SANG “DAJJAL KECIL” SAI BABA TELAH MENINGGAL

Guru “spiritual” India Sri Sathya Sai Baba, yang dihormati oleh jutaan pengikutnya sebagai dewa yang hidup, mati Minggu ini (24/4) di sebuah rumah sakit di India selatan. Sai Baba mati dalam usia 86 tahun.

Sai Baba, yang dirawat di rumah sakit di kota kelahirannya Puttaparti sebulan lalu, mati karena kegagalan organ tubuh, media mengatakan.

Konon pengikutnya diperkirakan berjumlah enam juta, termasuk politisi atas India, konglomerat bisnis dan para bintang Bollywoods.

Sai Baba, dengan rambut keritingnya yang khas dan selalu berpakaian jubah saffrone sebagai trade marknya, menjalankan sekolah dan rumah sakit lewat orang-orang kepercayaannya di berbagai negara.

Dia dilaporkan memiliki kekuatan mistik termasuk bisa mengeluarkan emas dari tangannya. Ia mengklaim dirinya memiliki tenaga paranormal dan dapat melakukan mujizat. Dua mujizat kesukaannya adalah mematerialisasikan abu untuk para orang yang miskin dan mematerialisasikan permata untuk orang yang kaya.

Namun banyak orang yang melihat “kesaktian” yang dimiliki Sai Baba, menyatakan bahwa kesaktiannya itu tidak lain adalah tricks seorang penyulap belaka, tidak lebih.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan kematian Sai Baba merugikan semua orang. Para pengikutnya, termasuk para hakim dan birokrat atas, diharapkan akan ikut ambil bagian dalam ritus terakhir pemakamannya, kata media.

Salah seorang muridnya di Indonesia adalah Anand Khrisna, saat ini tersangkut kasus pelecehan seksual dan konon katanya Anand Khrisna mendapatkan “ilmu” pelecehan seksual dari sang guru yang sekarang mati.

Forum-forum internet banyak yang menyatakan bahwa suami Megawati yang saat ini menjabat sebagai ketua MPR, di era menjelang kejatuhan Gus Dur sempat dua kali sowan ke Sai Baba di India, tidak jelas apa tujuan Taufik Kemas menemui pakar mistis tersebut, apakah ngalap berkah atau cuma kunjungan biasa.

SAIBABA DIANTARA 30 DAJJAL

Sbahagian dari tanda-tanda akhir zaman. Bahwa telah muncul “Dajjal kecil”  bernama Sathya Sai Baba (Sai Baba), dia lahir dan tinggal di Desa Nilayam Puthaparti, wilayah timur Khurasan, tepatnya India Selatan. Merujuk pada riwayat hadis dari Jamiu at Tirmidzi;
“Rasulullah SAW bersabda kepada kami, Dajjal akan keluar dari bumi ini di bahagian timur bernama Khurasan.”

Maka boleh jadi yang dimaksudkan oleh Rasulullah SAW tersebut ialah benar adanya. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW. bersabda:

“Hari Kiamat tidak akan datang hingga 30 Dajjal (pendusta) muncul, mereka semua berdusta tentang Allah dan Rasul-Nya. “

Dan Sai Baba ini boleh jadi adalah salah satu dari 30 dajjal-dajjal kecil yang akan membuka jalan bagi munculnya al-Masih al-Dajjal (Dajjal nantinya akan berperang dengan Imam Mahdi dan di bunuh oleh Nabi Isa bin Maryam).

Kesimpulan: Bahawa sifat Dajjal dan Sai Baba yang diutarakan di atas adalah sebahagian dari sifat salah satu 30 dajjal-dajjal kecil (pendusta-pendusta akhir zaman) yang akan membuka jalan bagi munculnya al-Masih al-Dajjal (Dajjal Besar).

Yang ciri-cirinya menurut riwayat hadis sahih adalah sebagai berikut:
– Dajjal buta sebelah seperti buah anggur.
– Kedua matanya ada tulisan kafir yang dapat dibaca oleh orang yang beriman.
– Dajjal tinggal di bumi selama 40 hari, 1 hari seperti setahun, 1 hari berikutnya seperti sebulan, 1 hari berikutnya seperti seminggu, 1 hari berikutnya seperti hari biasa.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:

Rasulullah saw. bersabda: “Tidak ada satu negeri yang tidak dimasuki Dajjal, kecuali Mekah dan Madinah, dan tidak ada satu jalan di Madinah, kecuali terdapat malaikat yang berbaris menjaganya. Maka Dajjal singgah di daerah rawa, kemudian Madinah bergoncang tiga kali goncangan, sehingga seluruh orang kafir dan munafik keluar dari sana menuju ke tempat Dajjal.”

Rasulullah SAW bersabda : “Bukankah sesungguhnya ia itu bermata sebelah, dan tertulis di antara kedua mata dajjal itu kata kafir, yang dapat dibaca oleh setiap Mukmin.” (Muttafaqun ‘alaih) Dan dalam riwayat yang lain dinyatakan: “Tertulis diantara dua matanya huruf kaf, fa’, dan ra’.” (HR. At-Tirmidzi)

Hadist riwayat Muslim, dari Nawwas bi Sam’an: Rasullulah SAW mengatakan, “Dajjal adalah seorang pemuda berambut keriting, matanya sebelah kanan celek, aku menyerupakannya dengan Abdul Uzza bin Qathan (lelaki Quraisy yang hidup di zaman Jahiliyah). Maka barang siapa yang menemuinya bacalah surat Al-Kahfi. Ia keluar dari sebuah jalan antara Syam dan Iraq, lalu ia berbuat binasa kesana kemari.”

*** Konspirasi Dajjal bersifat matrialistik sekuler, dia datang dan ‘berdakwah’ dengan membawa perumpamaan air, namun pada hakikatnya adalah api. Syurga yang dia tawarkan tapi pada hakikatnya adalah neraka. Neraka yang dia tawarkan tapi pada hakikatnya adalah syurga.

Gaya bicara Dajjal, tidak lain adalah seorang pendusta besar! Solat adalah buang-buang waktu, Al-Quran dan agama hanyalah simbol, bahkan ia kerap mendustakan kewujudan para nabi-nabi terdahulu dan mengadakan fitnah di dalam kisah rasul-rasul terdahulu.

Itulah sebahagian sifat dari Dajjal Laknatullah Alaihi! Tujuannya hanya ingin mengkafirkan penduduk bumi dan memurtadkan orang-orang Islam agar keluar dari agamanya dengan dalih, Islam adalah agama syaitan dan masih banyak lagi. Naudzu billahi min dzalik!

PERSAMAAN SAI BABA DAN CIRI DAJJAL

Antara DAJJAL dan SAI BABA
1) Dajjal seorang laki yang berpostur pendek, gempal, berambut kribo, berkaki bengkok (agak pengkor). Sai Baba seorang yang berpostur pendek dan berambut kribo.
2) Dajjal memiliki mata yang buta. Sai Baba pernah mengalami kebutaan di waktu muda kemudian sembuh kembali.
3) Dajjal datang dan bersama ada gunung roti dan sungai air. Sai Baba memiliki kemampuan mengeluarkan vibhuti (tepung suci) dari udara melalui tangannya.
4) Dajjal memiliki kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan depat dan kecepatannya seperti hujan badai atau secepat awan yang ditiup angin kencang. Sai Baba memiliki kemampuan berjalan menjelajahi bumi dalam hitungan kejapan mata.
5) Dajjal mengikuti pengikut yang sangat banyak, bahkan di akhir zaman nanti banyak manusia yang berangan-angan untuk berjumpa dengan Dajjal. Sai Baba memiliki pengikut yang jumlahnya puluhan juta manusia dari berbagai macam suku, bangsa, negara dan agama.
6) Dajjal akan muncul dengan mengaku sebagai orang bijak/ baik, sehingga banyak sekali orang yang tertarik untuk mengikutinya. Sai Baba mengaku seabgai orang yang bijak yang membawa misi perdamaian, cinta kasih menghapuskan segala persengketaan dengan bijaksana.
7) Dajjal akan muncul dan sebagai nabi. Sai Baba memposisikan dirinya sebagai nabi kepada pengikut2nya. Cool Dajjal akang menggunakan nama Al-Masih. Sai Baba mengaku akan menjelma sebagai Isa Al-Masih setelah tahun 2020.
9) Dajjal akan mengaku sebagai Tuhan. Sai Baba mengklaim bahwa dirinya adalah Tuhan penguasa alam semesta.
10) Dajjal akan mendakwahkan agama Allah. Dalam banyak majelis darshanya Sai Baba banyak berbicara tentang Islam, Al-Qur’an dan keharusan untuk memahaminya.
11) Dajjal mampu menghidupkan orang mati dan menyembuhkan orang sakit. Sai Baba memiliki kemampuan menghidupkan orang mati juga menyembuhkan
penyakit kanker.
12) Dajjal dapat menurunkan hujan. Sai Baba memiliki kemampuan menurunkan hujan dan mendatangkan air untuk irigasi (di NTT sedang di bangun proyek Sai Baba untuk pengairan di daerah yang kering).
13) Dajjal bisa mengeluarkan perbendaharaan (perhiasan dan harta) dari bangunan yang roboh, lalu perbendaharaan itu akan mengikuti ratunya. Sai Baba mampu menciptakan patung emas, kalung emas, injil mini dan berbagai bentuk medalai berlafadz ALLAH dalam sekejap.
14) Dajjal akan membunuh seseorang dan menghidupkannya kembali. Sai Baba bisa menghidupkan orang yang sudah meninggal dunia.
15) Dajjal bisa berpindah raga dan tempat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Sai Baba bisa berpindah dari satu jasad ke jasad lainnya yang merupakan benruk reinkarnasi dirinya.
16) Dajjal bisa membesarkan tubuhnya. Sai Baba memliki kemampuan berjalan di udara dan membuat kemukjizatan pada sebuh pesawat terbang.
17) Dajjal biasa keluar masuk pasar dan makanan. Sai Baba juga manusia biasa yang makan dan minum sebagaimana manusia lainnya, ia juga bisa berjalan ke pasar, rumah sakit, proyek irigasi dan tempat lain yang biasa dikunjungi manusia.
18) Cool Dajjal bisa memerintahkan bumi untuk mengeluarkan tumbuh2an dan air. Sai baba bisa mengeluarkan air dengan hentakan kakinya.
19) Dajjal tidak memliki anak. Sai Baba mandul, ia tidak beranak dan tidak berkeluarga (tidak menikah).
20) Dajjal memimpin orang yahudi. Sai Baba memiliki misi menyebarkan teologi zionis.
21) Dajjal muncul di zaman pertikaian. Sai Baba mengklaim bahwa ia datang dari masa banyak pertikaian dan persengketaan, dan kedatangannya untuk menegakkan kebenaran dan membinasakan kejahatan

 FOTO SAI BABA MENINGGAL

152 thoughts on “SANG “DAJJAL KECIL” SAI BABA TELAH MENINGGAL

  1. Dalam Sejarah Dajjal itu diBunuh sama imam Mahdi yo ?
    Sementara Sai Baba itu, meninggal karna sakit (bukan dibunuh oleh seseorang)

    *sudahlaah…. mbok ya engga usah terus2an menfitnah orang*

      • hebat amat lu perdana bisa tahu sai baba itu dajjal
        makanya belajar sulap dong
        biar tahu trik yang dipakai saibaba

      • lho :) perkataan saya bahwa Saibaba itu dajjal 100% shahih! mengapa saya katakan begitu? Anda tahu pengertian dajjal?
        Secara bahasa:
        Disebutkan oleh Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullahu dalam kitab beliau At-Tadzkirah bahwa lafadz Dajjal dipakai untuk sepuluh makna. Di antaranya: Kadzdzab (tukang dusta), Mumawwih (yang menipu manusia). Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullahu mengatakan: “Dikatakan demikian karena dia adalah manusia yang paling besar penipuannya.”

