PIRAMIDA GARUT VS BLUE ENERGI, DAN HARTA KARUN BATU TULIS

Hemmmmm……… lagi marak-maraknya berita adanya Piramida di Garut yang sangat diyakini oleh Murid-Murid Hikmatul Iman merupakan tempat peristirahatan sementara arhytirema seorang tokoh sakti mandaguna yang ditulis riwayat hidupnya di Novel berjudul arhytirema karya Kang Dicky. Saking hebohnya hingga Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief turun tangan .

Hebat ! bahkan Andi Arief CS mendatangi kang Dicky seorang Guru Utama Hikmatul Iman yang dipercayai punya Indra keenam (kemampuan paranormal) untuk meminta petunjuk. Diyakini Kang Dicky dengan kemampuan Ilmu Ghoibnya bisa melihat adanya piramida di dalam Gunung Sadahurip, Kabupaten Garut dan ada pula penghuninya yang masih “bobok” dalam istilah kerennya berhibernasi (saya kira hibernasi hanya berlaku pada beruang kutub hehehe ).

Piramida garut juga dibumbuwi kisah mistis, bahwa menurut masyarakat (yang suka klenik) adanya sinar elips diatas gunung tersebut (tapi herannya ga ada foto untuk membuktikan adanya sinar tersebut).

Benarkah ada Piramida di Gunung Sadaurip dan ada Arhytirema didalamnya sedang berhibernasi? Ternyata Tidak! Ada banyak peneliti yang mengatakan mustahil ada Piramida Di Gunung Sadaurip! Apalagi meyakini bahwa ada seorang manusia lagi bobok didalam gunung :D

Berikut ini penjelasan PARA ILMUAN yang saya dapat dari berbagai sumber :

1. http://www.gatra.com/nasional-cp/1-nasional/6047-arkeolog-mustahil-piramida-di-sadahurip-garut

Jakarta – Arkeolog Dr Bambang Sulistyanto menilai, ditinjau dari aspek arkeologi,  kemungkinan temuan piramida di Gunung Sadahurip, Kabupaten Garut, tidak masuk akal, karena Indonesia tidak mengenal kebudayaan piramida.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional tersebut, di Jakarta, Minggu (18/12), piramida itu kebudayaan Mesir dari abad sebelum Masehi, sedangkan kebudayaan Indonesia kuno bukanlah piramida, tetapi punden berundak pada masa prasejarah dan candi pada era klasik atau periode Hindu-Buddha.

“Lebih dari seperempat abad saya belajar arkeologi, baru kali ini saya mendengar adanya dugaan piramida di Indonesia. Kebudayaan Indonesia kuno itu tidak mengenal piramida, tetapi sangat akrab dengan bangunan suci bernama punden berundak atau candi,” katanya.

Bambang berkomentar, di lereng barat Gunung Lawu memang ada bangunan suci yang bentuknya mirip piramida yang terpancung atapnya, namanya Candi Sukuh yang dibangun sekitar abad ke 15 Masehi, namun Candi Sukuh sangat berbeda baik fungsi maupun maknanya dengan piramida di Mesir.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial Andi Arief mengatakan bahwa tim katastropik purba menemukan dugaan adanya bangunan berbentuk piramida di Desa Sadahurip Kabupaten Garut, Jawa Barat yang cukup mengagetkan.

Andi menambahkan, dari beberapa gunung yang di dalamnya diduga ada bangunan menyerupai piramida, setelah diteliti secara intensif dan uji “karbon dating”, dipastikan umurnya lebih tua dari Piramida Giza.

Ditegaskan Bambang, temuan piramida di Garut memerlukan bukti ilmiah, karena jika tidak, maka ia tidak bisa mempercayainya.

“Boleh-boleh saja orang menduga, tetapi soal kebenarannya, nanti dulu. Tanpa bermaksud merendahkan pandangan, pendapat atau dugaan para ahli, adanya piramida di Sadahurip perlu pembuktian secara ilmiah,” katanya.

Pengujian yang diperlukan untuk membuktikan kebenaran dugaan tersebut menurut dia, melalui pengujian ekskavasi (penggalian) sehingga bisa dibuktikan sejelas-jelasnya.

“Tapi apa mungkin menggali Gunung? Sampai berapa meter batas kedalamannya? Dan berapa luas diameternya? Harus dipikirkan berapa kubik tanah galian yang harus digali dan dibuang kemana? Apa malah tidak merusak lingkungan?” ujarnya bertanya-tanya.

Ia juga tidak bersedia berkomentar soal uji geo radar yang disebutkan sudah dilakukan oleh tim tersebut di gunung Sadahurip, karena merasa bukan ahlinya.

“Saya tidak yakin ada ahli yang berpendapat begitu. Jangan-jangan itu pendapat atau plintiran wartawan saja,” katanya.

Menurut dia, seharusnya Indonesia bangga mempunyai Candi Borobudur dan Prambanan yang berasal dari abad 9 Masehi yang tak kalah tingginya dengan peradaban piramida. [TMA, Ant]

2. http://news.okezone.com/read/2012/01/26/340/563566/piramida-garut-tak-punya-bukti-pendukung

JAKARTA – Beberapa pengamat dan peneliti dari geologi dan arkeologi di Indonesia banyak yang menyangkal jika gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat bukanlah sebuah piramida. Penemuan tersebut diakui beberapa pengamat harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) Sujatmiko mengatakan Candi yang mirip piramida memang ada. “Tapi saya mempertanyakan apakah memang ada piramida di Jawa Barat. Padahal kerajaan tertua di sana, yakni Tarumanegara tidak pernah ada pembangunan Piramida pada zaman dahulu,” katanya di Komplek MNC, Jalan Kebon Sirih Raya, Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Tim Katostropik Purba, menurut Sujatmiko terlalu mengembar-gemborkan jika gunung di kawasan Garut tersebut berpotensi sebuah Piramida. Kemudian tim juga seolah berpendapat jika piramida itu lebih baik dari Giza yang lebih kecil dari gunung Sadahurip.

“Secara keilmuwan tidak mungkin batuan beku bisa mengalir atau terdorong ke atas.” ungkapnya.

Sujatmiko kembali menambahkan akan menjadi sesuatu yang berbahaya jika tim Katostropik Purba yang merupakan Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial mengklaim itu piramid. “Nanti mereka akan malu dan bisa memperburuk citra presiden,” simpulnya.

Selain itu, peneliti IPB ini juga memaparkan bahwa kini tim juga melakukan eskavasi sedalam 2,5 meter untuk melakukan uji carbon dating dengan membuat dua lubang di atas permukaan gunung Sadahurip yang masih didiamkan.

Sementara itu, Sejarawan LIPI Asvi Warman berpendapat tempat dan lokasi yang diduga piramida ini tidak ditemukan adanya suatu bukti pendukung.

“Piramid dan sisa-sisa kebudayaan itu mungkin terkubur tanah. Namun, budaya yang mendukung itu harusnya ada, tapi hingga kini tidak ada. Jujur, saya menyangsikan itu karena kebudayaan kuno seperti kerajaan Tarumanegara tidak ditemukan adanya kebudayaan yang mendukung dengan piramida,” jelas Asvi.

Bahkan, Asvi mengkhawatirkan jika Piramida Garut sama dengan fenomena crop circle yang merupakan buatan manusia. “karena hingga kini belum ditemukan bukti pendukung,” cetusnya. (tri)
(crl)

3. http://www.detiknews.com/read/2012/01/15/014440/1815771/10/disbudpar-garut-piramida-di-gunung-sadahurip-bohong

Garut – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut memastikan kabar keberadaan piramida di gunung Sadahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak benar. Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan penelitian.

