Nabi Yunus Ditelan ABANESS, kendaraan bangsa LEMURIAN? Bagian 1

Selain ahli bela diri, ahli pengobatan, penemu alat-alat canggih, dan penguak misteri peradaban dunia, Kang Dicky juga ternyata seorang mufassir (ahli tafsir). Beliau berhasil menjelaskan secara detail berbagai hal dalam Al-Qur’an yang selama ini tidak dibahas mendalam oleh para mufassir salaf, mufassir khalaf, atau mufassir kontemporer. Salah satunya adalah bahasan tentang ikan yang menelan Nabi Yunus. Menurut tafsir Kang Dicky, Nabi Yunus ditelan oleh ABANESS, kendaraan canggih milik BANGSA LEMURIAN.

Kisah Nabi Yunus di Al-Qur’an

Kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan diabadikan dalam Al-Quran di Surat As-Shaffat ayat 139-145.

وَإِنَّ يُونُسَ لَمِنَ الْمُرْ‌سَلِينَ ﴿١٣٩﴾ إِذْ أَبَقَ إِلَى الْفُلْكِ الْمَشْحُونِ ﴿١٤٠﴾ فَسَاهَمَ فَكَانَ مِنَ الْمُدْحَضِينَ ﴿١٤١﴾ فَالْتَقَمَهُ الْحُوتُ وَهُوَ مُلِيمٌ ﴿١٤٢﴾ فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ ﴿١٤٣﴾ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ ﴿١٤٤﴾ فَنَبَذْنَاهُ بِالْعَرَ‌اءِ وَهُوَ سَقِيمٌ ﴿١٤٥﴾

[37:139] Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul,
[37:140] (ingatlah) ketika ia lari, ke kapal yang penuh muatan,
[37:141] kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian.
[37:142] Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela.
[37:143] Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah,
[37:144] niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.
[37:145] Kemudian Kami lemparkan dia ke daerah yang tandus, sedang ia dalam keadaan sakit.

Apakah ABANESS itu?

Definisi tentang ABANESS dijelaskan di Glosarium Novel ARKHYTIREMA Buku Kesatu: Kelahiran halaman 5 dan 6.

ABANESS: Salah satu kendaraan bangsa LEMURIAN yang terbuat dari bahan KRAIMAN yang telah diolah, bila dialiri listrik pada bagian tertentu, maka akan terbentuk logam transparan. Fungsi utamanya sebagai kapal selam yang memiliki kecerdasan buatan yang mendeteksi orang yang membutuhkan pertolongan di laut dengan cara menelan tubuh mereka. Kalau manusia yang ditelannya sadar, maka akan langsung dilontarkan ke darat, namun bila tidak sadar maka akan dihibernasi dan dibawa ke Benua LEMURIAN untuk mendapat pertolongan medis dari bangsa LEMURIAN.

ABANESS digunakan:

(1) Pada masa bangsa LEMURIAN masih berada di Planet Bumi, digunakan bangsa LEMURIAN untuk menemui bangsa KRAIRON dengan tujuan berbelanja KRAIMAN.

(2) ABANESS menjadi prinsip dasar pembatan bahtera Nabi Nuh untuk menghadapi banjir besar dan menyimpan data genetik manusia dan makhluk hidup terutama hewan.

(3) ABANESS yang menelan Nabi Yunus. Ketika hal ini terjadi, Bangsa LEMURIAN sudah pindah ke Plant LEMURIAN, sehingga bila ada manusia yang tertelan, tidak akan ada Bangsa LEMURIAN yang menolong.Namun, karena Nabi Yunus selalu dalam keadaan mengingat Allah, ABANESS langsung mendaratkannya ke daratan. Saat ini hanya ada satu ABANESS, dan disimpan di Pyramida RHINGGAMANA.

Penjelasan ABANESS di Glosarium Novel ARKHYTIREMA Buku Kesatu -1

Penjelasan ABANESS di Glosarium Novel ARKHYTIREMA Buku Kesatu Hal. 5

Penjelasan ABANESS di Glosarium Novel ARKHYTIREMA Buku Kesatu -2

Penjelasan ABANESS di Glosarium Novel ARKHYTIREMA Buku Kesatu Hal. 6

Bukti Keberadaan ABANESS

ABANESS pernah muncul ketika terjadi tsunami jepang dan terekam kamera. Namun, banyak orang yang mengiranya pesawat UFO.

Di bawah adalah gambarnya.

Video Penampakan ABANESS muncul dalam tsunami di Jepang -1

ABANESS muncul dalam tsunami di Jepang -1

Video Penampakan ABANESS muncul dalam tsunami di Jepang -2

ABANESS muncul dalam tsunami di Jepang -2

Video Penampakan ABANESS dalam tsunami di Jepang -3

ABANESS muncul dalam tsunami di Jepang -3

Di Balik Tafsir ABANESS Kang Dicky

Seperti biasa, metoda tafsir yang digunakan Kang Dicky selalu berdasarkan pada logika. Pada kesempatan tertentu, Kang Dicky sering kali memancing peserta Open Dialog atau murid-murid HI untuk berpikir kritis. Di bawah adalah contoh pertanyaan yang dilontarkan Kang Dicky terkait tafsir ikan yang memakan Nabi Yunus.

  • Ikan seperti apa yang bisa menelan manusia tapi bisa membuatnya tetap hidup?
  • Bagaimana caranya Nabi Yunus bisa melihat keadaan di luar ikan?
  • Apakah ikan itu memiliki lubang semacam jendela kaca sehingga Nabi Yunus bisa melihat ke luar?
  • Mungkinkah Al-Qur’an menggunakan redaksi kata ikan untuk menyesuaikan dengan tingkat kecerdasan manusia di zaman itu yang belum mengenal teknologi kapal selam?
  • Ataukah yang dimaksud ikan itu sebenarnya adalah semacam kapal selam?

Bersambung….

Insya Allah artikel ini akan dilanjutkan kembali.

74 gagasan untuk “Nabi Yunus Ditelan ABANESS, kendaraan bangsa LEMURIAN? Bagian 1

  1. Sekali lagi tidak ada yang salah,dan menurut ana sah-sah saja bila KD berusaha menafsirkan ayat ayat diatas secara logika,karena kita mempunyai hak untuk berpikir kritis untuk meyakini dan smakin mempertebal iman,bukankah Al-Quran adalah kitab yang terpelihara? Sehingga tak mungkin terbelenggu oleh waktu dan ruang dan membatasi makna2 yang tersirat dan tersurat hanya ‘terbatas’ pada kemampuan para ahli tafsir ‘tempo dulu’

    • Mungkinkah Al-Qur’an menggunakan redaksi kata ikan untuk menyesuaikan dengan tingkat kecerdasan manusia di zaman itu yang belum mengenal teknologi kapal selam?