        Dalam istilah syar’i:
        Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullahu mengatakan: “Seorang laki-laki pendusta (penipu) yang keluar di akhir zaman mengaku sebagai Rabb.” (Syarah Lum’atul I’tiqad)

        Nah! sai baba seorang penipu tulen yaang menipu manusia dengan trik sulapnya agar diakui sebagai Rab (tuhan), maka sai baba adalah dajjal!

      • @saibaba,

        pernyataan anda :
        ”hebat amat lu perdana bisa tahu sai baba itu dajjal
        makanya belajar sulap dong
        biar tahu trik yang dipakai saibaba”.

        coba anda babarkan trik sulapnya satu persatu (seperti yg artikel tulis), apakah anda pernah berhadapan langsung dengan sai baba?

      • kok persis yah , di ajaran kristen nabi ISA atau kristus lah yang membunuh antikristus besar / dajjal/ naga/ular tua .

        sbenernya kristen dan islam ajarannya sama dan justru harus bersatu melawan dajjal. dajjal kerjaan nya juga memecah belah umat

      • Izin bertanya ustadz PA..
        Selain mukjizat yang anda bicarakan mengenai dajjal apakah dia bisa membaca pikiran orang atau mengetahui apa yang ada di qolbu seseorang.. Coz kalo ada yg punya kemampuan tsb tentu saja dengan mudah mempengaruhi orang dan mengaku sebagai tuhan.. Bgaimana ustadz??

      • maaf ustad,,sya mau nnya sebelumnya,,apa dlam Islam akan mengjarkan umatnya untuk mendoktrin suatu hal yg blum terbukti bnar??bkannya mlah jdi fitnah y??kan kita sbgai mnusia byasa cuma bsa mereka-reka saja,,sdangkan sai baba bsa mmbuktikan sgla ssuatu yg hnya bsa dperbuat oleh tuhan,,,,tlong jwbnnya,,
        terimakasih

      • Dajjal kecil yang diprediksi akan muncul sampai 30an. pada saat jamannya nabi bahkan saking demennya kaum ini main curiga dan main tuduh, Ibnu Shayyad sahabat dekat nabipun dituduh sebagai Dajjal walaupun ia membela..bahwa Dajjal tidak akan bisa memasuki Mekah dan Madinah, dan Dajjal juga tidak akan punya anak. sedangkan Ibnu Shayyad pernah berada di dua tempat itu dan juga ia memiliki anak. wah kayaknya fitnah memfitnah ini memang budaya kaum anda atau bagaimana ? sesudah Saddam Husein yang menjadi tuduhan selanjutnya sekarang malah lari ke Sai Baba, jangan-jangan besok gue yang dituduh. tapi engga apa deh, bukankah setiap fitnah yang kuterima nanti, maka amalan yang kuterima dari sang pemfitnah itu juga sebesar itu. take it easy saja… demi untuk menutupi kebobrokan bukankah maling biasanya akan teriak maling dulu. orang bijaksana tidak akan langsung membunuh istrinya ketika sodaranya bilang bahwa istrinya telah dibonceng ke hotel oleh orang lain. ia akan melakukan penyelidikan dengan seksama, mengumpulkan bukti yang tidak akan bisa terbantahkan sebelum ia memutuskan untuk membuat pernyataan. ia tidak akan membuat dirinya seorang durjana dengan menghakimi istri yang dikabarkannya telah dibonceng ke hotel walaupun itu oleh saudaranya sendiri. karena ia belum tau pasti kebenarannya sebab walaupun memang benar ia dibonceng ke hotel tetap harus diselidiki untuk tujuan apa. siapa tau ada hal urgent yang memaksa skenario kehidupan yang harus dilakoninya saat itu seperti demikian. keep positive thinking before you decide. itulah orang bijaksana, bukan sekedar bejek sana bejek sini, apalagi kita sudah memakai gelar Kyai, ustad, Pandita, or bla..bla..bla…. (Gelar itu mesti dipertanggung jawabkan kepada Allah )

      • jadi orang yg berpengetahuan dan berkesadaran yah, jangan kamu suka merendahkan, menghina keyakinan orang lain. jangan merasa paling benar ajaran kamu !!

    • Untuk sekedar melurus kan bro..
      Memang nabi Isa yang membunuh dajal…
      Di zaman nabi Muhammad SAW dajal juga pernah datang…
      Nabi Muhammad hanya mengurungnya di perut bumi sampai dia meninggal di sana…
      Sama Halnya dengan sai baba bro…
      Tidak ada manusia yang bisa membunuh dajjal termasuk Nabi, Kecuali nabi Isa As dan atas perintah Allah lah yang menyuruh malaikat untuk mencabut nyawa dajjal…
      sama halnya dengan Nabi Muhammad SAW…
      hanya bisa mengurung dajjal di perut bumi, hingga dia meninggal di sana…
      Nabi Muhammad tidak bisa membunuh dajal..
      karena yang bisa membunuh dajal Hanya Nabi Isa AS…
      itulah kuasa Allah SWT…..

  2. ah,,,kemampuan si baba ini cuma sebatas sihir. bodoh banget ada manusia yang percaya sibaba sebagai tuhan… kalau dia tuhan,bisa gak dia hidup sampai 100th aja gitu…. 86th ternyata dah mati…
    Untuk kaum muslim, pandanglah alam semesta ini !,,, tanyalah pada manusia yg mengaku tuhan atau nabi,,, bisakah dia membuat alam semesta lagi? mana bisa..!!! katanya bisa menghidupkan orang yg mati si baba ini,,,setelah diselidiki sama wartawan asing,,ternyata ada pemalsuan surat kematian…jgnkan si baba,,, si demian aja bisa merubah gambar donat menjadi donat beneran dan bisa dimakan lagi,,, itu semua TIPUAN…

  3. dalam setiap solat aku memohon perlindungan kkpd Allah.
    dari siksa kubur
    dari siksa api neraka
    dari fitnah dunia dan fitnah kematian
    dari fitnah dajjal

  4. memang banyak persamaan dengan Dajjal..yang paling utama adalah hadits KHURASAN…namun sy tdk mengatakan dia adalah DAJJAL, tapi memiliki persamaan..takkan pernah berhenti bermunculan Dajjal2 kecil..Sai Baba orangnya BAIK sekalipun belum tentu BENAR…adapun selain hadits KHURASAN,,ada banyak orang yang memiliki kemampuan seperti itu..seperti DALAI LAMA di dataran Cina…termasuk Khrisna…juga Sunan Kalijaga yg menggenggam tanah menjadi emas…dan karomah2 lainnya….KAROMAH bukan brarti MUKJIZAT….agar kiranya kita lebih jernih memilih dan memilah melalui akal sehat daripada su’uzhon syakwasangka..namun disisi lain kita memang harus waspada terhadap segala macam bentuk kesyirikan dan kemunafikan yang menjelma menjadi KEBENARAN….

  5. terlalu gegabah memberikan vonis.. vonis dari hasil menduga-duga… klo macam ini, sama saja kita mendidik umat islam paranoid, karena kelihaian menduga2 dan menyangka2..

  6. Ya suka vunas vonis… coba acungkan tangan!!

    Pengikut si baba sai dan JIL cs… coba acungkan tangan juga!!!

    Dan yg tersinggung… coba acungkan dua tangannya!!!

  7. saibaba tuh cuma manusia biasa..
    apa yang ditunjukannya cuma trik sulap aja..
    wajar aja kalo dia bisa meninggal
    perdana aja yang terlalu berlebihan menvonis dia dajal..
    dulu tahun 90an ada buku yang menuduh david copervield pakai jin waktu menghilangkan patung liberty..
    tapi kenyataannya sekarang terbukti bahwa dia pakai teknlogi buat melakukakannya
    yah itulah kalo orang tidak mau berfikir..paling senang main vonis

    • maaf iktan nimbrung,, sepengtahuan sya, bahwasannya nabi muhamad prnah brsabda ” akan ada seorang manusia yg dtang d akhir zaman berupa: keriting rambutnya,bdnnya brgumpal,kulitnya berwrna kmerahan,hilang mata sblah kanannya yang membawa fitnah d muka bmi ini” (HR. bukhari)
      ini adalah hadist yang sahih,maka semua ahli agama menyangka sai baba itu adalah salah satu dari dajjal karena semua ciri2 yang dijelaskan oleh nabi muhammad sma persis dengan ciri2 sai baba.
      ini semua masih permasalahan gaib.jadi kesimpulannya trgantung keprcayaannya kita masing2 , kita harus lebih hati2 dan mnambahn keimanan.
      terimakasih

  8. kasian ada teman kita yang kekeuh sumekeuh tidak meneriman kenyataan kalo sai baba itu adl dajjal kecil…moga2 ada pencerahan untuk dia…

  9. Selam ini Sai Baba memang lihai dalam menipu banyakorang. Dalam buku yg berjudul DAJJAL SUDAHMUNCUL DARI KHURASAN disebutkan bahwa banyak ulam Indi yg sudah menjadi pengikutnya.Dia pun mengaku2 sebagai tuhan.Tuhan koq bisa mati. Sekarang dia bisa apa lagi?

