Rima BErkata :

Waduh2, gitu banget Ya tenaga dalam

Bid’ah, bahkan sampai sesat

Supaya engga terlalu rumit, saya batasi aja dulu :

1. Dikatakan sesat Bila TELAH menyimpang dari RUKUN IMAN dan RUKUN ISLAM ( Keimanan – Keyakinan- dan aturan2 ), kalau belum menyimpang ya jangan diHAJAR DENGAN KATA2 SESAT LAH. kalau sholat wajibnya masih 5 kali sehari, masih ngaku Rosul Terakhir Muhammad Saw, ya belum sesat lah

Perdana menjawab :

Jawaban dari tanggapan anda ini sudah saja jelaskan pada pembahasan TAUHID VS ILMU TENAGA DALAM/ ILMU METAFISIKA

Rima Berkata :

2. Mencari Informasi tentang Perguruan/Sekolah jangan pada murid, itu bahaya sekali, saya sangat tahu -karena saya adalah pendidik- tanya gurunya minimal asistennya (resmi), jangan tanya pada senior, jangan2 mereka “cacing ngaku ular”

Perdana menjawab :


Kurang tepat penjelasan anda, sesungguhnya mencari informasi tentang perguruan/sekolah bisa bertanya pada guru juga pada murid dan bisa juga pada mantan murid. Kadang guru atau asisten guru tidak jujur karena mnyembunyikan kebobrokan perguruan/sekolahnya. Justru kita banyak tahu di Koran dan majalah kebobrokan perguruan/sekolah dari anak muridnya yang terkadang lebih jujur. Selain itu informasi mantan murid juga sangat berguna sebab seorang mantan akan lebih bisa menilai baik/buruk perguruan/sekolah tersebut.

Rima Berkata :

3. Legalitas itu perlu banget, Bunuh orang dosa besar, membunuh dalam perang sah2 saja, Arti legal adalah telah dilakukan pengkajian ( lebih luas dari penelitian ) sehingga dapat disyahkan.

Perdana menjawab :

Ya legalitas memang perlu, saya sudah melakukan pengkajian dan penelitian menyeluruh hingga saya bisa mengambil kesimpulan, apa anda tidak melihat ada banyak rujukan/data-data resmi yang saya dapatkan ? Adapun jika saya berpendapat maka pendapat saya bisa saja orang lain tidak setuju dan saya tidak mempersalahkannya sebab saya tidak bisa memaksakan pendapat saya pada orang lain. Semua artikel diblog ini keputusan akhirnya saya serahkan kepada para pembaca, pemaca akan menilai dalil mana yang paling syar’i.

Rima Berkata :

4. Bid’ah itu memang dapat menyesatkan, tapi hati2 dengan Cap Bidah, inilah senjata ampuh musuh2 islam untuk memecahkan islam, penjelasannya cukup panjang.

Saya cuman kasih Ilustrasi saja ( demi Allah ini kisah nyata) —- saya pernah pergi tahlilan ( katanya istilah NU, dan Muhhadiyah menggunakan Istilah Taksiah) dengan seorang “buya” dengan jabatan Ketua Muhammadiyah untuk 3 propinsi, selama 3 priode, dalam acara tsb sang “buya” mengikuti dengan hikmah sampai akhir acara, namun tidak meminum setes pun air, dan tidak makan secuil pun, dan pada saat pulang pihak keluarga ( seorang KYAI NU ) yang berduka mencium tangan sang buya tapi tidak memberikan “Besek” pada sang Buya ( padahal besek tsb adalah simbul rasa terima kasih pihak keluarga karena tamu telah datang untuk menghibur/Taksiah), Pesan moralnya : Ternyata jalinan NU dgn Muhammadiyah itu INDAH, kenapa sih yang ilmunya masih pada cetek tidak meniru para “Buya” dan “Kyai”.

Perdana menjawab :

Tidak ada yang aneh dalam prilaku Buya dan Kyai Nu tersebut ????  Yang bid’ah yang mana ? Sama sekali tidak ada larangan untuk memakan makanan takziah atau tidak sama sekali makan pemberian keluarga yang berduka……… Saya pernah mengikuti takziah ikhwan tarbiyah dan salafy…..mereka memberikan air mineral (pernah juga permen)  kepada masyarakat/saudara yang datang dan diantara pentakziah ada yang makan/minum dan ada yang tidak, terserah pribadi masing-masing. Namun yang jelas orang yang sedang mengalami musibah tidak boleh berlebihan dalam menjamu orang-orang bertakziah sebab sifat ghuluw tidak diperbolahkan dalam agama.

Saya tidak melihat peristiwa diatas baik buya atau kyai nu telah berbuat syirik sebab inti masalahnya Cuma “boleh atau tidak memakan makanan takziah”. Adapun seluruh artikel dalam blog saya adalah da’wah tauhid dan berusaha untuk memberantas bid’ah yang berhubungan dengan kesyirikan.

Sedangkan Bid’ah (perkara baru) yang didalamnya terkandung unsur syirik sama sekali tidak ada toleransi, para ulama tidak ada yang saling toleransi dalam hal kesyirikan. Sebab Dosa bid’ah yang menjurus pada kesyirikana dalah dosa paling besar dan tidak ada ampunannya dan bisa menghilangkan seluruh pahala ibadah yang kita lakukan (Shalat, Puasa, haji, sedekah dll) sebagaimana Allah ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa’ : 48)

Dan firman Allah ” dan telah diwahyukan kepadamu dan kepada orang-orang sebelummu, jika kamu berbuat syirik, niscaya gugurlah amalan-amalanmu dan tentulah kamu menjadi orang yang merugi ” (az Zumar: 65)

Rima Berkata :

3. Saya sedang Menekuni Tenaga Dalam dan saya tidak merasa Tersesat, karena apa ?

a. karena Perguruan kami tidak menyimpang dari Rukun Iman dan Rukun Islam.

Perdana menjawab :

Jika perguruan anda mengajarkan bahwa dengan berlatih tenaga dalam bisa mendatangkan kesaktian (bisa mementalkan orang, bisa melihat alam ghoib dll) maka sudah menyimpang dari Islam walau kalian mengimani rukun iman dan rukun islam.

Rima Berkata :

b. Tenaga dalam hanya Istilah kalau dlm bahasa arab “datt” ( salah mungkin ejaannya)

Perdana menjawab :

Ada banyak istilah tenaga dalam, dalam bahasa inggrisnya inner power, kalo orang cina menyebutnya chi/ki, orang india menyebutnya prana. Kita boleh berbeda istilah, saya tidak mengharamkan istilah tenaga dalam secara mutlak jika yang dimaksud tenaga dalam itu dari hasil pembakaran zat-zat makanan dalam tubuh hingga menjadi energi untuk kekuatan dan kelangsungan kesehatan tubuh itu bisa kita terima karena pengistilahan ‘tenaga dalam’ itu adalah energi yang didapat dari zat-zat makanan yang kita makan tanpa ada unsur metafisika.

