Atas saran dan usulan Bung Nyimak saya memindahkan diskusi ke postingan ini, sama halnya dengan diskusi saya dengan berbagai murid hikmatul iman yang bisa dilihat di https://metafisis.wordpress.com/category/debat-dengan-murid-hikmatul-iman/

saya mulai dari pertanyaan saya :

1. Saya punya data perkataan Guru Utama HIkmatul Iman yang banyak mengkritisi suatu lembaga bahkan personal, maka saya ingin ulasan dari anda apakah artikel KD termasuk fitnah atau fakta dan apa beda tulisan saya dengan tulisan Kang Dicky ?

2. artikel beliau di http://dickyzainal.multiply.com/journal/item/20/Percakapan_seorang_pe-ruqyah_dengan_Kang_Dicky yang alhamdulillah sudah saya tanggapi disini, KD tanpa memberikan dokumen/data sang peruqyah lalu sekonyong-konyong memberikan bentuk percakapan antara KD dengan seorang Ustadz yang terlihat awam dengan ilmu agama dibanding KD, dan sang ustadz banyak terpojok sebab ga bisa menanggapi perkataan KD, saya menanyakan kepada anda yang ahli dalam analisis “FITNAH” apakah percakapan tersbut merupakan bentuk fitnah atau fakta?
3. apa beda dukun yang bisa tahu masa lalu dan masa depan dengan KD dan anak muridnya dngan mempelajari aji kesaktian ilmu time travel yang juga bisa tahu masa lalu dan masa depan ????
4. Apa beda ruqyah yang berupa doa dan ruqyah yang berupa mantra?
5. Mas Kian santang yang terhormat, jika saya membarikan bukti ucpan KD bahwa dia memang mengingkari hadits muslim apakah saya terbebas dari justifikasi anda sebagai tukang fitnaH?

Kepada saudarku Bung Kian Santang yang dirahmati Allah, Kita dalam berdiskusi jangan debat kusir, diskusi haruslah tuntas, anda selalu memunculkan persoalan baru dan persoalan lama ga tuntas. mari kita tuntaskan diskusi kita pada 5 poin diatas,. Tanggapan Kian santang ditulis dikolom komentar dibawah tulisan ini.

TANGGAPAN KIAN SANTANG

Well..sori nih agak nanggap dikit…alhmdllh skrg saya lagi dpt tugas project baru,..smg tdk menjadi halangan utk berdiskusi…doakan saja teman2..
Ok om perdana, kita telah sepakat dgn tata tertib diskusi. Adapun anda telah melayangkan 5 pertanyaan sekaligus, sebagaimana aturan diskusi kita bahwa pertanyaan diajukan bergantian, dengan demikian saya akan jawab pertanyaan pertama dulu, setelah itu saya yg bertanya.
1. Apa tanggapan saya terhadap tulisan KD(kang dicky)?
2. Termasuk fitnah ataukah fakta?
3. Dan apa perbedaan tulisan KD dgn Perdana akhmad?