  10. Asslamualaikum tmn2 sys spndapat sma mas sulaimanu sule yg kkeh saibaba bkn djjal kecil pasti dia bkn orng islam wasalam,mau lnjutin njait sandal lagi ahhhhhh

    • Serius usaha sandal? atau nickname doang mas? sy pengen belajar bikin sandal (serius lho).

      @admin, sorry yah nyelip dikit.

  11. orang yang sudah meninggal saja masih di gunjing keberadaanya…..puya malu gak c kalian.
    kalo masalah agama, silahkan pertanyakan pada diri masing2…apakah ibadah KITA sudah melaksana dengan benar…cz yang tau cuman tuhan.
    “RAHAYU”

    • Saya setuju pendapat Ibu RAHAYU. Jikalau kita ini beriman dan bertagwa sepenuh hati, kita tidak akan menghakimi orang lain, justru yang kita hakimi adalah diri kita sendiri. Karena segala sumber ketidakbahagiaan itu ada pada diri kita sendiri. Dan sepengetahuan saya semua ajaran agama yang ada tujuannya CINTA KASIH.

  12. rabby hamba hnya punya engkau, hambapun niat ibadah hanya karna rasa terima kasih dan syukur hamba atas engkau’
    tak pantas hamba ibadah karna ikhlas tak pula pantas hamba ibadah karna ridho
    karna ikhlasdan ridho hanya mengharap imbal balik dari apa yg hamba lakukan seolah setetes keringatpun mengharap balasan.
    hamba yg serba terbatas ilm. saat bercermin.slalu brtanya hamba yg hina bila ibadah sllu mengharap balasan. seolah hamba selalu berjual kepadamu yg hanya mengharap untung untung dan untung.
    dia tak malu bila sejenak menghitung ni’mat yg kau beri tak pernah harap kembali.
    RABBY: SUJUDKU HIDAYAHMU SYUKURKU RAHMATMU GERAKKU CINTAMU AKALKU ILMUMU HATIKU CAHAYAMU HIDUPKU RIDHOMU NAFSUKU MURKAMU.
    tak terhitung limpahanmu untukku, hamaba malu selalu meminta ..!!!
    TUNTUN HAMBA YA RABB
    semrautnya dunya fana membuat hamba lebih sering bercermin diri.

  13. di indonesia jg bnyk org2 seperti sai baba tp org indonesia kayaknya lebih suka menggunjing yg ada diluar sana yaaa?ada yg punya ilmu bisa ngilang kelayapan sono sini,ada yg bisa narik harta benda gaib,ada yg pamer ada yg diem2 aja buat sendiri,sai baba blm apa2 dibanding sama yg ada diindonesia..cuma beruntung aja mungkin di india sana cuma sedikit org punya kelebihan sampe2 dianggap dewa disana…bijaklah semua jgn terlalu berlebihan..kiamat sekarang ataupun nanti bukankah lebih baik bila kita lihat pd diri sndri apa saja kebaikan yg sudah dan akan kita lakukan sbg bekal kalo mati nanti?!..bnyk org besar pd akhirnya menjadi hancur (disadari ato tidak) hanya krn AKU DIRI…

  14. Sai baba mgk menguasai sihir…? kemampuan menguasai sihir ternyata tidak hanya ada skrg, baca juga kisah Nabi Musa dgn Firaun yg jg mengaku dirinya TUHAN.., Firaun juga mati walau dgn segala kehebatannya. kita mgk masih ingat didunia ini masih ada iblis yg slalu ingin merusak iman manusia.., sy yakin stlh sai baba mati, akan muncul lg manusia yg akan mengaku TUHAN dgn menguasai sihir dan teknologi…, mdh2an kita slalu dalam lindungan Allah SWT..

  15. Dulu banyak orang memfitnah Sai Baba adalah dajjal sungguhan, sekarang setelah akhirnya meninggal dunia karena sakit, orang – orang itu mengganti sebutannya dengan dajjal kecil, salah fitnah nih ye!

    • bukan fitnah tapi pencerahan kepada umat supaya berhati-hati kepada dajjal, salah satunya dengan memperhatikan kisah sai baba,,,di dlm Al Qur’an dinyatakan : setiap yang bernyawa pasti akan mati,,bukan karena sebab yang antum sebutkan,,,

  16. dajalyang sesungguhnya nanti dibinasakan ditanah yudea[yerosalem0beserta tentara angkatan darat israel” inilah sumpah serapah para nabi-nabi bani israil,dimana yang membinasakannya adalah nabi ISA AS DAN IMAM MAHDI

  17. kasihan sekale …janganlah menebar fitnah tentang saibaba…beliau kan sudah kembali menghadap Tuhan….ajaran agama tidak ada yang mengajarkan sesuatu tentang fitnah….lebih baik kalian mendokannya….bukannya ngomong yang aneh2…saibaba adalah dajjal…kalau saibaba adalah dajjal….dajjal keberapa beliau….

  18. dari membaca komentar…keseluruhan…..
    saya bisa meluruskann…..bahwa,,,,tidak baik buruk sangka terhadap siapa pun……..hendklah mawas diri akan sebuah tindakan dan ucapan….cuman kita hati hati atas tipu daya setan atu dajjal……bagi pengikutnya hendklah berpikir secar logika atau secara agama,,,,bahwa kita mempunyai tuhan kenap kita masih minta kesembuhan apalah…………..dll.. pda soi baba…,,,!!!
    dalam agama islam allah berfirman: bahwa allah lebih suka hambnya yang mengeluh dan memohon bermunajh kepadanya…..”jadi semu pertolongan itu dtngnya dari allah…..kesembuhan rezeki…..itu datangnya dari allah……dan tampa sai baba kita tak perlu mengenal cinta kasihh itu….. semua kan ada dalm agama kita masing masing……menjujung tinggi cita dan kasih sayng sesama……….

    end tambhan…..:buat sai baba kalo dia orngya baik ga usah pamer pamer kehebatan ngeluarin mas dari mulut lah…..itu sama saj mengudang atusiasme orng orng supaya yang byak meng eluh eluhkn……orng baru ad kehebtan menyembukan saja,,,,,,,,,negluarin mas dari mulut sudah di eluh eluhkan……….itu kan sama saja syirik>>>
    video videonya byak di youtube………..wajar juga sich orng bx mengvonis kyk gitu…………..

    cuman all kita berdoa semoga di jaukan dari fitnah dan tipu daya dajjal…….
    amin………………….

  19. yang lucunya kok pengikutnya itu bukannya bertanya sei baba kok bisa mati padahal kan dia Tuhan tapi malahan nangis-nangis gitu, dasar idiot hahaha

  20. Sai BaBa terbukti mngajarkan cinta kasih dan perdamaian,membantu sesama umat manusia,membangun fasilitas yg bermanfaat bagi umat manusia dan blum prnh trsiar kabar trkait tindakan kriminal dan kejahatan
    Osama bin Laden trbukti mngajarkan kebencian dan permusuhan,mlakukan pembunuhan,membntuk orgnisasi TEROR dunia,

    SAI BABA = DAJJAL
    OSAMA BIN LADEN = ..????????[mudah2an bukan Nabi]

      • Ah perdana anda kasih link berita2 muslim, orang muslim sering mengarang2 sendiri berita, paus dibilang masuk islam, gajahmada islam, jayabaya islam, saya udah muak thd kebohongan2 ini. ada ga sumbernya dari berita netral?

      • Jadi, ingat Nenek saya dulu berkata, ” Memfitnah lebih kejam daripada pembunuhan,, hendaknya kita tidak begitu saja mudah percaya pada “berita” / apapun itu ? sebelum kita melihat dan membuktikannya sendiri.. apalagi menyebar “kabar burung” yang kita sendiri belum tahu persis kebenarannya..

    • osauma itu membela kampungnya begok…kira2 kalau emakmu dibunuh rumahmu di bolduser apa kau ngk ngamuk ama pelakunya. bodoh sekali kau kalau kau diam aja, itulah yang dilakukan osama. ngk kau lihan afganistan dijajah habis2san. huh gendeng..dasar udah kena antek2 dajjal

    • Maya danawa@kau nih korban berita bohong AMERIKA….kacian deh lu..liat berita cuma kata amerika…coba kau lihat diinternet foto korban2 afganistan, palestina, akibat kebengisan Amerika pembunuh berdarah dingin, coba guantanamo…tempat apa itu? yang lebih parah dari tempat binatang siapa punya itu. osama karena bela diri aja udah kau fitnah macam2…kujambak juga gigimu nanti

    • coba search di youtube pasti banyak trik sulap yg diajarkan sai baba…
      osama???dia cuma orang biasa…seperti gerilyawan di nepal (metafor)

  21. David cofrfield,Demian,Limbad Cs punya SIHIR untuk membeli nasi

    SAI BABA punya SIHIR untuk memberi membagi2kan nasi…..

    dan orang2 yg suka Memfitnah hanyalah penjual nasi basi……

  22. udah tau pembohong masih juga ada yang membela…yah wajarlah negaraku…koruptor(pencuri) semarak, orang masyarakatnya jg banyak yang bela..kayak ini…yang alasannya sok jangan fitnahlah jagan urusi orang lain lah, biarlah dia udah matilah. sok baik tapi ngk pada tempatnya. kalau mau bela tu bela orang miskin, orang yang tertindas, ini orang ngaku tuhan dibela,,,huuuh gemblung. ya kalau salah kita harus salahkan kalau benar ya kita benarkan…jangan sebaliknya. atau diam aja. kalau diam aja tu mulut jait aja. nah untuk itu kita disuruh untuk ingat mengeingatkan kalau ngaku beriman..kecuali kalu kamu pengikut dajjal. ops,,,lupa kan dajjal juga banyak pengikiutnya mungkiiiiiiiin…siapa lagi kalau bukan yang belain punya kepentingan apa dia belain….ya…..