Kasi Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Garut, Warjita, mengatakan petunjuk yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian di gunung Sadahurip hanyalah berdasarkan petunjuk paranormal, bukan petunjuk ilmiah. Sebelumnya, di gunung itu diyakini terdapat piramida peninggalan masa prasejarah yang usianya melebihi piramida Giza.

“Itu bohong, para peneliti melakukan penelitian atas pentujuk paranormal dan hal-hal gaib,” ujar Warjita di Garut, Sabtu (14/1/2012) malam kepada wartawan.

Sebelumnya Disbudpar sudah meragukan keberadaan piramida di gunung Sadahurip karena tidak ditemukan bukti-bukti jejak sejarah yang mendukung.

“Sekecil apa pun bukti sejarah pendukung pasti ada, tapi di Sudahurip memang tidak kami temukan,” ungkap Warjita.

Warjita mencontohkan gunung Haruman yang berada di Kecamatan Kadungora, bisa dikatakan menyimpan benda peninggalan prasejarah karena di sekitar lereng dan kaki gunung Haruman ditemukan beberapa benda bersejarah sebagai bukti jejak perkembangan dari masa prasejarah hingga masuknya agama Islam di kawasan tersebut.

“Di gunung Haruman, kita memiliki patung kepala kuda yang terbuat dari batu megalitik serta adanya makam tokoh penyebar agama Islam,” tutupnya.

Tiga contoh diatas mewakili banyak lagi tanggapan pesimis dan kemustahilan para ilmuan akan adanya piramida di garut, bahkan Kasi Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Garut, Warjita, mengatakan bahwa informasi adanya piramida adalah bualan paranormal. Siapakah paranormal itu?? Kita tahu sosok Kang dicky diyakini punya pemampuan psikik/cenayang/paranormal yang banyak terlibat dan menjadi penasihat spiritual Andi Arief CS.

Saya khawatir kasus Penggalian Piramida Garut ini akan berakhir seperti kasus penggalian harta karun di Situs Batutulis di Bogor. Menteri Agama (waktu itu) Said Agil Al-Munawarsangat percaya bualan paranormal yang mengatakan ada banyak harta karun didalam tanah di area situs Batutulis.

Juga Saya khawatir Kasus Blue energi Joko Suprapto yang mengklaim mampu merubah air jadi energi kembali menipu lingkaran istana jika Kang Dicky nantinya mau mempublikasikan penemuannya bisa mengubah air jadi bahan bakar ( hemmm kenapa Kang Dicky dengan klaimnya mampu merubah Air jadi energi tidak ada khabar mempresentasikan pada Staf Khusus Presiden ya? Jika memang benar maka tentunya akan segera dipublikasikan).

Betul-betul miris…”Tipu-tipu” yang terjadi di sekitar lingkaran presiden bukanlah hal yang aneh. Setidaknya dari data yang diberitakan media massa, sudah tiga  kali tokoh elit bangsa ini ‘tertipu’.

Dulu pada tahun 1970-an, zaman Soeharto, ada geger bayi dalam kandungan bisa membaca Al Quran. Banyak orang kala itu, baik awam, ulama kelas satu Indonesia sampai para pejabat merasa takjub dan menganggap bayi ajaib itu sebagai pertanda kekuasaan Tuhan. Bahkan mantan perdana menteri Malaysia Tengku Abdul Rahman Putra juga percaya bayi dalam perut bisa mengaji itu benar adanya.

Si ibu sang bayi, Cut Sahara Fona, pun langsung menjadi terkenal. Orang ramai-ramai berdatangan ke rumah Cut Sahara Fona. Orang-orang menempelkan telinga ke perut perempuan itu demi mendengarkan suara sang bayi melantunkan ayat suci Alquran. Wakil Presiden Adam Malik termasuk salah satu tokoh yang diberitakan menempelkan kupingnya di perut Cut Zahara Fona.

Saat itu nyaris semua orang percaya, bayi ajaib itu memang tanda kekuasaan Tuhan. Hanya Kakanwil Kesehatan DKI Dr Herman Susilo yang bersuara berbeda. Dr Herman menyatakan, bayi dalam perut bisa mengaji merupakan hal yang mustahil. Sebab bayi dalam kandungan tidak dapat membuka mulut atau bernafas normal sehingga tidak akan dapat mengeluarkan suara.

Karena berpendapat melawan arus, Dr Herman sampai harus bersembunyi sebab terancam dibunuh oleh orang-orang fanatik yang mempercayai bayi dalam perut bisa mengaji. Tapi belakangan terbukti Herman Susilo-lah yang benar. Bayi ajaib yang bisa membaca Alquran ketika masih dalam rahim ibunya adalah bohong alias dusta belaka.

Cut Sahara Fona yang tidak tamat SD itu berhasil menipu semua masyarakat termasuk para ulama. Ternyata Sahara Fona menempelkan tape recorder kecil (biasanya dipakai oleh wartawan) yang ketika itu masih barang langka di balik kainnya. Cut Sahara tentu menolak kainnya disingkapkan karena itu berarti membuka auratnya di depan orang yang bukan muhrimnya. Dengan dalih ini Sahara Fona sukes menipu semua orang. Setelah ketahuan kedoknya, Cut Sahara pun masuk penjara.

Zaman Mega, pada Agustus 2002, bangsa ini kembali geger dengan kasus harta karun di Situs Batutulis di Bogor. Menteri Agama (waktu itu) Said Agil Al-Munawar memimpin penggalian situs purbakala Batutulis di Bogor karena yakin dengan informasi di situs itu ada harta karun peninggalan Prabu Siliwangi.

Said Agil mengaku tindakan dirinya itu atas sepengetahuan Presiden Megawati Soekarnoputri. Menteri Said menyatakan penggalian situs itu mempunyai tujuan mulia yakni harta karun yang ditemukan akan dipakai untuk melunasi utang negara. Setelah dilakukan penggalian, ternyata Pak Menteri tidak mendapatkan harta karun malah yang ada dia mendapatkan kecaman.

Sekarang Zaman SBY terjadi  kasus blue energy hingga lingkaran Istana bisa tertipu? Sejumlah ilmuwan misalnya Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UGM Dr Tumiran membuktikan temuan Joko Suprapto tersebut adalah penipuan. Bahkan Kepala Pusat Studi Energi (PSE) UGM Sudiartono yang menyusuri Joko Suprapto cs, menilai kelompok ini penipu. Dia pun bersyukur UGM tidak menjadi korban penipuan.

Kredibilitas SBY saat ini kembali digadaikan oleh tokoh-tokoh lingkaran Istana yang doyan mendatangi “Paranormal” Kang Dicky menggali informasi yang sama sekali tidak ilmiah lalu digabungkan dengan rujukan sebuah Novel arhytirema lalu melakukan penelitian dan penggalian yang menghambur-hamburkan uang ratusan juta bahkan milyaran yang sesungguhnya akan lebih bermanfaat untuk membangun sekolah-sekolah yang sudah rusak (dibandingkan merusak ekosistem alam Gunung sadaurip ) dan untuk pendidikan agar anak-anak bangsa indonesia ini pintar-pinta hingga tidak bisa lagi dikibuli oleh dukun dan paranormal dan janji-janji harta karun palsu………

Bukan saya tidak suka akan adanya peninggalan kebudayaan Bangsa Indonesia yang diekspolore, akan tetapi saya melihat dari sisi berbeda skeptis dan kritis semua demi kesehatan mental bangsa Indonesia dari perklenikan modern………..mari kita lihat saja kelanjutan kisah penggalian gunung Sadaurip, hoax atau fakta waktulah yang akan menjawabnya……KREDIBILITAS KANG DICKY DIPERTARUHKAN jika ternyata tidak ada piramida dan Manusia Arhytirema didalam gunung!

