HOAX HIKMATUL IMAN! Orbs, ektoplasma, & vortex BUKAN PENAMPAKAN ROH HALUS!

Beberapa waktu yang lalu saya sempat tertarik dengan sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta yang menampilkan foto-foto penampakan orb yang katanya merupakan fenomena mistis dimana Kang Dicky ( Guru Utama Hikmatul Iman) dengan kameranya bisa menangkap sosok jelmaan makhluk halus. Dimana orb tersebut dikatakan adalah jiwa/arwah(disebut juga ‘sesuatu’ yang memiliki energi negatif) yang tak sengaja tertangkap kamera dengan bentuk bulat/bundar.
Foto dibawah ini adalah salah satu bentuk klaim energi jin yang bisa di foto oleh Tim Ekspedisi Hikmatul Iman di Perbatasan Kedung Arum Padarek Kuningan.

Ada juga berbagai bentuk “energi jin” yang katanya sempat difoto anak-anak murid Hikmatul Iman di http://rantingftunwim.multiply.com/photos/album/6/orbs_dan_ekto disertai klaim pseudoscience (ilmu pengetahuan palsu) berbagai teori palsu penampakan “setan” Orbs, ektoplasma, & vortex yang dijelaskan di sini . benarkah klaim bahwa Orbs, ektoplasma dan vortex adalah penampakan jin??Mari kita bahas bersama………………………
Pembahasan:
Foto di bawah ini awalnya diklaim adalah penampakan UFO. Foto ini diambil di wilayah Evans Head oleh seorang perempuan bernama Korrine Stewart. Sekitar pukul 22.30 malam, tiba-tiba sebuah benda aneh terlihat muncul di sebelah Bulan.
Anehnya, Stewart mengaku hanya bisa melihat benda yang terlihat bulat ungu itu melalui kameranya. Meski yakin tentang keberadaan UFO, Stewart tak yakin benda yang dipotretnya itu adalah UFO. “Waktu itu saya pikir hanya bayangan,” kata dia, seperti dimuat laman Northernstar.com.au, Jumat 9 April 2010.

Para ahli supranatural /paranormal berkata lain. Mereka berkata bahwa objek yang tertangkap itu adalah Orb (bola energi), yang merupakan sebuah penampakan aktifitas supranatural .

Berikut ini contoh foto fenomena orb yang diklaim berkaitan dengan mistis/supranatural.

Kemunculan Orb

Evolusi digital imaging yang dimulai pada akhir 1990-an menyebabkan revolusi dalam penelitian paranormal./ahli suprnatural. Peneliti mulai melaporkan adanya fenomena yang sebelumnya tak terlihat pada kamera yang diambil menggunakan kamera konvensional berbasis film. 

Dengan persetujuan bersama, tampaknya fenomena paranormal ini dijuluki sebagai ‘Orb’. Orb umumnya berbentuk anomali lingkaran yang terang (seolah-olah bercahaya) didalam foto, walaupun bentuk-bentuk lain seperti bersudut dan memanjang, anomali bulat/bundar, lebih sering muncul dengan berbagai warna dan jumlah…

Interpretasi Paranormal 

Selain diartikan sebagai sebuah efek optik, orb terkadang juga dianggap sebagai sebuah fenomena paranormal seperti makhluk bercahaya, makhluk luar angkasa, pesawat luar angkasa, hantu, atau makhluk elemental lainnya.

Meskipun ada penjelasan ilmiah berkenaan dengan kemunculan orb, teori-teori ilmiah yang ada tidak dapat menjelaskan semua penampakan tersebut. Salah satu contoh penampakan yang berlangsung secara konsisten adalah kemunculan orb atau gejala cahaya bergerak lainnya pada hasil foto di lokasi-lokasi tertentu seperti ECETI ranch di negara bagian Washington bagian selatan di dekat Gunung Adam. Orb-orb secara konsisten muncul dalam jumlah besar pada foto tidak peduli jenis kamera yang dipakai, dan tidak peduli waktu pengambilan fotonya.