Akan tetapi jika tenaga dalam yang bisa memantalkan orang,bisa membuat kebal,bisa,meringankan tubuh,bisa menyakiti orang lain lewat gerak dan fungsi jurus yang telah kita latih tentu berbeda sangat jauh dan janganlah disamakan dengan ‘tenaga dalam’ dari hasil “pembakaran” zat-zat makanan.

Saya juga tidak 100% menyesatkan olah pernapasan jika olah pernapasan itu benar-benar tidak ada niat untuk mendapatkan kesaktian tertentu, olah pernapasan sangat diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan, contohnya dalam peperangan seseorang pemanah tidaklah akan dapat memanah dengan sempurna jika dia tidak memiliki tekhnik olah pernapasan yang baik.

Jika kita berlatih senam pernapasan tenaga dalam selain ingin mendapatkan kesehatan dan disertai dengan niat mendapatkan suatu kekuatan tertentu yang bersifat ghoib hal inilah yang mesti diwaspadai, kita ketahui bersama bahwa hakikat keghoiban hanya milik Allah semata dan hanya diberitakan sesuatau yang ghoib itu kepada Rasul yang diridoi-Nya

Di dalam surat Allah menyatakan dalam firmannya:

”(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghoib,maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghoib itu itu kecuali kepada Rasul yang diridoi-Nya,maka sesungguhnya Dia mengadakan penjagaan (malaikat) di hadapan dan dibelakangnya.”(Al-jin ayat 26-27)

Dari penjelasan ayat Al-Qur’an diatas maka jika kita melakukan senam pernapasan dengan niat untuk mendapatkan kekuatan ghoib,seperti kita berlatih jurus satu untuk membuat benteng diri,jurus dua untuk menundukkan lawan,jurus tiga untuk mementalkan lawan,jurus empat untuk membuka pagar betis lawan, jurus lima untuk memutarkan lawan, jurus enam untuk mengunci lawan,jurus tujuh untuk menarik lawan atau menarik sesuatu yang bersifat ghoib, jurus delapan untuk mematikan lawan jurus sembilan untuk membuka pagar ghoib lawan, jurus sepuluh untuk menarik energi alam semesta dan dari fungsi jurus-jurus itu dapat di gunakan untuk berbagai macam keperluan sesuai dengan kehendak hati penggunanya adalah prilaku bid’ah dan sangat menyesatkan.

Dengan niat untuk menarik kekuatan tertentu pada saat kita menarik nafas dengan gerak jurus,menahan nafas dengan niat mengumpulkan atau membentuk suatu jenis energi atau kekuatan ghoib entah itu diistilahkan dengan Energi Ilahi, prana, chi, ki, bioenergi, karomah maka pada saat itulah kita sadar atau tidak sadar membuka diri untuk dimasuki unsur makhluk ghoib, khodam, hingga makhluk itu membantu manusia sesuai dengan fungsi jurus yang diinginkannya.Dan inilah salah satu bentuk sihir sebagaimana Ibnul Qoyyim katakan: “Sihir adalah persenyawaan dari berbagai pengaruh ruh-ruh jahat dan interaksi kekuatan-kekuatan alam dengannya.”(Zanul maad:4/127) maksudnya adalah makhluk-halus itu masuk ketubuh manusia dan membantu dalam pelaksanaan sihir dengan melalui prasarana alam seperti udara,aliran darah,reaksi fisiologis tubuh dari rekayasa ilmiah yang dilakukan ruh-ruh jahat (jin,setan).

Rima Berkata :

c. Tenaga dalam sesungguhnya berasal dari dalam diri sendiri, kalau diisi oleh guru itu yang riskan/berbahaya, terlalu panjang lagi menjelaskannya disini.

Perdana menjawab :

Tidak ada yang terlalu panjang dan sulit untuk dijelaskan, maka agar diskusi kita menarik dan saya mendapatkan informasi berharga dari anda maka saya yang dhaif memohon anda menjelaskan secara terperinci apa yang dimaksudkan ” Tenaga dalam sesungguhnya berasal dari dalam diri sendiri, kalau diisi oleh guru itu yang riskan/berbahaya”

Rima Berkata :

d. Tidak belajar tenaga dalam “rugi” karena tenaga dalam telah dipelajari ratusan tahun sebelum masehi ( cek aja tentang keberadaan Sholin, dan ingat kebudayaan cina adalah kebudayaan yang paling MUMPUNI bukan kebudayaan yunani – itu kebohongan bule –)

Perdana menjawab :

Tolong anda jelaskan tenaga dalam yang mana yang anda maksudkan “sangat rugi jika tidak dipelajari ?” Sehebat itukah tenaga dalam cina hingga seolah-olah sangat diperlukan  bagi umat manusia ?

Saudaraku…….kita harus hati-hati jangan tasyabbuh dengan tata cara ibadat/ajaran kafir dalam “tenaga dalam” contoh sederhananya ada ajaran ilmu pengobatan senam pernapasan tenaga dalam yang mengambil konsep teori Yin dan Yang.  Tekhnik pengobatan tenaga dalam Yin dan Yang ini lahir dari negeri Cina (Ilmu pengobatan cina memang telah maju sejak 2500 tahun SM, sebelum berkuasa kaisar Yao) . Namun hati-hatilah sebab yang disebut Yin & Yang karena pengobatan ini erat hubungannya dengan kepercayaan terhadap dua dewa yang menjadi unsure penting, yaitu Yin (dewa bumi) dan Yang (dewa langit).  Keduanya mempengaruhi alam dan isinya, dalam diri manusia juga terdapat unsure Yang dan Yin itu, jika keduanya seimbang manusia menjadi sehat dan jika tidak seimbang, manusiapun menjadi sakit. Rasulullah melarang kita untuk tasyabbuh (menyerupai) ajaran dan kepercayaan orang kafir.(lihat pembahasan mengenai tenaga dalam cina di sini)

Rima Berkata :

e. Tenaga dalam bisa dipelajari dengan cara salah dan benar, bisa dengan cara cepat dan perlu waktu, bisa dengan guru dan autodidak, tentu saja masing2 punya kelebihan dan kekurangannya. – kepanjangan jelasinnya disini, tapi kalau memang berminat silahkan aja email saya di bulakmail@yahoo.com

Perdana menjawab :

Sekali lagi kontribusi anda untuk menjelaskan tentang konsep tenaga dalam sangat berharga ditampilkan di blog ini maka saya ingin penjelasan dari anda mengenai perkataan anda ” Tenaga dalam bisa dipelajari dengan cara salah dan benar, bisa dengan cara cepat dan perlu waktu, bisa dengan guru dan autodidak, tentu saja masing2 punya kelebihan dan kekurangannya.”

Rima Berkata :

4. Belajar tenaga dalam supaya Digdaya ( sakti ) salah besar, sama aja dengan belajar iqra ( ngaji ) supaya jadi Qori hebat, ya salah lah.

Perdana menjawab :

Perkataan anda ini adalah talbis (tipu daya), sungguh perkataan anda ini sama persis dengan perkataan para master reiki, yoga, prana yang mengatakan “kita belajar energi esoterik jangan berharap untuk menjadi orang sakti”. Perkataan ini telah membuat ribuan kaum muslimin terjerat kesyirikan sebab ketika mereka masuk dan menjadi praktisi reiki, yoga, prana maka ada yang lebih berbahaya yang akan mereka dapatkan dari pada kesaktian yaitu terkikisnya akidah mereka dengan ajaran syirik yang dibawa dalam reiki, yoga,prana.

