Pengobatan Dukun (Berkedok Ustadz) H. Haryono Adalah Palsu dan Syirik

H. Haryono

Ustadz H. Haryono yang terkenal dengan pengobatan transver penyakit ke hewan ini sesungguhnya adalah dukun/paranormal sejati. Pengobatannyapun sangat menyimpang dari akidah islam yaitu banyak mengandung kesyirikan dan kebid’ahan walaupun Dukun H. Haryono ini sering mengadakan dzikir massal itu cuma sekedar kedok saja. Pengobatannyapun luar biasa mahal, setiap kali datang minimal harus keluar uang Rp.6.000.000,00 alasan mereka untuk membeli kambing khusus dan khataman khusus. pasien diharuskan lebih dari 3 kali datang, maka bayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan pasiennya. Dukun Hayono juga sesungguhnya banyak menipu. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas tuntas kesesatan dan penipuan Dukun berkedok Ustadz H. Haryono ini.

Ustadz HM Haryono Diduga Nilep Duit Hadi Prajogo

Ustadz Haryono yang terkenal dengan pengobatan lewat Dzikir ini diduga nilep duit Hadi Prajogo. Hadi P yang pernah dibuatkan KTP dengan alamat rumah kediaman Ustadz Haryono di jalan Berlian Bekasi. Menurut Hadi, berawal dari iming-iming di beri keuntungan yang menggiurkan, duit 1,290 Milyar hingga kini tak kembali.

Berikut ini kisah Hadi Prajogo pada Suara Publik Group, Ustad Haryono meminjam saya uang sebesar 1,290 Milyar untuk modal catering di Mekah. Saya akan diberi keuntungan sebesar 460 juta dalam 29 bulan. Seharusnya per tanggal 26 Desember 2009 Ustadz itu membayar saya 1750.000.000. Namun hingga kini saya tidak menerima uang tersebut, ungkap Hadi P.

Masih Hadi Prajogo, memang saya pernah menyuruh ponakan saya untuk menagih, tapi hingga kini saya tetap tidak terima apa apa. Menurut rumor yang saya dengar ponakan saya dan Ustadz haryono kong kalikong. Sertifikat yang dijadikan jaminan utang oleh ponakan saya dijaminkan ke Bank. Lalu ponakan saya diberi uang 1,1 milyar, namun uang itu tidak diserahkan ke saya, papar pria yang masih bujang ini.

Mendengar kisah pilu seorang Hadi Prajogo, wartawan Suara Publik group melacak kebenaran cerita itu. Namun sayang saat di kediaman Ustadz Haryono, kami berlima dengan wartawan local Bekasi tidak ditemui. Padahal oleh rekan-rekan Pers sudah di sms bila perlu klarifikasi terkait dugaan menipu Hadi Prajogo.

Saat para wartawan ngotot untuk ditemui walau 5 menit, tiba-tiba seorang pria dengan rambut cepak dan berkaos Polisi hendak menutup pagar. Sebelumnya 2 motor Patwal Kepolisian mengawal sang Ustad bak seorang Menteri. Bahkan setelah pengawalan itu, bukannya kembali ke pos untuk bertugas. Tapi malah terkesan menjaga sang Ustadz dari kerubutan wartawan. Sungguh pemandangan yang aneh, aparat Kepolisian itu digaji dari uang rakyat malah bekerja ganda di seoarang Ustadz yang diduga menipu ini.

Melihat keganjilan itu, kami berlima segera mencari tahu pada para tetangga Ustadz Haryono ini. Menurut kabar di kota bekasi dimana rumah Haryono berada, pengobatan itu sungguh meragukan. Karena kambing itu tidak pernah di sembelih atau di kubur karena mati kena penyakit. Namun kambing itu dijual lagi pada pasien berikutnya, namun penipuan ini tidak pernah di sikapi oleh Kepolisian. Akhirnya kami pun menemukan kandang yang dijadikan menyimpan kambing itu.

Setelah mendengar dari warga Bekasi, kami pun mencoba mencari tahu di dunia maya alias website. Lalu kami temukan nada sumbang terkait pengobatan yang dilakukan oleh Ustad Haryono. Berikut ini tulisan yang kami peroleh dari 2 website:

  1. http://forum.detik.com/showthread.php?t=73046
  2. http://metafisis.wordpress.com/2010/06/07/kesesatan-dan-penipuan-transfer-penyakit-ke-hewan/

Pengobatan HM Haryono, Didemo di Padang

Pengobatan alternatif dimpimpin Ustadz HM Haryono asal Pasuruan diprotes umat Islam Sumbar. Dianggap sebagai kebohongan dan penipuan.

Hidayatullah.com–Pengobatan alternatif melalui zikir yang dicanangkan Ustadz HM Haryono di Hotel Bumiminang Padang, sejak dua hari lalu diprotes sejumlah anggota Forum Umat Islam (Formis) Sumbar sebagai kebohongan dan penipuan kepada masyarakat.

“Masyarakat jangan dibodoh-bodohi, pulang dari berobat habis uang Rp 6 juta lebih, pengobatan dalam Islam itu ada, tidak seperti ini,” tegas perwakilan Formis, Hafis di Hotel tersebut, Selasa.

Perwakilan Formis lainnya, Buya Amri Mansyur menegaskan, tidak ada zikir yang namanya alternatif sesuai keputusan MUI Sumbar pada tanggal 21 hingga 23 November di Lubuk Sikaping.

“Keputusan itu jelas, tidak ada zikir alternatif dalam Islam, yang ada rukiyah,” tegasnya dan menambahkan, menurutnya pihak hotel pun tidak setuju diadakan kegiatan tersebut.

Setelah mereka berorasi, kegiatan zikir ketiga kalinya diadakan di Padang itu pun bubar.

Sementara itu, melalui humas Ustadz Haryono, Edi,  mengatakan bahwa orasi yang dilakukan MUI tersebut  hal yang biasa. Sebab setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang pengobatan. Permasalahan ini dapat diselesaikan melalui dialog antara Ustadz Haryono dengan MUI. [dn/ PE/www.hidayatullah.com]

Kesesatan dan Penipuan Transfer Penyakit Ke Hewan

Kita melihat fenomena adanya seorang kyai bernama Ustadz Haryono atau juga para paranormal diberbagai majalah perdukunan (misteri, posmo) mengiklankan dirinya dapat mengobati berbagai macam penyakit dengan mentranfer penyakit tersebut ke hewan, Apakah ini syar’i dalam kacamata Islam dan Apakah memindahkan penyakit ke hewan benar-benar nyata atau sekedar penipuan / mari kita kritisi bersama.

Fenomena masyarakat ramai-ramai mengecam pengobatan alternatif dengan cara memindahkan penyakit ke binatang kambing terus berlanjut. Aksi ini didukung pernyataan sejumlah tokoh agama dan masyarakat yang mempersoalkan keabsahan pengobatan nyeleneh ini. Sebelumnya, di media massa online (internet) kalangan agamis ramai mengecam pengobatan ini, bahkan menyebut sebagai kegiatan haram.

Salah seorang dai muda asal Kendal, Zulfikar Al Fayeth (23), mengatakan, bahwa penyembuhan penyakit dengan cara mentransfer ke hewan hukumnya bisa diharamkan. Pernyataan haram itu, menurut alumni Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo Jatim ini, bahwa seseorang yang mengaku ahli mengobati dengan cara memindah penyakit dari diri orang ke binatang itu suatu kebohongan belaka.

“Dari ajaran Islam saya yakin itu tidak ada dalilnya. Ajarannya pun suatu hal yang tidak mungkin. Karena apa, hewan yang kabarnya dibuang ke kambing itu sangat-sangat tahayul. Hewan itu sama-sama ciptaan Allah. Terus kalau ada orang sakit lalu penyakitnya dipindah ke kambing, dan kambingnya dibunuh itu kan sama-sama berbuat dosa. Lha dosa inilah yang patut diharamkan. Haram perbuatannya,” ujar pemilik salah satu showroom mebel terbesar di Jl Soekarno–Hatta Kota Kendal, kepada koran ini, kemarin.

Dikatakan Zulfikar, selama ia belajar hukum Islam di Pondok Modern yang cukup terkenal tersebut, ajaran penyembuhan dengan cara transfer penyakit ke hewan tidak pernah ada. Apalagi dalil-dalilnya. Ia menduga, jika ada orang yang mengaku kyai dan ahli mengobati dengan cara seperti itu adalah ilmu yang patut dicurigai.

“Sakit itu ujian. Nah, bagaimana kita cara menghadapi ujian. Berdoa dan tawakal terus berusaha untuk mencari pengobatan yang tidak merugikan sama-sama mahkluk Allah. Kalau kita yakin mau berdoa, dengan iklas Allah akan memberikan petunjuk seseorang yang sakit sembuh dari penyakitnya,” ujar Zulfikar.

Tidak ada ajaran cara penyembuhan tersebut juga diakui oleh ulama kondang asal Kaliwungu Kendal Dimyati Rois alias Mbah Dim. Ketika ditemui Koran ini di kediamannya, ia mengaku tidak tahu kalau ada ajaran semacam itu. “Karena tidak tahu saya tidak berkomentar dulu saja,” ujarnya singkat, kemarin. (jec)

Disinyalir Rawan Penipuan dan Syirik

Pengobatan alternatif dengan cara memindahkan penyakit ke binatang kambing belakangan oleh sebagian kalangan ramai dipersoalkan keabsahannya. Sejumlah data yang dikumpulkan dari media massa online (internet), paling banyak mengecam pengobatan nyeleneh ini adalah kalangan agamis yang berpegang teguh pada ajaran Islam. Bahkan, pengobatan tak lazim ini dinyatakan haram karena tidak bisa dibenarkan dan hanya menyakiti binatang.

Pernyataan tersebut diperkuat tidak adanya ayat dan hadits yang mengajarkan pengobatan dengan cara memindahkan penyakit ke binatang. Paling dikhawatirkan kalangan ini, adalah cara penyembuhan ini melibatkan ilmu sihir, bahkan sumber dikumpulkan menyebutkan, jika dalam praktiknya ada yang menggunakan serum yang disuntikkan kedalam tubuh kambing agar jerohan kambing yang masih hidup itu lebam kebiru-biruan dan hancur.

Alih-alihnya, keadaan jerohan kambing yang sudah tidak sehat itu diklaim bahwa penyakit si pasien telah dipindah kedalam kambing tersebut. “Duh, kasihan kan kambingnya. Saya sangat prihatin jika pengobatan seperti ini diterapkan. Saya tidak menampik jika pengobatan semacam ini rawan sekali penipuan,” ujar Riadi warga Banyumanik kepada wartawan, kemarin.

Penipuan yang dimaksud Riadi, diantaranya, dikhawatirkan ada yang dengan modus pasien diminta membayar mahar sebesar harga kambing dan keperluan ritual lainnya yang amat tinggi, namun sejatinya kambing yang katanya untuk memindah penyakit itu oleh pelaku pengobatan hanya disewa dari pemilik kambing.

Penyembuhan penyakit ke binatang belakangan menjadi sorotan, menyusul hasil Sidang Dewan Hisbah di Pesantren Persis Lembang, Jawa Barat, belum lama ini, yang peserta memperoleh pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah, K.H. Akhyar Syuhada dan sejumlah pakar yang membahas persoalan tersebut yakni Dr. H.M. Abdurrahman, M.A (Sekretaris Dewan Hisbah), Drs. K.H. Shiddiq Amien, M.B.A., Drs. K.H. Uus M. Ruhiat, K.H. Usman Shalehuddin, dll.

Sidang Dewan Hisbah VII Persis mengeluarkan fatwa yang diantaranya, menyatakan cara penyembuhan dengan memindahkan penyakit kepada binatang atau makhluk lain adalah mustahil dan yang mempercayainya adalah syirik.

Larangan tersebut juga berdasarkan hadits-hadits Nabi. Salah satunya, menyebutkan, “Janganlah kalian menjadikan makhluk yang bernyawa sebagai sasaran.” (HR Muslim no 1957). Imam Nawawi menegaskan, “Larangan dalam hadits ini sampai tingkatan haram. Untuk itulah Nabi SAW dalam riwayat Ibnu Umar bersabda, “Allah melaknat orang yang melakukan ini, karena ini adalah penyiksaan terhadap binatang.” (Syarh Nawawi ‘ala Shahih Muslim 13/108). (jek) sumber:meteor

Konsultasi hukum memindahkan penyakit ke hewan

Tanya:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya seorang muslimah yang menderita suatu penyakit yang ± 4 tahun saya rasakan dan belum kunjung sembuh. Saya sudah berobat ke dokter, tapi belum terlihat hasilnya, pernah juga berobat ke pengobatan lain dengan cara yang tidak syar’i, dengan menggunakan keris dan sebagainya, karena kasihan dengan orang tua. Yang terakhir kalinya orang tua mengajak berobat ke pengobatan dengan bantuan dzikir dan diberikan sebotol air putih yang di dalamnya ada selembar kain putih bertuliskan ayat al-Qur’an untuk diminum dan minyak yang berisi sama dengan di air, untuk dioleskan ke yang sakit. Jika penyakitnya berat bisa di pindahkan ke kambing sedang biaya untuk beli kambing sebesar 6 jutaan.

