Asal usul “NUR MUHAMMAD”…?

Ada kemiripan faham “Nur Muhammad” dalam Tasawuf, “Firman” dalam Injil Yohanes, dan “Logos” dalam Filsafat Neo Platonisme.

Injil Yohanes 1 : 1-14 mengutip ajaran logos ini, menurut pengertian Heraklitus, Stoa dan Platonis, isi kalimatnya sebagai berikut :

“Maka awal pertama adalah logos dan logos itu bersama-sama dengan Allah. Logos juga Allah dan segala sesuatu dijadikan olehnya, segala suatu yang telah terjadi. Dan logos itu telah menjadi Manusia dan tinggal bersama kita”

KONSEP FILSAFAT YUNANI

Plato memberi Orpheus untuk mengatakan (Dalam Tim. I, 312.26 dan seterusnya, dan 324.14 dan seterusnya, rujuk Proclus ibid., halaman 168).

…bahwa segala sesuatu tercipta dalam Zeus, setelah penelanan Phanes, walaupun penyebab segala sesuatu dalam kosmos muncul terutamanya dan dalam bentuk bersatu di dalamnya (sc. Phanes), mereka muncul secara sekunder dan dalam bentuk tertentu dalam Demiurge. Matahari, bulan, langit sendiri, segala elemen, dan Eros yang menjadi penyatu – semuanya wujud sebagai satu kesatuan ‘yang bercampur bersama dalam perut Zeus’ (Orph. Dari 167b.7 Kern).

Orang Yunani, dari Parmenides, mengubah konsep itu kepada Monisme, yang menjadikan Yang Esa hadir. Namun Proclus menunjukkan bahwa konsep-konsep ini, khususnya Idea-idea yang berasal dari Kehendak Nous, mempunyai asal-usul mereka dalam Chaldean Oracles (Kata-kata Hikmah Kasdim) (dari 37 Des Places):

Intelek Nous terpancar, melahirkan dengan kehendaknya yang tidak lelah kepada
Idea-idea berbagai bentuk; dan mereka keluar melayang dari sumber tunggal ini
Karena ini adalah nasihat dan pencapaian Nous. Namun mereka dibagikan oleh api kebijaksanaan
dan disebarkan di kalangan makhluk-makhluk bijaksana yang lain. Karena tuan mereka telah meletakkan di hadapan kosmos berbagai bentuk ini satu model berakal yang kekal; dan kosmos berusaha sederhana untuk mengikuti jejak awalnya. Dan muncul dalam bentuk yang ia ada dan dipenuhi dengan berbagai jenis Idea. Untuk semua ini terdapat satu sumber, namun sementara mereka memecah keluar banyak yang lain telah berpecah dan tersebar melalui jasad-jasad kosmos, berkerumun seperti lebah sekitar ruangan-ruangan besar dunia, dan berputar-putar dalam berbagai arah. Idea-idea bijaksana ini, yang keluar dari sumber Nous, memegang pada kobaran api yang besar. Pada detik utama waktu yang tidak terhenti. Sumber Nous yang utama dan serba mencukupi ini telah memancar keluar Idea-idea generatif utama ini.

————————————————————-

KONSEP KRISTIANI

PADA MULANYA ADALAH FIRMAN ( Yohanes 1:1-14)

1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

2. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.

3. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

4. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

5. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. dst 6 s/d kita lewati.

6. Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes.

7. Ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.

8. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

9. Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

10. Ia telah ada di dunia, dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

11. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

12. Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.

13. orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

14. Firman itu telah menjadi manusia, diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai anak tunggal bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Berbeda dengan penulis-penulis Injil lainnya, Yohanes tidak memulai Injilnya dengan pengenalan langsung dari Yesus yang historis. Sebaliknya ia menuntun pembacanya kepada Firman (bahasa Yunani ‘LOGOS’), yang dipersamakan dengan Yesus pada akhir prolognya. Tak dapat disangkal, bahwa caranya menjurus kepada peristiwa-peristiwa historis ini, mempunyai pengaruh besar pada tafsiran keseluruhan kitab. Justru pengertian tentang arti “Firman” sebagaimana istilah ini dimengerti oleh pembaca pertama Injil ini penting sekali, sekalipun ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai pernyataan ini. Satu tumpuan pendapat yang kuat mempertahankan hubungan-hubungan ide itu dengan dunia pemikiran Yunani. ‘LOGOS’ adalah kata Yunani yang searti dengan “firman”, kadang-kadang ditulis ‘RHEMA’. Padanan kata Ibrani “DABAR”, berarti yang diucapkan maupun hal yang dikerjakan, atau suatu perkara. Dalam sastra Yohanes, ‘LOGOS’ menunjukkan Firman yang berpribadi. Istilah ‘LOGOS’ dipakai di kalangan para Stoa dalam menggambarkan prinsip budi ilahi ‘LOGOS SPERMATIKOS’ yang menyebabkan bertumbuhnya ciptaan alamiah. Ide ini lebih menyeluruh diperkembangkan selaku sesuatu yang berdiri sendiri dimana ide itu digunakan selaku alat melalui mana dunia diciptakan. Bahwa sebelum penciptaan, Firman telah ada. “Pada mulanya adalah Firman”, ‘EN ARKHE EN HO LOGOS’. Pernyataan Yohanes bahwa Firman itu adalah “hidup” (‘ZOE’) menyusul secara logis dari kegiatan kreatif-Nya. Pandangan tentang Firman selaku sumber hidup adalah asasi bagi Injil ini, karena Yohanes menyatakan tujuannya: agar pembaca memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Pada mulanya, sebelum dunia dijadikan, Firman sudah ada. Firman ada bersama Allah dan Firman sama dengan Allah. Sejak semula ia bersama Allah. Segalanya dijadikan melalui Dia, dan dari segala yang ada, tak satupun dijadikan tanpa Dia. ( Injil Johanes : 1 : 1-3)

—————————————————————————–

KONSEP TASAWUF (YANG KELIRU) DALAM ISLAM

Sebelum dunia dijadikan Nur Muhammad sudah ada, segalanya dijadikan melalui Nur Muhammad, Segalanya dijadikan melaui Dia, dari segala yang ada, tak satupun dijadikan tanpa Dia. (Kitab Daqoiqul Akbar – Al Imam Abdurrahman bin Ahmad Qodhi)

Bandingkan dengan Hadits-hadits palsu ( مَوْ ضُوْع ) dan Hadits yang tidak jelas asal usulnya ( لاَ اَصْلَ لَهُ ) di bawah ini !

إِنَّ اللهَ خَلَقَ رُوْحَ النَّبِي صَلىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ زَاتِهِ وَ خَلَقَ العَا لَمَ بِأَسْرِهِ مِنْ رُوْحِ محُمَّدٍ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّم

“Bahwa Allah menjadikan Ruh Nabi Muhammad ( Nur Muhammad ) daripada Dzat-Nya. Dan dijadikan Alam seluruhnya dari pada Ruh Nabi Muhammad (Nur Muhammad)” ( Al Hadits, bagaimana Matan dan Sanadnya ? )

خَلَقْتُ الأَ شْيَاءَ ِلأَجْلِكَ وَخلَقْتُكَ ِلأَجْلِى

“Aku jadikan sesuatu adalah karenamu ya Muhammad, dan aku jadikan kamu adalah aku”

أَنَا مِنَ اللهِ وَالمُؤْمِنُوْنَ مِنِّى

“Aku yang pertama dijadikan, (yakni Nur Muhammad), dan sekalian mu’min adalah daripadaku”

اَوَّلُ مَا خَلَقَ اللهُ نُوْرُ نَبِيِّكَ ياَ جَابْر

” Pertama yang dijadikan Allah adalah Cahaya Nabimu (Nur Muhammad), Wahai Jabir “

خَلَقْتُ نُوْرَ مُحَمَّدٍ إِثْنَى اَلْفِيْنَ سَنَةٍ قَبْلَ خَلَقْتُ آ دَمَ

“Kujadikan Nur Muhammad 2000 tahun sebelum kujadikan Adam”

اِنَّ اللهَ قَبَضَ قَبْضَةً مِنْ نُوْرِهِ فَقَالَ لَهَا : كُوْنِي مُحَمَّدًا

“Sesungguhnya Allah menggenggam segenggam cahaya, lalu berfirman, Jadilah engkau Muhammad” !

لمَاَّ اقْتَرَفَ آدَمُ الْخَطِيْئَةَ قَالَ : يَا رَبِّ أَسْاءَ لُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدِ لِمَا غَفَرْ تَ لِي

“Ketika Adam melakukan kesalahan, dia berkata, Wahai Tuhanku, aku memohon kepadaMu dengan hak Muhammad untuk mengampuniku”

Coba anda bandingkan Kata Sabda, Firman, atau Logos dengan Nur Muhammad di atas !