      Jika KD meyakini bahwa semenjak zaman Nabi Adam teknologi sudah sangat canggih, hingga pada zaman nabi-nabi sudah menggunakan teknologi canggih maka tentunya akan diketahui oleh Umatnya tehnologi canggih tersebut, maka akan sangat kontradiktif jika KD beranggapan manusia saat itu tidak mengenal teknologi kapal selam jika KD yakin peradaban saat itu sudah sangat canggih!

      • Mungkin bisa dianalogikan dengan saat ini,banyak juga orang-orang di muka bumi ini ( mungkin suku-suku pedalaman di afrika sana ) yang tidak mengenal komputer,Hp atau barang lain yang berkonotasi ‘modern atau canggih’,seperti juga saat itu (jaman Nabi Yunus AS – Red),bukankah sudah dikatakan jika saat itu kaum lemurian yang sudah mencapai taraf peradaban canggih sudah pindah ke planet lain?.
        Jaman Pra Renaissance (± sebelum abad ke-15),eropa mengalami masa kegelapan nan kelam,sangat bertolak belakang dengan timur ( Islam-red ) yang sedang mengalami perkembangan kebudayaan dan peradaban yang pesat,ini membuktikan kemajuan peradaban dunia tidak selalu menyeluruh dan merata yang tentunya karena berbagai faktor sama seperti halnya pada jaman para Nabi.

      • Betul tuh pak ustad menurut orang2 HI di yakini sejak nabi Ãϑάm sudah di kenal tehknologi canggih bahkan sdh Ãϑά tekhnologi kloning, jadi kenapa pula kata2 kapal selam harus di ibarat kan seekor ikan ck..ck..ck.. Aya aya wae…..

      • Rentang waktu antara zaman bangsa Lemurian dengan umat Nabi Yunus AS sangat jauh sekali. setelah menghilangnya bangsa lemurian, peradaban manusia semakin mundur termasuk peradaban pada zaman Nabi Yunus AS. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena adanya kemunduran pada akal manusia. Selain itu, ditambah adanya faktor dari nenek moyang bangsa Yahudi yg berusaha menciptakan program-program untuk mengusai dunia dengan merusak pikiran bangsa-bangsa lain agar menjadi bodoh dan lupa.

    • Tidak setiap orang bisa menafsirkan al-Qur’an. Ada syarat-syarat kemampuan bagi si penafsir dan metode tafsir yang wajib diikuti.

      Apakah Kang Dicky sudah memenuhi syarat sebagai seorang mufassir? Metode apakah yang digunakan Kang Dicky dalam menafsirkan ayat?

      Apakah boleh seseorang menjadi instruktur senam hanya karena dia bisa bergerak dan tidak gila? Tentu tidak. Ada persyaratannya. Apalagi untuk menafsirkan Al-Qur’an.

      • Mas Wid,tanggapan ana tetap seperti dulu,sekiranya ayat2 dalam Al-Quran yang tidak berbicara tentang akhlak,hukum dan fiqih,maka siapapun berhak mempelajari,menafsirkan,mengartikan atau apapun yang konotasinya sama,sejauh output yang didapatkan itu bermanfaat bagi umat manusia dalam arti seluas-luasnya dan dapat membuka tabir seluruh misteri alam semesta sebagai ciptaanNya.
        Dalam Al-Quran Surah Arrahmaan ayat 33,kita sendiri ‘ditantang’ oleh Allah untuk melintasi,atau menembus langit dan bumi jika kita sanggup,tentunya kita tidak akan pernah bisa melakukan itu melainkan dengan ilmu atau kekuatan,nah bila ayat ini ana hubungkan dengan ‘perdebatan’ mengenai canggih atau tidak nya peradaban masa lalu,tentulah jadi pertanyaan buat ana,mengapa Allah ‘susah-susah’ mem-firman-kan ini apabila keadaan saat itu jauh dari kesan canggih? Boro-boro menembus langit dan bumi, melakukan perjalanan dari Yaman ke palestin saja masih menggunakan kuda dan unta.

      • Sang Pencari: Ayat itu tidak memerintahkan manusia untuk menembus langit dan bumi. Ayat itu menegaskan bahwa manusia dan jin tidak akan bisa lari dari hari pembalasan, walaupun mereka mampu menembus langit dan bumi. Silakan baca tafsirnya.

    • @sang pencari …… ada yang namanya ILMU SOROF (الصرف) atau saraf, dalam mempelajari Bahasa Arab adalah sangat penting Mengetahui sorof (kaji bentuk perkataan) karena dengan perubahan bentuk atau ‘sighah’ sesuatu perkataan, maka perkataan itu akan berubah sama sekali maknanya…….menurut willywow KD bukan termasuk DUKUN yang mempelajari ilmu saraf/sorof ini, tetapi lebih cenderung kepada DUKUN YANG OTAKNYA MEMANG SARAP ………. (PE’A AKUT) …….. Whahahaaaa

  2. Sama saja dengan pembahasan tentang mukjizat Nabi Sulayman bisa terbang kata ahli tafsir di internet pake piring terbang. :D

    • @Arie : Betul sekali mas,rasa-rasanya sayang sekali jika kita dituntut atau tertuntut hanya untuk sekedar takzub,menelan ludah tanpa sedikitpun ada curious,atau keingin tahuan akan makna dari QS 34:12 dan cukup mengimani saja mukzizat nabi tersebut, alangkah naif menurut ana. Coba bandingkan rasionalitasnya menurut anda jika memang saat itu peradaban manusia masih sederhana, nabi sulaiman dapat terbang secepat angin seperti superman dibandingkan dengan peradababan diluar kerajaan nabi sulaiman sudah cukup maju,namun tidak semaju nabi sulaiman hingga mampu membuat piring terbang yang dilapisi tembaga?

  3. @ Widjojo :Mas Wid,itulah yang sering dan berkali-kali ana katakan sebelumnya. Cara ulama menafsirkan ayat apalagi yang berkaitan dengan fenomena alam,tentu mereka berusaha menafsirkan sebatas pengetahuan yang dimiliki dan seberapa jauh budaya dan peradaban masa itu. Jika saja masa dimana para ahli tafsir hidup minimal memiliki budaya dan peradaban masa kini,sudah barang tentu,hasil tafsir yang ada ( perihal fenomena masa lalu ) tidak lah sesederhana itu.

  4. @Kilangit : maaf ki,ana gak mengerti maksudnya? maklum komputer ana sudah butut dan ketinggalan jaman sehingga icon atau karakter tertentu tidak bisa diterjemahkan dengan baik.

    • tidak djo.. yg diedit itulah video helikopter.. kebetulan sy menyimpan filenya dr youtube.. video berupa helikopter baru keluar dr youtube selang beberapa hari setelah video aslinya..

      • Tidak mungkin mengedit video jadi nambah durasi. Yang logis itu video panjang dipotong jadi durasinya lebih pendek.

        Aneh…. Kecuali ini film Hollywood.

        Wajar saja video versi lengkapnya (durasi lebih panjang) baru keluar beberapa hari kemudian. Karena untuk menjelaskan kebohongan berita UFO yang muncul sebelumnya.