Hingga saat ini, ribuan gambar Orb telah tersebar dan tertangkap dalam hasil foto kamera.
Kontroversi tentang kemunculan orbs sangat bervariasi misalnya banyak peneliti percaya bahwa anomali tersebut adalah bukti, dari aktivitas supranatural/makhuk halus. Lainnya menganggap orbs merupakan emisi energi yang dikeluarkan oleh makhluk lain ‘. 

Internet dipenuhi dengan gambar-gambar yang mengandung orbs dan sampai saat ini mereka masih menganggap hal ini disebabkan dari aktivitas mistis. Forum-forum diskusi di internet juga ada yang membahas fenomena ini. Koran dan majalah mempublikasikan foto-foto orbs, meyakinkan klaim dari paranormal dan ahli spiritual. Dan kadang-kadang menambahkan dukungan selebriti untuk membuktikannya seperti pada kasus bintang TV Noel Edmonds. Yang mengatakan bahwa 2 buah orbs yang pernah tertangkap di kamera nya adalah arwah dari almarhum orang tuanya yang telah meninggal. Anda bisa melihat beritanya disini : dailymail

Ada juga beberapa buku yang ditulis dengan menggambarkan sifat supernatural dari orbs hingga sampai bagaimana cara berinteraksi dengan orbs sehingga orang bisa mendapatkan pencerahan spiritual ‘Melalui Orbs Ascension ‘ [Diana Cooper dan Kathy Crosswell, Findhorn Press]. 

Penjelasan ‘Orb’
Istilah “orb” mengacu kepada objek tidak diduga yang muncul dalam foto dan umumnya berbentuk lingkaran. Terkadang, objek ini memiliki ekor, yang menandakan bahwa ia bergerak. 

Istilah teknis fotografi untuk kemunculan orb, khususnya yang muncul menyolok pada kamera-kamera kompak, adalah “backscatter”, orb backscatter, atau pantulan di dekat kamera.

Dengan keterbatasan ukuran pada kamera kompak dan ultra-kompak, khususnya kamera digital, jarak antara lensa dengan lampu kilat pun sangat dekat, sehingga mengurangi sudut pantulan cahaya ke lensa dan meningkatkan peluang terjadinya pantulan cahaya dari partikel-partikel yang tidak dapat terlihat dalam kondisi normal. Karenanya, orb lazim ditemukan pada foto-foto yang dihasilkan pada kamera digital maupun film yang berukuran kecil.

Orb dapat muncul dari pantulan cahaya partikel-partikel padat (misal debu), cair (titik-titik air, khususnya hujan), atau benda asing lainnya di dalam lensa kamera.

Orb yang diambil selama kasus cahaya rendah di mana lampu kilat kamera diimplementasikan, seperti pada malam hari atau di bawah air. Benda yang diambil dengan kamera kompak atau ultra-kompak, di mana jarak pendek antara lensa dan yang built-in flash menurunkan sudut refleksi cahaya ke lensa, langsung menerangi aspek partikel menghadap lensa dan meningkatkan kemampuan kamera untuk menangkap cahaya yang tercermin dari partikel – partikel yang terlihat.

Orb yang sempurna biasanya berbentuk lingkaran putih atau semi-transparan, meskipun mungkin juga terjadi dengan spektrum warna dari keseluruhan atau sebagiannya. Dengan tetesan hujan, gambar dapat menangkap cahaya yang melewati tetesan menciptakan efek pelangi kecil.

Dalam kondisi di bawah air, partikel seperti pasir atau kehidupan laut kecil dekat dengan lensa, tak terlihat untuk penyelam, memantulkan cahaya dari flash menyebabkan artefak bola dalam gambar. Sebuah flash strobe, yang jarak dari lampu kilat lensa, menghilangkan artefak. 

Berikut adalah dua diagram dari contoh hipotesis air. Dalam Diagram A, wajah langsung partikel selaras dengan lensa kamera yang diterangi oleh lampu kilat, dan dengan demikian kamera akan merekam lebih mungkin pembentukan orbs. Dalam Diagram B, partikel diterangi oleh lampu kilat didepan wajah lensa dan karena itu tetap terekam.

Sebuah contoh hipotesis bawah air dengan dua kondisi di mana orbs adalah (A) mungkin atau (B) tidak mungkin.

