MENGANALISIS KEJANGGALAN BERITA MISTIS AMBLESNYA TANAH DI MAKAM GUS DUR

Dikaji Oleh : Perdana Akhmad, S.Psi

Sebagian masyarakat kita ada yang cenderung lebih percaya kepada cerita-cerita irasional seperti kisah makam Gud Dur yang penuh mistis dan bermuatan syirik, serta lebih banyak bermuatan unsur pembodohan yang justru merugikan masyarakat. Gus Dur yang selama hidupnya banyak berbuat kerusakan dimuka bumi dianggap wali Allah yang punya banyak karomah yang celakanya dibesar-besarkan oleh insan pers. Rekan-rekan sekalian, kecerdasan suatu bangsa juga bisa dilihat dari sikap insan pers yang berkiprah di tengah-tengah bangsa tersebut. Bila insan pers lebih gandrung pada cerita-cerita mistis bernuansa pembodohan dibalik amblesnya makam Gus Dur ketimbang membahas fenomena amblesnya makan Gur Dur dari sisi Ilmiah, maka tidak bisa dielakkan adanya kesan bahwa insan pers kita masih belum maksimal menjalankan fungsi mencerdaskan bangsa.

Sebelum membahasnya lebih jauh mari kita baca bersama dahulu berita seputar amblesnya makam Gus dur dengan beragam cerita mistisnya :

Subhanallah! Makam Ambles, Jasad Gus Dur Utuh
Nasional – Jumat, 18 Februari 2011 | 13:03 WIB

INILAH.COM, Jombang – Hujan deras yang mengguyur kota santri Jombang membuat makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Tebuireng, Jombang, ambles. Yang lebih mengagetkan, jasad presiden keempat itu masih utuh. Kain kafan yang membungkus jasad Gus Dur masih utuh dan putih.

Zainul, salah satu petugas keamanan pondok mengatakan, amblesnya makam Gus Dur terjadi tiga hari lalu. Saat itu pengunjung makam Gus Dur sedang tinggi-tingginya. Sudah begitu, hujan deras terus mengguyur kawasan Tebuireng. AKibatnya, makam mantan Ketua PBNU tersebut ambles.

Praktis, kejadian itu membuat penghuni Tebuireng kalang kabut. Mereka beramai-ramai melihat kejadian aneh tersebut. Sebuah lubang akibat gerusan air menganga lebar sehingga menampakkan kain kafan pembungkus tubuh tokoh yang dikenal dengan berbagai anekdotnya ini. “Subhanallah, kain kafan Gus Dur masih utuh. Putih bersih seperti baru,” kata Zainul, Jumat (18/2/2011).

Dia menambahkan, kejadian itu pertama diketahui oleh pedagang asongan yang biasa menjual VCD tentang Gus Dur. Pedagang asongan itu bernama Waldi. “Namanya pak Waldi, ia melaporkan kejadian itu ke saya yang kebetulan sedang berjaga di pos utara (pos pintu keluar masuk para peziarah),” tambah Zainul. Zainul menerangkan seketika ia berlari menuju areal makam.

Dalam hitungan detik lubang di pusara Gus Dur ini pun segera ditutupi dengan pasir ala kadarnya. Baik penjaga dan pengurus pondok langsung membuat barisan blokade untuk menutupi lubang di pusara Gus Dur. Hal ini dimaksudkan agar peziarah tidak sampai mengambil gambar. Pasalnya, jasad Gus Dur yang sudah setahun lebih dimakamkan masih tetap utuh. Hanya saja, kabar fenomena langka tersebut terkesan disembunyikan oleh pengurus pondok lainnya. Salah satunya M.Hasan, salah satu penjaga pos utama pondok pesantren Tebu ireng. Bapak kandung dari Zainul, penjaga yang kali pertama menerima laporan amblesnya makam Gus Dur ini menceritakan, dirinya juga ikut menutupi lubang dimakam Gus Dur tersebut.

Di bawah guyuran hujan itu dia mengaku bersama empat orang yang lain termasuk anaknya Zainul, melihat sesuatu yang ganjil. “Tapi saya nggak berani cerita, itu bukan wewenang saya,” kilah Hasan. Hingga saat ini di lokasi makam Gus Dur sudah diberi pembatas. Hal itu dilakukan agar pengunjung tidak menerobos masuk. Selain itu makam yang ambles tersebut sudah di tutup pasir. Bahkan, segunduk pasir masih tersedia di samping makam tersebut
http://nasional.inilah.com/read/deta…d-gus-dur-utuh

Di Balik Amblesnya Makam Gus Dur
Selain Tetap Utuh, Jasad Gus Dur Juga Bersinar

Jum’at, 18 Februari 2011 14:16:24 WIB
Jombang (beritajatim.com) – Pasca amblesnya makam KH.Abdurahman Wahid atau Gus dur, keluarga besar almarhum tokoh pluralis langsung menggelar rapat internal. Tidak ada yang tahu isi pembahasan rapat bani Hasyim tersebut. Namun dipastikan rapat ini tidak lepas dari amblesnya makam Gus Dur yang berakibat terlihatnya kain kafan yang masih bersih serta utuhnya jasad Presiden RI ke IV tersebut.

Salah satu orang dekat keluarga besar bani Hasyim, Sholahul Am Notobuwono (Gus Aam) membenarkan jika fenomena langka itu sedang dalam pembahasan internal keluarga. “Saya sekarang lagi di Jakarta dan keluarga sedang bahas masalah amblesnya makam Gus Dur,” terang Gus Aam yang juga pengasuh ponpes Tambakberas ini, Jumat (18/2/2011).

Gus Aam yang dihubungi via telepon ini juga mengatakan, permasalahan itu sengaja disembunyikan guna mencegah membludaknya kembali para peziarah ke makam pendiri NU itu. Tidak hanya itu, amblesnya makam Gus Dur yang bertepatan dengan peringatan maulid nabi, Selasa (15/2) lalu, menurut ketua PC.GP.Ansor Jombang ini sebenarnya telah direspon langsung dua putri Gus Dur.

Inayah dan Alissa telah melihat mendatangi pondok pesantren Tebuireng beberapa jam pasca amblesnya makam Gus Dur tersebut. “Mbak Inayah sudah datang ke Jombang, disusul Mbak Alissa,” tambah Aam mengakhiri pembicaraan.

Kabar tentang kondisi jasad utuh serta kain kafan yang masih putih bersih ternyata telah tersebar ke se antero wilayah. Di kalangan Gusdurian (pengagum Gus Dur) meski masih sedikit terselubung, diakui jika fenomena yang menunjukkan sifat kewalian Gus Dur benar adanya.

“Kami mendengar jika jasad mendiang Gus Dur tidak hanya itu, malah saat ambles, nampak sinar terang muncul dari dalam tanah yang memancar dari jasad beliau (Gus Dur). Dan satu lagi kabar ini sudah menjadi perbincangan hangat di Jakarta,” tutur Munasir Huda salah satu Gusdurian yang tinggal di wilayah Diwek ini.

Namun bagi Huda, hal tersebut bukanlah satu kebohongan belaka jika melihat sepak terjang dan perjuangan Gus Dur selama ini. Ditambah kejadian amblesnya makam hingga terlihatnya jasad Gus Dur yang masih utuh bertepatan dengan peringatan maulid nabi. “Tuhan itu Maha Besar, kalau Tuhan berkehendak apa yang tidak mungkin bisa saja terjadi. Ini menunjukkan sifat kewalian Gus Dur kian kentara,” jelas Huda menambahkan. [
http://www.beritajatim.com/detailnew..._Juga_Bersinar


Tanggapan :

Info dari Juru Kunci Makam Gus Dur menjelaskan bahwa sudah 5 kali makam Gus Dur ini ambles, sebenernya ini fenomena biasa sebab waktu Gus Dur  dikuburkan lagi musim hujan hingga tanahnya gembur , tidak bisa padat dan lama keringnya. Ini adalah peristiwa biasa saja. Adapun kesaksian yang menyatakan Amblesnya makam Gus Dur hingga dasar kubur yang mengakibatkan kain kafannya terlihat haruslah kita kaji dari sisi logika dahulu benarkah info ini atau sekedar berita hoax saja.Lihat foto kubur Gus Dur dibawah ini :

Foto lobang kubur Gus Dur sedalam 1,5 meter

Foto kuburan setelah jazad Gus Dur di kebumikan

Kejanggalan 1 :

Biasanya jasad itu di kuburkan pada kedalaman lebih dari 1,5m ditutup papan. Jika dilihat dari gambar diatas apa mungkin air hujan dapat menggerus tanah hingga kedalaman 1,5 m hingga kain kafan dan jasadnya kelihatan? Tidak akan masuk diakal jika dilogika, aliran air hujan di kontur tanah yang datar hanya akan dapat menghanyutkan gundukan tanah paling atas dari makam dan tidak akan mungkin dapat melobangi makam hingga kedalaman 1.5 meter.  Liang lahat bisa saja benar-benar hilang tanahnya sampai dasar lubang makam jika tidak pernah ditimbun sama sekali dan terus-menerus terkena terpaan gerusan air, dan ini mustahil sebab ada penjaga makam yang tentunya akan selalu memperbaiki dan menambah tanah yang tergerus air hujan.

Info yang saya dapat dari Okezone bahwa Kubur Gus Dur cuma ambles 20 cm lihat di sini , lalu apakah masuk diakal sudah terlihat kain kafan Gus Dur??? apa Gus Du cuma dikubur sedalam 30 cm saja???? dalam berita lain okezone disini dikatakan:

Makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ambles pada Jumat dini hari. Amblesnya tanah makam tersebut dikabarkan hingga menyentuh bagian dasar makam. Benarkah jasad Gus Dur terlihat?

Terlihat berita amblesnya makam Gus Dur tidak konsisten sama sekali,jika tidak konsisten maka sangat tidak layak berita ini dijadikan sebuah fakta ilmiah sebab tidak teruji kebenarannya.

Kejanggalan 2 :

Praktis, kejadian itu membuat penghuni Tebuireng kalang kabut. Mereka beramai-ramai melihat kejadian aneh tersebut. Sebuah lubang akibat gerusan air menganga lebar sehingga menampakkan kain kafan pembungkus tubuh tokoh yang dikenal dengan berbagai anekdotnya ini. “Subhanallah, kain kafan Gus Dur masih utuh. Putih bersih seperti baru,” kata Zainul, Jumat (18/2/2011).

Biasanya setelah setahun, kayu yang menutupi mayit sudah lapuk sehingga patah. Dan krn ada ruang kosong antara mayit dgn penutup kayu tsb, saat kayu tsb patah, maka tanahnya ikut turun.Kalo kain kafan masih kelihatan utuh ya karena sebelumnya kayu itu yang menahan tanah.Namun ini hanya terjadi pada kondisi tanah kering, jika dikatakan tergerus karena air hujan maka mustahil air bercampur Lumpur tidak bisa menyentuh kain kafan Gus dur

Kejanggalan 3 :

Dalam hitungan detik lubang di pusara Gus Dur ini pun segera ditutupi dengan pasir ala kadarnya. Baik penjaga dan pengurus pondok langsung membuat barisan blokade untuk menutupi lubang di pusara Gus Dur. Hal ini dimaksudkan agar peziarah tidak sampai mengambil gambar. Pasalnya, jasad Gus Dur yang sudah setahun lebih dimakamkan masih tetap utuh.

kejanggalannya, jika memang jasad Gus Dur masih utuh , mengapa penjaga makam cepat-cepat menutup dengan pasir. sepertinya ada sesuatu yang disembunyikan.dan bukan kebiasaan orang NU untuk menyembunyikan karomah orang-orang  yang dianggap wali oleh mereka. karena orang NU gemar sekali menceritakan kesaktian kyai-kyainya mereka supaya orang banyak kagum dan mau ikut golongan mereka. Jika jenazahnya masih utuh makabisa dipastikan banyak dari para peziarah yang akan mengabadikannya memakai kamera / HP dan akan dijadikan bukti kewalian gus Dur.

Kejanggalan 4 :

“Kami mendengar jika jasad mendiang Gus Dur tidak hanya itu, malah saat ambles, nampak sinar terang muncul dari dalam tanah yang memancar dari jasad beliau (Gus Dur). Dan satu lagi kabar ini sudah menjadi perbincangan hangat di Jakarta,” tutur Munasir Huda salah satu Gusdurian yang tinggal di wilayah Diwek ini.

Tidak ada satupun bukti foto/rekaman video  sinar yang memancar dari kubur Gus Dur dan tidak mungkin para peziarah yang sangat banyak itu tidak ada satupun yang tidak sempat mengabadikan fenomena sinar yang memancar dari kubur Gus Dur?  Orang-orang yang ghuluw (lebay/berlebihan) suka menambah-nambahi cerita hingga terkesan mistis dan ujung-jujungnya para penyembah kubur akan semakin mengkultuskan Gus Dur yang berujung pada kesyirikan

Kejanggalan 5:

Pasca amblesnya makam KH.Abdurahman Wahid atau Gus dur, keluarga besar almarhum tokoh pluralis langsung menggelar rapat internal. Tidak ada yang tahu isi pembahasan rapat bani Hasyim tersebut. Namun dipastikan rapat ini tidak lepas dari amblesnya makam Gus Dur yang berakibat terlihatnya kain kafan yang masih bersih serta utuhnya jasad Presiden RI ke IV tersebut.

Salah satu orang dekat keluarga besar bani Hasyim, Sholahul Am Notobuwono (Gus Aam) membenarkan jika fenomena langka itu sedang dalam pembahasan internal keluarga. “Saya sekarang lagi di Jakarta dan keluarga sedang bahas masalah amblesnya makam Gus Dur,” terang Gus Aam yang juga pengasuh ponpes Tambakberas ini, Jumat (18/2/2011).

Dari sisi mana bisa diketahui kain kafan gus dur yang bersih berarti jasadnya masih utuh ??? logika mana yang dapat diambil yang memastikan jasad Gus Dur masih utuh ketika Cuma melihat kain kafan saja?

Logika mana yang bisa dijadikan sandaran ketika kain kafan yang berumur kurang dari 1 tahun masih utuh lalu dikatakan bentuk karomah? Saya ketika membangun rumah sempat membongkar tempat pembuangan sampah, ada banyak sampah non organic seperti plastic, besi, kain yang umurnya sudah bertahun-tahun tidak hancur, hal ini disebabkan karena jasad renik/organisme pengurai tidak dapat mengurai sampah non organic tersebut.

Pantaskah Gus Dur jadi Wali Allah ?

Masih banyak umat Islam yang tidak paham dengan Islam-nya, tapi sangat loyal dengan ulama su’ (jahad), bahkan walaupun mereka tidak tahu bahwa kyai ataupun ulamanya seperti Gus Dur ini telah menjadi korban cuci otak pihak barat dan menyerang Islam dari dalam, mereka akan membelanya habis-habisan, walaupun cara berpikirnya jelas-jelas menentang Al-Quran dan Al-Hadits. Bahkan ada yang sampai mau diadu domba antara sesama Islam (lihat kumpulan kesalahan fatal Gus Dur dari “orang dalam”  di sini .)   Itulah krisis Taqlid Buta sudah merajalela kemana-mana. Umat Islam lebih sakit ketika ulamanya yang dihina, habibnya yang dihina, syekhnya yang dihina, Nabinya yang dihina, ketimbang Islam-nya yang dihina dan Al-Quran-nya yang dihina. Padahal Rasulullah SAW, ketika dirinya yang mendapat hinaan beliau tak terlalu pedulikan, tapi ketika Islam-nya yang dihina dan Al Quran-nya yang dihina Beliau akan sangat marah.

Banyaknya gusdurian (pecinta gus dur) yang berdatangan menziarahi kuburan dan makam Gus Dur yang dikeramatkan lalu membuat kisah-kisah palsu untuk mendewakan Gus Dur sebagai thogut baru. Kalau cuma sekedar ziarah dan mendoakan jenazah Gus Dur sih tak masalah, tapi ini mendoakan diri sendiri kepada Allah melalui perantara Gus dur yang diyakini wali ini jadi masalah serius dalam hal syirik (apalagi sampai berbohong mengatakan jasad gus dur masih utuh lalu ada cahaya dimakamnya dan berbagai kisah bohong lainnya), Ini tak ada bedanya dengan Penduduk Mekkah zaman Jahilliyah yang menyembah Patung Latta dan Uzza, dengan dalih menyembah kepada Allah SWT melalui perantara patung Latta dan Uzza (Latta dan Uzza adalah Alim Ulama yang hidup sebelum zaman Rasulullah SAW), cuma bedanya yang satu patung yang satu lagi makam keramat. Padahal Rasulullah SAW sendiri melarang umatnya membuat makam keramat diatas kuburannya. Allahumusta’an!!!!!!!!!

556 gagasan untuk “MENGANALISIS KEJANGGALAN BERITA MISTIS AMBLESNYA TANAH DI MAKAM GUS DUR

    • hahaha…biarin aja om
      kita jangan ikut-ikutan, karomah Allah itu memang ga bisa terima akal, kalo bisa diterima akal sulap namanya…

      lagian penulisnya masih bergelar P.si (masih strata awal)…

      yang jadi panutan kita Rasulllah, nah kalo gak bisa?…yang deket dulu, ulama, kyai, dan guru-guru kita…

      • sudahlah dibela itu Allah dan Rasul, dibela kok gus dur yg terkenal mbahnya pluralisme dan dedengkot melemahkan islam. gus dur wali? dari hongkong…

  1. Mari kita jauhi hal2 yg berbau syirik, saya jg melakukan ziarah ke wali songo, bahkan ke kubur Gus Dur sendiri yg notabene nya saya kurang setuju dgn gerakan2nya dulu yg cenderung melemahkan Islam

      • “Ziarah kubur kesana kemari cuma pemborosan. mending ditabung buat berangkat haji.”

        Kalo orang yg ziarah mampu secara fisik, biaya, waktu dan sebagainya.. kenapa tidak ? selama menjauhi hal syirik dalam ziarah wali songo, menurut ane banyak manfaatnya. jangan pesimis gitu akang Kumahawae..

      • @aoem79

        ”Kalo orang yg ziarah mampu secara fisik, biaya, waktu dan sebagainya.. kenapa tidak ? selama menjauhi hal syirik dalam ziarah wali songo, menurut ane banyak manfaatnya”.

        bisa anda jelaskan ”banyak manfaatnya”, yang sy pahami syar’inya ziarah kubur adalah untuk mengingat kematian dan mendoakan.

        hanya Allah dan diri sendiri yg tahu motivasi apa berziarah kesana kemari?

        coba anda kunjungi ini, ada bahasan ”Hakikat Ziarah Kubur”
        http://an-nashihah.com/?p=34

      • ziarah kbur banyak sekali manfaatnya bahkan nabi menyunahkannya selain itu hubungan sosial makin erat dan persatuan lbih mningkat……
        jadi manfaat di dunia dan diakhirat……..

      • Ziarah kok dilarang. Rasulullah saja sering ziarah ke makam baqi’ dan sahabat yang wafat di uhud. Islam Anda baru kulit kacang, jadi simpualnnya tdk ada faedahnya berdiskusi dg anda, di kampung saya jg ada satu orang kayak anda ini. sok islam, padahal tak tahu apa2 tentang Islam. Tahunya cuma teriak2 jihad, jihad,,,Allahuakbar (sambil emosi) hehehehee

      • Ga ada kami melarang ziarah, yang ada hukum syari’at melarang mengambil tanah kuburan Gus Dur untuk dijadikan jimat/keberuntungan, meminta dikabulkan hajad dengan gus dur. Saya khawatir anda justru belum bisa membuka kulit kacang (syari’atnya) tapi menghkayal mau dapat isi kacang (ma’rifatnya) orang seperti anda ini seolah-olah paling paham ilmu ma’rifat tapi syari’atnyapun ga ngerti

    • betul mas, saya juga sering ziarah wali songo dan saya tidak pernah tuh yang namanya menyembah kuburan. daripada ngrecoki teman seiman, mending penulis (ustadz perdana akhmad spsi) kasi tanggapan di website suara non muslim yg nanyak menghujat islam

      • Perdana Akhmad S.Psi …PASTINYA ANDA ITU ANTEK YAHUDI YANG MENYAMAR SEBAGAI MUSLI INDONESIA…AKU PASTIKAN ITU….UDAH PERNAH…!!

    • Bukan perkara iri hati mas… hanya mencegah pengultusan. Kami ga ngakuin Alm Gus Dur wali toh bukan masalah.

      ziarah sampai menginap berhari2 adalah suatu penyembahan kubur. Kuburan bukanlah mesjid.

      • Saya setuju dengan @kurnahawe, untuk apa ziarah kubur berhari2 tetapi hanya mengikuti sifat2 yang diziarahi, percuma saja….
        @muhammad nur :: apakah anda sudah menjalankan sifat2 orang2 yang ada ziarahi ???

      • hihihihi
        tapi bung kumahame…
        kok kalian pada ribut soal pemahaman NU ya??
        nggak usah ribut melihat tetangga ada yang tak sama dg kalian…kualitas keislaman ditentukan oleh takwanya kepada Allah lo…nggak usah teriak-teriak sana-sini ttg tetangga…bisa pusing sendiri loo

      • coba liat asbabul wurud hadist membolehkan berziarah kubur…
        Sesungguhnya pada permulaan Islam, syari’at telah melarang untuk melakukan ziarah kubur, karena pada masa itu manusia baru saja terlepas dari peribadatan kepada berhala. Kemudian hukum tersebut dihapus berdasarkan sabda Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam :

        ((كنتُ نهيتكم عن زيارة القبور، فزوروها فإنها تذكركم الآخرة )).

        “Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur. Maka sekarang berziarahlah kalian, karena sesungguhnya hal itu mengingatkan kalian akan hari akhirat”. [HR. Muslim (977), Abu Dawud (3235), Tirmidzi (1054), Nasaai (4/89), Ahmad (5/356) dan selain mereka dari hadits Buraidah].

        Sejak saat itu ziarah kubur diperbolehkan bagi kaum lelaki namun tidak diperbolehkan bagi kaum wanita sehingga hukum untuk berziarah kubur bagi mereka (wanita-pent) adalah haram hingga hari kiamat (terdapat khilaf dalam permasalahan ini, anda dapat melihat artikel kami yang berjudul ‘Ada Apa dengan Ziarah Kubur’ , pent) berdasarkan hadits Ibnu Abbas radliallahu anhuma yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi dan selain keduanya.

        ((لعن رسول الله r زائرات القبور)) الحديث.

        “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat para wanita peziarah kubur”. [HR. Abu Dawud nomor 3232, Tirmidzi nomor 320, An Nasaai 4/95 dan Ibnu Majah nomor 1575 dari jalan Abu Shalih dari Ibn Abbas secara marfu’. Hadits ini memiliki dua penguat, yang pertama adalah hadits Abu Hurairah diriwayatkan oleh Tirmidzi nomor 1056, Ibnu Majah nomor 1576 dari Umar bin Abu Salamah dari ayahnya secara marfu’ dengan lafadz,لعن الله زوارات القبور . Kedua adalah hadits Hasan bin Tsabit diriwayatkan Ibnu Majah nomor 1574, Bukhari dalam At Tarikhul Kabir (3/29), Ahmad (3/442-443), dan Ibnu Abi Syaibah (3/354) dari jalan Abdurrahman bin Bahman dari Abdurrahman bin Hassan bin Tsabit dari ayahnya dengan lafadz, لعن رسول الله زوارات القبور.

        jadi melihat umat islam saat ini dihkhawatirkan terjerumus kedalam kesyirikan….padsa dasar nya hukum berziarah adalah Mubah…ada sebuah qaidah ushulul fiqih (ia amru bada nahhi mubah/perintah setelah melarang adalah mubah)..oleh karena itu hukum berziarah adalah mubah bukan SUNNAH….

  2. assalamu’alaikum wr. wb,

    Soal Gus Dur wali atau bukan itu urusan Allah SWT, karena kewalian itu menjadi rahasia bagi kita, dan soal Gus Dur sendiri ngapain diributin, dia udah jadi urusan Allah SWT juga, buat warga NU harus lebih berhati2 karena belum tentu anak atau wali Allah akan menjadi wali Allah juga. Bahkan ada anak dan istri nabi yang masuk neraka. Juga kepada bang Perdana Akhmad, jangan anda menghakimi suatu perkara berdasarkan pemikian akal semata atau sudut pandang aqidah anda, karena kebenaran hanya milik Allah SWT. yang pasti Para Nabi dan Rasul Allah diberi Mu’zijat sedangkan para Wali Allah di beri karomah (keramat) karena tingginya cinta mereka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya serta mereka senantiasa Istiqomah dalam beribadah kepada Allah SWT. jadi JANGAN PERNAH MENGHAKIMI ATAU MENILAI SESUATU BENAR ATAU SALAH DALAM PERKARA AQIDAH KARENA BISA JADI KITA YANG SESAT ATAU MEREKA YANG SESAT DIMATA ALLAH SWT…..kita hanya bisa berikhtiar dan mencari guru untuk mengenal Allah SWT dan Beribadah dengan cara yang benar agar semakin dekat dengan Allah SWT dan dicintai oleh orang-orang beriman (yang benar keimanannya)…jadi sampaikan dakwah itu dengan lemah lembut dan santun yang tidak menyinggung perasaan orang lain, mudah2an Allah SWT akan membukakan pintu hidayah-Nya kepada kita semua. Kebodohan dan kesombongan manusia itu nampak sekali kalau kita melihat ada orang yang menyatakan dirinya atau paham/aqidahnya paling benar dibandingkan orang lain…jadi jangan jerumuskan diri kita ke dalam 2 golongan ini, yaitu orang BODOH dan SOMBONG…

    Anda juga tidak ingin orang menyatakan paham anda salah atau perbuatan anda salah di mata orang lain, karena itu berhati-hatilah dalam menyikapi segala sesuatu yang berbeda dengan apa yang anda yakini…

    Wallahu’alam.

    • SYI’IRAN GUS DUR
      1.NGAWITI INGSUN NGLARAS SYI’IRAN # KELAWAN MUJI MARANG PENGERAN KANG PARING ROHMAT LAN KENIKMATAN # RINO WENGINE TANPO PITUNGAN (saya mengawali tembang syiir + dengan memuji kepada Tuhan) (yang telah memberi rahmat dan kenikmatan + siang dan malam tanpa terhitung)

      2.DUH BOLO KONCO PRIO WANITO # AJO MUNG NGAJI SYARE’AT BLOKO GUR PINTER DONGENG NULIS LAN MOCO # TEMBE MBURINE BAKAL SANGSORO (Duhai rekan semua pria dan wanita + janganlah cuma belajar ilmu syare’at saja) (cuma pintar mendongeng, menulis dan membaca + nanti akhirnya akan sengsara)

      3.AKEH KANG APAL QURAN HADITSE # SENENG NGAFIRKE MARANG LIYANE KAFIRE DEWE DAK DIGATEKKE # YEN ISIH KOTOR ATI AKALE (Banyak yang hafal ayat qur’an dan hadits + tapi suka mengkafirkan orang lain) (kafirnya sendiri tak pernah diperhatikan + begitulah kalau masih kotor hati dan akalnya)

      4.GAMPANG KABUJUK NAFSU ANGKORO # ING PEPAHESE GEBYARE DUNYO IRI LAN MERI SUGIHE TONGGO # MULO ATINE PETENG LAN NISTO (dia mudah terbujuk nafsu angkara + yang menjadi perhiasan keindahan dunia) (suka iri dan dengan terhadap kekayaan tetangga + maka hatinya menjadi gelap dan nista)

      5.AYO SUDULUR JO NGLALEKAKE # WAJIBE NGAJI SAK PRANATANE NGGO NGANDELAKE IMAN TAUHIDE # BAGUSE SANGU MULYO MATINE (marilah saudara2, jangan sampe melupakan + kewajiban mengaji dan tata caranya) (untuk menebalkan iman dan tauhid + bekal yang indah dan akan mulia saat meninggal)

      6.KANG ARAN SHOLEH BAGUS ATINE # KERONO MAPAN SARI NGILMUNE LAKU THORIQOT LAN MA’RIFATE # UGO HAKEKOT MANJING RASANE (yang dinamakan sholeh itu baik hatinya + karena sudah mapan sari ilmunya) (menempuh thariqot dan ma’rifat + serta hakekat masuk ke alam rasa)

      7.ALQUR’AN QODIM WAHYU MINULYO # TANPO TINULIS ISO DIWOCO IKU WEJANGAN GURU WASKITO # DEN TANCEPAKE ING NJERO DODO (al-Qur’an itu qodim wahyu yg termuliakan + tanpa ditulispun akan bisa dibaca) (itu adalah petunjuk guru yg waskita + yang di tancapkan ke dalam dada)

      8.KUMANTHIL ATI LAN PIKIRAN # MRASUK ING BADAN KABEH JEROAN MUKJIZAT ROSUL DADI PEDOMAN # MINONGKO DALAN MANJINGE IMAN (melekat pada hati dan pikiran + merasuk ke badan dan semua di dalam) (mukjizat rasul menjadi pedoman + menjadi jalan masuknya iman)

      9.KELAWAN ALLOH KANG MOHO SUCI # KUDU RANGKULAN RINO LAN WENGI DITIRAKATI DIRIYADHOHI # DZIKIR LAN SULUK JO NGANTI LALI (dengan Alloh Yang Maha Suci + kita harus berangkulan siang dan malam) (ditirakati, diriyadlohi + dzikir dan suluk jangan sampai dilupakan)

      10.URIPE AYEM RUMONGSO AMAN # DUNUNGE ROSO TONDO YEN IMAN SABAR NARIMO NAJAN PAS-PASAN # KABEH TINAKDIR SAKING PENGERAN (hidup akan tentram dan merasa aman + tempat rasa sebagai tanda iman) (sabar menerima walaupun pas-pasan + semua ditakdirkan oleh Tuhan)

      11.KELAWAN KONCO DULUR LAN TONGGO # KANG PODO RUKUN OJO GAE SIO IKU SUNAHE RASUL KANG MULYO # NABI MUHAMMAD PANUTAN KITO (dengan rekan, saudara dan tetangga + haruslah kita rukun jangan menyia-nyiakan) (itu sunnah rasul yang mulia + Nabi Muhammad yang menjadi panutan)

      12.AYO NGLAKONI SEKABEHANE # ALLOH KANG BAKAL NGANGKAT DRAJATE SENAJAN ASHOR TOTO DHOHIRE # ANANGING MULYO MAQOM DRAJATE (mari menjalankan semuanya + Alloh yang akan mengangkat derajat) (meskipun lahirnya terlihat rendah + tetapi tingkat derajatnya sangat mulia)

      13.LAMUN PASLASTRO ING PUNGKASANE # ORA KESASAR ROH LAN SUKMANE DEN GADANG ALLOH SWARGO MANGGONE # UTUH MAYYITE UGO ULESE (kalaupun nanti meninggal di akhirnya + ruh dan sukmanya tidak akan tersesat) (akan diandalkan oleh Alloh sebagai penghuni surga + mayyit dan kafannya akan tetap utuh)

  3. dasar wahabi… sgla ssuatu pakai otak!!! untung elo ga hidup dijaman jahiliyah…! dgn otak elo gue yakin elo ga bakalan percaya sayyidina muhamad isro’mi’roj n diutus jd nabi…….!!!!!!!!!!!!!!

  4. Jiaaah…
    Makin kental dengkinya lo man…
    Mgkn mulut lo bakal laen ceritanya kalo ada kabar jasad ben baaz utuh ya kan per en man??

    • Ada penjual jimat gonta-ganti nickname melulu, tapi tidak menghilangkan ciri khasnya. Dia sangat benci wahabi, tapi dikunjunginya blog wahabi setiap saat.. Mudah-mudahan dia menjadi mujahidin, daripada bermain sihir terus. Mudah-mudahan tobat, tidak membuat dan menjual jimuuaat lagi.

      • bukan berkunjung mas….
        makanya, blog ini kan umpama teras rumah. Kalo tak pengen ada tetangga datang, kagak usah teriak2in nama tetangga… apalagi sampe bercuap-cuap gosip keburukan tak jelas tentang tetangganya dg kata2 yang buruk… bukan mereka yang berkunjung selalu. Tapi anda yang mengundang mereka dengan teriakan buruk anda itu..

  5. tugas para penceramah yang teguh pada realita yang sebenarnya untuk memberi pencerahan yang murni, kebanyakan lapisan awam dibawah masih banyak yang CEPAT PERCAYA DAN LALU YAKIN terhadap segala rumor yang menyangkut tokoh tanpa menelaah relita yang SESUNGGUHNYA, tugas kita membenahi karakter bangsa yg sdh rusak. — hilangkan prilaku menambah nambah KEBOHONGAN dalam segala urusan —

      • lu benci bgt ma wahabi…
        gw bangga wahabi yang memberantas kesyirikan..
        berusa mengembalikan ketauhidan…
        salah satunya berziarah ni yang skarang d salah gunakan untuk kesyirikan…..
        (Kuncuk) klo lu orang yang ngerti islam beragumen pake Quran ma hadist bkannya asbun

  6. Mantab!! dakwahnya,lanjutkan! tp sayang seribu sayang bagi yg sudah taklid bin buta,pandangan mata bin hatinya ikut buta,masyaallah! kAlau ngga salah almrhm itu, bpknya alias dedengkot jil,ny si ulil bla..bla..anak emasnya si simon perez,trus beliau paling benci ama habib riziq,he..he.. tp sudahlah tak baik jg menceritakan kejahatan orang yg telah tiada,toh,sudah ada pengadilan akhirat buatnya.

    • hebat lo com…., bisa menilai tingkah laku ssorang pakai ukuran al quran n as sunah… udah hafsl ribuan hadis ya bro??? ckckckckck….. hebat..,hebat,,,,!!!!! pasti lo udah ngaji puluhan tahun ya???? eiiiit tp nanti dulu..!!! ngmg2 lo pnya guru ga???apa cuma kayak penghuni tetap blog ini..?! (bukan kluar dr otak tpi dr memori internet)

      • KASIHAN NI ANAK,…(SIe KUNCUNk) ,BELUM NGERTI HIDUP, POLOS, DAN MEMALUKAN. MAKANYA JANGAN TAWURAN TERUS KALAU SEKOLAH !
        kasihan, blom ngerti apa itu SYIRK, WAHABI,DSB. MAKANYA,…SEKOLAH DULU

      • @HARDI IMRAN : jangan begitu pak hadi, kurasa yang dikatakan si kuncung itu bener(dalam komentar ini lho ya…), maksudnya kita jangan sok pinter, logikanya, kalo ada orang yang ngomong si A itu tindakannya tak sesuai quran dan sunah,pasti dong dia sudah hafal quran an hadis.. iya kan?jangan hanya bermodal bacaan dari buku/internet doang.
        jadi, maksud si kuncung (mungkin), kalo mo meng”hakimi” harus tau ilmunya dan harus juga bisa dipertanggung jawabkan pernyataannya itu.

        o ya ada pertanyaan untuk pak hardi yg menggelitik ni : dimana si sekolah yang mempelajari sirik,wahabi dsb itu?atau anda berpikir kalo orang lain tak sejalan dengan pikiran anda, maka orang tersebut “belum sekolah”?anda terlalu hiperbola rupanya.

      • luy ga pernah baca buku karya s gusdur…
        pemekiranya tu ngaco…
        plural, sekuler, liberal lagy….
        wali dari hongkong….
        orang kyak gusdur tu ngaco…

    • hebat lo com…., bisa menilai tingkah laku ssorang pakai ukuran al quran n as sunah… udah hafal ribuan hadis ya bro??? ckckckckck….. hebat..,hebat,,,,!!!!! pasti lo udah ngaji puluhan tahun ya???? eiiiit tp nanti dulu..!!! ngmg2 lo pnya guru ga???apa cuma kayak penghuni tetap blog ini..?! (bukan kluar dr otak tpi dr memori internet)

      • gembar gembor sana sini harus punya guru yang bersanad, tapi kenapa ya ketika dicocokin sanad yang paling atas yaitu rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam ama para shahabatnya berbeda 180 derajat ama guru yg katanya punya sanad?yg jadi pertanyaan yg salah sanad yg atas apa sanad yg bawah?kok bisa beda ya?

    • c0mrade,….ISLAM SAAT INI MENJADI PERHATIAN DUNIA KARENA DIDUGA SEBAGAI SATU-SATUNYA SISTEM YANG PALING TEPAT DIADOPSI DUNIA, KETIKA KOMUNISME TERGELIMPANG DAN LIBERALISME IMPERIALISME DENGAN DEMOKRASINYA TERNYATA BERMUATAN RACUN YG MEMATIKAN BAGI DUNIA. DISAAT SEPERTI INI,…BUAT APA NGURUSIN GUS DUR? HE WAS NOTHING, DIA BUKAN APA-APA YG HARUS KITA ABAIKAN SELAMANYA.

      • jangan iri/dengki Bung,,,, apa YOU g berpikir,,,, entar U mati g da yg ziarahin U…. U iri Gus Dur dihormati Jutaan Orang…. kalo U… satu RT aja banyk yg g tahu U…. To: Perdana,,,, belajar lagi Bos….. otak-ny diperas… biar pling tidak sprti Al- Ghazli….

      • he….cak! koe d tontot bpk mu pinter! tp! orong mesti ngerti….. ilingo utange indonesia di ijoli guyon ne gus dur….

      • @halim
        gus Dur itu cuma org yg g punya ilmu..
        tp knp lo mw aja ziarahin tu org ??!

        lo aja nyuruh org blajar tp apa lo udh mw blajar ?
        imam Asy-Syafi’i aja yg kata.a madzhab.a diikuti ma org2 indonesia, makam.a g ada yg berziarah. mlah kalo dibandingin ma makam d indonesia, keadaan.a lbh kotor dan memprihatinkan. padahal beliau seorang mujaddid dan ulama’ besar.

  7. perdana perdana… ngapain sih lo sibuk bahas kaya gitu …. coba tuh bahas atau teriak di sekitar kantor lo…yang masih banyak orang makan uang rakyat … atau di tempat lo tinggal yang masih banyak kegiatan maksiat…teriak dong….jangan diem aja ….saudara lo sesama muslim di hujat ….parah… jangan hanya bisa teriak, menghujat… tolong dong berbuat sesuatu untuk bangsa ini…. nabi saja tidak pernah mengajarkan perdebatan atau penghujatan… cape dech perdana….

  8. jujur saya orang yang belum mengerti betul tentang agama. tapi klw menurut saya , pendapat “kumahawae” sah” saja dan menurut saya ada benarnya juga, karena memang pikiran makhluk biasa seperti kita ini hanya bisa memperkirakan dan yang lebih sering berkhayal (melebih-lebihkan cerita).
    mungkin saja orang seperti “kumahawae” berpendapat seperti itu tentang masalah ini, dan yang lainnya pasti berpendapat lain dari pendapat “kumahawae”. jangan sampai karena sebuah pendapat yang kita ungkapkan menjadi konflik baru antar sesama umat manusia (terutama muslim). dan jangan percaya pada sesuatu yang belum jelas kebenarannya
    berpendapatlah sesukamu asalkan tau batasannya

    • ORANG2 TERPELAJAR DI EROPA, AMERICA,AUSTRALIA DAN DI PERGURUAN TINGGI TERPANDANG DI DUNIA MULAI TERTARIK DENGAN APA ITU ISLAM. ANEH,…KITA SENDIRI DI NEGERI YG MAYORITAS MUSLIM MALAH MASIH PERCAYA KEWALIAN GUS DUR. MASYAALLAH! GUS DUR WAS NOTHING,…DAN BIARKAN DIA PERGI SELAMANYA,…MESKIPUN TLAH BANYAK CERITA JELEK YG PERNAH DIA PERBUAT. BIARKAN ALLAH SWT MENGHAKIMINYA.