  5. (3) ABANESS yang menelan Nabi Yunus. Ketika hal ini terjadi, Bangsa LEMURIAN sudah pindah ke Plant LEMURIAN
    —————————————————————————————–

    Dimana sih planet Lemurian itu? apa masih di Galaksi kita (Bima Sakti)?

    • setelah browsing2, ketemu juga alamat planet lemurian, gak jauh dari andromeda, dekat galaksi Bima Sakti. artinya kalo jarak bimasakti- andromeda sekita 2,5 juta tahun = 18,8 triliun km. Karena planet lemurian agak dekat ke bima sakti, anggap saja sekitar 0,5 juta tahun cahaya= 1 detik x 300.000km x 60 (1 menit) x 60 (1 jam) x 24 (1 hari) x 360 (1 tahun) x 500 th (0,5 juta) =……????

      Kalo benda memiliki kecepatan = kecepatan cahaya, maka butuh 500 tahun baru nyampe ke sana. Hanya sesuatu yang ringan saja yang memiliki kecepatan sedemikian itu, bahkan saking ringannya, maka sesuatu harus tidak memiliki massa atau bobot sama sekali. jika sesuatu memiliki bobot-meskipun hampir nol, ia tidak bisa mengalami kecepatan cahaya. yang bisa melakukan kecepatan itu hanya photon saja, yaitu kwantum-kwantum penyusun cahaya. bahkan elektron yang bobotnya dikatakan hampir nol pun tidak bisa memiliki kecepatan setinggi itu.

      itu baru bicara kecepatan dan jarak, belum lagi pengaruh relatifitas waktu ala enstein. di sisi lain, ruang antar galaksi atau benda-benda angka lain, bukan ruang kosong melompong, tapi penuh dengan benda-benda langit, susah nyetir pesawat dalam kecepatan itu untuk menghindari tabrakan dengan benda langit.

      • Lalu Isro Mi’raj Nabi Muhammad dalam satu malam ngitungnya gimana Bos!Aneh khan!Atau pakai pesawat photon!?Atau pesawat Adamakna!Tujuh lapis langit,berapa galaksi!?Huwal Awwallu wal Akhirru.Tuhan bumi dan langit.Tuhan timur dan barat.Kun fayyakun..jadilah…!?

      • @Hendro…gak tau ngitungnya kayak apa….cuman kalo dari Masjidil haram ke Masjidil Aqso lewat darat, kita-kira 1.500 km yah….kalo pake kecepatan cahaya gak sampe 1 detik udah nyampe, yang jadi masalah ketika Mi’raj ke sidratul muntaha yang jaraknya kagak tau. Kita tau kan, dalam satu galaksi ada 100 milyar lebih bintang, galaksinya aje ada 100 milyar lebih pula, galaksi itu sendiri mengelompok lagi jadi cluster-cluster, ada milyaran pula cluster itu, alamaaak luas sekali jagat raya ini… Allahu Akbar…ane kira pake kecepatan cahaya juga gak bakalan bisa ke sana dengan cepat, tarohlah pake kecepatan malaikat sesuai QS Al M a´aarij ayat 4 disebutkan: Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. pertanyaannya kuat gak tubuh Rasulullah melakukan perjalanan secepat itu. mungkin di sinilah berlaku “Keimanan” bicara…ini udah urusan Mukjizat… mana kuat memikirkannya.

      • Mukjizat adalah peristiwa luar biasa yang hanya terjadi pada nabi untuk membuktikan kebenaran status kenabiannya. Seandainya mukjizat bisa dijelaskan secara akal, misalnya Isra dan Mi’raj dilakukan dengan pesawat berkecepatan tinggi, Rasul SAW membelah bulan dengan tenaga dalam, atau sebagaimana klaim Kang Dicky bahwa Nabi Musa mengubah tongkat jadi ular dengan memodifikasi DNA-nya, maka tentu siapa pun bisa melakukan mukjizat asalkan punya teknologinya.

        Kalau sudah begitu, mukjizat tidak lagi menjadi bukti status kenabian. Apa bedanya Nabi Muhammad saw dengan si fulan yang bertenaga dalam tinggi yang bisa membelah bulan? Apa bedanya Nabi Musa as dengan ilmuwan yang bisa mengubah DNA tongkat menjadi DNA ular?

        Seandainya semua harus logis, maka di mana peran iman?

      • seandainya di Galaksi Andromeda itu ada penghuninya, katakanlah manusia kaya kita, trus memiliki teleskop super canggih. ketika mereka mengarahkan ke bumi, yang mereka lihat adalah suasana bumi 2,5 juta tahun yg lalu, heheh.

  6. Buat ust PA, mas wid juga rekan2 yg masih tetep berpegang teguh dengan tafsir ala ulama terdahulu,monggo silahkan sebenarnya kita satu visi; hukum potong tangan, rajam, cambuk penggal atau yg lain akan tetap seperti itu sampai kapanpun, tidak akan tergantikan, begitu juga dgn akhlak yg telah diajarkan bahwa ibu 3x wajib dihormati, baru kemudian ayah Dan tidak akan terbalik. Namun untuk apapun yang berbau fenomena masa lalu,tetap harus dikritisi untuk menambah keyakinan Dan keimanan. Sehingga memperkaya kasanah keilmuwan umat Islam, tidak sekedar kitab hukum semata. Inilah yang membedakan kita dgn rekan2 dari nashrani yg ‘terpatok’ pada keyakinan yg ditanamkan oleh para ahli agama mereka bahwa tuhan itu ada 3 misalnya, Dan lagi Ana yakin kalian tidak terlalu bodoh untuk sekedar ‘yes’ Dan yakin jika (contoh) karomah nabi sulaiman bisa terbang seperti Superman ditengah2 kaumnya yg baru mengetahui kuda Dan unta sebagai alat transportasi

    • Kita berbeda dalam memandang kisah Nabi. Menurut ana, kisah nabi adalah bagian dari akidah yang harus bersumber dari dalil-dalil shohih. Sementara, antum meyakini bahwa kisah Nabi boleh diambil dari sumber mana pun, baik penelitian, time travel, atau literatur sejarah lainnya. Begitukah?

      Kutipan dari buku berikut rasanya cukup mewakili pendapat ana.

      Pertama, berbicara tentang para nabi, berarti bicara tentang akidah Islam.

      Islam memandang bahwa aqidah tak boleh dinukil dari sekadar perkataan orang, wajib digali berdasarkan sumber yang qath’i, yakni Al-Qur’an dan hadits mutawatir.

