BELAJAR HURUF HIJAIYAH DAN BAHASA ARAB VS HURUF DAN BAHASA LEMURIAN

Terimakasih kepada Bung Widjojo yang telah memberikan ilham bagi saya untuk membuat artikel ini. Saya sangat miris melihat kenyataan Kang Dicky banyak mengajarkan kebid’ahan kepada anak muridnya bahkan kemasyarakat banyak. Bagaimana tidak, KD dengan yakinnya mempromosikan Huruf dan angka Lemuria yang sama sekali tidak bisa dipakai sebagai Huruf dan Bahasa Internasional bahkan lebih dari itu sama sekali tidak digunakan dalam suatu negara bahkan suatu daerah/kampung. Tolong tunjukkan bukti pada saya satu Negara, kota, kampung yang menggunakan huruf dan angka lemurian ini? Saya jamin tidak ada!

KD mengatakan bahwa :” Yang pertama kali harus kita lakukan agar menjadi manusia maslahat adalah dengan belajar dan mengajarkan Huruf LEMURIAN, karena Huruf LEMURIAN tersebut mampu menetralisir Pola MINNARA. MINNARA Adalah Sistem pendidikan Bangsa Atlantis (Skrg Barat/Israel) yang membolak-balik pola pikir Manusia.  Secara Sunnatullah, pikiran manusia bergerak dari kanan ke kiri, namun oleh pola pikir MINNARA ini dibalik menjadi dari kiri kekanan, sehingga terjadi kekacauan. Dengan kekacauan itu manusia mudah dikuasai oleh Bangsa ATLANTIS.
Otak Manusia diberi pengatahuan yang banyak, tapi sedikit demi sedikit, sehingga terjadi penumpukan pengetahuan yg tidak berguna. Akibatnya, manusia tidak bisa berpikir dengan baik dan hanya punya dorongan yang sangat kuat untuk menjadi Buruh atau pekerja.
Pola ini pun mengjarkan tujuan pendidikan menjadi sebuah nilai berupa angka dan penghargaan berupa benda atau piagam sebagai suatu kebanggaan. MINNARA pula mengajarkan tentang target-target hidup berupa impian-impian (impian menjadi dorongan). MINNARA pun mengajarkan untuk selalu mencuri ilmu dan mencontek hasil orang lain dengan istilah “referensi”.

Jawab:

Yang pertama kali harus kita lakukan agar menjadi manusia maslahat adalah dengan belajar dan mengajarkan Huruf LEMURIAN”

Perkataan ini adalah merupakan bentuk kebodohan yang nyata dari KD, dia mengatakan agar menjadi manusia maslahat  adalah dengan belajar dan mengajarkan huruf lemurian. Sekarang saya mau mengajak rekan-rekan berlogika,  huruf lemurian tidak dikenal didunia Internasional, tidak pula digunakan suatu bangsa, kota atau wilayah maka tiada sama sekali untungnya mempelajari huruf lemurian sebab tidak akan berguna sebagai alat komunikasi ferbal maupun non ferbal.

Belajar huruf dan angka lemurian merupakan bentuk kesia-siaan dan menimbulkan mafsadat/kerugian yang besar! Sebab tidak akan menimbulkan manfaat bagi alat komunikasi dan tidak akan bernilai ibadah sedikitpun!Tidaklah lebih maslahat mempelajari dan menulis huruf dan angka hijaiyah sebagai penyusun bahasa Al-Qur’an, jika mahir menulis dalam bahasa Arab maka tentunya dia juga mahir berbahasa Arab yang akan berguna untuk memahami Al-Qur’an dan menjadi sarana komunikasi yang baik didunia Internasional. Sebab Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam – salah satu agama-agama besar dunia (kita membicarakan tentang lebih dari 1 miliar orang!). Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tetap di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

KD mengatakan :” ….Huruf LEMURIAN tersebut mampu menetralisir Pola MINNARA. MINNARA Adalah Sistem pendidikan Bangsa Atlantis (Skrg Barat/Israel) yang membolak-balik pola pikir Manusia.  Secara Sunnatullah, pikiran manusia bergerak dari kanan ke kiri, namun oleh pola pikir MINNARA ini dibalik menjadi dari kiri kekanan, sehingga terjadi kekacauan. Dengan kekacauan itu manusia mudah dikuasai oleh Bangsa ATLANTIS.
Otak Manusia diberi pengatahuan yang banyak, tapi sedikit demi sedikit, sehingga terjadi penumpukan pengetahuan yg tidak berguna. Akibatnya, manusia tidak bisa berpikir dengan baik dan hanya punya dorongan yang sangat kuat untuk menjadi Buruh atau pekerja.
Pola ini pun mengajarkan tujuan pendidikan menjadi sebuah nilai berupa angka dan penghargaan berupa benda atau piagam sebagai suatu kebanggaan. MINNARA pula mengajarkan tentang target-target hidup berupa impian-impian (impian menjadi dorongan). MINNARA pun mengajarkan untuk selalu mencuri ilmu dan mencontek hasil orang lain dengan istilah “referensi”.

Jawab :

Inilagi bentuk kebodohan berfikir KD! Jika memang bangsa Atlantis yaitu sekarang adalah bangsa barat dan Israel , maka tentunya mereka tahu huruf lemurian begitu canggihnya mengapa mereka tetap menggunakan huruf latin  dalam menulis dan berkomunikasi? Bahkan mereka menulis dari kiri ke kanan! Jika benar huruf lemurian begitu hebatnya mengapa tidak ada sedikitpun literatur yang menyebutkan mereka menggunakan huruf lemurian??

KD mengatakan :” Pola ini pun mengajarkan tujuan pendidikan menjadi sebuah nilai berupa angka dan penghargaan berupa benda atau piagam sebagai suatu kebanggaan. MINNARA pula mengajarkan tentang target-target hidup berupa impian-impian (impian menjadi dorongan).

Jawab :

Penghargaan yang diberikan justru secara psikologis akan menjadi dorongan kepada setiap orang untuk menjadi lebih baik, penghargaan tidak hanya berbentuk fisik (hadiah benda/piagam) melainkan juga bisa berbentuk kepercayaan dan keutamaan dibandingkan orang lain sebagaimana di antara penghargaan yang pernah diberikan Nabi SAW kepada para sahabat penghafal Al Qur’an adalah perhatian yang khusus kepada para syuhada Uhud yang hafizh Al Qur’an. Rasul mendahulukan pemakamannya. “Adalah nabi mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda, “Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal Al Qur’an, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (HR. Bukhari)

Pada kesempatan lain, Nabi SAW memberikan amanat pada para hafizh dengan mengangkatnya sebagai pemimpin delegasi. Dari Abu Hurairah ia berkata, “Telah mengutus Rasulullah SAW sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasul mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada Shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, “Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab,”Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al Baqarah.” Benarkah kamu hafal surat Al Baqarah?” Tanya Nabi lagi. Shahabi menjawab, “Benar.” Nabi bersabda, “Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi.” (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i).

KD jangan bersifat munafiklah, jika penghargaan berupa pemberian benda merupakan bentuk kebodohan dan kehinaan maka anda tentunya tidak pernah memberikan anak anda mainan jika dia bisa menulis, memberikan hadiah ketika anak anda tidak nakal. Penghargaan berupa reward sangat diperlukan untuk menambah semangat bahkan merubah prilaku seserang menjadi lebih positif!

KD mengatakan :” MINNARA pula mengajarkan tentang target-target hidup berupa impian-impian (impian menjadi dorongan).”

Jawab: Apakah KD tidak pernah bermimpi atau berkhayal? Kehidupan dunia modern dewasa inipun diciptakan oleh para pemimpi dan penghayal. Pesawat terbang, mobil, kereta api , radio, televisi, pesawat telepon, pembangkit listrik dan berbagai fasilitas kehidupan modern dewasa ini berasal dari imajinasi dan khayalan para pemimpi. Orang besar selalu melihat sesuatu didalam fikirannya sebelum orang lain melihatnya, lalu mereka mewujudkan impiannya itu ke alam nyata. Pesawat terbang tercipta dari mimpi dua bersaudara Wright. Bola lampu listrik yang menerangi dunia muncul dari mimpi Thomas A Edison. Dan banyak lagi temuan menakjubkan didunia ini yang lahir dari para pemimpi dan penghayal. Kesimpulannya justru Impian yang menjadi dorongan adalah pola yang sangat bagus bukannya kita benci wahai Bung Dicky.

 

KD Mengatakan :MINNARA pun mengajarkan untuk selalu mencuri ilmu dan mencontek hasil orang lain dengan istilah “referensi”.

Jawab : Ini lagi bentuk kebodohan KD! Dia mengatakan referensi adalah mencontek dan mencuri ilmu?? Hehehehehe ini adalah bentuk paling dungu manusia dalam memahami karya ilmiah. Coba katakan pada setiap peneliti ilmiah bahwa referensi itu mencontek dan mencuri saya menjadim opini bodoh KD akan mereka tertawakan!

Saya memang tidak melihat tulisan-tulisan KD menggunakan referensi dan itu membuktikan tulisan KD bukan karya ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan secara intelektual!

Tulisan KD karena lebih banyak opini pribadinya. Kita tidak bisa mengkritisi kebenaran opini-opini yang KD. Semua tulisannya perlu dicek fakta-fakta yang tertulis, apakah memang fakta tersebut benar-benar fakta, atau fakta yang dibuat-buat saja. Lihat, apakah ada sumber atau referensi yang digunakan atau tidak, kalau ada, telusuri.

