Penyaluran tenaga dalam Tetada Kalimasada

Effiyanti

Pertanyaan:

Assalamualaikum  Wr. Wb. Ustadz, teman saya di Amerika tanya tentang orang tuanya yang ikut olah raga latihan pernafasan yang namanya ‘Kalimasada‘, biasanya kalo ada yang sakit mereka menyalurkan tenaga dalamnya sambil membaca do‘a dan tangannya diarahkan ke orang yang sakit, sampai kita yang melihat merinding, bagaimana hukumnya ustadz? Pernah juga orang tuanya menelpon gurunya, katanya disuruh ambil botol yang di isi air, kemudian air tersebut di suruh minum setelah dikirim do‘a jarak jauh. Bagaimana hukum semua itu ustadz, afwan saya ditanya seperti itu ngga‘ ada ilmunya, jadi saya tanya ke ustadz, sebelumnya Jazakallah, dan mohon dibalas.

Jawaban:

Assalamualaikum Wr. Wb. Sebenarnya ketika berbicara tentang metode penyembuhan dalam Islam, ada dua bentuk. Pertama, dengan bukti-bukti empiris atau yang kita kenal dengan cara medis. Medis disini maksudnya bukan semata-mata dunia kedokteran modern, tetapi mencakup juga pengobatan-pengobatan yang secara empiris telah ada dalam berbagai peradaban, entah menggunakan ramuan tradisonal atau pun juga dengan cara-cara yang secara umum bisa diterima akal. Misalnya, ilmu totok aliran darah, refleksi dan sebagainya. Semua itu boleh digunakan karena merupakan ilmu empiris yang bisa dipelajari dan tidak berkaitan dengan ilmu ghaib. Beberapa pengobatan yang sering digunakan oleh Rasulullah SAW pun termasuk pada kelompok ini. Seperti mengkonsumsi madu, kurma, habbah sauda‘, air putih, berbekam dan seterusnya,.

Bentuk-bentuk itu sebenarnya merupakan kekayaan dan khazanah ilmu pengobatan yang sudah ada sebelumnya dan oleh Rasulullah SAW dibolehkan untuk dimanfaatkan. Bila kita teliti pada hari ini, ternyata metode pengobatan dan bahan-bahan yang dianjurkan untuk digunakan memang manjur dan bisa diterima logika. Misalnya madu yang ternyata mengandung sekian banyak zat yang diperlukan tubuh dan bisa menjadi obat atas banyak penyakit. Pengobatan dengan Ruqiyah, Yaitu pengobatan dengan membacakan ayat-ayat Al-Quran dan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pengobatan ini tidak menggunakan hal-hal yang bersifat logis ataui empiris, tetapi menggunakan petunjuk yang formal datang dari Allah SWT dan dibawa oleh Rasulullah SAW dengan benar dan amanah. Di luar dari apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, kita tidak tahu sumbernya dan juga tidak jelas kekuatan apa yang menghidupkan metode itu. Dan kemungkinan untuk jatuh pada sihir dan sejenisnya pun cukup terbuka lebar. Karena patut kita ingat bahwa syetan itu punya beragam cara licik untuk memperdaya manusia.

Wallahu a‘lam bis-shawab. Wassalamualaikum Wr. Wb.

dikutip dari sini

10 thoughts on “Penyaluran tenaga dalam Tetada Kalimasada

  1. @Effiyanti, sy jg pernh belajar Tetada KM. sy mulai meragukan keilmuannya pada saat berdialog dengan kakak saya yg pada wktu itu mau dikirim ke Amerika untuk jadi ASPEL (latihan hanya singkat 1 minggu).

    *Alhmdlah adanya blog ini makin menambah pengetahuan sy mengenai yg hak dan bathil :)

    • sy mulai meragukan keilmuannya pada saat berdialog dengan kakak saya yg pada wktu itu mau dikirim ke Amerika untuk jadi ASPEL (latihan hanya singkat 1 minggu).

      bisa diceritakan keraguan anda saat dialog dengan kakak anda??

      • Wktu kakak sy tgl drmh Guru besar tanpa sengaja berbicara dgn para pmbntu Di rmh tersbt, smbil stgh berbisik mrk mgtkn kl keilmuan Kalimasda ad bantuan jin. maaf Ustadz Sy sdh lupa detailny krn sdh ckup lma kejdiany sekitr thn 97.

        Utk jdi Aspel dlm wktu sgkt harus puasa mutih.

        Ok trims alamat clinicny Ustadz

    • sy belm sempat di ruqyah lagsung, hanya melalui CD dan audio..

      mohon bantuan pak PA kl ad tmpat ruqyah yg di daerah jaktim (durensawit/pondokbambu) agar diinfokan..mksih

  2. assalamualaikum
    sya mau tanya, sya tdk prnah bljr tntang tenaga dlm, tp suatu mlam sya ada mrasakan swatu tenaga dlm tbuh saya, lalu sya ltih sndiri, tp stiap sya mngluarkan tnga itu smua pori2 mngmbang dan smua bulu berdiri, dan tbuh sya sprti brlapis

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s