Dari 2001 – 2003, Para.Science melakukan serangkaian penelitian untuk menentukan sifat orbs dan juga mengapa mereka hanya muncul pada kamera digital. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan probabilitas bahwa orbs hanyalah hasil dari debu udara, kelembaban dan partikulat yang mencerminkan cahaya dari kamera flash kembali ke chip imaging, sehingga menghasilkan karakteristik anomali cerah. 

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa untuk menghasilkan anomali orbs dalam gambar harus memenuhi beberapa kondisi yang harus terpenuhi; yaitu flash harus Kamera telah digunakan pada saat pengambilan gambar. Materi udara harus berada dalam beberapa sentimeter dari lensa kamera dan materi juga harus dalam kisaran sempit sudut relatif terhadap pusat sumbu lensa material yang dapat memantulkan cahaya dari flash ke dalam lensa.

Penelitian ini mengakibatkan banyak orang mempertanyakan sifat sejati orbs dan menuntun orang-orang lain untuk melakukan eksperimen mereka sendiri dengan hasil probabilitas bahwa orbs adalah hasil dari debu udara dan bahan lainnya telah banyak diakui. Namun ketidakmampuan dari studi sebelumnya oleh Para.Science dan orang lain untuk meyakinkan menunjukkan bahwa masalah kelembaban udara yang membentuk anomali orbs ini telah melahirkan perdebatan antara ahli-ahli supranatural, pendapat skeptis dengan ahli sains.

Sebuah eksperimen beberapa waktu yang lalu dilakukan oleh Para.Science adalah dengan penggunaan stereo (kiri & kanan) fotografi untuk mengeksplorasi fenomena orbs. Dengan menggunakan teknik ini memungkinkan untuk menguji hipotesis bahwa udara dan orbs adalah masalah fisik yang dekat dengan kamera. Jadi, jika sebuah orbs ditemukan hadir pada satu gambar dari sepasang stereo gambar yang diambil secara simultan dan tidak ada pada yang lain, kemudian sumber asli yang anomali harus berada dalam sudut pandang yang terbentuk antara flash dan lensa agar pencahayaan flash ini tercermin dari sumber menyebabkan anomali terang muncul pada gambar akhir.

Juga, seperti objek yang hanya muncul pada salah satu gambar stereo harus secara fisik dekat dengan kamera. Ia akan muncul pada kedua gambar stereo jika terletak lebih dari jauh dari kamera (biasanya kurang dari 2-3cm), sebagaimana ditentukan oleh pemisahan dua sumbu lensa. 

Kesulitan ini termasuk; menemukan cara untuk memastikan bahwa kedua gambar diambil secara bersamaan, bahwa kedua gambar telah fokus pengaturan fotografi yang identik yaitu & exposure dan bahwa kedua gambar itu pengolahan pasca adegan gambar sama diterapkan seperti pra-set, keseimbangan warna, file kompresi dll Penggunaan lensa stereo dipasang ke kamera digital juga melihat potongan seperti terlebih dahulu sebagian diblokir cahaya dari kamera built in flash dan kedua penggunaan lensa tunggal / CCD berarti bahwa tidak akan mungkin untuk sepenuhnya mengecualikan setiap anomali dan kesalahan yang disebabkan oleh lensa / CCD yang lain diketahui penyebab dari beberapa orbs seperti anomali fotografi. 

Parascience melakukan penelitian dengan meggunakan kamera Fujifilm W1 3D. Kamera digital saat ini yang terdiri dari sepasang lensa dan chip gambar resolusi tinggi membentuk sepasang gambar yang mengambil sistem dengan terintegrasi didalam tubuh kamera yang sama. Kedua gambar mengambil sistem berbagi flash tunggal umum diposisikan berjarak sama antara dua lensa. Penting, baik foto cocok mengambil sistem yang diaktifkan dengan tombol rana yang sama dan menggunakan fokus yang sama, eksposur dan pengaturan flash, sehingga memastikan bahwa dua gambar yang dihasilkan dihasilkan untuk setiap pers rana adalah identik dalam segala hal kecuali untuk pemisahan antara kiri dan kanan gambar. Kamera ini telah membuktikan hipotesis bahwa orbs adalah hasil dari materi udara sekitar yang tercermin dari lampu flash sehingga menciptakan anomali orbs.