    • Kau akan tahu sesuatu itu pahit atau manis setelah lidah mu mencoba merasakannya.
      ” Kenapa kau permasalahkan hal yang tidak pernah ada orang yang mengetahuinya secara pasti”.
      Tuhan adalah ini, Tuhan adalah itu, Ketika kita berdo’a semua mata dan pikirin menuju Tuhan yang kita bayangkan nun jauh disana. Kenapa kita harus memperdebatkan Tuhan yang ada dimana – mana ini. Tidak jauh tidak juga dekat. Ketika kau membicarakan setan maka kau akan melihat semua sesuatu sebagai setan, jika kau membicarakan Tuhan maka kita merasakan ada Tuhan di sekeliling kita. Tuhan adalah kasih. orang tidak akan bisa hidup tanpa kasih. Tuhan karena kasihnya dapat memilih bentuk apapun untuk membimbing umat yang Dia cintai. Maka dari itu, jadilah Muslim yang Muslim, jadilah Kristen yang Kristen, jadilah Hindu yang hindu, dan jadilah budha yang budha. Pada dasarnya Tuhan telah menurunkan semua menu masakanya, tergantung kita mau makan yang mana.
      Suatu hal yang pasti ” kita hidup untuk menunggu kematian” disela2waktu itu kita diberi kesempatan untuk berbuat agar kelak kita tahu bagaimana cara mati yang baik. Sudahkah kamu mempersiapkan laporan apa yang akan kamu bawa ke Kubur? Jangan lagi buang waktu yang berarti ini hanya untuk membahas hal yang tidak pernah kita ketahui ini. Bekerjalah . . . Berbuat kebajikan untuk laporan kita di Liang Kubur.

  23. Ass.mas PA

    saya hanya ingin ibaratnya menggerakan gear yg terlanjur berputar,mengenai sai baba adalah dajjal itu tidak betul…anda bisa cari di google bantahan terhadap sai baba bukan dajjal dan perbedaannya atau bisa search di youtube tentang kebohongan sai baba.namun di sisi lain juga yg dikatakan dajjal kecil itu juga saya sependapat dg mas PA..jd intinya begini deh jiga blog ini mengedepankan topic dg penjelasan ilmiahnya,mari kita liat jg dari penjelasan ilmiah mengenai seorang sai baba…seperti yg di katakan dalam agama kita yakni islam bahwa dajjal tidak dilahirkan dan hanya bisa mati oleh nabi Isa A.S nah satu contoh tersebut sudah jelas menjelaskan bahwa sai baba bukan dajjal krn terdapat perbedaan nya,namun saya tidak menafikan jg bahwa dia merupakan satu dr 30 dajjal yg sempat hidup kemarin sore atau biasa disebut dajjal kecil,hanya saja saya ingin mengomentari pernyataan mas P.A yg menyebutkan 100% shahih bahwa sai baba adalah dajjal…maksud saya disini adalah hanya memilah saja agar tidak membuat org bingung,krn dg satu pertanyaan saja sudah jelas terjawab “apa sai baba hidup tanpa dilahirkan?apa dia buta?” jwbnnya bisa disearch di google dan mungkin akan ditemukan jwbn bahwa ia dilahirkan oleh ibunya yg bernama siap gitu (lupa)

    namun sebagai umat islam tentu kita tetap harus aware dg kemunculan dajjal kecil ini krn sudah tentu kita hidup disaat dajjal kecil muncul,bukankah bahaya dan mengerikan?maka sepatutnya kita meminta perlindungan Alloh S.W.T (maaf pake O krn saya tidak ingin tuhan saya dalam pengejaan latinnya hampir sama pengejaannya dlm agama lain)..itu saja mas … intinya memilah dalam koridor yg sama krn mappingnya nanti akan dpt dibaca (maksudnya apa?)…semua yg baca mungkin masih ingat sesudah kematian dajjal apa yg akan terjadi?wallhu alam..namun sesuai kitab bahwa ada kaum yg memang masih hidup hingga sekarang yakni yazuz & majuj…hmm mas P.A sepertinya perlu juga diangkat topic yazuz & majuj ini lumayan mas hehe..dan itu ilmiah bgt mas P.A lebih mengerikan agar kita semakin mengenal Alloh SWT di hati krn kaum tsb memang masih hidup berdampingan dg dajjal…saya cukup banyak memiliki artikelnya krn mapping kehidupan itu bisa dilihat dr runtutan peristiwa menurut kitabnya yakni kitab islam ( Al-Quran).bersambung…

  24. yang fitnah kena dosa, sai baba banyak bantu orang-orang. makanya banyak punya pengikut. diantara banyak pengikutnya pastilah ada orang-orang cerdas. jadi sebelumnya mereka sudah analisis kalau sai baba baik

  25. yang penting kita kuatkan iman kita kepada Allah SWT.. insya Allah, Allah pasti memberikan pertolongan dan perlindungan kepada umatnya yang bertaqwa kepada-Nya.. Aamiin..

  26. saibaba itu gak penting lagi, yg penting adalah kalian harus mendekatkan diri kepada ALLAH..
    ALLAHU AKBAR…..
    ALLAHU AKBAR…..
    ALLAHU AKBAR…..

  27. asstagfirullah allaziim… tiadak tuhan selain allah.. hdup mati ku hanya ada stu allah swt,… mdah”an kita tergolong orang” yg shaleh dan iman kita kokoh .

  28. @Anak Palembang.
    mas Perdana semoga Allah SWt memberi kekuatan Iman kepada anda karena musuhmu bukan hanya orang2 agama lain namun jga orang2 Islam yang munafik. hati2 sdra2 muslim kalian membela si kafir Sei Baba bagaimana kalau dia benar2 dajjal kecil? bisa2 dihadapan Allah kalian dicap simpatisan/pengikut dajjal?gara2 membela si Babamu dan menghujat sdara.muslimmu yang menyampaikan PERINGATAN! Maju terus Kang Perdana.

  29. mas PA ,
    jgn buat blog yg aneh2 gtu,lbh baik mengajak org berbuat kebaikan,mengajak ber ibadah kpd allah,jgn cuma bs nya menyebarkan fitnah,dan merasa dirinya lbh pintar dan lebih baik dr org laen,
    sadarlah…
    sadarlah…
    sadarlah…

  30. pokok nya,klo yg merasa diri nya itu nabi/tuhan itu pasti nama nya dajjal…
    gitu aja koq repot..

    allahu akbar..

  31. hahahahahahaha….mas perdana…maju terus….pantang mundur…..kalo mundur ntar nabrak…..spionya ngak ada….wkwkwkwkwkwk…hati2…..banyak kaum MUNAFIK……

  32. MasyaAllah..kalian semua jangan bergaduh tentang sai baba ini..walaupon sngat jelas bhw sai baba ad kaitan dgn dajjal,tp itu semua hya ALLAH s.w.t shj yg mngtahui..ap yg perlu kta lakukan skrg sbg hamba dan menjadi khalifah di bumi ini kta hruslah mnguatkn IMAN kta dn KPERCAYAANtka trhdap ALLAH s.w.t krn hnya DIA tmpat utk kta mminta..jd,,sbg akhir kalam,,marilah kwan2 kta bertaqwa kpd ALLAh krn kta skrg sdah dduk d akhr zaman iaitu zman k-4 di mnna dunia skrang bnyk dengan pancaroba,kta hrus lalui itu dgn keimanan yg ada dlam jiwa kta..sma2 kte kembali ke landasan yg sbnar wahai sahabat sekalian,..assalam~~

  33. baru ciri2nya mirip dah dsimpulkan toe Dajjal,,,ehm,,ckckckckck,,orang kmbar yg sgitu miripnya mreka ttap orng yg berbda,,yg dlm suatu sisinya da perbdaan,,
    sai baba itu adl inkarnasi dari tuhan (percikan kcil dari tuhan) yang mnjlma kdunia berwjud mnusia,,krn dng itu bliau bsa mngjarkn kbnaran,,
    sai baba tdak mmihak kpda suatu agm tertntu,,krn tjuan stiap agma adlh 1,yaitu mnuju ktenangan rohani yg akhirna akan mnuju tuhan,,
    gmn mau ktenangan rohani,,bru tau sgtu dah maen tuduh aj,,
    tunjukkanlah bahwa kalian umat beragama yg baik,,dri cra bersikap ktauan bgmn pngetahuan agma’a

    • dalam islam memang telah dikabarkan ciri2 dajjal.

      din (agama) = ketaatan
      Islam = berserah diri
      muslim = orang yg berserah diri kepada Allah dengan ketaatan, tunduk dan patuh mengikuti apa yg seperti Allah turunkan dan mengikuti rosul.

      Islam jelas berbeda dengan agama yg lainnya..

      Artikel di atas untuk mengingatkan kepada umat muslim agar selalu waspada terhadap dajjal dan antek2nya (saibaba cs)..

    • sinta pasti kafir nih. baik si baik suka bantu orang, tp kalau ngaku sebagai nabi dan tuhan itu adalah ciri dajjal. siapa saja yg ngaku nabi atau tuhan dia pantas disebut
      dajjal, TITIK

      • Mas hati hati kalau berbicara kafir
        Di dalam ajaran anda, ada mengatakan bahwa, kafir itu harus dhancurkan, jdi jngan asal menuduh seseorang itu kafir.

  34. eehhhh…
    bsa d jaga gg mulut kalian…
    seenakx ngomong kyk gtu….
    pdahal kalian gg tw apa”…
    emang kalian pernah ktemu mha sai baba??
    kok seenakx blng sai baba itu dajjal….
    eeehhh fuck buwt yg blng sai baba itu dajjal !!

      • Sbahagian dari tanda-tanda akhir zaman. Bahwa telah muncul “Dajjal kecil” bernama Sathya Sai Baba (Sai Baba), dia lahir dan tinggal di Desa Nilayam Puthaparti, wilayah timur Khurasan, tepatnya India Selatan. Merujuk pada riwayat hadis dari Jamiu at Tirmidzi;
        “Rasulullah SAW bersabda kepada kami, Dajjal akan keluar dari bumi ini di bahagian timur bernama Khurasan.”

