Gumarang21
Pakai logika dong Mas Ahmad , contoh yang paling kongkrit adalah para Nabi..para Nabi tersebut pasti terbuat dari tanah juga..tapi kenapa mereka bisa punya kemampuan yang luar biasa??pasti tidak mungkin memakai jin..
dari unsur yang ada ditanah saja kita sudah bisa menyimpulkan betapa lengkapanya potensi yang di miliki manusia, jadi ngapain minta tolong sama mahluk lemah yang bernama Jin tersebut…contoh kongkrit yang paling gampang misalnya anda merasa sangat lelah..kemudiaan anda hanya tidur saja tanpa makan dan minum , pasti tubuh akan merasa lebih segar..nah dari mana recovery teserbut didapat??
coba anda search pakai mbah google penelitian tentang kehebatan manusia..banyak sekali yang dipublikasikan..termasuk dari Harun Yahya salash satu referensi anda juga mengakui betapa hebatnya tubuh yang dimiliki manusia..so cari dulu referensi sebanyak-banyaknya..dunia begitu luas Mas..jangan memandang sesuatu dengan kacamata kuda


Perdana
Maksud saya adalah perkataan anda bahwa “Jin memanfaatkan kekuatan yang ada pada manusia? ”
pertanyaan saya kenapa jin memanfaatkan kekuatan pada manusia???dalam hal apa???contohnya apa? jika yang anda maksud dalam ilmu tenaga dalam atau tenaga metafisik tolong dijabarkan lebih jauh.

Gumarang21
trus kenapa malaikat sampai protes saat Allah swt menciptakan manusia pasti ada alasannya kan?

Perdana
Hati-hati saudaraku..jangan mengatakan malaikat protes, sebab konotasi protes itu buruk…… malaikat tidak protes melainkan bertanya kepada Allah karena ketidaktahuannya. Ayat tersebut adalah. Firman Allah ta’ala:”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi, “ mereka berkata : “ Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi, yaitu orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah ?. ( Qs. al-Baqarah [2]:30 )

TAFSIRANNYA ADALAH :
Ketika Allah mengatakan akan menciptakan manusia untuk dijadikan khalifah dimuka bumi ini, Para Malaikat menanggapinya dengan kata, “ Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi itu, orang yang akan berbuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah ? Mereka mengungkapkan hal itu karena al-Jann ( jin ) telah diciptakan sebelumnya dan telah dahulu menjadi khalifah dimuka bumi dan pada akhirnya berbuat kerusakan dan pertumpahan darah.

Maka Allah berpaling dari malaikat kemudian mengajarkan Adam seluruh nama-nama benda kemudian Allah berfirman kepada para malaikat : “Beritahukanlah kepada Adam nama-nama itu. “ ( Qs.al-Baqarah [2]:31 ), mereka menjawab : “ Kami tidak mengetahuinya, “ ( Qs.al Baqarah [2]:32 ) Allah berfirman : “ Hai Adam !”: “ Beritakanlah kepada mereka nama-nama benda ini ( Qs.al-Baqarah [2]:33 ), maka segeralah Adam memberitahukan kepada mereka, kemudian Allah memerintahkan kepada para malaikat, “ sujudlah kamu sekalian kepada Adam, maka sujudlah mereka. “ ( Qs. al-Baqarah [2]:34 ). Dalam sujudnya mereka berkata kepada diri sendiri, “ Kami tidak menyangka bahwa Allah Swt menciptakan ciptaan yang lebih mulia dari pada kita disisi Allah, sedang kita adalah pesuruh, pendamping dan ciptaan-Nya yang paling dekat kepada-Nya. Takkala mereka mengangkat kepala dari sujud, Allah berfirman : “Allah Subhânahu wa Ta’âla mengetahui apa yang kalian tampakkan sebagaimana dalam tanggapan kalian terhadap-Ku dan apa yang kalian sembunyikan sebagaimana dalam sangkaan dan anggapan kalian bahwa Allah tidak akan pernah menciptakan makhluk yang lebih mulia dari kalian. “

Jadi wahai sahabatku kesempurnaan Manusia adalah pada akal pikirannya, kecerdasannya dan bukan pada kesempurnaan fisik semata sebagaimana penjelasan saya diatas tadi. Jika anda mengatakan kesempurnaan manusia hanya karena ada unsur air, api dll maka anda justru merendahkan martabat manusia. Manusia mulia dan sempurna yang terutama adalah karena mempunya akal pikiran. Sebab jika hanya mengandalkan fisik akan kalah dengan makhluk lain.

