni tebuireng

  19. Soal apakah itu dusta ??

    Jawab : dusta adalah sebuah perkataan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

    Apakah hukum berdusta??

    Jawab hukum berdosa adalah berdosa besar, apalagi bila itu menyangkut harga diri seseorang, maka ia juga mendapat dosa upat (ihya bab ghibah dengan redaksi lain)

    Soal :
    Apakah perdana pemilik blog metafisis seorang pendusta???

    Jawab :

    Ia adalah seorang pendusta, yang selalu menduga duga, yang sesat lagi menyesatkan.

    Soal :
    Apakah hukum mengunjungi blognya???

    Jawab :

    Hukumnya haram bagi yang belum mampu membedakan yang benar dan yang salah dalam kandungan perdebatan, karena mafsadah (kerusakan) lebih didahulukan dari maslahah yang mungkin ditemukan pada blog ini.

    Boleh bila mampu membedakan yang benar dan yang salah, bahkan berpahala bila diniatkan untuk menghancurkan kesesatan pemikirannya.

    Soal : manakah contoh dustanya???

    Jawab :

    Contoh dustanya adalah menganggap saya bahwa saya mengcopy paste buku mujarobat yang dijual dipinggir jalan.

    Soalnya : bisakah lebih didetailkan?

    Jawab :

    Pertama ia tak mengenal saya dan bagaimana saya mendapatkan ilmu hikmah, maka bila saya memang benar mencopi paste maka ia benar, namun kalau bukan copi paste dari buku maka ia adalah sipendusta.

    Contoh
    orang yang mirip dengan sapi bukan sapi
    orang yang mirip dengan kambing bukan kambing
    orang yang mirip bersihir bukan bersihir
    orang yang mirip mencopi paste lewat buku mujarobat bukan mencopi paste.

    Maka bila mencopi paste ternafi maka ia adalah sipendusta. Kesimpulannya perdana adalah seorang pendusta. Seorang pendusta berdosa. Setiap yang berdosa yang tidak diampuni dimasukkan keneraka. Kesimpulannya…./….

    Soal : masih belum jelas sisi berdustanya, bias anda buktikan??

    Jawab :

    Sejujurnya, tak perlu bersumpah, karena kerbau tak percaya sama sumpah. Maka saya bicara jujur bagi yang mau percaya saya jujur. Saya mempelajari ilmu hikmah lewat mursyid, ulama, dan karangan karangan hikmah langsung dari versi arab, dan situs situs yang berbahasa arab bila ada keterangan keterangan yang ada dalam kitab kitab hikmah kurang cukup luas mendetail maksud dari para ulama dalam kitab hikmah semisal ali buni dan lainnya. Insya Allah nikmat akal saya cukup diberi Allah, saya pernah mewakili Aceh untuk mengikuti lomba musabaqah hifzil quran walhadist antar pondok pesantren seluruh Indonesia diwisma cempaka putih Jakarta, ditutup diistana wakil presiden hamzah haz kala itu. Dengan juri imam masjid nabawi kala itu. Even propinsi musabaqah fahmil; quran mulai dari level kecamatan dan propinsi pernah saya ikuti, dan rata rata juara pertama. Piala dan piagam dalam dunia ilmu alquran dan ilmu kitab kuning sudah banyak saya miliki, walau sekarng itu tak berharga bagi saya setelah saya mendalami pemikiran alghzaly. Skill saya dalam ilmu ilmu alat dengan izin dan nikmat Allah saya rasa cukup untuk menelusuri jalan istidlal para ulama ulama as’ariah, syafi’iyyah, dan tasawuf dari berbagai referensi. Selebihnya saya membaca sebagai wawasan dan perbandingan saja.

    Jujur saya anti mempelajari agama lewat buku dan karangan karangan berbentuk buku dan majalah untuk saya ambil sebagai ilmu kecuali karangan sirajuddin abbas, lainnya hanya sebagai wawasan saja. Dan sampai sekraang prinsip saya terhadap buku, majalah, blog hanya sebagai penambah wawasan, namun untuk ilmu saya hanya percaya kepada kitab kitab kuning versi arab langsung. Jadi bagi saya ilmu dan wawasan berbeda. Ilmu untuk saya amal, wawasan sebagai bahan saya memudahkan mentranfer pemahaman saya kepada jamaah yang banyak yang PNS, guru, dan mahasiswa dan mahasiswi yang membutuhkan seorang yang mampu menjabarkan ilmu kitab kuning dalalm konteks kekinian, makanya saya belajar internet dan ilmu computer lainnya, untuk mengimbangi kemajuan pemikiran jamaah dan lawan saya terutama kaum wahabi, dan muhammadiah yang golongan modern. Bahkan ada teman teman yang s2 DIIAIN banda aceh terkadang berkonsultasi masalah masalah yang dirasakan dosennya tak mampu menjawab pertanyaan itu, seperti masalah ismu. Apakah ismu itu ismu. Dua kata yang berulang ulang yang masih diperdebatkan mahasiswa s2 ini dengan dosennya. Saya mudah saja menjawab : itu adalah syabbah istikhdam yang berkata sama, namun diulang berbeda makna, yang pasti orang yang mengerti ilmu usul fiqih dan mantiq susah menjelaskannya.

    Soal: teruskan!!!!!!!!!

    Jawab :

    Saya penentang buku mujarobat yang dijual ditoko took karena beberap alas an.

    1. penterjemah terkadang hanya bias nahu saraf namun bukan ahli hikmah, hingga yang dia terjemahkan belum tentu ia paham.
    2. tidak bisa kita cek dan ricek karena sumber kitabnya tidak jelas.
    3. banyak salah terjemah, dan salah penjabaran dari kitab aslinya
    4. menyesatkan bagi yang tak paham bahwa kandungan itu salah.

    Jadi saya tak pernah memahami lewat buku mujarobat sebagai ilmu kecuali kitab senjata mukmin, dan satu lagi kitab yang namanya senjata mukmin namun isinya banyak sekali salah. Senjata mukmin versi jawi itu sudah diacc ulama besar aceh, dan yang satu lagi waktu saya cari senjata mukmin yang asli, habis, saya ambil untuk tahu isinya, pas tahu banyak salah maka saya sarankan pada jamaah agar jangan membeli atau kalau dibeli jangan amalkan kecuali yang saya bilang boleh.

    Inilah faktanya, saya tak pernah mempelajari dar buku mujarobat pinggir jalan.

    Soal : terus isi blog anda sebagiannya kok serupa dengan yang dibuku mujarobat yang ditampilkan diblog sang kerbau????????

    Jawab :

    Serupa belum tentu sama. Boleh jadi penterjemah mujarobat itu adalah seorang praktisi ilmu hikmah yang menterjemahkan dari kitab hikmah arab, yang rata rata kitab hikmah memang menyebutkan tentang, bintang, buruj, dan manzilah, jadi ada kemungkinan apa yang saya baca dikitab kuning yang saya tampilkan diblog saya adalah kitab yang diterjemahkan oleh penulis buku mujarobat itu. Jadi serupa isinya belum sama caranya.
    Kalau penterjemah membaca kitab arab lalu menterjemah lalu saya baca terjemah itu dan paham dari sana maka kerbau berada dipihak yang benar, namun bila yang say abaca hanya kitab arab tampa pernah mengcopi paste berarti kerbau adalah pendusta.

    Soal : oooooooooooooooo, gitu toh berarti perdana pembohong dong yang suka memfitnah???????????

    Jawab :

    Tidak hanya berbohong dan memfitnah saya, bahkan aulia Allahpun dia dustakan, bahkan ia menyesatkan masyrakat dengan blognya yang berisi kupasan agama dengan derajat dugaan tinggkat tinggi, ia hanya tiga tahun nyantri, kerja dipemerintah, suka baca buku, majalah, blog. Dari sanalah sumber ilmunya, adapun dari versi arab langsung, ia bisa tapi kurang bisa. Semoga dengan ini jelaslah yang sebenenarnya. Dan kembali pengunjung mau percaya siapa. Wassalam.

    • Wong spammer,

      Kalo ente anggap buku2 dukun yg PA sebutin di atas tuh buku2 nyasar. Coba ente tulis juga diblog ente, ketidaksetujuan ente ama buku dukun mujarobat, berani kagak?! buktiin kalo ente BUKAN DUKUN!

      • bagaimana buku masak memasak bisa di senut kitab sihir ga … soalnya asalnya daging jadi sosis,, asal terigu jadi bollllu

  20. As-Salamu`alaikum.
    Salam kenal. Di sini ane hanya ingin memberi satu solusi untuk WONGALUS ACEH DKK VS PA DKK atas pertikaian kalian. Debat mendebat kalian itu takkan pernah selesai, masing-masing menganggap pandangannya benar. Karena asal masalahnya ILMU HIKMAH, maka pembenaran kebenaran dan keberadaan ilmu tersebut perlu dibuktikan dengan latihan persaudaraan (sparing ilmu hikmah yang dinyatakan salah dengan amalan yang katanya benar), dinilai oleh juri, ditengahi oleh wasit dan disaksikan oleh pakar di bidang ilmu dan ngilmu. Bagaimana, berani tidak?. Inilah solusi yang terbaik, daripada berdebat yang tidak berujung. Dari LATIHAN Inilah akan diketahui siapa yang mempunyai ilmu yang diridhoi oleh Allah Subhanahu wa Ta`ala.
    Terima kasih.
    Wassalamu`alaikum.

    • @wiro gendeng,

      Alhamdulillah…,
      artikel sdr PA tentang keilmuan wongalusaceh, sebenarnya mewakili fenomena/kontroversi ”ilmu hikmah” yg ada di masyarakat. Ga ada yg spesial dgn wongalusaceh, Hanya saja wongalusaceh benci tapi rindu dgn Wahabi. Dia cinta mati dgn wahabi. Satu kali kunjungannya keblog ini, dia curahkan kerinduannya dgn beberapa kali postingan.

      Ini hanya diskusi kecil aja, BUKAN suatu pertikaian dan perdebatan hebat yg perlu dikhawatirkan.

      Juri dan wasitnya cukup Kitab Allah dan Sunnah Rosul. Saksi dan Hakimnya Allah SWT.

      Tapi terima kasih atas saran dan kritiknya wiro kpd kami.

  21. aslmkm…mohn maaf sblmny !!!!
    lgsg sj niiih !!! mnrt sy,,agan2 smua ni kok pinter2 amat sih !!!
    @agan WAHABI :
    Anda benar,,kl smua apabl seorg AULIYA’ sprt Syeh ALI ALBAUNI yg asli tdk akn mengarang sebuah KITAB SIHIR !!!
    pertnyaanku;
    maksdny SIHIR yg anda mksdkn??? contoh?
    menrtku,,tiap org sll diberi ILMU oleh ALLAH,,,meskpn dlm bidangny sndr2 !!!!
    bahkn seakn2 ,,,NAMA / sebutan seorg DUKUN tdk prnh dianggap ada baikny!!!!
    pdhl Menrtku DUKUN cm ISTILAH sj dr mrk yg mempnyai suatu keahlian yg husus & lain !!!!
    Apa sih bedanya DUKUN,DOKTER,KIYAI,PETANI,USTADZ,&PEDAGANG ?????
    Hanyalah dr mn cr mrk emahaminy sj !!!
    asl jgn samp,,seorg PETANI ngaku DOKTER sj !
    @AGAN WONGALUS ;
    aku sgt tertrik dgn komenny td !!!
    akn ttp mohn maaf,,,sy krg stuju dgn apa yg anda tuliskan td,,mslh rumus2 wifiqnya !!!
    bukn krn sy gak SUKA,,tp syg,,bila anda kasih tahu ILMU yg sangat manfaat td pd org2 yg tdk membthknny!!! bahkn memperolokannya !!!
    alangkah senangnya,,,bila anda sudi untk mengajariku tntg itu semua !!!
    BIARPUN SAYA BUKN DUKUN / SANTRI,,,,YG PASTI SAYA BUKAN TERMASUK KAUM yg MEMBATASI ILMU,,& KUASA ALLAH SWT !!!!

