Adam Amrullah dan para mantan LDII didukung penuh oleh MUI dan Ormas Islam.
Adam Amrullah dan para mantan LDII didukung penuh oleh MUI dan Ormas Islam.

Aliran sesat adalah parasit yang akan terus menggerogoti Islam dari dalam. Berkat penjagaan Allah, selalu ada segelintir umat islam yang terus berjuang tanpa lelah mengungkap dan menjauhkan masyarakat dari bahayanya. Walaupun begitu, perlawanan akan terus berlangsung. Jika umat islam melemah, aliran sesat akan menguat. Begitu pula sebaliknya. Namun, di akhirnya kebenaran akan selalu menang.

Sekenario yang sama terjadi antara Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Forum Ruju’ Ilal Haq (FRIH). LDII sebelumnya dikenal dengan nama Islam Jamaah dan telah difatwa sesat oleh Majelis Ulama Indonesia. Sementara itu, FRIH adalah komunitas para mantan anggota LDII yang telah bertaubat dan mengungkapkan fakta bahwa LDII adalah Islam Jamaah, tidak ada bedanya. Usaha tidak kenal lelah FRIH menelanjangi LDII mulai membuahkan hasil. Berbagai pihak, mulai dari MUI, Ormas Islam, hingga tokoh masyarakat menyuarakan pembubaran LDII. LDII pun sepertinya kalap sehingga tanpa sadar membuat blunder, salah satunya melalui kasus penyerangan pengajian Ikatan Muda Muhammadiyah (IMM) di kampus Universitas Ibnu Khaldun beberapa bulan lalu.

Intimidasi Hingga Somasi

Untuk menghentikan FRIH, LDII saat ini mulai mengarahkan senjatanya pada motor penggerak FRIH, Ustadz Adam Amrullah. Berikut adalah beberapa informasi yang kami peroleh dari beliau.


Rumah ana sudah seminggu belakangan ini –sejak awal september– diawasi orang yang mencurigakan, mereka berganti shift, dan ini membuat warga, khususnya tetangga dan pak RT resah. Bahkan pas sholat subuh, ada 1 orang yang sholat subuh gak mau berjamaah di mesjid (sholat di belakang sendirian).

Akhirnya tadi pagi ana temuin aja intel LDII itu. Ana tanya, maunya apa, dia bilang gak mau apa2. Kenapa gak mau apa2 kok nanyain adam dan keluarga terus? Lalu ana cerita kalau ada orang-orang dari beberapa ormas yang nanya langsung ke adam apakah kita gempur aja LDII? Ada yang mau langsung berhadapan (perang) dengan LDII, ada yg siap merusak mesjid ldii, ana bilang jangan. Mereka saudara saya, ana menyarankan agar jangan anarkis.

Ana bilang kami mantan LDII berdakwah itu karena gak mau LDII berakidah sesat, jadi khawarij, karena Rasulullah bilang Khawarij itu anjing neraka. Kami ditanya oleh banyak ormas dan DKM mesjid di mana-mana tentang aqidah LDII. Tentu kami harus menyampaikan untuk menjaga umat agar tidak terjerumus ke dalam kesesatannya.

Dia malah sibuk terus main hp, koordinasi sama teman2nya (total yang mengintai rumah ana ada 4 orang). Akhirnya datang satu orang lagi beli makanan di warung Pak Haji depan rumah ana dan kemudian dia pergi setelah mengenalkan diri namanya Rudi.

Setelah ngobrol kurang lebih 20 menit, ana minta dia untuk menyampaikan pesan berikut ke petinggi LDII:

  1. Ayo kirim utusan kita (LDII dan Mantan LDII) ke Ulama Haramain. kita tanyakan seputar ajaran ldii (apa benar selain ldii pasti kafir, apa boleh melakukan bithonah (taqiyyah), surat tobat, setoran wajib dsb.
  2. Kami –mantan LDII– mengajak LDII meninggalkan ajarannya yang menyimpang, bukan pembubaran ormas.

Akhirnya dia minta nomer ana dan ana kasih. Ana minta kedua pesan itu disampaikan ke petinggi (Imam Islam Jamaah dan Ketua LDII), dan juga ke LDII sekitar rumah ana, karena di dekat rumah ada LDII di Bintaro Sektor 9 dan Sektor 3A (deket STAN). Semoga Berkah!

Sekedar informasi, ana sedang menghadapi tuntutan somasi oleh SENKOM Mitra Polri (ormas milik islam jamaah selain ldii) karena pencemaran nama baik dan Undang-undang ITE. Panggilan pertama dari Polsek Bekasi sudah datang pada 4 Sept 2013. Ana memohon pertolongan Allah, dan Doa Antum serta Umat Islam semua.

Somasi Senkom Mitra Polisi terhadap Adam Amrullah, Sekjen Form Ruju' Ilal Haq.
Somasi Senkom Mitra Polisi terhadap Adam Amrullah, Sekjen Form Ruju’ Ilal Haq.
Somasi Senkom Mitra Polisi terhadap Adam Amrullah, Sekjen Form Ruju' Ilal Haq.
Somasi Senkom Mitra Polisi terhadap Adam Amrullah, Sekjen Form Ruju’ Ilal Haq.

Media islam JITU, MUI Pusat, MUI Bogor, LPPI, dan beberapa Ormas Islam siap membantu dan akan berkoordinasi membahas masalah ini. Ketua MUI Pusat, KH Cholil Ridwan juga langsung sigap membantu. Beliau sudah mengajak ana untuk bertemu beberapa Ormas Islam seperti Forkami, Gerakan Reformasi Islam (GARIS), Front Pembela Islam (FPI), dan Majelis Mujaidin Indonesia (MMI). Ust Amin Djamaluddin, Ketua Lembaga Pengkajian dan Penelitian Islam, juga siap menjadi saksi ahli yang akan menegaskan kesesatan paham LDII. Ustadz Pizaro juga sudah siap untuk berkoordinasi dengan para jurnalis media islam. Banyak mantan anggota dan petinggi LDDI siap menjadi saksi yang akan membantu ana.

Hasil Pemeriksaan Polisi

Adam Amrullah dalam proses Berita Acara Perkara dengan polisi.
Adam Amrullah dalam proses Berita Acara Perkara dengan polisi.

Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan teman teman semua Ustadz Adam Amrullah tetap pada status sebagai saksi dan diperbolehkan pulang setelah BAP selesai. Polisi mengakui bukti yang dimiliki Adam Amtullah sangat kuat sehingga posisinya sulit untuk dijerat atas pencemaran nama baik sebagaimana tuduhan SENKOM. Bahkan, polisi penyidiknya pun mendukung upaya Adam Amrullah melalui FRIH.