      • sy tdk tahu mslh apa itu WALI. biarlah YANG MAHA TAHU yang menilai, dan yg tlah tiada biarlah tiada toch tadinya juga tidak ada, yang saya seselin knpa orang kita so menggiring opini pada halhal yang menjurus mistis, sok nambah2in kebohongan yang ahirnya menuju pada pembodohan umat, itu saja !!!

    • BETUL SEKALI,…KASIHAN MEREKA DIBEGOIN PERS !
      KARENA INSAN PERS KITA SUDAH TAHU KWALITAS MASYARAKAT KITA UMUMNYA,….MAKANYA MEREKA SENANG SEKALI BAHKAN KETAGIHAN NGIBUL !!! DAN,…ITULAH PEKERJAAN MEREKA,…DARI SANA MEREKA BISA MAKANIN ANAK-ISTRI DAN MENGEJAR POPULERITAS! NGIBUL IS BISNIS!

    • Iri, dengki, sombong memang tabiat manusia fasik baca fatehah aja gak bener nyalahin orang Lain. Orang tokoh dunia aja mengakui keulamaan Gusdur emang lu siapa ?

      • Aq pernah baca (lupa dimana) udah ada pnelitiannya kok kalo jasad Firaun awet salah satunya karena ada unsur ION Negatif di ruang makam Firaun… Ion Negatif tersebut menghambat/memperlambat pembusukan akibat bakteri pengurai… Seandainya di makam (alm) Gus Dur ada Ion Negatif tersebut bisa saja jasadnya (sbagian / smuanya) masih utuh, tapi sudah adakah penelusuran sampai kearah itu (Ion Negatif di makam Gus Dur)?? “Jangan mengikuti sesuatu hal yang belum jelas bagimu”…

  9. SOMBONG SAMA ILMUNYA DENGAN MENHINA SAUDARANYA………
    SOMBONG….. SOMBONG… APAKAH KALIAN SEMUA BANGGA KALIAN SEMUA BANGGA DENGAN ILMU YANG ANDA MILIKI UNTUK MENYAKITI ORANG LAIN ATAU KALIAN SEMUA SUDAH MERASA PINTAR IYA?????
    MANK KALIAN SEMUA SUDAH HAFAL BERAPA RATUS HADIST?????
    BERAPA????

    • Saudara yang mana Yak?? sori yee..sy muslim g mungkinlah punya saudara pendukung zionis Israel.
      Kitab suci saya Al-qur’an.. g mungkinlah kalau sy punya saudara yang mengatakan al-qur’an itu kitab yg paling porno!! dua ini saja dah cukup untuk mengatakan kalau GD itu bukan saudara saya..
      tp kalau gusdurian anggap GD saudara ya monggo… Please aja atuh..!

      • baca koran atuh kang…..!!! gembar gembor mengaku paling islam tp nyatanya….. fatwa ulama wahabi mengharamkan membela rakyat palestina!!!!!!!!!!!!! GD sngja ngjak tmenan ma yahudi biar tau rahasia dibalik kedok wahabi.. dari mana dana buat jdi teroris klo ga dri yahudi????? tau 1 ga tau 2 loe…..!!!

      • @sie kuncuk,
        “GD sngja ngjak tmenan ma yahudi biar tau rahasia dibalik kedok wahabi..”
        sekolahnya dimana?
        kok logikanya jd kaya gitu..
        kesimpulan awal : “Gusdurian g pake logika”

    • DEAR ANDRE,….MASALAH INI BEGITU PENTING KARENA MENYANGKUT AQIDAH SESEORANG. DAN BILA AQIDAHNYA ‘BELEPOTAN’ YG SALAH SATU TANDANYA ADALAH PERCAYA AKAN HAL-HAL MODEL KITU, 99% LEBIH BOLEH DIPASTIKAN ORANG ITU TERMASUK ORANG YG PATUT DIKASIHANI,…TERLEPAS APAKAH DIA SUDAH HAPAL BERIBU-RIBU HADIST. ITU BUKAN JAMINAN.
      computer ana azza sudah hapal beratus ribu…..(??!). hee…heee.heee

      • eh kalo ngomong dijaga ya,,,pakai hati kalo mau ngomong pantes apa g???ngomong g dipikir dulu,,,buta sendiri kapok looo

      • gus dur itu buta mata buta hatinya!
        ngapain segan sama org sesat antek yahudi, pendusta, penghina agama, pelindung kaum sesat n kafirin, koruptor kaya’ gini.
        biar kata ada seribu jin mirip arwah si buta gila dari jombang datang ngeganggu, ana g takut!!!!!

        gusdurian…mau ngirim sihir…?? sok atuh…kiai dukunnya sekalian cobain ana…

      • Yg sopan klo ngomong g’ punya etika ya? Agama g’ bisa diperdebatkan BRO smua beranggapan bnar! sbtulnya anda MUSLIM atau BUKAN siiiiiiihhhhh

    • lukman@dasar mata duitan papa jadiin film,abdul@loe ngomong ngalor ngidul g da artinya kyak orang yg bnr sendri lht dr sendri dong jangan sok hakimi orang yg sudah wafat,knp waktu beliau hidup g brani mencaci takut ya????????????lw beraninya ma orang yg sudah wafat ank kcil jg bs,trus ngapain lo ngurusin orang gus dur lo g pernah ngurusin orang lw menurut km g cocok y dah soltip mulut km jangan ngurusin orang gitu ja k repot

  10. Dalam hal GD saya sependapat dengan PA..tp soal tenaga dalam tidak.
    GD…GD… dah modar masih bisa bikin fitnah ke umat..
    Kalau melihat trak record GusDajjal ini..kyanya yakin kalau banjir jd salah satu siksa kuburnya hehehe..

    GD itu saudaranya bukan kita muslim tp yahudi n nasrani.. kalian gusdurian emang suka lebay!

  11. @all bin kabehan

    artikelnya hanya mengulas fenomena makam dan mengkritisi kewalian alm GD, lebih baik tidak mencela cacat fisik alm, mengkritisi masalah sepak terjang alm semasa hidup monggo saja. Namanya juga kita sedang belajar.

    dilanjut!

  12. shollu a’la nabi muhammad….
    Gusdur wali atau bukan wali, kayakna kayakna itu bukan urusan kita dech.
    Karna yang mengetahui seseorang menjadi wali atau tidak, itu hanya ALLAH swt, dan orang2 pilihanNYA

    Kita sebage manusia biasa lebih baik intropeksi diri dan perbaiki diri..
    Ga ada gunanya ngebahas hal hal yang tidak pasti….
    Gitu aja kog repot…..!!!!

    • Harus jd urusan kita..
      coz api fitnah harus dipadamkan..jgn sampai menyesatkan umat…
      Wali adalah salah satu panutan umat selain Rasul terakhir Muhammad SAW. kalau GD dengan power kebohongan publik Gusduriannya berhasil maka kasihan umat yg tertipu.. ntar kalau wali IBLIS dianggap wali Allah kan jd REPOT.

  13. Boleh berkomentar mengenai ini. dan niat anda baik, untuk menggiring umat untuk menuju arah yang benar dan lebih baik. namun, tolong jangan terlalu “kasar” dan “kejam” dalam berbicara. secara psikologis, mana ada manusia yang mau dipaksa selagi dia masih bisa melawan. lain ceritanya kalo di ajak. apalagi dengan cara dan kata2 yang lembut.
    niat anda untuk menyadarkan umat dengan mengupas hal ini baik, tetapi kalo dengan gaya tulisan yang keras seperti ini, apa mereka yang mau anda sadarkan itu senang ? pada akhirnya, niat untuk menyadarkan mereka malah memicu perang. Anda bersikap seolah2 seperti orang yang paham agama di tulisan ini, tetapi kok mengajaknya tidak dengan akhlaknya Rasul yang lemah lembut, dan tidak berkata-kata yang memancing ketidak sukaan orang lain ?
    dan juga tolong buat batasan, mempermasalahkan hal yang sifatnya ghaib (sperti GD itu wali apa bukan) jangan disikapi dengan akal semata. Allah maha kuasa. dan yang ghaib itu rahasianya. sedangkan untuk manusia dibuka sedikit saja dari rahasia itu. anda menghakimi dan meng-kafir kan GD dalam tulisan ini (secara tersirat), sedangkan men-takfir kan seseorang itu ama dilarang dan dihindari oleh Ulama dan Rasulullah SAW. kalem aja mas. ga usah meledak-ledak membahas hal seperti ini. karna agama adalah hal yang sangat sensitif. tulisan ini kalo beredar di publik, bisa memicu perang lho.. karna gaya penulisannya yang pedas dan kasar sekali. terakhir, ingat ini.. Ada hal yang bisa dibuktikan secara logika, dan ada yang tidak. yang tidak ini rahasia Allah dan jangan dipaksain untuk dipecahkan dengan akal juga. berprasangka buruk itu tidak baik.

  14. Lebih baik, bimbing umat dari dasar dulu… banyak orang yang berbicara kayak ulama, tapi memandikan mayat aja ndak bisa…. bikin tulisan yang membimbing seperti itu lebih baik. daripada membincangkan hal yang cuma memancing reaksi (entah negatif, entah positif). :)
    jangan tersinggung ya.

  15. masyaalloh… bikin blog isinya kok menghujat orang sih bos. Emang situ udah punya kapling di sorga? mending tutup aja blognya. Dari pada nambah dosa.

  16. @ALL….

    wah makin seru nih, agar pengunjung lain dapat manfaatnya, usul nih….

    **Bagi yg kontra Alm GD wali, coba kemukakan alasannya,

    **Bagi yg menganggap Wali coba dibabarkan alasan,

    dilanjut!

    • PAK,…YG KONTRA GUS DUR,…TERLALU BANYAK ALASAN MENGAPA KITA HARUS MENYEBUT GUS DUR TIDAK LAYAK DAN TAK PANTAS DISEBUT WALI ALLAH, BANYAK SEKALI! DAN REPOTNYA,…YANG MENYEBUT DIA WALI ALLAH,…TIDAK MAU MEMPELAJARI ISLAM YANG SESUNGGUHNYA. ALIAS NGAJI DI POS RONDA, DI KORAN DAN PERGAULAN. YA PANTASLAH!

      • kembali lagi dengan hiperbola nya pak hardi ini, islam yang sesungguhnya?? gimana itu pak?

        o ya karena pak hardi ini kesannya terlalu merendahkan orang yang tidak sepaham dengannya, saya mau tanya : pendidikan agama bapak itu didapat dari mana dan berapa lama ya?

        saya jadi ingat waktu sma dulu, saya juga sering berpikiran sama kaya pak hardi, yaitu “Selain yang sepemikiran(ttg agama) dengan saya maka saya langsung fonis : ITU BUKAN ISLAM YANG BENAR” sampai saya menyadari bahwa itu merupakan kesombongan yang tak berdasar ilmu, hanya taklid buta dari pemikiran orang lain.

        kuharap pak hardi bukan seperti saya dulu (takid), tapi benar-benar berilmu.

        maaf nih, kritik terus sama pak hardi, ini demi kebaikan bersama…. :-)

      • HANYA UNTUK MEYAKINKAN ORANG BAHWA GUS DUR BUKANLAH WALI, MAKA MEREKA BICARA HAL-HAL BURUK GD SPT MAKAN BAKSO.. :)

  17. Dalam Al Quran ada dua wali. Wali Allah dan Wali syaithon. Pakaian waliyullah adalah taqwa. Pakaian wali syaithon adalah kesombongan alias tidak mau menerima kebenaran or ngeyelan. 1. Gus Dur tidak mau menerima kebenaran tapi malah mempercayai bisikan. 2. Nuansa mistik dikentarakan di seputar Gus Dur. 3. Gus Dur nyeleneh. 4. Gus Dur tokoh budaya sekuler. 5. Gus Dur isbal. 6. Kasus Gus Dur Gate. Sedangkan keganjilan berita amblasnya makam, 1. Katanya dari katanya. 2. Yang eksplisit kain kafan bukan jasad. Kain kafan memang ada yang awetnya tahunan. 3. Kain putih bersih bahan diremang-remang memang memantulkan cahaya, terutama sutera dan kain sintetis. 4. Yang menyaksikan pengagum berat secara emosi. 5. Lingkungan penggemar mistis di seputar Gus Dur tak mau apa adanya.

  18. 1. Sebagai rakyat Indonesia, saya menanyakan kasus ”BRUNEI GATE”, Uang bantuan dari Sultan Brunei untuk Rakyat Indonesia. Sangat amat tidak pantas jika Goes Doer dikatakan Wali Allah..! 2. Semasa menjabat Presd, hampir tiap hari bikin berita yang merisaukan/mengganggu ketenangan sebagian rakyatnya, lagian jika wali yang amanah, dia ndak bakal molor waktu sidang di DPR.

  19. ga baek menghujat orang yang telah tiada… kalo gusdur mendapat siksa kubur (misalnya)itu urusan dia, juga kalau gusdur mendapat nikmat kubur (misalnya) itu juga bukan urusan kita, ngapain repot repot sih?

    tapi berita tentang makamnya gusdur yang dikatakan jasad dan kafannya masih utuh juga harus ditinjau ulang… setuju dengan bung PA dalam hal ini…jasadnya atau kafannya ya? terus juga kenapa sengaja disembunyikan? gambar juga ga ada…. jadi ada apakah ini sebenarnya?

    kurasa fokus dari artikel yang dibuat bung PA adalah ke “fenomena makamnya” bukan ke “gusdurnya”,

  20. K.H. Hasyim Al Asy’ari—rahimahullah—(tokoh pendiri Nahdlatul Ulama, NU) berkata, “Barangsiapa yang mengaku sebagai wali Allah tanpa mengikuti sunnah, maka pengakuannya adalah kebohongan.” (Ad Durar Al Muntasirah, hal. 4)

    • pernahkah GD ngaku wali???? dri bangun tidur smpai mo tidur klo dihitung ada ratusan sunah.. emang elo tau sunah yg mana dilakuin ma GD…???? apa ada yg sanggup ngelakuin ratusan sunah dri bangun smpae mo tidur?? baru bisa manjangin jenggot aja udah ngaku paling ahlussunnah!!!!!!!!!!!

    • pernahkah GD ngaku wali???? dri bangun tidur smpai mo tidur klo dihitung ada ratusan sunah.. emang elo tau sunah yg mana dilakuin ma GD…???? apa ada yg sanggup ngelakuin ratusan sunah dri bangun smpae mo tidur?? baru bisa manjangin jenggot aja udah ngaku paling ahlussunnah!!!!!!!!!

      • pernah g Gusdajjal membantah..? dia diam aja kan..dia terus membiarkan dan memanfaatkan pengkultusan dari org-org bodoh dan minim aqidahnya..

  21. ssst… makam wali gus dur amblessstk!? sedemikian keraskah malaikat mencambuknya!? mudh2n wkt ditanya munkar dan nakir ngga ngejawab : lho! gitu aja kok repooot!

      • Syeikh Al- ’Allaamah Rabi’ bin Hadi Al-Madkholii dan Syaikh Muqbil.
        Pertanyaan saya….
        Apakah mereka tersebut di atas seorang muslim…???
        Muslim dari kedua orang tuanya,,,???
        Muslim dari buku bukunya…???
        Ataukah muslim dari hati dan jiwanya,,???

        Dan apa alasan saudara perdana akhmad S.Psi yang terhormat. Mengikuti dia tersebut di atas, dan mentakfirkan seseorang yang belum tentu kamu mengenalnya secara langsung, dan belum tentu juga kamu tindak tanduk keseharianya…
        Bukankah hanya ALLAH yang mengetahui hati seseorang…..????

      • Bung Ilham, ada banyak sekali kesesatan Gus Dur ini, namun saya hanya memberikan 4 bukti kekafiran gus dur :
        1. Gus Dur ridho untuk didoakan oleh umat kristen kepada tuhan yesus untuk mengobati mata gus dur yang buta, saya tanya pada anda apa hukumnya orang yang ridho didoakan dengan tuhan selain Allah ? yaitu pada Tuhan Yesus? lihat bukti videonya di http://www.youtube.com/watch?v=DiZOuZAzThE
        2. Gus Dur curhat dengan seorang dukun? apa hukumnya seorang curhat dengan seorang dukun wahai ilham? lihat di http://www.youtube.com/watch?v=kPOgzR9HtGE&feature=related
        3. Gus dur mendukung penurtadan dan kristenisasi lihat di http://www.youtube.com/watch?v=dI8F7Zj6jmw&feature=related
        4. Gus Dur mengatakan Al-Qur’an adalah kitab suci paling porno! Apa hukumnya bagi penghina firman Allah dikatakan firman porno ???

        Ulama Salafy sudah sepakat dengan kekafiran Gus Dur, namun tidak ada salahnya saya juga mengutip penjelasan ulama lainnya seperti :
        Penjelasan Habib Riziq tentang Gus Dur :) semoga anda dan Gusdurian lainnya paham :) di http://www.youtube.com/watch?v=i–kqGwI2mM&feature=related
        lihat juga penjelasan bahwa gus dur itu murtadin di http://www.voa-islam.com/news/indonesia/2010/01/11/2551/beda-ulama-dan-pausgus-dur-orang-murtad-atau-guru-perdamaian/

      • wah, benarkah itu? baru tau nih…
        tapi saya belum dengar tuh nama syekh al allamah, bung PA, kalo dari ulama yang “terkenal” ada ga yang berpendapat seperti itu juga? kalo ada mohon di share…

      • sebegitukah gusdur…..????
        Aku bukan gusdurian atau pemuja ulama’ lain…
        Bahkan aku juga termasuk orang yang tidak setuju gusdur jadi presiden,,
        tapi permasalahanya,, tulisan anda di atas sangat berlebihan. Dan memvonis seseorang yang belum tentu anda kenal, munkin anda mengenal dia hanya lewat media saja. Dan meliat video2 hanya dari youtube. Tanpa mempertanyakan apa alasannya.
        Berburuk sanka itu sangat di larang oleh ulama’ apalagi ulama2 salaf.
        Satu pesan saya mas perdana..
        Kalo makan duren jangan sama kulitnya….

      • bung ilham,saya sanggup mempertanggung jawabkan tulisan sy diakhirat kelak, sudah sangat bnyk ulama yg memfatwakan sesat/murtadnya GD saya hanya penyambung lidah ulama saja

        On Thu Feb 24th, 2011 9:02 PM EST

      • ente kalo ngemeng jgn sembarangan blom tentu amal ente juga di terima ya termasuk yg kasih fatwa apa kanjeng nabi pernah mencaci maki orang lain

      • SUDAH PASTI, ULAMA YANG DIMAKSUD PERDANA ADALAH ULAMA-ULAMA YANG BUKAN NU TENTUNYA….

        mereka adalah ulama-ulamanya golongane Perdana aja kok….sante aja bung ilham!

  22. BENAR,…NAMUN BUKAN BERARTI KITA HARUS MEMBIARKAN KEMUNGKARAN, KEFASIKAN, KEDHALIMAN, KEMUSYRIKAN, KEBATHILAN DAN HAL-HAL NEGATIF LAINNYA UNTUK BERKEMBANG DAN MENGUASAI KEHIDUPAN KITA DAN ANAK-ANAK KITA.
    KITA HARUS BERANI TAMPIL MENYUARAKAN KETIDAKBENARAN,…SEPERTI MEREKA BERANI MENYUARAKAN KEBATHILAN.

    • Setuju dg HARDI IMRAN dan PA. Memang memvonis kafir tidak boleh sembarangan. Bukan berarti tidak boleh memvonis kafir sama sekali. Bahkan, tidak mau mengkafirkan orang yang jelas2 kafir bisa menjadikan seseorang kafir. Pelajarilah kembali tauhid dan konsekuensi2nya beserta pembatal2nya.

  23. astagfirullahal’azdim..smoga kami dilindungi dari hasutan2 fitnah WAHABI yg NGAKU2 SALAFI pdhl jauh dri adab ulama2 salaf terdahulu… Mawlana syaikh guru kami menyatakan bhwa wahabi dkelilingi oleh 4 tembok shg mereka tdk mlhat keluar, tembok2x adlh kafir,sesat,bid’ah,haram, itulah yg ada dlm fikiran mereka..Astagfirullah3x

  24. @Para Pengunjung,

    Admin dan beberapa pengunjung telah menjelaskan alasan bahwa GD tdk pantas/bukan wali.

    Coba yg meyakini GD Wali, dibabarkan alasannya… tanpa menguraikan alasan, akhirnya bisa disebut ”Pembelaan kosong dan taklid buta”

    lanjut lagi!

    • Ngomong2 ada waliyulloh ga di wahabi?! klo mnurut gue ga ada!!!!!!!!!!!!!!!! lho kok bisa cunk?! ya iyalah… siap yg mau di cap main sihir n bersekutu dgn jin tatkala alloh ta’ala mmberikan karomah n memperlihatknnya pada kaum tukang ngafirin orang lain,,, tapi merka kan percaya klo wali diberi karomah cunk?! pikiran mereka sempit,di otak mereka udah terlalu banyak kata2 kafir…kafir…kafir.. pokoknya kafir….!!!!!

    • toong kang PA mengklarifikasi ini.. kalau emang benar berarti wahabi benar2 antek setan! kalau tidak benar maka jgn sampai ini menjadi fitnah baru ke umat..

      • be cool dear abdul,….ente jangan ikuti alur penalaran kuncunk seperti diatas. Ada semacam art tersendiri agar kita tidak terjebak berita-berita yg meracuni kemudi arah nalar dan aqidah kita. Mengenai kuncung,….cara dia melihat dan menyebut wahabi saja itu bisa ketahuan siapa dia,….come on,..be smart my dear!

      • klik aja ‘FATWA ULAMA WAHABI MENGHARAMKAN DEMO ANTI ISRAIL & DUKUNG PALESTINA’.. klo masih ga ada juga gue yakin bro,, komputer,leptop n hp kaum wahabi prodak israil….!!!!!!!!!!!!

      • memang ada fatwa ulama yang mengharamkan demonstrasi namun tidak ada satupun ulama yang berfatwa untuk mendukung israel menghancurkan umat islam terutama palestina kecuali ulama su’ pelawak Gus dur, firnah murahan ini selalu berujung pada aliran kuburiyyun dan sufiyyah

        komputer,leptop n hp kaum wahabi prodak israil….

        saya tanya pada anda, jika seseorang umat islam mengunakan produk yahudi apa sudah menjadi jaminan dia juga mendukung ajaran yahudi??? Jika yahudi menggunakan produk ciptaan umat islam apa sudah menjadi jaminan yahudi tersebut mendukung ajaran islam? apa berdosa jika menggunakan produk hasil ciptaan yahudi sedang umat islam tidak punya alternatif lain??? dan apa akan disebut sebagai munafik jika mengingkari ajaran sesat yahudi dikarenakan telah menggunakan produk yahudi ???? apa diaruskan seseorang untuk mencintai kesesatan yahudi karena sudah terlanjur menggunakan produk ciptaan yahudi????
        Pale nalar dan logika anda wahai kuncung!!!

      • Menarik Perdana ketika anda mengklaim GUS DUR sebagai ulama yang kategori ulama SU..

        tetapi punya alibi yang cantik dengan jawaban anda itu:saya tanya pada anda, jika seseorang umat islam mengunakan produk yahudi apa sudah menjadi jaminan dia juga mendukung ajaran yahudi??? Jika yahudi menggunakan produk ciptaan umat islam apa sudah menjadi jaminan yahudi tersebut mendukung ajaran islam? apa berdosa jika menggunakan produk hasil ciptaan yahudi sedang umat islam tidak punya alternatif lain??? dan apa akan disebut sebagai munafik jika mengingkari ajaran sesat yahudi dikarenakan telah menggunakan produk yahudi ???? apa diaruskan seseorang untuk mencintai kesesatan yahudi karena sudah terlanjur menggunakan produk ciptaan yahudi????
        Pale nalar dan logika anda wahai kuncung!!!

        JAWABAN ANDA ITU PERDANA
        juga bisa ditujukan kepada anda sendiri, ketika mengklaim GD sebagai ULAMA SU`

    • @kuncunk
      setelah di liat2 di websitenya ko g ketemu y..jgn2 ini fitnah sj dari pemuja gusdur!
      coba deh kuncunk liat track record gusdajjal(gusdur) ntar bakal tau siapa yang antekyahudi!!

  25. Menurut ”PENERAWANGAN” sy, ciee..; ….hmm… kayaknya mas PA dan mas Lukman sedang digelitik agar keluar dari sarangnya nih.. ada yg komen kayak komennya teman lama tuh!

    Sabarlah diriku… oh sabarlah diriku….
    @mas Abdul, mantap deehhh!

  26. @Mas Kuncunk,

    Info fatwa ulama wahabinya udah dibantah oleh Mas Perdana, dan Mas PA juga menambahkan fakta siapa sosok alm GD. Maaf Mas Kuncunk, jika faktanya begitu…. maka ketidaksukaan kami kpd GD tentunya sangat beralasan bukan? tentunya alasan yg syar’i!

    Sy perhatikan Mas Kuncunk sgt antusias membela GD, tapi kami tidak melihat ada penjelasan dari anda, coba anda babarkan disini! tkhs.

    @Temannya Darno.. adem terus nih?!

      • @Kang otong,

        maaf kang, kita mempunyai data dan fakta, beberapa alasan syar’inya sdh Mas PA jelaskan, adalah tugas kita menyampaikan kebenarannya. Anda juga tahu bagaimana mana masyarakat awam menyikapi fenomena ”ikut2an”. Kamipun tidak akan luput dari pertanyaan Allah, memang kami akui ada kendala bahasa/cara penyampaian dakwah tauhid yg masih disalah presepsikan, karena memang pemahaman orang berbeda2. Dan kami tidak asal jeplak untuk mengulas suatu artikel.. baik data ilmiah, dalil, bukti fakta dan data pendukung lainnya selalu kami sodorkan. Mas PA sendiri tidak menghalangi pengunjung (siapapun) u berkomentar, selama masih dalam batas wajar.

        Tapi terima kasih telah mengingatkan kami.
        Salam hangat kang Otong.

  27. as wb. maaf kang@kumahawe sy teledor tak ketuk pintu, slm knl dari sy. dan Salam hangat anda sy terima. terlepas dari fakta dan data, sy msh awam soal agama, sy maklum dgn –adalah tugas kita menyampaikan kebenaran — sy tdk menyalahkan anda, sy hanya bertanya — ini termasuk ngerumpi atau pitnah — kayanya kita termasuk mempergunjingkan orang — anda belum jawab pertanyaan sy !!!

    • @Kang otong,

      karena kami memiliki data, tentu saja kami menolak jika dikatakan sedang memfitnah. Insya Allah sy siap mempertanggung jawabkannya di akhirat kelak.

      menurut sy (bukan kami), kita sedang mengulas (ngerumpiin/mempergunjingkan) perbuatan seorang agar kita dapat pembelajaran lebih baik, mana masukan yg menurutnya baik…. silakan ambil, dan menurutnya buruk silakan tinggalkan. Sy tdk ada masalah jika dikatakan sedang mengulas/ngerumpi/mempergunjingkan, akhirnya pembaca juga yg menilai kita kang Otong. Bisa jadi jadi malaikat sedang mencatat dosa sy sekarang. Allahualam.

  28. he..he…. ga bisa ngmg juga elo akhirnya!! emang gitu bung PA……KEBENARAN aka selalu menang!!! akhirnya kluar juga kata2 ga masuk akal dri mulut elo bung,, masa ulama kaum sufi & thorikoh keluarin fatwa kyak gitu?? jauh dr LOGIKA bung!!!! merka cinta damai & berusaha mnjdi rohmatan lil alamin, bukankah ada dalil nya?? dasar khawarij lo..bersembunyi di balik agama tuk merusak agama!!!

  29. HAHAHHA…KOMENKU DI HAPUS….HAHAH
    YANG BACA KESINDIR…….

    DI BLOG INILAH BANNYAK AHLI SURGANNYA ..xixiixixixi

    hahahhaha…banyak amalan dari saling hujatnya..

    kasihan kau ahmad..
    yang merasa ikut kau…

    TAPI HANYA MERASA IKUT…

    HAHAHAHHAHAHAHHAHAHA

    • XXXX,…….
      PERGUMULAN ANTARA YANG HAQ DAN BATHIL TAK AKAN PERNAH BERAKHIR SAMPAI AKHIR ZAMAN. DAN SELALU TERBUKTI KEMENANGAN DIRAIH PENDUKUNG AL-HAQ,..BAIK DI DUNIA MAUPUN DI AKHIRAT KELAK.
      KENYATAAN INI BUKAN BARANG ANEH, LUCU DAN MENGELIKAN. MEMANG BEGINILAH KEHIDUPAN DI DUNIA INI.
      HANYA ADA DUA PILIHAN : MENGIKUTI ALLAH SWT ATAU MENGIKUTI SYAITHAN.
      DAN INGAT,…….MESKIPUN ANDA MENGIKUTI DAN MENDUKUNG SYAITHAN,….ANDA PUN TIDAK DILARANG UNTUK TERTAWA SESUKA HATI ANDA.
      INNAL BAATHILA KAANA ZAHUUQA,
      ILLAM TASTAHYI FA’MAL MA SYI’TA,
      WA QAALALLAHU TA’AALA:
      WA KAANA HAQQAN ‘ALAINA NASHRAL MU’MINIIN.

      • HAHAHHAHA…
        KLO BEGITU SAYA TANNYA KE PADA ANDA YANG AHLI INI…

        APA ANDA TAU…ISI HATI ORANG LAIN….
        APA ANDA TAU ..KADAR KEIMANAN ORANG LAIN…

        APA NABI MUHAMAD SAMA SHOLIHIN SETELAHNYA, MENGAJARKAN SALING HUJAT MENGHUJAT….

        ATAU COBA KAU TANYA PEMILIK BLOG YANG TERHORMAT INI…

        RATA RATA ARTIKEL YANG MENIMBULKAN HUJATAN TERHADAP SEORANG MUSLIM…

        EEEEEEE….TOLOLNYA…
        PADA DI TANGGEPI DENGAN PANAS…

        contohnya saya HAHAHAHHAHAHA

        jangan jangan PEMILIK BLOG INI SEORANG WALI ALLAH…
        WHAHAHHHAHAHA……
        AMPUN AMPUN KANJENG WALI….

        HAMBA HANYA SETAN….KATANNYA hardi imran….

    • HAHAHHA….
      JUGA SEORANG WALI TERNYATA….

      DISINI BANYAK WALI….
      TAU KLO SESEOREANG ITU DAJAL…HEBAT HEBAT

      PASTI SERU NIH DI BLOG ITU YA,….
      BANYAK YANG PANAS….

      TAMBAH PANAS AJA NIH SURGA PARA WALI INI KELAK HUHAHAHAHA

      • XXXX,…..
        Makan obat dulu ya bro kalo mo nulis ato membalas di blog ini,……
        biar tawa kamu tambah muantaaap!
        biar kamu disebut orang heppi end moderen,
        biar keliatan orang gaul.
        gampang khoq,…kalo over dosis dan ente modar,
        tahlilin azza,….atau suruh orang ziarah kubur ente,..
        nanti ente bakal dikenal banyak orang dan disebut wali.
        Ayo dong minumlagi obatnya bro!!!!

      • HAHAHHA… HARDI IMRAN TERSINGGUNG…

        YANG TERSINGGUNG SETAN NYA HARDI IMRAN ATAU HARDI IMRANNYA….

        KATANNYA YANG HAQQ DAN BATIL ….PASTI MENANG YANG HAQ….

        APA ANDA YAKIN MENGIKUTI YANG HAQ…

        klo aye sih baru merasa….

        HAHAHAHHAHAHAHHAHAH

        AMPUN WALI HARDI IMRAN YANG TERHORMAT
        DAN DI MULYAKAN…
        MALAIKAT….

    • lucu… emang kalian gusdurian buta mata hatinya..
      sy aja (yg minim pengetahuan agamanya) dibilang wali…lieerrr.. :-)
      pantes aja kalian angkat banyolan konyol ky misterdur jd wali.. sadar woi…
      BTW sy bukan wahabi, sy muslim

      • apakah saya BILANG ANDA WAHABI…HAHAHAH
        anda ke ge eran…..hahahhah
        ANDA ITU SEORANG WALI…SEORANG MUSLIM tp

        ANDA MENGAKU MUSLIM tp TIDAK MENCERMINKAN SEORANG MUSLIM….

        PENGIKUT AHMADIYAH yg SESAT PUN MENGAKU musLim…..

        apa ANDA JUGA MUSLIMNYA AHMADIYAH…
        HAHAHHAHAHA

  30. si kuncung itu WALI KACUNK!
    kalau si xxxx Kacungnya Wali Kacunk!

    @Abdul…
    sudahi nanggepin wali2 lieurrr! mereka tdk punya hujjah!!! Jadikan aja tulisan mereka sebagai hiasan Nisannya Goes Dajjal!! Benci ama wahabi tapi mampir terusss!!!

      • Postingnya terlalu meremehkan Gus Dur…alias Kontra ama Gusdur,,,kalo kamu hanya mengandalkan otak dan logika sebagai jalan keluar permasalahan or suatu pembicaraan…karena terkadang kita tak pernah tau apa yang akan terjadi nanti,,perbedaan dalam pemikiran dan argumentasi itu wajar,, tetapi jangan sampai perbedaan itu menimbulkan konflik atau permasalahan antar sesama umat muslim,,,karena bukankan kita sesama muslim saling bersaudara,,,tak peduli ajaran atau madzhab apapun itu yang diambil / dianut…. semua manusia punya Hati dan Ilmu tinggal bagaimana kita dapat mengembangkan ilmu itu serta dapat mengaplikasikan ilmu agama yang kita punya untuk kehidupan sehari-hari…. cara bagaimana kita untuk dapat menjadi pribadi manusia yang lebih baik,,,dan tentang bagaimana menghormati guru agama / ruhaniah kita masing-masing..

  31. KEPADA YANG TERHORMAT
    NIMBRUNG,
    DI BLOG KITA TERCINTA INI.
    NAMPAK SEKALI ANDA BENCI AKAN HAL YANG BERNADA HIPERBOLIS. SAYA MENGERTI ANDA BERPERASAAN HALUS, KRITIS DAN MODERNIS.
    NAMUN PAK NIMBRUNG,…..ADA SAATNYA KITA HARUS TEGAS UNTUK MENGATAKAN TIDAK DAN MENGATAKANNYA KEPADA SIAPAPUN : TIDAK!!!
    TIDAK !!!!! TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH.
    TIDAK!!!!!! TIDAK ADA WALI ALLAH SEPERTI GUS DUR.
    TAKUT DISEBUT HIPERBOLIC DAN TIDAK TOLERAN? TAKUT KEHILANGAN PEKERJAAN DAN TEMAN? TAKUT DIBILANG ANTEK TERORIS ? INI BAGIAN DARI RESIKO HIDUP.
    PAK NIMBRUNG,…KITA HARUS PANDAI-PANDAI MENEMPATKAN PERASAAN KITA DALAM BERAGAMA. KARENA PERASAAN ( boleh dibilang hearth, nurani atau super ego?) BUKANLAH BAROMETER YANG DAPAT DIANDALKAN.
    DARI TULISAN BAPAK JUGA TAMPAK BAHWA BAPAK MASIH RAGU-RAGU UNTUK MENILAI SESEORANG,….DENGAN ALASAN YG BIASA SEKALI DISEBUT ORANG (tolerant??) : KITA TAK DAPAT MELIHAT ISI HATI SESEORANG.
    TIDAK!!!!! SEKARANG SEGALANYA JELAS,…DAN ISLAM ADALAH AGAMA YANG JELAS.
    ISLAM DENGAN JELAS SEKALI MENGAJARKAN DAN MEMBERITAHU KITA : MANA BAIK DAN MANA YANG BURUK; SIAPA NABI, SIAPA IBLIS, SIAPA WALI ALLAH DAN SIAPA WALI IBLIS, DSB.
    JELAS SEKALI PAK,…DAN SAYA BALIK BERTANYA : SELAIN DENGAN PERASAAN,….DENGAN DASAR APA BAPAK BERHUKUM / MENILAI DAN MENENTUKAN KEBIJAKAN?
    SEMOGA ALLAH SWT MENGAMPUNI KITA SEMUANYA, AMIN.

    • Terima kasih atas penghormatannya, :-) amiin
      ini tanggapan saya atas jawaban pak hardi :

      kayaknya bapak salah dalam menganalisa komentar saya deh, kayaknya bapak tidak melihat dimana saya berkomentar dan apa yang saya komentari.

      oke saya perjelas saja,

      1. Komentar saya yang pertama itu berkaitan dengan komentar si kuncung TENTANG (sekali lagi : TENTANG) yang mengometari c0mrade. dan yang saya komentari adalah pendapat anda (lebih tepatnya banyolan anda) tentang “Sekolah dulu …”.

      2. komentar saya yang kedua berkaitan dengan komentar anda yang mengomentari kumahawe tentang “islam yang sesungguhnya …”.

      so, sebelum memberikan komentar atas “komentar saya”, mohon dibaca dulu konteksnya, boundarynya dan tentang apanya saya berkomentar. oke pak? saya berasumsi anda mengerti.

      berikut jawaban saya atas pernyataan dan pertanyaan bapak.

      1. tentang “…ANDA BENCI AKAN HAL YANG BERNADA HIPERBOLIS…”, saya bukan benci, cuma berpendapat BAHWA alangkah lebih baik jika tak terlalu berhiperbola/berlebay ria. tentang apanya yang hiperbola, saya sudah jelaskan diatas.

      2. Tentang “…ANDA BERPERASAAN HALUS, KRITIS DAN MODERNIS…”, wah, terima kasih banget pujiannya, :-)

      3. tentang “…SELAIN DENGAN PERASAAN,….DENGAN DASAR APA BAPAK BERHUKUM / MENILAI DAN MENENTUKAN KEBIJAKAN?” maka saya jawab : saya BELUM berhak berhukum (agama) menurut pemikiran saya, saya belum mencapai itu (mungkin kalau sedikit-sedikit sih ada.. tapi itu masih dalam “perkiraan”), yang saya lakukan dalam berhukum atau menilai (agama) adalah berdasar TAKLID saya, yang berdasar dari apa yang saya DENGAR dan apa yang saya BACA dan YAKINI kebenarannya. jadi dalam hal ini saya tidak berhukum, hanya mengikuti orang “alim” yang berhukum. maka dari itu saya tidak berkomentar tentang “fatwa saya” seperti apa yang bapak lakukan.

  32. HM…. klo elo bilang gue kagak tau agama… gue jawab BETUL!!! tapi cuma sebagian!!! klo dilihat dari sudut pandang HAQlQOT (bukan cuma kulitnya) gue sangat2 harus belajar laqi!! tapi klo dilihat sudut pandang WAHABI(kulit) gue udah pantas dijulukin as syeich…!!! eiiit…. jgn bilang gue sombong dulu!!! cz… dalam wahabi kita ga usah mikir yg ‘dalam’ ttg arti/makna yg terkandung dalam sebuah dalil(al quran&hadist)… cukup tau makna/teksnya itu sdh cukup,,, contoh.. ‘alloh swt setiap malam turun ke langit dunia’ dalam wahabi lgsg aja difahami secara harfiah… apakah tidak dipikir alloh punya sifat MAHA TINGGI & MAHA BESAR….!? klo boleh tanya sebesar apa langit nya?? beda klo ber makna ‘ROHMATNYA’ yg turun ke langit dunia…. wallohu a’lam bi murodih….

