Ajaran agama Islam di Indonesia dibuat semakin bertambah aneh dengan banyaknya orang-orang yang tidak paham agama, namun berani ngomong bak ulama. Salah satunya adalah Abu Marlo. Dia adalah seorang pesulap, mentalis, runner up reality show sulap The Master yang saat ini mendadak jadi Ustadz. Ustadz Abu Marlo, begitulah orang ini sekarang dikenal.

Ustadz Abu Marlo saat ini aktif berceramah dalam acara ceramah Cahaya Hati di ANTV. Televisi yang sama yang dulu pernah menampung ajaran aneh Dicky Zainal Arifin dalam acara ceramah Mutiara Subuh.

Dalam salah satu rekaman acaranya, Ustadz Abu Marlo ini bertanya pada pemirsanya. Mana Yang Lebih Wajib, Sholat 5 Waktu atau Baca Qur’an? Sungguh pertanyaan yang aneh! Dalam acaranya ini, Abu Marlo sedikit pun tidak mengambil rujukan dari para ulama, namun hanya mengandalkan pada ayat Al-Qur’an dan terjemahannya saja.

Kami belum menemukan informasi lebih detail tentang ajaran Abu Marlo ini. Namun, kami menyarankan beliau untuk diam dan tidak bicara tentang agama, apalagi sok menafsir Qur’an, jika memang tidak tahu ilmunya. Perlu diketahui juga bahwa salah satu kriteria aliran sesat versi MUI adalah menafsirkan agama tanpa mengikuti metode yang benar.

مَنْ أَفْتَى بِغَيْرِ عِلْمٍ لَعَنَتْهُ مَلاَئِكَةُ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ

“Barangsiapa berfatwa tanpa ilmu, maka dilaknat oleh Malaikat langit dan bumi.” (HR. Ibn ‘Asaakir dari ‘Ali r.a, hadits ini sanadnya hasan ditakhrij pula oleh al-Hafizh al-Suyuthi dalam kitab al-Jaami’ al-Shaghiir)

Sumber: http://irfanabunaveed.wordpress.com/2013/05/14/hati-hati-berfatwa-tanpa-ilmu/

Wallahu a’lam