        Bertaubatlah,, Islam adalah agama yg benar dan jalan yg lurus untuk kesesatan yg telah kamu anuti selama ini.. bertaubatlah kawan selagi Allah masih memberi peluang kepada mu…

    • biarlah mereka berbicara demikian :)
      jangan di ambil pusing, mungkin ada rasa iri di hati mereka pada Baba, karena Baba
      mampu melakukan hal hal yang tidak dapat mereka lakukan :)
      Sai Ram :)

  35. saya seorang hindu yang mengikuti Baba,
    bukan saya membela, tapi saya mengingatkan, bahwa tidak ada gunanya saling melecehkan :)
    kita itu satu kesatuan,
    ingatlah bahwa Tuhan menciptakan kita dengan perbedaan, dan kita harus bisa menghormati perbedaan itu,
    jadi, berdamailah :)
    saya lebih senang kedamaian :)
    karena Bhagawan tdk pernah mengajarkan pertikaian :)

    • “Bukankah sesungguhnya ia itu bermata sebelah, dan tertulis di antara kedua mata dajjal itu kata kafir, yang dapat dibaca oleh setiap Mukmin.” (Muttafaqun ‘alaih) Dan dalam riwayat yang lain dinyatakan: “Tertulis diantara dua matanya huruf kaf, fa’, dan ra’.” (HR. At-Tirmidzi)

      taubatlah,, Islam adalah agama yg benar dan jalan yg lurus untuk kesesatan yg telah kamu anuti selama ini.. bertaubatlah kawan selagi Allah masih memberi peluang kepada mu…

      • Ari, jangan percaya jhon rambo tolol ini. semua orang pasti percaya agamanya yang paling sempurna. ikuti kata hatimu. agama / kepercayaan yang damai tidak ke umat sendiri aja, tapi damai bagi umat lain, itu lah yang paling mendekati sempurna, kepercayaan yang sudah banyak menyumbang demi kemanusiaan, kepercayaan yang tidak suka menjelekkan kepercayaan lain, itulah yang utama. kalau sekedar ngaku2 aja sempurna tapi di dunia bikin kacau aja kerjanya, itu nggak usah.

  36. manusia yg mengaku tuhan itu tetep dajjal/antek2 dajjal.tuhan yg sebenar benarnya adalah Allah swt.gak masuk akal manusia ngaku tuhan sementara merasa kematiian,allahhuakhbar,allahhuakhbar,allahhuakhbar,allahhuakhbar,allahhuakhbar.,allahhuakhbar

  37. ada 30 dajjal kecil yang akan datang untuk membantu sang dajjal (pendusta besar) yang akan berperang dengan imam mahdi dan dibunuh oleh nabi isa al-masih. salah satu dari 30 dajjal kecil sudah ada tinggal 29 lg. yang berarti kiamat sebentar lagi akan datang. MASIH BERANI BERBUAT DOSA?

  38. abis baca dari atas ke bawah..masa gara” sai babi kalian ribut sih ampe ada yg perang dingin segala…sesama muslim itu sodara kata nabi muhammad..please deh bro sis and all..

  39. EUWH…. bagi yang muslim percayalah sama semua hadis dan alqur’an…

    gk usah dengerin antek’ DAJJAL ntu…

    roh gk membawa syafaat buat kita.
    dan menjelekkan itu gk baik, entar malah dapat mudharat dan dosa.

    imanin dalam hati aja deh…
    wallahu allam

  40. Allahumma innii a’udzubika min ‘adzabil qabri, wa min ‘adzabin naari, wa min fitnatil mahyaa wal mamaati, wa min fitnatil masiihuddajjaal..

  41. ya Allah, semoga Diriku dan keluargaku beserta sanak saudara se islam se agama dengan ku selalu dalam lindunganmu ya Allah… lindungi kami daeri segala fitnahnya ya Allah, sungguh kepada Mu lah kami berlindung dan memohon ampun… ALLAHU AKBAAAR!!!……….

  42. Berarti kalo yang punya pengikut banyak, punya trik, ngaku bisa macem2, melenceng dari ajaran, itu dajjal kecil ya??jadi teringat seseorang.. kaburrrrrrrrrrr

  43. SaiRam . Kami sebagai pengikut SaiBaba hanya diajarkan cinta kasih dan dilarang keras berdebat untuk hal yang tidak penting . Kalian menfitnah Mahaguru , Avatar kami pedahal secara tidak langsung anda semua juga menyembah beliau lima kali sehari . Karena Saibaba adalah reinkarnasi Tuhan dalam wujud berbeda . oOM JAI SAIRAM.

  44. SIAPAPUN SAI BABA, BELIAU SUDAH MENGAJARKAN KASIH PADA SESAMA MANUSIA, TIDAK YANG SEAGAMA SAJA, TAPI SEMUA MANUSIA, BAHKAN SEMUA MAHLUK. BELIAU JUGA SUDAH MENYUMBANG BANYAK UNTUK FASILITAS2 KEMANUSIAAN, BAHKAN MENDIRIKAN RUMAH SAKIT GRATIS. APAKAH ORANG-ORANG YANG MEMFITNAH BELIAU BISA BERBUAT SEPERTI ITU?? NGAKU AJA AGAMA PALING SEMPURNA,, SEMUA ORANG PASTI YAKIN AGAMANYA YANG PALING SEMPURNA. JANGANLAH FANATIK BUTA SEPERTI ITU, MERASA DIRI SEMPURNA MENJELEKKAN KEPERCAYAAN LAIN. YANG NYATA IALAH KEPERCAYAAN MANA YANG PALING BERGUNA BUAT DUNIA INI, YANG SUDAH MENYUMBANG BANYAK BAGI ILMU PENGETAHUAN, KEMANUSIAAN, PELAYANAN, ITULAH YANG UTAMA / MENDEKATI SEMPURNA. MATA TUHAN YANG MENILAI, BUKAN MATA MANUSIA.

    • sebelumnya saya minta maaf, menurut saya dari ajaran agama islam : Allah tiada 2.
      nabi pada masa terkini (modoren ini red) tidak ada lagi setelah nabi muhammad yg ke 25, tp kalau Sdr SAI BABA menyatakan tuhan dengan kesaktian yang dimiliki saya kurang setuju, karna di tempat kami ada kakek yang mempunyai kesaktian juga dan baik orangnya’ tapi ia tidak mengajarkan hal-hal berpalingnya seseorang dari agama’ (murtad) kata dari agama islam. jadi kesimpulannya : kalau SAI BABA tuhan, kenapa t bisa mati ???? kurang sependapat dengan tuhan itu karena ia sendiri bisa mati (secara logika) . tuhan kan kekal tidak mati ,,,,,,,,, mgkn sdr bisa menjelaskan nya ??

    • imanmu terlalalu tinggi untuk di bicarakan,,,sampai kni semua itu hanya ucapan panatik ajaran yang terlalu panatik tak ubahya premanlisme….apakah allahmu senang lihatin pengikutnya suka ngebom,…dilihat rasanya lebih cinta kasih yang tak beragama…jangan mengumbar ajaranmu dengan indah tanpa kamu sadari dadjal itu pengikut yng brutal …..yang sok tau ,sok panatik….sak alim banyak bilang haram namun dihantam pula…..jIHAT ,,,KEKERASAN….HIna sehina hinanya…..

  45. jangan pernah percaya pada kata orang sebelum anda melihatnya sendiri. apa yang kita dengar bisanya belum tentu itu sesuai dengan kenyataan. . .
    jangan menganggap diri anda paling benar,karena kebenaran yang abadi hanya milik Tuhan semata..dan agama juga tdk pernah mengajarkan kepada kita untuk mnjelek-jelekkn sesama manusia.

  46. hanya mereka yang paham akan kebajikan dan terpanggil olehNya yang paham akan siapa Sri Satya SAi BAba. Bagi siapa yang tidak paham akan konsep kehidupan sebenarnya, yang tidk mengetahui, mereka tidak akan dapat melihat kebenaran yang ada didunia. Mereka yang masih memikirkan kepercayaan sendiri dan meluap oleh keegoisan tidak akan pernah mendapat dan merasakan sentuhan TUHAN yang sebenarnya. Tidak ada perbedaan Tuhan dalam hidup ini. Hanya karena keEGOan membuat terbakarnya Kebajikan dan membuat perdebatan yang sepantasnya bukan itu menjadi KEWAJIBAN kita sebagai umat manusia. Bagi mereka tak percaya AWATARA setidaknya janganlah menghina, mencaci, memfitnah atau mempublikasikan hal-hal yang membuat dunia kehabisan air mata. KeEGOAN akan melupakan cara SOPAN SANTUN, dan melupakan Apa yang sudah dipelajari tentang agama. MAri bangkitkan dan junjung rasa KASIH SAYANG yang akan membawa kesejahteraan DUNIA karena tanpa KASIH SAYANG, kebatilan akan melenyap kebajikan dan inilah yang menjadi alasan TUHAN sebagai NARAYANA.

  47. terlalu orang-orang pintar seperti anda semua… menjelek-jelekkan coba baca juga Sebab Musabab Kelahiran