    • Imam Al Ghozali memang banyak menyumbang kepada kemajuan islam, Tapi Beliau bukan/tidak Maksum, dan karyanya tidak luput dari salah. Kita kembalikan saja pada Kitab Allah dan Sunnah Rosul

      • itu karna arab saudi dn mesir menganut wahabi dn membatasi peredaran kitab karya imam gozali yng bersumber dari Al-qur’an dn sunah Rasul_
        memangnya ente udh merasa hebat dlm ilmu agama islam_sehingga mampu menafsirkan sendiri apa yng terkandung dalam Al-Qur’an dn Al-hadits

  22. Assalamu’alaukum
    Perhatikan Firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al-isroo’ ayat 70 yang artinya :
    “Dan sesungguhnya kami telah memuliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan dilautan, kami beri mereka rizqi dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluq yang telah kami ciptakan”.
    Juga dalam surat At-tin ayat 4, yang artinya :
    “Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.

    Akan tetapi patut disayangkan, meskipun sudah diberi kelebihan dan keistimewaan yang begitu besar, namun kebanyakan di antara manusia tidak mau bersyukur dan mengabdikan diri kepada-Nya. Padahal tujuan sebenarnya dari di ciptakannya manusia adalah untuk mengabdi atau beribadah kepada-Nya.

    Saudaraku semua, yang telah diberi kelebihan oleh Allah SWT, Marilah Kita semua bersyukur kepadaNya…. karena kita telah diberi KELEBIHAN oleh Allah SWT.

    Jangan BERDEBAT TERUS… Mari kita sama-sama BERTAUBAT, Shalat ISTIHARAH minta petunjuk pada Allah mana yang benar diantara masalah yang saudara permasalahkan….

    Terima Kasih.. Hanya itu saran dari saya…
    Semoga saudara-saudaraku semua termasuk orang-orang yang Bersyukur..
    Wassalamu’alaikum

  23. seorang pengamat bola kebanyakan tidak bisa bermain bola, bisanya menyalahkan dan mengomentari dan tidak pernah mempraktekkan dulu.bahkan seorang komentator, rata-rata tidak bisa bermain bola, ketika disuruh bermain. jika andaorang berilmu, coba amalkan dulu satu persatu ilmu dari ulama / waliullah tersebut. begitu pula ketika ene mengamalkan ilmu yg diwariskan oleh enstain,tdk benar bila ente langsung menyalahkan enstain, tanpaanda menyelidiki dan menguji cobanya……..itu saja dari saya…..enete menggapi hanya dengan baca dan logika tapi tidak pernah mencoba untuk menjalankannya…..!!!!!!

  24. wahabi..wahabi.. Yah Guru sya, mawlana syaik muhammad nazim q.s dan mawlana syaikh hisham q.s, slalu mengingatkan tentang itu..bhwa kita hrus hti2 dg pmkiran2 ulama wahabi. Semua ada ilmunya, bhkn beliau mawlana syaikh menjelaskan bhwa dlm 1 HURUF dlm al qur’an mempunyai makna yg berbeda antara satu dgn yg lain.bhkan 1 alif mempunyai maknanya tersendri dbndingkan alif yg lain dan makna itu bsa sampai 12.000 makna..SUBHANALLAH.. Dan ALLAH SWT mengaruniakan ilmuNya kpd siapa saja yg DIA kehehadaki.. Semoga kita dlindungi dr pmkiran2 wahabi..dan smga kita dtunjukkan jalan ahlu sunnah wal jama’ah. Salam pda sodaraq wongalusaceh, gak usah djanjtkan dbatnya itu hnya akan membuang2 wkt dan pkiran sja,,biarlah sodra qt ini dgn kyakinannya..

  25. ass.mav ya para muslim sy sbnr’a gk bgtu tw msalah kalian smua.tpi sy hny ingin bicara kpada anda smua.apa kah anda merasa anda lebih pintar n lebih hebat n kuasa dri pda allah.pa salah’a kt ini hny manusia yg tdk lput dri khilaf n d0sa.bila ada tman ssama muslim yg salah kt tegur tpi pa bila iya tdk mngrti jg.kt ckp diam ingt allah telah memberi pilihan kpda kt untk mmilih jlan baik atau buruk hak mreka untk mmlih’a.kt ckup…ckup kta hany iklaz,nrima,sabar dri pda kta brdebat tntang hal yg bsa mmbuat kta em0si lebih baik kta ber zikir…mav ya saudara ssama muslim
    sya sok tw sx lg sy minta mav

  26. nu bener mah dak geura paraeh heula … ke geh kanyahoan saha nu hade saha nu henteu … mun kieu carana mah moal aya anggeusna … hese … getih jeung daging ulama mah aya racunan … ngahina ulama sarua jeung ngadahar racun. nu beuki kana elmu hikmah teruskeun bae omat ulah takabbur jeung jagaan ka-mastururan-nana… nu teu beuki tong pipilueun ripuh … geus cicing bae … komo ieu wani2 nyebutkeun musyrik kabatur … saha dia ?! … nyebutkeun fasek masih meueus … tapi nyebutkeun musyrik … geus alabatan jurig. ari bobokjo, sair, bilik dijieuna tina naon ? tina awi lain … ari dina tangkal awi kadeuleu bobokona ? aya sairna ? aya bilikna ? euweuh pan … sarua elmu hikmah geh … asalna tina naon ? qur’an … naon kadeuleu na qur’an ? geus geura istighfar.

  27. wahai sedulurku 10 *wong alus aceh* jangan kau kalungkan emas pada ayam ayam sayur. Mereka tak sama sekali membutuhkanya! Berilah yang sekiranya pantas buat mereka! Ane suka gaya ente ha ha ha ha
    salam 10 aja

  28. assalamu’alaikum wr wb,subhanallah perdebatan diatas bg sungai dan laut sama2 mrasa bicara tentang air,wongalus dg keluasan ilmu sar’i,tasyawuf dan hikmah,smntara PA Cm berbekal nalar al-qur’an terjemah,dan sdikit wawasan dr para doktor yg dianggap aliem sar’i.subhanallah,hai PA ilmu allah it luas..dlm al-qur’an/al hadist bnyk sekali pemahaman dr sudut disiplin ilmu,contoh al-qur’an bs difahami dr sisi logika,dr sisi nufus dan dr sisi kolby.alfatehah bl difahami dr sisi logika spiritual nvfusiah tasawuf pribadi contoh,smua kebaikan dlm diriku adlh milikny(allah)ya mengatur smua alam dlm tubuhku,dialah yg mengasihi jasmani dan jg ruhku,yg mrajai hari hari ak mnjalani hdp dg aturanya,kpdnmu(allah) ak(jasad&ruh)ku ku persembahkan dan kpmu hamba minta petunjuk,,..dan strusnya..maaf biar bung perdana tidak sembarangan mensyirikkan orng2 yg bs bc fatekhah apa lg dg pemahaman sir pribadi.maaf laen waktu kt lanjutin lg kebelet nie.

    • Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

      bambang putra alam !!

      dalam proses pemahaman mengenai alquran atau ilmu hikmah, langkah pertama yang didahulukan adalah pemahaman secara AKAL,…bila secaca akal sudah tidak dapat diterima, baru kepada hakekat TAUHID(keyakinan), …….nah disinilah mulai terdapat beberapa perberbedaan akibat dari *dalam dan dangkalnya ilmu* sipemaham.

      secara emplisit anda berfihak pada pemahaman siwongalusaceh, anda yakin dgn keluasan ilmu sar’i,tasyawuf dan hikmahnya, anda mengenyampingkan NALAR anda sendiri, coba anda simak artikel wongalusaceh ini, nanti baru anda akan terkesima dgn betapa sesatnya dakwah beliau :

      Posted on Maret 27, 2011 by wongalusaceh
      3 AMALAN AGAR TAK TERKENA ADZAB KUBUR
      Soal : bagaimanakah hukum meletakkan ayat kursi, khatam sulaiman, dan ayat kursi pada mayit untuk menghindarkan azab kubur bolehkah atau tidak ?????
      Jawab :
      Boleh karena ada referensi ulama yang menjelaskannya.
      Khazinatul asrar hal 173
      Sebagian dari kelebihan ayat kursi apabila ditulis dan diletakkan berserta mayit pada kubur niscaya tidak diazabkan orang tersebut pada kuburnya, dan malaikat akan berlemah lembut menanyakannya.
      Mamba usul hikmah hal 102
      Apabila ditulis sebanyak 70 kali dan diletakkan beserta mayit pada liang lahatnya niscaya ia aman dari huru hara mungkar nakir, dan baginya ada cahaya hingga hari kiamat.
      Mamba usul hikmah hal 171
      Sebagian dari kelebihan khotam sulaiman apabila dituliskan dan diletakkan beserta mayit niscaya aman ia dari azab kubur.
      Soal : dari ketiga referensi itu semua bermuara kepada imam ahmad ali buni, siapakah beliau ?
      ****************************

      COBA………apakah anda yakin jika beliau ini **dg keluasan ilmu sar’i,tasyawuf dan hikmahnya** BERDAKWAH seperti ini ?????????

      apakah bisa diterima DENGAN HANYA meletakan tulisan beserta mayit lalu bebas dari adzab kubur ????????

      dlm hal ini sdr PA hanya berusaha meluruskan pemahaman2 yang keliru supaya generasi kita berikutnya tidak menjadi bangsa yang IDIOT !!

      mohon belajarlah dengan bijak, jangan asal EMPLO, tidak sedikit ilmu2 yang disampaikan leluhur kita itu benar !!! waspadalah, waspadalah !!!!

      wasalam !

      • neng_kamu mati suri dulu _baru merasakan apakah argumen yng diatas itu benar2 menghindarkan dari azab kubur_sekarang bnyk kitab2 palsu yng mengatas namakan ali buni_biasanya rivalnya suni

      • anda asisten pak ustad perdana y,yah pro kontra blh2 saja yg membuat hal itu terjadi karena pendalaman dan pengkajian ilmunya.harusnya y dimuat saja artikel dari saya toh mas,hehe yah gpp kalau memang maaf kurang faham dlm ilmu hikmah,tafsir,pandangan tasawuf,perlu diketahui dalam dalil pun dibagi 2 baik dlm dalil ijmani maupun tafsiri.cuma tolong bagi wahabi jgn suka menduga2 sebelum mengkaji lbh dalam.makna sirr dlm setiap diri manusia sebaiknya itu yg harus dikaji dan bahas

      • Sepakat…… komentar Anda begitu menyejukkan wahai saudaraku… terima kasih atas nasehatnya…

        Hendaknya kita memang lebih mengutamakan untuk mengkaji ilmu Alloh SWT daripada mendahulukan sikap RESEK dan GALAK kepada golongan yang lain….

      • Masya Alloh.. sebegitu teganya engkau menuduh saudaramu seperti itu..??

        Sebegitu GALAK nya kah engkau wahai saudaraku….??

        Sesama muslim itu saudara…

        tapi kok GALAK…??

      • Begini sodara lukman yang GALAK…

        Alasan sodara mem FITNAH saya seperti itu itu sekedar untuk kesenangan ?

        kalau begitu adanya saya Rela deh di FITNAH lagi… biar sodara lukman Senang…

        Menyenangkan hati sesama muslim itu berpahala kan..??

      • salam damai semuanya.
        Perbeda’an adalah hikmah
        kembalikan semuanya pada Tuhan kita.
        Iman itu terletak pada hati kita
        diam lah sejenak renungkan dalam hati. Semoga tuhan memberikan kefahaman pada kita.

