Ramainya iklan klinik tong fang beberapa saat ini menjadi bahan lelucon di beberapa social media, bahkan dalam group bbm (black berry messenger) teman-teman saya menjadi berlomba lomba menulis kelucuan iklan klinik tong fang yang sebenarnya bukti sinisme masyarakat untuk Stop Iklan Tong Fang.

Testimoni yang dipakai dalam iklan klinik tong fang memang secara kreatif diangap berhasil menyentuh ke telinga dan mudah diingat oleh siapapun yang mendengarnya.

Dalam beberapa hal iklan memang seharusnya dapat menyentuh dan bersifat provokatif yang ditujukan kepada media hingga banyak cara dilakukan creator iklan.

Klinik Tong Fang sebenarnya termasuk berhasil menggoyang perhatian masyarakat dan menjadi bahan pembicaraan masyarakat.

Mungkin tidak ada yang salah dalam beriklan apabila iklan tersebut bersifat mengenalkan produk atau  jasa dengan cara dan kaidah yang baik serta tidak melakukan kebohongan pada publik namun jika kejadiannya terbalik maka sudah semestinya Lembaga Terkait Penyiaran akan melakukan Stop Iklan Tong Fang atau sejenisnya.

Iklan Klinik Tong fang yang ditayangkan diberbagai televisi jika diamati terlalu berlebihan bahkan seolah membandingkan pengobatan TCM (Traditional Chinese Medicine) lebih hebat daripada pengobatan Ath-Thibun Nabawi bahkan secara medis lebih menjur dibandingkan yang dilakukan oleh rumah sakit dimanapun.

“saya telah berobat kemana mana tidak berhasil setelah datang ke Klinik Tong Fang sekarang sembuh” kalimat ini jika dicermati adalah kalimat pembanding yang bisa di rujuk menjadi pengunggulan klinik dan menjatuhkan citra tempat pengobatan lainnya termasuk dalam hal ini Pengobatan Athibun nabawi (pengobatan cara nabi) termasuk Rumah Sakit.

dengan tiga kali datang berobat ke klinik tong fang penyakit diabetes langsung sembuh” kalimat tersebut juga seperti sebuah jaminan dalam testimony sedangkan dokter di rumah sakit tidak ada yang menyatakan jaminan seperti itu, kalimat-kalimat testimoni yang di pakai iklan tersebutlah yang memiliki pengaruh besar kepada masyarakat awam karena seolah olah memiliki jaminan pasti meskipun jika dalam prakteknya itu merupakan jebakan dan kebohongan publik.

Jika kita ambil contoh sahabat kita memiliki penyakit dan datang ke klinik tong fang saat pertamakali datang berobat langsung diminta menebus obat ramuan dengan harga sepuluh juta kemudian saat datang kedua diminta menebus obat semakin mahal dan jika tak terbayar maka kegagalan pengobatan dianggap adalah kesalahan pasien karena tidak menebus obat berikutnya.

Kesan pengobatan di klinik tong fang ditampilkan sangat sederhana dan mudah dibandingkan dengan ketika kita berobat di rumah sakit yang birokrasinya lumayan susah dan lama.

Meskipun Klinik Tong Fang mungkin terbukti benar dalam pengobatan namun yang tidak layak adalah cara beriklan yang provokatif dan melemahkan pengobatan tradisonal dan medis lain serta membuat testimoni yang berlebihan saat beriklan.

Kesan yang muncul dalam iklan tersebut bahwa kepandaian dokter berikut peralatan medis seperti laboratorium dan kelengkapan lain dalam kedokteran mampu dikalahkan oleh sebuah klinik tong fang.

Dalam bahasan mas Anjari Umar staf Kemenkes serta teman teman lain dalam Twitter bahwa Badan Pengawas Iklan, Ikatan DokterIndonesiadan Kementrian Kesehatan sudah melayangkan teguran ke KPI (Komisi PenyiaranIndonesia) namun sampai detik ini iklan tersebut masih terus ditayangkan di beberapa stasiun televisi.

Dalam hal ini semestinya KPI juga sudah melakukan teguran terhadap semua stasiun televisi namun ternyata media masih tetap membandel dan menayangkan iklan tersebut mungkin dengan alasan financial.

Masyarakat umum mungkin tidak sadar bahwa biaya penayangan iklan yang terus menerus dan disiarkan pada jam jam produktif konsumsi iklan ini sangat mahal, sudah barang tentu pengobatan di klinik tong fang juga akan menjadi mahal karena setiap pasien akan menanggung biaya tayang iklan tersebut.

Sebenarnya tak hanya Klinik Tong Fang yang beriklan dengan cara pembandingan namun iklan TCM yang lain juga cenderung menyesatkan masyarakat awam.