Begitu juga dengan perkataan anda, saya sangat mengenal trik perguruan tenaga dalam untuk menarik orang masuk alam perguruannya. Mereka selalu mengatakan “ikutlah belajar tenaga dalam maka engkau akan sehat dan adapun jika ada kesaktian yang didapat maka itu bonus dari hasil latihan kita”. Dan ketika seorang masuk perguruan tenaga dalam tersebut pada akhirnya merek akan terjerumus dalam kesesatan dan kesyirikan.

Rima Berkata :

5. JIN artinya “tersembunyi” tidak adalah yang istimewa dari Jin, selalu saja ingat Manusia jauh lebih sempurna, perbedaannya ( bukan kelebihannya) mereka tersembunyi, dan selalu ingat “sebaik2 nya jin adalah seburuk2 nya manusia”

Perdana menjawab :

Dalam perkara amal ibadah kepada Allah manusia dan jin sama saja tidak ada yang diistimewakan. Namun memang manusia diberi mandat dari Allah untuk menjadi khalifah dimuka bumi karena manusia makhluk yang paling istimewa selama mereka memanfaatkan secara optimal tiga keistimewaan / kelebihan yang mereka miliki yakni, Spiritual, Emotional dan Intellectual dalam diri manusia. Namun, apabila terjadi penyimpangan misi dan visi hidup, mereka akan menjadi makhluk yang paling hina, bahkan lebih hina dari binatang dan jin bilamana mereka kehilangan kontrol atas ketiga keistimewaan yang mereka miliki.  Adapun perkataan “sebaik2 nya jin adalah seburuk2 nya manusia” yang saya ketahui ada pada bentuk rupa yang memang fisik jin lebih buruk dari manusia.

Rima Berkata :

6. Orang yang belajar tenaga dalam JADI punya “kelebihan” biasa aja tuh, ilustrasi : orang yang telah belajar matematikan punya kelebihan menghitung lebih cepat, biasa ajakan. cuman harus mampu mempedakan antara “pernah lihat, mengetahui, ahli ( khatam ), yang engga benar ( bukan yang luar biasa ), belajar tenaga dalam menjadi membutuhkan dokter, tidak memerlukan polisi, tidak perlu cari makan untuk keluarga.

Perdana menjawab :

Maka saya ingin anda dengan jujur dan terbuka jelaskan saya apa macam-macam kelebihan baik secara fisik, psikis dan ghoib (termasuk klaim kesaktian didalamnya). Dan mari kita bahas bersama dari sisi ilmiah dan syari’at islam.

Tolong jelaskan perkataan anda yang mengatakan ” belajar tenaga dalam menjadi membutuhkan dokter, tidak memerlukan polisi, tidak perlu cari makan untuk keluarga.” Sebab saya kurang mengerti maksud perkataan anda ?

Rima Berkata :

Terakhir perlu diperjelas arti, makna tenaga dalam itu sendiri, tahukah anda banyak sekali orang salah menerjemahkan tenaga dalam salah satunya yang bikin blog ini.

Perdana menjawab :

Maka tolong jelaskan menurut fersi anda arti dan makna tenaga dalam itu sendiri secara jelas dan terperinci ? Agar saya yang bodoh ini mengerti……..

Rima BERKATA:

Tapi saya mengakui banyak perguruan tenaga dalam yang tidak islami alias nyerempet2 klenik, penyebabnya ya banyak lah

Perdana menjawab :

Tolong jelaskan pada saya yang dhaif ini contoh prilaku dan perbuatan perguruan tenaga dalam yang menurut anda tidak islami dan menyerempet klenik beserta penyebabnya ?

Rima BERKATA:

Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Tenaga Dalam

1. Karena inti pelajaran tenaga dalam adalah Keseimbangan, Hablumminaullah dan hamlum minnanas, hakekanya adalah keseimbangan.

2. Sesungguhnya dunia mulai tidak percaya dengan pengobtan Ala barat yang memiliki Doktrin “penyebab sakit adalah kurang sempurna / tidak berfungsinya organ/ anotomi manusia”, dunia mulai melihat doktrin kesehatan Timur yaitu “peyebab sakit sesorang adalahah terjadinya ketidak seimbangan pada diri manusia”

3. methode pengobatan barat, menyembuhkan daerah/ kondisi/ bagian yang kurang ( tidak ) sempurna, contoh sakit maag karena asam lambung meningkat maka harus minum sesuatu yang dapat mengurangi asam lambung dalam perut.

Pengobatan timur melakukan pengobatan dengan cara mengurangi ( menambah ) suatu “aksi” sehingga keseimangan kembali terjadi.

Sakit maag disembuhkan dg cara memijat salah satu titik ukupuntur pada telapak kaki.

4. doktrin penyembuhan barat didasarkan pada nafsu keserakah, pembuktiannya sbb berikut :

a. ilmu kedokteran dasar ( barat ) banyak membajak dari tabib2 islam ( ibnu sina dan sebagainya ), karena kelicikannya mereka mengakui hasil penemua mereka, dan akibat serakahnya mereka hanya terfokus pada jasad ( anotomi ) dan mengesampikan “invisible object” seperti “ikhlas, doa, takdir, dsb” dan hal ini terbukti menyesatkan, tidak pernah akan sembuh sakit maag seseorang bila seseorang selalu gelisah, karena gelisah memancu produksi asam lambung”

b. Masyarakat cina ( timur ) ternyata lebih bijak, sehingga mereka mempelajari kesehatan dari seluruh aspek, yaitu lingkungan ( fengsui ), obat-2 ( herbal & binatang ), Holistik, dan menyakini ketiga aspek tersebut saling melengkapi ( keseimbangan )

Sesungguhnya Tenaga dalam ( yang saya pelajari ) ya seperti itu, entah yang lain, tentu saja Holistik yang saya maksud adalah Ketauhidan pada Allah SWT.

Perdana menjawab :

Saya membayangkan jika judul anda ” Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Tenaga Dalam saya ganti menjadi Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar senam kesegaran jasmani/jantung sehat.

Lalu  pembahasan anda pada poin ke satu (1.) yang berbunyi : “Karena inti pelajaran tenaga dalam adalah Keseimbangan, Hablumminaullah dan hamlum minnanas, hakekanya adalah keseimbangan”. Saya ganti menjadi ” Karena inti pelajaran senam kesegaran jasmani/jantung sehat adalah Keseimbangan, Hablumminaullah dan hamlum minnanas, hakekanya adalah keseimbangan”

Dan pada paragraph terakhir kata-kata anda ” Sesungguhnya Tenaga dalam ( yang saya pelajari ) ya seperti itu, entah yang lain, tentu saja Holistik yang saya maksud adalah Ketauhidan pada Allah SWT.” Saya ganti menjadi “” Sesungguhnya senam kesegaran jasmani/jantung sehat ( yang saya pelajari ) ya seperti itu, entah yang lain, tentu saja Holistik yang saya maksud adalah Ketauhidan pada Allah SWT.”