      Sumber: Menyingkap Jin & Dukun “Hitam Putih” Indonesia Hal. 36, Irfan Ramadhan al-Raqiy, Penerbit Halim Jaya

      • Iya ok ok itu prinsip Anda,Ana hargai hanya saja rasanya kalo Anda tidak pernah (tidak mau) menganggapi langsung ‘ajakan’ Ana untuk membuka pintu logika,Anda seolah menutup rapat pikiran Anda demi dalil2 agama versi ulama. Anda telan semua bulat2 walau akhirnya kurang lebih Sama saja dengan nashrani yg taqlid buta dgn ketuhanan nabi Isa ,buat Ana itu bukanlah Cara yang elegan untuk berdiskusi. Anda terus menerus menyatakan dalil demi dalil yang buat Ana absurd Dan justru mematahkan Islam sebsagai agama yang universal Dan terpelihara sembari secara halus mengatakan kami menyimpang, sembarangan, atau mungkin kafir lah wallahu a’lam . Ana sebetulnya yakin jika Anda mau menyediakan sedikit ruang dalam pikiran Anda jika alasan2 Ana logis Dan tak bisa dibantah, termasuk fakta bahwa para ahli tafsir atau siapapun pasti ber analisa atau berhipotesa pasti dipengaruhi budaya Dan peradaban pada masanya.

      • Ana tegaskan bahwa dalam perkara agama (apalagi aqidah) harus berdasarkan pada dalil shohih. Mengikuti dalil shohih tidak bisa dikatakan menutup pintu logika. Allah dan Rasul-Nya tahu mana yang lebih logis dibanding akal pikiran kita.

        Contoh yang bagus adalah ketika Perjanjian Hudaibiyah antara Rasul SAW dan kafir Makkah yang memuat poin-poin yang secara logika merugikan kaum muslimin. Ketika itu bahkan Umar bin Khattab ra marah besar. Tapi, Rasul berkata bahwa ini berdasarkan wahyu. Setelah mendengar itu, semua tunduk termasuk Umar ra.

        Beda lagi ketika penentuan markas perang Badar. Rasul sudah menentukan sebuah tempat yang dipandang shahabat tidak strategis. Shahabat, Al-Habbab bin Mundzir, bertanya: “Apakah ini berdasarkan wahyu atau pendapat pribadi Rasul saja?” Setelah Rasul menjelaskan bahwa itu hanya pendapat pribadi beliau, maka Al-Habbab bin Mundzir mengusulkan tempat lebih baik.

        Intinya adalah kita harus bisa membedakan antara perkara sains/teknologi dan agama/akidah. Kisah para nabi jelas terkait akidah (kepercayaan agama), bukan sekadar fenomena alam.

        termasuk fakta bahwa para ahli tafsir atau siapapun pasti ber analisa atau berhipotesa pasti dipengaruhi budaya Dan peradaban pada masanya.

        Apa contohnya?

        Di zaman Imam Ibnu Katsir (13 M), telah ada penemuan dasar-dasar pesawat terbang oleh Ibnu Firnas (8 M), laboratorium kimia oleh Ibnu Jarrir (8 M), kedokteran oleh Ibnu Sinna (10 M), ilmu pertanian, pembangunan irigasi, dst. Zamannya para ahli tafsir tidak terlalu kuno, bahkan terbilang maju. Tapi, Imam Ibnu Katsir dan ahli tafsir lainnya tidak pernah menafsirkan bahwa Nabi Adam adalah ahli kedokteran, ahli sistem irigasi, ahli kimia, ahli nagivasi pesawat terbang, dst.

        Metode tafsir yang digunakan banyak ulama ahli tafsir adalah periwayatan. Artinya sebisa mungkin tidak ada penafsiran, tapi mengikuti teks yang ada. Misalnya kisah wafatnya Nabi Adam dan kebingungan anak-anaknya ketika akan menguburnya. Memang redaksi haditsnya begitu. Ulama tidak pernah mengarang-ngarang itu, mereka hanya meneruskan riwayat yang ada. Silakan saja cek ke kitab haditsnya, isi redaksinya tetap sama.

        Yang lebih mengherankan malah tafsir Kang Dicky cs. Jika dikatakan tafsir Kang Dicky mengikuti budaya dan peradaban di zaman ini, faktanya nol besar. Di zaman ini, keberadaan makhluk asing (alien) di planet lain masih belum terverifikasi, tidak pernah ada fakta bahwa ada manusia yang bisa berubah jadi energi, tidak ada bukti nyata bahwa manusia bisa melihat ke masa lalu, bahkan keberadaan Tenaga Dalam yang menjadi pusat semua paham-paham KD masih tidak terbukti. Tafsir Kang Dicky tidak berdasarkan dalil dan juga tidak berdasarkan argumen-argumen sains.

      • ….walau akhirnya kurang lebih Sama saja dengan nashrani yg taqlid buta dgn ketuhanan nabi Isa

        Faktanya berbeda, doktrin ketuhanan Nabi Isa memang tidak logis dan tidak mungkin diterima akal sehat. Doktrin-doktrin (dasar) aqidah Islam logis dan bisa diterima akal sehat. Al-Qur’an bisa dibuktikan akal sehat berasal dari Allah swt. Muhammad saw bisa dibuktikan akal sehat adalah utusan Allah swt. Apa yang datang dari keduanya pasti benar, karena tidak mungkin Allah swt dan Rasul-Nya salah atau berbohong.

        Contoh: Tidak pernah ada bukti nyata keberadaan malaikat, neraka, atau surga. Tapi karena informasi itu berasal dari sumber yang pasti benar (Al-Qur’an dan Hadits) maka pasti nyata, walaupun kita tidak bisa membuktikan keberadaannya secara langsung. Ini keyakinan yang logis, karena sumbernya juga pasti benar.

        Sholat Shubuh 2 rakaat. Ulama pun tidak pernah tahu apa alasannya, kenapa harus dua, atau akar dari gerakan sholat itu. Tapi, tidak jadi masalah, ikuti saja. Pasti benar, karena sumbernya yakin benar. Ini juga logis.

        Nabi Adam telah wafat, dimandikan, dan dikuburkan oleh malaikat. Ini pasti benar karena berasal dari berita Rasul saw yang tidak mungkin berbohong. Tidak mungkin saat ini Nabi Adam sedang bepergian dengan pesawat canggih sebagaimana paham Kang Dicky. Pasti Kang Dicky yang salah atau berbohong. :)

      • Mas wid,tafsir KD itu bukan berdasarkan logika tetapi bersandarkan tenaga dalam dan tenaga metafisik yg kebenarannya relatif.Mungkin alatnya yg rusak (belum sempurna) atau ada yg salah dari KDnya sendiri.Sungguh bahagia bagi orang yg hatinya hanif.Dan Allah selalu menjaganya dan menolongnya.Saya kira KD harus mendalami Asma dan sifat-sifat Allah secara mendalam…time travel tidak bisa dijadikan sandaran dalam menafsirkan Qur’an.Kunci ibadah adalah thoharoh lahir dan bathin kita sehingga Allah menunjukan jalannya dan Nur basyirohNya.Allahuma yaa Alif.yaa hanif yaa hanif yaa hanif

  7. jk dlm kapal modern yg sangat canggih sehrsnya memiliki lampu penerangan (listrik) utk kegiatan oprasional oleh ABK/kru kapal,
    sedangkan nabi Yunus ditelan ikan dlm keadaan sangat gelap gulita (tnpa lampu penerangan) [qs.21:87], di dlm ikan tdk ada lampu listrik -Yunus sampai di daratan dlm keadaan sakit [37:145] shrsnya mndpt perawatan medis dulu,misalnya Infusa padat Nutrisi sampai sehat
    Satu lagi karangan tipudaya KD yg terbongkar, KD tambah keblinger dan miring saja, dari mana bs menyebut nabi Yunus melihat keluar lwt kaca jendela? Disebut dlm ayat Quran yg mana,di Hadist yg mana,diriwayatkan oleh siapa?

