Penjelasan Dan Perkembangan Teknologi Masa pandemi

June 12, 2024 By:

Penjelasan Teknologi

Teknologi adalah metode ilmiah untuk menggapai tujuan praktis, Ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan  sarana untuk menyediakan barang” yang di perlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sejarah teknologi dimulai dari munculnya spesies manusia di muka bumi, jejak” peralatan dan teknologi yang dimiliki manuia sejak awal peradapan ditemukan, kemudian direkontruksi secara historis dan kemudian dianalisis kaitannya dengan perkembangan peradaban manusia.

Istilah teknologi mulai menonjol pada abad ke-20 seiring dengan berjalan nya revolusi industri kedua.

Secara itimologis, intikata teknologi adalah ‘Techne’ yang mengartikan serangkaian prinsip atau cara rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu benda, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip”  atau metode, dan seni

Saat ini teknoloi telah memasuki hampir semua bidang kehidupan manusia,  diantaranya adalah teknologi infomasi dan kemunikasi.

Teknologi informasi dan kemunikasi ( TIK ) mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu.

manipulasi dan pengelolaan infomasi, sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya, oleh karena itu teknologi informasi dan kominikasi sering tidak terpisahkan satu dengan yang lain.

Sejak diumumkan oleh pemerenitah pada bulan maret 2020 lalu, indonesia hingga saat ini masih berjibaku melawan pandemi Covid-19, sehingga semua elemen perlu mendorong inisiatif pembatasan sosial bukan hanya berskala besar tetapi juga lokal.

Salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19 ini adalah dengan adanya pembatasan” dimulai dari instansi pemerintah hingga masyarakat umum dalam melaksanakan  kegiatan, pembatasan yang ada tentunya memiliki dampak yang cukup besar baik dari sisi eknomi, sosial pendidikan kesehatan maupun kebijakan.

Ternasuk pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh instansi” pemerintah menjadi terbatas dan tidak berjalan seperti sebelumnya permasalahan itu muncul dan memaksa semua lini masyarakat untuk dapat berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang ada terutama teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ).

Tik menjadi gaya hidup dan juha kebutuhan utama dalam mempermudah pelaksanaan keguatan dengan adanya tik layanan masyarakat dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun  adanya pandemi covid-19 saat ini memunculkan istilah Work From Hom ( WFH ) yang berarti melasanakan kegiatan atau berkerja dari rumah .

WFH bukan masalah seseorang untuk menunda pekerjaan dan tidak melasanakan kewajiban dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tuntutan untuk tetap menjaga jarak dan mengurangi mobilitas selama pandemi membuat kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang  ( KPKNL ) yoktakarta meluncurkan kpkljogja.id dimana pengguna jasa /masyarakat dapat mengakses layanan melalui heandphone, komuter maupun gadget lainnya selama berdiam di rumah memanfaatkan teknologi yang ada masyarakat dapat melakukan pengajuan permohonan layanan baik di bidang pengolaan kekayaan negara piutang negara pelayanan lelang pelaanan penilaian maupun konsultasi secara virtual

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *