Pada pembahasan terdahulu di  sini yang berjudul KEHEBATAN ENERGI METAFISIK ? BENARKAH ITU NYATA ? saya sengaja sama sekali tidak memberikan komentar kontra atas semua teori-teori “ilmiah” yang membenarkan kesaktian Sang Master energi Chi yang mampu untuk menjatuhkan batu bata, memecahkan botol dan mendorong juga menarik baskom berisi air dengan energi chinya. Saya sengaja tidak memberikan penjelasan di artikel tersebut untuk memancing tanggapan para prktisi TD/TM yang terlihat sangat semangat mencoba memberikan teori atas fenomena kesaktian master energi Chi tersebut.

Berikut ini beberapa komentar yang masuk yang memberikan teori beragama tas “kehebatan” dan kesaktian Sang Master tsb :

Komentar wahyu nurudin : “mungkin fisika kuantum bisa menjelaskan lewat dualisme energi materi dan kuantum energi yang bisa membawa perubahan besar. energi atom bisa membuat bom sebesar hiroshima dan nagasaki, apalagi kuantum. energi kuantum kasat mata itu dikeluarkan secara terkendali dalam chi kemudian dikirim secara serentak. pernah tahu meriam udara?”

Komentar Psikoterapi4me :

“Di china disbt ‘chi’, di jepang disbt ‘ki’, kaum yahudi menyebut ‘manna’, bhs sanskrit menyebut ‘prana’. Jadi ini bersifat universal. Energi ini sbnarnya adlh enrg kehidupan yg disediakan oleh Tuhan Sang Pencipta. Ini terdpt di sekelilìng kita, chy mthr, udara, air, dsb.nya. Energi ini jg bermacam2 jenis dan warnanya, sbgmn warna dlm cahaya. Ada yg kasar, halus, kuning, hijau, biru, merah, violet – konon spt spektrum warna pelangi lah.
Masalahnya adlh tdk bs terlihat oleh mata biasa. Tapi ada tekn
fotografi yg bisa menangkap pancaran eng atau ‘aura’, yi teknologi fotografi ‘kirlian’.
Setiap saat bahkan ktk tidur, kt menyerap en ini dr alam semesta (mk kt hidup, org mati terputus hub dgn en ini).
Oleh seorg ahli yg terlatih, en ini bs diolah dn disimpan dlm tubuh, letaknya sktr 2,5 inch dibwh pusar-tp ttn ini tdk kasat mata.
Uniknya, slh satu sifat en. yi : bs mengikuti pikiran/kehendak yg terkonsentrasi secr konsisten…
Inilah sbnrnya yg dilakukan oleh para praktisi chi,ki, atau prana. Tentu hslnya bs macam2 tergantung kehendak msng2. (sy pikir ada benang merah dgn en secr fisika)”

KENYATAANNYA ………………………

Ternyata semua teori / klaim yang dibuat salah besar. Sang tabib ternyata mempunyai trik yang dapat menipu orang awam juga para “maniac” / penikmat TD/TM dan tidak dapat menipu orang yang tidak mempercayai ilmu tenaga dalam/ ilmu metafisik.

PENJELASAN SESUNGGUHNYA

saya akan menjelaskan bagaimana trik sang Tabib sekaligus mAster energi Chi tsb .

Pada Video dibawah ini akan dibongkar habis kebohongan dan penipuan sang tabib yang mengatakan bahwa dengan kekuatan chinya dia mampu untuk menjatuhkan batu bata, memecahkan botol dan mendorong baskom berisi air. mari kita saksikan bersama :

Video 1 :

Video 2 :

Video 3 :

Membongkar trik menjatuhkan batu bata

Seorang wanita meletakkan batu bata di sembarang tempat ( ditengah meja) dimana yang tempatnya tidak ditentukan sendiri olah sang tabib.

Ternyata sanga Master Chi itu tidak mampu untuk menjatuhkan batu bata dan setelah sang master tersebut meletakkan ditempat yang ditentukannya (dipinggir meja) dia baru mampu menjaruhkan batu bata tersebut.

Ada yang aneh pada meja yang beralas kain putih tersebut. Ketika batu bata jatuh, ada tonjolan yang terlihat kamera yang mendorong  batu bata tersebut dari bawah meja yang hanya bisa dilihat dalam gerak lambat (lihat tanda panah).

Ternyata ada pegas/per dalam meja tersebut yang bereaksi dengan alat rahasia yang ketika master tersebut berteriak maka per tersebut langsung mendorong batu bata tersebut.

Jika diraba ternyata ada lobang pada meja tersebut yang menjadi tempat bagi per/pegas tersebut berada untuk mendorong batu bata.