Saya Pribadi mengatakan 100% tidak ada Piramida digunung Sadaurip dan Arhytirema, ini firasat saya didasari keyakinan Iman bahwa Tidak Ada diakhir Zaman nanti ada seorang manusia bernama Arhytirema yang akan muncul dari dalam Piramida Garut yang akan menolong umat manusia, sebab tidak diinformasikan dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Ada Empat Tokoh Penting yang diinformasikan dalam Al-Qur’an dan Sunnah akan datang di akhir zaman yang penuh kekacauan, yaitu NABI ISA, IMAM MAHDI, YA’JUD DAN MA’JUD DAN DAJJAL. Arhytirema bukanlah Nabi Isa ,Imam Mahdi (keturunan Nabi Muhammad), ya’jud dan ma’jud (makhluk yang berkelompok bukan perorangan)  lalu apakah Arhytirema adalah Symbol kedatangan Dajjal??? Dajjal selalu membawa symbol Piramida, kekuatan, kesaktian, ilmu dan teknologi mutahir dll yang mirip dengan kisah Arhytirema.

Wallahi saya punya firasat bathin yang “aneh” tentang hal ini yang insya Allah akan saya buat sebuah artikelnya………

108 gagasan untuk “PIRAMIDA GARUT VS BLUE ENERGI, DAN HARTA KARUN BATU TULIS

    • @admin,

      “Tak akan lari gunung dikejar”.. :)

      ditunggu artikel bahasan firasatnya.. mungkin ada baiknya anda baca2 dulu tentang “KIAN SANTANG”, “KI SANTANG”, KI AN SAN TANG”… lumayan pusing juga :) cek juga ke websitenya kota bandung, bogor, cianjur, garut, cirebon.. atau kalo ada waktu luang.. bandingkan ama cerita “ANGLING DHARMA” dijamin nambah pusing :)

      banyak yg ngaku dirinya KS atau AD.. byk juga yg ngaku pernah bertemu orang2 tsb.., pernah seorang “oknum” sufi.. ngaku pernah ketemu AD ama ana..

      • Jadi.. berdasarkan hasil “travel time” yg ana lakukan :) :roll: :D… sejarah, mistis, mitos, legenda, dukun, kepercayaan masyarakat, dukun modern, penipuan dan penjilatan… yah itu semua modalnya :).. hehehe akhir ini yg bikin ana akhirnya ga pusing lagi.

      • @TD
        sblm antum pergi piknik kesitu, cb antum Ruqyah itu gunung, biar jinya pada gosong di bakar dng mantra2 ruqiah…

      • @adioos,

        Gimana ceritanya “belum pergi tapi disuruh ngeruqyah?” :) . Nulis masih blepotan begitu… bikin malu senior anda aja! :)

        piss ah..

      • @td
        sekesar saran ajah..antum kan ngajak naik gunung itu..nah sblm naik kesana, ada baiknya antum ruqyah dl itu gunung biar jin yg ada disana antum sembelih dan bakar ampe gosong..jd gak usah susah2 bawa kambing guling..!!naik gunung, tamasya dan bernyanyi sambil menikmati “Jin Guling”..! mantap’s..!!

      • @adioos.

        duruk hayam we kang. ngiring yu. papendak mah duduluran we ah. ulah nyarioskeun jin, td, ruqyah. di dieu mah ngan ukur parebut nyarios. kalem we ah.. ulah dicandak ka hate.

      • memang banyak orang gila di saat ini bahkan mengaku sesuatu yg tiada tentunya hal ini di picu oleh terpuruknya ahlak dan ekonomi hingga mencari jalan pintas yang menamakan dirinya orang amanah dg berbagai intrik dan terik serta hayalan tinggi di jadikan sandaran hidupnya

  1. Segala sesuatu pasti diawali dengan penemuan-penemuan kecil terlebih dahulu.

    Mengharapkan ada piramida lebih besar dari Gaza tanpa sebelumnya ada penemuan-penemuan kecil yang mengarah ke sana benar-benar mustahil.

    Sebetulnya Kang Dicky juga pendukung Joko “Blue Energy” Suprapto. Menurut KD, penemuannya itu nyata. Tapi ada konspirasi dari para pengusaha dan penguasa yang takut bisnis berbasis minyaknya hancur.

    • Yup, memang mesin berbahan bakar air sudah ada dan namun belum dikeluarkan karena tidak ingin egois dengan mengeluarkan teknologi tersebut dapat menghilangkan pekerjaan banyak orang yang berhubungan dengan minyak bumi. menurut saya rasional juga alasannya, bayangkan bila skrg diperkenalkan mesin berbhan bakar air itu, gejolak seperti apa yang akan timbul di masyarakat???…

      • Berlebihan Pak Manik. :)

        Mesin berbahan bakar energi alternatif, misal gas, listrik, atau tenaga surya sudah banyak di pasaran. Apa otomatis semua industri yang berhubungan dengan minyak bumi bangkrut? Semua ada pasarnya pak. Apa mungkin semua orang langsung membuang motor, mobil, dan semua mesin berbahan bakar minyak bumi begitu ada mesin berbahan bakar air dari KD?

        Ini sama saja dengan mengatakan internet akan menghancurkan industri kertas. :)

      • @widjojo
        lbh banyak lg org2 yg menipu msyarakat dng berpendpat berdasarkan kebodohan dan ketikdatahuan dan berdasarkan angan2 dan prasangka ajah…dng berpendapat jinnya sangat kuat, jinya jmlnhnya sekian banyak yg terdiri dr sekian jin cw dan sekian jin cw..!!org2 yg berpendapat seperti ini merupakan turunan dr org2 kafir yg menyatakan klo nabi isa wafat di tiang salib..mrk berpebdapat berdasarkan angan2 dan prasangkan sajah..!!

      • Tambahan buat jojo keong
        Bahan bakar yg anda sebut semuanya berbasis bahan bakar fosil. Sdangkan listrik masih mahal.
        bahan bakar air akan mngubah prekonomian dunia.

      • @Mas Widjojo,

        mau sy pesenin kompor berbahan bakar air ga?… kita pesen yg gampang aja ngerawatnya aja… kalo kendaraan sih kayaknya repot ngerawatnya..

        sy pesen dua dech! :)

  2. Perdana ini keliatannya dendam amat ama kang dicky ya, tapi lucunya perdana ini cuman berani berkoar2 di blognya ini ngga berani ngomong dan menkonfirmasikan langsung kepada yang bersangkutan… Seperti inikah sikap seorang ustad?… Sementara kang dickynya sendiri nyantei2 aja tuh, apakah Perdana ini merasa kalah populer karena ngga dianggap oleh staf khusus presiden ya… He he

  3. @perdana
    presiden SBY sudah merestui untuk membedah gunung tersebut bulan maret nanti, kita lihat apa ada atau tidak piramida didalamnya
    tulisanan anda hanya copy paste dari google para ilmuwan yang tidak percaya akan piramida, tapi yang mendukungnya anda tidak tampilkan
    yang bilang disitu ada arkhytirema siapa??itu kan kesimpulan anda saja
    mari kita tunggu pembuktiannya dibulan maret nanti
    kita lihat siapa yang benar dan siapa yang salah
    sampai-sampai seorang presiden ikut andil dalam masalah ini
    mungkin agar tidak timbul polemik kedepannya nanti

      • mereka iagi, andi arif dan KD tlh menyatakan pendapatnya, otomatis berani mmprtggjwbkn kredibilitasnya. skrg giliran pihak ente para takfiri utk mnyatakan sikapnya thd hal ini. silahkan gelontorkan dalil2nya, itu pun klo mampu… ane yakin pihak ente gk bkln mampu :D :D

