2rcu9uqKesaksian menarik dari saudara Arman Nugroho, dia menceritakan :
“saya pernah melihat sendiri bambu petuk yang sepertinya sempurna asli ternyata palsu karna setelah diijinkan untuk dibelah ada sambungan lem dan di pen dengan logam pada satu ruasnya padahal itu bambu dapat dari wirid ribuan (dapat dari alam gaib/dikasih jin). kesimpulan saya : “wah udah capek2 wiridan ribuan kali dikasih barang palsu lagi” . wirid buat mengharap ridho Allah saja lah.”

Ibroh yang didapat adalah sesungguhnya pring pethuk atau benda-benda keramat lainnya itu tidak memiliki kekuatan mistik alami,namun dengan campur tangan jin maka seolah memiliki kekuatan ghoib. Contoh lainnya saya pernah mendengar kisah langsung dari lisan ustadz Fadhlan Adham Hasyim Lc bahwa beliau pernah membongkar jenglot yang tiba-tiba muncul dirumah seseorang ketika dibuang tidak lama kemudian kembali lagi didalam lemari secara ghoib, lalu setelah diberikan sama Ustadz fadhlan dan dibongkar ketahuan bahwa dibuat dari kulit kodok dan fosil binatang.

Jin juga yang ga bisa mendapatkan pring pethuk alami ga mau repot lalu memakai pring buatan palsu kerajinan tangan manusia untuk diberikan pada pencari benda keramat sebagai hadiah wirid bid’ahnya hahahahaha.

Selain itu pring pethuk atau benda-benda keramat lainnya ditinjau dari sisi psikologis hanyalah berfungsi sebagai pembangkit sugesti yang dihajadkannya, contohnya ada orang yang ingin menjadi seorang yang berwibawa, setelah menggunakan benda keramat maka percaya dirinya timbul dan berbicara dengan orang lain menjadi lebih berwibawa semua karena sugesti belaka.