APAKAH ERAMUSLIM.COM BERPAHAM WAHABI?

assalamualaikum

to the point saja…

apakah wahabiah itu dan apakah eramuslim termasuk wahabiah?

syukron, jazakallah

wassalamualaikum

Aisyah

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr.wb. Jazakillah atas pertanyaannya saudari Aisyah. Semoga Allah senantiasa merahmati saudari dan keberkahan selalu meliputi diri kemanapun kaki melangkah.

Pertama yang perlu diingat Syekh Muhammad bin Abdul Wahab (1115 – 1206 H / 1703 – 1791 M) tidak pernah mendeklarasikan namanya menjadi sebuah nama gerakan wahabi atau wahabiah. Istilah wahabi atau wahabiah dinisbatkan pada nama beliau sebagai sebuah ejekan kepada muwahid yang mengesakan Allahuta’ala dan tidak mau mencampuri tauhidnya dengan kesyirikan.

Beberapa umat muslim yang mengikuti pemikiran Syekh Muhammad bin Abdul Wahab pun menolak disebut Wahabi, karena pada dasarnya ajaran Ibnu Wahhab juga adalah ajaran Nabi Muhammad SAW, bukan ajaran tersendiri.

Kasus ini hampir sama kejadiannya dengan istilah Quthbi yang dinisbatkan kepada Sayyid Quthb. Para umat muslim yang menyetujui pemikiran Islam Asy Syahid akan dipanggil Quthbi hanya karena Sayyid Quthb sangat teliti menjaga kadar tauhidnya untuk tidak bercampur kepada kesyirikan dengan menjadikan hukum buatan manusia sebagai petunjuk. Seakan-akan pemikiran Sayyid Quthb adalah “agama” tersendiri yang jauh menyimpang dari Al Qur’an.

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab ialah Ulama yang concern menyeru umat muslim kepada tauhid dan berdo’a memohon hanya kepada Allah semata. Syekh Muhammad bin Abdul Wahab menjadikan hal ini sebagai prinsip sebab memang Allah-lah Yang Mahakuasa dan Yang Maha Menciptakan yang patut kita sembah, sedangkan selain Allah hanyalah adalah tuhan-tuhan palsu yang tidak akan bisa membawa manusia ke jalan keselamatan.

Adapun mahabbah (cinta kepada orang-orang shalih), bagi Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab adalah dengan mengikuti amal shalihnya, tidak dengan menjadikannya sebagai perantara antara manusia dengan Allah, dan juga tidak menjadikannya sebagai tempat bermohon selain daripada Allah.

Ketegasan beliau pada tauhid tidak lain dilakukan karena Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab banyak mendapati kemusyrikan, kebathilan, serta bid’ah menyesatkan yang dilakukan Umat Islam di sekelilingnya pada zaman itu.

Di Madinah, misalnya, beliau mendengar permohonan tolong (istighaatsah) kepada Rasulullah SAW, serta berdo’a (memohon) kepada selain Allah, hal yang sungguh bertentangan dengan Al-Qur’an dan sabda Rasulullah SAW . Al-Qur’an menegaskan:

“Artinya : Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfa’at dan tidak (pula) memberi madharat kepadamu selain Allah, sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu, sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zhalim.” [Yunus : 106]

Di Hejaz pun ia melihat hal serupa, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dengan mata kepala sendiri menyaksikan banyaknya pengkultusan kuburan para sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW.

Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab juga adalah seorang ulama yang sangat lantang menyeru kepada penguasa. Ia seorang ulama yang karismatik dan disegani sehingga mampu menda’wahi para penguasa untuk kemudian bekerja sama menghancurkan berbagai kemusyrikan yang ada di masyarakat, seperti dengan penguasa Uyainah yang bernama Utsman bin Muammar atau dengan Pangeran Muhammad bin Su’ud sebagai pengusa Dir’iyah yang kemudian diteruskan oleh putranya yang bernama Pangeran Abdul Aziz bin Muhammad bin Su’ud hingga Syeikh meninggal dunia.