Kamera telah digunakan dalam rangkaian percobaan dilakukan di lebih dari dua puluh lokasi luas tersebar di seluruh Inggris dan Eire selama 2009 dan 2010. Lokasi terpilih untuk mencakup perwakilan luas tempat berhantu misalnya diduga istana, lokasi industri, bangunan ritel modern dan juga termasuk lokasi dalam dan luar ruangan. 

Foto-foto itu diambil di beberapa lokasi diketahui dengan baik juga, seperti Maria King’s Close, Edinburgh; Margam Castle, Wales Barat, dan Yogyakarta Gaol di Eire.
Dalam kebanyakan kasus fotografi itu dilakukan peneliti sedangkan paranormal & anggota, masyarakat tidak menyadari sifat tertentu dari kamera atau percobaan yang dilakukan dilakukan beberapa bentuk investigasi paranormal. Ini menjurus pada satu kesempatan untuk suatu kejadian lucu saat Menengah psikis pada satu lokasi melihat sebuah bola ” pada layar LCD kamera dan menyatakan foto yang akan ‘Bukti’ semangat seorang gadis muda yang menghantui lokasi itu! 

Dalam rangka untuk meniru titik “dan menembak” teknik fotografi digital yang paling dilakukan selama investigasi paranormal amatir kamera itu hanya digunakan dalam eksposur otomatis dan modus fokus. Penggunaan modus otomatis juga memastikan bahwa pasangan stereo resultan dari gambar yang identik dalam hal apapun Software pengolah gambar yang digunakan dalam kamera yaitu yang mempengaruhi keseimbangan warna, adegan pra-set, file kompresi gambar pasangan ini .

Tidak ada peningkatan atau manipulasi gambar yang dilakukan. Setiap pasangan secara bersamaan diambil gambar stereo kemudian dilihat berdampingan dan hanya secara visual untuk dibandingkan keberadaan anomali bola pada salah satu dari pasangan. 

Survei komprehensif ini sangat mendukung hipotesis bahwa orbs hanyalah hasil dari debu dan bahan lainnya yang melayang di udara dan dekat dengan kamera , dan sama sekali tidak berkaitan dengan fenomena spiritual.

Berikut ini foto-foto yang diambil oleh Para.science yang berlokasi di Maria King’s Close, Edinburgh; Margam Castle, Wales Barat, dan Yogyakarta Gaol di Eire yang diambil dari kamera yang sama dengan objek yang sama, ( Kiri dengan menggunakan flash, Kanan tidak )
Kenapa foto-foto orbs kebanyakan tertangkap pada malam hari…?Saya yakin karena orang yang mengambilnya menggunakan kamera flash. Foto-foto yang menghasilkan anomali orbs, kebanyakan menggunakan kamera yang memiliki lampu flash.
”””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””’
MASIH JUGA MAU PERCAYA ORBS ADALAH PENAMPAKAN JIN????? :D

69 thoughts on “HOAX HIKMATUL IMAN! Orbs, ektoplasma, & vortex BUKAN PENAMPAKAN ROH HALUS!

  1. Kalo baca artikel ini jadi ingat foto hasil jepretan teman …..
    anomali orbs banyak sekali ‘terlihat’ (?) di daerah yang lembab dan berdebu…
    Thanks penjelasannya yang sangat2 masuk akal

  2. Lain kali pakai kamera yg teknologinya bagusan dikit, sekalian belajar ilmu/teknik fotografi. Sebenarnya tayangan tv mistis yg suka bgt ama penampakan orbs, sudah diketawain tuh ama ahli2 fotografi.

  3. Kalau saat pengabilan gambar tidk memakai blitz tapi masih ada bulatan putih / orbs, penjelasannya bagaimana ustadz. Mohon informasinya, terimakasih..

    • @dodi said :
      ”Kalau saat pengabilan gambar tidk memakai blitz tapi masih ada bulatan putih / orbs,”

      itu tuh seandainya atau ada pengalamannya mas,

      dgn kamera jadul yg manual kovensional, jika filmnya kita gulung ulang, lalu kita klik lagi pada fokus yg sama dgn penambahan obyek lain (misal pocong2an), jangan kaget liat hasilnya!