Pengobatan ini tidak dihijab/dipisah antara laki-laki dengan perempuan, jadi campur, bahkan berdesak-desakan.

Pertanyaan saya adalah :

  1. Apakah pengobatan alternatif pertama termasuk pengobatan yang menyebabkan saya syirik?
  2. Apakah pengobatan alternatif kedua yang telah saya uraikan ada atau dibenarkan secara syar’i? Bagaimana dengan media kambing itu?
  3. Lalu efek bagi diri saya setelah menjalani kedua pengobatan alternatif itu bagaimana? Apakah ada jin yang masuk pada tubuh saya?

Mohon jawaban ustadz karena saya sangat bimbang, mohon do’a dan penjelasannya serta solusi dari ustadz.

Anik, Lampung

Jawab :

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Saudari Anik dan seluruh pembaca Majalah Ghoib yang setia, marilah kita saling mendoakan di antara kita semua, yang pasti setiap kita memiliki problem yang berbeda-beda. Ada yang diuji dengan sakit, kemiskinan, usaha gagal, belum punya anak, belum punya pasangan hidup, pengangguran dan sebagainya. Kami dari kantor redaksi turut mendoakan untuk semua pembaca yang setia, semoga Allah segera mengangkat semua problem yang kita hadapi, amien.

Sebelum menjawab pertanyaan, kiranya saudari Anik sudi memaafkan karena tidak semua isi suratnya dicantumkan di sini karena terlalu panjang. Tetapi, walaupun diringkas saya kira tidak mengganggu maksud yang telah disampaikan. Mengenai pertanyaan pertama, tidak diragukan lagi bahwa pengobatan dengan menggunakan keris/jimat adalah bertentangan dengan aqidah Islam yang benar dan itu termasuk pebuatan syirik karena jelas-jelas meminta bantuan kepada selain Allah. Sedang bagi yang mendatanginya memiliki tingkatan hukum berbeda:

Pertama: Apabila ia datang ke dukun kemudian bertanya atau meminta bantuannya maka termasuk dosa besar karena tidak diterima sholatnya selama 40 malam. Sebagaimana terdapat dalam hadits Rasulullah yang artinya, “Barang siapa mendatangi dukun/peramal (dan yang sejenisnya) dan menanyakan kepadanya tentang sesuatu maka tidak diterima sholatnya selama empat puluh malam.” (HR. Muslim).

Kedua: Jika ia mendatangi dukun lalu bertanya atau meminta bantuannya dan membenarkannya maka sangsinya lebih berat lagi, hukumnya sama dengan hukum orang yang mengingkari al-Qur’an. Rasulullah bersabda, “Barang siapa mendatangi dukun/peramal (dan yang sejenisnya) dan membenarkan apa yang ia katakan maka dia telah kufur (ingkar) kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Ahmad dan Hakim)

Alhamdulillah saudari telah menyadari dan bertaubat. Ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun dan Penerima taubat. Sebesar apapun dosa manusia bila sebelum meninggalnya telah bertaubat dengan benar insya Allah telah bersih dari dosa-dosanya itu.

Mengenai pengalihan penyakit ke hewan seperti kambing atau yang lainnya, tentu hal ini sangatlah aneh karena dalam kedokteran modern belum kita dengar istilah memindahkan penyakit ke hewan atau ke benda lainnya. Yang kita dengar dalam kedokteran modern adalah pencangkokan organ tubuh. Selanjutnya bahwa jika benar penyakit itu dipindah ke kambing berarti telah melakukan kezholiman terhadap hewan, apa dosanya kambing? Rosulullah telah melarang kita menyiksa binatang atau menjadikannya sebagai sasaran lomba panahan. Diriwayatkan dari Ibnu Umar ia berkata, “Bahwasanya ia melewati beberapa pemuda Quraisy yang mengikat burung hidup-hidup kemudian mereka memanahinya dengan anak panah, mereka memberikan anak panah yang tidak kena burung ke pemilik burung. Ketika mereka melihat Ibnu Umar mereka berhamburan, maka Ibnu Umar berkata: Siapa yang berbuat ini? Allah melaknat orang yang melakukan ini, sesungguhnya Rasulullah melaknat siapa saja yang menjadikan sesuatu yang ada ruhnya menjadi sasaran.” (Muttafaqun `alaihi).

Dari hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa menjadikan kambing sebagai sasaran penyakit jelas dilarang bahkan dilaknat, Na’udzubillah.

Pengalaman kami ketika meruqyah, pernah mendapatkan pasien seorang mahasiswa yang terkena gangguan sehingga ia banyak bengong dan aneh, lalu dibawalah ia oleh bapaknya ketempat yang sama seperti yang saudari ceritakan. Ketika pulang ia melakukan pesannya yaitu meminum airnya dan mengoleskan minyaknya ke dahinya. Yang terjadi adalah semakin menjadi-jadi sakitnya sampai-sampai ia buka baju dan celananya sambil berlarian keluar rumah. Ketika diruqyah, terbukti kerasukan bahkan yang mengherankan malah ketambahan dari tempat ia berobat, ini menurut pengakuan jin-jin yang berhasil diajak dialog melalui pasien. Alhamdulillah setelah jinnya keluar semua, ia kembali normal.

Keberhasilan pengobatan dengan cara-cara supranatural janganlah menjadikan kita terkecoh. Jangan juga terkecoh oleh penampilan luar sang ‘ustadz’. Karena sebenarnya disamping ada yang berhasil, banyak sekali yang gagal. Tetapi yang gagal tidak pernah dipublikasikan. Dalam hal ini pernah ada pasien rumah sakit yang terkena kanker di lidahnya dan penyakitnya benar-benar medis kemudian mengikuti pengobatan pengalihan seperti diatas sampai habis belasan juta. Tetapi tetap saja harus dioperasi oleh dokter.

Dari beberapa peristiwa dan pengalaman lapangan ketika meruqyah ada pengakuan dari jin tentang pengalihan penyakit tersebut. Yakni ada dua kelompok jin yang berbagi tugas, satu kelompok masuk ke tubuh binatang yang bertugas menyakiti organ tubuh binatang itu sesuai organ yang diduga sakit pada pasien sehingga ketika disembelih akan ada tanda-tanda penyakitnya. Lalu satu kelompok yang lain masuk ke tubuh pasien yang bertugas untuk menahan syaraf-syaraf rasa sakit yang ada di organ yang sakit sehingga si pasien merasa sakitnya telah sembuh.

Jadi, pengobatan dengan pengalihan ke binatang bukan saja menyakiti binatang tetapi juga menyesatkan. Semoga kita selalu dalam penjagaan Allah. Wallahu A’lam.

OPERASI JANTUNG KORONER ( BY PASS )

Keluhan yang saya rasakan sebelum operasi adalah rasa sesak didada. Bukan sesak nafas,tetapi cenderung sakit.Dada rasa berat sampai keleher dan lengan bagian atas.Terkadang leher rasa dicekik. Keluhan ini terasa ketika melakukan gerakan fisik agak berat. Berjalan agak jauh terlebih kalau lari atau menanjak. Saat mengemudi kadang-kadang juga terjadi keluhan. Ketika tergesa-gesa,atau panik,gejala ini timbul. Kalau terjadi demikian tindakan saya adalah menghentikan aktivitas dan menarik nafas berulang-ulang. Lalu reda. Ternyata itulah yang dinamakan serangan jantung.

Di Jakarta saya memeriksakan diri ke seorang dokter ahli penyakit jantung di Rumah Sakit Mitra Keluarga,  di Kelapa Gading. Dokter Sari S Mumpuni yang memeriksa saya.Pemeriksaan dengan EKG hasilnya kurang bisa meyakinkan. Saya ditawari untuk dikateter.Suatu alat yang dimasukkan melalui pembuluh darah yang mencapai nadi koroner,sehingga dapat mengetahui pembuluh yang tersumbat,yang bisa dimonitor dilayar monitor. Pasien dibius local. Dari pemeriksaan kateter ini diketahui bahwa pembuluh koroner saya ketiga-tiganya  mengalami penyumbatan,walaupun tidak 100%. Beaya keteter ini termasuk opname satu malam sebesar Rp. 4.000.000. Anjuran dokter saya disuruh operasi by pass.  Kalau tidak, alternatip lainnya adalah di tiup lalu dipasang ring pada bagian yang tersumbat. Tetapi risikonya, bisa timbul penymbatan dibagian lain. Alternatip ketiga adalah  cukup minum obat  saja terus menerus termasuk meletakkan pil khusus di bawah lidah ketika terjadi serangan jantung. Dengan memakai obat ini serangan mereda.

Setelah itu saya berkonsultasi dengan teman, Brigjen TNI Purnawirawan Zulkarnaen, yang pernah dioperasi jantung juga. Beliau menganjurkan berobat ke pengobatan alternatip, Bu Atun di Pemalang Jateng. Itu langganan  beliau. Katanya cocok.  Banyak orang disembuhkannya.  Bahkan tidak kurang dari Pak Murdiono, Wapres Hamzah Has,  para selebritis dan para pejabat lainnya pernah disembuhkannya.

Dia sendiri merasa menyesal dioperasi jantung. Kalau sebelumnya tahu bahwa ada pengobatan bu Atun  dia ndak mau operasi. Sayapun tertarik. Ternyata bagi saya tidak cocok.  Saya sempat dua kali ke bu Atun. Cara pengobatannya tidak masuk akal, akhirnya saya tidak kembali lagi.

Ada pula yang menawari ke suatu klinik di Cempaka putih, yang melakukan pengobatan dengan lesitin ,suatu cairan yang dimasukkan kedarah melalui suntikan. Katanya ini bisa melunturkan plak yang menyumbat pembuluh darah koroner. Saya pernah konsultasi ke klinik ini yang dipimpin oleh seorang dokter wanita yang pernah menuliskan pengalamannya mengobati ayahnya sendiri di salah satu majalah kesehatan. Namun setelah saya tanyakan ke dokter Sari di RS Mitra keluarga,dia katakana cara pengobatan itu belum diakui. Dari tayangan diTV.Anteve.saya tertarik dengan pengobatan alternative yang dilakukan Ustad Haryono dengan istilah `Sehat dengan do’a. Saya mencobanya. Sesampai di rumah H.Haryono,saya lihat pasiennya banyak sekal; Parkir susah saking banyaknya mobil dalam lokasi yang sempit. Oleh salah seorang asisten H.Haryono saya ditanya soal sakit saya .Setelah saya jelaskan lalu katanya dilaporkan ke Ustad Hayono. Setelah ia kembali ia mengatakan bahwa saya harus diobati dengan cara pengalihan. Artinya penyakit saya dialihkan ke kambing. Karena penyakit saya diangap telah parah maka,kepada saya ditawarkan paket pengobatan,.sampai tujuh belas paket,artinya saya nanti setelah dialihkan penyakit saya ke kambing,lalu diikuti dengan do’a yang dilakukan oleh sejumlah santri,dengan mengkhatamkan Al Qur’an 17 kali. Beayanya  per paket Rp.600.000,- Karena ingin sembuh dan menghindari operasi yang biayanya lebih mahal, saya menyanggupi tawaran ini. Besuknya saya disuruh kemali lagi. Hari itu orang yang akan menjalani terapi pengalihan ini ada kurang lebih 15 orang. Kami disuruh masuk ke suatu ruangan. Di ruangan ini kami bersama dengan sejumlah santri tadi membaca do’a yang dipimpin oleh ustad Haryono sendiri. Mengawali do’a ini ustad Haryono menyebut semua yang menjalani terapi pengalihan,tentu termasuk nama saya. Saya senang mendengar nama saya sudah disebut,untuk dido’akan.