      • DELETE ADMIN, SAYA INGATKAN ANDA UNTUK TIDAK MELENCENG DARI POKOK BAHASAN, PADA ARTIKEL INI TIDAK MEMBAHAS WAHABI, JIKA ANDA MEMBANDEL AKAN SAYA BANNED PERMANEN, TRIMAKASIH

      • astgfrulloh…pernyataan ane yg manakah yg mbhs wahabi?? ane gk posting link apapun soal wahabi, juga gk bahas wahabi…ane cma mnta tanggapan dri pihak ente (wahabier) soal piramida di indonesia, knp msti kebakaran jenggot. bgtu mudahnya ente mngkritik org lain, dikit2 mrs dkritik aja ente lgsg maen delete, pake ngncam banned sgla lagi…inikah sikap seorang yg mengatasnamakan diri pejuang tauhid…ataukah ini sikap para wahabier sesungguhnya???

        ane tantang lagi, coba tunjukan pernyataan ane yg dianggap membahas wahabi???
        sekali lagi ane tegaskan bahwa kami hnya meminta tanggapan dari para wahabier mengenai piramida di indonesia, karena mereka iagi,andi arif dn KD tlh menyatakan pendapatnya scr jntan di media, skrg mana giliran kalian, klo perlu keluarkan dalilnya!!!

        klo disni ane diharamkan menulis kata wahabi, lantas ketika ane nulis dipage wahabi bwt minta tanggapan soal piramida, apakah ente jg bkl delete dgn alasan gk ada hubnya piramida dgn wahabi….sungguh picik….ckckck

      • maju terus kang wuming biar mereka ketauan goblok bin tololnya. aku suka ngakak kalo baca blog ini. yang nulis blog ini wahabi goblok bin tolol.HAHAHAHAHAHAHA

  4. @widjojo
    ya ngga membuang mobil dan motornya, tinggal modifikasi mesinnya aja kok. Silahkan saja dipikirkan dampak yg terjadi dari hulu ke hilir apabila minyak bumi tidak digunakan lagi

    • @widjojo
      btw energi alternatif seperti gas, tenaga surya, listrik yang kamu sebutkan susah banyak tersedia di pasaran itu emang berapa banyak sih yang menggunakan, kemudahan mendapatkannya dan keterjangkauannya seperti apa?, itu yang membedakan dengan bahan bakar minyak untuk saat ini

      • Begitu juga bahan bakar air. Pasti butuh waktu untuk mensosialisasikannya.

        Menganggap industri di seluruh dunia akan hancur jika Kang Dicky mengeluarkan teknologi bahan bakar air sungguh sangat berlebihan.

        Lebih mudah akui saja kalau itu cuma hoax. :)

  5. @All : Setelah disarankan untuk mencari informasi tentang Misteri Gunung Sadahurip Garut oleh Kang putrabandung, akhirnya sayapun menemukan beberapa informasi yang berkaitan dg masalah tsb :

    1. Warga Garut Jadi Heboh dengan Gunung Piramida :
    http://www.detiknews.com/read/2011/11/23/141130/1773778/10/warga-garut-jadi-heboh-dengan-gunung-piramida?n991102605#anchornothing

    ‎2. “Piramida Garut” Terinspirasi Bosnia? http://nasional.vivanews.com/news/read/268960-misteri–piramida-garut–terinspirasi-bosnia-

    3. Inilah Piramida Raksasa di dalam Bukit di Garut Jabar : http://atlantis-lemuria-indonesia.blogspot.com/2011/03/inilah-piramida-raksasa-di-dalam-bukit.html

    4. Tak Mudah Menentukan Jenis Kelamin Gunung Sadahurip : http://www.rakyatmerdekaonline.com/read/2012/01/25/52947/Tak-Mudah-Menentukan-Jenis-Kelamin-Gunung-Sadahurip-

    5. Situs Sadahurip dan Teknologi Tinggi di Masa lalu : http://www.rakyatmerdekaonline.com/news.php?id=53145

      • BERITA TERANYAR TERNYATA ANDI ARIEF MULAI TIDAK PERCAYA DENGAN KLAIM “PARANORMAL” KANG DICKY DAN PARA MUQOLIDNYA (PENGIKUT) MURID-MURID HIKMATUL IMAN BAHWA ADA PIRAMIDA DI GARUT. SEKALI LAGI TIDAK ADA TIM KEPRESIDENAN MENCARI PIRAMIDA GARUT!!!!!! APALAGI ADA AHYTIREMA LAGI BERHIBERNASI DIDALAM PIRAMIDA, AGAR TIDAK MALU ANDI ARIEF MERALAT UCAPANNYA, SEMOGA ALLAH TA’ALA MEMBONGKAR SEMUA KEPALSUAN “PARANORMAL” KANG DICKY YANG SEMUA KEILMUAN TIME TRAVELNYA ITU HASIL DARI DIPERDAYA OLEH ANGAN-ANGAN KOSONG SETAN
        Andi Arief: Peneliti Katastropik Purba Tidak Mencari Piramida Garut

        Jakarta – Belakangan mencuat kehebohan terkait keberadaan ‘harta karun’ berbentuk piramida ribuan tahun di dalam Gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat. Bahkan kabar beredar, ada tim yang sengaja dibentuk untuk mencari piramida itu.

        Staf Khusus Kepresidenan bidang Bencana Alam, Andi Arief, menegaskan Tim Bencana Katastropik Purba yang dibentuk tahun 2011 bukan untuk mencari piramida. Namun tim ini mencari data bencana di masa lalu.

        “Ada simpang siur di luar, kita tidak cari piramida, tapi cari data kegempaan,” ujar Andi dalam diskusi bertajuk ‘Menguak tabir peradaban dan bencana katastropik purba di nusantara untuk memperkuat karakter dan ketahanan nasional’ di Gedung Krida Bakti, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (7/2/2012).

        Jika dalam penelitian itu ada fakta tertentu yang ditemukan, maka akan diteruskan ke instansi terkait.
        “Jadi cari bencana di masa lalu, nanti apakah berhubungan dengan temuan itu, serahkan ke ahli,” ucap Andi.

        Tim ini dibentuk pada 2011 lalu berdasar minat dan hobi para peneliti kebencanaan. Yang diteliti tim ini adalah terkait unsur peradaban dan bencana.

        Penelitian yang dilakukan Tim BKP bukan pada sumber bencana langsung, tapi pada peninggalan purba. Selain itu tim juga akan mencari pusat peradaban di masa kerajaan seperti Majapahit, Sriwijaya, Sunda dan Galuh yang belum ketahuan.

        (nvt/lia)

      • @perdana
        Dari lampiran tulisan kamu, andi arief ngga nyebut2 kang dicky deh, kamunya aja yang ke geeran… sepertinya… padahal ada pihak yang menggunakan paranormal dlm proses mencari piramida ini yaitu Turangga Seta, coba ditanggapi, daripada terus merengek-rengek menyudutkan kang dicky yang ngga merespon rengekanmu itu… He he

      • woi, gimana surat tantangan ke KD dah dikirim belum.. jangan banyak bacot ngomong doang n fitnah sana sini!!!

        wong kito gelo!

      • @barakah hi: tenang dlu kg, sebaiknya jgn emosian bgtu. klo kita difitnah, kita ladenin aja dgn sikap terbaik,..toh sgl sstu bkl ada pertanggung jwbnya, baik itu sesuatu yg kecil aplgi fitnah.