    • HM…. klo elo bilang gue kagak tau agama… gue jawab BETUL!!! tapi cuma sebagian!!! klo dilihat dari sudut pandang HAQlQOT (bukan cuma kulitnya) gue sangat2 harus belajar laqi!!
      HMMMMMM,….CUNG UDAH DEH,…LU IKUT HEPI MA TUH SI XXXXXXX DI DEKAT KUBURAN GUR DUR AZZA DEH. CEPETAN,…KEBURU MALAM LHO!

      • hehehehehehehhehe……. ktahuan juga belangnya siapa yg ga tau ilmu agama!!! amit2 deh gue mampir ke blog para PENGHUJAT ni lagi… takut ketularan PENGHUJAT2 YG NGAKU AHLI AGAMA & AHLI SURGA……..wassammu alaikum…..

        CAOOOOOO………..

      • …cung….dari sudut pandang HAQIQOT,???????
        BAHASA APA ITU???? NEMU ISTILAH DARIMANA????
        MAKANYA SAYA SURUH KAMU IKUT HEPI SAMA SI XXXX DARIPADA MEMBAHAS MASALAH SEPERTI INI.

    • ‘Alloh swt setiap malam turun ke langit dunia’ dalam wahabi lgsg aja difahami secara harfiah… apakah tidak dipikir alloh punya sifat MAHA TINGGI & MAHA BESAR….!? klo boleh tanya sebesar apa langit nya?? beda klo ber makna ‘ROHMATNYA’ yg turun ke langit dunia….

      WahabI tidak pernah memahaminya secara harfiah!Para Salaf mengatakan sebuah kaidah soal Asma Wa Shifat Allah, “Wa amruha ka maa ja’at” (urusan Asma Wa Shifat itu sebagaimana ayat-ayat itu turun, tidak usah dipertanyakan macam-macam). prinsipnya adalah TAWAQUF (diam). Apa yang tawaquf? Akal kita yang tawaquf, serahkan tafsir dan syarahnya kepada Kitabullah dan Sunnah.

      klo boleh tanya sebesar apa langit nya??beda klo ber makna ‘ROHMATNYA’ yg turun ke langit dunia….

      Para Shahabat membedakan antara As Sama’u (satu langit) yakni langit dunia. Kemudian ada As Samawaati (banyak langit) yakni tujuh lapisan langit. Mereka paham bahwa langit itu berlapis-lapis. Al Qur’an menyebutkannya. Di sisi lain, Nabi menceritakan hal itu dalam perjalanan Mi’raj beliau ke langit tertinggi, ke Sidratul Muntaha. jadi jangan tanya sebesar apa 7 lapis langit! maka TAWAQUF-lah bung sie kuncunk, sebab yang ditanya (admin metafisis) tidak mengetahui sebagaimana yang menanyakannya (sie kuncunk)!!!!

  33. @bung Hardi,

    Mas Nimbrung hanya sekedar ngasih saran. Tapi kalau Wali Kuncunk dan Kacungnya Wali cuma batu nisan dajjal. Mereka soefi yg mesti berobat, mereka Tau dalil tapi enggak mau ngejalanin, enggak usah ditanggepin lagi.

    • AHMAD@
      JANGAN TERLALU SERIUS ATUH,……
      INI OLAH AQIDAH NAMANYA.. KELIHATAN KHOQ SIAPA DAJJAL DAN SIAPA WALI.
      KETAHUAN NON MUSLIM? MEREKA SUDAH TAHU BAHWA PENGAGUM GUS DUR PASTI PASTI PASTI DAPAT BERSAHABAT DENGAN MEREKA, DAN BILA PERLU DIANGKAT SEBAGAI PEMIMPIN DUNIA!
      TAPI SEBENARNYA MEREKA TIDAK MEREKA PERHITUNGKAN! COBA LIHAT GAMBAR2 DIATAS ? SANG (KIAI???????) DIBUAT PATUNG BUDHA!!!
      ANDA BANGGA???? ITU PERTANDA BAHWA ANDA PARA PENGAGUM GUS DUR DIANGGAP BANYOLAN !

  34. gak usah saling menghujat, di blog ini kan ada ***#
    PETUNJUK ILAHI DALAM BERDISKUSI

    Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. (Qs. 16 an-Nahl :125)

    Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (Qs. 4 an-Nisa’ : 63)***
    betul kan ???????

    • OTONGDARSA@
      Al-Baqarah (2) : 7

      خَتَمَ اللّهُ عَلَى قُلُوبِهمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عظِيمٌ
      2.7. Allah telah mengunci-mati HATI dan pendengaran mereka , dan penglihatan mereka ditutup . Dan bagi mereka siksa yang amat berat
      ====
      Al-Baqarah (2) : 10

      فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ اللّهُ مَرَضاً وَلَهُم عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ

      2.10. Dalam HATI mereka ada penyakit , lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.
      =====
      Al-Baqarah (2) : 74
      ثُمَّ قَسَتْ قُلُوبُكُم مِّن بَعْدِ ذَلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ أَوْ أَشَدُّ قَسْوَةً
      2.74. Kemudian setelah itu HATImu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi.
      ===
      Al-Baqarah (2) : 204

      وَمِنَ النَّاسِ مَن يُعْجِبُكَ قَوْلُهُ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيُشْهِدُ اللّهَ عَلَى مَا فِي قَلْبِهِ وَهُوَ أَلَدُّ الْخِصَامِ

      2.204. Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik HATImu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi HATInya, padahal ia adalah penantang yang paling keras.

    • revisi…
      @otongdarsa : setuju kang, dalam blog ini udah ada aturan diskusi yang dibuat, kenapa ko malah ganti jadi hujat-hujatan dan hinaan pelecehan yang merendahkan orang lain? rasanya inget waktu pertama kali bung PA dan mas Wongalusaceh diskusi, disitu kental banget nuansa ilmiah dan islaminya (dalil dan nalarnya mantap untuk kalian berdua). jadi enak bacanya.
      itu terlepas dari benar/salahnya lho ya, karena untuk meyakini sesuatu (pendapat) itu tergantung kita.

      • hai mas nimbrung…
        bagaimana bung, kalo g mau dihujat, dilecehkan…janganlah suka menghujat dan melecehkan oranglain dong….

      • مالك يامحب ولي الشياطين وينك عقلك و قلبك لا والله انك بحاجة الى التداوى بالعقاقير حتى تصبح عبقريا

      • as wb !!

        Dgn membaca coment2 yg anda buat, tdk slh rasanya sy memanggil anda dgn sebutan ustadz, dan itu merupakan penghormatan sy buat anda,

        Ok ! btw menyimak pernyataan @Hardi Imran kepada @Temannya Darno, ttg ilmu hikmah, walaupun sy hanya meng cofy faste keilmuan anda, sy menyimak dalam hal PERLUNYA menyampaikan dakwah NASEHAT DAN MENASEHATI sy baru dapat berpegangan pada :
        1. …………..sampaikanlah yg kamu tahu walau satu ayat.
        2. berlomba-lombalah dlm kebajikan.
        3. …dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
        4. dengan berharap ridho allah SWT seperti dlm hadits rasul Nabi Muhammad SAW bersabda :
        ”Barangsiapa menunjukkan seseorang kepada kebajikan, maka ia akan menerima pahala seperti dia yang melakukannya”.
        5. Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang melihat kemunkaran maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka (tolaklah) dengan hatinya”.
        6. Firman Allah SWT :
        Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: “Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?” Mereka menjawab:
        “Agar kami mempunyai alasan (PELEPAS TANGGUNG JAWAB) kepada Tuhanmu , dan supaya mereka bertakwa. ( Al-A’raf)

        maka dengan diawali bismilahi tawakaltu alalloh insya allah sy akan BERTINDAK.

        namun dgn keterangan yang anda rujukan dgn firman allah swt:

        ”biarkan mereka makan dan menikmati (kehidupan dunia ini) dan terpedaya oleh angan-angan mereka. toh kelak mereka akan mengetahuinya”. (surat alhajar) —— sy menafsirkan TIDAK PERLU DINASIHATI

        “Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling dari padanya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya”. —— Penafsiran sy PERCUMA MENASIHATI

        “Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. (QS Al-Qashshash ayat 56) —– artinya …..PETUNJUK / HIDAYAH ITU HANYA MILIK ALLAH SWT, lalu mengapa kita repot-repot ngurusi orang ? Dlm hal ini berarti tindakan kita memberi nasehat TAK ADA ARTINYA !

        Jadi bila rujukan diatas dicross dgn 3 firman tadi menurut PEMAHAMAN sy jadi bertolak belakang, sy jadi LIEUR ustd !! ………..tolong cerahkan !!!

      • @ Ustadz otongdarsa,…
        LIEUR????
        hee…heee..heee
        LIEURNYA ANDA ITU IBADAH.
        KITA BERUSAHA. = SUDAH DAPAT PAHALA.
        HASIL : NEGATIP = BUKAN URUSAN KITA
        HASIL : POSITIP = TAMBAHAN PAHALA SEBESAR APA YANG DIA PERBUAT.
        SO SIMPLE, KHAN?
        PERCAYALAH,- HARUS DONG! -,…
        ISLAM (ALLAH SWT DAN RASULNYA) MENGAJARI KITA AGAR PINTAR.
        maaf dan terimakasih, ustadz.

      • ustd@HARDI IMRAN

        coment anda simple sekali, tdk tepat pada sasaran yg sy harafkan, sepertinya anda tak tergugah dgn ratapan sy, sy perlu pencerahan ustd !

        jika tak sudi maka sy tak memaksa, …slow aja lagian !!

  35. wah tambah seru nih diskusi, saya ada saran nih untuk para diskusers..:-), terutama yang aktif seperti
    1. Pak Hardi Imran
    2. pak Kumahawe
    3. Abdul
    dan para senior,
    4. Lukman Mubarok
    5. Nyimak
    6. Temannya Darno
    juga para penentang (kalau masih aktif) seperti :
    7. xxx
    8. sie kuncung
    dan kawan yang tak bisa disebutkan satu persatu (mirip pendahuluan skripsi ni… hehe)
    9. …

    gimana kalau kalian (mohon) jelaskan latar pendidikan agama kalian, ga perlu mendetail, mungkin BERAPA LAMA kalian belajar agama dan dari SIAPAnya kalau bisa (contoh dari Kyai A, dari Pesantren B, dari dll lah) itu sudah cukup.

    sebagai contoh saya ambil bung PA sang Admin, dia dengan suka rela membeberkan pendidikannya, (tentang pesantren, tentang ilmu kebatinan dll), juga wongalusaceh (dulu) dia juga membeberkan pendidikannya.

    bukankah kalau mau ber-hujah (apapun) itu harus memiliki pendidikan yang memadai?
    hanya memastikan bahwa para diskusers itu BENAR berilmu, dan bukan sekedar copi paste artikel/majalah/buku terjemahan atau comot ayat al-quran dan hadis (misal hasil search dari software tertentu, lalu tafsir seenak hati).

    kenapa hal itu saya lakukan? (jangan bersuudon ria dulu kawan..) hal ini supaya diskusi kita lebih bermutu dan bukan sekedar hina-hinaan. dan kita-kita (khususnya saya) sebagai awam jadi mengerti.
    hal ini juga dilakukan untuk menahan laju pertanyaan-pertanyaan cerdas dari pihak “oposisi” seperti pernyataan sie kuncung tentang :berapa lama loe ngaji, berapa hadis dst…
    nah kalau laju perntanyaan (dari oposisi) seperti itu dilancarkan dan kalian bungkam (atau malah balik dengan hujatan/hinaan) itukan engga lucu untuk sebuah diskusi. setuju tak? :-)

    kalaupun anda-anda malu, atau berlindung di balik ” saya tidak mau riya”, hal itu kurasa tidak sesuai karena, yang tercantum disini hanya NICK dan pastinya itu bukan nama sebenarnya kan? kalaupun nama sebenarnya itu kan tidak dijelaskan dari mana-mana asalnya, dan ingat saya tidak bertanya ASALnya atau NAMA aslinya, hanya ingin tahu pendidikan(agama)nya saja.

    • Mohon maaf bila saya melanggar batas kesopanan, terutama @nimbrung.

      @nimbrung, dulu ulama rijalul hadits saling cela ulama su’ dengan sebutan dajjal, padahal kelihatannya sholih dan tak asal njeplak mulutnya kayak gusdur.

      kalau urusan pendidikan, saya pernah di tsanawiyah dan aliyah secara formal. non formal dan informal saya ngaji tabligh akbar sama kiyai NU, pesantren kilat sama Muhammadiyah, pernah Liqo sama Tarbiyah, pernah ta’lim sama salafi, nyantri sama Ponpes tapi ga pakai ijazah-ijazahan. Semua itu pendidikan agama. Pendek kata ngaji saya nano-nano, semua dicicipi

      • @Lukman Mubarok, terima kasih atas kesediaanya menjabarkan pendidikan anda.
        wah ternyata ilmu anda beragam ya..menarik juga ya.jadi tau pendapat para ulama terutama dari muhammadiyah dan NU, organisasi terbesar di indonesia yang (kadang-kadang sering)bertentangan.
        maju terus bung lukman, dan salam kenal… :-)
        semoga ilmu anda bermanfaat.

        yang lainnya ditunggu nih.

    • @nimbrung,

      ana cuma pengunjung biasa di sini.. Ana cekak ilmu agama. Jadi… SIAPAPUN yang ngasih/berbagi ilmu yang bermanfaat ”seperti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rosul, …itulah GURU2 ana.

      ana MANTAN ahlul bid’ah, MANTAN pemakai jimat dan MANTAN pemakai tenaga setan (td/tm).

      silakan dilanjutkan guru2ku!!

    • @nimbrung,

      Saya belajar ilmu agama sebatas di sd, smp, sma saja mas. Di luar itu terkadang suka juga kl lg ngumpul sm tmn2 bahas ilmu agama. Alhamdulillah, walau ilmu agama saya belum mumpuni tapi saya senang bisa ikut kumpul di blog ini dengan teman2.

      Saya sama dgn yg dikatakan Mas Temannya Darno

      “ana cuma pengunjung biasa di sini.. Ana cekak ilmu agama. Jadi… SIAPAPUN yang ngasih/berbagi ilmu yang bermanfaat ”seperti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rosul, …itulah GURU2 ana.”

      • kepada yang terhormat @temannya darno dan @nyimak, terima kasih sudah mau menjawab.
        ah… jangan merendahkan diri tho, saya tau anda-anda berdua punya ilmu ‘agama’ yang lumayan baik,
        salam kenal untuk anda berdua bung temannya darno dan nyimak.. :-)

    • Maafkan saya ikut nimbrung lagi di blog ini.
      Tentang ‘siapa Anda’, latar belakang pendidikan agama, kegiatan apasaja yg pernah dilakukan, kepada siapa pernah berguru (atau mungkin kenal siapa?), tinggal di mana, pernah ke mana, di negara mana anda pernah tinggal,…dsb,. semua tentang jati diri kita SAMASEKALI BUKAN JAMINAN WARNA AQIDAH SESEORANG.
      Saya ada contoh. Saudara saya, seorang Professor Doktor, Kyai Haji, Imam Besar Masjid…..(di salahsatu kawasan elit di Jkt), sering ceramah, nongol dan aktif di TV dan media massa Nasional. Ringkasnya, siapa orang tidak kenal dia. Karangannya,..buanyak. NAMUN KETIKA KITA HADAPKAN PADA PERSOALAN…..GUSDURIAN OR NOT? Hmmmmm,….KEMANA ILMU YG DIA MILIKI????????????????????
      Jadi menurut saya pribadi,…persoalan AQIDAH itu MURNI PERSOALAN HIDAYAH. (saya masih terus belajar,belajar dan belajar untuk memahami makna beberapa aayat,…..seperti :
      - INNAL HUDA HUDALLAH
      - INNAKA LAA TAHDI MAN AHBABTA, WALAAKINNALLAH YAHDI MANYYASYAA WA HUA A’LAMU BIL MUHTADIIN.
      - DSB,
      Para blogers sekalian,…..sungguh,…persoalah ini lebih besar ketimbang GUS DUR itu sendiri, jauh lebih penting. Tipe MANUSIA SEPERTI APA YG SESUNGGUHNYA TELAH MENDAPAT HIDAYAH DARI ALLAH SWT DAN MENDEKATI KARAKTER SANG USWAH HASANAH, NABI MUHAMMAD SAW. DAN BAGAIMANAKAH SEBENARNYA APA YG DISEBUT DENGAN SHIRAATHAL MUSTAQIIM, SHIRAATHALLLADZIINA AN’AMTA ‘ALAIHIM, GHAIRIL MAGHDHUUBI ‘ALAIHIM WALAADHAAALIIIN.
      Yang jelas dan pasti HANYA ALLAH saja YANG MAHATAHU,….SEDANGKAN KITA HANYA BERUSAHA UNTUK TETAP BERADA PADA JALAN YANG DIRIDHAINYA.
      ALLAHUMMAHDINAA SHIRAATHAKAL MUSTAQIIM.

      • wow, keren kang…
        MANUSIA SEPERTI APA YG SESUNGGUHNYA TELAH MENDAPAT HIDAYAH DARI ALLAH SWT DAN MENDEKATI KARAKTER SANG USWAH HASANAH, NABI MUHAMMAD SAW. DAN BAGAIMANAKAH SEBENARNYA APA YG DISEBUT DENGAN SHIRAATHAL MUSTAQIIM, SHIRAATHALLLADZIINA AN’AMTA ‘ALAIHIM, GHAIRIL MAGHDHUUBI ‘ALAIHIM WALAADHAAALIIIN.
        Yang jelas dan pasti HANYA ALLAH saja YANG MAHATAHU,….SEDANGKAN KITA HANYA BERUSAHA UNTUK TETAP BERADA PADA JALAN YANG DIRIDHAINYA.
        ALLAHUMMAHDINAA SHIRAATHAKAL MUSTAQIIM.

      • seperti biasa, pak hardi datang dengan penjelasannya yang super panjang… tapi… TIDAK tepat mengenai sasaran, kalo boleh pinjam istilah Jiwa01 anda itu TERLALU berkelit dengan manis,
        ditanya latar pendidikan ko jawabnya ngelantur sampe ke gusdurian sampe ke sirotolmustakim….
        (mungkin istilah “perlu sekolah lagi” harus diterapkan pada diri anda dulu… :-) )
        lagian nyantai aja lagee… saya bukan gusdurian ko.. :-)

        kalau ga mau jawab ya itu HAK anda tho, saya tidak memaksa, cuma MENGANJURKAN saja..
        (dan nanti mungkin -kalau masih tidak jelas pendidikannya- penjelasan anda yang panjang itu dan bla-blanya itu saya anggap hiburan semata)

        kenapa hal ini saya lakukan? karena saya melihat track anda selama diskusi disini banyak mengeluarkan fatwa dan ayat2 al-quran,

        yang mau saya tegaskan disini adalah gimana sih pendidikan anda, agar saya (dan mungkin para pengunjung lain)bisa yakin ilmu anda dapat dari yang dipercaya dan itu bukan sekedar igauan anda.

        saya ingat ucapan/tulisan imam syafi’i yang pernah saya baca yang kurang lebih redaksinya (DARI SAYA) kurang lebih begini : “kalau seseorang itu berFATWA harus punya ilmu dari al-quran dan sunnah dulu dan (hal itu tentu harus dengan belajar dari guru/pendidikan yang memadai kan?) dan kalau seseorang berfatwa tanpa ilmu itu maka itu hanyalah sebuah igauan (jawa: ngelindur)”

        saya hanya ingin mengambil manfaat dari diskusi ini untuk menambah ilmu agama saya.

        dan maaf saya belum bisa jawab pertanyaan anda, karena anda sendiri belum menjawab pertanyaan saya. :-)

  36. lukman mubarok, temannya darno coba beber pendidikan kalian jangan jangan kalian ini cuma tamatan smp yang cuma ngaji iqra’ tapi cuma berani bunyi karena tidak jelas jati diri seperti temannya darno dari dulu ane perhatikan ini anak asbun terus tak jelas dia siapa dan jarang mampu membahas hadist memalukan sekali kalau kader wahabi hanya sekelas temannya darno

    • Eeee iyaaa, jadi ingin belajar nih dari gusdurian.
      Anda punya buku-buku karangan Gusdur? Atau tulisan-tulisan dia tentang keislaman yang bisa kita baca dan dapat menambah keimanan kita? Selain dari artikel-artikel dia yg sering dimuat KOMPAS, SINAR HARAPAN, dan media sejenisnya?
      Terus terang,….GUS DUR sudah menjadi sebuah IKON DAJJAL di kalangan ummat Muslim dunia.
      Wow keren nie yee pake nick name gusdurian.
      CONGRATULATIONS! YOU WON A FREE ISRAELI AND US VISAS . YOU ARE WELCOMED AND INFIVITED TO GO ANYWHERE WITHIN ISRAEL AND UNITED STATES OF AMERICA.

      • Terus terang,….GUS DUR sudah menjadi sebuah IKON DAJJAL di kalangan ummat Muslim dunia.

        itu menurut anda dan golongannya :)

      • @mas jeruk,..
        itu menurut anda dan golongannya :)
        …..
        Saya pernah lama tinggal di Timur Tengah, juga di negara Kafir Australia ang Barat itu.

        Dari dua arah : Timur dan Barat saya pernah lama menatap Indonesia dengan segala permasalahannya, termasuk GUS DAJJAL.

        Maaf, jadi bukan atas dasar iri dan dengki.
        Saya tak tahu apakah mereka yg selamanya hidup di kolong bumi Pertiwi melihat sosok Gus Dur sebagai yang luarbiasa. Tapi tidak,…banyak saudara kita seiman seagama yang tak pernah melancong kemana-mana namun telah melihat keanehan Gus Dajjal dan para pengikutnya.
        Innallah Yahdi Man Yasyaa.

    • Hmmmmm,…yang sering NUNJUK dengan istilah WAHABIER,……..hmmm,….saya jadi teringat cara para orientalist, para pendeta, para so called Humanist , Kaum Modernist, Kaum NeoLiberalist, Wong NeoKons, IMPERIALIST, MUNAFIQIIN, KUFFAR, YAHUUD DAN SEJENISNYA berbicara.
      Hmmmm,…seperti ada kesamaan ya???

      • kang hardi… sama saja-lah kang…
        sampean kan juga begitu. sering nunjuk2 pake istilah, meski itu bukan istilah wahabi. ini namanya menVONIS kang… jadi sesama tukang tunjuk-menunjuk dilarang saling menunjuk-tunjuk…hehehe

      • @Purut jiruk,
        أنت والله خارج ما تكلمنا عنه .انت لم تفهم ما وراء قصدي بالضبط وكيف أحاورك في مثل تلك المشاكل ؟ لا فائدة حقا

  37. isi hati hanya Allah yg tahu..sungguh kata-kata yg menarik..but
    mo tanya nih pada nurani akang2 semua…terutama para gusdurian..
    apa motif mulia/isi hati durahman alias gus dajjal alias si buta dr jombang alias si lebay alias si dickhead yg merupakan org merdeka n tdk kekurangan secara ekonomi serta tdk sdg terancam jiwanya saat menyakiti hati umat dgn melakukan ini semua.. :
    mendukung zionis,dkat n tameng bagi orang2 kafir n gerakan aliran sesat (ahmadiya dkk), mengatakan al Qur’an porno, pendukung inul, bersebrangan dengan ulama(GD bkn ulama), merendahkan para pejuang islam di Palestina, koruptor, berusaha membenturkan pejuang islam (yg ingin membantu umat yg sedang didholimi di poso n ambon) dgn negara/banser NU, dekat dgn dukun2 syirik, mendukung pemurtadan, serta segudang hal nyeleneh lainnya yng terlalu banyak utk disbut semuanya..

    coba mohon dipikirkan n direnungkan..mungkinkah ada keimanan dibalik dajjal act itu…? apakah kebenaran dpt di manifestasikan dgn perbuatan fasik…? mohon pencerahan dr gusdurian..(humble) :-)

    • ABDUL:

      KALAU anda MAU MENGAKAJI…

      AL QURAN ITU MEMANG PORNO…HAHAHHAHA
      itu adalah kiasan……GITOE AJA KOK ANEH…HAHAHAH

      karena menjelaskan SEJELAS JELASNYA
      TENTANG YANG HAQQ DAN BATIL…

      ahhahahahahhahahha

      • ohh gitu…
        trus apa tujuan GD menggunakan istilah negatif sperti itu?
        apakah ada hubungan istilah-makna antara “porno” dgn “menjelaskan tentang yg hag dan yang batil”???

        JGN ASBUN..! XXXX ini otaknya ada di pantat.. sehingga otak ente jd kering n konslet.

      • HAHAHAHHA…

        LAH SEPERTI INI….HAHAHAH

        LEBIH BAIK BERPRASANGKA BAIK TERHADAP BELIAU…
        DARI PADA SU’UDZON ,

        APAKAH ROSULLULAH SELALU MENGAJARKAN BERPRASANGKA BURUK TERHADAP SESEORANG?????

        tp KOK BANYAK ORANG SELALU BERPERASANGKA BURUK PADA ORANG LAIN….????

        APA KARNA IRI????
        APA KARNA BENCI????

      • HAHAHHAA…

        SAYA MEMANG TIDAK LAYAK BERADA DI ANTARA WALI WALI DI BLOG INI…

        karena saya adalah setan..kata bung imron..
        HAHAHAHAHHA

  38. @gusdurian, anda jangan-jangan nggak hafal shif dzaa tsanaa kam jadda syakhshun qod samaa dum thoyyiban zid fiy tuqon dlo’ dholiman.
    GD tuh dholim thdp ustadz kita Jaafar Umar Tholib dan murid-muridnya kayak Perdana dan abdul

    • LUKMAN:
      APAKAH ANDA YAKIN …KLO BANG GUSDURIAN ADALAH ORANG YANG MENDHOLIMI USTAD USTAD ANDA….

      KLO BENER YAKIN MAKA NILAINNYA 100
      KLO SALAH MAKA ANDA LEBIH KEJAM DARI PADA PEMBUNUHAN…

      HAHAHAHHAHHAH
      DOSA DOSA DOSA

      • sudah sukup kita menanggapi komentar xxxx :) biarkan saya dia berkata apapun jangan kita tanggapi lagi sebab percuma diskusi dengan gusdurian yang taklid buta, kita sudah menyampaikan kebenaran adapun mereka menerima kebenaran atau menolaknya tergantung hidayah dari Allah………..

      • xxxxx,…
        kalau kita ingin pinter, ingin diasihi, ingin sukses usaha, ingin naik pangkat,…minta ke kiai siapa ya? dimana? Berapa maharnya, ya? Amalannya berat, ngga? Berapa hari puasanya? Baca kulhu berapa ribu kali?
        ( yg gusdurian pasti punya jawaban,…pasti!!!!)
        TERLIHAT SEKALI BEDANYA.

  39. OMON OMON KITA PENGUNJUNG ( TAMU ) YANG BIKIN RAME, SEDANG TUAN RUMAH NDK NONGOL2, SLM HORMAT BUAT USTD ‘PA’ KAMANA WAE ATUH ?? SOK GEURA TANGGEPIN YEUH TAMU, SUGUHAN2 KOPI ATUH !!!!

  40. Wah, saya kurang setuju kalau benar salah bergantung pada keilmuan kita. Kita diajari doa Allohumma arinal haqqo haqqoo warzuqnattibaa’ah. Jadi kebenaran itu ada padaNYA. Tinggal kita ikut yang mana. Ikut yang salah jadi sesat. Bikin jalan sendiri eee sesat menyesatkan.
    Strata keilmuan kan bikinan manusia. Strata keimanan ada pada ilmu Allah Swt. Di atas langit masih ada langit.

    • @Lukman Mubarok
      Knpa ndk stju ?? mas kita bilang pd anak kcl, 2+2=4, dia takan terima karena mmg keilmuannya blm nyampai, tpi bila kita bilang pd anak kls 3 pasti dia mengiyakannya, itu mksd sy dgn kata
      **tergantung pada wawasan keilmuan kita !!! ** ok !!??

      • PAK,…..
        ALHAMDULILLAH,…SAYA ADA KENAL BANYAK ORANG MULAI YG BERPENDIDIKAN NON FORMAL/TANPA IJASAH SAMPAI S3 TIMUR TENGAH DAN BARAT/EROPA, AMERIKA,AUSTRALIA.
        TERNYATA URUSAN AQIDAH TAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN ATAU WAWASAN KEILMUAN.
        MASALAH ‘GITUAN’ DAN GURDURISTIS,…..SIAPA PUN DAPAT TERJEBAK!

      • @pak hardi
        “SAYA ADA KENAL BANYAK ORANG MULAI YG BERPENDIDIKAN NON FORMAL/TANPA IJASAH SAMPAI S3 TIMUR TENGAH DAN BARAT/EROPA, AMERIKA,AUSTRALIA”
        alhamdulillah bapak tau banyak, tapi yang jadi pertanyaan, yang S3 itu dari jurusan apa ya? kalau bukan dari jurusan ‘agama islam’ sih jelas ga dipelajari aqidah..

        kalau lulusan TIMUR TENGAH, OKE lah… tapi selain itu (australia,barat/eropa dan amerika?) mana ada jurusan tarbiyah/tafsir atau sejenis itu disana? (mungkin kalau ada prosentasenya jauuh dari limit minimum regional… :-) ).

        kalo yang diambil sampel lulusan S3, lulusannya dari fakultas science/hukum/sosial/ ekonomi (dengan asumsi saya bahwa dinegara tersebut ga ada jurusan tarbiyah lho ya..), pantes saja anda berkesimpulan demikian, lah wong yang dijadikan sampel ada diluar boundary systemnya, jadi pantes akidahnya acak adut….

      • @nimbrung,…..
        dia jebolan salah satu pondok pesantren di wilayah Cirebon, s1 di IAIN Cirebon, s2 dan s3 di IAIN (UIN) Ciputat, dan….dan…..dan……
        Bukan bidang agama islam?
        Hmmm,…kalau terang-terangan saya sebutkan namanya pasti anda kenal.
        الصراحة و الحقيقة , أنا أعرف تماما ما قدر معرفتك في الامور الدينية و بالخاصة الامور الاسلامية. أنت لست بالشيء ولا فائدة لي للحوار مع الناس على مثلك . وصح من قال ان الهدى هدى الله , والله ولي التفيق و الهداية

    • karena itu, umat islam tak usah sekolah, karena Allah yang mengjarinya kok…seperti dikatakan mas mubarok (Allohumma arinal haqqo haqqoo warzuqnattibaa’ah.) benarlah memang..Strata keilmuan kan bikinan manusia. Strata keimanan ada pada ilmu Allah Swt. Di atas langit masih ada langit.

      maka, hanya orang2 bodoh yang mau belajar sama orang berilmu…karena benar salah tak bergantung pada keilmuan kita.

    • @lukman
      nah anda sendiri sudah menyadarinya ” Jadi kebenaran itu ada padaNYA…”, lalu kenapa anda menghujat gusdur? bukankah kebenaran itu ada padaNYA?

      tolong dipahami, dalam diskusi disini bukan gusdurnya tapi fenomena makamnya…
      (tapi kalo mau melebar sampe ke gusdurnya ya ga apa-apa juga sih.. :-) )

  41. Semua itu rahasia Allah. Kalo anda masih percaya Allah maka apa yang bagi anda tidak masuk akal dan tidak mungkin tapi bagi Allah itu BISA. Jadi kenapa masalah seperti ini di bahas. Bahas saja amalan kalian dengan sang kholiq.

  42. Sabarrr, tenang…
    tak usah kaget sama opini pemilik blog ini
    semuanya jelek dan buruk jika berasal dari NU
    tak usah diributin!

    ngakunya sih, g benci sama NU dan ulamanya
    tapi isi blog ini jelek2in semua…bagi pemilik blog ini ya..yang benar yg pemikiran mereka sendiri kok. Nggak usah ribut. ‘

    Mereka tak sadar tlah menuhankan pemikirannya!
    ck ck ck, ALLAHU AKBAR!!!!!

    • hai temannya darno
      itu alibi saja demi menutupi bahwa kalian sebenarnya yang dituju adalah untuk memburuk2an segala sesuatu ttg NU…ah, gitu bagaimana mau diakui bahwa wahabi itu baik??? salaf ala kalian itu maunya dianggap baik, tp oranglain selalu kalian anggap buruk. trus bingung sendiri, kok mereka2 benci sama wahabi? koreksi diri yg ksaktria dong…

      • @jeruk

        atas dasar apa anda mengatakan itu hanya alibi. cukup banyak orang2 NU yang bermanhaj salaf. Kami tidak membenci NU bung, sy sendiri sering bertanya masalah agama kepada ustadz2 NU, walaupun diantara kami berbeda pendapat masalah bid’ah.

        banyak yang membenci wahabi tdk masalah, buktinya semakin banyak orang2 yg mengikuti ”seperti apa yag diturun Allah dan mengikuti Rosul”. Termasuk sy dari keluarga NU yg masih belajar sunnah. Dan Apakah ada kaum yg mengaku pemikirannya/paham yang paling salah/buruk/sesat?!

        Jika kami tidak suka kepada yg berbeda paham dgn kami, tentu anda dan yg lainnya tidak bisa leluasa untuk berkomentar di blog ini, kamipun perlu koreksi… dan terus belajar memperbaiki diri!

      • temannya darno:Jika kami tidak suka kepada yg berbeda paham dgn kami, tentu anda dan yg lainnya tidak bisa leluasa untuk berkomentar di blog ini, kamipun perlu koreksi… dan terus belajar memperbaiki diri!

        makanya itu, hai temannya darno, apa yang saya katakan itu juga bagian dari koreksi bukan? Jadi dirimu tak perlu bingung mencari alasanku mengatakan itu. Kalo memang terbuka untuk koreksi diri ya, mestinya juga tidak sewot dong…karena apa yang kalian tulis itu juga bikin sewot bukan????

        atau nanti akan engkau bilang begini padaku: lho, berarti anda ingkarus sunnah??? Karena biasanya begitu. MENCAP ORANG LAIN INGKAR KEPADA HANYA GARA2 TAK SEPAMAH DG KALIAN…ato, jangan2 kalian ini mengaku paling PAHAM PALING PINTAR TTG AJARAN RASUL SAW???

      • @ jeruk-purut or jeruk_purut

        Maaf ikut nimbrung dikit.

        “MENCAP ORANG LAIN INGKAR KEPADA (SUNNAH) HANYA GARA2 TAK SEPAMAH DG KALIAN”.

        Tidak semudah itu mencap orang lain sebagai ingkarussunnah, ada prosesnya. Salah satu contoh bentuk ingkar sunnah yg sudah pasti/nyata pada blog ini adalah orang-orang yg tidak mengakui sunnah ruqyah, atau hanya mengimani salah satu bentuk rukyah dari ruqyah yg syirik dan syar’iyyah.

      • bung nyimak :)
        menurut anda bahwa salah satu contoh bentuk ingkar sunnah yg sudah pasti/nyata pada blog ini adalah orang-orang yg tidak mengakui sunnah ruqyah…

        masalahnya bung nyimak, tidak ada hadist langsung dari nabi saw yang menyabdakan apa yang bung catat di atas itu. Belum lagi, jika PEN`CAP`AN Ingkar sunnah itu dari anda… atau perdana..klo semua orang berhak menCAP inkar, wah, hancur dunia ini… hanya ahlinya saja…yang bisa mengukur dg ilmu yang cuma berdasar PERMAINAN LOGIKA…

      • @ jeruk-purut

        Yah mbulet lg deh…. (pinjam istilahnya Mas Jiwa01).
        Yo wis, saya ulang sedikit saja. Coba anda tanya sm Aa Gym apa itu ingkar sunnah?

        * Diskusi masalah ini sudah pernah dibicarakan antara saya, Mas Kian Santang, dan Mas Tomy. Nanti tak lampirkan juga linknya (masih saya cari).

      • hehehehe
        sesekali dianggap mbulet itu harus bung nyimak
        diskusi seperti nggak nyambung itu juga perlu..
        jadi, para peminat blognya mas perdana…pasti banyak dianatara nada yang jidatnya berkerut, dan isi hati dan pikirannya yang karut-marut, setelah berdebat di blog ini…kasihan mereka…
        mari sejenak melepaskan kunkungangan emosi bung nyimak…merdeka..bersantai sejenak…kalo anda suka ngopi…mari kita ngopi dulu…

      • @jeruk purut,
        nimbrung lagi ya…kayaknya anda salah deh dalam menggunakan istilah alibi, alibi itu artinya : tidak ada di tempat kejadian (menurut KBBI)… monggo dilanjut…

      • suwun mas nimbrung. Maksudnya sama saja kok (tidak ada di tempat kejadian). Jadi maksud saya, menganggap ada sebuah `anggapan, niat/motivasi` yang sebenarnya tidak ada… artinya, mengada-adakan apa sebenarnya tidak ada `dalam niatnya`

  43. sebarkanlah islam dengan kebaikan islam tanpa rasa kasih sayang dankejujuran akan membuat kita jauh dari agama agama bkan urusan ritual saja ad bidang muamalah di situ jika berbeda paham hargailah kebenaran yag hakiki ada di tangan Allah swt.jika masih penasran ya buktikan sja di yaumil akhir nanti ok cuy intropeksi dirilah kalian semua wassalam

  44. OK,….LUPAKAN PERBEDAAN SEJENAK DAN MARI KITA DENGAR SEBUAH CERITA LUCU DARI SEORANG KAWAN SAYA . ( SEORANG NU TULEN ).
    - KATA DIA,…PAK,…..BISAKAH BAPAK MEMBAYANGKAN BAGAIMANA SEANDAINYA WILAYAH HARAMAIN ASYARIFAIN (MAKKAH DAN MADINAH) JUGA AL-AQSHA BERADA DI TANGAN PENGUASA SEMACAM GUS DUR????
    SEBELUM SAYA MENJAWAB,…DENGAN NADA MENGEJEK DIRI SENDIRI DIA BERKATA:
    ” YA JELAS BAKALAN HABIS ITU BATU / TEMBOK KA’BAH (DITETELI) , MASJIDIL HARAM DAN LINGKUNGAN SEKITARNYA. MENGAPA? KATANYA LAGI. KARNA MUNGKIN AKAN SUDAH HABIS LUDES TERJUAL UNTUK AJIMAT, UNTUK KENANG-KENANGAN DAN UNTUK DIAMBIL HIKMAHNYA, BAROKAHNYA ATAU SYAFAATNYA. LAGI,….LANJUT DIA,…SETIAP HARI AKAN ADA BAZAAR BARANG-BARANG BERHIKMAH, AKAN ADA BANYAK TULISAN UNTUK BERAMAL AMALAN TERTENTU,..AKAN…AKAN,…AKAN,…(DIA BERHENTI SENDIRI ).
    UNTUNG DIPEGANG WAHABI, YAAAA? KATA DIA SAMBIL MENATAP TAJAM MUKA SAYA.
    SAYA HANYA TERDIAM DAN MEMBIARKAN DIA MENIKMATI LAMUNANYA SENDIRI.

    • cobalah anda baca lebih jauh ttg sejarah wahabi kawan..apa yang terjadi tanah saudi sana…bacalah banyak buku, banyak informasi…

      • iya,…saya lagi nyari buku karangan gus dur dan gusdurians . Ingin tau amalan apa yg bikin kita bisa ngilang; bagaimana cara mengundang jin agar jadi suporter TIMNAS kita,…agar,…..diasihi dan dapat sumbangan dari Coca-cola atau AIPAC,….agar….
        (mas jeruk,….saya yakin anda…………….
        ah ga usah ditulis pasti paham.