Dalam pembacaan do’a itu ustad Hayono membawakannya sedemikian syahdu dan mengharukan.Sampai-sampai para pasien banyak yang meneteskan air mata karena mengahayati benar do’a yang lagi dipanjatkan,terutama untuk kita sendiri. Saya juga sangat terharu dan mengeluarkan air mata. Do’a ini berlangsung selama 20 menit. Saya merasa lega dan penuh harap semoga sembuh.

Setelah do’a selesai dilanjutkan dengan prosesi pengalihan. Seekor kambing  telah siap diruangan. Saya disuruh berdiri membelakangi ustad,dan disuruh konsentrasi dengan arahan bila nanti terasa badan tertarik kebelakang jangan ditahan.Ustad menarik tubuh saya kebelakang dengan tangannya seolah-olah tangannya menarik dengan kekuatan. Pertama  kali saya tidak merasa tertarik. Lalu saya disuruh lebih berkonsentrasi lagi. Entah karena sugesti atau apa,saya merasa tertarik kebelakang.Saya biarkan saya roboh,lalu dibelakang sudah ada petugas yang menahan.Bersamaan dengan itu ustad dan para santri yang disitu mengucap “Allahu akbar”.Katanya penyakit jantung  saya sudah dialihkan ke kambing. Alhamdulliah.

Ustad memberikan air dan minyak yang telah dibungkus platik bening,masing-masing minak untuk digosokkan dibagian yang sakit,sedangkan air untuk diminum..Petunjuk itu saya laksanakan,sambil setiap pagi saya berjalan kaki selama setengah jam mengelilingi blok perumahan dilingkungan rumah saya,untuk mengetahui perkembangan kesembuhan penyakit saya.Ternyata tidak ada kemajuan. Namun demikian seminggu kemudian saya datang lagi ke ustad Haryono,untuk control. Saat itu saya merasa kecewa,karena kedatangan saya yang ketiga ini,sama saja dengan pasien-pasien lain yang baru.Asisten yang melayani saya saat datang pertama disini sudah tidak acuh lagi dengan saya. Bila saya tanya,kapan kesempatan bagi yang akan control jawabannya nanti setelah selesai melayani terapi pengalihan. Ternyata semua psien yang baru maupun yang control berebut masuk keruangan ustad dengan susah payah. Setelah berhadapan dengan austad langsung diberi minyak dan air,lalu keluar. Tidak ditanya lagi oleh ustad,soal  hasil pengobatan sebelumnya. Saya juga ngomong sama  ustad bahwa saya pasien control.Tetapi kelihatannya ustad sudah tidak ingat lagi siapa saya.

Dari proses pengobatan seperti itu saya sudah kehilangan kepercayaan terhadap sistim pengobatan ini.

Alasan saya adalah :

Pertama: Pembayaran beaya berobat tidak pakai kwitansi.

Kedua, Ketertiban administrasi tidak ada. Tidak ada kartu berobat, tidak ada catatan apa-apa tentang pasien.

Jadi pasien yang sembuh dan yang gagal tidak bisa diketahui. Pasien yang baru maupun yang lanjutan juga tidak tahu.

Ketiga, Pelaksanaan paket terapi, tidak jelas,tidak transparan. Coba bayangkan setiap hari ada sekitar 15 sampai 20 orang yang diterapi pengalihan.Setiap orang paketnya tidak sama.Pasien ini semua harus dibacakan Al Qur;an sampai katam sekian kali sesuai dengan jumlah paketnya. Besuk mungkin melayani lagi sekitar 20 orang lagi yang harus dibacakan katam Qur’an . Lalu tanda tanya saya,kapan pembacaan Qur’an sampai katam 17 kali  untuk saya?

Masih banyak lagi kesemrawutan yang lain.

Kesimpulan saya, pengobatan H.Haryono adalah pengobatan dengan mensugesti orang.Kalau do’anya saya salut. Tetapi saya mengaggap ini adalah penipuan. Tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Sejak 30 September 2003 berobat alternatif ke bu Atun di Pemalang,sampai 6 November 2003,waktu habis saya gunakan untuk berobat alternative termasuk ke Ustad H.Haryono.

131 thoughts on “Pengobatan Dukun (Berkedok Ustadz) H. Haryono Adalah Palsu dan Syirik

  1. Haryono ini dukun kambing..
    kasian tuh kambing jadi punya virus HIV, jadi diledekin ama temen2nya… dituduh bergaul bebas.. gonta-ganti pasangan, ga pake pengaman, suka nyuntik narkoba dll..

    lah wong keluarga haryono kalo sakit aja ke dokter.. mewah banget nih orang hidupnya.. makin subur aja tuh badan..

    haryono kambing ini juga suka cari muka ke kyai2 NU..

    • Dari awal Saya tidak percaya pengobatan yang dilakukan ustad/dukun H. Haryono. Kebanyakan kita tdk PD jika berdoa langsung kepada Allah SWT. Bukankah Allah lebih dekat dari urat leher kita sendiri. Kalau mau selamat berpedoman saja pada Al-qur’an dan Sunnah Rasulullah.

      • Dalam Al-Quran:

        “Jika mereka bertanya padamu tentang bulan sabit, Katakanlah!”

        “Jika mereka bertanya padamu tentang anak-anak yatim, Katakanlah!”

        “Jika mereka bertanya padamu tentang haid, Katakanlah!”

        “Jika mereka bertanya padamu tentang khamr dan judi, Katakanlah!”

        “Jika mereka bertanya padamu tentang apa saja yang bisa mereka sedekahkan, Katakanlah!”

        “Jika mereka bertanya padamu tentang hari kiamat: Katakanlah!”

        Semua ayat yang isinya tentang pertanyaan, pasti setelahnya “Katakanlah!”

        KECUALI satu ayat di surat al-Baqarah:186

        “Jika hamba-hambaKu bertanya padamu tentangKu, maka sesungguhnya Aku dekat dari mereka.”

        Tak ada perantara antara hamba dan Tuhannya dalam masalah doa.

        Segera angkat tanganmu untuk berdoa padaNya dengan sepenuh hati. Karena sesungguhnya Ia jauh lebih dekat dari urat leher kita.

        —- copas —-

    • Saya juga pernah ketipu dengan dukun kambing ini disebuah hotel mewah di padang, dengan bayar Rp. 200rb kita diobati dalam waktu 15 detik dalam keadaan berdesak2an, teman saya malah diminta pengobatan lanjutan dengan bayaran Rp. 6 jt, dan tidak ada hasilnya walau katanya penyakitnya telah dipindahkan ke kambing itu. BENER2 PENIPU ULUNG.

  2. Sy jadi teringat diskusi dgn sepupu sy yg kebetulan dia pengikut salah satu cabang Tarekat Naqsabandiyah milik Prof. DR. Haji Sidi Syeikh Kadirun Yahya M.Sc,,,Sempat jg sy liat profil bukunya banyak sambutan oleh pemerintah pusat yg dibacakan oleh salah satu menteri,,,maupun ulama yg pada waktu itu menyatakan jika tarekat ini sdh sesuai dgn ajaran Islam.

    Cara menyembuhkan penyakit persis artikel diatas,,,pengikut tarekat ini jg menyembuhkan penyakit melalui media hewan(kambing & sapi),,,Yang menyembuhkan penyakit itu katanya energi alquran yg ditransfer ke hewan melalui zikir(biasanya zikirnya sangat lama)

    Sekali kali sy memotong diskusi dgn mengatakan bahwa semua penyakit itu ada obatnya,,,yg penting kita bersungguh mencari pengobatan dgn cara syar’i,,,yg tdk bisa disembuhkan itu cuma penyakit tua dan kematian,,,tiba2 sepupu sy langsung memotong pembicaraan,,,katanya ditempatnya kematian pun bisa ditunda! dia kemudian menceritakan kpd sy bahwa pernah ada pasien di yg telah meninggal dibawah ke tempatnya lalu dibacakan berbagai macam zikir dan setelah beberapa lama pasien tsb langsung bangun,,,tp sy tidak percaya begitu sy, sy bilang mungkin ajalnya memang belum saatnya,,,karna sy yakin akan taqdir yg telah ditetapkan oleh Allah terhadap setiap mahluk ciptaanNya itu sdh Absolute tdk bisa ditawar2 oleh siapapun,,,tidak mungkin Allah Yang Maha Kuasa yg telah mencabut nyawa hambanya kemudian dibatalkan/dikembalikan hanya dgn zikir,,,

    Dan sy khawatir sepupu sy ini jg sdh mempunyai jin krn telah mengamalkan zikir2 dari tempatnya,,,kehidupan rumah tangganya pun berantakan,,,dia tidak peduli lagi dgn istri dan anaknya sdh lama,,,sejak mengikuti tarekat Naqsabandiyah milik Prof. DR. Haji Sidi Syeikh Kadirun Yahya M.Sc

    • naqsabandiyah salah satu aliran sufi = tasawuf .IMAM Syafii pernah berkata ” barang siapa yang pagi harinya belajar tasawuf maka siangnya dia menjadi orang yang paling bodoh:(lihat kitab talbis iblis), 1/2 hari aja sudah bodoh apalagi yang bertahun2

  3. saya dimedan juga mendapat kabar kalau orang ini lagi dzikir akbar, setelah itu dihotel makan malam bareng cewek2 gitu…
    masa ustad beginian… ga betul… pantes aja sudah ga ada lagi beritanya di televisi…

  4. Banyak sekali orang yang tertipu oleh cara pengobatan seperti itu. Salah satunya adalah teman saya sendiri. Sudah saya larang tapi dia bersikukuh, katanya ini adalah syariat. Ahirnya yang ilang bukan penyakitnya, malah uangnya yang hilang entah kemana gak tentu rimbanya … alias amblasssss …

  5. sayangnya media ikut membesar besarkan paranormal begini,dijadikan sebagai narasumber dsb, sehingga masyarakat yang kurang faham benar benar mempercayai kesaktian mereka

    • itu betul, mustinya media lebih cerdas dan berani, bukan hanya profit minded tetapi juga turut mencerdaskan masyarakat. Lebih asik klo dalam siaran Fokus Dukunseleb (misalnya) dgn narasumber Ustad Kambing, di akhir acara turut pula disertakan Ahli agama yg mengemukakan pendapat baik secara Hukum Islam maupun pendapat pribadi ttg praktik tsb.

      tp gw yakin gak bakalan ada, karena media adalah salah satu market strategy yg menjanjikan utk bisnisnya ustad2 kambing ini :p

  6. Assalamualikum wr wb ……

    @bocah gresik

    hehehe …… ente nulis komentar seruntulan, sotoy lagi …. maksudnya blog ini
    melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu ……. Dukun bertubuh montok yg punya nama Haryono, salah satu produk perdukunan berkedok pengajian itu harusnya yg ente vonis bid’ah ………. hehehehe

  7. Lagi2 orang awam dikadali, diapusi, dikibuli, dan dizolimi! Sudah jelas2 dukun, eh, dipanggill digelari ustaz. Kesalahan berikutnya, asal ada orang bergelar ustaz, tampilan busana muslim, pasti dianggap ahli/tahu agama. Begitu dia ajak zikir, eh, pada ngikut aja lagi! Jadi bukan salah H. Haryono semata. Kitanya yang kebangetan awam dan nggak mau belajar tentang Islam. Dukun dan sejenisnya dengan leluasa mengibuli, ngapusi, ngakali, ngadalin. Sederhana saja ni, zolim namanya punya penyakit kok tega2nya dioper makhluk lain, orang, ayam, atau ke kambing. Sama kelirunya dengan oper kesehatan kepada orang lain. Kagak ada ilmunya, kagak ada ajarannya, kagak ada tuntunannya! Ini namanya dhalalah. Ane kagak perlu bilang bid’ah.

  8. Ane, sori aje. masih pengen kasih komentar. Penyakit antrax atau sapi gila, tanpa H. Haryono transfer, tanpa paket baca ayat Quran, mudah menular ke sapi lain, menular ke orang juga. Ini bicara dari ilmu kesehatan. Masalahnya, H. Haryono berbuat zolim kayak orang hebat aja, memindahkan penyakit/orang yang sakit kepada yang baik/sehat, yaitu kambing menjadi korban (padahal kambingnya sante2 aja di kandang, dan konon dijual lagi untuk pasien berikutnya. Pasien tertipu lagi dah!) Pesan ane nie, jangan cepat percaya dengan atribut dan label lahiriah: gelar, busana, jenggotan, tasbeh, komat-kamit kayak berzikir padahal lagi mirit mana lagi yang akan dijadikan korban.

  9. Belajar syahadat dulu sajalah yang komen dukun…. klo otak ama hati kotor.. syahadat juga kotor/buta/bodoh gak tahu kalo bodoh… ya sudah mau diapain.