      • menggunakan paranormal dlm proses mencari piramida ini yaitu Turangga Seta

        YAYASAN TURANGGA SETA = DICKY ZAINAL ARIFIN , TS KAN PERNAH SOWAN KE KANG DICKY MINTA PETUNJUK DAN ARAHAN MENGENAI KEYAKINAN ADANYA PIRAMID DI GARUT? TERNYATA ADA “PARANORMAL” YANG LEBIH TINGGI DARI TURANGGA SETA(N) :d ;)

      • btwnw antum udah lakuin apa yah? nemuin apa donk..? apa donk yg bs kalian lakukan selain mengkritisi, memfitnah, menjudge sesat, setan, dajal, murtadin, kafirun..? apa donk yg bs kalian lakukan selain berpoligamy, memelihara janggut?

      • @adioos
        like this, iya apa yang sudah Perdana lakukan selain menggombal di blognya ini, karya nyatanya apa untuk kemashlahatan umat?…
        Yang jelas karya nyata PA ini cuma menuduh seseorang atau kelompok itu sesat, ada jinnya… Merasa dirinya paling pintar dengan data pendukung hasil copas dari internet…, Komentar2 pengunjung blognya ini nanti dijadikan data valid untuk buku2 yang ditulisnya… Jadi ngga perlu cape2 riset, data ngumpul, bikin buku, dijual, untung deh… Btw ini salah satu tanda2 penyakit kejiwaan bukan ya???

      • sepertinya orang ini (PEA) emang sakit jiwa kli ya..
        kalau orang sehat n dewasa pasti g akan berbuat sehina ini. tuduh orang sembarangan tidak tahu malu..panas juga rasanya membaca tuduhan yg tak kenal lelah dari PEA ini.

        kita tunggu aja deh datangnya bulan maret!

      • unk pengenalan ato publikasi tentang apa yg kita perbuat itu bkn pamer..kaya kt buat bahan bakar air, terus kita persentasikan di salah satu instanti pemerintah..nah dr sana masyarakat mulai mengenal..klo ada yg berminat bs membeli ato investasi unk memperoduksi..intinya kita berbuat langkah nyata unk kemaslahatan umat dan bukan niat unk riya..!! sbtlnya hal ini dah ada dr jaman dl, kaya ibnu shina meneliti tentang ilmu kedokteran, lalu dia persentasikan unk pengenalan kpd publik dan hingga sekarg mendunia apa yg dia kembangkan dan itu bkn riya..!!! ju2r ajah sy hampir sulit melihat langkah nyata kalian selain mengkritisi..

      • tong kitu bung adioos, memelihara janggut itu bagian dari iman, sedang poligami dibolehkan dalam islam. komentar anda bisa diplintir sma si geboy.. trus dia koar2 deh kalau HIers anti syariat.

        klau seandainya PEA g pake akal n gemar menebar fitnah permusuhan, tanggapan kita jgn sampai malah menyerang agama sendiri, kudu terukur.

        ok bung adioos.

      • Setuju Pak Barakah HI.

        Sebaiknya jangan melebar ke permasalahan lain. Fokus saja ke pertentangan yang sudah ada. Pak Ustadz PA mungkin sekali salah tapi Syariat Islam tidak mungkin salah.

      • @perdana
        yayasan turangga seta = dikcy zainal arifin
        anda bisa buktikan ????
        mana surat undangan anda, saya lihat sampai hari belum ada
        katanya mau maret ke bogornya
        kalo mengundangnya mendadak jangan salahkan HI tidak datang yah

      • Pea..pea
        Ini bahasa politik. Makanya kalau melihat sesuatu jgn lihat lahirnya aja.
        Dari artikel diatas penelitian tetap lanjut tuh. Tp dgn alasan yg disembunyikan.
        Btw surat tantangan k KD dah dikirim belum? Kalau belum buruan dikirim. jd ntar KD seandainya merasa pantas meladeni anda, akan menyesuaikan jadwal n pola kesibukan beliau.

      • @om perdana: so…gmn pndpt ente mgnai hal ini brdsr dr pemahaman agama mnrt ente?? mrka iagi,andi arif dan KD tlh mengutarakan pendapatnya,… so bgmn pendapatnya ‘ahli agama, mufti ahli metafisis tuaku perdana akhmad’ mengenai hal ini dlm artikel khusus??

        atwkh sang ‘mufti metafisis’ ini karya ilmiahnya hanya mengaduk2 informasi dgn bumbu su’udzon saja??? klo emg dmkian…syg sekali klaim pejuang tauhidnya hnya mengotori agama. ditunggu om artikelnya.. :D :D
        hr ini smp dsni aja ah ol nya. siap2 mo nongton bola dulu..yuuukk

      • @perdana ahmad
        anda percaya aja sama berita hasil google, tahu tidak politik diindonesia
        media itu disetir pemerintah tuan…jadi banyak sekali kebenaran yang ditutupi, buktinya kasus century sekarang kemana??gayus kemana??
        pokoknya yang kira-kira menyita perhatian publik banyak rekayasa
        tapi ngomong2 anda pernah datang langsung ke sadahurip tidak ??
        ane jamin 1000 % belum

      • saya benar-benar kehabisan kata kata: kesurupan jin, bisikan jin, memanggil jin diberi label yang sangat ilmiah yaitu pararell exsistence. bakar Menyan (kemenyanpun) untuk manggil jin sekarang udah sangat modern istilahnya jadi Menyan Institut technology.
        Apalagi ya hakikatnya ilmu perklenikan yang sudah dimodernkan ?? Ohya jika di HIkmatul Iman mungkin ada istilah INSTAL SOFTWARE yang pada hakikatnya pada lah pengisian jin atau malah cuma delusi KD saja tidak ada kekuatan apapun ketika menginstal software pada anak muridnya yang diklaim bisa mengubah kondisi alam atau prilaku manusia dengan instal software amigdala hehehe

      • Klo di ruqyah berbanding terbalik…mantra di bilang do’a,..syirik di bilang syariah…Tukang tipu di bilang ustad…!!he3..!!

      • @perdana
        kok anda keki banget yah sama KD, instal software dibilang diisi jin
        emang anda sudah pernah lihat prosesnya dengan mata kepala anda sendiri ??
        coba deh jangan mendengar kata si A kata si B
        mau ngajak ketemuan bawa-bawa perguruan lain
        menyedihkan
        saya sponsori untuk ketemu berdua dengan KD nggak berani
        kalo pejuang tauhid setahu saya tidak takut terhadap apapun
        apalagi ini KD sudah dianggap sesat oleh anda
        kalo perlu kotanya anda yang tentukan
        SAYA AKAN BAYAR SEMUA TIKET DAN AKOMODASI BUAT ANDA SEORANG, artinya anda tidak boleh didampingi siapun
        KD pun juga sendiri,
        sok tentukan dimana dan tanggal berapa ?? saya tinggal booking tiket untuk anda
        buat rekan-rekan perdana kayak TD, lukman mubarok , dll tidak usah ikut, ini hanya pertemuan berdua antara KD dan perdana
        saya tunggu tanggapan anda, jangan ngeles lagi yah

      • @om PA: kmi gk ada hubunganya dgn menyan dan jin. bahkan kami tegaskan tidak pernah ada acara bakar menyan, ato mesyaratkan menyan dlm latihan atwpn dlm instal softwr yg dmksd. sekarang ane mhn tanggapan dr ahli metafisis mngnai hal ini,
        apakah kmi mnggunakan jin?? ato yg diinstalkn KD itu jin?? silahkan jawab!!!

      • sori td slh posting tmpt, mksd ane mw nanggepin komen pa yg ini. biar rapi,yg bwh slhkn apus.

        @om PA: kmi gk ada hubunganya dgn menyan dan jin. bahkan kami tegaskan tidak pernah ada acara bakar menyan, ato mesyaratkan menyan dlm latihan atwpn dlm instal softwr yg dmksd. sekarang ane mhn tanggapan dr ahli metafisis mngnai hal ini,
        apakah kmi mnggunakan jin?? ato yg diinstalkn KD itu jin?? silahkan jawab!!!

