Bahan Terbaik untuk Bikin Masker Kain

Bahan Terbaik untuk Bikin Masker Kain

Pembuatan masker kain merupakan solusi tepat untuk menghindari kelangkaan masker medis. Hal tersebut karena masker kain dapat dicuci ulang sehingga bisa digunakan untuk berulang kali. Selain itu, masker kain juga sangat ramah lingkungan.

Masker kain juga dibuat dengan motif yang menarik sehingga bisa dipakai untuk bergaya dan lain sebagainya. Namun, anda sebaiknya tidak terpaku pada indahnya motif kain. Anda harus sadar jika fungsi masker adalah untuk kesehatan anda.

Apalagi di musim pandemi Covid-19 yang meresahkan ini. Anda harus tahu bahan masker kain terbaik. Jadi, anda tidak sembarangan untuk membeli masker kain. Berikut ini bahan terbaik yang biasa digunakan untuk bikin masker yang perlu anda ketahui, antara lain :

Apa Saja Bahan Terbaik yang Dapat Digunakan untuk Bikin Masker Kain ?

 

  1. Katun Tebal

Katun merupakan salah satu bahan yang bagus untuk membuat baju. Kain katun sangat efektif dalam menyerap keringat. Baju dari bahan katun juga tidak panas ketika dipakai sehingga membuat nyaman penggunanya. Ternyata, katun juga sangat bagus untuk bahan pembuatan masker kain.

Masker dari bahan katun mampu melindungi anda dari bahaya Covid-19 dengan efektif. Masker kain dari bahan katun biasanya menggunakan katun yang tebal. Alasannya, kain katun yang tebal memiliki banyak serat-serat kecil sehingga mampu menahan partikel virus secara efektif.

Apabila anda ingin membeli masker kain dengan bahan katun maka pilihlah masker kain katun dua lapis karena jauh lebih efektif untuk melindungi diri anda. Masker kain katun juga sangat nyaman dipakai. Masker seperti ini memungkinkan penggunanya utuk bernapas dengan mudah.

  1. Nilon

Nilon juga termasuk bahan yang bagus untuk membuat masker kain. Ada dua jenis kain nilon, yakni kain nilon 70D dan kain nilon 40D. Masker kain dari bahan nilon 70D cukup efektif untuk menyaring partikel. Selain itu, masker dengan bahan nilon 70D juga cukup mudah untuk bernapas.

Sementara untuk kain nilon 40D sebenarnya kemampuan penyaringan partikelnya jauh lebih efektif daripada kain nilon 70D, hanya saja kain nilon 40D bisa membuat penggunanya sulit bernapas sehingga kain nilon 40D tidak bagus untuk dijadikan masker.

  1. Katun Kombinasi

Masker kain yang terbuat dari katun kombinasi juga bisa meningkatkan efektivitas perlindungan masker. Masker kain seperti ini biasanya menggabungkan satu lapis kain katun tebal dengan dua lapis kain sifon.

Atau bisa juga satu lapis kain katun tebal dengan dua lapis kain sutera. Selain itu, satu kain katun tebal juga bisa digabungkan dengan satu lapis kain flanel untuk membuat masker kain.

Itulah beberapa bahan terbaik yang biasa digunakan untuk bikin masker kain. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.