  10. dlu pernah ustd hryono ini mengadakan acara di kota sy…tpi oleh guru guru saya dipesantren menyarankan ga usah didatangi. tak tau sebabnya apa…

    setelah sy baca artikel ini akhirnya sy tau sebabnya…

  11. setau saya dukun itu ada dua yaitu dukun islami dan dukun tidak islami…

    sebenarnya penjampi/peruqyah itupun termasuk dalam kategori dukun karena pekerjaannya sama dgn dukun yaitu menjampi untuk perlindungan,pengobatan dll(hanya mantra nya aja yg beda dgn dukun tidak islami)

    apakah kita harus menghukumi dukun islami/peruqyah sama dgn dukun tidak islami..?

    • komentar yg menandakan jika penulisnya masih kurang ilmunya, tdk bisa membedakan peruqyah dgn dukun?!

      Yg banyak mah dukun yg berkedok uztad!

    • setau saya dukun itu ada dua yaitu dukun islami dan dukun tidak islami…

      sebenarnya penjampi/peruqyah itupun termasuk dalam kategori dukun karena pekerjaannya sama dgn dukun yaitu menjampi untuk perlindungan,pengobatan dll(hanya mantra nya aja yg beda dgn dukun tidak islami)

      apakah kita harus menghukumi dukun islami/peruqyah sama dgn dukun tidak islami..?

      mana ada dukun islami ??? dukun = kahin : mengetahui hal-hal ghoib, mengklaim punya kesaktian lebih mirip Kang Dicky.

      Rasulullah menjampi/jadi peruqyah yang saya sebutkan dalilnya dibawah ini termasuk dukun ga kang Sederhana ajah (murid Hikmatulm Iman) / si kangkung pendekar lugu ???

      Diriwayatkan mengenai terapy ruqyah untuk mengobati gangguan kejiwaan bahwa Ubay ibn Ka’ab berkata: Ketika aku berada di dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datanglah seorang Arab Badui menemui beliau seraya berkata: “Wahai nabi Allah! Sesungguhnya saudaraku sedang sakit. ”Apa sakitnya” balas Beliau. Ia menjawab, ”Ia kerasukan Jin, wahai nabi Allah.” Kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lagi, ”Bawa saudaramu itu kesini!”Maka orang itu pun membawakan saudaranya itu kehadapan baliau. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta perlindungan kepada Allah untuk diri saudaranya itu dengan membacakan surah Al-Fatihah, empat ayat pertama dari surah Al-Baqarah, dua ayat pertengahan darinya, yaitu ayat yang ke-163 dan ke-164, ayat Kursi, dan tiga ayat yang terakhir dari surat Al-Baqarah tersebut. Kemudian ayat yang ke-18 dari surah Ali ‘Imram, ayat yang ke-54 dari surah al-A’araf, ayat yang ke-116 dari surah al-Mu’minun, ayat yang ketiga dari surah al-Jin, sepuluh ayat pertama dari surah ash-Shaffat, ayat yang ke-18 dari surah Ali ‘Imran, tiga ayat terakhir dari surah al-Hasyr, surah al-Ikhlas, dan mu’awwidzatain (surah Al-Aalaq dan An-Nas). ”Ubay ibn ka’ab menambahkan, ”Andaikata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengajarkan hal itu kepada kita, niscaya binasalah kita. Maka, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang telah mengutus Rasul-Nya sebagai rahmat bagi sekalian alam.

      • Si dukun haryono ini ngakunya pengasuh pondok pesantren di pasuruan pdhal pondoknya kosong santri alias cm kedok sj,silahkan ke pasuruan dan buktikan.tidak sedikit orang yg memuji kedermawanan si dukun hariyono ini ya tentunya pihak2 yg merasa di untungkan krn dukun hariyono emang royal,maklum cari uangnya gampang dan dia jg harus bangun popularitas.jgn terperdaya oleh gayanya yg royal,dermawan toh pablo escobar raja narkoba jg dermawan tp apakah dia org baik ?????tentu tidak.

  12. Alkhmdulillah ternyata kang PA berani mengomentari yang lain selain HI saya kasi acungan jempol, tapi cm 1 dan yang satu lagi turun alias tidak mendukung,,,,saya dukung tentang kesesatan ustad haryono,,,,apa kang PA tidak meneliti tentang ajaran ustad haryono beliau kan selalu melakukan zikir bersama dan memiliki majlis,,,,,,bknkah dia juga dukun yang islami,,,,,,,,bagi saya sh sama aja yang namnya jampi – jampi ya haram n sesat sebab menyalah gunakan Al – Quran sebagai petunjuk menjadi jampi – jampi atau mantra islam tidak mengenal mantra ya ga tjau bedalah sama dukun

  13. artikel ini salah satu trik agar bayak dikunjungi orang orang agar terkenal. pada giliranya iklan masuk, alhasil ya dapat incam, bukan begitu kawan. Pada saat sekarang banyak orang yang komentar padahal dia sendiri ga ngerti pada bidang disiplin ilmu tersendiri. kata musyik paling mudah dilemparkan, dan kata musyrik itu atas pemahamannya bukan kata agama, terbukti dengan tidak menampilkan refren yang lengkap, dari berbagai pro dan kontra. yang kedua penampilan artikel ini seolah2 dilatar belakangi oleh utang piutang, bukan menganalisis pengobatan secara komprehensip.

      • iya blog ini tidak menghasilkan materi. tidak beriklan dan juga tidak disponsori, akan tetapi blog ini akan mendacari simpatisan dan massa yang akan beralih ke pengobatan menggunakan metode ruqyah yang di klaim syar’iyyah. Rasulullah saw pernah meruqyah kemudian melarangnya kembali. selain itu, blog ini juga ingin memperlihatkan kepada masyarakat indonesia khususnya bahwa perdana ahmad lah pengobatan yang dianggap paling baik dan benar didukung oleh asisten, dan anggotanya yang selalu mendukung argumen / artikel berkedok ustad ini. memang bener ustad tapi perbuatannya mencari kesalahan dan aib orang lain disiarkan kemana-mana. ingat orang yang suka membuka aib suatu saat aib anda terbuka juga…hehe just kidding.
        kalo ga merasa punya misi tertentu atau tujuan terselubung didalam pemuatan isi-isi pada blog ini apa kalau bukan beralasan untuk dakwah?.
        jangan merusak islam dengan perpecahan dan provokasi. ini salah, itu syirik, ini bid’ah dan itu sesat. lalu anda dan pembuat blog ini siapa berani memvonis orang lain seperti itu?? apakah anda Tuhan atau orang yang suci??? setahu saya orang yang benar dan ikhlas dijalan Allah tidak pernah sibuk mengurusi orang besar diluar sana, karena seharusnya orang tersebut sibuk untuk beribadah agar lebih dekat dengan-Nya. dan seharusnya orang yang mengaku paling benar seperti ustad PA ini tidak semestinya membuat blog yang isinya hanya menjatuhkan lawan yang dianggapnya berat untuk melancarkan visi dan misi ustad PA.
        mohon maaf bila kurang berkenan
        untuk para pembaca setia blog metafisis tidak perlu serius mengomentari isi-isi dari blog ini, jangan buang2 waktu anda.
        wal ‘afwu minkum
        wallahu a’lam bish shawab.

      • Tapi, faktanya antum menyalahkan Ustadz Perdana dan kami yang dikatakan sudah merasa paling benar. Berarti antum merasa paling benar sekali dibanding kami. Kalau tidak begitu, tentu antum tidak akan berani menyalahkan kami.

        Jika memang tidak suka dengan aktivitas dakwah kami di sini, kami persilakan untuk meninggalkan blog ini.

      • @ Pengamat Debat. Mas bahwa, setiap orang itu punya misi. Anda ikut beri komentarpun punya misi. Misi Tauhid atau misi Syirik. Kalau saya pilih bagaimana Tauhid ini tegak pada pribadi, keluarga, dan masyarakat … jika bisa bangsa atau dunia. Wa Allahu A’lamu. Matur nuwun

      • Ane baru tau Haryono itu penipu. Jadi menurut saya bukan membuka aib orang lah tetapi mengingatkan kita agar hati-hati apabila berobat pada orang-oarang yang mengaku bisa menyembuhkan padahal mereka pemeras.Lanjutkan PA…..

  14. yaaahh… baru skrg sadar ya ? inget jangan gampang terhanyut dengan orang yg tampak pinter ilmu agama nya… skrg banyak perilaku buruk tapi bersembunyi dgn penampilan agamis… coba perhatikan dengan jeli deh…

  15. percaya ke allah,ko pada sarableng,aduh
    ustad,dukun manusia,dan g ada yg sakti semua sama kumpulan pendosa
    mintalah ke allah.swt
    berdoalah,bo jangan ke dukun,ustad dukun kan ilmu hitam,ustad kan penceramah
    kalo sakit ia ke dokter,
    bila allah menghendaki,pasti sembuh.kalo belum mungkin allah sedang menguji kita
    sakit dunia tak seberapa,bila dibandingkan dengan siksaan kelak di hari akhir :)

  16. Ada lagi pengobatan yang berkedok Islam, yaitu Terapi Qolbu oleh Sonny Sutisna yg beralamat di Jl Utan Kayu. Silakan baca bukunya: “Sholat untuk memperbesar Periuk Rejeki” hal 37 dst.Hal Iman Kepada Taqdir, jelas sekali ini adalah pemikiran Hindu menyangkut Reinkarnasi. Cara pengobatannya adalah menggunakan Reiki.

  17. jangan percaya lg pd pengobtan alternatif apapun namanya jika ujung2nya duit. org berobat ke alternatif biasanya org yg susah,krna ingin murah. ini bukanya di kasih bantu org susah malah di manfatin oleh org2 seperti dukun hariono dan,gunturbumi ini.bukanya membantu org susah malah diperasnya. dasar BIADAB org yg seperti ini.

  18. Kenapa sih hanya karena uang banyak orang jadi lupa diri dgn menyalah gunakan ilmu yg sdh di dapat hanya untuk kepentingan perutnya saja, tp terlepas kasus itu biarlah ALLAH SWT yg maha tahu kebenarannya yg akan membuat keputusan.

  19. Alhamdulillah ada forum spt ini sebagai ajang saling memberi informasi tentang kebenaran islam hakikat iman dan meluruskan aqidah. Saya bukan seseorang yang berilmu agama banyak atau pandai ilmu agama tapi sy ingin menanggapi tentang topik ustadz haryono. Memang kita tdk memungkiri adanya budaya di masyarakat indonesia yang sangat mudah kaget dan heran dengan keanehan yang berbau klenik dan lain2nya, dan hal inilah peluang yang bisa dimanfaatkan oleh orang2 spt haryono tadi yaitu cari duit bermodus ustadz, karena kalau sudah ada embel2 ustadz atau kyai, maka orang2 islam yang pengetahuan tentang tauhidnya biasa2 aja pasti akan sangat percaya untuk mengikutinya ditambah lg blow up iklan dari pihak media yang kurang bisa memfilter isi iklan yang ditayangkan atau diterbitkan karena ujung2nya tetap duit lg dengan perjanjian bahwa media tdk bertanggung jawab terhadap isi iklan yang ditayangkan atau diterbitkan. Lepas dari itu semua kita sebagai muslim yang baik seharusnya punya filter sendiri yaitu selama tdk ada di hadist dan Qur’an tinggalkan !!!! dan jangan lupa selalu menambah pengetahuan baik agama maupun pengetahuan lainnya agar akal sehat kita selalu ada sandaran berpikir supaya kita tdk terjerumus. trimakasih

  20. Wooalah……..aku ws gak percoyo blaz karo ustad PA, pencerahanya kalo saya cerna malah menimbulkan kebencian ke orang lain, asem tenan. Wis jaman koyok ngene malah nggarai mumet.

    • @ Ton Gatho Ngrejeng. Baca dengan mata dan hati. Hidup ini pilihan. Hidup ini akan menarik bila ada dakwah. Tidak bisa dakwah tanpa menyalahkan orang yang bersalah. Terima aja dengan kesabaran dan lapang hati kemudian memohon hidayah kepada Allah Ta’ala agar di tunjukkan jalan yang lurus. Istiqomahlah jika itu kamu anggap benar dan yakinlah. Biarkan semua berdakwah. Mas juga dakwah tuh “kalo saya cerna malah menimbulkan kebencian ke orang lain” Dan “misuh-misuh” itu kurang baik. Monggo.