    Shirdi Baba duduk dekat dhuni

    Sandal dan Tongkat Sai Baba.
    Di sebuah desa bernama Pathri yang terletak di wilayah Nizam, tinggal sepasang suami istri yang taat bernama Ganggabhava dan Devagiriamma. Sang istri adalah bhakta setia Dewi Gauri (Pendamping Dewa Shiva, yang disebut pula Dewi Parvathi). Suaminya, Ganggabhava adalah bhakta setia Dewa Shiva. Mereka tidak mempunyai anak. Hal ini membuat mereka tidak terlalu memikirkan masalah duniawi. Mereka menghabiskan waktu dengan melakukan pemujaan kepada Dewa Shiva dan Dewi Parvathi. Ganggabhava menjalankan perahu sebagai mata pencahariannya. Saat itu musim hujan dan air sungai meluap. Karena khawatir perahunya akan terbawa banjir bila tidak diawasai, Ganggabhava memberitahu istrinya bahwa ia akan pergi ke sungai dan akan tinggal di sana semalam untuk menjaga perahunya. Sang istri menyiapkan makan malam untuk suaminya pada jam 7 malam dan setelah suaminya pergi ia pun menyelesaikan makan malamnya sendiri.[2]
    Sekitar jam 9 malam, seorang mengetuk pintu. Karena mengira bahwa suaminya yang datang dan dengan bertanya-tanya mengapa suaminya pulang begitu cepat, ia membuka pintu dengan segera. Seorang lelaki tua berdiri di depan pintu. Lelaki tua itu kemudian melangkah masuk ke dalam rumah dan berkata. “Oh Ibu, di luar sangat dingin. Apakah engkau mau berbaik hati memberi sedikit tempat bagi saya untuk bermalam disini?” Dengan kebaikan hatinya, ia menyiapkan kasur, memberikannya kepada lelaki tua itu dan mengantarkannya ke suatu tempat di beranda untuk tidur. Devagiriamma masuk ke kamarnya sendiri, menutup pintunya dan berbaring. Tapi tak lama kemudian lelaki tua itu mengetuk pintu kembali. Ketika ia membuka pintu, lelaki tua itu berkata, “Oh, Ibu yang baik hati, saya merasa lapar. Bolehkah saya minta nasi sedikit untuk dimakan?” Karena ia tidak menemukan sesuatu yang berarti kecuali sedikit beras tumbuk di dapurnya, ia menyiapkan sedikit makanan dengan susu asam dan memberikannya kepada lelaki tua itu, ia pun kembali ke kamarnya, menutup pintu dan bersiap untuk tidur. Belum lama waktu berlalu, lelaki tua itu mengetuk pintu kembali. Ketika ia membuka pintu, lelaki tua itu berkata, “Oh Ibu, kaki saya sakit. Maukah engkau berbaik hati untuk memijatnya sebentar saja?”
    Wanita itu terkejut. Ia lalu pergi ke ruang pemujaan, bersimpuh di kaki arca Dewi Parvathi dan menangis, “Oh Ibu Yang Mahasuci, ujian berat apakah yang Kau berikan padaku ini? Apa yang harus aku lakukan sekarang? Tolong selamatkanlah aku dari keadaan yang sulit ini.” Beberapa saat kemudian ia mulai tenang. Ia mendapatkan ide untuk meminta seseorang yang bisa dibayar untuk memijat tamunya. Usahanya sia-sia dan ia pun kembali dengan putus asa. Tiba-tiba ada ketukan di pintu samping. Ketika pintu di buka, seorang wanita masuk ke dalam rumah dan berkata,”Ibu, sepertinya engkau datang ke rumah saya untuk meminta bantuan guna merawat seseorang lelaki tua di sini. Saya datang ke sini untuk menawarkan bantuan.” Devagiriamma sangat bergembira karena ternyata doanya telah di jawab. Ia mengantar wanita itu ke beranda dan meninggalkannya dengan lelaki tua itu dan kemudian ia kembali ke kamarnya sendiri.[3]
    Tak lama kemudian, sekali lagi, pintu kamar diketuk. Karena sekarang ada seoarang wanita lain di rumah, Devagiriamma membukakan pintu tanpa rasa ragu. Ia mendapatkan Dewa Shiwa dan Dewi Gauri berdiri dengan cahaya gemerlap. Ternyata lelaki tua dan seorang wanita tadi tak lain adalah Dewa Shiwa dan Dewi Gauri yang sedang yang menyamar untuk menguji kesetiaan Devagiriamma. Hati Devagiriamma dipenuhi rasa bahagia dan ia menyentuh kaki mereka. Dewi Gauri berkata,”Aku menganugerahkanmu seorang anak lelaki yang akan memberikan kemuliaan bagi keturunanmu dan juga seorang anak perempuan sehingga engkau bisa memperoleh punyam dengan menikahkannya dengan seseoarang. Devagiriamma menyentuh kaki Dewa Shiva. Dewa Shiva pun berkata,”Anak-Ku sayang, Aku sangat terkesan dengan bhaktimu. Aku sendiri akan lahir sebagai manusia dalam diri anakmu yang ketiga.” Setelah mengatakan hal itu mereka pun menghilang. Devagiriamma sangat gembira. Ketika fajar tiba, suaminya pulang dan mendengar istrinya tentang segala hal yang terjadi, suaminya enggan mempercayainya.[4]
    Waktu terus berjalan dan Devagiriamma pun mengandung. Seperti yang sudah diperkirakan, ia melahirkan bayi laki-laki. Satu tahun kemudian ia melahirkan seorang anak perempuan. Ganggabhava menyadari bahwa dua peristiwa yang disebutkan oleh istrinya sudah menjadi kenyataan. Sekarang ia mulai percaya bahwa Dewa Shiva dan Dewi Parvathi sungguh-sungguh memberi istrinya darshan (penampakan ilahi). Ia berkata kepada istrinya, “Engkau sangat beruntung, saya tidak.”
    [sunting]Kelahiran
    Pikiran itu sangat dalam tertanam di benaknya. Seiring berjalanya waktu ia memutuskan melakukan tapa agar dapat memperoleh darshan (penampakan ilahi) Dewa Shiva dan Dewi Parvathi. Ia memutuskan untuk pergi ke hutan dan melanjutkan pencarian spiritualnya. Walau Devagiriamma sedang hamil anak ketiga, karena kesetiannya ia memutuskan untuk ikut menemani suaminya. Dalam perjalanan ke hutan ia melahirkan seorang bayi laki-laki tepat di bawah pohon banyan pada hari Senin tanggal 28 September 1838 Masehi. Devagiriamma membungkus bayinya dengan sepotong kain sari, meninggalkannya dan pergi mengikuti suaminya ke hutan.[5]
    [sunting]Masa Kecil Sampai Dewasa

    Shirdi Baba bersandar di Masjid Dwarakamayi
    Ada seorang Sufi Fakir tinggal di desa sekitar hutan tersebut. Ia tidak mempunyai anak laki-laki. Ia menemukan bayi yang terbuang itu dan membawanya pulang. Ia senang karena merasa Allah telah memberikannya seorang bayi. Dari tahun 1838-1842 Masehi, anak itu tumbuh di rumah Fakir. Setelah Fakir meninggal, istrinya yang kemudian mengasuh anak lelaki itu. Shirdi Baba memiliki beberapa kebiasaan di masa kecilnya, ia akan pergi ke kuil Hindu dan berteriak, “Akulah Allah” dan “Allah Malik Hai” (Tuhanlah Yang Mahakuasa). Di sisi lain ia pergi ke Masjid, menangis dan berkata, ‘“Rama adalah Tuhan” dan “Shiva adalah Allah” Karena kelakuanya itu, pemeluk dari umat Hindu dan Muslim tersebut mengeluh kepada istri Fakir. Ia mengalami kesulitan mengasuh anak lelaki itu dengan benar. Ia kemudian membawa anaknya ke seorang terpelajar dan memiliki ashram yang bernama Venkusa. Dari tahun 1842-1851, anak lelaki itu diasuh oleh Venkusa. Ia mengasuhnya dengan kasih sayang dan perhatian. Hal tersebut membuat kecemburuan dan kedengkian pada penghuni lain yang juga tinggal di ashram Venkusa. Suatu hari ia pergi meninggalkan ashram dan mengembara dari satu tempat ke tempat lain selama beberapa tahun.
    [sunting]Pemberian Nama Sai
    Dalam pengembaraanya, ia sampai ke desa yang bernama Dhupkeda. Selama ia tinggal di sana, ada acara pernikahan di desa itu di rumah Chand Bhai Patel.[6] Bhagat Mahalsapati melihat keilahian Fakir muda itu dan menyambutnya dengan “Ya Sai” (Selamat Datang Sai). Orang-orang lainnya juga menyebutnya dengan nama Sai dan sejak itu dikenal dengan nama Sai Baba.[7] Nama “Sai Baba” merupakan kombinasi kata dari bahasa Persia dan India. Sāī (Sa’ih) dalam bahasa Persia merupakan sinonim dari kata Brahmajnani (bahasa Sanskerta) artinya orang yang telah mencapai Realisasi Diri. Sai juga dapat berarti Tuhan[8] Sedangkan Baba adalah kata dalam bahasa Indo-Arya yang merujuk pada sebutan hormat untuk bapak, kakek, orang yang dituakan. Nama Sai Baba merujuk pada makna “Bapa Suci”[9]
    Setelah mengikuti acara pernikahan itu, si Fakir muda mengembara ke Desa Shirdi pada tahun 1857. Ia tinggal di sana sampai ia wafat tahun 1918. Disana ia tinggal di Masjid Dwarakamayi. Di masjid tersebut ia mulai mengajar umat Hindu dan Muslim.
    [sunting]Mahasamadhi

    Makam Shirdi Baba
    Menjelang akhir hidupnya, Sai Baba dari Shirdi berpesan kepada bhakta kesayangnya Dixit, Abdullah dan Sarada Devi. Ia berpesan bahwa ia akan bereinkarnasi kembali 8 tahun setelah Mahasamadhi (meninggalkan tubuh fisiknya) di wilayah Andhra (India Selatan) dan ia akan berinkarnasi dengan nama yang sama, Sai Baba. Nama kesayangannya adalah Sathyam.[10]
    Sai Baba pun kemudian Mahasamadhi pada 15 Oktober, 1918 pukul 2:30 sore. Dia mengambil Mahasamadhi di pangkuan salah satu pengikutnya dan kemudian dimakamkan di “Booty Wada” sebagaimana keinginannya. Kemudian sebuah tempat suci dibangun di tempat itu dan kemudian dikenal sebagai Samadhi Mandir.[11] Hari saat Shirdi Baba mahasamadhi adalah hari yang sangat suci bagi umat Hindu dan bagi umat Islam dimana festival Hindu Dassera dan hari raya Muslim, Muharram telah datang pada hari yang sama. Ini juga merupakan tanda kebesarannya sebagaimana orang-orang percaya bahwa jiwa-jiwa mulia meninggalkan bumi pada beberapa hari suci datang sekaligus.
    [sunting]Penegasan Janji
    Setelah Shirdi Baba mahasamadhi, para pengikutnya merasa sangat sedih. Pengikut setianya yang bernama Abdullah sangat cemas dengan keadaan ini. Dia akan menghabiskan begitu banyak waktu di Samadhi Mandir dengan kesedihan. Suatu hari Shirdi Baba menampakkan dirinya secara fisik kepada Abdullah dan berkata: “Abdullah, samadhi mandir hanyalah untuk tubuh, tetapi siapa yang sebenarnya mampu memakamkan Aku? Aku bersifat kekal. Aku akan berinkarnasi di Andhra (India Selatan) setelah delapan tahun”. Setelah berkata seperti itu, Shirdi Baba kemudian menghilang. Dengan kata-kata tersebut Abdullah menjadi tenang.[12]
    [sunting]Ajaran