  4. kalau menurut saya penjelasan ustad PA sangat masuk akal.. emang dari dulu sy berfikir yg sering ditampilkan pada photo2 tsb bukan penampakan tp akibat dr uap air/embun yg memendarkan sinar blitz..

    sains itu perlu pembuktian.. bukan pengkondisian opini.

  5. assalamuallaikum wr wb
    kang dicky .. saya dapat beberapa info ttg anda ari mba ani jkt, kami minta tlg biar kami tidak tersesat dgn fenomena yg kami dapatkan dari foto2 kami, foto ini juga udah saya kirim email ke mba ani
    suwun

  6. saya punya beberapa poto2 keluarga yg memumculkan fenomena tsb baik yg besar maupun yg kecil dam smuanya poto menggunakan blitz kamre..dan ada beberapa yg tdk muncul orb dan beberapoa muncul orb..dalkm kondisi yg sama dan ruangan yg sama dan waktu yg relatip sama..

  7. wah… ternyata selama ini sy lihat di tv itu boong dong gan..? tp bagaimana dgn alat radar yg bisa deteksi keberadaan mahluk halus? sekalian aja jadi ghostbuster. mohon, pencerahannya gan..

  8. Baca2 cmn sambl ngopi ah,kyx udh jls smua tuch yg bnr ma yg g bnr,mksh mas PA berkt tlisn mas PA sya skrng bisa byak mendpatkan pengtahuan

  9. sy pngen bwt buku judul na kesesatan orb dan org yg ngaku2 mlihat jin lewat kamera,lmyan dpt duit dri hsil jwlan bku,tp jgn2 rencana ini sdh mw di rencanakan oleh perdana ahmad?ah jdi suujon

  10. foto orb diketawain oleh ahli fto grapi?ahli yg mana?ftograpi kelas amatiran?mmang bnr mrk ktawa krn g mampu mnjelaskn na..tny sma ahli yg bnr2 ahli..bru bs jprat jpret dktkn ahli..

      • anda yakin hati anda bisa mengusir jin dari tubuh manusia ? kan nga ada bukti ilmiahnya :D ? mengetahui apakah orang itu benar kerasukan jin atau pura2 saja anda tidak bisa kan, ngak ada alat juga.

        BTW kalau meruqyah itu, kata muslimer, hati mesti bersih loh, kalau anda mengklaim bisa meruqyah berarti anda menganggap hati anda bersih dunk :) heheehe

  11. sy prnh fto2 di SMP sy,hsilna bnyk orb2 mlh ktk dprbesar pke kmputer d yg wrna kmerahn…klw qt mw z brpkir open mind.tu apa?mlh orb na pndah2 diatas net,tiang ,gawang..kpla rekan..jgn kurung batokeun atuh!mkir2!

    • Wow jika diperbesar Orb berwarna kemerah-merahan!!!! luar biasa berarti Orb itu jinnya karena warnanya kemerah-merahan?? Saya benar-benar open mind lho hehehe. wow orbnya bisa berpindah-pindah ???? hebat sebab ga ada bedanya dengan debu yang juga bisa berpindah-pindah jika kena angin hehehe, orb benar-benar wujud jin, pantesan Kang Dicky membela mati-matian bahwa orb itu dalah jin dan murid-murid HI juga sangat open mind benar-benar bisa berfikir dengan logika di”dengkul”

      • @perdana ahmad
        ini salah satu kata-kata penghinaan dari seorang ustad yang katanya mengerti soal islam
        apa anda sudah menyelidiki sendiri soal orb???
        kalo anda mengatakan HI logikanya dengkul berarti sama dong dengan para peneliti orb diluar negeri sana
        anda sendiri hanya lulusan universitas swasta artinya anda bukan yang terbaik dari bidang psikologi tetapi anda bicara seolah-olah anda tahu segalanya
        coba anda googling “orb investigation” via google dan lihat hasilnya
        artiny penyelidikan soal orb ini sudah diakui oleh masyarakat dunia, jadi bukan klaim HI saja
        jadi maaf sepertinya logika anda yang ada di “dengkul”

  12. org bebas mw prcy atw tdk..asal jgn mmangap pndpt sndri adlh pndpt terrr bnr yg lain salah atw sesat.sblm qt sndri tabyun lgsung kpd org brsngkutan muka tatap muka