Beliau telah menghabiskan waktunya selama 48 tahun lebih di Dar’iyah. Keseluruhan hidupnya diisi dengan kegiatan menulis, mengajar, berdakwah dan berjihad sebagai bagian untuk menegakkan agama Allah di muka bumi ini. Syaikh Muhammad bin Abdul berdakwah sampai usia kepala sembilan, beliau akhirnya wafat pada tanggal 29 Syawal 1206 H, bersamaan dengan tahun 1793 M, dalam usia 92 tahun.

Terkait apakah Eramuslim adalah wahabi? Masyarakat yang bisa menilai sendiri. Selama ini Eramuslim adalah media yang berdiri atas manhaj Ahlussunah Wal jama’ah. Eramuslim pun tidak fanatik untuk berdiri di salah satu jamaah tertentu. Ini terlihat bagaimana Eramuslim turut mengabarkan segala kegiatan terhadap berbagai jama’ah, lintas harokah.

Sebagai media Islam rujukan, kami pun terus berupaya memberikan informasi kepada umat tentang pekembangan dunia Islam. Menyebarkan berita yang membela kepentingan agama dalam menegakkan risalah mulia di muka bumi. Mohon doanya, semoga kami tetap istiqomah di Jalan Allah. Allahuma’amin.

Allahu’alam.

SOURCE : http://www.eramuslim.com/konsultasi/konspirasi/assalamualiakum.htm

47 gagasan untuk “APAKAH ERAMUSLIM.COM BERPAHAM WAHABI?

  1. Nah, ada lagi situs sumber rujukan bagi kaum muslimin yang menjelaskan kebaikan da’wah Islam dan bahwa yang dibawa Muhammad bin Abdul Wahhab adalah ajaran Islam yang asli sebagaimana dibawa Nabi Muhammad Saw.

  2. Islam adalah satu dan kenapa menjadi lebih satu.(faham).?
    Knp bgt,ya di karnakan byk manusia yg menganggap dirinya pintar dan sehingga memisahkan diri dan mencari ma’mum..bgt jg yg lainya…dst

  3. @dgn adanya berbeda beda faham dan akhirnya ujung2nya yg di harapkan jg surga dan takut akan siksaan neraka…
    Walaupun kt berbeda fahan dan yg terpenting jgn sampai ada yg merasa baik dan ngangap yg di yakin paling sempurna…kt sebagai hamba allah dan yg penting kt lakukan sesuai keyakinan kt masing2,,hanya allah yg maha segala galanya..dst.

  4. imam besar wahabi tdk pernah menyata kn sesat sesama umat antum pengikut nya mengikut ajaran quran dn sunah tp sering banget menyesat kn sesama muslim apa kah di-antara sunah nabi juga sering di-anjur kn mengkultus sesama yg mengucap kn La illaha ilallah muhamadarasulullah itu sesat dn kafir?????????? Apa kah nabi berakhlak saperti antum@perdana@teman darno dn lain2 nya yg sering mengkultus sesama muslim sesat?? Di-mana akhlak mu sebagai pengikut sunah nabi dn quran?? Apa kah antum semua udah bisa baca isi hati orang yg kamu mengkultus itu sesat dn ini bid’ah?? Nabi melarang umat nya mengkultus sesama muslim sesat dn kafir. Ane pernah membaca komentar perdana mengkafir kn gus dur sesat sedang kan beliau telah kembali pd Allah seandai beliau tdk sesat giman dgn perdana dn orang2 yg menuduh nya kafir? Perdana antum mengaku sebagai muslim tp mulut dn ucapan mu saperti ular yg bisa.. Kalo antum berbuat sesuatu amal kerna Allah semoga antum di-rahmati Allah..akan tetapi seandai nya antum menyesat kn dn menuduh saudara muslim yg hak di-sisi Allah semoga atas redho Allah kembali segala nya pd antum. Dn antum sering ghibah pd orang yg sudah wafat gimana antum kalo yg di-fitnag benar islam nya. Dn bagaiman antum mau minta maaf atas tuduhan antum. La hawla wala quwatak illa billah.

    • @sitijenar, bagaimana kalau aku katakan aku cinta kamu tapi aku bunuh dikau dengan menyalahgunakan pemberianmu. apakah dengan begitu aku cinta kau. gimana kalau ini diqiyaskan kepada para pengucap syahadat namun mereka melecehkan esensi syahadat?