    Kisah hidup Shirdi Baba merupakan pesan-pesan ajaranya. Beberapa diantaranya adalah:
    Tauhid atau Advaita Vedanta
    Sejak kecil ia mengatakan “Rama adalah Tuhan” dan “Shiva adalah Allah”.Ia memberikan nasihat yang terus menerus kepada setiap orang : “Rama dan Rahim adalah satu dan sama, tidak ada satupun perbedaan di antara mereka, jadi mengapa para pemujanya menjadi terpisah dan bertengkar di antara mereka? Kalian rakyat bodoh, kanak-kanak, saling berpegangan tanganalah dan kumpulkan dua masyarakat itu bersama. Tuhan akan melindungi kalian”[13] Ia juga membiarkan ritual umat Hindu dan Islam di Masjid Dwarakamayi tempat dimana ia tinggal. Nasehatnya mengajarkanTauhid dalam Islam atau disebut Advaita Vedanta dalam Hindu yang berarti Keesaan Tuhan .
    Menyanyikan Nama Suci Tuhan
    Sai Baba mendorong pengikutnya untuk berdoa, menyanyikan nama-nama Tuhan yang manapun, membaca Al-Fatihah, mempelajari kitab suci Al-quran dan teks-teks Hindu seperti Ramayana, Wisnu Sahasranam (Seribu Nama Wishnu), Bhagavad Gita, Yoga Wasista[14][15] Kadang-kadang ia membaca Al-Fatihah sendiri, Baba juga senang mendengarkan moulu dan qawwali disertai dengan tabla dan sarangi dua kali sehari.[16]
    Pelayanan
    Beberapa kata-kata yang ia ucapkan kepada para bhaktanya adalah:
    “ “Tuhan pasti akan senang, kalau engkau memberikan air kepada yang haus, roti kepada yang lapar, pakaian kepada mereka yang telanjang dan berandamu kepada orang asing untuk duduk dan beristirahat. Jika seseorang meminta uang kepadamu dan engkau tidak ingin memberi, jangan berikan, tetapi jangan menghardiknya seperti anjing. Biarkan siapapun menjelekkan engkau, jangan membencinya dengan memberikan jawaban sengit apapun. Jika engkau selalu toleran dengan hal semacam itu engkau pasti akan bahagia.” [17] ”
    Ketidakterikatan
    Cara mengajar Shirdi Baba cukup unik dan eksentrik. Seperti gaya berpakaianya, ia memakai kafni sederhana, kusam dan robek, hal tersebut untuk mengajarkan ketidak terikatan kepada para pengikutnya. Ia kadang-kadang meminta sedekah kepada bhaktanya yang satu tetapi menolak menerima sedekah dari bhaktanya yang lain. Ia mengatakan meminta sedekah untuk mengambil keterikatan bhaktanya. Cara ia memberkati bhaktanya juga cukup unik, ia tak segan-segan mengatakan kepada bhaktanya: “Semoga kamu mati”, “kamu anjing”, “kamu keledai”. Saat ditanya tentang maknanya, ia berkata: “semoga kamu mati” berarti semoga seluruh keinginan, kemarahan dan keterikatanmu hancur. “kamu anjing” berarti semoga kamu memiliki iman, kepercayaan dan kesetiaan seperti anjing. “kamu keledai” berarti melayani tanpa mengharapkan penghormatan [18]
    Penghancuran Ego
    Suatu ketika seseorang datang ke Shirdi untuk memotret Shirdi Baba. Baba melihat mereka dan bertanya pada orang terdekatnya Mohan Shyam.”Shyam, kenapa mereka datang ke sini?” Shyam menjawab, “mereka datang untuk memotretmu”. Baba menjawab, “Tidak, tidak. Katakan pada mereka untuk tidak memotret-Ku. Tak mudah memotret-Ku. Dindingnya harus dihancurkan terlebih dahulu.” Maksud dari kata-katanya adalah, ia bukanlah tubuh dan ia adalah Parabrahman (Tuhan yang tak berwujud, tunggal, kekal abadi). Untuk bisa melihat atau “memotret” (mengenal) Parabrahman tidaklah mudah. Dinding ego (si aku) yang menghalanginya harus dihancurkan terlebih dahulu. [19]
    Shirdi Baba juga membuat dhuni (tempat pembakaran kayu) di Masjid Dwarakamayi yang menghasilkan udhi (abu suci), yang bermakna untuk bisa memasuki Rumah Tuhan, seseorang harus membakar egonya hingga hancur seperti abu.
    [sunting]Mukjizat Ilahi

    Kehidupan dan tingkah laku Sai Baba dari Shirdi cukup misterius, bahkan kadang-kadang orang terdekatnya tidak mengerti makna apa yang ia lakukan. Ia juga biasa melakukan mukjizat antara lain menyembuhkan wabah kolera dengan udhi-nya (abu suci), menyelamatkan para pengikutnya dari musibah, mengubah air menjadi minyak, ia mempunyai kemampuan memahami bahasa binatang, juga berbicara dalam berbagai bahasa.[20]
    Suatu ketika ada seorang anak bermain kelereng dengan Shirdi Baba kecil. Shirdi Baba kecil terus menang. Karena anak itu kehabisan kelereng, anak itu mengambil batu Saligram[21] emas (yang bentuknya mirip kelereng) di altar rumahnya. Baba menang lagi da ia mengambilnya. Anak itu marah dan meminta agar Baba mengembalikannya. Tetapi Baba tidak mau karena ia sudah memenangkannya. Sadar batu saligram untuk acara ritual ibadah hilang, Ibu pemilik batu saligram itu menanyakan hal tersebut pada anaknya. Mendengar batu saligramnya diambil oleh Shirdi Baba kecil, Ibu tersebut mencari lalu menarik telinga Shirdi Baba kecil agar mengembalikan batu saligram tersebut. Tetapi Shirdi Baba kecil malah menelannya. Ibu itu kemudian memaksa Shirdi Baba kecil agar membuka mulut. Dengan lugunya ia membuka mulut. Ibu itu terkejut melihat alam semesta berada di mulut Shirdi Baba.[22]
    Orang terdekatnya yang bernama Mohan Shyam, suatu ketika ia mengintip kegiatan Shirdi Baba di malam hari. Ia melihat Shirdi Baba berbicara sendiri dengan berbagai bahasa. Saat Mohan Shyam bertanya kenapa Shirdi Baba melakukan hal itu. Ia menjawab bahwa; “Umat-Ku yang Aku urus bukan hanya engkau saja, Aku sedang menjawab doa-doa umat manusia di seluruh dunia.”
    [sunting]Perkembangan Gerakan

    Samadhi Mandir saat ini
    Dalam perkembangannya, Sai Baba kemudian dianggap sebagai Pir oleh beberapa kelompok sufi. Meher Baba menyatakan Shirdi Baba sebagai Qutub-e-Irshad– yang tertinggi dari lima Qutub.[23]
    Baba juga dihormati oleh tokoh terkemuka dari Zoroastrianisme seperti Nanabhoy Palkhivala dan Homi Bhabha dan telah dianggap sebagai tokoh yang paling populer dari non-Zoroaster yang menarik perhatian umat Zoroaster.[24]
    Sai Baba dari Shirdi dianggap sebagai simbol pemersatu agama-agama dan umat manusia. Tempat suci dan organisasi untuk penghormatan Shirdi Baba kemudian didirikan tidak hanya di India bahkan meluas sampai Malaysia, Singapura, Australia dan Amerika Serikat.[25]
    [sunting]Lihat Pula

    Trinitas Avatar Sai
    Reinkarnasi Masa Depan Sai Baba dari Shirdi
    [sunting]Daftar Istilah

    Avatar/ Awatara
    sebutan untuk Keilahian yang muncul di dunia untuk menuntun umat manusia pada kebenaran, dalam sejarah agama-agama dunia biasa disebut sebagai Nabi, Rasul, Santo, ataupun seorang Buddha. Namun, jika Tuhan sendiri yang muncul kedunia secara fisik, Ia disebut sebagai Purna Avatar.
    Bhakta
    orang yang mengikuti jalan bhakti (devotion), penyembah Tuhan.
    Fakir
    Fakir atau Faqir (Arab: فقیر‎) (fəˈkɪə(r)) adalah seorang sufi, khususnya bagi yang mampu menunjukkan mukjizat[26]
    Mahasamadhi
    merupakan istilah yang digunakan apabila seorang Avatar “meninggalkan” dunia dan tubuh-Nya. Saat dimana Avatar kembali dalam wujud Nirguna Brahman (Tuhan yang tak berwujud dan tak bersifat)
    Saligram
    Batu suci, batu hitam kecil yang disucikan oleh para Vaishnava (pemuja Vishnu) untuk ritual pemujaan kepada Tuhan Vishnu.
    Udhi
    Abu suci yang dihasilkan dari tempat pembakaran kayu yang biasa di bagikan Shirdi Baba kepada pengikutnya
    [sunting]Rujukan dan Catatan Kaki

    ^ Dwaraka adalah nama tempat tinggal Awatara Sri Krishna
    ^ Jandhyala Venkateswara Sastry, Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharithra,SSBPT, India, hal. 59.
    ^ Jandhyala Venkateswara Sastry, Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharithra,SSBPT, India, hal. 60
    ^ Jandhyala Venkateswara Sastry, Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharithra,SSBPT, India, hal. 61
    ^ Jandhyala Venkateswara Sastry, Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharithra,SSBPT, India, hal. 62
    ^ Jandhyala Venkateswara Sastry, Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharithra,SSBPT, India, hal. 64
    ^ Govindrao Raghunath Dabholkar, Sri Sai Sathcaritra I, Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia, 2001, hal.33
    ^ A Comprehensive Life Sketch of Shree Shirdi Sai Baba, Puttaparthi, 2005, page 12
    ^ Rigopoulos, Antonio (1993). The Life and Teachings of Sai Baba of Shirdi. SUNY. pp. 3. ISBN 0-7914-1268-7.
    ^ Jandhyala Venkateswara Sastry, Tapovanam, Sri Sathya Sai Sathcharithra,SSBPT, India, hal. 64-66
    ^ A Comprehensive Life Sketch of Shree Shirdi Sai Baba, Puttaparthi, 2005, page 413
    ^ A Comprehensive Life Sketch of Shree Shirdi Sai Baba, Puttaparthi, 2005, page 416
    ^ Rama adalah nama Tuhan dalam Hindu dan Rahim adalah Nama Tuhan dalam Islam, Govindrao Raghunath Dabholkar, Sri Sai Sathcaritra I, Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia, 2001, hal.80
    ^ Warren, Marianne (1999). Unravelling The Enigma: Shirdi Sai Baba in the Light of Sufism. Sterling Publishers. pp. 29. ISBN 81-207-2147-0.
    ^ Dabholkar, Shri Sai Satcharita chapter 27, .http://www.saibaba.org/satcharitra/sai27.html
    ^ Warren, Marianne (1999). Unravelling The Enigma: Shirdi Sai Baba in the Light of Sufism. Sterling Publishers. p. 30. ISBN 81-207-2147-0
    ^ Govindrao Raghunath Dabholkar, Sri Sai Sathcaritra I, Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia, 2001, hal.136
    ^ A Comprehensive Life Sketch of Shree Shirdi Sai Baba, Puttaparthi, 2005, page 105
    ^ A Comprehensive Life Sketch of Shree Shirdi Sai Baba, Puttaparthi, 2005, page 292
    ^ Govindrao Raghunath Dabholkar, Sri Sai Sathcaritra I, Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia, 2001,hal. 39, 98-103, 115
    ^ Batu suci, batu hitam kecil yang disucikan oleh para Vaishnava (pemuja Vishnu) untuk ritual pemujaan kepada Tuhan Vishnu
    ^ A Comprehensive Life Sketch of Shree Shirdi Sai Baba, Puttaparthi, 2005, page 9
    ^ Kalchuri, Bhau: “Meher Prabhu: Lord Meher, The Biography of the Avatar of the Age, Meher Baba”, Manifestation, Inc. 1986. p. 64
    ^ Hinnels J. R. Zoroastrians Diaspora: religion and migration p. 109
    ^ Brady R., Coward H. G., Hinnels J. H. “The South Asian Religious Diaspora in Britain, Canada, and the United States” p. 93
    ^ God Speaks, Meher Baba, Dodd Meade, 1955, 2nd Ed. p. 305
    [sunting]Bacaan Lebih Lanjut