Baiklah akan saya jawab.
1. Saya akan menanggapi tulisan kg dicky ttg “misi politis dibalik ruqyah”. Perlu kita cermati dalam tulisan tersebut kang dicky membuat statement “Jelas, kalau kita simpulkan, ternyata ini adalah kendaraan politik dari Partai Keadilan Sejahtera untuk menggalang massa”. Statement ini berdasarkan beberapa pre-analisa diatasnya yg disebutkan dari poin 1-9, dan dari kesimpulan itu beliau menganalisa kembali hal2/langkah yg menguatkan statement di atas. Mengenai pre-analisa, kg dicky menekankan pada kalimat “Beberapa analisa yang seharusnya kita pikirkan lebih mendalam yaitu : “ dan setelah statement dikuti analisa selanjutnya yg disebutkan dari poin 1-3. Disini kalau kita lihat beliau hnya menyatakan satu statement dan selebihnya hanya menunjukn hal2 yg perlu difikirkan lebih lanjut oleh pembaca artikel tsb. Itulah tanggapan saya.
2. Termasuk fitnah ataukah fakta?? Dalam hal ini seandainya KD tdk bsa menunjukn bukti-bukti penguat thd statementnya saya berpendapat hal ini termasuk fitnah*. Namun perlu kita cermati, SEANDAINYA hal ini trmasuk fitnah, menurut hemat saya hal ini tdklah terlalu fatal dikarenakan hal ini merupakan hal biasa dalam perpolitikan, kita ketahui bahwa dalam perpolitikan, lawan politik selalu menunjukan statement2 yg menyerang dengan mengaitkan sesuatu hal/peristiwa yang disinyalir sbg ajang pengumpulan suara masa. Adapun mnrt sepengetahuan saya, KD tdak berpartai(golput), lalu apakah latar belakangnya KD menulis artikel tsb, bisa kita cermati dalam artikel tersebut KD bereaksi thd tuduhan “ Semakin maraknya fenomena Ruqyah dimana mana termasuk sinetron sinetron di televisi swasta yang mempropagandakan Ruqyah sebagai sarana mengusir Jin sedangkan cara lain salah dan hanya cara Ruqyah saja yang benar,”(pre-analisa 7). “Penyerangan secara argumentasi di berbagai milis internet yang mengatakan Tenaga Dalam dan senam pernapasan itu SESAT tetapi penulisnya menyembunyikan identitasnya dan selalu menggunakan nama samaran karena ketidakmampuan dalam hal pembuktian soal seseorang menggunakan jin atau tidak. “(pre-analisa 9). “Propaganda ruqyah di salah satu majalah yang dalam hal ini majalah Ghoib, “(pre-analisa 8)
Menurut hemat saya disinilah latar belakang KD menulis artikel tersebut, dimana KD bereaksi dgn tuduhan SESAT terhadap perguruan tenaga dalam dgn menunjukan salah satu bukti propaganda tersebut pada majalah goib.
Lalu menjadi PERTANYAAN BESAR pula bagi kita, bisakah para praktisi ruqyah(trmasuk perdana akhmad yg telah menuduh sesat perguruan tenaga dalam, dalm buku dan blog ini) MEMBUKTIKAN TUDUHAN SESAT DAN MENUDUH MENGGUNAKAN JIN thd kami para praktisi tenaga dalam??