  21. Hemat aq cocok utk ustad ini adalah ustad paranormal. Kalau memang kemampuan yang dimiliki karunia ilahi mengapa tidak memakai metode ruqyah yg ada dalam alquran. Apakah dalam Islam ada yang mempunyai karunia untuk mendeteksi kemampuan penyembuhan seseorang itu berasal dari Allah atau memanfaatkan kekuatan yang ada di dunia ini.

  22. ustad yang di anggap negatif ini bisa mendatangkan begitu banyaknya jamaah dalam dzikirnya,kalau yang di anggap SALAH saja bisa mendatangkan ribuan jamaah ,brpa banyak jamaah yg datang kalau yg di anggap BENAR?? kalau allah sudah mengangkat derajat seseorang tidak ada yg bisa menghalangi, kalian yg koment2 ga jelas memang nya yakin udah benar?? yakin ga punya kesalahan2? apa kalian mau kesalahan2 aib2 kalian di publikasikan dan di caci maki seperti ini???apa ada untungnya mengusik2 org lain?? emang nya kalo kalian mengusik2 dapet imbalan gitu??? udahlah ga perlu ngurusin org laen urusin aja diri sendiri…kalau perlu beberkan aib/kejelekan2 sendiri biar ngerasain rasanya di usik2. INGAT setiap perbuatan ada balasanya walopun itu sekecil debu.

  23. Assalamualakum,
    Pada awalnya saya juga sangat tertarik dengan pengobatan alternatif ini dan saya berinsiatif untuk membawa istri tercinta yang sudah sakit selama bertahun-tahun. Dari telepon didapat informasi bahwa biayanya Rp 1.150.000. Pada awal bulan ini, Januari 2013 saya datang ke tempat terapi qolbu ini di Jl utan kayu 24 dan daftar di sekretariat dan registrasi sebesar Rp 1.150.000. Lalu dipanggil ke dalam dan terlihat asisten mendoakan disamping istri yang berbaring/tidur, sekitar 25-30 menit selesai dan disuruh kembali jam 4 sore harinya pada hari itu juga untuk langsung berobat pada Pak Ustadz. Sore saya kembal dan saat pengobatan terlihat hanya di sentuh2 saja di kepala dan didiagnosa ada salah satu bagan tubuh yang sudah kronis dan setidaknya harus 5 kali datang dan juga harus registrasi sebesar Rp 400 ribu setiap kedatangan dan bila ingin melanjutkan pengobatan pada hari itu mesti membayar 10 juta dahulu dan bisa dibayar 5 juta dahulu dimuka bila mau didoakan malam ini dan besok dibayar 5 juta lagi pada saat kembali. Asumsi saya baru 2 hari membayar sebesar itu, apalagi nanti dihari-hari selanjutnya. Dan dihari itu hanya diberikan air mineral aqua 1 liter. Saya kira beliau mau memberikan obat atau minyak ternyata harus bayar dahulu baru diberikan, itupun juga berbagai bentuk kemasan (tempat minyaknya).
    Kesimpulannya, mohon maaf, saya benar2 tidak mendapatkan kepuasan apa-apa dan pada saat itu alangkah kagetnya harus membayar biaya sebesar itu, uang 1 juta saja sudah terasa amat besar bagi saya. Dalam hati kasihan bagi orang-orang yang tidak mampu, untuk membayar rumah sakit saja tidak mampu apalagi harus kesini, membayar puluhan kali lipat dari dokter. Jadi saya pulang dari situ hanya membawa sebotol air aqua 1 liter seharga Rp 1.150.000 !
    Tetapi saya ikhlaskan saja, hitung2 saya bersedekah dan Allah mengangkat penyakit istri tercinta toh datangnya dan perginya penyakit hanya atas ijin Allah SWT.
    Just share saja untuk orang-orang seperti saya yang tidak mampu untuk membayar biaya berobat di tempat terapi qolbu ini.

    Wassalamualikum

  24. kami kira ada tinjauan lebih mendalam lagi, untuk yang menganggap bahwa memindahkan penyakit ke hewan itu haram. kemudian saya kira ga ada bedanya antara rukyah dengan dzikir-dzikir untuk pengobatan, masalah syirik dan tidaknya bukan terletak pada apa yang dibaca saja, tapi pada keyakinan sipenyembuh dan yang diobati. meskipun yang dibaca itu bacaan rukyah, namun yang diyakini bisa menyembuhkan adalah rukyahnya maka itu syirik juga. terus, maaf untuk siapapun janganlah menganggap golongan atau kelompoknya sendiri yang paling benar, karena itu termasuk kesombongan. dan perlu dilihat dalam islam masih banyak ulama yang lebih lengkap dalam menjelaskan dalil seperti ulama-ulama NU, beliau-beliau sangat lengkap dalm menerangkan dalil al-qur’an ataupun hadits, baik dari sisi histori, gramatika, dan pandangan lain. (http://gubugbahagia.blogspot.com)

  25. SEmoga forum ini bisa terus di kembangkan tetapi dengan satu vis dan mis yang jelas serta dengan aturan yang yang sesuai dengan kaidah Islam yang menurut saya :
    1. Berikan informasi yang sebenarnya tanpa harus menghujat, berikan informasi yang sesungguhnya dari para korban untuk dijadikan sebagai peringatan buat saudara kita yang belum jadi korban.
    2. Jangan biarkan kebencian terus tertingal dalam diri kita terhadap siapapun bahkan kepada pembuat kebencian itu sendiri, karena mendoakan nya agar betaubat dan menjadi manusia yang berguna jauh lebih baik dari membiarkan kebencian bersemayam di hati kita (seperti kata AA Gym “jagalah hati jangan kau nodai….”. Kita hanya boleh membenci perbuatan jelek itu dan menegaskan pada diri kita untuk tidak melakukan ha yang sama.
    3. Jangan perbedaan pendapat ini menjadikan kita terkotak-kotak, Kita harus saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, (so jangan lupa soal kesabaran,……)Jadi kalau kita sudah mulai emosi mari kita ingatkan dulu diri kita oada surat al asr Allah selalu menciptakan apa yanga ada di dunia berpasangan jadi pasti ada yang suka ada yang tidak tapi kita sebagai muslim supaya janag jadi orang yang merugi maka harsu selalu iingat untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.
    Saya ada saran bagiaman kalau kita buat rangkuman indikasi yang bisa kita sebarkan pada masyarakat kita tentang kriteria dukun ataupun yang mangaku kyai yang harus kita waspadai sebagai ciri-ciri penipuan :misalnya yang memasang tarif, yang memakai proses tarnsfer penyakit, dll

    Sekali lagi ini saran dan sedikit kata hati yang ingin saya sampaikan kepada semua saudaraku

    Sureyouknow

  26. wajar gan skarang ini orang lgi ramai2 cari duit,jangnkan yg halal yg haram aja susah…jdi klu ada orang berobat alternatif biaya mahal ya wajar lah berbagai cara dilakaukan……itu resiko sndiri,makanya berhati2 dalm ikhtiar n menjaga ksehatan lebih baik daripada berobat……..kira2 gito lhooooo……….

  27. artikel yang menyesatkan….ini bukan dakwah….membuat orang jadi benci pada orang lain, itu bukan ustad,hati hatilah…..
    banyaklah istigfar penulis….

  28. K.H.A Muchlis Thaib MA,
    Tamatan : Al Azhar University, Fakultas Ushuluddin, Jurusan Da’wah dan Kebudayaan Islam, Cairo, Mesir.

    Menanggapi soal Ustadz.H.Hariyono. Dukun Palsu, Syirik, Berkedok Ustadz.

    Ust.H.Hariyono sejak tahun 1988 hingga saat ini hampir dikunjungi pasiennya kurang lebih 30 juta pasien yang telah ditangani.Beliau sangat dikenal tentang pengobatan dan Dzikir Akbar yang dipimpinnya baik di dalam negeri maupun mancanegara tentu saja ada suka dan dukanya, kalau banyak diberitakan miring tentang pengobatannya itu sah-sah saja,jamannya sekarang ini banyak pengobatan yang baru-baru apalagi yang berkedok merk RUKIYAH, merk rukiyah seolah-olah hanya merk rukiyah yang benar yang lain dianggap BID’AH,tidak sesuai ajaran Rosul dan mengklaim dirinya pengobatan yang paling benar padahal masyarakat sudah paham dan pintar mana yang menyimpang dan tidak menyimpang serta menghasilkan hajadnya tentu akan menjadi pilihan masyarakat. Saya lihat Ust.H.Hariyono sangat pesat sangat berkah.
    Informasi dari mulut ke mulut melalui jutaan masyarakat puluhan tahun lalu yang pernah tertolong lewat Ust.H.Hariyono walaupun sudah puluhan tahun ketika ada sesuatu butuh pertolongan tetap masyarakat tersebut datang Ikhtiar ke Ust.H.Hariyono, ini membuktikan kepercayaan masyarakat luas sudah melekat.
    Kalaulah terjadi perbedaan pendapat itu sudah biasa.Pengobatan yang dilakukan Ust.H.Hariyono tidak mengandung unsur syirik tidak melalui bantuan ghaib atau benda-benda lain. Pengobatan tersebut murni dengan Doa yang bersumber dari Al Qur’an.

    AL QUR’AN DAN DOA ROSUL SERTA RATIBUL HADDAD

    Cara-cara pengobatan Ust.H.Hariyono bukan cara-cara dukun atau meramal-ramal,semua dilaksanakan dengan doa-doa makbul yang bersumber dari Al Qur’an, doa-doa Rosul dan Ratibul Haddad. Semua uapaya-upaya penyembuhan dengan membaca doa yang bersumber dai Al Qur’an, itu merupakan rukiyah.Untuk cara itu pengobatan Ust.H.Hariyono penuh berkah doa dari Al Qur’an, doa-doa Rosul dan Ratibul Haddad meminta langsung kepada Allah dan kesembuhan datang langsung dari Allah.Adapun tentang media kambing semenjak tahun 2000 Ust.H.Hariyono sudah tidak menggunakan media kambing lagi.Penyembuhan memindahkan ke kambing itu hanya istilah karena masyarakat sudah menjuluki dengan cara memindahkan ke kambing yang sebanarnya adalah mematikan sel-sel kanker dengan doa, tentu doa ini bersumber dari Al Qur’an.Adapun kambing yang sudah disiapkan adalah untuk sedekahnya.Kambing disembelih dan di masak dan digunakan doa bersama. Begitu banyak pengobatan diminati masyarakat sehingga sugesti masyarakat yang sembuh seolah penyakitnya dipindahkan ke kambing sehingga informasi ini meluas kesembuhan dengan pemindahan penyakit ke kambing.Walaupun para pasien yang ditanganinya sudah sangat paham bahwa hal tersebut adalah upaya doa mematikan sel kankernya.Begitu meluasnya julukan pemindahan penyakit ke kambing.

    Semenjak tahun 2000 saya sarankan dia tidak menggunakan kambing lagi, setelah tidak menggunakan media kambing lagi tahun 2000 justru ternyata pasien bertambah banyak dan aktivitas beliau untuk memimpin dzikir makin banyak juga hingga kini.

    Undangan dzikir dari berbagai daerah-daerah kurang lebih setiap bulannya hampir 200 undangan yang harus dihadirinya padahal 1 bulan beliau hanya bisa hadir 17 kota ( 17 undangan dzikir ) dipropinsi-propinsi di tanah air.

    oleh karena itu banyak sekali masyarakat yang tidak meragukan lagi untuk memperoleh pertolongan Allah melalui ikhtiar doa Ust.H.Hariyono. Sekali lagi apabila ada pihak-pihak yang ingin jelas tentang kontroversial penyembuhan dengan media kambing. Kami persilahkan datang langsung karena Ust.H.Hariyono membuka pintu rumahnya seluas-luasnya.Kalaulah ada pihak-pihak yang kurang berkenan dengan jawaban ini itu sah sah saja karena perbedaan pendapat pasti terjadi.

    Wassalam,

    K.H.A Muchlis Thaib MA,

    • @Muchlis..

      Ente siapanya haryono? ngaku tamatan tki cairo, KH, MA?..

      rukiah tuh apaan? nama makanan?

      payah bener nih jongos2 dukun haryono.. pake catut2 nama orang, nama habib!!

      wassalam,
      TD bukan K.H ga pake MA.

