REUTERS/"PRLM"

REUTERS/”PRLM”
Seni bela diri tai chi.

LONDON, (PRLM).- Seni bela diri tai chi memiliki manfaat kesehatan untuk para lansia (lanjut usia), termasuk mencegah jatuh dan meningkatkan kesehatan mental, hal ini terungkap dalam ulasan “British Journal of Sports Medicine”, Senin (16/5).

Namun tai chi yang dipraktikkan secara luas untuk kesehatan, tidak terbukti membantu menurunkan gejala kanker atau artritis reumatoid, dan bukti tersebut bertentangan dengan banyak kondisi kesehatan dan gejala lainnya.

Efektivitas tai chi untuk berbagai penyakit telah dinilai dalam beberapa penelitian dan ulasan, tapi temuan itu saling bertentangan, sehingga peneliti dari Korea Institute of Oriental Medicine di Korea Selatan dan University of Exeter di Inggris memutuskan untuk membandingkan kesimpulan dari ulasan tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik manfaat dari tai chi.

Tiga puluh lima ulasan yang relevan menilai tai chi yang diidentifikasi dari basis data bahasa Inggris, Cina, dan Korea. Mereka melihat efektivitas teknik tersebut dalam berbagai penyakit. Namun untuk beberapa kondisi, temuan dari tinjauan itu bertentangan. Yang jelas tai chi efektif untuk mencegah jatuh dan meningkatkan kesehatan psikologis dan dikaitkan dengan manfaat kesehatan umum untuk orang tua. Di sisi lain, tai chi tampaknya tidak efektif untuk pengobatan gejala kanker dan artritis reumatoid.

Para peneliti menyimpulkan: “Gambaran kami menunjukkan bahwa tai chi, yang menggabungkan teknik pernapasan dalam dan relaksasi dengan gerakan lambat dan lembut, mungkin bermanfaat untuk pencegahan jatuh dan perbaikan keseimbangan pada lansia serta beberapa efek meditatif untuk meningkatkan kesehatan psikologis. Kami menyarankan, tai chi untuk orang tua karena berbagai keunggulan fisik dan psikologis. Namun, tai chi mungkin tidak efektif mengobati penyakit radang.” (Aya/A-147)***