Membongkar trik memecahkan botol

Terlihat gambar dibawah atraksi sang master energi chi yang dengan energinya memecahkan botol

Tetapi tetap ada keanehan ketika botol pecah ada tonjolan yang terlihat ada kamera dalam gerak lambat (lihat panah merah pada gambar dibawah).

Dan ketika diuji dengan membalut botol dengan kain putih yang tidak ada pemberatnya yang tidak ditentukan sang Master ternyata master tersebut tidak mampu untuk memecahkan botolnya.(lihat gambar dibawah ini)

Rahasianya adalah :

Kain merah yang didalamnya diisi pemberat berfungsi sebagai penekan botol dan pegas/per dari dalam meja berfungsi untuk menekan botol dari bawah yang menyebabkan botol itu bisa pecah.

Menggerakkan baskom berisi air

Terlihat sang Master energi chi dengan ilmu metafisiknya mampu untuk menggerakkan baskom maju mundur.

Rahasianya :

Meja dan Baskom itu memiliki magnet, yang dapat dibuktikan ketika didekatkan kompas, jarum kompas berputar dengan kerasnya.

Selain itu, Didalam meja itu ada tuas yang berisi pemberat di setiap sisi kaki meja yang diikat dengan tali yang juga ditengahnya diberi maghnet hingga baskom yang berisi magnet akan lengket dengan maghnet didalam meja tersebut. Cara menggerakkannya sang master memiliki alat elektronik tersembunyi yang dapat menggerakkan tuas tersebut hingga terlihat baskom yang bergerak.(lihat gambar dibawah)

Ketika diganti dengan baskom bukan bawaan sang master tersebut, ternyata master tersebut tidak mampu untuk menarik atau mendorong baskom berisi air tersebut. Sebab baskom putih itu tidak memiliki magnit.(lihat gambar dibawah)

Pelajaran yang dipetik.

Dari video diatas dan tanggapan para praktisi TD/TM. Ternyata praktisi TD/TMmembuat teori asal comot yang telah membuktikan bahwa begitu mudahnya seseorang membuat teori yang sama sekali tidak ilmiah. Dari video diatas jika dilihat sekilas benar-benar mengecoh orang yang menontonnya dan akan bagi penikmat ilmu “sesat” tenaga dalam / ilmu metafisik akan menjadi semacam pembenaran dengan berbagai macam teori yang dikeluarkannya yang terkesan ilmiah padahal Cuma klaim dan asal comot juga asal buat teori yang “dipaksakan” diilmiahkan.

Kasus ini adalah ibroh bagi kita agar jangan mempercayai klaim-klaim ilmiah (seperti contoh tanggapan asal omong diatas) yang sebetulnya hanya memakai ilmu gathuk mathuk dan bukanlah ilmu yang ilmiah. Contoh lainnya ada seorang Profesor yang membenarkan prilaku syirik Ponari dengan membuat klaim tenaga dalam yang asal omong untuk melegalisir talbis iblis atau keyirikan yang dibuat ponari dengan mengatakan ponari ada tenaga dalam yang tinggi.

Seorang peniliti kesehatan tradisional Prof. Dr. dr. Hariyadi Soerapto bahkan menilai Ponari memiliki tenaga dalam besar[lihat disini], hal ini dia ungkapkan setelah mendeteksi kekuatan Ponari lewat photonya. Sang professor berdalih “Ini bukan sekadar ilmu logika. Harus diakui bahwa masyarakat yang berduyun-duyun ke praktik Ponari melihat hal ini dari sisi kegunaan, dari sisi aksiologinya saja.

Kemungkinan lain, batu yang digunakan untuk pengobatan memiliki kandungan radiasi, misalnya uranium. Ada beberapa radiasi yang sifatnya menyembuhkan.

Namun, kata dia, bisa jadi juga ada kekuatan magis pada batu itu. Ini disebut radiesthesia atau radioestesia—suatu kekuatan parapsikologis untuk mendeteksi “radiasi” atau aura dalam badan manusia. “Untuk mengetahui kekuatan itu hanya bisa melalui rasa,”

Komentar yang sangat dangkal menurut saya untuk seorang yang yang berlabel professor . Benar-benar oknum Professor yang menyuburkan prilaku syirik dengan membenarkan kesyirikan ponari dan batu jimatnya………..Apajadinya jika semua jimat para dukun dan paranormal dibenarkan dengan menggunakan teori “dipaksa ilmiah” yang dibuat Profesor itu…….maka akibatnya semua kesyirikan akan dibenarkan walau bertentangan dengan syari’at!!!!

Ada banyak sekali peilaku syirik yang diilmiahkan/dibuat-buat dan bertentangan dengan syari’at. Insya Allah akan saya kupas secara tuntas. doakan saya mempunyai waktu luang untuk menulisnya.