  5. Walaupun gue pecinta ilmu hikmah namun GUE SANGAT ANTI dengan yang namanya REIKI DAN MEDETASI. JANGAN SAMAKAN SHALAT DENGAN MEDETASI . KARNA MEDETASI MENGHILANGKAN PIKIRAN SECARA TOTAL JADI KOSONG. MeNÖNtON sinetron hukumnya Haram jika d dalamnya ada hal yg menjurus pd perjinahan ( MEMBUKA AURAT AND PACARAN PERCINTAAN).

  6. apakah semua yg dituduhkan wahabi dan salafy suka mengkafirkan/menuduh sesat individu?.. tidak semua, apakah semua orang yg suka mengkafirkan itu wahabi atau salafy?.. jelas tidak. apakah siti jenar alhallaj seorang sufi sesat?.. jwbnnya iya benar sekali.

    • Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

      pernyataan antum tegas, ana mendukung !

      kewajiban kita semua untuk mengingatkan saudara2 kita yang masih terjebak dalam paham siti jenar, jangan sampai terbuai terlalu lama, kasihan !!!

  7. Pesetan semua bg orang2 yg merasa dirinya paling benar dan paling baik..justru dia yg punya perasaan bgt,dia paling goblok,paling tdk waras alias gila anyaran…ingat keyakinan seseorang tdk bs di rubah terkecuali dirinya sendirinyalah yg mau berubah…benar apa yg di katakan…renungkan kt hidup tdk sendiri..!!

  8. Samaranji
    Justru rosulullah mengajarkan supaya kt agar saling menghargai sesama..dan melarang utk menjauhi atau membeda bedakan,,itu sebagian dakwah rosulullah pd orang2 kafir dan di sekitarnya..bgt seterusnya.!

  9. Rosululloh SAW bukan wahabi, Rosululloh SAW berdakwah di tengah tengah kaum musyrik untuk mengajak menjadi muslim, kalo wahabi berdakwa di tengah tengah muslim sambil memusrikkan orang orang muslim, na’udzubillah… sduah menjadi rahasia umum, silahkan saja dengarkan khutbah mereka….

  10. Ki ageng serang.
    Benar bgt adanya,rosulullah adalah nabiyullah yg penuh ksh saya,rendah hati dan anti perbedaan n pertentangan….
    Perlu di ketahui,orang muslim sebelum kt adalah,orang2 kafir,musrik dll nya,,dan knp sang wahabi tdk berdakwah keras kpd orang2 kafir..?
    Wahabi itu dajjal yg menjelma sebagai muslim,padahal sebenarnya dia itu yahudi 100%…bgt seterusnya..

  11. Ingatlah wahabi,,
    Jgn sekali kali mempengarui saudaraku yg muslim yg lain,perbaiki sendiri keyakinan antum sendiri dan jgn mempengaruh keyakinan muslim mayoritas,,kl antum berani2 berdakwah di tengah saudara muslim sy lain dan antum akan tau akibatnya…
    Karna antum anusia tdk bersih dan msh sk dgn maksiat dan msh mengejar ngejar keduniawin…Cam kan Itu…!..

    • ki dewa besi,, emang nya seberapa dalam kah pengetahuan nt mengenai keyakinan muhammad bin abdul wahhab,,, jangan asal nuduh,,,,, berikan buktinya,,,

  12. sebenarnya semua semua menginginkan dan bertujuan peningkatan nilai ibadah dan kedekatan dengan Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT. yang terlalu syariat kurang baik dan yang terlalu hakekat juga kurang baik. yang terlalu banyak menambahi isi dan kaedah alqur’an dengan alasan tafsir yang berlebihan mohon di kurangi walaupun walhasih merupakan suatu petunjuk dengan penuh kebaikan namun cenderung mencari pembenarannya semakin jauh dari alqur’an maupun sunah rosul dan tafsir-tafsir yg dekat dan benar, dan untuk yg memahahi Takut atas unsur kesirikan yang dijalani para oleh pengamal yang tukang merenung tentang kehidupan jangan terlalu arogan atas ketidak beranian saudaraku untuk merenung lebih dalam tentang kehidupan. yah masing masing kita batasilah semua kegiatan dunia ini dengan nilai ibadah yang diminta Allah yang nota bene sangat sederhana, Bersyukur, memuja Allah SWT, Istigfar, dan Ikhtiar jg Sabar (Baik dlm mendapat Rezki maupun mememecahkan Masalah) (Iman + Yakin = Taat) Manusia memang punya batasan Hanya Allah yg maha Sempurna. Mudahh2x koment ini Menguatkan Umat Muslim Sedunia (Aminnn)