      • Tolong dong di bahas tentang Kitab Kasyiful Asror, Kitab Syumusul Anwar pak ustad Perdana,oh y ko tulisan2 comentar saya tdk ada yg dimuat y,maaf saya bukan mau mengganggu keyakinan para sahabat fans bpk tp saya cuma mau meluruskan saja dan bukan pertikaian

  29. Dasar wahabi.. kabegugnateh nyebutkeun musyrikwe.. dimana jojodog sia kitu kuaing dibebekeun tah sungut teh, menggeus mentong sok nyatu tah sia bisi musyrik.. mun geuring babatok sia mentong ngalebok ubar.. keunbaelah ngomong kasar oge ka goromolan wahabimah..

      • **********Dasar wahabi.. kabegugnateh nyebutkeun musyrikwe.. dimana jojodog sia kitu kuaing dibebekeun tah sungut teh, menggeus mentong sok nyatu tah sia bisi musyrik.. mun geuring babatok sia mentong ngalebok ubar.. keunbaelah ngomong kasar oge ka goromolan wahabimah..****************

        artinya :
        **Dasar wahabi.. kabegugnateh nyebutkeun musyrikwe.. dimana jojodog sia kitu kuaing dibebekeun tah sungut teh,

        = dasar wahabi…bisanya cuma menghujah musryik….dmna tinggalnya ..tak sobek mulutmu !

        **menggeus mentong sok nyatu tah sia bisi musyrik.. mun geuring babatok sia mentong ngalebok ubar..

        = sudah jangan so’ makan nanti musryik…
        jika sakit kepala tak usah makan obat..

        **keunbaelah ngomong kasar oge ka goromolan wahabimah..

        = biar saja ngomong kasar kalau dgn gerombolan wahabi !

  30. Assalammualaikum.wr.wb

    begini aja ya juragan. saya mah jadi penengah ajja ya. soalnya 22nya udah pada pake Nafsu amarah. menurut Syehk Maulana Malik Ibrahim “Orang yang berjihad dengan mencampuri hawa nafsu amarahnya maka dia bukan berjihad di jalan Allah” (kalo mau lebih lengkap lagi cari ceritanya ya)

    Tau ga bos? kata Rosulullah SAW : tanda-tanda akhir jaman salah satunya adalah Islam itu bagai buih ditengah lautan.” (mohon bantu ya cari referensinya) :)

    pernah ane ditanya ma tmn: “Islam nte ap bos?”
    Ane : ” ISLAM YANG DIRIDHOI OLEH ALLAH SWT.”
    tmn ane:”bisa dijelaskan bos?”
    Ane: “bingung ya? hkhkhkhkhkhk, makanya jangan belajar dari satu referensi aj. nih bro pan Ada NU (nahdatul ulama), Muhammadiyah, Persis,dll. mang ntu agama? ntu smua cuma organisasi, dimana organisasi ntu adalah wadah atau tempat untuk menampung orang2 yang faham dan keyakinannya sama. lalu apakah mereka berbicara berlandaskan ISLAM yang sebenarnya? Sebenernya kaga cui !!!! knp? karena mereka itu semua adalah salah satu buih yang ada dilautan, mereka hanya mengutip Al-qur’an dan hadist yang sesuai yang Cocok dengan pemahaman dan keyakianan mereka, klo yang tidak sesuai ya mereka simpan rapi2.
    Tmn ane : Lalu yang di sebut ISLAM yang diridoi ALLAH itu yang seperti ap?
    Ane : ISLAM yang di ridoi ALLAH adalah “Lautan itu sendiri cui!”,
    ……………………………………………(dikaji ya bos)

    katakanlah walau satu ayat:

    Adz-dzariat:8. sesungguhnya kamu benar-benar dalam keadaan berbeda-beda pendapat,

    Al-lail:4. sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda.

    Al-nahl:92. Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian) mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.

    Al-an’aam:159. Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agamanya dan mereka (terpecah) menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikit pun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah (terserah) kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.

    Al-Muminun:53. Kemudian mereka (pengikut-pengikut rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing).

    Al-Hujurat:9. Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

    JANGAN JADI BUIH DITENGAH LAUTAN YA BOS. :D
    Add saya di Herlanggadoank@yahoo.co.id

    • betul _mendingan umat islam berdebat di forum free freedom indonesia_yng mana mereka telah menghina islam<<Allah dn nabi Muhammad_tutup aja ini forum si perdana ahmad yng hanya memperkeruh suasana sesama muslim_

      • ass, wat semua y khusus perdana ahmad, jagalah perasaan muslim lain. Jangan suka mengklaim muslim lain. Pada dasar y kita semua berlandaskan pada Qurán dan hadist, Ilmu Allah itu tidak ada ukuran y, kita semua sama belajar, tidak ada yang lebih benar dan salah. Sesuai firman Nya Iqra’ (bacalah), bukan hanya sekedar baca buku atau literatur atau lain y. maaf bila ada kata yang salah dan trima kasih.

  31. kebenaran itu tdk bisa di kaji dgn akal ,karna sifat akal hanya meraba..,, menurut w kita ga ush pusing dgn urusan kaya gitu,, agama bukan untuk di perdebatkan ketika kita menyakini apa yg kita yakini ,cukup untuk diri kita saja tdk ush berbagi kpd yg laen .., kan semua ada pertanggung jawaban di hadapan yg maha.. lebih baik kita bersama membangun negri yg udh bobrok ini ,, dari pada ngurusin tentang karya2 org atau ulama .., BROOO KEBENARAN ITU ABSTRAK ,JADI GA PERLU KITA PUSINGIN tentang itu…,, menurut gw lu pada berbuat aja , ilmu semua nya baik ga ada yg buruk seklipun dari setan to jin , tapi.. kalo yg di ajarkan nya maslahat untuk manusia dan tdk merugikan org laen….. ,, maka nya kalo hidup jgn pernah mau jadi apa apa atau pengen menang , merasa unggul dan mengungguli..,, gw percaya surga itu di hal yg sederhana ,mau berbagi saling menghargai , tdk menyakiti org lain..,, ALLAH aja ga marah kaya antum semua ,, DIA cuma memberikan jalan dan pilihan ,antara surga dan neraka ..,, bukalah cakrawala pemikiran anda kepakan sayap dan terbang tinggi ke angkasa ,, dan jgn lupa kembaliii….

    • gw percaya surga itu di hal yg sederhana ,mau berbagi saling menghargai , tdk menyakiti org lain..,,

      => yakin cuma itu? mana dalilnya?

      ALLAH aja ga marah kaya antum semua ,,

      => darimana anda tau Allah tidak marah? Justru celakalah buat kita jika Allah menunda azabnya dan digenapiNya kelak di akhirat.

      DIA cuma memberikan jalan dan pilihan ,antara surga dan neraka ..,

      => justru jalan inilah yang sedang diperjuangkan di blog ini,

      sesungguhnya kita tidak akan sampai kepada Surga Allah jika kita tidak memiliki ilmu yang benar (tentang jalan dan pilihan antara surga dan neraka), bagaimana mungkin kita akan sampai kepada surga Allah jika ilmu yang diamalkan berasal dari setan? bukankah setan (=iblis) tempatnya di neraka? bukankah setan berusaha sekuatnya menyesatkan manusia guna menemaninya kelak di neraka?

  32. ””’semua kembali kepada niat seseorang””_itulah kelebihan Al-qur;an yng luar biasa_Al-qur’n bkn hanya sekedar dibaca tp dipahami dn diamalkn-didlm Al-qur’an terdapat ayat2 penyembuh,,dn masih bnyk kndungan dn khasiat Al-qur’an_
    hai perdana ahmad apakah anda merasa diri anda suci!!!
    islam diindonesia sebagian besar pengikut wahabi ngantukk_so realistis,,tidak percaya kpd qodo dan qodqr Allah_mereka mengatakan semua nikmat dan sengsra seseorang akibat orng tersebut_padahal dlm alam semesta semua sdh ditentukan Allah_
    hai-perdana ahmad adakah wali songo dtanah jawa yng tdk mempunyai ilmu hikmah_
    itulah kelebihan wali songo diberikan ilmu hikmah yng luar biasa tinggi oleh Allah SWT_sehingga mereka dpt menyebarkan islam di nusantara,,dan mampu berperang melawan orang2 kafir yng sakti pd waktu itu_

  33. hai-perdana ahmad adakah wali songo dtanah jawa yng tdk mempunyai ilmu hikmah_
    itulah kelebihan wali songo diberikan ilmu hikmah yng luar biasa tinggi oleh Allah SWT_sehingga mereka dpt menyebarkan islam di nusantara,,dan mampu berperang melawan orang2 kafir yng sakti pd waktu itu_
    Balas

  34. hai perdana ahmad_sodara jngan memperkeruh suasana sesama muslim_mereka pnya pendirian_maslah akidah hanya Allah yng tau_kamu mendingan dakwah saja dan berdebat di forum free freedom indonesia_

    • wahabi tolol tapi sok taw………..
      jgn gampang bilang syrik,,,, kanjeng rosul aja perang pake pedang…. pa 2 g syrik

  35. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ma’af saudara-saudaraku,sesama umat muslim jangan saling menghina dan jangan saling bermusuhan,karena di dalam agama islam itu tidak di perbolehkan,kalau misalkan mereka pegang ilmu hitam,ataupun ilmu sesat di akhirat kelak dia juga yang di minta pertanggung jawaban nya bukan begitu?pokok nya setiap yang kita perbuat di dunia ini pasti akan diminta pertanggung jawaban nya masing-masing.dan di dunia ini tidak ada seorang pun yang punya ilmu banyak,semua nya itu sedikit( al-ilmu koliilun),saya sarankan tidak ada lagi perbuatan hina menghina,salah menyalahkan,dan yang merusak nama baik sesama agam islam.ikutilah imam kita yaitu al-qur’anul karim

    • sepertinya menghina dan dihina, harus dicarikan pengertian dasarnya dulu sebelum menghakimi siapa menghina siapa dan siapa dihina siapa. karena bisa jadi orang merasa terhina oleh karena perkataan orang lain, padahal orang lain itu tidak bermaksud menghina. Begitu juga sebaliknya, ada orang yang sama sekali tidak merasa dihina, bahkan senang dengan perkataan orang lain kepadanya padahal orang lain itu bener2 bermaksud menghinakan.

      maaf, menurut saya, merasa terhina atau dihina itu urusan perasaan seseorang yang kadang kita tidak dapat mengetahuinya dari raut wajahnya. saya pikir perdebatan kecil ini tidak ada yang merasa dihina atau terhina, baik mas perdana maupun mas wongalusaceh.
      jadi tak perlu khawatir karena masing2 sudah bisa menyetir perasaannya sebagaimana mereka yg berdebat itu dapat menyetir ilmunya.

      terima kasih.

  36. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ma’af saudara-saudaraku,sesama umat muslim jangan saling menghina dan jangan saling bermusuhan,karena di dalam agama islam itu tidak di perbolehkan,kalau misalkan mereka pegang ilmu hitam,ataupun ilmu sesat di akhirat kelak dia juga yang di minta pertanggung jawaban nya bukan begitu?pokok nya setiap yang kita perbuat di dunia ini pasti akan diminta pertanggung jawaban nya masing-masing.dan di dunia ini tidak ada seorang pun yang punya ilmu banyak,semua nya itu sedikit( al-ilmu koliilun),saya sarankan tidak ada lagi perbuatan hina menghina,salah menyalahkan,dan yang merusak nama baik sesama agam islam.ikutilah imam kita yaitu:AL-QUR’AN

  37. telah berkata rhoma irama “stop perdebataaan ,stop pertengkaraaaaan.stoop”jaga jaga diiri jaga jaga dirii jaga dirimu jaga” abdi sanes santri, teu tiasa ngaji,ngan sakanyaho abdi saur ustadz,teu kenging berdebat,mun bade mah ngakurkeun bae, dawuhan ALLAH ‘jaga diri anjeun,kulawarga anjeun tina seuneu naraka;

  38. kalau orang dulu,sedikit bicara banyak arti kalau orang sekarang,banyak bicara ga ada arti. kebanyakan yg di pake dalil tukang bangunan.rumah orang lain di betulin, rumah sendiri kehujanan keanginan ga d betulin

  39. baduy sama baduy ga berantem.yahudi sama yahudi ga berantem,masa islam sama islam berantem? di mana hikmahnya?pakailah ilmu yang tartib.