CONTOH KELEMAHAN FISIK MANUSIA DIBANDINGKAN MAKHLUK CIPTAAN ALLAH YANG LAIN ADALAH :

Tenaga
Bandingkan dengan gajah lebih kuat dari manusia, gajah bisa mengangkat dan mencabut pohon tanpa bantuan alat. Tenaga gajah lebih besar dari manusia.

Kecepatan Berlari
Bandingkan dengan kuda, rusa,dan burung mereka makhluk yang lebih cepat berlari ketimbang manusia.

Jarak Pandangan Mata
Bandingkan dengan burung elang yang dapat melihat mangsanya dari jarak yang jauh sambil terbang.
Bandingkan dengan burung hantu yang bisa melihat di malam gelap gulita.

Sensor Penciuman
Bandingkan dengan kucing dan anjing yang penciumannya sangat tajam dan mampu menengendus mangsanya dari jarak yang jauh.

Kecantikan warna kulit
Bandingkan dengan burung merak yang berkilauan warna bulunya dan penuh warna yang sangat artistik.

Zat yang dikeluarkan
Manusia selalu mengeluarkan zat yang bernama kotoran, bandingkan dengan lebah yang selalu mengeluarkan madu yang sangat bermanfaat.

Banyaknya keturunan
bandingkan dengan ikan dan binatang air , sekali bertelur mereka menghasilkan ribuan telur dan anak-anak ikan.

Itulah manusia yang sebenarnya tak ada yang patut disombongkan di dunia ini…
Manusia bisa mati karena seekor kuman yang kecil, virus (HIV/AIDS.demam berdarah,flu burung) yang sangat kecil dan makhluk – makhluk lain yang mungkin kelihatan lemah dan kecil.

Dengan makhluk yang tidak bernyawa seperti angin,air,tanah dan api pun manusia tidak bisa melawannya.
Angin jika telah menjadi angin puting beliung akan mengancam jiwa manusia.
Air jika menjadi air bah dan tsunami akan melenyapkan peradaban manusia.
Tanah jika bergunjang dan longsor akan mengubur manusia. dan api jika telah berkobar membara akan menghanguskan manusia.

Wahai saudaraku…Tak ada yang patut disombongkan pada diri manusia. La haula wala quwata illah Billah. Tiada daya dan upaya melainkan dari Allah.

Gumarang :
nah kalau anda mengatakan ilmu HI itu hadiah dari Jin..bagaimana mungkin mahluk lemah bernama Jin itu bisa memberikan ilmu…kepada manusia..yang ada pasti jin tersebut memanfaatkan kekuatan yang ada pada manusia

Perdana
Hlo siapa bilang saya mengatakan sendiri Hikmatul Iman dari Jin? Yang bilang Dicky sendiri yang bisa anda lihat di :
http://wwwlib.murdoch.edu.au/adt/pubfiles/adt-MU20040210.100853/02Whole.pdf

Menurut pengakuan Dicky Zainal Arifin (guru besar Hikmatul Iman) ilmu tenaga dalamnya didapat dari hasil imajinasi setelah membaca komik tiger wong dan bertemu dengan jin bernama Muhammad jibril yang menjadi khodamnya, juga aji-aji kesaktiannya didapat dari hadiah jin.berikut cuplikan penjelasan dan buktinya :
After converting to Islam under Dicky’s guidance, the jinn bestowed upon him numerous powers (Setelah masuk Islam dibawah bimbingan Dicky, jin tersebut MEMBERIKAN BANYAK KEKUATAN.red), a process that has continued up until the present. Some of these powers include:

– Ilmu Kidang Kancana: The ability to run at extreme speed, as if pushed by a powerful wind.
– Rubah Wujud: This ilmu is to be used when facing a black sorcerer. If they change their form into that of a dragon, one who has this ilmu will be able to change into a giant, a black hawk or another equally terrifying form.
– Kilat Api: When facing a powerful opponent, one who has mastered this ilmu will be able to shoot a blast of scorching wind from their hands.
– Tali Gaib: a supernatural rope with which to tie up disruptive non-Muslim jinn (Ind: jinn khafir), especially jinn thuyul.82
– Beset: To make an opponent believe they have been cut in two. The opponent will hallucinate that their body has been sliced in half and feel pain as if it had. However in reality their body will remain intact.