——————————————————————————————–

PANDANGAN ISLAM YANG SEBENARNYA

Bahwa hanya Malaikat yang diciptakan dari “Nur”, sedangkan manusia di ciptakan asalnya adalah dari “Tanah”. Apakah Nabi Muhammad termasuk Malaikat ? Padahal Nabi dilahirkan seperti manusia biasa. Maka Allah menyuruh Nabi Muhammad mengatakan :

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ

Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa Sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa”. (QS. Al Kahfi : 110)

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi’ dan Abdu bin Humaid, berkata Abdu: Telah mengkhabarkan kepada kami, sedangkan Ibnu Rafi’ berkata: Telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengkhabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhri dari Urwah dari Aisyah berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “

Malaikat diciptakan dari cahaya (nur), Jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.” (HR. Muslim No. 5314)

Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. [QS. Ali Imron :59]

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. [QS. Al A'raf :54]

Hadits palsu tersebut juga bertentangan dengan sabda Nabi :

إن أول ما خلق الله تعالى القلم، فقال له: اكتب، فجرى في تلك الساعة بما هو كائن إلى يوم القيامة

“Sesungguhnya, pertama-tama yang diciptakan Allah Ta’ala adalah qalam (pena), lalu Allah berfirman kepadanya : Tulislah ! Maka ditulislah pada saat itu apa yang terjadi sampai hari kiamat.” (HR. Ahmad)

“Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah PENA (qalam), dan Allah memerintahkannya untuk menulis segala sesuatu yang akan terjadi”. (HR. Abu ya’la 1/123, Baihaqi dalam Asma’ was Shifat hal. 271)

Silahkan dibaca juga link ini :
http://pustakaimamsyafii.com/perjalanan-nur-muhammad.html

Wallahu ‘alam.

100 thoughts on “Asal usul “NUR MUHAMMAD”…?

  1. FAHAM NUR MUHAMMAD YG DIMAKSUD SEBENARNYA BKN GT SEPERTI YG @ PA SEBUTKAN, DIA DPT INFO DARI MANA MIRIP SEPERTI KETERANGAN DIATAS..???
    PADAHAL SEBELUM DI JADIKAN NABI ADAM A.S NUR MUHAMMAD SDH ADA, BERBENTUK NUR SEPERTI BURUNG NURI…LALU YG MANA KATANYA KONSEP KRISTIANI..???? NI JELAS FITNAH…HAHAHA BILANG AJA BHWA TASAWWUF ATAU UMAT ISLAM NI GAK BENER SEMUA, LOE YG BENER SENDIRI..!!!!

    GAK ADA ULAMA WAHABI YG DITERIMA DI NEGARA INI, DAN MASUK DLM MUI…..

  2. Kalau memang nabi muhamad manusia kenapa dia juga jadi nabinya jin. Padahal ada ayat “laqod jaakum rosulun min anfusikum”, jadi muhamad itu jin atau manusia yg katanya tercipta dari tanah, kalo muhamad jin dari api. Hayo?

    • ayat At-taubah 128 bukan dalil bahwa ada rasul dari bangsa jin melainkan menjelaskan bahwa ada rasul dari bangsa arab yang diutus untuk seluruh bangsa didunia ini yang nasabnya mereka kenal dengan baik.
      Sebagian mufassir menafsirkan perkataan “rasulun min anfusikum” dengan hadis:Bersabda Rasulullah saw.: “Sesungguhnya Allah telah memilih Bani Kinanah dari keturunan Ismail, dan memilih suku Quraisy dari Bani Kinanah, dan memilih Bani Hasyim dari suku Quraisy, dan Allah telah memilihku dari Bani Hasyim.”(H.R. Muslim dan Tirmizi ) Dari ayat dan hadis di atas dapat dipahami tentang kesucian keturunan Muhammad saw. yang berasal dari suku-suku pilihan dari suku-suku bangsa Arab. Dan orang-orang Arab mengetahui benar tentang hal ini. Nabi Muhammad saw. berasal dari keturunan orang-orang yang baik dan terhormat mempunyai sifat-sifat yang tinggi dan agung.

      jadi muhamad itu jin atau manusia yg katanya tercipta dari tanah, kalo muhamad jin dari api. Hayo?

      rasulullah Muhammad adalah manusia yang terbuat dari unsur tanah dan muhammad bukan jin

  3. ……..ibarat asal manusia adalh monyet. Suatu tesis yg tak masok diakal.
    Maka aku bertanya.. yang diduluin antara Pena(Benda) atau Qalam(marifah)..???.

    Aku bertanya lagi…. apakah pengertian Qalamullaah?.

    manusia hari ini terlalu berakal. Tapi sayangnya malas berfikir. Bila terantuk sakit, segala nya ‘boleh’ atau ‘bisa’. Udah sihat mula lupa Qalamullaah.

  4. Gini setau saya dalam filsafat yunani logos bukan tuhan cahaya, tapi tuhan “akal pengetahuan” atau arabnya al alimun. Tuhan cahaya dalam filsafat yunani apolo atau anuari atau annur. Bukankah tuhan kita bernama annur.

    • yang bilang logos tuhan cahaya itu siapa mas mas?.. konsep firman dalam injil mirip dengan konsep logos dalam filsafat yunani.. juga mirip nur muhammad dalam konsep tasawuf.

  5. Jadi logos gak ada kaitannya dg cahaya mulia atau nur muhamad. :) dalami dulu filsafat yunani jangan asal njeplak

  6. Yo jelas ngawur, logos kok dimiripin nurmuhamad. Yang betul logos atau firman (menurutmu) mungkin mirip firman tuhan KUN maka YAKUN. dialah awal mula. Gituya. Jadi yg dicipta pertama firman atau kun ya maksudnya.

    • Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. [QS. Ali Imron :59] kun fayakun artinya segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah.
      kayaknya mas paijo ini omdo aja..

  7. Ra mudeng ye, ngene lho. Alloh menciptakan pena ber FIRMAN kun GAK? Jadi yg pertama diciptakan pena atau firman kun? Jd yg benar?

  8. inilah gayanya yg pandai cuba memandai-mandai. Tiada yang dapat dipersoalkan. Kalau Islam tak perlu diremehkan lagi. Sudah tahu, sudah belajar dan sudah faham diamalkan sahaja.

    hukum berdiskusi lebeh panjang dari hukum amalannya. Nonsense. seharusnya ditutup saja blog ini.

    Seharusnya memerangi kejahilan bukan pendapatnya.
    Masha’allaah.

  9. Lah kita bicara firman bukan quran. Idza aroda syaian an yaqula lahu KUN. Ini masalah siapa mahluk pertama tho? Jd dahulu FIRMAN tuhan “KUN” ATAU PENA?

    • Ini masalah siapa (MAKHLUK) pertama tho? Jd dahulu FIRMAN tuhan “KUN” ATAU PENA?
      capek deh ngmong sama kamu?… itu siapa yang bilang yang didalam kurung.

  10. Kata “Kun” termasuk firman bukan. Alhawadits fahuwa makhluk (hal sesudah tuhan adalah mahluk). Wa huwa mukholafatu lilhawadits (dan tuhan berbeda dg yg baru). Jadi firman “kun” itu makhluq. Jadi bedakan dong. Ini bukan masalah firman KUN bukan firman yg termaktub dalam quran.

    • “Lah kita bicara firman bukan quran. (Idza aroda syaian an yaqula lahu KUN)” ini anda mengambil kata KUN dari mana kalau bukan dari firman Allah dalam Al qur’an.. muter2 gak jelas..

    • Allah = kekal dan bukan ciptaan
      Kalam Allah = kekal dan bukan ciptaan
      Bukan ciptaan = bukan makhluk
      para ulama ahlussunah sepakat bahwa yang mengatakan kalam Allah adalah makhluk adalah kufur!
      paijo mengatakan kalam Allah adalah makhluk = bukan ahlussunah
      bukan ahlussunah = ahli bid’ah
      ahli bid’ah = sesat
      sesat = masuk neraka

      mengatakan kalam Allah adalah makhluk = kafir (FATWA IMAM 4 MAHZAB)
      Paijo mengatakan kalam Allah adalah makhluk berarti paijo KA FA RO

  11. Haiyah, kata kun itu bukan quran dudul ? Ayat itukan cuma dalil bahwa tuhan ketika hendak mencipta berfirman dg kun, bukan dg kitab quran. Mesti cinta ada di bukumu, bukan berarti cinta itu buku. Bedakan dong. Jadi makhluk yg diciptakan tuhan pertama adalah FIRMAN yaitu KUN.