  40. komentar-komentar dari judul topik ini dari bulan desember, panjang sekali lebih panjang dari topiknya sendiri, saya baca pelan-pelan.. saya koq jadi mau menangis, geleng-geleng gak percaya. seperti inikah kita saudara sesama muslim? saling menghina, mencaci, menghujat. apakah Rasul apabila diantara sahabatnya terjadi perbedaan pendapat mengajarkan hal yang demikian? saya bukan sok suci apalagi mencoba menggurui orang, saya awam dalam agama Islam. tapi kita adalah saudara, lebih kuat ikatan persaudaraan se Aqidah daripada persaudaraan se darah sekalipun. janganlah kita seperti ini. mari coba kita sama-sama renungkan untuk kebaikan kita dan Islam yang kita cintai sampai mati.

    • @Widya,

      Kami mhn maaf jika anda tidak merasa nyaman dlm membaca komen2 diatas, komen diblog ini memang2 tdk dipilih2. Siapapun dpt berkomentar dlm batas masih bisa ditolerin. Siapapun diberikan hak jawab, dan kadang hasilnya memang tidak sesuai keinginan.

  41. Allah tidak Memberikan Ilmu kepada makhluk-Nya kecuali sedikit.. Dan yang sedikit itu kini telah diambil oleh-Nya sedikit-sedikit.

    Bi Kaana Maa Kaana, Wa bi yakuunu Maa Yakuunu.
    Semakin jelas tanda-tanda kebesaran Allah SWT.
    “Allahuma, A’udzubika minal Jahiliiin”

  42. assalamualaikum tmn2 sya no cment dl krena g punya ilmu HIKMAH,tp sya punya ilmu njait sndal dan mendptkan byran sbgai HIKMAHx dr njaitan sndl sy td hehehe kalau mau brguru sma sya tntng ilmu njait sandl & bisa mendptkn HIKMAH dr ilmu sya slkan hbngi sya wasalam. Dgn kremdhn ht sy g bermaksud menynggung perasaan tmn2

  43. Wahai Saudaraku, janganlah engkau mengkafirkan sesama muslim, yang berhak hanya ALLAH SWT, yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. jangan membuat perpecahan di antara kita. Bersatulah untuk kekuatan umat islam.
    Saran saya pelajari lagi kitabnya. Jangan hanya dengan mendengar dan menerka kita sudah membuat keputusan bahwa itu sesat atau sebagainya.
    Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk terus dan terus belajar sampai maut menjemput.
    Belajar dan praktek kan, banyak banyak lah mempelajari berbagai kitab. jangan hanya membaca satu kitab. kita juga harus mempunyai berbagai referensi agar keputusan yang di ambil tepat.
    Mengenai ilmu hikmah, untuk mempelajarinya haruslah Istiqomah, sabar, dan tawakkal. bukan mempelajari nya hanya untuk mendapatkan khasiat untuk urusan duniawi saja. contohnya gini mungkin seseorang yang belum mendapatkan jodoh, kekayaan, nafsu akan jabatan, tiba-tiba mempelajari ilmu hikmah karena tertarik sebab bisa mewujudkan keinginannya. yang sebelumnya ‘g pernah sholat tiba2 jadi rajin sholat, puasa, dan sedekah. setelah keinginannya terwujud atas izin Allah SWT, eh, malah kembali jadi malas sholat, ‘g pernah lagi puasa, dan sedekah. jadi menurut saya, beribadahlah dengan ikhlas, tawadhuk, istiqomah, hanya semata-mata karena Allah Ta’ala. tidak mengharapkan sesuatu, contoh kesaktian,Niscaya hati kita akan tenang, dapat menghadapi segala macam ujian yang diberikan oleh Allah SWT, Kehidupan kita akan sukses baik di dunia maupun di akhirat.
    Kan sudah jelas, di dalam surah Al-Fatihah :
    Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
    Dengan begitu Allah SWT akan menyayangi kita, mengabulkan segala do’a kita.
    Untuk ilmu hikmah malah bagus untuk dipelajari, tetapi berhati-hatilah, banyak sekarang ilmu hikmah yang sudah keluar dari jalur akidah Islam, yang berteman sama syaithon. hati-hati terhadap tipu daya nya. untuk mempelajari ilmu hikmah itu butuh waktu yang lama, tidak Instan. ibadah yang wajib tidak lagi pernah tertinggal dan kian hari dapat menambah kegiatan ibadah yg sunah. barulah dapat mempelajari ilmu hikmah. jadi bersihkan batin kita dulu. dan semata-mata bukan untuk mengharapkan sesuatu. melainkan ikhlas beribadah karena Allah Ta’ala. Selalu lah bersyukur atas apa yang diberikan-Nya. jangan setelah mendapatkan kebahagiaan kita baru bersyukur. ketika mendapatkan musibah kita pun harus bersyukur, karena sebenarnya di dalamnya terdapat hikmah untuk kita, contohnya dapat menambah keimanan kita terhadap Allah SWT.
    jadi ringkasnya; ikhlaslah dalam beribadah, Istiqomah, Tawadhuk, Ikhtiar, berserah dirilah kepada Allah. jd berdo’alah untuk lebih mengedepankan akhirat ketimbang duniawi, tetapi jangan pula kita tidak kerja, hanya beribadah saja kerjaan kita. jd imbangilah jg. Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk mengedepankan urusan akhirat. karena itulah alam yang akan kita tuju. jadi dunia ini hanya perantara. tetapi jangan pula kita tinggalkan urusan dunia. karena tanpa alat perantara kita takkan bisa mencapai tujuan kita.
    sebaik-baik manusia, berdo’a hanyalah untuk menggapai ridho Allah SWT.
    Pesan saya untuk yang mempelajari ilmu hikmah itu jangan untuk mengharapkan khasiatnya. kalo anda hanya mempalajarinya untuk itu, saya yakin anda tidak akan berhasil. jadi pelajarilah dengan niat untuk menambah iman kita. psti keajaiban-keajaiban akan muncul dan itupun hanya dengan izin Allah. bukan atas bantuan syaithon.

    • @abdul azim,

      Pernyataan anda :
      ”.. janganlah engkau mengkafirkan sesama muslim, yang berhak hanya ALLAH SWT, yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. jangan membuat perpecahan di antara kita. Bersatulah untuk kekuatan umat islam.
      Saran saya pelajari lagi kitabnya.”

      coba anda buka kembali kitab Allah, kata ”kafir” itu maknanya apa dan buat siapa dalam Al Qur’an. Ada byk penjelasan dalil (al qur’an dan hadits) tentang ‘kafir kecil dan kafir besar” serta efek sampingnya. ^_^. Dalilnya yg mengatakan sesat atau kafir. tlg pahami itu.

      beribadah dan berhikmah itu… Niatnya harus betul, caranya harus betul, persis seperti apa yg Allah turunkan dan mengikuti Rosul.

      Mempelajari suatu ”Ilmu Hikmah” yg tidak ada dalilnya merupakan suatu pelanggaran syariat, dan itu ”Ilmu Hikmah Mengada2”

  44. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad itu Rasulullah.

    Kita sebagai umat Islam janganlah membuat perpecahan, membentuk kelompok atau komunitas tertentu dalam islam yang berfikiran hanya kelompok dialah yang benar sedangkan orang lain yang bukan termasuk kelompok atau komunitasnya itu salah atau lebih kasarnya ada yang bilang kafir. coba renungkan, apa gunanya coba. malah menimbulkan perang saudara. menimba ilmu itu harus dengan lapang dada, membuka hati, menerima pendapat dari orang lain dengan sopan santun yang juga kita saring kebenarannya. jangan diterima begitu saja. saya ada pendapat mengenai ahmad albuni dan imam al-ghozali. ini hanya sepengetahuan saya selama saya belajar. saya tidak berani mengatakan kalau pendapat saya itu paling benar. karena Allah SWT lah yang Maha Mengetahui. menurut saya ajaran ahmad al buni dan imam al-ghozali itu tidak bertentangan dengan akidah. begitulah ilmu tasawuf, tidak bisa kita jabarkan dengan cara biasa, karena di dalamnya penuh dengan kiasan. contoh asma’, azimat, wafaq, itu ada sebagian yang tidak bertentangan dengan islam. yang bertentangan itu apabila kita memakai contoh wafaq atau azimat dan mengharapkan kekuatan semata-mata dari benda tersebut itu salah besar. saya pikir itu syirik. tetapi kalo kita memakai azimat atau wafaq lalu menginginkan suatu kekuatan dengan keyakinan kalo hanya Allah SWT lah yang bisa memberikannya dan berfikir bahwa azimat tersebut hanya sebagai perantara itu menurut saya itu tidak apa-apa. karena tidak mengkultuskan azimat atau wafaq tersebut. Mohon di perbaiki comment saya ini apabila ada yang lebih paham akan hakikat pembahasan ini.

  45. ilmu ghaib tidak bisa dijelaskan hanya dengan kajian ilmiah. hanya beberapa bagian yang bisa di kaji dengan ilmu ilmiah. ghaib itu tidak bisa diterka, karena Allah SWT lah yang berkuasa tentangnya. contohnya aja gini, misalkan aja begini, ketika bencana gempa, gunung meletus, tsunami, ataupun bencana lainnya datang. apakah bisa di kaji kedatangannya dengan ilmiah. karena saya beriman kepada Allah, saya rasa mustahil bisa ditebak kedatangannya, karena Allah yang Maha Berkehendak. kecuali jika Allah memberitahu terlebih dahulu kepada salah seorang manusia atau sekelompok manusia sebelum bencana tersebut datang. contohnya aja Nabi Nuh As. ketika banjir besar yang akan dikirimnya kepada kaum yang melanggar kepada-Nya. maka nabi Nuh As. diberitahunya tentang akan terjadi bencana itu. maka Nabi Nuh As. mendapat perintah dari Allah untuk membangun sebuah bahtera yang besar untuk menampung makhluk Allah yang beriman kepada Allah. Jadi, semua kejadian itu tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, jika Allah berkehendak, maka terjadilah. tidak ada satu pun makhluk yang dapat menghindarinya. kecuali atas izin Allah. bimbingan yang kita dapat dari Allah untuk menjalani hidup dengan sempurna ialah kitab yang diturukannya, terutama sekali yang paling sempurna yaitu Al-Qur’an yang pembawanya ialah seorang Rasul Allah yang paling mulia yaitu Sayyidina Muhammad SAW. kita juga harus mengerjakan apa yang terkandung di dalam hadits. yaitu apa yang diprbuat oleh sayyidina Muhammad SAW, yaitu kekasih Allah SWT. yang perbuatannya mencerminkan Al-Qur’an. Sebelum Rasulullah wafat. ia menyuruh kita untuk juga mengikuti jejak Imam setelah ia wafat agar kita tidak melenceng dari akidah. Imam imam tersebut merupakan seorang yang perilakunya mencerminkan perilaku Rasulullah. maka terciptalah Madzhab. bid’ah menurut saya itu perbuatan yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW. bid’ah terbagi dua ; ada bid’ah yang tidak diperbolehkan dan ada yang dibolehkan. bid’ah yang tidak diperbolehkan yaitu perbuatan yang melanggar akidah Islam, walaupun perilakunya masih dalam konteks perbuatan baik. bid’ah yang diperbolehkan yaitu perbuatan yang baik dan tidak melangar akidah. contoh dalam mengadakan Maulid SAW, itu boleh saja. asal kita tidak mengkultuskan nabi Muhammad sebagai Tuhan, mengkultuskan beda dengan mencintai. Mengadakan maulid nabi Muhammad SAW itu mempunyai tujuan mencintai Rasulullah agar dia mau memberikan syafaat untuk kita di hari kiamat nanti. Begitu juga dengan ilmu hikmah. ilmu hikmah dari Allah. bukan dari syaithon. ilmu dari syaithon yaitu berupa sihir. yang dengan tipu dayanya yang menyenangkan tetapi berujung kepada kecelakaan kita yang bisa terjerumus ke dalam api neraka.