  8. TRILOGI ARKHYTIREMA merupakan sebuah novel yang bercerita mengenai kisah hidup seorang Bangsa LEMURIAN yang lahir dengan kekuatan melebihi bangsanya akibat proses tata surya yang berhenti. Adalah ARKHYTIREMA, yaitu sebuah nama yang berasal dari kata ARK (bahtera), KHY (tenaga), TI (dari), RHEM (12 planet dalam keadaan berhenti).kelahiran ARKHYTIREMA di MORTAPHRABEENA ketika RHEM terjadi 3 jam lebih cepat dari yang diperkirakan pada 419 ORIGOM atau 40.000 SM
    ————————————————————————————————–
    apa maksud Proses Tata Surya Terhenti/RHEM (12 planet dalam keadaan berhenti). apa ada keterangan berapa lama terhentinya?

    • @om borneo..

      wah susah mas neranginnya.. anda kan gak percaya td/tm.. time travel.. jdi percuma aja ngejelasinnya.. pokoknya sulit deh.. sebab sel otak anda harus aktif sekian persen dulu.. :)
      :) :) becanda.. hehe..

      beberapa argumen anda di atas sebenernya mematahkan cerita abaness dan ollymph.. dan alasan KD ini cuma novel doang lho… kita juga perlu data orang2 yg mempercayai novel ini lebih sekedar novel..

      tafsiran abaness ini sudah bertolak belakang dengan fakta dalil..

      @mas widj..
      gimana??

      • yup, saya kira kita kembalikan saja kepada defisi Novel itu (http://id.wikipedia.org/wiki/Novel)….anggaplah hanya sekadar hiburan, kemudian kalo emang ada hal-hal yang baik di situ bisa diambil manfaatnya, seperti perjuangan keras, kesetiaan, ketabahan, dan lainnya.

      • Pak TD, menurut ana semua argumen Kang Dicky bisa dipatahkan dengan mudah. Semua ustadz yang ana temui dan diceritakan tafsir versi KD langsung pada ketawa. :)

        Tanpa dibantah pun sebetulnya isi tafsirnya sudah tidak masuk akal. Tapi, ini tetap perlu dibahas dan dibantah karena faktanya ada beberapa orang yang begitu percaya pada tafsirnya KD.

        Analogi sederhana. Kalau ada orang mengaku pernah ketemu manusia berkepala singa bertangan laba-laba, kira-kira mau Pak TD bantah tidak? Tidak perlu. Sudah jelas ngaco.

        Ana sudah coba cari referensi tentang time travel dari buku-buku Fisika populer. Time travel ke masa depan bukan saja mungkin, tapi terbukti memang bisa dilakukan.

        Rekor Time travel ke masa depan dilakukan oleh Sergei Avdeyev, seorang astronot Rusia, sejauh 0,02 detik. Ini terjadi karena dia mengorbit dan bergerak lebih cepat dari kecepatan manusia normal di bumi. Mengakibatkan waktu di dirinya relatif lebih lambat daripada manusia bumi.

        Time travel ke masa lalu masih diperdebatkan oleh para ahli fisika teoritis. Beberapa mengatakan mungkin tapi akan membutuhkan energi yang sangat besar sekali, lebih besar daripada semua energi yang ada di tata surya kita (listrik, petir, gempa, badai, ombak, dst digabungkan semua).

        Ana bisa coba bahas ini, tapi dikhawatirkan membingungkan pembaca. Ini ada kaitannya dengan konsep relativitas Einstein.

        Jika tertarik dengan time travel ke masa depan, silakan baca link-link berikut:

        http://en.wikipedia.org/wiki/Time_dilation
        http://www4.ncsu.edu/~carroll/time_travel/forward.html
        http://bigthink.com/dr-kakus-universe/is-time-travel-possible

      • @mas widj..

        yah bukti awal adanya murid HI Mempercayai isi novel bukan fiksi.. dapat kita temui di komen2 murid HI Diblog ini dan blog HIW… dan sites lainnya.. intinya pendapat apapun yg nyerempet agama tapi ada kontradiktif ama dalil, pada dasarnya pasti mengundang kritikan/pertanyaan..

        sambil jalan/diskus.. kita nunggu perkembangannya deh.. yg kita butuhin pengakuan KD kalo itu bukan sekedar novel.. tapi kalopun novel seharusnya nama2 pemainnya ga nyerempet nama2 nabi.. ini lebih aman :)

      • time travelnya rumit mas widj.. makasih infonya :)

        btw.. black hole bima sakti itu sebenernya kerjaan ana ama om borneo.. waktu jalan2 naik pesawat.. yg bikin bolong sih om borneo.. dia ngantuk nyetirnya.. jadi nabrak sana sini.. :)

        sy pernah baca waktu terdiam di black hole (teori abal2).. 1 tahun ke black hole = 100 tahun umur bumi… kalo balik lagi kebumi.. berarti umur bumi 200 tahun.. tapi buat balik ke 200 tahun lagi gimana teorinya?? :)

        sayang black hole ini masih misteri..

      • Mungkin ini terkait dengan relativitas waktu yang dipengaruhi kecepatan dan gravitasi. Misalkan Astronot bolak-balik ke matahari terdekat (alpha centaury) dengan roket super dan menempuh waktu 8 menit. Baginya perjalanan itu hanya 8 menit, bagi kita dia pergi selama 8 tahun. Ini terjadi karena waktu dipengaruhi oleh kecepatan dan gravitasi. Makin tinggi kecepatan atau makin jauh dari pusat gravitasi maka waktu melambat.

        Einstein menjelaskan ini dengan Twin Paradock. Ada dua orang saudara kembar (yang tentu saja umurnya sama persis). Seorang jadi astronot dan pergi ke luar angkasa dengan roket super. Ketika mendarat, si astronot akan lebih muda daripada saudara kembarnya yang tinggal di bumi. Fenomena ini sudah dibuktikan secara ilmiah dengan membandingkan jam atom di satelit.

        “If we placed a living organism in a box … one could arrange that the organism, after any arbitrary lengthy flight, could be returned to its original spot in a scarcely altered condition, while corresponding organisms which had remained in their original positions had already long since given way to new generations. For the moving organism, the lengthy time of the journey was a mere instant, provided the motion took place with approximately the speed of light.”