Adanya referensi, sumber kutipan, dsb adalah wajib. Sehingga tulisan tersebut bisa dipertanggungjawabkan fakta/kebenarannya, sehingga boleh disebarluaskan sebagai ilmu pengetahuan. Ensiklopedia online Wikipedia, dimana setiap orang bisa berkolaborasi (baca: mengeditnya), selalu mensyaratkan artikel yang ada harus memiliki referensi dan sumber yang jelas. ((Mengapa Sumber Diperlukan, http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Kutip_sumber_tulisan, 28 Mei 2008))

KD sangat membangga-banggakan Huruf dan angka lemurian dibandingkan dengan huruf dan angka hijaiyah sebagai bahasa Al-Qur’an. KD mengatakan:” Huruf Lemurian merupakan huruf yang pertama kali digunakan dan menjadi cikal bakal huruf yang dipakai kita sekarang ini, mulai dari huruf latin, arab, dan lain sebagainya. Huruf Lemurian bukanlah huruf biasa. Huruf ini sejalan dengan naik turunnya gelombang pikiran dan kode gen manusia. Huruf Lemurian adalah gambaran dari gelombang otak, bahasa telepati, pergerakan air, dan pancaran kekuatan, gelombang, frekwensi dan semua yang bersifat alami.”

Jawab :

Apakah KD tidak tahu bahwa sesungguhnya Huruf hijaiyah dan bahasa Arab justru merupakan huruf dan bahasa tertua di dunia. bahasa Arab adalah bahasa tertua yang hidup di dunia, dan merupakan bahasa asli dari banyak bahasa, bahkan ada teori yang menyatakan bahwa “bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa” dan mereka yang mengadopsi teori ini berlandaskan pada kenyataan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah, di lain pihak banyak orang-orang bukan-Arab yang kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka (contohnya huruf dhad tidak digunakan dalam bahasa manapun di dunia, dan bahasa Arab sering disebut sebagai bahasa dhad).

Dalam ribuan tahun, sedikit perubahan terjadi pada bahasa ini, dan bahasa ini selalu sesuai pada setiap jaman, menembus berbagai peradaban yang menggunakannya sebagai bahasa asli mereka. Bahkan, bahasa Arab memiliki pengaruh yang besar dalam sebagian besar bahasa yang ada di masa kini. Mungkin, sumbangan bahasa Arab yang paling jelas pada kemanusiaan adalah angka Arab (0,1,2,,3,…), tanpa menyebutkan bahwa banyak kata-kata Arab yang digunakan oleh banyak bahasa pada saat ini (algoritma, sugar, coffee, kopi, alamat, kabar, dan daftar ini terus berkelanjutan….).

Tidak tahukah KD bahwa jika membaca satu huruf hijaiyah dalam Al-Qur’an akan mendapat satu pahala? Tolong tunjukkan pada saya dalilnya membaca satu huruf lemurian akan mendapat pahala dari Allah Ta’ala? Rasul bersabda : “Barangsiapa membaca 1 huruf Kitabullah (Al Qur’an) maka baginya 1 kebaikan, sedangkan 1 kebaikan dapat dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu 1 huruf. Akan tetapi Alif itu 1 huruf, Laam itu 1 huruf dan Miim itu 1 huruf.” [H.R At Tirmidzi dan dishahihkan asy-Syaikh Al Albani].

KD mengatakan : Lemurian bukanlah huruf biasa. Huruf ini sejalan dengan naik turunnya gelombang pikiran dan kode gen manusia. Huruf Lemurian adalah gambaran dari gelombang otak, bahasa telepati, pergerakan air, dan pancaran kekuatan, gelombang, frekwensi dan semua yang bersifat alami.”

Jawab : Memang bukan huruf biasa tapi aneh dan tidak cocok untuk digunakan dimasyarakat

Lihat bentuk huruf lemurian sangat rumit, sulit, berkelok-kelok tidak simetris dan praktis, jika dipaksakan menulis dalam huruf lemurian saya menjamin orang akan muntah karena pusing kepala. Bandingkan kerapian, kesimpelan, kemudahan dengan huruf hijaiyah dibawah ini :

Kata-kata KD diatas ujung-ujungnya ya ilmu metafisis dan kekuatan mistis, huruf lemurian bagi diri saya adalah huruf dajjal yang akan menyesatkan umat manusia daripada mempelajari huruf hijaiyah yang jauh bermanfaat dan berpahala dan huruf lemurian jika dibukukan akan menjadi kitab suci Piramida Dajjal (Novel Akhytirema)

Kata-kata KD diatas adalah Cuma bisa berteori kosong dan sama sekali tidak bernilai ilmiah karena tidak ada penelitian ilmiah yang menjadi dasar perkataannya.

Bandingkan keindahan, kerapian, kemudahan, kenyamanan, ketenangan fikiran tulisan huruf hijaiyah dengan tulisan huruf lemurian
contoh penulisan huruf lemurian

contoh penulisan huruf hijaiyah

Kepada murid-murid Hikmatul Iman, saya sarankan pelajarilah cara menulis dan membaca huruf hijaiyah dan bahasa Arab sebab akan lebih berniat ibadah, berguna bagi diri kalian didunia dan akhirat kelak. Jangan bersikap ekstrim seolah-olah KD selalu benar dan tidak bisa dikritik, bersikaplah kritis jangan menjadi robot yang selalu disetir KD demi keuntungan pribadi dan kejayaan juga keterkenalan KD.

Maraji’:

http://izlanlemuria.blogspot.com/2011/05/huruf-lemurian-dan-tips-menjadi-manusia.html

http://izlanlemuria.blogspot.com/2011/11/mengenal-huruf-dan-angka-lemurian.html

133 gagasan untuk “BELAJAR HURUF HIJAIYAH DAN BAHASA ARAB VS HURUF DAN BAHASA LEMURIAN

  1. Pak Perdana : bahkan ada teori yang menyatakan bahwa “bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa”

    Saya : Kalau bisa saya minta referensinya/sumber. Terima kasih Ustadz

  2. @Mas Lukman Mubarok,

    Tulisan Ust PA masih kekecilan ga?? :),

    Btw anda pernah baca komik tentang propesor yg nemuin simbol2 asing.. terus seumur idupnya dia pake buat meneliti bahasa “aliensing” tsb, sampe2 anak istrinya diabaikan.. dia baru bisa mecahin teka-teki tsb ketika jalannya udah bongkok dan pake tongkat..??

    wah ana mesti nyari nih di komunitas pecinta komik.. swear ini mirip banget ama yg “ono” :)

    @admin,

    demi Allah ana pernah baca komik tsb, dan ini mirip banget ama yg kita bahas..

    • Tlg kepada yg tau link “komunitas pencinta komik”… share di sini :)

      komik tsb komik bergambar kayak komiknya “tintin”, ukurannya komiknya juga segitu… ana pernah baca sekitar taun 85-89 (lupa tepatnya).. atau bisa jadi komik bonusnya suatu majalah anak2 kayak majalah bobo dan sejenis.. :) :)

    • 1. iya blognya keliatan menciut di laptop, kalo di HP jelas banget nih.
      2. bth, memang pernah ada komik kayak yang TD sebutkan. saya juga pernah ditawarin buku bahasa esperanto. tapi saya ga minat. Sebuah bahasa karangan manusia. Subhanallah, bahasa itu ga laku karena bukan asli berkembang di masyarakat.
      3. kalo di salah satu judul novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyl saya pernah baca Sherlock Holmes dan DR. Watson memecahkan tekateki simbol aksara menari.
      4. Kalau yang mirip sama tulisan grafik otak menurut saya sih sandi rumput di waktu Pramuka SD. Sandi itu turunan dari morse. kalau yang masih saya hapal sih sandi kotak satu sama sandi kotak dua.
      5. Mendingan pakai hijaiyah dan bahasa Arab. Asli bikin otak kiri tokcer. trus kalau baca murottal bikin otak kanan dahsyat. Banyak lho penelitian yang membuktikan, bukan bualan

      • @lukman
        Ya ente ketauan gobloknya, tulisan aksara menari di sherlock holmes ngga kayak gt kale. Inilah contoh pendukung si Pendek Akal yang asal jeplak

    • Kalau pernah baca novel trilogi The Lord of The Rings, ini juga mirip dengan novelnya KD. Bahkan lebih detail lagi. TLOTR bahkan punya punya peta dunia tengah, sejarah dari mulai terbentuknya setiap peradaban (manusia, elf, kurcaci, peri, dst), hingga bahasa dan tulisannya sendiri.

      Beberapa film fiksi ilmiah, misalnya Star Trek, juga memiliki bahasa dan tulisannya sendiri. Misalnya Bahasa Klingon yang sudah terbit kamusnya. Bahkan, ada sebagian kecil penggemar Star Trek yang bisa menggunakan bahasa ini sehari-hari.

      Bangsa Na’vi di Film Avatar juga memiliki bahasanya sendiri. Ketika film itu dirilis akhir tahun 2009, Bahasa Na’vi sudah memiliki 1.000 kosa kata dan masih terus dikembangkan.

      Harus diakui bahwa memang imajinasi KD sangat tinggi hingga bisa menulis novel Arkhytirema secara detail, lengkap dengan Bahasa Lemurian dan Glossarium. Tapi, sikap meyakini Bahasa Lemurian sebagai sebuah fakta sejarah sangat berlebihan karena faktanya ada banyak penulis lain yang sanggup menciptakan bahasa dan tulisan sendiri. Lihat daftarnya di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_constructed_languages#Languages_used_in_fiction.