  13. @abah tea…he..he…he…masa orb yang di foto itu jin?…emangnya abah tea bisa lihat jin?..jin itu seperti apa sih bentuknya sehingga anda yakin sekali bahwa orb yang di foto berwarna kemerah merahan itu jin?..kalo mau di pikir-pikir itukan hanya pembiasan cahaya yang sering terjadi saat pemotretan iya..nggak..abah tea…

  14. bda jang,yg pmbiasan wrna jg ada dismping yg blt pth,wkt difto ke 1 ditngh lpng,fto ke 2 ttp tp wkt fto k3 pndah mnjwh ada di atas tiang,knp pndah?krn abah cb brkata keras hei lkntuloh pergi dri sni!smpai2 org2 heran knp sy brkt bgtu.prnh tp dlm bntuk bkn asli na mklum SMP sy kri knan kuburan n leweng awi n dlu sm dukun diruwat pke kpl sapi pntes bnyk jurig na..dlu klw mlm kursi kls brgerak2 dliat diam.horor weh

  15. d lg,ktk pnjg pke bju pocongan bwt nakuti anak2 LDkS di ats kpl na d bltn ptih,di fto k 2 bltn na pndah mnuju phon bmbu,kra2 apa ya?kunang2..debu,uap air ah kgdean,sbsr kpl!

  16. jang tede,abah mh g mwjibkn prcy,tp pek cb,pke kmera dgital tmbh blitz,set ke normal ukuran film 600×400..pek fto2 5 py 10x tmpt angker mlm hri.bs jg fto nu ksurupn

  17. klw sdh kliatn biar tmbh edun,pek tantang jin na pke kt2 cacian spy dtg k rmh mu,tp sndrian fto2 na ,jgn pnakut bw tmn.. Bnykn..ingat mlm hri bgs tng mlm!

  18. Anggaplah cahaya itu memang jin dalam bentuk orb. Bagaimana membuktikan bahwa itu benar-benar jin, bukan hewan kecil, noise CCD kamera, atau debu? Jadinya, lebih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Intinya, klaim orb ini tidak pasti.

    • Settingnya bagaimana?

      10 Megapixel itu hanya dimensi pixel. Apa hubungannya?

      Yang paling penting bagaimana cara membedakan jin dan fenomena alami lainnya?

    • Saya ingin menanggapi komentar akang di http://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/fakta-penyimpangan-akidah-dicky-dengan-hikmatul-imannya/#comment-14380.

      Saya mohon bantuan Kang Anton untuk memperoleh data resmi dari HI. Saya yakin, jika memang HI tidak memiliki penyimpangan atau pemikiran sesat seperti yang saya sangka atau Ustadz Perdana tuduhkan pasti tidak ada yang perlu disembunyikan.

      Saya tidak meminta data-data sensitif seperti data keuangan, anggaran, atau data-data anggota. Saya hanya meminta data resmi tentang pemikiran HI dan Kang Dicky. Sebagai anggota, saya yakin Kang Anton bisa memperolehnya dengan mudah.

      Saya sangat serius Kang. Biaya backup data dan pengirimannya akan saya ganti. Jika Kang Anton ingin menjualnya, akan saya beli dengan harga yang masuk akal.

      Tolong jelaskan bagaimana cara saya menghubungi Kang Anton!

      Sebelumnya, terima kasih bantuannya kang. Saya senang jika memang ada pihak dari Hikmatul Iman yang bisa membantu saya mengklarifikasi permasalahan ini.

  19. Menurut saya ektoplasma, orbs dan vortex bukan penampakan dari jin. Bentuk jin adalah gaib dan hanya Allah yang tahu. Ektoplasma dkk hanyalah fenomena yang dibuat oleh jin dengan energi yang mereka miliki.