        If the stationary organism is a man and the traveling one is his twin, then the traveler returns home to find his twin brother much aged compared to himself. The paradox centers around the contention that, in relativity, either twin could regard the other as the traveler, in which case each should find the other younger—a logical contradiction. This contention assumes that the twins’ situations are symmetrical and interchangeable, an assumption that is not correct. Furthermore, the accessible experiments have been done and support Einstein’s prediction. …

        Sumber: Bahasan Twin Paradock di Wikipedia

        Twin Paradox

        This means that, in principle, an astronaut may take over 4 years to reach the nearest star in a super fast rocket ship, but to him, it might only appear to be 4 minutes. Hence, after a round trip, the earth will have aged more than 8 years, but he will have aged only 8 minutes. As incredible as this sounds, this effect is measured every day with our GPS satellites and our atom smashers.

        Sumber: Is Time Travel Possible

      • Saya pernah mendengar kisah, bahwa ada seseorang masuk kealam jin dia merasa baru 3 hari berada dialam jin, namun ketika kembalinya kealam manusia waktu sudah berjalan 3 bulan, saya sangat-sangat sering berdialog dengan jin, usia jin sangat berbeda dengan usia dialam manusia akibat perbedaan relatifitas waktu dimensi manusia dan alam jin. Usia 100 tahun jin baru sekitar 10 tahun dialam manusia. perbedaan relatifitas waktu juga terjadi dialam malakut.
        Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (QS Al-Sajdah [32]: 5).
        lihatlah dalil Al-Qur’an diatas, 1 hari alam malakut = 1000 tahun alam manusia !!!

        Perlu diketahui bahwa alam materi termasuk didalamnya manusia diciptakan Allah pada getaran kecepatan atom yang sedikit lebih lambat dari alam meterinya jin/ALAM MALAKUT (malaikat) yang lebih cepat hingga kita tidak dapat melihat jin beserta alamnya. Bisa saya contohkan baling-baling pesawat terbang dan bagaimana secara bertahap ia hilang dari penglihatan kita dengan semata-mata peningkatan kecepatan putarannya dan ketidakmampuan kita untuk mengikutinya. Padahal ia tetap berputar,dan ketika putarannya mulai melambat,kita kembali dapat melihatnya?
        Dalam nisbatnya dengan Jin beserta alamnya juga alam malaikat, kita bukan berhadapan dengan gerakan yang keluar dari kecepatan gerak seperti gerakan baling-baling pesawat terbang.Tetapi kecepatan yang sangat tinggi yang sulit dibayangkan pada pancaran gelombang yang bersumber dari atom-atom pembentuk tubuh jin/malaikat beserta alamnya yang kelima indra kita tidak mungkin mampu menangkapnya.
        Ilmu pengetahuan fisika modern telah mengetahui bahwa semua benda pada akhirnya terdiri dari atom,atom terdiri dari proton dan elektron.Elektron-elektron ini merupakan materi pertama alam,dan seluruh benda yang ada di alam semesta baik manusia, binatang, tumbuhan maupun benda mati tidak lain adalah elektron-elektron yang melayang-layang disamudra ether dengan kecepatan sangat tinggi atau dengan getaran yang bermacam-macam. Pendapat ini dengan sendirinya meliputi dunia kita dan alam yang tidak dapat kita lihat seperti jin dan alam tempat tinggalnya yang mempunyai kecepatan getaran yang lebih tinggi dari alam manusia hingga relatifitas waktu akan berbeda antara alam manusia dan jin dan alam malaikat. kecepatan getaran alam malaikat lebih tinggi dari alam jin dan kecepatan getaran alam jin lebih tinggi dari alam manusia.

        KECEPATAN “GETARAN” TINGGI = RELATIFITAS WAKTU BERBEDA, waktu alam manusia terasa sangat panjang dibanding alam jin dan alam malakut. relatifitas waktu alam jin terasa sangat panjang dibanding alam malakut

        Allahua’lam….timbanglah tulisan saya ini dengan kacamata syari’at jika ada yang menyimpang tolong luruskan saya akan rujuk asal dalilnya shahih….

    • Seandainya berhentinya tata surya itu pernah terjadi (di luar urusan mukjizat) maka kita coba bermain logika lagi niih:

      Kita sekarang berada di bumi, selain melakukan rotasi, juga bergerak mengelilingi matahari, yang menurut ilmuan degan kecepatan 107.000km/jam! melebihi kecepatan pesawat ulang-alik columbia, challenger atau ariane yang hanya 20.000km.jam. sebenarnya kita ini bagaikan berada dalam pesawat yang sedang bergerak dengan kecepatan 107.000km/jam.

      Kecepatan bumi 107 ribu km/jam tersebut menghasilkan gaya sentrifugal yang melawan gaya tarik matahari secara seimbang, yang menurut ilmuwan telah berlangsung selama 5 milyar tahun tidak pernah berubah kecapatan itu, kenapa?

      Jika bumi itu melamban sedikit saja, maka dapat dipastikan bumi akan jatuh ke matahari, maka kita akan lenyap. sebaliknya, lebih cepat sedikit saja, maka bumi akan terlepas dari orbitnya dan terlempat ke ruang angkasa yang tak bertepi. naaah kalo bumi itu gak boleh melambat atau betambah cepat, apalagi kalo berhenti…bisa dibayangkan akibatnya.

      gambarannya kayak kita mau melewati tikungan tajam jalan dengan naik motor. di situ kita akan merasakan gaya sentrifugal.

      Bagaimana kalo rotasi berhenti? itu artinya ada bagian bumi yang kena panas terus menerus, dan gelap terus-menerus disisi lainnya.

      Menurut para ilmuwan, kalo bumi terkena sinar matahari terus menerus, maka dalam 100 jam, air akan mendidih, dan 100 jam kemudian tidak akan ada lagi kehidupan. Sebaliknya di sisi gelap/malam, pada 100 jam pertama akan mengalami pembekuan, seluruh air menjadi es, dan 100 jam kemudian tidak akan ada kehidupan pula di sana.

      Allah Berfirman, QS Mulk (67): 3, “yang telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?”

      QS Al-Qashas (28) : 71-72
      “katakanlah : terangkanlah padaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapa Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?”
      “Kataknlah : terangkanlah padaku : jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu, yang kamu beristirahat kepadanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

      Itu baru bicara bumi, kalo semua planet dan benda langitnya ikutan berhenti….kacau balaulah semua.

      • Tambahan, kalo bumi berhenti tibah-tiba, maka manusia dan lainnya akan terlempar ke luar angkasa. kayak naik motor ketabrak pohon atau direm tiba-tiba.

      • bagi uang suka itung-itungan, berapa energi yang dibutuhkan oleh sang bumi untuk bergerak selama 5 milyar tahun?, dengan asumsi bergerak pada garis lurus:

        berat bumi = 6 x 10 pangkat 24 kg
        kecepatan = 107.000 km/detik
        rumus = 1/2 mv2
        dalam satu detik didapat = 2,65 x 10 pangkat 33 joule.
        kalo 5 milyar? = 2,65 x 10^33 x 5 milyar tahun x 365 hari x 24 jam x 60 menit x 60 detik = 48.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 joule.

        Energi yang luarbiasa, kalo semua energi di perut bumi ini dikuras, gak bakalan cukup……subhanallah. kita hidup dan menumpang dengan gratis.