      Melihat dari strukturnya, sebetulnya tulisan Lemurian sederhana. Yang dilakukannya hanya sekadar mengganti karakter latin dan mengubah arah tulisan menjadi kanan ke kiri. Ada juga tambahan beberapa karakter seperti e dalam besar, e dalam peta, dan eu yang digunakan dalam peuyeum di Bahasa Sunda.

      Dalam angka, penulisannya mirip tulisan Romawi. Karena karakternya hanya dari 0 hingga 5, penulisannya malah semakin rumit dan tidak efektif karena tidak sesuai dengan perhitungan manusia sedunia yang berbasis 10 (desimal). Penulisan angka besar akan terlalu sulit sehingga mungkin sekali salah tulis. Mungkin nanti bagian ini akan direvisi oleh KD. :)

      • ternyata setelah saya baca link nya bukan cuman sampai dengan lima angkanya.. tapi sampai dengan 9, sama seperti semua angka yang ada di muka bumi dalam segala bahasa dan tulisan..

        Hayo.. pernyataan yang salah itu suatu kesengajaan atau tidak…??

        Kalau gak sengaja silahkan ngaku aja dan minta maaf…. itu lebih baik

        kalau memang sengaja ya diem aja.. dan jangan bilang-bilang kalau itu sengaja…

      • Jadi belajar baca tulis lagi nih..hehe
        Hayo anak-anak HI jangan sampe kalah sama kami..
        Kita belajar bareng yu..

        @Mas widjojo : Apakakah mungkin angka tersebut memang ada hubungannya dengan nada pentatonik yang katanya sesuai suara alam?
        1=da 2=mi 3=na 4=ti 5=la…untuk angka 6 kan kembali ke “da” jadi bunyinya da-mi-na-ti-la-da…

        Untuk angka 7 dst saya gak faham..
        Susah juga sih kalau hanya belajar autodidak kayak gini, memang harus belajar sama ahlinya..

        Kalau memang bulan depan (pengeboran) di Gunung Sadahurip ada temuan yang berkaitan dengan huruf dan angka lemurian, dijamin bakalan banyak peminat kursus bahasa lemurian ini termasuk mungkin para ahli purbakalanya juga bakal ikut-ikutan pengen bisa baca tulis huruf dan angka ini..

        Serius bukan sindiran nih..

      • Angka 7 diperoleh dengan menggabungkan 2 dan 5.

        Tapi ana bingung apakah kalau nulis 52 apa jadi sama dengan 7?

        Angka 8 diperoleh dengan menggabungkan 3 dan 5. Kalau dibandingkan dengan angka 53, tampilannya sama persis dengan 8.

        Coba Pak Abu lihat di http://imageshack.us/photo/my-images/443/75253h.jpg/

        Ini menurut ana jadi masalah besar buat angka lemurian. Contoh ini menunjukkan bahwa angka lemurian tidak akan ada gunanya untuk penulisan angka di dunia kita yang berbasis 10 (desimal).

        Bisa jadi kelemahan ini belum diketahui oleh Kang Dicky dan murid-muridnya. Begitu tahu pasti akan ada revisi. :)

        Bisa saja ditambahkan spasi antar angka untuk memisahkan tapi dalam prakteknya pasti akan sangat mengganggu. Sekali lagi, ini jadi bukti bahwa angka lemurian sama sekali tidak berguna dalam bilangan kita.

      • Apakakah mungkin angka tersebut memang ada hubungannya dengan nada pentatonik yang katanya sesuai suara alam?
        1=da 2=mi 3=na 4=ti 5=la…untuk angka 6 kan kembali ke “da” jadi bunyinya da-mi-na-ti-la-da…

        Ana tidak paham sama sekali apa maksudnya suara alam. Pentatonik da-mi-na-ti-la-da sebetulnya hanya tangga nada saja. Tangga nada pentatonik digunakan juga dalam jenis lagu tertentu, salah satunya di lagu blues.

        Sama saja seperti do-re-mi biasa. Baliknya kan ke mi lagi, do-re-mi-fa-so-la-si-do. Di tangga nada diatonik ini, ada tujuh nada dalam satu oktaf. Di tangga nada pentatonik, ada lima nada dalam satu oktaf.

        Kalaupun dikatakan ada hubungannya mungkin maksudnya angka lemurian berguna untuk penulisan notasi lagu-lagu Sunda. :)

        Dalam dunia kita sekarang, angka lemurian akan tidak berguna dan merumitkan karena karakternya yang hanya 6 tidak sesuai dengan sistem bilangan kita yang berbasis 10 (desimal).

        Angka lemurian akan berguna jika sistem bilangan yang digunakan berbasis 6. Jadi perhitungannya 0, 1, 2, 3, 4, 5, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 20, …

        Sekali lagi ini tidak berguna karena di dunia ini tidak ada yang bilangan yang menggunakan basis 6. Yang ada paling hanya basis 2 (biner) basis 8 (oktal) dan basis 16 (hexadesimal) itu pun digunakan oleh komputer, bukan manusia.

      • Menurut saya ada perbedaan antara 7 dengan 52 begitupun antara 8 dengan 53. Meskipun sama-sama menggabungkan dua angka tapi letak perbedaanya sepertinya di pemisahan angka/spasi.

        Untuk angka 7 (5 dan 2 penulisannya disatukan) sedangkan angka 52 (5 dan 2 ditulis secara terpisah) begitupun untuk angka 8 dengan 53..

        @Mas Widjojo : Masa iya sih Kang Dicky belum mengetahui yang menurut anda kelemaha tsb, sebelum disebarluaskan pasti lah dikaji terlebih dahulu..

        Mungkin kitanya aja yang belum faham tentang masalah ini dan gak mau nanya langsung ke penulisnya..

      • @Bung Abu Akmal
        font angka lemurian versi KD sangat besar menimbulkan kesalahan penulisan ( 90% kesalahan) , pada angka 3, 4 dan 5 yang jika tidak hati-hati akan menjadi angka 8 dan 9 jika tergabung, begitu juga angka 8 dan 9 jika penulisannya sedikit saja tidak tersambung maka 8 akan menjadi 53 dan 9 akan menjadi 54

        contoh :
        8 gabungan 5 dan 3

        Jika mau menulis angka delapan (8) namun ada kesalahan ujung limas tidak nyambung maka akan menjadi lima tiga (53)
        Begitu juga sebaliknya mau menulis angka lima tiga (53) namun ujung limas yang runcing itu bersatu/tersambung maka akan berubah langsung angkanya menjadi delapan (8)

        9 gabungan 5 dan 4
        Jika mau menulis angka sembilan (9) namun ada kesalahan ujung limas tidak nyambung maka akan menjadi lima empat (54)
        Begitu juga sebaliknya mau menulis angka lima empat (54) namun ujung limas yang runcing itu bersatu/tersambung maka akan berubah langsung angkanya menjadi sembilan (9)

        Jika jumlahnya banyak seperti menulis angka 4398 besar kemungkinan salah menulis angka 43953
        lihat lebih jelas di http://imageshack.us/photo/my-images/822/kesulitanlemurian.png/

        Jika kita menulis lewat program software microsoft word mungkin kesulitan itu teratasi namun jika angkanya standar besarnya 12% maka mata kita tidak akan bisa melihat penyatuan dan pemisahan 5-3 dan 5-4 sangat besar kemungkinan akan dikira angka 8 dan 9 begitu juga sebaliknya angka 8 dan 9 bisa dikira 5-3 dan 5-4. Agar jelas melihat harus besaran angka minimal 22%. kesulitan lain jika angkanya 22% ketika diprint tidak akan simetris sebab kebesaran angkanya di kertas ukuran legal/letter.

        Jika kita menulis dengan tangan di selembar kertas, maka besar kemungkinan akan keliru pada penyambungan dan pemisahan angka 5-3 dan 5-4

        Jika mata kita awas/normal maka bisa saja jika teliti bisa melihat pemisahan dan penyatuan ujung limas lalu bagaimana dengan orang yang rabun dekat? ini jadi masalah baru sebab melihat titik pusat runcing limas yang dua ujungnya menyatu atau berpisah akan sangat sulit dilihat antara 8 dengan 5-3 dan 9 dengan 5-4

        Kesulitan lain, angka lemurian versi KD dari angka 2 sampai sembilan semuanya limas persegi 4 akan sangat melelahkan mata untuk melihat perbedaannya hingga memerlukan energi luar biasa besar juga konsentrasi tinggi sebab kesamaan ciri persegi empat dibandingkan angka latin/ angka hijaiyah yang sama sekali beda angkanya hingga tidak akan efektif jika digunakan pada suatu pekerjaan yang memerlukan kecepatan dan ketepatan penyelesaian hitung-hitungan. Terus terang saya mau muntah karena mual melihat angka lemurian fersi KD ini, Bung Abu Akmal apakah anda juga merasakan kepala pusing memperhatikan angka lemurian yang kesamaan cirinya susah dibedakan ini.

        saya mengapresiasi jerih payah KD menciptakan angka/huruf lemurian Versinya ini namun masih terlalu banyak kekurangan dibandingkan huruf/angka latin dan hijaiyah, belum lagi jika kita melihat huruf/angka lemurian fersi Professor Rebecca Holt-Grow di http://www.cbaybooks.com/activities/lemalpha.html ada dua fersi berbeda antara angka/huruf lemurian fersi KD dan angka/huruf lemurian fersi Professor Rebecca, pendapat pribadi masih lebih enak dibaca fersi sang professor dibanding fersi KD sebab jelas perbedaan cara penulisannya dibanding KD yang sangat mirip dan rumit kelokannya :D

        Ada juga kritikan saya terhadap huruf lemurian nanti akan saya postingkan sebab mau tidur dulu sudah larut malam hehehe

      • pada belajar lemurian character yah?? hehe..

        kalo kata ana sih KD terinspirasi huruf dan notasi ‘not’ sunda..

        kang MI kayaknya mesti ikut nimbrung…

      • Prinsip utama sebuah teks adalah keterbacaannya. Walaupun tampilannya menarik jika sulit dibaca maka tidak ada gunanya.