  29. Saya Habib Zainal Assegaf
    Penasehat Ust.H.Hariyono Majelis Indonesia Berdzikir
    Saya tegaskan.
    Setiap masyarakat yang datang meminta bantuan melaui Ust.H.Hariyono dan dzikirnya. Karena problem kehidupan, karier,jabatan,usaha,sakit, dan lain-lain. Ikhtiar dengan doa dan dzikir itu dibenarkan oleh agama karena doa dan dzikirnya bersumber dari Al Qur’an, Doa-doa Rosul dan Ratibul Haddad dan permohonan langsung kepada Allah SWT dan pertolongan langsung datangnya dari Allah SWT. Dan kalau yang dikatakan mirirng-miring tentang pemindahan kambing itu tidak benar.
    Kami harap dari pihak-pihak yang ingin mengetahui dan ingin membuktikan kebenaran Bp.Ust.H.Hariyono memindahkan penyakit ke kambing sebaiknya datang langsung ketemu dengan Ust.H.Hariyono dibahas dan dibicarakan agar bisa teliti,jangan Cuma mendengar berita-berita sepihak berita tidak sesuai dengan faktanya,lalu diberitakan menjadi fitnah dan menjadikan pembunuhan karakter seseorang.
    Ust.H.Hariyono sejak tahun 2000 hingga saat ini sudah tidak menggunakan media kambing lagi.Padahal kambing tersebut disembelih dan digunakan untuk sedekah dan doa bersama.Untuk memohon kepada Allah untuk kesembuhan,hanya masyarakat yang datang berobat dengan sedekah disembelihkan kambing.Kambing sebagai sedekahnya lalu sembuh, sugestinya sembuh penyakit pindah ke kambing. Sehingga banyak masyarakat yang juluki sembuh karena penyakitnya pindah ke kambing. Karena menjadi kontraversial semenjak itu. Kalau ada pihak-pihak yang tidak senang apalagi kompititor hal itu sudah biasa.

    Dengan doa-doa yang bersumber dari Al Qur’an dan doa-doa Rosullah serta ratibul haddad, dan kesembuhan datangnya dari Allah, tentu saja kesembuhan itu ada yang cepat, ada yang lambat dan ada pula yang mati.
    Karena yang berhak memberikan kesembuhan adalah Allah SWT. Begitu banyak pasien yang ditangani Ust.H.Hariyono dari tahun 1996 hingga 1999, sehari hampir 5000 pasien yang ditanganinya dan dikenal dengan memindahkan penyakit ke kambing. Sejak tahun 1999 seperti itulah keadaannya karena menjadi kontraversial.Mulai tahun 2000 sudah tidak menggunakan kambing lagi. Jadi bukan seorang H.Hariyono kedok sebagai Ustadz, karena popularitas dan aktivitasnya banyak memimpin pengajian dan dzikir akbar, lalu semua masyarakat memanggil dan jamaahnya memanggil ustadz itu sudah sangat layak, bahkan lebih banyak lagi memreka memanggil KH.Muhammad Hariyono, kalau ada pihak-pihak yang tidak suka atau kontra sah-sah saja, namanya kehidupan di dunia ini sudah biasa ada pro dan kontra.

    Pengobatan Ust.H.Hariyono sudah benar secara syar’I tidak menyimpang agama karena ikhtiar,upaya untuk memperolah kesembuhan jelas-jelas permohonan itu langsung kepada Allah dan datangnya kesembuhan dari Allah, tapi pihak-pihak yang saya anggap punya niat tidak baik, berita ini banyak dipelintir bahwa upaya sehingga menimbulkan kontroversi.Banyak kritik-kritik masukan dari para guru Ust.H.Hariyono agar tidak menggunakan media kambing lagi walaupun itu untuk sedekah karena berita itu akan mudah dipelintir dan mejadikan Ust.H.hariyono tersudut anggapan masyarakat bahwa Ust.H.Hariyono sesat. Maka sejak tahun 2000 itulah Ust.H.Hariyono tidak memakai media kambing lagi.
    Ust.H.Hariyono tidak berkedok sebagi ustadz untuk pengobatan,tetapi profesi beliau juga sebagai seorang ustadz (ulama). Aktivitas dzikirnya, setiap dzikir yang dipimpinnya hampir ratusan ribu masyarakat yang hadir untuk mengikuti dzikirnya di masjid-masjid besar hampir tidak muat begitu padatnya jamaah yang hadir bahkan sering dzikir diselanggarakan di stadion-stadion di tanah air liputan dzikir tersebut berada di YOUTUBE Dzikir Ustadz Hariyono).
    Demikian keterangan dari saya sebagai penasehat Ust.H.Hariyono. Bila terjadi berita miring atau pihak-pihak yang menganggap pengobatan Ust.H.Hariyono syirik dan sebagainya, itu namanya perbedaan pendapat dari pihak-pihak yang tidak senang apalagi dari kompititor-kompititor pengobatan dll itu sudah lumrah, oleh karena itu saya sangat salut kepada Ust.H.Hariyono sering disudutkan diberitakan miring-miring di internet beliau Cuma tersenyum saja sambil mengucapkan “ Alhamdulillah itu pujian buat saya”.

    MEMBANTU KESEMBUHAN

    Upaya yang digunakan oleh Ust.H.Hariyono untuk memperoleh kesembuhan langsung meminta kepada Allah dan datangnya kesembuhan langsung datangnya dari Allah SWT.
    Cara-cara yang digunakan Ust.H.Hariyono doa-doa yang digunakan bersumber dari Al Qur’an, doa-doa Rosul, serta Ratibul Haddad. Media yang digunakan Air putih, minyak zaitun,pinang muda, sedekah potong kambing.Proses dan cara penyembuhan dari tahun 1995 sampai 1999 sangat terkenal dengan julukan “ Memindahkan penyakit ke kambing “ proses cara penyembuhan yang dilakukan Ust.H.Hariyono mematikan sel kanker dengan doa yang disebut dengan julukan memindahkan penyakit ke kambing adalah :
    1. Mematikan virus/sel kanker dengan doa, tentu doa tersebut bersumber dari Al Qur’an dan doa rosul dan ratibul haddad.
    2. Kambing disiapkan untuk sebagai sedekah bagi yang sakit, Karena sedekah potong kambing bagi seorang yang sakit diyakini sangat menunjang datangnya berkah kesembuhan dari Allah SWT.
    3. Minyak zaitun,telah dibacakan doa untuk dioleskan bagi pembengkakan yang sakit.
    4. Pinang yang sudah ditumbuk berbentuk rempah-rempah telah dibacakan doa untuk digunakan mengeringkan luka kanker, proses pemulihan kesembuhan.
    Cara dan upaya kesembuhan tersebut adalah sebagai upaya permohonan kesembuhan langsung kepada Allah SWT.
    Memperoleh kesembuhan yang dilakukan oleh Ust.H.Hariyono seolah-olah bukan meminta kepada Allah, jelas saja akan menjadikan kontraversial.
    Saya tegaskan Ust.H.Hariyono ini memang memiliki 2 profesi :
    Sejak tahun 1988, aktifitasnya memimpin dzikir dari majelis majelis hingga saat ini mulai dari lembaga pendidikan terendah hingga lembaga pertahanan nasional RI dari instansi pemerintah maupun swasta,bahkan tidak sedikit masyarakat yang mengikuti, akan tetapi setiap dzikir yang dipimpinnya dihadiri ratusan ribu jamaah selam hampir 25 tahun hingga di tahun 2003. Tentu sudah jutaan umat manusia yang hadir yang sudah dipimpin oleh Ust.H.Hariyono . Dari majelis yang didirikan di bekasi Majelis Dzikir Al Maghfiroh ( Majelis Indonesia Berdzikir). Dari Majelis ke majelis,dari masjid ke masjid mulai dari masjid istiqlal Jakarta hingga masjid-masjid besar ditanah air bahkan manca Negara.
    Jamaah yang hadir ada kalangan pejabat, masyarakat umum, artis, anak-anak, bapak/ibu, tua muda membaur dalam rangka dzikir akbar dengan pujian-pujian kepada Allah, mengharapkan berkah, ampunan, dan rahmat dari Allah SWT. Bahkan tidak sedikit para Walikota, Bupati, Gubernur dari berbagai daerah di tanah air yang mengundang dzikir akbar Ust.H.Hariyono dalam rangka Dzikir mengharap PILKADA nya terpilih. Lebih lengkapnya kegiatan dzikir Ust.H.Hariyono dari tahun 1988 hingga 2013 bisa dilihat di YOUTUBE DZIKIR USTADZ HARIYONO hampir 10.000 titik lokasi dzikir yang dipimpin Ust.H.Hariyono.

    Wassallam,
    Habib Zainal Assegaf

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak Habib, menjadi kewajiban Anda untuk membimbing dan mengarahkan Ustadz Haryono untuk belajar Ilmu Kesehatan yang ada di masyarakat agar masyarakat terlindungi dari penipuan dan kesyirikan.

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak Habib, menjadi kewajiban Anda untuk membimbing dan mengarahkan Ustadz Haryono untuk belajar Ilmu Kesehatan yang ada di masyarakat agar masyarakat terlindungi dari penipuan dan kesyirikan.

    • @Zainal Abidin..

      begini bung..
      kalo nulisan bantah sih gampang aja, mau ngaku habib kek, atau kiyai kek.. kagak masuk akal aja!!! masa “penasehat”nya yg repot2 bantah nih artikel?? mendingan ente aja yg nasehatin haryono supaya nongol disini.. jelasin tuh ama mantan2 pasiennya.. sekalian nasehatin.. tobat dari dunia perdukunan.

      wassalam,
      TD bukan habib.

  30. pengobata alternatif ala ustat ustat memang kebanyakan hanya penipuan ustat haryono maupun ustat danu sama sama penipu ustat haryono sekali berobat Rp.6000.000.- ustat danu bengkel hati sekali berobat RP.5000.000.- mereka mengambil kesempatan dalam kesusahan orang lain nauzubillah.

  31. Klu sakit datang kedokter atau mencari pengobatantradisional/herball..Bego”…….
    Klu seorang ulama itu klu memang punya kemampuan pengobatan pasti mereka membantu dgn ikhlas tidak memakai patokan harga..Sampai jutaan rupiah.

  32. assalamu’alaikum,
    praktek pengobatan memang dengan segala cara bisa dilakukan, baik medis maupun non medis, syar’i maupun yg tidak syar’i. namun demikian satu hal terpenting untuk kita petik hikmahnya adalah sebagai mana telah banyak disampaikan para ustad seperti yg tertulis dalam al Qur’an bahwasannya sehat, sakit, hidup, ataupun mati adalah mutlak hak Allah yang menentukan. oleh karena itu bagi yang masih sehat kerjakanlah kewajiban agama dengan sepenuh hati dan usahakanlah ada amalan sunnah sebagai tambahan yang dengan itu semua Allah akan memelihara kita dari segala macam musibah/bencana. Bersabar dalam menghadapi masalah dengan sebenar benarnya sabar sebagaimana diajarkan Allah baik dalam al Qur’an maupun dalam hadist Rasulullah SAW. dan terakhir sebagai wujud ketaatan kita kepada Allah adalah berprasangka baik kepada Allah. Berprasangka buruk kepada ciptaan Allah sama saja dengan berprasangka buruk kepada Allah, karena kita secara sadar atupun tidak, telah merendahkan ciptaan Allah. Bukankah Allah menulis beberapa surat dalam al Qur’an dengan nama nama binatang ? Nah akhirnya ikhlaskanlah sakit yang anda derita itu, biaya yang anda keluarkan itu dan kembalikan semuanya kepada Allah, karena diri kita, harta kita, dunia dan seluruh isinya ini tidak adalah milik Allah semata. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun…..
    marilah perbanyak do’a semoga Allah subhana wa ta’ala memelihara diri dan keluarga kita agar terhindar dari datangnya bencana/ musibah yang dapat melemahkan iman, dan kita mohonkan ampunan kepadaNya untuk orang orang yang telah jatuh dalam kemusyrikan dan bahkan telah menjadikan kita sebagai korbannya. dan semoga apa yang telah kita usahakan dan telah kita korbankan menjadi amalan baik disisi Allah dan agar Allah menempatkan kita ke dalam golongan orang orang yang bertaubat, ikhlas, taat, dan sholeh. Amiin…
    wassalam alaikum ….