      • d(^_^d) d(^_^d)
        d(^_^d) 2 thumbs up buat om borneo ttg RHEM, on Juli 2, 2012 at 10:37 am
        kalau diantara pembaca ada Pakar astronomi dari Observatorium Bosscha sptnya akan sangat setuju dan sependapat dg postingan om borneo diatas :D
        jgnkan berhenti (RHEM) kalau kcepatannya melambat keseimbangan sentrifugalnya terganggu bs keluar dari orbit garis edarnya kmdn jatuhbebas terjun ke matahari (ditarik gravitasi matahari) atau bertabrakan dg planet tetangga di sistem TataSurya maka tdk ada jaman skrg,tdk ada KD yg menulis buku,tdk ada lady Gaga
        kalau di sini ada Pakar astronomi yg mau menambahkan atau meralat ditunggu postingannya

        “…om borneo, on Juli 2, 2012 at 9:53 am said: mantaap, saya suka itu. karena saya juga bukan ahli hadist dan Al-Qor’an maka saya hanya menyampaikan sesuai ”
        > menurutq referensi ayat Quran di komentar om borneo sdh lumayan krn mendukung pembahasanya

    • RHEM di novel ARKHYTIREMA dikatakan sebagai kondisi ketika planet-planet atau benda-benda lainnya berada satu garis dengan matahari atau planetary alignment.

      RHEM di Novel ARKHYTIREMA

      Menurut KD dan HI, pada akhir tahun ini, 21/12/2012, diperkirakan akan terjadi bencana (yang disalahartikan sebagai kiamat oleh Bangsa Maya) karena bumi dalam kondisi RHEM. Kang Dicky sudah membagikan ilmu khusus pada murid-murid HI untuk mengatasi bencana besar ini.

      Ini pernah ana bahas di Facebook dan memancing banyak komentar dari murid HI.

      Hikmatul Iman meyakini bahwa pada 21 Desember 2012 kutub utara dan kutub selatan (akan tertukar), menyebabkan kutub utara dan selatan akan meleleh dan menimbulkan banjir besar. Setelah itu akan ada jaman es kedua dan ketua kutub pun akhirnya berganti.

      HI telah mengantisipasi ini dengan menembakkan software RHABAQOLTRA ke angkasa untuk mencegah kejadian ini atau setidaknya menimalkan efeknya.

      Apakah 7 miliar manusia penghuni bumi ini bisa diselamatkan oleh Hikmatul Iman? Kita tunggu saja hasilnya.

      Sumber: Facebook HIW

      • suka tuh ama itung2annya om borneo..

        mengenai satu garisnya planet2.. biasanya nasa tau duluan.. ada link?

        hitungan darimana kd bisa tau tglnya??

        kd mahir bahasa inggris ga mas widj??

      • Bertukarnya kutub boleh saja terjadi, kalo berdasarkan penelitian terhadap sampel inti sel dan sedimen dari dasar laut, mengidikasikan bahwa kutub magnetik terakhir kali bertukar tempat kira2 780.000 tahun yang lalu. Pada dasarnya parailmuwan tak mengerti mengapa medan magnet mulai menipis, yang ada cuman spekulasi-spekulasi. Penyebabnya aje belum jelas, gimana mengantisipasinya?

        masalahnya adalah, pertukaran kutub itu butuh waktu ratusan tahun, selama proses berjalan bumi akan mempunya beberapa kutub magnetik, akibatnya burung akan tersesat, hiu berenang tanpa tujuan, katak, kura-kura, dan salmon tak akan kembali lagi ke tempat berkembang biak mereka. intensitas badai, topan, tornado akan makin kacau.

        Bicara bangsa maya, salah satu kehebatannya adalah, dengan tanpa teleskop dan peralatan lain, astronom Maya mampu memperhitungkan lamanya satu bulan lunar adalah 29,53020 hari, hanya beda 34 detik dengan apa yang kita ketahui sekarang sebagai jangka aktual : 29,53059….gimana caranya yah?

        (sumber : Buku Apocalypse 2012 karangan Lawrence E. Joseph, cetakan ketiga, April 2009)

      • Harusnya yang jawab pertanyaan begini adalah murid HI.

        Anehnya, ketika bicara tafsir atau dalil murid HI sepertinya selalu bersemangat untuk bicara ilmiah. Tapi, jika diacak bicara ilmiah ga bisa menanggapi. Kita khusnudzan saja ya…

      • Saya yakin 100% lewat tahun 2012 TIDAK AKAN BERUBAH KUTUB BUMI! dan saya akan melihat “kehebatan” berkelitnya KD dari salahnya ramalan hasil time travel ghoibnya. :)

        Dalam beberapa ramalan hari kiamat 2012, Bumi menjadi deathtrap karena mengalami “pergeseran kutub”.

        Kedua kutub akan bertukar tempat, ini menyebabkan semua siklus menjadi terbalik dan kacau. Siklus iklim berubah drastis, perputaran rotasi bumi berlawanan dari semestinya yang kemudian menyebabkan bumi keluar dari jalurnya, Bumi menjadi tempat yang sangat tidak cocok dengan makhluk hidup, dan lain-lain.

        Para ilmuwan sangat menolak dan tidak sependapat jika pertukaran kutub terjadi seketika seperti skenario. Tetapi beberapa peneliti memang berspekulasi bahwa pergeseran yang halus bisa terjadi, misalnya jika distribusi massa pada atau di dalam bumi berubah secara radikal, maka perubahan medan magnetis mungkin akan terjadi.

        Jika dilihat dari kondisi pergerakan lempengan dan medan magnetis bumi sekarang, kemungkinan terjadinya hal seperti itu memang ada. Namun perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk dapat memastikannya.

        Ahli geologi Universitas Princeton Adam Maloof mengatakan, “semua itu sangat mungkin terjadi, namun sangat mustahil jika perubahan/pergeseran kutub akan terjadi dalam periode singkat (1-2tahun), semua proses itu sangatlah lamban dan memakan waktu jutaan tahun. Cukup lambat sehingga manusia tidak akan merasakan gerak perubahan lempeng tektonik tersebut”. Demikian ungkapnya.
        lihat di http://rensenpelawi.blogspot.com/2009/11/teori2-kiamat-2012-dan-sanggahannya.html

  9. @ To All : khususnya buat yang gak percaya : ana rasanya pada akhirnya,kembali ke masing-masing saja,saling menghargai,percuma berdebat atau hanya berdiskusi sekalipun karena masing-masing bersikukuh pada pendapatnya. Tetap pada kenyataannya buat ana itu berarti taqlid buta,padahal Allah sendiri selalu mengajak kita untuk senantiasa berpikir ( QS 2:164 ),namun mungkin ana sendiri dianggap mengada-ngada atau ngawur karena menurut kalian ana seenaknya mencantumkan QS 2:164?
    Susah juga jika Al-Quran direduksi ( silahkan jika anda semua tidak setuju dengan pendapat ana ) hanya sebatas ‘gambaran masa lalu’ hingga ayat diatas hanya menceritakan firman Tuhan untuk Nabi Saja, karena ana meyakini jika salah satu firman Tuhan diatas juga berlaku untuk semua plus berlaku sepanjang masa.
    Buat ana diskusi ini tidak akan pernah menemukan titik temu karena mungkin ‘kisah nabi atau fenomena masa lalu’ adalah aqidah titik. Ana dan mungkin KD hanya berusaha melihat kejadian tersebut dari sisi logika, jika kemudian Kami mengkritisi secara nalar dan berujung pada pembantahan, barulah tepat jika dikatakan Kami menyimpang dan ngawur atau kafir mungkin. Pada ujungnya kami hanya memaksimalkan daya pikir terhadap kejadian masa lalu hingga kami berkesimpulan bahwa Kita sekarang bukanlah siapa-siapa dan bukan apa-apa dibanding mereka yang telah lama tiada. Sehingga Insya Allah dengan begitu bertambahlah sujud Kami,tunduk Kami dan menangisi semua kesombongan kami.