    • Ilmu ghaib dan ilmu hikmah yg dibahas di sini yg kurang lebih kayak bukunya dukun yitu mujarobat kaki lima. Ilmu ghaib dan ilmu hikmah yg embel2nya kesaktian, menerawang, ramalan, mengetahui yg ghaib dst… ilmu2 tsb tidak ada dalilnya dan tdk ada contohnya dari Rosul.

      -*-

      ini ada ulasan tentang ulang tahun (maulid). ^_^.
      almanhaj.or.id – Peringatan Maulid Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Menurut Syari’at Islam:

      http://www.almanhaj.or.id/content/2586/slash/0

  46. dengan menghadirkan tiga comment saya yang agak panjang td. maaf, sebelumnya saya kurang setuju dengan pendapat mas perdana akhmad, karena lebih mengedepankan ilmiah, sedangkan ilmiah itu ilmu yang cenderung lebih kental bersifat keduniawian. yang di dalamnya masih ada terdapat unsur riya’, contohnya aja dengan menghadirkan para tokoh dengan tittle sarjana, bukan maksud saya tidak suka dengan sarjana, ilmu itu tidak bisa dipandang dari title, para ulama besar itu tidak mau mengumbar nama besar, keturunan, atau kelebihannya, karena dapat menimbulkan riya’ dan takabur, yang dapat menilai kita itu berilmu atau tidak cuma Allah SWT. sedangkan artikel yang dibahas bersifat keruhanian. ruhani itu masih dalam konteks gaib. jadi alangkah baiknya ilmiah tersebut lebih dikurangi dan lebih ditambahkan ilmu ruhani nya. ilmu ilmiah itu digunakan untuk mengolah sumber daya alam dunia. sedangkan ilmu rohani digunakan untuk mempelajari ilmu hikmah. untuk wongalus aceh , saya ada pesan sedikit, berhati-hatilah dalam mempelajari ilmu seperti wafaq, azimat, dll. jangan sampai anda tersesat. berhati-hatilah saudaraku. untuk perdana akhmad yang sebagai admin pada blog ini dan wongalusaceh, ilmu ruhani dan ilmu ilmiah tidak terlepas dari ilmu agama. agama itu bukan untuk diperdebatkan karena dapat menyebabkan riya’, agama itu untuk dipraktekkan. karena kalau dengan berdebat begitu yang di dapat malah dosa bukan pahala. tiang agama itu sholat 5 waktu, apabila tiang itu sudah berdiri, maka akan mudah bagi kita untuk membangun dinding dan atapnya. kalau ada masalah tentang pentafsiran pada ilmu agama, bertanyalah kepada ahlinya yaitu para ulama dan di imbangi dengan kita sendiri membaca kitab nya, agar lebih pasti.
    segeralah menuju Ahlussunah Wal Jama’ah.

    itu pesan dari saya : Sayyid Abdul Azim Al-BaSyaiban

    • jika anda telusuri artikel yg sdr Perdana posting di blog ini, justru anda akan mendapatkan ternyata seorang sarjana seperti Sdr Perdana,
      1. Ia mengedepankan dalil shohih/syar’i
      2. Tidak menolak ilmu pengetahuan (ilmiah)
      3. Ia seorang pejuang Sunnah dan mengajak kepada umat muslim untuk menegakkan sunnah dan meninggalkan bid’ah.
      4. Sy duga keras, koleksi buku/kitabnya luar biasa jumlahnya untuk ukuran Spi. (analisa sy jika membaca tulisan2 dia). ^_*

      -.

      about bid’ah :
      ini ada ulasannya :

      http://islamic.xtgem.com/ibnuisafiles/list/nov08/hakikat_bidah/index.htm

      dan ini :

      http://www.almanhaj.or.id/content/261/slash/0

      maka marilah menjadi ”Ahlus Sunnah”, berserah diri dgn taat, tunduk dan patuh mengikuti seperti yg Allah turunkan dan mengikuti Rosul.

      itulah pesan dari sy : Temannya Darno, seseorang yg ingin belajar ngejait sandal! ^_^.

      • Buat saudaraku temannya darno, apa yang saudaraku sampaikan tidaklah salah, namun alangkah baiknya saudaraku juga bertabayun dengan ulama’ dan dari sumber yang lain agar lebih menambah ilmu dan khasanah keilmuan kita, saya sangat setuju dengan saudaraku abdul azim, kita mengenal adanya islam, iman dan ihsan, islam dibahas secara merinci oleh para ulama dalam syariat (fiqh) yang meliputi beberapa cabang seperti (muamalah, siyasah, munakahat, thaharah, dll). adapun Iman diperinci dalam ilmu Tauhid (Aqidah) yang meliputi keimanan akan Allah (sifatnya dan dzatnya), malaikatnya, ktab2nya, rosulnya, hari akhir, dan qodru khairihi wa syarrihi, adapun ihsan diperinci oleh ulama2 akhlak dan tasawuf yang mencoba menghadirkan untuk melihat sifat2 Allah dalam penciptaannya dialam semesta atau Allah melihat kita dalam diam dan gerak kita hinga kita berakhlak mulia seperti halnya junjungan kita baginda rosul dalam salah satu ucapan beliau, sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak, Akhlak dan adab (sopan santun) itulah yang utama saudaraku… “barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka akan memuliakan tamunya..(“akhlak”), tidak akan masuk surga yang didalam hatinya ada sebutir kesombongan (“akhlak”), ketiga hal tersebut saling terkait saudaraku jangan dipisah-pisahkan (Islam, Iman, Ihsan) adalah satu kesatuan. Maaf jika ada salah-salahnya…

  47. Buat teman semua,
    bukan niat sok pintar ato gmna..
    melainkan hanya sekedar saling mengingatkan..
    “sesungguhnya sifat merasa paling benar diantara yg lain itu adalah sifat sombong, sedangkan yg boleh sombong hanyalah Allah bukan makhluk sesama makhluk”.
    dan pasti teman2 sudah pada tau kalo sifat syirik dan sombong itu dilaknat Allah.
    mari kita belajar menghilangkan rasa paling benar(pintar)..
    terimakasih

  48. Ilmu Hikmah yg Luar Biasa, Maha Suci Allah yg telah memberi ilmu hikmah kepada pewaris para Nabi, ‘ulama umatku bagaikan nabi2 bani Israil. Kata Guru Mursyid kami jangan dulu kita belajar ilmu hikmah bila belum lulus fardhu ‘ain (Tauhid, fiqih, tasawuf). Kitab2 ulama2 terdahulu sangat2 luar biasa kedalaman ilmu mereka. Semakin lama usia kitab itu semakin bagus isinya. Semakin dekat usia kitab itu kepada zaman para sahabat, semakin baik isinya. Karena merekalah orang2 pilihan. Kitab Syamsul Ma’arif Al Kubro, ditulis oleh seorang ulama besar, As Syaikh Al Imam Ahmad bin Ali Al Buni rh, beliau sudah pada peringkat kasyaf dan hatif, juga seorang Wali Allah (wakil Tuhan) di zamannya. Salah seorang manusia yg sudah mencapai taraf ma’rifat di zamannya. Sungguh ironis bagi mereka yg menghujat Beliau. Rasulullah SAW bersabda dlm hadis qudsi “barangsiapa memusuhi wali2 AKU, AKU isytihar perang kepadanya” (HR. Bukhari). Bahasan ilmu diatas bagus sekali. Nanti ana tambahkan lagi sedikit tentang Rahasia Surat Al Faatihah, ttg 7 huruf yg tdk ada dalam surat itu. Makin Bingung dah Wahabi. barakallahu fiekum.

    • Pengkajian ilmu hikmah syah syah saja, yang penting tdk menyelisihi aturan quran dan sunah, demi rasa hormat atas keluhuran ilmu yang disandang imam Ghazali atau As Syaikh Al Imam Ahmad bin Ali Al Buni rh, rasanya tidak mungkin seorang Ghazali atau s Syaikh Al Imam Ahmad bin Ali Al Buni rh mengajarkan sihir dan jimat, awas jangan SALAH PERSEPSI, !!!….. itulah makanya buku mujarobat kitab Syamsul Ma’arif, yang beredar kami katakan KITAB GADUNGAN. Ini demi nama baik mereka. !!!!

      Lalu sempat2nya anda menghitung ttg 7 huruf yg tdk ada dalam surat al fatihah, …….. itulah kadang2 aneh, so’ mencari yang ganjil2, lalu buat apa ? …. apa lebihnya ???

  49. astaghfirullah, kita ini sesama islam tp kok saling menghina dg kata2 yang kurang sopan. hargailah perbedaan karena rasulullah pernah bersabda bahwa perbedaan ummat adalah rohmah.

    ibdak binafsik, mulailah dg dirimu sendiri, jangan saling menghina sesama muslim, apakah diri anda sekalian udah merasa baik dan paling benar?

    saya orang bodoh yang tak berilmu,tapi saya merasa sedih kalo ada saudara sesama muslim yang bertikai.

    kalo memang ada saudara kita yang salah menurut pandangan syariat islam, hendaknya kita menegurnya dengan kata2 yang sopan,tidak dengan cara menghina dan menghujat dengan kata2 yang kurang sopan

    di sini saya tidak memihak kepada siapapun,namunsaya berharap pihak yang bertikai segera berhenti dan berdamai.

    innamal mukminuuna ikhwatun fa ashlihuu baina akhowaikum.

  50. HEHEHEE..KOMEN TTG PA DI HAPUS…

    TAKUT KETAUAN KEDOKNYA…ANCUUUR..ANCUURR….MAU JADI APA UMAT ISLAM….WLEHEEHH..WEEELEEEHH…..

  51. DUNIA INI MAU KIAMAT, BANYAK ULAMA – ULAMA TELAH MENINGGAL. JANGAN ASAL BICARA KARENA KITA TIDAK PUNYA ILMU, KARENA KEDANGKALAN PIKIRAN BEGITU MUDAH KITA BILANG ORANG LAIN SESAT, BANYAK KITA LIHAT USTADZ MENINGGAL BUSUK MAYATNYA KAYAK HEWAN KARENA MENYANGKAL ILMU PARA ULAMA DAHULU . BANYAK USTADZ HANYA MENGEJAR GELAR DAN PANDAI PIDATO . PARA WALI SERING DI LECEHKAN…….SAYA ANGGAP INI SEBAGAI TANDA AKHIR ZAMAN…..

  52. agama mu agama ku keyakinan ku keyakinan mu…
    gtu aj ko repot mas”….
    yang penting itu gak nyimpang dari agama ocem….
    harus sirotol mustaqim…
    oke lanjutkan kawan…
    salam kenal aj y….