  45. YU KITA LUPAIN LAGI HUJAT MENGHUJAT, LECEH MELECEHKAN DAN OMONGAN NGGA ENAK LAINNYA,….DAN MARI KITA RENUNGKAN DONGENGAN ORANG TUA JAMAN DAHULU YANG PERNAH MENGALAMI MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG :
    NAK,….ORANG BELANDA, ORANG JEPANG,…MEREKA PENJAJAH ITU BAIK-BAIK LHO SAMA KITA KAUM MUSLIMIN. POKOKNYA ASAL KITA NGGA MACAM-MACAM, HANYA BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT, KITA NGGA DIAPA-APAKAN. MALAHAN,…KITA BISA MENGAJUKAN PROPOSAL SUMBANGAN MAULIDAN ATAU SUMBANGAN LAIN UNTUK PEMBANGUNAN MASJID/PONDOK KITA. MALAHAN LAGI, MEREKA AKAN SENANG SEKALI MEMBERI KITA LOUD SPEAKER YANG BISA BERSUARA NYARING DAN KERAS. MEREKA BAIK SEKALI,…SUNGGUH!
    (SILAKAN TEBAK TERMASUK TIPE MUSLIM BAGAIMANA ORANG TUA INI).
    HAL KEKINIAN YG SERUPA ATAU MIRIP :
    - The Coca-cola Foundation USA Bangun Asrama Pondok Pesantren
    - Coca-Cola Dirikan Ponpes Bagi Korban Gempa Padang | Astaga!com
    - Coca-Cola Bangun Asrama Pesantren dan Rumah Tahan Gempa Dj Padang
    - 1.
    Pendidikan

    The Bureau of Education and Cultural Affairs of the US State Department melalui The Institute of Training and Development Amherst, Massachusetts, USA menyelenggarakan pelatihan bagi para Pimpinan Pondok Pesantren dari Indonesia selama 4 minggu. Di sela-sela pelatihan para pimpinan pondok pesantren yang berjumlah 19 orang dan 4 orang pendamping, telah berkunjung ke KBRI Washington DC pada tanggal 25 September 2003 dalam rangka silaturahmi dan ….
    IIIIIIH,……..SAMA SAJA YA KEJADIANNYA!

    • as wb. slm knl buat @ HARDI IMRAN smg anda bs jadi rekan ana !!!!!!

      ikutan berbagi opini !!
      menyimak dongeng yang @HARDI IMRAN tuturkan, sy sbg militer beropini demikian :
      NAK,….ORANG BELANDA, ORANG JEPANG,…MEREKA PENJAJAH ITU BAIK-BAIK LHO SAMA KITA KAUM MUSLIMIN. POKOKNYA ASAL KITA NGGA MACAM-MACAM, HANYA BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT, KITA NGGA DIAPA-APAKAN. MALAHAN,…KITA BISA MENGAJUKAN PROPOSAL SUMBANGAN MAULIDAN ATAU SUMBANGAN LAIN UNTUK PEMBANGUNAN MASJID/PONDOK KITA. MALAHAN LAGI, MEREKA AKAN SENANG SEKALI MEMBERI KITA LOUD SPEAKER YANG BISA BERSUARA NYARING DAN KERAS. MEREKA BAIK SEKALI,…SUNGGUH!
      kita maklumi bersama bahwa segala usaha yg dijalankan kaum jahiliyah (penjajah) kadang kita bisa sebut saja adalah rekayasa SYAITON, dia boleh saja beramal layaknya rosululloh, tapi….. jika kita tahu (maaf tdk su’udzon) dlm dunia militerism ada yg dinamakan teori INTELIGENT, “biarlah sedikit kita berkorban demi tujuan yg akan didapat lebih besar dari pengorbanan itu sendiri”. boleh jadi penjajah itu berbaik hati dlm hal ini, tapi siapa tahu dibalik itu ada penyusupan2 ide, isme dlsb yang yang tanpa disadari akan menjadi bumerang buat kita dimasa datang, contoh nya dlm hal infasi daerah kekuasaan, dia berbaik hati untuk membangun jalan, jembatan, sarana umum dll toch ahirnya setelah jadi dia hembuskan politik DEVIDE at IMPERA.
      dari segi positif boleh saja ada nilainya. tapi dari posisifnya justeru lebih banyak negatifnya,
      dlm hal ini tidak lepas seperti kita menghukumi minuman yang ber ARAK
      jadi kesimpulannya BOLEH AMBIL YANG BAIKNYA, hati hati dengan maksud YANG BAIKNYA siapa tahu ada udang dibalik BATUGEDE ok……..!!!!

  46. @@@ NIMBRUNG YTH,

    SEPERTINYA ANDA MEMAKSAKAN DIRI UNTUK MENGETAHUI SIAPA DAN APA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MEREKA YG IKUT NONGKRONG DI warung blog ini. WAH ANDA PENASARAN, YA? NO WORRIES, ITU HAQ ANDA.
    NAMUN YG MENARIK DARI BALASAN ANDA ADALAH BAHWA ANDA DID NOT GET THE POINT. DAN KEMUDIAN MEMBELA DIRI DENGAN ALASAN-ALASAN ANDA YANG SEOLAH AKADEMIS INTEKTUALIS, DENGAN HARAPAN ORANG LAIN BISA YAKIN ANDA SEORANG TERPELAJAR DAN UCAPAN ANDA PASTI BENAR.
    PADAHAL SEBENARNYA TEORINYA SEDERHANA SEKALI,…BACA DAN SIMAK TULISANNYA,…BAIK AMBIL DAN BUANG YG BURUK. THAT’S IT. TOH AKAN TERLIHAT SIAPA ANDA DAN WARNA AQIDAH ANDA. ( kelihatan khoq apakah anda punya keris, azimat,isim,sering puasa patigeni, dsb)
    YA,…@ nimbrung,….ADA SEMACAM KONSTELASI UNIK DAN RUMIT DALAM DIALOG DIBAWAH BENDERA GUS DUR DALAM BLOG INI, TENTANG ILMU DAN HIDAYAH; TTG ILMU DAN IMAN; TTG IMAN DAN TAQWA; TTG IMAN DAN AQIDAH.
    SEKALI LAGI @ nimbrung,….S3 BUKAN BUKTI DAN JAMINAN SESEORANG ngga nyimpen keris di rumahnya. Hee he…heee.
    Nyantai azza ya bacanya, @ nimbrung.

    • KEMUDIAN MEMBELA DIRI DENGAN ALASAN-ALASAN ANDA YANG SEOLAH AKADEMIS INTEKTUALIS, DENGAN HARAPAN ORANG LAIN BISA YAKIN ANDA SEORANG TERPELAJAR DAN UCAPAN ANDA PASTI BENAR.
      PADAHAL SEBENARNYA TEORINYA SEDERHANA SEKALI,…BACA DAN SIMAK TULISANNYA,…BAIK AMBIL DAN BUANG YG BURUK. THAT’S IT. TOH AKAN TERLIHAT SIAPA ANDA DAN WARNA AQIDAH ANDA. (

      terasa sekali anda ini sangat memaksakan diri karena ketakutan dg orang2 akademis-kah?

      • ngga,….saya takut anda mencium tangan saya ketika anda tahu siapa saya, sekolah,mondok,kuliah dan tahu bapak-kakek saya dan marga keturunan saya.
        Karena otak gusdurian biasanya tak berfungsi bila dihadapkan pada keadaan seperti itu.
        So sorry ya,….perut jeruk..!

    • @pak hardi…
      “…TERLIHAT SIAPA ANDA DAN WARNA AQIDAH ANDA..kelihatan khoq apakah anda punya keris, azimat,isim,sering puasa patigeni, dsb”
      wah saya terharu nih bacanya, ternyata bapak bisa ilmu TRAWANGAN ya….? kalau menyimak apa yang ada di blog ini sih, kalau ada orang yang sok bisa melihat sesuatu yang sebenarnya tidak bisa dilihat, itu termasuk dukun,, bener ga pak?

      sekalian ditambah pak hardi : selain keris juga ada ‘golok pembunuh naga’, ‘parang cut nyak dien’, ‘panah asmara’, ‘kujang wulung’, ‘pedang roh harimau’ juga ‘kapak maut naga geni 212′… :-) kalau mau trawang sekalian… jangan setengah-setengah, nanti benda yang ga disebutin jadi iri… :-) :-)

      “DAN KEMUDIAN MEMBELA DIRI DENGAN ALASAN-ALASAN ANDA YANG SEOLAH AKADEMIS INTEKTUALIS” perasaan ga ada yang ilmiah deh dari tulisan-tulisan saya, ya… kalau saya bicara ilmiah, takut jawaban dari anda lebih dari 4 halaman kertas folio (dan tentunya lebih pusing karena tidak mengena sasaran)…

      “S3 BUKAN BUKTI DAN JAMINAN SESEORANG ngga nyimpen keris di rumahnya”, memang nyimpen keris ga boleh ya pak? emang keris bikin heboh ya? :-)

      “Nyantai azza ya bacanya, @ nimbrung.” ya… saya sangat santai baca tulisan anda karena rugi kalau saya serius nanggapi sebuah igauan.

      minum kopi dulu pak hardi, jangan emosian baca balesan dari saya…. :-)

      • @pak hardi
        sebentar pak saya mau tersenyum dulu lihat balasan anda (tuuu khan,…. wong terpelajar,…urusan ‘nyimpen keris’ larinya ke…..boleh apa tidak….), :-) :-)

        ternyata benar dugaan saya, anda tidak mengerti tentang boundary context, pantas selama diskusi terasa out of context terus, padahal sudah saya sengaja sederhanakan lho bahasanya,apalagi…apalagi… :-)

        introspeksi diri itu memang sulit ya? mau mengkritik tak mau di kritik, pengen pendapatnya diakui tapi tak mau mengakui pendapat orang lain… dan saya pun sama, tidak lepas dari pengecualian.

        mungkin ini yang dinamakan dengan istilah ‘senjata makan tuan’ ya pak hardi?, menyuruh orang lain sekolah padahal yang perlu disekolahkan diri sendiri dulu, bicara dengan istilah pas diberi istilah bingung sendiri, mengatakan orang lain tidak nyambung padahal…ditanya pendidikan eh… jawabnya (4SKS) sampe ke sirotolmustakim… :-)

        (tapi… engga apa-apa sih jawab apa aja, engga masalah, juga engga ada yang marah, termasuk mengetik dengan caps lock terus menyala juga ga masalah…. :-) )

        maju terus pak hardi, nantikan komentar-komentar saya selanjutnya…
        salam damai…

      • @nimbrung & perut jeruk
        وينك يا أخو الناس ,والناس في العالم يلتفتون الى الاسلام كسبيل الوحيد لانقاد الدينا من الكوارث و انت و وليك الشياطين أين أنتم ؟ أنتم الراقدين النائمين المسكين بين أعداء الله و الان تقولون بانكم المثقفين المتعلمين المتقين المهتدين ؟ كيف تصبحون رحماء بين الكفار و أشداء بين المسلمين ؟

  47. mohon penjelasan,,di diskusi ini ada yang menyebut gusdur sebagai DAJJAL, nah setahu saya dajjal itu kan bermata satu, dan ada tulisan KAF, FA,RO nya di dahinya, selain itu juga dia punya kekuatan menyuburkan tanah yang tandus dan sebaliknya me-nanduskan tanah yang subur, dapat mendatangkan keajaiban-keajaiban. Dajjal juga matinya kan dibunuh nabi isa (kalau tidak salah) setelah 7 tahun beroperasi. dajjal juga hadir setelah imam mahdi datang.
    kalau saya perhatikan, karakter gusdur itu bukan dajjal lho ya, karena :
    1. di dahinya (gusdur) tidak ada tulisan KAF, FA, RO
    2. imam mahdi belum muncul, padahal seharusnya kan imam mahdi dulu terus dajjal ya kan?
    3. gusdur tidak dapat menyuburkan tanah yang tandus dan menanduskan tanah yang subur
    4. gusdur meninggal karena penyakit dan tempat meninggalnya di rumah sakit, bukan dibunuh nabi isa.
    5. gusdur itu hadir lebih dari 50 tahun (kayaknya…), nah kalo dajal kan cuma 7 tahun (kalo ga salah).

    kalo berdasarkan itu, rasanya ada ketidak cocokan antara gusdur dan dajjal, maka gusdur bukan dajjal ya tho?

    mohon pencerahan, karena ilmu tentang dajjal yang saya ketahui cuma seperti yang disebutkan diatas. atau ada yang lain menafsirkan dajjal itu siapa?

      • @ nimbrung + perut jiruk + gusdajjalians
        o ya ya ya ya ya yaaaaaaaaaaaaay,
        teu kahartosnya kang ? Sesah geuning, nya?
        Mangga linggih atuh, urang ngopi weh daripada urang diskusssss sssia.
        Abdi gaduh amalan sae, kang,….hoyong teu?
        YOU CAN’T HIDE WHAT YOU ARE.

      • @pak hardi
        eh,,, gimana ya bikin bahasa yang sangat sederhana tuh….?? ting…ting…(mikir) kayaknya ini terlalu sulit dicerna oleh pak hardi… ah cobian :

        nya yeuh, abi teu terang maneh nyarios naon wae,
        masih ngalindur pak?
        amalan naon pak dukun hardi?

        mangga kopi nya diminum dulu pak, biar jawabnya enak..
        (sst…tapi ini rahasia lho ya…katanya kopi bisa meningkatkan daya pikir lho, dan juga bikin mata kuat melek… cocok untuk pak hardi dukun yang suka jawab sambil mengigau..)

      • @ nimbruuuuuuung,…
        PIKASEURIEUN.
        ..nya yeuh, abi teu terang maneh nyarios naon wae,
        masih ngalindur pak?….
        TEU NGARTOS NAON ANU DICARIOSKEUN?
        BAHASA ARAB MEMANG SESAHNYA KANG?
        INGGRIS OGE KOMO,
        PANTES TEU NGARTOS, DA KATINGAL ATUH NAJAN AKANG API-API PINTER OGE.
        NGALINDUUUUR ? HUWA HAA HAAA HAAAA
        JADI HOYONG NGAGAK GAK EUY,….KU SABAB ENTE TEU BECUS NANAON,…..ENTE NUNJUK BATUR NGALINDUR?
        SEUEUR TEUING NGARUJAK KANGKUNG MEUREUNNNN !
        لاه ,…والله ما أنت الا الحمارالناطق لا شيء عندك الا التعصب بولي الشياطين !…..معروف

      • @pak hardi…
        enya euy susah bahasa arab teh, basa inggris oge sami susah, ngaku abi mah… teu bisa….sekarang teh lagi belajar… :-),

        hmm…waduh terbawa irama pak hardi jadinya nih? ikut jadi tukang hina dan tukang hujat jadinya…

        kembali ke irama yang benar…

        oke lah pak hardi, maaf bila tulisan selama ini menyinggung anda.

      • @NIMBRUNG,

        MAAF KHILAF, YG SAYA MAKSUD ALM GUS DUR BUKAN DAJJAL YG ANDA MAKSUDKAN ITU!

        KATA ”GUS DAJJAL” SAYA CABUT!

      • pak hardi…
        saya tak membahas Gus Dur. Bagi saya GD itu bukan malaikat. Pasti ada kelirunya. Yang menjadi masalah ketika anda dan kawan-kawan, menjadi mabuk mencerca keburukan GD…dan melupakan risalah nabi lainnya “ada teladaan, akhlakul karima Rasul Saw”.

        saking `dalam`nya, hg membentuk kebencian tiada tara pada beliau. ANDA SUDAH BERLEBIHAN. OVERDOSIS. SEPERTI MEMINTA ANAK KECIL BERHENTI MEROKOK, SEMENTARA ORANGTUANYA SENDIRI PEROKOK BERAT??

        begitulah Anda terhadap GD.Hg lupa pada hakikat Islam sebagai agama moral (akhlak)… saran saya, bacalah kembali posting2 anda…

      • @jeruk,…
        Akhlaqul karimah???
        Apa lagi ini?
        Anda telah ‘ berakhlaq’ ketika anda membela Gus Dur yang terang-terangan bersikap aneh itu?
        Anda telah berakhlaq ketika berdiam melihat kekungkaran yg dia perbuat?
        Anda berakhlaq ketika sekeras-kerasnya melawan dia yang mengajak kepada kebajikan?
        Anda berakhlaq ketika membisu dan tak berkutik ditengah kemungkaran?
        Anda berakhlaq ketika melihat agama dan hukum Allah diobok-obok dan anda diam?
        Anda berakhlaq ketika melihat saudara-saudara kamu (Muslim) : iman mereka ditukar indomie?
        Anda berakhlaq ketika saudara-saudaramu dan keluarga mereka disatroni kemungkaran tepat dirumah-rumah mereka?

        Akhlaqul karimah atau TAKUT atau NO COMMENT alias NGGA NGERTI APA-APA ALIAS JUGA NGGA NGERTI APA YG SEBENARNYA TERJADI?

        JANGAN-JANGAN ANDA MEMANG SEPERTI KASUS KAFIR DIATAS, BELUM MEMPELAJARINYA SAMPAI KESANA.

        AYOOOOO,……..
        TAKUT DIBILANG PEMARAH , YAAA?
        TAKUT KELIHATAN BODOH ,YAAA?
        TAKUT KUALAT SAMA GUS DUR, YAAAA?
        TAKUT DIKATAKAN KAMPUNGAN, YAAAA?
        TAKUT DITANYA DALIL-DALIL, YAAAA?
        TAKUT KARENA TAK PUNYA DASAR, YAAAA?
        namun yang sangat saya heran :
        anda nampak TAK TAKUT ADZAB ALLAH MENIMPA ANDA!

      • @jeruk,….
        tahukan anda, bahwa
        MEMAKI GUS DUR itu merupakan IBADAH?
        MENCERCA GUS DUR….JUGA IBADAH
        he…heee….heeee
        ini bukan teka-teki silang jeruk,..
        Ayooo, jeruk,….nambah pusing ,yaaaaaa?
        apa anda perlu saya tunjukan rujukan2 tentang :
        ” MARAH DALAM PANDANGAN ISLAM ” ?
        hmmm,……atu-atu ya,…

      • wuakakakakaKAAA
        dirimu kok tambah ngawur saja, wah wah..

        mari kita baca ulang kalimat orang yang sedang memerjuangkan ajaran Rasulullah Saw:

        @jeruk,….
        tahukan anda, bahwa
        MEMAKI GUS DUR itu merupakan IBADAH?
        MENCERCA GUS DUR….JUGA IBADAH

        wakakakkkkkkkkk…
        anda memang jempolan. Beginilah para dai islam, yang katanya pengen mengembalikan umat kepada jalan yang benar, Assunnah dan Alquran???

        hayo teruskan saja jurus ngawurnya bang..

      • jeruk-purut, on Maret 17, 2011 at 2:01 am said:
        ((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((((( wuakakakakaKAAA
        dirimu kok tambah ngawur saja, wah wah..

        mari kita baca ulang kalimat orang yang sedang memerjuangkan ajaran Rasulullah Saw:

        @jeruk,….
        tahukan anda, bahwa
        MEMAKI GUS DUR itu merupakan IBADAH?
        MENCERCA GUS DUR….JUGA IBADAH

        wakakakkkkkkkkk…
        anda memang jempolan. Beginilah para dai islam, yang katanya pengen mengembalikan umat

        kepada jalan yang benar, Assunnah dan Alquran???

        hayo teruskan saja jurus ngawurnya bang..))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))))

        BALASAN KHUSUS UNTUK JERUK DAN KAWAN-KAWAN JERUK.
        @jeruk,….
        Saya amat sangat bergembira melihat kehadiran anda kembali dalam acara ‘didiskusian’ yg

        mengetengahkan SOSOK GUS DUR : WALI atau DAJJAL alias IBLIS.

        Anda MENDUKUNG HABIS GUS DUR dan SAYA ,…..sampai berani mengatakan :
        MEMAKI GUS DUR itu merupakan IBADAH?
        MENCERCA GUS DUR….JUGA IBADAH

        DISINI JELAS,…IDE KITA TERNYATA BERSEBERANGAN DAN BERTOLAK BELAKANG,.

        MENGAPA sampai berani mengatakan :
        MEMAKI GUS DUR itu merupakan IBADAH?
        MENCERCA GUS DUR….JUGA IBADAH.

        GUS DUR.
        Menurut hemat banyak orang, orang ini sudah terlalu melampaui batas-batas kewajaran dalam

        beberapa masalah. Dan mungkin anda pun sudah mengerti mengapa,….seperti yg telah ditulis

        oleh banyak kawan kita dalam blog ini.
        Dan bukan sedikit orang yg beranggapan bahwa tindakan/perilaku demikian-apalagi dilakukan

        dengan kesadaan penuh dan rasa bangga diri-, sudah tergolong dalam kategori MUNAFIQ

        serendah-rendahnya, dan ada yg sampai mengatakan KAFIR. (Dalam ke dua artinya?).

        Ya,…menurut hemat saya sendiri orang ini sudah bersikap keterlaluan dan diluar batas. Dan-

        seperti dalam posting saya yang lalu-, saya begitu heran melihat sikap kalian para pendukungnya

        yang terkesan meng-OK dan bahkan kegilaannya dianggap sebagai tanda-tanda

        KEWALIANNYA.
        Dalam timbangan syariah Islam SAJA,, Gus Dur sudah termasuk dalam kategori : KAFIR,

        MUNAFIQ atau DZALIM.

        Sekarang,…lupakan CAP KEKAFIRAN GUS DUR,…dan merendah pada tingkat MUNAFIQ DAN

        DHALIM. (MASIH DALAM KORIDOR / DIANGGAP MUSLIM).

        Mari kita lihat ciri-ciri MEREKA dan gambarannya.

        Surat Al-Munafiquun
        Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: “Kami mengakui, bahwa

        sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah”. Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu

        benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu

        benar-benar orang pendusta. (1) Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu

        mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah

        mereka kerjakan. (2) Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telah

        beriman, kemudian menjadi kafir (lagi) lalu hati mereka dikunci mati; karena itu mereka tidak dapat

        mengerti. (3) Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum.

        Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan

        kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada

        mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya) maka waspadalah terhadap mereka; semoga

        Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran)? (4)

        = MUNAFIQUN itu MASIH BERARTI ORANG MUSLIM JUGA, meskipun telah mendekati GARIS

        kafir dan musyrik.
        ………(2) Yang demikian itu adalah karena bahwa sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian

        menjadi kafir (lagi). (Surat Al-munafiquun.)
        = Mereka main-main dengan KEIMANAN mereka.
        = Mereka pendusta dan sumpahnya hanya sebagai perisai.
        = MENGHALANGI ORANG LAIN KE JALAN ALLAH.
        = HATINYA TERKUNCI MATI, MAKA MEREKA SULIT DIBERI PENGERTIAN APAPUN.
        = MEMBUAT ORANG LAIN KAGUM ATAS PERKATAAN MEREKA ( MUNGKIN KARENA RASA

        PERCAYA DIRI MEREKA YANG TINGGI – PEDE ).
        = MEREKA SEBENARNYA BAGAIKAN KAYU BELAKA (PADA HAKEKATNYA TAK BERGUNA).
        = SENSITIF DAN PERASA ( TIDAK BOLEH DAN TAK MAU DIKRITIK ATAU DIBILANG MUNAFIQ.
        = MEREKA ADALAH MUSUH BAGI ORANG-ORANG MU’MIN YANG SEBENARNYA. (!!!!!).
        = WASPADAILAH MEREKA SELALU / WASPADALAH TERHADAP MEREKA.
        = (DO’AKAN) AGAR ALLAH MEMBINASAKAN MEREKA!
        = SULIT DIPAHAMI MENGAPA SAMPAI MEREKA BISA DIPALINGKAN (OLEH BUJUK RAYU

        SYAITHAN) DARI KEBENARA..
        = MEREKA MERUPAKAN VIRUS UMAT YANG DAPAT MENYESATKAN ORANG LAIN.
        Ash-Shu’ara
        وَمَا أَضَلَّنَا إِلَّا الْمُجْرِمُونَ ﴿الشعراء: ٩٩
        Dan tiadalah yang menyesatkan kami kecuali orang-orang yang berdosa. (99)
        = AKAN MARAH DAN TIDAK SENANG/SUKA BILA ADA YG INGIN MENDUDUKKAN YG HAQ

        DAN BATHIL PADA TEMPATNYA.
        Al-Anfal
        لِيُحِقَّ الْحَقَّ وَيُبْطِلَ الْبَاطِلَ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ ﴿٨﴾
        agar Allah menetapkan yang hak (Islam) dan membatalkan yang batil (syirik) walaupun orang-

        orang yang berdosa itu tidak menyukainya. (8)
        = BOLEH BERKATA KEPADA SESEORANG ; KAMU ITU TERMASUK GOLONGAN ORANG-

        ORANG YANG SESAT, MESKIPUN ITU BAPAK / ORANG TUA KITA SENDIRI.
        dan ampunilah bapakku, karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang

        sesat, (86)
        At-Tawba
        Hai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapa-bapa dan saudara-saudaramu menjadi

        wali(mu), jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu

        yang menjadikan mereka wali, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (23)
        = LEBIH MENGUTAMAKAN KEKAFIRAN ATAS KEIMANAN.
        = DZALIM HUKUMNYA YANG MENJADIKAN MUNAFIQIN SEBAGAI WALI.
        = MEREKA ADALAH ORANG-ORANG YANG ADA PENYAKIT DALAM HATINYA. ( SAMA

        DENGAN PENYAKIT HATI YANG DIDERITA KUFFAR DAN MUSYRIQIIN).
        = MEREKA BERANGGAPAN, ORANG-ORANG MU’MIN ADALAH ORANG-ORANG YANG

        TERTIPU AGAMA.
        = SYAITHAN MENJADIKAN MEREKA MEMANDANG BAIK PERKERJAAN DAN SIKAP MEREKA.
        = DILINDUNGI SYAITHAN ; MENJADIKAN SYAITHAN SEBAGAI PELINDUNGNYA.
        Al-Anfal
        (Ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya

        berkata: “Mereka itu (orang-orang mukmin) ditipu oleh agamanya”. (Allah berfirman): “Barangsiapa

        yang bertawakkal kepada Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

        (49)
        = MEREKA TAKUT AKAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN YG DIANGGAP BAKAL MENGULITI TUNTAS

        PERILAKU MEREKA.
        = SENANG MENGEJEK ORANG-ORANG MU’MIN.
        = CIRI UTAMA DAN PENTING : MENYURUH KEPADA KEMUNGKARAN DAN MELARANG PERBUATAN KEARAH KEBAJIKAN ( LAWAN AL AMRU BIL MA’RUF DAN NAHYU ‘ANIL MUNKAR)
        Al-Anfal
        Orang-orang yang munafik itu takut akan diturunkan terhadap mereka sesuatu surat yang

        menerangkan apa yang tersembunyi dalam hati mereka. Katakanlah kepada mereka:

        “Teruskanlah ejekan-ejekanmu (terhadap Allah dan rasul-Nya)”. Sesungguhnya Allah akan

        menyatakan apa yang kamu takuti itu. (64)
        = MEREKA TELAH MELUPAKAN ALLAH, DAN ALLAH TELAH MELUPAKAN MEREKA.
        Al-Anfal
        Dan ketika syaitan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka dan mengatakan:

        “Tidak ada seorang manusiapun yang dapat menang terhadapmu pada hari ini, dan

        sesungguhnya saya ini adalah pelindungmu”. Maka tatkala kedua pasukan itu telah dapat saling

        lihat melihat (berhadapan), syaitan itu balik ke belakang seraya berkata: “Sesungguhnya saya

        berlepas diri daripada kamu, sesungguhnya saya dapat melihat apa yang kamu sekalian tidak

        dapat melihat; sesungguhnya saya takut kepada Allah”. Dan Allah sangat keras siksa-Nya. (48)

        (Ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya

        berkata: “Mereka itu (orang-orang mukmin) ditipu oleh agamanya”. (Allah berfirman): “Barangsiapa

        yang bertawakkal kepada Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

        (49)
        = ALLAH MENGANCAM MEREKA DENGAN NERAKA JAHANNAM.
        = MEREKA DILAKNAT ALLAH SWT DAN AKAN DIBINASAKAN.
        = MEREKA SELAU BILANG : URUSILAH DIRIMU MASING-MASING, URUS DIRIMU SENDIRI!
        Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang

        beriman: “Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebahagian dari cahayamu”. Dikatakan

        (kepada mereka): “Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu)”. Lalu

        diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan

        di sebelah luarnya dari situ ada siksa. (13)
        DAN SIFAT-SIFAT TERCELA LAINNYA.
        LALU APA KATA ALLAH SWT KEPADA MEREKA

        كُلُوا وَتَمَتَّعُوا قَلِيلًا إِنَّكُم مُّجْرِمُونَ ﴿المرسلات: ٤٦﴾

        MAKAN DAN NIKMATILAH SEJENAK HIDUPNYA, ….WAHAI ORANG-ORANG YG SENANG MELAKUKAN PERBUATAN DOSA.
        ( PERIS SAMA KETIKA ALLAH SWT JUGA MENGATAKAN KEPADA KUFFAR,- TA’BIRNYA).
        LIHATLAH,….ADA APA MAKSUD ALLAH DENGAN PERSAMAAN INI.
        ======
        @Jeruk dan kawan-kawan jeruk,…
        Lihatlah begitu bahayanya sosok manusia seperti GUS DUR dan para pendukungnya. Ringkas kata,…disamping mereka sakit,…mereka BAKALAN JADI PENYAKIT UNTUK UMMAT INI. Dan kalau orang-orang seperti ini dibiarkan berkembang biak, AKAN TUMBUH VIRUS-VIRUS UMMAT YG TAK TERHINGGA BANYAKNYA,…DAN INI TERAMAT BERBAHAYA BAGI ORANG-ORANG MU’MIN, ATAS MEREKA DAN SEGENAP KELUARGANYA.
        DENGAN JELAS ALLAH MENGATAKAN : MEREKA ADALAH MUSUHMU YANG SEBENAR-BENARNYA. ( muslim musuh muslim???= yaaaa! , ) mereka ibarat VIRUS HIV DALAM TUBUH UMMAT ISLAM ( MU’MINIIN). = INGAT IBARAT MUSUH DALAM SELIMUT?? ITULAH MEREKA!

        DAN KARENA KESELURUHAN HIDUP BAGI SEORANG MUSLIM ADALAH IBADAH, MAKA PERKATAAN KERAS KITA TERHADAP MEREKA PUN,…..TERMASUK IBADAH.

        ITU SEMUA DEMI KESUCIAN DAN KEBERSIHAN UMMAT DARI VIRUS-VIRUS YANG TERAMAT MEMATIKAN..
        MALAHAN,
        KITA AKAN BERDOSA BILA MENDIAMKAN DAN MEMBIARKAN MEREKA MERACUNI, MENGHALANGI DAN MENYEBARKAN PENYAKIT HATI YANG MEMATIKAN ITU UMMAT ISLAM LAINNYA.

      • bagus pak hardi, teruskan!
        masih banyak orang muslim yang harus anda klaim MUNAFIQ, KAFIR, SESAT di negeri ini… kumpulkan seluruhkan ayat-ayat Alquran, kemudian tafsirkan sesuai seleera. Mari….

      • @JERUK,…
        SORGA ITU BUKAN MILIK BAPAK-BAPAK KITA,..
        SORGA ITU BUKAN MILIK GUR ANU,
        SORGA ITU BUKAN MILIK WAHABI ,…
        SORGA ITU BUKAN MILIK SIAPA PUN.

        SORGA ITU MILIK ALLAH SWT.
        أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۖ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّىٰ يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَىٰ نَصْرُ اللَّـهِ ۗ أَلَا إِنَّ نَصْرَ اللَّـهِ قَرِيبٌ ﴿٢١٤﴾
        Al-Baqarah,
        Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (214)
        ===
        Al-i-Imran
        أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّـهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ ﴿١٤٢﴾
        Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. (142)
        ===
        Al-A’raf

        إِنَّ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلَا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّىٰ يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ الْخِيَاطِ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُجْرِمِينَ ﴿٤٠﴾
        Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. (40)
        ==
        At-Tawba
        إِنَّ اللَّـهَ اشْتَرَىٰ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ ۚ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّـهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ ۚ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّـهِ ۚ فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ ﴿١١١﴾
        Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (111)
        ===
        Jeruk,…
        Ghitttu azza khoq reppot,
        Kalau anda menduga anda bisa mencapai surga dengan CARA TERTAWA BARENG GUS DUR,..
        SILAKAN SAJA.
        Dan Semoga Tulisan ini bermanfaat.

      • hmmm..
        nice answer :)

        peace and love Allah with you
        santai saja pak hardi. hidup ini tak selalu sama. jika Allah saja maha pengampun, maha welas asih… rahmat-Nya lebih besar ketimbang murka-Nya. Saya bukan Gusdurian, saya cuma bagian dari orang-orang muslim yang miris dg sodara2 kita yang saling bertengkar, dan melupakan ajaran inti Rasulullah Saw. Anda dan saya, juga semuanya, semoga mendapatkan bimbingan dari-Nya dalam menekuni hidup ini, dan menjadi bagian dari kekasih Allah dan Rasul-Nya. Amin…

      • @ jeruk,…
        May Allah SWT forgive you, me and all of our Moslem Brothers who were here and will be here till God Almighty Decides us tobe apart anyhow, and after,….

        Nice answers,….?
        Beware, that’s wasn’t mine or came from me my personal ideas,…carefull not to be cheated,…THE BEST ANSWER WERE COMING FROM OUR GOD.
        البقرة :
        الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ ﴿١٤٧﴾
        The truth is from your Lord, so never be among the doubters. (147)

        @ jeruk,….
        SAYA BUKAN GUSDURIAN,..
        SAYA BUKAN GUSDURIAN,..
        SAYA BUKAN GUSDURIAN.

        Saya yakin tak seorangpun akan mengatakan :
        SAYA MEMANG GUSDURIAN SEJATI
        SELAGI DIA BERKATA-KATA DENGAN NURANI (FITHRAHNYA).

        Yang membuat anda standing SEOLAH MEMBELA,….mungkin bisikan informasi yang keliru yg berhembus kencang di atau sekitar lingkungan anda. Dan itu sangat berpengaruh pada diri anda.

        Siapa pun kita,…selagi kita dalam posisi salah akan terkuak dan terbukti salah, tak peduli siapa kita dan sebagus apapun tutur kata kita. DAN EMBEL-EMBEL SSS YANG KITA SANDANG TAK AKAN MENOLONG KITA BILA BERHADAPAN DENGAN SYARIAH ATAU KETETAPAN DAN KETENTUAN ALLAH SWT.

        YANG SALAH PASTI AKAN TERKUAK DAN TERBUKTI SALAH,…SEKARANG,…NANTI , ESOK, LUSA, TAHUN DEPAN, ABAD DEPAN ATAU BIL YAUMIL AKHIR.

        CONTOH TERBUKTINYA KEKELIRUAN SUATU IDEOLOGI : KOMUNISME.
        TERBUKTI KELIRU SETELAH BERJUTA-JUTA ORANG TELAH MENJADI KORBAN.
        DEMOCRACY AND LIBELARISM :
        MULAI TERKUAK DAN TERBUKTI BOROK-BOROKNYA :
        IRAQ ADALAH SAKSI KEBOHONGAN MEREKA.
        MASUK AFGHANISTAN HANYA MEMBERIKAN MALAPETAKA BAGI AMERIKA.
        KRISTEN MULAI MASUK MUSEUM PERADABAN.

        JANJI ALLAH SWT :
        سورة الأنعام
        فَقَدْ كَذَّبُوا بِالْحَقِّ لَمَّا جَاءَهُمْ ۖ فَسَوْفَ يَأْتِيهِمْ أَنْبَاءُ مَا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ ﴿٥﴾
        Sesungguhnya mereka telah mendustakan yang haq (Al-Quran) tatkala sampai kepada mereka, maka kelak akan sampai kepada mereka (kenyataan dari) berita-berita yang selalu mereka perolok-olokkan. (5)
        ===
        سورة الإسراء
        وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ۚ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا ﴿٨١﴾
        Dan katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap. (81)
        === Dan masih banyak lagi.

        @ jeruk,…
        Namun bagaimana pun kita tak boleh bersembunyi dibalik KEMURAHAN ALLAH SWT DAN SIFAT KEMAHAASIHANNYA.
        KEDUA SIFAT ALLAH SWT TERSEBUT BUKAN TEMPAT PERSEMBUNYIAAN YANG TEPAT DAN AMAN BAGI DIA YANG OGAH-OGAHAN DAN MALAS ATAUPUN TAKUT AKAN SYARIAATNYA.

        JADI TAK ADA ALASAN UNTUK MEMBIARKAN SIAPAPUN -TERMASUK GUS DUR- UNTUK BERMAIN-MAIN DAN MEMPERMAINKAN HUKUM-HUKUM ALLAH SWT; ATAU BERDENDANG RIA DALAM KEMUNGKARAN DENGAN BERSELIMUT KEBESARAN NAMA BAPAKNYA DAN KELUGUAN SERTA KEPOLOSAN PARA PENGAGUM BAPAKNYA.

        Semoga Allah swt senantiasa membimbing kita semua ke arah Jalan dan RidhaNya, selamanya, amin.

      • hmm
        terserah anda saja-lah..

        kalo anda bilang saya gusdurian, saya juga bilang anda ini terlalu fanatis sama fatwa anda sendiri. padahal hanya Allah-lah mengetahui kesesatan seorang hamba. Jika anda pengen tau gusdur, bacalah pemikirab gus dur dengan benar. Ia seorang politisi, seorang ulama, seorang seniman… jangan sepotong saja. Tentu saja, bahasa politik, seniman, dll itu… butuh pembacaan tersendiri… jangan seperti orang punya mobil bagus. Ia membanggakan kehebatan mobilnya… pada dia sendiri tak paham cara menyetir, tidak isi mesinnya…

        see u..

      • Saya mengerti keadaan anda, jeruk,…
        anda tak punya dalil qath’ii untuk mendukung Gus Dur dan diri anda sendiri.
        Anda bimbang dan ragu,…
        Namun anda pasti tak ingin kehilangan ‘kehidupan NYATA ‘ anda gara-gara seorang Hardi Imran yg datang dari entah berantah.
        Seperti selalu terbukti,….
        ALHAQQ akan SELAMANYA terbukti HAQ,…
        Dan yg BATHIL akan terbukti BATHIL,

      • yang mengatakan GD adalah Dajjal, hanya para dukun lho. Bukankah yang tau hal hanyalah Allah belaka kawan? Jika antum bisa memVONIS beliau Dajjal, hmmm…jangan-jangan ente semua sedang dibisik-bisikin syaitan???

        maka, perbanyaklah istighfar. Karena kita tak pernah tau nasib dan takdir kita kelak di mata Allah…

      • Apa nama sandang yang paling pantas untuk ORANG YANG SATU INI : ( lupakan dulu namanya)
        - Berphoto dengan istrinya yang berbusana tidak islami (kalung dan bagian payudaranya terlihat.
        - Ngomongnya asal keluar, asal bunyi.
        - ketika orang lain demo Anti Judi/Porkas, dia malah menerima uang sumbangan dari perjudian.
        - Ketika masyarakat marah dengan TV dan media entertainment yg cenderung memblow up pornograpy, dia malah membelanya.
        - Ketika Masyarakat Muslim resah dan marah akan sikap kaum Nasrani yg hiper agresif ( iman tukar indomie), dia malah di babtis, didoakan dan berpelukan mesra dengan mereka.
        - Ketika Masyarakat sebal dengan kemusyrikan yg semakin merajalela dan mendapat fasilitas, dia malah duduk di hadapan sebongkah batu dan terlihat berdoa di pantai laut selatan.
        - Ketika Muslim ditindas habis kaum Yahudi, dia malah lebih terlihat akrab dengan mereka.
        - Ketika Masyarakat etnis Madura dibantai habis di Kalimantan, dia lagi asyik jalan-jalan dan berkata : ah cuma segelintir orang khoq korbannya. (cuek).
        Orang yang satu ini sangat terkenal dengan sikap yang selalu merugikan kaum muslimin, selalu.
        SALAHKAH KITA BILA MENYEBUTNYA DAJJAL?