Sedikit orang yang tahu bahwa kegagalan berobat di Klinik Alternatif seringkali tidak di ekspos karena pasien yang menjadi korban seringkali terjebak oleh biaya pada tebusan obat berikutnya yang mahal, dan dianggap setiap kegagalan adalah kesalahan pasien karena tidak mampu membeli obat berikutnya yang sangat mahal.

Komite Penyiaran Indonesia adalah Lembaga Negara yang memberi ijin dan memiliki kewenangan untuk menolak atau menghentikan ijin tayang terhadap apapun yang nantinya disebar melalui media penyiaran, Lembaga inilah yang bertanggung jawab terhadap ijin penyiaran yang tentu dalam masalah Iklan dibantu oleh Badan Sensor Iklan serta pihak pihak terkait.

Iklan yang berhubungan dengan kesehatan semestinya tidak menggunakan testimoni apalagi dengan bahasa yang membandingkan serta merendahkan system pengobatan lainya.

Sampai hari ini iklan sejenis tong fang serta pengobatan alternative lainya masih ditayangkan di beberapa stasiun televisi lantas sebenarnya siapa yang salah apakah Lembaga Sensor Iklan atau undang undang pariwara yang tidak jelas atau Komisi Penyiaran Indonesiayang tidak tegas.

Lembaga Sensor Iklan dan Komisi Penyiaran Indonesia yang bisa melakukan Stop Iklan Tong Fang CS

Mari kita berharap KPI stop iklan tong fang CS

Lihat juga beberapa artikel tentang penyesatan iklan Tong Fang CS:

Kemenkes Didesak Tertibkan Klinik ‘Tong Fang’

Dinas Kesehatan DKI larang iklan Klinik Tong Fang

TAMBAHAN

Berikut parodi lucu klinik tong fang atau plesetan kata kata lucu klinik tong fang yang jadi tren seperti yang ditelusuri dan diperoleh dari berbagai sumber.

Dulu saya susah tidur, sejak berobat di klinik tongfang.. saya tidak pernah tidur lagi.. terima kasih tongfang.

Dulu teman saya mengeluh karena tinggi badannya pendek tetapi setelah saya sarankan untuk berobat ke klinik Tong Fang Alhasil dalam 73x pengobatan sekarang teman saya berubah menjadi Jerapah.. Terima Kasih Tong Fang

Dulu teman saya menderita kemandulan.. namun setelah saya sarankan berobat ke klinik Tong Fang, alhasil, sekarang dia bisa melahirkan anak setiap hari… Terima Kasih Tong Fang..

Dulu sy Penderita Kencing Batu, Setelah saya mendapat saran dari teman utk berobat Ke Klinik Tong Fang, syukurlah Kencing saya Menjadi semen, terima kasih Klinik Tong Fang.. akhirnya saya bisa bangun Rumah..

3 bulan saya menderita susah tidur, tapi setelah saya ke klinik Tong Fang, saya sekarang susah bangun. Terimakasih Tong Fang..

Dulu saya takut sekali kehilangan PACAR. Setelah saya ke Klinik Tong Fang, pacar saya BENAR2 hilang. Terima kasih Klinik Tong Fang.

Dulu saya selalu batal PUASA, Tapi..setelah saya ke Klinik Tong Fang, kini saya puasa terus GAK pernah buka. Terima Kasih Tong Fang..

Dulu sebelum teraweh, saya selalu pngen kopi.. Setelah berobat ke klinik tong fang, kini saya slalu teraweh di warung kopi.

Dulu mama minta pulsa. Setelah ke klinik tongfeng, syukurlah, skrg mama minta suami baru. Trims tongfeng.

DuLu saya seLaLu gagaL daLam bercinta, seteLah Saya berobat ke kLinik Tong Fang.. kini saya gagaL jantung karena banyak bercinta .. terima kasih kLinik Tong Fang ..

Dulu teman saya perokok berat, sehari dia bisa beli 3 bungkus rokok, tapi setelah berobat ke klinik tong fang, beli rokoknya berenti.. tapi minta rokok nya jadi sering.. terimakasih tong fang

Dulu saya sgt pemalu. Stelah ke klinik tongfeng & berobat 3x, skrg saya jd malu-maluin. Trims tongfeng

Dibawah ini adalah gambar parodi lucu Klinik Tong Fang :

Foto dan Gambar Lucu Plesetan Iklan Tong Fang

 
 
 

 

 

 

 

 
S

Itulah beberapa Foto dan Gambar Plesetan Lucu Iklan Tong Fang yang lagi heboh dan jadi tren seperti yang ditelusuri dan diperoleh dari searching google.