3. Perbedaan tulisan KD dgn Perdana Akhmad??
Sangat simple!!! Para bloger bisa membaca buku karangan perdana akhmad ataupun blog ini…sangat banyak statement2 yg sangat berbahaya, dan bagaimankah rasanya ketika membaca artikel2 Perdana dgn KD….para bloger bisa merasakan perbedaannya….dan menurut hemat saya, ketika membaca buku dan artikel2 dalam blog ini serasa ada api membara dalam dada, sangat tidak nyaman, serasa penuh dendam dan kebencian, mungkin perdana akan menuduh saya bahwa saya merasa tersindir/tertuduh dalam artikel2nya sehingga merasakan hal2 tsbt.
Ok kita ambil kasus:
KD menulis judul : “Misi politis dibalik ruqyah”
PA menulis judul: “Kesaksian dari mantan anggota hikmatul iman yang telah BERTAUBAT”
Dari judul aja sudah kelihatan jelas,KD menulis judul dgn sederhana tanpa mengandung kebencian seolah2 hnya sebatas menginformasikan,sedangkan anda(perdana akhmad), dari judul aja sudah serem, sudah memvonis sesuatu terhadap HI. Tahukah anda arti dari TAUBAT?? Seolah2 seseorang yg keluar dari HI adalh org2 yg telah kembali dari jalan kesesatan ataupun kemaksiatan. Dari judul anda sudah merasa paling benar sendiri, sudah memvonis, padahal anda belum membuktikan tuduhan anda thd HI, salah satunya anda menuduh HI menggunakan jin….sudahkah anda buktikan HI menggunakan jin??…ataukah hnya sebatas tuduhan.ingatlah tuduhan yg tidak terbukti adalah FITNAH.
Sekarang kita tinjau dari isi:
KD : mengajak pembaca berfikir, hal ini ditekankan pada kata
“Beberapa analisa yang seharusnya kita pikirkan lebih mendalam yaitu : ” , “Sadarlah saudaraku sesama muslim yang baik, berpikirlah!”,
“Selamat berpikir. ”,
sangat jelas sekali KD memanggil para pembaca SAUDARAKU SESAMA MUSLIM, dan mengajak para pembaca berfikir bareng dalam menganalisa suatu hal/inti permasalahan yg dikemukan dalam artikelnya.
Sekarang mari kita tinjau isi artikel PERDANA AKHMAD:
“lalu apakah kita akan mengatakan beliau lupa tidak mengajarkan tenaga dalam? jika ia mk kita telah MENUDUH NABI SAW MENGKHIANATI RISALAH, karena ayat terakhir turun menjelaskan bahwa agama ini telah sempurna, sdh dijelaskan semuanya oleh nabi SAW. mk yg tidak beliau ajarkan berarti bukan bagian dari agama islam. atau apakah anak HI akan bilang, nabi tidak tahu tenaga dlam, sedangkan kang Dicky lebig tahu dan lebih hebat? maka ini adalah TUDUHAN KEJI KEPADA NABI YANG MULIA SAW. apalagi menamakan “hikmatul iman” seakan-akan apa yg dipelajari di HI adalah buah dr keimanan seorang, pdhl siapakah yg imannya melebihi Nabi SAW? jwb wahai org yang berakal. apalagi HI MENGIMANI AURA YG NOTABENE ADALAH KEYAKINAN DILUAR ISLAM.”
Dari paragraph awal saja anda sudah menuduh membabi buta tanpa memberi kesempatan utk menjelaskan seperti pada kata” . atau apakah anak HI akan bilang, nabi tidak tahu tenaga dlam, sedangkan kang Dicky lebig tahu dan lebih hebat? maka ini adalah tuduhan keji kepada Nabi yang mulia SAW”. Belum apa2 aja sdh banyak menuduh HI.
Paragraph kedua
“memang kejadian luarbiasa bisa dialami seseorang, bahkan menjelang kiamat nanti DAJJAL akan membelah manusia dan menghidupkannya lg, tapi jangan lah heran, ini semua adalah ISTIDRAJ, sebagaimana TUKANG-TUKANG SIHIR punya kemampuan bermaca-macam. ini semua bukan buah dari iman, apalagi maunah (SOMBONG SEKALI MENGANGGAP DIRI PUNYA MAUNAH) namun buah dari SYIRIK, MENGHAMBA SYAITAN. apalagi kita tahu kang dicky dlm mendapatkan ilmunya (berdasarkan cerita pelatih saya dulu) lewat bayang-bayang yang mengajarinya. maka apakah beliau bs memastikan itu bukan jin yang hendak memperdayainya? karena perbedaan sihir dengan karomah adalah sihir bisa dipelajari siapapun asal sesuai persyaratan syaitan, sedangkan karomah tidak dapat dipelajari dan diulang-ulang sekehendak hati. pikirkan wahai orang yang punya akal…!”
Naudzubillahimindzalik,…sangat menyeramkan artikel perdana akhmad ini, MARILAH KITA BERFIKIR, siapa yg telah menuduh keji nabi SAW, siapa yang sombong, siapa tukang sihir, siapa dajjal, siapa yg mempunyai istidraj, siapa yang syirik, siapa yang menghamba syaitan?? SIAPAKAH ITU??????? PERDANA AKHMADKAH??? Belum apa2 juga anda sudah menuduh dengan keji seperti itu, padahal anda belum pernah menunjukan bukti apapun.
Apakah ini sikap seorang perdana akhmad thd muslim yg lain??? Mencela dan menuduh terhadap muslim lain?? Seolah-olah anda adalah perwakilan tuhan dibumi ini…..sungguh luar biasa fitnah perdana akhmad ini….
Lalu anda(perdana akhmad) tutup dengan prasangka keji
“apalagi (pasti) mulai timbul fanatik dan PENGKULTUSAN pada perguruan dan uru besar, apapun yang dikatakan guru besar langsung di iyakan tanpa menimbangnya dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah shohihah.
APABILA anak HI dalam masalah, MAKA yg diingat adalah TD dan metafisiknya, dan minta tolong pd guru besar, mk ini telah menggeser tawakalnya. seorang muslim adalah apabila ditimpa musibah mengadunya pada Allah. tidak sombong dengan kekuatan pd dirinya.
takutlah pada Allah yang nerakanya menjulang kehati,tidak bisa di hadapi dengan TD ataupu metafisik …”
Naudubillahimindzalik….perdana akhmad sdh menyimpulkan sendiri, seolah2 HI akan seperti itu, dan perdana akhmad seorang yg benar, seorang yg maha tahu,..apakah anda(perdana akhmad) sudah mengaku sebagai tuhan??…menyimpulkan sesuatu seolah2 HI sedang dan akan seperti itu…..Naudubillahimindzalik.
Wahai perdana akhmad, tahukah anda bahwa Alloh dalam firmanNya (surah Al-Lahab) mencela abu lahab. Fahamilah, bahwa yg melakukannya Alloh SWT yg Maha Benar, Maha Mengetahui, Maha Sempurna,…..sedangkan anda(perdana akhmad) yg selalu membawa2 agama, mengaku menghidupkan sunnah rosul,…. mencela kaum muslimin dgn sebutan2 keji,…APAKAH NABI SAW PERNAH MENCONTOHKAN MENCELA KAUM MULIMIN SEPERTI PERDANA AKHMAD MELAKUKANNYA DGN CELAAN2 KEJI TERHADAP HIKMATUL IMAN DAN KG DICKY??
Ini hanyalah satu artikel,…bagaimana dengan artikel2 yang lainnya……………………..?????????????????????????????????????????????????????????
Saya yakin para bloger disini bisa mencermatinya….
Jadi kesimpulan saya terhadap perbedaan artikel KD dgn PA,…no coment!!…saya hanya cukup menghela nafas saja,….hhssshhh….Allohu Akbar.
baiklah utk itu dipersilahkan para bloger yg netral utk merasakannya. SELAMAT MENCOBA ^_*!!!