Dan seluruh tulisan anda saya ganti menjadi :

Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Senam Kesegaran Jasmani/Jantung Sehat
1. Karena inti pelajaran senam kesegaran jasmani/jantung sehat adalah Keseimbangan, Hablumminaullah dan hamlum minnanas, hakekanya adalah keseimbangan.
2. Sesungguhnya dunia mulai tidak percaya dengan pengobtan Ala barat yang memiliki Doktrin “penyebab sakit adalah kurang sempurna / tidak berfungsinya organ/ anotomi manusia”, dunia mulai melihat doktrin kesehatan Timur yaitu “peyebab sakit sesorang adalahah terjadinya ketidak seimbangan pada diri manusia”
3. methode pengobatan barat, menyembuhkan daerah/ kondisi/ bagian yang kurang ( tidak ) sempurna, contoh sakit maag karena asam lambung meningkat maka harus minum sesuatu yang dapat mengurangi asam lambung dalam perut.
Pengobatan timur melakukan pengobatan dengan cara mengurangi ( menambah ) suatu “aksi” sehingga keseimangan kembali terjadi.
Sakit maag disembuhkan dg cara memijat salah satu titik ukupuntur pada telapak kaki.
4. doktrin penyembuhan barat didasarkan pada nafsu keserakah, pembuktiannya sbb berikut :
a. ilmu kedokteran dasar ( barat ) banyak membajak dari tabib2 islam ( ibnu sina dan sebagainya ), karena kelicikannya mereka mengakui hasil penemua mereka, dan akibat serakahnya mereka hanya terfokus pada jasad ( anotomi ) dan mengesampikan “invisible object” seperti “ikhlas, doa, takdir, dsb” dan hal ini terbukti menyesatkan, tidak pernah akan sembuh sakit maag seseorang bila seseorang selalu gelisah, karena gelisah memancu produksi asam lambung”
b. Masyarakat cina ( timur ) ternyata lebih bijak, sehingga mereka mempelajari kesehatan dari seluruh aspek, yaitu lingkungan ( fengsui ), obat-2 ( herbal & binatang ), Holistik, dan menyakini ketiga aspek tersebut saling melengkapi ( keseimbangan )
Sesungguhnya senam kesegaran jasmani/jantung sehat ( yang saya pelajari ) ya seperti itu, entah yang lain, tentu saja Holistik yang saya maksud adalah Ketauhidan pada Allah SWT.

Saya mengajak anda dan para pembaca sekalian untuk sedikit merenung……..alangkah mudahnya jika ingin membuat suatu klaim pembenaran dengan sedikit mengubah redaksi pokok pembahasan. Bahkan seseorang bisa membuat pembenaran prilaku syiriknya dengan membuat suatu tulisan yang terkesan sangat ilmiah untuk menipu masyarakat banyak.

Contoh saya bisa mengubah kata-kata judulnya menjadi  Alasan Kenapa Kita Perlu Belajar Gerakan Senam Pernapasan Yoga “Surya Namaskara” (olah tubuh dan pernapasan dengan menggunakan anggota tubuh yang delapan ) lalu ke empat alasan tersebut dijabarkan seolah-olah sangat ilmiah dan islami dan kesimpulannya bisa dibuat seperti ini ” Sesungguhnya Senam Pernapasan Yoga ( yang saya pelajari ) ya seperti itu, entah yang lain, tentu saja Holistik yang saya maksud adalah Ketauhidan pada Allah SWT”

Kata Yoga (lihat artikel kesesatan yoga di sini) sama seperti dengan kata Tenaga Dalam HANYA kulit luar yang seolah-olah bebas dari unsyur syirik. Maaf, Mas Rima jika Cuma itu penjelasan anda tidak akan membuat goyah dan lalu saya akan mengatakan saya setuju Tenaga Dalam aman dari sisi Kesehatan tubuh dan aman dari sisi Tauhid kepada Allah.

Memang jika dipelajari senam pernapasan dan gerakannya dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Saya dahulu selama belajar senam pernapasan tenaga dalam tubuh saya memang benar-benar sehat, itu saya akui, sebab gerakan dan olah nafasnya benar-benar membuat tubuh berkeringat dan sangat segar hingga saya jarang terkena penyakit. Begitu juga dengan gerakan senam pernapasan yoga juga dapat membuat tubuh kita sehat.

Namun letak kesehatan disini adalah bukan sekedar kesehatan jasmani dan rohani, kesehatan yang paling utama untuk keselamatan di dunia dan akhirat adalah SEHAT AKIDAH atau SEHAT TAUHID.

TAUHID VS ILMU TENAGA DALAM/ ILMU METAFISIKA

Wahai saudaraku………Tauhid kepada Allah SWT tidak sekedar kita meyakini bahwa Tiada Tuhan Selain Allah…….Tidak hanya itu saudaraku…………

Umat Muslim jika dikatakan siapa Tuhanmu tentu dengan keimanannya akan menjawab Allah, tentu juga setiap praktisi tenaga dalam muslim akan mengatakan saya bertauhid kepada Allah dengan hanya beribadah kepada Allah dan menyeru kepada Allah. Lalu apakah para praktisi Td akan merasa aman karena mereka merasa tidak berbuat syirik kepada Allah?

Sesungguhnya keimanan kita kepada Allah janganlah dicampuri dengan kesyirikan. Sebagaimana Allah berfirman, “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS Al An’aam: 82). Berkata Ibnu Katsir pada ayat ini: “Yaitu mereka yang memurnikan ibadahnya untuk Allah saja dan tidak berbuat kesyirikan dengan sesuatu apapun, mereka mendapatkan keamanan pada hari kiamat dan petunjuk di dunia dan akhirat.”

Apakah kalian para praktisi Tenaga Dalam merasakan keilmuan kalian sama sekali bebas dari unsur syirik ????  Jika ditanya kesehatan tubuh saya sepakat 100% tubuh kita akan sehat namun titik fokus saya membuat blog ini adalah saya membongkar kesesatan Tenaga dalam karena sama sekali tidak sehat secara Akidah! Sesungguhnya Kesyirikan dalam keilmuan Tenaga Dalam sangat samar bagaikan rayapan semut. Sebagaimana  Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Kesyirikan itu lebih samar dari rayapan semut. Abu Bakar (terkejut) dan bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam : “Wahai Rasulullah bukankah kesyirikan itu adalah hanya beribadah kepada selain Allah atau menyeru kepada selain Allah?” Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam menjawab: “Engkau mengecewakan ibumu! Sungguh kesyirikan di antara kalian lebih samar dari rayapan semut.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnul Mundzir).

Lihatlah dari hadits diatas bahkan Abu Bakar menyangka bahwa seseorang sudah bertauhid dengan hanya beribadah dan menyeru kepada Allah! Padahal masih ada keyirikan samar yang akan merusak tau hid kita.

Pada diskusi kali ini saya akan membongkar habis kesesatan dan kesyirikan yang samar di balik keilmuan Tenaga Dalam. Jangan katakan bahwa saya hanya mengetahui kulit luar dari keilmuan TD lalu asal mensyirikkan dan menyesatkan tenaga Dalam / Ilmu Metafisika, saya sangat mengenal seluk beluk ajaran dan keilmuan TD sebab saya adalah seorang Mantan Praktisi TD/TM.