    • @sabariyanto
      jangan selalu menganggap jin lebih hebat dari manusia
      tetap aja yang dimanfaatkan itu energi tubuh manusianya
      jadi kalo kita takut sama pocong, maka akan muncul pocong dihadapan kita
      intinya kita tidak boleh takut sama yang namanya hantu apapun jenisnya, karena semua itu berasal dari pikiran kita sendiri

  20. tak ada hal yang tak mungking didunia ini…
    bisa aja benar itu jin..bisa saja itu debu..
    mungkin….
    orbs kan ada yang terbentuk dari debu atau partikel lain..
    ada juga orbs yang memang aneh yang katanya penampakan…
    nabi2 dengan mukjizat nya?masuk akal?…
    sekali lagi pikiran kta kadang tak mampu membongkar semua rahasia langit…

  21. orang yang mampu melihat jin aja mngatakan orbs itu jin tpi kenapa kamu mngatakan bukan…

    stahu aku orbs itu ada yg asli ada yg palsu…yg palsu biasanya debu

  22. apa sudah sampai disini penjelasannya. Menurutku ini semua kurang jelas. Jdi yang benar yang mana. Orbs itu debu atau jin.

  23. Emang zaman sekarang udah Moderen and keren banget,,
    sampe Jin aja pada narsis ikut foto…

    Woi mas inget hal yang gaib itu rahasia Allah..
    dan Allah Tidak memperlihatkan hal gaib kecuali pada Rasul-rasulnya..
    Camera dan tekhnologi tidak termasuk..
    Gak ada satupun tekhnologi manusia yang bisa menembus hal gaib mas.
    Banyak-banyak baca Al-Quran mas.

    neh buat referensi
    Al Jin : 26-27
    Al A’rof : 27
    Al AN’AM : 59

  24. @gombes
    afwan akhi, tuk q.s.jin 26-27 itu tidak mengatakan jin itu mahluq ghaib, diayat itu yg ghaib adalah azab yang diancamkan Allaah. coba lihat lagi dg. seksama. klo ada gunakan tafsir lebih banyak lagi disamping terjemah. dan buat akhi perdana betul tuh kata neng suci, ana kadang suka gimana gitu kalo baca tulisan antum yg ditujukan buat org.HI, sepertinya jauh dari bahasa yang Allaah contohkan ketika menyapa hamba-hambanya yang bertingkah (jelas-jelas)melampaui batas…mesra sekali. lihat (QS.az-zumaar:53) katakanlah:”wahai hamba-hambaKu yg melampaui batas…..jangan kalian berputus asa….” dan ana ingatkan antum QS.al-An’am ayat6. dan buat ikhwan semua ana ingatkan jawaban Rosulullaah saw. ketika diminta pandangannya oleh para sahabat, “ya Rosulallaah bagaimana mestinya kami menanggapi cerita israiliyyaat(cerita yg bersumber dari orang-orang Israil/yahudi) jawab Rosul,”jangan kamu dustakan dan jangan kamu percayai.”
    pun ketika kita menanggapi klaim sudara se-iman yang kita tidak yakini kebenarannya maka sikap DIAM sepertinya itu perintah AGAMA.
    Ruqyah jalan aja jalan aja jalan aja. semoga Allaah meridoi peruqyah dan memuliakan saudara kita yang tidak meruqyah (dalam mencari kesembuhan)…

  25. saya setuju ama Saudara Solahudin… Mari kita sama2 instrospeksi diri, jgn saling menghujat, saling menyalahkan, dan menganggap dirinya paling benar… Sesama muslim jgn mau terprovokasi atau diadu domba.. mari kita jalin ukhuwah islamiyah. Karena org2 kafir di luar sana tertawa melihat saudara sesama muslim bermusuhan dan tercerai berai..
    Semoga kita semua selalu dlm lindungan Alloh Swt.. Amien..

  26. Jujur nih ya,,
    Sejujurnya baca artikel’a sih menarik.
    Apakah hasil bukti mengatakan “Orbs” memang kegiatan supranatural,atau hanyalah partikel debu, tetes embun atau hujan atau bahkan hanya pembiasan cahaya lensa. Itu ga jadi masalah.
    Yang namanya Ilmu pengetahuan dan teknologi pasti mengalami perkembangan seiring waktu. Wajar aja kalo hal itu memunculkan tanggapan dan sikap kritis.
    Teori lama bisa didukung bahkan dipatahkan oleh teori baru yang lebih akurat pembuktiannya.