      • @pak hardi
        wah… kalau cuma ciri berpoto dengan istrinya…dst, ketika orang lain demo… dst, masyarakat resah…dst.
        bukan kah ada segolongan lain yang mirip? misalnya KOMNAS HAM yang selalu membela yang kebanyakan…? apakah KOMNAS HAM juga Dajjal? kemudian si Gulam (pendiri ahmadiyah) juga Dajjal ya? JIL juga Dajjal ya?
        ko banyak sekali dajjal?
        saya juga nemu link http://netlog.wordpress.com/category/siapa-dajjal-itu/
        disitu keterangannya valid (menurut saya), kalo yang menganggap dusdur itu dajjal, seperti saya katakan sebelumnya, bisakah kasih referensinya (yang misalnya mengatakan orang nyleneh/suka kerjasama yahudi dll itu dapat disebut dajjal)?

      • @nimbrung,…
        Kata DAJJAL yang dimaksud dengan Gus DAJJAL adalah kata kiasan belaka, seperti sebutan syetan, iblis dsb. Anda mestinya sudah memahaminya bahwa DUS DAJJAL memang bukan DAJJAL sesungghuhnya. Adapun mengenai definisi Dajjal dapat Anda temukan dengan mudah di banyak situs dan toko buku. ( Ingat topik diskusi).
        Anda membawakan aturan/qaidah/etika khilafiyah yang standard dan disepakati banyak ulama. Ini baik sekali untuk kita pelajari dan amalkan.
        Namun saya mulai membelalakkan mata ketika Anda menganggap enteng photo keluarga seorang kiai dengan istrinya yg – menurut aturan etika Islam- sangat-sangat tidak Islami. Nothing Wrong?
        Dari cara berpandangan, ternyata kita sudah jauh berbeda. Anda menganganggap busana Muslimah sebagai Nothing, not so important. Lalu anda menunjuk KOMNAS HAM yang biasanya dijabat orang-orang yang Pro Western dan dari bermacam agama.
        Kalau Orang KOMNAS HAM berphoto dengan busana demikian kita tak akan mengelus dada, meskipun sampai hanya berbikini. Mafhum.
        Ghulam Mirza?…Dia HANYA pendiri Ahmadiyah, tak lain dan kita pun mafhum.
        Yang bikin gregetan orang banyak menyebutnya GUS DAJJAL adalah, karena dia seorang kiai dengan berjuta-juta pengikut.
        Sekali lagi,…ternyata kacamata kita berbeda, pak.
        Anda melihat kemungkaran sebagai bagian dari khilafiah seperti halnya Qunut, Sunnah Qabliyah Jum’ah, Bilangan Rakaat Tarawiih, Niat Shalat dan seterusnya.
        Detik ini saya baru menyadari bahwa memang kita berbeda. Pornografi bagi anda terbilang khilafiah, Perjudian adalah lumrah, kemusyrikan juga khilafiyah.
        Wah jelas tak akan dapat bertemu sampai kapanpun.
        Saya yakin,….kalau bapak juga memakai kacamata SYAR’I, bapak akan turut menyebutnya GUS DAJJAL. Betapa tidak ? Segudang bukti menunjukkan dia layak disebut GUS DAJJAL,-kata kiasan lagi, pak – mengingat dosa-dosa dia terhadap Rabb Khaliqnya dan Ummat Islam Indonesia dan Internasional. Silakan bapak rujuk bukti-bukti KEDAJJALAN DIA di internet maupun toko-toko buku.
        (PAK,…saya menulis dibawah tentang kisah Kiai/Ulama/Pemuka agama yang terjebak Teloransi dengan KEMUNKARAN. Shocking facts).
        Ingat Gomloh, pak,….lirik lagunya….
        Kau Suka (teloransi maksudnya) Kemungkaran,..
        Dan Aku Benci Kemungkaran. ( TIDAK ADA TELORANSI DENGAN KEMUNGKARAN).
        Frankly said,….we are apart
        We’re wearing different glasses, indeed
        And it’s so hard to be together like lovers as Muslims.
        Again let’s others exactly understood the case,
        WE ARE WEARING DIFFERENT GLASSES.

      • @pak hardi
        “Pornografi bagi anda terbilang khilafiah, Perjudian adalah lumrah, kemusyrikan juga khilafiyah.”pertanyaan saya : BAGIAN mana PERKATAAN SAYA yang menyebut pornografi,perjudian, kemusrikan adalah KHILAFIYAH?

        “Anda menganganggap busana Muslimah sebagai Nothing, not so important” BAGIAN mana PERKATAAN SAYA yang menyebut Busana muslimah tidak penting?

        “kalau bapak juga memakai kacamata SYAR’I, bapak akan turut menyebutnya GUS DAJJAL” kalau begitu ini PERTANYAAN KETIGA yang SAMA, bisa sebutkan REFERENSI / DALIL yang bisa saya pegang untuk mengatakan orang yang anda sebut sebagai DAJJAL/GUS DAJJAL?

      • aduh. Kasihan sekali dikau kang Hardi Irham
        makin hebat engkau membicarakan Gus Dur dg menjelek2an beliau..

        hati-hati saudaraku…
        semakin engkau sibuk menguliti orang lain
        hatimu tambah terdesak oleh gemuruh emosimu sendiri…api akan memancar dari sela-sela sifat engkau gara-gara itu…

        ingatlah, seburuk2nya sesama muslim
        ia saudaramu. Lebih baik, bila ada saudara kita yang engkau duga tersesat, sadarkanlah dirinya. Bila tidak bisa, doakanlah. Doakanlah, seperti Rasulullah Saw mendoakan umatnya yang menyimpang..

        masih ingatkah engkau tentang ketika jibril berkata akan melemparkan gunung kepada umatnya Nabi Saw? Nabi menolak dan bersabda: jangan. mereka hanyalah orang2 yang belum mengerti..

        jika engkau ingin bertekad sesuai sunnah dan Alquran… maka lakukanlah…jika engkau membabi buta menghakimi kesalahan, kesesatan (menurutmu) sesama muslim, maka Rasulullah Saw tak pernah lakukan itu. Mari selaraskan tata pikir/laku dan hati kita betul2 sesuai dengan sunnah dan Alquran. Smg Allah selalu mengampuni kekeliruan kita. amin..

      • @nimbrung,
        PERTANYAAN ANDA :
        1- BAGIAN mana PERKATAAN SAYA yang menyebut pornografi,perjudian, kemusrikan adalah KHILAFIYAH?
        2- BAGIAN mana PERKATAAN SAYA yang menyebut Busana muslimah tidak penting?
        3- …bisa sebutkan REFERENSI / DALIL yang bisa saya pegang untuk mengatakan orang yang anda sebut sebagai DAJJAL/GUS DAJJAL?
        JAWABAN SAYA.
        1- UNTUK PERTANYAAN 1 DAN 2:
        Saya ambil dari perkataan anda sendiri :
        ” wah… kalau cuma ciri berpoto dengan istrinya…dst, ketika orang lain demo… dst, masyarakat resah…dst.
        bukan kah ada segolongan lain yang mirip? misalnya KOMNAS HAM yang selalu membela yang kebanyakan…? apakah KOMNAS HAM juga Dajjal? …”
        Pak @nimbrung,….lihatlah ucapan anda sendiri : KALAU CUMA.
        KALAU CUMA berphoto,…
        KALAU CUMA ketika orang lain demo,…
        KALAU CUMA membuat masyarakat resah,….
        KALAU CUMA ??? SEMUDAH ITU JAWABAN ANDA?
        - Berphoto dengan berbusana demikian, menunjukkan SIKAP dan PANDANGAN seseorang terhadap kewajiban menutup aurat. Dan ini HUKUM ALLAH SWT ( SYARI’AT). Belum lagi cara berbusana anak-anaknya. Ditambah dan dibuktikan lagi dengan sikap dia dalam kasus Inul yg balik menunjuk Al-Qur’an sebagai kitab paling porno. PORNOGRAFI,…masalah sepele ?
        - Membuat masyarakat resah.
        Ketika masyarakat ramai berdemo masalah PERJUDIAN (waktu itu) PORKAS. Dia malah dapat sumbangan. CUMA DAPAT SUMBANGAN ? PERJUDIAN,…MASALAH SEPELE ?
        Menurut hemat banya orang, ke dua masalah diatas bukan MASALAH SEPELE, pak! Apalagi dilakukan oleh seorang kiai.
        BAGIAN PERKATAAN BAPAK YG INI yg saya duga bahwa bapak masih menganggapnya-mungkin- sebagai masalah KHILAFIYAH. (untuk ukuran kelas saya terkena kategori ini:
        Al-Ma’idah (5) : 47
        وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
        Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik .
        Al-Ma’idah (5) : 45
        وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ
        Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.
        Ada pun BAGI ORANG SEKALIBER GUS DUR,….yang nampak bermain-main dengan HUKUM ALLAH, bagi saya termasuk dalam katagori :
        Al-Ma’idah (5) : 44
        وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
        Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah ORANG-ORANG YANG KAFIR.
        PAK, ATAS DASAR INI SAJA GUS DUR BISA DIANGGAP DAJJAL PERUSAK UMMAT, BELUM LAGI ULAHNYA YANG TAK MUNGKIN SAYA SEBUTKAN SATU-PERSATU DISINI.
        Pak Nimbrung,….
        Kita tak boleh bermain-main dengan HUKUM ALLAH SWT. FirmanNYA :
        Al-Ma’idah (5) : 50
        أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللّهِ حُكْماً لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ
        Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ?
        Al-Ma’idah (5) : 49
        احْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاءهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَن يَفْتِنُوكَ عَن بَعْضِ مَا أَنزَلَ اللّهُ إِلَيْكَ فَإِن تَوَلَّوْاْ
        dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah),
        PAK NIMBRUNG,…KAMI SADAR DAN YAKIN BAHWA PENEGAKAN SYARIAT ALLAH SWT (TERMASUK ANNAHYU ANIL MUNKAR) BUKAN HAL YANG SEDERHANA DAN BOLEH BERMAIN-MAIN TERHADAPNYA.
        KAMI JUGA PERCAYA BAHWA PENEGAKAN HUKUM ALLAH AKAN BERHADAPAN DENGAN BANYAK ORANG YANG ANTI-HUKUM ALLAH. INI TIDAK ANEH, KARENA ALLAH SWT BERFIRMAN :
        An-Nisa (4) : 61
        وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْاْ إِلَى مَا أَنزَلَ اللّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنكَ صُدُوداً
        4.61. Apabila dikatakan kepada mereka : “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.
        LIHAT PAK,….ALLAH SWT MENYEBUTKAN SECARA PASTI : ORANG-ORANG YANG AKAN MENGHALANGIMU ADALAH ORANG-ORANG MUNAFIQ.
        NAMUN SEMOGA BAPAK NIMRUNG DAN KAWAN-KAWAN YANG TERHORMAT TIDAK TERMASUK DARI GOLONGAN MUNAFIQ, YAKNI ORANG-ORANG YANG TIDAK MENYENANGI DAN MENGHALANGI TEGAKNYA HUKUM ALLAH SWT. AMIN
        Al-A’raf (7) : 87
        وَإِن كَانَ طَآئِفَةٌ مِّنكُمْ آمَنُواْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ وَطَآئِفَةٌ لَّمْ يْؤْمِنُواْ فَاصْبِرُواْ حَتَّى يَحْكُمَ اللّهُ بَيْنَنَا وَهُوَ خَيْرُ الْحَاكِمِينَ
        7.87. Jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.

      • BALASAN SAYA UNTUK JERUK PURUT :
        Rasa kasihan bapak terhadap saya BUKAN PADA TEMPATNYA.
        KASIHANILAH DIRIMU SENDIRI YANG MUNGKIN TERMASUK GOLONGAN ORANG MUNAFIQ. FIRMAN ALLAH SWT :
        1-An-Nisa (4) : 61
        وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْاْ إِلَى مَا أَنزَلَ اللّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنكَ صُدُوداً
        4.61. Apabila dikatakan kepada mereka : “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.
        —-M U N A F I Q ——-
        DAN SAYA TAHU APA YANG ANDA FIKIRKAN DAN TUJUAN ANDA SESUNGGUHNYA , ALLAH SWT MENGAJARI KITA DALAM FIRMANNYA :
        Al-Ma’idah (5) : 50
        أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللّهِ حُكْماً لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ
        5.50. Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ?
        PAK JERUK,….
        SIMPEL SEKALI CERITANYA :
        ADA 3 SIKAP GOLONGAN ORANG BILA BERHADAPAN DENGAN HUKUM/SYARIAT ALLAH SWT.
        1- MUNAFIQ
        2- DHALIM
        3- KAFIR.
        INI BUKAN PERKATAAN SAYA LHO PAK JERUK,…atau masih terasa KERAS dan membuat bapak TERSINGGUNG?
        Kami dapat petunjuk lain dari ALLAH SWT bagaiman bila berhadapan dengan orang-orang sejenis bapak : Firman ALLAH SWT :
        Al-A’raf (7) : 87
        وَإِن كَانَ طَآئِفَةٌ مِّنكُمْ آمَنُواْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ وَطَآئِفَةٌ لَّمْ يْؤْمِنُواْ فَاصْبِرُواْ حَتَّى يَحْكُمَ اللّهُ بَيْنَنَا وَهُوَ خَيْرُ الْحَاكِمِينَ
        7.87. Jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.
        Crystal Clear, indeed, so nothing gonna make me unhappy or confused.

      • mas Hardi..
        coba sampean baca komen pean ini:

        1. INI BUKAN PERKATAAN SAYA LHO PAK JERUK,…atau masih terasa KERAS dan membuat bapak TERSINGGUNG?
        2. KASIHANILAH DIRIMU SENDIRI YANG MUNGKIN TERMASUK GOLONGAN ORANG MUNAFIQ.

        Mas Hardi… meski anda hadirkan pada saya lebih banyak lagi ayat2 AlQuran, dan dengan ayat itu anda mengatakan saya termasuk MUNAFIQ melalui ayat2 itu, SAYA CUMA TERTAWA SAJA…

        ORANG EMOSIONAL SEPERTI ANDA ITU TIDAK LAYAK MENJADI TUKANG FATWA….

        ORANG FATWA ITU MEMILIKI SYARAT YANG KETAT. TAK SEMBARANG ORANG. YAITU SOSOK ULAMA YANG HATI DAN PIKIRANNYA SUDAH `ISLAMI`

        sementara anda mas hardi???? Bisa saja, saya juga melontarkan ayat pada anda. Dan memberikan VONIS TERTENTU PADA ANDA.

        MASALAHNYA… SAYA ITU SIAPA? ANDA ITU SIAPA??? ORANG YANG MASIH SUKA TERSINGGUNGAN, EMOSIONAL, TIDAK SABAR MELIHAT PERILAKU UMAT MANUSIA, TIDAK LAYAK MENGATAKAN `AKU PENDAKWAH KEBENARAN ISLAM`

        URUS KEISLAMAN ANDA DULU
        BARU URUS KEISLAMAN ORANG LAIN..

      • @nimbrung & GUS DAJJALIANS
        Dimanapun Berada.
        Saya TIDAK KAGET melihat sikap Anda yang demikian. Karena Allah SWT sejak 14 abad yang lalu SUDAH MENERANGKAN DENGAN SEJELAS-JELASNYA KAREKTERISTIK MANUSIA-MANUSIA SEJENIS KALIAN.
        MANUSIA SEJENIS KALIAN DAN BAHKAN YG LEBIH PARAH DARI KALIAN PUN SUDAH BANYAK DIGAMBARKAN DALAM KITAB SUCI AL-QUR’AN DAN HADITS RASUL.
        TIDAK ANEH SAMASEKALI. DAN SETELAH ANDA MATI PUN, AKAN ADA GENERASI LAIN SEPERTI KALIAN. INI SESUAI DENGAN JANJI IBLIS :
        Al-A’raf (7) : 16
        قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ
        7.16. IBLIS menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,.
        NYATA SEKALAI SUMPAH SI IBLIS : DIA AKAN MENYESATKAN BANYAK , BANYAK DAN BANYAK LAGI MANUSIA UNTUK DIJADIKAN TEMANNYA.
        NIMBRUNG DKK,…
        SIKAP ANDA DKK SEJENIS ANDA SAMASEKALI TAK AKAN MELURUHKAN SEMANGAT KAMI MENEGAKKAN SYARI’AT ISLAM ! ALLAH SWT TELAH MENGAJARI DAN MEMBIMBING KAMI BAGAIMANA MENGENAL ORANG-ORANG SEJENIS KALIAN DAN CARA-CARA MENGALAHKAN KALIAN!
        JANJI ALLAH SWT :
        Ar-Rum (30) No. Ayat : : 47
        وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ رُسُلاً إِلَى قَوْمِهِمْ فَجَاؤُوهُم بِالْبَيِّنَاتِ فَانتَقَمْنَا مِنَ الَّذِينَ أَجْرَمُوا وَكَانَ حَقّاً عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ
        30.47. Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus sebelum kamu beberapa orang rasul kepada kaumnya, mereka datang kepadanya dengan membawa keterangan-keterangan (yang cukup), lalu Kami melakukan pembalasan terhadap orang-orang yang berdosa . Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman.
        LIHAT : MENOLONG ORANG-ORANG BERIMAN ADALAH MENJADI HAQ ALLAH SWT !
        LEBIH JAUH AL-QUR’AN MENGGAMBARKAN ORANG-ORANG SEJENIS DENGAN GAMBARAN :
        - CENDERUNG MENGIKUTI HAWA NAFSU.
        - CENDERUNG MENGIKUTI BAPAK NENEK MOYANGNYA, KETIMBANG AL-HAQ, MESKIPUN TELAH JELAS ATAS MEREKA BAHWA MEREKA TELAH TERSESAT.
        - HATI MEREKA DEGIL, BAHKAN MELEBIHI KERASNYA KARANG.
        - SULIT MENERIMA KEBENARAN, SETERANG APAPUN KEBENARAN ITU.
        - MATA, HATI DAN TELINGA MEREKA TELAH TERKUNCI UNTUK MENERIMA KEBENARAN ALLAH SWT.
        - BERMAIN-MAIN DENGAN AYAT-AYAT ALLAH DAN HUKUM-HUKUMNYA.
        DAN…..DAN……ADA RATUSAN PETUNJUK ILAHI YANG DENGAN GAMBLANG DAN JELAS MENELANJANGI HAKEKAT SIFAT DAN KARAKTERISTIK MANUSIA-MANUSIA SEJENIS KALIAN.
        NAMUN SAYANG SEKALI,… ANDA DAN KAWAN-KAWAN ANDA TAK INGIN SAYA MEMBAWAKAN AYAT-AYAT ITU DISINI – WE KNEW YOU WON’T LIKE IT, ANYWAY).
        OKKELAH KALLO BEGHITTU,…….
        SILAKAN LALUI JALAN KALIAN,…PERBUATLAH APA YANG KALIAN MAU,..APA PUN YG KALIAN INGINKAN.
        ALLAH SWT BERFIRMAN :
        قوله تعالى : ذرهم يأكلوا ويتمتعوا ويلههم الأمل فسوف يعلمون
        BIARKAN MEREKA MAKAN DAN MENIKMATI (KEHIDUPAN DUNIA INI) DAN TERPEDAYA OLEH ANGAN-ANGAN MEREKA. TOH KELAK MEREKA AKAN MENGETAHUINYA.
        SURAT AL-HAJAR.
        ————————————–
        dan bagi kawan-kawan al-mu’minun yang ingin menyimak tafsir dari ayat ini :
        ذرهم يأكلوا ويتمتعوا ويلههم الأمل فسوف يعلمون لما دلت ( رب ) على التقليل اقتضت أن استمرارهم على غلوائهم هو أكثر حالهم ، وهو الإعراض عما يدعوهم إليه الإسلام من الكمال النفسي ، فبإعراضهم عنه رضوا لأنفسهم بحياة الأنعام ، وهي الاقتصار على اللذات الجسدية ، فخوطب الرسول – صلى الله عليه وسلم – بما يعرض لهم بذلك من أن حياتهم حياة أكل وشرب ، وذلك مما يتعيرون به في مجاري أقوالهم كما في قول الحطيئة :
        دع المكارم لا تنهض لبغيتها واقعد فإنك أنت الطاعم الكاسي

        وهم منغمسون فيما يتعيرون به في أعمالهم قال تعالى والذين كفروا يتمتعون ويأكلون كما تأكل الأنعام والنار مثوى لهم .

        [ ص: 13 ] و ” ذر ” أمر لم يسمع له ماض في كلامهم ، وهو بمعنى الترك ، وتقدم في قوله وذر الذين اتخذوا دينهم لعبا ولهوا في سورة الأنعام .

        والأمر بتركهم مستعمل في لازمه ، وهو قلة جدوى الحرص على إصلاحهم ، وليس مستعملا في الإذن بمتاركتهم ; لأن النبيء – صلى الله عليه وسلم – مأمور بالدوام على دعائهم ، قال تعالى وذر الذين اتخذوا دينهم لعبا إلى قوله وذكر به أن تبسل نفس بما كسبت ، فما أمره بتركهم إلا وقد أعقبه بأمره بالتذكير بالقرآن ، فعلم أن الترك مستعمل في عدم الرجاء في صلاحهم ، وهذا كقول كبشة أخت عمرو بن معديكرب في قتل أخيها عبد الله تستنهض أخاها عمرا للأخذ بثأره :
        ودع عنك عمرا إن عمرا مسالم وهل بطن عمرو غير شبر لمطعم

        وقد يستعمل هذا الفعل وما يراد به كناية عن عدم الاحتياج إلى الإعانة أو عن عدم قبول الوساطة كقوله تعالى ذرني ومن خلقت وحيدا ، وقوله وذرني والمكذبين .

        وقد يستعمل في الترك المجازي بتنزيل المخاطب منزلة المتلبس بالضد كقول أبي تمام :
        دعوني أنح من قبل نوح الحمائم ولا تجعلوني عرضة للوائم
        إذ مثل هذا يقال عند اليأس والقنوط عن صلاح المرء .

        وقد حذف متعلق الترك ; لأن الفعل نزل منزلة ما لا يحتاج إلى متعلق ، إذ المعني به ترك الاشتغال بهم والبعد عنهم ، فلذلك عدي فعل الترك إلى ذواتهم ليدل على اليأس منهم .

        و ” يأكلوا ” مجزوم بلام الأمر المحذوفة كما تقدم بيانه عند قوله تعالى قل لعبادي الذين آمنوا يقيموا الصلاة في سورة إبراهيم ، وهو [ ص: 14 ] أمر التوبيخ والتوعد والإنذار بقرينة قوله فسوف يعلمون ، وهو كقوله كلوا وتمتعوا قليلا إنكم مجرمون .

        ولا يحسن جعله مجزوما في جواب ذرهم ; لأنهم يأكلون ويتمتعون سواء ترك الرسول – صلى الله عليه وسلم – دعوتهم أم دعاهم .

        والتمتع : الانتفاع بالمتاع ، وقد تقدم غير مرة ، منها قوله ومتاع إلى حين في سورة الأعراف .

        وإلهاء الأمل إياهم : هو إنساؤه إياهم ما حقهم أن يتذكروه ; بأن يصرفهم تطلب ما لا ينالون عن التفكير في البعث والحياة والآخرة .

        والأمل : مصدر ، وهو ظن حصول أمر مرغوب في حصوله مع استبعاد حصوله ، فهو واسطة بين الرجاء والطمع ، ألا ترى إلى قول كعب :
        أرجو وآمل أن تدنو مودتها وما إخال لدينا منك تنويل
        وتفرع على التعريض التصريح بالوعيد بقوله فسوف يعلمون بأنه مما يستعمل في الوعيد كثيرا حتى صار كالحقيقة ، وفيه إشارة إلى أن لإمهالهم أجلا معلوما كقولهوسوف يعلمون حين يرون العذاب .

      • MA’AF,…RALAT.
        BUKAN UNTUK @ NIMBRUNG DAN……..;
        TAPI UNTUK JERUK PURUT DAN KAWAN-KAWANNYA YANG MASIH TERBELENGGU BUJUK RAYU SYAITHAN YANG TERKUTUK.
        MOHON MA’AF, HANYA UNTUK JERUK DKK YANG MASIH TERLIHAT BERDEGIL HATI.
        MA’AF.

      • terima kasih mas Hardi
        kita baca lagi komen sodara:
        TAPI UNTUK JERUK PURUT DAN KAWAN-KAWANNYA YANG MASIH TERBELENGGU BUJUK RAYU SYAITHAN YANG TERKUTUK.
        MOHON MA’AF, HANYA UNTUK JERUK DKK YANG MASIH TERLIHAT BERDEGIL HATI.

        saya tak mau bermain dengan ayat-ayat AlQuran..
        apalagi kemudian dg ayat itu, digunakan demi kepentingan anda sendiri. Silahkan anda ukur keislaman anda sendiri sebelum anda memberi FATWA MELALUI KITAB SUCI YANG MULIA

        saya kutip sebuah ayat, yg juga dijadikan Perdana sebagai pembuka di blognya. SEMOGA AYAT INI MENJADI PELAJARAN BAGI KITA SEMUA…

        saya tak mau berdebat dg VONIS-VONIS ANDA
        mari kita renungkan dg hati yang jujur ayat tersebut:

        Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. (Qs. 16 an-Nahl :125)

        Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (Qs. 4 an-Nisa’ : 63)

      • silahkan dilanjut pak Hardi…
        saya cuma menggarisbawahi saja…
        karena seringkali kita lantang pada orang lain…tetapi isi `dalam` kita sendiri masih carut-marut….

        monggo..

      • @ jeruk,…
        Saya tak mengerti dengan anda.
        PARADOKS.
        Disatu pihak anda seolah benar, seorang sufi,seorang yg berhati mulia dan berhati-hati:tak ingin bermain-main dan mempermainkan Al-Qur’an.
        Di pihak lain, DENGAN TERAMAT PERCAYA DIRI DAN BUTA anda MENDUKUNG GUS DUR yg terang-terangan MELECECKAH Al-Qur’an
        dan MEMPERMAINKAN hukum-hukum Allah swt.

        Ada apa dengan anda?
        APA BEDA ANDA, ORANG LAIN DAN GUS DUR.

        Apakah karena anda mengira Gus Dur seorang kiai dan keturunan kiai besar, maka dengan alasan itu dia bebas memperlakukan A-Qur’an dan Hukum Allah SWT sesuka dengkul dia? Ataukah karena anda menganggap dia bebas dari
        kesalahan alias ma’shum? Sehingga apapun KEGILAAN yang dia perbuat adalah kebenaran yang tak boleh dibicarakan dan TABU untuk diotak-atik? Sedangkan bila ada orang lain yang mengatakan kebenaran kepada anda, anda menuding ada kepentingan pribadi,terpengaruh Wahabi dan urusi dirimu sendiri??? Belum saatnya berfatwa dan…dan..

        Mengapa anda bersembunyi dibalik kedok kebenaran?

        Mengapa anda tidak gentle dan mengatakan: Ya,..Hukum Allah itu telah usang, perlu revisi atau harus kita tinggalkan!Hukum Allah hanya membuat bangsa Indonesia terbelakang,
        ketinggalan dan tak mampu bersaing! Atau katakan dengan jelas -anda dan kawan-kawan sejenis anda-tak butuh campur tangan Islam yang terlahir di negeri Arab itu!
        Hukum Allah swt serasa kejam,biadab,tak manusiawi ? Hukum Islam hanya akan membuat diri kalian(yg ber-KTP Muslim) jadi bulan-bulanan KUFFAR?
        Come on be clear and be dare to speak out!

        ADA APA DENGAN ANDA?

        BUNGKAM SERIBU BAHASA DAN TAK BERKUTIK BERHADAPAN DENGAN KEMUNGKARAN YANG JELAS-JELAS TERBUKTI DI DEPAN UMMAT?
        HANYA KARENA DILAKUKAN PEMIMPIN ANDA? ANDA TAKUT KUALAT ? ANDA TAK PERCAYA DIA BISA BERBUAT SALAH? ATAU…

        ADA APA DENGAN ANDA?
        DOUBLE STANDARD?

        SEDANGKAN TERHADAP SAYA DAN KAWAN-KAWAN LAIN YANG BELUM ANDA KENAL DAN BELUM TAHU APA YANG PERNAH KAMI
        LAKUKAN,…ANDA SUDAH MEMFONIS DENGAN YANG BUKAN-BUKAN.

        ADA APA DENGAN ANDA?

        SEHARUSNYA ANDA SUDAH MENGETAHUI BAHWA TANGGUNG JAWAB

        MANUSIA DIHADAPAN KHALIQNYA SAMA. ANDA MANUSIA DAN GUS DUR MANUSIA. DAN MALAH YG TERGOLONG BERILMU,…SEHARUSNYA LEBIH BERHATI-HATI DAN BERMAWAS-DIRI. (TIDAK SEPERTI GUS DUR, SEMAKIN MERASA
        PINTAR,SEMAKIN DISANJUNG KUFFAR,…SEMAKIN MENGGILA DAN
        MEMBABI-BUTA.)

        ADA APA DENGAN KALIAN ?????

      • @jeruk dan kawan-kawan pembela GUS…….,
        ……………
        Anda membawakan 2 ayat Al-Qur’anu-l-karim kepada kita :

        Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. (Qs. 16 an-Nahl :125)

        Berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (Qs. 4 an-Nisa’ : 63)

        Masya Allah,…luarbiasa hebatnya Al-Qur’an, masya Allah!

        Pak jeruk,…

        Kalau seumpama KEMUNGKARAN dan KEDZALIMAN kita ibaratkan sebagai PENYAKIT,…mestinya bapak secara otomatis AKAN membayangkan bermacam PENYAKIT SECARA UMUM.
        Dan tahukah bapak bagaimana cara MENGOBATI suatu PENYAKIT?
        …..Hmmmmm,…disini bapak mulai berfikir tentunya.
        PENYAKIT APA?
        Saya sembuh setelah minum Bodrek, umpamanya.
        PENYAKIT APA yang dapat disembuhkan Bodrek?
        SEGALA JENIS PENYAKIT???
        KARENA BAPAK BUKAN SEORANG ANAK SD, TENTUNYA BAPAK AKAN BERTERIAK TIDAAAAAK!!!

        INI GAMBARAN PALING LUGAS UNTUK MENGGAMBARKAN SEBUAH THERAPHIC TEORY.

        SEKARANG SEMOGA BAPAK MENANGKAP APA YANG SAYA MAKSUDKAN,…KAPAN ‘TEORI HIKMAH’ BERLAKU DAN EFEKTIF.

        Kembali kepada gambaran PENYAKIT,..bukankah bapak-bapak tahu apa yg seharusnya dilakukan dokter untuk menyembuhkan penyakit kanker otak, misalnya? OPERASI, dan bukan diurut atau dielus-elus pakai minyak kayu putih. Jadi ada saatnya kapan harus minum bodrek, kapan harus diurut, dan KAPAN HARUS BERDARAH-DARAH!

        BEGITU JUGA DENGAN ‘PENYAKIT HATI’ DALAM QALBU MANUSIA.

        ADA YG ‘SEMBUH’ HANYA DENGAN SINDIRAN,..
        ADA YG CUKUP MELIHAT APA YG DIA DENGAR DI RADIO,..
        ADA YG CUMA CUKUP NGUPING KIAI KAMPUNGNYA BERCERAMAH,.
        ADA YG KEMBALI SADAR SETELAH DITUDING
        ADA YG MENGANDALKAN DAN MENURUTI BISIKAN NURANINYA,..
        ADA YG SECARA RAJIN MEMPELAJARI AL-QUR’AN DAN AL-HADIST
        ADA YG ….DAN ADA YANG….

        TETAPI PAK,….JANGAN HERAN KALAU SEMACAM TERAPI ‘OPERASI’PUN ADA DEMI SEBUAH KESEMBUHAN.

        OOO NO,…BERDARAH-DARAH LAGI KAH???

        TIDAK MESTI BERDARAH-DARAH SEPERTI HALNYA OPERASI KANKER OTAK YG MENGHARUSKAN PEMBUKAAN TEMPURUNG KEPALA.
        ‘OPERASI PENYAKIT HATI’ DALAM BATASAN TERTENTU MEMANG MENGHARUSKAN TERAPI YANG LUARBIASA DAN EKSTRA. TERAPI INI TERASA PERLU DEMI UPAYA PENYEMBUHAN.

        CONTOH ‘PENYAKIT HATI’ YANG BUTUH ‘OPERASI’ TELAH DIPERANKAN SOSOK SEORANG GUS DUR PADA ZAMANNYA. TELAH DIAKUI UMUM BAHWA DIA BERBUAT KEBANGETAN. DAN KALAU ANDA MENGGIRA CUMA ‘KAMI’ YANG GERAH DENGAN SIKAP GUS DUR, ANDA JELAS KELIRU DAN SUU’DZANN KEPADA KAMI. SILAKAN ANDA DUDUK BERSAMA BEBERAPA KIAI SHALIHIN LAIN.(TELUSURI KHABAR TENTANG MUNAS SEMARANG KETIKA GUS DUR BERHADAPAN DENGAN KELOMPOK HASYIM MUZADI DKK.)

        HARTONO AHMAD JAIZ PUN TELAH BERUPAYA ‘MENGOPERASI’ GUS DUR DENGAN UJUNG PENANANYA YANG TAJAM DAN RASIONAL. NAMUN TERNYATA OPERASI ITU TAK DAPAT MENOLONGNYA, SAMPAI AKHIRNYA KEMATIAN MENJEMPUTNYA.

        JADI, PAK JERUK,…..TAK SEMUA PERMASALAH DA’WAH DAPAT DISELESAIKAN DENGAN TEORI HIKMAH. DI EROPA, AMERIKA DAN NEGARA-NEGARA MAJU LAINNYA, TEORI INI SANGAT APPLICABLE DAN EFEKTIF. TERBUKTI DENGAN BERBONDONG-BONDONGNYA MEREKA MEMELUK AGAMA ISLAM.SEDANGKAN DI NEGARA KITA,….HMMMM DINEGARA YANG ANDA KETAHUI SENDIRI KEADAANYA,………..
        MEREKA JUSTERU LEBIH TENGIL DARI ORANG-ORANG BARAT SENDIRI. DAN TERAPI YANG PALING TEPAT UNTUK MENYEMBUHKAN MEREKA ADALAH……

        SEMOGA ANDA KINI SUDAH MENGERTI JAWABANNYA.
        SEMOGA.

      • bung HARDI IMRAN..
        sehebat-hebatnya bahasa anda, dakwah anda.. keyakinan anda… SELAMA PERILAKU JAHILIYAH MERASUKI EMOSI ANDA, PERILAKU ANDA, KATA2 ANDA…PERHATIKAN KUMPULAN KALIMAT ANTUM YANG KASAR, PENUH CACI MAKI, OLOK-OLOK..

        ANDA BELUM LAYAK MENGOMENTARI KEISLAMAN SESAMAMU… INGATLAH PADA YANG MENCIPTAKANMU. AGAR ENGKAU INGAT PADA KAFIRMU SENDIRI, BUKAN ORANG LAIN…

    • Bung hardi imran..mantap banget logikanya..tajam n langsung kesasaran (maaf nih muji dikit)..
      tpi bung jgn terlalu keras dgn gusdurian, logika mereka emang sudah ngawur akibat “brainwash” oleh kiai dukun2…kita harus maklum.
      klau ke Gus Dajjal ini baru kita harus keras… karena dia dah jelas Kafirnya!!!

      • @abdul,….
        HANYA ALLAH SWT YG PATUT DIPUJI.
        Ada 2 motif atau maksud mengapa saya bersikeras kepada mereka :
        1- Agar mereka kembali ke jalan yang benar(bertaqwa).
        2- Agar saya terlepas dari tanggung-jawab saya.
        Firman Allah SWT :
        Al-A’raf (7) : 164
        وَإِذَ قَالَتْ أُمَّةٌ مِّنْهُمْ لِمَ تَعِظُونَ قَوْماً اللّهُ مُهْلِكُهُمْ أَوْ مُعَذِّبُهُمْ عَذَاباً شَدِيداً قَالُواْ مَعْذِرَةً إِلَى رَبِّكُمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
        7.164. Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: “Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?” Mereka menjawab: “Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu , dan supaya mereka bertakwa.
        Tak ada niatan secuilpun untuk melukai perasaan mereka atau menyakiti mereka, atau untuk tujuan-tujuan lain.
        YANG LEBIH KERAS AKAN MENIMPA MEREKA ADALAH SIKSAAN ALLAH SWT KELAK, JIKA MEREKA TETAP MENENTANG ALLAH SWT DAN RASULNYA (ANTI HUKUM ALLAH DAN MENGINGKARI PERINGATAN RASUL). =
        Al-Anfal (8) : 13
        ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ شَآقُّواْ اللّهَ وَرَسُولَهُ وَمَن يُشَاقِقِ اللّهَ وَرَسُولَهُ فَإِنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
        8.13. (Ketentuan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya; dan barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya.
        @abdul,…..MEREKA DI BRAINWASH?
        BENAR,…mereka telah DI BRAINWASH SYAITHAN, sehingga NAMPAK apa pun yang mereka lakukan dari PEMBANGKANGAN MEREKA ATAS HUKUM-HUKUM ALLAH SWT DAN RASULNYA terasa HEBAT (BANGGA) dan BENAR.
        Firman Allah SWT : (banyak sekali ayat sperti ini :)
        وَإِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ
        SYAITHAN TELAH MENGHIASI PERBUATAN MEREKA.
        ====
        @abdul,…..celakanya lagi,…bukan hanya Syaithan yang MENGHIASI perbuatan mereka sehingga mereka pede,….namun juga KUFFAR. (Lihat photo diatas= Wajah Budha yang meng-gusdur).
        Itu artinya mereka (KUFFAR) sangat SETUJU dengan SIKAP GUS DUR yg senantiasa membela mereka.
        Ana yakin Antum semua telah mengerti.

      • BUNG HARDI..
        apa anda yakin bahwa Allah menyetujui langkah2mu? sedemikian yakinkah engkau? apakah engkau yakin itu hasil dari hati nuranimu? apakah engkau sebegitu yakin amalmu diterima oleh Allah swt??

  48. mmg mungkin benar GD itu seorang wali, beliau selalu bikin heboh, coba anda perhatikan LINK ini banyak sekali penggemarnya, suatu kejutan bukan ? dan baca comen comennya wah kamana weeeeee !!!!!!!

    • Samiiii atuh kang….!!
      nu bade ngopi… mangga, teh manis silahkan, ngasaan jeruk asem mun kersah mah, rek jualan duren gé kajeun! rek ngabahas keris mun daek mah. rek ejaan-na salah jeung aneh sepertos kang otong gé euweuh nu nyaram!

      • @nimbrung
        api-apinamah pinter, intelek jeung moderat,..
        api-apinamah pembela gus dajjal ambeh ngetop tea,
        api-apinamah pang kalemna.
        TEU NGARTI BATUR NULIS NAON, NYEBUT BATUR NU NGALINDUR.
        NU KITU TEH NAMINA BELEGUG, TOLOL, BEGO!
        TEU NGABACA KAMANA BATUR NULIS,..MAEN TUNJUK KANA WAHABI.
        NU KITU TEH NAMINA JALMI TEU DAMANG,
        KAHARTOS DA KUSAUNGGAL JALMI
        kahartos da,…gusdajjalian mah kararitu.