    • Haiyah, kata kun itu bukan quran dudul

      justru firman Kun adalah bagian dari ayat Al_Qur’an dudul!

      bagian berarti terdiri dari susunan, susunan berarti membentuk

      firman Allah “kun” adalah bagian yang tersusun dari firman Allah yang membentuk ayat dari Al-Qur’an berbarti kata” kun” adalah Al-Qur’an !

      jangan anda coba bermain logika jika anda tidak paham ilmunya, anda akan kena batunya ! jika anda tidak paham ilmunya anda akan bingung sendiri ketika bingung sendiri anda akan ragu ketika ragu lepas keimanan anda ketika lepas keimanan berarti ………… ?

  12. Oh jadi muhamad manusia? Kok dia juga jadi nabi buat jin. Kata ‘nafs’ jelas jenismu. Karena jin mengakui muhamad nabi alloh dan beriman pada quran (surat jin) maka muhamad adalah nabiyul jin wal ins.
    Thanks.

  13. Hehehe. Kalam kok bukan makhluk jadi kalam apa dong tuhan, coba di nalar. Masa tuhan sama dg kalamnya ini sama dg menyekutukan tuhan. Syirik. Bahwa kalam adalah hal baru yg keluar setelah alloh itu ada, maka hal baru dinamakan hawadits, dan yg hawadits itu makhluq, dan alloh mukholafatu lil hawadits.
    Kemudian jika kalam kekal kenapa ada kiamat?. Misal tuhan berfirman, kun, maka dunia yakun. Jika kalam kekal dunia tetap yakun karena kalam kun kekal. Ini bertentangan dg keimanan kita bahwa dunia tidak kekal. Tapi jika kun kekal maka dunia akan tetap ada, jadi tdk ada kiamat. Bagaimana pemikiran anda ini.

    • Masa tuhan sama dg kalamnya ini sama dg menyekutukan tuhan

      coba dinalar apakah bisa disamakan jika anda mengatakan “jadi” maka kalimat jadi itu sederajat dengan anda ?
      anda tersusun dari berbagai macam unsur , anda punya tangan, kaki, kepala dll sedangkan ucapan anda tidak ? maka kalimat anda tentu tidak tersusun berbagai macam unsur seperti anda maka tentu tidak bisa disamakan ?

      Kemudian jika kalam kekal kenapa ada kiamat?Misal tuhan berfirman, kun, maka dunia yakun. Jika kalam kekal dunia tetap yakun karena kalam kun kekal. Ini bertentangan dg keimanan kita bahwa dunia tidak kekal. Tapi jika kun kekal maka dunia akan tetap ada, jadi tdk ada kiamat.

      Secara harfiah kalam berarti perkataan, perkataan Allah adalah kekal, sebab Allah menyampaikan ilmu-Nya melalui kalam-Nya! jsedangkan dunia dan seisinya bukan kalam melainkan mahkluk, makhluk berbeda dengan khaliq maka tidak kekal ada saatnya hancur (kiamat)

  14. Hmm padahal jawaban anda ini menyetujui isi injil di atas bahwa firman bersama tuhan, firman ya tuhan sendiri. Haha.

  15. Hmm padahal jawaban anda ini menyetujui isi injil di atas bahwa firman bersama tuhan, firman ya tuhan sendiri. Haha. Anda berkata “kalam tuhan (firman) = kekal, jd bukan mahluk trus apa?”.
    Haiyah, masih berkata KUN itu quran. Parah. Aku menulis kisah cinta di dalam buku, tapi buku bukanlah cinta”. “aku menulis pergilah di buku ini, tapi kata pergilah bukan buku ini”.
    Saya tidak pernah bingung tuhanku. Karena tiada makhluk yg menyamainya bahkan kalamnya.

    • kalam Allah adalah qadim (terdahulu) dan azali. Oleh karena itu, kalam Allah adalah abadi. apakah kalam itu?

      Kalam adalah SIFAT Allah karena itu dikatakan qadim dan azali. sesuatu yang exist walau sedetik setelahnya adalah muhdats (baru). Artinya apa apa yang dicipta atau exist setelah Allah adalah BUKAN Allah.

    • Hmm padahal jawaban anda ini menyetujui isi injil di atas bahwa firman bersama tuhan, firman ya tuhan sendiri. Haha

      firman Tuhan BUKAN Tuhan !
      Jika firman tuhan dikatakan tuhan, maka bagaimana ia mencipta??
      Jika firman Tuhan dikatakan makhluq, maka bagaimana ia dicipta??

  16. Dimisalkan kalam adalah perkataanku, apakah perkataan itu lbh qodim dari aku. Apakah kalam lebih azali dari aku, perkataan atau qoulku hadir krn kubuat ada, jd ia hawadits bukan qodim, krn aku lbh dulu ada dari suaraku..
    Hahaha salah. Anda kali nasrani karena setuju firman = allah = kekal.
    Udah kalo syirik menyekutukan tuhan dg kalam ngaku aja.

    • “”Dimisalkan kalam adalah perkataanku, apakah perkataan itu lbh qodim dari aku. Apakah kalam lebih azali dari aku””

      jangan samakan “kalam allah” dgn perkataan anda sebagai mahluq allah

      “kalam allah” adalah mutlak qodim dan perkataan mahluk tdk !

    • Hahaha salah. Anda kali nasrani karena setuju firman = allah = kekal.
      Udah kalo syirik menyekutukan tuhan dg kalam ngaku aja..

      keabadian (kekal) juga ada dari makhluk ciptaan Allah yaitu surga dan neraka dengan semua makhluk didalamnya (dengan maisyah Allah) dan ini bukan syirik menyekutukan Allah sebab ada dalinya :

      Dari hadits Bukhari menjelaskan “Allah memasukkan penghuni surga ke surga dan penghuni neraka ke neraka. Kemudian bangkitlah seorang muadzin (orang yang berseru) di antara mereka sembari berseru, ‘Hai penduduk surga, tidak ada kematian (di surga)! Hai penduduk neraka, tidak ada kematian (di neraka), masing-masing kekal di dalamnya!”

      rasulullah juga menjelaskan dalam hadits shahih : “Kelak maut akan didatangkan pada hari kiamat, lalu ia berhenti di atas jembatan (shirat). Maka dipanggillah penghuni surga, ‘Hai penghuni surga!’ Mereka pun nampak ketakutan untuk keluar dari tempat mereka sekarang. Lalu dipanggillah penghuni neraka, ‘Hai penghuni neraka!’ Mereka pun muncul kegirangan dan riang gembira keluar dari tempat mereka sekarang. Lantas ditanyakanlah kepada mereka, ‘Tahukah kalian siapa ini?’ Mereka menjawab, ‘Ya, kematian!’ Selanjutnya sang kematian pun diikat dan disembelih di atas jembatan (shirath). Kemudian dikatakanlah kepada masing-masing kelompok, ‘Kekallah di dalam apa-apa yang kalian temukan, tidak akan ada kematian lagi di dalamnya selama-lamanya!’ (Ibnu Hibbandan Ahmad )

      logika sederhana :) kekekalan makhluk tidak bisa dikatakan makhluk = Allah sebab kekekalan makhluk adalah sesuai dengan kehendak Allah (sedang Allah tidak pernah ingkar janji) dan Allah tiadak sama dengan makhluk-nya
      Walam yakul lahu kufuan Ahad Tiada seorang pun yg menyerupai / setara denganNya
      Jika anda belum mengenal Islam jangan mudah mengatakan syirik, yang justru syirik adalah mengatakan tuhan itu 3 dalam paham kristen !

  17. Hahaha belum paham. Gini kalam (firman) adalah hal baru karena ia hadir setelah alloh ada. Kalam sangan bergantung adanya alloh, tanpa alloh kalam tdk ada. Artinya segala yg bergantung adanya alloh adalah makhluk. Jadi kalam bukan qodim atau azali karena ia hadir setelah alloh ada. Jadi termasuk hal baru.
    Tentang kalam sifat itu bukan bermakna firman, tapi yg berbicara. Bisa baca komenku di ruqyah stroke tentang kalam (kalamun) sifat ini.
    Jadi apakah masih syirik menyekutukan tuhan dg qoulnya (kalam/firman)

  18. Jelas hadits itu bertentangan dg firman tuhan, laisa kamisluhu syai in. Kalau hadits bertentangan dg quran adalah hadits mursal maudlu atau palsu. Bagaimana mungkin tuhan kekal disamai kekalnya oleh makhluk, itu pendapat apa. Kalo tuhan kekal berarti tiada yg kekal selain tuhan. Pada laisa kamisluhu syai in. Dan dia mukholafatu lil hawadits. Jika anda ada yg kekal selain tuhan maka syirik.

