Tamid
FYI.
TD, sesuai namanya tenaga dari dalam, dari dalam tubuh manusia. bisa panas (real panas) bisa dingin (real dingin). dilatih dengan perpaduan konsentrasi, senam/postur dan kontraksi otot (gak selalu). tidak perlu bacaan2, tidak perlu puasa khusus, tidak perlu ritual2 apapun. hanya latihan fisik!
hasil latihan TD, tubuh atos, stamina meningkat jauh, tenaga meningkat jauh, kecepatan gerak meningkat jauh, panca indra lebih peka.
bbrpa perguruan yg melatih TD (setahu saya): thifan po khan (import), Hikmatul Iman, Merpati Putih (& rumpunnya spt: Budi Sejati & THS/THM), Kateda/PSTD/Sindo.

PERDANA :
belajar TD tidak hanya sekedar tubuh atos, stamina meningkat jauh, tenaga meningkat jauh, kecepatan gerak meningkat jauh, panca indra lebih peka, tapi TD sudah banyak penyimpangannya : dalam beberapa aliran tenaga dalam sudah mempergunakan amalan dan bacaan / puasa tertentu untuk mendapatkan tenaga dalam (yang kalian sebut dengan ilmu metafisik namun beberapa perguruan yang tetap menggolongkan amalan tsb sebagai upaya mendapatkan tenaga dalam) selain memang tetap mempergunakan konsentrasi, senam/postur dan kontraksi otot.
selain itu adanya klaim dengan belajar tenaga dalam mempunyai kemampuan (dikutip dari sini ) :
Seperti berikut ;
1. Bisa dipergunakan untuk bela diri jarak jauh,melempar musuh tanpa harus menyentuh, yang sangat tepat untuk menghadapi musuh/penjahat yang menyerang dengan mengunakan senjata tajam.
2. Meningkatkan derajat kesehatan terutama bagi yang menjalankan latihan secara rutin.
3. Guna menyembuhkan orang sakit secara individu. Maupun massal.
4. Untuk menghadapi serangan santet/ilmu hitam
5. Memagar rumah, harta benda dari pencurian, kejahatan
yang sudah saya jelaskan kesesatannya di https://metafisis.wordpress.com/2009/11/22/penyimpangan-dan-kesesatan-keilmuan-tenaga-dalam/

Tamid :
Metafisik. sesuai namanya setengah fisik. Jenis energi ini memang “grey area”. seluruh materi ciptaan Allah mempunyai potensi energi ini, termasuk manusia dan jin. jika melatih metafisik murni yg dimiliki manusia, ya ibadah. krn jenis energi ini jg dipunyai jin, banyak orang yg melatih metafisik dengan cara kolaborasi dengan jin, dan celakanya tidak sadar akan hal itu.
note1: jin tidak punya TD!
jadi, melatih metafisik yg aman, haruslah terlebih dahulu melatih TD.

Perdana:

Saya ingin tahu menurut anda apa saja kemampuan yang akan dimiliki manusia jika dia dapat melatih  secara sempurna ilmu metafisiknya……..saya ingin kejelasan sebab akan menjadi “basi” jika hanya berteori namun tidak berani mengemukakan klaim kesaktian ilmu metafisika. Dan baru akan saya bahas secara ilmiah dan syar’iyyah.

Tamid :
note2: jurus gesek bumi dengan langkah zig zag bukanlah jenis energi TD, tapi energi metafisik.

Perdana :

Anda harus pahami dulu teori gerakan tenaga dalam. Teori yang saya pelajari dulu, gerakan kaki yang menggesek tanah adalah untuk memperbesar  energi listrik yang sudah ada didalam tubuh (bukan mengambil energi alam diluar tubuh/metafisik) untuk mendapatkan tenaga dalam.

