Pengantar Admin :

Dikarenakan masih jahilnya keyakinan para praktisi ilmu metafisika, paranormal dan juga termasuk didalamnya keyakinan perguruan Hikmatul Iman bahwa sel otak manusia normal hanya 10 % aktif dan jika lebih 10 % aktif maka akan sakti dan super jenius benar-benar sudah mendarah daging. Maka saya akan menampilkan penjelasan DR. Arman Yurisaldi seorang pakar Ahli Syaraf yang juga seorang ilmuan dan sudah banyak menulis buku tentang sel otak manusia. Semoga penjelasan DR. ARMAN YURISALDI ini benar-benar bisa menjadi sarana hidayah dan pertaubatan dari keyakinan menyimpang tersebut.

Saya menulis di facebook DR. Arman pertanyaan sebagai berikut : (lihat facebookny di sini )

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pertama saya ucapkan banyak terimakasih atas ulasan, ilmu dan penjelasan mengenai hakikat otak tengah yang hasil pemikiran bapak bisa saya kutip dan menjadi hujjah yang amat kuat di www.pembodohanotak.wordpress.com

Kedua, Saya ada pertanyaan yang berkaitan dengan sel otak manusia. Pak Arman yang seorang pakar Spesialis Saraf pasti sangat mengenal seluk beluk sel otak manusia. Saya telah menulis Artikel yang berkaitan dengan sel otak, dimana pada artikel yang banyak rujukan dari internet yang saya gabung jadi satu artikel di https://metafisis.wordpress.com/2010/10/25/pseudoscience-sel-otak-aktif-lebih-10-maka-akan-sakti-hoax-hikmatul-iman/ disimpulkan pada artikel tersebut bahwa keyakinan sebagian besar paranormal dan para penikmat ilmu metafisika bahwa sel otak manusia hanya 10% aktif dan 90 % tidak aktif adalah keyakinan palsu!

Artikel tersebut telah menimbulkan pro dan kontra, maka saya memohon dengan sangat fatwa dari DR. Arman Yurisaldi agar kami bisa mengambil rujukan dan kesimpulan…. Apakah benar sel otak manusia hanya aktif 10 % dan jika lebih dari 10 % maka akan sakti dan super jenius????

Kami memohon penjelasan lengkap dari DR. Arman, Insya Allah fatwa DR. Arman akan jadi rujukan ilmiah dan saya upload di blog saya……….
Atas penjelasan, bimbingan dan ilmu yang telah diberikan kami ucapkan, Jazakumullah khairan katsiron……….

Wassalamu’alaikum

Perdana Akhmad, S.Psi
(Admin www.metafisis.wordpress.com)

JAWABAN DR. ARMAN YURISALDI, S.Ps ( kunjungi blognya di http://armanyurisaldi.blogspot.com )

bapak Perdana Akhmad, Salam hormat Dan salut untuk Bapak yah,…karena Bapak sangat peduli masalah otak tengah yang sedang hang at hangatnya ini,…

Tidak Ada satupun journal Dan teks book kedokteran saraf modern yang menyebutkan istilah persentase ataupun rerata bagaimana otak manusia yang aktif,….apalagi sampai menyebut angka 10 person, 90 person demikian itu,…darimana Dan penelitian dimana mereka dapat data ini,….???

Aktivitas berpikir otak manusia memang dapat diamati, saat berpikir Ada aliran darah yang meningkat Dan metabolism otak yang meningkat pula pada bagman bagman tertentu otak yang sudah jelas memang pusat pusat kecerdasan manusia misal prefrontal, hipokampus, amigdala, otak kanan, otak Kirin ( pusat bahasa Dan logika matematika) ini semua sudah Ada petunia pak dearth ini diberi nom or. Nah dengan apa ahli saraf tahu? Dari a lat functional MRI Dan PET scan. Alat ini mahal sekali 15 juta sekali pakai. Apa tujuan pemeriksaan ini tak lain untuk memastikan lokasi pusat kecerdasan. Persentase aliran darah Dan metabolisme otak ini berubah bah sesuai dengan kegiatan berpikir apa yang sedang orang lakukan. Jadi tak pernah Ada Dan untuk apa diteliti perbedaan antara orang jenius dengan orang rata rata dalam metabolism otak. Penelitian mahal begini harus jelas tujuannya biasanya untuk kepentingan orang banyak. kalau tak semua orang bakal jenius, Dan tak mungkin sebab jenius itu gifted, maka buat apa meneliti dengan tujuan anak jadi genius???…..kalau untuk mengoptimalkan kemampuan anak menjadi di atas rata rata silahkan, kalau genius, tak mungkin…ini gifted.

O iya satu lagi tentang PETA pusat pusat kecerdasan otak itu sudah jelas, kalau ada yang meragukan otak kana Kirin itu tak Ada bedanya itu orang tak paham ilmu saraf Dan bukan dokter saraf, lihat otakpun ndak pernah,..maaf. Oatak Kirin itu beda dengan kanan, contoh kalau orang strok di otak kanan bisa mengalami hemineglect alias tak hirau dengan sisi Kiri tubuhnya. Kalau disuruh menggambar benda gambarnya juga separuh. (paragraph terahir untuk tama bahas saja ya pak ) thaks Salam pak Akhmad

Lihat sceen shot tanya jawab pada gambar dibawah ini :