    • kekekalan makhluk tidak bisa dikatakan makhluk = Allah sebab kekekalan makhluk adalah sesuai dengan kehendak Allah (sedang Allah tidak pernah ingkar janji) dan Allah tetap tidak sama dengan makhluk-nya
      Walam yakul lahu kufuan Ahad ! Tiada seorang pun yg menyerupai / setara denganNya

    • Bagaimana mungkin tuhan kekal disamai kekalnya oleh makhluk, itu pendapat apa. Kalo tuhan kekal berarti tiada yg kekal selain tuhan.

      Siapa bilang ada redaksi saya mengatakan kekal Allah disamai dengan kekalnya makhluk ? BEDA JAUH !
      ALLAH ITU KEKAL TANPA ADA YANG MENGEKALKAN, DAN ADA TANPA YANG MENGADAKAN. SEDANGKAN MAKHLUK ALLAH YANG KEKAL SEPERTI MANUSIA, SURGA, NERAKA KEKAL DIKARENAKAN DIKEKALKAN OLEH ALLAH.

      Kekalnya Allah tidak = kekalnya makhluk.. tidak bertentangan dengan Laisa kamitslihi syai’un dan Walamyaqullahuukufuwan ahad

    • Mengatakan ada hadits shahih yang bertentangan dengan Al-Qur’an adalah kesalahan yang sangat fatal. Sebab tidak mungkin Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang diutus oleh Allah memberikan keterangan yang bertentangan dengan keterangan Allah yang mengutus beliau. Dari segi riwayat/sanad, hadits di atas sudah tidak terbantahkan lagi ke-shahih-annya (bukhari muslim).

      Konteks makna :Laisa kamitslihi syai’un yang harus anda pahami adalah bahwa di dalam Alqur’an, walau terdapat nama-nama/sifat-sifat yang disandang Allah dan disandang juga oleh manusia, namun terdapat penegasan Allah bahwa Laisa Ka mitslihi Syai (tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan serupa-Nya (QS. asy-Syura 42:11). Yakni, yang serupa dengan serupa-Nya pun tidak ada, apalagi yang serupa dengan-Nya. Maka semua sifat dan nama yang disandang oleh makhluk harus difahami bahwa itu hanya persamaan nama, bukan persamaan substansi.

      Allah, misalnya dengan sebutan ‘Alim (Maha mengtetahui), manusia pun menyandang sifat ini (QS. asy-Syu’ara 26:37). Namun demikian, pengetahuan manusia tidak mungkin dipersamakan dengan pengetahuan Allah. Atas dasar itu, para ulama menyatakan bahwa kekalnya surga dan neraka atau penghuninya, tidak sama dengan kekekalan Allah. Kekalnya mereka diartikan lamanya waktu yang tidak terganmbar dalam benak manusia. Tentu Saudara juga menyadari bahwa surga, neraka, dan penghuni-penghuninya, satu ketika pernah tiada. Berbeda dengan Allah yang tidak pernah mengalami ketiadaan.

      Saya mengatakan kekalnya Allah tidak = dengan kekalnya Makhluk namun anda dengan kerasnya tetap hendak mengatakan saya menganggap kekalnya Allah = kekalnya makhluk :) terserah anda yang terpenting bukan kita yang menjadi juri siapa diantara kita hujjahnya yang paling shahih :) para pengunjunglah yang akan menilainya! yang pasti saya menegaskan KEKALNYA ALLAH TIDAK = KEKALNYA MAKHLUK

    • Mengatakan ada hadits shahih yang bertentangan dengan Al-Qur’an adalah kesalahan yang sangat fatal. Sebab tidak mungkin Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang diutus oleh Allah memberikan keterangan yang bertentangan dengan keterangan Allah yang mengutus beliau. Dari segi riwayat/sanad, hadits di atas sudah tidak terbantahkan lagi ke-shahih-annya (bukhari muslim).

      Konteks makna :Laisa kamitslihi syai’un yang harus anda pahami adalah bahwa di dalam Alqur’an, walau terdapat nama-nama/sifat-sifat yang disandang Allah dan disandang juga oleh manusia, namun terdapat penegasan Allah bahwa Laisa Ka mitslihi Syai (tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan serupa-Nya (QS. asy-Syura 42:11). Yakni, yang serupa dengan serupa-Nya pun tidak ada, apalagi yang serupa dengan-Nya. Maka semua sifat dan nama yang disandang oleh makhluk harus difahami bahwa itu hanya persamaan nama, bukan persamaan substansi.

      Allah, misalnya dengan sebutan ‘Alim (Maha mengtetahui), manusia pun menyandang sifat ini (QS. asy-Syu’ara 26:37). Namun demikian, pengetahuan manusia tidak mungkin dipersamakan dengan pengetahuan Allah. Atas dasar itu, para ulama menyatakan bahwa kekalnya surga dan neraka atau penghuninya, tidak sama dengan kekekalan Allah. Kekalnya mereka diartikan lamanya waktu yang tidak terganmbar dalam benak manusia. Tentu Saudara juga menyadari bahwa surga, neraka, dan penghuni-penghuninya, satu ketika pernah tiada. Berbeda dengan Allah yang tidak pernah mengalami ketiadaan.

      Saya mengatakan kekalnya Allah tidak = dengan kekalnya Makhluk namun anda dengan kerasnya tetap hendak mengatakan saya menganggap kekalnya Allah = kekalnya makhluk :) terserah anda yang terpenting bukan kita yang menjadi juri siapa diantara kita hujjahnya yang paling shahih :) para pengunjunglah yang akan menilainya! yang pasti saya menegaskan KEKALNYA ALLAH TIDAK = KEKALNYA MAKHLUK.

  19. Haha tetap saja mengganggap sama2 kekal baik mahluk dan tuhan. Kareka sama2 kekal kan katamu? Jadi sama.
    Jadi tiada yg kekal selain tuhan.
    Kalau tetap beranggapan ada yg kekal selain dia itu syirik, karena beranggapan ada yg kekal selain tuhan. Sekian.

  20. Syarat hadits sahih adalah tdk bertentangan dg quran, jika ada hadits distempeli sahih tapi bertentangan dg quran maka hadits itu mursal palsu di citrakan sahih.
    Yg namanya kekal ya tdk mungkin hilang, jadi tiada yg kekal dan tiada yg boleh disifati kekal selain tuhan. Dan tuhan tdk akan sama dr segi sifat dan wujud dg makhluq. Jika ada yg mengganggap kalam (firman KUN) kekal maka musrik.

    • kekalnya Allah tidak sama dengan kekalnya Makhluk !!

      maksudnya firman allah itu KEKAL dlm arti ALLAH TDK PERNAH INKAR AKAN FIRMANNYA
      contoh firman allah ttg adanya surga dan neraka adalah kekal !

  21. Bertauhid adalah meyakini yg kekal cuma satu yaitu tuhan saja. Dan makhluk atau kalam adalah hal yg baru hadir setelah tuhan jadi tidak kekal jika tetap dianggap kekal ketauhidannya gugur alias musrik.
    Soal janji tuhan bukan masuk kekal (albaqo) tapi al mu’id. Kata kun bukan janji karena itu irodah tuhan sendiri artinya tuhan tdk pernah menjanjikan apapun ketika berfirman KUN.

  22. Haha ngaku aja gak punya dalil kalo kalam kekal :-D. Ulama mana pasti ulama yg qoulnya batil. Ulama jumhur tdk mengakui ada yg kekal (baqo) selain tuhan.

    • Anda ini pemahamannya saangat sempit, anda tidak tahu Al_Qur’an juga menjelaskan kekekalan makhuk ciptaan Allah dan anda tidak tahu pembagian kekal yang dimaksud dalam Al_Qur’an dan sunnah!

      Baqo artinya kekal, lawannya fana artinya rusak ( binasa ).
      Semua mahluk yang ada di alam semesta ini, baik itu manusia binatang, tumbuhan ,planet, bintang , bulan dan lainnya, suatu saat akan mengalami kerusakan dan akhirnya mengalami kehancuran.
      Adapun hakikat Baqo’ itu menafikan adanya kesudahan bagi wujudnya, yakni tiada kesudahan.
      Lawan Baqo’ adalah fana ( binasa ) yaitu tiada di terima oleh akal dikatakan Allah swt itu binasa, jikalau Allah swt binasa, maka wujudnya adalah wujud yang baru, apa bila Allah itu baru tiadalah Allah bersifat Qidam (dahulu ). sekarang telah terdahulu baginya wajib bersifat Qidam (dahulu), maka menerimalah akal kita bahwa wajib bagi Allah tuhan sekalian alam bersifat baqo'(kekal) dan mustahil baginya binasa.
      Apapun wujudnya, seluruh ciptaan Allah swt di dunia ini akan mengalami kerusakan. Hanya Allah swt, sang pencipta, yang tidak akan rusak dan hancur, karena Allah swt bersifat kekal, sebagai mana firman Allah.