Nah.keilmuan Hikmatul Iman seperti ajian – Ilmu Kidang Kancana, Rubah Wujud, Kilat Api, Tali Gaib, Beset (menyerang) adalah dari penberian jin yang “katanya” sebagai bonus karena Dicky memasukkan jin tersebut dalam ISlam???
Dan memang dalam prakteknya sangat banyak perguruan tenaga dalam yang tanpa sadar menggunakan kekuatan jin dalam keilmuan mereka, mereka berlatih tenaga dalam atau tenaga metafisika dengan angan-angan menjadi mansia sakti mandraguna, otot kawat balung besi, bisa trawangan, bisa terbang dll.

Semua itu adalah bentuk bid’ah yang penuh kesirikan sebab jika semua itu memang bisa dikuasai maka tentu dalam peperangan manusia yang punya kemampuan seperti itu akan selalu menang, akan tetapi dalam sejarah Jihad dalam Islam tidak pernah ada kemampuan ajaib seperti itu. dapun jika ada karomah dari Allah hingga manusia punya keluarbiasan tidaklah mereka pelajari namun datangnya tiba-tiba dan tidak bisa diulang. penjelasan lengkap bisa anda baca di http://ruqyah-online.blogspot.com/2007/12/beda-karamah-dengan-sihir.html

Gumarang21
bagaimana mungkin mahluk lemah bernama Jin itu bisa memberikan ilmu…kepada manusia..yang ada pasti jin tersebut memanfaatkan kekuatan yang ada pada manusia

Perdana

Firman Allah SWT:“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki diantara manusia meminta bantuan/perlindungan kepada beberapa laki-laki diantara jin,maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan”(QS.Jin:6)

Dari ayat ini jelas ada manusia minta bantuan/perlindungan kepada bangsa jin, maka bagaimana bisa jin tersebut membantu manusia jika jin tersebut tidak berilmu. Jelas mereka (jin) menggunakan tekhnologi alam jin untuk bisa membantu manusia.

Ibnul Qoyyim katakan: “Sihir adalah persenyawaan dari berbagai pengaruh ruh-ruh jahat dan interaksi kekuatan-kekuatan alam dengannya.”(Zanul maad:4/127) maksudnya adalah makhluk-halus itu masuk ketubuh manusia dan membantu dalam pelaksanaan sihir dengan melalui prasarana alam seperti udara,aliran darah,reaksi fisiologis tubuh dari rekayasa ilmiah (ilmu pengetahuan dan teknologi alam jin) yang dilakukan ruh-ruh jahat (jin,setan).

Hal ini bisa dilihat pada seseorang yang bisa mempunyai ilmu kebal karena dengan bantuan kemampuan Jin dalam merekayasa memadatkan molekul tubuh manusia.Melihat alam ghoib dengan cara jin itu berada diantara kedua mata manusia dengan menyamakan frekuensi penerimaan stimulus cahaya pada mata dengan frekuensi kosmik alam jin.

Dalam bukunya (Al-Majmu’ al-Fatawa:11/309) Ibu Taimiyah menyebutkan bahwa ada ahli metafisika yang mempunyai hubungan dengan Jin memberitahu Ibnu Taimiyah.Ahli metafisika itu berkata kepadanya:”Sesungguhnya jin memperlihatkan kepadaku sesuatu yang mengkilap seperti air dan kaca (Jin orang tersebut mungkin menggunakan teknologi semacam televisi atau radio dari alam mereka).Mereka menayangkan gambar-gambar atau berita-berita yang kami minta didalamnya.”