  53. Udahlah, jangan berbantah-bantahan….
    Pake aja ilmu masing-masing untuk beramal menuju akhirat….
    Beresin dulu diri sendiri,, baru urus orang lain…
    yang pertama harus dijaga dari api neraka adalah diri sendiri,, dan keluarga
    masing-masing punya guru, punya ilmu,, nah pake dah tuh ilmu buat beramal saleh,, bukan debat kagak karuan

  54. al muslimu akhul muslim…seorang muslim itu saudara muslim yg lainya…..
    orang mukmin itu bagaikan bangunan..satu menguatkan yang lain…
    sesungguhnya amal(ucapan/tulisan/perbuatan….) tergantung niatnya……
    segala sesuatu diliat diakhirnya(kesudahannya)….baik/buruk
    manusia memiliki derajat yang sama
    pintar dan bodoh hanya gelar(satu mengetahui/diberitahu dulu, yg satunya kemudian)….>berlaku pd makhluk
    manusia berpikir dari akal pikirannya…akal pikirannya memperoleh masukan dari panca inderanya… jika yg masuk buruk…berpikirnya jd buruk..jika yg masuk baik…berpikirnya jd baik……beruntunglah orang2 yang memperoleh ilmu dari sumbernya….bukan kata si A dan bukan kata si B (namun ada hikmah dari keduanya)
    semua fatamorgana…manusia akan tahu semuanya setelah ia merasakan mati….sayang tak bisa kembali…
    beruntunglah orang orang yang memiliki keyakinan yang benar…yg tidak akan menyesal di kemudian hari….
    semoga keselamatan tetap untuk saudaraku semuanya…semoga Allah yang maha bijak memberikan cahaya hidayahNya kepada kita semua …amin

  55. Mau kitab2 ilmu hikmah kek
    Mau ilmu tersakti sejagat pun kek, silakan aja bagi yang yakin mau belajar dan yakin nggak sesat, lha wong yg nanggung perbuatan ya masing2 orang.. nggak ada yg ngelarang kok

    tapi apa nggak sebaiknya belajar alquran ama hadist dulu aja ya? itu aja belajar dan ngamalin seumur hidup juga nggak bakalan kelar wehehe

  56. Ass. Wr. Wb

    Hmmm…..diskusi yang menarik……semuanya punya argumen dan dasar masing-masing. Saran saya, lebih baik kita saling menghargai, perbedaan itu indah, laksana pelangi. Bhinneka Tunggal Ika.

    Saya pernah melihat orang Islam berdebat, beradu argumen tentang agama, awalnya mereka berbicara dg bahasa yg santun sampai akhirnya mengeluarkan kata2 kotor, karena merasa paling benar.
    Sama halnya seperti penetapan waktu lebaran, antara hari Selasa dan Rabu. Semua punya dasar dan merasa paling benar.

    Sementara saya lihat agama lain, misalnya Kristen….mereka punya ratusan aliran, tp tidak pernah ribut2 seperti ini, paling2 gesekan kecil setelah itu selesai.

    Kalau begini terus kelakuan umat Islam di Indonesia, saya yakin umat Islam di Indonesia akan selalu dijajah bangsa Barat/Erofa seperti yang terjadi di Irak, Afganistan, Palestina dll.

    Mengapa kita tidak bisa bersatu dalam perbedaan, laksana pelangi ? Mengapa kita selalu menonjolkan perbedaan ? Apakah umat Islam itu sangat rapuh, sehingga mudah sekali di adu domba ?

    Saya perhatikan dari susunan kalimat dan cara diskusinya, yg komentar disini rata-2 orang berpendidikan, karena bahasanya sangat sistematis.

    Saya mohon, diskusilah dengan santun dan kepala dingin demi kemaslahatan umat. Terima kasih

  57. Assalamualaikum
    sudah jangan bertengkar…. semua ilmu apapun dan dimanapun itu ada karena ijin Alloh dan bersumber hanya dari Alloh SWT…. Minta kepada Alloh saja tidak usah repot – repot daripada berdebat lebih baik waktu kita gunakan untuk bekerja sambil beribadah….

  58. Aslkm sdrku semuax..yg seimman dn seagama…! Kalian semua adlh org2 yg berpendidikn dn berilmu. Marilah kita semua padukan ilmu kita masing2 untuk saling mengisi, bkn unutk saling diperdebatkn. Apalg slg mencela satu sm yg lainnya. Kita hanya diberi sedikit pengethn oleh Allah di bndgkan ilmu Allah. Yg terpntg..marilah kita saling mengisi dn mengamalkn ilmu kita masing2. Dan kuatkan rasa tali persdrn diantara kita.
    Wsslm…Trims Semuax..!

  59. ulamaush shalihin banyak mengamalkan isi kitab syamsul ma’arif kubro yang disusun oleh syeh ahmad bin ali al-buni yang jelas prestasi ibadahnya bisa diteladani, kok bisa saja para pemilik gelar kesarjanaan yang belum jelas keahliannya sebagai panutan, apa yaaaa paaaaas ?

  60. kita semua bersaudara
    tiidak baik saling menyalakan.
    semua teguh dgn pendapatnya masing-masing.
    hancurnya umat islam ,dikarenakan tdk adanya salng menghargai dan menghormati.
    bagimu agamamu bagiku agamaku.
    bukankah islam rochmatan lil ‘alamiin dan beda pendapat adalah rahmat juaga ????

    by balance

  61. Assalamualaikum.,.,
    .,.
    Saya Mau Tannya Apakah Ilmu Jarn Goyang Termasuk Di Dalam Kitab Samsul Ma’arif.,.,.???

    Wassalamualaikum wr,wb,,.,.,.

  62. Assalamu ‘alaikum Wr Wb

    waah mantap benar artikel Bang Perdana Ahmad.

    Sepertinya Bang Perdana Ahmad ini ilmunya sangat luas sekali sehingga dengan sangat PeDe menyatakan kitab ini salah kitab itu salah, Syekh anu sesat syekh itu salah. Sampai2 Syamsul Ma’arif Syekh Ali Albuni juga ditentang habis.

    Setidaknya, anda itu tidak begitu bijak dengan keluarnya artikel ini.

    Maaf… rasanya anda juga perlu mengukur ulang ilmu anda. terutama pada disiplin ilmu yang anda dalami.

    Agar tidak sedemikian brutal menyalahkan orang di sana sini seolah tiada yg benar selain anda dan komunitas yang sejalan dengan anda

    terima kasih

  63. weh…weh… Malah pada berantem! Sudahlah klo menurut saya org bodoh berdebat tu yang menang jadi sombong yg kalah jadi dendam…
    Kita doakan aja yg musyrik supaya capat dikasih hidayah,kita ga lepas dari syariat ko…
    Semua orang ga boleh merasa pintar ! He…he… Bledug!

  64. Saya Zainudin,S.Pd.I, C.Ht,NLP. MAGICIAN.
    Seorang PNS di Kementerian Agama.
    Sebagai PNS KEMENTERIAN AGAMA RI,saya berusaha mengingatkan pada pengunjung Blog ini semuanya tentang :
    1.Bhineka Tunggal Ika
    2.Persatuan Indonesia
    3.Almuslim akhul muslim
    4.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkarakter luhur dan
    berAkhlaq Mulia.

    Saya dilahirkan oleh keluarga Nahdliyin.Semenjak kecil terbiasa wiridan,yasinan dan Tahlilan.Juga mengamalkan banyak ajaran mistik Islam dari berbagai kitab a.l. :
    a.Al Aufaq
    b.Mamba’u Ushuilul Hikmah
    c.Shilahul Mu’min
    d.Mujarobbat
    e.Berguru Langsung pada Kiai/Pesantren

    Juga mengkaji kitab Al Hikam dan Risalatul Qusyairiah,Ihya. .Ulumuddin dll.
    Karena mendalami sedari SD,maka saya yang Lahir thn 1971 ini merasa sangat yakin bahwa ajaran dan ke ilmuan yang saya terima adalah BENAR dan BERMANFAAT.
    Buktinya banyak orang yang sembuh dari sakit,dicintai lawan jenis,bisa lihat jin,punya tenaga dalam,pencak silat hadiran/kungfu otomatis dll berkat amalan ilmu yang dari saya dan guru-guru saya dulu.
    Cari uang mudah,sekedar yang dibutuhkan sehari-hari,cukup baca amalan HIZIB dan asmak tertentu,bisa datang dengan mudah dll.
    Sehingga saya merasa mendapat karomah dan menjadi WALYULLOH.
    Dan saya juga punya murid di berbagai Daerah.Cukup membanggakan…. tapi DULU….

    Akhirnya berkat jasa Ustadz Abdul Azis dan Ustadz Abdul Rasyid,juga kajian di MUHAMMADIYAH dan MTA ,sayapun mulai mengerti bahwa saya telah tertipu syetan.Sehingga kelebihan yang sebenarnya ISTIDRAJ saya anggap KAROMAH. Dan setelah saya memahami saya mengikuti Ruqyah massal oleh USTADZ FADLAN ABU YASIR untuk membersihkan diri saya dari KHODAM(JIN) dan ilmu-ilmu sesat yang tidak dituntunkan Nabi SAW.

    Prinsipnya sederhana :
    -Uswatun Hasanah adalah Rosululloh Muhammad SAW.
    -Sebaik apapun Ulama bahkan Sahabat Nabi,maka tidak ada yang
    maksum,karena yang maksum hanya Nabi.
    Maka apa saja yang datang dari Ulama bahkan Sahabat,kalau
    bertentangan dengan Nabi SAW ya tetap harus kita tolak..
    -ISLAM sudah sempourna sejak Haji Wada’ , maka yang menambah
    ajaran baru perlu di nasehati.
    -Wirid dan dzikir terbaik yang DIAJARKAN ROSUL dengan aturan dari
    beliau.. Lihat dalam QS. Al A’rof 105/205.
    -Walla talbisul haqqa bil bathil… JANGAN campur ajaran Islam yang
    Haq dengan AJARAN AGAMA LAIN yang jelas bathil..(3.7.40….1000
    harian orang mati dan tahlilan misalnya).

    -MAN KANA YU’MINU BILLAHI WAL YAUMIL AKHIR, …..
    FALYAQUL KHOIRON AULIYASHMUT…
    -Terakhir, WAMAN JAHADU FIINAA LANAHDIYANAHUM
    SUBULANAA……….

    WASSALAMU ‘aLAIKUM WR.WB..

    NB. My EMAIL ; zentukangsulap_hipnotis@yahoo.com.

  65. assalamualaikum…Ya ALLAH saya orang yg hina,bodoh,dan byk melakukan dosa smoga ALLAH memberikan petunjuk/barokah/hidayah utk saya kaum muslimin dan muslimat ,sedulurku kabeh Selamatkanlah dirimu dulu,keluargamu baru oranglain dan marilah kita koreksi masing2.karena
    guru hanya memberi petunjuk bekal jalan akhirat bukan menjamin diakhirat,,semua ilmu milik Allah dan perbedaan itu rahmat…
    kitapun tidak mempunyai apa2 tp pinginnya apa2 …….yo …bantu anakyatim …ingat cucikaki ibumu dulu sebab Makhluk yang paling ditakuti Nabi besar kita Nabi Muhammad S.A.W adalah IBU..sedulurku ayo istigfar yg selalu memohon ampunan dab bersholawatlah insyaallah kita semua mendapatkan syafaatnya Nabi Muhammad S.A.W walaupun sehelai rambut .hanya ALLAH YANG TAU… beserta para malaikatnya yg siap menunggumu….NB: jgn lihat kulitnya tp lihat isinya n jgn melihat kebaikan sesaat ini tp hasil akhir ceritanya….buahnya….matahatimu..mhn mf jika tdk berkenan dihati saya mhn mf sedlm2nya…..wassalam…

  66. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    maaf,
    buku mujarobat kan perpaduan ilmu kejawen/ilmu titen dengan ilmu/ajaran islam. benarkah begitu?

  67. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    maaf,
    buku mujarobat itu kan perpaduan ilmu kejawen/ilmu titen dengan ilmu/ajaran islam. bukankah begitu?

    sebelumnya terima kasih
    wassalam

  68. buku mujarobat itu perpaduan(sebenarnya sih bukan perpaduan hanya saja ditulis dalam satu judul buku) ilmu kejawen dengan islam.

    kalo saling menyalahkan berarti gak ada yang benar, karena merasa paling benar.

  69. sebagai muslim sejati, kita harus hati-hati menelaah buku yang berbau agama namun isinya justru bertentangan, agar kita tidak mudah tersesat !