      “Semua yang ada di bumi itu akan binasa”‘ “Dan tetap kekal Zat tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemulyaan”. ( QS.AR-rahman, 55:26-27 )
      Allah swt senantiasa ada, kekal, dan tiada akhir(baqo’), pada hakikatnya ialah menfikan adanya kesudahan bagi wujud Allah swt, adapun yang kekal itu ada dua bagian:
      1- Kekal hakiki, yaitu zat dan sifat Allah swt.
      2- Kekal ardhi, yaitu kekal yang di yang di perbuat oleh Allah, menerima hukum binasa jika di binasakan Allah swt, karena ia kekal yang di yang di perbuat oleh Allah (sebagian dari pada mukminun), maka kekalnya itu dinamakan kekal ‘ardhi ,seperti ara,sy, luh mahfuz, qalam, kursi, ruh, syurga, neraka, jisim atau jasad para nabi dan rasul.
      dalil dari al-qur’an pun ada menyebutkan bahwa makhluk juga kekal :
      “Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS.Al-Baqoroh, 2:39)

      “Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. (QS. Al- Baqarah, 2:39)

      Perkara perkara tersebut kekal tatkala ia kekal dalam kekal perlakuan Allah swt, Dan takluk dengan qudrat dan irodat Allah swt pada yang di perbuat Allah swt. Segala jasad semuanya binasa melainkan ‘ajbu az-zanabi (tulang kecil yang letaknya di tulang ekor manusia, itulah benih anak adam ketika bangkit dari kubur kelak). jasad semua nabi-nabi dan jasad orang-orang syahid berjihahad fisabilillah adalah kekal ‘ardhi juga. Disini nyatalah perkara yang di maksudkan permulaan dan kesudahan itu terbagi jadi tiga bagian:
      1- Tiada permulaan dan tiada kesudahan yaitu zat dan sifat-sifat Allah swt.
      2- Ada permulaan tapi tiada kesudahan yaitu seperti arasy, luh mahfuz,syurga dan lain-lain.
      3- Ada permulaan dan ada kesudahan yaitu segala mahluk yang lain dari pada perkara di atas
      Pemakaiannya:maksud dalam hal ini adalah sesunguhnya Allah swt itu kekal, dan sesunguhnya kekal nya itu tidak ada penghabisan, dan sesunguhnya dia tidak akan lenyap sama sekali, dan tidak akan menemuinya ketidakadaan sesuatupun sepanjang waktu.

    • Baqo’ artinya kekal, lawannya fana artinya rusak ( binasa ).
      Semua mahluk yang ada di alam semesta ini, baik itu manusia binatang, tumbuhan ,planet, bintang , bulan dan lainnya, suatu saat akan mengalami kerusakan dan akhirnya mengalami kehancuran. Manusia betapapun gagah perkasa dirinya, suatu saat pasti mati.
      Adapun hakikat Baqo’ itu menafikan adanya kesudahan bagi wujudnya, yakni tiada kesudahan.
      Lawan Baqo’ adalah fana ( binasa ) yaitu tiada di terima oleh akal dikatakan Allah swt itu binasa, jikalau Allah swt binasa, maka wujudnya adalah wujud yang baru, apa bila Allah itu baru tiadalah Allah bersifat Qidam (dahulu ). sekarang telah terdahulu baginya wajib bersifat Qidam (dahulu), maka menerimalah akal kita bahwa wajib bagi Allah tuhan sekalian alam bersifat baqo'(kekal) dan mustahil baginya binasa.
      Apapun wujudnya, seluruh ciptaan Allah swt di dunia ini akan mengalami kerusakan. Hanya Allah swt, sang pencipta, yang tidak akan rusak dan hancur, karena Allah swt bersifat kekal, sebagai mana firman Allah.

      “Semua yang ada di bumi itu akan binasa”‘ “Dan tetap kekal Zat tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemulyaan”. ( QS.AR-rahman, 55:26-27 )
      Allah swt senantiasa ada, kekal, dan tiada akhir(baqo’), pada hakikatnya ialah menfikan adanya kesudahan bagi wujud Allah swt, adapu yang kekal itu ada dua bagian:
      1- Kekal hakiki, yaitu zat dan sifat Allah swt.
      2- Kekal ardhi, yaitu kekal yang di yang di perbuat oleh Allah, menerima hukum binasa jika di binasakan Allah swt, karena ia kekal yang di yang di perbuat oleh Allah (sebagian dari pada mukminun), maka kekalnya itu dinamakan kekal ‘ardhi ,seperti ara,sy, luh mahfuz, qalam, kursi, ruh, syurga, neraka, jisim atau jasad para nabi dan rasul.
      dalil dari al-qur’an pun ada menyebutkan bahwa makhluk juga kekal :
      “Adapun orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS.Al-Baqoroh, 2:39)

      “Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. (QS. Al- Baqarah, 2:39)

      Perkara perkara tersebut kekal tatkala ia kekal dalam kekal perlakuan Allah swt, Dan takluk dengan qudrat dan irodat Allah swt pada yang di perbuat Allah swt. Segala jasad semuanya binasa melainkan ‘ajbu az-zanabi (tulang kecil yang letaknya di tulang ekor manusia, itulah benih anak adam ketika bangkit dari kubur kelak). jasad semua nabi-nabi dan jasad orang-orang syahid berjihahad fisabilillah adalah kekal ‘ardhi juga. Disini nyatalah perkara yang di maksudkan permulaan dan kesudahan itu terbagi jadi tiga bagian:
      1- Tiada permulaan dan tiada kesudahan yaitu zat dan sifat-sifat Allah swt.
      2- Ada permulaan tapi tiada kesudahan yaitu seperti arasy, luh mahfuz,syurga dan lain-lain.
      3- Ada permulaan dan ada kesudahan yaitu segala mahluk yang lain dari pada perkara di atas
      Pemakaiannya:maksud dalam hal ini adalah sesunguhnya Allah swt itu kekal, dan sesunguhnya kekal nya itu tidak ada penghabisan, dan sesunguhnya dia tidak akan lenyap sama sekali, dan tidak akan menemuinya ketidakadaan sesuatupun sepanjang waktu.

      • “Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. (QS. Al- Baqarah, 2:39)
        KOREKSI…… BUKAN (QS. Al- Baqarah, 2:39 TETAPI QS. Al- Baqarah, 2:82)

  23. Hmm pendapat yg batil bahwa surga kekal, namanya surga abadi bukan kekal. Ulama jumhur menganggap surga hanya abadi, namanya abadi ya selama lamanya jadi tergantung kemauan tuhan kapan musnahnya. Jadi tdk kekal yg kekal cuma alloh. Pendapat batil tentang dualisme sifat kekal kok di ikuti.

  24. Halah, tidak ada ayat quranpun yg berkata surga neraka kekal, yg ada abadi. Hum fiha kholidun (mereka hidup lama didalamnya). Kholidina fiha abada (lamanya didalamnya berabad2). Jadi tdk ada yg baqo selain tuhan. Jangan tetap syirik mas.

  25. sebagai manusia memberi teguran. Ini bukan lagi bincang pendapat atau mencari pengetahuan terhadap yg diperkatakan isunya. Kerana ada sikap EGO, EPOKRIT dan masing2 mahu menang.

    Siapa kita menyalahi orang lain sedangkan mereka lebeh dulu mengenali Rasullullaah dan agamanya.

    Termasok aku, berbanyaklah kita beristifar.

    Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. (Qs. 16 an-Nahl :125)

    Sesungguhnya Pak Perdana perlu tahu dgn siapa yg ditelagahkan. Kalau manusia itu benar-benar cari pengetahuan atau sebaliknya atau menguji keegoannya.
    Dan akhirnya PakPerdana kecundang menyalahi atau mengukum Ulama terdahulu… atas sebab seseorang yg anda sendiri tidak kenal siapa org itu. Bukankah itu merugikan………

    Wallaahua’lam

  26. Hahaha suka2 saya dong, tuhan aja punya nama dan banyak, masa gak boleh ku cantumin gelar. Makhluk aja boleh dicantumin gelar kekal, jadi boleh juga dong aku memakai gelar semauku.
    Jangan tetap syirik. Mana tauhidmu mas, katakan yg kekal cuma alloh.

