Pada Hari Sabtu, 15 juni 2013 pukul 09.00 WIB, di Masjid Kampus Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor sekelompok massa dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mengamuk dan menghancurkan acara pengajian yang membongkar kesesatan mereka. Dalam acara ini dihadirkan Ustadz Adam Amrullah, Sekjen Forum Ruju’ Ilal Haq yang aktif mengungkap kesesatan dengan data kuat tak terbantahkan. Dalam aksi anarkis ini, mereka memukuli beberapa orang panitia dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bogor.

Kronologis Peristiwa

Berikut adalah kronologis peristiwa yang kami peroleh dari blog Sang Pencerah langsung dari Ketua PC IMM Bogor, Achmad Nurudin.

H-1 (14 Juni 2013)

16:55

SMS diterima oleh Contact Person Acara dari +6281280510465:

Ass wr wb mohon maaf sebelumnya saya dari Polsek Tansa mo kordinasi mengenai rencana seminar di Mesjid Alhijri II ttg LDII untuk antisipasi aja, apabila berkenan agar terjalin komunikasi. Wass

22:13

Contact Person Acara mendapat telepon dari nomor +62878730708006. Orang itu mengaku dari kepolisian dan berusaha menekan panitia. Diakhir pembicaraan dia mengaku Ali dari jamaah LDII dan tinggal di Cilendek – Bogor. (Sebagian pembicaraan sempat direkam oleh panitia)

22:45

Sekitar 15 orang yang diduga dari jamaah LDII menemui Bahruddin dan Gumelar (santri Ulil Albab) yang sedang menuju masjid. Mereka meminta Bahruddin untuk dipertemukan dengan ketua panitia. Karena sudah larut, ketua panitia menolaknya. Mereka menyampaikan pesan kalau acara besok tidak dihentikan atau dibatalkan maka akan ada tindakan yang tidak diinginkan.

23:05

SMS diterima oleh contak person ketua umum IMM dari +6285717634506

aswrb bung muhajir, tadinya ana mau sharing dgn antum soal kondusifitas acara besok yg mengusung tema yang sangat provokatif dan mendeskreditkan LDII. Tapi ana liat sms antum ke sdr Didin, katanya antum TIDAK TERIMA TAMU mala mini. Baiklah klo begitu ana pulang. Syuqron akhii.

H (15 Juni 2013)

06:00

Panitia melakukan breefing persiapan seminar di Mesjid Al-Hijr II UIKA Bogor

06:30

Panitia Breefing meninggalkan Mesjid Al-Hijr II dan kembali ke asrama Ulil Albab

07:00

Gerombolan demi gerombolan orang yang diduga dari Islam Jamaah mendatangi masjid Al-Hijr

07:46

Contact Person Acara mendapat sms dari +6285710933035 yang berisi:

Ass. Wr. Wb. Saya H. Iskandar, Ketua Pengurus cabang LDII Kec. Tanah Sareal kota Bogor. Merasa terganggu dengan seminar Dakwah yang judulnya “MENGUNGKAP KEDUSTAAN PARADIGMA BARU LDII” yang diperuntukkan untuk Umum. Apakah tidak ada tema lain yang lebih bermanfaat? Perlu anda ketahui bahwa bogor yang sudah kondusif dan aman ini jangan dikotori dengan seminar yang sifatnya provoktif. Apabila dalam seminar nanti isi ceramahnya menjelekkan dan memfitnah LDII maka saya sbg warga LDII akan melaporkan anda sebagai panitia ke aparat hukum dengan aduan pasal tidak menyenangkan, fitnah dan penistaan terhadap organisasi LDII yang sudah diakui oleh negara sebagai organisasi kemasyarakatan. Pengaduan ke aparat kepolisian juga akan kami lakukan untuk narasumbernya yaitu Adam Amrullah. Perlu diketahui bahwa hari ini warga LDII akan menghadiri seminar tersebut sekitar diatas 300 orang lebih.

08:00

Panitia mulai mempersiapkan fasilitas acara, berupa pemasangan layar, LCD, meja pembicara, meja registrasi, pengecekan mikeropone dan fasilitas lainnya

08:40

Nasrullah selaku MC memulai pembukaan acara seminar tersebut. Sementara Mesjid Al-Hijr II sudah dipenuhi oleh peserta seminar, yang sebagian besar diduga dari gerombolan LDII.

08:55

MC menyerahkan acara seminar kepada Ustad Musyaddad, Lc selaku moderator acara seminar dan Ustadz Adam Amrullah selaku pembicara.

09:10

Pembicara mulai menyampaikan materi. Massa yang ternyata gerombolan LDII itu mulai membuat kerisuhan dan ingin mengambil paksa pembicara dari perlindungan panitia. Dalam kerisuhan itu panitia dan peserta dari kalangan mahasiswa UIKA mencoba melakukan pencegahan. Namun karena jumlah panitia dan mahasiswa UIKA yang hadir jauh lebih sedikit dari jumlah gerombolan LDII, maka massa mendorong-dorong bahkan menganiaya panitia dan peserta dari kalangan mahasiswa UIKA. Desakan terjadi hingga ke pojok mimbar. Akhirnya, mimbar pun rusak dan patah.

09:20

Pembicara berhasil di amankan ke ruangan DKM. Massa mulai meramaikan diri ke depan pintu ruangan DKM dan adu mulut dengan panitia dan mahasiswa uika

09:30

Massa membubarkan dari depan ruangan DKM setelah ada kata sepakat bahwa acara tidak dilanjutkan. Mereka berkumpul dan bertahan disekitar areal Masjid.

10:45

Pembicara berhasil diamankan pihak kepolisian, dan di bawa ke POLRESTA Bogor – Merdeka.

14:54

Contact Person Acara mendapat sms dari +6285782847086 yang berisi:

Assalamualaikum. Mf mau nanya. Kalau sekret IMM UIKA dimana? Trmkash. Rima FKIP

H + 1 (16 Juni 2013)

06:00

Contact Person Acara mendapat sms dari +6285710933035 yang berisi :

Pak, ketemuan di saung kuring yah siang ini jam setengah satu. Insya Allah bermanfaat untuk kedepannya.

Ternyata bukan hanya Contact Person yang menerima sms ini. Pesan serupa diterima oleh Ustadz Muhajir, dosen UIKA yang ikut meredam amuk massa gerombolan LDII di Masjid.

Blunder LDII

Kejadian ini menjadi blunder bagi LDII. Setelah sebelumnya tersebar rekaman Pengurus Pusat LDII yang menyatakan pengkafiran mereka pada kelompok di luar LDII, insiden ini menambah panjang daftar fakta kesesatan mereka.