        Menggunakan spasi untuk memisahkan setiap karakter angka memang bisa mengurangi kesalahan pembacaan namun sangat mengganggu bagi pembaca.

      • @Pak Perdana : Panjang bener uraiannya, berapa SKS nih?hehe..
        Uraian saya juga agak panjangan ah..

        Untuk masalah kesulitan menurut saya itu relative, seperti halnya ketika saya mencoba untuk menulis kata ARKHYTIREMA dengan huruf Lemurian versi Professor Rebecca sulitnya minta ampun, apalagi pas nulis huruf K, Y dan T wah itu memerlukan energi luar biasa besar juga konsentrasi tinggi. Bagi anda hal itu mungkin sangat gampang sekali..

        Bagi saya menulis kata ARKHYTIREMA lebih gampang dengan huruf Lemurian versi Kang Dicky sebab ada beberapa huruf yang gak asing di memori otak saya seperti huruf A mirip Alif (arab),R mirip R(latin), K mirip kaf(arab) dll..

        Jadi sulit itu relative kan?

        Untuk masalah pusing, mual dan mau muntah memang saya juga sempat merasakannya, tapi selanjutnya sepertinya jadi terbiasa dan tidak ada efek seperti itu lagi ketika membaca tulisan lemurian versi KD..

        Mungkin efek tsb muncul karena saya biasa baca tulis dari kiri ke kanan bukan sebaliknya, atau juga bisa memang pusing karena melihat huruf lemurian versi KD ini jika setelah dirangkai menjadi kalimat maka akan seperti sebuah gelombang..?

        Ataukah mungkin huruf dan tulisan tsb bermuatan magis?ah masa sih?

        http://www.cbaybooks.com/activities/lemalpha.html ada dua versi berbeda antara angka/huruf lemurian versi KD dengan angka/huruf lemurian versi Professor Rebecca, pendapat pribadi saya masih lebih enak dibaca versi KD dibanding versi sang professor sebab gak terlalu asing di memori otak saya meskipun memang huruf/angkanya ada yang mirip dan rumit kelokannya..

      • Saya : “Untuk masalah pusing, mual dan mau muntah memang saya juga sempat merasakannya, tapi selanjutnya sepertinya jadi terbiasa dan tidak ada efek seperti itu lagi ketika membaca tulisan lemurian versi KD..”

        Nampaknya bukan tulisan lemurian saja yang bisa bikin pusing, mual dan mau muntah (kalau saya diawal saja) tapi tulisan latin pun bisa seperti itu efeknya.

        Silahkan dicoba : http://bacadarikanankekiri.blogspot.com/2008/08/tenaga-dalam-tinjauan-faal-olahraga.html

  3. dasar bebal…

    bahasa arab itu bukan bahasa tertua… org arab itu bangsa yg baru muncul beribu thun setelah nabi ibrahim

    mmg saya prnah baca ada yg mngatakan itu tapi sumbernya dari jin india…..

    • @adioos

      BI’AD TUH APA?
      BI’AH TUH APA?

      ~~bari nepokan reungit di sdhrp. bari jeung pusing ngadangukeun ‘saur ieu candi.. saur itu piramid.. saur eta bumi taneh.. saurna euweuh nanaon…. tunduh~~

      • @td
        bid’ah…

        lamun tunduh mah molor weh kadinya..!!!berang ngaruqiah, peuting molor..lamun berang aya nu diruqiah berarti menang duit, lamun eweuh kapaksa ngadahar reungit..!!he3

  4. @Admin, Mas Lukman, Mas Widj dan @all..

    mungkin ada yg perlu kita pikirkan keyakinan “beberapa” murid2 HI

    1. Jihad memerangi ruqyah syar’iyyah.
    2. Nabi Adam, Khdir masih hidup.
    3. Meraga sukma bisa mengetahui keabsahan dalil shohih.
    4. Riwayat Ifrit hangus, cuma ada di pelm mistis.
    5. Cuma dari Novel, berkeyakinan akitirem masih hidup, piramid dll.

    beberapa komen akhirnya cuma hawa nafsu tanpa dalil.. kita juga tidak luput dari dosa :) :)..

    ##sy merenung sambil memandangi dodol limas yg belum laku## :D

    • Saya pribadi gak sepakat dengan sodara saya yang di HI … (jika membaca tulisan-tulisan tentang Hikmatul iman disisni)

      … tapi saya gak galak kayak TD dkk…

      Kita hargai lah keyakinan sodara kita yang lain…

      Selama masih bersyahadat sama berarti masih saudara… toh mereka juga punya penjelasan atas apa yang mereka yakini…

      jangan terlalu bermusuhan lah… kita selesaikan saja dengan kata-kata bijak….

      Kita semua saudara..

      • @Mas Lulus sdrku..

        galak itu seperti apa? dalilnya yg mengatakan bid’ah, sesat, syirik, kafir… memang sangat pahit/sakit terdengarnya.

        ada kafir kecir, ada kafir besar.. silakan anda cek ke al qur’an.

        jika sy riya, dalil ktkan syirik
        jika sy sombong, dalil ktkan kafir
        jika sy berbuat bid’ah (all bid’ah), dalil ktkan sy sesat, tertolak, tempatnya di neraka..

        tolong anda perhatikan.. kata “ummati” yg nabi katakan…

        semua muslim masih umatnya rosul. Walupun ia berbuat syirik, bid’ah, kafir (kecil)..

      • terlalu gampang melontarkan predikat sesat, bid’ah, kafir, syirik dll yang dapat menyakiti hati saudara yang lain… mengakibatkan perpecahan..

        dan kalau sampai tuduhan itu salah, apakah belum paham bagaimana konsekwensinya..?

    • @TD
      dagang dodol kagak laku, dagang mantra kagak ada yg mau di mantra2in, dagang obat penumbuh jenggot udah bnyk yg nyoba…betapa sulitnya antum dlm mencari rejeki ini…hanya yakin rejeki dah ada yg ngatur, tp antum gak pernah mau berpikir dan berusaha…sementara istri dan anak2 perlu di kasih makan, belum lagi obsesi antum yg selalu ingin berpolygami dan berpoligamy yg gak ada habis2nya, dah ada satu pengn dua, dan ada dua pengen jadi tiga ..terus..terus..setelah bosan mencari wanita dewasa unk dipoligamy, antum nyari gadis di bawah umur unk di poligamy dan terus mengikuti nafsu sexual yg gak ada ujung2nya….!!!

      • sementara istri dan anak2 perlu di kasih makan, belum lagi obsesi antum yg selalu ingin berpolygami dan berpoligamy yg gak ada habis2nya, dah ada satu pengn dua, dan ada dua pengen jadi tiga ..terus..terus..setelah bosan mencari wanita dewasa unk dipoligamy, antum nyari gadis di bawah umur unk di poligamy dan terus mengikuti nafsu sexual yg gak ada ujung2nya….!!!

        Kepada rekan-rekan Hikmatul Iman yang masih mempunyai kecemburuan terhadap agamanya, tolong ingatkan rekan anda ini untuk tidak mencela dan menghina hukum syari’at Islam, kata-kata celaan ini sering saya temui di forum diskusi Atheis, forum debat Islam kristen termasuk indonesian faithfreedom.

      • @aKHMAD
        -tolong ingatkan rekan anda ini untuk tidak mencela dan menghina hukum syari’at Islam

        @SAYA
        adakah yg sy lakukan dng tulisan ini yg menghina syariat islam…??? itukan sekedar sran sy unk dia, dng keadaan ekonomi dia yg sulit unk tdk berpoligamy….poligamy yg maksud disitu adalh poligamy krn nafsu syahwat dan menikahi gadis di bawah umur krn selera…!! dan bagi sy itu bkn syariat islam..!! klo di forum lain ente sering nemui bahsan seperti itu, klo sy jd ente akan sy jawab klo hal2 seperti itu bkn ajarn islam yg benar…!!

  5. buat sodara-sodaraku di Hikmatul iman.. kayaknya saya cuman mendapat info sepihak dari mas PA dkk, tentang Hikmatul iman … kalau ada info yang lain silahkan di kasih link nya..

    kalau di perbolehkan saya mau bertabayyun via dunia maya…

  6. Mengunjungi blog ini memang bikin gregetan, kayak nonton sinetron yang ceritanya lebay dan tak masuk akal… Apalagi kl ada dialog percakapan perdana dengan jin yang akan dieksekusi…dahsyat abiesss
    enaknya sambil makan gorengan dan minum kopi…. Nikmaaaat

    • @manikdefresi
      udah nyoba sate ‘Jin Guling” belum? itu ada perupiah yg pernah nyemblih jin dan membakarnya…klo mau coba pesen ajah ama bung perdana akhmad s.psi..