PENYIMPANGAN DAN KESESATAN KEILMUAN TENAGA DALAM

Pokok Kesesatan dan keyirikan dalam Keilmuan Tenaga dalam / Ilmu metafisika adalah :

1. Dengan belajar tenaga dalam/ilmu metafisika seorang bisa menjadi sakti karena dengan menyalurkan energinya kebagian tubuh tertentu seseorang bisa kebal.

a. kekebalan dengan tenaga dalam :saya dulu bisa membuat kebal tangan dengan membayangkan jurus dua disertai isarah nafas keluar dengan mengejangkan ulu dada/ulu hati/perut dan mengejangkan tangan meniatkan menyalurkan energi ke tangan kanan untuk dibuat kebal dari bacokan celurit. Setelah cukup disalurkan lalu dikunci dengan jurus empat dan satu.

b. kekebalan dengan ilmu metafisika : Dengan merapal ajian brajamusti (untuk mendapatkan ilmu metafisika ini dengan puasa mutih 7 dan 40 hari dengan tiap hari merapal ajian tsb. Bisa juga dengan klaim menyerap energi prana/alam semesta lalu dipadatkan auranya dibagian tubuh tertentu yang ingin dibuat kebal.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Tekhnik yang diajarkan untuk membuat kebal dalam perguruan tenaga dalam merupakan suatu bentuk bid’ah yang tidak pernah diconcohkan rasulullah, jika memang ilmu kebal itu bisa dipelajari dan benar-benar diperbolahkan secara agama maka tentu pada zaman Rasulullah juga para sahabat yang dahulu akan mempelajarinya, namun kita tidak pernah melihat rasulullah kebal, rasulullah terluka diperang Uhud bahkan para sahabat ada yang meninggal…… Rasulullah tidak pernah mempelajari ilmu kekebalan dan justru terluka pada peperangan adalah kemulyaan karena darah yang kita keluarkan akan berbau kasturi dan akan menjadi saksi di padang mahsyar kelak sebagai bukti kita berjihad dijalan Allah. Kesimpulannya : bagaimanapun bentuknya ilmu kekebalan dari tekhnik Tenaga dalam (walaupun katanya tidak pakai mantra dan hanya pake energi), tekhnik ilmu metafisika atau tekhnik paranormal/dukun tetap sama bid’ah dan semuanya telah disesatkan oleh syetan!

Ada riwayat mengenai ilmu kebal yang dimiliki Al-Harits ad-Dimasyqi yang muncul di Syam pada masa pemerintahan ‘Abdul Malik ibn Marwan,lalu mendakwakan dirinya sebagai nabi;setan-setan telah melepaskan rantai-rantai yang melilit dikedua kakinya, membuat tubuhnya menjadi kebal terhadap senjata tajam, menjadikan batu marmer memujinya saat disentuh tangannya, dan ditampakkan pada masyarakat sekelompok pasukan yang terbang diudara dan dikatakannya itu adalah malaikat. Ketika kaum Muslimin telah berhasil menangkap al-Harits ad-Dimasyqi untuk dibunuh, seseorang menikamkan tombak ketubuhnya, namun tidak mempan (punya ilmu kebal). Maka berkatalah ‘Abdul Malik ibn Marwan berkata kepada orang yang menikamnya itu,”Itu adalah karena engkau tidak menyebut mana Allah ketika menikamnya.”Maka ia pun mencoba lagi menikamnya dengan terlebih dahulu membaca Bismillah, dan ternyata tewaslah ia seketika.

Dari riwayat diatas jika ada yang mengaku punya ilmu kekebalan saya berani untuk menguji kekebalan mereka baik dari perguruan tenaga dalam/Ilmu metafisika…..Saya hanya mencukupkan diri dengan membaca doa ruqyah untuk melukai mereka yang kebal (dengan syarat benda untuk melukai baik berupa “pisau, silet dll” dari saya) untuk membuktikan ilmu mereka itu adalah ilmu pemberian syetan.

2. Dengan kekuatan fungsi jurus bisa mengalahkan musuh dari jarak jauh.

  1. Dengan tenaga dalam : Contoh saya dulu mempelajari jurus mementalkan lawan dengan kekuatan gerak jurus 2 dengan cara ketika musuh sedang sangat emosi dan menyerang kita kita dapat mementalkan musuh dengan menggunakan jurus dua. Selain itu bisa juga membuat musuh yang menyerang pingsan bahkan mati dengan kekuatan jurus delapan (jurus tusukan) dan mengunci musuh dengan menggunakan jurus dua dan empat. Dan masih banyak lagi fungsi pertahanan dengan fungsi jurus tenaga dalam.
  2. Dengan ilmu metafisika : seperti perguruan Hikmatul Iman dengan memakai ilmu Tahanan Maut untuk mementalkan penyerang yang emosi.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Tekhnik yang diajarkan untuk mengalahkan musuh dari jarak jauh dalam perguruan tenaga dalam merupakan suatu bentuk bid’ah yang tidak pernah dicontohkan rasulullah, jika memang pukulan tenaga dalam jarak jauh itu bisa dipelajari dan benar-benar diperbolahkan secara agama maka tentu pada zaman Rasulullah juga para sahabat yang dahulu akan mempelajarinya, namun kita tidak pernah melihat rasulullah mementalkan penyerang dari jarak jauh.

Kesimpulannya : bagaimanapun bentuknya jurus pukulan tenaga dalam yang melumpuhkan musuh dari jarak jauh yang berasal dari tekhnik Tenaga dalam (walaupun katanya tidak pakai mantra dan hanya pake energi), tekhnik ilmu metafisika atau tekhnik paranormal/dukun tetap sama bid’ah dan semuanya telah disesatkan oleh syetan!

3. Latihan aplikasi jurus tenaga dalam, seorang murid diharuskan untuk bisa emosi / marah dalam latihan menyerang.

Seorang praktisi Td diharuskan membuat emosi secara instan seperti membayangkan seorang yang sangat dia benci, atau kejadian yang sangat dibencinya hingga emosi negatifnya timbul lalu dia mulai menyerang praktisi Td lain yang sudah siap dengan jurus-jurus TD atau ilmu metafisiknya.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Dalam syari’at islam TIDAK DIPERBOLEHKAN seseorang itu memiliki sikap membenci, pendendam  atau marah yang dipelihara apalagi dibuat-buat. Rasulullah telah melarang seseorang untuk emosi karena dengan emosi syaitan bisa menguasai mereka yang sedang marah, dalam suatu riwayat beliau melarang seorang sahabat untuk marah dengan bersabda :“Janganlah engkau marah”, Rasulullah mengulanginya beberapa kali “Janganlah engkau marah”. Rahasia mereka (yang latihan tenaga dalam) harus marah sebab dengan marah tersebut syaithan bisa masuk dalam tubuh musuhnya sehingga bisa dipengaruhi jurus tenaga dalam dan bukannya karena listrik tubuh,energi yang dipancarkan dan alasan-alasan lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah :“Sesungguhnya syaithon mengalir dalam tubuh manusia sebagaimana aliran darah.” (Riwayat Bukhori).