      • “YAYASAN TURANGGA SETA = DICKY ZAINAL ARIFIN , TS KAN PERNAH SOWAN KE KANG DICKY MINTA PETUNJUK DAN ARAHAN MENGENAI KEYAKINAN ADANYA PIRAMID DI GARUT? TERNYATA ADA “PARANORMAL” YANG LEBIH TINGGI DARI TURANGGA SETA(N) :d”

        @Pak Perdana saya minta tolong kepada anda agar memberikan LInk informasi/sumber tentang “TS PERNAH SOWAN KE KANG DICKY MINTA PETUNJUK DAN ARAHAN MENGENAI KEYAKINAN ADANYA PIRAMID DI GARUT”

        Mudah-mudahan jadi informasi tambahan bagi semua pihak..
        Terimakasih

  6. @widjojo
    anda pernah melihat belum??
    pasti kan cuma mendengar katanya dan katanya
    sok atuh ketemuan dibandung, itu juga kalo anda orang bandung
    tar kita lihat pa widjojo pembuktian dibulan maret nanti kalo benar ada piramida berarti yang disampaikan kang dikcy bukanlah hoax
    lagian anda kan tidak ikut pembahasan masalah ini di gedung krida kan??
    anda cuma mengandalkan mbah google
    padahal yang hadir para ahli semua lho
    masa para ahli mau dengerin omongan KD
    nih sy kasih artikel terbaru soal gunung padang yang juga diperkirakan merupakan piramid
    Dugaan Piramida di Gunung Padang Mendekati Kenyataan

    Setelah melakukan pengeboran secara diam-diam, Tim Katastropik Purba menemukan atap, lorong, dan material pasir di kedalaman 26 meter terkubur di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Penemuan itu membuktikan gambar yang dihasilkan dari pemetaan geolistrik berupa piramida itu untuk sementara ini benar. Koordinator Tim Katastropik Purba sekaligus Staf Presiden Andi Arief mengatakan itu dalam International Conference on Indonesian Studies yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Kamis (9/2).

    Menurut dia, susunan yang ditemukan diduga kuat atap piramida persis seperti hasil geolistrik. Saat ini, temuan tersebut akan dilanjutkan dengan tahap eskavasi. Untuk itu, ia meminta agar pihak-pihak lain untuk menahan diri tidak mengomentari hasil temuan sementara itu sebelum seluruhnya rampung. “Kita mengimbau para ahli yang tidak melakukan riset, untuk bersabar. Terbukti di Gunung Padang itu sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan ternyata ada,” ujarnya.

    Dugaan adanya piramida di Gunung Padang juga berlaku untuk Gunung Sadahurip. Sebab, gambar hasil pemetaan geolistrik di Sadahurip juga hampir sama dengan gambar geolistrik di Gunung Padang. Oleh karena itu, ia tidak akan berhenti menelusuri keberadaan bukti-bukti arkeologi di kedua titik tersebut. Rencananya, pengeboran Sadahurip akan dilakukan mulai Maret mendatang. “Dari hasil geolistrik antara Gunung Padang dengan Sadahurip itu tidak begitu beda. Pembuktiannya nanti melalui pengeboran. Yang jelas, Gunung Padang hasilnya sama antara pengeboran dan geolistrik,” ucapnya.

    Andi mengaku bahwa upaya riset dan penelitian itu telah mendapat restu dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Oleh karena itu, upaya penelitian terkait itu akan terus dilakukan. Pekerjaan besar ini adalah yang pertama kali dilakukan di dunia karena terencana. Sejak masa kolonial berakhir, kata dia, penemuan arkeologi hanya berdasarkan faktor kebetulan semata. Misalnya karena kebetulan ditemukan oleh petani yang sedang mencangkul. kalau pada tahun 1800 saja ditemukan banyak bukti sejarah, kita kok sekarang sedikit sekali, lebih banyak karena cangkulan petani.

    Terkait rencana pengeboran Sadahurip dan Gunung Padang, Pakar Genetika sekaligus penulis buku Eden in The East, Profesor Stephen Oppenheimer enggan berkomentar banyak karena dirinya tidak meneliti hal itu. Pada kesempatan itu, Oppenheimer hadir menyampaikan pidatonya terkait hasil temuannya tentang teori banjir besar yang menenggelamkan Sundaland (Benua Sunda) yang merupakan wilayah Asia Tenggara kini.

    Dalam bukunya berjudul Eden in The East, Oppenheimer mengatakan bahwa peradaban Benua Sunda adalah awal mula dari peradaban maju yang ada di dunia. Hal itu ditandai dengan adanya penemuan sistem agrikultur dan peternakan yang telah maju sejak 16.000 tahun yang lalu.

    Yang dimaksud dengan Sundaland oleh Oppenheimer yaitu melingkupi Indonesia kecuali Sulawesi dan Papua yang berbeda lempeng bumi, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan negara Asia Tenggara lainnya saat ini. Wilayah Asia Tenggara semula berada di satu daratan, namun terpisah setelah didera banjir besar berupa kenaikan muka air laut akibat es di kutub utara yang mencair.

    Banjir besar itu terjadi tiga kali, yaitu yang pertama terjadi pada 14.500 tahun yang lalu yang menenggelamkan sebagian wilayah Jawa sehingga membentuk Pulau Jawa terpisah dari Kalimantan dan Sumatera yang terpisah oleh Laut Jawa dan Selat Sunda. Selain itu, banjir besar periode pertama itu juga menenggelamkan sebagian utara Kalimantan dan Sumatera sehingga membentuk Pulau Sumatera terpisah dengan Malaysia dan Kalimantan serta terbentuknya Laut China Selatan. Banjir kedua terjadi pada 11.500 tahun lalu dan banjir ketiga terjadi pada 8.400 dan 7.250 tahun lalu. “Ketiga banjir besar itu

    Andi meminta agar tidak mengkait-kaitkan penelitian Tim Katastropik Purba dengan teori Oppenheimer tersebut. Menurut dia, justru penelitian itu dilakukan untuk menambah bukti-bukti baru yang mendukung teori Oppenheimer.

    kok mengarah ke sunda land, artinya peradaban lemuria benar-benar pernah ada
    tapi sayang yah kelihatannya anda tidak datang kesana
    jadi gitu deh skeptis terus

  7. Nabi isa kan sudah wafat..knp admin berpendapat dia akan kembali ke bumi..? siapa yg meriwayatkan hadist tsb? apakah dia seorng mualaf? yg melekat jiwa kecintaanya kpd nabi isa

  8. @perdana ahmad
    itulah bedanya seorang peneliti dengan anda, biar mereka habis uang miliyaran tapi mereka puas, karena penelitiannya
    lagian apa salahnya dengan penelitian yang menghabiskan uang besar
    toh untuk membuktikan kebenaran itu memang perlu biaya yang besar
    jangan cuma bikin blog saja, tapi datang langsung ketempat atau obyek penelitiannya
    kayaknya anda belum bicara dengan orang-orang geologi
    tahu tidak kenapa freeport bisa menguasai emas di indonesia
    karena mereka punya data, dimana data tersebut didapat tentu dari penelitian
    mungkin anda bisa bicara percuma meneliti sadahurip atau gunung padang, tapi apabila anda bicara hal tersebut pada peneliti purbakala mungkin anda yang akan ditertawakan
    anda tidak suka dengan HI dan KD tapi percaya tidak karena HI dan KDnya website anda menjadi ramai
    yang jadi pertanyaan kapan anda akan tabayun dengan KD??
    mau bikin buku berseri yah, kok ikut-ikut KD yah??latah yah tuan perdana ??