      • @ Adios : Suatu kenyataan bahwa ada murid Hikmatul Iman yang tidak menggunakan daya nalar dan intelektualitasnya untuk berdiskusi dengan propesional dengan melakukan kesalahan dalam berfikir / sesat pikir (logical fallacy)

        Adios seudah melakukan Red Herring yaitu argumen yang tak ada sangkut-pautnya dengan argumen lawan, yang digunakan untuk mendistraksi atau mengalihkan perhatian orang dari perkara yang sedang dibahas, serta menggiring menuju kesimpulan yang berbeda.

        contoh : kami semua lagi membahas/berdiskusi hangat tentang huruf/angka lemurian yang banyak kekurangannya, maka Adios melakukan red herring dengan mengatakan :“udah nyoba sate ‘Jin Guling” belum? itu ada perupiah yg pernah nyemblih jin dan membakarnya…klo mau coba pesen ajah ama bung perdana akhmad s.psi..”
        perilaku adios ini adalah bentuk sesat pikir yang banyak dilakukan murid-murid Hikmatul Iman yang bertindak bodoh dalam berdiskusi, jika saya menanggapi maka
        tema diskusi akan berubah menjadi tema jin bukan angka lemurian.

        sama persis dengan prilaku wurming sering mengalihkan perhatian orang dari perkara yang dibahas dengan menampilkan artikel tentang wahabi. Apapun artikelnya yang saya buat wahabi yang jadi kambing hitam untuk mengalihkan topic disksusi.

        Selain itu ada ada juga jenis sesat pikir yang dilakukan murid-murid HI ini, mereka melakukan Argumentum ad Hominem yaitu bentuk argumen yang tidak ditujukan untuk menangkal argumen yang disampaikan oleh orang lain tetapi justru menuju pada pribadi si pemberi argumen itu sendiri. Argumen itu akan menjadi sesat-pikir ketika ia ditujukan menyerang pribadi lawan demi merusak argumen lawan.
        contoh : piramida garut itu memang ada dan jangan percaya dengan PA sebab arti PA itu “Pendek Akal”

        apa hubungannya pembuktian piramida garut dengan kepanjangan PA ??? logical fallacy ini bertujuan untuk menyerang pribadi saya daripada menyerang argumen ada atau tidak piramida digarut. Sangat tidak logis bukan ????

        Jika saya melayani Adios, wurming CS maka saya bisa terjebak dalam logical fallacy yang mereka buat , maka maaf saja jika saya ga mau menanggapi komen logical fallacy yang kalian buat hehehehe :D

      • @Perdana Akhmad (PA = Poligamy Asoy)
        termasuk mukholid ente juga prnh bahas yg ga nyambung dr topik, kaya, @td yg nawarin unk jualan baju, ato bahas dagang dodol dia yg kagak laku…wakakakakak…!!! ini kan blog metafisis, antum bahas hurup lemurian yg banyak kekuranganya, ini bukan Red Herring lagi tp udah bahsan yg kacau dr nm blog..bahasanya ajah dah gak nyambung dr nama blognya, kok masih ingin konsisten dng isi ato pendapat dr pengunjung..!!

      • @PA (Bukan pendek akal loh)
        ente mau layani saya ato ngga itu gak masalah bg saya..krn tugas sy sbg muslim bkn unk dilayani ente dlm berdiskusi…sy hanya ingin mengingatkan dan menyampaikan apa2yg mesti disampaikan dengan cara ente dlm menyampainkan segala argumen ente..!!

  7. damai saja lah….

    mari kita menjalin silaturrahmi dan merajut ukhuwah….

    Dunia persilatan saja gak sampai separah ini permusuhannya…. kalau memang beda pendapat ya di bicarakan baik-baik..

    kalau memang perlu diselesaikan dengan kepalan tangan ya disepakati saja secara baik-baik… bagaimana aturan mainnya…

  8. hahahahaha, numpang ngakak aja deh..

    baru kali ini nemu huruf aneh yg ngikut pola ABCDE… dst. hangul sm kanji aja punya pola sendiri…

    coba ngarangnya lebih pinter dikit,, cerita fiksi ilmiahnya juga mirip2 kya film holiwud tp versi jelek..

    karngan jelek msh aja ada yg bela mati2an.. hahaha

  9. wah ana juga seharian nih belajar huruf lemurian hehe. sy cenderung meng-iya-kan argumen mas Widj. Ana akui KD lumayan cerdas juga nyempetin bikin huruf ini.

    kerumitannya akan sama dg huruf sunda dan jawa yg akhirnya ditinggalkan.

    • @admin,

      ini sekedar masukan ringan aja buat kita :)..
      1. Di kabupaten lebak (Banten) ada komunitas kecil “islam wiwitan” yg syahadatnya ke nabi adam.
      2. Di tanah pasundan sendiri di beberapa daerah ada yg “beragama sunda wiwitan”.
      3. Komunitas mistis di daerah bogor, malah meyakini bahwa ada bangunan ghoib didaerah cipaku dan kebun raya bogor.. (cerita rakyat “prabu siliwangi dan kian santang”).
      4. komunitas tertentu “benda tuah” .. menghubung2kan huruf lemurian, Kepada senjata kujang dan juga pamornya.

      • 5. ada sebagian kecil yg hobby batu mistis/akik bertuah.. menghubungkan huruf lemurian ke “akik garut (firus garut dan akik gambar).
        6. di garut, sumedang, subang, cirebon, panjalu.. memang ada sebagian masyarakat kecil yg menyakini “seseorang yg sedang bobok” di suatu tempat dgn fersi berbeda2 :)

        Setelah berita “piramid” muncul”.. maka cerita masyarakat ini jadi tambah rame dan nambah simpang siur.. pengeboran yg sekarng sedang dilakukan.. membuat semangat orang2 klenik tertentu melakukan ritualnya..

      • sekali lagi.. sy hanya menyampaikan cerita rakyat.. yg kebenarannya tidak ada datanya.. sebab di beberapa tempat ceritanya juga berbeda2…

        note :
        maklum ana seorang “mantan” :) dan kadang masih mendengar “obrolan” temen2 lama.. baik sengaja atau tidak sengaja.

      • Pak TD, mereka menyebutnya huruf lemurian juga?

        Daya khayal bangsa kita ternyata tinggi juga ya. Wajar saja budaya mistik sangat kental di masyarakat. Para pejabat saja yang berpendidikan tinggi sangat percaya mistik.

      • @Mas Widj.

        mereka mencocokan koleksinya dengan huruf2 tsb (berbagai versi)

        sy agak bingung kalo ngasih link, sebab beberapa link menggunakan bhs daerah.

        aki tirema = Angling Dharma/AD, kalo di jawa timur.. temen2 ana tdk ada bahasan ke aki tirema.. untuk perkara senjatanya AD.. ada juga yg mempercayai kerisnya AD ini telah jadi bintang kemukus :) dan jauh sekali kalo kemasalah kujang. Ana belum tau arkhytirema = AKI TIREMA = Angling Dharma

        info awal, kata kuncinya “lemuria salakanagara akitirema kujang”

      • AKI=ARKHY , TIREM = TIREMA

        ADAM =ADHAMA

        MUHAMMAD = HAMMADZ

        BURAQ = BARQHA

        dll

        Plesetan nama ini pintar sekali diplintar-plintir oleh KD

        membaca komen pengunjung di link yang bung TD berikan sangat menggelitik hati sanubari saya :

        ada seorang pengunjung yang bingung setelah membaca novel Arkhytirema :”saya sudah baca novel arkhytirema. yg sy bingung, sebenernya itu novel fiksi, legenda, atau biografi nyata? bagaimana saya membedakan bagian fakta dan bumbunya? bagaimana cara penulis mendapatkan sumber2 bahan novel tersebut? karena baru di novel ini aki tirem disebut arkhytirema. ini ngarang atau ada sumber lain yg menyebutkan hal tersebut? jangan2 kayak da vinci code, gk jelas bagian yg mana fiksi bagian yg mana yg fakta.”

        pertanyaan pengunjung ini mewakili kebingungan masyarakat, apa agenda tersembunyi novel tersebut???

        tentang time travel ?

        Chandra mengaku sudah pernah time travel bareng KD :
        yah kalo dibilang itu hasil melihat ke masa lalu
        atau sering disebut dengan time travel..sy percaya penulis bisa melakukan time travel karena saya pun pernah time travel bareng dengan beliau, bersama murid-murid beliau yang lain
        memang kalo diukur secara akal, agak tidak masuk akal, tapi penulis novel ini pun telah menciptakan berbagai alat yang teknologi melompat dari referensi yang ada seperti genarator tanpa bahan bakar dan sebagainya”

        time travel massal = mengkhayal massal = ditipu setan (internal dan eksternal) secara massal dikomandoi oleh KD ;P

        generator tanpa bahan bakar ini juga perlu pembuktian di lembaga Independen seperti LIPPI jangan mudah untuk dipercayai

      • key word selanjutnya :

        “angling dharma – dewa krisna – semar”

        coba anda cek “rajah2″ simbol2 tertentu di buku dukun mujarobat.. :)

        rupanya huruf lemurian mulai di minati karena di yakini ada “asror/rahasia huruf/ayat”

        @admin..
        jika link2 ana dan key word-nya mengganggu.. anda delete saja yah..

        dilanjut.

