5 Tips Cerdas Beli Mobil Sesuai Anggaran

5 Tips Cerdas Beli Mobil Sesuai Anggaran

Kredit mobil mengacu pada praktik mengambil pinjaman mobil dan kemudian secara bertahap membayarnya dengan metode cicilan per bulan. Ada beberapa dealer mungkin menawarkan kredit tanpa uang muka dan ada yang 20%.

Bagi yang ingin membeli mobil dengan cara kredit, maka ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak menguras keuangan secara berlebih. Membeli mobil adalah sebuah pembelian yang besar, jadi harus perlu hitung-hitungan yang matang supaya tidak terjebak dengan hutang.

 

Tips Cerdas Beli Mobil

1.     Kurangi Pengeluaran Bulanan

Kredit mobil dengan biaya bulanan yang tinggi dapat menjadi tekanan keuangan yang serius jika Anda menghadapi keadaan darurat. Misalnya, pendapatan Anda berkurang karena pandemi Covid-19, di-PHK dan lain sebagainya.

Membuat uang muka yang lebih besar di muka akan mengurangi pembayaran kredit bulanan Anda, dan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik jika sewaktu-waktu menghadapi badai keuangan yang tidak terduga.

Selain itu, semakin besar uang muka Anda, semakin kecil pinjaman mobil nantinya. Semakin kecil pinjaman mobil maka akan semakin sedikit bunga yang pada akhirnya dibayarkan selama jangka waktu pinjaman aaau tenor.

Kalau cicilan mobil Anda lunas, maka tentu saja Anda bisa melunasi utang yang lain, berinvestasi, atau menabung untuk uang muka rumah dan sebagainya.

2.     Cari Tahu Berapa Uang yang Anda Mampu Keluarkan untuk Beli Mobil

Buatlah anggaran dan tentukan berapa banyak pos yang Anda miliki untuk pengeluaran mobil bulanan. Selain pembayaran mobil itu sendiri, jangan lupa untuk memasukkan biaya tambahan seperti bensin, asuransi, parkir, dan perawatan.

Anda harus menghindari pengeluaran lebih dari 10-20% dari pendapatan bersih Anda untuk biaya transportasi. Hitungan ini penting agar Anda memiliki cukup uang yang tersisa untuk biaya hidup sehari-hari dan tabungan.

3.     Potong Pengeluran yang Tidak Penting

Memotong pengeluaran adalah cara yang benar untuk mengalokasikan lebih banyak uang ke tabungan untuk uang muka mobil. Nah, cara cepat dan mudah untuk memotong biaya pengeluaran dengan bijak dan tepat adalah :

  • Masak makanan daripada membeli
  • Beralih ke penyedia layanan yang lebih murah seperti asuransi, telepon, dan internet
  • Non aktifkan layanan streaming yang tidak perlu
  • Naik angkutan umum, berjalan kaki, atau bersepeda ke kantor
  • Lakukan pembelian menggunakan kartu kredit cashback

 

4.     Hasilkan Lebih Banyak Uang

Meningkatkan penghasilan Anda mungkin merupakan pilihan yang bisa dicoba. Beberapa cara yang bisa dicoba untuk bisa menghasilkan lebih banyak uang :

  • Kerja lembur
  • Minta kenaikan gaji jika beban kerja Anda mulai bertambah
  • Mulai usaha sampingan
  • Jual barang pribadi yang mungkin sudah tidak Anda butuhkan lagi

 

5.     Gunakan Platform Beli Mobil Dari Astra Financial

Sekarang, membeli mobil bisa dilakukan dengan praktis tanpa harus repot-repot ke dealer. Astra Financial mengeluarkan sebuah situs platform bernama SEVA yang bisa membantu Anda membeli mobil dengan mudah dan nyaman.

Ada banyak fitur yang membantu Anda memilih mobil sesuai anggaran seperti Instant Approval, menghitung cicilan per bulan dengan Loan Calculator dan rekomendasi armada terbaik dengan car  recommendation.

Beli mobil akan semakin praktis dan tidak lagi repot dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh platform ini.

Mencari tahu cara menghemat uang untuk membeli mobil tidaklah sulit, tetapi dibutuhkan upaya yang keras dan rutin untuk menyisihkan uang. Dengan tips dan rencana di atas, maka Anda bisa membeli mobil yang diinginkan dengan lebih cepat.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.