  9. Kok saya jadi susah berkomentar ya?pake menunggu moderasi dulu sekarang mah?

    Padahal saya mau nambahin informasi tentang Misteri Gunung sadahurip dari berbagi sumber baik yang pro ataupun yang kontra, biar di blog ini infonya nanti berimbang..

      • Nihil… Tak Ada Peninggalan Berbentuk Piramida
        M.Latief | Latief | Kamis, 2 Februari 2012 | 00:07 WIB

        GARUT, KOMPAS.com — Kabar mengenai peninggalan bersejarah di Gunung Sadahurip, Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang menyerupai bangunan piramida, tidak dapat dibuktikan. Pernyataan tersebut dipaparkan dinas pariwisata setempat berdasarkan laporan tim ahli geologi dan arkeologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang datang melakukan penelitian di gunung tersebut.

        “Bentuk menyerupai piramida itu terbentuk secara alami, jadi tidak bisa dikatakan kalau di dalam Gunung Sadahurip memendam piramida peninggalan sejarah,” kata Warjita, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, kepada wartawan, Rabu (1/2/2012).

        Pernyataan Warjita tersebut berdasarkan laporan tim ahli geologi dan arkeologi dari ITB yang datang melakukan penelitian di Gunung Sadahurip beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima tim peneliti ITB, Gunung Sadahurip tidak memendam peninggalan bersejarah atau bangunan piramida yang disebut-sebut oleh Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief.

        Warjita mengatakan, berdasarkan keterangan tim penelitian yang dipimpin ahli geologi ITB, Sujatmiko, Gunung Sadahurip yang membentuk mengerucut seperti piramida karena proses pembentukan alam.

        “Secara alami dan tidak bisa dikatakan kalau di dalam Gunung Sadahurip memendam piramida peninggalan sejarah,” katanya.

        Warjita menambahkan, penilaian tim dari ITB menyayangkan langkah penelitian oleh tim sebelumnya yang menyalahi aturan. Tim peneliti dari ITB, kata Warjita, menilai tim peneliti Gunung Sadahurip sebelumnya langsung melakukan pendeteksian pada lapisan tanah, tidak terlebih dahulu menempuh jalur historis dan tanda-tanda peninggalan sejarah sekitar gunung. Apalagi dikaji dari sejarah di Indonesia, kata Warjita, tidak pernah mengenal adanya peradaban pembuatan piramida, kecuali mengenal adanya punden berundak dan candi.

        “Langkah penelitian tim dari pusat pun sudah menyalahi prosedur penggalian benda-benda bersejarah. Dilihat historis di Indonesia tak pernah mengenal peradaban pembuatan piramida,” katanya.


        Vulkanolog-Arkeolog-Geolog Patahkan Teori Piramid Sadahurip

        Didit Putra Erlangga Rahardjo | Marcus Suprihadi | Jumat, 3 Februari 2012 | 12:32 WIB

        BANDUNG, KOMPAS.com- Simpang siur mengenai teori keberadaan piramid di Gunung Sadahurip, Kabupaten Garut, dengan Gunung Lalakon, Kabupaten Bandung, dijawab oleh gabungan ahli gunung api, geologi, dan arkeologi sekaligus. Hasilnya, peluang keberadaan bangunan piramida di kedua gunung itu sangat kecil dan mendekati nihil.

        Kesimpulan tersebut mengemuka dalam seminar yang khusus membahas teori tersebut yang diselenggarakan Ikatan Ahli Geologi Indonesia di Bandung, Jumat (3/2/2012). Hadir sebagai pembicara, Sujatmiko, geolog, Sutikno Bronto (vulkanolog), dan Lutfi Yondri (arkeolog).

        Sutikno mengawali dengan memaparkan bahwa gundukan berbentuk limas di dua gunung tersebut bukanlah disebabkan tangan manusia melainkan proses pembentukan alamiah oleh gunung api muda. Bentuk limas disebabkan energi dan volume magma saat menerobos serta geometri zona lemah yang diterobos.

        “Gunung ini adalah kerucut lava gunung api kuarter yang muncul dari kompleks gunung api talagabodas,” ujar Sutikno.

        Sujatmiko melanjutkan bahwa berdasarkan ilmu geologi dasar saja bisa diketahui bahwa Gunung Sadahurip maupun Lalakon berisi batuan, bukan struktur piramida buatan manusia.

        “Satu hal yang bisa diambil manfaatnya, kontroversi ini merangsang minat masyarakat untuk belajar geologi dan lebih mengerti alam mereka,” ujar Sujatmiko.

        Sama halnya dengan dua orang sebelumnya, Lutfi mengatakan bahwa dari sudut pandang arkeologi, tidak ada penemuan artefak yang mendukung keberadaan piramid di sana. Bila memang ada upaya dari manusia untuk membangun sebuah struktur seperti piramid, seharusnya ada artefak yang ditemukan di sekitarnya seperti bekas peralatan dan sebagainya.

        “Dalam lintasan sejarah Indonesia, tidak ditemukan bekas kebudayaan yang terkait dengan piramida,” kata Lutfi.

        Dia pun membandingkan piramida di Mesir yang didominasi dataran dan dihubungkan dengan pola pikir manusia zaman dulu yang beranggapan bisa dekat dengan apa yang disembah bila berada di tempat tinggi. Dibandingkan dengan kondisi Jawa Barat yang berbukit-bukit, sudah banyak artefak yang mengindikasikan orang di masa lalu lebih memilih untuk mengubah puncak gunung sebagai tempat ritual daripada membangun struktur lagi.

        ..

      • Dibandingkan dengan kondisi Jawa Barat yang berbukit-bukit, sudah banyak artefak yang mengindikasikan orang di masa lalu lebih memilih untuk mengubah puncak gunung sebagai tempat ritual daripada membangun struktur lagi.

        Mesir datar dan tidak punya. Jadi wajar mereka membuat struktur bangunan tinggi.

        Di Indonesia, buat apa buat lagi gunung?

  10. Ternyata… Master Quranic Healing Technique : Perdana Akhmad, S.Psi
    perdana akhmad adalah seorang master… Pantasaan pintar sekali…

  11. assalamualaikum gan,
    komen saya sepertinya ya “ngapain musti ribut2″, toh orang bikin novel itu biar laris pasti ceritanya dibuat yang spesial (kagak niru2 cerita harry potter), kemungkinan target pasarnya buat penggemar fiksi non ilmiah, jadi tidak perlu referensi2an karena bikin bukunya berdasarkan perjalanan “wisata alam bawah sadar” di masa lalu, wajar bila tidak sesuai referensi zaman sekarang yang juga tidak tahu asal-usulnya menjadi dasar fakta sejarah yang kita percayai, ya jangan dibandingkan dengan produk skripsi, penulisnya pun ga perlu dituduh sebagai “nabi” yang bikin kitab suci (sori ga ada maksud membela penulis arkhytirema, ga perlu fitnah orang), yang jelas sekarang yang bikin kitab suci palsu dengan mengaku sebagai nabi (palsu) setelah Nabi Muhammad SAW sudah jelas hukumnya harus diapakan, agan mendingan bikin buku tandingannya (buktikan oom kalo mr dicky sebagai saingan perguruan ilmu lahir-bathin yang harus dikalahkan), anak2 calon anggota HI semakin membludak toh, masa perguruan beladiri hikmah metafisik yang agan pimpin kalah??

    kecuali berita piramid garut bisa jadi benar, karena di daerah kabupaten bandung pun ada gunung2 gundul berbentuk kerucut mirip sadahurip perlu diteliti juga tuh apa memang benar sama?

  12. @all
    tunggu maret aja, kita lihat apa nanti pembuktiannya, saya kebetulan juga akan kesana, nanti akan ada foto-fotonya
    yang jelas kalo memang nanti ada piramida didalamnya tidak usah ngotot lagi, buang-buang tenaga
    ngomong2 tuan
    perdana mau datang untuk pembuktian bulan maret nanti tidak ??
    saya tunggu disana aja yah, tahu kan posisi sadahurip dimana??