Jadi janganlah heran jika kita sewaktu meditasi bisa tiba-tiba melihat sesuatu informasi masalalu,rahasia-rahasia,informasi masa depan seolah-olah melihat gambar-gambar atau suara seolah-olah menonton TV.Kemampuan ini bukanlah atas kekuatan keajaiban diri kita dari hasil latihan ilmu trawangan melainkan jin itu membantu kita jika ingin melihat alam jin dengan menyamakan ferekuensi stimulus penerimaan cahaya mata dengan kosmik alam jin atau dengan menggunakan teknologi audiovisual alam jin yang mereka inisiasikan pada diri kita (hingga kita bisa melihat tembus pandang) atau dari hasil jin itu,merekam,mencari atau membuat informasi yang kita butuhkan lalu mereka programkan pada “komputer” mereka melalui proses instaling lalu ditampilkan pada “layar monitor” pada syaraf kornea kedua mata kita.

Gumarang21
sebenarnya Allah swt telah memberikan banyak contoh soal kehebatan manusia dari mulai Nabi Sulaiman yang bisa berbicara dengan binatang, nabi Isa yang bisa hidupkan orang mati, nabi Muhamad yang bisa naik langit, nabi Musa yang bisa membelah laut dll
jadi ngapain sih minta bantuan sama mahluk lemah yang bernama Jin kalau kita sendiri punya potensi yang luar biasa…

Perdana

Mas….anda harus bisa membedakan antara mu’jizat Allah yang khusus diberikan kepada nabi dan rasul-Nya. Jika mu’jizat Nabi dan Rasul itu bisa dilakukan oleh manusia biasa maka tentu tidak ada hikmah lagi bagi Utusan Allah yang diberi keluarbiasan sebagai pembukti kenabian pada para umatnya.

Mu’jizat adalah suatu perkara luar biasa yang tidak dapat ditafsirkan oleh hukum alam (hukum kausalitas).
Secara terminology mu’jizat didefenisikan sebagai suatu hal atau peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seorang nabi, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada orang-orang yang ragu, untuk melakukan atau mendatangkan hal serupa, tetapi mereka tidak mampu melayani tantangan itu.

Dengan redaksi yang berbeda, mu’jizat didefinisikan pula sebagai sesuatu yang luar biasa, diperlihatkan Allah swt melalui para nabi dan Rasul-Nya, sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulan-Nya.

Nah…..dari penjelasan diatas mu’jizat hanya kekhususan para nabi dan bukan merupakan bentuk potensi manusia, sebab bukan dari hasil latihan fisik/psikis para nabi hingga punya mu’jizat melainkan langsung dari Allah dengan “kun fayakun”. sebagai bukti kenabian mereka.

Atau anda mau jadi nabi Mas hingga merendahkan mu’jizat tersebut sebagai potensi manusia, maka kemungkinannya manusia bisa melakukan mu’jizat pada Nabi jika disebut sebagai potensi yang bisa dikembangkan???

Gumarang21
sy bukan anggota HI ,cuma sy prihatin dengan cara berfikir anda..kalau tidak salah anda berasal dari Yogyakarta..yang saya ingin tanyakan kenapa anda tidak meruqyah orang orang yang beri sesaji ke nyi roro idul dipantai selatan sana?sy pernah melihat sendiri.dan hal seperti itu tidak dianggap sebagai kesalahan padahal sudah jelas-jelas syirik.ngapain anda jauh jauh cari Hi kalau didaerah anda sendiri pun masih banyak kemusyrikan yang dipertahankan…

Perdana
Maaf saya berasal dari Sumatra Selatan bukan Yogyakarta, Merupakan tanggungjawab para alim ulama dan kita semua untuk menyadarkan prilaku syirik memberi sesaji ke setan nyi roro kidul.

Saya tidak hanya mengritik Hikmatul Iman Mas, akan tetapi ada banyak lagi prilaku kesirikan yang saya bahas, saya seorang penulis mas maka merupakan tanggung jawab moral untuk berjihad dengan pena..

Jika ada seseorang yang saya nasihati tidak mau bertaubat maka bukan merupakan urusan saya, saya hanya menyampaikan kebenaran berdasarkan ilmu syar’i yang saya pelajari di pesantren dan adapun masalah hidayah itu adalah kehendak Allah, dan jika ada seseorang/kelompok yang saya kritik tidak mau bertaubat maka semoga ada pembaca lain yang menela’ah artikel saya yang justru bisa bertaubat atau menemukan kebenaran berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah.