    • @nix

      Pernyataan anda :
      ”…yang terlalu syariat kurang baik”

      Maaf sy sangat tidak setuju dgn kalimat tsb.

      Masing2 Umat telah ditentukan syariatnya (Al Qur’an). Umat Muslim diperintahkan mengikuti seperti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rosul. Bahkan Nabi SAW memerintahkan gigit dgn geraham (berpegang teguh) kepada Kitab Allah dan Sunnah Rosul. Memelihara dan menegakkan Sunnah/Syariat tidak ada istilah ”Terlalu Syariat”. Sebab Rosul SAW adalah pembawa syariat untuk umatnya. Islam telah sempurna (Al Maaidah, 3).

  13. Wahabi selalu didzolimi dimanamana. Padahal wahabi ahlussunnah wal jama’ah. Wahabi juga mengikuti madzhab 4 imam salaf. Rupanya ummat sudah terkoyak ikatan Islamnya. Jangan kaku dong memahami Islam

  14. Wahabi selalu didzolimi dimanamana. Padahal wahabi ahlussunnah wal jama’ah. Wahabi juga mengikuti madzhab 4 imam salaf. Rupanya ummat sudah terkoyak ikatan Islamnya. Jangan kaku dong memahami Islam.

  15. Wahabi selalu didzolimi dimanamana. Paadahal wahabi ahlussunnah wal jama’ah. Wahabi juga mengikuti madzhab 4 imam salaf. Rupanya ummat sudah terkoyak ikatan Islamnya. Jangan kaku dong memahami Islam.

    • sabar kidulur………..ada pepatah, sedalam dalam emas terkubur lumpur akan tetap dicari orang, dan emas adalah emas walau itu tercampur tembaga,….tetap ingatkan umat yang masih sasar semampu kita,….ingat syiar kewajiban kita !!!

  16. Waktu itu saya dibesarkan dalam lingkungan yg suka baca berjanzian dan selamatan mulai tanam padi sampai panen, orang mati mulai pertama sampai seribu hari, biasanya pada hari ke seribu si ahli waris sohibul hajat mengadakan selamatan besar dengan mengundang banyak santri termasuk para ustad dan kyainya tuk berdzikir dan berdo’a lalu si sohibul hajat mennyiapkan makanan komplit apem golong (nasi bulat2) dsb selain itu hanya duduk2 sambil rokokan tdk ikut berdo’a konon katanya diwakilkan dan ini tugas terakhir sebagai kwajiban keluarga yg ditinggalkan almarhum/mah. Di waktu lain pak kyai sering mengatakan dikelompok lain (…..) tidak mau mengerjakan ini dan mereka itulah yg tdak mau mengikuti ahlussunnah waljama’ah bahkan tidak jarang menyebutnya sebagai kafir.
    Dari sini saya bisa menarik sedikit kesimpulan sebenarnya sebut menyebut kufur, kafir itu tidak saja datang dari mulut org yg dinisbatkan wahabi/salafi tapi juga dari kelompok yang saya sebutkan diatas.
    Terus dimana ya yang bukan kufur/kafir.

  17. Assalamu’alaiykum warahmatullahi wabarakatuh..
    Na’udzubillah min dzalik, ucapan Ki Dewa Besi, on April 18, 2011 at 5:04 pm said: “Wahabi itu dajjal yg menjelma sebagai muslim,padahal sebenarnya dia itu yahudi 100%…bgt seterusnya..”

    Tanpa sadar Ki Dewa Besi mengkafirkan pengikut salafush shalih, Allahu Akbar !