Hal ini diperkuat oleh pernyataan para praktisi tenaga dalam bahwa jurus akan berfungsi penuh dan sempurna jika lawan dalam keadaan emosi.Jadi bukanlah karena energi tenaga dalam musuh yang dalam keadaan emosi dapat ditaklukkan dengan fungsi jurus-jurus tertentu tetapi khodam jurus itulah yang langsung merasuk kedalam tubuh lawannya yang dalam keadaan emosi menuju otaknya hingga lawannya bisa kita permainkan dengan fungsi jurus tenaga dalam/lmu metafisika.

4. Pada Keilmuan Td dan TM diajarkan menjadi seorang dukun / Paranormal

Pada keilmuan TD/TM ada tekhnik untuk mempengaruhi seseorang secara fisik maupun psikis. Mempengaruhi seseorang berbagai macam bentuknya seperti ingin orang yang kita inginkan jatuh cinta, jika orang tersebut kita benci bisa kita buat sakit, jiks orang tersebut sakit kita bisa sembuhkan dan berbagai keperluan lainnya.

Saya berikan sedikit contoh aplikasi keilmuan TD/TM yang jika dikaji dari sisi syari’at merupakan bentuk perdukunan.

a. Ada Keilmuan TD/TM untuk membuat seseorang jatuh cinta

Dahulu saya mempelajari tekhnik TD untuk bisa membuat seseorang jatuh cinta pada diri saya atau orang lain dengan cara duduk bersila dengan pinggang tidak membungkuk lalu dengan membayangkan wajah orang yang akan kita pengaruhi kita buka hatinya dengan memakai jurus lima (jurus bukaan) lalu kita masukkan dengan memakai fungsi jurus tiga (jurus dorong) perasaan cinta kepada diri kita orang lain yang meminta bantuan kita dan diakhiri dengan menguncinya dengan jurus empat dan ditutup dengan jurus satu (jurus kuncian).

Dengan tekhnik Ilmu Metafisika untuk bisa membuat seseorang jatuh cinta bisa merapal ajian jaran goyang atau ilmu asihan (dimiliki perguruan Hikmatul Iman)

Pengkajian dari sisi syari’at :

Rasulullah telah bersabda:”Sesungguhnya mantera dukun,jimat,dan sihir mahabbah (pelet) adalah syirik”.(HR.Ahmad, Abu Dawud. Ibnu Majah, dan al-Hakim)

Yang dimaksud sihir mahabbah adalah suatu bentuk sihir yang membuat seseorang sangat mencintai hingga lupa diri dengan orang yang memeletnya dengan sihir mahabbah. Maka ilmu dalam tenaga Dalam/TM yang bisa membuat seseorang jatuh cinta/menyukai/segan dll  termasuk perbuatan syirik karena termasuk bentuk sihir mahabbah.

b. Ilmu Santet pada TD/TM

Dahulu saya mempelajari tekhnik TD untuk membuat orang sakit dengan cara duduk bersila dengan pinggang tidak membungkuk lalu dengan membayangkan wajah orang yang akan kita buat sakit dengan memakai jurus lima (jurus bukaan) untuk membuka pertahanan dirinya lalu kita tusukkan bagian tubuh tertentu target kita dengan memakai fungsi jurus tujuh (jurus tusukan) dan diakhiri dengan menguncinya dengan jurus empat dan ditutup dengan jurus satu (jurus kuncian).

Dengan tekhnik Ilmu Metafisika untuk bisa membuat seseorang sakit berbagai macam bentuknya, biasanya para dukun memakai media boneka yang ditusuk dengan jarum.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Praktek Ilmu santet tenaga dalam, memang terkesan sangat ilmiah, para praktisi tenaga dalam sering mengatakan bahwa energi tenaga dalam yang kita pancarkan disertai niat dapat membuat lawan kita sakit jika energi tersebut kita kirimkan dengan disertai fungsi jurus dalam tenaga dalam. Jadi walaupun seorang praktisi tenaga dalam tidak menggunakan media kembang tujuh rupa, atau menggunakan mantra-mantra dan disertai puasa tertentu tetaplah prilaku tersebut disebut dengan sihir yang sangat dilarang keras dalam Islam.

Yang melakukan sihir Tenaga Dalam jika tidak mau bertaubat maka praktisi tenaga dalam tsb telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana dalam hadits dikatakan :  “Dari Imran bin Hushain radhiallahu anhu, ia berkata: ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Bukan termasuk golongan kami yang melakukan atau meminta tathayyur (menentukan nasib sial berdasarkan tanda-tanda benda,burung dan lain-lain),yang meramal atau yang meminta diramalkan, yang menyihir atau meminta disihirkan dan barangsiapa mendatangi peramal dan membenarkan apa yang ia katakan, maka sesungguhnya ia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.“(HR. Al-Bazzaar,dengan sanad jayyid).

c. Penyembuhan pada TD/TM

Ada berbagai bentuk tekhnik penyembuhan dari berbagai penyakit baik fisik, psikis maupun ghoib. Secara garis besar pada tekhnik TD dengan cara praktisi TD menggunakan fungsi jurus lima (bukaan) membuka simpul penyakit yang ada pada tubuh pasienya lalu mengunakan jurus tujuh (jurus tusukan) untuk menghancurkan penyakit yang ada lalu dibuang penyakitnya dengan jurus 3 (jurus dorong) dan ditutup dengan jurus 4 dan satu (kuncian)

Sedangkan dengan ilmu metafisika salah satu contohnya dengan memakai tekhnik penyembuhan prana ( dibuang energi negatif dan diisi dengan energi prana pada bagian aura yang berlobang atau tipis)

Pengkajian dari sisi syari’at :

Cara penyembuhan seperti contoh diatas merupakan tata cara yang bid’ah. Tekhnik penyembuhan tersebut bersifat ghoib maka harus disaring dengan rambu-rambu syari’at. Rasulullah telah mengajarkan penyembuhan yang bersifat ghoib yaitu dengan terapi ruqyah (penyembuhan dengan menggunakan bacaan dari ayat suci Al-Qur’an dan doa Rasulullah)  mengapa kita tidak mempergunakan penyembuhan yang jelas sudah ada tuntunannya dari Rasulullah yang jelas keshahihannya dibandingkan dengan penyembuhan metode TD/TM yang jelas bid’ah dan dipenuhi oleh unsur kesyirikan.

d. Mendeteksi / meramal barang hilang atau makhluk halus

Dalam keilmuan tenaga dalam dinamakan ilmu kepekaan/deteksi atau dalam istilah kerennya ilmu clairvoyance, biasanya para praktisi TD/TM melatih indranya untuk peka. Contohnya praktisi TD/TM melatih matanya dengan cara berkonsentrasi pada kedua titik diantara alis mata (istilah Yoga/Reiki/Prana dengan konsentrasi pada chakra ajna) agar matanya menjadi sensitif terhadap makhluk halus atau bisa melihat lokasi barang yang hilang. Atau dengan membuat tangannya menjadi sensitif hingga bisa meradar lokasi barang yang hilang atau makhluk halus.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Cara mendeteksi ala TD/TM tidak ada beda secara substansi dengan cara dukun dan paranormal. Para praktisi TD/TM sering berkelit dengan mengatakan “kami mempergunakan kemampuan indra keenam dan kepekaan yang kami latih tanpa adanya mantra tertentu atau ritual puasa seperti para dukun lakukan dan kami sama sekali tidak meminta bantuan jin” namun jika dikaji lebih jauh cara pendeteksian TD/TM termasuk dalam Perdukunan (kahanah) dan peramalan (‘iraafah) sebab secaa ghoib dapat mengetahui /mendeteksi barang hilang atau bahkan makhluk halus.

