Bagi penggemar beladiri tentu tidak asing dengan istilah pukulan jarak jauh. Demikian pula penggemar sinetron silat, tentu hafal jurus jurus dan segala macam ajian pamungkas yang melukiskan kekuatan ajaib pukulan jarak jauh berupa sinar  merah kuning biru hijau dsb. Apakah keajaiban pukulan jarak jauh semacam itu benar benar ada di dunia nyata? Jawabnya ada. Setidaknya bagi para pengikut perguruan silat yang berbau tenaga dalam, chi, prana, dan sejenisnya. Banyak orang mengatakan bahwa itu akal akalan para pemilik perguruan, tetapi sangat sedikit yang tahu bagaimana rahasia sebenarnya dari akal bulus para suhu nan sakti itu sehingga banyak terpesona (tertipu) aksi mereka. Berikut penjelasannya

Atraksi Pukulan Jarak Jauh
Dua orang peserta A dan B. Dengan jurus terentu A memukul B. Tangan A tidak menyentuh B tapi B terpental seperti terdorong energy yang sangat kuat. Para pendekar menjelaskan bahwa A telah mampu membangkitkan dan mengkonsentrasikan energy dalam tubuhnya sehingga mampu mementalkan tubuh B meski tanpa menyentuh B sedikitpun. Biasanya peserta terpesona dan tumbuh keinginannya untuk memiliki kemampuan sebagaimana A.
Kesalahan Berpikir Tentang Pemusatan Energy dalam Tubuh
Semua benda termasuk tubuh manusia terdiri dari atom atom. Di dalam atom terdapat proton neutron (inti atom ) yang dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. Atom Atom tersusun menurut susunan tertentu dalam ikatan atom atau ikatan ion. sedangkan inti atom yang terdiri dari beberapa proton terikat erat dalam energi ikatan inti (nukleon=nuklir).
Menurut klaim praktisi tenaga dalam, energi yang tersimpan dalam atom atom yang menyusun tubuh manusia ini bisa diaktifkan dikonsentrasikan dan di olah sedemikian rupa sehingga menjadi energy metafisis yang dapat digunakan sebagai, pukulan jarak jauh, energi prana, bioenergy, energy chi dan macam macam istilah lainnya. Seperti itu biasanya penjelasan ilmiah mereka. Mereka memberikan contoh, orang bisa lebih sehat dan bugar dengan mengaktifkan energy tadi kemudian menyalurkannya ke seluruh tubuh. Benarkah demikian? Tentu saja salah kaprah.
Penjelasan pertama adalah energy nuklir sebagaimana pernah diekplorasi dan didemonstrasikan pada peristiwa bom nuklir Heroshima dan Nagasaki, sedangkan masalah kebugaran tadi adalah proses sugesti otak. (tidak ada hubungannya dengan energy dari atom atom dalam tubuh.). Energy atom diperoleh dengan kompensasi perubahan komposisi atom dari uranium menjadi timbal, sedangkan proses sugesti otak tidak memerlukan perubahan fisik apapun. Orang yang berpikir bahwa dirinya sehat, tubuhnya akan terstimulasi melalui saraf dan cenderung lebih cepat pulih pada kondisi normalnya. sebaliknya orang yang berpikir bahwa dirinya sakit, otaknya akan memberikan stimulus negatif ke seluruh organ tubuh sehingga cenderung  menurun kinerjanya .
Mekanisme Atraksi Pukulan Jarak Jauh Yang Sebenarnya
Kita bayangkan lagi atraksi A memukul B tanpa menyentuh, kemudian B terpental. Kita harus ingat bahwa Sunatullah (Hukum hukum alam yang diciptakan Allah tidak akan berubah). Kaidah Mekanika klasik Newton adalah satu dari sekian perumusan gejala alam dalam sebuah hukum fisika yang menyeluruh. Kita bisa sedikit belajar pada anak SMA jurusan Fisika. Kalau B yang tadinya diam tiba tiba terpental (bergerak) maka hal itu tidak mungkin terjadi kecuali ada gaya yang bekerja terhadap B.
Ada beberapa gaya yang mungkin mengenai B hingga terpental:
1. Gaya dorong biasa (didorong atau ditarik dengan tangan atau benda lain yang disamarkan seperti tali halus )
2. Gaya lorentz yang muncul bersamaan dengan adanya medan magnet/elektromagnetis
Para praktisi tenaga dalam cenderung merasionalkan gejala ini menggunakan penjelasan kedua yaitu medan magnet. Tetapi hal ini terbantahkan dengan fenomena penggantian objek. Jika B digantikan oleh C yang bukan anggota perguruan, tiba tiba keampuhan pukulan jarak jauh itu tidak bekerja.
Yang terjadi sebenarnya adalah ketika A mendorong kedua tangan (biasanya jurus dua) dengan isyarat nafas yang dihembuskan , maka gerakan tangan A ini menjadi “kode”  bagi “B” (seseorang atau beberapa orang (team) untuk terpelanting/terlempar menjauh dari A.

Bukti Bahwa Terlemparnya si B  bukan karena Energy dari A

Jika benar B terlempar karena medan magnet yang dibangkitkan oleh A maka seharusnya ketika B diganti oleh C maka kejadiannya akan sama. Tetapi ternyata C tidak terpental karena C bukan anggota perguruan. Artinya tidak semua orang bisa dipukul oleh A. Pukulan Jarak Jauh itu benar benar bisa bekerja hanya bergantung pada B.  Itu artinya B terlembar bukan karena “energy” dari A. Lalu hakikat energi tenaga dalam itu apa ???? penjelasan tentang hakikat energi tenaga dalam yang benar ada di sini .
Contoh nyata logika rasional yang benar-benar terbukti untuk membuktian hoax pukulan jarak jauh tenaga dalam:
1. Kyai yanagiryuken (subyek A) mementalkan muridnya (subyek B) ketika diganti dengan atlit beladiri yang bukan anggota Perguruan (subyek C) tidak terpental malah Kyai yanagiryuken babak belur! Maka logikanya B terlempar bukan karena energi A, jadi kok bisa terpental???? jawabannya adalah sugesti hypnotis belaka lihat videonya di sini
2. Murid Perguruan tenaga Dalam Bambu Kuning (Yelow Bambo) di Bali mengadakan atraksi, salah seorang yang bertahan ( subyek A) mmentalkan penyerang (subyek B) lalu ketika diadakan pembuktian dari seorang yang bukan anggota perguruan tenaga dalam (subyek C) maka faktanya A tidak dapat mementalkan C dan malah A yang jatuh terkena dorongan C dan malah ga bisa bangun karena terkena jurus kuncian C…. lihat videonya di sini
HAHAHA  :)  * JIKA ADA ANGGOTA PERGURUAN TENAGA DALAM YANG MARAH-MARAH MENGATAKAN PUKULAN JARAK JAUH TENAGA DALAM BUKAN SEBUAH KEBOHONGAN DENGAN TEORI BLA-BLA-BLA YANG TERKESAN ILMIAH PADAHAL CUMA PSEUDOSCIENCE BELAKA! MAKA BUKTIKAN UCAPAN KALIAN DAN KUNJUNGI LINK INI UNTUK PEMBUKTIAN LANJUTAN🙂
nb:* Tertawa saya bukan tertawa kesombongan harap dipahami cuma untuk membuat santai dan cair suasana saja hehehehe PISSS dah😉 dan hurup kapital bukan mengartikan saya marah atau bersikap angkuh cuma untuk “tanda” ketegasan saja😀