Ishadu biana muslim, “Lailaha illalloh, muhammadar rosululloh”
Hasbunnalloh wani’mal wakil.

JAWABAN SAYA :

Sekarang mari kita lihat preanalisa saya atas artikel saya sendiri yang menghasilkan stetement , apakah merupakan fitnah dan menyebarkan kebencian atau merupakan fakta dan merupakan amar ma’ruf nahi munkar ? (pembaca yang akan menilainya) :

1.      Artikel saya yang berjudul “MENGKRITISI DICKY (GURU BESAR HIKMATUL IMAN) YANG MENGINGKARI KESHAHIHAN HADITS MUSLIM DAN MELURUSKAN KESALAHAN TAFSIRNYA TENTANG PERAMALAN”

Yang diartikel tersebut saya membuat kesimpulan statemen bahwa : “GURU UTAMA HIKMATUL IMAN MENGINGKARI HADITS MUSLIM DAN GURU UTAMA HIKMATUL IMAN SALAH TAFSIRAN SOAL PERAMALAN” karena dari fakta tidak terbantahkan dari data yang saya dapat di http://forumhi.wordpress.com/2009/02/13/hadist/ dari hasil pre analisa saya yang panjang yang bisa dilihat di https://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/mengkritisi-dicky-guru-besar-hikmatul-iman-yang-mengingkari-keshahihan-hadits-muslim-dan-meluruskan-kesalahan-tafsirnya-tentang-peramalan/

KESIMPULAN : stetement saya masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta di http://forumhi.wordpress.com/2009/02/13/hadist/ .

2. Artikel saya yang berjudul “Mengkritisi tulisan Akmal yang mengingkari sunnah ruqyah”

Yang diartikel tersebut saya membuat kesimpulan statemen bahwa : “AKMAL MURID HI INGKAR SUNNAH RUQYAH” karena dari fakta tidak terbantahkan dari data yang saya dapat di http://akmal.multiply.com/journal/item/173 dari hasil pre analisa saya yang panjang yang bisa dilihat di https://metafisis.wordpress.com/2009/07/27/mengkritisi-tulisan-akmal-yang-mengingkari-sunnah-ruqyah/

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan “ Akmal murid HI seorang Ingkar sunnah” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta di http://akmal.multiply.com/journal/item/173

3. Artikel saya yang berjudul “RAHASIA TRIK MEMBAKAR KERTAS DICKY ZAINAL ARIFIN (GURU UTAMA HIKMATUL IMAN) DAN DYNAMO JACK”