    Simak hadits ini :
    عَنْ أَبِي ذَرٍّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَيْسَ مِنْ رَجُلٍ ادَّعَى لِغَيْرِ أَبِيهِ وَهُوَ يَعْلَمُهُ إِلَّا كَفَرَ وَمَنِ ادَّعَى مَا لَيْسَ لَهُ فَلَيْسَ مِنَّا وَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ وَمَنْ دَعَا رَجُلًا بِالْكُفْرِ أَوْ قَالَ عَدُوَّ اللَّهِ وَلَيْسَ كَذَلِكَ إِلَّا حَارَ عَلَيْهِ
    Dari Abu Dzar, dia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Tidak ada seorang lelakipun yang mengakui bapak kepada orang yang bukan bapaknya padahal ia tahu (kalau itu bukan bapaknya), kecuali dia telah kufur. Barangsiapa yang mengaku sesuatu yang bukan haknya, berarti dia tidak termasuk golongan kami dan hendaklah ia menempati tempat duduknya dari api neraka. Dan barangsiapa yang memanggil seseorang dengan panggilan “kafir” atau “musuh Allah” padahal dia tidak kafir, maka tuduhan itu akan kembali kepada penuduh. (Hadits dari sahabat yang mulia Abu Dzar Al Ghifari ini, diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam shahihnya di dua tempat; kitab Al Manaqib, Bab Nisbatul Yaman Ila Isma’il, hadits no. 3317 dan kitab Al Adab, Bab Ma Yanha Minas Sibab Wal La’ni, hadits no. 5698 dan Imam Muslim dalam shahihnya, kitab Al Iman, Bab Bayan Hali Iman Man Raghiba An Abihi Wahua Ya’lam, hadits no. 214)

    Menuduh salafi sebagai kafir yahudi, padahal salafi itu yang mengikuti Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam !
    Jaga mulut kamu!

    Lalu ki ageng serang, on April 18, 2011 at 3:57 pm said: “kalo wahabi berdakwa di tengah tengah muslim sambil memusrikkan orang orang muslim..”

    Saya tanya, jujur saja kebanyakan umat islam sekarang ini mengikuti tradisi-tradisi dari nenek moyang orang indonesia yang dulunya beragama hindu dan budha !
    Padahal Alloh Subhanahu wa ta’ala berfirman:
    أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَن تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ فَاسِقُونَ
    “Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik”
    [QS. Al-Hadiid : 16].

    Dan bukankah Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda:
    Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiallahu anhuma dia berkata: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
    لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا
    “Bukan termasuk golongan kami orang yang menyerupai kaum selain kami.” (HR. At-Tirmizi no. 2695)
    Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
    مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
    “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk darinya”. (HR. Abu Daud no. 4031 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 1/676)

    Aneh ki ageng serang ini !

  18. Situs sejarah di mekah banyak di hancurkan pengasa berpaham wahabi dengan alasan hawatir jamaah haji menjadi kafir karena menyembah situr sejarah, bahkan makam nabi akan dijadikan dihancurkan untukndijadikan tempat parkir. Padahal rasulullah membolehkan mengunjungi makam karena merasa umatnya telahnkuatbimannya, tetapi penguasa wahabi dengan gagah perkasa tidak mempercayai kekuatan iman tauhid jamaah haji. Para jamaah haji haji hanya ingin mengetahui makam para sahabat dan makam nabinya untuk mendoakan almarhum, bukan untuk meminta kepada ahli kubur. Wahabi tdk menghargai jasa para syuhada dan bernafsu menghilangkan situs sejarah, padahal bangsa yang besar mengenal sejarahnya. Wahabi tanpa sadar telah dipengaruhi musuh islam untuk menghancurkan situs bersejarah yang dibanggakan umatbislam sedunia, yang ujung ujungnya akan menghilangkan ka’bah, situs peninggalan nabi ibrohim, karena takut jemaah haji menyembah ka’bah.

  19. say NO TO wahabi …sejak ada wahabi ummat Islam jadi saling mendelik, hoby men takfir, menilai orang lain sesat, hanya kami para wahabi yang sesuai syariat…wkwkwkwk

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s