Assalamu’alaikum.Wr.Wb.

buat seluruh pengunjung blog metafisis baik kawan maupun lawan 🙂 sahabat ataupun lawan debat. Tak terasa sudah 3 tahun blog ini “hidup” dan berkembang didunia maya……. kelahiran blog ini diawali dari perdebatan yang sangat panjang saya dengan para praktisi tenaga dalam selama berbulan-bulan di blog multiply saya di http://perdanaakhmad.multiply.com/guestbook .  Saya selama berdebat di kolom komentar multiply terus-terang kesulitan untuk menanggapi berbagai tanggapan yang masuk karena dalam satu kolom harus memilah dan mengkaji lalu menjawab tanggapan dari banyak “lawan” yang membuat saya pusing kepala 😉 . lalu saya mengambil keputusan untuk membuat satu blog yang khusus untuk membahas semua permasalahan Tenaga Dalam pada bulan juli tahun 2009 di wordpress . pemilihan blog wordpress bukan tanpa alasan, WordPress ini memiliki “SEO ” yang sangat mudah terendus mesin pencari (search engine) dan banyak menempati posisi teratas dalam berbagai kata kunci yang dibuat. selain itu wordpress sangat lengkap catatan statistiknya.

Mari kita lihat bersama, catatan pengunjung blog metafisis.

dari tabel diatas, rekan-rekan bisa melihat kunjungan pada bulan juli ketika blog ini “lahir”  sebanyak 521 orang pengunjung, lalu meningkat secara drastis pada bulan kedua (agustus) sebanyak 3.145 orang. walau mengalami sedikit penurunan pada bulan september menjadi 1.764 orang pada bulan berikutnya pada bulan oktober melonjak lagi ke 2.561 orang yang pada bulan-bulan berikutnya meningkat drastis mencapai puluhan ribu dan pada akhir bulan desember tahun 2010 menjadi 31.256 orang perbulannya.

Pada tabel Averange per day (rata-rata kunjungan perhari) dari awal kmunculan blog ini pada bulan juli yang hanya 104 orang perhari yang berkunjung akhirnya melonjak sangat tinggi pada tahun 2010 dan 2011 menjadi 1000 orang perhari kunjungannya. lihat pada tabel dibawah ini.

tabel diatas menunjukkan statistik kunjungan pada bulan januari saja sudah mencapai rata-rata 1200 orang perhari 🙂 . Luar biasa kunjungan ke blog ini. Kunjungan dari seluruh pengunjung memiliki konsekuensi adanya komentar yang masuk setelah membaca artikel yang sudah saya upload 🙂 .

lihat pada tabel diatas, ada 5.753 komentar yang masuk. 5.616 komentar yang saya setujui, 91 ditangguhkan dan 28 komentar kategori stammer dan belum termasuk komentar yang saya hapus secara permanen. Dapat rekan-rekan bayangkan! 5.753 komentar yang masuk dari bulan juli 2009 sampai januari 2011 ini hanya 40% saja yang dapat saya tanggapi karena keterbatasan waktu saya dan bahkan banyak komentar yang tidak sempat saya approve (setujui)  karena terlewat saking banyaknya komentar yang masuk. Pada saat saya menulis artikel ini hari kamis tanggal 27 -01-2011 saja sudah ada lebih 10 komentar yang masuk. Alhamdulillah Saya sudah tercatat mengupload artikel sebanyak 304 tulisan pada 45 katogori yang pastinya akan terus bertambah selama saya masih hidup 🙂 .

Maka akan sangat disayangkan jika semua jerih payah kita semua dalam mengambangkan blog ini akan hilang sia-sia jika saya tidak melanjutkan da’wah dunia maya ini. Ada banyak ilmu pelajaran dan hikmah yang saya dapat dari berbagai tanggapan yang masuk baik yang pro dan yang kontra. Sayapun berketepatan hati untuk tetap istiqamah dan selalu muhasabah demi perbaikan diri 🙂

Wallahu a’lam bish shawwab.