      • betul, huruf lemurian bisa jadi jimat sebab diyakini mengandung energi mistik/ghoib oleh KD sebab setiap huruf punya rahasia tertentu, sekarang apa bedanya KD dengan Wongalusaceh dan para dukun yang suka membuat jimat??? Sama-sama mendewakan bahwa karateristik huruf punya kekuatan mistik, bedanya jika KD itu mendewakan huruf lemurian sedangkan wongalusaceh mendewakan huruf hijaiyah

        Terimakasih bung TD atas pencerahan dari anda, saya baru nyadar nih hehehehe

      • @PA dan TD
        ente berdua baca kur’an dah gt ente berdua pilih2 ayatnya..ayat ini unk butain mata jin, ayat itu unk nyemblih jin, ayat yg lain unk membakar jin, ayat yg lainya lagi unk ini dan itu…!!!jadilah kur’an dlm pikiran dan keimanan ente sbg kumpulan ayat2 pengeksekusi JIN..!!!Penyiksa Jin..!!! Pembunuh JIN..!!!

      • @Pak Perdana : Kertas yang tempo hari saya pake nulis kata ARKHYTIREMA versi KD dan Prof. Rebecca saya injak dan saya buang ke tempat sampah dan nyatanya sampai detik inipun tidak berdampak apa-apa terhadap diri saya?

        Mohon maaf kepada KD dan murid-muridnya bukan berarti saya melecehkan karya KD dan huruf lemuriannya tapi saya hanya ingin membuktikan apakah benar bahwa huruf lemurian itu mengandung energi mistik/ ghoib..?

        Adakah cara lain yang bisa membuktikan bahwa huruf lemurian tsb mengandung energi mistik/ ghoib karena setiap hurufnya punya rahasia tertentu..?

      • @Pak Perdana : Kertas yang tempo hari saya pake nulis kata ARKHYTIREMA versi KD dan Prof. Rebecca saya injak dan saya buang ke tempat sampah dan nyatanya sampai detik inipun tidak berdampak apa-apa terhadap diri saya?

        Mohon maaf kepada KD dan murid-muridnya bukan berarti saya melecehkan karya KD dan huruf lemuriannya tapi saya hanya ingin membuktikan apakah benar bahwa huruf lemurian itu mengandung energi mistik/ ghoib..?

        Pembuktian yang sangat cerdas Bung Akmal :D , lebih dari itu bahkan jimat-jimat yang berisi kalimat aneh,simbol-simbol aneh sering saya bakar, namun sampai sekarang saya juga sehat-sehat saja, padahal diklaim jika membakar jimat akan “kualat”.

        Adakah cara lain yang bisa membuktikan bahwa huruf lemurian tsb mengandung energi mistik/ ghoib karena setiap hurufnya punya rahasia tertentu..?

        Subhanallah, pertanyaan cerdas, KD mengatakan huruf lemurian bisa memberikan kekuatan ghoib (metafisis) namun KD tidak menjelaskan tekhnik untuk mendapatkan ilmu metafisik dengan menggunakan huruf lemurian padahal katanya huruf lemurian harus disebar luaskan kemasyarakat dan tidak disembunyikan ilmunya…mungkin ada murid-murid HI yang bisa menjawab pertanyaan Bung Akmal?

      • … KD mengatakan huruf lemurian bisa memberikan kekuatan ghoib (metafisis) namun KD tidak menjelaskan tekhnik untuk mendapatkan ilmu metafisik dengan menggunakan huruf lemurian …

        Pak Ustadz, ana tidak pernah menemukan pernyataan Kang Dicky atau muridnya bahwa Tenaga Metafisik (TM) bisa diperoleh dari huruf LEMURIAN.

        Setahu ana, Hikmatul Iman meyakini bahwa TM diperoleh dengan menyerap energi alam. Caranya dengan kedua tangan membentuk parabola menghadap ke atas dan membayangkan energi alam terserap ke dalamnya. Orang biasa bisa melakukan ini sendiri tapi hasilnya akan sedikit. Berbulan-bulan menyerap energi alam hanya bisa menghasilkan TM dengan ukuran 1 besar (ini ukuran TM versi HI).

        Cara kedua yang lebih cepat yaitu ditransfer oleh guru yang sudah lebih tinggi, dalam hal ini pertama kali adalah KD dan seterusnya murid-murid yang telah ditransfer KD. Dengan cara ini, TM yang diperoleh bisa mencapai milyaran kali cara pertama.

        Silakan baca referensinya di http://hi-kuningan.blogspot.com/2010/11/tenaga-metafisik.html.

        Yang ana tahu, Kang Dicky hanya menyebutkan bahwa huruf LEMURIAN bisa mengaktifkan sel-sel otak dan mempengaruhi gelombang otak ketika dibaca, bukan ketika dijadikan jimat.

        Tentu saja di sini masih perlu dikritisi apa maksud dari mengaktifkan sel-sel otak dan mempengaruhi gelombang otak menurut Kang Dicky.

      • dasar saya mengatakan ilmu metafisis adalah penjelasan KD mengatakan :“bahasa telepati, pancaran kekuatan” telapati termasuk dalam ilmu metafisika, Telepati berasal dari kata Tele yang berarti jauh dan Pathos yang berarti perasaan, jadi telepati secara harfiah dapat diartikan merasakan sesuatu dari jarak jauh. media mendapatkan ilmu ini sangat beranekan ragam, mulai dari metode ritual membaca hizib, puasa, wirid, sampai latihan menyerap energi chi/ki/prana yang disalurkan kedalam chakra atau kelenjar pineal dan pituari untuk mendapatkan kemampuan tersebut. lalu apa hubungannya huruf lemurian dengan ilmu metafisika Telepati?? Mungkin murid-murid HI bisa menjawabnya ?

  10. rupanya masalah kaos dan dodol ditanggapi serius.. oleh kang adioos.

    Komen2 sdr Barakah HI dan Kang Anton walopun terkesan (maaf) emosi.. mereka masih bisa lemparkan argumen menarik… setidaknya bantahan mereka ada juga beri masukan ke sy.

    Tapi untuk ngobrol lagi ama sdr adioos.. SAYA NYERAH DEH!! kalo janggot dan poligami jadi bahan ejekan… bukankah itu dari agama sendiri???

      • @Mas Ari..

        sy suka ikut debat/diskusi di blog non muslim/anti Islam, celaan berulang kali masalah janggut dan poligami sering kita dapati.. dan ini beberapa kali dilontarkan sdr adioos

        sy malah ga yakin dia itu murid HI :)

        @mas Ari..

        sy/kami juga bergabung dibeberapa grup diskusi islam.. khususnya masalah “anti islam, palestina dan israel”.. isyaallah disana semua muslim bersatu dan saling mendoakan melawan yahudi dan antek2nya, tanpa harus membicarakan latar belakang masing”

    • Masa untuk diskusi aja Mas TD nyerah… Rasul aja dilempar kotoran tidak marah & tidak nyerah… masa cuma diejek jadi nyerah.. nggak rame ah…

      Pendapat mencukur Jenggot :
      1. Haram : Pendapat Ibnu Taimiyah
      2. Makruh : Pendapat Iyad (Fathul Bari)
      3. Mubah : Ulama2 sekarang

      Poligami :
      “Nikahilah wanita-wanita (lain) yang kalian senangi masing-masing dua, tiga, atau empat—kemudian jika kalian takut tidak akan dapat berlaku adil, kawinilah seorang saja—atau kawinilah budak-budak yang kalian miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat pada tindakan tidak berbuat aniaya”. (QS an-Nisa’ [4]: 3).

      “Sesungguhnya Ghailan ats-Tsaqafi telah masuk Islam dan mempunyai sepuluh istri, kemudian Nabi berkata kepadanya: “Pilihlah empat di antara mereka dan ceraikanlah yang lain” (Riwayat Ahmad, Syafi’i, Termizi, Ibnu Majah, Ibnu Abi Syaibah Daraquthni dan Baihaqi)

      “Jika kamu tidak dapat berlaku adil, maka kawinlah seorang saja” (An-Nisa : 3)

      “Barangsiapa mempunyai istri dua, tetapi dia lebih cenderung kepada yang satu, maka nanti di hari kiamat dia akan datang menyeret salah satu lambungnya dalam keadaan jatuh dan miring” (Riwayat Ahlulsunan, Ibnu Hibban dan Al Hakim)

      “Dan kamu tidak akan dapat berlaku adil antara istri istrimu sekalipun kamu sangat berkeinginan, oleh karena itu janganlah kamu terlalu condong” (An Nisa : 129)

    • @TD
      -rupanya masalah kaos dan dodol ditanggapi serius.. oleh kang adioos

      @saya
      berarti ente diskusi ini hanya unk main2 yah..bagus klo gt..mampir unk main2 ajah..!!setiap tulisan dan komen di blog ini sy anggap serius…aneh juga ketika tulisan sy yg kt admin ga nyambung, admin bahas dan komplain dengan istilah red burming ato apalh gt..sementara tulisan ente yg gak nyambung dan bahkan diakui main2 tak ada komen admin krnanya..!! geboyy..!!

      • @adioos..
        piss kang!
        maafkan saya kalo dianggap main2..

        boleh nanya ga kang?
        apa manfaat yg kang adioos dapat ketika mempelajari huruf lemurian??

      • @td
        adakah tulisan sy yg menerangkan klo sy sedang mempelajari hurup lemurian?? knp anda tiba2 bertanya seperti itu??.

        jangan sampai anda bertanya tanpa ada juntrunganya..cb klo anda tb2 di tanya adakah manfaatnya anda mempelajari, teknik meruqyah binatang unk mengilangkah kutu2 yg ada di binatang tsb, ato di tanya adakah manfaatnya anda mempelajari teknik meruqyah pohon ato tanaman unk menghilangkan ulat bulu yg ada di pohon tsb?? ato teknik ruqyah unk memaksa gadis balita mau di poligamy?? tentu anda bertanya balik knp pula bertanya sesuatu yg gak pernah anda bahas..wakakakakak.>!!!

