Seorang pengamat tekknologi dari Indonesia mengatakan bahwa video kuntilanak sukabumi adalah palsu. Video kuntilanak yang diuggah di YOutobe sempat menghebohkan beberapa warga dan dunia internet indonesia.

Abimanyu Wachjoewidajat sebagai pakar teknologi mengatakan bahwa Video Kuntilanak Sukabumi adalah janggal, dan kemungkinan adalah palsu.  Inilah  4 bukti kepalsuan video kuntilanak Sukabumi tersebut :

1. Saat kursi goyang kosaong direkam dan tiba-tiba muncul sosok hantu, terlihat perubahan komposisi. “Ini berarti tampilan itu diubah dengan teknik paused,” ujarnya.

2. Yang panik hanya satu orang. Selain itu, dalam ruangan terdapat empat orang. Saat terjadi kehebohan adanya hantu, perekam video tampak sangat panik, namun tidak terdengar suara kepanikan anak kecil dan dua orang lainnya.

“Hanya suara si ayah yang seolah berpura-pura tidak terjadi sesuatu dan tidak melihat apapun,” ujar pria yang akrab dipanggil Abah ini.

3.  Ketika hantu menghilang suara pelaku terdengar terpotong. Selanjutnya, pada menit 1:55 ketika hantu terlihat dan hilang di menit 1:56, suara pelaku terdengar terpotong. Selain itu, gambar latar belakang berubah. Ini menunjukkan bukti edit.

4.  Setelah hantu di atas lemari perekam video menjadi tenang. Setelah hantu terlihat di atas lemari pada menit 4:50 kembali, perekam yang sebelumnya tampak panik kini merekam pengambilan gambar dengan tenang.

“Dalam keadaan normal, perubahan konten tidak mengubah komposisi. Tetapi di sini beberapa kali hal tersebut terjadi dan suara si pelaku selalu terpotong saat adanya perubahan,” tegas Abimanyu.