  70. askum….!!sy yg bodoh ini ingin sdikit berbagi wawasan,smoga bs mnambah wawasan sy sdiri dan bermanfaat buat saudara2 sy smua.buat mas zainudin..mlihat dr gelar akademik dan perjalanan hidup anda,pstilah wawasan anda jauh diatas saya,jdi sbelumnya sy minta maaf klu sy menanggapi tulisan saudara.ttg ” ISTIDRAJ saya anggap KAROMAH.””.setahu sy karomah adlh ilmu yg diberikan lsg dr Allah SWT,kpd umatnya krn tingkat keimanannya,dan ini tdk bs dipelajari.Klu ilmu dr pembelajaran(khususnya muslim) nmanya “maunah”.jdi alangkah sombongnya kita klu mrasa punya ilmu karomah,tanpa melihat sisi keimanan kita yg munkin msih jauh dr tingkatan kewalian/sufi.jadi layakkah kita dianggap wali/sufi klu msih memikirkan dunia??? klu mnurut sy ap yg anda pelajari dulu dan mukin tuk kita semua(muslim)adalah “Maunah” krn sgala sesuatu yg kita niatkan krn Allah,msuk golongan ilmu “maunah”.Sedang ISTIDRAJ adlh ilmu yg diniatkan dan didapat dr setan.lebih mudahnya mukin kita bs kembali melihat jenis2 pengetahuan(sy anggap pengatahuan krn tdk hy myangkut yg berbau goib saja).MUKJIZAT,KAROMAH,MAUNAH,ISTIDRAJ!!silakan membadakan sendiri krn anda lbih tahu dr keempatnya siapa yg pantas untuk myandangnya!!!!buat saudara2ku semua ad pepatah”Sepandai-pandainya seseorang pasti ada kurangnya dan sebodoh-bodohnya seseorang pasti ada pengetahuan yg bermanfaat buat kita” ”Jadi marilah kita saling berbagi dgn menanggalkan keegoan krn kita semua tak ada yg sempurna,dan keegoan adalah salah satu yang menghambat bertambahnya pengatahuan kita. Janganlah kita gpg memvonis syirik apalagi pd sesama saudara kita,sblum kta sdiri tau bgamana diri kita sendiri.Semoga rasa ukuwah islamiah kita lbih besar dr ke-egoan kita.wassalam….

  71. Kalian Semua Muslim Jangan saling menghujat menyalahkan mengkafirkan,
    yang penting sama sama Alloh سبحانه وتعلى Tuhan Kita, Rosululloh محمدصلى الله عليه وسلم Nabi dan Rosul Kita, dan semua tidak meninggalkan Sholat lima waktu semua MUSLIM
    Urusan Dosa, Sesat , Kafir, Masuk Neraka, Ataupun Sorga itu hanya Milik الله saja
    Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji’uun……
    Laa Maujuda Illalloh, Laa Maqsuda Illalloh, Laa Maujuda Illalloh
    AYO SEMUA KEMBALI KEPADA الله
    tidak usah berpecah belah……
    ياالله سلمنا سلمنا سلمنا والمسلمين

  72. kalian kok pada bego yach, malah saling hujat, saling cela, gak baik tuh,,, padahal islam kan rahmatan lil ‘alamin,
    Rosul aja ga pernah menghujat siapapun kecuali kafir,,
    inget cuy, argumentasi kalian belum tentu benar belum tentu salah, toh kalian ga ada yang tahu tempat kalian di akhirat nanti.
    manusia bijak adalah yang bisa menghargai pendapat saudaranya.
    jaga ukhuwah,
    wassalam dukun Wildan

  73. INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN
    Saya dan anda semua hanyalah mayat2 yang berjalan….. tidak berarti di hadapan Alloh SWT. begitu bangganya dan dengan pedenya menulis komentar2 yang belum tentu benar di hadapan Alloh SWT. Istighfar!!!!!

  74. Di dalam Ihya’ Ulumuddin Imam Al-Ghozali sangat menekankan pada ibadah, seperti sholat, shaum, dan dzikir. Karena itu saya tidak percaya kalau al-aufaq adalah karangan Imam Ghozali.

    • Untuk semuanya yang mengatakan bahwa kitab syamsul ma’arif & al-aufak adalah karangan imam al-buni & imam gozali gadungan maka anda wajib menjelaskan secara jelas siapakah pengarangnya menurut anda?
      Jangan hanya bisa memvonis itu kitab gadungan, kerahkan DR yang anda sanjung2 kerahkan juga ahli sejarah supaya bisa mengetahui apakah benar kitab syamsul ma’arif & al-aufak karangan imam al-buni & imam gozali atau bukan? Tentunya dengan mencari bukti2 sejarah bukan dengan perkiraan.
      Gitu aja ko repot….
      Untuk wongalusaceh tunggu aja kerjaannya PA & para DR mencari bukti sejarah.

  75. Menurut saya .mujarobat banyak orang jadi sesat dibuatnya.dan banyak orang jadi gila karena ngelakoni tampa guru .gila sampai sekarang.(ada qulhu balik.adaqulhu geni.ada qulhu sungsang dll) aku tanya.dari mana sumbernya.dan saya sekarang sudah tahu.semua itu tipudaya setan.gak mungkin imam ghozali keliru dlm menulisnya.ALLAHUALLAM.t

  76. Semua isi2 dlm kitab.itu suda ku pelajari.ternyata tak perlu diperdebatkan.semua itu akan merusak tatanan aqidah kita. Semua itu harusnya kita kmbali pada diri kita bagaimana allah menciptakan kita .cukup kita pelajari dan kita fahami.karena semua itu kehendak Allah……gitu aja kok repot?

  77. Begini sodara lukman yang GALAK…

    Alasan sodara mem FITNAH saya seperti itu itu sekedar untuk kesenangan ?

    kalau begitu adanya saya Rela deh di FITNAH lagi… biar sodara lukman Senang…

    Menyenangkan hati sesama muslim itu berpahala kan..??

  78. Ki .saya punya teman.yg senang mengamalkan mujarobat.tapi ahirnya dia setres. Yg saya tanyakan.apa penyebabnya setelah mengamalkan mujarobat kok jadi setrez?

  79. al-hujuraat 11 : Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokan kaum yang lain, boleh jadi (yang diolok-olokkan) itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan mengolok-olok kumpulan lainnya, boleh jadi yang diolok-olokkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim

    al-hujuraat 12: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

  80. @wongalusaceh

    anda gak usah panjang lebar memaparkan huruf dengan segala argumennya. Anda penganut tarekat yah ternyata. Tarekat itu aliran, yang namanya aliran itu tidak ada ujung pangkalnya, kemana-mana ngikuti alur tanah yang cekung/menurun tak terkendali. Sedikit banyak saya tahu garis besarnya penganut tarekat itu. Ada pemahaman kalau sholat tidak perlu ikhsan, karena ikhsan katanya syirik karena Allah tidak bisa dianalogikan “seolah-olah kita melihat”, tapi yang dibayangkan mursyidnya, karena membayangkan mursyidnya berarti membayangkan Allah. Nauzubillahimindzalik. Apakah ini tidak berarti menyembah manusia? Kalau memang demikian anda sudah murtad tapi tidak sadar. Percuma anda membawa nama agama Islam jika anda sudah murtad

    @perdana ahmad
    hapus saja semua komentar murtadin wongalusaceh, buang-buang waktu dan tempat saja, atau di blacklilst.

    • baiklah alhamdulillaahhh jika anda lebih tahu dari kami namun pakah berarti anda yang memahami mengenai ahadiya ahada wa ahaadiyah….. dan pakah anda menyerahkan seluruh unsur diri anda kepada ALAAh SWT melalui 4 arah dalam sholat hingga anda tidak merasa jika andalah yang sedang sholat , apakah anda orang yang mampu membuka hijab sa’at pertama takbiratul ihram dalam sholat, dan apakah anda orang yang jiwa nya tenang dan senang dalam sholat apakah anda orang yang menghabiskan waktu anda dalam zikir nufus dan pakah anda ….. orang yang telah fana””’ dalam kesemua jenis fana”” ma’af sebelumnya pa”’ bukannya ingin menguji bapak tapi saya hanya ingin menguji diri saya sejauh mana pengetahuan saya’ tentang ituw dan sejauh mana pengetahuan bapa’ sehingga mungkin sedikit komentar bapa’ bermanfaat ntuk saya ….. mengenai kitab syamsul ma’arif al qubro ibnu ahmad …. itu da pada saya saat dahulunya dan sekarang ia telah dicuri di kamar saya namun saat ni saya sedang mencari kitab i’lamul muttaqin. (tingkat alam taqwa karna saya ingin mempelajari tentang tauhid secara mendalam dari kitab tersebut)

  81. ingat lah wahai kawan…..allah berfirman : walaa tujaadiluu ahlal kitaabi illa billatii hiya achsan ,,,,,,,,,,,,,,,,,di dalam ilmu ushul fiqih {al chukmu yaduuru ma’a ‘illatih }

  82. jangan ngomong sembarangan ente wong alus atau cocoknya nama ente dirubah aja jadi wong kasar aceh,nuduh orang murtad,padahal kl ane isimak isi komentar perdana akhmad tu lebih punya dasar to dalil2 ,dan tumben ane denger ada imam algazali gadungan

  83. sebenarnya bukan dari kitabnya mujarobatnya yang salah, bisa jadi mungkin niat seseorang untuk pengamalan nya yang salah, karena klo kita membaca kalimah Allah dengan niat bahwa kalimah itu untuk keperluan ini dan itu, disitu letak kesalahannya, jadi klo kita emang mau membaca ya bacalah dengan ihlas jangan diniatkan untuk suatu keperluan apapun

  84. walaupun kt mmbaca kalam Allah tp tanpa ada tuntunnya dr Rosululloh jg g bnr.sprti mnggunakan ayat2 qur’an buat d jdikan jimat.

  85. jika ahmaq aceh bener2 mengamalkan isi kitab syamsul ma’arif al qubro ibnu ahmad maka mungkin saya satu2nya orang sumbawa yang akan bertanya kepada anda ada berapa bab kitab syamsul ma’arif al qubro ibnu ahmad dan tiap bab pa saja yang dibahas…… ??? apakah ada asma untuk menahan lapar ……????? dan pa yang diperkenankan ditulis pada kain kapan orang yang telah meninggal agar seseorang yang telah meninggal diringankan siksan kuburnya…menurut kitab tersebut..tersebut……????? serta pakah ada tentang jilbul rizki disana????????? jika anda menjawab dengan tepat maka saya akan menjadikan anda guru saya……

    • inix yg kbakaran bulu hidung tnntang hakekat perdukunan & kitab2 dukun berarti dia sendiri temasuk golongan dukun .

  86. kalian niee pada berdebat …. ngga’ jelas ////// oh ya orang yang raguin kitab itu yang asli da pada ayahanda saya semuanya da 4 bab dan disana ada pembahasan tentang asma ul husna….kitab itu tidak boleh diperlihatkan kepadaa orng lain karna khodamnya akan meninggalkannya di dalamnya ada juga ilmu dunia baik mahabbah dan lainnya……NGOMONG2 ko’ pada berdebat begitu syamsul ma’arif IBNU AHMAD namanya aja sudah baik terlebih dia hidup di jaman orang2 yang mungkin lebih sholeh dari kalian semua…. untuk semuanya perlu diingat bahwa nabi diutus ntuk kesempurnaan akhlak maka jagalah akhlak dan sholatpun agar kita ngga’ menjadi manusia yang keji dan mungkar dan menjadi berakhlak baik…. KENAPA kalian saling hujat menghujat yang belum tenttu yang mana yang benar padahal semuanya hanya af’al Allah s.w.t jangan pernah mengambil HAK Allaah karna berat dosanya….. kenapa qur’an ituw diamalin setengah2 kyk gini padahal udah jelas anjuran untuk bertanya kepada ahlinya… comentar ko’ alasan ngga’ ada ituw namanya buta and pertahankan ego mustinya nanya dulu ma orang yang ahli,,,, dapet ilmunya baru ngoment and dibahas lagi…… ZAMAN INI KO’ BANYAK YANG MEMPAMERKAN ILMU … MUDAHAN JA BAROKAHNYA HILANG MANSYAA ALLAAH MANSYA ALLAAH

  87. ini ribut ae,wis biarin aja semua pasti ada karmanya klo kelakuan gk bener.klo percaya ama Allah ya skrg diem gk usa banyak omong….sebentar lagi puasa ayo pada fokus ke romadhon.