      • @adioos

        ok adioos… sy sampai kehabisan kata2 baca komentar anda yg luar biasa tsb.

        Sy MENCUKUPKAN DIRI untuk ngobrol dengan anda lagi. Mhn maaf jika ucapan sy di beberapa tempat telah menyinggung perasaan anda. Terima kasih.

        Semoga bung adioos dan kita semua selalu diberi kesehatan, dan selalu dalam bimbingan Allah, amin.

  11. dasar KD itu mang orang yg bdoh…. bnyak menghayal…. dr ilmu yg aneh, pemahaman aneh, sampai ngluarin huruf aneh…
    to adioos…. orang bebal kyak lu g da guna komen di blog ini… otak udang

    • @bkan KD.

      Waduh mas.. kemarin kita udah diingatkan agar tidak mengeluarkan kata2 kasar.. nanti mas @bkan KD akan ditanggapi “kasar” juga lho..

      “Turunkan ego-mu, maklumi teman-mu!! :)

      dilanjut…

    • @bkan KD
      ente jng marah2 gt ama ane..ane banjur ente dng air keras baru nyaho ente…!!klo ente tuduh ane otak udang, ane tuduh ente otak p*l*r (DELETE ADMIN, ANDA SAYA BANNED DAN SAYA TIDAK MENGIZINKAN LAGI ANDA MENGELUARKAN KATA-KATA JOROK DAN KOTOR DI BLOG SAYA INI)…!!!

  12. luar biasa..
    ini hasil time travel ana :
    1. akumulasi data
    2. akumulasi sejarah
    3. akumulasi klenik
    HASILNYA FANTASI

    Satu-satunya sumber terpercaya :
    benua yg nyosor = banjir nabi Nuh

    pantesan yahudi diem aja hehehe…

    • @admin,

      maksud sy.. yahudi itu yg paling setia nunggu “idolanya” nongol :)

      kisah lemurian kok kayak sufi yah?

      note :
      kalo mau time travel..
      coba baca2 dulu pemahaman socrates dan plato… nanti ketemu kata kunci buat nelurusinnya.. ana ga catet (lupa)

      kalo data dalam negeri.. lupakan saja deh :D

      • @admin,

        Novel ARKHYTIREMA.. menurut sy sebenarnya terinpirasi cerita rakyat sunda ‘Aki Tirem’.. untuk Kisah Teknologi Canggihnya hanya Hasil Copas saja.. dipoles fantasi..

        Yg bikin Pertanyaan yah itu tuh… “Adhama, Hammadz dll” :)

        Kita ketahui klaim piramid ada juga di luar negeri.. yg sebenarnya itu sinyal2 mr “D kecil”.. akan muncul. Inilah yg sedang dibangun MR D BESAR.. ketika sosok misterius sudah diyakini orang2.. maka muaranya bisa kita tebak :)

      • Yg terakhir bisa menyatukan semua agama itu saibaba.. yg ajarannya mengerucut seperti piramid, kalo Lia Eden sedang merangka merintis :)

        klaim “time travel” bisa ke zaman nabi juga sudah ada di beberapa “oknum” sufi.. yg sebenarnya cuma time travel di tempat tinggal dan sekitarnya, belum bisa menembus batas laut.. sebab masih kepentok ama “penguasa laut”.. ana kira baru saibaba yg bisa (yg diizinkan mr D) untuk menjelajah dunia. Tapi saibaba ga ngomongin hadits yah..? :)

    • kalo kata temen sy sih MINNARA.. lebih mirip ke bahasa arab..

      “min naar” atau “min naar(a)” atau “min naara”

      kaidah bahasa arabnya gimana yah?

      • Kata Om Randy :

        “Lemuria Named for the lemur, a small mammal from Madagascar, this mythical ancient continent was concocted to explain certain striking similarities between features of different landmasses. Now that continental drift has been confirmed, these correspondences are much, much better explained. As with other imaginary continents such as Atlantis and Mu, Lemuria was said to be the home of a highly advanced civilization who used ESP, psychokinesis, prophecy and other such supernatural powers, flew through the air in glass vehicles, knew the secret of eternal life, had abundant, free energy, and in general were far superior to mere citizens of today. We’re told that all of this information, along with the artifacts and the books, was unfortunately lost without a trace in an unknown cataclysm. Bad luck.

        translate dari Mbah Google :“Lemuria adalah nama untuk lemur, sebuah mamalia kecil dari Madagaskar, ini adalah mitos benua kuno yang dikarang untuk menjelaskan kesamaan tertentu antara fitur dari daratan yang berbeda. Sekarang pergeseran benua telah dikonfirmasi, ini korespondensi jauh, jauh lebih baik dijelaskan. Seperti benua imajiner lainnya seperti Atlantis dan Mu, Lemuria dikatakan menjadi rumah peradaban yang sangat maju yang menggunakan ESP (ekstra sensory perseption atau istilah Kang Dicky Time Travel), psikokinesis, nubuat dan kekuatan gaib seperti itu, terbang di udara dalam kendaraan kaca, tahu rahasia kehidupan kekal , memiliki berlimpah, bebas mengakses energi metafisika, dan peradabannya jauh lebih unggul dari kehidupan masyarakat masa kini.
        Kami diberitahu bahwa semua informasi ini, bersama dengan artefak dan buku-buku, yang sayangnya hilang tanpa jejak dalam sebuah bencana yang tidak diketahui. nasip buruk.”

      • Pak ustadz Perdana, kalau melihat dari sejarah bahasa LEMURIAN yang merupakan akar dari semua bahasa malah sebaliknya. Bahasa Arab yang menyerap dari bahasa LEMURIAN. :)

  13. Senam pernafasan = bid’ah?
    Bukannya bid’ah hanya pada perkara syar’i?

    Ruqyah (bacaan Al-Qur’an/do’a untuk pengobatan syar’i) = mantra?
    Jika menulis huruf Lemurian saja ada faedahnya karena bersesuaian dengan gelombang, frekuensi semua yg bersifat alami.
    Maka saya percaya mendengar bacaan Al-Qura’n jauh lebih besar manfaatnya karena struktur tata bahasa, frekuensi suara/gelombang bunyi adalah rancangan Pencipta Alam Semesta.

    Ternyata saya memang orang awam yg perlu banyak belajar T_T

    • yang dikritisi itu “senam pernapasan yg menghasilkan kekuatan luar biasa” misalnya bisa menembus masa lalu, meramal dll.

      kalo senam pagi sih.. ok juga tuh. sehat!

      • “Kekuatan luar biasa” itu batasannya dari mana sampai kemana?Soalnya menurut pendapat saya, senam pernafasan ala Jos Usin juga bisa menghasilkan “kekuatan luar biasa”..!

  14. @ Perdana Ahmad
    tolong dijawab.
    Kalau seperti in saya kadi bertanya…bahasa yang digunakan pada zaman nabi adam itu apa ya?
    lalu kapan ada atau muncul bahasa arab?

  15. ada tulisan menarik

    “dari berbagai penemuan yang ada diketahuai bahawa semenjak 4000 tahun sebelum masehi, baru ada manusia yang bisa membuat membuat abjad atau bahasa tulis (sebelumnya dianggap belum ada bahasa tulis atau memang belum diketemukan bukti tertulisnya), yaitu oleh bangsa Sumeria di Mesopotamia yang membuatnya diatas batu; selanjutnya bangsa Mesir purba dengan sistem tulisan hyeroglyph; kemudian bangsa Babilonia dan Assyria di Mesopotamia yang memakai tulisan paku atau “cuneiform” dan dipahatkan diatas batu; begitupun bangsa Phunisia, China, Romawi, dan lain sebagainya”

    dari http://t724626.multiply.com/journal/item/12?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

  16. Disini jelas terlihat siapa yang memiliki keilmuan dan yang tidak. Siapa yang bangga dengan agamanya dan siapa yang tidak. Kalau dia tidak bangga dengan agamanya sendiri, maka dipastikan dia bukan pengikut dan penganut agama tersebut.

  17. hmmm.. yang jadi masalah adalah apabila huruf arab dijelek-jelekan… kalo saya lihat sih gak ada indikasi ke situ yah mas bro… jadi kenapa dihubungkan ke situ…. ???

    • Nah emang begitu kalau orang udah ga suka,,,gula pun jadi terasa pahit ya bah…perasaan di awal ga nyinggung masalah hijaiyah ko larinya kesitu ya…

  18. Orang ko oneng di banggain yaa…anda ngomong sok demokratis…ente sendiri ga ngehargain perkataan orang…makanya tong kalau belum ngerti ntu nanya sama ahlinyaaa..biar kalau ulangan dapet nilai memuaskan..jangan jadi orang yang negatif thinking cuy..ga baik…anda mempertahankan pendapat anda..silahkan itu kan pendapat anda…ga usah di ekspos sana sini lah..pake bawa-bawa agama lagi,, kaya yang udah bener aja agamanya, agama nya juga baru sebatas warisan orang tua tua aja udah kaya paling bener hehehe……cari yang sebenarnya kang biar selamat dunia akhirat..aamiiin

  19. Wah,, artikel dan perdebatan yang menariik..^_^

    Kalo saya mah,, pribadi yang simpel dan tidak suka memperumit diri sendiri… Yang baik dan benar saya ambil, yang kira2nya kurang sesuai dgn keyakinan, saya tinggalkn..