  27. Tuhan itu tuhan saya saya gak suka ada ya lain memakai gelarnya. Seorang kekasih tdk akan rela gelar kekasihnya ditamatkan ke selain kekasihnya. Jangan tetap musrik mas

    • :) silahkan anda berpendapat seperti itu , tetapi ingatlah bahwa saya sudah menjelaskan semua dalil baik dari Al-Qur’an dan sunnah juga penjabaran para ulama bahkan saya sertakan link websitenya , jika anda tetap ngeyel itu hak anda namun setiap orang akan mencatat bahwa pendapat anda semuanya muter-muter, memaksakan pendapat yang dhaif.

      saya tetap pada prinsip semula bahwa baqo (kekal ) itu ada dua bagian:
      1- Kekal hakiki, yaitu zat dan sifat Allah swt.
      2- Kekal ardhi, yaitu kekal yang di yang di perbuat oleh Allah.

      saya cukupkan untuk berdebat dengan anda, sebab saya sudah menjelaskan yang mana hak dan yang mana yang bathil, para pengunjung juga sudah bisa mengambil kesimpulan dari debat ini…………..masalah hidayah adalah urusan Allah Ta’ala. jika anda tetap mengotori blog saya ini dengan tanggapan ngeyel tanpa ilmu maka akan saya blokir sebab anda sudah mengotori blog saya dengan tulisan spemmer. jangan coba merubah-rubah nama sebab nomor IP anda sudah tercatat.

      • sudahlah percuma diskusi dgn orang yg dangkal pemahamannya, menganalisa jawaban saja dia tak mampu malah muter2 bolak balik pada thema yg sdh dijelaskan, sdr paijo menyamakan antara kekal hakiki dengan kekal ardi, csnya juga nda tahu artinya kekal dan abadi,
        percuma malah menantang emosi, menghabiskan energi, sia sia !

  28. @ PAIJO…SETUJU..PA RUSAK DAN MERUSAKKAN,

    KALAU UTK KALANGAN DIA SENDIRI TDK MENGAPA…

    #

    ini dalil dari sdr. PA SAUDARAKU SEKALIAN…???

    TENTANG SHOLAT PD SAAT TASYAHUD MENGGERAK2 KAN JARI…

    Contoh lain : Seseorang sholat sambil membawa pena, dan sebelum sholat ada hapalannya yang ia lupa. Tatkala sholat ia ingat kembali hapalannya yang lupa tadi padahal ujian sebentar lagi, dan hapalan yang ia lupakan tadi ada sekita 5 baris. Maka iapun mengeluarkan secarik kertas lantas menulis hapalannya tadi di kertas tersebut padahal ia sedang sholat, karena ia kawatir jika ia tidak segera menulisnya maka setelah sholat ia akan lupa kembali hapalannya tersebut. Gerakan seperti ini dianggap banyak dan membatalkan sholat. Namun jika seandainya yang akan ditulisnya hanyalah satu atau dua kata saja maka merupakan gerakan yang sedikit. Jika ia membutuhkannya maka tidak mengapa, karena terkadang seseorang mengalami kondisi yang darurat (mendesak) yang harus baginya untuk mengingatnya. Dan jika seseorang memulai sholatnya maka syaitan menggodanya dan berkata, “Ingatlah ini, ingatlah itu…” yaitu perkara-perkara yang dilupakan oleh orang yang sholat diingatkan oleh syaitan sehingga diingat kembali oleh orang yang sholat. Syaitan mengingatkannya bukan karena sayang kepadanya akan tetapi untuk merusak ibadahnya sehingga sholatnya hanyalah tinggal bentuk saja tanpa ada ruhnya” (As-Syarhul Mumti’ 3/351-353)

    Namun jika seandainya yang akan ditulisnya hanyalah satu atau dua kata saja maka merupakan gerakan yang sedikit. Jika ia membutuhkannya maka tidak mengapa, karena terkadang seseorang mengalami kondisi yang darurat (mendesak)

    ——– JIKA MENDESAK KATANYA WALUPUN SEDIKIT TDK MENGAPA KATA FAHAM WAHABI ——–

    MENULIS LAGI DALAM SHOLAT ..YAITU DALAM SUATU PEKERJAAN IBADAH DIKERJAKAN PEKERJAAN YG LAIN….YAITU MENULIS..ASAL GERAKANNYA SEDIKIT….LAGI MENGHADAP ALLAH ..EEEH MALAH KERJA SOAL DUNIA..ITULAH GODAAN SYAITAN…MAKA WAHABI TERPENGARUH SYAITAN….

    MAKA SAYA KATAKAN PADA ANDA SDR. PERDANA AHMAD, MUSYAFIR ILMU, PEMBURU AL-HAQ……FAHAM ANDA ADALAH SESAT BAGI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH DLM ARTI SEBENARNYA ” AHLUSSUNNAH ” DAN MERUSAK MAZHAB SYAFI’E……..

    SAYA SARANKAN BAGI FAHAM KAMI ” FAHAM PERDANA AHMAD ADALAH SESAT BAGI KITA….SILAHKAN BAGI MEREKA…..

    ————— LAKUM DIINUKUM WALIYADIIN…————————–

    ” BAGIKU AGAMAKU.., BAGIMU AGAMAMU…

    mAKANYA NGAJI ITU PADA ULAMA JGN INTERNET DOANK..BERTANYA PADA YG AHLINYA…

    NGAJI BOLEH SAJA LIAT DI INTERNET TAPI BAWA REFERENSINYA PADA ULAMA UTK DITANYA PENJELASANNYA……

    BERGURULAH…PA,….JGN MENIRU…..GAK ADA KEPUTUSANNYA PELAJARANNYA ANDA ITU…..

    • @ PAIJO…SETUJU..PA RUSAK DAN MERUSAKKAN,

      KALAU UTK KALANGAN DIA SENDIRI TDK MENGAPA

      ya Allah mengapa anda mendukung MUSUH ALLAH (Paijo) untuk menyudutkan saya :( semestinya jika anda muslim anda mendukung saya dalam mematahkan hujjah bathil paijo ! Lihat prilaku paijo yang menafsirkan al-qur’an seenak perutnya untuk menghinakan Allah dan rasulnya di http://islamek.wordpress.com/ dengan mengatas namakan saya ! Semoga anda tidak termasuk golongan paijo sebab anda sudah mendukung Paijo ! saya banyak memblokir tulisan paijo yang sangat menyakitkan, semoga Allah mengampuni anda yang telah mendukung paijo!

    • AYA SARANKAN BAGI FAHAM KAMI ” FAHAM PERDANA AHMAD ADALAH SESAT BAGI KITA….SILAHKAN BAGI MEREKA…..

      ————— LAKUM DIINUKUM WALIYADIIN…————————–

      ” BAGIKU AGAMAKU.., BAGIMU AGAMAMU…

      mAKANYA NGAJI ITU PADA ULAMA JGN INTERNET DOANK..BERTANYA PADA YG AHLINYA…

      ya Allah, anda mengatakan ” BAGIKU AGAMAKU.., BAGIMU AGAMAMU… tahukah engkau bahwa ayat tersebut khusus pembeda bagi umat islam dan orang kafir, ! Anda tanpa sadar sudah mengeluarkan wahabi ((* menurut orang-orang sufi/NU ) termasuk didalamnya Muhammadiyah, Persis, ikhwanul Muslimin, Salafy, jama’ah Tablik , Hizbuttahrir, Wahdah islamiyah dari islam ! dengan kata lain anda telah mengkafirkan kami, apa ini prilaku taerkat sufi anda tanpa dalil syar’i sudah menyesatkan kami :) memngapa anda dengan mudahnya menyesatkan orang lain yang tidak sepaham dengan anda? lalu anda membodohi kami seoralh-olah kami tidak punya ulama dan hanya melihat internet ? kami juga punya majelis ilmu mas! kami juga punya ulama!
      ya ALLAH apa ini prilaku pengikut tarekat yang suka mengkafirkan orang dan menyesatkan orang lain? katanya orang-orang tarekat seluruh prilakunya penuh hikmah tapi saya sama sekali tidak melihat hikmat dari tulisan anda yang sudah menganggap wahabi adalah agama sendiri ? padahal kami juga islam?