Yang diartikel tersebut saya membuat kesimpulan statemen bahwa : “KD yang mengatraksikan membakar kertas dengan tenaga dalam sesungguhnya menggunakan zat kimia” karena dari fakta tidak terbantahkan dari data yang saya dapat di http://casanovaproject.blogspot.com/2008/05/demo-kang-dicky-antara-khayalan-dan.html dari hasil pre analisa saya yang panjang yang bisa dilihat di https://metafisis.wordpress.com/2010/07/24/rahasia-trik-membakar-kertas-dicky-zainal-arifin-guru-utama-hikmatul-iman-dan-dynamo-jack/

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan “KD yang mengatraksikan membakar kertas dengan tenaga dalam sesungguhnya menggunakan zat kimia” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta di http://casanovaproject.blogspot.com/2008/05/demo-kang-dicky-antara-khayalan-dan.html

4.      Artikel saya yang berjudul “MENGANALISA PUKULAN “ONE PUNCH” BRUCE LEE DAN ILMU METAFISIK TAHANAN MAUT HIKMATUL IMAN”

Yang diartikel tersebut saya membuat kesimpulan statemen bahwa :”Ilmu Metafisik Tahanan Maut Hikmatul Iman tidak terbukti secara ilmiah dan hanya sekedar sugesti belaka” karena fakta dan data yang tidak terbantahkan yang saya dapat di http://www.hi-itb.org/forum/viewtopic.php?f=4&t=63 dimana murid HI mengatakan :

Restu wrote:

sy mndengar crita sodara sy yg juga anggota HI dlu,pd wktu itu drantingnya ada demo tahanan maut oleh cewe (rnting cianjur),lalu murid2 lainnya dsuruh menyerang si cewe,lalu dy mnuturkan bhwa sbenaranya ia tdk mrasa trpental oleh TM tu cewe,tapi karna ia mrasa tdk tega jka memukul si cewe alhasil dy pura2 trpntal.

Yang lalu saya buat preanalisis dan menghasilkan stetement/kesimpulan

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan “Ilmu Metafisik Tahanan Maut Hikmatul Iman tidak terbukti secara ilmiah dan hanya sekedar sugesti belaka” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta di http://www.hi-itb.org/forum/viewtopic.php?f=4&t=63

5.      Artikel saya yang berjudul “TANGGAPAN KEPADA GURU UTAMA HIKMATUL IMAN DAN ANAK MURIDNYA YANG INGKAR SUNNAH RUQYAH”

Yang diartikel tersebut saya membuat kesimpulan statemen bahwa :”GU HI dan para anak muridnya Ingkar Sunnah Rasul” karena karena fakta dan data yang tidak terbantahkan yang saya dapat di http://positiveinfo.wordpress.com/2007/12/25/tamimah-ruqyah-dan-tiwalah-adalah-syirik/ dan dari hasil pernyataan para anak murid HI sendiri yang mencemo’oh sunnah ruqyah yang sudah dituntunkan rasul yang bisa dilihat di https://metafisis.wordpress.com/category/debat-dengan-murid-hikmatul-iman/

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan :”GU HI dan para anak muridnya Ingkar Sunnah Rasul” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta yang falid

6.      Artikel saya yang berjudul “SALAH KAPRAH DAN KEYAKINAN SESAT GURU UTAMA HIKMATUL IMAN TENTANG MALAIKAT” Yang diartikel tersebut saya membuat kesimpulan statemen bahwa :”Kang Dicky punya keyakinan sesat tentang hakikat malaikat yang bertentangan dengan pendapat para  ulama” karena karena fakta dan data yang tidak terbantahkan yang saya dapat di http://kumaraqulmi.multiply.com/journal/item/6/konsultasi_Guru_Utama_LSBD_HI_kang_Dicky_bisikan_ilbis_dan_jin yang telah melalui analisis yang panjang di https://metafisis.wordpress.com/2009/12/15/salah-kaprah-dan-keyakinan-sesat-guru-utama-hikmatul-iman-tentang-malaikat/

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan :”Kang Dicky punya keyakinan sesat tentang hakikat malaikat yang bertentangan dengan pendapat para  ulama” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta yang falid

7.      Artikel saya yang berjudul “FITNAH KEJI HIKMATUL IMAN TERHADAP ULAMA (USTADZ FADLAN)” lihat di yang di video tersebut Ustadz Fadlan telah membantah bahwa beliau kesurupan di Duri Riau sebagaimana yang telah disebarkan murid Hi di Duri Riau bahwa Ustadz fadlan kesurupan didapatkan dari fakta dan data yang falid di http://energythropus.wordpress.com/2008/03/10/kang-dicky-dan-hikmatul-iman/ yang ternyata karena saking takutnya fitnah mereka terbongkar lalu menghapus artikel pada blog tersebut.

