The One Million Dollar Paranormal Challenge adalah sebuah tantangan yg disayembarakan oleh The James Randi Educational Foundation yg bersedia untuk memberikan hadiah sebesar 1.000.000 USD (sekitar 10 milyar rupiah !) kepada siapa aja yg bisa memberikan bukti ilmiah untuk kegiatan paranormal, hal-hal tentang supranatural, kejadian yg berbau mistik atau kekuatan tenaga dalam. Sampai saat ini belum ada satupun yang berhasil membawa pulang hadiah tersebut, bahkan tidak ada satupun orang yg berhasil lolos dari tes awal.

Sayembara tersebut di terbitkan di tahun 1987 dan tidak ada satu peserta pun yang berhasil melewati tes-tes awal. Website JREF’s menyatakan bahwa tes awal tersebut untuk menentukan mampu-tidaknya seorang peserta untuk melakukan apa-apa yang menjadi bahan di tes wal tersebut. Para calon peserta yang gagal diperbolehkan untuk mendaftar kembali 12 bulan dia gagal.
Orang-orang terkenal yang pernah mencoba :
* Sylvia Browne. A well-known claimed psychic medium and author of numerous books on spirituality. On September 3, 2001, Sylvia Browne accepted the specific protocol for a definitive test for the JREF million-dollar challenge, on Larry King Live.
* Prophet Yahweh (Ramon Watkins) the UFO caller has applied for the million dollar challenge.
* Praktisi tenaga Dalam dari  MERPATI PUTIH…TAPI GAGAL liat di http://www.randi.org/jr/10-16-2000.html

James Randi alias Amazing Randi, seorang mantan pesulap di Amerika sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu telah menyebarkan ‘tantangan’ kepada siapa saja yang dapat membuktikan keberadaan kekuatan paranormal atau supranatural.

Hadiah yang disediakan oleh James Randi Educational fund tidak tanggung-tanggung: Satu Juta US Dollar (hampir 10 milyar rupiah).

Saratnya gampang-gampang susah, klaim paranormal itu harus bisa dilakukan dan diulangi (repeatable) dibawah pengawasan yang bisa diterima secara ilmiah.

Dari beberapa artikel yang saya baca, contoh-contoh pengujian klaim paranormal tersebut ada berbagai macam.

Seorang yang mengaku mempunyai daya telepati akan ditempatkan di satu ruang tertutup dengan seorang pengawas dan berbagai kamera sedangkan ‘penerima pesan’ di kamar lain. Si telepatist diminta melihat satu kartu secara acak lalu ‘mengirim pesan’ dan dalam waktu 1 menit si penerima harus menulis angka dan warna kartu tersebut. Test disebut berhasil bila pengirim dan penerima bisa mensinkronkan 10 kartu secara berurut…so far belum ada yang berhasil.

Seorang yang mengklaim punya tenaga telekinesis (penghantaran tenaga jarak jauh) akan diuji dengan meletakkan suatu benda dalam ruang atau bejana kaca kedap udara dan diminta untuk menggerakkan benda tersebut tanpa menyentuh bejananya. Lagi-lagi belum ada yang berhasil.

Ada lagi (kalau tak salah) seorang guru taichi yang mengklaim sanggup mengontrol gerakan orang lain (model ilmu kontak). Saat di tes serupa dengan ujian telepati (ditempatkan di ruang terpisah, diawasi dengan kamera yang waktunya sudah disinkronisasi), ternyata gerakan si guru dan muridnya sama-sekali gak ada mirip-miripnya.

Pernah lagi ada anak turunan rusia yang mengklaim mampu membaca dengan mata tertutup (model yang sering kita lihat sekarang ini di Indonesia yaitu Aktivasi Otak Tengah). Ternyata setelah Oom Randi mengganti penutup matanya….gagal total….. (beritanya sampai masuk majalah time http://www.time.com/time/columnist/jaroff/article/0,9565,199773,00.html )

Dan lain-lain, dan sebagainya…. the fact is uang hadiah 1 juta dollar ini masih utuh.

Nah, kira-kira ada gak ya orang indonesia yang bisa merebut hadiah tersebut …?? Apa mungkin Guru Utama Hikmatul Iman mau mencobanya 🙂 ? Atau pergurun tenaga dalam lain di Indonesia ???? lumayan 10 milyar lho……….!!!!

Sebab di Indonesia gudangnya ilmu tenaga dalam dan supranatural yang bisa diujikan ( baca pikiran, pukulan jarak jauh, keris melayang, pindah benda dll.). Sayangnya salah satu saratnya adalah jenis pengujian bukan berbentuk sesuatu yang membahayakan si penantang, jadi kaya’nya ilmu kebal gak bisa masuk 😉

Sekilas Tentang JREF :

JREF merupakan lembaga yang mencari pembuktian kekuatan supranatural yang sering muncul di banyak negara termasuk Amerika, jepang, meksiko, filipina, indonesia, dll. JREF menawarkan 1000000 USD (mendekati 10 milliar) hingga hari ini bagi mereka yang mampu membuktikan kemampuan supranatural. Tahun 2000 Merpati Putih (Tenaga Dalam asli Indonesia)  mengikuti test di utah atas sponsor dari dua pengusaha Amerika senilai 80.000 USD dan yakin akan memenangkan 1 juta dollar mengingat reputasi Merpati Putih di Indonesia sudah Turun Temurun. Pada test awal (preeleminary test) Perwakilan merpati putih (yang sudah 20 tahun berlatih) mendemonstrasikan keahlian mata tertutupnya dan mendapatkan akurasi 100%. ketika penutup mata diganti dengan penutup mata dari pihak JREF, akurasi turun drastis mendekati nol. Merpati Putih gagal membuktikan kemampuannya melihat dengan mata tertutup dan dianggap sebagai salah satu HOAX terkenal dari Indonesia (try google “Merpati Putih Hoax”).