      • @pak hardi
        maaf kalau selama saya dirasa ini sok pinter, sok kalem, sok ngerti, sok moderat dll.
        tapi ada untungnya, untung bukan jadi tukang hujat, tukang tuduh dan tukang fitnah…

        masih marah pak hardi? monggo dilanjut…

      • @nimbrung,
        - Anda mengeluarkan segala daya upaya anda untuk mendukung dan membenarkan tindakan seseorang yg terkenal sebagai Pembela Sejati Kemungkaran,…itu yang membuat banyak orang heran dan tak senang (Terlihat marah?).
        Sungguh heran,..mengapa ada banyak orang-orang yang seolah tersihir dan tak mampu melihat gajah yg berada tepat di pelupuk mata mereka?
        Sebaliknya,…mereka justeru mencari kambing hitam dan kemudian menunjuk Wahabist sebagai pelopor dan biangkeladi tunjuk-menunjuk.
        - Haruskah KEMUNGKARAN kita biarkan ? Atau justeru MALAH DIDUKUNG?

      • kang hardi
        lalu apakah anda tidak menyimak perilaku anda sendiri? Segala daya upaya anda lakukan demi upaya orang percaya gus dur itu JUELEK DAN TERSESAT? Bahkan memvonisnya sebagai DAJJAL?

        Sungguh heran,..mengapa ada banyak orang-orang yang seolah tersihir dan tak mampu melihat gajah yg berada tepat di pelupuk mata mereka?

        COBALAH PERIKSA DIRI ANDA SENDIRI
        Sebaliknya,…mereka justeru mencari kambing hitam dan kemudian menunjuk GUS DUR sebagai pelopor dan biangkeladi tunjuk-menunjuk.
        - Haruskah KEMUNGKARAN kita biarkan ? Atau justeru MALAH DIDUKUNG?

        COBALAH PERIKSA DIRI ANDA SENDIRI
        PERJUANGKANLAH ISLAM DENGAN CARA ISLAMI. BUKAN DENGAN CARA-CARA JAHILIYAH..

      • @ PAK JERUK,…..
        Dalam perkataan anda :
        - COBALAH PERIKSA DIRI ANDA SENDIRI
        - COBALAH PERIKSA DIRI ANDA SENDIRI
        PERJUANGKANLAH ISLAM DENGAN CARA ISLAMI. BUKAN DENGAN CARA-CARA JAHILIYAH..
        ===
        TERIMAKASIH ATAS UCAPAN ANDA YG MENYURUH SAYA MEMERIKSA DIRI SAYA SENDIRI.
        DIBALIK KATA-KATA BAPAK SAYA MELIHAT 2 POINTS KECERAHAN :
        1- BAPAK BENAR-BENAR SUDAH MEYAKINI KEDAJALLAN GUS DUR. (KENAPA BARU SEKARANG ? TERLAMBAT ? TAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BERTOBAT). ALHAMDULILLAH.
        2- PERJUANGKAN ISLAM DENGAN CARA ISLAMI, BUKAN DENGAN CARA-CARA JAHILIYAH.
        OK,….
        TAHUKAH BAPAK BAGAIMANA CARA ISLAMI UNTUK MELAWAN KEBATHILAN, KESESATAN,KEMUNAFIKAN DAN KEMUNGKARAN ? ( INGAT BUKAN KHILAFIYYAH LHO, JANGAN TERJERUMUS LAGI!)
        FIRMAN ALLAH :
        Al-Ma’idah (5) : 49
        وَأَنِ احْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاءهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَن يَفْتِنُوكَ عَن بَعْضِ مَا أَنزَلَ اللّهُ إِلَيْكَ فَإِن تَوَلَّوْاْ فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيدُ اللّهُ أَن يُصِيبَهُم بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ وَإِنَّ كَثِيراً مِّنَ النَّاسِ لَفَاسِقُونَ
        5.49. dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.
        SEGALA USAHA SUDAH DILAKUKAN UNTUK MENYETOP GUS DUR DAN PENGIKUTNYA BERTINDAK SESUKA HATI MEREKA, SEJAK LAMA,…SEJAK KIAI-KIAI SHALEHIN KITA MASIH HIDUP. NAMUN GUS DUR DAN LOYALISTNYA MALAHAN SEMAKIN MENANTANG DAN MENJADI-JADI, TANPA ADA PERASAAN BERSALAH SEDIKITPUN.
        DAN KITA TAK BOSAN UNTUK TERUS,TERUS,TERUS MENGINGATKAN (KINI SETELAH DIA MATI), PARA PENGIKUTNYA, BAHWA KALIAN BERADA DALAM JALAN YANG KELIRU. BERBALIKLAH, BERTAUBATLAH DAN MARI RAPATKAN BARISAN MENUJU KE ARAH KESATUAN UMMAT.
        KERASKAH DAN TIDAK ISLAMI KAH BILA MENUNJUK MEREKA YG ANTI SYARIAT ISLAM SEBAGAI MUNAFIQ, DHALIM DAN KAFIR????
        INI BUKAN PERKATAAN SAYA LHO PAK JERUK, AWAS JANGAN KELIRU LAGI,LAGI DAN LAGI. INI FIRMAN ALLAH SWT.
        ADA JUGA PERINGATAN DYG TERKANDUNG DALAM FIRMAN ALLAH DIATAS, BAHWA JIKA KALIAN TETAP MENGINGINKAN HUKUM THAGHUT, MURKA DAN ADZAB ALLAH AKAN MENIMPA KITA SEMUA,…BUKAN CUMA PENGIKUT GUS DUR,…SEMUA MANUISIA TERMASUK BINATANG!
        ITU SEBABNYA MENGAPA KITA HARUS BERSIKAP KERAS TERHADAP KEMUNGKARAN. DAN MARI KITA KATAKAN : TIDAK ADA TEMPAT BAGI KEMUNGKARAN KINI DAN UNTUK YANG AKAN DATANG,…NO ROOM AT ALL!!!

      • bung hardi, coba simak lagi surat Al-Ma’idah (5) : 49, asbabun nuzulnya gimana…

        saya tulis lagi ucapan anda:SEGALA USAHA SUDAH DILAKUKAN UNTUK MENYETOP GUS DUR DAN PENGIKUTNYA BERTINDAK SESUKA HATI MEREKA, SEJAK LAMA,…SEJAK KIAI-KIAI SHALEHIN KITA MASIH HIDUP.

        SIAPAKAH ULAMA YANG ANDA MAKSUD ITU??
        BAGAIMANA BUNYINYA ASLINYA???

      • coba simak ini lagi ucapan anda:ITU SEBABNYA MENGAPA KITA HARUS BERSIKAP KERAS TERHADAP KEMUNGKARAN. DAN MARI KITA KATAKAN : TIDAK ADA TEMPAT BAGI KEMUNGKARAN KINI DAN UNTUK YANG AKAN DATANG,…NO ROOM AT ALL!!!

        masalahnya, ketika anda bicara begitu, apakah anda sudah terbebas???

        TIDAK ADA TEMPAT BAGI KEMUNGKARAN KINI DAN UNTUK YANG AKAN DATANG,…NO ROOM AT ALL!!!

        sampe anda mati pun selalu ada tempat bagi kemungkaran. Alam yang bebas dr kemungkaran itu adanya di surga saudaraku…

        coba saya tanya apa kalimat anda ini: TIDAK ADA TEMPAT BAGI KEMUNGKARAN KINI DAN UNTUK YANG AKAN DATANG,…NO ROOM AT ALL!!!

        ada sandarannya dalam sunnah dan AlQuran? Bila tidak ada, berarti anda sudah menciptakan hukum di luar hukum Islam… begitu bukan???

      • @Jeruk,nimbrung dan kawan-kawan kalian,.
        Al-Baqarah (2) : 6
        إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ
        2.6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

        Al-An’am (6) : 44
        فَلَمَّا نَسُواْ مَا ذُكِّرُواْ بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُواْ بِمَا أُوتُواْ أَخَذْنَاهُم بَغْتَةً فَإِذَا هُم مُّبْلِسُونَ
        6.44. Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.
        —-
        Al-An’am (6) : 130
        يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإِنسِ أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنكُمْ يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِي وَيُنذِرُونَكُمْ لِقَاء يَوْمِكُمْ هَـذَا قَالُواْ شَهِدْنَا عَلَى أَنفُسِنَا وَغَرَّتْهُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَشَهِدُواْ عَلَى أَنفُسِهِمْ أَنَّهُمْ كَانُواْ كَافِرِينَ
        6.130. Hai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepadamu rasul-rasul dari golongan kamu sendiri, yang menyampaikan kepadamu ayat-ayatKu dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini? Mereka berkata: “Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri”, kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang yang kafir.
        —-
        mata hati kalian memang telah terkunci mati.

      • pak hardi memberi saya ayat ini:Al-Baqarah (2) : 6
        إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ
        2.6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

        ya..ya..
        benar juga kata orang-orang di sana… mereka memberikan label ayat 2 yg ditujukan kepada orang kafir kepada umat yang Islam…

        ya..ya…
        pantes saja banyak dibenci ya…

      • pertanyaan saya juga belum dijawab nehhh:

        oba saya tanya apa kalimat anda ini: TIDAK ADA TEMPAT BAGI KEMUNGKARAN KINI DAN UNTUK YANG AKAN DATANG,…NO ROOM AT ALL!!!

        ada sandarannya dalam sunnah dan AlQuran? Bila tidak ada, berarti anda sudah menciptakan hukum di luar hukum Islam… begitu bukan???

      • @ Jeruk,….
        nampaknya pengertian anda tentang kata KAFIR hanya sebatas NON MUSLIM.
        Pantas anda CUEK BEBEK dan FEEL NOTHING alias BUKAN DITUJUKAN KEPADA SAYA, begitu?
        Disini LETAK KEKURANGAN ANDA.
        APALAGI GUS DUR YANG SEORANG KIAI,..KIAI BESAR LAGI,….begitu khan jalan pikiran anda?
        Hmmmm,…maklum.
        Yang gampang anda ingat saja :
        Barang siapa yg tidak………..sesuai hukum Allah maka……..kafir.
        MASIH DITUJUKAN DAN DIPERUNTUKAN NON MUSLIM?
        Sebelum saya berdikusi panjang lebar dengan anda, sebaiknya silakan pelajari pelajaran berikut yg mengupas tuntas apa itu kufr menurut Islam:
        الكفر والتكفير

        هاشم محمدعلي المشهداني

        ملخص الخطبة

        1- الكفر في اللغة والاصطلاح. 2- الإسلام دين الكائنات. 3- أسباب الوقوع في الكفر. 4- أنواع الكفر. 5- ععاقبة الكفر في الدنيا والآخرة. 6- موقف المسلم من الكفر والتكفير.

        الخطبة الأولى

        يقول الله تعالى: يوم ينظر المرء ما قدمت يداه ويقول الكافر يا ليتني كنت ترابا [النبأ:40].

        تحشر الخلائق كلها يوم القيامة الجن والإنس والطير والحيوان والدواب، ويبلغ من عدل الله سبحانه أن يقتص للشاة الجماء من القرناء ثم يقال: كوني ترابا، فعند ذلك يقول الكافر: يا ليتني كنت ترابا، أي حيوانا فأرجع إلى التراب.

        فما الكفر؟، ولماذا؟، وما أنواعه؟، وما عاقبته؟، وما موقف المسلم منه؟

        الكفر لغة: الستر والتغطية وسمي الزارع كافرا: كمثل غيث أعجب الكفار نباته [الحديد:20]. أي الزراع لأنهم يغطون الحب بالتراب.

        وأما اصطلاحا: هو الإنكار لشيء مما جاء به النبي ووصل إلينا بطريق يقيني قاطع.

        وينبغي أن تعلم:

        أن الله تعالى فطر الوجود على معرفته بالعهد الأول الذي أخذه، قال تعالى: وإذ أخذ ربك من بني آدم من ظهورهم ذريتهم وأشهدهم على أنفسهم ألست بربكم قالوا بلى شهدنا أن تقولوا يوم القيامة إنا كنا عن هذا غافلين [الأعراف:172].

        وقال تعالى: أفغير دين الله يبغون وله أسلم من في السماوات والأرض طوعا وكرها وإليه يرجعون [آل عمران:83].

        أن الوجود كله ذاكر لله مسبح له سبحانه، قال تعالى: وإن من شيء إلا يسبح بحمده ولكن لا تفقهون تسبيحهم [الإسراء:42].

        أن الله تعالى ضرب للكافر مثلا، فقال: ومثل الذين كفروا كمثل الذي ينعق بما لا يسمع إلا دعاء ونداء صم بكم عمي فهم لا يعقلون [البقرة:171].

        فهم كالدواب السارحة التي لا تفقه ما يقال لها، قد أغلقوا نوافذ الإدراك عن كل ما يصلحهم، وهم تبع لكل ناعق.

        وأما لماذا الكفر؟: فإن للكفر أسباباً:

        الشيطان وتزيينه الكفر قال تعالى: كمثل الشيطان إذ قال للإنسان أكفر فلما كفر قال إني بريء منك إني أخاف الله رب العالمين [الحشر:16]. وقال تعالى في بيان علة الكفر لملكة سبأ وقومها، فقال: وجدتها وقومها يسجدون للشمس من دون الله وزين لهم الشيطان أعمالهم فصدهم عن السبيل فهم لا يهتدون [النمل:24].

        وذلك بإثارة الشبهات والشهوات، والشبهات في العقول، والشهوات في القلوب.

        جنود الشيطان من أصحاب المبادئ الهدامة للحديث: ((خط رسول الله خطا ورسم على جوانبه خطوطا وقال: هذا هو طريق الله وهذه السبل على رأس كل واحد منها شيطان يدعو إليه))([1]).

        فالشيوعية والوجودية وغيرها من مناهج الإلحاد كلها من صنع يهود لعلهم أنه لا نصر إلا بإفساد شباب الأمة ومثقفيها في عقولهم وتشكيكهم بإسلامهم وعند ذلك فقط تزول عوائق الأمة أمام أعدائها.

        حيوانية الغاية: قال تعالى: والذين كفروا يتمتعون ويأكلون كما تأكل الأنعام والنار مثوى لهم [محمد: 12].

        فأتباع فرويد اليهودي صاحب النظرية الجنسية، وأدونيس رائد الحداثة والخلاعة.

        ونزار قباني شاعر النهود والفروج وغيرهم ممن عاشوا أعمارهم لإثارة الغريزة والهبوط بالإنسانية إلى دركات البهيمية ورفض ضوابط الدين والأخلاق والعرف.

        والذي يريد أن يحيا بلا ضوابط لابد له من مبرر، وقد صنع سادة العهر والدعارة لأتباعهم منهجا يبررون به سفالتهم بدعاوى التحرر والانطلاق ونبذ الجمود.

        حب الرئاسة والاستكبار وخوف الذم والتعيير:

        حب الرئاسة: كحال هرقل ملك الروم وقد بان له الحق فلما عرض الإسلام على الأساقفة نفروا منه وبادروا إلى الأبواب معرضين، فأمر هرقل بردهم وقال: أردت أن أختبركم([2]). وصده حب الملك والرئاسة عن الإيمان.

        والاستكبار: ككفر فرعون وملئه وقد رأوا الحق بأعينهم في المعجزة التي أيد الله بها نبيه موسى عليه السلام، قال تعالى: وجحدوا بها واستيقنتها أنفسهم ظلما وعلوا [النمل:14].

        وخوف الذم والتعيير: ككفر أبي طالب: لما حضرته الوفاة دخل عليه النبي وعنده أبو جهل، فقال رسو الله : ((أي عم قل لا إله إلا الله، كلمة أحاج لك بها عند الله)) فقال أبو جهل وعبد الله بن أمية: يا أبا طالب أترغب عن ملة عبد المطلب؟ فلم يزالا يكلماه حتى قال آخر ما كلمهم به: على ملة عبد المطلب، فقال النبي : ((لاستغفرن لك ما لم أنهَ عنك)) فنزلت: إنك لا تهدي من أحببت ([3]).

        وأما أنواع الكفر:

        فينقسم الكفر إلى قسمين:

        كفر مخرج من الملة ويكون صاحبه مرتدا عن الإسلام وتجري عليه أحكام المرتدين إن كان مسلما، وتشمل:

        أ- المكفرات الاعتقادية: كإنكار أصل من أصول الإيمان كإنكار الخالق سبحانه أو صفة من صفاته أو اعتقاد عجزه أو أنه سبحانه غير عادل في أحكامه وقضائه، أو إنكار الملائكة أو الكتب السماوية أو اليوم الآخر وما فيه من بعث وحساب وجنة ونار أو إنكار فريضة من فرائض الإسلام أو إنكار حرمة كالزنا أو الربا أو اعتقاد حرمة ما أحل الله من أكل لحوم الأنعام.

        ب- المكفرات القولية: وذلك بأن يقول بعقيدة مكفرة أو جحد جزئية من الإسلام في عقائده وأحكامه أو سب الخالق أو الرسل أو الكتب السماوية أو سب الدين أو اعتراض على عدل الله في قضائه واتهامه بالجحود سبحانه وتعالى.

        ج- المكفرات العملية: وهو كل عمل يعتبر علامة على عقيدة مكفرة كالحكم بغير ما أنزل الله وتمزيق المصحف إهانة له أو إلقائه في القاذورات أو تعليق الصليب وتعظيمه، وكذا موالاة الكفار وإظهار الود لهم واستعارة قوانينهم وتحسين أفكارهم والتشبه بهم وطاعتهم والركون إليهم: ومن يتولهم منكم فإنه منهم [المائدة:51].

        كفر لا يخرج صاحبه من الملة:

        كفر النعمة والحقوق: قال تعالى: وإن تعدوا نعمة الله لا تحصوها إن الإنسان لظلوم كفار [إبراهيم:34].

        وقول رسول الله : ((يا معشر النساء إأني رأيتكن أكثر أهل النار، قالوا: لم يا رسول الله؟ قال: لأنكن تكفرن العشير، لو أحسن الزوج إليكن الدهر كله ثم أساء قلتن: ما رأينا منك خيرا قط))([4]).

        قتال المسلم لأخيه: للحديث: ((سباب المسلم فسوق وقتاله كفر))([5])، أي قتله كالكفر في الإثم والتحريم، وقال تعالى: وإن طائفتان من المؤمنين اقتتلوا فأصلحوا بينهما [الحجرات:9]. قال ابن كثير: سماهم مؤمنين مع الاقتتال.

        وبهذا استدل البخاري وغيره على أنه لا يخرج عن الإيمان بالمعصية وإن عظمت([6]).

        وأما عاقبة الكفر:

        أما في الدنيا:

        1- فإن الكافر في ضلال ومقت من الله عليه: قال تعالى: ومن يتبدل الكفر بالإيمان فقد ضل سواء السبيل [البقرة:108].

        فهو في شقاء ضلاله حيث لا هداية ولا توفيق في رأي أو عمل فيكون وبالا على نفسه ومن، ثم مقت الله له: ولا يزيد الكافرين كفرهم عند ربهم إلا مقتا [فاطر:36].

        2- وأن عقوبته القتل: أجمع الفقهاء على أن من تحول عن دين الإسلام إلى غيره فإنه يقتل لقول النبي : ((من بدل دينه فاقتلوه))([7]).

        3_ إنه مغلوب مهما كاد ومكر، قال تعالى: قل للذين كفروا ستغلبون وتحشرون إلى جهنم وبئس المهاد [آل عمران:12].

        ومهما دبر الكافر وكاد لأهل الإيمان من مكائد ودسائس وتضييق وتلفيق للتهم وقتل وتشريد فإن الغلبة لله ورسوله والمؤمنين.

        أما في الآخرة:

        1- محروم من مغفرة الله سبحانه قال تعالى: إن الذين كفروا وصدوا عن سبيل الله ثم ماتوا وهم كفار فلن يغفر الله لهم [محمد:34].

        2- ولا ينفعه عمله الصالح من إعانة مريض أو تصدّق على فقير فإن الله يعجل له ثوابه في الدنيا فيعافه في بدنه أو يغنيه حتى إذا جاء يوم القيامة لا حسنة له، قال تعالى: وقدمنا إلى ما عملوا من عمل فجعلناه هباء منثورا [الفرقان:23]، قال ابن كثير: فأخبر أنه لا يحصل لهؤلاء المشركين من الأعمال التي ظنوا أنها منجاة لهم شيء وذلك لأنها فقدت الشرط الشرعي إما الإخلاص فيها وإما المتابعة لشرع الله([8]).

        3- عظم جسده في النار ليزداد عذابا وألما: للحديث: ((ما بين منكبي الكافر مسيرة ثلاثة أيام للراكب المسرع)). وللحديث: ((ضرس الكافر أو ناب الكافر مثل أحد وغلظ جلده مسيرة ثلاث))([9]).

        4- نقمة الكافر على من أضله: قال تعالى: وقال الذين كفروا ربنا أرنا اللذين أضلانا من الجن والإنس نجعلهما تحت أقدمنا ليكونا من الأسفلين [فصلت:29].

        وأما موقف المسلم من الكفر والتكفير:

        الابتعاد عن أسباب الكفر من الشبهات والشهوات للحديث: ((جاء رجل إلى النبي ، فقال: يا رسول الله إني لأحدث نفسي بالشيء لأن أخرَّ من السماء أحب إلي من أن أتكلم به، فقال النبي : الله أكبر الله أكبر، الحمد لله الذي رد كيده إلى الوسوسة))([10]).

        الحذر من إطلاق لفظ الكفر على إنسان بعينه إلا بعد تثبت وإقامة الحجة عليه:

        للحديث: ((إذا قال الرجل لأخيه: يا كافر فقد باء به أحدهما، فإن كان كما قال وإلا رجعت عليه))([11]). ذلك لأنه ليس كل قول أو فعل فاسد يعتبر مكفرا.

        كما لا ينبغي أن يكفّر مسلم أمكن حمل كلامه على محمل حسن، أو كان في كفره خلاف، وكذلك لا يجوز تكفير مكره على الكفر وقلبه مطمئن بالإيمان لقوله تعالى: إلا من أكره وقلبه مطمئن بالإيمان [النحل:106].

        وعلى هذا فيجب على الناس اجتناب هذا الأمر والفرار منه وتركه للعلماء لخطره العظيم([12])، ذلك لأن التساهل مدعاة للفساد والعبث بأحكام الإسلام واستباحة حرمات ودماء وأموال المسلمين بغير حق، ومن مصائب الأمة أن تبتلى بمن يتصدر الفتوى من الجهلة وتلك من علامات الساعة للحديث: ((إن الله لا يقبض العلم انتزاعا ينتزعه من الناس، ولكن يقبض العلم بقبض العلماء، حتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس رؤوسا جهالا، فسئلوا بغير علم فضلوا وأضلوا))([13]).

        ويقابل ذلك على العكس منه خور العلماء وجبنهم عن كلمة الحق والصدع بها في وجوه المرتدين، وإيثارهم الدنيا على الآخرة فيكونوا من علماء السلطة، وأصحاب الفتاوي الجاهزة، وعند ذلك يكون السقوط فيتخذ الناس من أنفسهم موجهين ومفتين يغلب جهلهم علمهم من أرباع المتعالمين فتحل المصيبة بالأمة.

        وعلى الأسرة أن تتولى مسؤوليتها في توجيه الأبناء إلى الدين الحق وهو الإسلام وحفظهم من كل منافق ومفسد ومظل سواء كان ذلك من خلال الكلمة المسموعة أو المقروءة أو المرئية للحديث: ((إن الله سائل كل راع عما استرعاه حتى يسأل الرجل عن أهل بيته))([14]). وكذا المعرفة المخالطين من الأصدقاء وتخير الصالحين منهم لأبنائك وصدق الله العظيم: يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة [التحريم :6].

        ([1])رواه أحمد .

        ([2])الكفر والمكفرات ص8.

        ([3])رواه مسلم .

        ([4])البخاري .

        ([5])متفق عليه .

        ([6])مختصر ابن كثير مجلد3 ص364.

        ([7])البخاري .

        ([8])مختصر ابن كثير مجلد2 ص624.

        ([9])مسلم .

        ([10])أحمد وأبو داود .

        ([11])البخاري .

        ([12])الموسوعة الفقهية 13 ص228.

        ([13])متفق عليه .

        ([14])ابن حيان .

        ===
        saya selalu setia untuk ngobrol dalam forum ini sampai kapanpun selama anda mau.

      • @Jeruk,…
        Maafkan saya lagi.
        Pengertian / pemahaman anda tentang kemungkaran, kedzaliman dan kefasikan sangat standard dan memerlukan refreshment atau upgrade, kalau istilah operating system.( Windows-nya masih 95).
        Ok,…satu-satu dulu ya,….
        kita mulai dengan kufr, seperti posting saya sebelum ini.
        We’ll come back soon, no worries.

      • الحق فيك يالاخ أحمد معروف جدا جدا بين المسلمين المتقين المثقفين ……إنما هو ولي الشياطين ! ولا حاجة لنا للمزيد من البراهين و الدلائل

      • subhanalloh !!!! sy tdk bermaksud untuk melihat boroknya seseorang, ini hanya untuk mengkaji diri.

        **Dalam acara Natal Nasional yang disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi nasional itu, Gus Dur menyatakan bahwa semua penafsiran Al-Qur’an menyatakan bahwa Sang Juru Selamat adalah Isa Almasih (Yesus Kristus)…**

        sy akan terus teringat tatkala ZAINUDDIN MZ memberikan tausiahnya ttg undangan NATALAN, bahwa umat muslim HARAM untuk datang walaupun kita diundangnya, apalagi sampai di BAPTIS !!!! masya allah !!

        belum lagi

        *** menyatakan bahwa Sang Juru Selamat adalah Isa Almasih (Yesus Kristus)…***

        NAUDZUBILLAH !!!!!!!!

        makasih ustd PA smg allah senantiasa besertamu ……..amin !!!!!!!

  49. orang2 idiot j yg nganggap GD wali…..
    udh jelas2 tu sipice Murtad!!!!!
    iye jg si sibuta GD tu Wali : Wali Syetannnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!

  50. @all

    katanya yang ngaku ‘wahabian’ / ‘salafian’ itu kalo bicara penuh akal, bicaranya penuh bukti dan dalil… dan kalau diskusi lemah lembut…
    buktinya? toh sama saja dengan para yang katanya ‘sufi’, para ‘pakar tenaga dalam’, sama sama tukang ejek, tukang hina, tukang tunjuk.
    memang ada yang bicara penuh akal, bukti.. tapi kebanyakan… tidak!
    jadi jangan protes jika dituduh ‘wahabian’ sebagai tukang tunjuk, tukang tuduh bidah,tukang tuduh sesat, tukang fitnah, itu realita… ucapan para ‘oposisi’ itu benar adanya

    contoh di blog ini, artikel ini : berapa banyak para orang yang mengaku aliran ‘wahabian’ / ‘salafian’ yang menggunakan hujatan? berapa banyak yang mengejek? berapa banyak yang ngawur tanpa dalil?

    apa kalo orang kafir itu pantas dihujat? apa orang yang beda ‘aliran’ pantas di tunjuk sesat? apa pantas menghujat mayit? lalu untuk apa ‘petunjuk ilahi dalam diskusi’? apa sebagai hiasan saja?

    kembali tentang gusdur, walaupun dia nyeleneh,dll apakah dia sudah berucap sendiri keluar dari islam? coba lihat lagi video yang katanya di’baptis’ apa dia mengiyakan (maksudnya berikrar keluar agama?) sepanjang saya tau tidak demikian, jika dia sering menghadiri Natal, bukankah banyak tokoh agama yang juga kadang ikut natalan seperti Amien Rais? tidak, itu tidak bisa dijadikan standar! orang yang menghadiri natalan pasti murtad? apakah MUI (sebagai ulama yang berhak menyatakan hukum) mengatakan itu?

    keputusan sesat atau tidaknya seorang atau kelompok ditentukan oleh ulama, mereka bermusyawarah dulu dalam memutuskan, apalagi sampai mengkafirkan orang lain..
    contoh lagi, pada saat syekh siti jenar divonis sesat, siapa yang memutuskan? orang biasa? atau hasil rapat ulama (9 songo)?, juga dalam memutuskan gulam ahmad sesat, siapa yang memutuskan? orang biasa atau para ulama?

    menurut ustad di kampung saya, ketika ada orang yang mengatakan si anu murtad/batal keimanannya karena sesuatu padahal belum jelas, maka dia berkata, “suruh orang tersebut (penuduh) menghadap saya dan ucapkan syahadat ulang didepan orang-orang”
    itu artinya berat bung..! vonis itu tidak sembarangan!

    apa kalau ada seorang ulama su lalu kalian berhak mengatakan dia sesat,murtad,dajjal? mungkin dengan alasan meniru syaikh anu, ulama anu… tapi ingat! apakah ilmu kalian sudah mencapai / setingkat dengan syekh anu dan ulama anu itu?

    apa kalau kalian sudah menghujat/menyesatkan orang lain, lantas berlindung dibalik kata-kata “saya siap mempertanggung jawabkan di yaumul akhir” atau yang mirip dengan itu kalian akan dikatakan ‘berani’ dan selamat di akhirat kelak? apa malaikat munkar-nakir akan percaya bila gibah kalian itu adalah jihad?

    jadi, mana sunah yang kalian bawa?

    catatan :
    yang didalam tanda kutip mohon dipahami maknanya secara benar.

    • @ All Deui,………
      Salah satu API Islam yang teramat mengagetkan dunia adalah AL AMRU BIL MA’RUF WANNAHYU ‘ANIL MUNGKAR, yakni menyuruh berbuat kebajikan dan MELARANG KEMUNGKARAN.
      Dan lalu bermunculan cara taktis dan mekanisme dalam mewujudkan pelarangan tadi, yg salah satunya :
      “dimana pun dan kapan pun kau melihat kemungkaran , rubahlah dengan tanganmu . bila kau tak sanggup , rubahlah dengan lisanmu, dan itulah selemah-lemahnya iman”
      Mari kita simak, ternyata jauh-jauh hari sudah diprediksi bahwa pelarangan kemungkaran bukanlah satu hal yang mudah untuk dilakukan, bahkan oleh seorang ulama berkaliber dunia.
      Dengan kenyataan ini tentunya kita akan bertanya mengapa? Dan saya yakin antum pun telah mengantongi segudang alasan.
      @ all yang terhormat,
      Larangan, nasihat, cacian dan apa pun yang kita usahakan untuk mencoba merubah sebuah kemungkaran memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain beresiko adanya perlawanan dari para pendukung kemungkaran yg lebih dying out, kita pun dihadapkan pada persoalan definitif kemungkaran yg sudah dibiaskan.
      Kristen dan para pemuka agamanya pernah terjebak masalah pelarangan kemungkaran yg berakibat fatal. Ingat ketika Gereja menghukum mati Galileo yang dianggap murtad? Ingat WitchCraft Hunting? Dan kini Same Sex Marriage.
      Budha dan Hindu juga mengalami persoalan yg sama bahkan lebih fatal. Pada era 80an, ketika Industri Pariwisata booming di Thailand, Kamboja dan sekitarnya, para Biksu dan pemuka agama justeru diundang untuk mensukseskannya (NYELAMETIN) Bar, diskotik, dan tempat hiburan lainnya. Melihat demikian, masyarakatnya malah menyediakan fasilitas pendukung yg tak kalah menarik bagi para pelancong : Child Sex Tourism.
      Akibat dari teloransi dan sikap luwes atas kemungkaran ini,….lihatlah bagaimana akibatnya sekarang. Silakan googling, dan salahsatunya silakan kunjungi : http://en.wikipedia.org/wiki/HIV/AIDS_in_Thailand atau http://www.reportchildsex.com/.
      Naudzubillah.
      Di Indonesia kita kaum muslimin juga diuji dengan hal serupa. Lihat berbagai kasus memungkaran, dari Prostitusi , perjudian, Drug Abuse, Ahmadiyah, Kristenisasi, Perdukunan, dsb sampai masalah Korupsi.
      Dan reaksi kaum Muslimin beserta para Ulamanya juga terpecah. Malah ada salah seorang Ulama(?) terkenal yang memiliki banyak pendukung MALAH CUEK, bahkan menerima pemberian dari Si Pengelola Perjudian. Dia membela pornografi ( Inul Case) dan balik mununjuk Al-Qur’an sebagai yang paling porno.
      Lalu harus bagaimana sikap kita seharusnya?
      Tak mudah, memang. Yang pasti bila Anda ingin melawan kemungkaran, Anda kini harus berhadapan dengan PARA PENDUKUNGNYA yang terkadang bertitel kiai haji, Ulama atau pemuka agama. Dan jangan kaget bila mereka justeru lebih HEBAT dan fasih dari Anda sendiri. ( Lihat Thailand-Campuchea Case)
      @all,…..
      Itu sebabnya mengapa kita ada disini untuk berdiskusi. Dan seperti yang kita ketahui, disini pun kita MASIH harus berhadapan dengan MEREKA.
      JANGAN KAGET : PERJUANGAN MELAWAN KEMUNGKARAN TAK AKAN BERAKHIR SAMPAI AKHIR JAMAN.

  51. waduuhh…

    Rekan2 sebaiknya berkomentar pakai bahasa Indonesia, jangan total bahasa daerah, Ga enak ama yg lain. Kalau sedikit pakai bhs daerah yg udah familiar silakan saja. Thks.

    ikut nyimak sambil gelar tiker, nyeruput kopi!

  52. hari ini (tepatnya pagi ini) saya menemukan banyak referensi yang menurut saya akan bermanfaat untuk diskusi ‘kita’ (kalau boleh) kedepan, salah satunya adalah menyebutkan etika dalam ber ikhtilaf.

    1. Memulai dengan “husnuzzan” (prasangka baik) terhadap sesama muslim.
    2. Menghargai pendapat orang lain sejauh pendapat tersebut mempunyai dalil.
    3. Tidak memaksakan kehendak bahwa pendapatnyalah yang paling benar, karena pendapat lain juga mempunyai kemungkinan benar yang seimbang.
    4. Mengakui adanya perbedaan dalam masalah furu’iyah (cabang-cabang ajaran) dan tidak membesar-besarkannya.
    5. Tidak mengkafirkan orang yang telah mengucapkan “Laailaaha illallah”.
    6. Mengkaji perbedaan secara ilmiyah dengan mengupas dalil-dalilnya.
    7. Tidak beranggapan bahwa kebenaran hanya satu dalam masalah-masalah furu’iyah (cabang-cabang ajaran), karena ragamnya dalil, di samping kemampuan akal yang berbeda-beda dalam menafsiri dalil-dalil tsb.
    8. Terbuka dalam menyikapi perbedaan, dengan melihat perbedaan sebagai hal yang positif dalam agama karena memperkaya khazanah dan fleksibillitas agama. Tidak cenderung menyalahkan dan menuduh sesat ajaran yang tidak kita kenal. Justru karena belum kenal, sebaiknya kita pelajari dulu latar belakang dan inti ajarannya.
    9. Dll.

    kutipan yang diambil dari http://netlog.wordpress.com/category/menetralisir-ketegangan-karena-perbedaan/

    • @NIMBRUNG,…
      Saya hanya ingin menambahkan disini, bahwa seharusnya anda berhati-hati dalam memahami KAIDAH KHILAFIYAH ini. Salahsatunya :
      5. Tidak mengkafirkan orang yang telah mengucapkan “Laailaaha illallah”.
      INI RANJAU AGAMA YANG TERAMAT MEMATIKAN BILA TIDAK BISA DIPAHAMI DENGAN BENAR!!!
      وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
      Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.
      Al-Ma’idah (5) : 45
      KAFIR????? WOW,…NO!
      Ini bukan kata saya. Dan bila kita telusuri,…masih banyak dalil lagi bagaimana dan apa yg dinamakan KAFIR, bukan hanya terbatas dengan NON MUSLIM SAJA!!!!
      bagaimana Allah swt menyuruh KAFIR (non Muslim) untuk menegakkan Syariatnya, sedangkan yg dirumahnya bertumpuk kitab-kitab Islam juga nampak enggan, berat dan ogah-ogahan?

      Pak Nimbrung,…….
      DALIL diatas HARUS anda ketahui darimana datangnya, dan dalam konteks bagaimana. Karena bila salah sedikit saja,…fatal akibatnya.
      = Para pelacur di sekitar kita sebaiknya kita biarkan saja karena mereka berusaha mencari makan untuk menghidupi keluarganya. (Mereka toh Muslimah yang notabenenya pernah shalat dan mengucap Syahadat .
      TOLONG JANGAN MEMBAWA DALIL INI UNTUK MEMBIARKAN TERSEBARNYA SEGALA BENTUK KEMUNAFIKAN,KEMUSYRIKAN, MAKSIAT DAN KEMUNGKARAN. DENGAN ALASAN TOH SEMUANYA AKHIRNYA AKAN MASUK SURGA JUGA.
      PAK NIMBRUNG,…..
      DALIL INI BANYAK DIPAKAI ORANG UNTUK MEMBIASKAN (MENGACAUKAN) BATAS-BATAS SYARIAT ALLAH SWT . INI SENJATA NON MUSLIM UNTUK MELEMAHKAN MUSLIM YANG PALING AMPUH DAN TERAMAT EFEKTIF.
      PERSAMAAN KAIDAH DIATAS DALAM KRISTEN DISEBUT TEORI PENYELAMATAN:
      BUNYINYA : HANYA DENGAN IMAN SAJA ENGKAU AKAN DISELAMATKAN.
      JADI SILAKAN BERBUAT SESUKA HATI ANDA : MAU MELACUR, MAU JUDI, TELER, MAU KORUPSI, MAU BERBUAT APA PUN,…KARENA SELAMA ANDA BERUCAP SYAHADAT PASTI AKAN MASUK SURGA.
      INI ASAS TELORANSI ATAS SEGALA BENTUK KEMUNGKARAN,…INI DALIL UTAMANYA.
      SEHINGGA BILA ANDA BERPEDOMAN PADA DALIL INI,…SEMUA MASALAH HUKUM ALLAH SWT ANDA ANGGAP GAMPANG, SEPELE DAN PALING-PALING URUSAN KHILAFIYYAH SAJA. ( ATAU CUMA REKAYASA KAUM WAHABI?)
      YA ALLAH,…
      LINDUNGILAH UMMAT MU AGAR MEREKA KEMBALI KE JALAN LURUSMU,..AMIN.

      • @Ustadz Ahmad,….
        Hanya kedegilan hati yang menutupi kalbu mereka dari Cahaya Allah swt. Maka bila Allah SWT mau dan meluruhkan hati mereka, …..terlalu mudah bagi mereka untuk melihat Cahaya Allah Swt dan kembali kepada Jalan yang benar.
        Semoga Saja, Ustadz

      • @pak hardi
        terima kasih jawabannya,bisa saya terima.
        ini yang selama ini saya harapkan dari diskusi ini yaitu pencerahan dan ilmu baru. :-)

      • Bung hardi imran..mantap banget logikanya..tajam n langsung kesasaran (maaf nih muji dikit)..jd ngiri euy..
        tpi bung jgn terlalu keras dgn gusdurian, logika mereka emang sudah ngawur akibat “brainwash” oleh kiai2 dukun…kita harus maklum.
        klau ke spesies jadi2an macam Gus Dajjal ini baru kita harus keras… karena dia dah jelas Kafirnya!!!