  33. pengobatan alternatif??ya obatnya selain obat dari rs??harganya ya gimana yang punya toko alternatif??cara nya ngobatinnya ya gmn dia??namanya juga alternatif bukan berdasar aturan2 yang ada di rs dn apotek ttg harga dan lainnya yang sudah diatur di aturan kesehatan. jadi sebenarnya sah2 saja pengobatan alternatif karena memang tidak ada aturan yang mengatakan bila berobat ke alternatif dan tidak sembuh serta sudah mengeluarkan banyak uang si tukang ngobatinnya bs di hukum dan ditangkap??krn pengobatan itu kesembuhan milik Alloh dan pribadinya masing2, yang alternatif ya salah satu medianya mnuju kesembuhan.
    coba pikir??? apa anda tau, bila anda melakukan sesuatu dan anda ga yakin ketika pertama kali mau melakukannya??itu sudah salah satu bukti bahwa apa yang akan anda lakukan itu kurang baik,tapi usahakan baca basmalah dulu sebelum melakukan sesuatu jadi anda tau itu yakin yang baik ato yang datang dari yang ga baik. ya segitu saja dari saya. namanya juga saya manusia tidak luput dari khilaf, bila ada kata2 yang salah mohon dimaaf kan. wassalam.

    • Lebih baik kita belajar pengobatan BEKAM yang bisa mengobati diri sendiri & keluarga. Murah mudah dan sesuai syariat Islam (sunah Nabi). Pengobatan bekam dgn titik tertentu bisa menyembuhkan lebih dari 70 penyakit.
      Sudah banyak buku2 dan peralatan bekam yang dijual bebas.
      So…mari belajar Bekam..!

  34. Ada lagi yang lain mengaku Ustad yaitu Ustad Khodirin, tahun 2001 saya ke Khodirin ini untuk melet orang, lha kok sekarang bergelar ustad dan ngejual obat kapsul untuk kesehatan

    • Assalamualaikum Pak Dadang…Serius anda ? saya baru aja anter Ibu saya berobat ke Ustad Khodirin untuk penyakit Fisik, tadi anda bilang tahun 2001 mau melet orang anda datang ke dia? yang alamat praktek nya di Gempol, Kunciran raya, Ciledug tangerang ?

  35. saya sering dimintai tolong orang terpatok ular, saya gunakan ramuan dari tumbuhan tertentu untuk saya balurkan disekitar gigitan ular tsb. saya yakin dengan ramuan tadi bisa (racun) ular yang sdh masuk ke dalam tubuh akan keluar.. Apakah praktek yang saya lakukan termasuk kesyirikan? Apakah dengan cara seperti ini saya tergolong dukun? Mohon pembaca berikan saya penjelasan, karena saya takut akan tergelincir kelembah kesesatan! Kepada yang sudi memberikan penjelasan sebelumnya kami ucapkan terimakasih. wslm.

  36. mas pawang ular, klo mnurut sy pengobatan herbal dari tumbuhan2 yg diciptakan Allah SWT dengan ucapan niat doa sebelumnya kepada Allah pd saat mas mengobati, bkn tergolong syirik, Allah byk menciptakan tumbuhan2 di alam ini memiliki manfaat masing2 untuk mengobati berbagai mcm penyakit, yg pasti tanpa bahan kimiawi, yg penting kt berdoa dan berusaha u menyembuhkn sakit ato penyakit namun msh sesuai dg Alquran dan hadis

  37. bagaimana dengan batra eyang gentar? dia menjanjikan cukup sekali datang dan langsung merasakan hasilnya. mohon bantuannya, agar kita semua tidak tersesat. amiin.

  38. anda merasa benar dengan uraian ini?
    anda merasa Ustad Haryono adalah seorang Musyrik?
    silahkan datang langsung ke Ustad Haryono dan sampaikan keluhan anda…!!

  39. kalo memang sesat dan menipu segera laporkan ke pihak berwajib atau MUI. jangan jadi penghasut dan pengecut! trims.

  40. Kalau mau belajar jadi dukun baca kitab “BAJALAWABALAGENYE” dalam 1 bulan dijamin kesaktiannya melewati ust.haryono ….kitabnya bisa diambil lewat semedi dipuncak gunung arjuno di malang jawa timur mendakinya lewat kab pasuruan tanya setiap orang di pasuruan pasti mengerti..rahasia ini saya bongkar karena sudah jengkel dengan kesyirikan…..para dukun yang mengaku ustad……

  41. Pengobatan dengan metode “MURNI DO’A” itu sebenarnya tidak perlu media dan peralatan apapun. Apabila menggunakan pemikiran energi, maka setiap penyakit yang bersarang adalah energy “parasit” yang menempel (bersarang) di area tubuh. Maka energy parasit itu lah yang dicabut agar sarang (ampas) nya pun jadi luntur. Energy parasit ibarat “LEM” yang menjadikan sarang itu menjadi penyakit di tubuh.

    Maka harus jelas, bila sifatnya Energy parasit, di-CABUT juga dengan ENERGY yang lebih kuat bersumber dari DO’A yang murni dari seseorang. Sebaik-baiknya DO’A adalah tercetus dari diri orang itu sendiri (pasien itu sendiri). Maka ahli pengobatan dengan DO’A mesti mengajarkan TATA CARA berdo’a yang benar agar PASIEN bisa SEMBUH dari DO’A dirinya sendiri.

    DO’A yang benar dan murni itu juga tentunya TIDAK BUTUH APAPUN kecuali kepasrahan dan pengharapan kepada Allah SWT. Termasuk juga tidak butuh media perantara, tumbal, syarat-syarat dan SANGAT TIDAK BUTUH AYAT-AYAT apapun untuk dibacakan. Itu TATA CARA DO’A yang benar-benar TAUHID. Yaitu DO’A yang langsung ter-ijabah tanpa PERANTARA apapun.

    Banyak orang terjebak dengan KETIDAK YAKINAN diri bahwa Allah Maha menyembuhkan tanpa perantaraan apapun, sedangkan ayat-ayat AL-Qur’an dianggap membawa KESAKTIAN untuk kesembuhan, lalu kemudian orang ber-DO’A merasa wajib membaca AYAT terlebih dahulu sebelum ber-DO’A. Akhirnya masih juga akan terjebak dengan KHODAM GHAIB ayat yang tetap menjadi HIJAB DO’A seseorang.

    DO’A murni itu lahir dari hidayah pemahaman hakikat yang tersibak dari sebuah ayat, bukan berasal dari PENGUCAPAN BACAAN ayat. Dari pemahaman hakikat petunjuk ayat, akan didapat JALAN RAHASIA “CARA BERPIKIR dan CARA BERDOA (cara meminta) agar sesuatu (hajat) menjadi terijabah. Inilah yang sebenar-benarnya TAUHID dalam berdo’a.

    Praktisi pengobatan dgn metode “do’a” hanya berlaku sementara kepada pasien, sedangkan MUTLAK kesembuhan pasien adalah do’a dari pasien itu sendiri. Karena ada penyakit yang akan terganjal kesembuhannya dari sebab yang hanya diketahui oleh pasien itu sendiri., bisa karena suatu niat yg salah, dari ingkar sebuah janji, atau dari hal-hal yang menjadikan Pihutang pasien itu sendiri kepada Allah SWT. Sedangkan untuk penyakit-penyakit yang disebabkan energy alam semesta yang menjadi ENERGY PARASIT jelas dapat dicabut dengan ENERGY yang lebih kuat secara langsung oleh praktisi.

    Tidak sembarangan orang yang dikaruniakan Allah SWT kemustajaban ENERGY DO’A ini kecuali hanya dengan jalan TAUHID sebenar-benar tauhid dan IKHLAS semata (tanpa meminta balasan atau menjadikan sebuah ALASAN mengada-ada untuk pamrih dari orang lain), TERMASUK menjadikan alasan DAKWAH untuk mengumpulkan PAMRIH. Termasuk merasa “TELAH BER-ILMU” akan menjadi penghalang karunia suci ini dari Allah SWT.

    ENERGY DO’A untuk semua hajat manusia ini hanyalah membutuhkan KUNCI DO’A, tidak butuh syarat-syarat apapun, dan tidak butuh “MEMBACA AYAT-AYAT SEKIAN KALI PUN”.

  42. Terimakasih, artikelnya memberi pencerahan kpd umat. Fenomena ‘ustad’ haryono, KD, & kelompok lain yg menggunakan agama sebagai media utk menarik masa, tdk lepas dr minimnya pengetahuan agama yg sempurna dr masyarakat d Indonesia skrng ini, sedikitnya ulama2 sholeh yg sudah wafat, sehingga susah menemukan rujukan mengenai cara2 pengobatan yg benar2 sesuai syariah/ tdk menyimpang.

    Kondisi masyarakat yg ‘sakit’ spt ini sangat mudah dimanfaatkan mrk2 yg punya niat lain, utk kekayaan, pengaruh & ketenaran, selain itu peranan lembaga pemerintah spt MUI & lembaga2 spt NU & Muhamadiyah sangat lamban merespon, padahal udah lama mrk / ‘ustad’ H menggunakan atribut dzikir2 dr Al Quran, pengajian, tabliqh akbar dll. Jika niatnya sj sudah salah, maka turunannya udah pasti salah, tdk akan mendapatkan berkah & ridho Allah Swt.
    Hal ini bisa mendatangkan azab Allah, khususnya bagi ulama2 yg punya otoritas utk memberi fatwa & nasehat tp membiarkan hal ini berlarut2 & masyarakat bawah yg akhirnya jd korban…

  43. Setuju, ujungnya kembali kepada : senjata mukmin adalah doa, dan doa kepada-Nya tidak dibatasi bahasa tertentu, tetapi memerlukan persyaratan iman sebagaimana kriteria mukmin.
    Pada tahapan iman tertentu mungkin saja kita perlu meyakinkan diri dengan membaca ayat atau surat tertentu (seperti dicontohkan Nabi) agar bisa relay dengan Allah, atau membutuhkan sekumpulan manusia lain untuk berdoa bersama (prinsip jamaah) yg menurut saya tidak untuk diperdebatkan, karena itu hanyalah tahapan iman si pendoa.
    Ketika kita bisa menerapkan prinsip lillah billah, maka forum diskusi ini insya allah akan lebih berkah, tiap diri tidak merasa lebih tahu, lebih benar atau lebih mampu, tapi bentuk dialog yang saling mengisi.
    Semoga semua yang telah berpartisipasi disini selalu dalam lindungan dan curahan rahmat Allah, aamiin

  44. assalam muallaikum? perkenalkan nama saya Pardi manaf, kepada para sahabat yg merasa tertipu dukun palsu/penipu, iklaskan saja, anggaplah suatu pendewasaan diri, , kita semua perlu belajar dari sahabat yg pernah ketipu para oknum Dukun, jadi kedepany yg belum ketipu pasti akan tau, Para sahabat aq Iklaskan saja, karna bagi aq Ngko adalah seorang pahlawan yg telah membogkar Kedok Dukun palsu,

  45. saat ini, bulan ramadhan 1434 H, marilah kita perbanyak ibadah kepada Allah, perbanyak baca Al Qur`an, dzikir kepada Allah, baca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, shadaqah dan amal sholeh lainnya. Hal yang paling berat, mari kita menjaga lidah dari perkataan yang menyakiti orang lain, menjaga hati dari sifat lebih baik dibanding orang lain. Semoga kita semuanya, yang se iman dan menjalankan puasa ramadhan, diterima semua amal ibadahnya oleh Allah, dan diampuni semua dosa dosanya. Amin.

  46. Semoga Allah memberikan solusi jalan kesembuhan pada ibu. Apabila penyakit tak kunjung sembuh Rasulullah saw menganjurkan kita untuk banyak bersadaqah. ♡Ÿ̲̣̣̣̥ªã♡ Allah berilah kesembuhan pada saudariku ini hilangkanlah semua keluhan penyakit yangg ada pada dirinya sebagaimana kau sembuhkan nabi Ayyub dari penyakitnya. آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين

  47. Mari kita kembalikan ajaran agama ini k masa awalnya.dimana nabi dan para sahabat hidup dengan bersandar pada al quran dan hadits.dari sanalah awal kemajuan islam bermula.sosial ekonomi,sains dan teknologi berkembang pesat

  48. Kita akan semaju bangsa yahudi nasrani dan asia timur di taun 2020 nnti insya Alloh.tp dgn satu syarat kita harus melenyapkan dlu yg namanya dukun,kuncen atau sandro ini dr khidupan kita dan klo perlu jangan ada lagi kosakata dukun dam sejenisnya dalam kamus besar bahasa indonsia yg tercinta.kitä contoh bangsa eropa diabad pertengahan dgn renaisance nya

  49. yang coment disini udah pernah berobat langsung belum, atau cuma menduga-duga? saya pribadi pernah melakukan pengobatan alternatif walaupun bukan dengan ustadz haryono. Tepatnya waktu saya masih kecil, ketika itu saya punya penyakit amandel yang cukup besar. Kemudian beliau memegangi leher saya tanpa disentuh dengan hanya melakukan gerakan tangan bolak-balik. tidak lama kemudian beliau mengeluarkan darah segar dari mulutnya, saya meliat langsung dengan sangat jelas dan di saksikan kedua orang tua saya waktu itu. Saya bahkan tidak merasakan sakit sama sekali, luar biasanya ketka melihat di cermin amandel saya benar2 hilang 100%, saya berani sumpah demi Allah bahwa cerita yang saya utarakan adalah benar adanya.
    menurut saya pribadi ketika kita mendatangi sebuah pengobatan alternatif ataupun dokter, selama keyakinan kita tetap kepada Allah, dan hanya meminta kesembuhan kepada Allah, bukan kepada ustadz/dokter tersebut. Insya Allah dimudahkan jalan oleh Allah untuk sembuh, sebaliknya jika yang ada dipikiran kita ustadz/dokter tersebut lah yang dapat menyembuhkan, maka bukan kesembuhan yang didapat melainkan kesesatan.

