MOGADISHU (Arrahmah.com) – Seorang pemimpin senior kelompok Sufi di Somalia bersumpah akan membersihkan Somalia dari “ekstrimisme” yang diusung Mujahidin Al-Shabaab yang ingin menggulingkan pemerintahan yang notabene menerapkan sistem kufur.

“Bersama-sama, kami akan menghabiskan radikalisme di negeri ini.  Kami akan melawan Al-Shabaab secara langsung,” klaim salah seorang pemimpin kelompok “Ahlu Sunnah Wal Jama’ah”, Maalim Muhamud, Minggu (28/3).

Al-Shabaab Merupakan harakah Islam terbesar di Somalia yang mengontrol hampir seluruh wilayah somalia. Pejuang al-Shabaab berjuang melawan pemerintah transisi Somalia yang didukung tentara Uni Afrika dan negara-negara barat karena menolak menerapkan sistem Islam untuk mengatur kehidupan rakyatnya.  Pemerintah transisi Somalia berusaha melanggengkan sistem kufur (demokrasi-red).

Muhamud mengkalim kelompoknya memiliki kapasitas yang cukup untuk memerangi Al-Shabaab yang pada faktanya memiliki kekuatan yang tidak dapat dianggap remeh dan menguasai wilayah selatan dan pusat Somalia.

Beberapa kali terjadi pertempuran antara dua kelompok ini, namun hingga saat ini obsesi kelompok sufi tersebut belum menampakkan hasil apapun. (haninmazaya/ptv/arrahmah.com)