    • @temannya darno,…
      mereka pendukung GUS DAJJAL adalah muslim juga, dan saya tak ingin mereka dijadikan atau menjadi tikus untuk melawan PENEGAK SYARIA’T.
      Firman Allah swt :
      Al-An’am (6) : 91

      وَمَا قَدَرُواْ اللّهَ حَقَّ قَدْرِهِ إِذْ قَالُواْ مَا أَنزَلَ اللّهُ عَلَى بَشَرٍ مِّن شَيْءٍ قُلْ مَنْ أَنزَلَ الْكِتَابَ الَّذِي جَاء بِهِ مُوسَى نُوراً وَهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُونَهُ قَرَاطِيسَ تُبْدُونَهَا وَتُخْفُونَ كَثِيراً وَعُلِّمْتُم مَّا لَمْ تَعْلَمُواْ أَنتُمْ وَلاَ آبَاؤُكُمْ قُلِ اللّهُ ثُمَّ ذَرْهُمْ فِي خَوْضِهِمْ يَلْعَبُونَ

      6.91. Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya, di kala mereka berkata: “Allah tidak menurunkan sesuatupun kepada manusia”. Katakanlah: “Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai CAHAYA dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu perlihatkan (sebahagiannya) dan kamu sembunyikan sebahagian besarnya, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang kamu dan bapak-bapak kamu tidak mengetahui(nya) ?” Katakanlah: “Allah-lah (yang menurunkannya)”, kemudian (sesudah kamu menyampaikan Al Qur’an kepada mereka), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya .
      APA HARUS KITA BIARKAN MEREKA BERMAIN-MAIN DALAM KESESATAN MEREKA?
      ANOTHER CHOICE, MAYBE!

      • disimak pak, penjelasan2 anda masuk akal dan merupakan pembelajaran buat saya juga. Kopi dari anda pas mantap!

      • @Hardi Imran.

        mantap lagi, lagi bung, lagi donk kopinya. Usul dikit ah, yg pake bhs arab tlg sisipkan terjemahannya… teman2 ana ngumpul duduk ditiker nih!

      • @Temannya Darno dan ikhwani-l-Mu’minuun,..
        Kopi yang paling mantap untuk menemani kita setiap saat, termasuk ketika Antum gelaran tikar seperti ini bersama teman-teman- adalah A-QUR’ANUL KARIM DAN HADITS RASUL, MUHAMMAD SAW.
        Disana terdapat PETUNJUK SEJATI yang akan membimbing kita untuk MENEMUINYA.
        Dan HEBATNYA LAGI,…..SELALU UP-TO-DATE.

        ALAA BIDZIKRILLAHI TATHMAINNUL QULUUB.

      • @Hardi Imran

        Pak, Jika ”Teori Hikmah” yg bapak jelaskan di atas ternyata masih saja belum hasilnya, maksudnya begini, dikasih dalil.. dia ngeyel dan malah nyari dalil pembenaran bukan kebenaran, dikasih logika… dia sodorkan logika ”Baik dimata manusia/nyari ridho manusia bukan nyari ridho Allah”. Apakah dpt dikaitkan dgn Al Baqoroh ayat 8 sd 20 buat orang tsb?

        mhn pencerahannya. thks.

      • @Temannya Darno,….
        == KATAKANLAH, SESUNGGUHNYA SHALATKU, IBADAHKU,HIDUP DAN MATIKU HANYA KARENA ALLAH SWT.==
        amma ba’du,

        Kegagalan dan keberhasilan kita menyeru mereka ke jalan Allah swt ditentukan oleh Allah SWT Sendiri, bukan karena kita. Karena Hidayah itu milik Allah swt. Jangankan kita- siapa dan apalah arti kita as friends in cyberspace- sekelas Ulama dan NABI PUN tak akan MAMPU merubah manusia DENGAN KEMAMPUAN DIRINYA SENDIRI.
        Ada ayat yg serasa akrab ditelinga kita :
        Surat Al-Qashshash ayat 56:
        Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk. (56)

        Lihatlah, …Nabi Muhammad SAW pun TIDAK MAMPU BEMBERI PETUNJUK kepada SIAPA YANG BELIAU CINTAI, karena HIDAYAH itu MUTHLAQ HAQ ALLAH SWT.
        …tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya. ….
        …Dan tidak ada sesuatupun yang menghalangi manusia dari beriman, ketika petunjuk telah datang kepada mereka,…

        JADI SETELAH KITA TAHU BAHWA PETUNJUK / HIDAYAH ITU HANYA MILIK ALLAH SWT, LALU MENGAPA KITA REPOT-REPOT NGERIBUTIN URUSAN ORANG LAIN?
        APA MANFAAT DAN PERLUNYA ‘NGURUSIN’ ORANG LAIN?
        URUSIN SAJA DIRI SENDIRI!!!

        MANFAATNYA :

        Firman Allah SWT :
        = Al-A’raf (7) : 164
        7.164. Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: “Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?” Mereka menjawab:
        “Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu , dan supaya mereka bertakwa.

        = Surat At-Taubah, 122:
        …untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (122)

        =…dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.

        =…dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (3)

        = Nabi Muhammad SAW bersabda :
        Barangsiapa menunjukkan seseorang kepada kebajikan, maka ia akan menerima pahala seperti dia yang melakukannya.
        (Al-Hadist).

        Terutama dalam forum seperti ini -CYBERSPACE- dimana kita tidak saling mengenal satu sama lain,

        …hanya kenal nama samaran masing-masing….,untuk mencari muka jelas serasa jauh. Saya lihat tak ada seorangpun diantara kita yang berujung kepada kepentingan pribadi dalam forum ini, baik kepentingan moral ataupun material. Jadi disini kita -alhamdulillah- terbebas dari segala kepentingan pribadi.

        Manfaat mengapa HARUS BAWEL DAN USIL yang paling penting adalah,-disamping manfaat lain- karena pada dasarnya KITA sebagai MUSLIM adalah IBARAT sebuah BADAN. (Masyhur) Bila ada bagian anggota badan yg sakit, seluruh tubuh merasakannya. Begitu juga bila diantara kita BERBUAT MACAM-MACAM SEHINGGA ALLAH SWT MENURUNKAN ADZABNYA,…..BUKAN HANYA DIA YG BERDOSA SAJA YG AKAN TURUT MERASAKANNYA AKIBATNYA.

        MAKA MAAFKAN BILA TERNYATA BAWEL DAN NAMPAK MARAH-MARAH. SEKUAT TENAGA SEHARUSNYA KITA SALING MENJAGA DIRI KITA MASING-MASING, DEMI KESATUAN DAN KEPENTINGAN BERSAMA.

        BENAR ADANYA,…ALLAH SWT PUN MEMBERI KITA PETUNJUK BAGAIMANA ETIKA DAN METHODE BER’BAWEL’. PERTAMANYA TADI,..TEORI HIKMAH,…dan apabila ternyata MASIH ‘SAKIT’, CARI ALTERNATIF PENGOBATAN LAIN,..DAN BILA INGIN TETAP SAKIT(KARENA TIDAK MERASA SAKIT),ATAU MUNGKIN SUDAH TAK ADA HARAPAN UNTUK DAPAT DIOBATI, MAKA BIARKANLAH,..DAN KITA PUN AKAN TERBEBAS DARI TANGGUNG JAWAB KITA.
        SIMAK AL-BAQARAH AYAT 8-20.

        TELAH ADA SUATU KAUM YANG DEMIKIAN,…DAN LIHATLAH BAGAIMANA KESUDAHAN MEREKA.
        ALLAH SWT BERFIRMAN :
        قوله تعالى : ذرهم يأكلوا ويتمتعوا ويلههم الأمل فسوف يعلمون
        BIARKAN MEREKA MAKAN DAN MENIKMATI (KEHIDUPAN DUNIA INI) DAN TERPEDAYA OLEH ANGAN-ANGAN MEREKA. TOH KELAK MEREKA AKAN MENGETAHUINYA. Surat Alhajar.

        FIRMAN ALLAH SWT :(lagi),…
        Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling dari padanya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya. (57)

        semoga bermanfaat.

      • @Kang Hardi Imran,

        Kopi dari akang bikin sy ”jagjag jeung cénghar” (.makin bersemangat), Trm ksh kang.

        O ya kang, mengenai kesombongan, sy pernah dengar disuatu ceramah agama (lupa2 ingat) bahwa kesombongan boleh dibalas dengan kesombongan lagi. Sy coba googling haditsnya… blm ketemu. Akang ada pengetahuannya tentang hal tsb?? dishare yah kang! Nuhun.

        @Kang Otong,

        sebenarnya penjelasan Kang Hardi sudah cukup jelas dan informatif, Memang betul ada beberapa ayat yg sepertinya saling bertentangan (tapi sesungguhnya tidak). Sy sendiri cara cari penjelasannya lewat buku2 tafsir Al Qur’an atau rajin bertanya jika ada kesempatan. Memang dibutuhkan kesabaran… tapi bukan berarti itu sulit atau lieur kang, malah mengasyikan, sebab bisa jadi ada satu ayat yg belum kita temukan maksudnya, jika kita pelajari terus menerus, malah kita dapat 10 kemudahan memahami ayat2 yg lainnya. Itu hanya pengalaman sy saja. Punten ah.

        Tetap bersemangat Kang Otong.

  53. as wb

    bijaklah dlm berdebat !

    gunakan bahasa yang sopan dan jauhi hujat menghujat !

    jangan ria dan SOMBONG !

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

    “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya ada kesombongan meskipun sebesar biji sawi.”

    “Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.” (HR. Muslim)

    KEPADA YANG MERASA, tolong perbaiki tabiatmu !!!

    • Terimakasih atas tawshiyyah bapak, semoga menjadi amal kebajikan bapak di akhirat kelak, amin.
      Pak,…
      Kalau boleh saya rewel,…saya mohon penjelasan bapak tentang KESOMBONGAN yang kita lakukan terhadap orang-orang SOMBONG?
      Bagaimana, pak?
      Terimakasih.

      • saya lain lagi pak hardi. Pertanyaan saya begini:saya mohon penjelasan bapak tentang KESOMBONGAN yang kita lakukan terhadap orang-orang SOMBONG?
        menurut Rasulullah Saw itu Bagaimana, pak?

      • as wb.

        ustd HARDI IMRAN,

        sy orang masih awam dlm tauhid keagamaan, adapun tentang hadits diatas sy BARU menemukannya, tapi aqli sy meyakini kebenarannya, sy bicara sesuai dgn yng sy pahami, bahwa KESOMBONGAN akan menjadi suatu perbuatan yng menjauhkan kita terhadap kebenaran.
        adapun ***Kalau boleh saya rewel,…saya mohon penjelasan bapak tentang KESOMBONGAN yang kita lakukan terhadap orang-orang SOMBONG?
        Bagaimana, pak? ***

        sy tak bisa komentar lbh banyak, yg sy tahu perbuatan sombong itu perbuatan munkar, jadi…untuk menghadapi orang-orang SOMBONG tak perlu dilayani dgn SOMBONG lagi, bila itu dilakukan, maka kita nilainya NOL !!

        itulah sedikit pemahaman sy, maaf ustd !!!

      • @pak otong darsa,…
        maaf sekali,…ddgn sejujurnya saya katakan bahwa saya bukan seorang ustadz,…
        jadi mohon dan tolong jangan panggil saya ustadz,..terlalu wah itu untuk saya.
        panggil azza Mang Hardi, ok? Biar lebih akrab.

      • @jeruk,..
        iya,….ya,….coba dong bapak tulis -giliran bapak dong yang cuap-cuap……tentang
        ” KESOMBONGAN MENURUT ISLAM ”
        oleh : Jeruk Purut.
        ayo dong pak, ….saya tunggu.

  54. ustd@HARDI IMRAN

    coment anda simple sekali, tdk tepat pada sasaran yg sy harafkan, sepertinya anda tak tergugah dgn ratapan sy, sy perlu pencerahan ustd !

    jika tak sudi maka sy tak memaksa, …slow aja lagian !!

    • O iya ustadz,..iya,….saya ingin be tawashaw bil haq watawashaw bishabr dengan Antum sekalian.
      Iya ustadz,…pesan Antum ana catat,..dan ana sedang mengusahakannya semaksimal mungkin agar lebih baik dan berguna untuk kita semua.
      Namun,…..untuk kesempatan malam ini,…sengaja ana prioritaskan untuk MENGULITI HABIS SANG PEMIMPIN MUNAFIQ DAN PARA MUNAFIQIIN.
      (kalau sudi ustadz mengoreksi, saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.(
      Ada diatas, ustadz.) . Illalliqaa,..
      Wassalam,

      • as wb ustd HARDI IMRAN !!!

        ok sy ikut menyimak coment anda dlm menyikapi para pembela GD. ok sempurna !!

        namun kalau boleh saran, …..seperti yg anda katakan HATI MEREKA SUDAH TERKUNCI,

        *** خَتَمَ اللّهُ عَلَى قُلُوبِهمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عظِيمٌ ***

        dan

        *** “Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”

        bila kita terus berbantah bantahan, rasanya perbuatan kita akan mubadzir, maka lebih baik dan bijak jika kita pilih

        ”biarkan mereka makan dan menikmati (kehidupan dunia ini) dan terpedaya oleh angan-angan mereka. toh kelak mereka akan mengetahuinya”.

        terima kasih. ….ditunggu pencerahannya !!

        GODBLES FOR YOU ………AMIIIIIEEN !!!!!!!!

  55. Kék sakedap…
    Mang Hardi téh saha euy?, nu séjénna kunaon jadi bocokok!!

    kieu carana, abdi ngiring nambru ah. Geus Lain kopi deui ieu mah, aya sampeu durukna. Nyéntang euy!!!!!!

    Gelasanna alus, anginna alus, kumaha teu mentang tah langlayangan!

    • @ LANGLAYANGAN PEGAT,
      Duh pak,…..kalau ditanya siapa saya,….saya jadi ……,
      soalnya saya kan cuma memanfaatkan ‘unlimited freedom of speech’ dalam blog ini,…dengan
      qulil haqq walau kaana murran,…
      and,…..walau kaana kariha-l-mujrimuuun!!!
      Kalau bukan ‘on CyberSpace’,……ih ngeri juga sieh,..
      Yakin jadi ……………,….
      Disini,…pada saat ini,….dalam kesempatan ini,,,di jaman ini,……
      Mari kita katakan ‘welcome’ atas kenyataan sepahit apapun yang sampai kepada kita,
      Selama reasonable, ‘base on facts’ dan ‘heavenly exact’.
      For sure we are Living in The Age of Change

      Terimakasih atas kesediaan ‘nimbrung’nya,…..
      Jangan lupa Pak,….
      Ingatkan saya dan teman-teman al-Mu’miniin,
      Agar kami tidak menyimpang dari JalanNya yang Lurus.
      Terimakasih

      • qulil haqq walau kaana murran,…
        and,…..walau kaana kariha-l-mujrimuuun!!!
        ======
        maaf SALAH…SALAH…SALAH KETIK.
        SEHARUSNYA :
        WALAU KARIHA-L-MUJRIMUUN.
        MAAF,..MAAF,…MAAF.

  56. gitu aja pada ribut….
    Gus Dur Wali atau Bukan terserah Yang MAHA SOMBONG aja…
    Ziarah Kubur Pemborosan,,yang ngmong berarti ga pernah Ziarah…
    ditabung naik haji…e haji juga Ziarah…
    Berkunjung Ke MAkam Nabi SAW…ziarah juga to…
    Kami Menghormati Gus Dur Karena Beliau ‘Ulama…
    dan selain Gus Dur Juga kami Hormati…namanya Kyai
    Guru Ngaji Saya pernah ngaji ke Kyai.Kyainya guru Saya Juga Ngaji ke Kyai..dst lha kalo kita menghormati para kyai-kyia katanya salah,apalagi yang sudah wafat e..katanya malah Bid’ah…
    aneh ya….
    makanya to jangan membahas agama dengan logika,,jangan memahami qur’an hadist dengan akal saja,,CARI GURU..bila perlu datang ke KYAI yang menurut anda dikultuskan lalu anda duduk didepannya adu Argumen…..jangan melihat luarnya saja bung…SMUA YANG HIDUP SESUDAH ZAMAN RASULLULAH SAW MELAKUKAN BID’AH,,
    karena kita tidak mengetahui langsung kepada RASULLULAH SAW. tapi kalau yang kita lakukan itu baik kenapa Tidak???
    Intinya ” BARANG SIAPA YANG TIDAK MENGAKUI ADANYA PARA WALI ALLAH BERARTI TIDAK MENGAKUI ADANYA PARA NABI & RASUL ALLAH”
    o ya …. kan punya nabi sendiri….MUHAMMAD BIN BAAAZ..Zi

  57. Wahai Santri-santri bersarung…!!
    INGATLAH…
    Kita selalu dihujat, kita selalu disalahkan, ibadah yang kita lakukan dianggap sesat dan Bid’ah,, jangan khawatir dan jangan kecil hati,,,kita beribadah bukan karena sesorang atau karena APAPUN,hnya karena YANG MAHA SEGALA-GALANYA..
    INGATLAH : KITA BERIBADAH TIDAK HANYA UNTUK MENDAPATKAN SURGA ATAU TERHINDAR DARI SIKSA NERAKA tapi kita beribadah HANYA UNTUK MENUJU dan BERTEMU DENGAN YANG MAHA MEMILIKI.
    saya pernah punya pengalaman menarik :
    ada seorang perempuan didaerah saya pakaiannya kayak NINJA, berjubah (he..kan sunah rasul) datang ke tempat DUKUN karena anaknya sakit,, diobatin ke rumah sakit ga sembuh, pokoknya yang berbau kesehatan ga sembuh.. e…la dalah ketempat mbah dukun yang hanya bisa baca Al-Fathehah terus ditiupkan ke air putih suruh minum ke anaknya sembuh,,alhamdulillah…
    memang saudaraku,,kita ini orang terbelakang dan bodoh,,karena selalu pake sarung…mbah dukun yang ga bisa baca tulis juga bodoh,,tapi keikhlasan hatinya memohon kepada ALLAH Ta’ala lah yang menjadi Perantara (tawasul) untuk kesembuhan anak tersebut….
    tapi biarlah saudaraku kita dihujat,dihina, dinistakan
    wong kita juga hidup bukan karena mereka,,biarlah mereka berkata apa yang PENTING HEPPY……

    • Dengan memberikan contoh cerita diatas, berarti anda mengiyakan dengan syariat perdukunan, Anda tahu nggak sih apa yang dimaksud dengan DUKUN ?
      Anda tahu nggak sih hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam yang artinya :

      “Barang siapa mendatangi tukang ramal dan menanyakan sesuatu kepadanya, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh malam.” (HR. Muslim).

      *** Wahai Santri-santri bersarung…!!
      INGATLAH…
      Kita selalu dihujat, kita selalu disalahkan, ibadah yang kita lakukan dianggap sesat dan Bid’ah,, jangan khawatir dan jangan kecil hati,,,kita beribadah bukan karena seseorang atau karena APAPUN,hnya karena YANG MAHA SEGALA-GALANYA..
      INGATLAH : KITA BERIBADAH TIDAK HANYA UNTUK MENDAPATKAN SURGA ATAU TERHINDAR DARI SIKSA NERAKA tapi kita beribadah HANYA UNTUK MENUJU dan BERTEMU DENGAN YANG MAHA MEMILIKI***

      KAMI KAMI ini hanya merasa berkewajiban untuk meluruskan akidah yang tidak sesuai dengan syariat yang haq
      KAMI KAMI merasa kasihan kepada sesama kaum muslim yang tidak menyadari akan kekeliruaannya.

      jangan salah persepsi, kami tidak memponis seluruh cara ibadat anda bid’ah, KAMI hanya membid’ahkan pokok2 yg tidak sesuai dengan quran dan sunah,

      marilah kita bersama sama kembali pada patokan qur’an dan sunah, tak usah menambahnambah lagi kebid’ahan !!

  58. wah….anda masih untung mas NU, ketemu contoh dukun yg msh baca al-Fatihah….klo saya ketemu dukun yang ga bs baca apa2….tp tetap aja ada yg sembuh….karena memang Allah menghendaki…. mentang2 dg baca al-Fatihah trus sembuh, bisa di bilang si dukun wali Allah? trus dukun yg satu lagi wali apa donk…?

    • sebenarnya hardi ,hasan dan yang lain yang sukanya menghina gusdur!!!! dan apakah pernah tau tentang apa yang di pikirkan gusdur?????dan apakah udah pegang kunci sorga???????????????? dan ada jaminan orang yang paling baik dalam mejalankan ibadah dan dalam menjalankan syari’atnya!!!!!!pernah dengar ga cerita antara nabi khidir dan nabi musa, disitu akan kelihatan suatu perbuatan yang di landisi dengan ilmu dan yang melihatnya tidak dilandsi dengan ilmu yang setara dengan yang berbuat, bukan berarti yang menganggap ilmu gusdur itu lebih tinggi dari anda semua, ma,af mas, tapi kalau mebicarakan orang dan menyalahkan orang lihat dulu siapa orang dan bagaimana ilmunya dan udah berbicar dengan orang yang di salahkan biar ga jadi fitnah……..baik buruknya seseorang kekasih allah apa bukan paling kelihatan kalau dia udah meninggal dan sesudahnya insyaallah allah akan memperlihatkan siapa dia apakah dia layak di ktakan wali atau tidak. seorang wali dalam hidupnya tidak butuh penghargaan dari orang tidak perlu di puji dan rela di caci maki asal keyakinan tetap di tegakkan dan berani melawan arus demi membela kebenaran yang dia yakini tidak ada rasa takut sedikitpun dalam dirinya kecuali kepada allah….. kepada para penghujat gusdur saya mau nanya berapa kali bertemu rasulullah dan para sahabat2nya!!!!! mas yang terpenting dalam hidup bagaimana kita menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan kita jangan saling menghina menganggap orang lain kafir kalau tidak sepaham,janganlah menghakimi seseorang bersalah karena allah yang maha tau, apalagi kita baru belajar ngaji dan ngajinya masih tersendat sendat apa lagi menafsirkannya……untuk para penghina gusdur tanya sama gurunya!!!!bagaimana klau orang meninggal jasadnya masih utuh kain kapannya masih bersih,jasadnya hilang yang ada hanya harum minyak wangi, dan jasadnya hancur dan tanya juga berapa kali bertemu rasulullah dan apakah udah menjcapai makrifatullah atau hanya syari’at aja yang di jalankan mohon jawabannya kirim ke indocoh@hotmail.com

      • mas zainul juga ga tau pikiran saya kok :-)
        saya sama sekali ga bermaksud menghina gus dur atau para pengkultus gusdur….demi Allah tidak….mdh2n tdk akan pernah.
        saya cuma sekedar memberi cara pandang dari sudut lain, apapun dan siapun cukuplah yang dikultuskan itu ALLAH SWT…..

      • untuk para penghina gusdur tanya sama gurunya!!!!bagaimana klau orang meninggal jasadnya masih utuh kain kapannya masih bersih,jasadnya hilang yang ada hanya harum minyak wangi, dan jasadnya hancur dan tanya juga berapa kali bertemu rasulullah dan apakah udah menjcapai makrifatullah atau hanya syari’at aja yang di jalankan……
        jawab dengan jujur mas….apakah anda bersedia bersumpah atas nama ALLAH SWT bhwa anda benar-benar melihat langsung kejadian seperti tsb diatas terjadi pada Gus Dur..?

  59. SMUA YANG HIDUP SESUDAH ZAMAN RASULLULAH SAW MELAKUKAN BID’AH,,

    ….dari statement tsb smua org pasti tau siapa guru besarnya…… :-D
    ‘audzubillahi minzaalik…

  60. ” BARANG SIAPA YANG TIDAK MENGAKUI ADANYA PARA WALI ALLAH BERARTI TIDAK MENGAKUI ADANYA PARA NABI & RASUL ALLAH

    tidak mengakui gus dur sebagai wali allah otomatis tidak mengakui adanya wali allah..?
    wahai sebagian org NU, tobatlah kalian…mhonkanlah hidayah kpd Allah SWT…..kalian bukannya bodoh dan tidak punya otak, tapi miskin hidayah…

    • hasan mudah2an anda bener2 anda orang cocok kepada allah karena orang lain anda anggap sebagai pendosa mudah2an anda di lindungi oleh allah….untuk hasan yang ahli sorga apakah udah mengenal diri anda secara benar siapa anda dan bagaimana asal usul anda tolong di balas

      • maksih mas akbar…. tolong di baca lagi tulisan saya, sepertinya anda salah baca…tidak ada kata-kata disitu yang menyuratkan dan menyiratkan org lain sebagai pendosa…..
        mas akbar….saya tidak malu mengakui kesalahan saya, saya mau dikritik demi kebaikan, seandanya saya salah saya ingin dan akan memperbaiki….saya senantiasa memohonkan hidayah terus menerus tanapa terputus kpd ALLAH SWT………sampai detik ini pun saya juga masih MISKIN HIDAYAH……kenapa kita ga sama-sama memperbaiki kesalahn aja mas…? semua jawaban d forum ini yang di lontarkan pro pengkultusan tidak pernah menjawab isi dan materi pertanyaan…..hanya mengelak dan membuka msalah baru…….kalo kita Islam cukup Islam aja, ga usah ada kita org NU, MUHAMMADIYAH dll….cukup islam…..pedoman Al-Qur’an dan As-Sunnah….cukup….!

      • mas hasan benar itu..
        mari kita bikin mashab baru yg berisi pandangan mas perdana ini, yang fanatis berat sama beliau, kita sebut: MAZHAB PERDANIAH…

      • Pengertian mazhab menurut istilah dalam kalangan umat Islam ialah : Sejumlah dari fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat seorang alim besar di dalam urusan agama, baik ibadah maupun lainnya.
        saya bukanlah seorang alim ulama dan saya selalu merujuk pada pendapat para ulama, tidak ada seujung kukupun ilmuku untuk membuat mahadzab ahmad perdana :)

      • oh, pantes juga ya mas perdana. anda memang bukan alim-ulama ya? jadi siapakah orang di tanah nusantara ini yg menurut anda pantas disebut alim-ulama itu? apakah beliau2 juga yang mengajari antum mengadili gus dur, sekalian dg hal-hal buruknya itu (meski masih prasangka?) juga mengamini kata-kata buruk dilontarkan kepada gus dur? ane bukanlah pengikut gus dur. jadi ente tak perlu berduka cita..

      • @nang cubluk: anda pikir bisa membaca nama surat dan ayat2 di dalam Al qur’an semauanya sendiri? apapun bahasa daerah anda tetaplah baca bahasa Al Qur’an sebagaimana mestinya…..udah tau salah malah berkilah tutup mata tunjuk2 orang….merasa cukup dengan ilmu sendiri….itulah yang menyesatkan kalian yang mempercayai org2 sekuler dan plural sbagai muslim sejati…!!!!

  61. cukup islam…..pedoman Al-Qur’an dan As-Sunnah….cukup….!

    betul mas Hasan, ga dikurangi dan ga ditambahin!

    ikut nyimak mas!

  62. OPB…( Perdana Akhmad S.Psi,otongdarsa, HARDI IMRAN. Dll ) ….Andai anda berdakawah dan meluruskan Aqidah Saudara kita yang ada di Pedalaman Papua atau di pedalaman Kalimantan,Atau seseorang di Romawi atau di Italia yang belum pernah kenal sama sekali tentang ISLAM Mungkin Anda lebih mulia daripada mendakawahi dan menghukumi sesorang yang sudah ISLAM ….

    • @Nang Cubluk,

      Pernyataan anda :
      ”….Andai anda berdakwah dan meluruskan Aqidah Saudara kita yang ada di Pedalaman….. dst!”

      -> Insyaallah TELAH DAN SEDANG kami lakukan. Blog ini adalah salah satu dari sekian media/cara kami untuk menyampaikan/mengingatkan kebenaran kepada sesama muslim.

      Saudaraku Nang Cubluk, silakan anda kunjungi blog2 yg bermanhaj salaf, anda akan menemukan non muslim yg ingin belajar Islam terutama sunnah Rosul, padahal disitu telah terjadi diskusi/perdebatan sengit tentang aqidah.

      Insyaallah Linknya menyusul ana cantumkan disini, permintaan izin ana masih dimoderasi oleh pemilik blognya.

      • Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

        Alhamdulillah, klo memang begitu, Islam memang benar, benar itu Islam

        Untuk Admin dan semua pengunjung di Blog ini : Al Fatechah ……..

    • Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

      @ Nang Cubluk
      kami tidak menyiarkan agama kepada orang yang sudah beragama, kami hanya mengkritisi kpd orang2 yang mengaku menganut islam tapi dlm menjalankan syariatnya diluar dari ajaran yg sebenarnya (menambahnambah yg tdk ada tuntunannya),…..itupun menurut pemahaman yang kami pahami,
      ………adapun kpd mereka yg merasa tersinggung silahkan ajukan pembantahan2 sesuai dgn pemahamannya,…..tentunya harus dilengkapi dgn dasar2 / dalil2 yg dpt diterima.

      adapun nisbat2, ataupun hujatan2, yang menyebutkan musryik atau kapir, itu bukan dari kami, ….kami TIDAK menghujat kata2 tadi kpd sesama muslim,
      kami hanya menampilkan artikel2 sesuai apa adanya dan kebetulan artikel2 itu sesuai dgn pemahaman kami,……jadi jgn salah tanggap, …..kami TIDAK menghujat sesama muslim.

      kami merasa punya kewajiban untuk saling nasihat menasihati sesama muslim, dan itupun yang menurut pemahaman kami,……..adapun pemahaman yang tdk sesuai dgn pemahaman para pengunjung blog ?!,….kami tdk mencari permusuhan,…..itu kita kembalikan kpd kesimpulan individu masing2,………kita diskusi,…kita saling mengisi dan saling ingat mengingatkan kpd yang seharusnya HAQ !!.
      Wassalamu’alaikum wr.wb !!

      • Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

        Alhamdulillah, klo memang begitu, Islam memang indah, indah itu Islam

        Untuk Admin dan semua pengunjung di Blog ini : Al Fatechah ……..

  63. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Alhamdulillah, klo memang begitu, Islam memang indah, indah itu Islam

     Insyaallah TELAH DAN SEDANG kami lakukan. Blog ini adalah salah satu dari sekian media/cara kami untuk menyampaikan/mengingatkan kebenaran kepada sesama muslim.

    Pantas kita renungi dan kita Tafakkuri…..

    - Pantaskah Gus Dur jadi Wali Allah ?
    - coba anda gali mas, ntar kabarin kesini!
    - Ziarah kubur kesana kemari cuma pemborosan
    - ziarah sampai menginap berhari2 adalah suatu penyembahan kubur. Kuburan bukanlah mesjid.
    - Jasad Firaun aja utuh. Apalagi Gus Dur. Ada formalinnya kali.
    - TULISANNYA NGGA BERISI, NANDAIN KEBODOHANNYA. SEKOLA LAGI DONG!
    - bermain sihir terus.
    - masyaallah! kAlau ngga salah almrhm itu, bpknya alias dedengkot jil,ny si ulil bla..bla..anak emasnya si …simon perez,trus beliau paling benci ama habib riziq,he..he..
    - bagi saya gusdur jauh sekali keadaannya dengan al-Qur’an dan as-Sunnah
    - BELUM NGERTI HIDUP, POLOS, DAN MEMALUKAN. MAKANYA JANGAN TAWURAN …TERUS KALAU SEKOLAH !
    - SI KUNCUNG NGGA USAH DITANGGAPIN,…SURUH SEKOLAH AZZA DULU! KASSIAN DIA.
    - Gus Dur itu adalah WALI PLURALISME, yg tuhannya juga Plural!!
    - Patung buddha berkepala gus dur…. hmm… versi salibnya ada enggak yah??
    - ya itu kan makamnya Gusdajjal(WALI IBLIS) amblas gra2 air kan
    - WALI ALLAH YG SEBENARNYA AKAN TERLIHAT DAN DISEBUT WALI IBLIS. SEDANGKAN ..WALI IBLIS AKAN TERLIHAT SEBAGAI WALI ALLAH.
    ( dimaaf klo sepotong2 selengkapnya bisa dicari Coment2 diatas )

    DAN MASIH BANYAK KATA2 INDAH LAINYA LAGI….

    tambahan…..
    Untuk Admin dan semua pengunjung di Blog ini : Al Fatechah ……..

      • Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yaang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
        QS. al-Hujurat (49) : 12

  64. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Alhamdulillah, klo memang begitu, Islam memang benar, benar itu Islam

    Pantaslah kita renungi dan kita Tafakkuri…..

     Blog ini adalah salah satu dari sekian media/cara kami untuk menyampaikan/mengingatkan kebenaran kepada sesama muslim.

    Untuk Admin dan semua pengunjung di Blog ini : Al Fatechah ……..

    • @Nang Cubluk

      Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

      Alhamdulillah, terima kasih Kritik dan masukannya.

      Blog ini terbuka bagi siapa saja, kami tidak bisa menghalangi siapapun yg ingin berkomentar disini. Kadang sypun melempar balik kalimat yg dirasa nyeleneh untuk mengetahui pengunjung yg ingin berdiskusi atau hanya sekedar mampir/nyeletuk.

      Tapi bagaimanapun khususnya sy, Insyaallah akan memperbaiki kalimat penyampaian. Ketahuilah saudaraku Nang Cubluk, Kritik apapun.. tdklah kami abaikan begitu saja, mhn maaf jika ada kata2 sy yg tidak berkenan di hati anda.

      Salam hangat @Nang Cubluk, Semoga Allah selalu memberikan kebaikan untuk kita semua, amin.

  65. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Alhamdulillah, klo memang begitu Mari kita mulai, Islam memang Mulia, Mulia itu Islam

    Pantaslah kita renungi dan kita Tafakkuri…..ISLAM

    Untuk Admin dan semua pengunjung di Blog ini : Al Fatechah ……..

  66. kalau memposting itu di pikir2 dulu, jangan asal nulis, otak yang kemampuannya terbatas jangan di jadikan acuan menilai seseorang, orang bodoh kok banyak bicara, hatimu itu ibarat gelas yang terbalik, jadi tidak akan pernah bisa terisi hidayah, walaupun cuma setetes, hanya orang bodoh yang hanya menggunakan otak untuk menyelami jati diri seseorang,

    • @ihsan: “hanya orang bodoh yang hanya menggunakan otak untuk menyelami jati diri seseorang”……..pertanyaan saya apakah benar anda tidak menggunakan otak untuk menilai gus dur wali atau bukan?

    • cangkemmu

      sebelum menunjuk orang lain jari 3 menunjuk dirimu teman :) perkataan ini saya kembalikan padamu :“kalau memposting itu di pikir2 dulu, jangan asal nulis, otak yang kemampuannya terbatas jangan di jadikan acuan menilai seseorang, orang bodoh kok banyak bicara, hatimu itu ibarat gelas yang terbalik, jadi tidak akan pernah bisa terisi hidayah, walaupun cuma setetes, hanya orang bodoh yang hanya menggunakan otak untuk menyelami jati diri seseorang

      • …hanya orang bodoh yang hanya menggunakan otak untuk menyelami jati diri seseorang…

        bahasa macam ini apa pantas digunakan oleh seorang yang mengaku umatnya Rasulullah Saw? Yang menjunjung tinggi akhlak al karimah??

  67. podo kurang ngajinE…
    podo kurang toleransinE. . .
    nafsu lan akal le di unggulkE . . .
    podo muslimE, gak usah debat KE
    menungso iku akeh salahE . . .
    menungso iku akeh luputE. . .
    IlmuNE pengeran iku sedalam dan seluas samudera
    nek ngaji ojo melajari syariatE tok, nek ngaji ojo melajari dhohir RE tok . . .
    hidayah, teko soko pasrah nang illah…
    syariat iku gawe bekal, bukan gawe engkel-engkelan . . .

  68. استغفر الله ربّ البرايا # استتغفر الله من الخطا يا
    ربّي زدني علما نافعا # ووفّقني عملا صالحا

    يا رسول الله سلام عليك # يا رفيع الشان و الدرج
    عطفة يا جيرة العالم # يا أهَيل الجود والكرم

    Ngawiti ingsun nglaras Syiiran
    Kelawan muji marang Pangeran
    Kang paring rahmat lan kenikmatan
    Rino wengine tanpo pitungan

    Duh bolo konco priyo wanito
    Ojo mong ngaji Syare’at bloko
    Gur pinter ndongeng, nulis lan moco
    Tembe mburine bakal sengsoro

    Akeh kang apal Qur’an haditse
    Seneng ngafirke marang liyane
    Kafire dewe gag di gatekke
    Yen isih kotor ati akale

    Gampang kabujuk nafsu angkoro
    Ing pepaese gebyare ndunyo
    Iri lan meri sugihe tonggo
    Mulo atine peteng lan nisto

    Ayo sedulur jo nglaleake
    Wajibe ngaji sak pranatane
    Nggo ngandelake iman tauhite
    Baguse sangu mulyo matine

    Kang aran soleh bagus atine
    Kerono mapan seri ngelmune
    Laku thoriqot lan ma’rifate
    Ugo hakikot manjing rasane

    Al-Qur’an Qodim wahyu minulyo
    Tanpo ditulis biso diwoco
    Iku wejangan guru waskito
    Den tancepake ing njero dodo

    Kumantil ati lan pikiran
    Mrasuk ing badan kabeh jeroan
    Mu’jizat Rosul dadi pedoman
    Minongko dalan manjinge iman

    Kelawan Allah kang moho suci
    Kudu rangkulan rino lan wengi
    Ditirakati diriyadhohi
    Dzikir lan suluk jo nganti lali

    Uripe ayem rumongso aman
    Dununge roso tondo yen iman
    Sabar narimo najan pas pasan
    Kabeh tinakdir saking pengeran

    Kelawan konco dulur lan tonggo
    kang podo rukun ojo ngasio
    Iku sunahe Rosul kang mulyo
    Nabi Muhammad panutan kito

    Ayo nglakoni sakabehane
    Allah kang bakal ngangkat derajate
    Senajan ashor toto dhohire
    Ananging mulyo maqom drajate

    Lamun palastro ing pungkasane
    Ora kesasar roh lan sukmane
    Den gadang Allah swargo manggone
    Utuh mayite ugo ulese

    • buat yg ini saya setuju..
      seperti yg dikatakan : “barangsiapa yg ingin mengetahui kesalahan gurunya, maka belajarlah dari guru2 yg lain juga.”

  69. SAUDARA2 KU, HARAM HUKUMNYA MEMPERGUNJING APALAGI MENGUNGKIT HAL-HAL YANG TERKAIT ORANG YANG TELAH MENINGGAL DENGAN TUJUAN MENJELEK-JELEKKAN……..
    “Dari Aisyah Ra, dia berkata, Nabi Shallallahu’alayhi wasallam bersabda, ‘Janganlah kalian mencela orang-orang yang sudah mati, Karena mereka itu sudah sampai kepada apa yang telah mereka lakukan.”
    (HR Bukhari)

    • saya adalah seorang peruqyah juga, Alhamdulillah atas izin Allah, saya diberikan kemudahan oleh Allah untuk mengusir Jin dari rumah yang mengganggu pemiliknya, menyadarkan dan mengusir jin di tubuh siswa yang kesurupuan, menterapi siswa yang terkena sihir. Bahkan ketika memegang (untuk yg bukan muhrim sy menggunakan sarung tangan) orang yang terkena gangguan jin, mereka merasakan efek berupa merasakan seperti adanya sesuatu yang tersedot dan bahkan si sakit merasa panas.
      Sy senang membaca posting-posting tentang hal-hal yg terkait ruqyah dan pelurusan aqidah. Namun untuk artikel yang terkait orang meninggal, mohon dikaji kembali tentang larangan Rosulullah SAW dalam hadits shohih bukhori di atas. Tentang tenaga dalam, Sy pun termasuk orang yg melarang murid-murid sy untuk mempelajari tenaga dalam. Namun sekali lagi tolong artikel semacam ini (yg menggunjing orang yg telah wafat) tolong anda hentikan dan bahkan dihapus.