    • tambahan dikit, prngobatan alternatif yang pernah saya kunjungi tersebut, ga mematok biaya “sama sekali” hanya seikhlasnya. ga kasih pun mungkin gpp soalnya sama sekali ga ada petugas yang nyuruh bayar sekian, pas datang pun beliau langsung bertanya keluhannya apa, dan langsung ngobatin

  50. yang jelas ALLAH yang membuat PENYAKIT kepada Hamba-NYA..yg sudah lupa……tapi ALLAH juga yang MENGOBATI-NYA…karena Hamba-Nya sudah Ingat dan kembali ke Jalan-Nya….Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin….

  51. Saya pernah mengantar adik saya berobat disalah satu Ponpes dikota Boyolali…Saat bertemu Ustadz diPonpes itu..Ustadz.yang Hafal Al-quar .tersebut menyarankan untuk ditangani temannya dari kota solo..setelah ditelp.Ternyata temannya tersebut bisa datangnya besuk malam..Dalam hati berpikir pasti teman Ustadz Ponpes ini orgnya sepuh & penuh karismatik,serta tinggi Ilmunya..Akhirnya malam harinya saya bertemu dengan teman Ustadz Ponpes ini..yang mengejutkan teman beliau masih sangat muda & berkharismatik,orgnya santai tdk melihat2kan bahwa beliau org yg mumpuni…Setelah beliau menangani penyakit adik saya yang saat itu habis operasi merasa kesakitan..mulai membaik..beliau berjam2 menangani adik saya bersama ayah saya saat itu didalam ruangan…setelah terapy untuk adik saya beliau menyarankan kami untuk membeli minuman&makanan untuk adik saya..tapi kami saat itu benar2 lagitidak punya uang karena habis untuk biaya operasi & kontrol setiap harinya…Akhirnya beliau yang masih muda ini memberi kami uang untuk membeli makanan & minuman..dgn rasa sungkan kami menerimanya(malu sebenarnya)tapi beliau memaksa agar adik saya punya energi setela menahan rasa sakitnya…
    Setelah itu kami ngobrol2 santai dgn beliau,karena beliau masih muda kami pun mudah akrab..ternyata beliau dgn Ustadz Ponpes sudah lama saling tukar ilmu & pengalaman..Beliau yang masih muda ini menguasai berbagai Ilmu Hikmah,Hipnotis,tenaga dalam dll..katanya dulu waktu muda sering berguru ilmu dari pesantren,Bahkan pernah berguru dengan Limbad yang skrgterkenal sebagai The Master itu..juga menguasai tehnik Hipnotis sepeti Romy Rafael…Beliau dengan Ustadz Ponpes mengaku mendalami & saling tukar imu & pengalaman…beberapa saat mengobrol kami diberikan Uang oleh beliau untuk kontrol kedokter besuk paginya(walau rasa sungkan & malu kami mengundang jauh2 tdk bisa membei apa2 malah beliau yang memberikan uangnya untuk kami..Ayah saya sampai menangis & tersanjung..saya pun demikian..Beliau pun terharu..Yaa Allah terima kasih telah KAU pertemukan kami dgn beliau yang berhati tulus & besar..berikahlah limpahan rejeki & berkah Untuk beliau..hanya KAU yang Maha Tau & membalas..aamiin…
    Setelah keesokkan hari kontrol pasca operasi adik saya ternyata obat yang diberikan keadik saya turun dosisnya..& sudah mulai membaik..jaran kesakitan…Pasca operasi..Ingin rasanya saya & keluarga bertemu Beliau lagi yg masih muda ini..Tapi kami masih sungkan belum bisa membalas Jasanya…Semoga masih banyak org seperti beliau ditengah2 kita..aamiin…
    Buat Admin & semuanya mohon maaf krn malah saya jd curhat & menuangkan isi hati kami…
    maaf tdk menyebutkan siapa & dimana jelasnya..kami hanya bisa berdoa semoga kita semua diberikan keberkahan..aamiin

  52. iya memang benar apa yang dilakukan oleh haryono tuh, karena ibu kandung saya juga pernah kesana dan dimintai uang sebesar 6.000.000 alasannya buat mahar, eh ternyata ibu saya juga ga sembuh2 yang ada uang hilang 3kali pertemuan.dan ga lama ibu saya meninggal karena kanker payudara.gebukin aja tuh ustad palsu/atau dia itu sudah jadi kafir atau orang yang menjual nama agama dengan harga yang murah.

  53. saya punya pengalaman pribadi, tapi tidak dengan pak haryono ini. namun ilmunya ‘sama’ yaitu transfer penyakit ke kambing. pada tahun 2000 an anak saya yang waktu itu berusia 6 tahunan, punya ‘penyakit’ semacam alergi dingin juga flek di paru2. Kalau pas lagi sakit maka menjelang subuh sejak sekitar pukul 3 dini hari , anak saya terbangun dan batuk terus menerus. saya kasihan sekali. waktu itu berobat ke dokter , hampir 6 bulan minum obat terus menerus namun tidak kunjung sembuh. akhirnya , atas saram guru ngaji saya, kami pergi ke bangilan tuban jatim, ke tempat Gus Makmun. Waktu itu saya hanya ditanya anaknya kenapa dan nama lengkap serta tanggal lahir. Pulang saya dibawain air putih dalam diregen plastik yang saya beli di depan dengan harga yang biasa. Sebelum pulang saya ‘ninggalin’ uang sebisa saya. Sementara kambingnya beli di pasar dan disembelih di pesantren guru saya. Alhamdulillah , atas ihtiar ini, setelah kurang lebih 1 minggu air habis, dan kambing pun disembelih. Alhamdulillah, setelah itu berangsur penyakit anak saya berkurang dan hilang ( sampai saat ini , insya Allah seterusnya tidak muncul lagi ). Gus Makmun sudah beberapa tahun lalu meninggal, semoga beliau ditempatkan di tempat terpuji di sisi Allah Swt. Dalam pengetahuan saya, di kalangan para ulama terutama di kalangan nahdliyin memang ada semacam ‘spisialisasi’. Ada yang di pengobatan, ada yang di fiqh, ada yang di tasawuf dlsb. Biasanya para kyai tsb sangat tawadhu’ .

  54. Nama dukunnya mabh edy sustrisna bukan# saya kenal sama dia dia telah mengahcurkan saya dan keluarga saya dan memboongin kakak saya sampai ratusan juta dan rumah istrinya saya tahu anak anaknya 2 org saya tahu dan rumah ayah adiknya saya tahu , kalau bener yg saya sebut itu orgnya kita hajar aja bersama sama . Emang dia tak berkwitasi jd susah buat laporin kepolisi. Skg dia buka praktek keliling pindah pindah dari satu tempat ketempat lain dan dia bisa pulang hari jumat malam sabtu jam 2 sampai jam 6 dirumahnya ciracak purwaseda liewliang bogor barat

  55. oh namanya edy sustrisna bukan … dukun palsunya
    saya juga pernah ditipu sampai ratusan juta malah sama dia aduh dukun kambret ini bener bener deh harus di hukum
    kalau bener nama nya edy sustrina aku tahu alamatnya alamt istrinya dan alamt orang taunya atau saudara saudranya
    di daerah liewliang bogoir barat
    ini harus dibakar menjelekan para normal saja

  56. sony sutrina juga nipuin orang tuh ,pengobatan terapy qolbu The Power of Soul, ini nipuin masyarakat juga, bahas juga ya tuan admin tetang si sony tukang meres masyarkat

  57. Wahai saudaraku ingat penyakit yang sangat sulit disembuhkan…..
    GHIBAH — NAMIMAH — FITNAH
    Sepertinya di blog ini banyak yang terkena penyakit ini.
    a’uzubillahimin dzalik……

  58. Marilah kita sehat rohani dan jasmani agar dapat menjalankan perintah Allah dan Rasulnya, sehingga keadaan masyarakat kita bisa aman tentram dan damai dan selamat dunia sampai akhirat nanti.

  59. BETUL SEKALIIII…!!!
    Kejadian yang persis sama dialami orang tua saya. Ini jelas penipuan, tapi tak apalah, mungkin ustad Haryono ini nanti di akhirat jadi kambing nanti kambing :))

  60. waaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrggghhhhh!!!!, rame banget yg komen??????, jempol 4 naek smua buat admin, trima kasih dah nampilin artikel2 joss!, komen2nye da yg nyebelin, da yg sok pinter, da yg lucu, haduh sebuah hiburan buat ane yg kagak ngerti ape2, tp smua artikel ente bermanfaat sbg tambahan pengetahuan ane, trima kasih ilmunya min

  61. Alloh itu maha menutupi,aneh kalau orang ngaku beriman itu saling mencaci saling membuka aib. Dukun-tabib-sinse-dokter-orang pintar-ustadz-pendeta-mpu-peruqiah semua adalah sebutan untuk suatu profesi –artinya mereka memiliki keterbatasan dalam setiap kegiatan mereka –bisa berhasil bisa juga gagal– adapun pasien atau klien orang tersebut adalah orang yg sudah kebingungan mencari jalan keluar dari kondisi yg mereka alami sehingga sangat wajar bila dlm kondisi seperti ini setiap orang punya potensi untuk berlaku irasiaonal sehingga menjadi korban atau merasa menjadi korban. Yang jadi pertanyaan adalah apakah admin berbicara dengan fakta atau hanya prasangka,tentang biaya itu adalah urusan dagang yang penting masuk akal apa tidak. Teman-teman mari kita berfikir dan bertindak secara dewasa dan rasional. Benar atau salah itu tipis jaraknya

  62. SAYA SEK.INGIN
    MEGUCAPKAN BANYAK- BANYAK TERIMAH KASIH YANG SEDALAM- DALAMNYA
    DARI KELURAGA KAMI..”” KUSUSNYA BUAT KI JAGAD SAKTI ATAS BANTUAN ANGKA RTUAL ANGKA GHAIB YANG BELIAU BERIKAN KEPADA SAYA, SUDAH BISA MEMBUAT SAYA DAN KELUARGA SAYA SUDAH BISA BERKUMPUL DAN MEMBUKA USAHA DARI HASIL BLT 500 JT DARI ANGKA GHAIB 4D SINGAPURA YANG BELIAU BERIKAN KEPADA KELUARGA SAYA DENGAN MELALUI MEDIA ONLINE SAYA MEGUCAPKAN BANYAK BANYAK TERIMAKASIH
    SSUKSE SLALU,,TEIMAKASIH…!!!

    kusus para para sahabat dimanapun anda berada dari sabang sampai marauke..diluar di negara nidonesia ,,saya hj.norma sari ingin berbagi kebahagian yang sangat mendalam buat saudara -sadari saya dimanapun berada ,hanya info ini yang bisa aku bagikan kepada anda semua., sebagai ucapan syukur dan terimakasi saya kepada ki jagad sakti atas bantuan angka TOGEL 4D Yang beliau berikan ,,muda mudahan info yang yang bagikan kepada para saudar/2ku bisa Bermanfaat,juga sakaligus bisa mendaptkan jalan kemudahan untuk mendapatkan jalan reski seperti jalan reski untuk keluarga saya ,, dan jika anda benar sudah ingin merasakan kemenagan angka togel hasil bantuan dukun sakti ,
    silhkan anda berbagi komunikasi dengan ki jagad sakti di no .081242869624 dukun call center terpercaya .pusat angka togel ghaib terpercaya, atau silahkan kunjugi kediaman
    ki jagad sakti di jawa tengah .room web.htt://dukunsaktiterpecayadindonesia .blogspot.com

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s