  29. @ sudah saya lihat keterangan anda PA ttg menggerakkan jari dlm tasyahud…

    Maka saya jawab ,adalah faham tersebut bid’ah nyata-nyata ….

    kalian lah yg mengerjakannya BID’AH….

    http://jihadsabili.wordpress.com/2010/12/06/menggerak-gerakkan-jari-telunjuk-ketika-tasyahhud-adalah-sunnah/

    http://cahayasunnah99.blogspot.com/2011/06/apakah-bergerak-3-kali-membatalkan.html

    —————– KETERANGAN BERGERAK 3X DALAM SHOLAT ——-

    DISITU DICONTOHKAN DLM SHOLAT BOLEH MENGERJAKAN PEKERJAAN LAIN BILA DALAM KEADAAN DARURAT.., Bukankah ini menambah rukun sholat..???? bukan 13 lagi 15 atau 20 rukunnya jadi bikin mazhab lagi sampeyan,
    HAAAAA..HAAAA….. :p

    @ TAHUKAH ANDA DALAM TASAWWUF BERDIRI TEGAK ITU SEBELUM SHOLAT APA MAKSUDNYA….????

    BERDIRI TEGAK ADALAH MEMATIKAN DIRI DARI HAL-HAL DUNIAWI..APAA SAJA..SOAL KERJA..APAPUN ITU..KRN KITA BERSIAP-SIAP MENGHADAP ALLAH, TINGGALKAN SEMUA..HAL-HAL YG KITA KERJAKAN SEBELUM SHOLAT TADI…

    LOGIKANYA MUNGKINKAH ANDA KETIKA BERBICARA DGN PRESIDEN MISALNYA TAPI ANDA NGOMONG SAMA ORANG LAIN…??? SEWOT GAK PEMIMPIN ANDA ITU…??? MARAH TIDAK…???
    SESUNGGUHNYA ALLAH SELALU MENGAHDAPKAN WAJAHNYA KEPADA ORANG YG SEDANG SHOLAT….ITU FIRMAN YA…?? BUKAN HADIST…JADI BISA DILIHAT DI AL-QURAN…ADAKAH INI DI BAHAS DALAM WAHABI…??? MANA HALUS KAJIAN TASAWWUF DGN WAHABI YG MENGKAJI KULITNYA SAJA…?? YG TERSUARAT SAJA DI KAJI..??? YG TERSIRAT TIDAK DIKAJI..????

    INILAH ILMU AKHLAK IBADAH…JGN KRN TIDAK MENGERTI TUJUAN SHOALAT..SHOLAT ITU JADI RIYA…DAN TIDAK BERARTI..IBARAT ES..MENGUAP DAN MENCAIR..HILANG BEGITU SAJA….

    • BERDIRI TEGAK ADALAH MEMATIKAN DIRI DARI HAL-HAL DUNIAWI..APAA SAJA..SOAL KERJA..APAPUN ITU..KRN KITA BERSIAP-SIAP MENGHADAP ALLAH, TINGGALKAN SEMUA..HAL-HAL YG KITA KERJAKAN SEBELUM

      SHOLAT TADI…

      LOGIKANYA MUNGKINKAH ANDA KETIKA BERBICARA DGN PRESIDEN MISALNYA TAPI ANDA NGOMONG SAMA ORANG LAIN…??? SEWOT GAK PEMIMPIN ANDA ITU…??? MARAH TIDAK…???
      SESUNGGUHNYA ALLAH SELALU MENGAHDAPKAN WAJAHNYA KEPADA ORANG YG SEDANG SHOLAT….ITU FIRMAN YA…?? BUKAN HADIST…JADI BISA DILIHAT DI AL-QURAN…ADAKAH INI DI BAHAS DALAM WAHABI…??? MANA HALUS KAJIAN TASAWWUF DGN WAHABI YG MENGKAJI KULITNYA SAJA…?? YG TERSUARAT SAJA DI KAJI..??? YG TERSIRAT TIDAK DIKAJI..????

      INILAH ILMU AKHLAK IBADAH…JGN KRN TIDAK MENGERTI TUJUAN SHOALAT..SHOLAT ITU JADI RIYA…DAN TIDAK BERARTI..IBARAT ES..MENGUAP DAN MENCAIR..HILANG BEGITU SAJA….

      Saya bingung dengan anda mengapa anda menganggap wahabi sama sekali tidak yahu hikmah salat dan yang tahu hikmah slahat adalah pengikut tarekat saja ? saya nasihatkan tingggalkanlah sifat ghuluw dengan tarekat sufi, jangan menganggap tarekat sufi yang paling benar, paling bersih, paling tahu hikmah sholat dibandingkan dengan wahabi ((* menurut orang-orang sufi/NU ) termasuk didalamnya Muhammadiyah, Persis, ikhwanul Muslimin, Salafy, jama’ah Tablik , Hizbuttahrir, Wahdah islamiyah ) kami tidak merasa paling suci, bersih seperti tarekat sufi namun kami merasa kami selalu berusaha berlandaskan Al_Qur’an dan sunnah :)
      Kami Wahabi punya blog khusus untuk membahas hikmah sholat yang semuany berlandaskan dalil syar’i lihat di http://hikmahshalat.wordpress.com

    • DISITU DICONTOHKAN DLM SHOLAT BOLEH MENGERJAKAN PEKERJAAN LAIN BILA DALAM KEADAAN DARURAT.., Bukankah ini menambah rukun sholat..???? bukan 13 lagi 15 atau 20 rukunnya jadi bikin mazhab lagi sampeyan,
      HAAAAA..HAAAA….. :p

      inilah yang disebut orang TAK BERILMU tapi merasa pinter, berdalil dengan akalnya dan bukan dengan nash al-qur’an dan sunnah! ego anda masih terlalu besar untuk menerima dalil shahih! sudah dijelaskan dengan dalil masih saja berpendapat dengan akal anda yang pendek! Na’udzubillah! cermin pengikut tarekat yang membabi buta………………………… ngaji sunnah dulu mas baru bisa berfatwa!

  30. INI FITNAH PA TERHADAP Ustadz arifin ilham di artikelnya, seolah-olah usatdz arifin ilham berfaham wahabi seperti mereka, tujuannya ustadz arifin aja wahabi, bermertua ulama Aceh….berarti yg lain tu sesat…

    Seorang ustadz arifin ilham, tdk mungkin diterima jadi menantu ABUYA MUHIBBUDIN WALY, yg seorang pemimpin thariqat yg menurut faham anda bid’ah…., beliau seorang ulama besar di Aceh…

    Ayahnya tgk abuya nya seorang pendiri pertama thariqat Naqsyabandiyah di Aceh yg telah melahirkan puluhan ulama yg sama diseluruh Aceh dan sekitarnya..

    Loginya mungkinkah seorang ulama besar, justru alirannya bersebrangan dgn menantunya yg Anda anggap beraliran wahabi..?? bgmn dgn umat…???

    tidakkah umat menjadi bingung..?? seolah-olah ulama tersebut tidak konsisten dgn ucapannya…??? bisa-bisa ditinggalkan umatnya beliau….BUKANKAH INI PEMUTAR BALIK FAKTA OLEH ANDA…PA..??? Atau ini anggapan anda sendiri…?????

    • Saya bingung dengan anda ini ? Apakah Tidak Boleh Seorang Wahabi menikah dengan pengkut sufi ? apa dalilnnya jika berbeda paham/aliran lalu mengharamkan untuk menikah. ustadz Arifin Ilham juga seorang wahabi jika menikah dengan wanita yang ayahnya seorang sufi apa diharamkan oleh pengikut sufi ? kami Para wahabiyyin sama sekali tidak mengharamkan untuk menikah dengan umat islam yang berbeda paham dengan kami :) dengan harapan yang kami nikahi akan mengikuti manhaj wahabi :) . Wahabi (* menurut orang-orang sufi/NU ) termasuk didalamnya Muhammadiyah, Persis, ikhwanul Muslimin, Salafy, jama’ah Tablik , Hizbuttahrir, Wahdah islamiyah sering kali dianggap aliran sesat dan menyesatkan, dan yang benar adalah tarekat sufi dan paham NU (NU jadul lebih baik pahamnya dari NU sekarang) . menagapa kalian suka sekali menyesatkan wahabi ? kami juga muslim dan kami juga berhak menikahi penganut paham NU atau sufi ? mengapa harus dibeda-bedakan umat islam ini ?

  31. Dari semua pernyataan Paijo, jelas dia kebingungan atas keyakinannya yang sesat. Lalu berbagi hidangan sesat di rumah orang lain. Nggak payu komen mu nang kene paijo. Karena dalam Islam ilmu dan iman harus selaras. Paijo hanyalah seorang pseudo intelektual

  32. enaknya kita apain si paijo ini.. ngomongnya muter2 gak jelas giliran kebuka kedoknya sama mas suparmin malah mengalihkan topik,, manusia sombong emang otak dia siapa yang menciptakan,, berani sekali menantang sang PENCIPTA,, emang sih si paijo dibiarin dulu biar makin banyak dosanya biar makin pedih siksanya kelak.