Teorinya dengan posisi kuda-kuda rendah, kedua telapak kaki sejajar, dengan ujung jari kaki kesamping berlawanan arah akan memberikan pengaruh teradinya interaksi gaya Newton yang semakin besar, sehingga semakin mengaktifkan pusat energi manusia dan interaksi antara medan listrik bumi dengan medan listrik tubuh juga diharapkan akan terjadi semaksimal mungkin.
Gesekan pada telapak kaki saat kuda-kuda maju sejengkal, dimaksudkan untuk polarisasi sehingga terjadi pengaturan muatan positif dan negatif dalam tubuh semakin teratur, seperti pada peristiwa gesekan listrik bahan tidak bermuatan dan yang ber-muatan menjadi teratur positif dan negatifnya sehingga menghasilkan suatu medan bio-elektromagnetik (tenaga dalam).(1)

teori tenaga metafsik HI sangat berbeda dengan konsep perguruan lain yang berteori dengan menggesek kaki ketanah  untuk mengaktifkan dan memperbesar pusat energi manusia dari interaksi antara medan listrik bumi dengan medan listrik tubuh yang menghasilkan Tenaga dalam (medan bio-elektromagnetik) yang besar.

Teori Hi mengatakan :

Tenaga metafisik adalah energi yang menyelubungi tubuh manusia berupa aura. Energi ini dapat diperkuat melalui penyerapan tenaga dari alam.

Tiga Golongan Tenaga Metafisik didunia:

A. Tenaga metafisik hitam murni

Merupakan suatu jenis tenaga metafisik yang didalam mendapatkannya dengan cara-cara sesat. Misalnya harus meminum darah bayi setiap bulan sekali sampai ilmunya sempurna, harus juga meminum darah perawan sebanyak yang telah ditentukan, dan lain sebagainya yang sifatnya sesat serta dikutuk oleh seluruh agama.

B. Tenaga metafisik golongan hitam berselubung putih

Yaitu suatu jenis tenaga metafisik yang didalam mendapatkannya melalui jalan yang kelihatannya baik, tetapi menjurus kepada bid`ah dan syirik. Tenaga metafisik semacam ini biasanya menggunakan mantera-mantera keagamaan atau syarat-syarat yang sifatnya ritual. Misalnya dengan berpuasa kepada ayat-ayat suci Al-Quran dengan niat untuk mendapatkan ilmu, wirid-wirid yang mengada-ada, mantera-mantera dalam bahasa arab atau bahasa agama yang dianutnya, dan lain sebagainya seperti yang sudah dijelaskan dalam point penjelasan tenaga metafisik bantuan jin.

C. Tenaga metafisik golongan putih

Yaitu sejenis tenaga metafisik yang diberikan atau diturunkan langsung oleh Allah SWT tanpa perantaraan dan syarat-syarat tertentu. Tenaga metafisik tersebut bila diturunkan kepada Nabiyullah disebut mukjizat, bila kepada wali atau penyebar agama Islam disebut karomah dan bila kepada manusia biasa disebut maunah, ada juga yang menyebut maunah sebagai ilmu laduni. Tenaga metafisik ini bisa diturunkan kepada orang lain tetapi pertanggungjawabannya di akhirat sangatlah berat.

Tamid :
kenapa orang banyak yg melatih metafisik dengan kolaborasi jin? krn jenis energinya sama dan lebih gampang, lebih instan dibanding dengan latihan TD.
jika ada perguruan yg dalam latihannya ada wirid, puasa2 khusus, ritual2 yg gak masuk akal dan minim latihan fisik…… beware!

Perdana :

yang perlu anda ketahui jin membantu seseorang untuk menjadi sakti bukanlah dari energi alam/metafisik yang dimiliki jin, akan tetapi dengan teknologi alam jin untuk merekayasa seorang manusia menjadi sakti, seperti ilmu kebal, ilmu kebal yang dimiliki manusia dari hasil tirakat/mantra yang dilakukannya menghasilkan khodam jin yang punya teknologi untuk memadatkan molekul tubuh manusia.

note : (1) bukan saya berusaha meyakinkan kebenaran tenaga dalam namun hanya sekedar menjelaskan klaim teori TD yang terkesan diilmiahkan yang ujungnya untuk mendapatkan kesaktian

Tamid ini hanya id dan bukan murid Thifan Po Khan . Tamid di berbagai kolom diskusi di blog ini “terlihat” sebagai “murid”/simpatisan hikmatul iman