Azithromycin 500 mg, Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Ingin Mengonsumsinya

Azithromycin 500 mg, Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Ingin Mengonsumsinya

Salah satu obat yang memiliki khasiat untuk mengobati infeksi bakteri di berbagai organ serta bagian tubuh seperti contohnya mata, saluran pernafasan, alat kelamin dan kulit yaitu Azithromycin. Sementara untuk mengkonsumsi obat yang satu ini, Anda memerlukan resep dari seorang dokter. Jadi tidak boleh Anda konsumsi secara sembarangan.
Azithromycin adalah obat yang tersedia dalam berbagai bentuk tablet, suspensi, kapsul dan juga suntik. Obat yang masuk dalam golongan antibiotik makrolida tersebut bekerja dengan cara menghentikan bakteri agar tidak bertumbuh.
Azithromycin 500 mg ini tidak bisa Anda pakai untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus. Dalam hal ini akan kami ulas sedikit mengenai apa saja yang perlu diperhatikan saat ingin mengkonsumsi azithromycin dan apa saja efek samping yang bisa muncul akibat pemakaiannya.
Namun sebelum Anda menggunakan atau mengonsumsi aobat zithromycin ini, maka Anda perlu melihat apakah diri Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat tersebut atau antibiotik makrolida seperti contohnya clarithromycin dan erythromycin. Sementara hal lain yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu adalah sebagai berikut :
Apa Saja Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengonsumsi Azithromycin ?

1. Jika di sini Anda menderita aritmia, myasthenia gravis, serta gangguan hati dan ginjal, maka segera Anda beritahukan hal tersebut pada dokter.
2. Beritahukan pada dokter jika Anda pernah melakukan vaksinasi, terutamanya di sini vaksin tifoid.
3. Beritahukan pada dokter jika Anda hendak menjalani operasi ataupun tindakan medis lainnya.
4. Beritahukan juga pada dokter jika Anda tengah mengonsumsi suplemen obat atau bahan – bahan herbal lainnya.
Jika terdapat reaksi alergi obat ataupun overdosis setelah Anda menggunakan dan mengonsumsi obat tersebut, maka perlu untuk Anda segera menemui dokter.
Efek Samping Azithromycin
Setiap obat tentunya memiliki efek sampingnya masing – masing yang tentunya hal tersebut umum terjadi setelah mengkonsumsi obat. Begitu juga dengan azithromycin. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan oleh obat yang satu ini, meliputi :
1. Kepala yang terasa sakit
2. Merasa mual dan muntah
3. Sakit perut
4. Mengalami diare.
Beberapa efek samping yang cukup serius dan dapat terjadi setelah Anda menggunakan atau mengonsumsi azithromycin yaitu antara lain :
1. Pandangan yang terasa kabur atau kelopak mata Anda sulit untuk terangkat.
2. Penurunan kemampuan dalam mendengar atau mengalami tuli.
3. Kelemahan pada otot.
4. Kesulitan dalam berbicara ataupun menelan.
5. Detak jantung yang berjalan tidak teratur dan terlalu cepat.
6. Gangguan hati yang ditandai dengan rasa mual dan muntah parah, kelelahan, serta mata dan kulit yang berubah warna.
Anda perlu memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas. Anda juga disarankan untuk segera mengunjungi dokter jika mengalami reaksi alergi obat seperti contohnya muncul ruam yang terasa begitu gatal, kesulitan bernafas serta pembengkakan pada area mata dan bibir.
Interaksi Azithromycin dengan Obat Lainnya
1. Terdapat sejumlah efek interaksi obat yang dapat terjadi ketika azithromycin Anda pakai bersamaan dengan obat-obat lain efek tersebut di antaranya yaitu:
2. Peningkatan resiko terjadi pendarahan jika dipakai dengan obat antikoagulan seperti contohnya di sini warfarin.
3. Akan terjadi peningkatan kadar ciclosporin, digoxin, colchicine serta terfenadine di dalam darah.
4. Peningkatan resiko untuk terjadinya perpanjangan interval QT jika Anda memakainya bersamaan dengan obat antiaritmia seperti contohnya amiodarone, quinidine, serta terfenadine.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.