Saya dahulu sering melihat para guru TD saya didatangi oleh orang-orang yang meminta bantuan karena mereka kehilangan barang atau harta benda, lalu sang guru duduk bersila dan dengan mata tertutup mulai meradar dimana lokasi barang mereka yang hilang. Guru tsb mengatakan dalam meditasi saya saya dapat “penglihatan” bahwa barang tsb berada di tempat/daerah anu” lalu dengan percayanya orang yang datang itu mulai mencari barangnya dilokasi yang diberi tahu. Prilaku guru Td itu termasuk prilaku perdukunan (kahanah) dan peramalan (‘ifaafah) yang sangat dilarang dalam islam. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda : “Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal dan menanyakan tentang sesuatu lalu membenarkannya, maka tidak diterima shalatnya 40 malam.” (HR. Muslim dari sebagian istri Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam)

Pada kesempatan lain, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam juga 
mengancam mereka tergolong orang-orang yang ingkar (kufur) 
dengan apa yang dibawa beliau Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam :
 “Barangsiapa yang mendatangi dukun (peramal) dan membenarkan 
apa yang dikatakannya, sungguh ia telah ingkar (kufur) dengan 
apa yang dibawa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam.” (HR. Abu Dawud)

e. Bisa mengetahui masa lalu dan masa depan

Ilmu ini dalam perguruan tenaga dalam biasanya diajarakan kepada murid yang sudah mencapat tingkat yang cukup tinggi dengan cara time travel (adalah perjalanan antar waktu, bisa bergerak mundur kemasa lalu atau maju ke masa depan) atau ilmu melepas sukma dan ngimpleng (ESP=Extra Sensory Perception) dalam istilah kerennya ilmu clairvoyance. Sehingga dalam prakteknya seseorang jika ingin tahu masa lalu atau masa depan cukup dengan bermeditasi dan memakai ilmu clairvoyance.

Contoh kasus meliat masa lalu: Seorang pasien yang bekerja sebagai peneliti mendatangi guru TD/TM, pasien tersebut telah mendapatkan sebuah cincin kuno di lokasi reruntuhan candi yang ditelitinya. Masa sang guru memegang  cincin itu lalu mulai menerawang asal muasal cincin yang ditemukannya dengan meditasi pada chakra ajnam lalu sang guru elihat kilasan bayang tiga dimensi yang ternyata cincn itu milik putri raja yang tertinggal saat dia mandi 400 tahun yang lalu.

Contoh kasus melihat masa depan :

Seorang praktisi tenaga dalam dan ilmu metafisika melakukannya tekhnik time travel melihat ke masa depan. Dengan bangkitkan seluruh energi tubuh kita (TD/TM) lalu dengan gelombang otak, energi ini difokuskan dan ditembakkan ke satu titik dimensi masa depan yang kita inginkan lalu memasuki Worm Hole (merupakan “jalan pintas antar dimensi ruang dan waktu”) dan seorang praktisi Td dapat melihat kejadian yang di inginkannya.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Ada sebuah fenomena dimana pada era kemajuan tekhnologi saat ini para dukun merubah jubah tradisionalnya menjadi jubah modern. Mereka kini menggunakan istilah-istilah modern dalam prilaku sesatnya. Seperti pada saat mereka meramalkan sesuatu yang akan terjadi pada masa lalu atau masa depan dengan mengistilahkannya sebagai ilmu  clairvoyance. Padahal sesungguhnya tetaplah ia masuk dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai tukang ramal atau dukun walau ia menggunakan istilah-istilah modern sekali pun. Dan orang yang percaya apa yang dikatakan dukun “modern”ini (walau ia mengatakan dari hasil meditasi pembukaan chakra ajna, dari ilmu metafisik dan cara-cara bid’ah lainnya) tetaplah ia ingkar terhadap apa yang diturankan kepada Rasulullah, sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:”Barangsiapa mendatangi tukang ramal atau dukun, kemudian membenarkan apa yang dikatakannya, maka sungguh telah ingkar terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”. Dan jika mereka dengan angkuhnya mengatakan kami bisa mengatahui masa lalu dan masa depan karena dari hasil latihan tenaga dalam atau berlatih ilmu metafisik, tetaplah mereka tertipu oleh syaithan dan seolah-olah mereka lebih baik dari Rasulullah. Sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri tidak tahu hal-hal yang ghoib (masa lalu atau masa depan)  melainkan apa yang telah diwahyukan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Andaikan rasulullah mengetahui lalu atau masa depan maka Rasulullah tentunya akan mengetahui segala rahasia takdir yang akan terjadi dan tentunya rasulullah bissa mengantisipasinya. Allah berfirman tentang hal ini di dalam surat Al-A’raf ayat 188:

Katakanlah:’Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui hal-hal yang ghoib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.’”

Orang yang mengklaim dengan ilmu tenaga dalam atau ilmu metafisiknya mengetahui kejadian / peristiwa masa lalu atau  masa depan yang di inginkannya (dengan tekhnik time travel) maka mereka telah ingkar kepada Allah Ta’ala. Sebab Rasulullah telah menjelaskan seseorang tidaklah tahu takdir masa depan. Sebagaimana dalam hadits dikatakan :“Kunci perkara ghaib itu ada lima, tidak ada seorangpun yang mengetahuinya melainkan Allah Ta’ala : ‘Tidak ada seorangpun yang mengetahui apa yang akan terjadi esok selain Allah Ta’ala, dan tidak ada seorangpun mengetahui (takdir)  apa yang didalam kandungan selain Allah Ta’ala, dan tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah Ta’ala, dan tidak ada seorang pun yang mengetahui dibumi mana dia akan mati selain Allah Ta’ala, dan tidak seorang pun mengetahui (dengan pasti) kapan hujan akan turun kecuali Allah Ta’ala”. (HR. Imam Bukhari dan Imam Ahmad dari Ibnu Umar)

f. Tahu Isi hati orang lain

Ilmu ini dalam bahasa kerennya telepathy, dengan ilmu ini diklaim bisa tahu orang tersebut berbohong atau tidak, bisa merasakan perasaan yang orang lain rasakan dll. Ilmu tersebut teorinya dapat dimiliki dengan mensinkronkan gelombang otak orang lain dengan gelombang otak kita seperti gelombang radio. (saya tidak akan menjelaskan lebih jauh sebab dengan teori yang terkesan sangat ilmiah itu orang bisa saja langsung percaya apalagi saya jelaskan tekhniknya)

Pengkajian dari sisi syari’at :

Ada riwayat pada zaman rasulullah seorang paranormal yang bisa tahu isi hati seseorang bernama Ibnu Shayyad, lalu Rasulullah menguji ilmu sihirnya. Diriwayatkan bahwa Nabi kedatangan Ibnu Shayyad, lalu Nabi menyembunyikan surat Ad Dukhaan (kabut) dalam hatinya, lalu beliau bertanya kepadanya, apakah yang beliau sembunyikan untuknya? la menjawab, “Asap.” Nabi bersabda,“Pergilah dengan hina, kamu tidak akan melampaui kemampuanmu. “(Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dari riwayat diatas menjelaskan bahwa ternyata Ibnu Shayyad yang mengaku tahu isi hati seseorang tidak bisa menebak apa yang ada dalam hati Rasulullah, Rasulullah menyembunyikan bacaan surat Ad Dukhaan lalu Ibnu Shayyad salah menebaknya dengan berkata asap, maka Rasulullah mengutuk ilmu telepaty Ibnu Shayyad.