      Bila anda ingin mengulas, silahkan ulas pelurusan akidahnya saja, BAHWA SEANDAINYA BENAR JASADNYA UTUH, HARAM UNTUK MENGAGUNG-AGUNGKAN APALAGI MENGKERAMATKAN KUBURAN BELIAU. Wassalam
      Watawa shoubil haq

  70. memang banyak kejanggalan yang ga bakal masuk di logika, kebenarannya pun ga jelas karena tanpa data dan fakta nyata……tapi apapun alasannya tidak layak anda menganalisa dan menghakimi (baca:PA) terhadap seseorang, ga tau itu GUSDUR atau warga NU, praktisi TD atau siapapun yang berbeda pendapat dengan anda, dengan menulis analisa pribadi dan menyimpulan sendiri/golongan bukan hal bijak. dibaca banyak orang yang ada hanya caci maki…kalau tidak tau lebih baik diam, gunakan waktu untuk ibadah, jangan memfitnah. inikah dakwah islam ?? dengan memfitnah dan menjelekkan saudara seaqidah??
    urusan beliau WALI atau bukan, bukan urusan anda membentuk opini…biar Allah yang menilai dan menentukan derajatnya.
    apa anda merasa lebih TAQWA dari orang2 yang anda cari2 kesalahan nya??? saya baca2 blog anda kok isinya cuma hujatan, mencari kesalahan, tantangan, amarah, tidak adakah hal yang lebih indah yang bisa kita tunjukkan sebagai muslim?
    dalil yang anda pilih hanya dalil yang membuat orang berfikir seakan Islam itu keras, penuh hujatan, selalu menyalahkan dll….

    jika anda(baca:PA) baca tulisan saya…..dengan hormat, saya meminta anda mengulas 1-3 artikel “TOLERANSI YANG DILAKUKAN RASULULLOH SAW KEPADA ORANG DILUAR ISLAM ”
    tunjukkan kisahnya…tunjukkan dalilnya…tunjukkan ISLAM ITU INDAH…..jangan hanya menghujat….inilah agama yang benar & paling benar&tidak ada kebenaran lain selain yang disempurnakan Allah, tapi tidak perlu menjelekkan orang lain… apalagi itu saudara seiman kita…cukuplah Allah yang maha menghakimi, yang menentukan derajat &maqam hambaNya…jangan kita, karena hanya DIA yang maha mengetahui isi hati….tidak dengan kita..yang diberi keterbatasan akal dan fitrah

    mohon maaf saudaraku PA, saya tidak menyalahkan langkah dakwah yang anda ambil, saya yakin anda sangat faham dengan syariah-dakwah & konsekwensinya, karena tiap pribadi akan dimintai pertanggung jawaban apa yang diperbuat, hanya agar lebih imbang..mari kita tunjukkan keindahan islam juga…. :)

  71. SAUDARA2 KU, HARAM HUKUMNYA MEMPERGUNJING APALAGI MENGUNGKIT HAL-HAL YANG TERKAIT ORANG YANG TELAH MENINGGAL DENGAN TUJUAN MENJELEK-JELEKKAN……..
    “Dari Aisyah Ra, dia berkata, Nabi Shallallahu’alayhi wasallam bersabda, ‘Janganlah kalian mencela orang-orang yang sudah mati, Karena mereka itu sudah sampai kepada apa yang telah mereka lakukan.”
    (HR Bukhari)

    pemilik blog orang gila, diingatkan tak merasa

    • apakah mencela cuma dilarang untuk orang mati, bagai mana kloorang hidup?
      apa pantas anda cela seperti ini:
      ————————————————————————-
      pemilik blog orang gila, diingatkan tak merasa
      ————————————————————————-

  72. MAS KENAPA SIH NGERIBUTIN NU DAN TOKOH2 NU, INTROPEKSI MAS APA EMANG KAMU YANG BENER SENDIRI..? KLO NU DAN TOKOH2 NU SALAH DATANGGIN MAS INGATKAN JANGAN DITULIS SEPERTI INI, iki jennenge ngarasi podo ambek mangan daging butuk ngerti koen,,,,,,, DASAR TUKANG HUJAT MERASA BENER SENDIRI,,,, BAHLUL BAHLULLLLLLL……!!!!!!!!

  73. terus kenapa anda percaya pada jin yang merasuk ke tubuh manusia kalau anda akhirnya lebih mengedepankan logika?

    jasad Gus Dur utuh dan kain kafan bersih bisa anda bantah dengan berbagai alasan logis. wajar kalau anda tidak percaya. saya juga mengakui analisa anda yg logis.

    nah sekarang gimana kalau jin terbakar setelah dibacakan ayat2 Al-Quran bwt ruqyah ? mana bukti ilmiahnya ? apa anda benar2 tahu apakah seseorang itu kesurupan atau pura2 kesurupan, kalau tidak mengapa mengklaim bisa melakukan pengusiran terhadap jin dari tubuh manusia ?

    jangan pakai standar ganda ya dalam menilai apa yg masuk akal dan tidak. mengapa logika hanya dipakai untuk menyerang keyakinan lain saja?

  74. KLO NU DAN TOKOH2 NU SALAH DATANGGIN MAS INGATKAN JANGAN DITULIS SEPERTI INI,
    ———————
    tanggapan:
    ana rasa tulisan ini ada benarnya..kecuali jika memang sudah di ingatkan berkali2 dan sengaja menyimpang dengan mengajak orang lain baru boleh di tulis seperti ini.
    ——————–
    tapi ada ungkapan mas arif yang lucu,yaitu :
    DASAR TUKANG HUJAT MERASA BENER SENDIRI,,,, BAHLUL BAHLULLLLLLL……!!!!!!!!
    ———————
    tanggapan:
    tulisan bahlul tsb adalah bentuk menghujat
    mengatakan dasar tukang hujat,adalah bentuk merasa benar sendiri.

  75. Ya begitulah kalau ngaji kebanyakan diceritakan tentang KAROMAH-2, padahal Nabi Muhammad SAW saja 98% selama hidupnya menggunakan akal dan logika, kalau pakai Muzizat terus kasihan sahabat-2nya pasti tidak bisa mengikuti

    Ngapain Nabi Muhammad capek-2 perang badar padahal dengan berdoa saja kepada Allah SWT dalam sekejap kaum quaraisy dapat di hancurkan dan pasti doanya dikabulkan 100% oleh Allah SWT

    Ngapain Nabi Muhammad capek-2 hijrah dari Makkah ke Madinah naik Unta bareng Abu Bakar lewat padang pasir, kepanasan, dikejar-kejar kaum quraisy padahal kalau berdoa minta sampai sekejap ke Madinah dalam kedipan matapun pasti dikabulkan oleh Allah SWT

    Anda bilang hidup jangan pakai logika, sekarang begini deh menutup aurat itu wajibkan bagi Laki-2 dan Perempuan, sedangkan kita lahir dari rahim ibu kita 100% telanjang, dan Allah tidak menciptakan pakaian secara langsung tapi Allah menciptakan pohon kapas

    Disini kita harus berfikir kapas itu bulat bagaiamana caranya dibuat menjadi bahan ? kita butuh alat pintal dan alat pintal yang sederhana saja terbuat dari kayu, sedangkan untuk membentuk komponen alat pintal kayu harus dipotong-2 memang Allah secara langsung menciptakan Kapak, pahat, serutan kayu, dll

    Itu tugas manusia untuk membuat kapak, serutan, pahat, dll yang digunakan sebagai penghasil komponen alat pintal sehingga bisa menghasilkan bahan, dari bahan pun menuju pakaian jadi dibutuhkan mesin proses lagi yaitu mesin jahit

    Memang dengan KAROMAH saja pohon bisa dirubah menjadi berbuah “pakaian”, hidup itu harus dengan akal, kalau sholat boleh telanjang baru kita boleh berbicara kalau hidup itu tidak memerlukan akal

    Naik haji bila mampu, jika orang mampu secara harta tapi tidak tahu dimana arah Makkah memang bakal bisa naik haji ? sekarang saja teknologi sudah canggih, dulu waktu masih jaman kapal layar orang yang mau berhaji harus naik kapal yang didalamnya ada ahli navigasi laut, memangnya kapal bisa tercipta dengan KAROMAH ?

    Bagaimana jika kita bisa membuat kapal tapi tidak mengerti navigasi ? entar jangan-2 kita sampai di palestina terus dibohongi orang yahudi “disini tempat berhaji” kita bisa-2 tawaf di Baitul Maghdis…wkwkwkwk

    Itu pentingnya akal dan logika sehingga kita bisa berilmu, Rasulullah SAW mencontoh hidup sebagai manusia pada fitrahnya bukan hanya dengan Muzizat saja

  76. Tanah kubur amblas sampe 4 kali, sepertinya Allah ingin menunjukan “sesuatu” yg “ditutup-tutupi” keluarga dan fans. Kl mmg jasadnya utuh, kenafa mesti ditutup2i dgn alasan yg tdk masuk akal…tp mebesar-besarkan cerita yang akibatnya juga tdk berbeda jika tidak menutup-nutupi kejadian ruar biasa ini. Benar-benar janggal !!!!!

    Ayolah saudaraku sebangsa dan setanah air, masyarakat Indonesia ini sdh sengsara dunia, jgn usik juga akidah mereka dgn berita2 bohong sprti ini.

  77. sok tau agama kalian semua. preeeeeett
    merusuh di postingan orang. padahal yg di cerca bukan nabi. bukan pula gus dur. tp orang yg sebar gosip.

  78. kalo dofollow ikut coment ah….ternyata orang islam kaya gitu ya.hehehhe ….piss mas…

    jangan2 yang posting ini suruhannya pemerintah ya…suka mengalihkan isu negara….tapi menurut saya berhasil kok mas..kelihatannya pada ngotot2an tuh diatas.

    sementara kita (eh kalian maksud saya) ngotot adu argumen disini, eh itu si koruptor ketawa ketiwi sambil menikmati uang pajak yang kita “setor” ke negara. (kalo ada yang nggak pernah setor piss man)….

    saya pernah baca buku ******** isinya kayak gini singkatnya :

    suatu hari seorang pria tergopoh2 mendatangi socrates dan berkata :

    Pria: “saya mempunyai beberapa berita buat anda”

    socrates: (mengangkat tangannya untuk menghentikan pria yang bersemangat itu).
    “pertama2 ijinkanlah saya bertanya 3 hal mengenai berita saudara itu”.

    Pria: “Ehm baiklah”.

    Sokrates: ” apakah berita yang akan anda sampaikan itu adalah sesuatu yang anda yakini kebenarannya?”

    Pria: “wah tidak…tetapi saya mendengarnya dari sumber yang dapat dipercaya”.

    Socrates: “baik, sekarang pertanyaan kedua….apakah berita yang ingin anda ceritakan itu mengenai orang yang anda kenal secara pribadi?”

    Pria: ” wah tidak juga, tapi saya kira semua orang mengenal orang itu..”

    Socrates: “ijinkanlah saya mengajukan pertanyaan terakir…..apakah berita itu positif atau negatif?”

    Pria: ” Ya negatif.”

    Socrates: ” tunggu sebentar… anda ingin menceritakan sebuah berita yang tidak anda ketahui sendiri kebenarannya, tentang seseorang yang tidak anda kenal sama sekali, dan yang bersifat negatif?”

    Pria: ” Wah kedengarannya buruk sekali jika anda mengatakannya seperti itu”

    daripada membicarakan orang yang sudah mati, toh dia sudah ndak bisa apa2, mending yuk kita awasi tuh wakil rakyat….kelakuannya makin hari makin jadi aja tuh….(suka maiin petak umpet/kejar2an)

  79. gusdur nyeleneh ada ilmunya, daripada bin baz nyelenehhnya lebih banyak tapi gak ada ilmunya.
    ngerti ora son…..
    para syekh yang diikuti wahabi semua dari najed (kerajaan saudi) tempat timbulnya tanduk syetan.
    penadapat & fatwa nya ditolak oleh para ulama ahlusunah,ilmunya tanpa sanad .
    kalau mau dakwah kepada orang kafir agar masuk islam
    bisa ora son…???
    jangan ngajak sesat pada orang muslim.
    kalau mau sesat sendiri aja….

  80. assalamualaikum wr wb.. saudara2ku, marilah kita belajar islam.. tidak usah saling berdebat seperti ini.. allah tidak menyukai perpecahan.. kita semua saudara.. tegakkan islam…

  81. assalamu’alaikum.biarkan yg telah berlalu,dia sedang menghadapi sidang dari Allah ta’ala.jgnlah kita yg msh hidup (ahlussunnah) ikut terbawa dgn pemikiran yg tidak bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah.apalg berkata tanpa ilmu.ilmu wajib kita tuntut,sebagai bekal hidup di dunia dan di akhirat kelak.pelajari agama dengan benar.jangan”apa kata si A si B”.
    CUKUP-CUKUP…!!.jgn saling menghujat,apalg melawan dalil dgn dalil.apalg melawan dalil yg shahih.mari belajar ilmu agama yg benar.Pesan saya satu”mayoritas”kebanyakan orang yg berdalil dengan otak mereka adalah salah dan rusak.agama telah sempurna,tidak bisa di ukur dengan semau gue.

  82. Mbok udah mas..biar saya baru gabung hari ini…. masalah ginian mah jangan jadi soal..tar kalo dah sama-sama ngalami mati ya baru tahu satu sama lain.. sudah ya..

  83. Wong NU sejak dulu kala memang terkenal dungu dan goblok dalam masalah akidah…mereka belajar agama tidak pake otak… bisanya cuma nurut ocehan kyai2 ahli hisap dan kebul2… Orang NU yang di pake cuma dengkul bersarung yang demen nongkrongin kuburan2… Gk beda sama syiah yg demen maen ke kuburan.

  84. Mencela atau menghina tidak boleh, mengkritik harus, tujuannya untuk kebenaran dan pembelajaran.
    Mengolok2 Tuhan2, atau sembahan2 kaum non muslim pun dilarang. Indonesia dijajah 350 tahun itu bohong, Indonesia (kaum muslim di Indonesia) sudah merdeka itu juga bohong. Hukum rajam, qishos, potong tangan dll itu ajaran Islam (perintah Allah SWT dan Rasulnya), tapi kalau dijalankan dijamin pasti ditangkap aparat. Makanya umat Islam di Indonesia belum merdeka. Dalam Undang2 Dasar disebutkan Negara menjamin kebebasan memeluk agama dan menjalankan syariatnya… tapi pada kenyataannya ?…
    Siapakah yang menentang tegaknya syariat Islam di Indonesia… kebanyakan orang2 yang mengaku Islam itu sendiri….

  85. Astaghfirullahaladzim…….Allah itu punya pegawai yang banyak sekali…..masalah seperti ini saja kok dibuat ribut,serahin saja pada Allah,semuanya pasti beres.Apa kalian semua ingin menggurui Allah SWT………Wali atau tidak itu urusan Allah,kenapa kok kalian semua ikut mengurusi…Astaghfirullahaladzim…..

  86. Assalamualaykum…saudara sekalian sesama muslim, jika anda mengaku sebagai seorang muslim,sadarlah….membenci adalah perbuatan keji dan mungkar..berhentilah mengujat kepada orang yang masih mengucap syahadat..sadarlah saudaraku..

  87. Aku cuma ingin lihat foto kafannya atau jasadnya aja. Kalo sblumnya sdh jelas,dia pembela kesesatan yg d kemas dg ucpn ‘pmbla kbenaran’. Anehnya,lawong ktnya tampak kain kfnnya,kok di blag blogi pasir dan slesai bbrapa mnit ?. Jk mrk muhibbin,mngapa bgitu tega ?!. Mstinya kan di tata kmbali dg mengeruk tanah yg campur dg jsadnya,lalu papannya d tata lagi. Dan ini berjam jam.

  88. Orang terlihat berilmu karena perkataannya,Orang kelihatan bodoh juga karena ocehannya.orang bijak pasti tak menghujat,Anda pasti bisa melihat komentar 2 diatas mana yang tergolong Orang bijak dan mana yang tergolong bodoh !!!!!

  89. jd org kok syirik..lg an hal2 mistik kan gk bsa dbuktikan dgn media elektronik,bsa dbuktikn mgkn pas kbetulan ja..biarkan org mnulis brita apa ja ,kok jd anda yg syirik,itu smua kan trgantung qta x sendiri gmna qta menyikapi x..
    anda pntr nulis tp goblok ,mending diam gk usah posting tulisan yg menunjukkan kbodohan anda..
    malu2 in ja..

  90. Klo saya punya dokumen foto saat GD meninggal dg kondisi :
    - Tangan kakan keple=jawa (nekuk ke perut dg jari terurai tdk bisa rapat)
    - Mulut melongo=jawa (mulut terbuka moncong)
    - Raut muka babak belur seperti korban amuk masa (maaf)
    - Meninggal di hadapan presiden RI, bertepatan kehadiran Menkes.
    Tidak tahu siapakah yang ambil gambar tersebut

    * mengenai amblesnya kuburan & kondisi yang dihebohkan saya tidak tahu, dan saya tidak berspekulasi
    “janganlah kalian berkata apa yang kalian tidak ada pengetahuan didalamnya”

    Saya sedang memberi perhatian serius terhadap fenomena ini dan sedang mengerjakan tugas penelitian semi formal

    “ini hipotesis saya : Diduga orang yang baik selama di dunia akan meninggal dalam kondisi baik dan diperlakukan baik pula di dalam kuburnya oleh petugas Tuhan (malaikat), dan sebaliknya”

    baiknya : kuburan Gus Dur dipasang beberapa micro cip yang bagus di tubuhnya dengan kabel hingga diluar kubur di kasih corong/salon
    lalu tiap 3 bulan sekali digali dan dilihat kondisinya yg dikerjakan tim orang-orang yang sangat bisa dipercaya. lalu catat baik-baik apa yang terjadi?

    Tidak perlu tabu, takut, sungkan, cemas, dll bukankah ia adalah milik publik? dan hasilnya untuk kebaikan umat manusia

    kepada Gus Durian & ahli waris kerjakanlah, saya siap mendanai eksperimen ini !

  91. Allah menunjukkan segala kebesaranNya menurut logika Nya ,Bukan logika manusia ,
    Coba kamu ingat kisah nabi2 ,kisah Wali zaman dulu ( itu kalo lo pernah diajari atau membaca ,kalo belum tanya yg tahu ya )
    Apa semua crt itu bohong ? Padahal Semua tidak masuk akal ?

    • sssetuju, jangankan terhadap orang yang kita tahu islam, terhadap orang kafir, hewan, binatang, maling, rampok, bangsat sekalipun tak ada hak kita untuk menghujat. semua tercipta dari satu zat. bahkan kalau kita pahami risalah rasulullah, beliau hanya bertugas menyampaikan kebenaran. BUKAN UNTUK MENGHUJAT CIPTAAN ALLAH!….. paham ente semua….!!!!

  92. fajar kediri urusan hasil kesesatan dan kebaikan Alloh yang tahu,wahai kaum muslimin ,marilah kita kembali belajar memperdalam kitab alquran.dan hadist nabi ,karena keburukan dan kebenaran sudah ada garis dan di buatnya oleh Alloh.tinggal kita ,kita terletak di jalur yang mana.apapun isi alam bentuknya tetap Alloh yang buat,bencilah dirimau kalau kamu tahu hukum melanggarnnya,sedang diluarsana banyak firqoh,firqoh,kejumutan dalam kehidupan,banyak orang mengaku dirinya,mengaku wali allah,ahli sunnah dan lain-lain yang semuanya itu toh juga Allah yang buat,jadi permasalah kan dirimu sendiri.apakah sebagai kaum muslim benar2 tahu arti kitabnya yang sebanyak 30 juz itu,dan hadist2 sahih yang ditinggalkannya,ya kaum muslimin ingatlah hidupmu juga besok mati.ributlah untuk mengurus,persiapan akhir hayat hidupmu,apapun keburukan dan kebenaran allahyang tahu ,dan hasilnya diri mereka sendiri yang menanggung,hidup ini jangan di buat masalah,tetapi permasalah kan dirimu dengan masalah hukum terhadap allah,seperti,harus tahu arti isi alqur’an 30 juz dan hadist,dan pelaksanaanya,

  93. Assalamualaikum Wr. Wb
    (1) saya tidak bisa berkomentar apa2 tentang makan gus dur karena yang saya tahu ” La ya’ riful wali illa wali” saya tidak akan tahu kewalian gus dur kecuali saya juga wali, (2) mengenai ziarah Saya setuju2 saja orang yang ziarah ke kubur gus dur dengan niat mendo’akanx demi mendapatkan pahala dari Allah, lain dari itu saya tidak setu, seperti ngambil kerikil yang ada disekitar makamnx untuk dijadikan jimat supaya selamat dll, atau mengambil air yang ada disekitar kuburx untuk diminum supaya sembuh dari penyakit, tindakan seperti itu, saya tidak setuju karena niatx tidak murni semata – mata untuk Allah padahal sudah jelas di kitab “Sullamut Taufiq” di jelaskan disana tentang syirik suqhra dan dan kubro.
    Wassalam

  94. ikut komentar ahh. kalau ane perhatikan komentar orang yang dibilang Wahabi ko lebih baik/sopan/lebih berilmu ya ketimbang yang pro klenik/nganeh nganehi yo….ane support maju terus berdakwah yang katanya dibilang Wahabi. Bukan berarti yang diblang Wahabi ga percaya isrok mikroj, orang yang nglenik suka memberikan perbandingan yang disama samakan padahal beda……hmm hmm

  95. Kalo gak percaya tentang karomah gusdur dan kewalian gusdur ya sudah.,jangan komentar yang aneh2.

    Ziarah ke makam sangat setuju.,Rasulullah juga menyuruh umatnya untuk berziarah.

      • iya betul tapi untuk mendoakan bukan untuk minta hajat kesana selama ini yang gw denger mau minta rzeki minta anak, minta bla..bla ke kekuburan orang yang di anggap wali, aneeeh ….
        minta tuch Tuhan YME bukan sama orang yang udah mati

  96. Ahli syariat akan bertanya – tanya tentang keanehan dan kejanggalan GUSDUR…
    karena itulah tidak ada yang disalahkan akan pendapat mereka, keterbatasan ilmu lah yang membatasainya..
    tapi..
    ketika mendapatkan ilmu yang lebih lengkap lagi maka akan mendapat jawaban yang memuaskan pertanyaan batin..

    Masih ingat akan Shalawat gusdur?? Syiiran Gusdur?? coba anda dengarkan, renungkan dan ikuti langkah dalam mencari ilmu agamanya..
    maka anda akan mendapat jawabannya..

    salah satu syiiran mengatakan:
    “Kang aran shaleh bagus atine
    kerono mapan seri ngelmune
    laku Tarekot lan Ma’rifate
    ugo Hakekot manjing rasane”

    kemudian di akhir syiirannya :
    “Lamun palastro ing pungkasane
    ora kesasar Roh lan Sukmane
    den gadang Allah swargo manggone
    Utuh Mayite ugo Ulese”

    jika kenyataan MAyit dan Kafan GUSDUR masih utuh???
    cukup syiiran itu sebagai jawabannya..

    kita mencari ilmu tidak hanya syariat saja tapi ada tarekat serta ma’rifat sebagai pedoman hidup kita..

    • Betul itu, saya setuju bangeet… sama @ Nur Cahyadi
      hal tsb bisa kita ambil Hikmahnya..
      Yaitu begitulah cara Allah Memperlihatkan Tanda2 Kebesarannya.
      Jadi Jangan Hanya Berpikir Logika saja..
      Jika Allah berkehendak, maka Logika kita tak akan bisa berjalan atau menebak2.
      Sbgmn Contoh ketika Nabi Muhammad Isro’ Mi’roj dan banyak sekali Kejadian Di Luar akal manusia.
      Jadi Jangan terlalu ikut2an Orang yg hanya Logika saja.
      Dr dulu sampe sekarang banyak sekali kok berita Ilmuwan Amerika ato dari eropa menemukan kejanggalan yg tak bisa ia terima akal sehatnya.

  97. Ziarah untuk ngambil tanah kuburan uda pasti itu syirik!! Apalagi yg diziarahi adalah ahlul bid’ah dan ahlul khufarat, lebih parah lagi kejawen dan menolak al-qur’an dan hadits seperti orang yang buta mata dan hatinya itu!!
    Naudzubillah minzaalik!! Tapi krna orang itu uda meninggal ya اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْـعَالَمِيْـن, krna penyebaran kesesatannya berakhir sampai disana…

  98. jangan heran kalo jasad masih masih utuh setelah dikuburkan, itu tandanya orang yang meninggal tersebut di tangguhkan oleh Allah, seperti fir aun yang tenggelam kedasar laut jasad nya juga masih utuh walaupun sudah ribuan taun dan tanpa formalin tentunya.( karna fitrah nya manusia adalah membusuk jiga sudah meninggal, maka kalau orang tersebut masih utuh berarti tidak mengikuti fitrah Allah sebagai manusia, tapi mengikuti mahkluk Allah yang di tangguhkan hingga akhir kiamat seperti firaun adalah pengikut syetan)

  99. Yang pasti, TIDAK ADA ORG YG SUCI DALAM MEMBELA ISLAM. Kuburannya ambles biarpun sekali. Kalau sudah berkali-kali ambles sudah luar biasa. Saya sudah menonton pidato Gusdur diYoutube waktu Gusdur diundang oleh orang kristen, Nauzubulahhi Minzalik pidatonya, tonton aja sendiri dech

  100. “Gus Dur yang selama hidupnya banyak berbuat kerusakan dimuka bumi”

    Seperti apa kerusakan yang diperbuat Gusdur?,,,,
    Seolah kata tersebut adalah hujatan.
    Admin adalah Muslim, dan Gusdur juga muslim. Kenapa muslim menghujat Muslim?,,,,

    Apakah menghujat orang yang nggak sepaham dengan kita itu diperbolehkan dalam Muslim?…

  101. terus terang gw ngga suka tuh ama gusdur, ya lo pada liat aja dulu smasa hidup nya dia scara ngga langsung ngajarin apaan, dia tuh nganut paham teori evolusi nya Darwin, yg kuat yg bakal bertahan/menang. nah dia buka deh tuh smua nya. ngedukung minoritas minoritas yg ngerusak moral ama ahlak manusia. kaya kaum banci, gay atau lesbian dia dukung, (lah klo kaum bgini di dukung yaa rusak lah segi segi moral, orang” ntar orng kga punya keturunan, emng lo pda mau ntar kita jdi kaum sodom nya pas jaman nabi Luth) ,dukung budaya cina dimana mana, (lo liat sndiri kan skarang cina merajalela dimana mana nguasain sgala bisnis di negara ini.) dukung ahmadiyah yg udah jelas jelas sesat ajaran nya ngga ngakuin nabi Muhammad nabi terakhir, si gusdur tuh pengen nyamain semua agama jadi satu dngan kedok pluralisme, lah klo manusia nya aja sih ngga apa, nah ini agama juga di campur campur, yaa bakal nyesatin kemurnian islam lah.

    udah klo ngomong kga sesuai ilmiah ngelantur pula ngatain Qur’an itu porno, gile aja orang Islam apaan tuh kaya bgitu!? trus mo ngbuka hubungan sama Israel pula, haduuh udah ktawan deh klo dia tuh antek nya zionis pmuja Dajjal the one eye, pas jdi presiden tuh anak nya yg cwe kampungan pke ngecat rambut nye gaol sana gaol sini, ya elah dah kaya orng kaya baru aja. nah skarang murid nya si ahmad dhani tuh yg notabene nyiptain musik musik buat nyembah Dajjal si mata somplak, udah lah klian pada sadar aja lah, liat dan rasain sndiri apa yg si gusdur lakuin dulu. itu yg nama nya kaum freemason udah smakin jelas ada nya dngan merasuki agama agama apa aja, islam pun juga dimasukin, makanya ngga heran kan ada orng kliatan nya alim,bersih, tapi di balik itu smua dia punya agenda buat mnyambut datang nya dajjal pas hari kiamat nanti.

  102. عَنْ أَبِـيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّـهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : «إِنَّ اللهَ تَعَالَـى قَالَ : مَنْ عَادَى لِـيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْـحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَـيَّ مِمَّـا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَـيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا ، وَرِجْلَهُ الَّتِيْ يَمْشِيْ بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِيْ لَأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِـيْ لَأُعِيْذَنَّهُ».

    Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu ia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla berfirman, ’Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya. Dan jika ia meminta perlindungan kepadaku, Aku pasti melindunginya.’”

  103. ni klo orang udah ngaku pinter begi ni nih…yang ga masuk akal di bilang hoak…….tu einstein lu jadiin tuhan….merasa paling ngrti dan paling tau…….emang klo tong kosong itu keras bunyinya nyaring lagi…..koar koar kesana kemari….hei itu takhayul…itu syirik…..itu bid’ah…..wkkkkkkkk…… na’udzubillahimindzalik…….padahal islam ktp…

  104. gusdur itu manusia biasa sama kaya kita,yg penting buat yg masih idup jadikan al quran dan sunah Rosul sebagai tuntunan…..! gitu aja kok repot !!

  105. Gusdur itu antek anteknya yahudi dan amerika…..dengan sloganya pluralisme…..pluralisme yg disusupkan dalam diri ke-kyai-annya ……pluralisme itu produknya yahudi dan kaum nashrani……
    Ane yaqin kalo gusdur itu munafiq…..ane pernah baca tentang kesaksian orang deket gusdur yg ngomong kalo gusdur ga pnah sholat….ga bersih2 / bersuci habis pipis….na’udubillahi min dzalik….
    Gus dur pernah menghina al-qur’an….kata gusdur al-qur’an itu kitab paling porno sedunia….ucapannya ini tidak pernah ditarik atau diralat atau bahkan dia bertobat dari ucapanya ini…..
    Dengan ucapan gusdur ini aja…ane bisa simpulin gusdur KAFIR….tapi ane ga mau mengkafirkan gusdur…..ane cuma yakin kalo gusdur itu MUNAFIQ ga lebih…..
    Karena munafiq itu lebih jelek dari orang kafir……

  106. ini pada ngapain tho?? kok malah pada caci maki satu sama lain.., udah jangan pada saling maki dan menyalahkan, kalau memang benar komentarnya Semoga memang bener dan selalu benar, dan kalau “Keliru” semoga diberikan hidayah Oleh Allah. Jangan ngributin orang yang sudah meninggal. Mau Gusdur itu orang yang bener atau orang yang Salah itu udah urusannya Gusdur sama Allah, Gusdur kan udah meninggal, jadi urusannya dia bukan sama kita-kita lagi.., tapi sama Allah. Jadi gak baik malah kita yang ribut dan saling caci makian, bukanya dapat pahala malah dapat Dosa. Diambil hikmahnya saja.., jika ada suatu hal (sifat dll) yang baik dari Gusdur, boleh kita jadikan contoh dan ikuti. Dan kalau ada suatu hal (sifat dll) yang tidak baik dari Gusdur, ya jangan dijadikan panutan dan diikuti. Tingkat keimanan dan ketaqwaan manusia itu bukan manusia yang menilai, tapi semua itu Allah yang menilai. yang menuru kita benar belum tentu menurut Allah, dan yang menurut kita salah belum tentu salah menurut Allah. Jadi tugas kita manusia Jalankah perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya dan jauhi segala larangan-larangan Allah dan Rasulnya.

    Kata Rasul SAW:
    mankatsuro kalamuhu..katsuro khotouhu.

    Wa qoola Aidon:
    Mankaana yu’minu billahi wal yaumil aakhir, falyaqul khoiron auliatsmut.

    Pesan untuk TS: Jangan suka menganalisa suatu hal dengan pemikiran kita sendiri, yang itu menjadikan kontroversi dan mungkin amarah dari khalayak ramai, kalau analisa kita benar it’s Ok gk papa.., tapai kalau misalnya analisa kita salah, malah menjadi fitnah. Dunia sudah panas jadi jangan tambah dibkin panas ya?? hehehehee
    Hidup didunia hanya sementara, gunakan waktu hidup kita untuk hal-hal yang benar sebagai bekal kita di akhirat..

    SALAM DAMAI,

    THREAD CLOSE!

  107. terlalu lancang kalau anda katakn gus dur adlh orng yg buat kerusakn dimuka bumi? Gus dus tu benar2 dari gol wali,saya tax lngsng sama murdx yg udah maqom ma’rifat & keturunan walialloh di riau,kalau anda memang sentimen dg beliau,jgn trlalu lancng,nant bsa kwalat, tu orng yg dekt dg tuhan,soal makm ambrol kmdian klhtn kafan beliau,klo ni memang xata apa slhx,adlh niscaya mudah bagi alloh tuk membkn yg sperti itu,dgn kata kun fayakun apa yg diingini terjadi,hukum alam bsa dihentikn oleh alloh sementara waktu,tak semua kejadian bsa dpkr dgn logika & kemampuan ilmiah pas2an,ilmu manusia amatlh sedikt bila dibandingkn dg kapasitas ilmu alloh sprt tertls dlm alqran,logika tu terbts sekalpn anda memakai rumus ilmiah tuk menganalisis ambrolx makm gus dur,dan tngkh laku seorang wali memang cenderung kntrversi, trgntng tngktn mereka&pernth alloh pd Mereka&tu sangt rahasi,orang yg mengatakn kesalahn fatal gus dur tuadlh orng yg sentmen thdp gus dur,tak ad satu kta baik pun yg bakl diucpn orng yg sentimen,gus dur buknlh orng bodoh yg mau begitu saja tnduk pd barat,saya juga bisa kok bkn vidio tuk menjathkn nama orng spt mereka,mfngenai is£am,islam adlh agama plng smpurna,tak semua keptsn bsa diambl brdsrkn hkm syariat saja,mash ada thoreqot,hakekat&ma’rifat&terbkti banyak perlaku orng ma’rifat berbda dgn makom syareat saja apa lg yg syareatx lm genep,wawlohu a’lam bisshowab

  108. terlalu lancang kalau anda katakn gus dur adlh orng yg buat kerusakn dimuka bumi? Gus dus tu benar2 dari gol wali,saya tax lngsng sama murdx yg udah maqom ma’rifat & keturunan walialloh di riau,kalau anda memang sentimen dg beliau,jgn trlalu lancng,nant bsa kwalat, tu orng yg dekt dg tuhan,soal makm ambrol kmdian klhtn kafan beliau,klo ni memang xata apa slhx,adlh niscaya mudah bagi alloh tuk membkn yg sperti itu,dgn kata kun fayakun apa yg diingini terjadi,hukum alam bsa dihentikn oleh alloh sementara waktu,tak semua kejadian bsa dpkr dgn logika & kemampuan ilmiah pas2an,ilmu manusia amatlh sedikt bila dibandingkn dg kapasitas ilmu alloh sprt tertls dlm alqran,logika tu terbts sekalpn anda memakai rumus ilmiah tuk menganalisis ambrolx makm gus dur,dan tngkh laku seorang wali memang cenderung kntrversi, trgntng tngktn mereka&pernth alloh pd Mereka&tu sangt rahasi,orang yg mengatakn kesalahn fatal gus dur tuadlh orng yg sentmen thdp gus dur,tak ad satu kta baik pun yg bakl diucpn orng yg sentimen,gus dur buknlh orng bodoh yg mau begitu saja tnduk pd barat,saya juga bisa kok bkn vidio tuk menjathkn nama orng spt mereka,mfngenai is£am,islam adlh agama plng smpurna,tak semua keptsn bsa diambl brdsrkn hkm syariat saja,mash ada thoreqot,hakekat&ma’rifat&terbkti banyak perlaku orng ma’rifat berbda dgn makom syareat saja apa lg yg syareatx lm genep,wawlohu a’lam bisshowab,jangn2 keslhn fatal gus dur tsb dimotory orng israel/phk brat,atau anda sendiri orang yg trtpu phl barat namun tak sadar

    • menurut anda rasulullah&para sahabat itu melaksanakan syariat atau ma”rifat,,,jelaskan alasannya ???apa kiai anda itu anda jamin lebih mulia dari para sahabat rasulullah ?

  109. terlalu lancang kalau anda katakn gus dur adlh orng yg buat kerusakn dimuka bumi? Gus dus tu benar2 dari gol wali,saya tax lngsng sama murdx yg udah maqom ma’rifat & keturunan walialloh di riau,kalau anda memang sentimen dg beliau,jgn trlalu lancng,nant bsa kwalat, tu orng yg dekt dg tuhan,soal makm ambrol kmdian klhtn kafan beliau,klo ni memang xata apa slhx,adlh niscaya mudah bagi alloh tuk membkn yg sperti itu,dgn kata kun fayakun apa yg diingini terjadi,hukum alam bsa dihentikn oleh alloh sementara waktu,tak semua kejadian bsa dpkr dgn logika & kemampuan ilmiah pas2an,ilmu manusia amatlh sedikt bila dibandingkn dg kapasitas ilmu alloh sprt tertls dlm alqran,logika tu terbts sekalpn anda memakai rumus ilmiah tuk menganalisis ambrolx makm gus dur,dan tngkh laku seorang wali memang cenderung kntrversi, trgntng tngktn mereka&pernth alloh pd Mereka&tu sangt rahasi,orang yg mengatakn kesalahn fatal gus dur tuadlh orng yg sentmen thdp gus dur,tak ad satu kta baik pun yg bakl diucpn orng yg sentimen,gus dur buknlh orng bodoh yg mau begitu saja tnduk pd barat,saya juga bisa kok bkn vidio tuk menjathkn nama orng spt mereka,mfngenai is£am,islam adlh agama plng smpurna,tak semua keptsn bsa diambl brdsrkn hkm syariat saja,mash ada thoreqot,hakekat&ma’rifat&terbkti banyak perlaku orng ma’rifat berbda dgn makom syareat saja apa lg yg syareatx lm genep,wawlohu a’lam bisshowab,jangn2 keslhn fatal gus dur tsb dimotory orng israel/phk brat,atau anda sendiri orang yg trtpu pd barat namun tak sadar,ad£h kfbodohn xata bla kwalian bisa dibuktn dg foto hp,kwlian ad£h sesuatu yg sangat rahasia,yg tahu hya orng smakomx&kaum hakekat ma’rifat itpn kalau diberi tahu

    • aduh …… aduh gus dur udah terang2an bela inul ngebor biar anak kita maksiat semua.
      alasannya nyari makan kata inul. nyari makan gak harus jual badan.
      saya suka bokong inul,dan saya tidak suka ibu, anak perempuan, istri, adik perempuan saya jual kehormatan hanya untuk sesuap makanan. LEBIH BAIK MATI KELAPARAN DARIPADA MENJUAL KEHORMATAN.
      ya allah matikanlah keluarga perempuan hamba dalam keridhoanmu

  110. Weleh..weleh Gus Dur koq di bela ..yen Islame di entekno padha ora krasa..mbiyen Jaman Suharto Gus Dur tau nampa dhuwit SDSB diarani ra papa mega wali…mbiyen Jaman Ajinomoto nganggo lemak babi..Gus Dur mbela uga ..dibelani wong akeh sebab wali…Gus Dur kuwi maksum ya..mas..mbok mlaku-apa-apa ra salah..mula pengikute padha pengin dadi maksum..weleh..weleh….kelakuane..kelakuane wong padha ngaku Islam ning isih seneng nyembah berhala…tobat-tobat..

  111. islam mengalami masa kejayaan saat zaman dimana diterapkannya alquran&hadits dengan benar&murni,,,setelah itu mengalami kemunduran,,,ingat sejarah kalau banyak orang sakti kenapa indonesia dijajah sampai 350 tahun ???kenapa ilmu kesaktiannya tidak mempan melawan penjajah ?…sementara islam telah membuat bangsa arab yang tadinya tidak diperhitungkan menjadi kekuatan besar yang ditakuti dua imperium besar yaitu persia dan romawi (itu karena islam dilaksanakan sesuai alquran&hadits yang tidak bercampur ajaran lain )

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s