Saya bukanlah seseorang yang berilmu tinggi, namun jika ada orang yang yang bisa menerima penjelasan dari saya,saya bersyukur pada Allah, semoga Allah menerima jihad dan ibadah saya ini.

Gumarang21
sy yakin 1000 % tulisan saya tidak akan bisa merubah kenyakinan anda yang mengatakan jin lebih kuat dari manusia, yang jelas hingga detik ini tidak ada satu pun mahluk yang berwujud Jin atau manusia yang membuat saya takut, karena rasa takut hanya pantas diberikan kepada Allah swt

Perdana
Saya tidak ada mengatakan jin lebih kuat dari pada manusia? saya hanya menjelaskan secara adil pada pembahasan sebelumnya bahwa manusia, jin, makhluk hidup yang lain punya kelebihan dan kekurangan masing masing berdasarkan Al-Qur’an , hadits dan ilmu pengetahuan.

Kemuliaan dan kelebihan manusia bermula ketika Allah berkehendak menjadikan Adam sebagai Khalifah-Nya di atas muka bumi dengan misi ibadah kepada-Nya. Kehendak Allah menjadikan manusia sebagai Khalifah-Nya di bumi itu berdasarkan ilmu dan perencanaan yang sangat matang. Sebab itu, ketika para malaikat mempertanyakan rencana Allah tersebut, Allah menjawabnya: “Sungguh Aku mengetahui apa yang kalian tidak ketahui.” (Q.S. Al-Baqarah (2) : 30)

Kemuliaan tersebut bukan karena subyektivitas Tuhan Pencipta yang Maha Kuasa atas segala makhluk-Nya. Melainkan berdasarkan standar ilmiah terkait dengan rancangan penciptaan yang sangat sempurna baik fisik maupun yang non fisik seperti akal dan qalb (hati), tanpa kenhilangan syahwat dan nafsu hewaninya. Dengan demikian, manusia dianugerahkan berbagai kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut tidak diberikan Allah kepada makhluk lain selain manusia dan telah pula menyebabkan mereka memperoleh kemualiaan-Nya. Allah menjelaskannya:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلا (سورة الإسراء)

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (Q.S. Al-Isra’ (17):70)

Manusia adalah makhluk Allah yang paling mulia selama mereka memanfaatkan secara optimal tiga keistimewaan / kelebihan yang mereka miliki yakni, Spiritual, Emotional dan Intellectual dalam diri mereka sesuai misi dan visi penciptaan mereka. Namun, apabila terjadi penyimpangan misi dan visi hidup, mereka akan menjadi makhluk yang paling hina, bahkan lebih hina dari binatang dan Iblis bilamana mereka kehilangan kontrol atas ketiga keistimewaan yang mereka miliki.

Penyimpangan misi dan visi hidup akan menyebabkan derajat manusia jatuh di mata Tuhan Pencipta dan di dunia, pola hidup mereka lebih buruk dari pada binatang dan Iblis. Allah menjelaskan dalam Firman-Nya :

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ (179)

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergukan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Meraka itulah orang-orang yang lalai.” (Q.S. Al-A’raf (7) : 179)

Ya kita tidak boleh takut kepada Syetan.sebab asa takut kepada hantu atau setan, bisa mengantarkan kepada syirik akbar. Jika sampai membawa pada peribadatan kepada selain Allah. Bentuknya bermacam-macam, ada yang memberi sesajian agar tidak diganggu, membaca berbagai mantera, datang kepada dukun untuk meminta jimat, dan sebagainya.

saya akan mengupdate dan akan terus saya perbaiki hasil debat yang akan berlanjut……

DIKOLOM KOMENTARNYA,  SAYA MENAWARKAN KHUSUS DEBAT DENGAN GUMARANG DAN TIDAK DENGAN YANG LAIN TURUT CAMPUR, JIKA ADA ORANG LAIN YANG TURUT CAMPUR MAKA AKAN SAYA DELETE!

JIKA ADA PERTANYAAN ATAU TANGGAPAN YANG BELUM TERJAWAB SEGERA TULISKAN DI KOLOM KOMENTAR YA MAS GUMARANG…………

SAYA TUNGGU TANGGAPAN ATAU LANJUTAN DEBAT DENGAN ANDA WAHAI GUMARANG21!