Jika dihubungkan dengan keilmuan TD / TM yang jika dipelajari bisa tahu isi hati seseorang maka akan termasuk golongan yang dikutuk Rasulullah walaupun para praktisi TD/TM mengatakan tekhnik kami sangat rasional beda dengan dukun. Sebab hadits diatas tanpa ada pengecualian mengutut setiap orang yang mengaku punya ilmu telepathy.

5. Pada Keilmuan TD/TM ada tekhnik mengisi benda hidup atau benda mati untuk berbagai macam keperluan

  1. a. tekhnik mengisi benda mati

Saya dulu selama menekuni TD biasa mengisi cincin dengan berbagai macam keperluan (untuk pengasihan, penjagaan, kewibawaan dll) dengan cara membuka ghoib cincin yang akan kita isi lalu dibuang semua energi negatif atau khodam (jika ada penjaga jin pada cincin tsb) lalu kita isi dengan energi Tenaga Dalam sesuai dengan fungsi jurus yang sudah dilatih. (Maaf saya tidak akan lagi menjelaskan panjang lebar penjabaran tekhnik Td sebab saya khawatir nanti akan ditiru).

b. Tekhnik mengisi benda hidup

Pada berbagai perguruan TD saya jamin mempelajari cara mengisi benda hidup seperti manusia atau hewan untuk berbagai macam keperluan. Contohnya seorang guru TD terkadang memberikan inisiasi kepada murid-muridnya dengan mengisi tubuh muridnya dengan energinya dengan harapan bisa menyamai kekuatan gurunya. Pada perguruan TD/TM sangat biasa sang guru mengisi muridnya ilmu-ilmu baru seperti pada perguruan Hikmatul Iman dengan menginstal software (istilahnya seolah-olah sangat ilmiah) ilmu metafisik tertentu.

Pengkajian dari sisi syari’at  tekhnik mengisi benda hidup atau benda mati:

Tekhnik TD/Tm tidak ada bedanya dengan cara paranormal yang mengisi jimat, cincin, keris dengan khodam jin. Cara TD/TM hanya terkesan lebih modern saja namun esensinya sama, sebab tujuan dari mengisi/transfer energi TD/TM tentu punya niat agar benda yang diisi punya kesaktian dan kemampuan tertentu yang bisa menolak balak atau mempermudah urusan yang kesimpulannya transfer energi TD/TM adalah menjadikan benda mati (batu, gelang dll) yang dipakai sebagai jimat yang masuk dalam ketegori syirik. Sebagaimana Rasulullah bersabda :“Barangsiapa menggantungkan jimat ia telah berbuat syirik.” (HR. Imam Ahmad, Al-Hakim dan Abu Ya’la). Jika para guru TD/TM mentransfer/ mengisi anak muridnya maka guru tersebut telah membuat anak muridnya sebagai “jimat hidup”. Orang yang menerima transferan energi dalam dirinya atau memakai benda yang sudah diisi dengan energi TD/TM maka Allah tidak akan menyempurnakan hidupnya dan hidup mereka tidak akan tentram!

Rasulullah telah bersabda, ” Barangsiapa menggantungkan (memakai) jimat Allah tidak akan menyempurnakannya (yakni tidak akan menjauhkannya dari musibah) dan barangsiapa menggantungkan tumbal (sejenis jimat untuk menenteramkan perasaan) Allah tidak akan membiarkannya hidup tenteram.” (HR. Imam Ahmad)

6.  Pada keilmuan TD/Tm ada tekhnik pembentengan benda hidup/mati dari segala mara bahaya.

Sudah sangat umum pada tiap perguruan tenaga dalam atau ilmu metafisika mempunyai ilmu untuk membentengi dirinya/orang lain bahkan suatu benda atau tempat dari segala mara bahaya hanya dengan energi tenaga dalam atau tenaga metafisika. Contohnya jika ingin membentengi rumah dari maling atau gangguan sihir dengan cara seorang praktisi Td menyalurkan energi Tdnya dengan niat membentuk bola energi perlindungan yang menyelimuti rumah.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Cara yang dilakukan dari tekhnik TD/TM adalah tata cara yang bid’ah dan akan menghilangkan sunnah Rasulullah. Rasulullah tidak pernah mengajarkan untuk melindungi sesuatu dengan menyalurkan energi TD/TM nya. Rasulullah telah mencontohkan untuk melindungi sesuatu dari mara bahaya ialah dengan membaca ayat ruqyah perlindungan.

Untuk melindungi dirinya atau yang lain secara ghoib cukup membaca doa perlindungan yang sudah dituntunkan rasulullah. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Barangsiapa singgah di suatu tempat dan dia mengucapkan: ‘A’uudzu bi kalimaatillahi attaammaati min syarri maa khalaq’ (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk ciptaanNya), maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya sampai ia pergi dari tempat itu.”

7. Pada keilmuan TD/Tm ada tekhnik untuk mengusir jin pengganggu

Pada setiap perguruan TD/Tm dipelajari untuk mengusir atau membunuh jin pengganggu dengan kekuatan energi TD. Contohnya dengan mempergunakan jurus tarikan dengan niat menarik jin pada lokasi daerah tertentu lalu melemparnya ketempat yang jauh dengan jurus dorongan. Dengan Ilmu metafisika caranya dengan mengaktifkan virus pemakan energi khas Hikmatul Iman.

Pengkajian dari sisi syari’at :

Cara-cara diatas adalah cara bid’ah yang amalan tersebut tidak akan diterima Allah dan yang akan membantu adalah syetan. Jika ingin melindungi dirinya dari gangguan syetan cukup dengan membaca ayat Kursi sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam salah satu hadits shahihnya : “Barangsiapa membaca ayat Kursi pada malam hari, Allah senantiasa menjaganya dan syetan tidak mendekatinya sampai Shubuh.

Mas Rima saya ingin komentar anda dari tulisan saya yang telah menjelaskan secara gamblang penyimpangan dan kesesatan Tenaga Dalam / Ilmu Metafisika yang bisa anda buat di kolom komentar. semoga diskusi kita bisa menjadi sarana untuk mendapatkan hidayah dari Allah. Amin