    Nah, Yang lucu di forum diskusi ini adalah ributnya tman2 :

    – Ada yg bersikeras mmpertahankan asumsi kalo Orbs memang berkaitan dengan supranatural
    – Ada juga yang mau bertahan melalui penjelasan logis kalo itu hanya partikel debu, pembiasan cahaya pada lensa dll
    – ada yang awal’a menikmati dengan kalem lalu ikut unjuk suara
    – ada yang ikutnya hanya dalam provokasi
    – masing2 bisa berusaha mempertahankan suara’a tapi kok pake ego,, biasa kalo udah begitu mungkin jaga imej (self esteem)
    – Yang lebih lucu ada yang dibuat bingung “Penjelasan yang bener yg mana??”
    – Macam2 lah

    dari sini dah ‘memperlihatkan’ karakter & pemahaman para komentator..
    And then, hayo instropeksi diri masing2, dan selamat menikmati berbagi pengetahuan..

    • Dan anehnya kalau udah di kaitkan dengan keyakinan ributnya minta ampun. pada ga mau kalah deh. Egoisme ga akan memilih dia benar atau salah, itu kalo kita trbiasa bicara sudah didukung ego’a.. thx semuanya

  27. bg anda yg menganggap orb adalah jin, salah besar (kafir lu), coba anda searching d mbah google sprti apa ciri jin itu sebenarnya, kalo perlu anda beli buku `dialog dengan jin muslim` karya muhammad isa daud yg berkomunikasi lgsg dg jin_nya, mungkin akan menjelaskan anda lebih gembleng lg, toh jin itu adalah makhluk ghoib, dan yg namanya ghoib itu kasat mata, tdk dpt dilihat kcuali bila allah menghendaki, sangat tdk mungkin yg ghoib itu dpt terlihat dg mudah hanya dg alat ciptaan manusia yg tdk ada apa2nya di banding milik sang pencipta, berfikirlah yg masuk akal (logis gan).
    Btw: xiexie ustad atas penjelasan yg sangat masuk akal.

    • @anonm
      kalau anda juga percaya ucapan si isa dawud yang ngomong sama orang yang kesurupan jin dan anda percaya ucapan jin itu…apa bedanya dengam musyrik….ya kafir juga….orang kesurupan jindipercaya…la manusia juga kadang berbohomg…dia ngaku jin muslim…apa bktinya dia muslim?..bukankah percaya omongan jin itu juga sudah sesat…? pikirkan lah..

  28. anonym_24…Semoga Antum bukan tergolong Takfiri (orang yang suka mengkafir-kafirkan orang)..Coool aza…toh siapa yang bisa jamin buku orang kesurupan bisa jadi Hujjah,manusia kafir aja ada yg mengaku Muslim, Apalagi Jin…Mari Hiasi dialog ini dengan Fakta Ilmiah, bukan debat kusir / Doktrin/Ceunah/Katanya

  29. dari pengalaman pribadi saya,pada waktu berkunjung ke candi plaosan ( masih di daerah sekitar candi prambanan ) sekitar jam 18:30 WIB,saya berfoto2 disana mendapatkan foto ORBS dikamera ,saya penasaran apakah itu debu atau apa, saya ulang2 lagi berfoto dan malah bertambah banyak OBRS itu,dan ada yang aneh,ketika saya menjepret kamera saya, secara bersamaan saya melihat ORBS dengan mata telanjang ketika cahaya kamera hidup,dan saya ulang2 lagi ,dan ORBS benar2 terlihat oleh mata telanjang,coba buktikan sendiri!!!
    pasti akan terlihat oleh mata telanjang dan nggak perlu melihat foto yang sudah jadi dikamera,
    dan kesimpulan saya ORBS itu bukan debu,saya yakin benar.walaupun saya tidak tau pasti itu apa!saya bukan peneliti atau apa!hanya menceritakan pengalam pribadi saja

  30. itu kiri kanan gambarnya kok bisa sama ya pencahayaannya kang? katanya yg kanan ga pake blitz kok masih bisa terang benderang persis kyk di foto kiri? ato jangan” sotosop tuh :p

  31. Saya punya beberapa gambar ORBS yang real (hasil jepretan sendiri di rumah) ….. Saya sependapat ORB terlalu dini dikaitkan dengan mahluk gaib tapi saya sependapat ORBS adalah bukan hanya fenomena optik biasa…..monggo share dengan saya kalau anda mau!

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s