    • @sang pencari…

      silakan saja mas anda berpendapat seperti itu.. dan kami seperti ini.. titik temu memang sangat jauh diharapkan.. tapi setidaknya semua punya hak jawab.. dan berpulang kepada yg membacanya..

      jika kami bersikukuh berpegang pada matan dalil dan hal2 lain yg menerangkannya.. (tafsir versi kami yg anda maksud) karena memang kami tidak bisa melihat masa lalu.. apalagi masa depan.. kecuali dari penjelasan2 dalil..

      mudah2an kebodohan kami ini.. tidak menambah dosa dihadapan Allah, amin.

      • Alhamdulillah,antum lebih bijaksana. Untuk Ustd.PA trima kasih ana diperbolehkan ikut berpartisipasi di blog ini. Wassalam.

    • mantaap, saya suka itu. karena saya juga bukan ahli hadist dan Al-Qor’an maka saya hanya menyampaikan sesuai kemampuan yang ada, saya lebih banyak pake logika juga nih. mudahan saling memberi manfaat.

  10. Rasululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: Aku adalah penjamin sebuah istana di taman surga bagi siapa saja yang menghindari pertikaian (perdebatan) sekalipun ia benar; dan (penjamin) istana di tengah-tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan dusta sekalipun bercanda. HR. Abu Daud

  11. Untuk time travel.Bagaimana tntg paradoks waktu?apa nnt tdk bersinggungan dng takdir..
    Satu hal yg mmbuat kita dinamakan manusia adalah sifat manusiawi.kita bukan jin yang mempunyai peradaban sangat tinggi.sampai skg didunia msh belum ada manusia yg membuat sebuah alat pengubah materi.

  12. Mgkin ada benarnya jg tafsiran kang dicky bukankah nabi adam pernah tinggal di surga dan di karunia kecerdasan tekhnologi berkat bimbingan malaikat setelah turun ke bumi sehingga anak keturunanya menjadi bangsa yang maju secara tekhnologi….
    Sampai akhirnya ALLAH SWT menghancurkan dunia melalui bencana karena sbagian anak keturunan adam bersikap congkak dan sombong karena kecerdasanya trsebut,,, sehingga manusia kembali primitif karena ALLAH telah memusnahkan keturunan yang cerdas sekaligus congkak tersebut beserta teknologinya.

    • Ya benar sekali.

      Karena tafsiran ini:

      bukankah nabi adam pernah tinggal di surga dan di karunia kecerdasan tekhnologi berkat bimbingan malaikat setelah turun ke bumi sehingga anak keturunanya menjadi bangsa yang maju secara tekhnologi….

      adalah tafsirnya Kang Dicky juga. Sehingga dengan mengasumsikan tafsiran di atas benar, tentu tafsiran selanjutnya juga benar. :)

  13. assalamualaikum mohon maaf ayat dari Al Qur’an ataupun hHadist Shohih mana ya yang menerangkan bahwa nabi adam di bimbimng oleh malaikat tentang teknologi?

  14. Wah analisanya kok smakin ngawur saja kd, sy jadi sangsi kebenarannya jika smua hal didasarkan pd dominasi akal/ logika murni. Krn akal sangatlah terbatas utk mengetahui rahasia2 alam & ciptaan Tuhan, mk dr itu qta, umat Islam diwajibkan percaya hal ghaib, spt jin, malaikat, syurga-neraka akhirat. Semua tdk bisa dirasio, tp menggunakan akal lain, mata hati, utk bisa memahaminya.

    Akal tdk akan bisa menjawab fenomena seorang anak kecil/balita d afrika/tanzania yg bisa hapal Quran 30 juz, menguasai 5 bahasa asing, dilahirkan dr kluarga kristen katolik, syapa yg mengajari?? Akal/ilmu pengetahuan saat ini bahkan blm bisa menjelaskan secara keilmuwan isra’ miraj rasullulah yg spektakuler spt apa, kehebatan/ karomah wali2 Allah yg bisa pindahkan istana ratu balqis, & kyai2 besar nusantara yg bisa teleportasi & msh ribuan, jutaan fenomena lain.

    Disinilah keimanan jd tumpuan, ada pijakan & rambu2 yg hrs dipatuhi yg ada dlm Al Quran & Sunnah agar tdk sesat/menyesatkan atw malah KEBLINGER, spt kaum zionist yg anggap kaum yahudi manusia pilihan anak Tuhan, tp klakuan buat kerusakan dmn2. Kritis sangat diperlukan, tp hrs punya segudang ilmu yg mumpuni, apalagi utk menjelaskan isi kandungan Al Quran yg tersurat & tersirat. Hrs menguasai disiplin ilmu2 pelengkap lain, asal usul bahasa, fiqih( silahkan tanya om google ), tdk asal mengira2, menghubung2kan dgn bisikan2 ghaib bangsa jin, atw sumber2 yg tdk jelas.

    Tidak usah jauh2 utk jd org hebat jk udah bisa mengenal sejatinya diri itu spt apa, kmudian blajar mengenal sifat2 Allah, nama2 Allah dlm Asmaul Husna, sampai mengenal zat Allah & fana. Nah kl udh mengenal diri akn bisa mengenal Penciptanya dgn basyirah/mata hati td. Kl udh mengenal-Nya, maka dia bisa melihat dgn ‘mata’- Nya, bisa ‘mendengar’ dgn telinga-Nya, lisannya sesuai dgn basyirahnya, sehingga tajalli diri adalah wujud dr kebesaran / keberadaan Sang Maha Pencipta, Sgala Maha..dgnya kejadian2 fenomenal spt mukjizat Rasullulah yg membelah bulan, isra miraj dll dpt terjadi, bgt jg dgn karomah2 wali2 Allah yg lain, ada jg maunah utk masyarakat biasa.

    Semoga qta terhindar dr golongan org yg berlebih2an dlm menafsirkan ayat2 suci, tdk berdasarkan disiplin & adab serta ilmu yg sempurna. Walahu alam bi showab

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s