    Jujur saya tertarik melatih pernafasan, karna dari segi medis pun itu dapat menyehatkan tubuh.

    soal lemurian?? dgn pemahaman saya yg terbatas ini saya tidak berani berkomntar apa2… Setidaknya saya dpt ambil hikmah dari cerita itu sebagai bentuk pembelajaran untk mnjadi pribadi yg lebih baiik. Terlepas benar atau tidaknya..Penekanan saya, hanya hikmah positif yg bisa dipetik…^_^

    saya lebih suka fokus thdp keadaan bangsa ini., Bangsa yang mudah diadu domba dan terpecah belah. shngga mudah dikuasai negara lain.. Diperas sumber daya alamnya dan SDM nya dibodohi..
    miris.com yah…^_^

  20. Kalau kita teliti, mungkin yang paling mencolok dari tulisan perdana ahmad adalah fallacy nya
    buat yang pernah belajar ilmu logika, monggo perhatikan contoh dibawah ini :

    1. Jika memang bangsa Atlantis yaitu sekarang adalah bangsa barat dan Israel , maka tentunya mereka tahu huruf lemurian
    Hm, ada yang aneh?

    2. + Pola ini pun mengajarkan tujuan tujuan pendidikan menjadi sebuah nilai berupa angka dan penghargaan berupa benda atau piagam
    – penghargaan tidak hanya berbentuk fisik (hadiah benda/piagam) melainkan juga bisa berbentuk kepercayaan dan keutamaan dibandingkan orang lain
    Ada yg aneh

    3. orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah
    Adakah yang pernah denger orang arab bisa bilang peuyeum dengan fasih?

    4. Mungkin, sumbangan bahasa Arab yang paling jelas pada kemanusiaan adalah angka Arab
    Apakah 0 itu berasal dari arab?

    Alhamdulillah di tulisan yg ini fallacy nya cuma sedikit. biarpun pada komentar jadi banyak. tp d tulisan-tulisan yg lain?

    • nt bener banget angka arab ntuh bukan orang arab nyang nemuin tapi orang India. Angka arab ini cicitnye angka nyang dikenal dgn Brahmi Numeral yg biasa digunain di India

      orang India ntuh udah dari dulunye jago matematika – udah sejak jamannye Indus Valley Civilazation, orang india nyang nemuin system angka Desimal, angka 0, angka negatif banyak lagi dah – nt sebutin dah maunye nt ape Aritmatika, Geometri, Aljabar, Trigonometri, Logika Matematika .. ntuh orang India udah pelajarin semua

      orang arab baru kenal ame matematika ntuh setelah masuk India, nyang mopulerin matematika ame angka Hindu ini ntuh Muḥammad ibn Mūsā al-Khwārizmī ( ini orang Arab ape Persia ye – ane lupa ) nyang – di dunia barat dikenal ame nama Algoritmi.

      Naa .. di sini nih letak salah kaprahnye, karna orang bule kenal angka desimal ini dari Algorimi makanye orang barat nganggep nih angka nyang nemuin orang Arab

      Jadi kalo ade nyang bilang angka desimal ame angka nol ntuh nyang nemuin orang Arab .. ntu kabar HOAX :D

      • yaelah … ini kan pengetahuan umum, ane kagak tau linknye di internet

        coba nt google aje ndiri di internet, nyang ane tau pasti ntuh asalnye dari Brahmi Numeral – ini udah dipake sejak abad 3 SM di India, ntrus pan orang arab ntuh nyerbu ampe ke india … setelah india jatuh ade buku orang India nyang dibawa ke Bagdad pengarangnye ntuh Brahmagupta, di buku Astronomi ini Brahmagupta ngitung perhitungan astronomi pake sistem penempatan angka desimal ala Brahmi Numeral

        Buku Brahmagupta ini ntrus diterjemahin dah ame orang arab/persia, salah satu orang nyang tertarik ame buku ini ya si Al Khwarizmi alias Algoritmi .. ntrus bukunye Algoritmi popuier dah di eropa trus dari eropa nanti ade lagi nyang populerin namenye Fibonacci – doi nyang mopulerin huruf hindu arab ampe ke seluruh dunia

        naa nt google sendiri aje tuh Brahmi Numeral, Al Khwarizmi, Brahmagupta, Fibonnaci … nanti nt dapet gambaran gimana sejarahnye angka hindu arab nih

        sekarang nt perhatiin tulisan arab ntuh kan dari kanan ke kiri tapi nape juga nulis hurufnye dari kiri ke kanan :D

      • bung awan emang bener ini cuilan dari wikipedia

        “Pada manuskrip Latin,biasanya tak bernama,tetapi umumnya dimulai dengan kata: Dixit algorizmi (“Seperti kata al-Khawārizmī”), atau Algoritmi de numero Indorum (“al-Kahwārizmī pada angka kesenian Hindu”), sebuah nama baru di berikan pada hasil kerja beliau oleh Baldassarre Boncompagni pada 1857. Kitab aslinya mungkin bernama Kitāb al-Jam’a wa-l-tafrīq bi-ḥisāb al-Hind (“Buku Penjumlahan dan Pengurangan berdasarkan Kalkulasi Hindu”)”

        cuilan dari keterangan lain:
        menurut beberapa keterangan al Khawarizmi berasal dari Persia

        tambahan dari saya:
        kalau soal angka Arab nih angkanya aja yang dari Arab cuman kalkulasinya menggunakan kalkulasi Hindu
        adapun cara membaca yang dari kanan ke kiri atau dari kiri ke kanan, dalam rumus bahasa Arab lebih dulu disebut satuannya trus puluhannya trus ratusannya trus ribuannya
        contoh
        ثلاثة وثمانون وتسعمائة والف : ١٩٨٣

        bila ada salah mohon koreksi

      • eh ralat ane saleh tulis

        sekarang nt perhatiin tulisan ( huruf ) arab ntuh kan dari kanan ke kiri tapi nape juga nulis angkanye dari kiri ke kanan :D

      • naa .. ntu dia nyang disebut penempatan angka desimal menurut Brahmi Numeral.

        Angka romawi tuh pan juga basisnye desimal, tapi penulisannye kagak mengenal nyang namenye posisi penulisan satuan, puluhan, ratusan, ribuan .dst .. Brahmi Numeral nyang ngenalin penulisan berdasarkan satuan, puluhan, ratusan dst

        jadi bukan orang arab nyang nemuin penulisan model desimal satuan, puluhan dst

        Brahmin Numeral ataupun Brahmin Script ntuh nulisanye dari kiri ke kanan .. beda dgn huruf arab nyang nulisnye dari kanan ke kiri ..

        tapi Al Khwarizmi dalam bukunye tetep pake kaidah penulisan angka ala Brahmin Numeral yiatu dari kiri ke kanan – nyang sebenernye bertentangan dgn metode penulisan huruf arab ..

        makenye kite liatnye sekarang rada janggal masa hurufnye ditulis dari kanan ke kiri tapi angkanye ditulis dari kiri ke kanan :D

      • memang begitulah cara untuk membedakan huruf dan angka. dan memang begitu kaidah penulisan dalam bahasa Arab. Bahkan tulisan Arab pun mengalami penyempurnaan-penyempurnaan dalam kurun waktu yang panjang. Alhamdulillah Alkhawarizmi memberi banyak sumbangan bagi khazanah sains di dunia Arab, dunia Islam, dan dunia alam semesta…. :)
        BTW, kalau bahasa Lemuria, apa sumbangannya buat Indonesia ya?

      • Al Khwarizmi emang banyak jasanye – terutama karna sudah menyebarluaskan banyak konsep matematis yg dulu cuma diketahui orang India

        Permasalahannye PA di atas ntuh nulis ” Mungkin, sumbangan bahasa Arab yang paling jelas pada kemanusiaan adalah angka Arab (0,1,2,,3,…),”

        klaim itu ya kagak bener juga .. bisa dibilang baik konsep angka 0, konsep penulisan angka desimal adalah sumbangan nyang diberikan India bagi kemanusiaan – Indialah yg lebih pantas mendapat kredit di sini

        kalo soal Lemurian mah ntuh urusan KD bukan ane :D

  21. Kalau saya ditakdirkan hidup di jaman Rasululloh, berkomunikasi dengan bahasa Arab dan mempunyai tugas berda’wah ke daerah2 dengan bahasa yang bukan bahasa Arab, maka saya akan mempelajari terlebih dahulu bahasa daerah yg menjadi tujuan da’wah saya, baru mengajarkan bahasa Arab kepada mereka yg tidak tahu/mengerti bahasa Arab.

    • ada ulama yang malah takut jika ditakdirkan hidup di jaman Rasulullah saw. beliau takut jangan-jangan ketika hidup dizaman itu malah menjadi orang jahiliyah yang menentang Rasulullah saw. makanya beliau bersyukur dengan ketentuan Allah SWT dan hidayah-Nya yang lebih mahal dari yang termahal di dunia ini

      • Sy yg masih belajar tobat… mungkin bakal jadi penentang rosul kalo sy hidup di zaman beliau.. Sebab baru kemaren ini sy mengenal Islam. :)

        syukron @Mas Lukman dan @Mas Awan atas info di atas..

        @all,
        sy tetap menyimak/mengikuti diskusi rekan2 diblog ini..

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s