    Arulneyam, Durai, The Gospel of Shri Shirdi Sai Baba. A Holy Spiritual Path, New Delhi, Sterling, 2008. ISBN 978-81-207-3997-0
    Bharadwaja, Acharya, Sai Baba the Master, Andhra Pradesh, Sree Guru Paduka Publications, 1996
    Dabholkar, Govindrao Raghunath (alias Hemadpant) Shri Sai Satcharita Shri Sai Baba Sansthan Shirdi, (translated from Marathi into English by Nagesh V. Gunaji in 1944) available online or downloadable
    Dabholkar, Govind Raghunath “Shri Sai satcharita : the life and teachings of Shirdi Sai Baba” (1999)
    Hoiberg, D. & Ramchandani, I.; Sai Baba of Shirdi, in: Students’ Britannica India. Page available online
    Kamath, M.V. & Kher, V.B., Sai Baba of Shirdi: A Unique Saint, India: Jaico Publishing House (1997). ISBN 81-7224-030-9
    Osborne, Arthur, The Incredible Sai Baba. The Life and Miracles of a Modern-day Saint, Hyderabad, Orient Longman, 1957.
    Panday, Balkrishna, Sai Baba’s 261 Leelas. A Treasure House of Miracles, New Delhi, Sterling, 2004. ISBN 81-207-2727-4
    Parthasarathy, Rangaswami, God Who Walked on Earth. The Life and Times of Shirdi Sai Baba, New Delhi, Sterling, 1996. ISBN 81-207-1809-7
    Rigopoulos, Antonio The Life and Teachings of Sai Baba of Shirdi State University of New York press, Albany, (1993) ISBN 0-7914-1268-7
    Ruhela, S. P. (ed), What Researchers Say about Sri Shirdi Sai Baba, Faridabad, Sai Age Publications, 1994.
    Shepherd, Kevin R. D. Gurus Rediscovered: Biographies of Sai Baba of Shirdi and Upasni Maharaj of Sakori, Cambridge: Anthropographia Publications, 1985.
    Shepherd, Kevin R. D. Investigating the Sai Baba Movement: A Clarification of Misrepresented Saints and Opportunism, Dorchester: Citizen Initiative, 2005.
    Venkataraman, Krishnaswamy, Shirdi Stories, Srishti Publishers, New Delhi, 2002. ISBN 81-87075-84-8
    Warren, Marianne, Unravelling the Enigma. Shirdi Sai Baba in the Light of Sufism, Revised edition, New Delhi, Sterling Publishing, 2004. ISBN 81-207-2147-0
    White, Charles S. J. The Sai Baba Movement: Approaches to the Study of India Saints in Journal of Asian Studies, Vol. 31, No. 4 (Aug., 1972), pp. 863–878
    Williams, Alison, Experiencing Sai Baba’s Shirdi. A Guide, revised edition, Shirdi, Saipatham Publications. 2004 ISBN 81-88560-00-6
    [sunting]Pranala Luar

    [sunting]Situs Resmi Organisasi Sai
    Situs Resmi Organisasi Sri Sathya Sai Internasional
    Situs Resmi Sri Sathya Sai Central Trust, India
    Sri Sathya Sai Books and Publications Trust, India
    Peta Shirdi Baba Mandir, Desa Shirdi, Distrik Ahmednagar, Maharashtra, India.
    Radio Sai Global Harmony
    SaiCast – Video Sathya Sai Baba
    Situs Resmi Organisasi Sri Sathya Sai Indonesia
    Situs Resmi Organisasi Sri Sathya Sai Indonesia
    Wacana Harian Sathya Sai Baba (bahasa Indonesia)
    Kegiatan Pelayanan Organisasi Sai di Indonesia
    Forum diskusi Pemuda Sai, Indonesia

  48. jangan melebihi kepintaran Tuhan sadarilah kita ini manusia biasa namun Tuhan menanti kita di duniaNya….menjadi satu dan menyatu Om Sai Ram

  49. Setiap orang di dunia yang menyatakan dirinya ” TUHAN ” itu dia DAJJAL ?????
    Begitu juga yang menyatakan dirinya Nabi ” pada masa moderen saat ini itu anak buah Dajjal.
    begitupun yang merobah ajaran Agama Islam dari dasar : itu ulamanya Dajjal.
    apakah anda memiliki hal-hal tersebu ??????? jadi termasuk di dalam pengikut Dajjal.

  50. Atas keyakinan dan opini saudara-saudara sangat kami hargai, kembali kepada kepercayaan kita bahwa ambil nilai positiv dari setiap kejadian yang terjadi dan keadaan yang ada. hilangkan praduga dan buruk sangka. apapun yang menjadi keyakinan kita krn kita punya landasan uang membuat kita percaya akan ajaran agama dan keanyataan. akhiri saja perselisihan ini krn itu akan memunculkan konflik. semoga kita slalu dalam lindungan ALLAH SWT.amin ya robbal alamin.

  51. REVISI #Apapun yang menjadi keyakinan kita krn kitapunya landasan YANG membuat kita percaya akan ajaran agama dan kenyataan. terima kasih

  52. “Fobia Dajjal”
    Kenapa kita mesti repot menebak2,,,Salah2 jadi Fitnah & Dosa,,,David Copperfield aja dibilang bersekutu dg Jin lah, Dajjal lah,,,Lama2, kok tuding-sana tuding sini.
    Yg benar, adalah, kenapa kita ribed & repot banget mengurusi hal2 begituan,,,Perkuat saja ibadah kita yg bener,,,Gitu aja kok Repot.

  53. Sai baba dah mate maka sai gudbai lah buat dia….tapi isunya akan muncul penggantinya yang bernama sai helo. Kalo ketemu ama dia bilang aja sai kian dulu ye…trus langsung cabooot….

  54. Hai, umat manusia
    Mengapa kalian memperdebatkan, Sai Baba begini, Sai Baba begitu. Ajaran agama yang benar adalah melahirkan manusia-manusia yang ber akhlak baik. Bukan orang-orang yang berakhlak buruk, bertabiat buruk !! Seperti, teroris, penjambret, pencopet, pelacur, anarkis, berperang sesama kelompok sendiri, cobalah MERENUNG, setiap saat. Sudah baiklah kelompok kalian ? JAWAB SENDIRI, kalau saja kita bisa melihat Tuhan, Tuhan pasti tersenyum penuh kasih, melihat umatnya penuh dengan iri, dengki, kesomobongan spiritual, dan keangkuhan,merasa paling baik di dunia PADAHAL ……. Setiap perkataan buruk tentang orang lain, apakah itu benar atau tidak adalah kiamat, bumerang bagi dirinya, tidak usah menunggu dajjal turun kiamat setiap hari datang, dari dalam perkataan buruk tentang orang lain.

    Oh Tuhan,
    Hentikanlah memberikan kami peringatan dahsyat, dengan tsunami, gunung meletus, banjir hebat, gempa hebat,lupur lapindo
    Kami sudah cukup MENDERITA
    Semoga bangsa kami BERTOBAT DENGAN KESOMBONGANNYA YANG MERASA PALING BENAR DIDUNIA
    Maafkan Tuhan kalau perbuatan dan kata-kata kami salah.

  55. Hai umat Islam mengapa masih percaya bahwa Nabi Isa akan dibangkitkan kembali untuk melawan dajjal? Itu hanya mitos.Mari buka surat QS. Ali Imran (3): 55 yg tafsiran nya berbunyi : Ketika Allah berfirman: “Hai Isa sesungguhnya Aku akan mewafatkanmu dan mengangkatmu kpd Ku serta membersihkan kamu dr orang2 yg kafir dan menjadikan orang2 yg mengikuti kamu di atas orang2 yg kafir higga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal2 yg selalu kamu berselisih padanya”. Banyak diantara kita hanya mempercayai kata ‘mengangkat’ nya saja padahal ada kata mewafatkan (mutawaffika) shg persepsinya bahwa Nabi Isa akan bangkit kembali. Dan di surat QS. Al-Anbya (21): 35 Allah berfirman bhw tiap2 yg berjiwa merasakan ‘mati’……….Karena Nabi Isa adalah manusia berarti dia juga (maaf) mati sama seperti Nabi2 yg lainnya. Sebagai keyakinan bahwa Nabi Isa tidak akan bangkit lg buka QS. Al-Ahzab (33):40 : Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki2 diantara kamu, tetapi dia adalah Rasululah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahu segala sesuatu. Perbaharuilah pandangan kita terhadap mitos2 yg menyesatkan kita. Mari kembali kepada Al Quran. Buang mitos2 yg hanya mengadu domba umat Islam. Carilah ilmu nya di Al-Quran bukan mendengar cerita yg disampaikan turun temurun. Wallahu a’lam bishshawab.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s