Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam berlatih tenaga dalam adalah MENGKHAYAL tentang sebuah titik yang letaknya dua jari di bawah pusar. Titik itu disebut TANTIEN. Langkah kedua adalah MENGKHAYAL tentang udara yang dihirup lalu dikirim ke titik yang disebut TANTIEN. Langkah ketiga adalah MENGKHAYAL tentang keberadaan sebuah PUSARAN tenaga di TANTIEN yang berputar searah jarum jam. Langkah keempat adalah MENGKHAYAL tentang suatu TENAGA yang mengalir keluar dari TANTIEN. Langkah kelima adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari  TANTIEN ke bagian-bagian tubuh sesuai dengan yang dikehendaki.

Langkah keenam adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan dan membentuk bola. Langkah ketujuh adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA di telapak tangan semakin lama semakin besar dan padat. Langkah kedelapan adalah MENGKHAYAL tentang memainkan BOLA TENAGA di telapak tangan. Langkah kesembilan adalah MENGKHAYAL tentang melontarkan BOLA TENAGA itu ke udara dan melihat bola itu lenyap menyatu dengan udara dan melihat bola itu jatuh kembali dan menangkapnya. Langkah kesepuluh adalah MENGKHAYAL tentang MERASAKAN sebuah BOLA TENAGA di tangan guru atau saudara seperguruan anda. Langkah kesebelas adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA yang dilontarkan kepada anda dan berusaha menangkapnya lalu merasakan kekuatannya dan belajar mengendalikannya. Langkah keduabelas adalah MENGKHAYAL bersama guru atau saudara seperguruan anda bermain lempar dan tangkap BOLA TENAGA. Langkah ketigabelas adalah menguasai keduabelas langkah sebelumnya dengan baik, tanpa kegagalan sama sekali. Apabila berlatih dengan giat, maka kekuatan tanaga dalam anda akan semakin kuat dari hari ke hari. Demikian pula kemampuan anda untuk mendeteksi kekuatan tenaga dalam guru atau saudara seperguruan anda. Apabila berlatih dengan giat maka anda bisa mengubah tenaga menjadi bentuk apa saja. Pada hakekatnya tenaga dalam itu wujudnya seperti udara atau air. Salah satu cara untuk melatih kekuatan tenaga dalam adalah dengan melontarkannya menghantam bumi. Ketahuilah, ketika menghantam bumi, tenaga dalam akan mental menghantam diri anda sendiri. Belajarlah untuk mengendalikan tenaga dalam anda. Belajarlah untuk mengukur kekuatan tenaga dalam yang dilontarkan. Belajarlah untuk hanya melontarkan kekuatan tenaga dalam sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Belajarlah untuk memukul dengan tepat sasaran yang diinginkan. Setelah mahir melontarkan tenaga dalam maka mulailah berlatih menjadikan tenaga dalam sebagai perpanjangan tangan. MENGKHAYAL-lah tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan yang terulur semakin panjang dan semakin panjang. Setelah mampu melakukan hal itu mulailah MENGKHAYAL tentang menggunakan tenaga dalam itu seolah menggunakan tangan yang memanjang. Anda bisa memukul, mencengkram, membanting dan lain-lainnya.

Handai taulan sekalian, pada hakekatnya, itulah yang disebut tenaga dalam oleh para pendekar tenaga dalam. Tenaga dalam adalah TENAGA KHAYALAN. Apabila anda berlatih dengan tekun maka cepat atau lambat, walaupun hanya TENAGA KHAYALAN namun tubuh akan BEREAKSI seolah itu tenaga sungguhan. Itu sebabnya tenaga dalam sama sekali tidak berpengaruh kepada orang-orang yang TIDAK berlatih tenaga dalam.  Sebab mereka tidak terlatih untuk menanggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran. Para pendekar tenaga dalam mencelat ketika dihajar tenaga dalam alias TENAGA KHAYALAN karena mereka SUDAH terlatih untuk menaggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran.

Selamat Berkhayal aja dech :P😛😛😛