  13. @perdana
    sekali lagi anda kan mengandalkan google saat mencari informasi
    sedang saya kan datang langsung kegedung krida
    dan melihat langsung, ingat diindonesia banyak sekali berita yang direkayasa
    sy berani bersumpah demi allah memang masalah ini sudah melibatkan tim presiden,
    jangan asal ngomong kalo anda tidak datang ke gedung krida
    foto-foto saat digedung krida pun saya punya, dan itu tidak akan pernah ada di google
    yang jelas tunggu saja bulan maret nanti, kita lihat siapa yang benar dan siapa yang salah

  14. dari webnya Turangga Seta.
    Proses Penemuan Piramida Lalakon

    Monday, 03 October 2011 19:46 Rwaja Segara

    Kecurigaan awal keberadaan Piramida di negeri ini berawal dari rangkaian Ekspedisi Turangga Seta memetakan relief di Candi Penataran (Blitar, Jawa Timur) mulai dari tahun 2007 sampai 2009. Pada beberapa panel relief di Candi Penataran jelas terlihat keberadaan banyak sosok bangsa asing yang datang ke Nuswantara di masa lalu yang menggambarkan posisi mereka sedang menyembah kepada leluhur kita.
    @Perdana, mereka melakukan juga riset lho ngga cuman copy paste dan menginterpretasikan sendiri layaknya ahli tanpa bukti fisik seperti kebiasaan kamu itu…dan ujung2nya menganggap sesat orang lain… Bagaimana bangsa ini mau maju jika sedikit2 dianggap sesat… Kayak zaman bumi masih datar kali ya pemikiran perdana cs ini…

    • @MANIK DEPRESI : apakah anda tahu tekhnik mereka dalam meriset??? dengan ilmu “cocokologi” (asal mencocokkan) mengira-ngira relief lalu digabung dengan ilmu parallel existence memanggil leluhur (roh halus). Mereka terkesan bangga menyebut timnya sebagai MIT atau Menyan Institute of Technology dengan argumentasi bahwa dalam melakukan perburuan situs prasejarah, dengan ritual pembakaran kemenyan untuk mengundang roh leluhur, yang yayasan Turangga Seta ini mendapat sokongan informasi lokasi dari informan tak kasatmata (roh leluhur) (VIVAnews, 17 Maret 2011).

      ANDA MASIH MAU PERCAYA DENGAN KEGILAAN NEW KEJAWEN (Kejawan gaya baru/modern) TURANGGA SETA DENGAN AJARAN SYIRIK DAN SESAT DIDALAMNYA ???? SELURUH ILMUAN AKAN DIBUAT TERTAWA JIKA MEMPERCAYAI TS

  15. Pak Perdana,
    Edi mo komentar boleh yaa, kata pak gurunya edi di sekolah pernah menerangkan kalau candi borobudur di magelang juga dulunya terkubur tanah seperti piramid sadahurip itu sehingga terlihat seperti gundukan bukit, setelah digali para arkeolog akhirnya terungkap tuh ternyata dari dulu Candi Borobudur terkubur dalam tanah dan akhirnya ditemukan oleh orang Belanda, eh sori, Inggris (kok orang bule terus penemunya? Edi jadi heran deh).
    Katanya penemuan Candi Borobudur tercatat pada tahun 1814 ketika sir Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris yang menjadi wali Negara Indonesia mengadakan kunjungan ke Semarang. Raffles mendapatkan informasi bahwa di daerah kedu telah ditemukan susunan batu bergambar. Raffles mengutus Cornelius seorang Belanda untuk mengadakan penelitian. Pekerjaan tersebut dilanjutkan oleh Residen Kedu bernama Hartman pada tahun 1835.
    Pendokumentasian bangunan dan relief berupa gambar dilakukan oleh Wilsen selama 4 tahun sejak tahun 1849. Sedangkan pendokumentasian berupa dokumen foto dilakukan oleh Van Kinsbergen tahun1873 ini kata http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/sejarah-penemuan-candi-borobudur/
    menurut edi sih kok bisa orang bule ya & yang bikin heran edi baru baru sekarang2 orang indonesia mau meneliti keberadaan benda2 purbakala seperti piramid, kenapa ga dari dulu..? kok kenapa ya pak, museum kebudayaan sunda ada di belanda..? apa sejarawan belanda kaga mau ngasi tau?

    • Proses penemuan candi raksasa sebesar Borobudur masih lebih masuk akal dibanding piramida. Sebelumnya, sudah ada indikasi keberadaannya. Misalnya ada banyak candi-candi lebih kecil tersebar di Jawa.

      Apakah sudah ditemukan indikasi bahwa ada piramid-piramid lebih kecil di Indonesia? Atau mungkin disebutkan ada piramid dalam salah satu karangan kuno?

      Itulah yang dimaksud dalam artikel http://regional.kompas.com/read/2012/02/02/00075793/Nihil.Tak.Ada.Peninggalan.Berbentuk.Piramida

      Warjita menambahkan, penilaian tim dari ITB menyayangkan langkah penelitian oleh tim sebelumnya yang menyalahi aturan. Tim peneliti dari ITB, kata Warjita, menilai tim peneliti Gunung Sadahurip sebelumnya langsung melakukan pendeteksian pada lapisan tanah, tidak terlebih dahulu menempuh jalur historis dan tanda-tanda peninggalan sejarah sekitar gunung. Apalagi dikaji dari sejarah di Indonesia, kata Warjita, tidak pernah mengenal adanya peradaban pembuatan piramida, kecuali mengenal adanya punden berundak dan candi.

      “Langkah penelitian tim dari pusat pun sudah menyalahi prosedur penggalian benda-benda bersejarah. Dilihat historis di Indonesia tak pernah mengenal peradaban pembuatan piramida,” katanya.

      • assalamu’alaikum
        @widjoyo, biarkan saja mereka mau mengadakan riset dan lain sebagainya, selama biaya risetnya bukan dr negara.
        klo emang bner ada, negara wajib mengganti biaya riset dr mereka.
        tp sekarang dah tgl 19-03-2013 ga ada yang namanya piramida di indonesia.
        semua posting dugaan piramida di indonesia hanyalah postingan lama

    • @ku aing ditojos make kujang siah
      muhun kang..dia bangga amat blog yang isinya adu domba
      tar yah ane postingan di dari wallnya face book perdana ahmad
      soal betapa bangganya dia dengan debat yang terjadi diblog ini
      tapi kadang bingung diajak ketemuan duaan jeng KD tidak mau
      mau ketemu kalo ada perguruan lain atau media
      apa itu bukan popularitas ??

  16. asik….
    tanggal 25 Februari 2012 kita mo turing neh ke sadahurip Garut,…sekalian hunting barangkali ada yang mo jual tanah gak di garut…buat bikin penginapan , lumayan, kan bentar lagi sadahurip bakal rame jadi objek wisata….mari gabung…

  17. @barakah HI

    kalem kang. piraku kacandak ka hate? da di dieu ngan ukur seratan. langkung sae mun akang ngabantah nganggo data atawa argumen nu sae. supados teu sia2 urang nyeratna. sadayanana uih deui ka nu maos. da ucapan mun salah mah… sadayana ge dipertanggung jawabkan di hadapan Allah.

  18. Ping-balik: Audio Books Childrens | All On Audio Books

  19. kalau masih jadi perdebatan terus bongkar saja buktikan, buanyak alat- berat raksasa sebentar juga rata tuh gunung….yang penting ada duitnya boooosss….percaya paranormal ya syirik….hihihihi serem ancamannya

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s