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan :”Murid Hikmatul Iman telah memfitnah Ulama”  masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta yang falid

8.      Artikel saya yang berjudul PRODUK “GAGAL” HIKMATUL IMAN (ALAT ANTI GEMPA) lihat di https://metafisis.wordpress.com/2009/07/29/produk-gagal-hikmatul-iman-alat-anti-gempa/ yang diartikel tersebut saya mengambil statement bahwa “Produk Anti gempa HI tidak terbukti secara ilmiah” karena dari hasil analisis dan statement di http://rony.dgworks.net/2006/07/22/alat-anti-gempa-lanjutan/#comment-40930 dan di http://rony.dgworks.net/2006/06/22/jogja-bangkit-alat-anti-gempa/#comment-40931

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan “Produk Anti gempa HI tidak terbukti secara ilmiah” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta yang falid

9.      Artikel saya yang berjudul FAKTA TAK TERUNGKAP!!! KEILMUAN HIKMATUL IMAN TERNYATA ATAS BANTUAN JIN!

yang diartikel tersebut saya mengambil statement bahwa “Ilmu tenaga dalam dan Ilmu Metafisika HI dari bantuan JIN” karena dati data dan fakta falid di http://wwwlib.murdoch.edu.au/adt/pubfiles/adt-MU20040210.100853/02Whole.pdf pada halaman 194 jelas dikatakan Jin bernama Muhamad Jibril banya memberikan ilmu ghoib pada Kang Dicky.

Jika anda mengatakan “Buktikan tunjukkan jin Muhammad Jibril kealam nyata” maka saya katakan :

”pembuktian anda adalah alasan ngeles setelah fakta nyata di webnya si murdoch, sebab jelas saya tidak akan mampu untuk menghadirkan khodamnya hikmatul iman. Jika para ulama memfatwakan para dukun dan paranormal menggunakan jin maka haruskan umat islam menolak fatwa ulama tersebut sebab ulama tidak akan mampu menghadirkan jin kealam nyata?  Para dukun dan paranormal bisa saja ngeles seperti ngelesnya murid HI dengan mengatakan “kami tidak percaya keilmuan kami dibantu jin, maka  tolong para ulama tersebut memunculkan khodam ilmu kami kealam nyata” hehehe bisa gawat sebab  fatwa yang sebelumnya dihasilkan dari analisis data dan fakta yang ada bisa ditolak dengan ringannya dengan alasan tersebut……

KESIMPULAN : stetement saya yang mengatakan “Ilmu tenaga dalam dan Ilmu Metafisika HI dari bantuan JIN” masih dalam bentuk kerangka ilmiah dan bukan merupakan bentuk fitnah sebab saya menganalisis dan menghasilkan kesimpulan dari hasil data dan fakta yang falid

So………..Bung Kian Santang. Saya bisa dikatakan sebagai tukang fitnah jika saya tidak bisa menyajikan data dan data dan tidak ada pre-analisis lalu langsung membuat statemenet,. Anda juga Kang Dicky dan murid-murid HI lainnya selalu menuduh saya tukang fitnah namun  TERNYATA KEBALIKANNYA …………SAYA MAMPU MENYAJIKAN DATA DAN FAKTA LALU SAYA ANALISIS DAN MENGHASILKAN KESIMPULAN / STATEMENT.

Jika anda tetap bersikeras saya melakukan fitnah saya ga ambil pusing 😛 sebab statemant saya sudah melalui metode ilmiah. Saya 100% tidak akan mencabut statement saya dan saya sanggup mempertanggung jawabkan statement saya dihadapan Allah kelak!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Masih bersambung bung kian santang maaf jawabnya step by step sebab karena kesibukan saya yang padat.

saya harap tidak ada yang memberikan tanggapannya selain saya dan Kian Santang saja, jika ada maka akan saya hapus. terimakasih……..