  88. wah hebat2 argumen nya..saya org bodoh ga ngerti2 apa,cuma pernah dgr ulama ngom hindari berdebat,meski kamu benar..kalo saya salah ya mohon maaf utk anda2 semua,kok kayaknya saya baca pada emosi semua..sampe kata2nya gawat2..ya kalo ga sepaham ya masing2 ae lah..biar Allah saja yg menilai.drpd ribut bikin emosi..toh sama2 kitab al quran,sama2 agama islam,sama2 Nabi nya ya Nabi Muhammad,tuhan nya juga Allah..dan sama2 cari ilmu,mohon maaf kalo menyinggung.

  89. Assalamualaikum Wr . Wb
    Saya ingin bertanya apakah buku yg berjudul Mujarobat Ilmu Kekebalan yg ditulis oleh Ahmad Thoha Abdul Ghoni isinya sesuai dengan ajaran islam?

  90. Assalama’alaikum! Laa ya’riful wali illal wali! ilmu Allah Luas hati2 dalam penggunaannya! Allah mengabulkan permohonan setiap hamba-Nya, namun hati2 dalam meminta permohonan (do’a) kepada-Nya. ikutilah jejak para ulama’ salaf jangan anda berselisih hanya di sunia maya! wassalam

  91. Yg jelas org aceh itu otak dan pemikiranya rusak bgt.. Menganggap dirinya paling suci dan paling pinter… Sya bnyak knal org aceh… Masak sanggup bilang saya org medan dan jawa itu kafir laknat smentara kta tiap hri nongkrong bareng… Memang pantas pun di gulung tsunami…. Sebodoh2nya sya dlam ilmu agama pun tdk pernah mengkafirkan sesama Islam.. Pdahal yg ngmong itu suka judi dan kumpul kebo sma perempuan bkan istrinya,.. N kalo di bilang gtu mrka bls bilang kalau ideologinya dan sya sperti langit dan bumi,.. Justru kalian aceh itu sperti org yg ga blajar… Memang aceh itu otaknya rusak krna ganja…

  92. semuanya setan,malu ama tetangga atuh orang udah ke langit malah kita bahas mujarobat,gak ada yang harus diluruskan tugas kita menyampaikan masalah ilmiah kentut,masalah faham juga kentut.benar dan salah bukan punya mbokdemu.

  93. ikuti aja quran dan sunnah rosulnya melalui guru2 yang sanad keilmuanya jelas menyambung hingga beliau, perihal kitab syamsul ma’arif sudah jelas disebutkan di bab pertama dalam ktab tersebut tidak untuk diajarkan kepada sembarang orang. maksudnya untuk memahami kitab tersebut diperlukan pemahan dan pengetahuan yang cukup untuk menelaahnya dengan dibimbing seorang guru yang arif dan sholeh. Disamping si murid harus paham benar baik ilmu syariah, tauhid, kalam, filsafat, tasawuf maupun tarikh dan dengan penguasaan bahasa arab maupun bahasa suryani beserta sastranya yang mendalam, disamping juga harus ngerti ushul, furu’, adhab, maupun akhlak. sehingga halus bathin dan lakunya. kalau saya perhatikan dari komen2 mas “wongalus”, tidak seperti demikian ya… semoga saja saya salah,….

  94. ya karna anda bodoh..makanya bilang begitu,guru anda buku” cetakan..yg jauh dri aslinya… Dan anda tidak pernah mengaji secara detail.. Belajar islam separoh ”…makanya picik fikiran anda.

  95. alhamdulillah wongalus sudah berusaha untuk membuka tabir rahasia ilmu hikmah namun itu saya rasa sangat tidak perlu karena itu adalah sirri dibalik sirri Nya Allah cukuplah hanya hamba-hambanya yang terpilih untuk mengetahuinya, ilmu Allah maha luas, dan itu untuk satu tujuan Al Haq, kalo memang ada orang yang memang belum sampai ilmunya dalam mencari kebenaran diatas kebenaran, biarkan saja, di anggap salah itu lumrah merasa benar juga terlalu gegabah.
    apapun yang menjadi panutan leimuan kita….

    BERIMANLAH DENGAN ILMU…..
    BERBUATLAH DENGAN……
    TERUSLAH CARI KEBENARAN….
    MESKIPUN IA HANYA ADA DIAKHIR KEHIDUPAN….
    WASSALAM…

    R. ANOM SABDA KENCANA

  96. perdana akhmad itu kurang kerjaan ,,,,kerjanya 4ruqyah22 aja saking senang ama rukyah,,,baju sepatu…celana…mobil…dirukyah jg,,,,,katanya biar setan kabur,,,,,,,

  97. samsul maarif,mambaul,al aufak buat para santri senior,santri salaff,yang aqidahnya top markotop. bukan buat para kiai atau ustadz lulusan university. yang tak pernah mondok,di pesantren.seperti ustadz yg nongol di tv cuma bisa ngomong aja kaya,lilin bisa nerangin orang tp terbakar.

  98. ikuuttt nimbrung,,, aku punya kitab asli samsul maarif, juga yg senjata muslim terjemahan terbitan ampel mulia,,,, buset bru gw praktekin satu hijibnya doang,eeee yg dtang jin semua broooo!!! Pada jail semuaaa!! Ih ngeri,abah angkat gw sndiri,emang iya seh beliau sakti,bs jalan di air,ke tempat jauh dlm sekejap taapiii anaknya meninggal tnpa sebab, rumah kgak punya ,bwat makan susah,(padahal kyai),emang kebal seh tpi kok sakit gigi? Emang gw lihat sendiri begitu jimat dipraktekin,jin jin pada muncul,itu artinya kita minta tolong ama jiinnn,bukan ama Allah.swt,
    Wes talah,,,, hadapi segalanya dg sabar dan sholat,sungguh itu berat memang, tpi tdk bagi orang yg khusuk

  99. assalamualaikum.
    maaf ikut nimbrung…
    menarik banget yang diperbincangkan kawan-kawan.
    oh ya… saya punya mujarobat buatan tahun 1900 M. dari negara Singapura dengan bahasa melayu.
    isinya berbeda jauh dengan mujarobat masa kini,
    mujarobat yang dahulu berisi tentang rukun islam beserta penjelasannya, rukun iman beserta penjelasannya, wirid – wirid ba’da sholat, dst.

    wassalamualaikum

  100. @Perdana Akhmad S.Psi
    Kitab Mujarobat dibid’ahkan. Hizib, wirid, Ratib dibid’ahkan dan dikafirkan semua. Berarti berdo’a pun juga bid’ah. SEmua ilmu sumbernya dari al-qur’an dan hadits. Sama saja anda mengatakan al-qur’an dan hadits adalah sihir seperti mujarobat. Anda baca dan belajar banyak hal dulu dari berbagai guru dan kitab-kitab, terutama yang arab, jangan asal. Ilmu anda tuh cetek, sedengkul, bahkan selutut.!

  101. yang paling penting, ilmu tauhid terlebih dahulu, kemudian ilmu fiqih, selanjutnya kalhlaq tasawwuf, baru setelah ilmu tersebut mantap, boleh belajar ilmu hikmah. agar tidak menyimpang. dan sebaiknya semua itu belajar sama ahli agama para kiyai ajengan syekh2 dan ustadz2.

  102. “Keselamatan di berikan pada anda yg mengikuti al qur’an”
    saya muhammad tdk punya gelar apapun d dunia ini,saya hanya ingin mengatakan pada orang yg tdk bermadzhab,anti madzhab,yg menggali al qur’an dan hadits dengan terjemahan faham nya,tanpa mempercayai ulama salaf dan kholaf yg mengatakan tdk ma’sum pada aulia apakah anda tau perkataan anda itu sangat sangat sombong,takabur,ujub,sedangkan anda manusia jaman sekarang yg lahir dalam jahiliyah keterbatasan pola pikir ,picik,berani menghina aulia,yg hidupnya dan kehidupannya hanya untuk yg kuasa dg berbekal ilmu agama dari para masayikh yg dekat dgn rosulluloh dekat dgn sohabat dekat dgn tabi’in yang mana pada waktu itu bila ada hukum alloh sami’naa waato’na(lihat kitab dalilu faalihin) sedang kan anda yg lahir d jaman sekarang ilmu kurang amal kurang beraninya mengkufurkan ulama,mendukunkan aulia,sedangkan definisi sihir( lihat ta’rifat)seseorang yg punya khoariqul adat tpi dia jua suka melaksanakan ma’siat itu sihir nama nya.jdi tolong anda cari definisi dari sihir,dukun,dan syirik tpi bukan dari link suatu site tpi dari kitab kitab ulama zumhur salaf solih,dan satu lagi kenapa orang islam sangat memuja kafir yahudzi dan nasroni sehingga pemikirannya seperti yahudi dan nasroni yg segala sesuatu itu harus berdasarkan akal.sedangkan akal kita terbatas dan ilmu hakikat gk terbatas,contoh tdk dapat d hartikan dgn akal hanya dgn keimanan ialah kenapa kita ada d dunia ini?,dan juga mengapa orang islam bnyak yg menghina al quran,maksud menghina yaitu dg menterjemahkan secara serampangan,shingga dia tdk tahu sdh menyesatkan org lain(lihat hukumnya dalam kitab i’anatutolibin dan dalam kita attibyan imam nawawi)lihat juga tafsir jamal.ingat “rosul bersabda di dalam kitab syekh hasan bin tohir, sulamataofiki barang siapa yg mentafsirkan al quran dgn ro’yunya maka dia akan d tempat kan d neraka.nau’dzubillah.nah kawan jg sembrono anda dalam menterjemah al quran ingat” terjemah bukan tafsir”

  103. Masalah seperti ini tidak ada habisnya di bahas, pada saling menjatuhkan dan beradu argumen
    lebih baik duduk bersanding saling SHARING
    bukanya duduk bersanding saling mencari RING

  104. assalamualaikum pembaca semua komen yang banyak itu menyesatkan jika kita tidak faham dengan yang kita komen itu lagi menyesatkan orang bijak banyak diamnya orang berilmu banyak senyumnya orang yang memandang allah tajam pandanganya.imam ahmad ali bunni hidup sekitar 1225 masihi apa yang kita tahu ilmu zaman itu di bandingkan ilmu zaman akhir ini? kita manusia zaman akhir so….jangan komen ilmu allah beri pada zaman imam ahmad ali bunni.adakah yang banyak komen itu orang ilmunya mantap?jika tidak faham baik kita diam.diam itu sejahtera banyak bicara itu cilaka…..

  105. Wahabi anda,saya benci wahabi ,pantas saja wahabi adalah paham jahat dari Yahudi keparat,Terorist yg dikembangkan kedok Islam ,pabrik Terorist dunia.tangkap saja mereka ciri2 pakai gelar Lc.sangat benci ulama2 Shaleh,benci NU,Dasar orang melarat yg di sekolahi Saudi Arabia kemudian didoktrin di markasnya lalu diberi gelar Lc,pecundang agama Islam.KERAS KEJAM SADIS,Tak suka Jamaah,senangnya serang Ulama kita,tolak wahabian!stop wahaby! Anti pancasila

  106. kelihatan kufurnya wong alus aceh,suka ,mencanci dan mirip dukun,he he
    agak santun lah wong alus aceh,kalo memang lo bener ya pertahankan kebenaran lo,bknkah pngadilan milik allah kelak,jika lo juga mencaci sesamamu berarti lo agak dungu,he he he,ana juga blajar ilmu hikmah,tp ane nyantai aje,mau wahabi,atau temen ndiri yang kritik gak perduli,jgn dungu lah wong aceh,hehe he

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s