  33. A’uudzubillaahi Samii’il A’liimi Minasyaithaani Rajiimi.
    Bismillaahi Rahmaani Rahiimi
    Astaghfirullaahal’adziimi. Astaghfirullaahal’adziimi. Astaghfirullaahal’adziimi

    Bapak-bapak semua, kalau dizinkan aku mencampuri urusannya. Maaf ya. Tapi aku tidak sebijak mana untuk mengatasi permaslahatan bapak-bapak. Namun kalau sudah urusan agama maka langkah ku terlalu ringan jejaki usulnya. Semoga aku melangkah dengan kaki kanan. Insha’allaah.

    Yang pernah aku fahami, apapun ‘mahzab’nya selagi tergolong dalam Islam (melainkan terbukti nyata penyelewengan akidahnya), diantara berbanyak mahzabnya nanti hanya satu yang diterima Allaah. Nah, jangan tanya aku dimana nasnya, siapa bercakap atau bukti sahihnya kata-kata itu. Hanya nanti jadi kalut lagi. Tapi aku pasti kamu semua lebeh bijak mengadilinya.

    Tiada siapa yang tahu mahzab manakah yang terpileh. Namun pasti ada maksudnya serta tujuan dari ‘kekata’ itu. Fikirkanlah Marifahnya. Dari pada masing-masing ingin menegakkan bukti atau mengaku mahzabnya adalah sebenar-benarnya yang ‘benar’ atau yang diterima, adalah lebeh baik kenali perilaku pada diri sendiri. Apakah yang telah dilakukan oleh kita kelmarin, semalam dan baru sebentar tadi?. Dan hitungkan juga apakah seterusnya yang akan kita lakukan selepas ini, untuk esok, lusa dan tulat nanti. Ingatlah, kita manusia adalah perancangnya. Nanti kelak yang tentukan rancangan kita adalah Allaah Subhaanahu ta’ala. Atau mungkin sudah tertulis dibuku Allaah. Wallaahua’lam.

    Nah, berbalek pada soal mahzab adalah sebuah fahaman yang masing-masing merancang untuk menuju kejalan yang disangka yang terbaik demi satu destinasi iaitu kearah Islam pastinya. Ibarat kalau kamu ingin kelihatan segak bagi lelaki atau anggun bagi perempuan, pastinya bentuk apakah pakaian yang kamu kenakan pada tubuh mu. Zahirnya sentiasa kelihatan berseh dan kemas dipandang mata. Apalagi kalau ditambah pula punya hati, sikap dan peribadi yang baik serta berbudi yang sopan. Sejuk dipandang mata bagi siapa yang melihatnya. Pasti ada yang persoalkan, apa kena mengena dengan hal yang dibincangkan tentang mahzab dan Islam.

    Apakah perlu aku jawab soalan itu. Kerana aku pasti kamu semua lebeh bijak dariku. Dan aku tidak perlu minta kalian cari hadith, sunnah atau sebagainya untuk ditunjukkan bukti. Cukuplah dari apa yang kamu fahami ‘marifahnya’.

    Setiap hari dari satu zaman berganti zaman yang lain hingga kezaman terkini, maseh lagi hal yang sama dipersoal dan bahaskan. Apakah sebenarnya yang kita ingin buktikan lagi?. Apakah akan ada lagi Hadith yang baru untuk dijadikan bahasan?. Atau isi-isi ayat atau surah-surah yang baru tertambah.?. Na’uudzubillaah. Setahu aku isi alQuran maseh tetap 114 surah. Rasullullaah adalah Nabi yang terakhir dan Islam agama yang suci dibawanya. Aku, engkau dan dia, mengaku umatnya adalah saudara seIslam. Subhaanallaahi.

    Oleh itu, apalagi yang perlu dibahaskan?. Semua sudah kenal tentang Islam. Itulah kelebehan Negara kita dalam hidup bercampur dengan bangsa dan agama lain selain Islam. Tidak perlu ditegakkan lagi, Islam adalah agama yang benar.

    Yang menjadi musabab kerosakkan ‘Islam’ dari dulu hingga kehari ini adalah kerana percubaan individu yang kononnya dirasakan atau terfikir dialah yang terbaik ‘melakunkan’ cara keislamannya. Bukan kebenaran yang ingin dibuktikan kerana sedia maklum semua tahu sememangnya Islam itu terbukti benar sejak zaman Rasullullaah. Malah apa guna ditukil segala macam Hadith, Sunnah, Sejarah atau Khias sekalipun, kalau untuk berbalah, tuduh-menuduh, bermusuhan dan akhirnya main jatuh hukum – “mengkafiri” sesama Islam. Na’uudzubillaahi min-zaaliq.

    Sedarilah diri kita sebelum mengafiri seislam yang lain. Astaghfirullaahal’adziimi.

  34. kalo mau belajar islam yang benar itu ikutilah pengganti setelah nabi muhammad turun kepada imam ali sampai penerusnya sampai kiamat nanti yang terakhir adalah yang bergelar al aqaim al mahdi atau imam mahdi kata orang jawa nabi duta yang membjang in tanah jawi , al wasilah imamum mubin.di tangan beliau lah ajaran islam murni.karena imam zaman hanya satu saja nanti dimunculkan guna penyelamatan global manusia, dalam kitab agama lain juga ada .jika ada nabi muhammad dan ali kaw meniru yang dilakukan nabi tentu umat islam tidak akan seperti sekarang ini.

  35. ass…mhn mf….seru juga silang pendapatnya….sy awam dibidang ini,,sekolah jg tidak hnya tukang rumput…versi tasawuf pabila diadu dengan versi syariat yaaa….bakal g ketemu….bakal ricuh terus,,

  36. “Aku menjamin sebuah rumah di sekitar surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan yang tidak perlu meskipun ia berada di pihak yang benar ; dan sebuah rumah di tengah-tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta, meskipun gurau; dan sebuah rumah di surga yang tertinggi bagi orang yang baik akhlaqnya”

    (HR Abu Dawud dengan sanad yang shahih).

  37. baca komen2 di atas terlihat mana yang berilmu mana yg tidak…..PA; mau mencari teksbook atau copas ttg KEKAL (beda kekalnya Allah dan kekalnya makhluk) terlanjur copas hasilnya ya kekal2nya ALLAH juga….sejak kapan makhluk itu kekal kang???????????????????????????????????????????????? kalau copas dipahamin dulu hahahhahahahahhahahhahah

  38. Baca buku “KISAH PARA NABI” Ibnu Katsir kang…..yang kamu nyatakan konsep tasawuf ttg nur muhammad seperti yunani/ kristen…..padahal tulisan ibnu katsir sering km jadikan referensi, kok tulisan beliau ttg nur muhammad km katakan spt yunani/ kristen…….kasihan beliau,suatu perlu km referensikan,suatu perlu yg lain km yunani/ kristenkan………….

  39. Suni Indonesia ( muhammadiyah, NU, PERTI,al wasliyah, matlaul anwar, nahdlotul wathan,persatuan habaib alawiyyin indonesia,al hidayah )………..mari bersatu dengan syiah/ ahlul bait indonesia…………kita tegakkan NKRI,Pancasila,Bhinneka Tunggal Ika……………bahaya wahabi…… antek2 klan Saud Saudi……utsaimin,firanda,bin Baz,PA, ustad Abu Abu……..Tokoh2 Nasional Suni-Syiah dah sering rapat di rumahku……

    • mari bersatu dengan syiah/ ahlul bait indonesia (?????????????????)

      tanda tanya saya banyak kang ?

      Jangan sampai tulisan anda ini nanti dijadikan alat bukti bahwa anda telah men-fitnah ormas-ormas yang namanya anda catut,.. muhammadiyah, NU, PERTI,al wasliyah, matlaul anwar, nahdlotul wathan,persatuan habaib alawiyyin indonesia,al hidayah,…

      • siapa yang catut? baca lagi dong………… saya mengajak bersatu…. jangan tercerai berai. jangan ubah NKRI dgn khilafah islamiyaabh…..indonesia nggak sama ama saudi……..jgn paranoid…..SUNNI – SYIAH MAU BERSATU KOK….. kok kamu bingung

  40. sesama umat islam saling rukun …. kaum wahabi sejarahnya/ajarannya selalu bertentangan dengan sunah waljamaah karena kaum wahabi telah disusupi oleh yahudi dan oreantalis …bangsat yahudi sekutu dajjal …

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s